Top Banner
---r'.-.---.......-_- -lv-
34

Kliping berita tanggal 29 juni 2015

Jul 22, 2016

Download

Documents

humas

 
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

---r'.-.---.......-_-

-lv-

Page 2: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

Muncul lokasiAlternatif Bandara

PURBALINGGA - Baru-baru ini muncul wacana dimunculkan, yaitu di DesaKarangcengis, KecamatanBukateja. Atasanya lokasi terse-but merupakan daerah oalinsIandai di Kabupaten purbjineeaiD desa tersebut juga masihidatanah sekitar 50 hektare, vansdibutuhkan untuk membans,,ibandara baru. Sehingga Ialakuntuk dijadikan Iokasi bandarakomenial.Menerima

Untuk diketahui, rencanapembangunan bandam komenialdi Kabupaten Purbalingg4 mulaimenemui titik terang. Ke_menterian Perhubungan sudahmemberikan sinyal posirif, reraDibandara kemunglonan ddak akandibangun di I-anud Wirasaba.

Sebelumnya Bupati Banyu-mas, Achmad Husein meneata-kan pemerinrah lima daerih diwilayah Jawa Tengah bagianbarat mengajukan rencana alter-nadf pemtrangunan bandara bam

tentang lokasi alternatif pembangunan bandarakomersial di Kabupaten purbalingga,

selain di Lanud Wirasaba.

KebinguEn status aset tanallserta perizjnan dari pusat yangbelu m selesai, disebuFsebut seba_gai penyebabnya-

B upad Flnbalingga SukenroRido Marhaendrianto. akhirpekan lalu, mengatakan limabupati di sekitar bandara memsabingung dengao status aset. vansnantinya bakal dibangu, diudBandara Wirasaba

"Jika dibangun di iokasi baru,tanah yang dibe[ akan meniadiaset dari lima kabupaten di sekitarbandara. liXapi jika dibaneun diBandara Wirasaba, inaka kamimasih bingung bagaimana statusaset kami,"jelasnya

D sisi lain, meski sudah adasinyal positif dari KementerianPerhubungan. pembicaraan keriasamc dengan TNI AU. selakupemiiik Bandara Wirasab4 masihbelum menemukan kata seoakarTetapl bupad tidak mau menve-butkan ma-salah yang menjadi|<anpembiearaan kesepatakan itumenjadi bedarut-larul

'Namun demikian. pengem_bangan I-anud Wirasaba meniadibandara komersil masih masukskala prioritas. Lokasi altematifmuncul, apabila untuk lokasi per-tama gagal mencapai kata sepa_kal" katanva

Adapun lokasi altematif yang

SENIN,29JUNI 2015

Page 3: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

sampal

I

PURBALINGGA -Dewan Pendiditan, dengantegas menolak kebijakanselumlah sekolah yang bakalmenerapkan lima hari seko_lah. Memadatkan jam pela_jalan, justru akan membebanisiswa dan guru.

Ketua Dewan pendidikanPurbalingga Trisnanto SriHutomo, kemarin meflsata-kan penerapan lima hari ieko-lah tidak akan efektif. pa-salnya, dalam sehari anakdipaksakan untuk menerimapelajaran sampai sore. De-mikian pula guru, dipaksakanuntuk memberikan materi

SOIC.

sekolah.Pelaksanaan lima hari

sekolah ini menindaklaniutiSurat Edaran Gubemur JawaTengah Nomor 4201006752/-2015. tentang penyelegga_raan Pendidikan pada SatuanPendidikan di provinsi JawaTengah yang dikirim ke selu-ruh bupati/walikota se-JawaTengah.

Salah satu yang pasti akanmenerapkannya adalah SMAI Purbalingga,

Kepala Sekolah Kustomo,mengatakan penerapan limahari di sekolahnya bersifar uiicoba. Uji coba itu akan bei-langung setahun, dan setiap

semester akan dievaluasi.Kepala SMA I padamar4

Esti Nurhidayati, kemarinmeoyebutkan seDaniangbelum ada aturan men!ikaimengenai program lima harisekolah, pihaknya tidak akanmelaksanakan program terse-but.

Kepala Dindik purba_lingga, Tri Gunawan Setiadi,mengatakan pihaknya mem_berikan keleluasaan keoadasekolah. untuk memilih manayang paling baik untuk siswa.

Tetapi harus dilakukankajian. mendalam. jangansampar srswa yang men jadikotuan. (TI82-63,

SUIRR MERDEKASENIN,29JUNI 2015

Sekolah Lima HariBebani Siswa dan Guru

"Ini akan menyebabkankondisi diur konsentrasi siswadan guru menurun, terutamasetelah jam-jam siang. Se-hingga penerapannya iustruakan merugikan sisv/a. Me-reka semestinya dapat mener-ima pelajaran dalam kondisiprima, tetapi dipaksakanmenerima pelajaran dalamkondisi yang sudah lelah,,,katanya.

Trisnanto menjelaskan,sekolah-sekolah di purba-lingga tidak dapat menirusecara utuh, sepeni sekolah-sekolah di kota besar.

Sebab kondisi sosial danmasyarakat kota-kota itu jauh

berbeda.

Jangan MemaksaSehingga penerapan Iima

hari sekolah. sangar tidak pasuntuk diterapkan di purba-lingga.

"Jangan memaksakan di-ri. Jika akan dilakukan ujicoba, maka hendakrva henar-benar dievaiuasi ,""*u

""r,mat. Tujuannya agar bisamenjadi referensi pemerin-tah," tambahnya.

Seperri diberitakafl se-belumnya, sejumlah sekolahSMA dan SMK di purba-lingga, mulai tahun pelajaran20 1 5 /20 1 6, berencana men-guji coba penerapan lima hari

Page 4: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

','?' '.,.i , rrl-. - .- x.L...; "...:...,."r*.-;'t iii

sENtN,29 JUN| 2015

Sedialmru {5 Macam Maknnanuntuk Bukn Puasa

SETIAP sore selamaRamadan ini, hampir di setiapjalan dan tempat smtegis berte-baran penjual makanan berbukapuasa. Ada yang menjual minulman, ada pula yang makanan.

Seperti di pojok selatanAlun-alun Purbatingga. Di sanaberderet penjual hidangan ber-bul<4 membaur dengan bebera-pa pedagang kelapa muda. Salahsatu penjual makanan berbukayang laris di lokasi itu, adalahmilik Khamdiyatin atau yanglebih clikenal dengan panggiianBuAtin Gudeg.'

Warga Kelurahan Kalika-bong ini, di luar Ramadanme0mang penjual gudeg sietiapMinggu pagi di tokasi yangsama. Tetapi selama Ramadandia melebarkan sayap. "SelamaRamadan ini, setiap sore sayamenjual makanar buka puasa.Saya menyiapkan 55 sajiank:uliner untuk konsumen," ujar

gum BK di SMP 3 Mrebet itu.Di antaranya adalah aneka

sa),ur seperti sa),ur asem, kencur,aneka oseng seperti kikil, jamur,tempe, dage, aneka gorengan,rica-rica ayam, aneka bacem,dan tentu saja gudeg dengansemua pelengkapnya.

"Yang paling cepat habisadalah gorengan. Tidak pemahtersisa. Semua masakan yangsaya goreng menggunakanminyak goreng non-kolesteroldan tidak memakai MSG danvetsin." kata dia.Bertambah

Atin menuhfkan. dia mem-ulai berjualan makanan untukberbuka puasa sejak 5 tahunsilam. Ketika iru, dia hanyamenyediakan 30 macam ma-sakan.. .Saat itu dia hanyaberjualan sendiri di lokasi in:.

"Seiring berjalamya waktu,saya menambah ragam masak-an, mengikuti permintaan kon-

sumen. Pedagang yang ber-jualan di kedua sisi saya bertam-bah. Tidak apa. Saya yakinAllahtelah membagi rezeki denganadil," katanya.

Dalam melayani konsumen,Atin dibantu suaminya,Guntoro, anak dan pembantun-ya. Sering dia tidak terlihat kate-na tertutup kerumunan pembeliyang berjubel di depan lapak-nya.

"Masakan sebanyak itumulai kami siapkan sejak pagi.Diawali dengan persiapan tem-pat masak, alat-alat masak.Mulai masak jam 10.00. Kalaugorengan sekitar jam 13.30,"katanya.

Atin membungkus semuamalianannya ke dalam plastik-plastik kecil, sehingga Iebihprahtis, pelayanan lebih cepatdan memudahkan konsumendalam memiiih.(Arief No€gm-ho-63)

MEIAYANI KONSUMEN : Pedasang *rffii:"t;Ysumenyang nvmbeli makanan untuk berbuka puasa. (63 )

Page 5: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

',ti _:i ;.,;.rIr,';t

,. ..'-1.."- J-;,, l.-,li i, ,il:1T':, :. :r

; ,r-... ,i_1"-: "._ _

SU4RA MERDEI(ASENIN,29JUNI 2015

Purbalingga DapatBantuan 41 pompaAir" _

PURBALINGGA _ Kabupaten purbalingga mendaoatbantuan 4t pompa air dari pem"rrtrn piiit. b"rnii#pompa itu datang secara bertahaD.

,. ..^l?hfprydqTu.datang 29 unit dan tahap keduadatano16. unrr.

