Penerapan Knowledge Management Di Bank Bri

Post on 29-Oct-2015

976 Views

Category:

Documents

58 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

Penerapan Knowledge Management Di Bank Bri

Transcript

  • Kulnr q V olunc 13 N o. I Mar et 20 12

    PEI\IERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT DI BANK BRI

    Yusrina, SE, MM22

    Abstrak

    Penulisan makalah ini bertuiuan:mtuk mengetahui penerapan knowledge mqnagement di Bank BRI.Metode penulisan menggtmakan metode library resiarch. bari nasl pembahian aapal aisimp,;k" i"h*"tmtuk menghasilkoi kineria yang baifr, maka penaahaan membutuikan sistem y*g toit pAa sistei nibukan hanya peraturan atau standar yang ada-melainkaniuga melibotv,an pi,\atc-piiit yang'tirtoit liii*rsyoitu sunrber daya mantnianya" Salah satu sistem monairmen yang menawarkan suatu disiplin yangmemperlakukan intelektual sela*ai oset yang dikelola adalah knowiedgi management, yang diuk; den;; svarioble yaitu personal knowledgeiob procedure,dan technologt. oltin praninya xfu aipot *roiiafpi*perusahaan dalam melctptakan niloi, perusalnan perlu meigetahui sijauh mano xM brrprroi diialammeningkatkan kinerja karyowan khususnya di bank BN.Kata kunci : lmowledge m(magement dan BN1. Pendahuluan1,.1. Latar Belakang

    Penerapan lmowledge management di perusahaan nampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan mendasarpada era globalisasi saat ini. Kemampuan perusahaan mengelola htowledge yang ada merupakan kekuatan yangdiperlukan untuk dapat tetap bertahan- Knowledge management (KM) merupakan usaha untuk meningkatkanfuowledge yang berguna dalam c'rganisasi. Knowledge management tidak hanya merupakan pengat.'an akanfutawledge, namun lebih pada manajemen suatu organisasi dengan fokus khusus terfiadap Imowledge.penerapanlvtowledge msnagement dengan sebuah sistem berbasiskan web, diharapkan dapat meqjadi solusi dari kebutuhanahran knowleclge yang tidak dihalangi oleh batasan waktu dan lokasi geografis. Kebutuhan unt'k implementasi KMsudah disadari oleh sebagian besar perusahaan-perusahaan di Indonesia. Kebanyakan dari perusahaan perusahaandi Indonesia yang pada saat ini menerapkan sistem KM merupakan hasil inisiatif dari pusat perusahaaninternasional mereka' Hanya sebagia.r kecil pen:satraan yang masih memiliki perhatian yang terbatas tialammengembangkan sistem KM untuk mentansfer contoh- contoh terbaikdari berbagai nacam proyekyang berbeda,kantor danjuga generasi yang berbeda

    Dalam era lmowledge management,praktek manajemen perbankan konvensional yang hanya mendasarkaninput produksi yang bersifat tangible seperti sumber daya manusia" modal, hutang tanalr, gedung, energi, danperalatan kantortidak lagi mencukupi sebagai unsurutama untuk meningkatkan kompetensi inti bank

    Dewasa ni ada satu input produksi yang dinam akan btowledge management yang lebih bersifatintangible' namun memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan kompetensi inti bank. &rowledge fidakpernah habis' bahkan semakin digali dan digunakan jumlah dan kualitasnya akan semakin meningkat. Sehinggaapabila bank mampu mengelola tmowledge mcmagemenr dengan bai( maka bank akan memiliki sumber dayamanusia yang selalu belajar (lerners), krearif dan inovati{ antisipatif terhadap perubahan, dan mimpumenghasilkan kualitas pelayanan png memiliki value yangtnggi di mata konsumen.22

    D o senTaap y ay wsn Ahil! atwnr

    2831

  • Kultura V olume i3 N o, I M ara 2012

    Krm+'ledge mcmagement sebenamya merupakan cara bagaimana organimsi mengelola kar5awan merk4identifikasi pe,ngetahuan yang dimiliki karla'r*aa dan membagi di tim, meningkatkan dan terjadiinovasi' Sebaramya menunrt mereka bahwa hnwledge ma'ragementadatah bagaimana orang{rang dari bertagaitempat yang berbeda mulai saling bicara yang *karang populer dengan label lerning organizdian.

