Top Banner
B:OMI{ [II}HJ{$.$OT},{ Pi}RBA}]Itrfiffi Radar Banyumas o Jumat wage 6 Maret 2015 Permililc BirilangGugm€ darkKPMP SatpolPP PURBALINGGA- Buntut penyegelan tempat karaoke Bintang di jalan Komisaris Noto Sumarsono purba- lingga terus berlanjut. Kali ini pemilik karaoke melalui kuasa hukum, pahotma Bu- tar Butar mendaftarkan gu- gatan perdata meialui pe- nga.dilan Negeri purbaling- ga, Kamis (5/3), Tergugat yaitu Satuan polisi pamong Praja dan Kantor pena_ naman Modal dan perizi_ nan Terpadu (KpMpT). Paliotma Butar Butar SH menjelaskan, surat gugatan bernomor AZ / p dt.G / 20li itu menggugat iangkah Sat Poi PP yang sudah menyegel tempat usaha kliennva. pa- dahal tempat usaha itu tidak pernah menerima peno- Iakan izin dari pihak terkait dan masih menunggu atau beiproses. "Saat klien kami sedang menunggu kepastian tu_ runnya izin operasional atau tidak karaoke itu, Sat pol pp melakukan penyegeian. Ka- mi tidak tcrinr a, karen a tidak masih Dalam waktu tunggr.r dan belum ada kepastian izin ditolak atau bagaimana," paparnya, Kamis (5/3). Seharusnya ada kejeiasan dulu penolakan izin itu dan ditedma kliennya melalui su - rat tertulis. Iika ada kepastian seperti itu, maka akan lebil: jelas dan tidak asal melangkah melalorkan pelryegelan. "Kita tinggal menunggu surat panggilan dari pe_ ngadilan. Biasanya me- netukan langkah mediasi dan kelanjutan gugatan ka- mi itui'tambahnya. Senada dengan gugatan ke SatPol PP, rLnruL IGMpT ju- ga diminta n:.er:nberikan ki: pastian terkait pedzinan ka_ rena selanra inipihaknr.a 1... 'lulnp('r'r1.: : dcrrlr:r ji . tulis mclltr:nn^ra -ttr :":i r ..J:.. ; iakan lzitr rrrrj .l ;ri:t. "Ikmi p.rr.lrr pe.p*ab Ialui instansi rerkait bcrLi.,- menolakizin. ]ustu yang dila- kukan penyegelan adalah saat klien kami menunggu ke- pastian perizinan," url(, Baru Izin TemPat K-e-b ugaran kapnya E &:a i'ral. 'tir r Pcmilil( Sambungan dari halaman 7 Kepala KPMPT Purbaling- ga, Mukodam menjelaskan, pihaknya tidak Pernah me- nyarankan agar temPat ka- raoke itu beraktifitas lebih dulu sebelum izin turun.' Sedangkan yang diminta beroperasi izin yang lain yang sudah dikantongi Pemi- lik, yaitu tempat kebugaran dan usaha berjualan. "Kami juga telah menjawab somasi pihak Bintang dan menjelaskan sesuai Permin- taann pemilik itu. Namun sesuai dengan pertimbs- ngan dan mekanisme yang ada, tempat usaha khusus karaoke belum bisa diizin- kan. Kecuali tempat usaha itu hanya sebatas fasilitas karaoke dan bukan komersil, seperti hanya hall bernya- nyi saat usai makan- ma- kan," katanya, kemarin. Seperti diketahui, bebe- rapa waktu lalu Sat Pol PP melaporkan pemiliktempat karaoke Bintang karena di- duga telah membuka atau merusak segel. Sat Pol PP melaporkan dugaan tindaan pidana itu kepada Polres Purbalingga. (amr)
51

Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

Apr 08, 2016

Download

Documents

humas

 
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

B:OMI{ [II}HJ{$.$OT},{ Pi}RBA}]Itrfiffi

Radar Banyumas o Jumat wage 6 Maret 2015

Permililc BirilangGugm€

darkKPMPSatpolPPPURBALINGGA- Buntut

penyegelan tempat karaokeBintang di jalan KomisarisNoto Sumarsono purba-lingga terus berlanjut. Kaliini pemilik karaoke melaluikuasa hukum, pahotma Bu-tar Butar mendaftarkan gu-gatan perdata meialui pe-nga.dilan Negeri purbaling-ga, Kamis (5/3), Tergugatyaitu Satuan polisi pamongPraja dan Kantor pena_naman Modal dan perizi_nan Terpadu (KpMpT).

Paliotma Butar Butar SHmenjelaskan, surat gugatanbernomor AZ / p dt.G / 20liitu menggugat iangkah SatPoi PP yang sudah menyegeltempat usaha kliennva. pa-dahal tempat usaha itu tidakpernah menerima peno-Iakan izin dari pihak terkaitdan masih menunggu ataubeiproses.

"Saat klien kami sedangmenunggu kepastian tu_runnya izin operasional atautidak karaoke itu, Sat pol ppmelakukan penyegeian. Ka-mi tidak tcrinr a, karen a tidak

masih Dalam waktu tunggr.rdan belum ada kepastianizin ditolak atau bagaimana,"paparnya, Kamis (5/3).

Seharusnya ada kejeiasandulu penolakan izin itu danditedma kliennya melalui su -rat tertulis. Iika ada kepastianseperti itu, maka akan lebil:jelas dan tidak asal melangkahmelalorkan pelryegelan."Kita tinggal menunggu

surat panggilan dari pe_ngadilan. Biasanya me-netukan langkah mediasidan kelanjutan gugatan ka-mi itui'tambahnya.

Senada dengan gugatan keSatPol PP, rLnruL IGMpT ju-ga diminta n:.er:nberikan ki:pastian terkait pedzinan ka_rena selanra inipihaknr.a 1...'lulnp('r'r1.: : dcrrlr:r ji .

tulis mclltr:nn^ra -ttr :":i r ..J:.. ;

iakan lzitr rrrrj .l ;ri:t."Ikmi p.rr.lrr pe.p*ab

Ialui instansi rerkait bcrLi.,-menolakizin. ]ustu yang dila-kukan penyegelan adalah saatklien kami menunggu ke-pastian perizinan," url(,

Baru Izin TemPat K-e-bugaran

kapnya E &:a i'ral. 'tir

r Pcmilil(Sambungan dari halaman 7

Kepala KPMPT Purbaling-ga, Mukodam menjelaskan,pihaknya tidak Pernah me-nyarankan agar temPat ka-raoke itu beraktifitas lebihdulu sebelum izin turun.'Sedangkan yang dimintaberoperasi izin yang lainyang sudah dikantongi Pemi-lik, yaitu tempat kebugarandan usaha berjualan.

"Kami juga telah menjawabsomasi pihak Bintang danmenjelaskan sesuai Permin-taann pemilik itu. Namun

sesuai dengan pertimbs-ngan dan mekanisme yangada, tempat usaha khususkaraoke belum bisa diizin-kan. Kecuali tempat usahaitu hanya sebatas fasilitaskaraoke dan bukan komersil,seperti hanya hall bernya-nyi saat usai makan- ma-kan," katanya, kemarin.

Seperti diketahui, bebe-rapa waktu lalu Sat Pol PPmelaporkan pemiliktempatkaraoke Bintang karena di-duga telah membuka ataumerusak segel. Sat Pol PPmelaporkan dugaan tindaanpidana itu kepada PolresPurbalingga. (amr)

Page 2: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KTIPINS MEDIAi$IA$ I{ll}dA$ $ET}A P[JRBA[I$$$*

Radar BarfyrfmaS oJum'at wage 6 Maret 2015

J-URBALINGGA - Masihminimnya kegiatan termasukproyek fisik, yang masuk keUnit Layanan Pengadaan(ULP), untuk di-upload padaLayanan Pengadaan SecaraElektonik (LPSE) KabuparenPurbalingga, langsung di-sikapi oleh Bqpati Purba-lingga Drs H Sukento RidoMarhaendrianto MM. Bupatimeminta kepada SKPD untuksecepatnya menyerahkandokumen lelang kepada ULPuntuk dilelang secara elek-tonik.

Hal itu, dimaksudkan agarkegiatan-ke giatan, terutamaproyek fisik di Kabupaten

Purbalingga bisa dipercepatkegiataanya. Sehingga, ketika

"Saya menargetkan Maretini, seluruh dokumen

Ielang kegiatan di '

Kabupaten Purbalinggasudah masuk ke ULP dan

dilelang

Sukento RidoBupati Purbalingga

SKPD Belum Serahkan Dolarmen LelangLebaran tiba masyarakat bisamenikmati hasil proyek yangsudah dianggarkan dalamAPBD 2015.

"Saya menargetkan Maretini, seluruh dokumen lelangkegiatan di Kabupaten Pur-balingga sudah masuk ke ULPdan dilelang. SKPD kamiharap secepatnya menye-lesaikan penyusunan doku-men lelang," katanya ketikaditemui saat mengunjungiULP Purbalingga di komplekruang bagian Pembangunan,kemarin (5/3). ke hat. 10

Ada Perubahan DED Pasar Bobotsari

r BumriSambungan dari halaman 7

mendatang. )adi, kemung-kinan besar 10 Maret sudahbisa masuk ke ULP, " ujarnYa'

Dia iuga menjelaskan, Pro-vek-proyek Yang gagal lela ng

iahun ialu, diPastikan akan

dilelang tahun ini. "Jem-

hatan Dukuh Limus dan

Jembatan Bautarbarangtinggal menunggu Penye-Iesiian dokumen di DPU

saia. Jembatan Gatot Su-

brtto sudah masuk ke ULP

dan dileiang. Sedangkan,proyek lainnYa termasuk

Pasar Bobotsari tinggal me-

nunggu waktu masuk ke

ULP," bebernYa'Dia rnenambahkan, khu-

sus Pasar Bobotsari ada

oerubahan DED, sehingga'f,etum bisa dimasukkan ke

ULP pada awal Maret ini'"Fokus kami adalah ProYek-proyek besar, sePerti jalan

dan iembatan, agar saatt.ebaian sudah bisa digu-nakan. Sehingga, masya-rakat Purbalingga di Pe-rantauan hisa i.kut menik-mati pembanguna di Pur-

balingga, saat Pulang kam-

nung," imbuhnYa,Seperri diberitakan sebe-

iumnya, meski buP ati sudahmemprogramkan Perce-oatan lelang. baru emPat

Legiatan yang masuk ke ULP'

Yafni, Iembatan Gatot Sub-

roto di Kecamatan Karang-

moncol, Pembangunan ru-

ang rawit inaP kelas IIIRSUD taPa Pertama, Pem-bangunan ruang rawat inaP

t<elai ttt RSUD rahaP kedua

dan DED PengembanganGoa Lawa. dari keemPatkegiatan tersebut baru Jem-

batan Gatot Subroto Yangsudah dilelang di LPSE,

sedangkan sisanYa masihdalam tahaP verifikasi do-

kumen di ULP. (tYa)

Page 3: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KLIPIffiG MEDIAi}10 l,{fi I{{J${A$ $B,TDA P[}RBAIIH$$*

Radar Ban5rumas o Jum'at wage 6 Maret 2015

PUTUTIRADARMAS

TANGKAP: PuPukPurbalingga.

yang berhasil di sita oleh petugas Polres

Pengembangan Kasus

Pupuk BerlaniutPURBALINGGA-Dugaan

penyelunduPan PuPuk ber-subsidi terus dikembangkanPolres Purbalinga. Saat iniPolisi sudah menetaPkansupir trukAG yang membawamuatan 8,5 Ton PuPukAmo-nium Sulfat (ZA) bersubsidisebagai tersangka.

Kapolres Purbalingga AK-

BP Anom SetYadji SIK me-lalui Kasat Reskrim PolresPurbaiingga AKP Djunaidimengatakan, Pengemba-ngan kasus PenYelewenganououk subsidi terus dilan-jr,tu". "TetaP akan kitakembangkan dan tuntas-kan," tegisnYa, kemarin (5/

3). r ke hal. 10

J\-/

Page 4: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015
Page 5: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KTXP{Nffi KIEDIhBJ; OIAI{ [I{JH,{$$$TD,{ PURBAtrfffr$*

Radar Banyumas o Jumar

PotensiTip orMerambalrDesa

KedepankanPengawasanPURBALINGGA- Mun-

culnya sejumlah kasus ter-kait penyimpangan danabantuan di desa dari pro-gram PNPM dan lainnyamembuktikan potensi tin-dak pidana korupsi (Ti-pikor) telah merambah de-sa. Bukkan hanya berpo-tensi di kalangan yang ber-pendidikan dan mbmegangjabatan penting.

Sebut saja sejumlah kasusPNPM di kecamatan Ka-rangreja, Karanganyar danIainnya. Langkah Kejak-saan Negeri Purbalinggauntukmengusut danmem-proses tuntas tipikor layakdidukung penuh di Pur-balingga.

"Melihat potensi itu, makapengawasan masyarakat soaldana b antuan yang masuk kedesa harus dikedepankan.Karena itu juga uang ma-syarakat dan bisa saja ber-potensi menjadikan pe-nyimpangan oleh oknumtertentu di desa," kata Di-rehur Institut Negri PerwiraPurbaiingga, Indaru Setyo-nurprojo, Kamis (5/3).Potensi untuk penyim-

pangan semakin tinggi ka-rena dana yang akan masukke desa tahun ini cukupbesar. Karenanya, selainperan masyarakat, instarrsiterkait;'uga harus lebih cer-mat dan terbuka dalam me-lakukan pengawasan.

"Kesiapan SDM di desaserta sistim pengawasanyang dilakukan masyarakat,

akan m e m-inim ili s a si a d a -

nya penyimpangan. Ha-rapannya justru menghi-langkan adanya penyim-pangan sampai ke korupsii'tambahnya.