,pompa ini diserahkan kepada ket"rp"f. t"ri ,r"Xmemb-utuhkan,, kata fepata Ointinbuntrui iffi ili#:,,"-_ura

menambahkan, pompa air itu oij[trior.ikin t"namprr semua kecamatan, terutama wilayah Vr.g k-;;,;;arr dt pada musim kemarau.

m"6ffi!ry:tffiffis65ffi::mr, oerarn pompa air. purbalingga

iuga mendapafgO traktor

ffi ,T,l*;'A*5e;gts'iimnaisaati'id;'5dt''kL;

x?s*}"tiil,fris?Hs,t#ffi 8ll3Hfl I#[?,:?#;ll**g#**,kan ke kerompok tan"i.. r,,t nv,,

**,

^ ^. _Sementara bantLian tahap ketiga,.diperkirakan datangfll,y:: Bqngq r."in yang akan oi'tenma adarah 17 mesinpemanen mini (mini combine harvest).

,. vresln pemanen mini ini, mempunyai kelebihan karcnaorsa m-engurangi kehitangan trasii sait panen. Setain-iiJoperatornya,hanya tiga orang. Untul rrfr"n srir*tr"ii"r",Dlsa setesai dalam tiga jam,', ie_-lasnva.

- -Menurut Zainal. bintuan mek'anisasi dari pemerintahpusat ttu. diharapkan dalam mendukJng pencapaian tarqetsurp-tus beras tahun inisebanyak 6g.00dton_

, - -v-._ -

._uengan adanya bantuan pompa air. traktor tangan dan

:]9srn pemanen mini diharap(an dipar mpnmlfirli'prllouKstpertanian sehingga biia tercafai target s-urptus tafrunrnr. ' Katanya.(F 10_63)

Page 6: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

it"*lillii'i.l = i'illi'-:1"'r:tf5 1:iI.1 ;,i ..;ii r, ,

SUANA MERDEIMSENIN, 29 JUNI 2015

Sampah Pasar SindurajaGanggu Penjual dan Pembeli

KAUGONDANG-Sam-pahdiPasarSinduraia KecamatanKaligondang, menumpuk.Banyak pedagang dan pembeli"mengaku terganggu dengan bauyang menyengat, karcna sampahhanya diangkut dua kali dalamsebulan.

Salah satu pembeli, Nur Santi(32) warga Sinduraja, kemarinmengakru terganggu dengan bauyang menyengat, saat hendakmasuk ke pasar. "Minggu lalusaya ke sini sudah ada sampah dihalaman pasar. Tbdi waktu ke sinilagi, sampahnya masih menum-puk di depar;" katanya"

Kepala Pasar SindurajaSumiyat, mengarakan sampah didepan pasar memhng sudahmenumpuk dan menggangguaktivitas jual beli. Penumpukanterjadi karena sampah hanyadiangkut dua kali datarn sebulan,oleh truk milik Dinas Peke{aanUmum @Pu) Pr.rbalingga.

'Tadwalaya sebuliur dua kali,tanggal 5 dan 20 diangkut oleh

nukkebenihan," katadia-Sutlah Berkomunikasi

Pihaknya beberapa waktulalu sudah berkontmikasi dengan

. Bidang Kebersihan danPemamanan (KP)DPU, agarsam-pah itu bisa dianglot lebih sering,tidak hanya dua kati sebulan.

-- 'Mereka mengaku siap unuklebih sering mengambil sampal:,tetapi katanya terkendala biayaBBM. Kami sudah berupaya.melallkan komunikasi, tinggalnanti kesepakatannya sepe iapa-''

Kepala Seksi KebersihanBidang KP DPU PurbalinggaSolihan, kontainer sampah diPasar Sinduraja salah konsm*sisehingga pihatnya kesulitanuntuk mengangkutnya ke truk."Kata orang perdagangan(Bidang Perdagangan DinasPerindustrian Perdagangan danKoperasi-red), minggu lalusedang diperbaiki agar bisa dis-esuaikan dengan truk. Kamimasih menunggq" katanya.

l\.,..-.--t_'---'----

Page 7: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

=..-_r'---.__*..-

-ll=--

IH(aitpeDgangkutrnketem-pat penampugan akhir (TpA)sampah, Solihan mengatakanpihaknya akan berkomunikasikeurbali dengan pengelola pasar

dan pedagang. Jadwalnya bisadisesuaikan dengan keinginanmereka-

. "Seperti di Pasar Hartonoyang tadinya paguluban peda-

gang meririnta tiga kali seharidianglcrt, alJrimya diganti serni-nggu sekali karena kontaineriyapenuhseminggusekall, "kaErya"(H8253)

Page 8: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

.1ir';ii,i-.Li

Radar Ban5rumas . senin Wage 29 Juni 2015

Sempat Molor, Ijazah SMK

Dibagi fuliPURBALINGGA- Pembagian ijazah

SMK di Purbalingga sempat moloibeberapa minggu darijadwal. namun, kaliini pembagian ijazah tersebut sudahmendapatkan titik terang. > ke hal l0

menulis dahulu dengan pen-sil, Kemudian rnas'.il ke timverifikasi yang akan men-cermati semua validitas daralnng ada di ijasah.

"Hasil verifikasi akan dite-ruskan kemba.li kepada penulisijaiah. Kami menyiapkan 5orang petugas khusus dariguru untuk menulis ataumengisi tulisan di blanko itu.Dari 371 siswa, iiazah itu kanitargetkan bisa dibagi dalamwaku B hari ke depani' rng-kapnya, Minggu (2816).

"Pengambilan ijasah dancap tiga jari tidak bisa di-wakilkan. Tidak ada biayajugaalias gratis," tegasnya.

Pihalaya juga mengimbauagar siswa segera mengzrmbiliiasah. Karena, pada tahunajaran sebelumnva ada siswayang masih meninggalkanijasah di sekolah. Hal itudinilai tidzrk baik karena itumerupakan dokrunen resmi

dan penting bagi sekolahmaupun sisu,? be$angkutan.

- "Prinsiprya, jika sudah bisadiambi[ segera saja diambil.Jangan menunda," tambah-nlE

Sementara itu, saat ini se-mua siswa yang lulus sudahmengantongi surat ketera-ngan telah lulus dari sekolah.Surat itu diketahui KepalaDinas Pendidikan Purha-lingga. Mereka sudah banl'akyang menggunakan suratkerterangan tersebut untukmelamar pekerjaan maupunkeperluan Iainnla.

"Kami tidak mempersulitpengambilan ijasah. Hara-pannya saat pemberitahuancap tigajari, semua siswa bisadatang, meski kami akui su-dah sulit karena banyakvang sudah dili-rar kota. Na-mun, cap tiga jari ini ridakbisa di1^,akilkani' tandasnya.(amr/bdg)

kemudian KIRIM SMS

KE: 081-327-333-778

Lampu Jalan Penaruban-Kaligondang MatiLampujalan, sing penaruban tekan Kaligondangakeh sing mati bro, tulung didandaniarep badapeteng bngt.

NN 085728144784

Lulus Berbekal Surat I(eteranganr $Gmlalillllllr,

Sambungan dari hal 7

Diperkirakan, pada awal Julimendatang,semuaijazah SMKsudah bisa diterima siswa. Saatini, semua blarko ijasah dariprovinsi sudah ada di sekolahdan sedang dalam proses pe-nulisan dan verifkasi.

Ketua Musyawarah KetaKepala Sekolah (MIC(S) SMKPurbalingga, Kamson men-jelaskan, blanko iiazah belumlama diterima semua SMKpenyeienggara u jian nasional.I(amson yang juga KepalaSMI(]\{' I Purbalingga menar-getkan, dalam rvaku 8 harimampu menyelesaikan penerbitan iiasah itu.

Ia merinci, setelah blankoijasah diterima, maka petugaslulis iiasah yang telah disiapkan sekolah- sekolah akan

Page 9: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

Ibadah dan Kerja

BeriringanKESIBUKAN sehari-

hari membuat manusiase ivajarnya memiliki rasaIetih baik pikiran mau-pun fisik. Namun, hal itubukanberarti harus membuat seseorang selalumengeluh dan membiar-kan waku luang terbu-ang sia- sia. > ke hal 10

r lullllall PelllilillSambungan darihalT

Hal tersebut, diungkapkanolehKetua KPUPurbalingga SriWahyli AKS kepada Radar-mas, Sabtu (2716) malam.

'Ada selisih iumlah pemiLihantara DPT Pilpres dan DP4Elkada (PemilihanKepala Daemh, red)i ujamla, tanpa rne-nyebutberapa selisih tersebut.

Dia menjelaskan, terjadinl,aselisih tersebut dikarenakanadarya perbedaaa dasar datapen),usunan antara DP4 danDPT. "DP4 datanya hanyaberasal dari penduduk yangsudah melakukan perekamane KTP. SedanSkan, DPT selaindana e-KTP di dalamryaterda-patjuga data dengan menggu-nakan surat tanda kependu-dukan lang sah.l' irnbuhnya.

Dia rienambahkan, untukmensinkonkan data tersebut,

li,4'li'', '':T i-t "-:r,.lJ"il-;.l];.