    Konsep uhn|E ktowledge nanagenent yang ada dalam memberikan layanan dan dukungan sebagarresolusi masalah yang diberdayakan oleh pengetahuan (fuowkdge) mengguxakan basis pengetahuan, berbagipengstahuarl serta kolaborasi dan psnggunaan kembali pengetahuar untuk me,ng:atasi masalalr, berbagi kecerdasarLmeningkatkan kine.jq meningkatkan keungguhn kompetiti{ atau mendorong inovasi pada aras yang lebih tingg.Salah satu cara membangun fuowledge nwtagement(Kr4 adalah mengintegrasikan ke dalanbudayaperusahaan.

    Jika Bank BN ingin mewujudkan visinya menjadi bank yang terkernuka dan merniliki standar kinerjainternasional di era hrowledge ini, maka manajenen Bank BRI harus menentukm bagaimana manajemen operasiyang berbasislaawledge msnagement dapat diterapkan di Bank BRI sehingga kompetensi inti dalam menyediakankrmlitas pelayanan kepada konsurnen meningkat Bank BRI menerapkan Knowledge management yang bai.kmenyatu dengan budaya perusahaan.

    1.2. Tujuan PenulisanPenulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui penerapan knowledge management di Bank BRI.

    2. Uraian Tcoritis2.1. Knowledge

    Pengetahuanftnowledge) adalah infomrasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potmsiunfuk menindaki; yang lantas melekat di benak seseomng. Pada umumny4 pengetahuan memiliki kemampuanprediktif terhadap sesuatu sebagai hasil pengenalan atas suatu pola. Manakala informasi dan data sekedarberkemampuan untuk menginformasika^n atau bahkan menimbulkan kebingungan, rnaka pengetahuanberkemampuan untuk mengarahkan tindakan.

    Dalam buku yang ditulis oleh von lftousr" Ichiyq serta Nonaka (2000), dan chun wei choo (lggg),disampaikan ri'ngkasan gagasan yang rnendasari pengertian knowledgeadalah sebagai berikut:I' Knowledge merupakan kepercayaan yang dapat dipertanggungiawabkan (iustifed true believe);2. Knowledgemerupakan sesuatu yang eksprisit sekarigus terpikirkan {tacit) :3' Penciptaan inovasi secara efektif bergantung pda konteks yang memungkinkan terjadinya penciptaan tersebu[4. Penciphan inovasi yang meribat&an rima rangkah utama yaitu:

    u berbag fu ow I e dge terpikirkan (tacit),b. menciphkan konsep,c. membenarkan konsep,

    d. membangun ptototype, dane. melalrrr|can penyebaran brcwledge tersebuL

    Menurut Davenport (1998) Knowledge dibagi meqiadi dua jenis yaitu Fxplieit x.nowtedge darr TacitKnowledge,)ang dapat d{ielaskan sebagai berilqf :

    2832

  • Kulturs V olwrc. 13 N o. I M ara 2012

    a" Erylicit Knon'ledgeAdalatt sesuatu yang dapat diekspresikan dengan kata-kata dan angka srta dapat disampaikan dekrn

    bentuk ilmialL spesifikasi, manual, dan sebagainya, Knowledgejenis ini dapat diteruskan dari satu individu keindividu lainnya secara forrral dan sisternatis.

    b. TocitKmwledgeAdalah Knowledge dari para pakar, baik individu maupun masyaraka! serta pengalaman mereka. Tacit

    Knowledge bersifat sangat personal dan sulit diformulasikan sehingga membuatnya sanpt sulit dikomunikasikanatau disampaikan kepada orang lain. Perasaan pribadi, intuisi, bahasa tubuh, pengalaman fisik, serh petunjuk teknis(rule ofthumbs) termasuk dalarnjenis Tacit Knoweledge.

