Top Banner

of 15

Usaha Dan Energi 2014

Jan 05, 2016

Download

Documents

Arii WAhyudii

materi
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
  • USAHA DANENERGI

  • USAHA OLEH GAYA KONSTANF cos qUsaha yang dilakukan oleh sebuah gaya didefinisikan sebagai hasil kali komponen gaya pada arah pergeseran dengan panjang pergeseran benda.

  • Usaha oleh gaya F :Usaha oleh gaya gesek f :Usaha oleh gaya normal N :Usaha oleh gaya berat mg :Usaha total : (5.3)

  • CONTOH SOAL 1Sebuah Peti dengan massa 50 kg ditarik sejauh 40 m sepanjang lantai horizontal dengan gaya konstan yang diberikan oleh seseorang sebesar 100 N yang bekerja membentuk 37 derajat . Jika lantai kasar dan memberikan gaya gesek 50 N. Tentukan usaha yang dilakukan oleh setiap gaya yang bekerja pada peti tersebut, dan usaha totak yang dilakukan tehadap peti !

  • USAHA DAN ENERGI KINETIKTeorema Usaha-EnergiUsaha yang dilakukan oleh suatu gaya untuk menggeser benda adalah sama dengan perubahan energi kinetik benda tersebut.(5.5)(5.6)(5.7)

  • Bagaimana jika gaya berubah terhadap posisi ?(5.8)Satuan :SIcgsDimensi :

  • CONTOH SOAL 2

  • CONTOH SOAL 4Jika sebuah batu pada ketinggian 3 meter di atas tanah dilepaskan dari posisi diam . Berapakah kecepatan batu itu setelah mencapai posisi 1 meter diatas tanah ?

  • DAYAEnergi yang ditransfer oleh suatu sistem per satuan waktu(5.10)(5.10)Satuan :watt (W)1 W = 1 J/s

    **Pembalap sepeda melakukan usaha untuk mengayuh sepeda sehingga melaju paling cepat. Untuk itu dia memerlukan energi yang berupa makanan dan minuman.Kincir angin memanfaatkan angin untuk memutar turbin. Pesawat terbang berusaha mencapai suatu ketinggian (take off). Untuk itu pesawat memerlukan bahan bakar. Pada ilustrasi di atas ditunjukkan bahwa untuk melakukan suatu pekerjaan (mengayuh sepeda, memutar turbin dan menaikkan pesawat sampai suatu ketinggian) diperlukan sesuatu yang disebut energi. Namun disini tidak diuraikan secara jelas apa energi itu sebernarnya.

    *Gambar di atas merupakan ilustrasi sebuah benda yang bergeser sejauh s karena mendapatkankan gaya konstan F. Dari definisi tentang usaha dapat dikatakan bahwa sebuah gaya melakukan usaha jika : a. mengakibatkan terjadina pergeseran benda b. gaya F harus memiliki komponen yang sejajar dengan s.*****