:lr..rrlriirt t ,1..I: i.i'na ".,,::,-.t ;".,,-l'J !l ,i l,ir.L'"1:'l ;.lr ..,

Radar Banlnrmdli o senin wage 29 Juni 2015

PUBBAIIIIGGATKSPRI$ Validasikan Data di LapanganJumlahPemilihDP4

dan DPT Pilpres BedaPURBALINGGA - Iumlah pemilih Yang

terdaftar dalam data daftar pendudukpo-tensial pemilih pemilu (DP4), yang barusaja diturunkan Komisi Pemilihan Umum(KPU) RI kepada Pulbalingga, ternyatamengalami selisih jumlah dengan DaharPemilih Tetap (DPT) Pemilihan Pre-sidenlalu. * ke hal 10

!..,f ! _I 1"r!

.,,.:ir,i".,.ri1-J

I@U rencananya akan mengigelar pencocokan data dilapangan. Salah satunya ada-lah dengan mengangkat pe-tugas pemutakhiran data pe-milih (PPDP) Pilkada.

"Petugas tersebut, bertugasuntuk mendata berapa datasebenamya pemilih di lapa-ngan. Dari data tersebut,nantinya akan menjadi dasarpembuatan data pemilih Pil^kada," imbuhnya.

Saat ini, KPU menurutnlB,sedangdalamtahapperekutanPPDP Pilkada, }?ng dilalqlGnoleh Petugas Pemilhan Keca-matan (PPK). Rencananyaakan ada t .629 petugas PPDP

"Setelah terbenhrk, kemu-dian kami akan menggelarbintek (bimbingan teknis,red) untuk seluruh petugasPPDP tersebut. Bintek kamigelar per kecamatan, karenajumlahnl.,a yang sangat ba-nlaki ' lanjutry?. (tya/bdg)

"Bekeia sesuai profesi te-tap dilakukan dan menemparohani selama beribadahRamadan iuga menjadi keha-rusan. Jika bisa terus seiringsejalan, maka ji\.% tetap sema-ngat dan rcgapun tetap terj a-ga," ungkap pegiat keaga-maan ini.

Saat ini dalam mengisiwaktu di rumah, ia meng-gandeng tokoh agama danmasyarakat yang ada di se-kitar untuk memuliakan iba-dah Ramadan. Misalnya de-ngan kegiatan tadarus untukremaja dan anal- anak dandewasa serta amaliyah lain-nya.(amr/bdg)

Iadi PanitiaAmaliyahr ltadah

Sambungan dari haJ 7

Seperti dalam bulan Ra-nadanini, iustru wakuibadahdan bekerja bisa lebih diman-tapkan dan beridngan dalamkesehariannya.

Kondisi irri dipahami betuloleh salah satu anggota SatuanLaluJintas Polres Purbalingga,Teguh Riyanto. Ia yang diIingkungan perumahan AbdiKencana Pubalingga menjadiKetua Panitia Amaliyah Ra-madan Masiid ini mengahlsangat menikmati Ramadansetiap tahunnya.

Page 10: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

Radar Ban!rumaS o senin wage 29 Juni 2015

BUKA BERAAMA: Anggota lDlbuka bersama, Sabtu kemarin.

mengikuti tausiyah dengan hikmat saat

Bangun l(ekeluargaan,IDI Gelar Bukber

PURBALINGGA-Pengurus Ca-bang lkatan Dokter Indonesia(lDI) Purbalingga terus mela-

kukan penguatan internal denganmembangun kekeluargaan antaranggota. > ke hal l0

Ajak Anggota I(eluargar [anrun pat meningkatkan tali keke-

luargaan antar anggota. Selainanggota IDI, suami, isted mau-pun anak-anak juga ikut senadatang dalam acara tersebut."Inipas bangetkarcna dr Indrabaru saja syrkuraa pindahaarumah. Jadi sekalianmengum,pulkan anggota untuk bukabersamal' tambalurya,

Pada kesempatan itu, IDImengundang Kyai Nurkho-Iis dari Ponpes Az ZuhriyalrKarangsentul untuk me-nyampaikan tausiyah se-putar puasa, wudhu dansholat.(bdg/opl)

SambLrngan darr hal 7

Sabru kemadn (27l6), parapengurus dan anggota IDIPurbalingga menyelengga-rakan buJ<a bersama (bukber)di ke diaman salah seorangangSota nya, dr Indra Sp PD,Kelurahan Bancar, Purba-lingga.

Ketua IDI P urbalingga, drYan Yan Uiang Mub"ra MMmengatakan, gelaranbukaber-sama tersebut diharapkan da-

Page 11: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

l'", i'. l.-i ,. :-t';'- l;--- ..'. -l ,'r.*; - : ., .'- -..1 r

1i1^i111 :rl,! r , :i r.:" j, r l '.-'-.-r'.::r ,'.ii1,1i ,1.,.-. .i., ,:.: l,i ! r: -: -..

Banding Satpol Pasrahdapin Hukumke Bagia

Radar Banyfrmau; . Senin Wase 29 Juni 2015

Ha

PURBALINGGA - Bandingvans dilakukan oleh tim Pe-i,n^iara Karaoke Bintang, di-ta"neeapi oleh Satuan Poiisipariini Prata (satpol PP) Ka-

bupaten Purbalingga dan Kanior Penanaman Modal danPelavanan terpadu (KPMPT)

Kabupaten Purbalingga. Me-reka mengaku siaP meng-hadapi Iangkah banding daritim pe.tga.aru Karaoke Bin-tans tersebut."Kami menghormati lang

kah hukum Yang dilakukanoteh (tim pengacara) Ka- akan

dengHAM

kem bali menggan-bagian hukum danSetda Pur b alingga.

Kami menghormati lang kahpengacara) Karaoke Bintang,

raoke Bintang. Kami siaPmenghadapi lingkah band-ine;terelia," kata Ke P alaSaipol PP Kabupaten Pur-balingga, Suroto kePada Ra-

darmas ditemui di sela-slaapel Pagi di Kantor SatPol Pqbaru-baru ini.Dia menambahkan, un-

tuk meladeni langkah ban-ding dari tim PengacaraKaraoke Bint a ng' PInaKnya-->ry-

hukum yang dilakukan oleh (timKami siap menghadapi langkah

banding mereka,"

SurotoKepala Satpol PP Purbalinqga

"Semua kami p ercayakankepada Bagian Hukum dan

EYI rgqg:,yu. _Namun, dia enggan mem-

beberkan apa saja langkahyang akan dilakukan olehpihaknya, untuk mengha-dapi langkah banding timpengacara Karaoke BintanS.

Dia juga menegaskan, pi-haknya siap mengikuti lang-kah hukum yang tengahberjalan hingga tuntas. Se-hingga, permasalahan Ka-raoke Bintang yang selamaini terjadi bisa secep atnyausat. > ke hal10

I04PT adalah tidak menge-'luarkan

izin dan tidak menge-Iuarkan penolakan resmi.Adapun kepada Satpol PP,Bintangk?raoke melancarkargugatan terkait pen-vegelan.Menuutnya, pihakpenggugatsudah mengajukan izin ke-pada tergugat 1, yaihr KPMPT.Dalam Surat Pemyaraan Pe-ngelolaan Lingkungan (SP-PL), disebutkan bahna salahsatu usaha adalah karaoke.Tetapi untuk karaoke, Pemkabtidak memberikan izin.

Pihaktergugat menganggap,karena tidak ada surat pe-nolakan dari KPMPT hal itutidak sesuai Instmksi MenteriDalam Negeri Nomor 27tahun 2009. Jangka WaktuDalam instn*si Mendagri itudisebu&an, iangka wakru pe-nyelesaian pelayanan peri-zinan ditetapkan paling larna15 hari kerja terhitung sejak

berkas permohonan diterimadengan lengkap dan benar.Iika tidak dipenuhi oleh

SKPD, maka permohonanizin dianggap diterima ataudisetujui. Tetapipihaktergugat1 ,uga tidak berkewajibanmengeluarkanpenolakan res-mi, itu sesuai Pasal 3 UUNomor 5 tahun 1986, tentangpemdilan tata usaha. Itu me-nyebutkan, jika badan hukumtidak mengeluarkan suratresmi penolakan, maka diang-gap sudah melakukan pe-nolakarl.

Kemudian, terkait guguatanterhadap teryugat 2 dalam halini Satpol PP juga ditolak SebabmelGnisme penlegelan SatpolPP terhadap usaha karaokeBintang, tidak ada yang salahdan sudah sesuai prosedur.Pihalcrya akan melayangkanarnar putusan tersebutkepadapenggugat. (tyalbdg)

Yakin Sudah Sesuai Prosedurr Hadali

Sambungan dari hal 7

Seperti diberitakan sebe-lurnnla, tim pengacara kamo-ke Bintang memastikan me.ngambil langkah untukband-ing, Setelah gugatan mereka diPengadilan Nege (PN) Pur-balingga ditolak.

Majelis hakim PN Purba-lingga, menolak gugatan pe-milik Karoeke Bintan& AgusPurnoto terhadap KPMPTdan Satpol PP Purbalinggadalam sidang putusan Senin(15/6. Karena, Hakim TotokSapto Indrato, Ivone TiumaRismauli dan Arief Yudiartoberalasar4 selama persidangan,penggugat tidal< dapat me-nunjukkan buki untuk me-nguatkan gugatan.

