Top Banner
EDISI MARET 2016 Kehabisan Sunday? Lihat saja di w w w . m a j a l a h s u n d a y . . c o m K ela p a G a din g * P ulo m as * Sunter * K ota H arapa n Indah * Buara n * R a w a m an g u n * K alim ala n g - G A M B A R - M E N G G A M B A R U N T U K Y A N G N G G A B I S A G A M B A R
28

Sunday Maret 2016

Jul 26, 2016

Download

Documents

majalah sunday

 
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Sunday Maret 2016

Edis i MARET 2016

Kehabisan

Sunday?

Lihat saja di

ww

w.majalahsunday..c

om

Kelapa G

ading * Pulomas * Sunter * Kota Harapan Indah * Buaran * Rawamangun * Kalimalang

- GAM

BAR -MENGGAMBAR U N T U K YANG NGGA BI S

A GAM

BAR

Page 2: Sunday Maret 2016
Page 3: Sunday Maret 2016

SCAN THISAND TYPE THIS CODE:SCATTO ON SUNDAYSEND IT TO SCATTO LINE@

Page 4: Sunday Maret 2016

sunday! 4

Ilustrasi oleh ExRain

make your days

Pemimpin Umum

Yudhi Hidayat

Pemimpin Redaksi

Olivia Elena Hakim

Koordinator Iklan, Humas dan Kerjasama Budiman Manurung(0813.842.86.415/ [email protected])Reza Kurnia

Desain Layout

Scatto! Photography and Design Majalah Sunday adalah publikasi bulanan Alamat REDAKSI

Jl. Tarian Raya Timur blok J 24 Kelapa Gading 14250 Telp: 4586 0389

Nomor ISSN: 2337-8018

Pejuang Sunday!Leny Margaretha Maria EvelyneFirli Afni Meilinda Dewi RiyantoMahendra Dimas (SMAN 72)Guiliano Fittipaldie (SMA Don Bosco 1)Gabrielle Clarisa (SMA St Yakobus)Daniel R. Tanasal (SMA St Yakobus) Hernanda Satriya Utama (SMAN 72) Daniel Saputra (SMAN 72) Raul Khrisnawan (SMAN 72) Rafly Aufa (SMAN 72) Sultan Salahuddin (SMAN 72)Muhammad Rizki Fauzi Rosandi Dharma (SMAN 72)Juan Marcelino (SMA Don Bosco 1)Jesselin Vemberain (SMA Don Bosco 1)Josephin Jessica (SMA Don Bosco 1)Albertus Akira P.P (SMA Don Bosco 1)Btari Sekar Insani (SMAN 44)Shinta Nur Khasanah (SMKN 48)Tiara Nurmalia Dewi (SMKN 48)Nathanael Pribady (SMAK Calvin) Almaidah Asocawaty (SMKN 48)

Apa itu Sunday?Jika kamu melakukan hal yang kamu cintai, maka setiap hari akan terasa seperti hari Minggu. Berdasarkan filosofi ini, lahirlah Sunday! Kami adalah free magazine bulanan (tiap tanggal 10) untuk anak muda di kawasan Kelapa Gading, Sunter, Kota Harapan Indah, Buaran, Rawamangun, Kalimalang dan Pulomas. Majalah ini dibuat oleh pelajar SMA untuk pelajar SMA. Tim kami percaya, majalah kaum muda bisa tetap asyik tanpa harus ada aneka gosip dan selebriti asing

di dalamnya.

Informasi? Iklan? Saran? Kontak kami ya

FB : Majalah sundayTwitter : @majalahsundayInstagram: majalahsunday

Email : [email protected]

Apakah kamu punya

Pertanyaan, komentar, usulan, info-info tentang acara sekolah, koleksi atau hobi atau komunitasmu, blog, karya seni, cerpen atau karya fotografi orisinilyang mau ditampilkan di salah satu Rubrik SUNDAY ?

Ayo informasikan sama kami di [email protected]. Jangan lupa cantumkan Inbox/Watchout/Collection/Shortie di judul email ya ;)

Editor's NoteBuat kamu yang menjelang UN, tentu Maret menjadi momen yang sesuatu banget –inilah bulan terakhir sebelum ‘ujian keramat’ itu tiba. Jangan terlalu tegang, just enjoy the ride! Banyak orang memilih meredakan stres dengan menggambar bebas alias doodling, sebagian mewarnai seperti tren yang lagi kekinian itu. Itu sebabnya itu bulan penuh ujian ini, Sunday sengaja mengambil tema dunia seni gambar-menggambar yang bisa dinikmati semua orang. Happy reading!

XOXOTim Sunday

Page 5: Sunday Maret 2016

sunday! 5

Makasih Majalah Sunday :) Edisinya spesial banget karena saya kebetulan

single Valentine tahun ini hahahaWilliam Hunter

Tetap semangat Agan William, kata orang ‘jomblo itu nasib, single itu

prinsip!’ :D

Kehabisan Majalah Sunday :( Pdf-nya sudah di web belum, Min? Pengen baca

edisi FebruariErvin-Chan

Majalah Sunday edisi digital selalu diupload lebih dahulu di

www.majalahsunday.com sebelum edisi cetaknya didistribusi kok, rajin-rajin

cek ya Sis!

Inspiration Roadshow!Bulan Februar i sampai Maret in i , Sunday bersama Carrot

Academy dan Muvib las t .com berke l i l ing kampus-kampus untuk

menggelar nobar f i lm- f i lm Usmar Ismai l , pengenalan dig i ta l

pain t ing dan tentunya…sosia l isas i LOMBA REMAKE POSTER FILM!