    Secara garis besarnya dibagi dalam 6tingkat pengetahuaq yaitu :1. Tahu (lmow)

    Tahu diartikan hanya sebagai recall (memanggil) memori yang telah ada sebelumnya setelah mengamatisesuatu. Untuk mengetalrui atau mengukurbahwa orang tahu sesuafu dapat menggunakanpertanyaanpertanyaan.2. Memahami (comprehens ion)

    Memahami suatu objek bukan sekedar tahu terhadap objek tersebut, tidak sekedar dapat rnenyebutkan,tetapi orang tersebut harus dapat menginterpretasikan secara benartentang objek yang diketahui tersebut.3. Aplikasi (appl ication)

    Aplikasi diartikan apabila orang yang telah memahami objek yang dimaksud dapat menggunakan ataumengaplikasikan prinsip yang diketahui tersebut pada situasi yang lain.4. Analisis (rnealysr.s)

    Analisis adalah kemampuan seseomng untuk menjabarkan dan/atau memisahkan, kemudian mencarihubungan antara komponen-komponen yang terdapat dalam suatu masalah atau objek yang diketahui. Indikasibahwa pengetahuan seseomng itu sudah sampai tingkat analisis adalah apabila orang tersebut telah membedakanatau memisahkan, mengelompokkan, membuat diagram terhadap pengetahuan atas objek tersebut.5. Sintesis (synthesis)

    Sintesis menunjukkan suatu kemampuan seseorang unfuk merangkum atau meletakkan dalam satuhubungan yang logis dari komponenkomponen pengetahuan yang dimiliki. Dengan kata lain, sintesis adalah suatukemampuan untuk menyusun formulasi baru dari formulasiformulasi yang telah ada.6. Evaluasi (evalmtion)

    Evaluasi berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk melakukan justifikasi atau penilaian terhadapsuatu objek tertentu. Penilaian ini dengan sendirinya didasarkan pada suatu kriteria yang ditentukan sendiri ataunonna-norma yang berlaku di masyarakat.

    Nonaka dan Takeuci (1995) mengemukakan bahwa alasan fi.rndamental mengapa penaahaan Jepangsukseso karena keterampilan dan pengalaman mereka terdapat pada penciptaan lmowledge organimsi. penciptaan

    knowledge dicapai melalui pengenalan hubungan sinergik antan tocit funwledge dm explicit btowledge. Nonakadan Takeuci juga membagi model konversi menjadi 4 awa,sebagai hrihrt:a. Tacit bnwledgeke Explicit lvtowledge; disebut prows Extemalization

    2833

  • I(.ulturaV olumc 13 N o. I Mar et fr12

    Tacit lmawledge ke Tacir lanwledge; disebut proses srciatimtionrryl icit bwll edge ke F*plicit fuowtedge, disebut pnoses comb inoianF-xpl icit bnwl edge ke Tac it Knowledge: disebut proses Internal ization

    2.2. Knowledge Mangement (lVlanajemen pengetahuan)sejarah perkembangan Knowledge Management. secara singkat Knowledge Management berkembaqg

    sejak tahun 1995 yang disebut dengan leveraging explicit knowledge @ixon KM Asia 200g), dimana pengetahuansebagai kumpulan pengalaman hidup diwujudnyatakan atau diartikulasikan secara eksplisit kedalam sebuah tilisandi dalam buku. Maka saat itu berkembanglah usaha manusia untuk mengarsipkan data dan informasi menjadipengetahuan dalam bentuk tulisan bukan henya ke dalam buku (hard paper) tetapijuga dalam elechonic paper didunia maya misalnya: Web. BIog FB dan lainya). Kemudian berkembang pada tahap kedua di &hun 20@menjadi: leveraging experimential knowledge, suatu usaha memaksimalkan tidak hanya melalui buku danelechonic paper melainkan pada suatu pengalarnan yang ada di saiap orang. Tahun 2005 pada tahap ketigaberkembang aqyangdisebut dengan leveraging collective knowledge.

    Menunrt Firestone dan Mc Elroy: Knowledge Management (KM) adalah suatu pengelolaan pengetahuansecara teratur yang menaikan produksi pengstahuan manusia dan yang berintegnsi ke dalam sebuah organisasi.secara deskiptif bisa dinytakan bahwa Knowledge Management merupakan suatu paradigma pengelolaaninformasi yang berasal dari pemikiran bahwa pengetahuan yang murni sebenarnya tertanam datam benak canpikiran setiap manusia. Pengetahuan ini perlu

  • Kulnr a V olumc i3 N o. I Mar et 2OI2

    7. Memenuhi permintaan pasar pada lingkungan bisnis yang berubah terus menenrs8. Meningkatkan kebutuhan untuk membangun dan mengakw knwledgelebih mudah dan ce,pat.9. Mengelolakerumitar\ danperkembangan furowledge.

