Top Banner
KTIPINGMEDIA BAOIN IIUI}{A$ $[IDA PIJRBAINGOA $IIAftS IMHMMHKfl RABU, 4 MARET 201 5 DPRD Minta Pilkades Serentak SegeraDigelar PURBALINGGA - DPRD Purbalingga meminta agar Pem- kab segera menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Paling tidak pesta demokrasi masyarakat desa itu digelar pada Juni sebelum Ramadan. Ketua Komisi I DPRD Puba- lingga Sugimin, Selasa (3/3); mengemukakan, beberapa wak- tu lalu pihaknya sudah berkonsul- tasi ke Direktorat Jenderal (Dir;en) Bina Pemerintahan Desa Kemen- terian Dalam Negeri (Kemdagri). Ternyata di sana sudah ada Permendagri Nomor 112 Tahun 2014tentang Pilkades. "Karena Permendagri sudah ada, tinggal turunan perda di tingkat daerah. Raperda pilkades sudah kami pegang. Setelah LKPJ AMJ (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan-Red) Bupati selesai, kami akan fokus membahasnya. April kami usahakan selesai. Setelah itu tinggal Pemkab bisa melaksanakan pilkades, Juni paling tidak, " papamya. Pelaksanaan pada Juni dinilai paling ideal, karena digeleir sebelum Ramadan. Jika dilak. sanakan pada Agustus setelah Lebaran, tidak pas karena Pem- kab konsentrasi pada persiapan pilkada yang akan digelar pada Desember. Dan, jika dilaksa- nakan pascapilkada atau 20'!6, dinilai terlalu lama karena banyak jabatan kepala desa yang kosong atau dipegang oleh pejabat sementara (pjs). Rp570Juta Sementiara itu, anggota Komi- si I DPRD Purbalingga Endar Yanto mengemukakan, dalam Permendagri itu disebutkan, pen- danaan Pilkades dibebankan pada APBD. Jika pilkades serentak mendatang, diperki- rakan akan menghabiskan Rp 570 juta dengan asumsi tiap desa mendapat alokasi Rp 30 juta. "Meskipun APBD sudah dike- tok palu, Pemkab bisa menggu- nakan dana cadangan terlebih dahulu. Kemudian anggaran itu bisa dimasukkan ke dalam APBD perubahan,"katanya. Kepala Bagian Tata Peme- rintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) Purbalingga lmam Hadi menekankan, secara prinsip pihaknya masih menung- gu aturan yang jelas mulai dari perda dan perbup yang mengatur pelaksanaan pilkades serentak tersebut. "Kalau aturan itu sudah ada, tinggal ranah kebijakan pimpinan nanti seperti apa. Kalau diminta untuk melaksanakan, kami siap. Karena persiapannya banyak, tidak hanya aturan saja, juga menyangkut pendanaan dan lain- lain. T. 't untuk saat ini kamitidak ingin g rasa- grusu, " tegasnya. (H82-54 1 2 3 4 5 6 7 8 I 10 11 12 13 14 15 16 17 18 '19 Gambarsari Bukateja Langgar Gumiwang Selanegara Slinga Penolih Babakan Karangreja Pengalusan Tlahab Kidut Karanganyar Jambudesa Baleraksa ,Bantarbarang Gemuruh Tumanggal Danasari Karangjambu BAGIAN HUN{AS SETDA KABUP.A.TEN PURBALINGGA
50

Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

Apr 08, 2016

Download

Documents

humas

 
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIUI}{A$ $[IDA PIJRBAINGOA

$IIAftS IMHMMHKfl

RABU, 4 MARET 201 5

DPRD Minta Pilkades SerentakSegeraDigelar

PURBALINGGA - DPRDPurbalingga meminta agar Pem-kab segera menggelar pemilihankepala desa (pilkades) serentak.Paling tidak pesta demokrasimasyarakat desa itu digelar padaJuni sebelum Ramadan.

Ketua Komisi I DPRD Puba-lingga Sugimin, Selasa (3/3);mengemukakan, beberapa wak-tu lalu pihaknya sudah berkonsul-tasi ke Direktorat Jenderal (Dir;en)Bina Pemerintahan Desa Kemen-terian Dalam Negeri (Kemdagri).Ternyata di sana sudah adaPermendagri Nomor 112 Tahun2014tentang Pilkades.

"Karena Permendagri sudahada, tinggal turunan perda ditingkat daerah. Raperda pilkadessudah kami pegang. SetelahLKPJ AMJ (Laporan KeteranganPertanggungjawaban Akhir MasaJabatan-Red) Bupati selesai,kami akan fokus membahasnya.April kami usahakan selesai.

Setelah itu tinggal Pemkab bisamelaksanakan pilkades, Junipaling tidak, " papamya.

Pelaksanaan pada Juni dinilaipaling ideal, karena digeleirsebelum Ramadan. Jika dilak.sanakan pada Agustus setelahLebaran, tidak pas karena Pem-kab konsentrasi pada persiapanpilkada yang akan digelar padaDesember. Dan, jika dilaksa-nakan pascapilkada atau 20'!6,dinilai terlalu lama karena banyakjabatan kepala desa yang kosongatau dipegang oleh pejabatsementara (pjs).

Rp570JutaSementiara itu, anggota Komi-

si I DPRD Purbalingga EndarYanto mengemukakan, dalamPermendagri itu disebutkan, pen-danaan Pilkades dibebankanpada APBD. Jika pilkadesserentak mendatang, diperki-rakan akan menghabiskan Rp570 juta dengan asumsi tiap desa

mendapat alokasi Rp 30 juta."Meskipun APBD sudah dike-

tok palu, Pemkab bisa menggu-nakan dana cadangan terlebihdahulu. Kemudian anggaran itubisa dimasukkan ke dalam APBDperubahan,"katanya.

Kepala Bagian Tata Peme-rintahan (Tapem) SekretariatDaerah (Setda) Purbalinggalmam Hadi menekankan, secaraprinsip pihaknya masih menung-gu aturan yang jelas mulai dariperda dan perbup yang mengaturpelaksanaan pilkades serentaktersebut.

"Kalau aturan itu sudah ada,tinggal ranah kebijakan pimpinannanti seperti apa. Kalau dimintauntuk melaksanakan, kami siap.Karena persiapannya banyak,tidak hanya aturan saja, jugamenyangkut pendanaan dan lain-lain. T. 't untuk saat ini kamitidakingin g rasa- grusu, " tegasnya.(H82-54

1

2345678I

10

11

12

131415161718

'19

Gambarsari

BukatejaLanggarGumiwangSelanegaraSlingaPenolihBabakanKarangrejaPengalusanTlahab KidutKaranganyarJambudesaBaleraksa,BantarbarangGemuruhTumanggalDanasariKarangjambu

BAGIAN HUN{AS SETDA KABUP.A.TEN PURBALINGGA

Page 2: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

I.ir

rr*iiri*.s,

RABU,4 MAREI2O15

Polisi JemputKorban Kecelakaan

PURBALINGGA-UnitKecelakaan Satuan LaluLintas (Satlantas) PolresPurbalingga membuat tero-bosan pelayanan prima deng-an menjemput korban kece-lakaan dari rumah sakit tem-pat di rawat dan mengantar-nyasampaikerumah.

Terakhil, polisi menjem-put Supriati Sri Falyati (48)yang akan pulang dari RSNirmala" Sabtu (2812). Supri-ati merupakan korban kece-lakaan yang te{adi di perem-patan Tobong, Desa Candi-wulan, Kecamatan Kutasari,24Februai lalu. Dia dirawatdi rumah sakit selama empathari karena menderita lukapada kepala dan retak padabahu kanan dan paha kakikanan-

Kepala Unit KecelakaanSalantas Polres PurbalinggaInspektur Satu Aan Hariya-wan kepada Suara Merdeka,Senin (2/3), mengemukakan,pelayanan prima itu meru-pakan tercbosan baru unitrya-Tujuannya, untuk membantumasyarakat terutama yang

kurang mampu serta lebihmendekatkan polisi kepadamasyarakat.

Terobosan"Ini tidak hanya dilaku-

kan sekaii, tetapi akan seterus-nya Masyarakat yang menja-di korban kecelakaan yangmerxulg membutuhkan akankami jemput dari rumah sakitdan kami antar sampai rumahkorban tarpa dipungut biayasepeserpun,"papamya-

Kepala Satlantas PolresPurbalingga Ajun KomisarisSudarsono mengatakan, terobosan itu juga menjadi saranauntuk mengedukasi kepadamasyarakat agar lebih mem-perhatikan keselarnatan wak-tu berkendara untuk mengu-rangi risiko jika terjadi kece-lakaan.

Sementara itu. Supraptimenuturkan, tidak menyang-kapolisi mau menjemput danmengantarnya sampai kerumah. Dia berharap, agarkegiatan semecam itu dapatterus dilakukan guna mem-bantu masyarakat umum.(H82-s7)

JEMPUT KORBAN : Anggota Unit KecelaknanSatlantas Polres Purbalingga meniemput dan me-ngantar korban kecelalwan dari RS Nirmnla Pur-balingga, Jumat (2812).f SZ1

Page 3: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

KLIPING MEDIAI \fiiAl{ }{IJilA$.$UfDA P{IRBIIITO$A

RABU, 4 MARET2O1 5

DitemukanKEMANGKON - Setelah pencarian selama dua hari

akhirnya, Senin (2/3) petang,.Tim SAR Gabungan menemukanjasdd Suhar (35), warga RT 6 RW 2, Desa Majatengah, KecamatanKemangkon yang hanyur di Sungai Serayu puAu SuUt, (2g12) lalu.

Koordinator fapangan (Korlap) SAR purbalingga Wahyudi,Selasa 6/3), mengemukakan, korban ditemukan daliikonaisi tatbernyawa settiar'puhul 19.00 s.ekitar 500 meter ke'Eelatau darilokasi hanyut. Mayat korban ditgnlukan mengapung di tepi sungai.

"Sebenarnya pencarian kemarin direncanakan lebih luas hing-gakeBendung Gerak Seralu di Patikraja, Banyumas atau sekitir25 kilorUeter dari lokasi kejadian:

Setiab pada pencarian hari pertama. kami menyisir hinggaDesa./K€camatan Kaliori. Banyumas. tapi tak membuahkan hasil.Ternyata di pencarian terakhir, korban ditemukan takjauh darilokasi," paparnya.

Kepala Polsek Kemangkon Ajun Komisaris Suprihati_n menga-taka*, setelah korban dievakuaii dan divisum oleh tim med"is,kemudian diserahkan ke'pihakkeluarga unruk dimakamkan di per-makaman desa setempat pada keesokan harinya. (HgL57)

Page 4: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

KTIPING MEDIAF {ff I,U{ III]ilI$ $HIDfr PtIRBiI,AffiffT

SUIMTIilENDHTMRAB|J,4 MARET 2015

'Pe-nfl dikanlBerkembanPURBALINGGA- Kepala

Satuan Reserse dan Kriminal(Satreskrim) Polres PurbalinggaAjun Komisaris Djunaidi menge-mukakan, proses penyidikan ter-hadap dugaan pemalsuan ijazahyang dilakukan oleh Kadus IIIDesa B anjarkerta, KecamatanKaranganyar Sugeng Riyadimasih berlangsung. Bahkanpihaknya . mengembangkankasus ini untuk mencari apakah

ada keterlibatan pihak lain atau

tidak.

"Panitia seleksi perangkatdesa dankepala desa juga kamimintai keterangan. Soal adanyaketerlibatan mereka atau tidak,kami masih melakukan pengem-bangan," ujamya, Selasa (3/3)kepadawartawan.

Menurutnya, terkait denganpenyidikan ijazah palsu, anggo-tanya sudah melakukan penyi-

dikan mendalarn Bahkan penyi-dik sudah datang ke sekolah tem-pat mengelr.rarkan ijazah itu,SMA Dewi Sartika Jakarta Sela-

tan untuk mencari kebenarankeasliannya.

Seperti diberitakan, SugengRiyadi dilaporkan calon kaduslain Makhyati pada 2 Febuari laluke Polres Purbalingga Pasalnya,

dia diduga menggunakan ijazahpalsu saat mendaftarkan dirisebagai Kadus III Desa Bajar-kertaSudahTersangka

Dari bukti yang dikumpulkanMakhyati menyebutkan, Yay a-

san Pedidikan Umum DewiSartika SMA Dewi Sartika yangberalamat di lAan Tebet BaratDalam Nomor 39-4I JakartaSelatan menyebutkan, daripenelusuran nomor induk siswa"

Sugeng Riyadi tidak pemah men-

jadi siswa di sekolah itu.Dalam ijazah tertulis, Sugeng

lulus pada 1993 dengan tandatangan Kepala Sekolah hMamanDarusman. Pada kenyataarurya,kepala sekolah saat itu adalah DrsSri Wahjono. Selain kejanggalantersebut, tanda tangan kepalasekolah yang digunakan padaijazah Sugeng Riyadi adalahtanda tangan k Edi Pumama MMyang menjabat kepala sekolahSMA Dewi Safiika sekarang.

Sugeng Riyadi juga sudahditetapkan sebagai tersangka.Polisi menjeratoiya dengan Pasal

69 ayat 1 UU Nomor 20 Thhun2003 tentang Sistem PendidikanNasional (Sisdiknas).j o P asal 263ayat 1 dan 2 KUHP tentangpemalsuan dokumen dan peng-gunaan surat palsu. Adapun anca-

man hukumannya lima tahunpenjara G182-51)

Page 5: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

Bl0 IAr{l!!HA! $rTD{ P{mqlliil0$fr

suAne mHmmffiffieRABU, 4 MARET2O15

MANTAN pemaindan pelatih persi-bangga saat masihbernama Persap pur-balingga, BambangSukendro, kemarin,meminta kepada ja-laran manajemen pTPersibangga Spor-tama untuk mengembalikanmandat kepada masyarakat.

"Persibangga adalah milik

masyarakat: Jadi,klub ini harus dibe-rahkan kembalike-pada masyarakatagar masyarakatlebih merniliki rasamemilikiklub. Sayarasa dengan lang-kah itu masalah

yang ada bisa teratasi,,, jelas-nya.

(Bercambu,ng htm 22 kot S)

+fu$ana!*rn:en"...

iSaiubunger; hlm 2i)

ilia juga ;",ien:inta kepada, iajaranmanaj+n-:en PT Per"sibanqq;r,Sportarna, selaku pemilik saharnut*rn* ir.i.rii, uniu[< bei'ani mernub-litlsixer: irip*i"&r1 keuangan selamebeLrerapa musim terakhir. " lni penting;

uniuk mengembalikan kepercayar;nmasyarakat kepada klub," kaianya.

