Top Banner
r {E :,*'ttr* ",t,!,,r}"iI 1., **d*,* ,*rx, i @ . *..."-,. ..",*;f ;. SUARA MERDEKA SENIN, 23 FEBRUARI 2015 Bangunan Tanpa lzin Akan Disegel PURBALINGGA - Kantor penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (KPMpT)akan tegas menindak bangunan tak berizin lain menyusul penyegelan Karaoke Bintang diJalan Komisaris Noto Sumarsono, belum lama ini. Kepala KPMPT Purbal- ingga Mukodam mengemu- kakan, selain Karaoke Bintang, tempat usaha lain juga banyak yang berdiri melanggar periz- inan. Antara lain tempat karaoke di Desa Majasem, Kecamatan Bukateja yang diketahui tidak memiliki izin operasional dan toko modern yang izinnya lain. "Untuk karaoke di Desa Mejasem, izin awal adalah rumah makan. Namun. kemudi- an berkembang dengan mem- buka usaha tempat karaoke. Padahal, kami belum pernah memberikan izin operasional kepada mereka," tegasnya, kemarin. FaktorNonteknis Pihaknya juga sudah mem- beri surat teguran kepadapenge- lola ternpat karaoke di Desa Majasem. Dia menyebutkan, hingga saat ini pihaknya hanya memberikan izin operasional terhadap dua tempat karaoke, yakni tempat karaoke di rumah makan Warjau di Kelurahan Karangsentul, Kecamatan Pa- damara dan Karaoke Diva di Kelurahan Kembaran Kulon, Kecamatan Purbalingga. "Kami tidak akan memper- sulit izin operasional tempat karaoke, jika secara aturan memenuhi syarat. Selain melengkapi secara adminis- tratif. dalam mengeluarkan izin operasional kami juga memper- hatikan faktornonteknis lain. Di antamnyq apakah terjadi peno- lakan dari warga atau sudah memenuhi kaidah lalu lintas dan penempatan lokasi usaha," papamya. Sementara itu, ketika dita- nya soal toko modem, Muko- dam mengakui, toko tersebut banyak yang izinnya berupa usaha toko kelontong. Se- mentara itu, saat disinggung soal penertibannya, Mukodam secara singkat menegaskan, hal itu akan dilakukan menyusul tanpa memberi kepastian kapan waktunya. Seperti diberitakan, Pemkab Purbalingga akhimya bertindak tegas terhadap Karaoke Bintang di Jalan Komisaris Noto Su- marsono. Pada Senin (16/2) pekan lalu sekitarpukul 16.00, person- el Satuan Polsi Pamong Praja (Satpol PP) bersama KPMPT menyegel tempat karaoke miljk Agus Pumoto tersebut. Satpol PP menyegel seluruh ruang karaoke, karena pemilik ' tidakmengantongiizin usalatem- pat hibumn tersebut Penyegelan terpaksa dilakukan, karena pen- gelola tidak mengindahkan tiga kali surat teguran yang dilayang- kan oleh Kantor Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu @MPD.G82-s7) , SM/Ryan Rachman DISEGEL: Satpol PP menyegel tempat usaha.tak berizin baru-baru ini. ( 57 )
37

Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

Apr 08, 2016

Download

Documents

humas

 
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

r {E :,*'ttr* ",t,!,,r}"iI 1.,

**d*,* ,*rx, i @ . *..."-,. ..",*;f ;.

SUARA MERDEKASENIN, 23 FEBRUARI 2015

Bangunan Tanpa lzinAkan DisegelPURBALINGGA - Kantor penanaman Modaldan Perizinan Terpadu (KPMpT)akan tegasmenindak bangunan tak berizin lain menyusulpenyegelan Karaoke Bintang diJalan KomisarisNoto Sumarsono, belum lama ini.

Kepala KPMPT Purbal-ingga Mukodam mengemu-kakan, selain Karaoke Bintang,tempat usaha lain juga banyakyang berdiri melanggar periz-inan. Antara lain tempat karaokedi Desa Majasem, KecamatanBukateja yang diketahui tidakmemiliki izin operasional dantoko modern yang izinnya lain.

"Untuk karaoke di DesaMejasem, izin awal adalahrumah makan. Namun. kemudi-an berkembang dengan mem-buka usaha tempat karaoke.Padahal, kami belum pernahmemberikan izin operasionalkepada mereka," tegasnya,kemarin.FaktorNonteknis

Pihaknya juga sudah mem-beri surat teguran kepadapenge-lola ternpat karaoke di DesaMajasem. Dia menyebutkan,hingga saat ini pihaknya hanyamemberikan izin operasionalterhadap dua tempat karaoke,yakni tempat karaoke di rumahmakan Warjau di KelurahanKarangsentul, Kecamatan Pa-damara dan Karaoke Diva diKelurahan Kembaran Kulon,Kecamatan Purbalingga.

"Kami tidak akan memper-sulit izin operasional tempatkaraoke, jika secara aturanmemenuhi syarat. Selain

melengkapi secara adminis-tratif. dalam mengeluarkan izinoperasional kami juga memper-hatikan faktornonteknis lain. Diantamnyq apakah terjadi peno-lakan dari warga atau sudahmemenuhi kaidah lalu lintas danpenempatan lokasi usaha,"papamya.

Sementara itu, ketika dita-nya soal toko modem, Muko-dam mengakui, toko tersebutbanyak yang izinnya berupausaha toko kelontong. Se-mentara itu, saat disinggungsoal penertibannya, Mukodam

secara singkat menegaskan, halitu akan dilakukan menyusultanpa memberi kepastian kapanwaktunya.

Seperti diberitakan, PemkabPurbalingga akhimya bertindaktegas terhadap Karaoke Bintangdi Jalan Komisaris Noto Su-marsono.

Pada Senin (16/2) pekanlalu sekitarpukul 16.00, person-el Satuan Polsi Pamong Praja(Satpol PP) bersama KPMPTmenyegel tempat karaoke miljkAgus Pumoto tersebut.

Satpol PP menyegel seluruhruang karaoke, karena pemilik' tidakmengantongiizin usalatem-pat hibumn tersebut Penyegelanterpaksa dilakukan, karena pen-gelola tidak mengindahkan tigakali surat teguran yang dilayang-kan oleh Kantor PenanamanModal dan Perizinan [email protected])

, SM/Ryan Rachman

DISEGEL: Satpol PP menyegel tempat usaha.takberizin baru-baru ini. ( 57 )

Page 2: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

i1

l!

iifl

I!I

il

#**effie ffiffiftffiffi*{eSENIN, 23 FEBRUARI2OlS

BANGUNAN BARU : pasar Hartono rr*:X^til::;T;,Minggu (22/2). Dipastikan pasar ini difungsika, poloJwrwt (27/2 ) mendatang. ( 57 )

BAGII}{ fltl[{Lq $[IDA IIIBAIT{GGA

Jumat, PAsar Hartono DitempatiPII'RBALINGGA - Pasar

Hartono yang selesai dibangundi Jaian Hartono, KelurahanPurbalingga Lor, KecamatanPurbalingga sejak Desemberlalu, saat ini masih kosong.Dipastikan, pedagang PasarGang Panca akan mulai men-empati lokasi baru tersebutpadaJ utr:a:t (21 /2) mendatang.

Kepala Bidang Perda-gangan Dinas PerindustrianPerdagangan dan Koperasi(Dinperindagkop) IturbalinggaSumitro, Minggrr QIIZ) meng-akui, transaksi di pasar tersebutbelum terjadi. Itu karena parapedagang masih mempersiap-kan prasarana be{ualan mereka.

"Kemarin kami berdialoglagi dengan pedagang. Ren-cananya pada Jumar (2i /Z),mereka pindah semua dan mulaiberjualan di pasar baru. Kese-pakatan yang dilakukan adalahpedagang lama membayarlapak Rp I juta per meter sesuai

dengan SK Bupati," ungkapnyake,pada Suara Merdeka.

Untuk membangun pasarbaru tersebut, Pemkab men-ganggarkan Rp 2,5 miliar.Perinciannya, Rp 1 miliaruntukgedung dan Rp 1,5 miliar untukpembebasan tanah. Pasar terse-but dibangun unnk menggantiPasar Gang Panca yang kon-disinya tidak representatif danmengganggu arus lalu lintas.

Setelah dibangun, menurutrencana, sedikitnya 120 peda-gang di Pasar Gang Peurca yanglokasinya sekitar 500 meter daripasar baru akan dipindah padaDesember lalu. Selain pedaganglama, warga sekitar pasar diberijatah 15 persen lapak untukberjualan di pasar baru tersebut.

"Memindah pedagang pasaritu tidak seperti membalik tela-pak tangan. Mengatur orangbanyak itu susah. Karena itu,pemindahan juga memerlukanproses," tandasnya. (H82-57)

D A AI A\I f IIN' S OETN A Y DI TD A TTIT DI IDD A I NI/,-n

Page 3: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

BAOIfi{ HIMA$ SIDA PIUBAIT{GOA

SUARA MERDEKA

SENIN,23 FEBRUART 2015

Evaluasi B antuan RI DiPertanYakan

PURBALINGGA - Danabantuan RT sebesar RP 1 juta Pertahun dihentikan mulai tahun ini.Direknr Institut Negeri PerwiraIndaru Setyo NurPojo memPer-

tanyakan evaluasi dan manfaat

dana miliaran ruPiah untukribuanRTitu.

"Untuk apa dana itu dan se-

berapa pertanggungiawabannYamasih tidakjelas. SeharusnYa ada

evaluasi selama Program tersebut

digulirkan," uj ar di a" kemarin.

Menurutnya, di laPangan'penggunaan dana RI juga cen-

derung bersifat statis. Meski ada

yang digunakan dan dicairkan,tidak bisa berputar arus keuan-gannya. Dengan demikian, sela-

ma ini kurang tepat sasaran untukalasan memberdaYakan usaha

rumahtanggamilao.Kepala Dusun ToYareja,

Desa Toyareja, Kecamatan

Purt'alingga Giman menge-murakan, selama ini Peman-faatan danabantuan RI RP 1 juta

cenderung setengah-setengah'Artinya ada yang lancar dan ada

juga yang macet dan kurangkemanfaatannya. Namun, sebe-

namya perputaran uang tersebutjalan dan digunakan, hanYa tidaksemua sesuai dengan haraPan.

"Walaupun begitu.;,, untukpertanggungiawaban Penggu-naan dan ffus uang, ad4 laPoran

pertanggungiawaban setiaP

tahun," ujamya.Wakil Ketua DPRD Purba-

lingga Adi Yuwono membe-narkan adanya Penghentiananggaran untuk danabantuan RP

1 juta pff RT itu karena imbas

UU Desa Tahun 20 1 4. Tak hanYa

dana bantuan itu, hibah, bansos

dan lain-lain juga ditiadakan diAPBD Thhun 20i 5.GI82-57)

Gerindra Kawal Program RakyatPURBALINGGA- Ketua

DPC Partai GerindraRrbalinggaImam Poerseto mengemukakan,siapa pun nanti bupatinya, par-tainya akqn tetap mengawal prc-gram untuk kesej ahteraan rakyat.Partainya akan tetap mencip-takan suasana kondusif dan tidakterpengaruh isu nasional.

"Kami mengawal siapa punnanti yang akan bupati/-pemimpinya. Pada intinya kitamempunyai satu tujuan, yaitumeningkatkan dan masyarakatPurbalingga," tegasnya padaperingatan HUT Ke-7 PartaiGerindra di GOR Mahesa Jenar

Purbalingga, Sabtu (2112) ma-1am.

Menghadapi Pilkada 2015,semua pihak diminta untukmenyikapi perbedaan pendapatdengan cara bijalaana dan melu-pakan friksi (perpecahan) yangpemah terjadi sewaktu pemilihanlegislatif dan pemilihan presiden

lalu"Mari kita bersama-sama

mencari puta tertaik unfik men-jadi memimpin Purbalingga.Kami berharap, agar semua tetap

menjaga kepentingan masya-rakat Rubalingg4" tandasnya.