    2.4. Keuntu ngan Knowledg e ManagementMenurut Housell dan Bell (2001, p47) lmowledge ntanagement menawarkan keuntungari bagi perusahaan

    untuk:l. Menangkap dan menganalisis informasi perusahaan kemudian menyimpan informasi secara strategis dalam

    formasi Ddawqrehouse dan Dats Mining Decision Support System dan Exectrtive Information System2. Menciptakan proses akses yang Iuas menggnai informasi, memungkinkan karyawan unfuk bekerja lebih cepaq

    lebih terinformasi, dan dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik melalui Introrct, Grouryore, dan GrotpD ecis ion Supp ort Sys tem.

    3. Mendokurnentasikan kumpulan btowledge dari pengalaman yangpmah terjadi dalam perusahaan.4. Mengembangkan dan melengkapi proyek dengan meningkatkan kecepatan, ketangkasan, dan kearnanan.

    2.5. Konsep Knowledge Manogement (KNI)I(nowledge management menjadi guidance tentang pengelolaan intangible assets y6rg menjadi pilar

    perusahaan dalam menciptakan nilai (dari produk/jasa/solusi) yang diawarkan perusahaan kepada pelanggannya.Oleh karena itu, pemahaman mengenai nilai buku perusahaan harus disertai dargan pemahaman nilai intangibleassets penrsahaan. Jenis penerapan btowledge mawgement ada du4 yaitu:I. Tacit Knowledge, Pada dasamya tacit lmowledge bersifatpersonal, dikembangkan melalui pengalaman yang

    sulit untuk diformulasikan dan dikomunikasikan (Carrillo et al., 20M). Berdasarkan pengertiarury4 maka tacitlmowledge dikategorikan sebagai personal knowledge atau dengan kata lain pengetahuan yang diperoleh dariindividu (perorangan). Penelitian pada sifat dasar pengetahuan seketika memprtemukan perbedaan antarabtower dan known, atau seringkali diartikan dalam istilah subject dan object, atau ingredient nbjective danobiective dalam pengalaman. Pengalaman yang diperoleh tiap karyawan tentunya berbedabeda berdasarkansituasi dan kondisi yang tidak dapat dipre.diksi.

    2' F*plicit lmowledge, Explicit lmowledge &nifxfornal dan sistematis yang mudah untuk dikomunikasikan dandibagi (Canillo et al., 2004).Penerapan explicit knowledge ini lebih mudah karena pengetahuan yang diperoleh dalam bentuk tulisan ataupemyataan yang didokumentasikan, sehingga setiap karyawan dapat mempelajarinya seca.ra independent.

    3. Pembahasan

    3.1. Manajemen Pengetahuan di Bank BRIBerdasarkan Undang-Undang No. 14 tahun 1967 tentang Undang-undang pokok perbankan dan Undang-

    undang No. 13 tahun 1968 tentang Undang-undang Bank Sentral, yang intinya mengembatikan fungsi BankIndonesia sebagai Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit tr Bidang Rular dan Ekspor Impor dipisatrkan

    2835

  • Kultwa V olume 13 N o - I Mott 2012

    masing-masing meqiadi dua Bank yaitu Bank Rakyat Indonesia dan Bank Ekspor knpor Indonesia. Selaqiuhyaberdasarkan Undang-undang No. 2l tahun 1968 menetapkan kembali tugas-tugas pokok BRI sebagai Bank Umum.

    Sejak I Agustus 1992 berdasarkan Undang-undang perbankan No. 7 tahun 1992 dan peraturan pemerintahRI No. 2l tahun 1992 status BRI berubah me4iadi PT. Bank Rakyat lndonesia (persero) yang kepemilikarmyamasih lffi% ditngan Pemerinhh.

    32. Struktur organisasi BankBRISttkturOrganisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagan serta posisi yang ada pada suafu

    organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional unhrk rnencapai tujuan. Struktur Organisasimenggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimanahubungan aktivitas dan funpi dibatasi. Dalam shukhr organisasi yang baik hanrs menjelaskan hubunganwewenang siapa melapor kepada siapa.

