Top Banner
www.gmahktanjungpinang.org Adapted from : www.fustero.es Pelajaran 10 untuk 5 September, 2015 Kisah Para Rasul 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."
9

Pelajaran Sekolah SABAT ke-10 Triwulan 3 2015

Feb 15, 2017

Download

Spiritual

David Syahputra
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Pelajaran Sekolah SABAT ke-10 Triwulan 3 2015

www.gmahktanjungpinang.org

Adapted from : www.fustero.es Pelajaran 10 untuk 5 September, 2015

Kisah Para Rasul 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Page 2: Pelajaran Sekolah SABAT ke-10 Triwulan 3 2015

FILIPUS

Ada 4 orang dalam Perjanjian Baru yang bernama FIlipus:

1. Putra Herodes Agung. Ia adalah Raja wilayah Iturea dan Trakhonitis pada 4 BC - 34 AD (Luke 3:1).

2. Putra lain Herodes Agung. Yohanes Pembaptis menegur istrinya (Herodias) karena meninggalkannya lalu menikahi Herodes (Mark 6:17).

3. Salah satu dari 12 murid YESUS (Matthew 10:3).

4. Filipus, “Evangelis/Pemberita Injil” (Acts 21:8).“Pemberita Injil/EVANGELIS” memiliki beberapa tugas di

Gereja:

Diakon (Kis 6:5)

Pengkhotbah (Kis

8:5)

Misionaris (Kis 8:26)

Penginjil (Kis

8:40)

Host (Kis 21:8)

Page 3: Pelajaran Sekolah SABAT ke-10 Triwulan 3 2015

DIAKON

“lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.” (Acts 6:5)Dituliskan bahwa “tidak ada seorang

pun yang berkekurangan di antara mereka (jemat di Yerusalem).” (Kisah 4:34-37).Namun demikian, persungutan tentang distribusi makanan yang tidak adil untuk orang-orang yang membutuhkan kemudian muncul. Tuntutan itu cukup serius : seorang janda yang berbahasa Yunani didiskriminasi.Permasalahan tersebut diatasi oleh mengangkat 7 orang untuk “Mendiakon” [BahasaYunani untuk “Melayani”] (Kisah 6:3).

“Semakin kita dipenuhi dengan Roh-Nya, semakin sungguh-sungguh pula kita akan bekerja untuk mereka yang ada di sekitar kita; dan semakin kita melakukannya, semakin besar cinta kita dalam pekerjaan tersebut, dan semakin besar pulalah sukacita kita dalam mengikuti Sang Guru Agung itu.”E.G.W. (Colporteur Ministry, cp. 6, pg. 46)

Page 4: Pelajaran Sekolah SABAT ke-10 Triwulan 3 2015

“Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.” (Kisah 8:5)

Setelah Saulus (sesudah dipanggil TUHAN namanya menjadi Paulus) mulai menganiaya pengikut YESUS (dimulai dari Stefanus) Filipus pergi ke Samaria.Filipus mengkhotbahkan Injil dengan kuasa yang besar di Samaria, meskipun masih ada jurang pemisah antara orang Yahudi dan orang Samaria.Khotbah tersebut menyebabkan banyak orang Samaria menerima YESUS dan memberi diri mereka untuk dibaptiskan (Kisah 8:12).“Bukannya kepada pendeta yang

diurapi saja terletak tanggung jawab untuk ke luar dan memenuhi tugas ini. Masing‑masing yang telah menerima Kristus dipanggil untuk bekerja bagi keselamatan sesamanya manusia. E.G.W. (The Acts of the Apostles, cp. 11, pg. 110)

PENGKHOTBAH

Page 5: Pelajaran Sekolah SABAT ke-10 Triwulan 3 2015

“Kemudian berkatalah seorang malaikat Tuhan kepada Filipus, katanya: "Bangunlah dan berangkatlah ke sebelah selatan, menurut jalan yang turun dari Yerusalem ke Gaza." Jalan itu jalan yang sunyi.” (Kisah 8:26)

Setelah dibaptiskan, sida-sida dari Etiophia itu pergi dengan sukacita. Dia sudah siap dan rela untuk mengabarkan kabar

injil di Afrika.