Bupati Purbalingga SukentoRido Marhendrianto memintaagar Partai Gerindra terusmelaknkan upaya pembenahanserta konsolidasi. Dengan demi-kian, partai ini bisa lebih ber-kembang dan bertambah majusepeti partai lain yang usianyaIebih tua-

Peringatan HUT Ke-7 PartaiGerindra di Purbalingga dimeri-ahkan dengan pergelaran wa-yang kulit semalam suntuk.Acara itu juga dihadiri WakilBupati Purbalingga Tasdi,Ketua DPRD Purbalingga To-ngat, Sekda Purbalingga ImamSubijakto, pimpinan parpol, dananggotaDPRD. G82-57)

;;ili;

Iii

il

D AI II UINTAE EETN T ADIDATEXT DI TDD AI RTMA

Page 4: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

!'T ITITITA L TT!T\' II\_LlrrNrj Iv.inLrIj:LI

::

!!

iiIIilil*

iiI-flIrl

lt::

iiil'.i

iiil::

ll

11

ii

lliti-:

flilll

BAGIAI{ HI][{A$ $[MA PIIIJAIT{GOA

$ufift* ffiffim5nffiffie

SENIN, 23 FEBRUARI 2015

.,P.UB$ALINGGA - BuPati Suken-

to"Rido Mafiabndrianto memtn..ta PD

;in.;xK,ffi*inggu t -r mensem-

bangkan bisnis sesuai dengan apa yang

di perlukan nasabahnya-ll Agar lebih berkembang, lakukan

modifrkasi bisnis. Dalam hal ini dircksi

harus tahu deep need customir atau

keinginan paling dalam dari kcistumer.

Apa yang paling cocok di iini, itu yang

Dia mengatakan hal itu saat Gebyar

Hadiah Tamades di Bale Apong. Sabtu

(21 I 2). Hadiahutama mobil pikap T 1 20

SS diraih Hermawan Suswanto, na-

sabah Kantor Pusat Operasional.' Bupati menambahkatt, jtiiaran SnRBKK juga harus bisa melakukan diver-

sifikdsi :produk yalg- cecok de-n gan

kebunrhan customer.

- Diiiingi dpng4n'upaya sindikasidengan bar+-bankpin sqp4f menda,

patmhrketshare. ,,: .:,,,,';., ,. .i;, ,

', ."lBud?yq kerjanya jqg,a'hirus di-'ubah BagaiinaryBPR BS,[ bisa men-jadi petaning yang tangguh. Bu\a1pe-tamng di red ocean tapi petarung di blue

ocean," tambahnya.

Oirettur Utama PD BPR BKK Pur-

balingga Supriyono mengatakan, Ge-.

byarHadiah Tamade.s 2015 merupakan

bentuk penghargaan PD BPR BKK

MendukungUsahaKepercayaan nasabah kePada lem-

baga perbankan milik Pemkab inidiapresiasi dengan mbmbagikan pu-

luhan hadiah mulai dari mobil, sepeda

motor, TV, lemari es dan tabungan.

"Hadiah utama memang sengaja

berbeda dari tahun sebelumnya. Tu-juanya agar hadiah yang diberikan tidak

untuk konsumtif, tetapi dapat untukmendukung usaha"" jelasnYa

. Pada SemarakUndian Tamades tahun

ini,lanjut SuPriYono, PD BPR'BKKPurbalingga memberikan hadiah utama

berupa satu unit mobiJ pikap Mitsubishi T120 SS, kemudian hadiah kedua berupa

sepeda motor roda tiga Viar.

Hadiah ketiga beruPa tiga sePeda

motorHonda SupraX 125cc, hadiah ke-

empat 12 rnotot Hcirdu New Revo dan

hadiah kelinia 12 lemari es: Selain itu.i----t-.--r: i

juga ada 2O voucherTainades masing-

masing Rp500.000.' PbrDEsember20l4, jumlah nasabah

Tamades lebih dari 70.000 orang dan

deposito !-000 orang. Sedangkan .

penghimpunan dana dari pihak ketiga

Rp266213.082.000.- iamJ"*" aurt tota ro"ait yang dis-l,'alurkan sebesar Rp 27 2.303.785'000.

Hingga akhir Desember 61 Persen

Modifilw !I

ii

!!

t!itlt::

iiil:2

ii,rn

iiil1i

iilt*

Ii:

iilt::

ii

iiI:.:

iinii

iiII::

ii

fl

Y ADIMATTNT DIDD AT NT/,-nA

Page 5: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

tierserap untuk pelaku TIMKM aan+Z

persentenerappgda!,angkecil.,,'lsasaran kiJa memang masYarakat

menengah ke bdwah yang lnemq 11yat

usaha mikro dan tiaat tersentuh oleh

perbanlan umum Pada20l7 nanti, tar-, gg6ya,,kreditrtersetap 70 perspn,'rl

katanya-(FlG14)

Page 6: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

BAGIN UIM{$ SIDA PIIBIT{ffGA

SUARA MERDEKASEtlttt-, Zg ffnnUnm 2015

PURBALINGGA - paparnya

-rrT TTlfl-rfi t lTll\l II\!!_r!Itt_IIv.li-l j_ii_rl

Sebanyak 170 anggota Kodim0702 bersama Lanud Wirasabamelalrukan bersih-bersih SungaiLarangari, Sabru (2112) lalu.Mereka dibantu magyarakat seki-tar sunlai.

Para .tentara bersama wargamembenihkan sampah dari aliransungai sepanjang satu kilometerdari wilayah Kelurahan Purba-lingga Wetan hingga KelurahanBancar.

" Kegiatan ini merupakan al<si

Hari Bersih Lingkungan yangdicanangkan Panglirha TNLKami di sini ikut aksi member-sihkan Sungai Larangan," ujarPasi Ops Kodim 0702 KaptenCIIB Riswanto.

Kegiatan ini dimaksudkanuntuk membersihkan lingkungan,terutama aliran sungai dari berba-gai sampah. Tak hanya sampahrumah, tdpi juga sampah darikebun warga.

"Kalau aliran sungai te6um-bat sampah, lingkungan sekitarsungai akan kebanjiran saat hujalrbesar. Unuk itu perlu upayaagutidak sampai,terjadi banjir,"

Dengan penemrian sampah dialiran sungai itu, Riswantomepgimbau warga untuk tidaklagi membuang simpah di sungai.

Da minta warga membuang sam-pah di tempat sampah.

"Dengan demikian, sampahtidak menyumbat aliran sungai.Jika membuang sampah di tem-pamya, bisa diangkut truk unhrkdibuang ke tempat pembuanganakhir," ucapnya.' Kepala Kelurahan Purba-lingga Wetan Purwanto JokoPriyono menyambut posffi apayang dilahkan anggoa TNI itu.Kegiatan tersebut minimal bisamenggerakkan masyarakat seki-tair sungai. "Agar masyarakattidak membuang sampah ke sun-

gai. Sert4 bisamendorong{nasya-rakat untuk menjaga kelestariandan lrcbersihaq sungai di lingkun-gannya" ujamya-

Karena Qungai Larangan ihrdigunakan olehpetani untuk men-gairi persawahan yang dile-watinya, yaitu persawahan diwilayah Bancm, Jatisaba hinggaToyareja. (F10"57)

TADID TN' DTDD AI AIAAA

Page 7: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

-3-<eN

-!v).$!

ssOoOo

-i.l

[.v

O^

N

{O.

q

!.Y

r{\)

v

c\It\

\oN<

Mo;

rl

qegEqgHtr

rt:i

:rl.

Page 8: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIA}I IIt]iIA$ $[IDA PURBAIil{OGA

Radar Barryumas o Senin Pon 23 Februari2015

Pioyelr Rp 900 IutqDibiarkanNlan$aak

DPU Hanya Bisa Pasrah

PURBALINGGA- Unit Pe-ngolah bioetanol bantuanpennerintah pusat senilai RP

900 juta yang berlokasi di RT2 RW 5 Dusun Ciluwek Gu-nung Tukung, Desa Arenan,Kecamatan Kaligondang masih mangkrak. Pasalnya, Ke-

menterian ESDM Pusat be-Ium mengalokasikan ang-garan lagi untuk revitalisasiunit pengolah bioetanol itu.

"Kita pernah bersurat. Ia-waban dari sana, hingga saatini dengan belum ada ang-garan untuk menangani fa-siiitas itu. ]ika dengan APBDkabupaten, kami tidak be-

rani. Harapan kami tetaP adapenanganan dari pusat de-ngan bahan dasar bukan

, sergum, namun bahan lain-nya," jelas Kepala DPU Pur-balingga, Ir Sigit SubrotoM! Minggu (22/2).

Catatan Radarmas, sejak2010 Ialu, hingga saat ini

"tidak ada kejelasan menge-

nai penanganan unit Pe-ngolah bioetanol itu. Pe-merintah desa setemPat sampai kini tidak bisa berbuatLanvak atas bangunan itu'Karena selain belum adaserah terima dari Pihhk Pem-kab, koordinasi antara Pe-merintah Pusat dan daerahjuga tak jelas.

Sigit mengatakan, unit Pe-ngolah bioetanol itu meru-pakan proYek uji coba Ke-menterian ESDM. PihaknYatak dapat berbuat banYakselain meminta Pembenahankembali. PihaknYa masihoptimis, pemerintah Pusatakan membantu Penangananbangunan itu. * kehal 10

pada 2009, bangunan itu ha-n1a berproduksi sekitar enambulan. Prakis, setelah itu tidakada produksi hingga sekarang.

Penyebab berhentinya ope-rasional itu karena ada tiga halyaitu kendala pada mesinpress, peralatan fermentasidan peralatan destilasi (pe-

ryulingan). Menurutnya, se-lama masa percobaan pro-duksi, ketiga proses tersebutdinilai tidak maksimal.

Dengan bahan baku 4 tonbatang sorgum, alat tersebutseharusnya mampu mem-produksi 400 liter bioetanoldalam sekali produksi. Na-mun, pada kenyataanny. a alatitu hanya rnampu mempro-duksi 150 liter dengan jumlahbahan yang sama. (amr/bdg)

Hanya Produksi 6 BulanI P]OUOI

Sambungan dari hal 7

"Mungkin sampai tahun20 15 ini belum masukPrioritasdi pemerintah Pusat. fadibelum diberikan anggaran. Kitaharus tunggu iagij' tambahnYa.

Ia berharap unit pengolahitu bisa beroperasi kembali.Karena, tanah yang digunakansudah ada dan merupakantanah warga yang tadinYauntuk kebun. Ke depan, iameminta warga tetaP ikutmenjaga kondisi bangunandan r.nenunggu tindaklanjutberikutnya.

Seperti diketahui, proyeksenilai Rp 900 juta itu mangIrakseiak2olo. Sejak dibangun

BAGIAN HUM,A.S SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 9: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III[{A$ SIIDA IUIBAINOOA

Radar Ban5rumas . suninlrn 33-Ijt1"nj01!