Terkait dana untuk operasic;nalklub pada musirn kcmpetisi ini"

tsambang meminta kepada PT

Fersibar:gga Sportama untukmengamhlii iangkah nyata. "Seiamaini terlihat manajemen terkesan cucitangan. lvlanajemen seperli lari daritanggung jawab terhadap persoalankeuangan klub, " imbuhnya.

Dia melihat sosok yang palingbertanggung jawab terhada;,.masalah yanE terjadi i-:.;i-:;:

P+r:ibangge raat it .i ar1alah komis*n-+i' iian CLO 3-l Persii:anggaSp,-:ita;"n*. iieCuanyii adalah nrctorutairia klub untuk tre;-icari dan men-geloia dana.

I'ir :,:enqunukaui,an. manajcn'rr'::PT Fersibangga Sportama haiuskerja i<+i'as merreari dana uniukoperasional kluL'. Sebab, untukmengikuti kompe"iisi Persibanggamembutuhkan dana mininrral Rp 1

rniliar.'"Sejumlah dana tersebutmenurut saya jugaiauh dari kata ideal.

Dana tersebr"rt hanya cukup untukse!<eciar berpartisipasi, bukan i"neraih

p"estasi." betrernya.Adapun untuk mencari prestasi,

Persibangga mem'butuhkan danasekitar Rp 5 miliar untuls eatu musimkompetisi. " Kii'lu untuk :'r,,r;rdarberpartis ! r;,: r,,, inerrl: rut SB|3. r:;: "r,

: ;.

€tfiz:', ::.u::. nta yang te!=i i-j;aij!i'

S+i -..:r r,; , r,3il menghgbi,;',.;,-, u:r.,

clli: ;:*ngc;i:ranan yanc tidel< ;i*;i:jitii,'! ,;;"i[.;+r:.:f-":ri," ""- :,

Page 6: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

KLIPING MEDIABA0t tlt }IIJUt$..$gfDA PtltBfiffil0$t

RABU, 4 MARET 201 5

Selamatkan

PersibanggaPURBALINGGA - Nasib Persibangga

Purbalingga di ujung tanduk. Ketikadaan dana

membuat klub itu terancam tidakdapat

mengikutikompetisi liga Divisi Utama musim ini.

Tahun itu pun satuper satu pemai,n mulaimeninggalkan tim,temasuk pemain lokalbinaan Persibangga.Merekamemilihheng-kan-s ke tim lain de-ngan status yang lebih

jelas.

Pemain yang sudah resmihengkang di antaranya adalah

Galih "Londo" Tri Handoko

:r:vs Persibas Banyumas (0-2)

uvs PSIM Magelang (1-1) (7-6 Pen)

vs PSCS Cilacap (2-1)

dan Kosim yang memilih ber-gabung ke Persip Pekalongan.Rizki "O2il" Yulian kembali ketim lamanya PSIS Semarang.Penjaga gawang Suchaimin.Rizky Setiawan. dan InggitPrayitno bergabung denganPSCS Cilacap.

Manajer Teknik Persibang-ga, Martoyo, kemarin, men-gatakan tidak bisa menghalan-gi kepergian pemain-pemaintersebut. termasuk pemain asliPurbalingga. Nasannya, hing-ga saat ini pihaknya masih be-

1um memiliki dana untukmen-gonrak dan menggaji pemain.

"Saat ini di tim Persibanggasebagian besm wajah baru yang

direkrut dari Persibangga Juniorserta beberapa pilar musim laluyang tidak mungkin pindah tim,

karena terkendala sekolah danpekerj aan. Sisanya pemain muda

dari Cilacap yang dibawa olehpelatih sementara Alif Imam,"katanya.

TransparanDi sisi lain, Martoyo me-

minta kepada manajemenuntuk trasparan dalam penggu-naan dana selama satu musimlalu. Sebab, selama ini pengu-

rus dinilai tidak pernah tahupenggunaan dananya. Diakui,keuangan tim-tim peserta ligadi bawah naungan LPIS me-mang bermasalah.

( B e rsambung hlm 22 kol 3 )

Krisis keuangan dialami Laskar JenderalSoedirman itu sejakkompetisi Divisi Uta-ma tahun lalu berakhir.Manajemen tidakmampu membayiir gajipara pemain. Ironis,beberapa pemain sampai me-minta-minta sumbangan diperempatan karena tidak dapatmudikLebaran.

q. " r '..', i, ," ,::..{ii :,'_ _," ;,",r., &A,#**r*...t.'-: .1.

,o,r=,:.--, - i*irr,.' -f.bNama : Persatuan Sepak Bola lndonesiaPu rbalingga (Persibangga)Julukan : Laskar Jenderal SoedirmanStadion : Goentoer Darjono,Purbalingga (Kapasitas: 1 5.000)SuP3rter : Braling Mania

Musim 2010-2011, Juara Divisi ll Liga IndonesiaMusim 2011-2012, Runner Up Divisi I Liga lndonesiaMusim 2012-2013, Peringkat 6 Grup 2 Divisi Utama LPISMusim 2013-2014, Peringkat 4 Grup 3 Divisi Utama LigalndonesiaRunner Up Bupati Cilacap Cup 20 15

ffiffi,iffi

ffi

W

avs Persip Pekalongan (0-0)

xvs Persijap Jepara ( 1-1 )

rvs Persip Pekalongan (0-2)

Sumbor: Persibilgga

Page 7: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

Selamatkan...

(Sambungan hlm 2l )

. tapi paling tidak transparan-si penggunaan anggaran harusdiungkapkan.'tBahlcan bebera..pa kali pertandingan,saat ligamasih berlangsung mrsim lahr,

, manajemen seolah lepas tan-gan. Saya harus memutar otakbagaimana agar. anak-anak bis a

-bertanding," katanya.CEO IrJ Persibangga Spor-

tama, Rokhman Supriyadi,men gat{4q l4lEr-sa1u n,va ialan

.rilhr untuk mengatasi krisisfinansial adalah menjualPersibarrgga ke pihak lain yangrnemiliki dana besar denganprioritas investor itu adalahorang Purbalingga.

"Padahal jika d i.jual dananl'abisa untuk rnembayar perrain.rrengikuti kompetisi benkut-nya dan keperluan lain.".kata-nya.

Namun, menurutnva. pe-mangku kebijakan di Purba-lingga meminta a-sar Persi-bangga tidak dijual. "Kalau ti-dak boleh dijual kami menung-gu solrr:inya seperti apa."katanya.

Koirisoner PT Fersrbangga

Sportama, Tascli, mengakui hasil. Padahal, dana hasil pen-hingga saat ini pihaknya masihbelum memiliki dana untukmengikuti kompetisi DivisiUtama musim ini. Sejak musimlalu tak ada satu pun donaturatau Iponsor'yang berminatikut membiayai Persibangga.

"Dana yang didapat untukmembiayai tirn musim lalu jugaberasal dari hasilpatungan pen-gurus,dan bantuan dari PSSI;serta hasil penjualan tiket per-tandingan kandan g. JunrJahnyamasih belum ideal," katanya.

jualan akan digunakan untukmenutup utang-utang musimlalu' Tasdi juga mengakuimasih memiliki masalah tung'.gakan gaji pemain musirnlalu",

"Anggaran untuk mengikutikompetisi Divisi Utarna musimlalu adalah Rp 1.2 miliar.Tahun lalu kamr hanya punyadana Rp 400 juta, jadi masihbelum bisa membayaq gajipemain. Karena manajemenlebih fokus untuk operasionaltim guna mengikuti kompetisi

nbbArygoia -hinggaakhir{elasuya-Karena itu, Tasdi berencana

akan berkomunikasi denganjajaran manajemen PT Persi-tiangga Sportama dan klubanggota Pengcab PSSI Pur-baliugga selatr<u pemilik saham.Serta pela.ku sepak bola di Prr-balingga untuk dtrduk bersa:ramembaha-s krisis keuangan.

"Kami berharap ada donaturyang mau membantu keuanganagar bisa mengikuti kornpetisi.Melihat kondisi \aat ini sayaberharap masyarakat tergerakuntLrk ikut membantu," katanya.

Seiain itri. rencana PTPersiban-ega Sportama untrikmenjual tim kepada p|hak keti-ga temyata tak rrlembuahkan

Pihaknya menurut Tasdijuga tidak berpangku tanganatas tunggakan gaji pernrinmusim lalu. seha[r sirclaliberusaha nraksimal unti-rk men-cari dana rermasuk nienjualklub, tapi tak rnembuahkanhasil. Jadi tunggakan gaji hing-ga saat ini belum torbayarkan.

"Saya meminta kepada klub-klub anggota selaku pemilikklub bisa ikut her-parl isipasimenl'elamatkan Persibanggii.Termasuk juga pelaku sepakbola di Purbalingga. Flrtisiprrsimereka termasuk rnasyarakatsangat dibuiuhtrian. Musim laludengan dzura sedikit, kamr bisarnenyelesaikan kompetisi dan

*

Page 8: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

kepada Persibaogg4" irnbuh-.,ilY8L, : .'' , Dia meuainbahkarr, sebe'

ramya pihaknya sudah nreng-agpqdakan penggalangan dasa.tahap kedua saat pertan{inganuji' coba melawan PersijapJepara. Namun, karena per.tandingan uji coba pramusimitu ditunda niaka penggal angangegal.

"Sebetulnya sudah terkon-sep dengan bait" Karni p-rcrrar-

getkan dana yang besar daripenggalanganr daria tahap

+

Page 9: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

cGE

!o(!ccc6E

a

I\

c.lI

a\

U)

r3Ji,.]

TI{04

"J!

>4

Lt

4qJ

-\

e

\\lr3ci]U

\r)\

ijb4h^E*hu.

.=\

q".:..\CAS

ts3!q:i\s>\}Pr+^

:pN'

\is

Page 10: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

KLIPINGIUEDIA

BAGIA}{ IIIJINA$ $UI'DA PI]RBAINOOA

RABU, 4 MARET2O15

Datangl I|PRIIft

E

+ Tuntut Kasi.:* tjazah Paisu DiungkapTuntasran, Pemkab tidak bisa langsung

memberi hukuman kepadaperangkat desa tersebut tanPa

dasarhukumyangkuat" Selama proses penyidikan

di polisi, dia bisa dihentikansementara hingga enam bulan.Jika sampai batas waktu kasus itubelum selesai, penghentiansementara bisa diperpanjanghingga dua kali lagi dengan jang-

ka waktu masing-masing enam

bulan,atau total I8 bulan. Namunjika dalam enam bulan Pertamasudah ada putusan, bisa diberhen-

tikanbtap,"papamyaTerkait den gan keterlibatan

pihak-pihak lain, Imam mene-

kankan, maslarakat dimintamengikuti perllembangan kasus

itu. Bisa saja proses penyidikandiperluas untuk mencari keterli-batanpihaklain.

Setelah beraudiensi selama

tigajamdan mendapatpenjelasandari pihak-pihak terkait, wargakemudian me[nbubarkan diri.(H82-57)

PURBALINGGA- Belasan warga Desa

Banjarkerta, Kecamatan Karanganyar

mendatangi DPRD Purbalingga, Selasa (3/3).

Mereka menuntut agar kasus

dugaan pemalsuan ijazah olehKadus Itr Slamet Riyadi ditun-taskan hingga ke akar-akamya-

Koordinator aksi Seno Sudi-

ro mengemukakan, warga me-nginginkan agar pihak-pihakterkait dalam seleksi perangkatdesajuga diusut, yaknipaniti a dan

ke.pala desa- Sebab, menurupyamereka diduga sudah mengetahuijika ijazah yang digunakan olehSlamet Riyadi tersebut palsu.

"Masyarakat sudah tahubahwa Slamet itu hanya tamatSMP. Tapi kenapa dia bisa ikutseleksi perangkat desa dan lolos,bahkan sampai dilantik Adaper-mainan,apa di balik itu? Kamiingin agar kasus ini diungkap

sampai tuntas, " tegasnya-

Ketua Komisi I DPRD Pur-

balingga Sugimin mengemuka-

kan, kasus ijazah palsu tersebut

saat ini sedang ditangani polisi.Karena itu, masyarakat dimintamenunggu proses hukum hingga

selesai.

DasarHukum" Karni juga mendukung agar

kasus ini bisa tuntas sampai keakar-akamya- Siapa yang terlibat

di dalamnya hmus diproses sesuai

dengan ketentuan, " tandasnYa.

Senada Kepala Bagian Thta

Pemerintahan (Tapem) Selaeta-riat Daerah (Setda) PurbalinggaImam Hadi meminta masyarakatmenunggu hingga proses hukumselesai. Sebab sesuai dengan atu-

BAGI,{T\J HUMAS SETDA KABUPATEN PL]RBALINGGA

Page 11: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

t

Page 12: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

:'l,lPnff{i tuimlliii

SUANA TTIERDEKA

RABU,4 MARET 2015

PemakaiNarkobaButuh Pertolongan

PADAMARA - pemakai narkoba sebenarnya membutuhkanpertolongan orang lain. Sebab. mereka mengalami gangguan fungsiotak akibat mengonsumsi barang haram itu.

,'.NgtgUamenyebabkanpemakainya menderitapenyakit otakkronis_ dan kambuhan yang menyebabkan ganggu* p;hkr,.. r:*Kepala Seksi Pencegahan pada Badan tria"rkotika NasionalKabupaten (BNNK) Kuswono.

Dia mengemukakan hal itu saat sosialisasi pola Hidup SehatMenghindari Narkoba dl SMp 1 padamara, Selasa (3/3). Kegiatanyang diikuti 50 siswa ini dibuka oleh Kepala SMp Sutrisno.

Kuswono mengemukakan, opuyu p"ourganannya melalui pros_es rehabilitasi secma menyeluruh dan berkelanjutan fringga puffr.Dia menandaskan, mengucilkan pemakai narkoba tidak-rienyele_saikan masalah.

. "findakan memenjarakan pecandu tanpa mendapat layananrehabilitasi medis dan sosial mengakibatkan mereka masih *"ngr_langi perbuatannya karena penyakitnya belum pulih,,, futumya.Situasional

Dengan demikian, tidak terjadi efek jera. pecandu yang mela_porkan diri untuk mendapatrehabilitasi dari BNNK bila tertLgkappolisi maka tidak dipidana penjara.

_ "Tahap pemakaian narkoba ada beberapa. Diawali dengan

coba-coba karena ditawari atau dipaksa o.*g luir,. I-uf, aipituisaat berkumpul dengan teman sebaya,,, paparnla.