Sementara itu terkait se-gera disidangkannya tigatersangka dugaan tipikordana usaha ekonomi pro-duktif PNPM desa MaribayaKecamatan Karanganyarmenunjukkan Kejari Pur-balingga tidak main- main.Kasus itu seharusnya men-jadi pelajaran berharga bagipengelola keuangan di desamendatang.Ia meminta partisipasi

masyarakat dalam okut me-ngawasi pengelolaan danpemanfaatan keuangan didesa ditekankan terus me-nerus oleh pihak terkait.Misalnya kepala desa, camatdan lainnya.

Kedepan, saat semua danabantuan desa turun dandikelola, tidak ada lagi per-soalan hukum yang mem-belit aparatur pemerintahandesa maupun secara umumpengelolanya. Kasus- kasusyang selama ini muncul kepermukaan dan ditanganikejari sampai final dinilaicukup menjadi teladan un-tuk tidak diulangi.

Diberitakan sebelumnya,berkas tiga tersangka kasusdugaan korupsi PNPMwarga Desa Maribaya Keca-matan Karanganyar siapdilimpahkan ke Penga-dilan Tipikor Semarang.Ketiga orang yang salahsatunya perangkat desa itudijerat pasal di UU Tikipor.(amr)

6 Maret 2015

Page 6: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KtIPTNffi MEDIAfr1ff iAl{ }{{,Ih{A$ $$TDA PIIRBALIH$$fl

R?ddf Elanyurnas . Lumat wage o Maret 2015

-PURBAI.IIIGGAEI(SPRES-

PANEN : Kepala BP2KP, Kepala,.Dintanb-unhut'

bl"tliitii kriu.u,i dan pejabat dinas pertantan

TNI dan Dinas PanenRaya di Meri

KUTASARI - Desa Meri KecamatanKutasari men-

,luoatka., apresiasi yang lumayan karena hasil pa-

"""" "rai ""iietas Situ Bigendit dan Mekongga' Ber-

,-u-l p"*"tintah desa, jajaran 5:ST 0702}ur-

L"Ut g^g" dan Dintanbunhut dan BP2IG memanen

il"H; di tut u, desa setempat, Kamis (5/3)'-R;i;-

rata total hasil panen dua varietas rtu

-;;;p; 6s,68 kuintal iengan lahan lebih 400

"ti"G*t salah satu varietas' Padi dengan usia

;;ft;i panen 110 hari itu menjadi P']lliI1"cmerrlut jit u., bagi petani yang tergabung dalam

kelomPok tani Marga Utomo"^'"ri", i, pi"tanbuihut Purbalingga' Zaenal Abi-

air, iln;"futkan, hasil pane-n raya ini "."klp-T"-

muaskan. Karena selain hasil yang makslmal' sera-

;il;;;n penyakit tanaman nyaris tak ada'^-?n""tu"u"yu, d'u varietas itu akan tetap

dijadikan pilihan petani' Karena selain masa tanam

,ri.re ,i.tstut luga tahan serangan-hama dan

;;;;rki.b"n gui a'tut'gan pupuk.berimban g'

irutitryu memuaskan," j elasnya' KuTl? (t11-l--.--f"outu BP2KP PurLalinggaa' Lily Pyr.rlati

*".#"f"tf."", untuk mendukung produktilitas

puii, p"tuni aidampingi penyuluh ia.pang^u?Iung

Iiup *.mb"rikan pem"ahaman soal teknis' Selain

ili;;;;i;ciollh p".so.'il rNI di setiap desa

"o" p"^,i"il-Babinsi' ke hal' 10

AM A R U LA ff / RA DA RMA S

Page 7: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

-Te ij unkan-l 9 P e r s o n el

I T]IISambungan dari halaman 7

"Harapannya hasil panensecara keseluruhan di Pur-balingga memasuki Maretini akan optimal. Karenaakan mendukung keterse-diaan pangan," ujarnya.

Danramil Kutasari, KaptenCahyadi menjelaskan, iatelah menerjunkan minimal

19 personilnya untuk mem-bantu petani dan beker-jasarna dengan penyuluhpertanian. "Peran aktif ang-gota TNI siap mendampingipetani dan penyuluh. Bah-kan kesiapan personil kamisudah menyesuaikan. Rata-rata sudah diberikan ke-mampuan oleh dinas terkaitbeberapa waktu lalu," pa-parnya, kemarin di lokasi.panen. (amr/adv/gus)

Anda memiliki unek-unek tentang ber-baoai hal demi perbaikan dan kemajuanPuibalingga yang penting tidak menying-ouno sara dan fitnah.ear5nya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081-327-333-778

Tarif Angkot Tidak JelasNuwun sewu pak Dlshub pbg, jan e tarif angkot nangpbg siki pira?punten08961 05701 1 5

Kesan Pelayanan RSPBG saya mengucapkan terima aksih atas pelayananlarisu(tlr dan'pihbk manajemen RSU HARAPANlBU.A.n keluargaibu Khumyati, belik-Pemalang

081 90365591 8

Taman Buat MesumPak buoati mohon diperhatikan, taman sebelah selatanpasar iegamas belirm resmi jadi malah udah seringbuat mesum

08574791 6046

Lampu Lalin Rusakuntuk kbupaten Purbalingg pelemptan gemuruh drarah gmruh lampu lalulints matijd tolong sgr deperbalKr085227714500

Page 8: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KilIPING I1/IEilIAtr"10t{$ I{t}${A$ $ET}A

Radar Banyumas . Jumat pahing 27 Februari 2O1S

---PU R BATI 1{ GGA EI($PR ES---

Ielang Penilaian Adipura,Satpol PP Razia PKL

PURBALINGGA - Dalam rangka penilaian Adipuratahap kedua (P2), petugas dari Satuan Polisi PamongPraja (Satpol PP) Kabupaten Purbalingga menggelarrazia terhadap sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) disejumlah jalan protokol, selama sepekan terakhir. Raziadifokuskan di zona larangan PKL dan sejumlah wilayahyang mulai disesaki oleh PKL tiban.

Dalam razia tersebut, petugas hanya memtrerikanperingatan dan imbuan agar para PKL tidak di-perbolehkan berjualan di atas trotoar. Sebab, jikaberjualan di fasilitas umum, maka akan mengganggupenggunajalan.

Kasi Pembinaan, Ketentraman dan Keterliban SatpolPP Kabupaten Purbalingga menielaskan, razia PKL initidak hanya dilakukan saat menj elang p enilaian adipurasaja, melainkan men;'adi kegiatan rutin. "Akan tetapi,menjelang penilaian Adipura ini, razia penertiban kamiintensifkan. Sebab, penilaian Adipura saat ini tidakseperti sebelumnya. Tim penilai bisa kapan sajamelakukan penilaian, tanpa memberitahukan terlebihdahulu," ujarnya ditemui di ruang kerjanva, kemarin (5/3).Dia menambahkan, razia dan penetriban perlu

dilakukan karena banyak PKL yang nekat berdagang didaerah zona Iarangan berjualan PKL. Selain itu, banyakPKL yang menyalahi aturan yang ada. "Menurut aturanPKL hanya boleh memakai sepertiga badan trotoar.Narnun, kenyataanya di lapangan hampir seluruh badantrotoar digunakan untuk tlerjualan oleh PKL," jelasnya.

|ika para Pi{- tetap nekat berjualan diatas trotoar, makapetugas tidaksegan-segan akan memberikan sanksi tegassesuai aturan yang berlaku. Sementara pihaknya jugaakan melakukan pengawasan terus terhadap para PKLselama menjelang penilaian adipura.Pekan ini, Satpol PP mengurangi intensitas razia,

karena agendanya "tabrakan" dengan kegiatan lainnyayang harus dilakukan oleh Satpol PP. "Razia akan teruskami gelar hingga penilaian Adipura selesai, " tambahnya.(tya)

ADITYAIRADARMAS

SITA : Tenda PKL berhasil diamankan oleh petugas SatpolPP.

Page 9: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

I

KIIffiISffi MEBIAfi :ffIAil [II}HA$ $ffi$A PIIRB*IIH$,$fr

Radar Baftyumas r Jum'atwage6 Maret2015

E-0fffceHemat Dana APBDPURBALINGGA - Peman-

faatan aplikasi E-Office diPernerintah Kabupaten (Pem-kab) Purbalingga bisa meng-hemat dana AFBD, untukadministrasi surat-menyuratdi satuan kerja perangkatdaerah (SKPD). Sebab, de-ngan E-Office bisa lebihmempercepat mempercepatp.roses surat -men),urat danmengurangi p emakaian kertasdi SKPD.Hal itu, diungkapkan oleh

Bupati Purbalingga Drs HSukento Rido Marhaendri-anto MM, saat memberikan

sambutan pada Pelatihan E-' OfficePemkab Purbalinggadi

Ruang Rapat Setda Gedung A' Komplek Setda Kabupaten

Purbalingga, Kamis (5/3). "E-Offi ce dapat menghematbiayauntuk kurir. Disamping itujuga untuk mengefisienkantenag4 ldlususnla tenaga kudrsurat. Mengingat kecende-rungan hampir di semuaSKPD menagalami kekura-ngan personili ujar Bupati.

Bupati menjelaskan, denganaplikasi E-Offce ada beberapamanfaat yang dapat diambit,selain mempercepat proses

surat lnenyurat dan mengu.-rangi pemakaian kertas. Yalcri,aplikasi tersebut bisa untukmeryrilnpan surat yang telahditerima maupun dikirimoleh selunrh pengguna dalamformat elektronik. Sehinggapengguna dapat mengaksessu-rat tersebut dengan mudahkapanpun dan dimanapaun.

Menurutnya, aplikasi E-Of-fi ce juga dimaksudkan sebagaisalah satu bentukperwujudanE-Govermen, yang bemr.;uanmemp eriancar kegiatan ber-kaitan dengan adminsirasiperkantoran. (tya)

Page 10: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

}{rnffi}$ffi }t'IffiffitAmitlAt$lj#[$$xT],{ p {JRB,ti;r$$$$

Radar BanyUmas o Jumat Wage 6 Maret 2015

18 Ketua PAC PDIFTerpilih Serentak

PAC BobotsariSempat TertundaPURBALINGGA- DPC

PDIP Kabupaten Purbaling-ga telah menggelar Musya-warah Anak Cabang (Mus-ancab) di jajaran PengurusAnak Cabang (PAC) di 18kecamatan pada Selasa (3/3) dan Rabu (4/3). Darihasil pelaksanaan, Musan-cab PAC PDIP berhasil ter-pilih Ketua PAC, sekretarisdan bendahara.Wakil Ketua DPC PDIP

Purbalingga Bidang Info-kom, Tongat SH menje-laskan, salah satu agendaMusancab adalah untukmemilih Ketua PAC. UntukDaerah Pemilihan (Dapil) I

Mimbarudin Lrerhasil ter-pilih sebagai I(etua PACRern bar: g, I{.erserl.r (KetliaFAC ifu r*ngmoncol), rXgi-i .;

Suntoro (I{etua F3"C Ker-tanegara) dan trArahudin(Ketua PAC Karanganyar).Di Dapil II terpilih Sagin

(Ketua PAC Pengadengan)dr Mulyadiyanto (KetuaPAC Kaligondang) dan Ba-y'u Widyatama (Ketua PA{)Kejobong). Dapil III terpilihIlra.,rv;r.ll {l{,.,:tr-ra PAC 13u-kaie.iai, Rasrai:,i {tr{etr.ra F.AC

Kemangkon) rlan Sutarr,vr-(Ketua PitC PurbalinggaJ.

"Dapil tV Hardi Jhon (KerurPAC Kalima nah), Hafi s ( KetuirPAC Padamara), Sahid (KetuaPAC Kutasari) dan Suwarno(Ketua PAC Bojongsari)i'terangnya. r ke hal. {0

Segara Dilaporkan ke DPD dan DPP

r 18 l(etua sepakatan musyawaran me-nentukan Ketua, Bendaharadan Sekretaris. Namun se-kitar pukul 14.00, akhirnyaberhasil disepakati rnelaluimusyawarah terpilih KetuaSamekto, sekretaris HeruPrayitno dan BdndaharaRetno.

Hasil Musancab akan se-gera dilaporkanke DPD danDPP PDIP |ateng. Tongatmenambahkan jajaran pe-ngurus PAC yang sudahditetapkan diharapkan bisamelakukan konsolidasi in-ternal dan menyusun pro-gramkerja.

Masing- masing kepengu-rusan secepatnya sedangdiusulkan menerima suratkeputusan dari DPD PDIP]ateng. Pihaknya sedangmenyusun usulan SK itudalam waktu dekat ini.(amr/gus)

Sambungan dari halaman 7

Dapil V terpilih MunjiWibowo (Ketua PAC Ka-rangreja), Wasis (Ketua PACMrebet) dan Agus (KetuaPAC Karangjambu). Me-ngenai Musancab PDIPBobotsari, menurut Tongatakan digelar ulang sebelumSabtu (7/3). Pasalnya hariitu utusan PAC akan di-undang menghadiri Kon-fercab DPC PDIP di Se-marang.

"Utusan PAC berjumlahtiga orang. Yang terdiri dariketua, sekretaris dan ben-daharai' ujarnya.

Sementara itu dalam pe-laksanaan musancab itu,PAC Bobotsari sempat ter-tunda pemilihannya. Pa-salnya belum tercapai ke-

Page 11: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KtIPINffi IWEDIAB: O iAI{ I{IJHA$'$TY}A PI,IRBAIIHfi ff A

Radar Banyumas . Jumat wage 6 Maret 2015

Curah Hujan Tinggi, petaniSayur Terancam Rugi

KARANGREIA-Tingginya curah hufan danharga_ s ayur-. uy,rru.,"ji tingtai pli"ii*", it,11na1n T"I.byut petani ,uyu.un mengalamikerugian. Selain harga yang anjlo( biaya priduksipetani saar musim hujan beriamUah ZOb persendari biaya produksi biasanya.

Para petani mengaku sejik musim hujan hargasayuran.terus mengalami penurunan. Bahko.r,harga cabai yang sempat tinggi Ianuari Ialu jugasaat ini juga mengalami penurunan.