Iiin 0Perasional HanyaKenakan Ho - l-';l :: #ll *ilTf, "i};tempat kaiaoke di TamanKoti Usman Ianatin, Yangberlokasi di eks Pasar I(ota

Purbalingga.Meski hanYa beroPerasr

seumur iagung, bisnis ter-

r"r"t t"irrlutimenggugahpebisnis untuk menanam-

danllvlBPURBALINGGA - SemPat

t"riaiiitil, uitnis temPat ka-

rooke mulai berkemDangili"* iig","hun terakhir di

KabuPaten Pur baitngga'gerdasarkan catalan. YangIiu, Uit"it karaoke di Ka-

kan dananYa u'rtuk-udahairiu".^" r"ttebut' Setelah

ii[r"ia"r, karena terjadi:;;;i.;i" antara Pengelolaa o,iP

" *"tittah KabuP ate n

IP"*tut ) Purbalingga' Tem

nat karaoke di Usman;a-t"liit-t i" tt"uut, kemudian

^r,"ipi"a"t ke Kelurahant<o*ttgt".,tt'I, Kec am atan

Padamara.Matraiemen memilih me

mindah iokasi karaoke ter

sebut ke rumah makan Yang

ai*iliki.,Yu, Yakni Warjau'Nama, t-emPat karaoke ter-

."ilui il".tridian berubah

meniadi karaoke Wajau' Yang

,,.uhunt'u diPadukan dengan

-*.t i"ut un' * ke hal 1o

di-

Gratis, TemPat

Karaoke

Bermunculan

Setelah itu, muncul temPatkaraoke Diva Yang beralamatdi Ialan AW Sumarmo Kelu-rahan Kembaran Kulon, Kec-

- a matan Purbalingga. Setelah

itu, bermunculan beberaPalokasi karaoke baru.

Beberapa warga Yang hobikaraoke mengaku, senangdengan menjamurnYa tem-pat karaoke di KabuPaten Pur-

tafngga. Sebab, mereka tidakperlu jauh-jauh lagi ke KotaPurwokerto untuk menda-natkan hiburan karaoke.

"Daripada jauh-jauh kePurwokerto, mending saYa

karaoke dengan teman-te-man di Purbalingga. APalagiharga sewa room karaoke diPurbalingga juga terjangkaudibandingkan temPat ka-raoke di Purwokerto," ujarAndi, warga Purbalingga Ki-dul, yang mengaku rutinberkaraoke ria dengan teman-temannya setiaP Pekan.

KivlPT TeraPkan Standar Tinggi

Banvaknva warga Purba-

tineea vang memiliki hobiuri6t . it r,.n.mbuatbeberaPaoenzusaha memilih bidangLsah-a temPat karaoke' Terharu'

ada tiga temPat karaoke Yang

baru beroPerasi di KabuPaten

Purf alinsga' Yakni karaoke

Bintang ai Iatan Letkol Is-

ai*utt,"fu.uoke PurPIe diPadamara dan satu lokasi

karaoke di Desa Majasem'KecamatanKemangkon'

Namun, dari tiga tempatkaraokeYangbaru beroPerasi

tersebut, tak semuanYa me-

matuhi aturanYang ada' Dua

karaoke tidak memiliki izinresmi d.ari Pemkab Purba-lineea, vakni karaoke Bintang

aailkaraoke di Desa Ma-

iasem.' Keoala Kantor PenanamaModal dan Periiinan TerPadu(KPMPT) KabuPaten Pur-

Lalinga Mukodam menga-iuiu"] *r".ulnYa banYaki"*rut karaoke baru' takterlebas dari mudahnYa Per-izinan unnrk membuka oPe-

rasional temPat karaoke' Se-

karena banYaknYa warga

PltUufi"ggu'Yan g hobi ka-

raoke.^7dlr"ttl perizinan usaha

lainnva, kami tidak memu-

.rnrt'Uiuvu untuk Periiinante"mpat kiraoke. BiaYa hanYa

Jit"^t utut, untuk PerizinaniO dan INIB. sesarannya ter-

""ir"* i.f."ti tempat u saha;'

i"lasnvi kePada Radarmas''akhir Pekan lalu'

rul ".ti

tiaut aiPungut biaYa'

dia menegaskan IGMPT me-

iliriii tr"lia"r tinggi' u ntuk

bisa mengeluarkan izin oPe-

rasional karaoke' "Tak hanYa

ua**i"itttuti dan Pro sedur'

trl" r""g kami utamakan'nefeiaPa fakror lainnva' se-

,.i,i *au ruang' Pertim-'b;;;"; sisi sosial' sisi do-

il;?; Iingkungan' sisi ke-

*uru"u., fuktor lalu lintas

Iu" r*f.it iuga menjadi Per-

timbuttgun untuk menge-

luarkan izini' ielasnYa'

r hin 0RemsionalSambungan dari hal 7

lain itu, ProsPek usah.a ini

;l-*g iut u;n'menlanjikan'

,-i(<.-..'...>"

RAGIAN HLIMAS SETD.{ LABUPATEN PLTRBALINC'GA

Page 10: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

a

Page 11: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

w*'"$:

,, I (!)'t-o'q)'c

Go$

(55)6r

iE,-o,L

--'lo.

,ru9

rc

N

o

J

oJ<oGG

J<

I(E

Eo,

'o5,0)

(,

:Glri'i (E.: o

i.,1 (o

an

'ft,'t -o]L

J(Lo-o_

tryts 6"rO

Page 12: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

RadarBanvumas. sS@

0perasionalSukendro: Kembalikan

Persibangga

Manajem-en Harus Ke-ria l(eraslan keua- dana minimS]1P-1-1'l1T'

I $rcrasional :Jlfffigfifi;'1iill""' ;I"1"*r't' dana tersebut'

sambungan or,.' ,.,L-, "ffi;;;iili"i rorli.ri,",eoul P:i:*t^sava iuga lauh dari

ffi ilfrffT:,-"tHtlxxi-i:,, ffi;;ilp untuksekedar

tr^"#:*i51ti;:::'?',ffi1 ,,1\1$ili*11:t ffi

=l*gdil*#iifl;nffid;;',.,,0",".3lff :il*l:-"?iififf ll,T-d*;i?*f Sf,-{ffit'i,

frilrlv*:lififfi **irl*n*: ffirHilf#l"#"#Sukendro meminta Kel

pr persibanggu spo"Slii';i;;;;?i-'P "I$;*a partisipasi;fi :;Ifi ',:i-1

'*:iI i1#}.T*i'?:'-,f} r""*xi:+11'#'aiT::,ffi::,i#ffi#]Hr.'#manajemen'"'ttt'u" t'li t"tt""'iu"b' Sebab' untuk t"'**9t#J";;o;*t"*-

ransan. Manaj em en 1. o "4'#.", gik"t1 k" * p- llt?:: ffilgl:'.:"1;;:'(,ililJc)

iliiauti tangg"ng jawab sibangga meI

PURBALINGGA - Kisruhoendanaan Persibangga- Pur-"u, linsgo, dikiritik.oleh le-I""Ji'fi iarP klub berjuluki.askar Soedilman' Mantano"mui" dan Peiatih Persi-

6i"csu (saat ittt masih ber-

nama PersaP Purbattngga'

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIUll{A$ $[IDA PIIRBAIil,IOOA

red), Bambang Sukendromeminta kePada jajaran ma-

naiemen PT PersibanggaSo6ttu*u, rrt rukmengemba-lii.an mandatnYa kePada ma-

svarakatPurbalingga'" Persibangga adalah milikma

waral .at PurUain gga' Iadi, klub

iii tlut"t diseralkan kem bali

kepada masyarakat, agar ma-

svarakat lebih memiliki rasa me

5 Miliarmiliki klub. SaYa rasa dengan

f*gk h i"i, misalah Yang ada

di Fersibangga bisa teratast'

ielasnva akhir Pekan lalu'' DiaiueamemintakePada ja-

iaran rianaiemen PT Persi-'b^.,ggu Sportalna, selaku Pe-miiii<-sah^um utama klub' be-

rani mempublikasikan laPo-

ran keuangan selamabebera-pa musim terakhir' *'ke hal 10

Ifuh ButuhRP

R.q.GIAN HLTMAS SETDA KARI TP,,\TEN PL]RBIU,INGGA

Page 13: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

r HermawanSambungan dari hal 7

Nasabah BPR BKK yangberalamat di Ialan LetnanAchmadi Purbalingga berhasilberaih hadiah utama berupasatu unit mobil pikap Mit-subishi T 120 SS.

Pengundian hadiah utamatersebut, dilakll€n oleh BupatiPurbalingga Drs H SukentoRido Marhaendrianto MM, diRumah Makan BaIe ApoengPurb alingga, S abru (22 I 2) lalu.Selain bupati, Ketua DPRDPurbalingga H Tongat SH jugadiberi kesempatan memutarnomor undiarl untuk hadiahsatu unit sepeda motor HondaSupraX 125. Hadiah tersebut,jatuh kepada nomor miliknasabah warga Kandanggam-pang Gatot Sudirjo.

Direkur PD BPR BI(K Pur-balingga Supriyono menga-takan, Semarak Undian Ta-mades 2015 merupakan ben-trk kepedulian PD BPR BKKPubalingga kepada para na-sabah. Kepercayaan nasabahdan masyarakat Pu$alinggakepada lembaga perbankanmilikPemkab ini dibalas olehBKK dengan membagikanpuluhan hadiah mulai dari

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIIjll{A$ $[IDA PIIRBAINOOA

Mobil hingga voucher ta-bungan.

"Hadiah utama memangsengaja berbeda dari tahunsebelumnya. Tujuanya agarhadiah yang diberikan tidakunflrk konsumtif, tetapi dapatuntuk mendukung usahai'jelasnya.

Dia menjelaskan, pada Se-marakUndian Thmades tahunini, PD BPR BKK Purbalinggamemberikan hadiah utamaberupa satu urrit mobil pikapMitsubishi T 120 SS, satu unitsepeda motor roda tiga Via4tiga sepeda motor Honda Su-praX L25cc, 12 sepeda motorHonda New Revo, 12 unitIemari es, serta 20 voucertabungan Tamades masing-masing Rp 500 ribu.

Menurut dataper Desember2014, jumlah nasabah Ta-mades mencapai 70.000 or-ang dan Deposito sekitar2.000 orang. Sedangkan jum-lah penghimpunan dana hi-ngga akhir 2014 Rp 266.-2B.AB2.O0O. Sementara daritotal kredit yang disalurkansebesar Rp 27 2.803.7 85.000,hingga akhir Desember ada 6 1

persen diantaranya terserapuntuk pelaku UMIOvI dar: 42persen diantaranya terserapolehpedagangkecil.

"Sasaran kita memang ma-

syarakat menengah ke bawah

lnng mempruryai usaha mikrodan tidak tersentuh oleh per-bankan umum. Pada 2017nanti, targetnya terserap 70persen/' katanya.

Seusai pengundian, BupatiPurbalingga Drs H SukentoRido Marhaendrianto MMmeminta PD BPR BKK Pur-balingga terus mengembang-kan bisnis sesuai dengan apayang diperlukan oleh cos-tumer atau nasabahnya.

'Agar lebih berkembang,Iakukan modifikasi bisnis.Dalam hal ini direksi harustahu deep need customer ataukeinginan paling dalam daricostumer. Apa yang palingcocok disini, itu yang harusdifasilitasii' jelasnya.