.. Kemudian berlinjut menjadi pengguna-situasional, yakni9ip,*li saat pelampiasan depresif

""-ir, dan kecewa. ffut iniberlanjut de.ngan penggunaim berulang yang berakhirdengan keter_gantungan."Apa yang harus dilakukan jikiada teman atiu keluar_gu yTC menjadi pemakai narkoba? Segeralah melapor ke BNNKPurbalingga di Jalan Soekamo-Hatta, depan pemadamkebakaran,,,katanya.

_.- Kepala SMP Sutrisno menyambut baik sosialisasi itu.fiharafkan-{engan kegiatan ini siswa mengetahui bahaya narkobadan menjauhinya. (F1 0-57)

Page 13: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

KTIPING MEDIAn,{ff rAt{ Ilt}il,{$ $E',fDfi PtIXMfilt0$A

Rabu Pahing, 4 Maret 2015

Kei ua r aan Gala n g Tan g g u hPUHBALINGGA - SMp 1 Karangmoncol meraih dua predikat ter_giat I pada Gatano Tang_guh x*rrtlr C"ornjjiwarcao) Gerakan

,llllrlr, purbalinlsa di 6]r,rx s'p'rrbrri"'#i'o""rljlorru ini. yaitu padat<ategori galang adventure da, grf

"ng p"i.'at,;i Laris_berbaris (pBB)tongkat' untuk tergiat t catang Fi;eil,rsffi H;ng Kreasi masing-masing diraih S M p 2 purbatin-gg, 0", S fi p ;' k;;;"rg.

Tergiat il dan ilt untuk.gatqng adv-enture Oirrifilfrrf p 1 Mrebet dan

ilidiu?e?i.ff r,ri,muui+:u,',,2:TflHfl ffi }:riing diraih MTs NU 4 Tamansari r3t",,tr"iJ o",i6n,tp 1 purbatingga.

I:r,i#Jifl * I I I sarans rr.easi oiiain"i r,ip-i iJ,oii rg g, oan s u-.F r

Andalan Bina Muda penggalang Kwarcab purbalingga AntoKuswoyomengemukakan,.k"gj-":tndilkrti"[nHr"r,trpenggatangdisetiap panskatan SMp oan"Mrs i;si;i;;A;iJns rrnssrn ,"rr-pakan sarana edukasi oan ar<tuaiLls;;;il;gg"ta pramukapenggalang dalam meningr,i*r" O"r r*"gd.#gh, potensi diri.

Page 14: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

Radar Ban5rtrmas o Rabu Pahing 4 Maret 2015

Dewan

Desak

Pilkades

"Gambarannla, jika per-mendagri sudah ada, ber_arti perda di tingkat dae_rah harus segera diram_pungkan. Saat ini kamisudah memegang RaperdaPilkades itu. Seteiah LKpJAMJ Bupati selesai, kamiakan fokus membahasnya,,,jelasnya, Selasa (3/3).Iika April pembahasan

sudah rampung dan ra_perda bisa ditetapkan,pemkab bisa melaksana-kan Pilkades pada )uni.Pilkades digelar pada iuni,agar tidak berbenturandengan pesta demokrasiatau piikada.

"Peiaksanaan pilkadespada Juni saya anggap pal-ing ideal. Jika dilaksa-nakan pada Agustus se-telah lebaran, dinilai ku-irang tepat karena pemkab

Kepala Bagian Tata pe_merintahan Setda pur_balingga Imam Hadi me_ngatakan, secara prinsipprnaknya masih menung_gu aturan yang jelas mulaidari Perda dan perbupyang mengatur pelaksa_naan Pilkades serentaktersebut.

Digelar IuniAnggaran fapaiRp 570 lutaPURBALINGGA - DP-

RD Purbalingga mendesakPemkab segera memas-tikan tahapan pelaksanaanpemilihan kades (Pilka-des) serentak di l9 desa.Setidaknya, Juni menda-tang pilkades dapat digelar.Karena itu, perda dan per-bup maupun petunjuk tek-nis Pilkades harus segeraditerbitkan.Ketua Komisi I DPRD

Purbalingga Sugimin me-ngatakan sudah berkon-sultasi ke Direktorat Jen-deral (Dirjen) Bina Pe-merintahan Desa Kemen-terian Dalam Negeri (Ke-mendagri). Pihaknyamendapatkan titik terangjika sudah ada Permen-dagri Nomor 112 tahun2014 tentang Pilkades.

-"Meskipun aPnn murni

sudah berjalan, sebenar-nya Pemkab bisa meng-gunakan dana cadanganterlebih dahulu. Kemu-dian anggaran itu bisadimasukkan dalam APBDperubahan," jelasnya.

konsentrasi pada persia--pan Pilkada yang akandigelar Desember. Danjika dilaksanakan paskaPilkada atau 2016, dinilaiterialu Iama karena banyakjabatan kepala desa yangkosong atau dipegang olehpenjabat sementara (Pjs),"tuturnya.Anggota Komisi I DPRD

Purbalingga Endar Yantomenambahkan, dalamPermendagri disebutkan,pendanaan Pilkades di-bebankan pada APBD.Untuk pilkades serentakmendatang, diperkirakanakan menelan anggaranRp 570 juta. Dengan per-timbangan tiap desa men-dapat bantuan dana Pil-kades Rp 30 juta.

"Iika aturan sudah _ielas,maka tinggal menungguperintah peiaksanaan olehpimpinan. Kami siap jikasudah diminta melakika_nakan oleh pimpinah. Inimenyangkur tak hanyaaluran, namun persiapan_nya banyak. Misalnyapendanaan dan kami tidakingin terburu- buru,,, je_Iasnya. (amr/bdg)

Page 15: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

-,ili1?,", l;i,,,. .4-.i. i,'r * '; 'i*.I t'"" i-,, j

iiii&{,{$ $xTij,{ rli ii * i i"11

Radar Ban5mmas o Rabu pahing 4 Maret 2015

Sisrva SIIIKN' I BojongsariUnjuk KompetenJi

BOIONGSARI - Siswa _siswi kelas XII SMK Negeri 1B-ojongsari unjuk kompetensi dalam Uji KomperensiKeahlian ( uKi(), Serasa ( 3/3 ), M.;i..-; ;;;ipilkankemampuan dan kreativirasnyu arru* Uia."gi",. u"g.,busana dan multi media. i:"giu,un.-i".r;"#; ,r"r_jatangkan,rim penguji dari inteinalgrru aur;;gu aorikalangan dunja usaha dan industri." --'l'"xena

to

jajarannya turtukmengikuti ta-ble manner. Sajian dan pe-layanan dalam table mannerirrr disediakan oleh para siswa.

Kepala Dinas PendidikanKabupaten Purbaiingga, TriGtrnawan SH mengatakan,kenrampuan dan ktlahliansiswa'SMK Negeri I Bojo-ngsari itu hendaknya tidakditampilkan di lingkungansekolah saja. Thpi, diharapkandapat ditampilkan di acara-acaraluarsekolah. " Kegiatan'UIC( seperti ini cukup bagusagar para siswa terbiasa meng-hadapi dunia kerja. ini jugadapat meningkatkan dayasaing siswa baik dalam me-nyajikan menq penyajian danlainnlai tutur Tri Gunawan.

Dia juga berharap, agarpara siswa mulai mengem-bangkan jiwa enterpreneur.Siswa jurusan busana butikmisalnya, tidak selalu be-rorientasi untuk kerja diBarmen. "Saya rasa, merekayang memiliki kemampuansebagai desainer bisa pa-tungan membangun sebuah

usahai' tuturnya.Salah satu tim penguji dari

Pringsewu Cabang PringjajaaSodi Priyanto mengatakan,secara umum, kemampuan'SDM para siswa tersebutsudah cukup bagus dan Iayakjual. "Kemampuan di jasa bogacukup mengesankan, mulaidari persiapan menu, pe-nyajian dan komunikasi su-dah menguasai. Hanya perlusedikit sentuhan agar parasiswa lebih percaya diri. Pa-salnya, di dunia usah4 merekaakan melayani pengunjungdari berbagai karaker dan latarbelakang," tandasnya.

Dalam UI(K tersebut, siswajurusan jasa boga menam-pilkan sajian menu orientaldan nasionai. Siswa jurusanbusana butik menyajikandesain busana baik busanacasual maupun busana pesta.Sementara, siswa jurusanmul.ti media menampilkanmedia pembelajaran in-terakif dan sejumlah produkdesain grafis lainnya. (bdg/opl)

Bangun Iiwa Wirausahar si$ila

Sambungan dari hal 7

Kepala SMK Negeri I Bo-jongsari, Dra Niken Mala-siyanti mengatakan, UIC( ter-sebut merupakan kegiatanwajib tahunan untuk me-ngetahui sejauhmana kom-petensi dan keahlian parasiswa di masing-masing ju-rusan baikdi jurusan jasa boga,busana butik maupun multimedia. "Guna mengetahuikeahlian siswa ini, tentu adatolokukumya. Karena itu kamimengundang kalangan dur.iausaha maupun dunia industriagar diketahui sejauhmanakompetensi maupun keahliansiswa itu dapat menjawabkebutuhan pasari' tutur DraNiken Malasiyanti.

Dia menambahkan, jurusanjasa boga mendapatkan per-hatian lebih. Dalam UKKtersebut, SMK Negeri I Bo-jongsari juga mengundangKepala Dinas PendidikanKabupaten Purbalingga dan

Page 16: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

ffirHfr;s;ffiil'illl

FII=NBITITU N24 l[[t

fiIi/memiliri unek-unek ientang berbagaifrl *lljp*,.ol'rili I i" : ii*, ij,

" i, B *u,

lff T.rr1i,!TjI : .'ixll:Cara'nvi ietiI PBG : u nek-un -ek

' kemudian KIRIM SMS

KE: 081'327-333-778

Sering Mati LamPu ,.-, 1,,i^pak/Brr ken-aoa Purbalingga sering mati lampu kalau huJan

o" iri, i"irti.a daeratr Padamara i,?l ;?!i1ili r,to,

Gencarkan Raziaf"rkiit maraXnya begal motor di lain daerah' mo.hon unluk

p:i,?. ;;;;;rins;a uun jajarannva untu-k gencar

melakukan operasi ranmor d'i daerah-daerah Mencegah

lebih bagus. Terimakasih NN 08S72645166i1

Page 17: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

;ttiffiHffi I'-,{ nil}ifl,'

Radar Banyumas . Rabu Pahing 4 Maret 2015

Suka MenulisCerpen dan

Puisi:MENULIS merupaka

hal yang mudah. Nmun seringkali diang-gap susah oleh seba-gian orang. Padahalbanyak manfaat yabisa didapat dari mnulis. a kehal

mb-aliWawasanan dari hal 7

ke dalam tulisan.Bidan cantik itu juga me-

nqaku, inPirasi menulis."1p"., atau Puisi bisa di-perbleh dari mana saia. Se--oerri

membaca buku, me-nonton film, curhatan or-ang lain atau kisah hiduPsehari-hari. "HiduP jugamerupakan kisah Yang hisa

dituangkan Calam kertas.

Jadi lingkungan sekeliiingjuga bisi menjadi insPirasii'tambahnYa.

MenurutnYa, menulis juga

bisa menjadi ingatan Yang

dituangkan dalam kertas'Sehinssa, saat luPa tulisan,uisa dibuka kembali danmengingatkan terhadaPmasalah Yang su dah lalu'Dengan hobi menulis,

gidan AIma bisa menda-oatkan banvak tem an untukterbagi ilmu. "Kalau kitapunya cerpen, biarkan or-ingiain membacanl'a dan

me-mberikan Penilaian. Iadi,kelebihan menulis darr ke-

kurangan tulisan kita akandapat ketahuii' imbuhnYa'(jok/bdg)

"Menuiis cerpe.n dan Puisibisa membuat hati.ringan,dan sedikit melePas bebanyang ada diPikiran," jelas Bi-dan di Puskesmas hlarang-jambu Alma Rahmar,vari.

.

Menulis cerpen dan Pulsliuga bisa membuka wavuasan

terkait kehiduPan dan inra-iinasi tentang hiduP. Bukaniranya itu, menulis juga bisamelukiskan karakter tok'ch

Page 18: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

i f"li"r,?r'1 ;,{i. i-1'; +t rj;,{:l..r-/.i.i."ii"\L{ jli"ii,i,-t i : '

, ' ,' ,tr{ i{ij}1{1{$ $[T]A pijp,11$i i|;tjfi.$i

1,.

!,:

Superfrsi

Ift desDimintai I(eterangan

Selelai

ferangkar Dinilai GagalPanlakdanKades bu}.rikangagarnyap-jniriuDimintaiKeterangan l*I:i#_gHiXI),ff:XI

' J1XS'I'II':."$ ; 3::I iirugH'"':ill:Hn x:

r r rv pr l",i ".

;' t;,.:^" Y"a tatnva seleksi t"lr"&;;';;:pro;o stb:i.i; ;'J-" ):t- potensi scleksi tersebut'di-

+;#t*"n*1*riillf r,tirj,,,i;,,0,, dan BpD

;tl*,11_"f',',* i"-ffi:itiq,lttIH*I;1Hi#fir# [i,:}xil|, #n:[,troaram seleksi hinqga di_ 'l"ll., _"o.tantik menjaOi p"r"u'""[", ,.i:::jl meminta agar pe-oesa. padahut. ;,.ltflfut laku utama dan orak urama

t:tr{i1l-fr ",i"J,,,txxtrii,ry"i,1"+,*ruffi

,fl*i

,#;""1:li:""ss'1;;1 Uu'""iu h;k;. Masyarakar,angkut d;'l;;"'ff:ff_ i[t:ffif.*""su*ii.J,J,

r $uleruisiSambungan darihalT

mendasarkan pada adhi"ryaaturan semata. Namun,harus ikut mensupervisi,agar hal-hal seperti ini tidai<terjadi Iagi.

Sementara itu, KapolresPurbalingga AKBP AnomSeryadji SIK melalui KasatReskrim Polres PurbalinggaAKP Djunaidi mengatakan,proses penyidikan terhadapdugaan pemalsuan ijazahyang dilakukan oleh KadusIII Desa Banjarkerta, Ke-camatan Karanganyaq, Su-geng Riyadi terus berlanjur.Bahkan, pihaknya me-

ngembangkan kasus ini un-tuk mencari apakah adaketerlibatan pihak lain atautidak. "Panitia seleksi pe-

rangkar desa dan kepaladesa juga kami mintai ke-terangan. Soal adanya ke-terlibatan mereka atau tidak,kami masih melakukan pe-ngembangan," katanya, Se-Iasa (3/3) kepada warrawan.Menurutnya, terkait pe-

nyidikan ijazah palsu, ang-gotanya sudah melakukanpenyidikan yang mendalam.Bahkan penyidik sudah

<:z

Sehingga, tidak berhentidi tengah .ialan tanpa adakeputusan 1ag jelas.