, ?-u1r.n1"lu"an harga peiani sayrr di Agro Serang

oan Kutabawa tercatat harga cesim di tingkaipetani hanya Rp 1800-200b perkilogra_fryu,daun bawang hanya dihargai ssOo_iOoo-rlU"perKlogramnya. sementara itu, sledri Rp 1600_2000 perkilogram, kobis Rp S0O_I.0ti0 per_kilogramnya.

-Seme.ntara it,,,-harga wortel di tingkat petani

Rp 4 ribu perkilo-gram, pakcoi npf ribu per_krlogram, welok RpI500 perkilogram. Savur:u*ip^1i] Rp 1.000 perkitogram, riyu, seloLorItp I.000 perkilogram, criwis Rp 1.000 per_Krtogram, sayur buncis Rp 3ribu perkilogram,toTll Rp 2 ribu perkilogram, Ienca np iniUuperkilogram, slada darat Rp S ribu perkilo jru_sedangkan kapri.Rp 15 ribu perkiiograml

Kepala Desa Serang Sugito menjela-skan, saatp":iT hujln bi_aya produksi biasanya mengalamitamb ahan. Pasalnya, cahaya matahari tidak i:aksi_rnal ke tanaman sayu... Ai<ibatnya tanaman savurmenjadimudahterkenahama. kehal.10

Hujan, Harga Mengalami Penurunan

I GU]AII Sugito menceritakan,sejak musim hujan hargasa),uran memang menga-lami penurunan yang cu-kup dratis. Akibatnya pe-tani dibayangi kerugianpada masa tanam ini.(jok)

Sambuhgan dari halaman 7

"Hujan yang tinggi saatmalam hari juga kurangbaik untuk tanaman sa-yuran," jelasnya.

Page 12: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

1o:a;L

>G

=oLUT

(l,

EL(!

o)

o

i

tt(!

6)tt(E

L($

:r!fG

B.iLG

ooao..g

o(!

=@

l!(t)

=G

(L

(vo(Ec-

(EL

l!o(E

ELl!,x.g,

o.clctl!=.Y

trYozoo

ll

Page 13: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

dengan CaraKhasSAAT ini semakin rnudah

$eseorang menjalin per_temanan maupun bertemtiteman lama melalui ke-majuan teknologi. Mulaidari jejaring sosial, emaii danlainnya yang menjadikanjarak seakan tak berbatas.Demikian juga dengan te

r ke hal. 10

Ia[n Keakraban dengan Alumnlr ilifimati

fi .1ff iAl{ IIIJ#A$.$E?DA PiIRBA}rltr$$tRadar Banyumas o Jumat Wage 6 Maret 20.15

NilcnatiKop1

Sambungan dari halaman 7

man di lingkungan kerja,teman sekolah dan lainnya.

"Semakin banyak teman,banyak saudara. Beruntungsaya masih dikaruniai ba-nyakteman, mulai dari anakdidik saya, ternan sekolah,dan lingkungan. Semua adahikmahnya dan tetap men-dukung aktifitas kitai' kataSri Supriyatiningsih, guruBK SMP Negeri 4 Rembang.

Ia mencontohan, di alum-

ni sekolahnya, SMAN I13obotsari, jalinan keak-raban dengan sesama .a-

lumni sangat baik. Tak di-sadari ini sangat bermanfaatbagi semuanya. Misalnyayang akdn menjalin relasiuntuk bisnis, dan bidanglainnya, bisa saling bertukarinformasi.

"Diantara hikmah banyakteman banyak saudara ten-tunya untuk hal yang baik-baikdan menjalin relasi sertakekeluargaan. Namun prin-sipnya, saling berbagi pe-ngalaman keberhasilan usa-

ha dan lainnya serta mem-berikan tips menghadapicobaan usaha itu," tambahwanita berjilbab ini.

Ibu pemakai kacamata inijuga menegaskan, saat ini dikomunitas alumninya se-dang menerapkan sejumlahprogram untuk kemasla-hatan bersama. Mulai daribidang kesehatan, ekonomidan lainnya. Karenanya,adanya jaiinan pertemananyang kuat, kerjasama akanterwujud dan manfaatnyajuga dirasakan bersama.(amr)

Page 14: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KLIP{Nffi MEDMfr :OIA}I III]MA$$$TDA P[}RBAIJ$$$*

Radar Banyumas o Jumat Wage 6 Maret 2015

Oleng, Vario Ditabralc Y etzaBOIoNGsARI-Duape-KejadianberawalsaatmotorBeruntungsaatkejadian

ngendara dan satu pembon- Hondavario melaju dari arah berlangsung warga yan€l me-

cengsepedaniotoryangrne- Bojongsari ke Purbalingga' lihat langsutg T^?LT'Ia";;";f*b.akanrliiarik"anke Saat b6rada di Jalan Brobot- ketiga korban ke RSUD Pur-

RSUD Purbalingga, Kamis (5/ Purbalingga, tiba-tiba motor balingga sehingga bisa cepat

s)-pugi.K"tisunllmenhalami yang dikendarai Sri riti Les- tertolong.

Iuka ringan ,",,ur,u.u Jua iari"tiba-tiba oleng ke bahu - Kasat Lantas Polres Purba-

sepedariotorrusakberat. jalan. Iingga' AKP Sudarsono SH--fepeau

motor Vario berno- Belum sempat menguasai MH, melalui Kanit Laka Iptu'

moi pollsi R 2336 FV yang laju sepeda motornya, tiba- Aan Haryawan SH YH Pu-dikendari Sri Titi r-.rturiiigi tiba diri arah beriir.t'anan ngatakan, tidak ada korban

;;4nfi170t D"r; [;1 muncul sepeda motor Versa dalam kecelalaan-tersebut'

i;d"", A;*u,u, Bojong- dengan kecepatan60kilome- Namunakibatffibrakanketiga

sari d.itabrak oleh.N.tasthir terplrjam. Karena jarakyang korban mengalami luka me-

Khabib (30) warga RT 03/02 sudahdekatpengendaraver- rnarpadabagian.'

O*rurru;"rrfidriK".ur,,utu. zayat'g bertoniengan de- - AanHaryawanmenambah-

kepit, #onorono yurrg--"- "gu1 fr alfu., Alfarisl (27), kan, kondisi jalan Brobot-

"g!.i"r"i r"pedu rnoto. Ver, tif,ak bisa menghindar dan Purbalingga selalu ramai.sa-at

,ia*.rgu, nopol aa oZgo fp. terjaditabrakan' pagi dan sore hari' ke hal' 10

PastiIian-Keiidaraan Tidak Rus ak

Sambungan dari halaman 7

pat kerja.Kanit Laka menghimbau

agar para pengendara was-pada dan hati-hati saat me-Ialui jalanan ramai. "Selaluwaspada dan pastikan kon-disi badan fit serta sepedamotor tidak ada kerusakan,"katanya. (jok/gus)

Pasalnya, pada jam ter-sebut jalan ramai olehanak-anak sekolah danpara karyawan p abrik yangmenuju sekolah dan tem-

Page 15: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

RINGSEK : Sepeda motor vario rusak berat setelah terlibat kecelakaan.

Page 16: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

#:ffIfr$ }{l}H,{$ $E?}A PiJRBAtrtr$$$

ivtanai emen P ersib anggaDimintaTransparan

Manajer Teknik Persibang sihberlangsungmusimlalu,

selama ini pengurus tidak tangan.Sayaharusmemutarpernah tahu penggunaan otak bagaimana agar.anak-dana tersebuf. Tak heran anak bisa bertandingi' ung-jika sejumlah pemain satu kaPnYa.per safu pemain mulai me- Terkait dana untuk ope-ninggalkan tim Lasakar rasional klub pada musimJendral Soedirman tersebut kompetisi ini, NIarloyo me-karena gaji yang belum di- minta kepada P'I Persi-bayarkan.- - bangga Sportama untuk

"Bahkan beberapa kali rnengambil langkah nyata'pertandingan saat liga ma- "Selama ini manajemen

Radaf BaffyffmaS o Jumat wage 6 Maret 2015

Soal Penggunaan ga, Martoyo mengaku jika manajemen seolah Iepas

DanaMusim LaluPURBALINGGA - Krisis

keuangan yang tengah di-alami Persibangga Purba-lingga terus menjadi po-Iemik. Kini, manajemenPersibangga didesak untuktransparan perihal peng-gunaan dana selama satumusimlalu.

terkesan cuci tangan' Ma-najemen seperti lari daritanggung jawab terhadaPperioalan keuangan klub,"kata dia.

Dia.melihat sosok Yangpaling bertanggung jawabterhadap masalah Yang ter-jadi pada Persibangga saatini adalah komisoner danCEO PT Persibangga SPor-tama. Keduanya adalah mo-tor utama klub untuk men-

- Untuk diketahui, Pemainyang sudah resmi hengkangdi aniaranya adalah Galih"Londo" Tri Handoko danKosim yang memilih ber-gabung ke PersiP Peka-longan. Rizki "Ozil" Yuliankembali ke tim lamanYa PSIS

Semarang. Penjaga gawangSuchaimin, Rizky Setiawan,dan Inggit PraYitno ber-gabung dengan PSCS Ci-lacap. (rus/uje)

cari dan mengelola dana."Saat ini di tim Persi-

bangga sebagian besar wa-jah baru yang direkrut dariPersibangga Junior sertabeberapa pilar musim laluyang tidak mungkin Pindahtim, karena, terkendala se-

kolah dan pekerjaan. Si-sanya pemain muda dariCilacap yang,dibawa olehpelatih sementara Alif I-mam," katanya.

Page 17: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

ffitpxr$ffiMEDmfiI0t tI{ }{[JH,{$.$HT}$ Pi}ftBAil$$$*

R.d.r Banyrmas

Kamis Pon, 5 Maret 2015

RampokI(uras

AlfamartPadamara

Kasir Ditodong Golok

PURBALINGGA - Kawananperampok menYatroni mini-

-arkei di Purbalingga. Kaliini, minimarket Alfamart 24

jam di |alan RaYa Padamara,Desa Padamar, KecamatanPadamara, Yang jadi korban'

Rabu (a/3) dini hari, duaorang peramPok bersenja-takan golok berhasil meme-nguras uang Yang berada dikisir. Selain uang, ramPokjuga membawa Puluhan sioP

rokok berbagai merek danponsel milik kasir'

Berdasarkan keterangan sak-

si mata, kasir minimarket

RMAS

jadijambuka 24DISATRONI RAMPOK : Alfamart Padamara yang

sasaran dua orang PeramPok'

Miftahudin (21) warga RT 5

RW 3 Desa Bumisari, Ke-camatan Bojongsari, malamitu sekitar Pukul 00.30, duaorang yang berboncenganmenggunakan sePeda motor

Yamaha Mio Techno warnasilver datang dan memarkirkankendaraan di halaman mi-nimarket. Satu orang turundan satunYalagi menunggu di

Iuar. > ke hal 15

10 Menir Bamnofi

Sambungan dari hal 1

"TernYata begitu didalam,dia langsung menodongkangolok kJsaya' SaYaY*$.d|3"keadaan ketakutan dl$nngdan disuruh masuk ke gu-

dang' katanYa kePada Polisi'SairUit mengawasi kasir di

gudang, seorang Pelaku ke-

mudian menguras uang Yangada di laci kaiir dan Puluhanslop rokok. Pelaku juga me-minta domPet dan telePongenggam milikkasir

Setelah m endaPatkan Yang

t geraksi Langsung I(aburdiinginkan, Pelaku keluar' Ia

kemudian kabur bersamatemannya Yang sejak'tadim enun ggu di halaman Parkir'Pelaku kabur ke arah barat

menggunakan sePeda motor'

"Keiidan san gat cePat, sehtar

I0 menit. Pelaku langsungkabur ke arah Purwokertoi'katarua.

Setetah PeramPok Pergi,Miftahudin kemudian me-

laoorkan kejadian tersebut ke

Polsek Padimara' Polisi ke-

mudian datang ke lokasi ke-

iad.ian melakukan olah temPat

teiadian Perkara (TKP) dan

m6minta keterangan dari

saksi.Kaoolres furbalingga AKBP

Anom Seryadii SIK melaluiKaoolsek Fadamara AKP I-

mam HidaYat SH menga-takan, akibat dari PencurianJ"ngun kekerasan (curas),

keru"eian materi Yang dialamidipeikirakan mencaPai RP 8,3

iuta.' Kaoolsek menambahkan,kasus masih dalam PenYe-lidikan dan Pengembangan'iiS"*osu Polisi bisa bertindak.eoat d'an menan gkaP Pelaku'Rekaman CCTV juga sudah

dibawa ke Polres, " ielasnYa'(iok/sus)

Page 18: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KLIPING MEDIA

sl,*mfitr{ilHmffiKA

JUMAT,6 MARET 2015

Rido Marhaendrianto menargetkan, tahun ini

tomya."Surat-menyurat, adminis-

trasi perkantoran, dan disposisibisa dilakukan hanya denganmembuka internet. Tak perlubolak-balik mencetak dan men-gantarnya ke kantor lain,"katanya.

General Manager PT Tel-kom Indonesia TbkWilayah Ja-

teng Barat Selatan, Arif Nurja-yanto, mengatakan dari wilayaheks-Karesidenan Banyumas,baru Purbalingga yang menerap-

kan e.office dengan mengganldgqg Telkom. Meskipun demi-kian, diperlukan waktu, tenaga,

dan pendampingan yang intens

bagi pimpinan SKPD dan staf.

"Semua SKPD terhubungdengan jaringan intemet, sehing-ga koordinasi antardinas bisaterus dilakukan. Kami memban-tu pemda," katanya. (H82-63)

e* Qoveffi fftefif sudah diapli kasi kan di I ing ku ngan

Hal ini sesuai Inpres Nomor3 Tahun 2003 tentangE-Govern-ment berbasis elekronik untukmeningkatkan pelayanan pub-lik.