Adapun gugatan kepada

Page 12: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

rr'; r-.i.,j&j.i-- A

Radar Banyumas . Senin wage 29 Juni 2015

Zahra Melanglang Polisi LakukanVisumke Delapan Kota

Siswi SMK Muhi yang

DikabarkanHilangPURBALINGGA-Setelah

dikabarkan hilang seiak 16

Mei bulan lalu Zahra NurAfifah (16), warga RT 03/03Gang Blumbang, Purba-lingga Lor berhasil dite-mukan oleh Polres Pur-balingga. Zahra dan Pa-carnya, Wawan RiyansYahditemukan Sabtu (2716)sekitar pukul 04.50 \&'IB diSPBU Rancaengkek, Ka-bupaten BandunS.

Kapolres Purbalingga AK-BP Anom Setyadji SIK men-jelaskan, tim pencarian ak-hirnya bisa membuahkanhasil dan bisa membawakembali Zahra untuk ber-kumpul dengan keluarga-nya. "Kita pertemukan de-ngan pihak keluarga, nan-

OIMINTAI KETERANGAN: Kapolres Purbalingga Al(BP Anomberbincang dengan Zahra setelah sampai di Purbalingga.

tinya kita akan mintai ke-terangan," katanya.

Menurut Anom, penca-rian terhadap Zahra yangdibawa lari teman face-booknya cukup suljt. Pa-salnya, keduanya selalu ber-pindah-pindah temPat.-Bempa kota yang disinggahikeduanva adalah Punvoker-to, Yogyakarta, Solo, Suko-hario, Malang, SurabaYa,Pasuruan, dan Bandulg.

"Di Bandung, keduanYabisa dibawa tangkap timpencari dari Pohes Pur-balinggai' tambahnla.

Anom menambahkan, ter-sangka pembawa lari zahraadalah Wawan Riyansyahalias Andrew Kristian Yo-hanes (20) warga Palem-bang. Pelaku merupakanpeniagawarnet di salahsatuWarnet yan8 ada di kotaYogyakarta. > l<e hd 10

Sambungan darihalT

Dalan! penangkapan ini,lanjut (apolres, tim gabunganPolres Pubalingga iuga me-Iakukan kordinasi denganpolres jaiaran. "Kita akan sidiksampai tuntas, Dantinla kitajuga akan lal:ukan visum ter-hadap Zahra guna prosespenyelidikan j' katarye.

(apoJr es menghimbau, agaroran8itua dan maslaakat lainl:ijak dalam rnenggunakanrrtedia sosial. Pengertian danpendekatan terhadap anak

r lafita

perlu dilak*an guna meng-artisipasi hal-hal 1,ang tidakdiingir*an.

Seperti dikabarkan sebe-Il.rrnnF, sudah satubulanlebih,Zahra Nur Aifah (16) hilang.Diduga, siswi SMA Muham-madiyah 1 (Muhi) Purba-Iingga dibawa kabur seorangpria bemama Wauran Riltan-syah, kenalannya di facebook

Orang tua Zahm, Sarifiugasudah berusaha melakukanpencarian dengan bertanyapada teman-teman Zahra,anaknya lang m asih duduk dikelas X berubah setelah ber-kenalan dengan seorang Prialewat facebook (ok/bdg)

Page 13: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

ir"{ ;ii.l . ,.n..i ..' .i.t "_ , r,..,

t,i;i,ili liilli,{fr iil;i,l ljill,i,,ili;li 1,,,

Radar Banyrmas . senin wage 29 Juni zo

JURBAIII{GGI II(SPRIS- Sambut Lebaran, Pengrajin Akik

Ialan Tamansari-TuniungmuliButuh Penerangan

KARANGMONCOL-Minimnya penerangan di Ialan'nTnansadlDjungmuli sampai Desa l(ramat dikelul*ar]masFrakat. Mereka merasa khawatir bila melalui jalantersebut. Saat ini, lampupeneranganjalanlaJlg ada hanFlerdapal di wilayah pemukimanwarga saja.

Warga TamarNa.ri Sr.uatrno (45) mengataka4 meskipunterbilang aman, warga tetap khawatir. Pasalnla, kondisijalan yang bergelombang dan berlubang sering tidakterlihat saat malam hari.

Selain itu, saat malam hari banyak anak-anak yangnongkong di pinggirjalan. "Saat subuh biasanla banyakanak jalan-jalan. Apalagi saat ini bulan puasa sambilmenunggu pagi anak-anak ;'alan-)alan di ialan raya;'katar5a.

Minimnya penerangan di ialan tersebut selain bisamembahalakan para pengguna jalan, juga bisa mem-bahalnkan anak-anak lang sedang berpuasa. Apalagi,penerangan yang berasd dari rumah warga iuga terbatas.

Masyarakat berharap adanya penambahan lampupenerangan jalan. Sehingga, masyarakat bisa nyamal danaman saat melalui jalan tersebut.

Kepala Desa luniun8muli, Joko Pranoto mengatakan,jalan tercebut memang minim penerangan. "Saya iugaserinB mengingatkan masyarakat agar mengurangikecepatan dan hati-hati saat melalui jalan tersebud'katanya. fiok/bdg)

TambahProduksiMREBET-Menyambut Hari Raya Idul Fitri, para

pengrajin batu akj& mutai menyiapkan diri denganmenambah produksi batu khas Purbalingga t€rcebut.Diprediksi, saat arus mudik dan arus balik nanti,permintaan batu Purbalingga akan naik

Pengrajin Batu Akik Raden Klawing, Sugeng Setyonomengatakan, saat ini ia dan teman-temannJra sudahmuJai menambah produksi. Selain, itu aneka ikat/ringjuga sudah didatangkan. "Biasanla orang kembali kePurbalingga akan membawa cinderamata ke tempatperantauan," katanF.

Apalagi menurut Sugeng, cinderamata batu saat inisud ah umum di masyarakat. Sehingga, permintaan batuakil( akan bertarnbah saat lebaran mendatang,

Seiain sebagai cindermat4 ajang lebaran bisa sebagaimedia pengenalan batu ktas Pubalingga ke lain daerah."Meskipun sudah banvak ),ang tahu, tapi akan lebih baikjika makin baryak lang leblh tahui tambahrya.

Kepala Desa Onje yangjuga menekuni usaha batu akikdan Kaligrafi, Budi Tri Wbowo mengatakan, saat inipermintaan masih sepi. Sehingga, masih melihat situasike depannya iultuk menambah produ.ksi.

selain iru, Budj lnengalakan, saat ini para pengrajinjuga kesulitan dalam hal brlhan Setain bertambah mahatbahan batu akik dan kaligrafi juga semakin jarang.

Budi mengakui, akan banyak pemudik yang inginm encari alik sebagai cir d e ram ata jika hendai p ularrg kekola dsaln\a. "Semoga saja bahan batu khas Purbalinggabisa kembali mudah dicad biar bisa mengenalkan potensiPLrbalingga, tambahrrya.(iok/bdg)

Pengaj uan Pensiun Dini Masih NihilDari Bacabup dan

Bacawabup PNS

PURBALINGGA- Hinggaa]<hir Juni iri Badan Kepega-waian daerah (BKD) Purba-lingga belum menerima pe-ngajuan pensjun dini PNS akifyang menjadi bacabup mau-pun bacau.?bup. Seperti dike-tahui saat ini ada dua PNS akifyang bakal meramaikan bursapilkada. Yakni Sekda ImamSubijalco sebagai bacapub danDrs Sidik Purwanto (Kepala

KPAD) sebagai bacawabup.Kabid Pengembangaa dan

Diklat Pegawai BKD Pur-balingga, Wahyr Prasetiyonomenjelaskan, untul SekdaImam Subijako akan mema-suki masa pensiun pada 1 No-vember tahun ini. Namun,untuklenglain, kemungkinanmasih menunggu kepastianrekomendasi dad partai mau-pun koalisi partai terkait Pil-kada Bupati dan Wakil 9 De-sember mendatang.

"Kalau dalam regulasi yangada, sekurang- kurangnya 6

bulal sebelum pilkad4 harusmengajukan pensiun atauberhenti. Kami selalu siapmemproses selama ada pe-ngajuan dan sampai kini be-Lrrn ada pengaiuan" relasnla,Minggu (2816).

BKD jugamasih menungguadanya persyaratan baca-bup/bacawabup yang di-butuhkan saat pencalonanmenggunakan keteranganpensiun. Karena dalam re-gulasi yang ada, tercantumpensiun atau berhenti.-(amr/bdg)

Page 14: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

Radaf BarryUmas r Senin wase 29 Juni 2o1s

Ianud Bingung SfatG Asetr hnudlllirasala

WirasabaMasih

Pembangunan BandaraKomersialPurbalingga

PURBAIINGGA - Wacana lokasiaitematif pembangrrnarl bandarakomeIsial di Kabupaten Purba-Iingg4 yekri di Desa Karargcengis,

Kecamatan Bukateja sudah salterterdengar.Namun, Pemkab Pur-balingga masih memprioritaskanBadar Uda ra Wirasaba di DesaWirasaba, Kecamatan Bukatejasebagai lokasi pembangutan ban-dara komersial.