Selain modifikasi bisnis,jajaran PD BPR BKK jugaharus bisa melakukan di-versifkasi produk yang cocokdengan kebutuhan kostumer.Diiringi dengan upaya sin-dikasi dengan bank-bank lainsupaya mendapat marketshare. "Culture atau budayakerjanya juga harus diubah"Bagaimana dia (BPR BKK-red) bisa menjadi petarungyang tangguh. Bukan Petarungdi red ocean tapi petarung diblue oceanl' tambahnya. (tyaibdg/adv)

RadarBanyffmas o Senin Pon23 Februari2015

-PUNBAUIIGGA TKSPRES

Hermawan Suswanto

Raih Hadiah PikaPPURBALINGGA - Hadiah utama Se-

marak Undian Tamades PD BPR BKK

Purbalingga, berhasil diraih oleh Her-mawan Suiwanto. &P ke hal 70

SERAHAKAN KUNCI: Bupati menyerahkantl"Aiun piXrP kePada nasab{ BPX PKK'

Minta BPR BKI( I(embangkan Bisnis

B.{GIAN HLINIAS SET'DA KABI-IPATEN PURBALINGGA

Page 14: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN IIIIINA$ $[IDA PIJRBAI$.IOOA

Radar Banyumas r Senin Pon 23 Februari20'15

eibup pupuk Bersubiidi Alokasi IJryIrbes a

Akhirya DitekenPURBALINGGA - Setelah

sempat tertunda dan mem-buai kelangkaan PuPuk diberbagai wilaYah di Kabu-oaten Purbalingga, Peraturan^bupati (PerbuP) tentang Alo-taii Pupuk sersubsidi tahun2015 a^khirnYa ditandata-neani oleh BuPati Purba-liieea Drs H Sukento Rido

Mi"haendrianto MM. Ke-

Dastian Penandatangananterbub tersebut diungkaPkanianesuns oleh buPati, kePada

nad'armis ditemui di sela-sela

pengundian Semarak U ndianTamlades di sojongsari, Sabtu

(zUZ)laJv.Bupati mengatakan, mo-

loruva Penandatangananperbub tersebut, disebabkan

Saat ini Produsen PuPukbersubsidi akhirnYa berPe-gangan Pada PerbuP tahunSoti y uig sebenarnYa ti dakkuat. Namun karena me-nyangkut Petani, maka PuPukr6m"i-ttari ini tetap disalukanke distributor. PerbuP itusebenamya meruPakan turu-

oleh mekanisme Pengajuannerbub vang memakan wak-

iu cukup lima' "Kalau ditempat'saYa tidak lama'Begitu masuk ke meja saYa,

langsung saYa tandamngaru'Mungkin Proses admlnrs-trasinva Yang memakanwaktu,"sehingga agak Iama J'

ujar bupati.l)ensan ditandatangant-

nva pe"rbub tersebut, buPati,iemasdkan distibusi PuPukbersubsidi di KabuPatenPurbalingga, tidak akanterganggu. Peraturan itudigunakan sebagai Payunghukum Pelaksanaan Pe-nyalurarr PuPuk bersubsididi Kabupaten Purbalingga,setiap tahun. ) kehall0

I PETbURSambungan dari hal 7

Sebelumnya sePerti dibe-

ritakan koran ini, distribusiseiumlah PuPuk bersubsidiTahun 2015 terancam dihen-

tikan jika samPai Maret men-

datane, PerbuP tentang Alo-

kasi Prlpuk Bersubsidi tahun2015 b;lum turun. PasalnYa,

neraruran iru digurakan seba-

lai payung hukum Pelak-Su"iuri pe"nyaluran PuPukbersubsidi setiaP tahun'-

Perwakilan Produsen PuPukbersubsidi mingancam akan

mengentikan Pasokan kePada

distributor, jika hingga Maret

mendatang Perbub belum tu-

run. Sebab,lanPa PerbuP itupabrik pupuk bersubsidi rawan

disalalrkan, karena semua ter-

ukr dan ada aturan mainrrya

nan dari Peraturun 99q:*u'terkait PuPuk bersubstor''t.*dnti.u

itu, berdasarkan

P".ut** C"Uemur ( Pergub)

iawu fen guf, N omo r 73{ahun2014 tentang Harga l';ceran

i"rti"egl (HEr) PuPuk Ber-

subsidi unruk sektor Pefi aruan

ai Propit si ]awa Tengah Ta-

tt"" Z'Of S, Pada tahun 2015

KabuPaten Purbalingga men--

airutf oUti PuPukbersubsidi."6anvak 33.35I ton'

Dari iumtah tersebut, PuPukbersubsidi Yang alokasinYa

i.it*v* udaah urea sebesar

io-zooio". Alokasi PuPuk ZA

2.650 ton, SP-36 2'400 ton'

iiPK*ofo'o ton, dan PuPukorsanik 5.301 ton'"ia""""

alokasi PuPuk sub-

tiiillJip"ti PuPuk untuk

t"ii"i p"ft"^an dengan sub

.l-root iu"u*an Pangan dan

hortikulthra, Perkebunan'oeternakan dan Perikanan'tU"*t

t *g" eceran teninggli;;ir *,d:rh ditetaPkan da-

i"*,ltzuU. untukharga HET

r,."u RP 1.800 Per kilogram'

si,-io ip 2.ooo', ZA RP I'400'

niPk* ni 2.300 dan PuPukorganik'nP 500 Per kilogram'

(tYai bdg)

BAGIAN HLMAS SETDA }IABUPATEN PLTRBALINC'GA

Page 15: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIAil III][{A$ $MDA PURBAIilOOA

Badar Banyurnas o sENIN PoN 23 FEBRUARI 2015

di Pasar Hewan DisorotRazia diTaman Kota

Makin Gencar

PURBALINGGA- SatuanPolisi Pamong Praja (Sat

Pol PP) Purbalingga se-

makin gencar melakukanrazia taman dan hutan kota

vang disinyalir digunakanirnt,It ulut g mesum' Pada

tumat (2012) malam, razia

Lemtaii ditakukan dan ber-

hasil menjaring enam Pa-sangan mesurn. Merekakedapatan sedang nong-krong di Hutan Kota Ge-

muruh dan Pasar hewanPurbalingga. SatPol PP juga

menYuYangkan masih a-

danva prat [ik Prostitusi diPasir Hewan Purbalingga

nada malam hari.Kepala Sat Pol PP Pur-

balingga, Suroto menle-laskan, kegiatan itu meru-oakan bentuk uPaYa mem-terikan efek jera kePadasiapapun Yang menYal ah-

g.r.rui.rn iaman kota' Pi-f,aknva hanYa mendatadan memberikan kesem-Datan agar mereka Yangieriarinf razia tidak me-ngulangi kem bali.

olika dalam kegiatan se-

IaniutnYa masih teriaring,maka kita akan memPro-sesnyai' teg4snya, semalam(2012).

Sat Pol PP juga meng-gandeng TNI dan DPU un-tuk melihat secara langsungkondisi di laPangan.

DIINTEROGASI :

malam di Hutan

Pada kesemPatan itu Su-

roto juga sangat menya-yangkan kondisi Pasar He-wan Purbalingga Yang te-taD subur menjadi areaprostitusi setiaP malam'i.okasi itu semakin Parahsampai sekarang karenapintu Serbang maupun

ointu masuk ke Pasar he-wan selalu dibuka 24 iam'

"Personil satuan Penga-manan (SatPam) Yang di-temoatkan di sana tidakberfungsi' Karena tidak di-

iaga. Buat aPaPemkab mem-'t J.it u., dana APBD untukmembuatPintu. * kehal 10

--.\L-\/

BAGIAN HLTMAS SETDA KABLTPATEN PLTRBALINGGA

Page 16: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

I(antongi Data dan Identitasr PrafitilrProstitusi

Sambungan darihalT

Tapi kenyataannya pasarhewan tetap bebas dijadikankeluar masuk orang- orangyang akan berbuat negatiti'papamla.

Pada kesempatan itu Sat PolPP juga membubarkan se-jumlah titik yang digunakansebagai ajang berjudi danmabuk- mabukan. Kegiatanyang selesai pada pukul 23.30

.-<-\I

itu dinilai cukup berhasilmembuat efek jera. Karenaselain semakin tegas, petugasjuga mendata identitas merekayang terjaring razia.

Seperti diberitakan, fungsisejumlah taman dan hutankota yang kerap kali menjadisorotan karena diduga digu-nakan untukmesum. Hal inimembuat pemkab segerabergerak. Kali ini DinasPekerjaan Umum melaluiSeksi Pertamanan segeramemang lampu terang de-

ngan daya besar mulai Ma-ret mendatang.

.

Kepala Seksi Pertamananbidang Kebersihan dan Per-tamanan Dinas PekerjaanUmum (DPU) PurbalinggaTri Nuryanto mengatakan,pihaknya masih bingunguntuk menangani penge-lolaantamankota dan HutanKota Gemuruh. Pasalnyataman tersebut belum di-serahkan ke pihaknya karenasebelumnya dibangun olehpusat. (amr/bdg)

Sambungan dari hal 7 d"-ik, parasiswa juga dapatI

AiaklauTilNarlioba153 Peserta ;T.3i:f,:1'Jl'l?1."'ll},il:

Keeiatan dalam rangka mem

oeri"neati milad kc-6 SMK

ivfulaimaaiYah 3 ini dibuka

langsung oleh BuPati Pur-

trali"nesa, Drs H Sukento Ri-

dho ilirhaendrianto MM'Keoala SMK Muhamma-

divah g Purbalingga, Totok

Turdivanto SSi APt didam-ninei Ketua Panitia QES Olgnniaf,,Rr Fetriani Hananti SS

men gatakan,ke giatan tersebut

diharaPkan daPat mentng-katkan kemamPuan siswadalam bidang qiroah, Bahasa

Inggris dan ilmu Pengetahuan'"lffsesuai dengan misi kamivans ingln mewujudkan ge-

ir.titiuirrg t"tamPil, beriman'

beraktrlakhulia dan mandi ri'

Rencananya kegiatan ini akan

kami gelai setiaP tahunnYai'-

runrr Totok TurdiYanto'BuPati Purbalingga sangat

mendukung dan mengaPre-

memiliki akhlak Yang mu-lial'Mudah-m udahan kegia-

tan ini daPat meningkatkanprestasi dan kemamPuan'siswa. SaYa iuga mengalakkeoadapara siswa untukmen-

laihi narkoba Yang daPat'm"rusak generaii Penerusl'-tambahnYa.

tomba Bahasa Inggris men-

dapa&an Perhatian tinggi dari

uara pengunjunglomba' Iom-'ba

yang dikemas dalam story-

tellin g iersebut menamPilkanlesenda Timun Mas, Bawang

M"erah dan Bawang Putih'Ajisaka dan Rawa Pening'-P'arapeserta menamPilkankreativitas masing-masrngdengan imProvisasi Yangtinggi. "Para juara alGn men-

daoatkatl Piala, uang Pem-binaan din sertifikat dariDinas Pendidikan KabuPaten

n utatinggaitamUatrya'(bdS/opl)

153 Peserta Ramaikan QES

PURBALINGGA-Sebanyak 153 pesertayang terdiri dari siswa SMP/M'IS se

barlingmascakeb meramaikan ajangQiroah, English and Science (QES) Olym-piad di SMK MuhammadiYah 3 Purba-lingga, Minggu (2212). S keharro

EKSPRESIF: Pesertaekspresif dalam ajang

ISTIMEWA

storytelling tamPilQES kemarin.

Page 17: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIAI{ II[][NA$ $[IDA PURBAIfr{OOA

Radar Barryumas o Senin Pon 23 Februari2015

Tak Segan Sapa

Langsung WargaMEsKlmenjabatsebagai

pimpinan tertinggi diPolres Pur,balingga, hal itutakmembuat Kapolres Purbalingga AKBP Anom Se-

yadji menjaga jarak de-ngan masyarakat. Dia me-ngaku t'hk segan untukmenyapa langsung wargaPurbalingga. * ke hal 10

Serap Masukan Masyarakatr lat $ogan "Ini sudah menjadi tugas

saya. Kalau saya tidak bekerjaseperti ini, berarti Kapolres-nya makan gaji buta. sayasenang berinteraksi langsungdengan masyarakatj' ujamyasaat mengunjungi markasCLC.

Dia mengaku, mendekatl<andiri dengan masyarakat sudahdilakukan olehnya, sejakresmibergabung dengan Polri. Se-bab, menurutnya Polri bisabesar karena masyarakat, j adimasukan dari masyarakat

sangat penting bagi kemajuanPolri ke depan.