    Empat elemen dalam sfuktur organisasiyaitu :1 Adanya spesialisasi kegiatan kerja2. Adanya standardisasi kegiatan kerja3. Adanya koordinasi kegiatan kerja4. Besaran seluruh organisasi.

    Penerapan manajemen operasi Bank BRI yang berdasarkan knowledge untuk meningkattan kompetensiinti daian-r menyediakan kualitas pelayanan yang prima. Pada bagian ini akan dibahas bagaimana carameningkatkan kompetensi inti untuk menciptakan dimensi kualitas pelayanan yaiar reliability, responsiveness,assurance, tangbls, dan emphaty yang prima

    BRI menerapkan nilai-nilai perumhaan melalui pengelolaan manajemen yang menjadi landasan berpikir,bertindab serta berperilaku setiap insan BRI sehingga menjadi budaya kerjaperusahaan yang solid dan berkarakter.Nilai-nilai tersebut adalah integritas, profesionalisme, kepuasan nirsabah, keteladanan, dan pengfuargaan kepadaSDM. Komitmen ini juga diwujudkan dalarn bentuktata kelola perusahaan sebagai berikut:- Mengidentifikasikan prcgam budayasadar risiko dan kepatuhan kepada setiap pekerja diseluruh unit kerja- Mengintensifkan peningkatan kualitas pelayanandi seluruh unit keqia- lvleqfabarkan dan memonitor setiap kemajuan yang dicapai perusahaan ke dalam rencana tindakan yang terukur

    dan dapat dipertanggungiawabkan oleh setiap unitkerjaPenerapan pengetahuan tidak dapat secar:a lanpung namLrn membutuhkan proses yang cukup paqiang.

    Bank BRI mengimplementasikan sepuluh langkah proses pembelajaran organisasi:1. Ukwsejauhmana learningdalam organisasi2. Promosikan isu-isu positif kedalam organisasi dengan menggunakan konsep berfrkir yang jelas dan dapat

    diaplikasikan

    3. Pastikan organisasi aman dan nyaman untuk berfikir4. Berikan apresiasi positifterhadap tindakan-tindakan pengarnbilan risiko5' Bentuk dan jadikan individu-individu dalam organisasi menjadi sumber pengetahuan sehingga dapat saling

    mengisi dan bsinteralai

  • Rulmra V olume: 13 N o. I Maret 2012

    6. Berikan keyakinan kepada setiap individu dalarn organisasi bahwa kekuatan untuk belajar adalah sum6"rq.ayang mahal dan tidakterbatas

    7. Petakan visi setara nyata dan yakinkan batrwa pencapaian visi haruslah mengikuti srtakan seluruh potensidalam organisasi

    8. Jabarkan visi secaranyabg. Perbaiki sistem karena kegiatan yang bermasalak berawal dari sistem yang salah10. Perkenalkanproses

    Para pengamat knowledge management dari KM plus learning lead menilai, penerapan knowledgemanagement yang baik setidaknya harus mengandung tiga tlr,\ yaitu pertam4 memiliki tujuan yang jelas atauknowledge management (KM Goal). Kedua, memiliki rencana kerja yangjelas atau KM plan. Dan ketiga, memilikiaktivitas yang selaras dengan rencana dan menjabarkan implementasi dad KM roadmap atau KM msitektur (KMProgram). Knowledge management (KM) di Bank BRI sudah selaras dengan budaya perusahaan yaitu excellence,professional dan Innovative. Untuk menuju budaya excellence, professional dan Innovative tersebut butuhknowledge managenrent (KM). namun inti dari KM adalah implementasinla.

    Dihaiapkan melalui budaya belajar menjadi budaya para karyawan agar dapat diimplementasikan agarberdampak positif bagi perusahaan guna mencapai perusahaan. Bila hal itu dilakukan secara berkesinarnbungantidak mustahilbudaya excellenf professional, dan innovative pun tercapai didalam para karyawanbank BRI.

