Top Banner
FREE MAGAZINE AT-HOME TRICEPS TRAINING EDISI 08 OKTOBER 2008 Eliz b th ae L ng Lee i KUPAS TUNTAS NITRIT OKSIDA 12 SUPERFOODS FOR STAMINA & MUSCLEBUILDING TOFU : SI LEMBUT BERNUTRISI TINGGI A’ang Hendri Supriyadi “Kemampuan Modelling Penting untuk Body Fitness” WASPADA FLU & RADANG TENGGOROKAN! TULANG KUAT DENGAN LATIHAN BEBAN PENCEGAHAN TERHADAP OSTEOPOROSIS WWW.DENNYSANTOSO.COM : PENGATURAN KALORI
32
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

FR

EE M

AG

AZ

INE

AT-HOME TRICEPS TRAININGEDISI 08 OKTOBER 2008

Eliz

bth

ae

Lng Lee

i

KUPAS TUNTAS

NITRIT OKSIDA

12 SUPERFOODS FOR STAMINA & MUSCLEBUILDING

TOFU : SI LEMBUT BERNUTRISI TINGGI

A’ang Hendri Supriyadi“Kemampuan Modelling Penting untuk Body Fitness”

WASPADA FLU & RADANG TENGGOROKAN!

TULANG KUATDENGANLATIHAN BEBANPENCEGAHAN TERHADAP OSTEOPOROSIS

WWW.DENNYSANTOSO.COM : PENGATURAN KALORI

Page 2: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Meningkatkan massa otot dengan 4 tipe protein berbeda yang berkualitas tinggi (Whey Protein Isolate, Whey Protein Concentrate, Calcium Caseinate, Egg White Albumen) selama 6 jam secara konstan.

Meningkatkan performa atletis otot dengan 55 gr protein per serving dan formula berkalori tinggi.

Mengandung lebih dari 13.000 mg (13 gr) BCAA's per serving untuk mensuplai kebutuhan asam amino selama latihan beban, fitnes, olahraga ketahanan dan aktivitas tinggi lainnya.

Mengandung lebih dari 10,9 gr glutamine precursor per serving untuk mencegah cidera, kram otot dan mensuplai kebutuhan asam amino non esensial bagi tubuh.

Mengandung lebih dari 1,4 gr Arginine per serving untuk merangsang hormon pertumbuhan alami tubuh.

Memaksimalkan pertumbuhan otot dengan asupan kombinasi 162 gr karbohidrat simpel dan kompleks berkualitas premium.

Memaksimalkan fungsi-fungsi organ tubuh dan meningkatkan kesehatan otak dengan 17 gr asam lemak esensial per serving.

Meningkatkan energi dengan stabil dengan kandungan Medium Chain Triglycerides (MCT) yang tidak akan disimpan menjadi lemak dan tidak akan meningkatkan level kolesterol.

THE BEST WEIGHT GAINER

SUPPLEMENT

Bulking adalah fase peningkatan berat badan sampai mencapai diatas berat badan ideal yang diinginkan. Setelah fase bulking tercapai, kemudian dilakukan fase cutting untuk mengkikis lemak yang berlebih. Pada fase bulking dianjurkan mengkonsumsi banyak karbohidrat tanpa mengurangi asupan protein. Persentasenya kurang lebih 40% karbohidrat, 40% protein, dan 20% lemak sehat. Suplemen weight gainer bisa dikonsumsi untuk membantu proses bulking.Muscle Juice 2544 adalah the best weight gainer supplement. Muscle Juice 2544 mengandung whey protein berkualitas tinggi serta karbohidrat dan kalori yang lebih besar per servingnya sehingga mampu menambah berat badan Anda dengan cepat.

Kemasan : Box ekonomis 2 Lbs, kontainer 2,25 Kg, 4,75 Kg dan 6 Kg.Rasa : Chocolate, Banana, Cookies ‘N’ Cream, Strawberry, dan Vanilla.

Page 3: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

A Super-EfficientN.O. Booster

Horse Power bekerja meningkatkan produksi Nitric Oxide (NO) di dalam tubuh untuk menciptakan kondisi anabolis dengan cara memperbesar pembuluh darah dengan fungsi :

Meningkatkan aliran darah pada otot yang bekerja

Memperbaiki penyaluran nutrisi dan oksigen

Meningkatkan pertumbuhan otot

Meningkatkan dorongan kekuatan dan tenaga

Memulihkan otot lebih cepat

Meningkatkan asupan glukosa

Meningkatkan daya tahan otot

Mengandung 20 bahan esensial pembesar sel anabolis termasuk :

3 jenis Creatine

3 jenis Arginine

Betaine HCL

Taurine

N-Acetyl-L-Glutamine

Kelima jenis kandungan diatas bekerja dikombinasikan dengan campuran bahan-bahan penambah tenaga yang kuat seperti Beta-Alanine, Glycerol, Monostearate, MCT’s, Citrulline Ethyl Ester Malate, L-Norvaline, Guanidinopropionic Acid, Gynostemma Pentaphyllum, Ornithine Alpha Ketoglutarate, R-Alpha Lipoic Acid, Rutaecarpine, dan Glycocyamine.

Page 4: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Pemimpin Umum

L. Denny Santoso, S.Kom, CBA, CSN

Penanggung Jawab

Sutiyoso

Kontributor

FX Erwin Santoso, SE, MM

Handoko, Wayan, Andy

Tim Redaksi

George Hendra Santoso, SE., CSN.

Andana Suparman, S.S.

Wahyu Wijaya, S.TP.

Artistik & Desain

Darmawan H.S

Rachmat Kurniawan, SE.

Petrus Dony Hariyanto

Promosi & Iklan

PT. Jaya Sportindo

Distribusi

Mangapul F. Hutahaean, SE.

Website

www.sportindo.com

E-Mail

[email protected]

Redaksi hanya akan memuat tulisan, kritik, saran, dan

pertanyaan dari pembaca yang melampirkan biodata lengkap.

editor's letter

redaksiredaksi

sportindomail

04

sportindo.com MaThe gz

FREE FITNESS AND NUTRITION MAGAZINE

Protein Sebagai Energi Utama?

Otot Menyusut?

Penyalahgunaan Steroid

Saya mau bertanya, contoh kegiatan apa yang menggunakan protein dalam bentuk energi? Spongebob Squarepants ([email protected])Protein tidak ditujukan sebagai energi. Energi utama adalah karbohidrat, sedangkan energi cadangan adalah lemak. Kalau yang dimaksud adalah protein yang akan dipakai sebagai energi, itu hanyalah penyederhanaan analogi dari istilah yg sering kita dengar yaitu protein sparring effect. Ketika gula darah sudah habis (karbohidrat), sedangkan kita masih melakukan olahraga angkat beban yang berat, mau tidak mau tubuh harus mencari sumber karbohidrat yang baru yaitu dengan cara mengambil protein dari dalam otot, kemudian diubah menjadi glukosa di dalam liver kita yang disebut proses glukoneogenesis. Dan pada akhirnya protein yang menjadi gula akan digunakan sebagai sumber energi. Jadi kesimpulannya, energi diambil dari gula, bukan dari protein. Kelemahan dari proses ini adalah, protein yang telah diubah menjadi gula akan membuang atom nitrogennya, selanjutnya dibuang menjadi ureum di dalam urine. Hal ini akan membebani kerja ginjal kita (membebani bukan berarti merusak). Jadi hati-hati bagi yang ginjalnya memang bermasalah. Penderita sakit ginjal harus menakar baik-baik protein yang dikonsumsi sehingga tidak membebani kerja ginjalnya yang sudah bermasalah tadi.

Saya baru saja mengkonsumsi Ultra Ripped untuk pertama kalinya. Pertama berat badan saya 60 kg, tetapi sekarang sudah turun menjadi 57 kg. Dengan tinggi 165 cm, badan saya keliatan makin kurus dan lean, tetapi makin mengecil ototnya. Apa yang sebaiknya saya konsumsi dengan keadaan seperti ini? Apakah konsumsi Vitamin C secara rutin setiap hari juga dapat membantu dalam program diet?Helfans Tea (aa [email protected])Perhatikan pola makan Anda. Pola makan sehari-hari yang buruk dapat menyebabkan otot menyusut, biasanya kurang makan dalam arti asupan karbohidrat dan protein yang sangat kurang dapat menyebabkan menyusutnya otot. Vitamin C membantu dalam program diet tetapi tidak terlalu signifikan.

Saya sudah mengetahui dampak buruk penggunaan steroid, namun saya menggunakannya untuk meningkatkan massa otot dan kekuatan. Saya juga melakukan pemeriksaan ke dokter. Hasilnya, kondisi badan luar dan dalam saya masih baik. Mohon informasi yang akurat atau bukti tentang penyalahgunaan steroid, karena selama ini saya hanya mengerti teorinya saja sementara para pemakainya sudah mendapatkan hasilnya, termasuk model iklan yang mengaku natural. Anton Fadli ([email protected])Tidak penting model iklan memiliki tubuh yang bagaimana bagusnya. Yang penting adalah dari diri kita sendiri. Apa tujuan kita dan akan dibawa kemana kesehatan kita. Bentuk penyalahgunaan steroid yang telah dipublikasikan dalam jurnal Drug Alcohol Depend, Volume 98, Halaman 1-12, meneliti mengenai dampak dari penyalahgunaan steroid dalam jangka waktu panjang yang menimbulkan spektrum luas dan bersifat fatal. Diantaranya yaitu menyebabkan berbagai penyakit vaskular (jantung dan atherosklerosis), menyebabkan kanker prostat, terjadinya berbagai macam gangguan syaraf (racun syaraf) yang dapat menyebabkan mood berubah dan keterlambatan berpikir.

atihan beban yang selama ini Anda lakukan tak hanya mampu membuat tubuh menjadi ideal dan otot-otot mengembang, tetapi juga dapat bermanfaat bagi tulang Anda. Ya, Lselain otot, tulang juga memberikan respon pertumbuhan yang baik saat Anda berlatih

beban. Selain itu, penyerapan kalsium menjadi lebih baik dan hormon pertumbuhan juga bereaksi memicu proses regenerasi tulang. Jangan sampai tulang Anda keropos saat usia semakin tua. Simak ulasan lengkapnya dalam Cover Story bulan ini.