Tak hanya itu, sebelumnyaKapolres juga mengunjungilangsung markas wartawanPurbalingga, yang berhomebase di BalaiWartawan Pur-balingga. Dalam kesem-patan itu, selain beramah-tamah dengan para war-tawan Purbalingga, Kapol-res juga memberikan fa-siiitas baru berupa televisiberwarna bagi para war-tawan. (tyalbdg)

Sambungan dari hal 7

Bahkan dia juga tak seganuntuk datang langsung kekomunitas-komunitas yangada di Purbalingga, untukmensosialisasikan kerja Polrikepada masyarakat Purba-lingga. Salah satunya adalahketika mengunjungt markasCinema Lovers Community(CLC) Purbalingga,beberapawaknrlalu.

RAGIAN HI ]I{.dS SETDA KABLIPATEN PURBALINC,GA

Page 18: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAffAil IIIIINA$ $[IDA PURBAINOOA

Radar Banyumas o senin Pon 23 Februari 2015

Pembangunan

Fisik Desa

Bakal MolorPURBALINGGA- Pemba-

ngunan fisik di tingkat desaterancam molor pelaksanaan-nya. Pasalnya sampai saat inialokasi danadesa (ADD) dandana desa (DD) yang diga-dang- gadangbisa segera cai4masih harus menunggu regu-lasi yang lebih teknis sampaikebawah.

{'Kami tidak menyalahkansiapapun karena ini masatransisi. Belum semua aturanturunan undang- uidang ten-tang desa terbit. Namun yangsaya minta, jika pelaksanaanprogmm pembangunan mo-lo4 desa tidak dijadikan obyekkesalahan karena dinilai tidakmampui' jelas Ketua Pagu-yuban Kepala Desa !\traprajaPurbalingg4 Muhammad Ya-ni, Minggu (22/2).

Kepala Desa Munjul Ke-camatan Kutasari ini me-minta, jika pada April ADDmaupun DD sudah bisa cai4rnaka dana- dana itu belumdapat langsung digunakan

karena tetap harus melaluiperencanaan dulu.

Berkaca pada tahun- tahunsebelumnya, jika pencairanda-na semakin molo4, maka padaSeptember akan terjadi pe-numpukan program di de-sa.Kondisi ini sangat merepot-kan pelaksana di tingkat desa.

"Iaporan- laporan pertang-gungjawaban yang harus di-buat akan menumpuk Jika kitabenar- benar tidak menyiap-kan SDM sejak sekarang, ma-ka akan semakin keteteran.Tapi kami optimis siap danminta pemkab juga tetap mendukung pemerintah desai'tambahnya.

Sementara itu terkait pro-gram di desa yang saat ini bisadilalarkan yaitu hanya sebatassosialisasi, penyiapan aparattrdesa yang akan mengeloladana dan konsultasi ke pe-merintah. Karena jika akanmelaksanakan pembangunanfisik, jelas kurang memung-kinkan.(amr/bdg)

BAGIAN HLIMAS SETDA K.ABLTPATEN PLIRBALINGGA

Page 19: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN III][{A$ $[I'DA PIJRBAINOOA

Radaf BafryumaS o Senin pon 23 Februari 2015

PT SCI Gelar Pertemuandengan l,Varga dan Karyawan

PT Sung Chang Indone-sia (PT SCI) Purbalinggaterus, berusaha mende-katkan diri dengan ma-syarakat Kabupaten Pur-balingga. Berbagai te-robosan dilakukan agarpabrik rambut palsu yangberalamat di KeluarahanMewek, Kecamatan Ka-limanah ini lebih dite-rima oleh masyarakat.

Terbaru, mereka meng-gelar kegiatan silaturahmidan sharing dengan'kar-

yawan dan warga di DesaBukateja, Kecamatan Bu-kareja, Kamis (19/2) lalu.Kegiatan ini diikuti oleh103 orang yang berasaldari warga setempat, kar-yawan PT SCI yang ber-domisili di Desa Bukateja,perwakilan desa dan ma-najemen PT SCI.

General Manager PT S-CI In Chi Mo menga-takan, kegiatan tersebutdigelar untuk lebih men-dekatkan PT SCI dengan

masyarakat Purbalingga.Dia menambahkan, ke-giatan di Desa Bukatejaadalah kegiatan perdanayang digelar PT SCI."Kegiatan ini renca-

nanya akan kami gelar ru-tin setiap pekan, di ber-bagai desa di wilayahKabupaten Purbalingga.Lokasi kegiatan akan kamitentukan satu pekan se-belum kegiatan," ujarnyaditemui di ruang kerja-nya, pekan lalu.

Seiain untuk menghim_pun aspirasi dari wargadan karyawan pT SCI,agar PT SCI lebih dekatdengan masyarakat pur_balingga. Sehingga, kedepan pT SCI purbali_ngga bisa lebih baik danmaju lagi. Kegiatan ter_sebut, juga digelar untuk"jemput bola" calon kar_yawan PT SCI ke lapa_ngan."Bagi warga yanf, men_

jadi tuan rurnah kegiatan,yang ingin menjadi kar_

yawan PT SCI,kami akanmenggelar seleksi di tem-pat, saat pertemuan. Se-leksi akan kami gelar lang-sung di iokasi pertemuan.Jadi warga yang inginmenjadi karyawan PT S-CI, silahkan datang kekegiatan kami selanjut-nya," lanjutnya.

Kegiatan tersebut diha-rapkan dapat menjemba-tani masyarakat Purba-lingga dengan PT SCL(tyalbdg)

GM SCI Chi Mo menjawab perntayaan wargaPT

RAGI AN HI ]\,I.{S SETDA KABLIP ;\TEN PT RB A T IN (iGA

Page 20: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

warga aktif mengikuti sesi tanya jawau aentT#pr SAT",^.

Peserta silaturahmi dan sharing pT SCt ""d:ru^;:T;T:;daftar hadir

warga antusias mengikuti pertemuan a"ngun^iTtIB,ro*uo.

Page 21: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIAN III][{A$ $MDA PIJIBAIINOGA

ffiBinygmFSSenin, 23 Februari 2075

r Menyusul

angunanTakBeffi

Penyegelan Kaiaoke tsi ntangPURBALINGGA- KantorPenanaman Modal dan

Perizinan Terpadu (KPMPT)akan tegas menindak

bangunan tak berizin lainnya,menyusul penyegelanKaraoke Bintang yang

berlokasi di Jalan KomisarisNoto Sumarsono, Senin

(1612ltatu.

EPALA KPMPT PurbalinggaMukodam mengatakan, selainKaraoke Bintang, tempat usahalain juga banyak yang berdiri

melanggar perizinan, Antara lain tempatkaraoke di Desa Majasem, KecarnatanBukateja yang diketahui tidak memilikiizin operasional dan toko modern yangizinnya lain,

'lUntuk kardoke di Desa Mejasem,izin awal adalah rumah makan. Namun,kemudian berkembang dengan membukausaha tempat karaoke. Padahal kamibelum pernah memberikdn izin operasionalkepada mereka," katanya, kemarin.' Pihaknya juga sudah memberikansurat teguran kepada pengelolatempat karaoke di Desa Majasem. Diamenambbhkan, hingga saat ini pihaknyahanya memberikan izin operasionalterhadap dua tempat karaoke, yakni

tempat karaoke di Rumah Makan Warjauyang berlokasi di Kelurahan Karangsentul,Kecamatan Padamara, dan Karaoke Divadi Kelurahan Kembaran Kulon, KecamatanPurba lingga.

"Kami tidak akan mempersulitizin operasional tempat karaoke, jikasecara aturan memenuhi syarat, Selainmelengkapi secara administratif, dalammengeluarkan izin operasional kamijuga memperhatikan faktor nonteknislainnya, Di antaranya, apakah terjadlpenolakan dari warga setempat atausudah meminuhi kaidah lalu lintas danp_enempatan lokasi usaha," jelasnya.

Tanpa KepastianSementara itu, ketika ditanya soal

toko modern, Mukodam mengakui bahwatoko tersebut banyak yang izinnya berupausaha toko kelontong, Sedangkan saatdisinggung soal penertibannya, Mukbdamsecara singkat mengatakan, hal itu akandiiakukan menyusul tanpa memberikepastian kapan waktunya.

Seperti diketahui, pemkab akhirnyabertindak tegas terhadap Karaoke Bintangdi Jalan Komisaris Noto Sumarsono,(16/2) sekira pukul 16.00. Satuan PolisiPamong Praja (Satpol PP) bersamaKPMPI menyegel tempat karaoke milikAgus Purnoto tersebut.

Satpol PP menyegiel seluruh ruangkaraoke yanE ada, karena pemilik t[dakmengantongi izin usaha tempat hiburantersebut. Penyegelan terpaksa

.dilakukan,

Kantor Penanaman Modal dan Perizinan

Terpadu (KPMPT). (smNetwerk/hs2'{t6)karena pengelola tidak mengindahkan tigakali sur:at teguran yang dilayangkan oleh

<>BAGIAN HUMAS SETDA ILABUPATEN PURBALINGGA

Page 22: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

f-

^tf*

;'+lirrt+#

ffiffi

HARMAS/SMNETWORKRYAN RACHMAN

P^tr-:9!^ll llplygs"j.Jg1.par usaha tak berizin, baru-baru ini. rempat usahararnnya yang tak memiliki izin akan menyusul ditertibkan.

Page 23: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIAI{ IIUII{A$ $[IDA PIRBAIINGGA

WBAnyHmR$.

BAGIAN HLTMAS SETDA ILABLTP,ATEN PURBALINGGA

Page 24: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN IIIffiAS $[I'DA PIIIBAIil{OOA

rffiffiBanyHmffiSenin, 23 Februari 2075

Pecandu

PURBALINGGA' Badan

Narkotika Nasional KabuPaten

(pNNK) tahun ini ditarget

merawat 524 Pecandu narkoba '

di wilayah kerjanYa. "Tahun

ini kami ditarget 324 Pecanduuntuk rawat jalan dan 200

pecandu untuk rawat inaP dari

Purbalingga, Banjarnegara,Banyumas, dan Brebes," kata

Kepala BNNK EdY Santosa.

Dia mengatakan hal itu di

sela-sela Semi nar PemberdaYaan

Masyarakat dalam rangka

antisipasi Indonesia Darurat

Narkoba di aula Kelurahan

Kalikabong, Sabtu (21i2)'"Target ini adalah Para Penggunanarkoba yang melalui Proses Tim

Asesmen TerPadu Yang terdiridari polisi, kejaksaan, BNNK,

dan BaPas," terangnYa.

Edy menambahkan, Parapengguna itu akan dirawat di

RSUD sesuai wilaYahnYa. Mereka

yang domisili di Purbalingga,

misalnya, bisa dirawat di RSUD.

"Demikian Pula Yang domisili

di Banjarnegara, BanYumas,

dan Brebes. Namun tetaP harus

melaporkan diri dulu ke BNNK

Purbalingga Yang membawahi ke

4 kabuPaten itu," terangnYa.

Edy mengharaPkan,masyarakat untuk m€laPor ke

BNNK jika ada keluarganYa Yang

menjadi Pengguna narkoba.

Karena mereka akan direhabilitasi

dan tidak diProses hukum.

Razia PelaiarKepala Dinas Pendidikan

Tri Gunawan Setiadi meYakini,peredaran narkoba tidak hanYa

di wilayah Perkotaan, melainkan

sudah merambah ke Perdesaan."Salah satu langkah kami dalam

pemberantasan narkoba adalah

melakukan razia Pelajar Yang

keluyuran saat jam sekolah,"

ujar dia, Yang menjadi salah satu

pembicara dalam seminar itu.' Belum lama ini, lanjutnYa,

pihaknya bersama SatPol

PP berhasil mengamankan29 pelajar yang kedaPatan

keluyuran di taman, temPatgamest maupun Pedokoan saatjam sekolah.