Hai tersebu! diungkapkan oleh

Bu_patiTurbalinla Drs H Sukentofitdo Marhaendrianto MM kcna.t.Radarmas, ditemui akfri r p![an'lalu. "Lokasi alrematif (Deia Ka_rangcengis, red) muncul, iika lokasipertama (Bandara Wira iaba, t.ed)gagal mencapai kata sepakat. Se_mentara ini, Iokasi pertaina masih

men jadi prio ritas,', katanla diremuior rendapa Dipokusumo.

Dla mengakui, lokasi alternarifm uncul karena pembicaraankerjasama dengan TNI AU. se_laku pemilik Bandara Wirasabamasrh belum menemukan katasePai*t > ke her 10

Kerika disinggung alasanmunculnya Desa Karansce_ngis sebagai lokasi banda-ri al-ternatif, Bupati menielaskarbahwa desa reruebut, I;kasiumerupakan daerah lane oal-ing landai di Kabuoiteripur_baiingga,

Di desa rersebut,.iuga masihada ranah sekitar S0 hektaryang dibutuhkan untuk mem_bangun bandara batu. Se-hingga, Jayak unn* diiadikanIokasi bandara komeriial

Seperti diberitakan sebe_lumnyra, rencana pembanpu-nan bandara komersiaid iKabupaten purbalingga, mular menemui titik terans.Kementerian perhubunea"nsudah m em berikan sirivalpositil Namun, bandara ke_munghnan tidak akarr diba_ngun di Lapangan UdaraILanud) \\,Jrasaba.Bupati Banlumas Ir Ach_

mad Husein mengataka n,pemerintah lima daerah dj

Namun, bupati tidak maumenyebutkan apa masalah lanemenjadikanpem bicamankieoitakanmenjadi berlarut-ianrr

-

Meskipun rencana pemba_ngunan bandara itu sudahmendaparkar.r sinyal positif da_ri Kementrian perhubungan.

tsupati iuga menjelaskan,munculnya lokasi alternadfdisebabkan karena lim a buoaridi sekitar bandara merasabingung dengan status aset,yergnan tinla bakal dibaaslrndi atas Bandara Wirasa-ha"lika dibangun di lokasi baru,tanah yzng dibeli akan men_jadi aset dari lima kabuoatendi sekitar bandara. Narnun.iika dibangxn di BandaraWirasaba, kami masih bi_ngung bagaimana siatus asetLamii'jelasnra.

l:r,iri':: ;;l,,i.ill,,-,:,j i,,,1,,,,1,.'.r

Prioritas

Sambungan darihalT

)vilayah Iawa Tengah bagianbaral mengaiukan rencanaaltematif pembanpuaan ban_dara baru pengganti rencanapengembangan operasionallanud Wirasaba.

-

Menurut Husein, konseppembangunan bandara banrm asih tetap akar di bansun diPurbalingga, Bandara

"alter_

natif new Wirasaba akandibangun di Desa Karang_cenBs, Kecamatan Bukateia

Husein memprediksi pe'm_bebasan lahan sertu pem_bangurralt konstruksi bandaraakart selesai dalam 24 bulan,Iadi, dua tahun kemudiannanti direncanakan bisa dio-perasionalkal.

Alokasi rencana bandara itumenelan anggaran Rp 324mjliar, Rp 90 mitiar diinta-ranya untuk pembebasanlahan. Berdasa_r rencana akandilakanalan iadi dua tahao.Bandara baru ini kecil, taiirepresentatif.

Gubemurlateng Ganiar pra_nowo menerima rencanaaJtematif pembangunan ban_dara. Namun, rencana tersebutm-asih butuh penyesuaian,sementara untuk alokasi

anggaran sebagian akan di"tanggung bersama oleh limakabupaten. Tiap kabupatenarperl(rrakan menvumbansRp 30 miliar Sisanvi akan"diaiokasikan dari anggaranPemprov Jateng dan alokasidanapusat.

Sebelumnya, Ganjar ber_sama Jrma bupati telah me_matangkan rencanapengem_bangan operasjonal LanudWirasaba. Lima buDari ituBupati Banyumas, BuDariWonosobo, Bupati puiba_Iingga, Bupati Biniarneqaradan Bupari Cilacap. Masing-masing sepakat akan meni-alokasikan dana Rp 5 miliiruntuk pembebasin lahan(tyalbds)

Page 15: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

i-o

lo

lE

is

IEqi.J-E

li.

l$eIt s

lEjlE.lgEt! P,IEEldl:t-El.-q I,EtrlE:IE ElCL6

t.=EL.O

EE

5:

oi:.. o#E6Ezd<gaolI,ii<3zi'trE

Page 16: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

Radar Banyumas o Sinin Wage 29 Juni 2015

SampahPasar

Sinduraia DikeluhkanKALIGONDANG- Sudah beberapa- dengan d-6u yang6eterbangan

hari ini, sampah di Pasar Sinduaja "Sudah semingguan ini saya masihKecamatan Kaligondang dikeluhkan melihat sampah menumpuk di de-pedagang dan pengunjung pasar, parl. Seperti belumadapengangkutanPasalnya, tempat penampungan oleh truk sampahi' ungkap ibu duasampah (kontainer) di pasar itu anak ini, kemarin.penuh. Kabamya, sampah hanya Kepala Pasar Sinduraia Sumiyatdiangkutduakalidalamsebuian,yaitu mengakuijikasampahdidepanpasarpada pekan pertama dan awal pekan ,- saat ini cukup menganggu pembeliketiga. Menumpuknya sampah itu dan pedagang di pasar itu. Ia men-bahkanmengeluarkan bau tak sedap contohkan, sampah terlihat me-yang menyengat. nump u-k dan tercampur, sehingga saat

Khairunissa (34), salah satu pe kena paras dan terbawa angin, akanngunjungpasalmengakuterganggu mengeluarkanbautakenalidenganbau taksedap itu,Apalagi saar "Angkutan sampah DPU Purba-ini musim kemarau. Sehingga bau lingga hanva dua kali dalam sebulansampah yang menyengat sangat men8anghrt sampah dari sini. Bia-mengganggu karena bercampur sanya pada tanggal5 dan 20, sampa}l

pasar akan diangkul rrtrk DPU, "ungkapq.,a-

Menyikapi kondisi ini, pengelolapasar sudah melakukan koordinasidengan Bidang Kebersihan danPertamanan DPU Purbaiingga agarftekuensi pengangkutar sampah itulebih sering "Kabarl'ar.rg kami terim4DPU siap menangani dengan in-tensitas angkut leblh. Hanya sala,kabamya biaya bahan bakar menjadipenimbangannya. Namun komu-nikasi terus kita lakukan dan nanrinyakemungkinan ada kesepakatan ter-tentu untuk solusi terbaik," tambahnya.

Kasi Kebersihan Bidarg Kebersihandan Pertamanan DPU Puftalingga,

Solekhan mengatakan, kontainersampah di pasar itu juga salah kons-truksi. Sehingga pihaknya kesulitatuntuk mengangkutnya ke bak trukpengangkut

"Kabar dari pegawai perdagarganDinperindagkop Purbalingga, mi-nggu lalu kontainer sedang diperbaikiagar bisa disesuaikan dengan truk danmasih kita runggu kesiapannya,"tuturnya.

Sementara itu soal intensitas angkutsampah ke TPA sampah Banjaran,Solekhan akan berkomunikasi kem-bali dengan pengelola pasar danpedagang. Misalnya, untuk jadwalakan disesuaikan dengan kebutuhandan keinginan mereka. (amr/bdg)

Page 17: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

l<

!:el; E

tdl=Tg,{ E

lcls:t o

t:t€i;i.::.t!Irilt

!.E

-o,E

E

g

Ia

3

Et,6

a-

oE

2Ye.uJqtEut(!

Page 18: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

KLIPING MEDI,&PNff I,I$ I{I]H{$ 8[T}A P[]RBAI,II{0fi*

mPanvgmFsSediakan 55

SETIAP sore selama Ramadanini, hampif di setiap jalan dantempat strategis bertebaranpenjual makanan berbuka puasa.

Ada yang menjual minuman, adapula yang makanan.

Seperti di pojok selatanalun-alun. Di sini berderetpe,jual hidangan berbuka yang

mernbaur dengan beberapapedagang kelapa muda.

Salah satu penjual makananberbuka yang laris di lokasiitu adalah milik Khamdiyatinatau yang lebih dikenal denganpanggilan Bu Atin Gudeg.

Warga Kelurahan Kalikabongini di luar Ramadan memangpenjual gudeg setiap [4ing9upagi di lokasi yang sama.Namun selama Ramadan diamelebarkan sayap. "SelamaRamadan ini, setiap sore sayamenjual makanan buka puasa.

Tak tanggung-tanggung, sayamenyiapkan 55 menu makananuntuk konsumen," ujar guru BK

di SMP 3 Mrebet ini,Di antara menu yang

ditawarkan itu adalah anekasayur seperti sayur asem,kencur, aneka oseng sepedikikil, jamur, tempe, dage, anekagorengan, rica-rica ayam,aneka bacem, dan tentu sajagudeg dengan semua menupelengkapnya,

"'Yang paling cepat habisadalah qorengan. Tidak pernah

tercisa. Semua menu yang

digoreng, saya memakai minyakgoreng nonkolesterol dan tidakmemakai IYSG dan vetsin,"katanya.

Lima TahunAtin menuturkan, dia mulai

usaha menu Ramadan itu sejak5 tahun silam, Ketika itu diahanya menyediakan 30 menu,Saat itu dia hanya berjualansendiri di lokasi itu.