Jaga pula kondisi Anda di musim pancaroba ini. Anda tak ingin fitnes terganggu gara-gara flu atau radang tenggorokan bukan? Baca panduan pencegahannya di rubrik Health File dan beragam artikel menarik lainnya. Perkenankan juga saya dan segenap staf redaksi Sportindo.com The Magz mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H, mohon maaf lahir dan batin. Salam hangat kami untuk keluarga besar Anda.

Page 5: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

ContentsContents

10Exclusive Pose : A'ang Hendri Supriyadi 17 Sporty Femme :

Elizabeth Ling Lee

18Tips :

20Nutrition :Siapa yang tidak doyan tofu yang lembut dan lezat. Cari tahu manfaat dan nutrisinya di hal. 20.

At-Home Triceps Training

06Cover Story : Tulang Kuat dengan Latihan Beban

Pencegahan Osteoporosis tak cukup hanya dengan mengkonsumsi susu tinggi kalsium saja. Latihan beban juga terbukti mencegah tulang Anda keropos sebelum waktunya.

Hal. 6 Cover Story

Hal. 10 Exclusive Pose

Hal. 11 Hot Product

Hal. 12 Health File

Hal. 14 Supplements

Hal. 16 Gym Profiles

Hal. 17 Sporty Femme

Hal. 18 Tips

Hal. 20 Nutrition

Hal. 22 Article

Hal. 24 Denny's Article

Hal. 26 Events

Pencegahan Osteoporosis tak cukup hanya dengan mengkonsumsi susu tinggi kalsium saja. Latihan beban juga terbukti mencegah tulang Anda keropos sebelum waktunya.

A'ang Hendri Supriyadi

Glucosamine & Chondroitin & MSM : Suplemen terbaru dari Ultimate Nutrition untuk mengatasi segala masalah sendi dan jaringan tulang rawan.

Panduan praktis pengobatan dan pencegahan flu dan radang tenggorokan.

Berbagai hidangan lezat khas lebaran menggoda lidah. Ingin makan lancar tetapi diet jalan terus? Buka segera hal. 14.

Dewa Fitness, Denpasar, BaliWawan Fitness, Denpasar, Bali

Elizabeth Ling Lee

At-Home Triceps Training12 Superfoods for Stamina &Muscle building

Siapa yang tidak doyan tofu yang lembut dan lezat? Cari tahu manfaat dan nutrisinya di hal. 20.

Kupas tuntas Nitrit Oksida, senyawa penjaga kesehatan sel-sel pembuluh darah.

Pengaturan komposisi kalori yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Kejuaraan Tarik Tambang Brunei DarussalamSecurity RagaSinergi Aerobic & Body Fitness Contest 2008Kejuaraan Nasional Gebyar Bugar Proklamasi 2008Nokia Content Contributor : Konsultasi Nutrisi & Diet

Page 6: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Cover Story

sia lanjut merupakan salah satu faktor resiko penyakit Uosteoporosis atau penyakit

keropos tulang. Tetapi penyakit osteoporosis bisa menyerang siapa saja, termasuk Anda. Sebagai pencegahan, beberapa orang lebih suka mengkonsumsi susu kesehatan yang mengandung kalsium tinggi daripada berolahraga atau latihan beban. Latihan beban yang cukup dan teratur diketahui tidak hanya mampu membentuk otot, melainkan juga dapat memelihara dan meningkatkan kekuatan tulang. Pengaturan makanan yang baik juga merupakan kunci pencegahan osteoporosis.

Osteoporosis adalah penyakit berkurangnya kepadatan tulang yang berkelanjutan, yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Penyakit keropos tulang ini biasa diderita oleh orang lanjut usia.

Osteoporosis terjadi ditandai dengan berkurangnya massa dan mineral tulang, sehingga menyebabkan kondisi tulang menjadi rapuh, keropos dan mudah patah. Penyebabnya, selain kurang beraktifitas fisik atau olahraga, kebiasan buruk penderita seperti konsumsi alkohol dan merokok, serta asupan kalsium yang rendah juga menjadi faktor-faktor utama pencetus osteoporosis.

Apa itu Osteoporosis?

Bagaimana Osteoporosis Terjadi?

Jenis-jenis OsteoporosisOsteoporosis postmenopausal,

terjadi karena kekurangan estrogen (hormon utama pada wanita), yang membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang wanita. Biasanya gejala timbul pada wanita yang berusia diantara 51-75 tahun, tetapi bisa juga muncul lebih cepat ataupun lebih lambat.

Osteoporosis senilis, kemungkinan merupakan akibat dari kekurangan kalsium yang berhubungan dengan usia dan ketidakseimbangan antara proses cepatnya waktu hancurnya tulang dan pembentukan tulang yang baru. Senilis berarti bahwa keadaan ini hanya terjadi pada usia lanjut yaitu pada usia diatas 70 tahun dan beresiko 2 kali lebih besar menyerang wanita.

Osteoporosis juvenile idiopatic, merupakan jenis osteoporosis yang penyebabnya tidak diketahui. Jenis ini terjadi pada anak-anak dan dewasa berusia muda yang memiliki kadar dan fungsi hormon yang normal, kadar vitamin yang normal, dan tidak memiliki penyebab yang jelas dari rapuhnya tulang.

Gejala-gejala Osteoporosis

Deteksi Sejak Dini

Kepadatan tulang berkurang secara perlahan, sehingga pada awalnya osteoporosis tidak menimbulkan gejala. Beberapa penderita tidak memiliki gejala. Jika kepadatan tulang sangat berkurang, maka tulangnya menjadi mudah kolaps atau hancur, sehingga timbul nyeri tulang dan kelainan bentuk. Berikut gejala-gejalanya :

Timbulnya nyeriMenandakan adanya fraktur (patah/ retak), kerusakan jaringan lunak, sehingga terasa nyeri.

Fraktur (patah/ retak tulang)Gejala ini sering terjadi pada pangkal paha, vertebra/ tulang belakang, dan pergelangan tangan.

Deformitas (kelainan bentuk)Pasien akan berkurang tinggi tubuhnya dan akan makin membungkuk. Deformitas bertahap tersebut akan menimbulkan nyeri pinggang berkepanjangan.

Osteoporosis lanjutHilangnya massa tulang yang berlanjut sehingga rentan terhadap cidera dan patah tulang.

Tes kepadatan mineral tulang merupakan langkah deteksi dini terbaik untuk menentukan seberapa sehat tulang Anda. Tes ini dapat

Tulang Kuat dengan Latihan Beban

Pencegahan Terhadap Osteoporosis

Selama ini, penanganan gangguan keropos tulang atau osteoporosis biasa dilakukan dengan pengobatan dan pemberian kalsium. Padahal hasil penelitian terbaru menyimpulkan bahwa olahraga angkat beban bisa menjadi salah satu usaha pencegahan terjadinya osteoporosis.

Osteoporosis adalah penyakit berkurangnya kepadatan tulang

yang berkelanjutan, yang menyebabkan tulang menjadi

rapuh dan mudah patah.

06

Page 7: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

mengidentifikasi osteoporosis, menentukan resiko fraktur (tulang patah/ retak), juga berfungsi mengukur respon tubuh Anda terhadap terapi osteoporosis.

Tes tulang yang disebut DXA (dual-energy X-ray absorptiometry) dapat mengukur kepadatan tulang Anda sampai pada bagian tulang belakang dan pinggul. Prosedur pemeriksaan ini cukup sederhana dan tidak menyakitkan, seperti bila Anda menjalani pemeriksaan sinar X biasa, dan bisa dilakukan hanya dalam waktu 5-15 menit. Perempuan berusia 50 tahun ke atas atau setelah masa menopause, dianjurkan menjalani pemeriksaan tulang secara rutin untuk memantau perkembangan kondisi tulang. Bagi perempuan yang memiliki faktor risiko osteoporosis bahkan dianjurkan melakukan pemeriksaan rutin pada usia lebih muda.

Kaum WanitaOsteoporosis lebih banyak terjadi pada

Siapa yang Beresiko Mengalami?

kaum wanita. Para wanita yang telah sampai masa menopause mengalami penurunan produksi hormon estrogen secara drastis terutama mulai usia 35 tahun. Padahal hormon estrogen ikut membantu penyerapan kalsium, akibatnya kalsium dalam tulang pun ikut berkurang. Perbandingan resiko terserang osteoporosis adalah 1 penderita dari 3 wanita, sedangkan kaum pria lebih rendah yaitu 1 penderita dari 5 pria.

UsiaSeiring dengan bertambahnya usia, fungsi-fungsi organ tubuh juga menurun termasuk penyerapan kalsium dan tingkat pertumbuhan tulang baru.

Keturunan Penderita OsteoporosisJika ada anggota keluarga yang menderita osteoporosis, maka berhati-hatilah. Osteoporosis menyerang penderita dengan karakteristik tulang tertentu. Seperti kesamaan perawakan dan bentuk tulang tubuh. Itu artinya dalam garis keluarga pasti memiliki struktur genetik tulang yang sama.

Gaya Hidup Kurang BaikBanyak konsumsi minuman bersoda, berkafein, dan beralkohol, serta kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko osteoporosis.

Konsumsi Obat-obatan TertentuObat kortikosteroid yang sering digunakan sebagai anti peradangan pada penderita asma dan alergi ternyata meningkatkan resiko penyakit osteoporosis. Selain itu, obat heparin dan anti kejang juga meningkatkan resiko penyakit osteoporosis. Konsultasikan ke dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan jenis ini agar dosisnya tepat dan tidak merugikan tulang.

Berperawakan Kurus Perawakan kurus dan mungil memiliki bobot tubuh yang terlalu ringan, padahal tulang akan giat membentuk sel bila ditekan oleh bobot tubuh yang beratnya cukup. Karena posisi tulang menyangga bobot tubuh, maka tulang akan terangsang untuk membentuk massa pada area tersebut, terutama pada daerah pinggul dan panggul. Jika

Mo

de

l : Ba

mb

an

gL

oka

si : Atla

s Fitn

ess C

en

ter

07

Page 8: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

bobot tubuh terlalu ringan maka massa tulang cenderung kurang terbentuk sempurna.