Filipus memenuhi “Amanat Agung” YESUS dalam Kisah1:8. Dia adalah seorang saksi di Yudea (sebagai Diakon) di Samaria (Sebagai Pengkhotbah) dan ke ujung dunia (Sebagai misionaris ke Etiophia).Dia mengikuti teladan YESUS di jalan menuju ke Emaus (Lukas 24:27). Filipus mengajar sebuah Pelajaran Alkitab yang lengkap kepada Sida-sida Etiophia.

MISIONARIS

Page 6: Pelajaran Sekolah SABAT ke-10 Triwulan 3 2015

E.G.W. (The Acts of the Apostles, cp. 11, pg. 109)

Page 7: Pelajaran Sekolah SABAT ke-10 Triwulan 3 2015

EVANGELIS(Pengabar Injil)

“Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota sampai ia tiba di Kaisarea.” (Kisah 8:40)

ROH KUDUS menuntun Filipus ke Asdod untuk melanjutkan misinya. (Kisah 8:39).Lalu ia mengadakan perjalanan sejauh 100 Km dalam perjalanan Misionaris ke seantero pesisir Mediterania Israel.

E.G.W. (Christ Triumphant, October 28)

Agen-agen TUHAN harus sepenuhnya dikuduskan

untuk pelayanan-Nya, agar mereka dapat memahami pekerjaan mereka. Sebagai

pelayan yang bijaksana mereka harus menggunakan

setiap keadaan untuk mengajarkan kasih karunia

Allah dan menarik orang kepada KRISTUS.

Page 8: Pelajaran Sekolah SABAT ke-10 Triwulan 3 2015

“Pada keesokan harinya kami berangkat dari situ dan tiba di Kaisarea. Kami masuk ke rumah Filipus, pemberita Injil itu, yaitu satu dari ketujuh orang yang dipilih di Yerusalem, dan kami tinggal di rumahnya. Filipus mempunyai empat anak dara yang beroleh karunia untuk bernubuat.” (Kisah 21:8-9)Karakter Kristen Filipus ditunjukkan dalam kedua ayat tersebut. Dia seorang yang pemaaf, ramah, penginjil dan seorang kepala keluarga yang baik.Paulus memberi suara untuk membunuh Stefanus (sahabat Filipus). Namun, 25 tahun kemudian ia menjamu paulus di rumahnya.Filipus adalah satu dari 7 diakon pertama. Tetapi dia sekarang dikenal sebagai “Evangelis/ Pengabar Injil” karena usahanya yang tiada mengenal lelah dalam menyebarkan injil.

Di sisi lain, anak-anaknya yang adalah nabiah ALLAH

membuktikan bahwa ia adalah seorang Evangelis

yang baik di rumah tangganya juga.

TUAN RUMAH

Page 9: Pelajaran Sekolah SABAT ke-10 Triwulan 3 2015

E.G.W. (Testimonies for the Church, vol. 9, cp. 2, pg. 20)

“Kita harus menjadi saluran yang disucikan, melalui mana kehidupan surgawi akan mengalir kepada

orang lain. ROH KUDUS dikaruniakan untuk untuk menghidupkan, menaungi, memurnikan dan

memperkuat hati seluruh anggota jemaat TUHAN. Mereka yang telah dikuburkan bersama Kristus

dalam baptisan yang bangkit menuju hidup yang baru, menjadi wakil dari kehidupan Kristus. Di

pundak kita diletakkan beban yang suci. Amanat telah diberikan kepada kita: "Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah

mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku

menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.“ Matius 28:19, 20. Kita dipanggil untuk

mengabdi untuk membuat Injil keselamatan didengar orang. Kesempurnaan Surga akan menjadi

kekuatan kita. "