"Seirlng berjalannya lYaktu,saya tambah menu mengikuti

KHAMDIYATIN alias Bu Atin sedang melayani konsumen yang membeli fiakanan untuk bukapuasa.

Menu Berbuka Puasapermintaan konsumen.Pedagang yang bedualan dlkanan-kiri saya bertambah,Tidak apa. Saya yakin Allah telahmembagi rizki dengan adil,"katanya.

Dalam melayani konsumen,Atin dibantu suami Guntoro,anak dan pembantunya.Seringkali dia tidak terlihatkarena tertutup kerumunanpembeli yang berjubel di depanlapaknya.

"Nlenu sebanyak itu mulaikami siapkan sejak pagi.

Diawali dengan persiapan

tempat masak, alat-alat masak.lYulai masak jam 10.00. Kalaugorengan sekitar jam 13.30,"katanya.

Atin membungkus semuamakanannya ke dalam plastikkl::il-kecil, sehingga lebih '

praktis, pelayanan lebih cepat,dan memudahkan konsumendalam memilih menunya,

(SiiNetworuarief noegroho-06)

Page 19: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

ffiF.nvHmffi

tCN 295 TNt AU dr ketinoojanwltayan niau," taiarva.'"iasarkan pola titik aOi tahun 2006_rsarkan.pola tjtik api tahun. 2006_

ntan. jumtah titik aEij akar' terusr..{endatang. puncq! titik api . .

Page 20: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

T,rT T"e-ll'Tx.Tfl t ff',]i*\l',1:i.tr^di,. ..r" r :,*", .1 . :.- -: ^.'-./.;'t

$;1fi Lqi{ }iijil$ $ f; I;Tli, ilr fiIAllif fl i, i

WanvtJmas

Atlet Kayak KalselBerlatih di Sungai KlawingPURBALINGGA - Seorang atlet kayak asal Kota Barabai,Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan, EddySurpiatna, berlatih teknik playboating di Sungai Klawing yangmelintasi Desa 0nje Kecamatan tvlrebet purbalingga. Uniknya,latihan itu selalu dilakukan pada tengah malam, dari pukul,O0.0Ohingga 03.00 dini hari. Yakni sejak Rabu dini hari (2416) hinggaSabtu dini hari (2716),

"Soal waktu, saya sepenuhnya mengikuti jadwal yangditentukan oleh instruktur saya," tutur Eddy usai berlatih, Minggudini hari (28/6).

Di Purbalingga, Eddy dilatih rekn k kayak piayboaflng oteh duainstruktur Sekolah Kayak Tirtaseta, Toto Triwindarto dan puji Jaya.Toto dan Puji m"enerapkan jadwal latihan pada tengah malam denganalasan spiritual. "lni lagi bulan puasa. Jadi kami putuskan latihandilaksanakah malam hari," tutur Toto Triwindarto.

Atas kesepakatan Eddy dengan kedua instrukturnya itu, pelatihandimulai tepat pukul 00.00 hingga 03.00 dini hari. Waktu itu, menurutToto, merupakan seperttga malam kedua, Air sungai yang mengalirpada Jam-jam itu justru menyehatkan.

Dengan dua lampu sorot yang tidak seberapa terang, Eddyberlatih dasar-dasar teknik edging, double pump, bow stall, sternstall, chartwheeldan backdeck roll, Dengan menggunakan kayakjenis playboat milik Tirtaseta, Selama empat malam Eddy harusciblon dengan air Sungai Klawing yang dingin.

Sebelu'nnya, raki-la< 34 iahun itJ sudal- aktif datamkegiatan rack climbing (panjat tebing), canyoningi cavinq dankegiatan outdoor lainnya. "Kayak playboating ini menambahwawasan saya, Ilniu dari Pu.balingga akar saya tularkan di Barabay,,,ujar Eddy. (ptos)

Page 21: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

KLIPING MEDIABA*IAI{ I{IJ$I{$ $ETDA Pi]R$f, IrII{ffi A

ffiPanyHmm.Tahra Ditemukan,Potisi Tahan WawanPURBAUNGGA- Zahra Nur Afifah binti Syarif (16), warga Gang

glumbang Rf 3/3 Kelurahan Purbalingga Lor, yang dik€tahui :

i"nortir"i,o seielah diduqa dibawa kabur teman Facebook-nya sejak

iirvlirrrr, berhasil dite;ukan oleh pihak kepolisian, sabtu (2716)

putut Oa.Sb lutr. Sementara Wawan Riansyah alias Andrer"/ Kristian

iohines (20) ditetapkan sebagai terangka, karena telah membEwa

lari perempuan yang belum dewasa tarlpa izin orang tua'(etika lama menghilang, Zahra diketahui dibawa kabur olen

wu*in, prii vung m-engak-u pacar setelah berkenalan iia Facebook'

xarenu'perilu'kun-ya itu, Wawan sempat dijadikan DPO oleh polisi'

fapolres purbalingga AKBP Anom Setyadii menjelaskan,.proses

oelacakan keberadaan Zahra dan Wawan ini sempat mengalami

["srlit"n, t"tena hasir deteksi dengan teknologi IL lokasi mereka

beroindah-pindah.IHasil deteksi oleh Tim Lidik dibantu lT, diketahui korban dan

Delaku sinooah di beberapa kota, di antaranya di Purwokerto' Yogya'

boto, suko-nano, 14alang, surabaya, Pasuruan, hingga Bandung'

ieralhir Oitanqtup oteh tim pada Sabtu (2716) pukul 04 50 di SPBU

Rantaengkek, Kabupaten Bandung," kata Anom kepada wartawan'

Sabtu (2716).semeniaia Wawan Riansyah kini ditahan oleh Polres Purbalingga

Pihaknva akan melakukan penyidikan lebih Ianiut terkait dugaan

kejahaian lainnya yang pernah dilakukan Wawan, pemuda yang

belerja sebagaipenjaaa warnet sisnet di Yogyakafta itu terhadap

Zahrc."Langkah selanjutnya yang kami lakukan adalah sidik perkara

hinooa iuntas, lakukan visum perkosa terhadap korban saat ini

juql-kami langsung kembalikan dan pertemukan zahra dengan

orangtuanya," PaParnYa.- -iJ*uit i.:uiijn ini, wawan Riansyah sementara terancam Pasal

332 KUHP, y;kni membawa larl perempuan yang belum dewasa

tanpa izin orang tua.

PelaiaranKipolres mengungkapkan, atas kejadian yang menimpa zahra

ini bisa dijadikan-pel;jaran bagi para pemuda agar berhatFhati

bersahabit dengan oiang yang baru dikenal' "sedangkan untuk

oara oranq tua, kami mengimbau agar selalu memberikan perhatian

l"oiJa an-aknva oan jangJn sampai meluputkan pengawasan kepada

mereka. serta'nati-niti dalam perqaulan di sosial media," imbaunya

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Zahra NurAfifah.atau-.,.o"dis vano'ara6 disapa lffa yang tercatat sebagai siswi Kelas x Sl'4A

irrrriri,ru'aivur,] Purbalingga ini menghilang sejak diajak ketemuan

dengan pria bernama Wawan Riansyah yang belum diketahui pasti

identitas dan asalnYa,

ir

-l

, --=r."

--...-\,--'

Page 22: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

Ari Setiowati (46), bude dari lffa, mengaku sempat bertemu

dengan Wawan yang mendatangi rumah lffa jauh sebelum Wawan

membawa kabur Iffa, Saat pertemuan itu, Wawan mengaku pacar

lffa, sudah tlga hulao, yang berkenalan via Ficebook. Saat itu,

Wawan mengaku berasal dari Malang, lalu pindah ke Jogja, dan

dalam waktu dekat dia berniat mengajak orangtuanya datanq ke

rumah zahra untuk silaturahmi mengisyaratkan ada niat hubungan

yang lebih serius dengan zahra.Namun tak disangka, pertemuan Wawan dengan Zahra (15/5)

lalu menjadi awal pelarian itu. Teman Zahra, Evana Putri Setivani

terakhir melihat mereka di depan Toko Rakyat (kompleks Alun-alun

Purbalingga). Sementara tetangganya juga sempat melihat mereka

di lYasjiJ Agung Darussalam. setelah itu, mereka tidak diketahui lagi

pergl ie mana. setelah ditunggu 1x24 jam tak ada kabal keluarga

Zahra melaporkan kejadian ini ke Polres Purballngga. (ms05-06)

zAHRA NuT Afifah binti Syarif (16) dipertemukan kembali denganayahnya, Syarif, Sabtu (2716) setelah dibawa kabur WawanRiansyah (20), teman Facebook-nya.