Tujuan pengobatan metode terapi adalah meningkatkan kepadatan tulang. Semua wanita, terutama yang menderita osteoporosis, harus mengkonsumsi kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang cukup. Wanita paska menopause yang menderita osteoporosis bisa mendapatkan terapi estrogen (biasanya bersama dengan progesteron) atau obat-obatan tertentu seperti alendronat, kalsitonin, dan fluorida. Sedangkan kaum pria yang menderita osteoporosis biasanya mendapatkan tambahan kalsium dan vitamin D, terutama jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tubuhnya tidak menyerap kalsium dalam jumlah yang mencukupi. Jika kadar testosteronenya rendah, bisa diberikan tambahan hormon testosterone.

Program fisioterapi, misalnya dengan penggunaan alat Tens, Ultrasound (terapi gelombang suara), atau Diatermi (terapi panas) dapat membantu pasien mengatasi nyeri yang timbul akibat keropos tulang. Penderita osteoporosis harus meminimalkan segala resiko yang dapat menciderai tulang. Gerakan yang membungkuk, benturan pada punggung, olahraga yang beresiko jatuh, dan menggerakan tungkai atau pinggul.

Berolahraga secara teraturAnda juga dapat membantu mengurangi resiko berkembangnya osteoporosis dengan berolahraga secara teratur. Olahraga merupakan bagian dari terapi osteoporosis yang mampu menstabilisasi kepadatan tulang dan membantu mengurangi resiko terjadinya patah tulang. Jenis olahraga rutin yang tepat yaitu penumpuan berat badan dan latihan pembebanan untuk memperkuat tulang dan otot. Contoh olahraga penumpuan berat badan diantaranya adalah berjalan, berlari, dan senam. Program latihan paling tidak dilakukan 3-4 kali per minggu. Ingatlah selalu untuk

Terapi

Pencegahan Osteoporosis yang Efektif

berkonsultasi dengan ahli terapi Anda, karena dapat membantu untuk menciptakan program yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Diet seimbangKonsumsilah makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan sumber kalsium seperti susu (125 mg), kacang kedelai (225 mg), dan bayam (100 mg). Gizi tak seimbang akan membuat tubuh mudah terserang penyakit yang bisa berpengaruh pada tulang. Akibatnya, hormon yang merangsang pembentukan tulang dan metabolisme tubuh akan terganggu, sehingga tulang pun akan makin keropos.

Paparan sinar matahari pagiSinar matahari pagi membantu tubuh menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan massa tulang.

Gaya hidup sehatTidak ada kata terlambat untuk melakukan gaya hidup sehat. Menghindari rokok dan alkohol memberikan efek yang signifikan dalam menurunkan resiko osteoporosis.

Hindari obat-obatan tertentuHindari obat-obatan golongan kortikosteroid. Umumnya jenis steroid ini diberikan untuk penyakit asma dan lupus. Hati-hati juga penggunaan obat anti kejang. Jika terpaksa memang harus mengkonsumsi obat-obatan tersebut, berkonsultasilah lebih dulu dengan dokter Anda.

08

Cover Story

Mo

de

l : Ko

ma

ra D

hita

Ya

na

Page 9: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Pertimbangkan suplementasiMengkonsumsi kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang cukup sangat efektif meningkatkan kepadatan tulang terutama sebelum tercapainya kepadatan tulang maksimal (sekitar umur 30 tahun). Kebutuhan kalsium berbeda-beda tergantung usia, anak-anak di bawah 11 tahun (500-800 mg), usia 11-24 tahun (1200 mg), dewasa (1000-1300 mg), ibu hamil dan menyusui (1300 mg), dan lansia (1200 mg). Kebutuhan kalsium dapat dicukupi dengan suplementasi Calcium Plus dari Ultimate Nutrition yang per tabletnya mengandung 500 mg kalsium, 200 IU vitamin D, 250 mg magnesium, dan 10 mg zinc.

Calcium Plus bermanfaat untuk :Meningkatkan kepadatan dankekuatan tulangMencegah keropos tulang dikemudian hari Menjaga sistem saraf penghubungantara otak dengan tubuh kita Membangun tulang dan gigi agarsehat dan kuat Mengatur keseimbangan cairan yangdiperlukan dalam tubuh

Mereka yang berolahraga dan berlatih beban secara teratur diketahui kepadatan tulangnya lebih baik daripada mereka yang kurang beraktifitas fisik. Tingkat kepadatan tulang terkait juga dengan beban aktifitasnya. Mereka yang kurang beraktifitas fisik akan menurun kepadatan tulangnya. Hingga saat ini, para dokter ahli kebugaran dan olahraga menyarankan agar kita melakukan latihan beban untuk mencegah osteoporosis. Hal ini disebabkan karena latihan beban memberi dampak meningkatkan kepadatan atau densitas tulang.

Pada penelitian lainnya, latihan beban pada lengan bawah yang dilakukan oleh wanita menopause dapat menaikkan kepadatan tulangnya 3,8% setelah lima bulan latihan berintensitas 3 kali/minggu dan berdurasi 50 menit/latihan. Secara umum, penjelasannya adalah :

1. Pada saat melakukan angkat beban, tulang merespon secara lokal pada tempat yang mendapatkan tumpuan beban dan terjadilah respon pertumbuhan tulang;

2. Sel-sel tulang yang terkena tarikan melalui latihan angkat beban juga akan memicu masuknya mineral kalsium ke dalam sel sehingga menambah nutrisi tulang;

3. Ditambah lagi dengan reaksi bantuan hormon pertumbuhan akan memicu proses regenerasi tulang.

Ingat, intensitas latihan fisik harus tepat dan bersifat individual karena bila terlalu ringan akan kurang bermanfaat. Tetapi bila terlalu berat justru dapat menimbulkan cidera sampai patah tulang. Sekali lagi, berkonsultasilah dahulu pada dokter dan instruktur latihan Anda.

Sebagai bonus, selain memperkuat tulang, latihan

Latihan Beban Dapat Mencegah Osteoporosis

beban juga dapat memperkuat otot. Semakin tua, otot akan semakin mengecil. Pada usia 30-70 tahun adalah massa pengecilan otot mulai terjadi. Karena itu otot perlu terus dirangsang dengan latihan beban agar proses pengecilan otot diperlambat. Otot yang mengecil akan berpengaruh terhadap kekuatan sehingga tubuh menjadi tidak stabil dan mudah jatuh seiring bertambahnya usia. Otot juga merupakan jaringan yang aktif dalam metabolisme tubuh. Dengan latihan beban secara teratur, selain otot bertambah kuat, lemak juga dapat dibakar sehingga memperkecil resiko penyakit obesitas, stroke, kardiovaskular, dan tentunya osteoporosis.

Latihan beban dapat dimulai pada usia berapapun. Latihan beban sebanyak dua kali seminggu juga sangat baik karena bisa mengurangi resiko patah tulang, bahkan pada perempuan yang sudah menopause, tetapi sebaiknya dikonsultasikan lebih dahulu kepada dokter atau ahli kesehatan. Kaum wanita juga tak perlu khawatir latihan beban akan mengubah otot menjadi seperti binaragawan, karena kaum wanita tidak memiliki hormon testosterone (hormon yang menyebabkan otot membesar). Sebuah penelitian menyatakan, wanita yang melakukan latihan beban dalam empat bulan akan menghasilkan kekuatan otot yang semakin baik. Otot menjadi kuat dan kencang, tetapi tidak seperti binaragawan. Dengan banyak melakukan latihan beban, nyeri otot atau sakit pinggang juga bisa diatasi karena otot dan tulang bertambah kuat serta postur tubuh menjadi tegap dan tidak bungkuk.

Sebagai kesimpulan, kegiatan fisik sangat berperan dalam peningkatan kepadatan tulang di usia muda. Kurangnya aktifitas fisik sejak anak-anak hingga dewasa menyebabkan kepadatan tulang menurun sehingga kerapuhan tulang meningkat. Kondisi tersebut dapat dicegah dengan melakukan latihan fisik yang tepat, benar, teratur, dan tentunya diet seimbang. Jika sudah terlanjur mengalami osteoporosis, maka latihan fisik yang tepat, benar, dan teratur hanya berperan sebagai rehabilitasi dan pencegahan saja untuk menghindari komplikasi yang berkelanjutan. Wahyu

Mo

de

l : Ba

mb

an

gL

oka

si : Atla

s Fitn

ess C

en

ter

09

Page 10: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

10

EX

CLU

SIV

E P

OS

EE

XC

LU

SIV

E P

OS

E“Saya ikut sekolah modelling karena untuk mengikuti perlombaan body fitness, selain menunjukkan otot, peserta juga harus bisa berekspresi di depan kamera dan menguasai panggung,” terang lajang yang mengaku masih single ini. Ditunjang tinggi tubuh dan berat badan yang proporsional, A'ang memang pantas menggeluti body fitness dan modelling.

“Padahal selain berlatih dan belajar modelling, saya juga harus membagi waktu dengan profesi saya sebagai sales marketing sebuah perusahaan produk perawatan tubuh ternama di Indonesia,” tuturnya penggemar basket dan berenang ini.

Ditanya soal intensitas latihannya, A'ang menjelaskan, “Saya biasa berlatih 5 kali seminggu, berdurasi 90 menit per latihan, pada pagi atau sore hari disesuaikan dengan jam bekerja saya. Pola latihan yang saya terapkan adalah superset kelompok otot berlawanan (red: antagonistic superset). Kadang latihan otot deltoid digabung dengan latihan otot bicep atau latihan otot dada dengan otot lateral,” tambah pria yang mengaku pecinta alam ini.

“Kalau pas off latihan, saya sering traveling ke taman bunga karena saya memang menyukai wisata pemandangan alam,” akunya.

Khusus untuk diet, A'ang menerapkan pola 3 hari tinggi protein, 2 hari tinggi karbohidrat plus mengkonsumsi lemak sehat. “Biasanya saya makan 2 ons dada ayam rebus untuk makan siang dan 3 ons lagi untuk makan malamnya. Jangan lupakan juga suplementasi.”

“Beberapa orang ada yang khawatir jika mengkonsumsi suplemen akan membuat tubuh menjadi seperti binaragawan. Padahal saya sudah membuktikan sendiri, dengan suplementasi yang tepat, dan latihan serta diet yang benar akan menghasilkan tubuh ideal,” terang pengkonsumsi Prostar Whey dan Kre-Alkalyn ini.