. Polres purbalingga di_harapkan br'sa mengusutterhadap pihi,rk-pihak yangdi duga terlibat dalam prosesseleksi. Baik mulai dariPan-lak atau pihark lain yangberk-epentingar.t dbnganterpilihnya calon.Adanya kasus ini juga

menjadi pembelaja,,:an bagiPemkab purbalinglga danlapem agar melakuki:ln eva_luasi terhadap proses_ Irrosesseleksi perangkat deia. Ja_ngan sampai pemda harnya

Page 19: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

a

Page 20: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

!! ,i ;J' r i"

i\'rli;.t i

PIJ,Yii* i l-rii|..e

Radar BanyUmaS . Rabu pahtng 4 Maret 2015

PUNB[FilGGA TK$PRt$

Lelang Elektronik KembaliNormal

PURBALINGGA - Kerusakan selver Layanan Penga-daan Secara Elekronik (LPSE) Kabupaten Purbalingga,berhasil diatasi, kemarin (3/3). Server yang rusak akibatdisambar petiq, Sabtu (2812) lalu, berhasil diperbaikisetelah mendapatkan bantuan peralatan dari PTTelkom. Proses lelang eleklronik itu kembaii normal,mulai kemarin (3/3). a kehat 10

DiperpaniantrlangaLeMasr lelang

Sambungan dari hal 7

Ketua Unit LaYanan Pe-

ngadaan (ULP) KabuPatenPurbalingga Yani Sutrisnomengatakan, setelah menge-tahui kerusakan server I,PSE,

pihaknya langsung meng-hubungi Ketua LPSE Pur-balingga, Ionathan Eko Nu-groho. "Kemudian Pihak LP-

SE langsung bertindak, de-

ngan menjalin kerjasama de-ngan Telkom. LPSE diberi Pin-j aman alat yang rusa\ sampaipengadaan alat Yang rusaktersebut selesaij' ungkaPnYa

ditemui'Radarmas di ruangkerjanya, kemarin (3/3)'Dia mengakui, sebelum

mendapatkan Pinjaman alatdari Telkom, pihaknYa sudahmerencanakan beberaPa aiter-

fatil agar ielang eiekronikbisa tetap dilakukan. "Salah

saturya adalah meminjam alat

miUk LPSE Unsoed. Namun,sebelum kami melangkah ke

sana, ternyata LPSE sudahbekerj asama dengan Telkomi'ujamya..

Kerusakan server LPSE ter-

sebut, d iakui oleh Yani sempatmembuat Ielang elektonikterkendala. Sebab, selain tidakbisa meng-upload dokumenIelang rekananYang akan me-

ngajukan penawaran jugatidakbisa meng-uPload Pena-waran mereka. Sebab, ke-msakan server mengakib atkan

data keluar atau Pun masuktidakbisa.

Ditambahkan oiehnYa, aki-

bat kerusakan server sejakSabtu (2812) Ialu, ULP terpalsa

memperpanj ang masa lelang,

proyek yang sudah di-uPloaddi LPSE. Hingga, kerusakanserver b aru satu kegiatan Yangsudah di-upload Yalcri ProYekpembangunan Iembatan Ga-

tot Subroto (Gatsu) di Ke-camatan Karangmoncol.

"Pengumuman lelang Pro-yek ]embatan Gatsu seha-rusnya selesai hingga 6 Maret.Namun, karena ada kerusakan

server, kami PerPanjang hing-ga I Maret mendatang," im-buhnya.

Sebenarnya, ULP sudahmendapatkan emPat berkas

kegiatan yang harus dilelangmenggunakan LPSE. "Tigaproyek lainnYa, masih kamiverifikasi dokumennYa. Se-

telah selesai baru kami uPload

di LPSE;' tamba hnYa.

Tiga kegiatan Yar-rg masihdalam tahaP verifikasi do-kumen adalah ProYek Pem-bangunan ruang rawatinap kelas III RSUD drGoeteng Taroenadibratatahap Pertama, ProYekpembangunan ruang ra-wat inap kelas III RSUD drGoeteng Taroenadibratatahap kedua dan DED Pe-ngembangan objek wisataGoa Lawa. (tYa/bdg)

Page 21: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

.,,:i\r;ii I,t*"i; l,oi

,{ pijl{fiei,lrjiti:q

Irtadar Ban5fUmas o Rabu pahing 4Maret2015

NlasyarakatDaganSuratiBupati

Dugaan Fenyimpangan

Dana PNPM dan Raskin

BOBOTSARI - MasyarakatDesa Dagan Kecamatan Bo-botsari melayangkan suratkepada Bupati PurbalinggaDrs Sukento Ridho Mar-haendrianto MM terkaitdugaan penyelewengan danaPNPM, ADD, Raskin, dandana bantuan sosial. Ma-syarakat berharap, dugaan Pe-nyelelvengan tersebut bisasegera diusut tutas.

Dalam surat yang dilayang-kan kepada Bupati dan ditem-buskan ke DPRD Purba-lingga, Gubernur Jawa Te-

TUNJUKKAN SURAT: Warga Desa Dagan menunjukkan suratlaporan dugaan penyimpangan PNPM dan raskin'

ngah, Mendagri dan KaPol-res Purbalingga tersebut, war-ga melaporkan tentang du-gaan raskin yang tidak tePatsasaran. Dalam surat tersebutdijeiaskan, beris raskin yang

seharusnya dibagi t5 Kilo-gram lcepada setiap penerilna,ternyata hanl'a dibagikan 6

kilo gram, 5 Kilo gram, bahkanada yang menerima 3 Kilo-8ram. I kehall0

Page 22: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

7

Rasl<in-Diduga Dijualr ftIasYaralmt',:-.?"1"J::l;:A:?Hi.'H1

Sambu nsan dari har 7 B:-ry.ff ;:HJ"ffil#xT

Dalam surat tersebut juga tuk dikembangkan tapi di-

ail"i"ti"", tiru iutti'i a"i- juall' lelas Eko Teguh'

dugadijual oleh oknumyang ' Dalam Ielang kambing di-

tidak bertanggr,',g;u-ub: sepakati harga kamping Rp

Harga yang s"harus"ya Jl- g0o ribu per ekornya' Na-

irruii .oiro p[, kilogram diiud mun' dalam laporannya' pa-

'r*p"ar ri*V*uflut a"t'sun nitia mencantumkan harga

frlte" np i ribu p"'' tti- kambing itu Rp l'2 juta per

logramnya. ekor' Daritiga ekorbantuan'

Pelapor yang mengatas- 'uiufl tut"-ttewan ternak

namakanwarga masyarakat sudah dijual' -

;;;;;;ili rr'o r'g"h' -*::'Pra itu' Ketua rPK

Dino Sapurro, dan "'!aui PNPM Dagan' Yuni Pri-

menielaskan, selain t;;kil halng.saat dikonfirmasi

;il;H; *"iuvu*etu" melaiuiteleponselulermen-

;;;.y,an"g berisi-teniang jelaskan' tidak ada penya-

,"*i \:':r:i*:::,ti# flj,T,T;o*XlX illHi -Dembangunan Ingasl/td#;;i;T*;tit

[i" t" ri- garan pembangunan vang

mur' feharusnYa sekitar 900 Me-

,,Dari hasil pengecekan, ter dialihkan ke arugan'

"a"'l"iitin J"ita sikitar Rp Pasainya' $all RAB' aru-

37 juta lebih. Kami ingin qiit"p:i.l:lgkurangiebihmengetahui kemana d'ina Ioo meter tidak masuk' "Ki-

itui' tandasnya. ta juga su-dahberkoordinasi

Selainitu,voiumepanjang a"n[u" UPK dan PIOKi'

lalan yang harus dikerjakan jelasnya' - L ^

semestinya agz met;;Na- '

Ia menambahkan' daJam

mun dalam pegerlaannya koordinasitersebut'panjang

hanya sampai so' *"iii volumebisad'ialihkanuntuk

Selain volume pegerjaan anggaran-arugansekitar 109

;ffi;s;;;",it"i, *ut"- dum.truk' semua proses

rialpembangunutl'guliJut tersebut sudah di koor-

sesuai dengan nJ"tu"a dinasikan dan disetujui'

Ad;";;;i;iutneslp'"- "Inspekto^rat dan Baper-

"^r' madei;ugasudahturundan'i]ru,r, itu, dalam surat mengecek pengerjaan- ter-

yang dilayangtur,,"tttb"i'euui;' pupirt'ya' (iok/bdg)

Page 23: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

BAff III{ lIIJilI$.$E,IDf, PUMf,IJI{OO*

Radar Banyumas . *r* eatring 4 Maret 201

BMKAjeI(SiswaHindari Narkoba

SosialisasidiSMPN IPadamara

PURBALINGGA - BadanNarkotika Nasional Ka-bupaten (BNNK) Purba-Iingga kembali mengadakansosialisasi pola hiduP sehatmenghindari bahaYa nar-koba-. Pada Selasa (3/3)BNNK Purbalingga me-nyambangi SMP Negeri IPadamara guna membe-

rikan so sialisasi tersebut.Kasi Pencegahan BNNK

Purbalingga, H Kuswonomengatakan, PihaknYamemberikan materi sePutarjenis, efek dan damPak ne-gatif narkoba. "Denganmemahami bahaYa dandampak negatif dari nar-koba, kami berharaP Parasiswa akan menolak danmenghindari PenYalahgu-naan narkoba," tutur HKuswono. a kehal 10

IST IM EWA

TOLAK NARKOBA: Kasi Pencegahan BNNK Purbalinggamenyarnpaikan paparannya di SM'P Negeri 1 Padamara'

Page 24: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

Pahami Bahaya Narkoba

r BllllKSambungandari hal 7

minuman keras bisa men-iadi pintu gerbang narkoba''lutu P"trg.aar melakukanupayu Yang sistematis untuk

rn""i"a"*rrskan mereka

dengan menawari, narkoba

secara gratis. Setelah men-

ciciPi barang haram itu'

-"t"ku bisa ketagihan ka-

rena narkoba menimbulkanteterqantungan' )ika sudah

,"p"i,i itu, PenYalahguna.r*kobu akan beruPaYa de-

nean segaia cara untukm'endaPatkan narkoba'

Siswa Sl'lP Negeri 1 Pa-

damara mendaPat Penje-lasan tentang jenis-jenisdan bahaYa Yang ditim-bulkan u(ibat PenYalah-gunaan narkoba' Mulai dari

narkodka (heroin dan gan-

ja), psikotroPika (obat Pe-'"u"i"s, ekstisi, shabu-sha-

bu) din bahan aditif iain-tvu (utt ohoI, Iem aibon'i"."t.ttg dan lainnYa)'

Para siswa juga diajakun-tuk mengetahui tanda-tanda orang Yang terje-rumus narkoba' Merekajuga diminta melaPorkanjika ada rekan atau orang

MenurutnYa, damPak ne-

gatif narkoba tbrsebutdaPatmengganggu prestasr, me-

.rlsu[ btuk dan fisik hingga

berujung kePada kematian'"setelah mengetahui ba-

gaimana bahaYanYa nar-

f.oba, mari kita mencegah

daripada mengobati, hin-dari penYalahgunaan nar-

kobaiekarang juga dan tolak

segala macam bentuk Pe-ny"alahgunaan narko b a"'

tuturnva, Selasa (3/3)'

MenurutnYa, narkotika'psikotroPika dan bahaniaitit tuit rryu atau narkoba

hanva difungsikan untukkeperluan medis/ obat-oba-

tan dan ilmu Pengetahuan'Penggunaan untuk kePen-

tingin medis mauPun ilmupeigetahuan juga diaturi'ersEndiri dengan dosis

tertentu."Namun, narkoba juga ba-

nvak d.isalahgunakan' SiaP a

,iju turaru.t *enjadi sasaran

penYalahgunaan narkoba'i"rmasut tatangan Pelajari' di lingkungannya Yang

diindikasikan sebagai Pe-

nyalahguna narkoba' (advl:- bdg)

tambahnYa.H Kuswono merlambah-

kan, merokok dan minum-

Page 25: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

KLIPING MEDIA

Radaf Ban5nrmaS o Rabu pahins 4Maret2015

Keterlibatan Kades danPanlah HarusDiusut

luntut DugaanTjazah

Palsu Kadus III BanjarkertaPURBALINGGA _ thk tliu.rg dari 15

o-rang warga Banjarkerra Ke&matantraranganvar ramai_ ramai mendatangigedung DpRD purbalingga, Selasa (3"/3) pagi. Kedarangan mereka diia_

larhelakangi kisruh dugaan Denp_gunaan ijazal-t palsu kepalu arru"n(kadus) IIl rerlanrik, SR. Mercka yangtergabung dalam Forum MasvaiakaiPeduli Kebenararr dan Kejujuran DesaBanjarkerta mendesak Komisi I DpRi)Purbalingga agar hersama mendukungpenyelesaiarr kasus ini. pihak lairrsepefti panitia pelaksana juga hams ikut

Ian ti k."Kami ingin [<asus ini segera tuntas

dan jika terbukti harus diberhentikansegera. Karena warga sebenarnya sudahmengetahui jika SR hanya lulus SLIp,"ungkapnya di hadapan ;'ajaran terkaittli ruang rapar kornisi.

Warga iainnya, Agus Wijaya menga-1akan, parrit)a rerap harus bertang-

gungjawab aras kasus ini. pihaknlrmelakukar: audiensr,,,rl,,,,,,S"i;1,].1

llliYl^ g.*an merry;kafi 1.ri"r'r,,i::::Lr.nkr: jusa ingin mengerahuisanxs.r yang harus d i re;.i m a ,;ika ie rbuktipanitia dan kepaJa desa reriibar"

Ketua Korrrisi I DPRD furUalingga Su

ffi -"rrguralan, pihaknya men;ur rjunuonggr supremasi hukum. a ke hal to

Seno Sudiro selaku koordinator aksimenjeiaskan, kedatangan merekamenduga bcberapa piIak r".liUordalam kasus ini. Diantar.arrya panitiadan kepala desa. Menurutnva, me-reka.didrrga sudah mengcrafiui iikaijazah yang digunakan olltr SH;ri;;;namrln tetap lolos seleksi dan cli_

Page 26: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

Dewan Siap Pantau

Perkembangan Kasus

iitin ukun menunggu hasilpemeriksaan Penegak hu-ium. PihaknYa tidak bisa

mencamPuri langkah aP arat

penegakhukum.^ "Jiti aparat desa itu di-ancam hukuman Pidanaminimal 5 tahun Penjara,maka akan diberhentikansementara selama 6 bulanuntuk diadakan PenYidikan

r [eterli[amn Nimun liU aalam kasus ini

Sambungan dari hal 7poiisi bisa membuktikaandan ada ketetaPan hukumsah yang menYatakan me-

Ianggar hukum, maka sanksi

-uiib dit"rupkan kePadasemua Yang terlibat," te-gasnya.