Ter ima kasih kami haturkan pada para kampus yang te lah

mener ima kami :

• Univers i tas Pel i ta Harapan

• STMK Tr isak t i

• Univers i tas Mul t imedia Nusantara

• Univers i tas Bunda Mul ia

• Univers i tas Mercubuana

Dan kepada para sponsor yang mendukung haja tan kreat i f in i :

• S inematek Indonesia

• STMK Tr isak t i

• Hewlet t -Packard

• Ci toku

• Pr in t kaos.com

• Tukangpr in t .com

Ter tantang untuk i ku t lomba remake poster f i lm in i? Hadiah untuk

pemenangnya:

• Wacom In tuos Pro Medium

• Wacom In tuos Ar t Medium

• Kamera Canon IXUS 275 Black

• Kamera Canon IXUS 170 Black

Pela jar i persyaratan lombanya di www.majalahsunday.com

NOBAR DI UBM, MERCU BUANA, TRISAKTI, UPH, & UMN

RALAT!Pada iThink edisi lalu, akreditasinya yang benar adalah FERRIN AGUSTINE ALFIYAH ZAHRAH

THINGS WE DO THIS MONTH

Pengumuman Pemenang Sunday’s Riddle

Diana Rebecka - SMAK PENABUR Harapan Indah – 11Sonia Putri Melati Suci - SMA Budhaya II Santo Agustinus - XI - IPS 3

Jenifer Priscilla - SMAK Calvin - XI IPSFlorentina Novita Hartono - SMA Santo Yoseph - XI IPS 2

Marisa Naufa - SMKN 48 Jakarta - XI Pemasaran IISelamat, voucher free corndog dari Circus Food Cart Mall Artha Gading akan

dikirim via sekolah kalian

Jawaban: 18 kaki

Page 6: Sunday Maret 2016

“Mereka terlalu banyak!” Jangkung panik. “Kok, loe panik? Kita kan bareng polisi!” Karen menyikut Kak Arfin. Kamu melirik tajam ke arah mereka, entah kenapa konsentrasi kamu mencari jalan keluar jadi terpecah.

Dalam sekejap mata, satu orang anggota rombongan sirkus aneh itu, perempuan lentur yang berjalan dengan tangannya, melempar beberapa semangka ke udara seakan-akan itu bola voli. Kamu tak bisa tidak takjub melihatnya. “Dari mana asalnya semangka-semangka itu? Lindungi kepala kalian!” Kak Arfin berseru. Tetapi dengan cepat dan mudah, perempuan itu mengiris-iris semangka tersebut dengan samurai yang dioperkan rekannya. Potongan-potongan itu dibiarkan tergeletak di tanah. “Semoga kali

berikutnya bukan kepala kita,” kamu berbisik.

“Dengar, Bung sekalian! Pemimpin kami hendak bicara sejenak pada Bung. Tapi kiranya Bung bisa melalui ujian ini dulu. Ada berapa buah semangka di sini?”

Kirim jawabanmu ke [email protected] dengan format NAMA LENGKAP – SMU/SMK ASAL – KELAS –

EMAIL- NO HP- JAWABAN

Jawaban ditunggu sebelum 25 Maret 2016. Hanya pengirim dengan format benar yang akan dinilai.

Hadiah Bulan Ini:• 5 voucher Free Corndog dari CIRCUS FOOD CART Mall Artha Gading• Voucher dari Tranquil Beauty & Wellness, Sunter• 5 paket hadiah dari Chic’s Music & Six2plet, Rawamangun• 5 voucher @Rp 100.000 untuk medical eye checkup di VIO, Harapan Indah • 10 voucher @Rp 300.000 dari Ocean Dental Tanjung Priuk & Harapan Indah (bisa dipakai untuk free pembersihan karang gigi/diskon pemasangan kawat gigi)

sunday! 6

Page 7: Sunday Maret 2016

sunday! 7

• Pensi SMAN 75 SICSENATION 2016: The Indonesia’s Deep SeaSelain menampilkan deretan band dan pertunjukkan seni lainnya, ke-khas-an pensi SMAN 75 ada pada fashion show yang menampilkan model siswa setempat! Sabtu 30 April 2016 pk 08.00-17.30 @SMAN 75

• BEM PNJ: Greenday 2016

The biggest eco green movement in 2016! Ada lomba poster lingkungan, kriya daur ulang, sampai menghias taman! Follow @greenday_2016 untuk info lebih lanjut.

• Food Planet

Food bazaar yang mengusung tema Planet Jupiter diadakan di Grand Indonesia lt.5 pada 14-17 April 2016

• BEM IBN KANVAS: Karya Nusantara

Dari ajang pameran komunitas, karya seni, penampilan tari tradisional dan perkusi, semua ada di Kampus IBN 23 Maret nanti. Follow @BEMIBN untuk info-infonya.

• Ultigraph

Festival tahunan anak DKV UMN! Selama bulan Mei bakal ada seminar, kompetisi, workshop, pameran sampai awarding night loh; cek infonya di @ultipgraph

• Insomnia by SMAN 60

Festival film pelajar Batavia kembali lagi! Dari awarding, screening, workshop, roadshow…kamu-kamu pecinta film dan yang bercita-cita jadi sineas, jangan ketinggalan hajatan ini di bulan Mei, follow @insomnia2016

• Harumatsuri by FKIP UHAMKA Asyik, ada festival Jejepangan lagi! Pada 5&7 Mei nanti di Kampus B FKIP UHAMKA bakal digelar Harumatsuri yang ke-11, follow @harmatuhamka untuk info lebih lanjut

ITB (InstitutTeknologi Bandung) Day 2016 telah diselenggarakan pada Minggu, 7 Februari lalu. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan siswa-siswi SMA/K untuk mempersiapkan diri memasuki jenjang universitas. Berbagai acara yang diadakan antara lain Education Fair, Tour Lab, serta seminar. Edu Fair menjadi wadah bagi para siswauntuk mengenal jurusan-jurusan di ITB. Tersedia tenda-tenda untuk setiap jurusan agar pengunjung dapat mengeksplorasi lebih dalam seputar jurusan itu.