"Saat ini administrasi dansurat-menyurat harus pindah keelekffonik," kata dia saat mem-buka pelatihan E-Offrce di ruangrapat Setda Purbalingga, Kamis(5/3), dengan peserta para pe-mimpinSI(PD.

Penerapan e- governmenttersebut memiliki banyak ke-unggulan, antara lain dari segikecepatan, biaya, dan penyim-

panan data. Oleh kmena itu, pe-

latihan tersebut agar pimpinanSKPD mampu mengaplikasi-kannya, minimal penggunaansurat elektronik dan diturunkankepada para bawahannya.GandengTelkom

Kepala Dinas Perhubungan

Komunikasi dan Iqformatika(Dinhutkominfo) Purtialingga,Yonathan Eko Nugroho, menga-takan pihaknya menggandengPT Telkom untuk pelatihan itu.Tujuannya agar pimpinan SKPDbisa mengairlikasikan manaje-men berbasis eleltronik di kan-

Page 19: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

{}

P E LAT IH AN E - G O V E RW M E N T. : B ryp qt i,; Syke. nt o

Rido Ma:rhaend,riarlto' (prttih) bsri abat tangan dengan

perwakitatPTTetl<omdfu :pelatihan&Offi qe,d.l4'an7

rapatSitdriPurbalin$gq,,Katnisl1B), (93) r' ;:' )'

Page 20: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

${tIP{Nffi MflT}iA#:ff IAI{ I{{JHA$ $$TDA PI}RBAIII{fi$*

ilIffiffiMHH&

JUMAT,6 MAREI 2OI5

PAD 2014 Melonjok 119, 17 Vo

PURBALINGGA - Ang-garan pendapatan pada APBD2014 Kabupaten Purbalinggaterealisasi Rp 1,345 ffiun.,Ang-garan pendapatan ini ditopangdengan peningkatan PendapatanAsli Daerah (PAD) Rp 202,59miliar atau meningkat ll9, 11 Vo,

dibanding 201 3. Dana perimban-gan juga naik 100,4 Vo atauRp868,37 miliar dan pendapatanlain-lain sebesar Rp 275,6 mltaratat97,O3Vo.

tsupati Sukento Rido Mar-haendrianto saat menyampaikanLKPJ 2014 padarapar paripumaDPRD Rubalingg a Jumat @ D),mengatakan selama 2014 terdapatsisa lebih perhitungan anggaranRp 169,28 miliaa berasal dari sur-plus anggaran Rp 73,78 miliar danpembiayaan netto Rp 95.5 miliar,sefta penghematan karena sejum-lah kegiaun gagal lelang. Terdapat214 kegiatan, terlelang 189kegiaa& gagal lelang 19 kegiatandan tidak dilelang 6 kegiatan.

Di mana pembiayaan infra-struktur sebesar 34,08Vo daitotalbelanja langsung APBD 2014atau sebesar Rp190,693 miliar.Adapun realisasinya 88,52Vo.

Capaian sepuluh programlainnya dinilai menggembirakan.Di bidang pendidikan, denganalokasi anggaran Rp 82,979miliaratau.14,837o, angkakelulu-san mencapai 99,9Vo, pnyeleng-garaan PAUD mencap ar 57 ,70To.Peningkatan guru yang meme-nuhi kualifikasi SI/D-IV sebesar87 ,7Evo. Serta rasio jumlah SDdenga.. jumlah penduduk usiapendidikan dasar l: l4l.

Bidang keseharan dan KB,pada 2014 dialokasikan Rp130,684 miliar atau 23,36Vo dali:total anggaran belanja langsung.Pembangunan diprioritaskan pen-ingkatan kualitas layanan kese-hatanunmkseluruh

Petumbuhan penduduk dini-lai cukup terkendali, yakniO,3l7o. Dalam bidang pertaniantahun lalu, terjadi surplus 34.154ton beras. Dari luas lahat36.l49hektare, produlai pertanian men-capai I 10. 1 63 ton beras. Sektorinimenyumbang (PDRB) 29,92Vo.Peningkatan kapasias dan k-uali-tas infrastruktur pertanian terusdilakukan.Percepatan Pembangunan

"Program pembangunanperdesaan pada 2014 menda-patkan poni 76,43 Va *at sebr;swRp 91,946 miliar. Dana tersebutdigunakan untuk percepatanpembangunan yakni PNPM MD,MP3KI, P2KR PSPR Gakin,TMMD,ADD danAAK, Ban-tuan Permodalan RT, serta Pam-simas dan Sipas," katanya-

Untuk pengembangan IJM-KM dan Koperasi, dengan ang-garan Rp 132 juta atau},l3 Vo,

sebanyak l7 1.5ffi bisa mengger-akan sebagian besar ekonomimasyarakat. Sektor perdaganganjuga meningkat dengan kon-ftibusinya tertradap PDRB sebesar16,95%o dengan nilai ekspor Rp1,877 triliun. Alokasi anggaranb3lanja langsung urusan perda-gangan Rp 8.miliar atau sebesarl$37o dantotal anggaran belanjadaerah langsung APBD 20 14.

Di bidang ketenagake{aan,

pada2014 UMK Rp 1,023 jutaatau naik I4,lVo dibandingkan2013 sebesar Rp 896,5 ribu.Jumlah tenaga kerja terserap4.450 orang. Adapun untuk kepe-sert€uul BPJS Ketenagakerjaan.dalamhsaran 3 I .3 I 7 pekerja auu68,34Vo dari keseluruhan pekerjayangada.

Total dana untuk pengem-bangan investasi dan pembangu-nan ketenagake{aan sebesar Rp3,23 Miliar atau 0,58 Vo dari rotalanggaran belanja daerah lang-sungAPBDThhun2014.

Pembangunan pariwisata danseni budaya PDRB 2,11 7o atzuRp 9,18 miliar. Pengembanganpariwisata difokuskan padapengembangan objek wisata.pembinaan seni budaya daerah dimasyarakat dan siswa sekolah.Untuk mengembangkan sektorpariwisata dan seni budaya,Pemkab menyediakan dana Rp4,7 tJ0dltar atau 0,84 Vo dai totalbelaqja langsung APBD 20 14.

Sektor lingkungan hidupdifokuskan penanggulangan pen-cemaftm dan kerusakan lingkun-gan, pemeliharaan daerah aliransungai, serta pelestarian sumberdaya genetik Pembiayaan sektorlingkungan sebesar Rp 2,99miliar atau 0,53 Vo dari totalanggaran belanja langsung 201 5.

Adapun tata kelola pemerin-tahan daerah yang baik (reformasibirokrasi), juga terus digencarkan .

hogram ata kelola pemerintahanmempercleh an ggwan 4.8 1 % dantotal anggaran belanja langsung2015 atau sebesarRp 26,89 miliar.(rD8-63)

Page 21: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015
Page 22: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

ffilFIruffi fdfffit}mfl:ff IA$ III}HA$'$ffiilA P{JABAII$$$M

SUNMA ilIENIIEKfiJUMAT,6 Maret 2015

RSIJDGoEtengOptimfu frs-MeniadiTipeB

... PTIRBALINGGA-RSUD

* dr Goeteng Tarunadibrat4 opti-ft'mistis akan menjadi rumah sakitgdne p"lada..ST ioi Berbagai

_l:Perslapan dtlakukan, termasuk'+!4$l** pelayanan, administrasi,

ffitlna prasarana, dan penyedi-aan Srkter spesialis.

Kabid Pelayanan RSUD,Hermanto, mengatakan berba-gai persiapan telah dilakukan,antara lain menambah dokterspesialis.

Hal itu untuk memenuhisyarat akreditasi. Setiap rumahsakit tipe B harus.memilikiempat dokter spesialis dasar,yaitu anak, bedah umum, pe-nyakit dalam dan kandungan.

"Sekarang ada tiga dokterbedah umum, tiga dokter dahm,dua dokter kandungan, dan 1

dokter anak. Untuk dokter anak,kami ada penambahan satuorang lagi," ujar Hermanto.

Hermanto menambahkan,pihaknya setidak+idaknya ha-nya menambah tujuh dokterIagi, termasuk spesialis jantungdan paru, serta spesialis gigi.

"Sehingga dengan menjaditipe B, pelayanan menjadi lebihbaik lagi. Dampakrya bagi ma-syarakat menjadi lebih baikkarena tidak lagi perlu ke RSUDMargono di Purwokerto,,'ujamya.Sarana dan Prasarana

Kasubag TU Mulyanto, me-ngatakan selain menambahdokter spesialis, juga perludiperhatikan kesiapan saranaprasarana dan segi pelayanan-nya.

RSUD juga sedang mengi-kuti akreditasi Joint Commis-sion Intemational (JCI). Akre-ditasi JCI sangat ketat, salah sat-unya rumah sakit harus bebasdari puntung rokok. Kalau adapuntung rokok, bisa langsungdidiskualifikasi.

'TCI juga melapng anak dibawah 12 tahun masuk RS ke-cualiyang sakit. Untukitu, kamimohon maaf kepada masya-rakat, karena aturannya ketat.Pintu rumah sakit kami tutup,kecuali jam besuk," ujarnya.(F10-63)

Page 23: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KffiPrruffi MffiffiXAHffIAI{ }{ilHA$.$BTD$ Pi}HBAIIff$#*

streffiA ffiffiffimffi{e

JUMAT,6MARET': I15

Museum Usman Janatin Akan DiresmikanPt flBALINGGA - Museum Usman Janatin di Desa Jatisaba,

p-ablu (ZlQ akan diresmikan oteh Bupati purbatingga Sukento RidoMarhaendrianto. Seluruh foto dan piagam penjf,argaan UsmanJanatin, akan dipajang di museum tersedut. pbresmian akan dihadirisejumlah pejabat sipil, TNt, dan potri.(F10-63)

Pembina TPQ Peroleh Pelatihan

KARANGREJA - Para pembina Taman pendidikan Atquran{TPO) di {abyRatgn Purbatirigga diminta untuk mendidit< sanirinyasecara profesional.

"Pembinaan TPQ harus profesional. Untuk itu para pembinanyarySa qlyq minta untuk mendidik santri secara !rote6ional,,, kataBupati Sukento Rido Marhaendrianto.

_ Pi"Ilng?takan hal itu saat membuka kegiatan Training ofTrainer ffoT) Ustaz dan Ustazah Tpe se Kabupatin pur,lcatinggi, diaula Balai Desa Serang, Kecamatan Karangreji.

Ketua Panitia Abdut Roub, menjetaJkah kegiatan ini ditak-sanakan oleh Badan Koordinasi (Badko) Tpe se KabupatenPurbalingga,

. Tujuan.kegglan adalah untuk meningkatkan kompetensi ustazdan ustazah TPQ, meningkatkan semingat para [embina dansemangat pembelajaran di Tpe," tuturnya.(F1 O-be)

Page 24: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

i{ffiffr;qffi Ih{ffii}re#;1$t,{i$}{tjHa$$ffi$$

Vario Vs Verza, Pengendaradan Pembonceng Luka-Luka

BOJONGSARI - Ta-brakan motor dengan motor,terjadi di ruas Jalan purba-linga-Bojongsari, di DesaBrobot, Kecamatan Bojong-sari, Kamis (5/3) pukul06.30.Tidak ada korban jiwa, tapipengendara dan pemboncengmengalami luka-luka.

Kecelakaan tersebut te{ a-di akibat Honda Vario R-2336-FY yang dikendarai SriTiti Lestari (29) warga DesaKajongan, Kecamatan Bo-jongsari, yang melaju dariarah utara terlalu ke kanan me-lewati markajalan.

Pada saat yang bersama_. an, dari arah berlawanan me-laju Honda Yerza AA-6190-FP yang dikendarai MasturKhabib (30) warga Desa Kra-jan Kidul, Kecamatan Kepil,Wonosobo.

Karena kedua sepedamotor itu melaju cukup ken_cang, tabrakan pun tak tere_lakkan.

Par.a pengendara danpemboncengnya terlempardari motor. Sri, pengendiraVario mengalami luka memardi matakanan dan nyeri di jaritangan kanan. Adapun Mas_tur, pengendara Verza dan M

. A-lfan Alfarisi (27) pembon_cengnya, mengalami lecet_lecet. Adapun kondisi motorVario rusak parah.RawanKecelakaan

Para korban kemudian di-bawa ke RSUD dr GoethengThrunadibrata, untuk mendi-patkan perawatan. Adapunkendaraan yang rusak itu, di-bawa ke Satuan Lalu Lintas(Safl antas) Polres purbaling-ga.

Kepala Unit KecelakaanSatlantas Polres Puibalingga,Inspektur Satu Aan Hariya-wan, mengatrakan lokasi kece-lakaan merupakan salah satutitik rawan, kargna jalurnyayang lebardan lurus.

Selain itu saat terjadi kece-lakaan, kondisi jalan ramaikarena bertepatan berangkatsekolah dan buruh pabrik.

"Karena itu saya berpesankepada masyarakat untuklebih hati-hati, terutama dijalur yang ramai. kbih baikpelan tetapi selamat. Selainitu, kepada masyarakat jang-an mengendarai motor se-belum memiliki SM, sebabsalah satu korban, Sri, tidakmemiliki SIM," karanya.(H82-63)

Page 25: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

cl

Eoo

dB

=\4,..-

4iN

tLt.*I\IIBtNIS]SE-INE6

IHts*rS

"Y:e

&E ar6^E&SHM

E *sx fa: ^3sE N\Jl; tr-E'\ESts#\xffi *8.-iEsi 9 ^F!,8 J) Affi EXi4'ffiv%hj 'ts '+" SE

!'FEL

& saAUAUTAxt*X t3-Y&PA*sVN%ds.\)Evha.sp(J "}J

=.\J. .;fi:::=, '. (J

E.Q<ll

:.M.E:".: E E

.,1:, I v

.;l *'E--,: \ =.- v H"

.'-.: <( :!'-;:: ad 6rl-i 5'O

+:i-5: E A

-,,\-l.>:

k,r-""

Page 26: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

${ilffigr.{ffi ktffiffitAffi ,1 $IAHJ{ I IHr{$$ET}A PIJRBAI;Iffi$#$

$UARA MEffiBEHAJUMAT, 6 MARET 2015

fl,nSALE I@lt: Jarget penerimaan pajak biimi Arr bargrrryi,pudraai,-tper*tr;iiip.$B-P2)iiiiruri20i4icrieunpaui.Target,peneri-rnaan dalamAFBD 20 l4,Ep 1 3,8 miliar, tercapai Rp W.A26.n 1.852 atalrsetara dengan 101,64 persen. "Pada tahun 2014 jurnlah pokok ketetapanPBB-P2 Rp l4.U+.nl.la6. dengan-iumlah realisasi penerimaan pkokketetapan Rp 14.026.2'7t.852," kataKepala Dinas Pengelolaan danPenaimaan KekayaanAsetDaerah (DPPKAD), YanuarAbidin, kernarin.