Kepala Bagian Tata Pe-

merintahan Setda Purba-Iingga Imam Hadi menga-

Ia akan ikut memantauoerkembangan kasus inii"trgun maksimal. Seiainitu, dewan tidak akan me-

mihak siaPaPun."Kami tetaP mendasarkan

azas prailuga tak bersalah'

Iebih lanjut' APabila sudah

"a"'o".P'""i"ngan Pember-

;;;i;; sementara seba-

;;;ka kali namun belum

.Ii"."i, s,nlaa ftaflus her-

.;;4"i"" bisa diberhen-

tikai tetapi' PaParnYa'"'s"-L","t''iru' terkait ke-

,""riiu *u" Pihali-Pihak I ain'

Imam mengatakan' masYara-

i",*J*i""""ntukmengikuti

n,erkembangan kasus- itu'"*it"- t"i

" P toi"t P enYidikan

lip"ttrrut unluf mencarl

te't,rrtiUatan Pihak lain'

eudiensi itu ramPung.'rktrl I2.00 dan warga

"tJ*i.rt ke desa mereka'i"-i"*""" Poiisi terlihat."tiri- ketat dalam me-

"""*^"f audiensi itu hingga

uiai. (arnr/bdg)

Page 27: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

v

0)E

:otrLo

.9E

voo,

(t

'=

E(!iaoL€)

=:oo,

=L

rotr(Io

(0i<

Z' @c6 E-

e=

dl: <od, :-E iom ^<O

e1!6d^

m c i.'i

-s) iio6o>o- ;(vE FEDI'

=Eb 6:o- o,-(! co= o6E O.()a

-oG A66) !tEe.!ur tJCzs Iis $t!ooE tr(!,^6 O

z*o: g<tr

=Fle -

Page 28: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

Radar naary,r** r Rabu Pahing 4 Maret 2015

Page 29: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

ll';1

Iii

iliiII:.4.

il::

lt

BAGIN Ht][[A$ $[MA PIIIBAINOOA

BanylJmSF"

ANGGOTA Komisi D DPRD Banyumas saat melakukan

ffi;ff;" k;r1; i; ouj"L WisataRir Bojonssari (owabons)'

DPRD Banyumas AkuiKeunggulair Wisata Purbalingga

ilil

illt::

iliiil'ti

flilI

ili:

IIlliiI'ai,

tt

il!!iiil!:

lt!!

itiitt

il!!iill::

il!!

ili;

lliiI::

ll.:iil:;

tiItl

tii:

ililt!iit:a

illl!!i;ili:llilt!

ii

tliilt!:

IItiiII;-

flt!iiII.i:

IIIiiIr.r-

It

iluii

::

ilii

llnilI

::

lliiI'ii

lt!!i:n::

lliiili:

lt!riilt::

lliift'.i

fl!!

ii

"rr Trrrr?fi I lTll\T IRfuir-ijtLr rvi!_ruijl

Rabu,4 Maret 2075

lokal saat musim libur

Lebaran atau musim sekolah'

"Baturraden kami akui dari dulu

oerkembangannYa tetaP Belum

ada terobosan Yang menjadi

daya tarik tersendiri dan menjadi

ikon rvisata BanYumas," kata

Didi yang Pernah mengelola biro

wisata selama 10 tahun sebelum

menjadi anggota DPRD.

Dldi mengaku ingin agar

Pemkab BanYumas meniru

terobosan Pariwisata di

Purbalingga dan mamPu

mengangkat ekonomi

masyarakat. Meski di BanYumas

sudah ada WaterPark

Dreamland, namun kondisi

air tidak sePerti di Owabong'

"Kami ingin BanYumas dikenal

dengan wisatanYa, tidak hanYa

Baturraden saja," ujar Didi'

Sementara itu KePala

DinbudparPora Subeno

mengatakan, Pemkab

Purbalingga selalu komitmen

untuk mengembangkan sektor

pariwisata, Setelah Owabong,

pemkab juga mulai menggaraP

objek wisata alam Goa Lawa

di Desa Siwarak, Kecamatan

Karangreja' Goa Lawa akan

disiaPkan sebagai destinasi

wisata Yang unik dan menarik

seperti goa di kota Guilin,

Tiongkok,"Tahun 2015 ini, Pemkab

engineering desaln (DED)

Goa Lawa. Setelah selesai

DED, Pemkab fokus akan

membangunnYa menYeruPai goa

Reed Flute Cave di kota Guilin,

Tiongkok," kata Subeno.

Dikelola BUMDSetelah Goa Lawa digaraP,

tidak menutuP kemungkihkan

nantinYa Goa Lawa tidak lagi

dikelola oleh DinbudParPora,

tapi bisa dikelola oleh

semacam badan usaha milik

daerah (BUMD). "Hal ini juga

sejalan dengan Surat Edaran

Menteri Dalam Negeri Yang

mendorong tumbuhnYa BUMD

yang mengangkat Potensikeunggulan daerah dan mampu

menggerakkan ekonomi

masyarakat serta berPotensi

meningkatkan PendaPatandaerah," kata Subeno.

Selain menggaraP Goa

Lawa, DinbudParPora juga

fokus menggaraP emPat desa

wisata, KeemPat desa wisata

ini masing-masing Desa

Serang, Kecamatan Karangreja;

' Desa Limbasari, Kecamatan

Bobotsari; Desa Tanalum dan

Desa PanusuPan, Kecamatan

Rembang. DinbudParPora telah

menerjunkan emPat orang

fasilitator di emPat desa wisata

tersebut. "Desa wisata ini

nantinya memiliki Paket wisata

yang satu dengan lainnYa

berbeda, sehingga wisatawan

bisa menikmati desa wisata

tersebut secara bergantian,"

kata Subeno.Dirut PD Owabong

Wisnu Haryo Danardono

mengungkaPkan, kemajuan

Owabong tidak terlePas dari

kebijakan Pemkab Yang memberi

keleluasaan kePada manajemen

Owabong untuk"terus menambah

wahana dan berPacu menghadaPi

persaingan. "Pemkab sangat

mendukung ide kreatif dari

Owabong, dan memberikan

keleluasaan untuk kemajuan

Owabong," kata Wisnu' (Ptoo)"

HARMAS/PMYITNO

PURBALINGGA- Dewan

Perwakilan RakYat Daerah

(DPRD) BanYumas mengakui

keunggulan destinasi wisata

di Purbalingga. Pemkab

Purbalingga dinilai terus berpacu

membuat kebijakan dan

terobosan Yang mampu menarik

wisatawan."Kami mengakui, Pariwisata

Purbalingga lebih maju dibanding

dari BanYumas. DestinaslnYa

tidak membosankan dan selalu

menarik," kata Didi Rudianto,

anggota Komisi D DPRD

Banyumas saat melakukan

kunjungan kerja di Purbalingga,

Selasa (3/3).Didi bersama rombongan

diterima di aula Dinas

KebudaYaan Pariwisata Pemuda

dan Olah Raga (DinbudParPora)

oleh KePala DinbudParPora

Subeno dan Kabid Pariwisata

Prayitno, Setelah menerimapenjelasan tentanq kebijakanpembingunan Pariwisata,rombongan berkunjung ke

Owabong dan diterima Dirut

PD Owabong Wisnu HarYo

Danardono dan Manajer

Operasional Eko Susilo.

Diakui Didi, Perkembangansektor Pariwisata di BanYumas

masih fokus di Baturraden'

PerkembangannYa dari dulu

masih tetaP. Baturraden Paling

ramai dikunjungi wisatawan melakukan lelang detail

Page 30: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN IIU[{A$ SHIDA PIJIBAIil{OOA

$ffilBanyH,magRabu, 4 Maret 2075

Warga Baniarkerta

Geruduk DPRDr Tuntut Kasus ljazah Palsu Diungkap Tuntas

PURBALINGGA- Belasanwarga Desa Banjarkerta,

Kecamatan Karanganyar,Selasa (3/3) mendatangi

gedung DPRD. Aksidilakukan untuk

mengadukan masalahkisruh proses seleksi

perangkat desa. Perwakilanwarga yang diterima oleh

Ketua Komisi lSugimindidampingi anggota dan

sejumlah pejabat pemkab,menuntut agar kasus ijazah

palsu diungkap tuntas.

IALOG digelar di Ruang RapatKepanitiaan Gedung DPRD.

Dalam kesempatan tersebut,perwakilan warga, lYakhyati

(42) mengatakan, atas nama wargapihaknya mempersoalkan mengenaihasil proses seleksi perangkat desa.Menurutnya, perangkat desa terpilihuntukjabatan Kepala Dusun (Kadus)

III yang dijabat oleh SR, secara hukum

tidak sah, "Pasalnya ijazah SMA yang

bersangkutan dinyatakan Palsu,"ung kapnya.

Dijelaskan, sejak awal kecurigaan

bahwa SR menggunakan ijazah SMA

yang tidak sah sudah mengemuka.Namun Panitia Pelaksana (Panlak)

Seleksi Perangkat Desa tetap tidakmenggubrisnya. Bahkan yang

bersangkutan juga dinyatakan lolos

seleksi dan tetap dilantik awal Januari

lalu. "Warga yang merasa tidak puas lalu

melaporkan dugaan pemalsuan ijazah

tersebut kepada polisi," tuturnya.Dari hasil penyelidikan dan penyidikan,

ternyata ijazah SMA SR yang sudah

menjabat sebagai Kadus III memang

tidak sah. Awalnya yang bersangkutanmengaku sebagai lulusan sebuah sekolah

menengah swasta di Jakarta, Namun

belakangan pihak sekolah memberikansurat pernyataan bahwa SR bukan lulusan

sekolah itu. "Dia kini ditahan di Mapolres

dan dijadikan tersangka," katanYa,

TransparansiMewakili warga, pihaknYa berharaP

agar dewan dan pemkab bisa

menindaklanjuti proses tersebut. Warga

menginginkan adanya transparansi' Salah

sdtunya mengenai sikap Panlak yang

tetap meloloskan SR sebagai perangkat,

kendati ijazahnya bermasalah. "Warga

ingin semua yang terlibat dalam masblahini diproses secara hukum," ujarnya.

Menanggapi tuntutan warga,Ketua Komisi I Sugimin mengatakan,pihaknya mempersilakan pemkabberkoordinasi dengan jajaran kepolisianyang menangani kasus tersebut.Dewan berharap agar masalah ini bisasegera diselesaikan. Pasalnya gejolakyang terjadi terkait proses seleksi

perangkat desa bisa mengganggu prosespemerintahan desa.

Kabag Tata Pemerintahan pemkabImanl Hadi mengatakan, kasus inisedang ditangani Polres purbalingga.

Pihaknya mempersilakan proseshukum berjalan. Jika memang terbuktibersalah, tentu yang bersangkutan akandiberhentikan dari jabatannya sebagaiperangkat desa. 1pt-os;

B.A.GI-{N HI-TMAS SETDA K,.\BUPATEN PT IRBALINGG.A.

Page 31: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

'la

PERWAKILAN warga Desa Banjarkerta, Kecamatan Karanganyar mengadu keDPRD, Selasa (3/3). Mereka mempersoalkan mengenai kisruh proses SeleksiPerangkat Desadi desa setempatr

Page 32: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN IIIIIIA$ $MA PUIBAI,NOOA

ffiffiffiBanyumASRabu, 4 Maret 2015

WErt=

t?aa ..a...aa..a.:.".t

ffiffiffi*tahs$ilhPURBALINGGA- SMP 1 Karangmoncol meraih dua prelikat

lTergiat I pada kegiatan Galang Tangguh Kwartir Cabang

,t::.:.,(KwariA h), '

Getakan, :f r,a m u ka, d i SIq K 3 Purba I i n g ga ba rrl:baru ini. Masing-masing kategori Galang Adventure dar

Galang Persatuan Sarii Berbaris (PBB) Tongkat, Untuk

lri,tfmiat.i:melan$'Fi0heeiing,dan Galang,Kreasi, masing-masing diraih SMP 2 Purbalingga dan SMP 1 Kejobong.

Tergiat II dan III untuk Galang Adventure diraih SlulF 1

Mrebet dan SMP 1 Bojongsari. Tergiat I1 dan lll Galang pBB

. Tongkat diraih SMP 3 Purbalingga dan SMP 5 Purbalingca.

: :i :i ]li'igiat,Ilf dan.l'li lcalan$, n1bneer:ing a ir,a;h Mrs, N u 4

r1.,;.tamq:Eeari.irur'an$m0ntol :ilah,sMP,1 Purbalinfga. Tergiet1I dan III Galang Kreasi, masing-masing diraih SMP 1

Purbatingga dan SMP t falimahafr.Andalan Bina Muda Penggalang Kwarcab Purbalingrra

Anto Kuswoyo mengatakan, kegiatan diikuti olehpiamuka Penggalang di setiap pangkalan SMP dan Iv1 Isfegiatan Galang Tangguh merupakan sarana edukasi

,,:: jdAli attuaf isasi,,hagi anggota. :F,ra n:ru ka: Pe ngga l a n g da r a rn

,, r:,r{reningkatfih.n, dar}-ntengemb-an gkan'p:ote n si d i ri se b a qa r

anggota Pramuka. (SMNetwork/h82-06)

BAGIAN TruMAS SETDA KABUPAIEN PURBALhICGA

Page 33: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN I|WAS $SIDA PI]RBAIil{OOA

ffiffiBanyHmFF.Rabu, 4 Maret 2015

Agung Pratama

Ketua Pengkab Tl purbalinggaPURBALINGGA - Agung Pratamaterpilih secara aklamasi menjadi KetuaPengurus Kabupaten (Pengkab) TaekwondoIndonesia (TI) Purbalingga masa bakti2015-2019, Ia terpllih secara aklamasidalam Musyawaran Kabupaten Luar Biasa(Muskabluh) TI Purbalingga di RM JogloPurbalingga, Senin (2/3) sore.