Acara yang tidak kalah seru lainnya adalah tour lab, di sini kita dapat mempelajari bahwa suatu bidang keahlian saling terhubung dan terikat dengan berbagai jurusan lainnya. Seperti pepatah Unity in Diversity, semua menjadi lengkap ketika setiap bagian saling terhubung dan mendukung.

Reporter Nathanael Pribady, SMAK Calvin

upcoming event s

Campus Event: ITB Day 2016

Page 8: Sunday Maret 2016

Sabtu (23/01) lalu akhirnya SMA NEGERI 99 Jakarta kembali bikin pensi tahunannya. Kali ini, mereka memilih tema Romantika Jiwa Muda untuk pensinya. Tentunya dengan penampilan Guest star Orind, dan Thirteen yang sukses membuat para penonton bergoyang, juga ada RAN yang membawa warna romantika jiwa muda dengan lagu romantisnya walau diguyur hujan para penonton tetap ingin bernyanyi bersama RAN, dan Experience ditutup dengan mejeng-mejeng bersama Souljah.

RAN memberi komentar tentang acara ini: “Melihat banyak talenta di bidangnya, itu patut dijadikan contoh, kami ingin memotivasi generasi muda. Harapannya bisa bikin acara ini lebih besar!”

Reporter: Sultan

SMA DIPONEGORO 1 mengadakan acara bertemakan “F.A.S.T (Fight, Art, Sport, And Teamwork)” Acara ini diadakan pada tanggal 5,6,7 & 12,13,14 February 2016 dan diadakan beberapa perlombaan seperti Basket Putra, Basket Putri, Tari Saman, Graffiti, dan Futsal. Acara ini melanjutkan Disco’1 yang diselenggarakan tahun lalu. Suasana di acara ini cukup seru karena adanya perlombaan-perlombaan seperti Basket dan Futsal. Closing DISCO’2 diadakan pada 14 February 2016 dan di tanggal inilah diumumkan dan dibagikan piala dan hadiah untuk para pemenang cabang-cabang lomba yang ada.

Tim Reporter: AkiraPhotos by Putrasena Adhigana

WATCHOUTExperience SMAN 99

disCO’2 SMA DIPONEGORO 1

sunday! 8

WATCHOUT

newsflash

Page 9: Sunday Maret 2016

WATCHOUT

sunday! 9

Setelah hari-hari pertandingan usai, akhirnya hajatan CC Cup 2016 ditutup dengan acara kebersamaan yang hangat dan rileks pada suatu Sabtu nan mendung 30 Januari 2016 lalu. Acara yang dipusatkan di aula SMA Kanisius itu diisi dengan penampilan sejumlah band indie, games seru, penyerahan hadiah dan donasi yang tergalang selama penyelenggaraan CC Cup 2016 sebesar Rp 24.078.000 kepada Realino Foundation. Selamat, sampai bertemu di CCCup berikutnya!

Pada 28 Februari lalu, Printkaos.com dan Majalah Sunday hadir menyaksikan presentasi rancangan bisnis sejumlah kelompok murid kelas 11 yang akan direalisasikan pada acara bazar di sekolah. Ide-ide yang muncul sangat unik! Nggak lupa Kak Yudhi Hidayat memberikan panduan-panduan praktis strategi bisnis bagi semua murid yang hadir.

Pada Rabu 10 Februari 2016 lalu, serombongan mahasiswa dari Universitas Kristen Petra Surabaya mengadakan kunjungan ke Paperina Dwijaya. Dalam acara bertajuk ‘Journey to the West’ itu, mereka diberi pengarahan mengenai industri kertas dan berbagai jenis kertas untuk keperluan yang berbeda-beda. Acara pun ditutup dengan sesi foto bersama, dan para mahasiswa kemudian melanjutkan perjalanan mereka ke destinasi selanjutnya.

WATCHOUT

newsflash

Closing CC Cup

sMAK 6 Business Challenge

Journey to Paperina

Page 10: Sunday Maret 2016

Di sela penampilannya bersama Rajawali Sakti yang sukses memukau pengunjung Mall Kelapa Gading saat perayaan Imlek beberapa waktu lalu, Sunday berkesempatan ngobrol bareng cewek yang sudah 8 tahun menekuni Wushu ini.

“Kenapa Wushu? Karena gerakan-gerakannya unik; lompatannya saja ada yang 320 derajat, 540 derajat sampai 720 derajat. Jadi terpacu untuk belajar. Sekarang aku masih mempelajari 540 derajat. It’s like a never-ending target!”

“Belajar Wushu adalah belajar mengendalikan emosi; saat musim pertandingan, aku belajar untuk menghadapi tekanan, tidak sombong ketika menang

dan tetap semangat ketika kalah. Dalam pertandingan Wushu, semua hal dinilai – apa yang dilihat oke sama penonton awam belum tentu oke di mata juri. Elemen seperti makeup, tatapan mata ketika tampil dan pilihan baju juga penting.”

“Pemilihan kostum pertandingan dalam Wushu ditentukan oleh jenis permainannya. Misalnya karena aku memakai golok yang karakternya ganas, bordiran di kostum harus mendukung, misalnya naga. Teman lain yang bermain pedang (karakter lembut) biasanya memilih motif ukir-ukiran atau burung. Setiap atlit punya penjahitnya sendiri-sendiri.”