Dengan demikian terdapat piu^tang sebesar Rp 18.165,344. Piutar-rg

tenr:t-rit iiiei:ripakaii piurang dari perusairaan ieiekomunii<asi yang mem-bangun menara telekommikasi di Purbalingga" Adapun paragihan kepa-

daperusahaa{t telokumikasi di}alaltcan o}ehD?PKAD. Tixhatlap piutaagitu DPPKAD terus hanrpaya delgan berbagai cara dan dilalarkan secara

intersif, "sqmpai saatinipi$argtersebut,banyatersiiaRp 6juta atar005penen, sehingga krarhi optimistis sisa piutang tersebut akan dapat te@gihseiunrtuiya pada talnur itri." katariya-

'r'cifli,.u riicrrii.rriixhirafi. pariaiahun 20i 5 pokok ketempan PBil".P2Rp14.103.286.234 terdiri alts beberapa sektor. Dari sektor perdesaan Rp

6.012.448.7 so,seaangtan ry*tor ry*9t1an nn_s.$.s3].{! }!qT

rcncana penerimann vimg ditetapkan dalam APBD Rp 1 3.800.{X)0.0t10;

Bila dibrantlingkan tahun sebelumny4 pokok*eteapan iur mengalamikenaikan sebesmRp 58.849.038,:! katanya . .

TbtaliB€rslih l

t Sulraii-Sri**rul Ririo iiiuhaerxirianro rnengataion, irniasairan UU

No 28 Tahwr 2009 tentang Pajak Daerah dan Refibusi Daerah pengelola-an PBB-P2 beratih dari pemerintah pusat ke.Dada Jnmerintah kabqat-en/kota "FLrtalingga telah melakanakan pengeloltan PBB pada awalJanuari 2014 sebagaimana telah diatur dalam peraturan daerah (peda)Kabupaten Purbalingga No I 5 Tahun 20 I 2 enang PBBP2," t rangrya

Srkento nrenmrbahkarL paria ZOl5 target penerimaan t0 jenis pajaktiacrair itp 32.746. i20.0U0. Dad pajak ciaenah iurfurniatr mgetpurennraantertinggr adalah dari PBB-P2 yaiu ltp 13.800.m0.m0 aautlrctaa+^l+persalilrsanpai saat ini PAD kita r{Esih kecil dalam koruihrsi @radrypembiayaan pemban*runan dhn penvelenggam.irn Flp-.rnerrJttahan. PadaAPBD 2015 iniPAD ditryetkan Rp I 8020milia," katanya- (FlG17)

Page 27: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KLI$JTNffi E{ffitrT,,&

fr "1014$ I{[JMA$.$ETI,{ PiIRBAITIff$$$

WBanyu.lpasJumat, 6 Maret 2015

Ruang KantorDinsosnakertrans Tergenang

r Hujan Deras SetiaP Sore

PURBALINGGA.Hujan dengan

intensitas tinggisetiaP sore

menyebabkan tigaruangan di Dinas

Sosial Tenaga Kerjadan Transmigrasi

(Dinsosnakertrans)tergenang. Air

setinggi kuranglebih satu mata

kaki itu membuatrepot pegawai.dan

beberapa hari terakhirini selalu mengePel

setiap masuk kantor.

IIGA ruangan itu

I ffi',Ig:[::litil1,I ruang pengawasan, oan

ruang bldang sosial. Air Yangmasuk itu meninggalkan kotoran

dan bau yang kurang sedaP

setiap kali membuka Pertamapintu kantor.

Kepala DinsosnakertransNgudiarto, kemarinmengungkapkan, setiaP Pagiia dan pegawainYa di tigaruang itu harus bersih-bersih.Mulai mengepel lantai dan

mengeringkannya. Jika tidaksegera dibersihkan, selain tidaknyamanf juga terkesan kumuh.

,"Kami setiaP sore jika

kembali hujan juga harus beres-

beres dan sejumlah berkas Yang

tidak boleh terkena air harus

diamankan. Juga alat elektronik,

PARrA pegawai Dinsosnakertrans setiap pagi dan sore

il;bJr;iifil genrngan di r:uang kerja meieka karena luapan air'

termasuk kabel ke alat-alat kerja

kantor itu," katanYa.'MenurutnYa, luaPan air itu

berasal dari berbagai sumber.

Pertama luaPan dari .aliran air

hujan jalan raYa Yang lebih

tinggi dari kantor. Ditambah

aliran air Sungai Larangan di

belakang kantor dan airdari sisi

selatan kantor yang PosisinYalebih tinggl dari ruangan-ruangan itu.

Pihaknya belum memiliki

solusi terkait kondisi itu. Namun

ia berharaP bisa segera ada

perhatian dari Pemerintah untuk

menyiasati agar tidak terken

luapan air setiaP kali hujan lebat

turunl "solusi terbaik dibangun

kembali kantor dengan Posisiyang leb!h tinggi, Jika tidakharus dibangun kembali tanggul

untuk menahan air luaPan

itu. Jika tidak, selama musim

hujan ini, kantornYa selalu

tidak nyaman untuk bekerja,"tambahnya.

Belum PindahKetika disinggung soal

pindah lokasi kantor, Ngudiartojustru mengatakan tidakmendesak. Sebagai gambaran

dipindah ke komPlek atau

menggunakan Balai Latihan

Kerja (BLK) di PurbalinggaKulon tidak memungkinkan.Pasalnya selain terlalu semPit,juga peruntukannYa tidaksesua l.

Untuk diketahui, tahun ini

anggaran untuk Pembangunankantor Dinsosnakertrans dan

Dinas Kependudukan dan

Catatan SiPil (DindukcaPil)

ditunda karena kedua kantor

tersebut dinilai masih laYak

untuk digunakan. AdaPun dana

tersebut dialokasikan' untuk

melanjutkan PembangunanPasar Bobotsari Yang tahun lalu

gagal dilanjutkan.')Harapan kami di anggaran

selanjutnya bisa dialokasiandana untuk mengatasi kondisi

ini. Meski kedePan saat musim

hujan sudah usai, namunpenanganan tetaP hatrus

dilakukan sejak sekarang,"tegasnya. (SMNetwork/h82-06)

Page 28: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KtIffiI,$& MET}IA

0.10tAN I{{J}{A$ $ETDA PtImAilff$$,$

WanyHmm.

RSUD GoetengOptimis MenjadiTiPe B

PURBALINGGA-Rumah Sakit Umum

Daerah (RSUD)

Goeteng Tarunadibrataoptimis, Pada 2015

ini akan meningkatstatusnya menjadirumah sakit tiPe B.

Ber.bagai persiaPan

meliputi pelaYanan,

administrasi dansarana prasarana,

serta kecukuPan

dokter spesialis tengah

. HARr4As/PMYlrNo d ila kUka n '

drs Hermanto suprapto ,.;1'J,Tii'Jl*"|.sPesialis' Karena

sesuai dengan akreditas rumah sakit tipe B, harus memenuhi

kecukupan dasar, yaitu harus ada empat dokter spesialis dasar

spesialis anak, bedah urhum, dalam, dan kandungan minimal

3 orang," kata Kabid Pelayanan RSUD Goeteng drg Hermanto

Suprapto, Kamis (5/3)''Saat

ini, lanjut Hermanto, baru ada tiga dokter bedah umum,

tiga dokter dalim, dua dokter kandungan, dan satu dokter anak'

Untrt dot t.t anak sudah ada penambahan satu dokter lagi'

Hermanto menambahkan, kurang lebih masih tujuh dokter

spesialis yang harus ada, seperti spesialis jantung, dan spesialis

paru, termasuk juga spesialis gigi harus ada' Sehingga dengan

menjadi tipe B, maka pelayanan menjadi lebih baik lagi'

"Dampaknya bagi masyarakat menjadi lebih baik, karena tidak

lagi ke RSUD Margono," ujarnYa

Kasubag TU Mulyanto menyebutkan, selain persiapan

pemenuhan dokter spesialis, juga perlu diperhatikan kesiapan ,

,uranu prat.rana dan segi pelayanannya, RSUD juga sedang

mengikuti akreditasi loint Commission International (JCI)'

Akreditasi JCI sangat ketat, salah satunya rumah sakit harus

bebas dari puntung rokok. "Bila ditemukan satu saja puntung

rokok di rumah sakit, langsung kena diskualifikasi," ujarnya'

ICI juga melarang anak di bawah usia 12 tahun masuk rumah'

sakit kecuali pasien, Karenanya, pintu rumah sakit harus teftutup

rapat,.kecuali jam bezuk. (pt-oo)

Page 29: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KtIPgffiG MHilI&fi Jff IAH lt{}MA$ $ETDA PIIRBJIIH$fr fi

ffiBany+m#_ - Q

Jumat, 6 Maret 2015

Realisasi Fenerimaan F.BB Terlampaui

' PURBALII{GGA. Realisasi penerimaan Pajak Bumi danBangunan Perdesaan/Perkoiaan (PBB:P2) 2014 Kabupaten

Purbalingga: terlarnpaui, Target penerimaan sebesar Rp 13,800.000.000 dapat dicapai sebesar Rp 14.026.271.852,atau setara dengan 101,64 persen.

"Pada tahun bersebut, jumlah pokok ketetapan PBB-

. P2, s esar

. R9,,14,A44 :437 rlg6, de ngan. jumlah : r.ealisasi

. .$enerirnaan :pokok ketetapan sebesar Rp 14,fl26'27 1.852, .

:a'tau,,s$ara' dehEan,98,,87, persen, Sehingga terda pat pi uta n g

r,, ;sebesar' Rp, 18. 165,344,f 1 kata Kepaf a Din as- Fengelolaan Da n

,,:Pen€r.irnqan,Kekaylan,Aset Daerah (DPPKAD) Yanuar Abidin,di Pendapa Dipokusumo, Rabu (a/3).

r : ,r ,,p'iutang,:telsebu , :sambung,Yanuat rnerupakan piutang. dari perusahaan telekomunikasi yang membangun menarct

,.telEkomunlkasidi witayah, Purtalingga;,Sedangkan penagihan

,,,kepadd perusahaa* te lokumi kasi dilakuka n oleh pihaknya.

"terhadip piutang ini, DPPKAD terus berupaya dengan

,,heib-agai.mia.dan, dilakukan.seqararjntensif. Sampai,hari ini,. piutang tersebut hanya tersisa enam juta rupiah, atau setara,,0;05 persefu sEhingsa karni,optimis; sisa pitang tersebut akan

dapat tertagih seluruhnya pada tahun ini," tegasnya.Yanuar menambahkan, pada 2015 ini, pokok ketetapan

PBB-P2 sebesar Rp 14.103.286.234, terdiri atas beberapaseKor, Dari sektor pCrdesaan sebesiiri Rp 5,012.448,750,

, sedan gkan, dari.sektorperkota.a n sebeba r Rp 8. 090..83 7 " 484.

. "sedangkan rencana penerimaannya yang ditetapkandalam APBO fibupaten Purbalingga sebesar Rp

.1 3,800.000'000. Bila dibandingkan deng,an, tahun,sebelumnya, pokok ketatapan ini mengalami kenaikan

,, seb€Sar Rp 58.849.038, atau setara 0,14 p€rsen,".katanya,Bupati Sukento Rido Marhaendrianto mengatakan,

, ,berdEsarakan,Undang-Undang RI Nomoi 28 Tahun 2009 ,

:..tentang, Paja k Daera h dan Retri busi Daerah, ma ka pen geiotaan

PBB sektor perdeiaan dan perkotaan secara otomatis beralihdari pemerintah pusat kepada pemerintah kabupaten/kota se-lndonesia. "sedangkan pemkab secara efektif telahmelaksanakan pengelolaan PBB sektor perdesaan clanperkotaan pada awal Januan20t4 lalu, sebagaimana telahdiatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten PurbalinggaNomor i5 Tahun 2012 tentang PBB-PL,'terangya, (pt{6)

Page 30: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

ffiIPTNffi MffiT}ffiN:OI,{}{ III,IHA$ $$T$A PI]RBAIIHff$*ffi nv-umnr

Jumat, 6 Maret 2015

PURBALINGGA. DPC PDIP(abupaten Purbalinggatelah menggelarMusyawarah Anak Cabang(Musancab) di jajaranPengurus Anak Cabang(PAC) pada Selasa-Rabu(3-4/3) lalu. Dari hasitpelaksanaan,.Musancab pAC

PDIP Kecamatan Bobotsarigagal memilih ketua,

"Kondisi tersebutdisebabkan masih belumadanya kesepakatan antara .

tiga nama calon PAC yangmendapatkan rekomendasi;mengenai siapa yang akanmenjadi ketua, sekretaris,dan bendahara," kataWakil Ketua DPC PDIPPurbalingga Bidang InfokomTongat, Kamis (5/3).

Sedangkan Musancabdi 17 kecamatan yang lainberjalan lancar. Dipaparkan,salah satu agendaMusancab adalah untukmemilih Ketua PAC. UntukDaerah Pemilihan (Dipil)I, Mimbarudin ber.hasilterpilih sebagai KetuaPAC Rembang, Karseno(Ketua PAC Karangmoncol),Agus Suntoro (Ketua pAC

Kertanegara), dan Wahudin(Ketua PAC Karanganyar).