Berusaha keras meraih prestasi terbaik di kelas Body Fitness

benar-benar disadari arek Malang yang satu ini. Selain berlatih keras

dan berdiet ketat, A'ang juga belajar di Modelling School.

Aan

A'ang Hendri SupriyadiKonsumsi Suplemen

Agar Bertubuh Ideal, Bukan Binaraga

Lokasi Pem

otretan

: Atlas Fitn

ess Cen

ter

Page 11: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Testimoni

lucosamine, Chondroitin & MSM adalah zat yang ditemukan secara natural di dalam tubuh kita. Chondroitin dan G

glucosamine, sebagai suplemen makanan, digunakan secara bersamaan untuk membantu meringankan gejala-gejala osteoarthritis. Glucosamine penting untuk konstruksi dan perbaikan jaringan penghubung dan tulang rawan sendi yang sehat. Chondroitin merupakan unsur pembentuk utama proteoglycan: yaitu molekul-molekul protein besar yang membuat tulang rawan menjadi elastis. Chondroitin sulfate bekerja dengan cara menarik cairan ke molekul-molekul proteoglycan dan merangsang produksi kolagen.

MSM adalah sulfur alami yang memainkan peranan besar di dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan sendi. MSM juga berguna untuk meredakan peradangan dan rasa sakit di sendi-sendi yang terkait dengan osteoarthritis, rheumatoid arthritis, sakit otot, keletihan, dan sakit punggung.

Glucosamine, Chondroitin & MSMdari Ultimate Nutrition mengandung tiga bahan pokok utama yaitu 1500 mg Glucosamine, 1200 mg Chondroitin, dan 1200 mg MSM yang mampu mencukupi kebutuhan harian Anda dalam mengatasi segala masalah sendi dan jaringan tulang rawan serta menjaga kesehatannya.

ebelum kami mengenal Ultimate Nutrition, latihan kami hanya sekedar latihan. Setelah mengenal banyak S

produk dari Ultimate Nutrition, kami mulai mengerti tentang suplementasi, pola makan yang baik, dan cara latihan yang benar sehingga mendapatkan otot yang kami harapkan.

mazing! Itulah kata yang saya ucapkan ketika melihat hasil tiga bulan pertama Amenggunakan Ultra Ripped dari

Ultimate Nutrition. Hal ini terus memotivasi saya untuk terus berlatih dan menggunakan produk dari Ultimate Nutrition. Sudah 3 tahun Ultimate Nutrition menemani aktifitas saya. Amino 2002, Prostar Whey, dan Kre-Alkalyn membantu saya untuk lebih berhasil dalam meningkatkan massa otot. Tubuh saya menjadi lebih besar dan berotot. Impian saya adalah memiliki 100% tubuh muscular. Saya pasti bisa meraihnya bersama Ultimate Nutrition.

Titi, Agus & Kurmen (fitness mania Probolinggo, Jatim)

Christian (Malang, Jawa Timur)

Glucosamine & Chondroitin & MSMMengatasi Segala Masalah Sendi & Jaringan Tulang Rawan

Tersedia dalam botol berisi 90 tablet.

Konsumsilah 3 tablet sehari, atau sesuai anjuran

pakar kesehatan.

HOT ProductHOT Product

Menambah elastisitas sendi

Meringankan nyeri punggung dan keletihan

Menjaga kesehatan sendi

Mengurangi rasa sakit dan peradangan sendi

Membantu pembentukan jaringan tulang rawan

Memperbaiki jaringan tulang rawan dan meringankan gejala osteoarthritis

Model : Farid AnshoriLokasi : Atlas Fitness Center

11

Page 12: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Waspada Musim pancaroba datang menerpa. Perubahan cuaca tidak menentu. Hari yang panas tiba-tiba bisa berubah menjadi guyuran hujan deras. Tak sadar, kekebalan tubuh menurun drastis. Akibatnya, virus dan bakteri dengan senang hati “singgah” ke tubuh Anda.

12

Common colds need

n ecommon se s

a onot ntibi tics

Health File

Flu & Radang Tenggorokan!Panduan Praktis Pengobatan dan Pencegahan

Page 13: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Tahukah Anda?Ketika bersin, penderita flu melontarkan ratusan juta virus dengan kecepatan sampai 160 km/jam. Tidak ada yang dapat mengelak dari terjangan virus flu secepat itu. Akan tetapi, diketahui sebagian besar virus dalam beberapa detik langsung turun ke tanah, hanya sebagian kecil yang terus melayang di udara. Penularan tidak selalu terjadi jika kita memiliki daya tahan tubuh yang baik.

13

Wahyu

Page 14: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Hoodiaoodia telah lama diteliti karena kegunaannya sebagai penahan nafsu makan. Hal ini dikarenakan tanaman Hoodia mengandung zat khusus yang bekerja di otak untuk mengirim H

sinyal bahwa Anda telah kenyang sehingga nafsu makan berkurang. Molekul P57 dalam tanaman Hoodia gordonii bekerja dengan cara menirukan efek glukosa terhadap sel-sel syaraf otak sehingga “menipu” tubuh agar berpikir sudah kenyang, meskipun sebenarnya tidak, sehingga dapat menekan nafsu makan. Hoodia dari Ultimate Nutrition berbeda dengan produk weight loss bersifat stimulan seperti Ephedra. Hoodia merupakan suplemen alami tanpa efek stimulan apapun. Hoodia digunakan untuk mengurangi nafsu berlebihan terhadap makanan dan membuat merasa kenyang lebih lama.

Keunggulan Hoodia :Hanya mengandung 100% ekstrak tanaman Hoodia gordoniimurni Gurun Kalahari Afrika dengan kandungan 500 mg/kapletMengontrol dan mengurangi nafsu makanMembuat Anda merasa kenyang lebih lamaMenurunkan berat badan Membantu program diet dan mempertahankan berat idealAndaBebas dari berbagai efek perangsang, efek samping, dan bebasdari berbagai bakteri.

Hoodia Hoodia

Kontrol Nafsu Makan dan Bakar Lemak Secara Cepat Alami

Lebaran merupakan momen yang indah untuk berkunjung ke sanak saudara dan bersilaturahmi. Berbagai hidangan disajikan mulai dari opor, gulai, ketupat/lontong sayur,

rendang, soto, sambal goreng hati/kentang, sate dan berbagai makanan lezat khas lebaran lainnya. Belum lagi berbagai

kue-kue manis, kacang/ mete goreng, emping, dan berbagai camilan menggoda lidah lainnya. Setelah berpuasa sebulan penuh tentu nikmat sekali menyantapnya. Tapi, yakin mau dilahap semua? Tidak takut perut membuncit? Bagaimana dengan tubuh ideal Anda? Tenang saja, bukan berarti Anda

sama sekali tidak boleh menyantap makanan kesukaan kok. Bawa selalu Hoodia dan Ultra Ripped New and Improved Formula dalam travelling bag Anda dan buktikan sendiri

manfaat-manfaat kombinasinya di bawah ini.

& & Ultra Ripped New Ultra Ripped New

and Improved Formulaand Improved Formula

14

Page 15: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Supplements

ltra Ripped New and Improved Formula adalah solusi terbaik untuk membakar lemak Utubuh secara cepat. Ultra Ripped New and

Improved Formula juga mampu membuang lemak berlebih dari tubuh dengan cara mempercepat metabolisme tubuh. Menggunakan formula thermogenik untuk menyempurnakan proses pembakaran lemak saat berolahraga, meningkatkan energi, stamina dan menekan nafsu makan. Ultra Ripped dengan formula baru ini merupakan produk fat burner terlengkap saat ini dan dapat digunakan sebelum berolahraga untuk menambah energi dan memaksimalkan pembakaran lemak pada saat berolahraga.

Kandungan dan Manfaat :Bitter Orange Bersifat thermogenik dan membantu menekan nafsu makan. Selain itu mengandung Synephrine untuk meningkatkan energi.Guarana Extract Guarana adalah sumber energi yang mampu meningkatkan kewaspadaan mental melawankelelahan.

Green Tea mengandung beberapa bahanantioksidan dan mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh.White Willow BarkWhite Willow Bark jika digabung dengankandungan yang lain dapat meningkatkan kemampuan membakar lemak dan mempercepat metabolisme tubuh.CayenneCayenne mampu meningkatkan suhu tubuh(thermogenik) sehingga akan meningkatkan pengeluaran energi.Yerba MateYerba Mate hampir mirip dengan kafein namunbebas efek samping seperti kafein jadi aman bagitubuh.

Green Tea Extracterba Mat

Manfaat Kombinasi :Mengendalikan nafsu makan berlebihanMemberikan efek mengenyangkanMenurunkan berat badan secara alamiMeningkatkan pengeluaran energiMeningkatkan metabolisme tubuhMemiliki efek thermogenik sehinggameningkatkan pembakaran lemak lebihsempurna dan maksimalMempercepat pencapaian berat badan idealyang kita inginkanMembantu program diet dan mempertahankanberat ideal Anda

Pemakaian Kombinasi :

Pagi hari : 1 kaplet Hoodia sebelum sarapandan 1-2 kapsul Ultra Ripped New andImproved Formula setelah sarapandalam keadaan perut kosong.

Siang hari : 1 kaplet Hoodia sebelum makansiang.

Sebelum berlatih : 1-2 kapsul Ultra Ripped New and

Improved Formula.

Jadi sekarang Anda tak perlu takut akan rakus makan hidangan lebaran dengan mengkonsumsi Hoodia. Sekalipun harus menyantap hidangan berlemak, konsumsi Ultra Ripped siap membakar kandungan lemak tubuh seefektif mungkin. Tubuh tetap terjaga ideal sesuai keinginan. Jadi, makan lancar, diet jalan terus!

Ultra Ripped New and Improved Formula

Wahyu

15

Page 16: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Gym Profiles

WawanFitness

16

ara fitness mania di Bali khususnya daerah Kuta pasti sangat familiar dengan gym yang satu ini. Dewa Fitness yang sudah berdiri sejak tahun 2003 ini P

terletak di kawasan pusat wisata Denpasar yang ramai oleh wisman mancanegara dan lokal yaitu di dekat Pantai Kuta. Bp. I Dewa Subandi selaku owner Dewa Fitness melengkapi semua fasilitas gymnya mulai dari ruang fitnes dan aerobik yang luas, kantin makanan sehat, etalase berbagai jenis suplemen, dan lahan parkir yang luas untuk para member.