Role model: Jet Lee

#LifeGoal2016: Medali emas di PON

Nadya Permata Setiawan SMA Mahatma Gading

Atlit Wushu

po

laro

id

Nadya menekuni Wushu aliran

Utara dengan golok sebagai alat

utamanya. Karakter aliran Wushu

yang satu ini lebih ganas dan keras.

sunday! 10

Page 11: Sunday Maret 2016

sunday! 11

Halo Kak Saya ada masalah mata. Mata kiri saya tidak ada minus tapi mata kanan sudah minus setengah. Gimana solusinya biaar mata saya bisa normal kembali tanpa harus pakai kacamata/softlens? Apa ada saran agar minus di mata saya tidak makin parah? Terima kasih

Felicia Nursalim, SMAK Saint John

Salah satu penyebab kelainan refraksi atau yang biasa disebut mata minus adalah karena penggunaan gadget yg berlebihan. Mulai saat ini, kurangi penggunaan hp, komputer, TV yang tidak berhubungan dengan tugas sekolah. Perbanyak aktivitas yang mempergunakan mata untuk melihat jauh, cukup istirahat, konsumsi makanan kaya serat dan paling penting adalah melakukan pemeriksaan mata rutin ke VIO Optical Clinic .

Bagaimana cara menghilangkan mata minus? Mata saya sering gatal, kalau dikucek bahaya nggak sih?Almaidah Asocawaty, SMKN 48

Mata minus bisa dikurangi atau dicegah dengan cara:• Kurangi aktivitas di depan gadget jadi

maksimal 1 jam/hari• Kurangi kebiasaan membaca di tempat yang

kurang terang• Jangan baca sambil tiduran• Jangan baca dengan jarak terlalu dekat,

apalagi kalau dalam waktu lama• Perbanyak aktivitas yang membuat mata

rileks, misalnya aktivitas outdoorUntuk pertanyaan kamu yang kedua, sebaiknya jangan dikucek; kuatirnya tangan kita pada saat itu kotor sehingga bisa terkena bakteri. Selain itu mengucek mata bisa membuat munculnya ukuran silinder di mata kita. Jadi saat gatal kalau bisa diusap dengan handuk hangat yang bersih atau dikompres, itu lebih baik.

Yuhuu…kali ini VIO Optical Clinic dari Harapan Indah menjawab segala keingintahuan kamu soal masalah mata

Topik kita bulan depan adalah: KULIT. Yuk jangan ragu untuk mengirimkan

pertanyaan seputar masalah kulit yang kamu alami ke [email protected] dengan subject FAQs. Pertanyaan

kamu akan di jawab oleh Tranquil Beauty & Wellness.

Topik Bulan Ini:

Curhat Mata-Mata f.a.q

s

Page 12: Sunday Maret 2016

sunday! 12

ithin

kKelapa GadingSMKN 33SMA 72SMA 45SMA Mahatma GadingSMA Tunas GadingSMA Saint PetersSMA Saint Marie JosephSMA Santo YakobusSMA Don Bosco 1SMAI Al Azhar Kelapa GadingRaffles Christian International School Raffles Academy

SMAK Mawar SaronSMAK 5 PenaburSMA Tunas KaryaUniprep Junior College

Pulo MasSMA Don Bosco 2SMA Global SevillaSMAN 21

SunterSMA JubileeSMA Santo Lukas

TK-SMA/SMK Dharma Budhi Bhakti "Plus"Buaran-Duren SawitSMKN 48SMA Budhaya 2 Santo AgustinusSMA Muhammadiyah 23SMAN 44

KalimalangGlobal Prestasi School

Kota Harapan IndahSMAK Penabur Harapan Indah

Temukan Sunday d i :

Komentar Kamu Saat Melihat Street Arts..

Su'ud Ramadhan, SMAN 72

Menurut gue sih bagus untuk meningkatkan daya kreativitas anak bangsa, tapi banyak orang tidak setuju karena mengotori dinding jalan

Mega Mayangsari, SMAN 75

Kalo gua sih setuju aja, dari pada di tembok-tembok malah dibuat gambar-gambar yang gak senonoh dan tulisan-tulisan yang isinya margasawa semua ya kan? Mendingan dibuat grafiti/mural yang unik & menarik.

Irfan Dwi berlianto SMKN 1 Jakarta

Kalo menurut gue mural itu bagus, karena apabila pemerintah mengetahuinya mungkin pemerintah bisa sadar akan suara rakyat dari makna mural yang dibuat oleh senimannya.

Page 13: Sunday Maret 2016

sunday! 13

Setelah membuat netizen harap-harap cemas dengan isu bakal mengeluarkan tombol ‘dislike’, ternyata kini Facebook justru meluncurkan 6 variasi ‘Like’ baru, dengan memakai emotikon. Arahkan kursor kamu di atas ‘Like’ dan muncullah opsi ini! Bagaimana pendapat kamu?

Yay, buat kamu agan-sista IG yang kerepotan memisahkan akun pribadi dan akun dagangan, sekarang di Instagram kamu bisa menambahkan hingga 5 akun Instagram dan beralih dengan cepat antar akun-akun tersebut tanpa harus keluar dan masuk kembali. Kemampuan ini ada dalam versi 7.15 untuk iOS dan Android, yang dapat diunduh di App Store dan Google Play Store.

Kini Pinterest dan Twitter tak hanya bisa untuk share gambar, tapi juga jualan! Netizen yang mau menjual objek dalam foto postingannya, bisa menambahkan tombol ‘buy’ melalui aplikasi terpisah yang bekerja sama dengan platform tersebut.

Facebook Luncurkan ‘Like’ Button Baru

Akun Instagram Bisa Banyak!

Demam ‘Buy Button’

Komentar Kamu Saat Melihat Street Arts..