"Kami akan melakukan

operasi terus, namun waktu

dirahasiakan. TujuannYa untuk

mengurangi pelajar feluYuran dan

memperkecll Pelqang Peredarannarkoba di kalangan Pelajar,"tuturnya. (SMNetworUfl 0-06)

fff*fums"c$ai3.;em*r ''

KEPALA Dinas pendidikan Tri Gunawan saat paparan dalamseminar pemberdayaan masyarakat, SaOtu tZfiZi.

i*riiir*r

,{i $+r1 #iqii]<*1i

BAGIAN HL'IMAS SETDA KABI.IPATEN PURBALINGGA

Page 25: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KLIPINGIIMDIABAOIN IIIIINA$ $[IDA PIJRBAIINOOA

E*aluas,i Bantuan RTtr,ip,ertanyakanFUREAIIilGGAT Fana bantuan RT sebesar Rp l juta per

-,fahun dihtntikan mulai tahun ini, Direktur Institut Negeripenorir.a lnda,ru Setyo I'Jurpojo rnempertanrlakan evaluasi dan

kernanlaatan dari dana miliaran rupiah untuk ribuan RT itu.'r llUntUk'5FB dana itti dan seber:apa pertanggungjawabannya,

rnasihtidak jelas. Seharusnya ada evaluasi se'lama program

teryqbuf digulirkani' katanva kemadn. ,

,,:,,,, l,lentrrut*ya, di lapangan, ptnggunaan dana RT juga,,i[ndelung b*rsifat,statis. Meski ada yang digunakan dan

dicairkan, namun tidak bisa ber.putar arus keuafigannya.

,,$etinEga selama ini kurang tqpat sasaran untu:k alasan

,rmemdJrdayakan usaha rumah tangga mikro' ,

Kepala DusunlDesa Toyareja, Kecamatan Purbalingga

. Giman Fengatakan, .selama ini pernanfaatan dana: bantuan, Rt iatu juta rupiah cenderun g seten gah.'setenqah;,Artinya, ada yang baik dan ada juga yang

, : ilric€tl danl kuran g kemanfaatannya, Namun sebena rnya

perputaran uang tersebut jalan dan digunakan, hanya

saja tldak s€mua sesuai harapan. "Meski begitu, untuk.pe*anugun!jawabanpenggunaandan.arusuang,ada

. laporari peitanggungJawaban s€tiap tahun,",ungkapnya'', Wakil Ketua DFRD Adi Yuwono membenarkan adanya

penghentlan anggaran untuk dana bantuan Rp 1 juta per RT

ritu,.karena adanYa iftbas Ul"I tentang Desa tahun 2014, Tak

hainya- dana bantuan itu, hibah, bansos, dan lainnya juga,':rditiadakan: di APBD 20I5..

"Kami akui di lapangan masih ada yang tidak tepat

,!asar-an',Nar$un.ti{ak Semua melenceng, hanya masih ,,1 ,

ada yang kadang tidak se$uaiiharapan," katanya singkat. ,

kemari n. (6lllNetwork/h82-{16)

KONI Purbalingga MemonitorAtlet Tiap pengcab

l|jLflltlcgA - komite Olahrasa r,rasionat rndonesia[KUNl)Pur0allnggas€jaksatubulanterakhirintensmetakukan monitoring iatihan atl€t.attet Ai tiappengurus cabang (pengcab) olahraqa.

. Flal ini untuk mengetahui perkembangan atfet_atlettersebut untuk bisa dipersiapkan d! even olahraoi1i ,mgsino-masing cabang dan pekan otitrragi XeOupekatongan Banyumas (Dulongmas) Oalim waktu Cikatlnl.

Selain itu, monitoring bertujuan untuk meniarinosemua informasi dari masing-masing pengiaU. iehinqoaKUNI secepatnya menyikapi informasi tersebutdan ,--m.empermudah koordinasi, Minggu lalu, KONI memonitortatrnan cabang olahraga bola basket, renanq dan taiuno1:|a.Jat'Untukcabangolahragatainnyabergantian

I].\GIA}{ HUMAS SETD.{ L{BT-IPATEN PLIRBALINGGA

Page 26: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIAil IIII[{A$ SIIDA Pt]IBfil{GOA

ffiBanyHmRtSenin, 23 Februari 2075

Pilkada, Eerinda Eari Putra Daerah Terhaik

KETUA DPC Partai Gerindra lmam Poerseto memberikan sambutan pada peringatan HUT Ke-7Gerindra, Sabtu (21l2).

PURBALINGGA- Memasuki usianya' yang ke

tujuh tahun, Partai Gerakan Indonesia Raya'(Gerindra) akan tetap memberikan kontribusinyata dalam pembangunan, baik di tingkatnasional maupun daerah. Gerindra juga akantetap menciptakan suasana kondusif dan tidakakan terpengaruh isu di tingkat nasioanl dan didaerah.

"Gerindra tetap akan mengantarkan siapapun pemimpinny.p dan akan terus mengawalprogram untuk kesejahteraan rakyat. Melaluimomentum HUT yang ketujuh ini, partai kamiingin memberikan kontribusi nyata dalamrangka menciptakan suasana yang kondusifserta tidak akan terpengaruh isu di tingkatnasional, serta tingkat kabupaten," kata KetuaDewan Pimpinan Cabang (DPC) GerindraImam Purseto, pada acara Peringatan HariUlang Tahun (HUT) Ke-7 Partai Gerindra diGedung Olah Raga (GOR) Mahesa Jenar, Sabtu(21l2) malam.

tanpa adanya dukungan dari semua pihak,termasuk elemen masyarakat, mulai darirelawan simpatisan, serta pemilih yang ada diPurbaliqgga, mustahil enam kursi dapat diraih,"uja rnya.

BijaksanaDalam berdemokrasi, sambung Imam,

berbeda pendapat merupakan hal yang wajar,dan karenanya perbedaan pilihan juga harusselalu dihormati. Terlebih dalam menghadapiPilkada 2015, semua diminta untuk menyikapinyadengan cara yang bijaksana.

"Dalam menghadapi Pilkada 2015 mendatang,kami harus menyikapinya dengan local wisdom(kearifan lokal), Kalau kita bisa bersatu,mengapa tidak? Jadi, mari kita bersama-samamencari putra-putri terbaik untuk menjadipemimpin Purbalingga, Ingat, Purbalingga tidakhanya milik Gerindra saja, tapi kepentingansemua masyarakat," ujarnya,

Acara dihadiri Bupati Sukento RidhoMarhaendrianto, Wakil Bupati Tasdi, Sekda ImamSubyakto, ketua, dan pengurus jajaran sertakader Partai Gerindra Purbalingga. 1pt-ooy

Imam menyebutkan, HIJT Partai Gerindra Imam berharap, rakyat bisa melupakan friksi-merupakan momentum bersyukur; karena pada friksi (gesekan) atau hal yang sifatnya negatifPemilu 2014 paftainya berhasil meraih enam di dunia politik. Terlebih lagi dalam pilkada, halkursi di DPRD. Keberhasilan itu karena dukungan tersebut untuk menyongsong Purbalingga ke

- masyarakat. depan yang lebih baik."Ternyata perjuangan kami tidak sis-sia.

Keberhasilan ini menjadi bermakna, karenamerupakan usaha jajaran partai mulai dariakar rumput hingga pimpinan. Selain itu,

BAG1AN FIUN{AS SETDA KABLIPATEN PLTRB.{LINGGA

Page 27: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAflAI{ IIIiMA$ SIIDA PUIBAIil{OOA

ffi?BanyHmRS.Senin,23 Februari 2015

Demam Batu nfif TurunkanAngka PerceraianPURBALINGGA- Iimbauankepada PNS dan keluarganYa

untuk memakai Batu AkikKlawing diharaPkan bisa

menekan tingkat Perceraian.Saat ini, fenomena "Pamong

Praja" atau "PaPah Momong,

Istri yang Bekerja" sudah mulai

berkurang,"Saya juga sudah

beikoordinasi dengian beberaPa

tokoh agama; mengenakancincin akik atau batu tidakdiharamkan. Demam batu akik,

tidaklah haram, selagi tidakdigunakan untuk hal-hal berbau

mistis. Silakan memakai akik,

karena hal tersebut juga ikutandil untuk memakmurkanmasyarakat Purbalingga,

sehingga istilah'PamongPraja' jadi sedikit berkurang,"tutur Bupati Sukento Rido

Marhaendrianto Pada acara

Khotmil Quran dan Pengajian

Rutin Malam Sabtu di PendaPa

Dipokusumo, lumat (20/2)malam.

Menurutnya, batu akik saat

ini menjadi laPang6n kerja baru

kaum pria. Sehingga selain

mengasuh anak-anak, mereka

bisa membuat kerajinan batu

akik,"Dengan adanYa Batu Akik

Klawing, diharaPkan tingkatperceraian menurun, karena

istilah'Pamong Praja.' Dari

data yang ada, kebanYakan

kaum wanita di Purbalingga

meminta cerai karena suaminYa

tidak bekerja. Saat ini, dengan

maraknya Batu Klawing tidakhanya mengasuh an3k, taPi

sudah bisa mengasuh anaksambil membuat kerajinan batu

akik," ujarnya.

. Sementara itu, KePala Kantor

Kefnentrian Agama (Kemenag)

Rochiman mengungkaPkan,saat ini angka Perceraian di'

Purbalingga sudah hamPirmenyentuh 20 Persen darijumlah pernikahan. Sedangkan

jumlah pernikahan di

Purbalingga adalah Pada kisaran

10-11 ribu,"Kalau di Purbalingga

saat inia masih emPatpersen, sehingga hal ini Perludiseleseaikan dari jalur keluarga,'termasuk Pendidikan karakteryang baik. Untuk itu, moral Yanq

baik seperti unggah-ungguh,tabiat, atau kebiasaan baik Perluditerapkan dalam keluarga,"pintanya.

DuniawiFenomena masyarakat atau

orang tua selama ini, sambungRociman, lebih menomorsatukanduniawi/materialistis, tanPa

melihat moral yang baik Pada

ana k-a na kya.

"Kita harus bangga

memunyai anak, walauPun

hidup kekurangan, taPi moral/

budi pekeftinya bagus. Karena

moral yang bagus harusdinomorsatukan. DariPada PunYa

anak berlimpah harta, taPi

kelakuan/moralnYa jelek atau

tidak bermoral," terangnYa,

Rochiman menerangkan,sesuai dengan Surat Edaran

Bupati Purbalingga tanggal 21

Juli 2014 lalu, Kemenag dan

Dindik mengeluarkan surat

edaran yang isinYa bagaimana

mengembangkan akhlak Yangbaik kepada Peserta didik.

"Karena dimulai dari duniapendidikan, baik Pendidikanumum m?uPUn Pendidikandalam keluarga, hal tersebutmerupakan awal Yang baik untuk

membentuk karakter bagus

bagi anak-anak kita. Sehinggapembiasaan Perilaku baik Yang

dilakukan terus-menerus akan

menjadi karakter/kebiasaan. Hal

tersebut untuk membentuk agar

bagaimana mereka memunYai

karakter berlaku jujur, disiPlin,

tepat waktu, dan memunYai

kepedulain terhadaP orang lain,"

ungkapnya. 1pt-os;

BAGIAN HU]t{AS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 28: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KLIPNGIIMDIABAOIN IIUINA$ $EXDA PIJRBAINOOA

'Senin, 23 Februari 2015

Kodim'BersihkanSungai Laranganpu*enr:f,tgeA-'sebanyek 170 anggota Kodim 0702 bersama

tanuO.yVirmaOa melatslkaB bersih-bersih Sungai Laringan,

Sabtu {2U2}. Mereka dibantu mreyamkat sekitar sungai'

' Pari tentara bersama,warga membersihkan sampah

dari alirin.sungai sepaniang 1 km dari wilayah Kelurahan.

Purbating$a, Wetin hingga Kelurahan Bancar; l!K69iatan, i rli

*erupaiiJn aksi Hari Bersih Lingkungan yang dicanangkan

Pangtima TIrlI, Kita di:sini ikut aksi membersihkan Sungai .