Pria yang bekerja di bidangkonsultan pelaksana ini dipercaya untukmembangkitkan olahraga beladiri yangselama ini tertidr,: :tirtgga empat tahunke depan. Kepengurusan TI Purbalinggaselama ini dibekukan oleh TI Jateng dan

dipimpin oleh Plh Bambang Setiawan,Agung mengatakan, ia tidak akan

menyia-yiakan tanggung jawab yang telahdiembankan kepadanya. Pada tahap awal,ia akan mempersatukan Dojang (klub) yangada di Purbalingga untuk menyamakanvisi dengan Pengkab TI. Saat ini ada limaDojang yaitu Perwira Taekwondo Clurb(PTC), Jagratara Mok's Purbalingga, 11 UnitBobotsari, TI Unit SMP 1 Purbalingga dan TIUnit SMP 2 Bukateja.

"Kemudian, segera saya akan membentukpengurus yang dinilai memiliki kemampuanuntuk bersama-sama memajukan taekwondo

Oi Puibaiingga," katanya.

Adapun program prestasi yang terdekatadalah menyukseskan gelaran Pekan

Olahraga Wilayah Kedu Pekalongan

Banyumas (Porwil Dulongmas) yanE akan

digelar September mendatang di Magelang.

Sebab taekwondo digadang-gadang menjadipenyumbang medali dalam ajang itu.

"Prestasi taekwondoin kita serlang naik.

Mereka berhasil meraih 11 medali dalam

kejuaraan taekwondc di Kendal dan 17

medali di Magelang beberapa waktu lalu.

Nah di Dulongmas, emas menjadi incaran

kita," katanya. (pt-oz)

BAGIAN HLIMAS SETDA KABTIPATEN PURB.,\LINC,GA

Page 34: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN II[III{A$ $UIDA PIIIBAINGGA

ffiBanyHpFSRabu, 4 Maret 2015

l(hr,ban,l lanyut Serayu ilitemukm,:

|(EHAHGKOI{- Setelah dilakukan pencarian stiama C;.'hari, akhirnya Senin (2/3) petang, Tim SAR Gabungan

he*asit menemukan jasad Suhar (35), warga RT 61ff.w i$esa Maj:atenqah, Kecamatan Kemangkon yang hanyut ,1i

$ungai Serayu pada Sabtu {28/2} lalu.,:''r Koordin'dtar,tapangan, {Korlap) SAR Purba lingga

Wahyud|, $elasa (3/3) nrengatakan, korbetl dit*mukandalam kondiSl:tak:be.rnyawa sekitar pukul i9'00, di sep' 'ri500 lneter arb,h,sefatan dari lokasi hanyut, Mayat koi"ba:t

,ditemukan nrengapung berada di tepi sungai.: l, ;'lll5ehenainya penca rian kemarin di rencan akan leb i h ; l.l;.',;

hihgga,ke Be:ndung Gerak Serayu di Patikraja, Banyumas

ata.u.s-ehltai.25 kilometer dari lokasi kejadian, Sebah

pada,,peneariian har,i per'tama, kami 'menyisir hingga De':i,KeCamatan, Kaliori, Sanyurnas, tapi tak membuahkan h;'sii.

Ternyata di pencarian terakhi6 kor"ban ditemukan tak jai;h

dari lokasi," terangnya.

,, ,,,gebelurnnyad[beritakan, Suhar hilang pada Sabtu

(?8/2) sekltarp*kuf 15.00. Ia hanyut terbawa arljs sab

de,bit,air $ungai Serayu sedang tinggi, Waktu itu ia seC :,'r

menyeberang sungai hendak pulanq usai bercocok td:ii iladang seberang sungai., ,,.'"Saat..menyeberangi sungai, Suhar terpeleset cian

fa*gsung terbawa arus.derasnya Sungai Serayu dan hii:rlti.Warga yang rnengeta:hui peristiwa, kemudian melapctfi;.rn i':q:

,a'nggota SAR Purbalihgga, Kendar," kata nya.,; : (epala Polsek,Kemangkon Ajun Kornisaris 5uprihatir:rnehg,atakan, setelah korban dievakuasi dan diviE'.lm oi'.it

tirn:rnedis,: korban kemudian diserahkan ke pil'rex keiu;; !i*dan dimakamkan di pemakaman desa setempat keesct i,

harinya. (SMNetworuh32-06)

Stlr,,H-i,ffiihClittu-e BB-rEn g

Selar Jgaia $ ienp0*anr-i*cca- SFIPN t. Purbeli n gga: beri asil,menyabEt-'

lima keiuaraan pada lomba Sosial dan Sains (Sosien)

ketiqa. Sosien digelar oleh OSIS SMA Negeri 1 Purbalingga'

llinis, (t/3). regiatan ini'diikutr,t46 siswa kel33,s.etrlilfn' ,

uari$lliti,lTs' se Ptrr:balingga; rAcatra'tersehut'dibuka ioleh,:'

Xepata SURt\ 1 Purbaingga, Drs'Kustomo''Humas

Lomba Sosien ke ti$a SI!{AN I Purbalingga. ' ,,

Baoas Anindito kepada Harmas me'ngatakan, juiri'L , .. ' :

Lriou uut.n,rutik;, widad Abjda'Ralrlmah'd'ari $MPN'1'' ,r :.: Bunit,it.. :tffa 2. lAgatha Christina S (SMPN, 1, PtfQaingga)'

,SeUangXan lugra 3, Anas Ardian,,Pradana' (S'll!N,f l

puruatihgsai, lUntuk :lomba' IPA Terpadu,,juala'[ Aieng''

Adityq, i'liiyani, tSMryN t Bobotsari). juara,2 citta Putra:'

, ffffipn;, $MPs l'Pu rbalin gga), dan iyy3 3,' F-ena -M.u! iana,

(SMPN,3 iur.balingga).. Untr,Jk,iomba: IFS T€r'p?{u} juara-1' ',

ilaissa Sal m i Ha r-dian i (S ItOpN I puilalin gga),,'juar.a, 2,' D-ewi

', ietiowati (SMPN i: -Kejobong),.

dan,irlara 3' Mareta Laras?li

(SMPN 1 Purbalingga). 1Ptoz1

BAGIAN HLTN,IAS SETDA LABLIPATEN PLIRBAJ-INC'GA

Page 35: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

TT? !T!TIT/I E ITiI\T T

Ai,if jjl ij fvl l-,i_ri_Ff

BAGIAil HI][{A$ S]DA P#JAIII{GGA

ffi,ffiffiffiBanyumasRabu, 4 Maret 2015

Dewan Usul pitt<ades Serentak Segera DigelarPURBALINGGA- DPRD mengusulkan agar pemkab

segera menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades)

serentak. Paling tidak pesta demokrasi masyarakat desa

itu digelar pada Juni sebelum Ramadan.Ketua Komisi I DPRD Sugimin, Selasa (3/3)

mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya sudah

berkonsultasi ke Direktorat lenderal (Difien) Bina

Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri(Kemdagri). Ternyata di sana sudah terbentukPermendagri No 112 Tahun 2014 tentang Pilkades.

"Karena Permendagri sudah ada, tinggal turunannyaPerda di tingkat daerah, Raperda Pilkades sudah

kami pegang. Setelah LKPI AMJ (Laporan Keterangan

Pertang gungjawaban Akhir Maqa Jabatan-red) Bupati

selesai, kami akan fokus membahasnya. April kami

usahakan selesai. Setelah itu tinggal pemkab bisa

melaksanakan pilkades, Juni paling tidak," katanya.

Pelaksanaan pada Juni dinilai paling ideal, sebab

digelar sebelum Ramadan, lika dilaksanakart pada

Agustus setelah Lebaran, dinilai tidak pas, karenapemkab konsentrasi pada persiapan pilkada yang

akan digelar Desember. Dan jika dilaksanakanpascapilkada atau 2016, dinilai terlalu lama, karena

banyak jabatan kepala desa yang kosong ataudipegang oleh pejabat sementara (Pjs)'

Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Endar

Yanto menambahkan, dalam Permendagri disebutkan,

pendanaan pilkades dibebankan pada APBD' Jika

pilkades serentak mendatang, diperkirakan akan

menghabiskan Rp 570 juta dengan asumsi tiap desa

mendapat alokasi RP 30 juta,"Meskipun APBD sudah diketok palu, pemkab bisa

menggunakan dana cadangan terlebih dulu, Kemudian

anggaran itu bisa dimasukkan dalam APBD perubahan,"

katanya.

Tunggu AturanKepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem)

Sekretariat Daerah (Setda) Imam Hadi mengatakan,

secara prinsip pihaknya masih menunggu aturan yang

jelas, mulai dari perda dan perbup yang mengaturpelaksanaan pilkades serentak tersebut.

"Kalau aturan itu sudah ada, tinggal ranah kebijakanpimpinan nanti seperti apa. Kalau diminta untukmelaksanakan, kami siap. Karena persiapannya banyak,

tidak hanya aturan saja, juga menyangkut pendanaan

dan lain-lain. Tapi untuk saat ini kami tidak ingin grasa-grusu dulu," katanya.

Untuk diketahui, sebanyak 19 desa di 14

kecamatan rencananya akan melaksanakan pilkades

serentak pada tahun ini. Namun hingga saat ini

aturannya masih buram. Sebagian posisi kades

kosons dan dijabat oleh pejabat (tjiJ,f,fl:;;.,k/h82_06)

D NIA\I UI II' A A EETNA T API IDATENI DI IDD A I RTMA

Page 36: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

ll

Ii!

iilti:

tIillt

It

ltII!t

ii

ii1l:!

iiil:i

ilIil

!t

IIitii

I

BAOIAil HIlIfi$ $[MA PIIIBAIilOOA

ffiffi$Rabu, 4 Maret 2OIs

*uHl-F ,#Efidiilikdfi

di Puihatin$S*FURB Ellllc6A:.rKlifiikxonsul $i:,Hi's' ts,:lJ:rllv$,isjas

Katholik Soegijapranata Semarang bekerja sama dengan

iY.. sanii$p*,F ll4-inr:Pua:at; arna:,ti$a,,hari;.Sanifjft,bu,,r.r:,j1{it f,fis$s fgn,s1i l.pegaiAlkgnlat.tiga;si,(ol$h mttit :

Yayasan Santa Maria Cabang Purbalingga.r:.ii,i(etUiijY,a;ta n.l nmifiaria..Ca-ba.ng P-urbatinggA,..fSlAr1,..ii

:Brstali":Mi.Pd:ke,p fl.sr#.A,|,rhaSrsela+4.{3/i3.):]mefl(raffirl, ;

:nada,,hari.p--.hrtb:fia.Sepi6;{2 ),,survpi.dtlqj(u*an.d,[sD,FIUS'::,rFEmu imiSai ,(!13)id1.$Fa$'ge;fu. Ea ilr.eiri,;adan hari . .

,tdrak-f"iiri Re.uu-.(*/3:)id:iri'T $afi1affitia:purballn.g$pr1i1$$,rveji'1i

,[gii rd:ijakukanl,Ael*m:idh.$kdl,ia'4gkaif]].ke,grlerar,60,tahun" . -

Yayasan Santa, Maria," ujar Ari Broto yang juga guru SMP

',;,ii.[',i, euffidEri,.Unika:.di uAi.],q..(j:,MsrrlikE.ealliplr5E ltt;$ii:3

:.b"e-,teftgA+416n.+igar:uithg;'){.akh]r.!!tldiyCnio;:s,E Mi.Ranta:,,'t:1P. Sihombing,SE,M.Sl,dan Westri Kekalih,SE,M.Si, Uereta :

melakukan surva! menggunakan metode pengisian kuisioner,a*,rw..-.w can::menaaln n lie1p eni$i1w3,guru ;

,;.*an1aw.ag;pi*p.t*a:e.sekota}l;,.pimpinan,va.yagaii;,ffieft1..t;ir;1masyarakat sekitar sekolah, dan tokoh agama Katholik danKristen. lptoz;

PAEA{uara::l-CIffi ha.iss$ien S-MAN 1 Purba! ingga ;, l],: ., ]r,:. .,rbersania Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan, Drs. Tri Joko

DAATA\T UTN'A( (EMA I'APIIDA'I-ETU DITDE!AI I\ITY1A

Page 37: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

Bi,ir-Iittj rYlnu

BAGIN HUil{A$ $[IDA HBBAIil{OOA

?,-Y EDILT^ f lTil\

WBan'yWnmRabu, 4 Maret 2015

PE aE-i-[{Ei'o-h-----------------tB-*uh

P.n.ehl0ngan

I F.Afi Afi ARA, P-ema ka i narkoba seben a rnya men-t b u tu h k a n

pefto[ongan oran$ laln, Karena mereka mengaiaini

,ganggUan,f,ungsi.,ot:ak,akibat mengonsumsi ba rang hara rnit1u.r: t

,4, 11:; ,,,, ., , , . ,

, :. itNaikoua, rlienyebabkan, pema ka inya menclerlta F*n'ya kit

, -AUat<,.tr:onii, Uan ka rnb uhan,,yan g,m enyeba b kalr g a n g g u a n

perilaku," kata Kasi Pencegahan pada Badan NarkotikaNasional Kabupaten (BNNK) Kuswono.

Dia mengatakan hal itu saat sotialisasi Pola Hidup Si:hat

menghlndari Narkoba di SMP 1 Padamara, Selasa {3i3)Kegiatan yang diikuti 50 siswa ini dibuka oleh Kepala SlvlP

Kuswono menambahkan, upaya penanganannya me!alui

proses rehabilitasi secara menyeluruh dan berkelanjutansampai putih. Mengucilkan pemakg i, har:koba ternyata tidak

lffi cnyEld$aikah. maiatbh, "ri n da kan meme nj ara ka n peca n d u

lrnpa mendapat layanan rehabilitasi medis dan sosial

mengakibatkan mereka masih mengulangi perbuatannva, '

tarena,pEnyekitnya' bel u,m, p u lih, seh i n g ga ti dak teriari i,:lekjera,'tuturnya.',,,.,P .du J'n,g,nflatdporkan diri: untuk mendapat

,r-ehabilitasi:deri,BN$,K:ilau' jika.tertangkap polisi, maka

tidak dipidana penjara. "Tahap pemakaian narkoba ada

beGrapa Diawali dengan coba.coba, karena ditawari alau

lE1B:akia'oia.ng' 131n.,:La1ti: (;pakai,saat berkumpul dengan, ternan seba:ye;: katanya,

..:,:.(eynuSiah,beilanjurf 'menjadi penggun:a situasional, ya kni

dipakai lsaat,p*larnpi'asan depresj, ce,ntas, dan kecewa' HaI

:ilni:bertanjut.dcnEan,penggunaan berulang yarlg berakhi r

,i$en,g.apq ketergantungan.'"Apa yang harus, diiakukan jika

$dp,t€mfl ,,atau, kef u aiga yqn g, menja d i, pema kai n arkoba ?