Di Dapil II terpilih Sagin(Ketua PAC Pengadengan),dr Mulyadiyanto (KetuaPAC Kaligondang), dan

Bayu Widyatama (KetuaPAC Kejobong). Dapil IIIterpilih Imawan (KetuaPAC Bukateja), Basuki(Ketua PAC Kemangkon)dan Sutarwo (Ketua PAC

Purbalingga). "Dapil IVHardi Jhon (Ketua PAC

Kalimanah), Hafis (KetuaPAC Padamara), Sahid(Ketua PAC Kutasari),dan Suwarno (Ketua PAC

Bojongsari)," terangnya,Dapil V terpilih Munji

Wibowo (Ketua PAC

Karangreja), Wasis (KetuaPAC Mrebet), .dan Agus(Ketua PAC Karangjambu).Mengenai Musancab PDIPBobotsari, menurut Tongatakan digelar ulang sebelumSabtu (7/3). Pasalnyahari itu utusan PAC akandiundang menghadiriKonfercab DPC PDIP diSemarang, "Utusan PAC

berjumlah tiga orang,yang terdiri atas ketua,sekretaris, dan bendahara,"ujarnya.

Hasil Musancab akansegera dilaporkan ke DPD

dan DPP PDIP Jateng.Tongat menambahkan,jajaran pengurus PACyang sudah ditetapkandiharapkan bisa melakukankonsolidasi internal danmenyusun program kerja.

(pt-06)

Page 31: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KtlPINffi itrullAB*$IAI{ I{IiHA$$S}A Pi]RBflTII{ffiA

ffiBanyu,mf,F-Jumat, 6 Maret 2015

EmpatSarjanaDiterjunkanke DesaPURBALINGGA - EmPat orang

tenaga sarjana Peserta ProgramPenge4bangan Kepedulian dan

Kepeloporan Pemuda (PKKP) tahun

2015 diterjunkan di Purbalingga'Mereka bagian dari 50 sarjana di

JatenE yang ditemPatkan di 15

kabupaten. Para sarjana yang lolos

seteksi dari ribuan peserta ini, akan

menjalani kontrak selarna 10 bulan'

Pelepasan keemPat tenaga

sarjana tersebut dilakukanoleh Kepala Dinas KebudaYaan

Pariwisata Pemuda dan Olah Raga

(Dinbudparpora) Purbalingga Drs

Subeno, SE, M.Si, baru-baru ini.

Keempat sarjana tersebutmasing-masing Gatot Ervan

Santoso dan Hidayatun Mirkaromah

ditempatkan di Desa Karangcegak,

Kecamatan Kutasari. Kemudian

Slamet Sunandar dan Gilarpandu Leksono ditemPatkan di

Desa Karangsari, Kecamatan

Karangmoncol, Penempatan mer€ka

terhitung mulai 2 Maret 2015 hingga

10 bulan mendatang.Subeno mengemukakan, Para

tenaga program PKKP diminta segera

berbaur dan .menyesuaikan dengan

warga desa lokasi. Mereka diminta

membuat Program Yang sesuai

dengan kondisi di desa. "Program

tidak perlu banYak-banYak, Yangpenting berguna bagi masYarakat

dan dapat sukses jika dijalankan,"pinta Subeno.

Sementara itu Kasi KePemudaanpada Bidang Pemuda dan Olah Rala

Dinbudparpora, Bangun Iriantomengatakan, Pelamar Program PKKP

yang- mi:milih lokasi Purbalingga

sebanyak 58 orang. Mereka tidak

saja berasal dari Purbalingga,

tetapi juga dari luar kota. Seleksi

sepenuhnya menjadi wewenang

Dinas Pemuda dan Olahraga

(Dinpora) Provinsi Jawa Tengah.

Sebelum diterjunkan ke desa,

mereka telah menjalani pembekalan

program PKKP di desa sebagai

motivator, fasilitatori akselerator dan

dinamisator dalam mengoptimalkanpembangunan desa," kata Bangun

Irianto. 1pt-oz;

Page 32: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KI"IPING KIffiffiIABIf, IAII I{{JHA$$EDA PIJRBAIIHffi*

ffiffiBanyumaslumat, 6 Maret 2075

E-Office Tekan Biaya Perjatanan DinasPURBALINGGA- Pemkab menerapkan Electron icOffi ce (E - Offi ceAistem ad m i n istrasi ele ktron i k )

untuk setiap satuan kerja perangkat daerah(SKPD), E-Office dapat mempercepat proses

surat menyurat dan mengLrrangi pemakain kertasalias paperless pada setiap SKPD. Pemanfaatan

aplikasi E-Office tersebut juga dimaksudkanuntuk mengurangi secara signifikan total biayaadministrasi.

"Dalam hal ini, penghematan biaya untukkurir dan perjalanan dinas dalam daerahdapat dikurangi. Disamping itu juga untukmengefisienkan tenaga, khususnya tenaga kurirsurat karena hampir di semua SKPD cenderungkekurangan personil," kata Bupati Sukento Rido

Marhaendrianto, pada kegiatan Pelatihan E-OfficePemerintah Kabupaten Purbaling'ga di Ruang RapatSetda Gedung A Komplek Setda, Kamis (5/3).

Aplikasi tersebut juga untuk menyimpan suratyang telah diterima maupun dikirim oleh seluruhpengguna dalam format elektronik, sehinggapengguna dapat mengakses surat tersebut denganmudah kapan pun dan di mana pun, Aplikasitersebut juga memungkinkan pimpinan SKPD

mengetahui.adanya surat masuk dan mendisposisiataupun akan bersurat, meski tidak berada di

kantor.Sebuah sistem informasi, Ianjut Sukento, tidak

akan mampu berjalan sendiri tanpa ada dukunganserta campur tangan dari pengguna (user) yang

memiliki*eterampilan untuk mengoperasikannya.Karena keterampilan saja tidak cukup bila tidakdisertai dengan kemauan dan komitmen yang

tinggi serta konsisten dalam mengaplikasikan,Karena kegagalan dari sebuah sistem informasi,seringkali terjadi karena keengganan mengubahbudaya, dari budaya manual ke budaya elektronik."Seringkali sebuah sistem baru dianggapmempersulit, karena membutuhkan proses untukbelajar dan menyesuaikan diri," ujarnya.

Menurutnya, aplikasi E-Officejuga dimaksudkansebagai salah satu bentuk perwujudan ElectronikGovernment (E-Goverment), untuk memperlancarkegiatan berkaitan dengan adminstrasiperkantoran, Data eletronik itu juga untukmeningkatkan transparansi, kontrol, sertaakuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan yang

baik dan bersih.

Akses InternetKepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan

Informatika (Dinhubkominfo) Yonathan Eko

Nugroho menyebutkan, pelatihan E-Ofiftce untukmemberikan pemahaman tentang konsep E-Ofifrce

dalam proses kegiatan ad ministrasi perkantoranatau surat-menyurat dan disposisi yang dilakukan

:l;r:ii@li:ii{Wir,r#i

EU-PATI Sukento Rido Marhaenrianto membuka pelatihanE-Office di Ruang Rapat Setda Gedung A komplek Setda.

secara elektronik dengan aksesi nternet.

"Selain itu, pesetajuga diharapkan mampu ,

mengoperasikan aplikasi telsebutdengan terampil dan tepat,sehingga dapat diaplikasikansecara nyata dalam tugasketatausahaan di semua SKPD di

lingkungan pemkab," jelasnya.

Pelatihan diikuti oleh unsurpimpinan dari bupati, wakilbupati, sekretaris daerah,asisten sekda, b.agian dan dinasdan. kecamatan, sefta stafteknis yang membidangi surat-menyurat, Pelatihan diikuti 57peserta, dan berlansung selamaempat hari, dengan pelatih daritim PT Telkom. (pho6)

Page 33: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KgJp{ffiffi MffiT}IAfiTff I,U{ [{UM{$.$BT$A PtIR$A[iHfffiA.

6*HAi{r lliY*},is

intrapersonal. "penelusuran talenta sejak din iini untuk menghindari satalt perlakuln'.serta'

,,efesiensi d€ri penghambunln waktu, lnnaga ,

atau biaya," ungkap pria yarng berdonrisiliiiJalan l3unga Ranrpai IV Norner 120 perumKaranrtmanyar P,trbalingga.

Isu,anto men,:mbahkan, sebenarnyaoranglua dapat mendeteksi bakat siswadengan membuet catatan perkembarrgananak. Mereka dapat mengamati aspelitrfl oto_ri k, bahasa . emosi, r,ental, kie ativitas,rEtete!ensi umurn (daya tangkap, abstraksi),Ketertarikan khusus dan ke:mampuarr msrania,laiSrpyar{mp9ga$bar, musik).sejak beiia. :"Ketik;t rnemasuirj usia sekolah, gUru memiliki "

Jumatt 6 Maret 2O1S

Page 34: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

BTCIA$ I{{J#A$.$$f DA PiIREAII$fffiA

ffi&inVUmf,sJumat, 6 Maret 2015

l!t|ui tJ*fi k*f 'Diriimikil'

PURBALINGGA- Museum Usman Janatin di Desa Jatisabaakan diresmikan Sabtu (7/3), oleh Bupati Sukento RidoMarhaendrianto. Seluruh foto dan piagam penghargaanUsman Janatin akan dipajang di museum tersebut.-Peresmian akan dihadiri sejumlah pejabat, baik dari sipil,TNI, maupun Polri. lsmtetwork/f10-06)

-'Siifi ggfi i-SanggrriitnBu----ka..ffi daf taranPURBALINGGA- Sanggar Kesenian Sanggurita yang berada

, l,,di,,bawah binaan,Dinas,,Kebudayaan,pariwisata pemuda r',,Olahraga (Dinbudparpor) didirikan untuk melestarikan. kesenian tradisional, terutama yang berkembang diPurbalingga.

. "Didirikannya sanggar ini sebagai kegelisahan dari pegiat senitradisional, di mana kesenian tersebut minim penerusnya,,,kata

, KetualSanggar lGsenian Sanggurita Sri pamekas yang jugarKasi. KQseniah,Dinbudparpora:inir Karnis'{513). , :

, l ,' .Adapun kesenian yangrdiajarkan dirsanggar:Sanggurita ', .

meliputi tari tradisional, teater tradisional, karawitary caiung,rebana, dan tari daerah.,l'Kif6',betlaiitl di,gOR li4ehesa lenar.' , ,riLatihan mulai besok (hari ini) pukul 13.30," katanyi.

, : ,' , ,:Fluftrag Sanggar,s.anEgurita Ryan Rachrnanrmengatakan,sanggar masih membuka pendaftaran bagi calon anggotayang ingin berlatih kesenian tradisional, pendaftaran disekretariat sanggar, GOR Mahesajenar atau ke Bidang

' , lKeb.uday,aan Dinbudparpora.. Adapun rcalon anggota terbuka , ,

...ttntuk,anak'anak,pe.laja6maha$l5waldanumum,"Anggota akan dilatih oleh praktisi kesenian yang

memiliki keahlian dan pengalaman di bidang senitradisional. Harapannya kesenian tradisionai di purbalinggatidak akan pernah mati, karena akan lahir penerus,,,

.....*atq!.)t.q..(sr'lNetworrhue.o6}..........:..:..::,'

Page 35: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

Kffitrr}\rffi &{&tffitAfi:fiiA}{ il{}HA$ $$T$A PiIRBAIi$fi$$

ffiffiffiam ET}AS. .1 .; .1 !': il' l

Jumat, 6 Maret 207s

Yarto Vs Yerua, Pengendaru danPembonceng Luka-Luka

BOJONGSARI- Kecelakaan antara rnotor dengan

motor terjadi di ruas Jalan Purbalinga-Bojongsari

tepatnya di Desa Brobot, Kecamatan Bojongsari,

Kamis (5/3) pukul 06.30.. Tidak ada korban jiwa, tapi

pengendara dan pembonceng mengalami luka-luka,

Kecelakaan tersebut terjadi akibat sepeda

motor Honda Vario bernomor polisi R-2336-FVyang dikendarai Sri Titi Lestari (29), warga Desa

Kajongan, Kecamatan Bojongsari yang melaju dari

arah utara terlalu melambung ke kanan melewatimarka jalan. Pada saat yang bersamaan, dariarah berlawanan melaju Honda Verza bernomorpolisi AA-6290-FP yang dikendarai Mastur Khabib

(30), warga Desa Krajan Kidul, Kecamatan Kepil,

Wonosobo.Karena kedua sepeda motor itu melaju cukup

kencang, keduanya tak bisa saling menghindar.

Tabrakan pun tak terelakkan, Para pengendara .

dan pemboncengnya terlempar dari motor. Sri,pengendara Vario mengalami luka memar di mata

kanan dan retak di jari tangan kanan. Sedangkan

Mastur, pengendara Verza dan M Aifan Alfarisi (27),pemboncengnya mengalami lecet-lecet. Adapun

kondisi motor Vario iusak Parah.Para korban kemudian dibawa ke RSUD dr

Goetheng Tarunadibrata untuk mendapatkanperawatan. Sedangkan kendaraan yang rusak itu

dibawa ke Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres

Pu rbali ngga.Kepala Unit Kecelakaan Satlantas Polres

Purbalingga Inspektur Satu Aan Hariyawan

mengatakan, lokasi kecelakaan merupakan salah.

satu titik rawan, karena jalurnya yang lebar dan

lurus. Selain itu saat terjadi kecelakaan kondisijalan ramai karena bertepatan berangkat sekolah

dan buruh pabrik,"Karena itu saya berpesan kepada masyarakat

untuk lebih hati-hati terutama di jaltlr yang ramai'

Lebih baik pelan tetapi selamat. Selain itu, kepada

masyarakat, jangan mengendarai motor kalau

belum memiliki SIM, sebab salah satu korban, Sri,

tldak memiliki SIM," katanya. (SMNetwork/h82'06)

Page 36: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

ffitIffiIqffi IVflENIHNJ$IAI{ I{[iHA$ $ETDA PiIffiAll!{$fifi

Sargt-trF,i-ls-rJUMAT WAGE,6 MARET 20I5

' - --- *

Tasdi: KadfButuh Spo

# #mrmw%mmffiffiffi ffimffiWkrreB

?Songgaran untuk ikut datarnkompetisi Divisi Utama sangat besar,sekitar 1,2 miliar. Kami tidak memiliki

dana sebesar itu.ffi ffiTASD! ? i

Komisoner PT PersibanEga Spartama

PURBALINC,GAY SAIELITPOST-Krisis finansial yang masih men-dera Persibangga ntembuat iimkebanggaan Kabupaten Purba-lingga ini terancarr, .rbsen dalamkornpetisi Divisi Liga Utama mu-sim ini. Anggaran 1,ang cukupbesar untuk bertanding dilarn ligibergengsi tersebr-rt membuat pe-mangku kebijakan por t ang -p i nt-rhg mencari sumber dana.