SMA Santo Yoseph Menteng MetropolitanSMAK Saint JohnSMA John Paul’s SchoolSMAI Al AzharSMAN 10SMA Galatia SMA CinderamataCherry Montessori School & Brighten High School RawamangunSMA Labschool

SMA Muhammadiyah 11SMA Diponegoro

Kelapa Gading – Resto, Toko Buku, SalonBong KopitownSunny Side Up Gading WalkBeatrice QuarterBobabitsIntermediaSuccess StationaryOne Piece Hair Studio Bianca Printing

Kelapa Gading – BimbelBimbel UniversalBimbel Galileo GalileiBimbel Genius Math Bimbel QuantumBimbel SahabatBimbel Alfa BetaBimbel SinotifBimbel Peter

Sunter - BimbelBimbel Sinotif

ge

ek

Page 14: Sunday Maret 2016

Sunday kali ini punya kesempatan buat wawancara seorang artist yang punya art name: Exrain!

Sejak kapan kamu tertarik ke dunia gambar?Halo, aku tertarik gambar gara-gara dulu pas umur 5/6 tahun, tanteku pernah gambar-gambar di depan aku… terus pas itu aku dikasih buku ensiklopedia gambar, aku ikutan gambar deh. Malah keterusan.

Oya, Rain cerita dong gimana proses kamu sampai jadi seperti sekarang?Dulu aku agak ragu soalnya waktu itu digital painting masih kurang bagus, sampe akhirnya aku niatkan, beli pentablet. Jadi kerjanya tiap hari cuma gambar hehe. Terus nggak lama kemudian, ada temen bilang Carrot Academy buka beasiswa. Tadinya ragu-ragu sih soalnya 2 tahun lalu, gambarku bener-bener masih culun, tapi akhirnya keterima. Aku ambil diploma 1 tahun. Sampe akhirnya dapet piala Rookie of the Year di event Karotenoid kemaren

Orang tua saat itu dukung Rain nggak?Kalo orang tua sih, awalnya nggak dukung karena galau masa depannya gimana gitu kalau lewat gambar. Cuma untungnya sekarang sudah banyak support, sudah disuruh rajin gambar terus wkwk.

Gaya gambar Rain lebih ke arah mana?Kalo aku sih lebih ke arah digital, semi-realistic dan realistic.

Apa objek favorit Rain? Alasannya?Aku sih suka gambar cewek, soalnya menurutku cewek mukanya susah digambar,

ExRainism by Gaby, SMA St Yakobus

arts

Page 15: Sunday Maret 2016

sunday! 15

Find ExRain on ig : @exrainism

blog: exrainism.wordpress.comexrain.devianart.com

kayak gimana sih kita harus dapetin cantiknya gitu.

Sekarang project apa yang lagi dikerjain Rain?Sekarang sih lagi ngerjain gambar remake cover filmnya Usmar Ismail, sama gambar buat event. Plus ngumpulin portofolio buat masuk studio tahun depan, jadi lagi perbanyakin self-study.

Kok pake nama "Rain" sih? Ada arti di baliknya?Hmmm, jadi dulu aku suka main game, di gamenya itu suka ada nama "Rain"nya gitu, terus juga aku termasuk suka hujan. Bukan berarti suka hujan-hujanan ya.. hehe. Kalo pake nama asli juga orang suka lupa, salah ngeja malah. Jadi menurutku gampang aja diinget. Siapa tau kalo lagi ujan yang keinget bukan kenangan tapi malah artwork-ku #ea.

Terus gimana bisa jadi ExRain?Haha, kalo itu dari game Dragon Nest; di sana skill yang di level tinggi pake nama EX gitu. Misalnya kalo level kecil "Moonblade", kalo level tinggi jadi "EX Moonblade". Jadi kayak motivasi gitu biar bisa level up terus gambarnya.

Game apa aja yang paling Rain suka?Dota 2, Dragon Nest, Assasin Creed, Ragnarok juga.

Kasi tips gambar dong, Rain!Gambar terus aja sesuka hati, jangan compare sama artist lain soal skill gambar, karena artist yang sudah jago biasanya sudah lewat masa sulit. Perbanyakin liat gambar artist yang menurut kamu bagus terus pelajarin. "Karena Jago Gambar Itu Mitos," kata Mas Artupida dari Carrot Academy.

Siapa artist favorite Rain?Lius Lasahido, Dika Toolkit, Guang Jian Huang, Wojtek Fus, Darek Zabrocki, masih banyak lagi, kalo disebutin semua kepanjangan hehe

Oh iya Rain, kasih tau nama asli dong!Ssssttt.. nama asli: Cavell Yaerisco

Page 16: Sunday Maret 2016

doodle-doodley-do!(verb): to draw something without thinking about what you are doing.>>

daripada kamu bosen nih, mendingan kita doodling yuk!berikut ini ada beberapa step sederhana buat kamu.

1. tentuin tema doodle kamu.nah, pertama kamu bebas tentuin apa tema doodle kamu,apa yang mau kamu bikin, buat siapa, dll.lalu, apa yang udah kamu pikirin, kamu sketsa dulu tipis-tipis. >

2. tentuin letak doodle kamu.setelah kamu sketsa, kamu tentuin deh kamu mau mulai doodle darimana,

bagian mana aja yang mau kamu doodle.kalau sudah yakin, doodle bisa dimulai!

>

3. let’s doodling!ayo penuhin kertas kamu dengan doodle!jarak dan kerapatan dalam sebuah doodle itu penting loh.jadi, jangan lupa diperhatiin ya :)oh iya, jangan lupa bekas sketsanya dihapus biar bersih.

>>>>

@lin

dadu

mdu

mdu

m :3

| m

eilin

da d

ewi r

iyant

o.