Laraltgan,'kata Pasi r0ps Kodim 0702 Kapten CHB Riswanto'

feiiatan ini dimaksudkan untuk membersihkan lingkungan,

ubma-nya aliran sungai, dari berbagai sampah' Tak hanya

,sarnpalrrumah, namun juga sampah dari kebun warga'.

' '"ka[au,alinn $ungai tersumtat sampah, maka lingkungan

'sekitar sun$ai akan.kebanjiran saat hujan besar' Untuk itu

,pirlu u paya- a garrlidak sampai terjadi ba nji r;" tuturnya'' Dengan dilemukannya sampah di aliran sungai.itu,

:Riswanto ihengimbau warga untuk tidak lagi membuang

patr di sun i. Dia'minta warga membuang sampah.

'ui tempat sanfrah' l'sehingga sampah tidak menyumbat.

,iliran iungai, jika membuang sampah ditenriiatnya, makariampah biia diangkut truk sampah untuk dibuang ke

tempat Fembuangan Akhiri" katanya. .

t-'d*putu x"turahin Purbalingga Wetan Purwanto Joko

Friyono menyambut positif apa yang dilakukan anggota TNI

itu,Kegiatan-ituminirnalbisame.ngg.erakkanmasyarakat:sekitar sungai. "Agar masyarakat tidak membuang

.,sampah ketr.rngai, Bisa rnendorong masyarakat untuk,.

menjaga kelestirian dan kebersihan sungai yang ada di

, iin+ilneu."ya,' ujarnya.,

"l -srniuiurangin

airergunakan oleh petani urtuk . ..

mengail persawahan yang dilewatinya, yaitu Rersawalan iiwitayah rBanca 5 Jatisaba, hin g ga Toya reia' (smNetwurklf{ 0-06)

T]A(ilAN TIiI\1AS SE'f D.\ KABLIP..\TEN PURI]ALINGGA

Page 29: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIIIINA$ $[I'DA PURBAIil{OOA

ffiBanyHIFAF-senin, 23 Februari 2015

K Diminta

MEMUTAR UNDIAN: Bupati Sukento memutarurdian.Gebyarii;;;'i;;;ol!oisarslt<an Dirut PD BPR BKK Purbalinssa

Supriyono, Sabtu (21 /2).

Kepercayaan nasabah kepada lemari es' Selain itu juga ada 20 -

lembaqa perbankan mjlik voucer Tamades masing-masing Rp

pemt ai ini.diapresiasi dengan 500'000'

*"rOugikun puluhan hadiih Per Desember 2014, jumlah

,riuioiti mobil, sepeda motor, nasabah Tamades lebih dari

ry [rari es dan tabungan' 70'000 orang dan deposito

"Hadiah utama memang 2'000 orang' Sedangkan

sengaJa ;erneaa dari tahui pPenghimpunan dana dari pihak

i.oirJrinvu. Tujuanya agar ketiga Rp 266'213'082'000'

f,;-a.i'V.lg Oiierit<an tiiak untuk Sementara dari tota[kredit

r.onrrrl'r, letapi dapat untuk Y11e^1i:u]i']i1-sefdsar Ro,

,

menJuf.ungusaha,"jelasnya. 212'803'785'00p'Hinggaakhir

Pada Semarak Undidn Tamades Desember 61 persen terserap

tahun ini, lanjut Supt'iyono, PD untuk pelaku UMKM dan 42

BPR BKK Purbalingga memberikan persen terserap pedagang kecil'

hadiah utama berypa satu unit "Sasaran kita memang

*Jf pi.t up t'litsubisni T 120 SS, masyarakat menengahte

t.rrOiunhadiahkeduaberupabawahyangmempunyziiusahasepeOa motor roda tiga Viar. mikro dan tidak tersentuh

iuO'ut ketiga berupJtiga sepeda oleh perbankan umum' Pada

motor Hondi Supra X 125cc, 2017 nanti, targetnya kredit

hadiah keempat 12 motor Honda terserap 70 persen"'katanya'

r,ri* nauo dan hadiah kelima 12 (sMNetwork/F10/08)

Modifikasi BisnisPURBALINGGA - BuPati

Sukentg Rido MarhaendriantomEMiNtA,PD BPR BKK

Purbalingga terusmengembangkan bisnis sesuai

dengin apa Yang diPerlukan

nasabahnYa.'Agar lebih berkembang,

lakukan modifikasi bisnis. Dalam

hal ini direksi harus tahu deeP

need customer atau keinginanpaling dalam dari kostumer. APa

yang Paling cocok disini, itu Yang

harus difasilitasi," ujar BuPati'

Dia mengatakan hal itu

saat Gebyar Hadiah Tamades

di Bale APong, Sabtu (21l2).Hadiah utama mobil Pick uP

T 120 SS diraih Hermawan

Suswanto, nasabah Kantor Pusat

Operasional.Bupati menambahkan,

jajaran BPR BKK juga harus bisa

melakukan diversifi kasi Produkyang cocok deirgan kebutuhan

customer. Diiringi dengan uPaYa

sindikasi dengan bank-bank.lainsupaya mendaPat,market share'

"BudaYa kerjanYa juga harus, diubah. Bagaimana BPR BKK

bisa menjadi Petarung Yang

tangguh. Bukan Petarung di

red ocean taPi Petarung di ,blueoceani'tambahnYa.

DireKur Utama PD BPR

BKK Purbalingga SuPriYono

mengatakani GebYar Hadiah

Tamades 2015 meruPakan

bentuk penghargaan PD BPR BKK

Purbalingga kePada Para nasabah.

BPR BK

tsAGIAN HTIMAS SETDA IIABLTPATEN PLTRBALINGGA

Page 30: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IITIII{AS $IMA PIIIBAII.IOGA

WBanylJmf,$Senin, 2j Februari 2015

Hia"ffiffi

RAGIAN HUMAS SETDA TIABUPATEN PURBALINGGA

Page 31: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAOINIIUII{A,I-$ITDAPURBIII'IOOI

Sarnltr$:,r;sx- SEN I N PON,23 FEBRUARI 2OI5

Awas! JanganAdaPurrflitan Liar

ffi ffiwpm&ffi ffiwrre€wM Kffirc

tm#mpffiffi#wm ffimmmw Mmr€mffiffi

$S Kami sudah dialog lagi denganpedagang. Rencananya Pada Jumat(2712) besok mereka Pindah semua

dan mulai berjualan di pasarbaru-))

SUMITRO' Kepala Bidang PerdaganganD i n pe ri ndagkop P u rbalin gga

mereka.Kepala Bidang Perdaga-

ngan Dinas PerindustrianPerdagangan dan KoPerasi( Dinperin-dagkop) Purbali-ngga, Sumitro, mengatakan,transaksiiual beli di pasar inimemang belum dimulai. Me-nurutnya, hal ini karena Parapedagang masih me.mP.er-siapkan prasarana iualanmeieka. "kami sudah dialoglagi dengan pedagang. Ren-cananya-pada Jumat (27 /2)besok mereka pindah selnuadan mulai berjualan di Pasarbaru," kata dia.

Selain itu, hasil kesepakat-an lain yakni pedagang lamamembayarlapak Rp 1 iuta Permeter sesuai dengan SK Bu-pati. Selain pedagang lama,

warga sekitar pasar diberiiatah- 15 persen lapak untukberjualan di pasar baru ter-sebut.

Pembangunan pasar inimenelan anggaran ItP 2,5miiiar. Sebesar Rp 1 miliar dianta ranya unhrk ged ung danRp 1,5 mriiar untuk Pem-bebasan tanah. Pasar tersebutdibangun unttik menggantiPasar Gang Panca yang kon-disinya ti<iak lagi iayak danmengganggu arus lalu lintas'Sesuai rencana, sedikitnYa120 pedagarrg cti lasar CangPania yang lokasinya sekitar500 meter dari pasar baruakan dipindah pada Desem-ber lalu."Pemindahan me-merlukan proses," katanYa.([email protected])

penden untuk mengatur oPe-iasional pasar Hartono khu-sus bagi pedagang baru. Iniuntuk mengantisiPasi Pu-ngutan liar, baik oleh oknumin--ternal maupun eksternalvans memanfaatkan situasi.' Bilpati Purbalingga, Su-kento Rido Marhaendriantomengattrkan, Tim Indepen-den akan mengatur pendis-tribusian lapak sesuai ke-tentuan. "Jangan sarnpai adayang nrengambil kesemPat-an. kri sekadal antisiPasi agaryang di Pasar $egamas tidakteriadi," katanya.

Sukento tidak menYebut-kan kapan tim akan dibentuk.Ia hanyfi mengatakan timakan dibentuk.segera. Timterdiri dari berbagai elemenmasyarakat.'Segera. Kalaumemang Jumat besok, kitaakan siap," ujar dia.

Sementara itu, pedaganglama mulai menempati lapakmasing-masing. Namun, Pa-sar Hartono di Jalan Hartono,Kelurahan Purbalingga Lor,I(ecamatan Purbalingga yangselesai dibangun Desemberlalrr, hel um terlihat ramaioieh periagang. Sebagian be-sar masih rterrbenahi lapak

BAGIAN HTIN{AS SETDA KABLiPATEN PURBAI,INGGA

Page 32: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAflAil II[IINA$ $EIDA PIIIBAINOOA

SarnlITFq:")sr"

BNN Rehabilitasi 524 PecanduPURBALINGG& SATELTT-POST-Badan Narkotika Na-sional lBNN) Purbalinggam en ai:ge:!:Lrn itLe rr:habiliia.si524 ir;,11." ;111i.:q-;rria ii:lkr.ihac1ari.r:i:i;-:;ri l;at,rlrpatel yalgrrre,.liadl i" il;ir'.-.Jr Lerjanrja. tniuntuk nlr.rrr,rl:;.i t1i.gc,t n.l-sion.ll rrrr.r'i.h.li.:i:r;si i00 ribupenr-ai;'h,: lr,r,; ; r. : r i. obir.

. f^ep,{a- eit U |r-rrbalingga,AKBP Edi Santosa MSi,'nie-ngatakan, dati 524 orang, 324di antaranya target rawaljalandan 200 sisanyi target rawatinap. Keluarga vang memilikianggt,rt,i pt:;rr ;:l.rirSlna hisairpirr :.,. tir.-,.: t;).irJ 1.rrrgkt'ni rlrl iar r,rk,i, r rnerekomenldasikan ke rurnah sakit didaerah rnasing-masing. "Si-lahkan lapor ke BNN, g"ratis,"kata dia di rrla sela sEminarpetn l:,rcl l_y, i.r rr masyara ka t,Sabh. (?.i /2i.

IlllN iuga teiatr menan-datangani nota kesepakatanbersama Polri, Keiagrrng, dandelapan kelnenteriln rintukmereht'rbi Ii tasi penyalahgrrn.r.Hukr.rman piclina' hanfa di-jatuhkan bagi mereka- y'angterbukti mengedarkan ataumemprrrdtrk.si narkoba. "Ka-lau ada varig tertangkap, dia.ilq;rs1,l,i',.r"it.c : i;rn tCtpadU

untuk memutuskan dia akalldirehab atau dipidana," rriardra.

BIriN juga mengharapkanpeian serta masyarakat iintukikut serta dalarn upava pen-cegahan dan penang#an'kor-ban penyaIalrgr.inaa n narkoba.Dalam seminar vang dihadiriguru dan pelajar. ia meng-harapkan sckolah berinisiatifmenggelar tes narkoba. "BNN

siap membantu, sek<;lah ha-nya pcrlu menyiapkarr tt,s-tcrnva dan mendito sicrvayang dicurigai," kata dia.