Dewa Fitness buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00-20.00 WITA dan hanya tutup pada hari-hari raya besar umat Hindu. Tarif bulanan yang ditawarkan juga sangat terjangkau oleh member yaitu hanya Rp. 35.000/bulan. Tarif ini sudah termasuk kelas fitnes dan aerobik. Para member akan dipandu para instruktur berpengalaman. Salah satunya adalah mantan atlit binaraga senior dari Bali yaitu I Putu Reditha.

Anda yang tertarik bergabung bisa dengan mudah menemukan lokasi gym ini yaitu di sekitar kawasan wisata Pantai Kuta dan Centro Mall Denpasar, tepatnya di Jalan Kubu Anyar 19, Kuta, Bali, atau telepon dulu di (0361) 864 77 36. Jadi setelah berlatih di Dewa Fitness, Anda bisa berjalan-jalan di Pantai Kuta sambil memamerkan otot-otot Anda. Asyik bukan? Andy

DewaFitness

Denpasar, Bali

upanya kawasan Pantai Kuta, Denpasar, Bali, memang menjadi daya tarik berdirinya pusat-pusat kebugaran tubuh. Tidak jauh dari lokasi gym yang pertama, Anda R

juga akan menemukan sebuah gym yang memiliki cukup banyak member. Wawan Fitness, begitu nama gym ini, sudah berdiri sejak 7 Juni 2000 dan kini memiliki sekitar 250-300 member aktif per bulannya. Bukan hanya itu, Wayan Winya selaku owner-nya, mengaku jika gymnya sudah mencetak atlit-atlit berprestasi, diantaranya 2 kali Juara Umum dan 4 kali Best of the Best dalam kejuaraan binaraga Bupati Cup dan Prosia Cup.

Untuk terus mempertahankan prestasi itu, Wawan Fitness memiliki fasilitas ruangan fitnes dan aerobik yang luas, kantin yang menyediakan aneka jus, dan rangkaian suplemen fitnes yang lengkap. Dua instruktur berpengalaman yang sekaligus atlit binaraga senior di Bali yaitu I Wayan Sugita dan I Gusti Putu Aryawan juga siap melatih para member. Kalau Anda ingin berprestasi seperti member Wawan Fitness yang lain, segera sambangi di Jl. Kubu Anyar No. 36 Kuta, Denpasar, Bali, telepon : (0361) 767173. Buka Senin-Sabtu (07:00-20:00 WITA) dan Minggu (07:00-14:00 WITA).

Denpasar, Bali

Andy

Page 17: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

17

Sporty

Fem

me

Sporty

Fem

me

“Gerakan seperti itu biasa diperagakan dalam aerobik. Dalam kelas Miss Fitness misalnya, seorang pesenam aerobik dituntut menampilkan performa gerakan yang maksimal. Karenanya kelenturan tubuh harus benar-benar terlatih sempurna dan itu memerlukan latihan yang keras,” jelas Elizabeth membuka wawancara. “Latihannya juga bukan cuma menguasai aerobik dasar, tetapi juga harus bisa discorobic, dance, salsa, dan masih banyak lagi,” tambahnya.

“Dan jangan salah, seorang pesenam juga harus latihan beban agar kekuatan ototnya mampu mendukung gerakan aerobik yang paling ekstrim sekalipun,” jelas instruktur yang hampir tidak pernah absen ikut berbagai kejuaraan aerobik dan Miss Fitness ini.

Selain mengajar sebagai instruktur aerobik, Elizabeth juga rajin berlatih beban hampir setiap hari, hanya hari Minggu saja dia off berlatih. Apalagi Elizabeth juga hobi berenang. Tak heran tubuhnya masih terlihat seksi meski pada 7 September yang lalu dia sudah genap berusia 32 tahun.

“Kalau pagi, biasanya aku latihan otot-otot kecil. Sorenya baru berlatih otot-otot besar dan terutama sekali otot-otot paha,” terang ibu yang baru saja meraih The Best Sexy Body dalam sebuah kejuaraan Miss Fitness ini.

“Jangan lupa juga untuk berdiet yang benar. Kalau aktifitasnya tinggi, makannya harus bernutrisi tinggi juga. Kalau aku biasanya pagi sarapan oatmeal, siang dan malamnya mengkonsumsi makanan berprotein tinggi,” jelas penggemar ikan bakar dan ayam rebus ini.

Saat ini, Elizabeth masih terus berlatih untuk persiapan kompetisi Miss Fitness selanjutnya. “Yang penting itu jadikan olahraga sebagai bagian dari hidup kita. Hasilnya, badan sehat dan bugar selalu. Nah, prestasi itu sebagai bonusnya,” pesan Elizabeth menutup wawancara.

Elizabeth Ling Lee :

Berlatih Beban untuk Mendukung Gerakan Aerobik Ekstrim

Gerakan aerobik yang memperlihatkan kelenturan tubuhnya pasti akan membuat terkesima siapapun yang menyaksikannya. Diperlukan kerja keras bertahun-tahun dari seorang Elizabeth Ling Lee untuk membuat gerakan

Oekstrim seperti pose kaki bersudut 180 misalnya.

Aan

Page 18: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

ngin melatih tricep Anda tetapi cuma punya sepasang dumbbell di rumah? Tidak masalah! IVariasikan saja dumbbell dan beban tubuh Anda

untuk program latihan tricep yang optimal. Jadilah kreatif! Tiga jenis gerakan ini masih bisa Anda variasikan dengan gerakan latihan tricep non-mesin yang simpel lainnya. Namun untuk sementara waktu, ketiga gerakan ini sudah cukup baik untuk membuat tricep Anda menonjol keluar.

Gerakan Close-grip dumbbell press merupakan pengganti sempurna di rumah untuk versi gerakan dengan barbell yang harus memerlukan pegangan spotter. Untuk gerakan Bench-dip, cobalah sampai otot benar-benar failure untuk ketiga set yang ditetapkan.

Jangan sampai kedua dumbbell bersentuhan, beri jarak beberapa inchi.

OBiarkan lengan yang bergerak, bukan pergelangan tangan. Bentuk sudut 90 dan jangan sampai dumbbell menyentuh dada.AT

-HO

ME

TR

ICEP

S TR

AINI

NG

Lengan membentuk

Osudut 90 dan jangan sampai pantat menyentuh dasar.

T i p s

18

Mo

de

l : Ed

i Su

y L

oka

si : Jo

e's

Mu

scle

Ce

ll Blo

ck

Close-Grip Dumbbell Press

One-Arm Dumbbell Extension

Bench Dip

Aan

Page 19: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Konsumsi 12 jenis makanan berikut akan membuat tubuh Anda lebih sehat, mendongkrak stamina, dan meningkatkan massa otot yang kering tanpa timbunan lemak. Kombinasi makanan ini harus masuk dalam pola makan fitness mania untuk mempercepat pencapaian hasil yang diinginkan.

Almond

OatmealInstan

Asparagus

Goji Berry

T i p s12 Superfoods for Stamina & Musclebuilding

RotiGandum

19

I :T P S Ko i ik n m k n h r -h r d den a 2-3 ma ana ut ma ealm d n d kit 1-3 ca a .

mb nas a menu a a se a i a i An a g n k n a ( ) a se i nya mil n

a ia k n u k n nd u k memp rol k i a d r n, k bo t, d n ema

V r si a men ma a A a ntu e eh omb n si a i protei ar hidra a l k

a n ba a ca a , k rena A a i m n p tk n n l r m l

J nga a ik n mil n a nd b sa e da a a protei pu a da i ca i an.

Ja g n i ren g r nu ya ida r kn a d go g a a trisi ng ada t k usa

Wahyu

Page 20: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Si Lembut Bernutrisi Tinggi

TofuTofu atau tahu memang sudah menjadi makanan

rakyat yang murah meriah dan mendunia. Tofu lezat disantap dan telah diolah

menjadi berbagai masakan di berbagai negara. Dibalik

kelezatannya, tofu diyakini sebagai salah

satu makanan yang banyak memiliki khasiat.

20

Page 21: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

ofu pertama kali ditemukan di Cina sejak abad ke 200 Sebelum Masehi, dibawa para perantau T

Cina ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Tofu dibuat dengan menggumpalkan protein dari sari kedelai yang telah dipisah dari bubur kedelai. Penggumpalan protein ini biasanya dengan menggunakan asam cuka atau mineral (magnesium atau kalsium). Tofu mudah diolah menjadi berbagai masakan karena mudah menyerap bumbu, teksturnya yang lembut sering digunakan untuk variasi pembuatan kue, selain itu dapat ditambahkan pula ke dalam sup untuk membuat rasanya menjadi lebih nikmat.

Jenis-jenis TofuBerdasarkan teksturnya tofu dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :

Firm Tofu : tofu jenis ini memiliki tekstur yang padat, agak kenyal, dan tidak mudah hancur. Firm tofu banyak digunakan dalam berbagai masakan karena tidak mudah hancur saat dimasak, mengandung protein, lemak, dan kalsium lebih tinggi dari tofu jenis yang lain.

Soft Tofu : tofu jenis ini memiliki tekstur yang lembut dan padat. Cocok untuk jenis masakan yang dicampur dengan kuah, seperti sup.

Silken Tofu : orang sering menyebut sebagai tahu sutera, sangat lembut dan mudah hancur. Sering digunakan untuk campuran saus dan topping untuk aneka masakan.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat TofuDi balik kelezatannya, ternyata tofu menyimpan sejuta manfaat karena berbagai kandungan nutrisinya. Berikut kandungan nutrisi dan manfaat tofu :

Mengandung Protein TinggiTofu dibuat dari kedelai sehingga kaya kandungan protein nabati. Tofu dapat berisikan 15,8 gr protein untuk sepotong tahu (jika diasumsikan beratnya kira-kira 100 gr/potong) sehingga mampu mencukupi 32% kebutuhan harian protein. Jenis protein dan asam amino yang terkandung juga sangat mudah dicerna tubuh. Sangat cocok untuk mereka yang menjalani diet vegetarian dan weight loss seperti para atlit binaraga dan fitness mania.

Mengandung IsoflavonoidTofu banyak mengandung isoflavon. Isoflavon tofu terdiri dari genistein and daidzein, yang berfungsi sebagai antioksidan; antikanker; mencegah penuaan dini, osteoporosis, dan kerusakan tulang. Firm tofu mengandung isoflavon kurang lebih 35 mg/100 gr.

