Top Banner
www.gmahktanjungpinang.org Adapted from : www.fustero.es Pelajaran 6 untuk 7 November, 2015 Roma 9:21 Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liatnya, untuk membuat dari gumpal yang sama suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang biasa?
9

Pelajaran Sekolah SABAT ke-6 Triwulan 4 2015

Feb 15, 2017

Download

Spiritual

David Syahputra
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Pelajaran Sekolah SABAT ke-6 Triwulan 4 2015

www.gmahktanjungpinang.org

Adapted from : www.fustero.es Pelajaran 6 untuk 7 November, 2015

Roma 9:21 Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah

liatnya, untuk membuat dari gumpal yang sama

suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan

suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang

biasa?

Page 2: Pelajaran Sekolah SABAT ke-6 Triwulan 4 2015

“Aku berbicara kepada para nabi dan banyak kali memberi penglihatan dan memberi perumpamaan dengan perantaraan para nabi.” (Hosea 12:11)

KAIN & HABEL(Kejadian4:3-5; Ibrani 11:4)

Keselamatan oleh

Perbuatan

Keselamatan oleh Iman

Ada banyak lambang dalam Alkitab. Baik dalam bentuk cerita atau objek yang mewakili makna rohani.

KEBENARAN DALAM LAMBANG

Page 3: Pelajaran Sekolah SABAT ke-6 Triwulan 4 2015

Ia melambangkan

YESUS yang disalibkan

untuk menanggung

dosa kita.(Yoh. 3:14-15)

ULAR TEMBAGA(Bilangan 21:4-9)

KEBENARAN DALAM LAMBANG“Aku berbicara kepada para nabi dan banyak kali memberi penglihatan dan memberi perumpamaan dengan perantaraan para nabi.” (Hosea 12:11)Ada banyak lambang dalam Alkitab. Baik

dalam bentuk cerita atau objek yang mewakili makna rohani.

Page 4: Pelajaran Sekolah SABAT ke-6 Triwulan 4 2015

BAIT SUCIYESUS Sebagai Korban Pengganti

YESUS melayani sebagai Pengantara

Penghakiman sebelum kedatangan keli ke-2

Pada akhirnya dosa akan dilenyapkan

KEBENARAN DALAM LAMBANG“Aku berbicara kepada para nabi dan banyak kali memberi penglihatan dan memberi perumpamaan dengan perantaraan para nabi.” (Hosea 12:11)Ada banyak lambang dalam Alkitab. Baik

dalam bentuk cerita atau objek yang mewakili makna rohani.

Page 5: Pelajaran Sekolah SABAT ke-6 Triwulan 4 2015

TANAH LIAT TUKANG PERIUK: KUASA MUTLAK ALLAH"Masakan Aku tidak dapat bertindak kepada kamu seperti tukang

periuk ini, hai kaum Israel!, demikianlah firman TUHAN. Sungguh, seperti tanah liat di tangan tukang periuk, demikianlah kamu di

tangan-Ku, hai kaum Israel!’” (Yer. 18:6)ALLAH Sebagai Tukang Periuk. Kita adalah periuk di tangannya, periuk yang keras kepala dan obstinate jars.Kita dapat menarik beberapa pelajaran dari perumpamaan ini:

ALLAh berkuasa atas segala ciptaan-Nya (Roma 9:20)Ia memiliki rencana khusus bagi setiap pribadi tertentu. (Roma 9:21)Kita berhak untuk menerima atau menolak rencana-Nya (Yeremia 18:6)Rencana ALLAh bagi dunia ini tetap akan terlaksana bahkan ketika kita menolak untuk menjadi “Periuk”-Nya (Yer. 18:7-11)

Page 6: Pelajaran Sekolah SABAT ke-6 Triwulan 4 2015

“Selanjutnya pecahkanlah buli-buli itu di depan mata orang-orang yang turut bersama-sama engkau...Beginilah firman TUHAN semesta alam: Demikianlah akan Kupecahkan bangsa ini dan kota ini, seperti orang memecahkan tembikar tukang periuk, sehingga tidak dapat diperbaiki lagi. Dan Tofet akan menjadi tempat penguburan, karena tidak ada tempat lain untuk menguburkan.’” (Yer.19:10-11)Yeremia harus mengajak beberapa orang penatua untuk melaksanakan perumpamaan ini (Yer. 19:1).Mereka bertanggungjawa atas kebobrokan bangsa Yehuda. Hal tersebut diwakili oleh sebuah buli-buli yang sudah dibakar dan tidak bisa dibentuk lagi.

Mereka dapat hancur seperti buli-

buli yang dihempaskan

Yeremia. ALLAH menolak mereka.

BULI-BULI YANG PECAH: SEBUAH BANGSA YANG BOBROK

Mereka membuat jalan mereka seperti jalan bangsa kafir di sekitar mereka. Dengan jalan itu mereka kehilangan hubungan mereka dengan ALLAH. Mereka mengeraskan hati nurani hingga tidak dapat mendengar suara ALLLAH sama sekali.

Page 7: Pelajaran Sekolah SABAT ke-6 Triwulan 4 2015

E.G.W. (The Ministry of Healing, cp. 9, pg. 142)

Page 8: Pelajaran Sekolah SABAT ke-6 Triwulan 4 2015

SIMBOLYeremia harus membeli ikat pinggang (seperti milik imam) lalu mengenakannya namun tidak boleh basah. (Yer. 13:1)Ia menanggalkan ikat pinggangnya, lalu pergi ke sungai Efrat untuk menguburkannya dan kembali ke Yerusalem. (Yer.13:2-5)Setelah beberapa hari, ia kembali ke sungai itu dan membongkar tanah tempat telah menguburkan ikat pinggangnya, ternyata ikat pinggang itu telah membusuk, lalu ia kembali lagi ke Yerusalem (Yer.13:6-7)

MAKNAIkat pinggang itu adalah bangsa Israel. ALLAH sedang mengenakannya. Ia tidak basah sehingga tidak membusuk karena ALLAH sedang mengenakannya. (Yer.13:11)Israel akan dibuang ke Babilon dan menjadi tawanan. (Yer.13:19)Bangsa itu menjadi rusak karena berpaling dari ALLAH. Mereka menjadi serupa dengan bangsa-bangsa di sekitar mereka yang kafir. (Yer.13:10)

IKAT PINGGANG: BERPALING DARI ALLAH“Bangsa yang jahat ini, yang

enggan mendengarkan perkataan-perkataan-Ku, yang mengikuti kedegilan hatinya dan mengikuti allah lain untuk beribadah dan sujud menyembah kepada mereka, akan menjadi seperti ikat pinggang ini yang tidak berguna untuk apa pun.” (Yer. 13:10)

1

2

3

1

2

3

Page 9: Pelajaran Sekolah SABAT ke-6 Triwulan 4 2015

E.G.W. (Testimonies for the Church, vol. 3, cp. 39, pg. 473)