> >

4. tadaaah!akhirnya jadi deh doodle kamu :3

kamu bebas loh mau pernuhin kertasnya atau ngga :)nah sekarang doodle siap deh kamu upload di ig hohoho.

jangan lupa terus latihan dan explore doodle kamu ya.lots of luck!

oh iya! doodle itu bisa berupa gambar monster,pattern, zentangle, atau apapun itu loh.

tapi, pastiin kalo gambar kamu rapat-rapat ya.

kamu juga bisa mengisi doodle kamudalam bentuk tulisan, siluet, ataugambar apapun sesuka kamu :)

march edition | doodle tutorial

cra

ft

sunday! 16

Page 17: Sunday Maret 2016

doodle-doodley-do!(verb): to draw something without thinking about what you are doing.>>

daripada kamu bosen nih, mendingan kita doodling yuk!berikut ini ada beberapa step sederhana buat kamu.

1. tentuin tema doodle kamu.nah, pertama kamu bebas tentuin apa tema doodle kamu,apa yang mau kamu bikin, buat siapa, dll.lalu, apa yang udah kamu pikirin, kamu sketsa dulu tipis-tipis. >

2. tentuin letak doodle kamu.setelah kamu sketsa, kamu tentuin deh kamu mau mulai doodle darimana,

bagian mana aja yang mau kamu doodle.kalau sudah yakin, doodle bisa dimulai!

>

3. let’s doodling!ayo penuhin kertas kamu dengan doodle!jarak dan kerapatan dalam sebuah doodle itu penting loh.jadi, jangan lupa diperhatiin ya :)oh iya, jangan lupa bekas sketsanya dihapus biar bersih.

>>>>

@lin

dadu

mdu

mdu

m :3

| m

eilin

da d

ewi r

iyant

o.

> >4. tadaaah!

akhirnya jadi deh doodle kamu :3kamu bebas loh mau pernuhin kertasnya atau ngga :)

nah sekarang doodle siap deh kamu upload di ig hohoho.jangan lupa terus latihan dan explore doodle kamu ya.

lots of luck!

oh iya! doodle itu bisa berupa gambar monster,pattern, zentangle, atau apapun itu loh.

tapi, pastiin kalo gambar kamu rapat-rapat ya.

kamu juga bisa mengisi doodle kamudalam bentuk tulisan, siluet, ataugambar apapun sesuka kamu :)

march edition | doodle tutorial Rot i Kukus Pagi

Cara membuat:

1. Siapkan bahan

2. Siapkan keramik tahan panas, susun roti, oles saus

lalu sosis keju sosis (menyamping) Kukus dalam panic kukusan selama 5 menit. angkat.

3. Sajikan bersama 1 gelas susu hangat. Yummy dan

kenyang tuk memulai aktivitas di pagi hari

Have a nice day.

*artikel ini merupakan kerjasama Majalah Sunday dengan Cookpad Indonesia

bahan:

2 Lembar Roti Tawar1 Potong Sosis (Belah 2)

1 potong Keju1 sachet Saos Sambal

d.i.y.oleh Rika Andriyani

(https://cookpad.com/id/resep/211214-roti-kukus-pagi?ref=trending)

Lihat di kulkas punya sisa roti tawar, kalau langsung dimakan begitu sudah keras, jadi keingetan buat

dikukus deh biar lembut lagi :) dan juga tersedia sosis ayam, keju juga saos sambal. Jadi deh muncul roti

kukus pagi ini #SarapanCepat

sunday! 17

Page 18: Sunday Maret 2016

Waktu saya SMP kelas 9, tepatnya di Februari 2015, itu saya pertama kali tahu ada barang yang namanya clay di toko alat prakarya. Akhirnya saya beli dan belajar secara otodidak saja dari referensi internet. Mula-mula saya hanya membuat diorama base seperti bebatuan, sekarang sedang mengembangkan ke bentuk statue. Biasanya saya butuh waktu 2-7 hari, tergantung ukuran yang dibuat.

Saat ini kira-kira ada 18 model yang sudah saya kerjakan: water dragon, fire monkey, diorama The Thing (Fantastic Four), Groot (comic version) dan sejumlah diorama lainnya. Teman-teman akhirnya mulai memesan karya saya, biasanya diorama batu untuk mereka aksesoris action figure mereka.

Saya suka memakai clay karena mudah didapatkan dan dibentuk. Dan bagi saya yang paling berkesan dari jalanin hobi ini justru ketika menemukan tantangan baru yang lebih sulit.

Patung Clay, Handmade!

co

llec

tion

s

Jonathan Ruslie dari SMAK Penabur 6 Muara Karang punya keterampilan yang

nggak mainstream: bikin figurine dari bahan clay!

sunday! 18

Page 19: Sunday Maret 2016

VISIT

for more FUN!

www.majalahsunday.com

sunday! 19

Malam ini, sekolahku mengadakan acara menginap bersama di sekolah . Hanya satu malam,

rencananya. Aku baru saja dari toilet, berjalan sendiri di koridor untuk menuju ruanganku, yang

lainnya telah tertidur. Lampu saat itu tidak banyak yang dinyalakan, sehingga koridor tidak

terlihat jelas. Aku mendengar langkah seseorang berlari.

Langkah kakinya terdengar cepat, tepat di belakangku. Aku menoleh, tapi tidak terlihat apapun. Langkah kaki semakin dekat, dekat.

Dekat sekali…(Cerita oleh Almaidah Asocawaty, SMKN 48)

Aturan Main:• Lanjutkan cerita di atas dengan versi kamu sendiri, sekitar satu

paragraf (buat ending yang agak ‘gantung’ agar bisa diteruskan yang lain)

• Kirim ke email [email protected] dengan subject CERITA BERANTAI

• Cantumkan juga nama lengkap dan sekolah asal kamu• Deadline pengiriman 25 Maret 2016• Cerita terbaik akan muncul di majalah edisi berikutnya dan

mendapatkan hadiah kejutan dari redaksi Sunday!

ce

rita b

era

nta

i

Page 20: Sunday Maret 2016

tren

din

g to

pic

Seni Rupa, di Mana-Mana!