Komisoner PT PersibanggaSp ortarna, Ta s di, men ga kui hiln"g-ga saat ini pihaknya masih belurnmemiliki dana untuk rneneikutikompetisi Divisrl Utama m-usin.rini. Menurutnya, sejak musim ialutak ada satu pun donatur atausponsor yang berminat ikut mem-biayai tim Laskar ]enderal Srr-dirman ini.

"Anggaran untuk ikut dalamkompetisi Divisi Utama sangatbesar, sekitar 1,2 miliar. Karnitidak memiliki dana sebesar itu,"katanya, kemarin.

Thsdi mengakui, pihaknya ma-sih memiliki hutang gaji pemainyang merumput di Persibanggamusim lalu. Dia menjelaskan,

pacla Liga Divisi lJtama musimlaiu, klub ini harnya nremiliki uangsebesar llp 400 juta, Padahal, katadia, biaya rrntuk mengikuti korn-petisi sebesar llp 1,2 miliar.

ia menambahkan, sumber danavang didapat untuk membia],aitimmu-simlatru berasal dari hisilpatungan pengurus dan bantuandari PSSI. Seiain itu ditambahdengan hasil penjualan tiketpertandingan kandang.

"pengan jurnlah dana yangmasih beL-im ideal. Pihak mana-iemen akhirnya lebih memfo-kuskan dana untrrk kepentinganopcrationrl tirn.rgar bisa me-ngikuti kompetisi hingga akhir.Sementara gaji pemain jadi ter-tunda," katanya.

Tasdi berencana akan berkomu-nikasi dengan iajaran marrajenrenPT Persibangga Sportama danklub anggota Pengcab PSSI Pr-rr-balingga, selaku pemilik sahamPersibangga. Kemudian sejun.rlahpelaku sepakbola di Purbalinggatrntuk duduk hersama mcrrcarlsolusi krisis kei-ranga-n ini.([email protected])

nsor

Page 37: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

?rsio)>C

E-o=o-

o

'=(6o()ocorrlc.o

6oo)C

c(EE()-o

0d0)

C

opC'6Ec)

.a(s

(!.C

E(s

E=-Y:l

.CoE

E.qC(u

E

.g(0

ca

ni

C(E

'9'EO:l

ul>u:11iuYd\

J ,1\

G? -6

Page 38: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

,. KLIPING S'EDTABITI,{I{ I{'.[}M$^$$T}$ Pi}R$Affiffi

Page 39: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

Kffipff,trffi HlffixlmffilfiiA}{ I{{j}S$.$BM Pi}RBAil$$$E

sA-ffiJUMAT WAGE,6 MARET 2OI5 .

Cuberrurr

KALIBAGOR, SATELIT-POST-Rib-uan warga Banyu-mas dan Purbalingga mema-dati Jembatan Linggamas.Mereka hendak menyaksikanIangsung jembatan yangmenghubungkan Banyumasdan Purbalingga ini diresmi-kan oleh Gubernur jateng,Ganjar Pranowo, Kamis (5/3)kemarin.

Pada peresmian jerhbatanini,.dua buah prasasti ditan-datangani Ganjar Pranowo.Penandatanganan ini disak-sikan Bupati Banyumas IrAchmad Husein, Bupati Pur-balingga Sukento Ridho, Man-tan Bupati Banyumas Mar-dioko MM serta sejumlahelemen pemerintahan baikprovinsi, maupun kabupaten.Agenda yang digelar seder-hana ini dimurlai sekitar pukuli5.00 lMB dan berakhir padakisaran pukul 17.00 lMB.

Canjar Pranowo mengata-kan, jembatan tersebut sudah

r Bersambung ke hal 11

GubernurResmikan

menghabiskan dana sampai\p 9O miliar. Maka, imbas yangdiharapkan pun tidak searuI"Kami m emil iki harapan besarterhadap bangunan'penghu-bung dua kabupaten ini,"katanva kemarin-

Salih satu harapan yangpaling besar adalah mefringlkatnya ekonomi warga se-kitar jalur baru tersebit. Se-lain itu, jembatan tersebutjuga diJrarapkan mampu me-ningkatkan jal inan persauda-raan antara kedua daerah.

Setelah menghabiskan da-na bermiliar-miliar, Ganjarjuga mengharapkan masya-rakat sekitar ikut menjagajemhatan tersebut. Sebab, jifa

kondisi prima jembatan da-pat terus dipertahankal, ma-ka manfaat jembatan tersebutjuga akan lebi} banyak.

Sementara itu, Bupati Ba-nyuinas, Ir Achmad Huseinmengungkapkan hal-hal se-nada dengan Ganjar. Menu-ru tnya, yang terpenting adalhjembatan ini mampu menin g-katkan hubungan baik keduia

9!"lr! yang terhubLrng."Pu rbalingga karo Banyumasya" s_ed,u luran, ngapa k-nga-pak kabeh," ujamya.

Husein juga mengatakan,berd irinya jembatan tersebu ttidak bisa dilepaskan dariupaya pimpinan daerah yangmemulai rencana pemba-ngunan tersebut. Yakni, kese-pahaman atau kesamaanpendapat antara Bupati Pur-balingga terdahulu, Heru dan

Brrpati Ban; umas, Mardjoko.Sebelum meresmikan jem-

batan ini. Canjar yang sudahtiba di Banyumas se;ik Rabumalam sempat menjalankanbermacam agenda. Antaralain, menjadi meniadi pema-teri dalam kuliah'umum diUniversitas ]enderal Soedir-man dan panen rava di DesaPekuncen, Keca mitan Jatila-wang. Yakni, panen raya disawah yang menggunakanmetode integrated farmingkerjasama antara PemprovJateng dengan UGM.

Selain ifu, Garjar juga me-ngajar di SMA N 1 Rawalo.Kemudian, kunjungan Cu-benur dilanjutkan denganmeninjau pompa suplesi dae-rah irigasi banjaran di DesaMahar Kulon Kecamatan Pa-tikraja. (pan)

Page 40: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

/\-r_.1

GUBERNUR Jateng dan Bupati Purbalingga berdiri di perbatasan Banyumas-Purbalingga usaimeresmikan Jembatang Linggamas yang menghubungkan antara Banyumas dan purbalingga,Kamis (5/3).

&PERTUNJUKAN kesenian tradisionar meriahkan acara peresmian ..remoat'jli"i?;'fl}}fi|l't[IGubernur Jateng, Ganjar pranowo, Kamis (5/3).

Page 41: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015
Page 42: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

Bfi O IAI{ }II]}{A$ TE'IDi PURB[I,A{O$*

SAtbiIrP'{:}sfJUMAT WAGE,6 MARET 20I5

KONDI$I

'sepeda.-.nrolor Honda,Vaiio danHonrla Ver,sa

yang tertibat,

kecelakaandi Jalan ,

Brobol- :,

Purbalingga,Kamis (5/3).

Tabrakan, Tiga orangLuka:'Serius

pUnSAI-tr{CGA, SATELiTPOST-Di d tr ga:.,'tidak bist enguasai laju kendarahn, dua'::seBeda motor hertabrakarr, Kamis (5/3).:: Ideskipun tidak ada korban iiwa dalarn+eiistiwAl illi,' r{amun:::figa orang, harrrsdilarikan ke RSLTD PurbalLngg,a.

Kejadian berawal saat mltor HondaVario R 2336 FV yang <likerrdari Sri TiiiLestari (29) warga RI 1 /3 Dcsa Kajongarr,

,Kecamatan, Bojongbari rnelaju dari arahr;Bojol$sari !,<e Furbalingga, Saat L'erada CiJalan Brobot-Ptrrbalingga, rnoror vangdikendarai Sri Titi Lestiii liba-tiba olcn[ke bahu jalan

Belum sempat menguasi motrrlril a. dariailh berlawanan munrul sepeda motorVersa nopol AA 62q0 ].1, yang dikcndaraiMasthur Khabib (30) warga RT .l/2 Des.rKrajan Kidul Kecamat.m kipil, Wontrsohodengan kecepatan 60 Knr pcr i;Ln. K;rrenaiarak sudah ter!alu dck;i, Martur -vang'=,-b oncgngan"denganMAftanAifarisi(27i

: .1i&\ hisa,mengliindar dan terjadiiah

tabrakan... Beryrntung warga sekitar ian$sung..me*larikan ketiga korban ke RSUD Purbaling-ga:untuk mendapa:t periolongan pertarna',

Kasat Lantas Pokes Purbalingga. PSrrdarsbno $Fl' MH rnelalui I(anit i,aka,Ip tu'Aan Haryawan SFI LtH,,mcngatak .an ke-ceiakaan,terjadi karena pen$,endafa tidakbisa,.m€nguasi seped.a motu'rn-va yarlgo1eng.::Unttrngryra tidak ada korban jiwadalarrr keccla kaa n tersebu t... {lSedangkan,sepeda *notor Vario R 2336FV mengalami rusak hidak bcraturan dansepeda motor Vr.rsa A/\ b290 FP hanyar'rrs.rk pada bagian depan saja, " ujar dia.::.A:ar} menambahkaft; kondisi jalan Brri.bot-I'urh"rli n ggr sel al u r,'inrai saat pagi dansorL'harr. Pasaln)-r, p.rcla jr,n tersebut jalanr:ama,i . r:treh.,a - aii- anak sekol ah .EJ an,pa iakar,var,ran pabrik yang menuju s+kolah'd areicmpat hcrl;. ''i.epada par,'\ prcrrgendaradiimhai, 5ui)dy(t ra,aspada dan hali-h.ltis.rat mcl.alui laian;,n lerrel-rrf," kntani a irar)

Page 43: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

Mx"[pflffiffi h$ffiffiIe

HI*IA}{ }{[}MA$"$ET*A P{]RBAI,Iffi fl $A

SRrBltrPq*stJUMAT WAGE,6 MAREI 20I5

Braling Mania GCIlang Danfr,

KRISIS Finansial yang dialami Persi-

bangga menggugah hati Braling Mania'

eari-suporter setia tim Persibangga ini

melakukan penggalangan dana dengan

cara menjual stiker kepada masyarakatPurbalingga.

Penggalangan dana dilakukan saat

pertarrdingan persahabatan yang digelardi kandang. Setiap penonion yang iriginmenyaksikan pertandin gan persahabatan,tidak dikenai tiket masuk. Namun merekahanya diminta membeli stiker Yanghasilnya akan disumbanEkan kepada

"lni bentuk kecintaan kami kePadap*itiO*nggu," kata Ketua Braling Mania'

Bangun lrianto. .l

M6nurut Bangun, Penggalangan dana

sudah dilakukan Braling Mania saar

oertandinqan persahabatan melawan

F-itip i-x"rongan, beberapa waktu lalu'

'Karena saat itu idenya spontan, mat(a

hasilnya kurang maksimal,"katanya'Dalam waktu dekat ini, sebenarnYa

Braling Mania sudah mengagendakanpenggalangan dana iagi dalampertinOingan uji cobh'melawan Fersijap

Jepara. Namun, kata Bangun, karena

pertandingan uji coba pramusim ,itu

ditunda. penggalangan dana terseoul

oaoal direallsasikan." ':xami menargetkan dana yang besar

dari kegiatan tersebut' tetapi, mau

Oagai*;na lagi pertandingan.uji coba

t*I"nri grs"t "dlgelar," katanya' (rar)

Page 44: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KtIPINffi MEDIA

3 RukffihTertirnh il,Irt Lcngsor

PURBALINCCA- Hujanderas ying melandiDesa Jingkang, Kecamatan Karangjambumengakibattiga rumah warga DukuhKedawung dan Dukuh Menganti mengalamikerusakan akibat longsor. Akibat kejadian inikorban menderita kerugian hingga Rp g0 juta.

^ Kapolres Purbalingga AKBp

Anom 5etyadii SIK melaluiKapolsek Karangreia AKpBarnbang Slait, (amis $/2)rnengatakan, kejadian longsorterjadi Selasa (3/3) sore selfitarpukul 18.00 WIB. Dalamkejadian tersebut tidak adakorban jiwa. -Dua orang harusmengusngsi di rumah tetanggayang lebih aman,,, katanya.. Bambang nrenambihkan,ketiga koran tersebut adalah,

Tahudin t50) Warga RT 04103Dukuh^Kedlwun[ Desa Jing-kang. Rumah korban menga_lami retak-retak dan bagianIantai arnbles, bila terjadi hiljansusulan rumah Tahudin ter-ancam Iongsor. Diperkirakankerugian akibat kejadian ter_sebut mencapai Rp 50 juta.

Kejadian yang sama jugamenimpa rumah Ciatio(35)Warga RT 04103 DukuhKedawung Desa Jingkang,

ffiffisffik

rl6qrdrlr Kerusakan pada ba_gian dinding aan am6las pJaranral rumahnya. Akibat ke_Jaor.a.n , tersebut korban di_perkirakan mengalami keru_gran Kp 15 juta.