    ,l rt^---i---r. 'fEuulul,Untuk menghasilkan kinetju yang bailq maka penrsahaan membutuhkan sistem larrg baik pula. Sistern ini

    bukan hanya perahrran atau standar yang ada melainkan juga melibatkan pihak-pihak yang terkait langsung yaitusumber daya manusianya" Salah safu sistem manajemen yang menawarkan suatu disiplin yang memperlakukanintelektual sebagai aset yaflg dikelola adalah knowledge managemen! yang diukur dengan 3 variable yait' personalknowledgejob procedure,dan technologr. Dalam prakteknya KM dapat menjadi pilar perusahaan dalammencipta-L*an nilai, perusalraan perlu mengetahui sejauh rnana KM b"{p*r* didalam rneningftatkan kinerjakaryawankhususnya di bank BRI

    Bank BRI dalam menerapkan knowledge management $ef) yaitu dengan mengintegrasikan kedalambudaya perusahaan. Budaya sharing knowledge di bank BRI sudah menjadi budaya bagi setiap karyawanny4sehingga ilmu dapat tersebar dengan cepat dan terarah yangpada akhirnya hal tersebut dapatmembawa perusahaanmenjadi perusahaan yang mampu bersaing di en globalisasi. Memiliki karyawan yang memiliki integritas tinggimerupakan aset perusahaan terbesar guna mencapai visi perusahaan.

    Daftar Pustaka

    Davenport, Thomas H- and Laurence Prusak. 1998. Working Knoledge :How to Organizations Manage WhatThey Know. Harvard Business school press. Boston.

    Davidson, Carl and Philip Voss. 2003. Knowledge Managmenet, An Introducting to Creating CompetitivenessAdvantage from Intellectual capital. Vision Book New Delhi.

    2837

  • Kulntr a V olunc 13 N o. I Mar et 20j2

    Nonaka, Ikujiro and Takeuchi H. Ihe Knowledge Creating Company: How Japanese Companies Create theDynamics In Innovstion. Oxford University Press. 1995.

    Sutiarso, Bambang.2007. Pendekatzn Knowledge-Base EcononryuntukPengembangan Masyarakat.

    Sutiarso, Bambang. 2006. Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) dan hoses penciptaanpengetahuan. http://www.IlmuKomputgr.co.m.

    Sveiby, Karl Erik (1997), o'What Is Knowledge Management ?", Wrl/W Virtual Library on KnowledgeManagement,hal.2.

    http : /iwww.bri.co.id/

    2838

  • ISSN: 1111 -

    0229MAJATAH ILMIAH

    KUIIARAVOL I'3 lYO. I Maret 2aaz

    1.

    3.

    fuinang

    Pembino

    Ketuo Pengoroh

    PenyuntingKetuo

    5ehretorisAnggotq

    Disoiner / llustrotor

    6. Bendahorq/Sirhulrsi

    r Dr. H Kodar Sire5ar, lvfA

    'Drs.Ridwanto,MSit Ds. tl. Firmensgah, MSi

    , D. Ah-"d L.ut tlasiboan, MPd

    , Ds. ll Z"Lrud&n Sire6iar, MM, Dr. Sai{"I Anwar Matondar6, MA,Ptof. &. Sgalrin HaraLap, MA: D:. LL Y,tsnar Y,,ru{, MSr Da- Norhagati HaraLap, Mllumt D. M*. Ban6un LlaraLap, MS:Ds.UlianBaro",MPd, Dr. AbA Rahnan Dahlan" MAt N"l,.itia P"rta, SI1 MH"-: Ir. Zullcarnain L"bir, MSi: D. M Pa.ndapotao Nasution, MPS, Apt, Drr. A Sr.lcti Nasution:An*ar Sadal SAg, 1r4.i-1r'o

    '&s.AMariI, MSi:Nasrud&rNasrun

    Pengantar Penyunting

    4ada/4r4t4'4/ain//t4t?,&..?1J6,

    Athamdutittah kami ucapkan kepadaAltah SWT atas berkat-Nya penwntinsd4at menghadirkan kembali Votume 12. -

    Votume 13 No. 1 trtaret 2012llajatah ltrniah Kuttura memuat tulisanpng berkenaan dengan profesionalisrneDocen, Teknik Akting Stanistanky, FaktorSosiat Ekonomi, lmptikasi pemko- r\4edan,lslamic Economic, peranan BimbinganKonseling lstami, pengan*r TingiatKesejangan

    .