Seminar dih-adiri ernnatdari limaSMP yang cliun<l#g.Sebanyak 50 peserta terdiiidari Guru dan penvakilansiswa mernadati aula Balail)esa Kalikabong. S.rsaianselanjLrlnya BNN akar mem-bidik mahasisrr,a. (gan)

]-Xlrlir rtit,tB

,lt&"tg:at

;.g$*J

PEM B I cARA semi nar pem berdaya;'i.,'-'ffi3fllifr.^Jlmenganiisipasi lndonesia darurat narkoba di Aula BaLi DesaKalikabong. Sabtu (2112).

SENIN PON,23 FEBRUARI 2OI5

BAGIAN HLIMAS SETDA KABI.IP{-EN PLIRBALINGGA

Page 33: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN II[iINA$ $[IDA PIIIBAIil{OOA

Sarm-rrF$,r{,,r@

SENINFEBRUARI

PON,201 5

I PN UTIPPN U Harus BergerakLINGGA,SATELTT-

OST-Ikatan Pelajar Nahlatul Uiama (trPNU) dan.

n'Pelaiar Putri Nah-tatul Ulama (iPPNU} Pur-

ingga diharapkan tampiirenjadi solusi merosotnyaroral yang menggerogotienerasi muda. Sebab, di

rbalingga permasalahanrakalan remaja mulai me-

n, mr,llai dari per-

nvalahguiraan narkoba.Hal in: ,Jiur,gkapkrn Br.r-

pa ti lrur:baling,ga, Sirkr,:ntoItidc Marhaendriiinto, saatpei;r:'.il' an pcirJ)urlrc i irNL-/'I PPNU r',:ng oa i u d i g,ed ungNU Furbalingga, Minggu0-2/2). Ia berharap, kedr.raorganisasi tersebut menjadibagian dari solusi perrna-salah kemerosotan morai

generasi muda. "IPNU / IP-PNU itu wadah yang efektifuntuk membentuk moral pe-lajar. Dan NU memiliki dok-trin yang sistirnatis dan tegasuntuk membanEun karaktergenerasi m.ida," katanya.

Ketua IPNU terlantik,Rakhmat Mualim, menga-takan, ke depan ia akan fo-kus pada pembenahan inter-nal. Menurutnya, rantingmembutuhkan penguatanorganisasi agar bisa men-jalankan irr.E;rair i'ilng <1i-

canangkan tingkat r:at,ang."Jlertama ientu mem;:hairt-kan organis;rsi pada silr-rkturdi'rantiag Can cabanq," katadia.

Rakhmat mengatakan, ki-nerja tingkat ranti;rg sangaipenting, di antaranya me-lakukan pencerdasan kepadakaum muda di pedesaan.

)) Ranting membutuhkanpenguatan orEanisasi agar bisa

menjalankan program Yangeiicanangkan tingkat cabang.Pertama tentu memahamkan

lurkan aktivjias pada ke-giatan vang kurang bcrman-faat. ''lbadah sosiai diberiporsi yang proporsional,"katan-ya: (gan)

;auian bebas, trek-trekan dialanan umum, dan pe-

organisasi pada struktur diranting dan cabang.tt

ffiEKHMAT M["6&LIMfi

Kefua |PNU

IPIIL IPPNU, kaia. dia, akanrrrembu\r ruang lrerckspresimelalui aktifitas keruianianc'lan kesenian, sehingga takada r-.erruda yang menya-

BAGI.A.N HT]MAS SETDA KABLIPATEN PURBALINGGA

Page 34: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIUIIA$ $[MA PU[BAIilffiA

Sarmlrr$j ;*r g. $ENIN PON,23 TEBRUARI ?OI5

Bulan Dana Phll Tidak Maks mal

ffi,lfffitrtf*Hffioan lembag; dinrinta ielrihSelcar- menvosia I isasi ka nDutan dara p,\{i. Sthab, da_Iam penyt,lenggaraar BuiarIJana.pl\{[ t.r_hun 2lti4, hasrl_nya.dtrasa belum maksimat.yf,1.grl.T, perrda pa ran Rp9!f,o juta hanr a teriapai Rp518,4 juta (85,71,:"1.

.- Sekretaris peirgurus pMln.lnupaten pLrrb,rlingga I IMrcnr\ar nreng,riakal, ivakfuuntut< pelaksanaan bulart cia_

1a,PMI it,rlalu singkar akibat[er!amL]a ht],d iz in opcr:asionalcan sur.t{ Lepuhrsju Lepani_oi*,yTg baru diier.ima pa_nrtra bulan Agustus. padahalwakfu operasjonal bular d.r_na PM I btrlan ju I i_september.

"Tingkat kesadaran pe_nlrumbang juga lrelum mak-srmal, sehingga diperlukansoslatrsasi i.ang lcbih gencartemtama unruk $5413]1 ps1_usah(tan ramb;_rt dan bulumata palsq,, katanva.. llasil bulan dani pMI se-besar ltp 5lB,_i iuta diserah-i<ar rrieh Paniii;r Bu14 Danaf'MI 20 I -l r arg cj iketuai i)a-n_d,rr.,.0702 P wb.il rrgga i .etko Irru Agusilflus Silraga kepadatrupati Sukento liido jvlar_haendrianto. Sctelah dilLr_rarigi bia1.a t,perasional sebe_sar I U persen, kem Ud iar d jse_rahkan kepada (i-,tua pMi>uyrtu:ro, ul hi k keg ia tal l.angorselenggarakan oleh p.Ml. "

.Brrpah Sukento, memerin_tahkan SKpD re:"krit rrntuk

menggenca rkan sosia lisasi.Ltra minta sosialisasi suda[rbrsa dilaksanakan seiak se_Ka,rang meski l<epanitiaanD.ellrm terben fu k. .,Sa,ra

rni nial9pata Uuras KesehatarL Lrn-ttrk mulai melakukan scsia_11 asr tepada organisasi pro_f.r_l_d,_ ba rt.a h pembi naanuKK. Seperti lkata;l i)oktcrtndonesia, persafu an Dokfert rgi lndonesia, Ikatan Sarjanafarmasi i_ndonesia, pIrNJ. IBIctan lainnya, " katanva.

, ^ _9rg1 i*rl pr ufesr la i,lr "va,tanlLrt Bupatr, >fpvrti Dal.,:notaris d.an dunia perba,JrkanJUgt hatus rnenLJapat :O\ia_Itsast. JermJSLrk p,rr.r p\S,reralgkat desa ;aiara.n TN lZr'01fl oan kalalgar) per usalra_an. (gus)

ireisii.lwrI

i :::ji:::ma hasitbutan dana pMttahun 2014 dioo",ji,'J,jI F{oom Graha Adiguna, kemarin.I

BAGI.{N HU}'{AS SETDA KABL]PATEN PURBALINGGA

Page 35: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

BAGIN U[]ltA$ $[IDA PIIIBAINGOAl

?B'ffi&Sr&S#[B? I senin pon,23 Febr:uari2015

BPR/BKK PerluModifikasi BisnisPURBALINGGA - Bupati Sukento Rido Marhaendriantomeminta PD BPR BKK Purbalingga terus mengem-

bangkan bisnis sesuai dengan aPa yang diperlukannasibahnya, Hal ini disampiikan Bupatl saat acara Se-

marak Utldiu.l Tamades 2015 di Hall Bale Apoeng, Bo-

ionesari, Sabtul21/2).' iAgur lebih berkembang, lakukan modifikasi bisnis'

Dalari hal ini direksi harus tahu deep need customu atatt

keinginan paling dalam dari pelanggan. Apa yang paling.o.of dititti, itu"yang harus difasilitasi," ujar Sukento usai

melakukan pengunEian hadiah utama Tamades bqypasatu unit *oU !i.t up Mitsubishi T 120 SS, yang^dime-

nangkan nasabat'r gpngKK cabang Kantor Pusat Ope-ra-

sionil atas nama Hermawan Suswanto warga jalan

Letna n Achmadi, Purbalingga.Selain modifikasi bisnii, iaiaran PD BPR BKK juga

harus bisa melakukan diveriifikasi produk yang cocok

dengan kebutuhan costumer. Diiring! dengan upayasind"ikasi dengan bank-bank lain supaya m endap at market

shnre.Direktur PD BPR/BKK Purbalingga, Supriyono me-

ngatakan, Semarak Undian Tamades 2015 merupakanbEntuk kepedulian kepada para nasabah. Kepercayaannasabah dan masyarai<at Purbalingga kepada lembaga

perbankan milik i'emkab ini dibalas oieh BKK dengan

membagikan puluhan hadiah. ffi ST-CI

SERAIII(AN KLINCIT Bttpati Sukento KM menyerahknn

kunci mobit pick up Mitsrbishi T120SS kepada -direksi

Ca-

bang Kantor Pusai Operasional dalsm ptengundian hadiah

Taitades BPR BKk Purbalingga, Sabtu (2112). ffiFoto: foko Santoso

Page 36: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

rrT rrr_llTft r tTll\T rI\IJlI-!j!i_r nilEUIfL

mffifi{[t[rA$ffiDAnllrumm

D A ATAAI LiTN'A A AT,m A T AETIbA'InT DIIDD AT INTT:I:A

Page 37: Kliping Berita Tanggal 23 Februari 2015

KLIPNGMEDIABAOIAI{ II[I[{A$ SMA PIIIBAINOOA

'KEDAULATAN RAKYAT"

SENIN PON23FEBRUARI 2015(4 JUMADTLAV\IAL 1948)

PURBALINGGA.(KR) - Dalam usia-nya yang ke tujuh tahun, Partai GerakanIndonesia Raya (Gerindra) akan tetapmemberikan kontribusi nyata dalampembangunan, baik di tingkat nasionalmaupun di daerah. Gerindra juga akantetap menciptakan suasana kondusif dantidak akan terpengaruh isu di tingkat na-sional dan di daerah-

"Gerindra tetap akan mengantarkansiapa pun pemimpinnya dan akan temsmengawal program unhrk kesejahteraanrakyat," tutur Ketua Dewan PimpinanCabang (DPC) Partai Gerakan IndonesiaRaya (Gerindra) Purbalingga, ImamPurseto SSos, pada acara PeringatanHUT ke-7 Partai Gerindra di GedungOlahraga (GOR) Mahesa Jenar Purba-lirggu, Sabtu (2U2) malam.

Imam menyebutkan, HUT Partai Ge-rindra merupakan momentum bersy'u-kur karena pada Pemilu 2014 partainyaberhasil meraih enam kursi di DPRDPurbalingga. Keberhasilan itu karena du-kungan masyarakat.

"Ternyata perjuangan kami tidak sia-sia. keberhasilan ini menjadi bermaknakarena merupakan usaha jajaran partaimulai dari akar mmput hingga pimpin-an. Selain itu, tanpa adanya dukungandari semua pihak termasuk elemen ma-syarakat, mulai dari relawan simpatisanserta pemilih yang ada di Purbalinggamustahil enam kursi dapat diraih,"ujarnya.

Dalam berdemokrasi sambung Imam,berbeda pendapat mempakan hal yangwajar dan karenanya perbedaan pilihan

juga harus selalu dihormati. Terlebih da-lam menghadapi Pilkada 2015 di Purba-lingga semua d.imiirta untuk menyikapi-nya dengan cara yang bijaksana.

"Dalam menghadapi Pilkada 2015mendatang kita harus menyikapinya de-nganlrrcal wisdam (kearifan lokall. Kalaukita bisa bersatu mengapa tidak? Mari ki.ta bersama-sama mencari putra-putriterbaik unhrh menjadi memimpin Purba-lingga. Ingat, Purbalingga tidak hanyamilik Gedn&a saja, tapi kepentingan se-mua masyarakat,i ujarnya.

Imam berharap rakyat bisa melupakanfoiksi-friksi (gesekan) atau hal yang sifat-nya negatif di dunia politik. Tbrlebih lagidalam pilkada, hal tersebut untuk me-nyongsong Purbalingga ke depan yanglebihbaik. (Rus)-k

BAGL,\N HLrhl,{S SETD:\ KABLI P A f EN PLTRBALIN GG.\