..St$b,l-ltJa[i,,rnelarpoi:ke.,gNN,K,pup!6, 69ga :di' Jalan,Soekarno'Hatta, depan pemadam kebakaran," katanya.

. t, :. .,K€pata. .SFIP, Sutrisno rnenyambut bai k,soslal isasi itu.

.uih*ra$kah,U,ehgan.t<egiatan.ini. sitwa, mengetahui bah;*ya

narkoba dan menjauhinya. (sMNetworufl0-06)

Page 38: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

BAOIN HI]lr{A$ $[IDA PINBAINOTil

anyumasRabu, 4 Maret 2015

DWP Diminta Dukung Gerakan PSN

PURBALINGGA- Darma Wanita Persatuan (DWP) sebagai pendamping

suami selaku aparatur sipil negara (ASN) memunyai peran yang sangat

strategis. Salah satunya bisa diwujudkan dalam membantu program

pemerintah, ikut serta dalam pemberantasan sarang nyamuk (PSN)

untuk mencegah meluasnya demam berdarah (DB).

"Beberapa daerah di Indonesia sudah banyak menjadi korbanakibat meluasnya wabah DB. Untuk itu, selaku anggota maupun

warga masyarakat, DWP diharapkan berperan dalam pencegahan

penyakit tersebut," kata Ketua Penasihat DWP Kabupaten Purbalingga

Ny Erni Tasdi pada acara Pembukaan Musyawarah Kabupaten(Muskab) III DWP 2015 di Pendapa Dipokusumo, Selasa (3/3).

Erni meminta, agar Purbalingga jangan sampai mengalamikejadian luar biasa (KLB) seperti yang terjadi di beberapa daerah.

"Untuk itu, saya minta selain berperan aktif dalam pencegahan

wabah DB melalui PSN, DWP juga mengajak ke seluruh lapisan

masyarakat dan lingkungan sekitar supaya selalu melaksanakanperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Bila perlu DWP bersama

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten, ikut mendatangi langsung

ke tempat-tempat yang dipandang masyarakatnya masih kurangkesadaran pentingnya PHBS," pintanya.

Hal tersebut, sambung Erni, merupakan hal terkecil yang

dilakukan oleh DWP untuk membantu terwujudnya Indonesia yang

sehat tanpa DB. "Selain itu, hal.tersebut juga merupakan peran yang

harus dilakukan DWP untuk lebih mendekatkan organisasi kepada

masyarakat. Hal ini dilakukan deml peeningkatan kesejahteraananggota pada khususnya, maupun masyarakat Bada umumnya,Sedangkan kerjasania yang baik serta paftisipasi bersama, baik

antarpengurus dan anggota DWPbersama mitra kerja diharapkandilakukan dengan ikhlas, sehingga semua tujuan akan berjalandengan baik," ujarnya.

Di bagian lain, Erni mengatakan, tugas bangsa ke depan adalah

membangun masyarakat Indonesia yang tangguh. Hal tersebutsebagai upaya untuk mencapai kesejahteraan dan tanggungjawab seluruh elemen untuk mewujudkannya. ASN sebagai aparatpemerintah yang menjadi pelaksana kebijakan serta programpemerintah memunyai loyalitas dan dedikasi tinggi.

"Untuk itu, dengan didampingi oleh DWP, diharapkan pemerintah

dapat terbantu untuk suksesnya program-programnya. Sehingga

kesejahteraan masyarakat dapat terwujud secara adil tanpadisparitas, baik individu maupun golongan," paparnya. (pt-06).

PELAKSANAAN M usyawarah Kabupaten (Muskab) DharmaWanita Persatuan (DWP) di Pendapa Dipokusumo, Selasa (3/3)

DAAIlNTmnrAa aETnA fADl iu^,-^, -i,--^,,^,.--,.

Page 39: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIIUN XHID1 PURBAIil{OOA

SlrrcltrP$sr

Dewan Sinau

RABU PAHING,I4 MARET 2OI5-ry

Pariwisata

Didi bersama rombonganditerima di aula oleh KePalaDinbudparpora Subeno danKabid Pariwisata Prayitno.Setelah menerima Penjelasantentang kebijakan Pemba-nsunai pariwisata, rombo-nEan beikuniung ke Owa-b5ng dan diterima Dirut PDOwJbong Wisnu HarYo Da-nardono

-dan Manaler OPera-sional, Eko Susilo.

Diakui Didi, Perkemba-ngan sektor paiiwisata d i

Blnyumas maiih fokus di Ba-

turaden. PerkembangannYa

r Bersambung ke hal B

Pemkab eanyr.r*ut n"ni*terobosan pariwisata di Pur-balingga dan mampu me-ngangkat ekonomi masyara-kat. Meski di Banyumas su-dah ada waterpark Dream-land, namunkondisi air tidakseperti di Owabong.

"Kami ingin Banyumasdikenal dengan wisatanya,tidak hanya Baturraden saja,"ujar Didi.

Kepala DinbudparporaPurbal ingga Subeno menga-takan, pemkab selalu komit-men untuk mengembangkansektor pariwisata. SetelahOwabong, pemkab juga mu-lai menggarap objek wisata

Goa Lawa akan disialklnsebagai destinasi wisata yangunik dan menarik seperti goXdi kota Guilin, Tiondkok."

"Tahun 2015 ini,"pemkabmelakukan lelans, Deiail Ensi_nering Desain"(DED) GEaLawa, setelah selesai'DED,Pemkab fokus akan mem_bangunnya menyerupai goareed flute cave di kot; GuYlin

. Tiongkok " kata Subeno.

. Setelah Goa Lawa digarap,tidak menutup kem urigkii-r-kan nantinya Goa Lawa [idaklagi dikelola oleh Dinbudpar_pora, tetapi bisa dikelola oleh

semacam Badan usaha MilikDaerah.

"Hal ini juga sejalan cle-ngan surat edaran MenteriDalam Negeri yang mendo_rong tumbuhnya BUMDyang mengangka t potensi ke_unggulan daerah Uan mam_pu menggerakan ekonomimasyarakat serta berpotensimenirigkatkan pendioatandaerah," kata Subeno. '

Dirut PD Owabonq WisnuHaryo Danardono m6ng.,ng-ilpl.rn, kema j uan OwJboi!tidak terlepas dari kebiiakaXPemkab yang memberi'kele-luasaan kepada manaiemen.(hwo) '

*

di PurbalinggaPUN.-SAL-INCCA,SAIELIT-POST-Mempelaj ari kebii akanpembangunan Pariwisata,seiumlah Jnge.ora DewanPe-rwakilan R-akvat Daerah(DPRD) Banyumas melaku-kan kuniungan ke objek wi-sata dan Dinas KebudaYaanPariwisata Pemuda danOlahraga (DinbudParPora)Purba lingga, Selasa (3/3).

"Kami-mengakui, Pariwi-sata Purbalingga lebih maiudibanding dari BanYumas.Destin.rsinva tidak membo-sankan dai selalu menarik,"kata Didi Rudianto, anggotaKomisi D DPRD BanYumas.

n Dari hal 3

Dewan SinnuPariwisata di

dari dulu masih tetap. Batu-rraden paling ramai dikunju-ngi wisatawan lokal saat mu-sim libur lebaran atau musimsekolah.

"Baturraden kami akui daridulu perkembangannya te-tap. Belum ada terobosanyang menjadi daya tarik ter-sendiri dan menjadi ikon wi-sata Banyumas," kata Didiyang pernah mengelola birowisata selama 10 tahun sebe-lum menjadi anggota DPRD.

Didi mengaku ingin agar

alam Goa Lawa di Desa Siwa-rak Kecamatan Karangreja.

RAGIAN HT,II\,{AS SETDAKARIIPATF,N PiIRRAI,IN-GG,{

-\T:

Page 40: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

SEJUMLAHanggota

DPRDBanyumas

mengunjungiOwabong,

Purbalingga,Selasa (3/3).

:Z

$

f=

si Prot

nn W*rgpe Sarrfiark#ffi# ffim€mre#E ffiPffiffilain mengenai sikap pinlakyang tetap meloloskan SRsebagai perangkat, mesk-ipun ijazahnya bermasalah.Warga juga ingin semuayang terlibat dalam masalahini diproses secara hukum,"kata Makhayti dalam tun-tutannya.

Ketua Komisi I DPRD Pur-balingga, Sugimin, menga-takan pihaknya mempersila-

ES KAStr

@Belasar warga Desa Banjar-kerta Kecamatan Karang-anyar mendatangi gedungDPRD Kabupaten r)urbali-nssa, Selasa (3/3). Mereka da-tin"g untuk mengadukan kis-ruh-proses seleksi Perangkatdesa vans dinilai tidak sah.

Peiwafilan vsarga diterimar:leh Ketua Komisi I Sugimindidampingi anggota dan se-

iumtfi pejabat Pemkab Pur-balin gga. Selaniu tnYa, wargameniitakan aduannya diruang rapat kePanitiaan DP-RD.

Makhyati (42), mengakuatas nama warga PihaknYamempersoalkan hasil Prosesseleksi perangkat desa Yangdimenangkan SR untuk men-duduki - iabatan KePalaDusun (Kldus) IlI. Dia de-ngan tegas menYatakan hasil-nva tidak sah.

"'Ato, nama warBa, kamiberharap agar dewan danoemkab- bisa menindaklan-iuti proses tersebut. Karenawarla menginginkan ada-nya transParansi. Antara

kan pemkab berkoordinasidengan pihak kepolisian Ya-ng menangani kasus itu. "Ka-ml berharap agar masalah itubisa segera diselesaikan. Pa-salnya gejolak yang teriaditerkait proses seleksi Pe-rangkat desa bisa mengga-nggu kinerja dan proses Pe-mEintahan desa," kata Su-girnin..-

Kabag Tata Pemerintahan

Pemkab Purbalingga, ImamHadi mengakui kasus itusedang ditangani Polres Pur-balingga. Pihaknya jugamempersilahkan proses hu-kum tetap berialan.

"lika niemang terbuktiber-salah tentu yang bersang-kutan akan diberhentikandari labatannya sebagai Pera-nskat desa," katanYa (rare.-

-Y -a--:r -^-t

Page 41: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

4Fhco

-(sU)(soa(6O)o)C

-o'5L

o(!o-=oYocc(Loo)C

E$o(,o) -YD+:-.=o._6(uE'F--=61f,Eot.c=(Ex>c(E(t,0o)oco(U-a9Y6)dEE8_<OaoyooYE-oSo:ogo

(uFCr(tr=rD-63=o(ux(u5o)E=6iE'<tra6<xJYuJo6>

Page 42: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

SATMLIT[ISS-TRABU PAHING,

4 MARET 2OI5

KADES cendana, sujono (kiri) memberikan potongan tumpeng pada Ketua RT 2 RW. 1

dalam acara tasyakuran malam peresmian pos kamling RT 2 Desa cencjana, KecamatanKutasara, Purbalingga, Minggu (1/3).

Page 43: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

s.{r*$*iiijr rj

0Lr

SATELTTF-i}SrRABU

4 MARET 2O]5

JaEaA Suhar Akhirnya Ditemukan;;:ta$*suffiu-,,u.iJ ,nuffi paeas'matam (2113) sekitar' ;;;ift .id'tii a il;klil ffil;p;i r"1uoi'n,sekitar 500'-r*t"i r.""i"n,"rrtun. .lisao Suhlr langsung di bawa ke

=r''" '-"i' ':' " :-: ..: .:. . rumah duka untuk'di makamkan',,. ,...,, :.: .:':-

ttt :,i: :: : r t,

',1 " , S;l-.,,'1.,., ,.- ; . ,,.' .". " :::- . '' ,MULWAt YONO SE

,,.t' ..ttt ,,,_' . t

tr- '':I'::'

Koordinator Pos SAR CilacaP

PURBALINGGA, SATELITPOST-

H#JJ',r8ffi llSui:*;!I5?'";Maiatengah RT 6 RW ? Kemangkon'

ffii'Ililffiil:l:r-;Lt:f,#itr, t .. r r r, -,-----..^ :sudah tidak- b€rriYawa lagi'

"Iasad Suhar ditemukan Padq S-e.ry1

*uitm (2/3i sekitar pukul-1900lMB

ticlak ja uh dari tempa t kejadian,sekitar 500meter kearah selatan. Jasad Suhar lang-sung di bawa ke rumah duka untuk Eimakamlian," kata Koordinator Pos SAR,Cilacap, Mulwahyono SE, Selasa (3/3).'

Diberitakan sebelumnva, Suhar (35)diketahui hilang pada

-sabtrr \28 /2)

pukul 15.00.,Wib saat selesai bercocoktanam dari kebun. Waktu itu dia hen-dak pulang dengan nenyslrangi sungai

Seray,t yang sedang banjir."Saat menyebrangi sungai, Suhar

terpeleset dan langsung terbar,t'a arus'derasnya sungai Serayu," kata Kendar,Anggota Tim SAR Purbalingga.

Setelah mendapat laporan dari wargayang mengetahui peristiwa tersebut, Ialangsung berkoordinasi dengan me-lapor B.riarnas Pos SAR Cilacap untuksegera dilakukan pencarian- {rar)

Polisi Masih MelakukanPengembangan

KASUS dugaan pemalsuan i.iazah yangdilakukan oleh Kadus lll Desa Banjar-kerta, Kecamatan KaranganYar, SRmasih berlangsung. Polres Purbalinggaterus mengembartgkan kasus ini untukmencari adanya kernungkinan pihak lainyang terlibat.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal

(Satreskrim) Polres Purbalingga, AKP

Djunaidi, mengatakan saat ini pihaknya

tdtan memanggil Panitia seleksiperangkat desa dan kepala desa untuk

dimintai keterangan."Soal adanya keterlibatan mereka atau

tidak, kami masih melakukan pengem-

bangan," kata Djunaidi saat ditemui

Satelitptost diruangannya' Selasa (3/3)"i"'i,Ig; ."ngatiu sudah melakukan

o"irioir.rn Yaig mendalam Bahkan

fiir'il ;;;;"ii i""b"n"tan keaslian ijazah

EFi. ili;;i;: PenYidik sudah datans ke

ElilA D";i dartixa Jakarta selatan'

,""ro"t Oi mana iiazah tersebltt

clikeiuarkan. (rar)

Page 44: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

7

; ;;ilHtrffi I*4Y,;i:.e{fi,Ll{ IIIIHA$ $ET}A f l;tr#,4tit{i#,t -

'"'" Saqpr-,r:@*r*^*;**jiRABU PAHING,

*4 MARET 20I5

Persiffiangkrut,Pemain Hengkang

PURBALINGGA, SATELIT-POST-Kompetisi Liga DivisiUtama tak lama lagi akandigelar, namun krisis finansialmasih menghinggapi klubsepakbola Persibangga. AI-hasil, klub andalan KabupatenPurbalingga hi terancam di-coret dari ajang tersebut.