Tidak berubah dari masa ke masa seni di jalanan:Sejak dahulu manusia purba suka menggambari

dinding gua. Sekarang? Karya seni masih menghiasi tembok-tembok kota.

Grafit i adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya cat semprot kaleng. Sebelum cat semprot tersedia, grafiti umumnya dibuat dengan sapuan cat menggunakan kuas atau kapur. Jaman sekarang lebih dikenal kegiatan seni rupa yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk dan volume untuk menuliskan kalimat tertentu di atas dinding. Alat yang digunakan biasanya cat semprot kaleng (PILOX).

Mural Nah, kadang orang sulit membedakan grafiti dengan mural. Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.

Stencil Stencil itu cabang seni rupa yang proses produksinya pakai teknik cetak, sehingga bisa membuat salinan yang sama dalam jumlah banyak. Salah satu tekniknya memakai pola yang dibuat di kertas untuk kemudian ‘dicetak’ di dinding. Cara membuat stencil agak ribet, tapi kalian bisa intip tipsnya di website www.majalahsunday.com ya!Seniman Favorit Sunday: Ryan Riyadi alias The Popo

sunday! 20

Page 21: Sunday Maret 2016

sunday! 21

Seni Rupa, di Mana-Mana!

Mengalami penambahan plat form seni di ponsel kita:

Salah satu bentuk seni yang paling dekat di hati kita, apalagi kalau bukan KOMIK! Kini komik digital mulai menunjukkan eksistensinya di platform Android. Mahaguru seni komik Scott McCloud menyebut fenomena komik digital sebagai infinite canvas karena senimannya tidak lagi terikat pada ukuran kertas, bahkan bisa memasukkan elemen teknologi seperti efek getar, animasi dan suara dalam karyanya.

Tapastic Tapastic digadang-gadang sebagai Youtube-nya komik. Dioperasikan secara simultan dari Korea Selatan dan San Fransisco, platform ini memuaskan semua tipe pembaca, dari yang penggemar gaya manga sampai minimalistik ala komik Eropa. Pilihan komiknya sangat banyak. semua dalam Bahasa Inggris, dan ada lebih dari 5,000 komikus aktif di Tapastic.

WebtoonsSiapa tak kenal Webtoons? Setiap harinya platform

komik ini melepas 200 komik baru ke seluruh dunia. Lagi-lagi merupakan produk Korea Selatan, Webtoon hanya menampilkan karya seniman yang sudah lolos seleksi (lebih ketat dari Tapastic) dan di tiap negara tentunya ada senimaan lokl yang diaulat mengisi Webtoons setempat. Di Indonesia ada Anisa Nisfihani dengan My Pre-Wedding dan sedert nama lain yang menjadi favorit. Seniman Favorit Sunday: Sarah’s Scribbles dari Tapastic

Photos Courtesy of Google Play Store, Tapastic & Pixabay

Page 22: Sunday Maret 2016

Apakah kamu salah satu penggemar bacaan Wattpad di aplikasi Android? Jesselin & Joje dari SMA Don Bosco 1 memilih tiga judul favorit mereka!

Top 3 Wat tpad

My Black Pearl (precious_unicorn91)Revan, si penjaga pintu bis TransJakarta yang super-duper ganteng jatuh hati kepada salah satu penumpang perempuan manis yang selalu naik dari Bundaran Senayan dan turun di Dukuh Atas. Nama penumpang itu Demetra, biasa dipanggil Demi. Setelah, beberapa kali sering bertemu akhirnya mereka berkenalan dan berpacaran. Tapi, masa lalu Revan dan rahasia Revan membuat hubungan mereka goyah. Pada akhirnya, mereka pun saling terbuka satu sama lain atas masa kelam mereka.

My Lady (precious_unicorn91)

Di usia Devan yang sudah 26 tahun, ia masih setia dengan status single-nya. Dia pokoknya anti banget sama wanita. Devan yang tegas dan workaholic ini udah dipaksa sama mamanya menikah. Tidak disangka Devan yang paling anti dengan wanita, akhirnya jatuh cinta kepada gadis kekanak-anakan yaitu, Aeris. Hubungan mereka pun tertimpa badai dan membuat trauma Devan kembali muncul dan membuat Devan meragu. Masa lalu yang dulu sempat menimpa keluarganya, membuat ia meragu dengan Aeris. Penasaran kan? Lanjoot!

Driv ing Me Crazy (Sa_saki)

Oke, rekomendasi terakhir tentang perjodohan. Eits, ini nggak kayak perjodohannya Siti Nurbaya kok! Jadi Jeje dan Meta ini udah sahabatan dari SMP. Mereka ini kemana-mana berdua aja, sahabatnya yang lain Anna dan Zia sudah menikah, dan tinggal mereka berdua yang masih menyandang status single. Hingga suatu malam, Jeje beserta keluarganya datang ke rumah Meta untuk melamar Meta. Dan surprise-nya, cuma Meta yang nggak tahu tentang lamaran ini. Meta yang sebenarnya tidak punya rasa kepada Jeje, jadi bimbang. Akhirnya Meta menerima lamaran Jeje dengan syarat: tunggu sampai Meta bisa mencintai Jeje dengan setulus hati. Alur cerita yang romantis dan aksen komedi membuat cerita ini ringan untuk dibaca dan keren deh.

litera

ture

sunday! 22

Page 23: Sunday Maret 2016

Selasa, 20 Oktober 2015.“Nis, nis liat deh dia lagi main basket,”

ujarku kepada temanku yang bernama Anisa namun lebih sering aku panggil Nisa.

Lagi-lagi aku hanya bisa memandanginya dari jauh, tak bisa mendekat karena berbagai alasan. Aku rindu berbincang dengannya, aku rindu mendengar tawanya, aku rindu melihat parasnya yang antusias jika sedang bercerita, lalu... Ah aku rindu semuanya. Mengapa harus ada benteng yang menghalangi kita? Mengapa kamu berlalu sangat cepat?