Mengandung Lemak Sehat100 gr tofu mengandung 8,7 gr lemak (4,9 gr diantaranya adalah lemak tak jenuh majemuk yang baik untuk kesehatan). Tofu menetralkan efek negatif kolesterol jahat karena banyak mengandung lemak tak jenuh majemuk (PUFA), niasin, Omega 3 dan 6, sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung (koroner). Sebuah penelitian, membandingkan antara orang yang mengkonsumsi tofu dan yang tidak selama satu tahun. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi tofu mengalami penurunan kadar kolesterol lebih besar dibanding kelompok pengonsumsi makanan lain. Penurunan ini dapat mencapai 10-20%.

Tinggi Kandungan Mineral Tofu mengandung zat kalsium dan mangan yang tinggi yaitu masing-masing sebesar 683 mg dan 1,2 mg per 100 gr tofu. Kalsium berperan dalam pertumbuhan tulang, mencegah pengeroposan tulang, dan memelihara kesehatan tulang. Mangan berperan penting sebagai komponen enzim pertumbuhan tubuh, kulit, dan rambut. Tofu juga kaya akan selenium yang penting untuk sintesa enzim antioksidan. Selain itu tofu juga kaya dengan mineral fosfor, tembaga, besi, dan zinc yang baik untuk mencegah anemia.

Tinggi Kandungan Vitamin BTofu juga merupakan sumber vitamin B (terutama B1/tiamin, dan B2/riboflavin, B6), folat, yang sangat bermanfaat untuk metabolisme sel darah merah, kesehatan kulit dan otot (muscle tone), meningkatkan kekebalan dan fungsi sistem syaraf, meningkatkan hormon pertumbuhan, mencegah anemia, serta kanker pankeras.

Rendah Kandungan GaramTofu memiliki kandungan garam yang sangat rendah, sehingga cocok untuk

penderita hipertensi karena dapat menurunkan tekanan darah.

Bebas Kolesterol dan SodiumUntuk tofu dalam keadaan mentah bisa dipastikan bebas dari kolesterol dan sodium. Karena itu perhatikan proses memasaknya untuk menjaga kandungan nutrisinya.

Memiliki Tekstur LembutTekstur tofu yang lembut memudahkan dicerna oleh semua kelompok umur, dari bayi sampai usia lanjut.

1. Membeli dan Menyimpan TofuTofu dibuat dari proses yang alami yang belakangan tahu sempat dijauhi masyarakat akibat isu formalin sebagai bahan pengawetnya. Namun tidak semua tofu diproses dengan bahan berbahaya tersebut, terbukti masih ada saja tofu yang dibuat secara alami. Tofu biasanya dijual dengan cara direndam dalam air yang bersih dan dingin, plastik vakum, atau kemasan yang aseptis. Solusi memilih tofu, pilihlah yang masih dalam keadaan segar, dingin, bertekstur tidak keras, bau tidak busuk, dan berwarna putih normal. Kalau perlu periksalah tanggal kedaluwarsa jika tofu berada dalam kemasan khusus. Perlu diperhatikan pula, tofu harus disimpan dalam suhu yang rendah atau beku untuk mencegah dari kerusakan dan agar kesegarannya tetap terjaga.

2. Jangan DigorengAgar semua nutrisi tofu dapat bermanfaat dan berkhasiat bagi tubuh, maka masaklah tofu dengan cara dikukus, disemur, atau sebagai campuran sup dan saus. Jika tofu dimasak dengan digoreng maka khasiat dan kandungan nutrisinya akan hilang.

Tips Sehat

21

Nu

trit

in

Fa

ct

oa

hu

e

nta

hT

M

Nutrition

Wahyu

Page 22: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Apa itu Nitrit Oksida?

Arginin dapat Meningkatkan Produksi dan Suplai Nitrit Oksida

Fungsi Nitrit Oksida

Nitrit Oksida (N.O.) adalah suatu senyawa berbentuk gas dalam darah yang penting dalam menunjang berbagai fungsi fisiologis tubuh mamalia. N.O. dikenal sebagai senyawa yang merelaksasi pembuluh darah atau EDRF (Endothelium Derived Relaxing Factor). EDRF disintesa secara alami dari asam amino Arginin dan oksigen melalui enzim Nitric Oxide Synthase (NOS).

Nitrit Oksida merupakan suatu senyawa yang perannya sangat penting untuk menjaga kesehatan sel-sel pembuluh darah, khususnya kardiovaskular. N.O. dibentuk di tiap jaringan sel, sel-sel pembuluh darah, dan sel-sel syaraf spesifik di otak. Produksi N.O. dalam jumlah yang seimbang dan sesuai diperlukan tubuh agar kontraksi dan pelebaran pembuluh darah manusia berlangsung secara optimal dan teratur sehingga aliran darah ke seluruh tubuh dapat berlangsung dengan lancar dan teratur pula. Produksi N.O. dalam tubuh dapat terhambat akibat pengaruh kebiasaan merokok, penyakit diabetes, hipertensi, dan kolesterol. Pembentukan N.O. yang terhambat mengakibatkan suplainya juga terhambat sehingga pembuluh darah menjadi menyempit dan tidak sehat.

Suplementasi dengan asam amino Arginin akan meningkatkan produksi senyawa Nitrit Oksida. Asam amino Arginin merupakan prekusor (pemicu) pembentukan N.O. secara alami melalui serangkaian reaksi metabolisme dalam tubuh.

Mencegah Penyempitan Pembuluh DarahN.O. mampu bekerja merelaksasi sel-sel otot halus yang menyusun sejumlah organ bagian dalam dan mampu bekerja merelaksasi sel otot jantung. N.O. mencegah penempelan trombosit yang dapat menyempitkan pembuluh darah.

Mencegah Stroke dan Pengerasan Pembuluh DarahDalam sebuah penelitian, ternyata N.O. efektif dalam menghindarkan dan mengurangi gejala penyakit stroke,

Kupas Tuntas

Nitrit Oksida (Nitric Oxide)

CARA KERJA DAN MANFAATNYA BAGI TUBUH KITA

Pengerasan, penyempitan, dan penyumbatan pembuluh darah

merupakan gejala-gejala penyakit vaskular. Kondisi tersebut membuat banyak orang takut dengan berbagai

jenis penyakit vaskular seperti stroke, jantung, atherosklerosis, dan

lain-lain. Akibatnya, berbagai cara digunakan untuk mencegah

timbulnya penyakit ini. Padahal perlu diketahui, tubuh kita secara alami menghasilkan Nitrit Oksida

yang memiliki banyak peranan dalam sistem metabolisme tubuh,

dan termasuk diyakini sebagai senyawa yang dapat merelaksasi/

melebarkan pembuluh darah.

22

Page 23: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

sebab dapat mengurangi pembentukan kalsium yang mengakibatkan pengerasan pembuluh darah.

Mencegah Penyakit Jantung dan AtherosklerosisN.O. mampu menjaga dinding arteri tetap dalam kondisi fleksibel sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan atherosklerosis.

Mencegah Hipertensi N.O. juga berperan dalam mengatur tekanan darah. N.O. akan menurunkan tekanan darah dengan cara menstimulasi pengeluaran kalsium dari sel pembuluh darah sehingga menyebabkan pembuluh darah melebar. Kondisi tersebut akan mengurangi resiko hipertensi.

Sebagai AntikankerSuplementasi dengan asam amino Arginin dapat meningkatkan kuantitas (jumlah) dan aktifitas cytotoxic yang berfungsi sebagai pembunuh sel kanker.

Meningkatkan Sistem Imunitas TubuhN.O. mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui metabolisme tubuh yang baik, sebagai antioksidan, dan juga merupakan senyawa yang dapat mematikan bakteri patogen.

Menurunkan StresN.O. mampu meningkatkan suplai oksigen dan nutrisi ke dalam otak sehingga kesehatannya terjaga dan tidak mudah mengalami stres.

Memperbaiki dan Meningkatkan Metabolisme TubuhN.O. juga mampu meningkatkan dan memperlancar aliran darah yang membawa nutrisi ke tiap jaringan sel sehingga memperbaiki dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Meningkatkan VitalitasBagi kaum pria, N.O. dapat meningkatkan aliran darah ke alat vital, sehingga meningkatkan vitalitas.

Meningkatkan Massa OtotKombinasi dengan asam amino Arginin mampu membentuk senyawa creatine yang dipergunakan untuk meningkatkan massa otot tubuh.

Merangsang Hormon PertumbuhanMerangsang tubuh untuk memproduksi hormon pertumbuhan yang berguna untuk menstimulasi pertumbuhan dan reproduksi sel otot.

Anti Penuaan DiniN.O. juga bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.

Memperbaiki Fungsi SyarafN.O. juga mampu memperbaiki sistem kerja syaraf pusat karena bekerja aktif di otak.

Sel-sel otot kita selalu membutuhkan nutrisi dari setiap makanan yang kita konsumsi. Nutrisi makanan tersebut harus disalurkan melalui pembuluh darah dengan baik ke setiap sel-sel otot sehingga mampu membantu perkembangan otot secara maksimal agar lebih besar dan kuat.

Nitrit Oksida mampu memompa pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Hasilnya, aliran darah yang lancar mampu membantu penyaluran nutrisi makanan secara optimal ke tiap sel-sel otot tubuh. N.O. juga mampu merangsang hormon pertumbuhan yang berguna untuk menstimulasi pertumbuhan dan reproduksi sel-sel otot.

Suplementasi dengan asam amino Arginin juga mampu meningkatkan volume otot yang maksimal melalui sintesa senyawa creatine secara alami yang berfungsi untuk meningkatkan massa otot tubuh.

Jadi sekarang bagaimana? Kini Anda tak ragu lagi akan khasiat Nitrit Oksida bagi tubuh bukan?

Bagaimana Nitrit Oksida Mampu Membantu Pembentukan Otot?

Wahyu

23

Nitrit Oksida mampu memompa pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Hasilnya, aliran darah yang lancar mampu membantu penyaluran nutrisi makanan secara optimal ke tiap sel-sel otot tubuh.