Krisis keuangan yang di-alami juga membuat bebe-rapa pemain Persibanggahengkang berpindah ke ktublain. Manaiemen sudah ticlakmampu membayar gaii

pemaln.' Pemain yang sudah resmi

hengkang -dari

skuat [askar|enderal Soedirman ini diantaranya Galih "Londo" TriHandoko dan Kosim, vangmemilih bergabung ke Per-sip Pekalongan. KemudiannLu "Ozi t"iulian kembalike tim lamanva PSIS Se-marang. sed angkan penjagagarr'a n;g SuchJim in, RizkYSetiawan, dan Inggit Pra-yitno bergabung dengan PS-CS Cilacap.

q; Saat ini skuat yang adasebagian meruPakan wajah

wajah baru . ;;MARTOYO

Manajer Teknik Persibangga

"Saat ini skuat yang adasebagian merupakan wajahwajah baru," kata ManagerTeknik Persibangga Martoyo, Selasa (3/3)

Pemain pemain baru ter-sebut sebagian hasil rekrutandari Persibangga Junior danpemain rnuda dari Cilacapyang dibawa oleh pelatihAlif Imam. Martoyo menga-ku, ia tidakbisa menghalangikepergian pemain-pemaintersebut, termasuk pemainasli Purbalingga. (rar)

Martoyo: Manajemen TidakTransparan

TERKAIT krisis finansialyang dialami sefak akhirmusim lalu, Martoyo me-nilai manajemen Persi-bangga kurang trasparandalam penggunaan danaselama satu musim lalu.Dia mengaku selama inipengurus tidak pernah

tahu penggunaan danaPersibangga.

"Keuangan tim-tim pe-serta liga naungan LPISmemang bermasalah. Tapipaling tidak transpar'ansipenggunaan anggaran ha-rus diungkapkan,"katanya.

Sementara, CEO PT Per-

sibangga Sportama, Rokh-man Supriyadi mengata-kan, satu-satunya solusiuntuk mengatasi krisis fi-nansial adalah menjual Per-sibangga ke pihak lainyang rnemiliki dana besar.Hasil dari penjualan ter-sebut selanjutnva bisa

untuk mernbayar Pemalndan mengikuti kompetisiberikutnya.

"Nah, masalahnya pe-mangku kebiiakan tidakmen[izinkan Persiba nggadijual. jadi kami menung-gu solusinya mau sePertiapa," katanya. (rar)

Page 45: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

a

KLIPING MEDIAP I ff IAl{ III]U,{$TUIDA PURBAITilO$A

Hfftllrft$ilm i *"0, pahins,4 Maret 2015

SMPN l Karan-gmonColBerj ayadi Kej uaraan

Galang Tangguh

PURBALINGGA - SMPN 1

Karangmoncol meraih duapredikat Tergiat I pada ke-giatan Galang Tangguh yangdigelar di Sekretariat Kwar-cab Gerakan Pramuka Purba-lingga, Minggu (1/3). Seko-lah itu meraih juara untukkategori Galang Adventuredan Galang Persatuan BarisBerbaris (PBB) Tongkat.

Untuk tergiat I Galang Pio-neering dan Galang Kreasimasing-masing diraih SMPN2 Purbalingga dan SMPN 1

Kejobong.Tergiat II dan IIi untuk Ga-

lang Adventure diraih SMPN1 Mrebet dan SMPN 1 Bo-jongsari. Tergiat II dan IIIGalang PBB Tongkat diraihSMPN 3 Purbalingga danSMPN 5 (A) Purbalingga.

Tergiat II dan III Galang Pio-neering diraih MTS NU 04Tamansari Karangmoncol,dan SMPN 1 Purbalingga.

Tergiat II dan III CalangKreasi masing-masing diraihSMPN 1 Purbalingga danSMPN 1 Kalimanah. SelainTergiat I hingga III, panitiajuga menentukan telgiat Ha-rapan I hingga III untuk ma-sing-masing kegiatan GalangTangguh.

i:, PenggalangKetua Panitia Anto Kus-

woyo yang jrga AndalanBina Muda PenggalangKwarcab Purbalingga, ffie-ngatakan, kegiatan diikutioleh pramuka penggalang disetiap pangkalan SMP danMTs.

Setiap pangkalan mengi-rimkan dari 24 orang pesertayang terdiri dari masing-masing delapan orang untukGalang Adventure dan Ga-lang PBB Tongkat, enamorang untuk Galang Pio-neering dan dua orang untukGalang Kreasi.$S ST-jie

.<>

Page 46: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

4>

GALANG TANGGUH :

An g got a pr amukn men gikut ikegiatan dalam Lomba Galang

T an gguh y a n g dis elen g gar akan

Kw ar c ab Ger akan Pr amukq

Purbalinggax; .

Fotoi foko Santoso

Page 47: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIIIIIA$ $MDA ruRBAINOOA

lwilryasan 1t

i Rabu Pahing ,4 Maret 2015

PengeloLaan Parkir Dikaji Utang

PURBALINGGA- Gurra mena-rik kembali minat pihak ketigamengelola parkir, Dinas Perhu-bungan Komunikasi Dan Infor-masi (Dinhubkominfo) Kabu-paten Purbalingga akan me-lakukan kajian ulang dan me-rumuskan kembali keselu-ruhan daerah parkir yang akanditawarkan kepada pihak ketiga.

"Saat ini kami sedang mela-kukan pengkajian. Barangkalisetelah hal itu dilakukan, adapihak ketiga yang berminat me-ngelola, karena sudah dilaku-kan dua kali belum ada yangberminat. ,"terang Kepala Din-hubkominfo Kabupaten Pur-balingga Jonathan Eko Nugro-ho, Selasa (3/3).

Jonathan menambahkary saat

r#&-,,ffi'

.;d#Foto: ST

Jonathan Eko Nugroho

ini pengelolaan pa.tiilugisedang dirumuskan kembali, se-

Terkait dengan penyesuaiantarif, Jonatan menjelaskan, bah-wa hal tersebut akan diper-timbangkan terlebih dahulu.Karena untuk menyesuaikantarif harus diperhitungkall mu-lai dari tingkat inflasi, sertakemampuan masyarakat jugamenjadi pertimbangan pihak-nya. "Namun dengan besarantarif seribu rupiah untuk kenda-raan roda empat/mobil danlima ratus rupiah untuk motorsesuai Perda. Kedepan target Pe-nerimaan dari pengelolaan par-kir akan kami tingkatkan. Se-dangkan target penerimaan dariRp 565. 700.000 akan diting-katkan dari jumlah terse-but,"imbuhnya. ;iiii

sr-rj

hingga diharapakan akan dapatmenarik minat berbagai pihakuntuk mengikuti proses lelang.

"Diharapkan, dengan meru-muskan kembali, dapat menarikkembali minat beberapa pihakuntuk mengikuti proses lelangpada saatnya nanti," tuturnya.

Menurutnya, berdasarkansurvey, potensi parkir di Purba-lingga sangat tinggi. Ada sekitarempat miliar, namun hai terse-but belum mempertimbangkanbeberapa komponen, sepertitotal lossnya da biaya hidupbulanan setiap juru parkir sertaprosentase yang harus tnasukuntuk pendapatan asli daerahGAD).

BAGIAN HUN{AS SETDA KABLIPATEN PI]RBALINGGA

Page 48: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

Rabu Pahing,4

KIIP{NG MEDIABAO I,{II III]TA$$BTDI PURBIIII{0$T

Maret 2015 Wa\^/asan

DPRD Banyumas StudiBanding FariwisataPURBALINGGA- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Banyumas melakukan studi banding pembangunan pariwisatadi Kabupaten Purbalingp;a, Selasa (3/3). Rombongan yang dipim-pin Anggota Komisi D Didi Rudianto AMd Par, anggota KomisiD DPRD Banyumas diterima oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pa-riwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Drs Subeno SE

MSi, dan Kabid Pariwisata Ir Prayitno MSi, di Aula Dinbud-parpora, Selasa (3/3).

Rombongan juga melakukan peninjauan ke kawasan ObyekWisata Air Bojongsari (Owabong). Kepala Dinbudparpora Sube-no mengatakan, Pemkab Purbalingga selalu komitmen untuk me-ngembangkan sektor pariwisata. Setelah Owabong, pemkab jugamulai menggarap obyek wisata alam Goa Lawa di Desa SiwarakKecamatan Karangreja.

Dirut PD Owabong Wisnu Haryo Danardono mengungkap-kan, kemajuan Owabong tidak terlepas dari kebijakan Pemkabyang memberi keleluasaan kepada manajemen Owabong untukterus menambah u,ahana dan berpacu menghadapi persaingan.t;i!: sT-Ti

Agung Ketua Pengkab TI Pr*rbalinggaPURBALINGGA - Agung Pra-tama terpilih secara aklamasimenjadi Ketua Pengkab TI(Taekwondo) Purbalinggamasa bakti 2015-2079. Dia ter-pilih secara aklamasi dalamMusyawaran Kabupaten LuarBiasa (Muskablub) TI Purba-lingga di RM joglo, Purba-lingga, Senin (2/3) sore.

"Saya akan segera memben-tuk pengurus yang dinilai me-miliki kemampuan untukbersama-sama. memajukantaekwondo di Purbalingga,"katanya dalam keterangannyaSelasa (3 / 3) d1 Purbalingga.

Adapun prograrn prestasiterdekat yang diusung olehPengkab TI Purbalingga adalahmenyukseskan gelaran PekanOlahraga Wilayah Kedu Peka-longan Banyumas (Porwil Du-longmas) yang akan digelarSeptember mendatang di Ma-

gelang. Sebab, katanya, taek-wondo digadang-gadang men-jadi penyumbang medalidalam ajang itu.

"Prestasi taekwondoin kitasedang naik. Mereka berhasilmeraih 11 medali dalam kejua-raan taekwondo di Kendal dan17 medali di Magelang bebe-rapa waktu lalu," ungkapnya.

;.?"{i Tingkatkan PrestasiSementara itu, Bambang Se*

tiawan yang sebelumnya men-jabat sebagai Plh Ketua TIPurbalingga mengatakan, de-ngan terpilihnya ketua TI yangbaru, diharapkan prestasi taek-wondo di Purbalingga semakinmeningkat. Pasalnya ia rnelihat,keseriusan pelatih dan du-kungan orang tua atlet sangattinggi.

Wakil Ketua Bidang Organi-sasi Pengprov TI |ateng ini me-

Agung Pratama

nambahkan, ke depan atlettaekwondo Purbalingga diha-rapkan bisa bersaing denganatlet-atlet unggulan dari daerahlain seperti Banyumas, Solodan Semarang yang menjaditiga besar di Jawa Tengah. i$sT-did

Page 49: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

Kt$p{ffiffi }-&ffiK}xA

XTT;i ii ltirlI[;ilr:; ,

1t''f[1,t''A$i&m 1

Rabu pahing,4 Maret 2015

:,{,111,1iiTPqi{'1iit: l tlli,iiil[i

+wrr Ki s ruFS e LekE i Pe rd es

Warga Banl arkerta

Aksi itu dilakukan untukmengadukan masalah kisruhproses seleksi perangkat desa.Perwakilan warga diterimaoleh Ketua Komisi I Sugimindidampingi anggota dan se-jumlah pejabat Pemkab.

Dialog digelar di Ruang Ra-pat Kepanitiaan GedungDPRD. Dalam kesempatan ter-sebut, perwakilan rt,arga, Ma-khyati (42), mengatakan bahwaatas nama warga pihaknyamempersoalkan hasil proses

Menfladu ke DPRDPURBALINGGA- Belasan warga Desa

Banjarkerta, Kecamatan Karan Sany ar,Kabupaten Purbalingga, Selas a (3 / 3)

mendatangi gedung DPRD Purbalingga.

seleksi perangkat desa. Menu-rutnya perangkat desa terPilihuntuk jabatan kepala dusun(kadus) III yang dijabat oleh SR,

secara hukum tidak sah. "Pa-salnya ijazah SMA yang ber-sangkutan dinyatakan palsu,"ungkapnya.

Diungkapkan, sejak awal ke-curigaan bahwa SR menggu-nakan ijazah SMA yang tidaksah sudah mengemuka. Na-mun Panitia Pelaksana (Panlak)seleksi Perangkat Desa tetaP

mengatakan pihaknYa mem-persilakan Pemkab berkoordi-nasi dengan jajaran kePolisianyang menangani kasus itu.Dewan berharap agar masalahitu bisa segera diselesaikan. Pa-salnya gejolak yang terjaditerkait proses seleksi Perangkatdesa bisa mengganggu Prosespemerintahan desa,

Kabag Tata PemerintahanPemkab Purbalingga, ImamHadi mengatakan kasus itu se-

dang ditangani Polres Purbaling-ga. Pihaknya mempersilahkanproses hukum berjalan. Jika me-mang terbukti bersalah tentuyang bersangkutan akan di-berhentikan dari jabatannYa se-

bagai perangkat desa. FF-L ST-T|

tidak menggubrisnya. Bahkanyang bersangkutan juga dinYa-takan lolos seleksi dan tetaP di-lantik awal |anuari lalu.

Dari hasil penyelidikan danpenyidikan ternyata liazahSMA SR yang sudah menjabatsebagai Kadus III memangtidak sah. Awalnya yang ber-sangkutan mengaku sebagailulusan sebuah sekolah mene-ngahswasta di jakarta. Namunbelakangan pihak sekolahmemberikan surat pernYataanbahwa SR bukan lulusan se-

kolah itu. 'lDia kini ditahan diMapolres dan dijadikan ter-sangkar" ungkapnya.

i+ KoordinasikanMeiiu"ggupi tuntutan war-

Irir:r+.sffi;1ed

/

MENGADU KE DPRD : Petwakilan warga Desa Baniarkerta

Kecamaton Karanganyar mengadu ke DPRD Purbalingg-a, S.elasa

G I 3 ). Mereka meilpeisoalkan-mengenai kistuh proses seleksi

Pirangkat Desa di'desa tersebut. ":'tfi'

Foto : f oko Santoso-Ti

Page 50: Kliping Berita Tanggal 3 Maret 2015

a

KttrHI{GMEDIABA0lll{ lll]ilfi$tflfDi HmBfrl;ffi

ffi