    Pendapatan, RengembaiganMateri Pembetajaran, Ana(isis Kontr;fif9ut* Mengatasi Kesutitan Guru,Pentingnya Pemahaman Konse{or TentangBahasa, Ketas Kata Datarn Bahasilndonesia, Nitai-Nitai Hukum ldam DatamPerkembangan Hukum positif Di lndoresia,Penerapan Foow{edge Management DiBank BRl.

    Pada terbitan kati ini, tul.isanberaal dari beberapa orang dosen dpk,Yapsan dan Guru seperti Univ. tr,tusiimNr6antara (UMN) At Wastrtiyah, Univ. AlWashliyah, STKlp Nias Selatan, lAlN AraniryBanda Aceh, Univ, Samudera Langa, Univ.Ahdptama B. Aceh, UNAYA, -8. Aceh,Pottekkes Kernenkes r\,tedan JurusanXeperawatan, UNIMED,

    Medan, Maret 2012Penyunting.

    pu.r"$i,Universitas Muslirn Nusantara (tlMN) Al Washliyah

    /#a*tar ?er#&$ I Redatat,Jl. S.M. Raja / Garu II No. 93, pO. BOX 14tg Medan ZAt47

    reb. (061) 78670U- T86848T Fax.7862747Home P age: http : / /www. umnaw. comE-mail: unm_alwashliyah@yahoo.com

    Terbit pertama Kali : Juni 1999Majatah TRIWULAN

  • I$$l{: l4ll422

    YOilHI : l3 N0. t uarct zot2 Isi Menjadi Tanggung Jawab penulis

    lskandar Zulkamaen

    Drs. Desrit Hambati, M.pd

    Bambang Hermanto, 5p, M.Si

    M. Faisat Husna

    Amran B

    Ahmad Darwis

    .l{artinus Telambanua, S-pd-, S-SosMuhammad Adnan, SE, M.Si

    Bukhari, 5.Pd., M.Pd

    Fakhrurrazi Abbas, 5E, M.Si

    Drs. Herdi, M.Pd, M.Si

    Sitasi Zagota, i{ADra, Hj. NurAsyah, M.pd

    Dra. Disna Anurn Siregar, fit.Si

    Netvitia Purba, SH, M.Hum

    Rukmini, SE, M.Si

    Hatimatui,t*aryani, SH., MH

    Nita Afningsih, S.pd

    Dewi Astini, 5H, rtil.Hum

    Dra. lndrawati, SKp, Ns, M.psi

    Dra. Elia Putri, Ai.pd

    Yusrina, SE, Mi,t :,..

    Kms. MuhammadAmin Fauzi

    Daftar IsiProfesionatisme Dosen Dalam Rangka fiteningkatkan Efektivitas pembetajaranEfektivitas Penerapan Teknik Akting Stanistarrsky Datam lrteningkatkan Kemampuan lvlainDnma

    Analisis Faktor sosiat Ekonomi yang Mempengaruhi Kgniskinan Buruh NelayanKewenangan Dan lmptikasi Pemerintah Kota ldedan DaLam Penyetenggaraan pendidikanBerdasarkan uu No. 32 Tahun 2004 Tentang Pernerintah oaerarrjstuoi-piia xantor oinasPendidikan Kota rtrtedan;Discriptirrn Of ls{amk EconomicFungsi serta Peranan Bimbingan Konseting rstami Daram pendidikan

    Itrnu Pendidikan Dan Peranannya Dalam pembentukan Karakter Bangsa

    Pengaruh ringkat l(esenjangan pendapatan Terhadap pertumbuhan EkonomiPengembangan filateri Pembetajaran Sejarah Dalam fttenghidupkan Nitai KepahtawananKerangka Konseptut Hubungan variaber.-variabet Kepemimpinan, Budaya, strategi, danKinerja

    Aptikasi lnformation and Communication Technotogy (lcT) Datam Reformasi pembelajaranDan Pendidikan