Bamta ng menjelaskan, duawarga Dukuh Kedawmenga Ia mi t

"r.r, otur-,"Il? J"ffisudah mengungsi ke rumah

KeJuarganya yang lebih anlan.r-asatnva, dikhawatirkan bilanu;an kembali terjadi rumahI:.lo,l" .longsor di Kesawungorsa bertambah parah.

,^,?:liil ,, Dukuh Kedawungfelddran yang sama iuga teriadl*,^!T.9, /02-Dukutr M"nguniiuesa Jingkarrg, dapur rumahmrtrk [lusmanto (5'0). ,,Dapurt;ID9ngk:dr dan diperbaki 'ke-

lY-8i1r, diperkirakan mencapai

Kp l5 Juta,,' jelasnya.

._rum"ah papan milik Giayno rrre_ngalami kerusakan pada ba_ii;i K"t'"

'"UttSementara itu Kepala pelak_sana Badan penanggulanganDencana Daerah (BpBD) puiba_lrngga, Priyo Satmoko me_ngatakan, selain di DesaJingkang di Desa panusupanrongsor. juga terjadi dan me_nu rup_akses ialan penghu buner-resa l,anusupan dan Desa RaIlawana.. Lebih lanjut priyo menielas_kan, tipBD sudah berkordinuilI:ngol DPU guna mengerah_kul glat berat untuk" me_Ityingkirkan material fo"g.;..l:_hr"s_cr, jatan akses fraja-wana-Panusupan bisa dibui..aKembah. ,,Sambil

mr,rri t".rt ;;.;r",*, :15:ilxcrya bakti menyingkirkanma terial longsor,,, imbLihnya.+

sT-Ti

Page 45: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

ffitXPIffiG MEffiIAfi .iff IAI{ I{I}MA$ $$TDA P[IRBATII{$$$

&'q''"ffi&&rffi.SffiE} ] xamis Pon,5 Maret 20'15

PAm Purballnggffi Naik t 1S,3 7 Psrsem

r'URBALINGGA- Anggaranpendapatan pada tahun 2014 Ka-bupaten Purbalingga terealisasiRp 1,345 triliun. Anggaran pen-dapatan ini ditopang dengan pe-ningkatan Pendapatan AsliDaerah (PAD) Rp 202,59 miliaratau meningkat 119, 17 persendibandingkan tahun lalu. Selainitu juga dana perimbangan naik100,4 persen atau Rp 868,37 mil-iar, dan pendapatan lain-lain Rp275,6 rnlliar atau 97 ,03 persen.

Hal tersebut disampaikan Bu-pati Purbalingga, Sukento RidoMarhaendrianto dalam Laporanketerangan Pertangungjawaban(LKPJ) tahun 2014 di hadapanrapat paripurna DPRD Purbal-ingga, jumat (27 / 2). Da\am lapo-rannya Bupati mengatakan darianggaran pendapatan Rp 1,345triliun terealisasi Rp 1,,271, tnliun.

Pada anggaran tersebut ter-jadi sisa lebih perhitungan ang-garan (SiLPA) Rp 169,28 miliaryang berasai dari surplus ang-garan Rp 73,78 mrliar ditambahpembiayaan netto Rp 95.5 miliar.

Dalam laporannya sejumlahcapaian telah dilakukan olehPemkab Purbalingga. Di bidangpendidikan angka kelulusanmencapai 99, 9 7o, p eny elen&Bar a-an Pendidikan Usia Dni menca-pai 57,707a. Peningkatan ba-nyaknya guru SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA yangme'rncnulri kualifikasi 51 /D-fVsebesar 87,78%. Serta rasio keter-sedi.r.rrr st.kt,lah d.rsar dr'nganjumlah penduduk usia pendi-dikan dasar mencapai 7 : 1.41..

Alokasi ansgaran belanja lang-sung di bidang ini mencapai Rp82,979 n:iliar alau 74,837n daritotal anggaran belanja langsung.

Bidang kesehatan pada 20 l4dialokasikan Rp 130,684 rniliaratarr23,36 % dari total anggaranbelanja langsung. Fokus priori-tasnya yaitu peningkatan dan ku-alitas layanan kesehatan de-ngantujuan agar masyarakat memPer-oleh pelayanan kesehatan yangberkualitas dan terjangkau.

Di bidang pertanian pada2014 terjadi surplus 34.154 tonberas. Dari luas iahan 36.149 hek-tar produktivitas pertarrian men-

p-atkan porsi vang tidak sedikit,yaittr 16,43 Vc atauRp 91,946 mil-iar. Dana tersebut digunakan un-tuk percepatan pembangunanperdesaern yakni I'NPM MandiriPerdesaan, MP3KI, Program I'a-dat Karya Pangan, PSPR Gakin,TMMD, ADD dan Alokasi Ang-garan Kelurahan (AAK), BantuanPermodalan RT, serta Bantu- anSarana dan Prasarana SanitasiMasyarakat atau PAMSIMASdanSIPAS.

lt

*J

h

ff:lrt UMKM

Pengembangan Usaha MikroKecil dan Menengah (UMKM)dan Koperasi juga menjadi Prd-gram unggulan. Dengan pro-gram peningkatar-r procluktivitas,

capai produksi 48,2 kuintal/hektar dengan produksi 174.308ton gabah kering giling setaradengar-r 110.163 ton beras.

Program pernbangunan per-desaan pada 201.4 juga menda-

\

Page 46: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

l_-.l

/>

Page 47: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

a

KItrP[Nffi MEilMBIOIAH }{{JHA$,$$T}A PiJABAffH$,$*

ee'ffie&ffiS{3#? : Kamis Pon,5 Maret 2015

Smrjmrn& Pr*ff rffiryt PKKPffiiterjrxsxkmrc ks ffi*sm

PURBALINGGA - Empat orang te-naga sarjana peserta program-Pe-ngembangan' Kepeddlian danKepeloporan Pemuda (PKKP) ta-hun 2015 diterjunkan di Pur-balingga. Mereka bagian dari 50sarjana di Jateng yang ditempatkandi 15 kabupaten. Para sarjana yanglolos seleksi dari ribuan peserta ini,akan menjalani kontrak selama 10bulan.

Pelepasan keempat tenaga sar-jana tersebut dilakukan oleh KepalaDinas Kebudayaan PariwisataPemuda dan Olah Raga (Dinbud-parpora) Purbalingga

-Drs Subeno

SE MSi, Selasa (3/3).Keempat sarjana tersebut ma-

sing-masing Gatot Ervan Santoso

dan Hidayatun Mukaromah ditem-patkan di Desa Karangcegak, Ke-camatan Kutasari. KemudianSlamet Sunandar dan Gilar panduLeksono diternpatkan di Desa Ka-rangsari, Kecarnatan Karangmon-col. Penempatan merekd terhitungmulai 2 Maret 2015 hingga 10 bulanmendatang.

Subeno mengemukakan, paratenaga program PKKP dimintasegera berbaur dan menyesuaikandengan'warga desa lokasi. Merekadiminta membuat program yangsesuai dengan kondisi di desa. "Pro-gram tidak perlu banyak-banyak,yang penting berguna bagi masya-rakat dan dapat sukses jika dija-lankan," pinta Subeno.

Sementara ifu Kasi Kepemudaanpada Bidang pemuda dan Olah Ra-ga Dinbudparpora, Bangun Iriantomengatakan, pelamar programPKKP yang memilih lokasi purba-lingga sebanyak 58 orang. Merekatidak saja berasal dari Purbalingga,tetapi juga dari luar kota. Seleksisepenuhnya menjadi wewenanfIDinas Pemuda dan Olahraga (Din--pora) Provinsi Jawa Tengah.

Sebelum diterjunkan ke desa,mereka telah menjalani pembekalandi Semarang. ."Tugas peserta pro-gram PKKP di desa sebagai moti-vator, fasilitator, akselerator dandiamisator dalam mengoptimalkanpembangunan desa,".kata BangunIrianto.i:i ST-skh

Page 48: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KLIPING MEDT&*:OIAI{ II{]HA$'$ETDA Pi}RBAITI$ff$fr

Kamis Pon,5 Maret zOts i ffiffi&'e$&ItI

Kasir Diancam Go[ok,

Minimarket DikurasPURBALIn- G GA- i\t in imi rketAifamart Padamara yang ber-Iokasi Jalan Raya padimaraDesa / Keca ma tan padamara,Purbaling,ga disatroni peram-pok bersenjara tajam, Rabu H/3)dirriha.ri. .Uang, pululran sloprokok_berbagai merk dan ponselmilik kasir dibawa kabur.

lylenurut saksi mata, Mifta_hudin (21) warga RT 5 RW 3Desa Bumisari, Kecarnatan Bo-jongsari yang juga kasir mini-market tersebut, sekitar pukul00.30, dua orang yang berbon-cenganrnenggunakan sepedamotor Yamaha Mio Teihnowclrna silver datang dan me_markirkan kend.rraan cJi hala-man minimarket, Seorang tu-run dan seorang lagi -me-nunggu di luar.

"Ternyata begitu di dalam,orang lersebut langsung me_nodongkan golok kJsayal Sayayang ketakutan kemudian digi-ring dan disuruh masuk k" S{,-dang," katanya kepada polisl

Sambil mengar,r'asi kasir cligudang itu, pelaku kemuclianmenguras uang yang ada di lacikasir dan puluharr llop rokok.

Pelaku juga meminta dompetdan telepon genggam milik ka-sir. Setelah mendapatkan yangdiinginkar-r, pelaku lalu kaburbersama temannya yang sudahmenunggu di halaman parkir.Kejadian sangat cepat, sekitarseptrltrh menit. Pelaku langsungkabur ke arah Purwokerto," ka-

tanya.Miftahudin kemudian meia-

porkan kejadian tersebut ke Pol-sek Padamara. Polisi kemudiandatang ke lokasi kejadian me-lakukan olah tempat kejadianperkara (TKP) dan memintaketerangan dari saksi.

Kapolsek Padamara AKP

Imam Hidayat mengatakan, aki-bat dari perampokan tersebut,kerugian materi yang dialamikorban diperkirakan mencapaiRp 8,3 juta. "Kasus ini masihkami seiidiki untuk mengung-kap siapa pelakuuya," p.-rpi.nya.:.i^ili

. ,,sf,!i

3. $etelah pelaku mengurasuang di lacidan puluhan sloprokok dan meminta dompetserta,pCIn$el kolban di "gudang; ' '

4. Kedua pelaku kabur kearah barat, ke arah ,

,

Purwokerto.

:GD{Is:pU)4-r{

&;,; ffi;;1;112. Satu perampck lainnya

1. pukut 00.80 Rabu dinihari, .f; ;*;[6riinimarxet,

9::. lTiT::}]:*: "--:!:: # ffid;d ;*nod ons kansebuah sepeda rnotor Hond, ffi;i;i;;il;;, M,f#ffi;,Vario itatans, satu menurssu

tr i;il.'o;nJn oisirinsdi parkiran $epeda motor.

-j i"rlrr, f<,* Jatam gu-dang.

Page 49: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

KTIHN&}dESIAB1OIAI{ III}ffi$$ITDfr H'Mf;I,ffi

Page 50: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

ffilPliqffi tulffiiliefi I$IA$ I{{}HA$$BT}A PiIft$AIItr$,$A

,,KEDAULATAN RAKYAT"

JUMAT WAGE, 6 MARET 2015(15 JUMADTLAWAL 1948 )

TEKAN BIAYA PEzuAI,ANAN DINAS

PURBALINGGA (KR) - Pemerintah Kabiipaten iPemkab)Pnrbalingga menerupkanElnctronic Office (E-Offire) atau sistem .

administrasi elektronik, untuk setiap satuan kerja perangkatdaerah (SKPD). Memrrut Bupati Purbalingga Drs Sukento RidoMarhaendrianto NIM, E-Office dapat mempercepat proses surat-menyurat dan mengurangi pemakaian kertas ataupoperless disetiap SKPD.

Pemanfaatan aphkasiE-Offire tersebut juga dimaksudkan un-tuk mengurangi secara signifikan total biaya administrasi. Da-lam hal ini, penghematan biaya untuk kurir dan per{alanan di-nas dalam daerah dapat dikurangi. Disamping itu juga untukmengefisienkan tenaga, khususnya tenaga kurir surat, karenahampir di semua SKPD cenderung kekurangan personel," tuturSukento dalam PelatihanU-Offire Pemerintah Kabupaten Pur-balingga di Ruang Rapat Setda GedungAKompleks Setda Ka-bupaten Purbalingga, Kamis (5/3).

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinhubkominfo) Kabupaten Purbalingga, Yonathan Eko Nugroho SH menyebutkan, pelatihan dimaksud untuk memberikanpemahaman tentang konsep E-Offire dalam proses kegiatan ad-ministrasi perkantoran atau surat-menyurat dan disposisi yangdilakukan secara elektronik, dengan akses internet. Peserta di-harapkan nantinya benar-benar terampil mengoperasikan ap-Iikasi sistem informasi dengan cepat dum tepat.

Pelatihan ini diikuti unsur pimpinan dari bupati, wakil bupati,sekretaris daerah, asisten sekda, bagian dan dinas serta keca-matan dan staf teknis yang membidangi surat-menyurat. Pela-tihan diikuti 57 peserta, berlangsung selama empat hari denganpelatih dari PT lblkom.

Menumt Bupati, aplikasi tersebut dapat menyimpan suratyang telah diterima maupun dikirim oleh seluruh pengguna da-lam format elektronik. Sebab, pengguna dapat mengakses suratdengan mudah kapan dan di. mana pun. Aplikasi juga memung-kinkan pimpinan SKPD mengetahui adanya surat masuk danmendisposisi ataupun akan bersurat meski tidak berada di kan-tor. Dikatakan, sistem informasi tidak akan mampu berjalansendiri tarrpa dukungan dan campur tangan pengguna yang me-miJiki keterampilan untuk mengoperasikarurya. (Rus)-m

Page 51: Kliping Berita Tanggal 6 Maret 2015

tstffAt{ I{I}Hfi$$8?.$A $tlRBttffiffi*

ffi