Top Banner
www.gmahktanjungpinang.org Adapted from : www.fustero.es Pelajaran 7 untuk 14 Mei, 2016 “Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa” ( Yesaya 42:6 )
8

Pelajaran Sekolah Sabat ke-7 Triwulan 2 2016

Apr 06, 2017

Download

Spiritual

David Syahputra
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Pelajaran Sekolah Sabat ke-7 Triwulan 2 2016

www.gmahktanjungpinang.org

Adapted from : www.fustero.es Pelajaran 7 untuk 14 Mei, 2016

“Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah

membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa”

(Yesaya 42:6)

Page 2: Pelajaran Sekolah Sabat ke-7 Triwulan 2 2016

TUHAN Orang Yahudi• Memberi makan orang Yahudi Matius 14:1-

21.• Ditolak oleh orang Yahudi Matius 15:1-20.TUHAN Orang Non-Yahudi• Diterima oleh orang Non-Yahudi Matius

15:21-28.• Memberi makan orang Non-Yahudi Matius

15:29-39.TUHAN atas segala Ciptaan. Matius 14:23-33.

YESUS Adalah ...

Page 3: Pelajaran Sekolah Sabat ke-7 Triwulan 2 2016

Memberi Makan Orang Yahudi

"Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan.’ […] Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh.” (Mat. 14:17, 20)

Setelah Yohanes dipenggal, YESUS membawa murid-murid-Nya melaului danau ke tempat yang sunyi untuk memberi dukungan moral kepada mereka.Ketika mereka tiba di sana, banyak orang Yahudi sedang menunggu setelah mengikuti mereka dengan menyusuri tepi danau. Maka “tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit..” (Matius 14:14).YESUS melipatgandakan roti-roti dan ikan-ikan untuk memberi makan orang banyak sore itu. Menerut kepercayaan Yahudi, Sang Mesias akan memberi makan Israel dengan Manna. Mujizat tersebut menguatkan harapan mereka bahwa YESUS Adalah Sang Mesias itu.Bahkan para murid sekalipun berpikir bahwa itu adalah kesempatan yang tepat untuk mengangkat-Nya menjadi Raja mereka. (Yohanes 6:14-15).

Page 4: Pelajaran Sekolah Sabat ke-7 Triwulan 2 2016

“Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.” (Matius 15:8-9)“Hai orang-orang munafik!” “Mereka orang buta

yang menuntun orang buta” (Matius 15:7, 14). Itulah jawaban YESUS setelah Ia diberi pertanyaan “Mengapa murid-murid-Mu melanggar adat istiadat nenek moyang kita?” (Matius 15:2).YESUS menempelak mereka dengan berkata bahwa tradisi mereka itu melanggar hukum ALLAH. Kemurnian moral tidak dapat dicapai dengan mencuci tangan.Mereka adalah orang Munafik yang pintar. Mereka menyembunyikan hati mereka yang berdosa oleh menghormati dan mengikuti tradisi nenek moyang mereka.YESUS ingin agar kita berjaga-jaga terhadap ” Ragi orang Farisi (Matius 16:6). Menjauhlah dari kemunafikan.

DITOLAK OLEH ORANG YAHUDI

Page 5: Pelajaran Sekolah Sabat ke-7 Triwulan 2 2016

DITERIMA OLEH ORANG NON-YAHUDIOrang Non-Yahudi belum menerima terang yang telah dimiliki oleh orang Yahudi. Mereka dianggap sebagai “anjing.”Meskipun misi utama YESUS pada kedatangan-Nya yang pertama ini adalah menjangkau bangsa Yahudi, namun tidak seorangpun yang ditolak oleh-Nya.YESUS menghargai iman wanita non-Yahudi itu dengan menyembuhkan anaknya, dan wanita itu memanggil YESUS dengan sebutan “Anak Daud”. Ia membuktikan bahwa Ia adalah TUHAN orang Yahudi maupun non-Yahudi.

Inilah jawaban YESUS kepada wanita Kanaan itu, “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 15:24).

“Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.” (Matius 15:22)

Page 6: Pelajaran Sekolah Sabat ke-7 Triwulan 2 2016

“Kata Yesus kepada mereka: "Berapa roti ada padamu?" "Tujuh," jawab mereka, "dan ada lagi beberapa ikan kecil. ... Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, tujuh bakul penuh” (Matius 15:34, 37)

“Kemudian Yesus meninggalkan pula daerah Tirus dan dengan melalui Sidon pergi ke danau Galilea, di tengah-tengah daerah Dekapolis.” (Markus 7:31).

“Atau adakah Allah hanya Allah orang Yahudi saja?

Bukankah Ia juga adalah Allah

bangsa-bangsa lain? Ya, benar. Ia juga adalah Allah bangsa-bangsa lain!” (Roma 3:29)

MEMBERI MAKAN ORANG NON-YAHUDI

Ia memiliki belas kasihan kepada mereka Matius 14:14 Matius 15:32

Ia menyembuhkan yang sakit Matius 14:14 Matius 15:30

Ia mengadakan mujizat Pelipatgandaan Roti dan Ikan Matius 14:19 Matius 15:36

Murid-murid-Nya membantu-Nya Matius 14:19 Matius 15:36

Mereka mengumpulkan makanan yang tersisa Matius 14:20 Matius 15:37

5.000 Orang Yahudi

4.000 Orang Non-Yahudi

YESUS mengulangi mujizat Pelipatgandaan roti dan ikan di wilayah orang-orang kafir (Non-Yahudi) seperti yang Ia lakukan di antara orang Yahudi.

Page 7: Pelajaran Sekolah Sabat ke-7 Triwulan 2 2016

Ada banyak nubuatan dalam P. Lama yang menunjukkan bagaimana ALLAH peduli kepada bangsa kafir (non-Yahudi) dan memanggil mereka untuk bertobat. (Yesaya 15-21; Yeremia 46-51; Yehezkiel 25-32; Obaja; Yunus; Nahum).

YESUS Yang Adalah: “AKU ADALAH AKU”— mulai berjalan di atas air laut meskipun angin berhembus kencang dan membuat Petrus ketakutan (bacalah Ayub 9:8).YESUS Adalah TUHAN aas segala ciptaan. Ia Yang menegakkannya dan ciptaan-Nya tunduk kepada kehendak-Nya. (Mazmur 104; Ibrani 1:3).Ia juga sangat peduli terhadap setiap orang di planet ini, apapun ras dan kebangsaannya.

“Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: "Tuhan, tolonglah aku!’” (Matius 14:30)

TUHAN ATAS SEGALA CIPTAAN

Page 8: Pelajaran Sekolah Sabat ke-7 Triwulan 2 2016

Andy Nash (Sabbath School Lesson Quarterly, 2016Q2L7 Teacher’s section, Bible commentary “II. Jesus the Son of God”)