    Anatisis Kontrastif Datam Mengatasi Kesutitan Guru Bahan

    Pentingnya Pemahaman Konsetor Tentang Bahasa Non verbat Datam petaksanaanKonseting lndividuat

    lvlanfaat laovasi, Difttsi lnovasi, Dan lmptikasi lnovasi Untuklvleningka&an lvlutu pembetajaranPetaksanaan Huktrnnn tilati Ditinjau Dari Segi Hukum Pidana positif Dan Hukum pidana lstamPengaruh Pemberian program Kesejahteraan Dan pengentangan Terfradap Kirerja KaryawanAnatisis Yuridis fulengenailGten-tuan perdagangan Regbnat Datam Kerangka wro (StudiTerhadap Kesepakatan AFTA-CHINA)Kelas Kata Datam Bahasa lndonesia

    Nitai-Nitai Hukum ldam Datam perkembangan Hukum positif Di lndonesia

    Tingkat l(ecemasan Ketuarga_ Terhadap perawatan pasien Dengan stroke Di RuangNeurotogi RSUP Haii Mam rltatik l4edan iahun 2011Pengaruh A'bdet Pembetajaran lnductive Thinking Terhadap Hasil Betajar Fisika Di Sly,lASwasta Kenrata Bhayangkara I lfudanPenerapan Knowte{e lilanagement Di Bank BRI i""..--.-'""'Peningkatan Kemarnptnn Koneki ilatematis Siswa lhngan pendekatan pembetajaranliletakognitif Di Selolah lienegah pertama

    universitas Muslinr Nusantara Al washliyalr

  • ffi,.gre

    ISSN l4l I .0229

    IKIII r'I'IIIIADaftar Isi

    onalisme Dosen Dalam Rangka Meningkatkan Elektrvitas PembetalaranEiektivitas Pnerepan Teknrk Akting Stanislavsky Dalam MeningkatkanKemamguan Main DramaAnalisis Faklor Sosial Ekonomr Yarrg Mempengaruhr Kemrskrnan Buruh Nelayan,'.ewenangan Dan hplikasi Pemerintah Kota Medan Oalam PenyelenggaraanPenddikan Bcrdasa*an UU No 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah(Studl pada Kantor DinaE Pendidikan Kota Medan)Discng{ion Of lslamic EconomicFungsr Serta Pcranan Brmbingan Konseling lslami Dalam Pendidikanllmu Pendidikan dan Psranannya Dalam Pembentukan Karakter BangsaPengaruh TingRat Kaseniangan Pendapatan Terhadap Pertumbuhan EkonomrPcngembangan Materi Pcmbelaiaran Selarah Dalam Menghidupkan N lai Kepahlawanan

    Kerangka Konsepruai Hubungan VariaDel-vafiabel Kepemrmprnan,Sudaya. Stratcgi dan KrnriaAplikasl lnformation and Communication Technology (lCT) Dalam ReformasrPembelaiaran dan PendidikanAnalisis Kontrssti{ Dalsm Mngatasi Kesulitan Guru BahasaPentingnya Pemahaman Konselor Tentang Eahasa Non Verbal DalarnPslaksanaan Konseling lndividuaiManfaat lnovssi. Di{usi lnovasr, Dan lmplikasa lnovasi untuk MeningkatkanMutu PembclaiaranPelak8alaan Hukurnan Mati Ditinjau dari Segi Hukum Pidana PositifDan Huxum Pilana lslamPengaruh Pcmoerian Program KeseJahteraan dan PengernbanganTerhadap Kineria Karyawan

    Anali8is Yundis Mengenai Kstentuan Perdagangan Regionat da amKerangka WTO (Studi Terhadap Kesepakatan AFTA.CH'NA)Kelas Kata Dalam Bahasa lndonesiaNilsi-nilai Hukum lslam Datam Perkembangan Hukum Positif Oi lndr:nesiaTingkat Kecemasan Keluarga Terhadap Perawatan Pasien DenganStroke Oi Ruang Ncurologi RSUP Haji Adam Malik Medan Tahun 2011Pengaruh Model Pembelajaran lnductive Thinking Terhadap HasilBelajar Fisika di SMA Swasta Kemala BhayahEkara I Medanpeneraoan Knowledge Menag6ment di Bank BRPenrngkgtan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dengan PendekatanPcmbelaiaran Metakogniiif Di Sekolah Menengah Pertama

    UNIVDRSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHTIYAH

top related