Mo

de

l : Did

ik S. K

iswa

nto

Lo

kasi : A

tlas F

itne

ss Ce

nte

r

Page 24: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

ww

w.d

ennysanto

so.c

om

Denny Santoso, S. Kom, SAC. Dip., CSNCertified Sport Nutritionist

www.sportindo.comTips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutrition

Denny Santoso, S. Kom, SAC, Dip. CBA, Certified Sport Nutritionist

www.sportindo.com, www.dennysantoso.com - YM: cobramaniawww.friendster.com/cobramania

Tips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutrition

24

ita sudah mengerti bahwa untuk menurunkan berat badan, makan dalam sehari haruslah 5-6 kali. K

Tetapi saya masih melihat banyak kesalahan dalam hal memilih makanan. Ada yang mengatakan kepada saya kalau dia sudah meningkatkan metabolisme tubuhnya dengan mencoba mengganti makanannya dengan memperbanyak buah dan sayur. Kemudian ada juga yang mengatakan kalau dia sudah makan 6 kali, jadi selain nasi dan makan normalnya, untuk snack-nya dia memakan oatmeal + buah. Masih banyak sekali kesalahan-kesalahan yang terjadi seperti ini. Mereka mengerti konsepnya tetapi masih salah dalam melaksanakannya.

Diet seimbang untuk menjaga berat badan ideal kurang lebih komposisinya adalah 55% untuk karbohidrat, 25% protein, dan 20% lemak. Tetapi untuk yang ingin menurunkan berat badannya, saran saya adalah 45% untuk karbohidrat, 35% untuk protein, dan 20% untuk lemak.

Artikel saya sebelumnya sudah menjelaskan tentang kebutuhan kalori setiap orang. Bisa dilihat di :

Cara menghitungnya adalah apabila Anda membutuhkan 2000 Kalori sehari, maka karbohidratnya adalah 45% dari 2000 yaitu 900 Kalori. Apabila 1 gram karbohidrat mengandung 4 Kalori maka 900 Kalori adalah 225 gram karbohidrat yang perlu kita makan dalam sehari. Lalu 35% protein dalam sehari berarti 700 kalori berasal dari protein sebesar 175 gram. Yang terakhir adalah 20% lemak dari 2000 Kalori adalah 400 Kalori, sedangkan 1 gram lemak mengandung 9 kalori, yang artinya kita membutuhkan 44 gram lemak.

Bayangkan saja kalau kita makan oatmeal sebanyak 6 kali, buah, sayur sebanyak itu. Kita tahu bahwa oatmeal adalah sumber karbohidrat yang bagus dan banyak orang mengatakan kalau oatmeal bisa menurunkan berat badan. Tetapi apabila ternyata yang kita makan

adalah 80% karbohidrat, meskipun itu terbuat dari oatmeal, tetap saja kita tidak bisa menurunkan berat badan kita. Kelebihan karbohidrat sebagai sumber tenaga utama tetap saja akan disimpan sebagai tenaga cadangan dalam bentuk lemak. Kita lihat apabila perut kita masih belum berkurang ukurannya, itu biasanya karbohidrat yang menjadi masalah. Kebanyakan oatmeal, buah atau bahkan beras merah adalah penyebabnya. Lemak jarang menjadi penyebab utama karena sebagian besar dari kita yang melakukan diet sudah tidak memakan lagi yang namanya gorengan.

Jadi selain memperhatikan apa jenis makanan yang sudah Anda makan, perhatikanlah juga komposisi kalori makanan Anda. Salah komposisi, diet Anda tidak akan berhasil mencapai tujuan.

Pengaturan

Kalori

www.dennysantoso.com/cek-metabolisme-anda.html

Page 25: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

www.sportindo.com

Aan

25

Bagaimana caranya?

1. Setelah klik www.sportindo.com,arahkan cursor mouse Anda ke menu“Food & Nutrition” sampai 8submenunya scrolling ke bawah.

2. Lalu pilih dan klik saja submenu “Nutrition Info.”

3. Maka akan terbuka tabel besar“Nutrition Info” berbagai jenismakanan yang urut secara abjaduntuk kemudahan pencarian.

4. Lihat disamping makanan yang Andapilih akan tertera secara berurutankandungan nutrisi Protein,Karbohidrat, Lemak, Fiber, Kalori,Sodium, Kolesterol, Glycemic Load,Amino Acids Score, dan GlycemicIndex.

5. Selamat menghitung dan selamatmakan tentunya!

Nutrition Info : Ketahui Jumlah Nutrisi Dalam Makanan Anda

Beberapa dari Anda yang sedang menerapkan program diet mungkin sering kesulitan mengetahui kandungan nutrisi yang akan dimakan. Berapa jumlah proteinnya? Karbohidratnya? Lemaknya? Kalorinya? Seratnya? Stop bingung! Kami punya solusinya. Klik saja www.sportindo.com karena sudah dilengkapi Nutrition Info berbagai jenis makanan yang biasa Anda konsumsi sehari-hari.

Page 26: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

EVENTS

KEJUARAAN TARIK TAMBANG BRUNEI DARUSSALAM

KALAU TAMBANG DAN OTOT DISATUKAN

Wayan

Brunei Darussalam

gustus merupakan bulan yang meriah bagi masyarakat di Negara Brunei Darrussalam, karena di bulan ini Duli A

Yang Maha Mulia Seri Baginda Sultan dan Yang Dipertuan Agung Brunei Sultan Hassanal Bolkiah mengadakan Perayaan Ulang Tahun Hari Keputeraan Beliau.

Berbagai acara digelar baik seni, budaya, iptek dan juga olahraga. Olahraga yang dipertandingkan disini sangat unik yaitu olahraga tarik tambang yang merupakan olahraga tradisional di hampir setiap negara di Asia. Karena itu Sultan melalui panitianya, Pengerusi Perlawanan Tarik Kalat Brunei Darussalam, mengundang semua organisasi Tarik Tambang yang ada di Pulau Kalimantan (Borneo) untuk ikut berpartisipasi.

Federasi Olah Raga Masyarakat Indonesia (FOMI) Kalimantan Barat menjawab undangan tersebut dengan mengirimkan 18 atlit dan 7 official untuk ikut dalam kegiatan yang diselenggarakan tanggal 23-26 Juli 2008 di Lapangan Terbuka Sultan Omar Ali Saifudin Bandar Seri Begawan. Biasanya perlombaan diadakan setiap bulan Agustus namun mengingat bulan puasa sudah dekat maka dimajukan bulan Juli ini. Indonesia sendiri sudah berpartisipasi sejak tahun 2002, jadi ini merupakan keikutsertaan yang ke 7 kalinya. Propinsi Kalimantan Barat dipilih mewakili karena baiknya prestasi yang diraih tahun 2007 dengan menempati Juara II setelah mengalahkan Thailand.

Tahun ini Indonesia harus puas meraih posisi ke-4. Hal ini disebabkan karena peraturan pertandingan terkadang tidak sama saat tim sudah berada di lokasi. Saat bertanding, tim Indonesia dengan 18 atlit berbobot total 1,4 ton harus berhadapan dengan negara lain yang bobot total 18 atlitnya seberat 1,9 ton. Bisa dibayangkan berton-ton otot yang hanya berpegang pada seutas tali tambang beradu. Teknikpun harus dipakai, kekuatan tangan dan kaki, gaya grafitasi badan dan kepala, serta kekompakkan tim sangat berpengaruh. Misalnya dengan hanya mencondongkan kepala serentak ke kanan atau ke kiri saja akan menambah bobot seberat 10 kg per orang! Bayangkan 1,4 ton harus melawan 1,9 ton! Salut untuk tim Kalimantan Barat dengan jaket merah hitam persembahan dari Ultimate Nutrition. Semoga semakin baik di tahun mendatang!

26

Page 27: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

EVENTS

SECURITY RAGAKEJUARAAN BINARAGA & BODY FITNESS SECURITY

Jakarta

ara petugas keamanan yang Anda ketahui kebanyakan memang berbadan tegap dan kekar. P

Bagaimana kalau mereka berkumpul untuk saling adu otot? Bukan untuk berantem tetapi untuk berpartisipasi dalam Security Raga: Kejuaraan Binaraga dan Body Fitness Security merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-63 tanggal 17 Agustus 2008 yang lalu. Para peserta berasal dari Security Department PT. Wisma Nusantara International Jakarta yang meliputi Gedung Wisma Nusantara dan Hotel Nikko Jakarta.

Kejuaraan ini ternyata sangat diminati. Buktinya, tercatat 19 sekuriti mengikuti kategori binaraga dan 23 sekuriti mengikuti kategori body fitness. Para peserta berlaga di hadapan juri dari Odiseous Fitness & Spa dan tim Ultimate Nutrition. Sebelumnya sempat dilangsungkan peresmian nama “Palapa Fitness Center” oleh Bp. Benyamin I. Sadikin disaksikan oleh Ibu Meiliana di Lantai 4 Gedung Wisma Nusantara Jakarta pada tanggal 16 Agustus 2008. Selain itu juga diadakan talk show tentang suplemen dan nutrisi oleh tim dari Ultimate Nutrition yang direspon sangat bagus. Sebagai hiburan, Srikandi Dance beraksi memanjakan mata para peserta dan penonton yang hadir.

Daftar Juara Kategori Binaraga :Juara I : Ipong SumandoJuara II : HarjantoJuara III : Ginanjar SaputraHarapan I : FauziHarapan II : Heri HartantoHarapan III : Rudi BRW

Daftar Juara Kategori Body Fitness :Juara I : Rudi SubektiJuara II : Eko SusiloJuara III : OkanHarapan I : Didi IkmantoHarapan II : Agus Ngadianto A.Harapan III : Suyatno

Daftar Juara

Handoko

27

Page 28: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

EVENTS

28

AEROBIC & BODY FITNESS CONTEST 2008SINERGI FITNESS CENTER CAB. TENDEAN PLAZA

Aan

Jakarta

uasana food court di depan Sinergi Fitness Center Cabang Tendean Plaza Jakarta Sabtu pagi (23/8) itu terlihat berbeda. Beberapa S

wanita berkostum senam terlihat sibuk melakukan pelemasan dan pemanasan. Rupanya Sinergi Fitness Center Cabang Tendean Plaza tengah menggelar Aerobic & Body Fitness Contest 2008 dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-63. Menurut Bp. Erlangga (gym manager), ajang ini menjadi bukti hasil latihan para member Sinergi Fitness selama ini. Kategori yang dipertandingkan meliputi senam aerobik wanita, senam aerobik dan body fitness contest pria yang diikuti tidak kurang dari 40 peserta. Mereka rata-rata adalah para member Sinergi Fitness Tendean Plaza.