Page 23: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

BAfr I{{]HA$ $BIDA PIIR$AII$fi$A

S.nra .o , ^: '^"4eni0,;q JDn; 40 ti

Bantuan 41 Pompa Airpilnsauueel- xuoupaten Purbalingga

mendaDat bantuan 41 PomPa air dari

oemerintah pusat. Bantuan pompa itu datang

secara bertahap. "Tahap pertama datang 23'.unit dan tahap kedua datang 18 unit Pompa

ini diserahkan kepada kelompok tani yang

membutuhkan," kata Kepala Dintanbunhut

zainal Abidin..Dia menambahkan, PomPa air itu

didistribusikan ke hampir semua kecamatan'

Utamanya wilayah yang kesulitan air di saat

muslm kemaiau tiba. "Pompa ini ukurannya

cukuD besar, sehingga dibutuhkan setidaknya

4 orang untuk membawanya ke sawah Namun

dava sedotnya cukup tingqi," katanya'

Selain pompa air, Purbalingga juga mendapat

90 traktor tangan Namun yang diterima sampar

saat ini baru 50 tmktor. Itu pun datang dalam

dua tahap. "Tahap pertama datang 15 t!-alcor

dan tahao kedua 35 traktor. Bantuan Ehap

kedua baru datang Juni ini. Traktor itu sudah

didistribusikan ke kelompok tani," katanya'

Sementara barituan tahaP keiiga

diperkirakan tiba Agustus, Bantuan lain yang.

akan diterima adalah 17 mesin pemanen mlnl

(mini combine harvest). "Mesin pemanen

mini ini memunyai kelebihan, karena bisa

menouranqi kehilangan hasil saat panen'

Selain itu opemtornya hanya 3 orang Lahan 1

hektare bisa selesai dalam 3 jam," jelasnya

Menurut zainal, bantuan mekanisasi

dari oemerintah pusat itu diharapkan dalam

mendukung pencapaian target surplus beras

tahun ini s;banyak 68,000 ton. "Dengan adanya

bantuan Dompa air, traktor tangan dan mesin

oemanen mini diharapkan bisa meningkatkan

Droduksi Dertanian, sehingga bisa tercapai target

surplus tihun ini," katanya. (sMNetworMl0'06)

Page 24: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

KLIPING MEDIA

Pembangunan Bandara

BAOIA]I }It}M{$ $E,I}A PiIRBAIJfiffiAf/ 4 R.lt,ts

leNtN, Lg.,/uN/ /4ir-

PURBALINGGA' Rencanapembangunan Bandara

Komersial Wirasabaterancam mundur,

karena terbentur gagal

terlelangnYa Paket kegiatan

analisa mengenai damPak

lingkungan (Amdal)' Hal

ini disebabkan belum ada

rekanan Yang memenuhi

syarat dalam melaksanakanProses lelang'

Itlt*''**{*':l,J',1!;sudah dilakukan sebanyak tiga kali'

Namun sampai saat ini belum berhasil

terlelang."Lelano terakhir sudah ada 13

peserta, iamun saat tahap kualifikasi

semuanya tidak ada )/ang memenunl

svarat. KelengkaPan dokumen Yang

diaiukan maslh kurang. Lelang sudah

ka;i lakukan tiga kali dan akhirnya kami

kembalikan ke penqguna anggaran, yakni

Dinhubkominfo," kata Yani.

Sementara KePala Dinhubkominfo

Yonathan Eko Nugroho membenarkan,

Amdal untuk Bandara Wirasaba sempat

gagal lelang, Namun Pihaknya akan

mencoba melelangnya kembali meskipun

waktu yang dijadwalkan akhirnya mundur'

"Kami.akan lelang ulang. Kalau waktu

tidak mencukupldalam kurun waktu siklus

anqgardn tahun ini, akan kami coba lagi di

2016," katanya saat ditemui, kemarin

Seperti diketahui, pengadaan jasapenyusunan Amdal pemkab sudahmenganggarkan dana sebesar setengahmiliar rupiah. lYenurut Yonathan, Amdalatau studi kelayakan di sini menjadisalah satu syarat unfuk meningkat kepembangunan berikutnya. "Denganadanya Amdal nanti digunakan untuk

aspek teknis dampak apa saja ke

lingkungan, juga sebagai alat sosialisasi

kepada masyarakat sekitar yang

terdampak agar paham dan tetapmendukung proses pembangunan,"

katalya .

BerkelanjutanDia menambahkan, hasil kajian

Amdal pembangunan proyek bermanfaatuntuk menghindari dan meminimalisalidampak lingkungan, sehingga terwujudpembangunan yang berkelanjutan,terkait survei, prakiraan, dan evaluasidamDak berupa polusi, gangguan

keanekaragaman ekosistem, hubunganmanusia; alam dan lingkungan.

==Jl-

Page 25: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

Dia menginformasikan, Prosespenyusunan Amdal akan memakan biaya

sebesar Rp 494.050.000 menggunakanAPBD Purbalingga, Saat ini tengah dalamproses lelang dengan subkualifi kasi

bidang Jasa Analisis dan Enjiniringlainnya, jasa komposisi, kemurnlan, dan

atau Bidang Tata Lingkungan, Subbidanq

Jasa Konsultasi Linqkungan."Draf lVotJ-nya sudah dibuat

dan secara teknis Pembuatanrencana indLk terinci juga sudah,

Perkembangan terakhir, draf tersebutsudah kami serahkan ke Kemenhub.

Setelah disetujui, tinggal nunggupenandatanganan lvloU antara pihak

terkait seperti TNI AU, pemda sekitar,

dan gubernur,"terangnya (ng05-06)

PENGEMBANGAN Lanud Wirasaba menjadi bandara komersjal terancam mundur,karena masih terbentur Amdal.

Page 26: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

KLIPING MEDIAB,I5I,{H IIU}IA$ $ETDA PURBIIII{OffA

Data Kemendagri, DP4Pilkada 707.978 JiwaPURBALINGGA- Jumlah Daftar Penduduk Pemilih PotensialPemilihan (DP4) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada)2015 yang diserahkan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

RI berjumlah 707.978 jiwa, dari 102,068.130 jiwa se-Indonesia,DP4 itu akan digunakan KPU untuk menyusun Daftar Pemilih

Tetap (DPT), setelah diterima, KPU akan melakukan sinkronisasiDP4 Pilkada 2015 dengan DPI Pemilihan umum Presiden dan WakilPresiden (Pilpres) 2014 lalu, Kemudian akan diteruskan ke KPU

provinsi dan KPU kabupaten/kota hingga ke Panitia Pemungutan

Suara (PPS) di masing-masing desa."Saat ini kami sedang pada tahap pencermatan, antara DP4

dengan DPT Pilpres kemarin. DP4 untuk Purbalingga ada sebanyak707.978 jiwa, ini kamiterlma langsung dari Kemendagri, bukan dariKantor Dindukcapil," kata Ketua KPU Sri Wahyuni, Sabtu (2716).

Seperti yang diketahui, jumlal'r DPT Pilpres 2014 kemarinuntuk Purbalingga adaah 727.777 jiwa. Dengan demikian, jikadibandingkan dengan data DP4, maka didapati selisih penurunan

sebanyak 19.799 jiwaSetelah data DP4 ini diterima, kata Yuni, selanjutnya PPS bersama

Petugas Pemutakhiran .Data Pemilih (PPDP) akan melakukan prosespemutakhiran data pemilih, penambahan, dan pengurangan jumlahsesuai denqan kondisi nyata lapangan. "Setelah kami terimaDP4, kami akan mengolah dan mengelolanya. Bagi yang sudahakurat tidak akan dikurangi, tapi kalau yang belum akurat akanditindaklanjuti agar akurat," imbuhnya.

Sesuai DomisiliDia menjelaskan, misal petugas PPDP di daerah menemukan

oranq yang bersangkutan tidak lagi tercatat sesuai domisilinya,maka akan dikonfirmasi. Apakah dia pindah permanen atau tidakpermanen. Kalau permanen dikeluarkan dari data, tapi kalau tidakpermanen dan yang bersangkutan ada di domisilinya pada haripemungutan suara, maka tidak dikeluarkan dari daftar pemilih.

"Untuk petugas PPDP nanti akan kami rekrut sendiri sebanyak1.629 oraag. lYereka bertugas melakukan verifikasi di lapangan,mendatangi rumah ke rumah, dan menempelkan stiker sebagai tandatelah tercatat sebagai daftar pemilih. PPDP kali ini diangkat oleh kami(KPIJ kabupaten), bukan lagi oleh PPS," jelasnya.

Hasil pemutakhiran itu akan diproses lebih lanjut menjadi DaftarPemilih Sementara (DPS). Selanjutnya KPU akan mengumumkannyauntuk menghimpun respons masyarakat. Jika telah akurat danditerima oleh publik, DPS itu akan disusun menjadi DPT Pilkada2015. (mso5-06)

Page 27: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

f-l

lI

KLIPING MEDIA

ffiPanv+Jmas

Bambang

Page 28: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

KTIFING IVIEDIAB,I$IAI{ I{i]ilA$ $ETD,{ PIJflBAI,II{GOA

ffiPanvHmFs

u!'rr9

iat Ielang.1'r(

rih

anaan05)t.

Page 29: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

SATELITPOST:-.--.---.SENIN-WAGE,

29 tUNl 2015

PoIisiA di Bandun

x Gad$s Korban Felarlantt Hasil deteksioleh

tim lidik dibantu lT diketahui korbanlidik dibantu IT diketahuikorban dan pelaku singgah dibeberapa kota. Terakhir kebe-radaan mereka ditangkapoleh tim pada Sabtu (27 /6)pukul 04.50 WiB di SPBURancaengkek KabupatenBandung," kata dia.

ZNA diiemput Sabtu pa$dan sampai di Purbalinggapukul 15.00 WIB. Polisi ke-mudian melakukan visumpemerkosaan terhadapZNA. "Setelah itu, korbankami kembalikan ke pihakkeluarga, Kami mengimbaukepada masyarakat Pur-balingga agar berhati-hatidalam pergaulan di mediasosial," ujar dia,

Sementara Syarif, ayahZNA mengatakan, ia menda-pat kabar dari Polres selepassalat Isya. Ia langsurlg datargmeniemput pahinya. " Al-hamdhulillah kondisinyabaik, kalau menurut hasilvisum iuga katanya baik,"kata dia.

Selama peladan, ZNA danWawan menginap di masiid

dan pelaku singgah di beberapa kota.Terakhir keberadaan mereka

ditangkap oleh tim pada Sabtu (27i6)pukul 04.50 WIB di SPBURancaengkek Kabupaten

Bandung. ttAKBP Anom SetiadjiSlK

Kapolres Purbalingga

PURBALINGGA" SATELI-POST-Polres Purbalinggamenemukan ZNA (16), wargaKelurahan Purbaliagga Lor,Kecamatan Purbalingga yangdibawa kabur kekasihnya,Wawan Riyansl'ah (20) pada16 Mei 1alu. ZNA yang me-ngenal Wawan melalui jeja-ring sosial Facebook dite-mukan di SPBU RancaengkekKabupaten Bandung, JawaBarat, Sabu (27 / 6).

Dari hasil penyelidikan

kerjasama dengan satuanwilayah Iain, polisi men-deteksi keberadaan tersangkaberpindah-pindah dari satr.rkota ke kota lain. KapolresPurbalingga, AKBP AnomSetiadii SlK mengatakan,hasil penelusuran jejak, Wa-wan sempat singgah di Pur-wokerto, lalu pindah ke Yog-yakarta, Solo, Sukoharjo,Malang, Surabaya, Pasuruar,dan terakhir di Bandung.

"Hasil deteksi oleh tim

Page 30: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

;i!l!i6(!>.1.:ob ! ood crs E:^

5Ia E E:$,EsaH !1 r!.i-E.i d 60 ,n dSerBdES*EE'E ^. ':! , ElE3 E EU

isE5.-5c.

?sU)'a

qEo.-JEg,!

d'q c

lFEe trx_ o-!

4.9<frzz.g qN

Page 31: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

KLIPJNG IIIEDIA8,1[ilI]{ IIII$Iil$ SETDI PiJRB,{Ufi$$i

SATELITP.SST

sENtN Waor.zp turrtr zorj

ffiittr"feffiHI*- w1i""i nr<s

r.*tffi*ffi*ffimIn g:S,*":r#A; ,ffii:j^'j,ii i*fi$lI"iff-ll]f y"ngt"uihvalid. kin-,#iflH*+r:"1,:*. *s;m:rm;$m,xg," iil i;1e;ii:ti:T tr

*i?:i IHT#I+Hujp,jFilij'ilt,Tt^T,1"t?r [il,_ ar"r,,r", pps yans ,

ffi{}"gni,ffi er"trH"ffifrffifmffi$j:.pr,mff :: lg;l,ft ##ry3.

"3Pul3H*o:*'i:rr, ffl ffig,ffiggg;t

ffilt;ffilffi

Page 32: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

KLIPING MEDI,E$Af;I{$ III]}{A$ $ETD,{ PI]RBAI,I$OffA

SarrclrrPosrSENIN WAGE,29 tUNl 2015

CIalon tsupati dari pDlp

Rekomendasi Bisa ke Siapasaia

ffi.tHSS*;i*t*rmpinan pusat (Dpp) partaiUemokrasi Indonesia periua_ngan (PDIP) bisa saia iJtu_hkepada selain bakal ialonyang lolos seleksi dua taha_pan seleksi. Ada tiga oransy-ang tolos penyarhgian tahaioua, anta ra lain Tasdi, Suken'_to Rido Marhaendrianto, danKen lhgil.

Pada SK nomor 031 talun2U11 tentang pedomar oen_,arrngan dan penyarineancalon bupati ddn w;kil bu"na_tl, ada klausul vuoe -.r,'.,"_fut DPP bisa menunlul siipa_sara untuk meniadi calirnbupati.

_ Ketua DPC pDIp purba-lmgta, Tasdi, mengatakan,

akan mendapat.rekomendasi perihal isu ini, Ta m"_tetap saja merebak. pertama nampik d;t; ffiil"il;I:Ill:rl"l ,Wahyu Budi dirinya sanpai saat ini masihrdprurxr, JeKcla banyumas, mencalonkan diri sebaeaiyang iu_ga ddik ka;dung u"prri, U"r._ *"f.l"iiiBilTi:rll py?"ti_pyrbalingsi,,rri, trail u",i*-ii'vi'iiaji:-ua perrode, triono Budi mau berspekulasi, slva ml-JdDur8Ko. r\ama wah,,u ke- naati mekalisme Dpp, teeakrap disebut sebagai tai,aiaut t".u" li"!i**ati;'. "d#;;f:^kuat peraih. rekomendasi. Ia Sementara itu, rekomen-santer disebut akan berpa_ dasiakin tun*ft;}n1};sangar dengan Tasdi. - waktu antara tairggal 5 sam?, ,su berikutnya adalah Su- pai tanggal fO i,ili.

-f""Jikento-Tasdi. Ini tak lepas dari inengata"k-a", ;uit" 'r;;;:tren rekomendasi enim aa"_ rur,ui.etomLa;;i;"fi1":illfly?.nC diberikan Lepa.ta berbeda. ,,raien-J;;;; il5il'caron ncumben.SepertJ hal_ memiliki karakteristik Jlinya enam daerah itu, di pur_ kondisi p"Ufit V""gl"ri*[r.f:l1!Cgi juga ta.k rertutup Rekometndasi

""tit l;*U'"_

;'.xii,:;:11"J"",:l"lilifft ffi ,;g ff :*f ?1J,1ben, Sukento-Tasdi. -*," ";u,

ai* ("nf """-

pada SK 031 memans m._nyebutkan rekomenda"si ri i_ambil berdasarkan penyari_ngan di DPD dan Di,p ,N,a_

fi'#$15"ff:*1ffi,fii:lHlpati di Iuar bakal calon va,otelah.lolos p

"" y u.i,.rg'u;,9

Kata draMeskipun demikian, Tasdi

enggan berspekulasi Derihalslapa yang akan menidarrat_kan rekomendasi. Menulut_nya,semuaberpeluangmen_dapat rekomendasi.,,Rarenadoput r" tom""hu

"i. ;;iiuieiiu

r-ekomendasi.belum turun,jadi siapa sajaladr srapa saja berpeluanomendapa t rekomendisi,,, kaYta dia.

Namun, opini publik tetapsaJa tak bisa dibendune. Ru'_mor mengenai calon"yang

Page 33: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

Dlatliiu iAl{ I{Uitfi S $ETD,{ PURBALI$$$,{

wawasanienin Wage, 29 Juni 20t 5

Rekomendasi Sukento & Tasdi

Masih Menunggu HasiI SurveiPURBALINGGA - Rekomendasi DPP PDIP untuk Cabup danCawabup yang akan maju di Pilkada Purbalingga 9 Desembermendatan5i masih misterius. Padahal mayoritas kabupaten/kotalain di Jateng rekomendasi DPP PDIP sudah diturmfcar.

"I(ami masih menunggu rekomendasi. Kapan akan hrun kamibelum bisa memastikan. Kemungkinair awal Juli mendatang," kataWakjl Ketua DPC PDIP Purbalirgga, Tongat SH, N4inggo (28/ol.

Pihaknya tidak talu secara pasti mengapa rekcimendasi untukPilkada Purbalingga belum diflrrunkan. Padahal di sana ada duandma incumbent masing-maqinS Sukento Rido Marhaendrialto(bupati) ddn Tasdi (Wibup) yang sama-sa-a bersaing untukmenjadi cabup. Tongat mengatakan sebelum rekomendasi turunada proses yarg mengawali. 'Termasuk survei intemal. MungkinDPD dan DPP masih mempertimbangkan hasil survei,"ungkapnya.

Seperti diketahui dari hasil penjaringan tahap kedua di DPDPDIP Jateng, terdapat dua nama bacabup yang lolos seleksi.Masing-masing Tasdi (Wabup/Ketua DPC PDIP) dan SulentoRido Marhaendrianio (Bupah). Sedangkan bacawabup yang lolosseleki masing-masing FtR Bambang lrawan (Sekretaris DPC PDIP),Sidik Purwanto (Kepala KPAD), Amman Waliyudin (FungsipnarisPC NU) dan F{j Nurul Hidayah Supriyati (Ketua DPC PPP).

Diungkapkan saat ini memang berbagai isu bermunculan terkaitrekomendasi DPP PDIP. Balrlan ada infoimasi yang menyebutkanrekomendasi DPP PDIP sudah diberikan urtuk pasangan cabupdar cawabup Sukento Ridho Marhaendrianto-Tasdi. Tongatmengatakan hal tersebut tidak benar. S ST---+z

Page 34: Kliping berita tanggal 29 juni 2015

I{HPIi{G MEBIJ&BA OIT]Y }IIIHA$ $EIDA PUNBAlIfui#ffitiiiut! EihthL6thriHit{Iir'c"''