Mengawali acara, kategori aerobik wanita tuntas dipertandingkan dengan dipimpin oleh Mbak Emy, instruktur senior Sinergi Fitness. Sambil menunggu pengumuman pemenang, diadakan talkshow dan tanya jawab seputar suplementasi dan nutrisi dengan narasumber Bp. Wayan dari Ultimate Nutrition. Menyusul kemudian dipertandingkan senam aerobik pria yang menghadirkan guest poser Agus, binaragawan asal Papua.

Tiba-tiba para penonton dikejutkan dengan kehadiran ratu binaragawati Indonesia, Ayoe Nova yang berpose diatas panggung memamerkan otot-otot lean-nya. Body Fitness Contest menjadi puncak acara yang ditunggu-tunggu. Para finalis body contest juga sempat diadu dalam sesi Battle of Muscle. Akhirnya terpilih Ivan sebagai Juara I, disusul Daryadi dan Adi Dharma masing-masing di tempat kedua dan tiga.

Page 29: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

EVENTS

29

KEJUARAAN NASIONAL

GEBYAR BUGAR PROKLAMASI 2008Yogyakarta

Aerobik Pemula :Juara I : Riva (Yogyakarta)Juara II : Rama (Yogyakarta)Juara III : Lenny (Yogyakarta)Harapan I : Kentik (Klaten)Harapan II : Nikia (Solo)

Aerobik Professional :Juara I : Alvi (Yogyakarta)Juara II : Renny W (Solo)Juara III : Atik (Ultimate Nutrition Team)Harapan I : Trihandayani (Yogyakarta)Harapan II : Nahfud (Solo)

Miss Fitness :Juara I : Alvi (Yogyakarta)Juara II : Atik (Ultimate Nutrition Team)Juara III : Renny (Solo)Harapan I : Trihandayani (Yogyakarta)Harapan II : Rina

Body Fitness :Juara I : Dandy (Solo)Juara II : Zaidan (Jakarta)Juara III : Arief Budiarto (Axel Purwokerto)Harapan I : Aang Hendry (Ultimate Nutrition Team)Harapan II : Fagil S. (Solo)

Binaraga Junior Kelas <65 Kg :Juara I : Junaidi (Jember)Juara II : Jawandi (Karanganyar)Juara III : Wanto (Bantul)Harapan I : Imam S. (Rogo Jampi Banyuwangi)Harapan II : Mulyadi (Ultimate Nutrition Team)

Binaraga Junior Kelas >65 Kg :Juara I : Sang-Sang (Solo)Juara II : M. Yusuf (Ultimate Nutrition Team)Juara III : Agus P. (Yogyakarta)Harapan I : Fabian A. (Ultimate Nutrition Team)Harapan II : Ifan Lendi (Ultimate Nutrition Team)

Binaraga Senior Kelas 55 Kg :Juara I : Bambang (Ultimate Nutrition Team)Juara II : Junaidi (Jember)Juara III : Lucky Samuray (Ultimate Nutrition Team)Harapan I : Rizal (Yogyakarta)Harapan II : Imam Subaneh (Kamang Fitness)

Binaraga Senior Kelas 60 Kg :Juara I : Irwan Eden (Ultimate Nutrition Team )Juara II : M. Aipi (Solo)Juara III : Sugiharto (Babul)Harapan I : Ari Sahri (Jakarta)Harapan II : Munip (Jayapura)

Binaraga Senior Kelas 65 Kg :Juara I : Yoseph (Jakarta)Juara II : James Abanith (Ultimate Nutrition Team)Juara III : Damas Raga (Jakarta)Harapan I : Jalal (Petro Gresik)Harapan II : Jawandi (Karanganyar)

Binaraga Senior Kelas 70 Kg :Juara I : Entokh S. (Ultimate Nutrition Team)Juara II : Sang-Sang (Solo)Juara III : Munan (Universal Surabaya)Harapan I : Zaifator K. (Semarang)Harapan II : M. Yusuf (Ultimate Nutrition Team)

Binaraga Senior Kelas 75 Kg :Juara I : Sugeng (Ultimate Nutrition Team)Juara II : Sondang Ruddy (Ultimate Nutrition Team)Juara III : Aan Setiawan (Sidoarjo)Harapan I : Sudaryanto (Magelang)Harapan II : Edy Basuki (Ultimate Nutrition Team)

Binaraga Senior Kelas 80 Kg :Juara I : Ketut Arnawa (Ultimate Nutrition Team)Juara II : M. Kuat (Semarang)Juara III : Marcell (Cilacap)Harapan I : Budi Santoso (Ultimate Nutrition Team)Harapan II : Joko Waluyo (Yogyakarta)

Binaraga Senior Kelas 80+ Kg :Juara I : Hendra Sain (Jakarta)Juara II : Ifan Lendi (Ultimate Nutrition Team)Juara III : Wito (Malang)Harapan I : Imam Praga (Ponorogo)Harapan II : C. Prasetyanto (Yogyakarta)

Binaraga The Best Athlete :Juara I : Hendra Sein (Jakarta)Juara II : Yoseph (Jakarta)Juara III : Ketut Arnawa (Ultimate Nutrition Team)Juara IV : Entokh S. (Ultimate Nutrition Team)Juara V : Sugeng (Ultimate Nutrition Team)

Daftar Juara

emangat kemerdekaan juga menggelora sampai ke kota gudeg Yogyakarta. Tepatnya pada Kejuaraan Nasional Gebyar Bugar S

Proklamasi 2008 yang berlangsung 26-28 Agustus 2008 di Gedung Serbaguna Victory Jl. Parangtritis Km 9,5 Gabusan, Bantul. Acara tahunan yang diadakan oleh Bp. Agus Hendry Susanto (pemilik Victory Group) bekerjasama dengan PABBSI-DIY ini memperebutkan Piala Bupati Bantul dan Piala Dharma Surya, MBA.

Para penonton sudah terlihat ramai memberi semangat saat Lomba Panco mengawali hari pertama. Setelah sambutan Bp. Anto Suhartanto, S.ST., pertandingan pun dimulai berturut-turut dari kelas Aerobik Pemula, Aerobik Profesional dan Miss Fitness. Tepat pukul 14:30, Body Fitness dipertandingkan. Kriterianya adalah tubuh ideal yang berbeda dengan binaraga jadi para peserta tidak diperbolehkan berpose binaraga.

Pada hari terakhir, kejuaraan binaraga yang ditunggu-tunggu diawali dengan penyisihan para atlit yunior kelas <65 Kg dan >65 Kg. Berlanjut kemudian kelas Binaraga Senior mulai dari bobot terkecil 55 Kg saat menjelang siang sampai terberat 80+ Kg yang dimulai pukul 19:30 malam. Tepat jam 9 malam diadakan pelantikan anggota PABBSI DIY dimana Bp. Agus Hendry Susanto ditunjuk sebagai Ketua PABBSI DIY. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Umum PABBSI Bp. Adang Dorodjatun dan Wakil KONI Bp. Samsudi Mulyo. Bp. Heri Purnomo sebagai wakil Bupati Bantul dan Bp. Umar sebagai wakil Sri Sultan DIY juga ikut memberi sambutan.

Acara kembali memanas dengan kejuaraan binaraga Kelas Veteran berumur lebih dari 50 tahun. Salut kepada Victory yang menghargai dedikasi para binaraga veteran. Acara ditutup dengan perebutan The Best Athlete dari para Juara I-II semua kelas binaraga. Sukses dan maju terus untuk Victory dan PABBSI DIY!

ndAtik, 2 Miss Fitness stIrwan Eden 1 60 Kg stBambang 1 55 Kg

Bp. Adang Daradjatun berfoto bersama Bp. Agus H. Susanto & para staf Victory Group

Zaidan nd 2 Body Fitness

Ketut Arnawast1 80 Kg

stSugeng 1 75 KgstEntokh 1 70 Kg

Dony

Page 30: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

EVENTS

30

KONSULTASI NUTRISI & DIETNOKIA CONTENT CONTRIBUTOR

Jakarta

Aan

ebagai vendor handphone terbesar di dunia, Nokia terus melakukan layanan terbaik untuk para pengguna dan masyarakat umum. Salah S

satunya adalah layanan Nokia Content Contributor yaitu konsultasi berbagai macam hal seperti Fashion, Karir, Feng Shui, serta Nutrisi dan Diet dengan para ahli di bidangnya secara gratis. Khusus untuk yang terakhir disebut, Nokia mempercayakannya kepada Bp. Denny Santoso, S. Kom, SAC, Dip. CBA, CSN. selaku konsultan ahli bersertifikat bidang diet dan nutrisi. Layanan tambahan ini berlangsung pukul 15:30-17:00 di Lobby Gedung Bursa Efek Jakarta (2/9) dan Lobby Wisma Bidakara Jakarta (9/9) bersamaan dengan launching produk handphone terbaru dari Nokia.

Rupanya Nokia mentargetkan para karyawan yang berada di sekitar lokasi acara sebagai peserta, namun tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat umum. Para peserta juga melakukan pengukuran lemak dengan fat monitor sebelum berkonsultasi lebih jauh. Hasil pengukurannya lemak rata-rata mengejutkan banyak peserta. Parameter nutrition fact dan berbagai pola diet, nutrisi, latihan, dan suplementasi juga disertakan untuk memberikan data konsultasi seakurat mungkin. Setelah selesai berkonsultasi, para peserta mendapatkan gift cantik dari Nokia.

Page 31: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008

Advertisements

Kami Segenap Pimpinan & StafPT. Jaya Sportindo

Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1429 H

"Mohon Maaf Lahir & Batin"

Kami Segenap Pimpinan & StafPT. Jaya Sportindo

Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1429 H

"Mohon Maaf Lahir & Batin"

PT. JAYA SPORTINDO

HARGA KHUSUS JABODETABEK

IsoMass Xtreme Gainer NOW AVAILABLE in 1,59 Kg (3,5 Lb) container!

The Most Efficient Weight Gainer and Musclebuilding Supplement

Page 32: Sportindo Com - The Magz Oktober 2008