”Eh, Nis buru yuk cabut doi udah selesai basketnya,” aku langsung menarik tangan Nisa dan membawanya menjauh dari lapangan.

“Haduh Kiran, mau sampe kapan sih kayak gini terus? Biarin aja kenapa dia ngeliat muka lo???” kata Nisa jutek.

“Biar apa? Biar kita kayak dulu lagi? Haha kayaknya nggak mungkin deh, udahlah biarin aja kita kayak gini,” ujarku murung.

***Sabtu itu...26 September 2015.

Mungkin bimbang adalah satu kata yang amat tepat untuk menggambarkan hari itu, Sabtu terakhirku dengannya. Hari dimana kami mulai mengakhiri kisah singkat kami yang sangat amat manis menurutku. Perbincangan kami yang unik, canda-tawa yang tak henti, cerita-ceritamu yang lucu

dan genggaman tanganmu. Pada sore itu aku sudah bisa memastikan, kamu pergi.

“Fahri, aku boleh nanya ngga?” “Mau nanya apa Kiran?”“Kita tuh sebenernya apa sih? Terlalu

mesra kalau dibilang temen, belum pantes dibilang pacaran.”

Hening.“Pulang yuk udah sore nih,” dia hanya

mengeluarkan kata-kata itu.Sepanjang jalan dia hanya diam, dan aku

pun salah tingkah karena bertanya seperti tadi. Sesampainya di depan rumahku dia hanya tersenyum untuk berpamitan pulang tanpa mau sedikit menoleh ke hadapanku. Aku memasuki rumah dengan perasaan teramat getir. Aku menikmati senja dengan kebingungan, akhirnya aku memberanikan diri untuk menelepon Fahri.

“Hallo?” “Hai, kamu marah ya aku nanya gitu?”“Enggak kok, aku nggak marah.”“Tapi kok, kamu nggak bisa jawab?”Hening lagi.Tiba-tiba...“Udah ya, Kiran.” Tuuut....tuuuut.....tuuuuttt.....Singkat, padat dan jelas.Kamu meninggalkanku....

S ingkat , Padat , dan Je las

sho

rtie

by: Kintan Salsabilla, SMAN 72

Page 24: Sunday Maret 2016

truth

or d

are

sunday! 24

AWAL JADI GURU

“Awalnya nggak pernah berpikir jadi guru karena ingin bekerja di perminyakan, dikarenakan

saya dibiayai oleh kakak saya yang sudah memiliki suami. Saya tidak mau merepotkan kakak saya yang harus membayar uang kuliah; akhirnya, saya ikut tes sebagai guru IPA. Ada 4000 peserta dan saya berada di peringkat ke-2. Setelah setengah tahun, karena nilai saya bagus, saya berkesempatan kerja di Jogja pada Maret 1978 sebagai guru. Saya tertarik mengikuti praktek di pelosok daerah Gunung Kidul dan mengajar di SMP sejak usia yang masih sangat muda.”

TEKAD SAAT MENJADI GURU“Kita memiliki sesuatu seperti kecerdasan,ketrampilan,dan kemampuan dari Tuhan secara gratis, jadi alangkah baiknya kalo diberikan kepada anak murid. Kita bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, kita dapat

memberi bimbingan dan apresiasi kepada anak murid. Hari ini saya sudah mengajar sebagai guru selama 38 tahun, tapi tidak pernah jenuh karena bergaul dengan anak-anak muda, ya... menjadi guru penuh dinamika.” “Saya ingin anak murid saya bermakna untuk dirinya dan orang lain. Saya tidak lelah dan selalu memberi semangat, karena tidak ada anak bodoh dan pasti mereka memiliki potensi yang berbeda-beda.”

MENJADI GURU TELADAN“Awalnya saya tidak mau dijadikan calon jadi guru teladan, bahkan saya tidak tahu saya dicalonkan.”

DALAM MENANGGAPI KASUS SISWA“Saya mengajak anak itu ngobrol dan menulis kesalahannya di buku.”

Reporter: Sultan

Ibu Rosalia Sri Hartati adalah seorang guru di SMP Negeri 173 jakarta (SSN) yang baru-baru ini keluar sebagai juara 1 Guru Teladan se-Jakarta

Utara dan ke-2 di tingkat DKI!

GURU PANUTAN

Page 25: Sunday Maret 2016

sunday! 25

Yuk kita kenal lebih dekat dengan salah satu sekolah tertua di kawasan Sunter ini!

Telah berdiri lebih dari 30 tahun, Sekolah Dharma Budhi Bhakti memiliki fasilitas pendidikan untuk berbagai jenjang dari TK sampai SMA, bahkan ada SMK juga! Nah ini dia beberapa fakta unik mengenai SMK DBB yang kamu perlu tahu:• Kelahiran SMK

SMK DHARMA BUDHI BHAKTI “PLUS” ini dimulai kegiatan pembelajarannya pada Tahun Pelajaran 1996/1997. Di kala itu, banyak masukan dan harapan dari orangtua agar siswa yang telah menyelesaikan pendidikannya di tingkat SMA sudah memiliki keterampilan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat, orangtua, dan bagi siswa itu sendiri. Dengan berbagai pertimbangan serta riset yang dilakukan oleh yayasan, maka dibukalah SEKOLAH KEJURUAN dengan 2 Bidang Keahlian: BISNIS DAN MANAJEMEN.• Salam Khas

Dalam pergaulan kesehariannya, seluruh warga Sekolah Dharma Budhi Bhakti mempraktekan sikap anjali, yakni sikap hormat terhadap satu sama yang lain, dengan kedua telapak tangan terkatup di depan dada. Sekolah Dharma Budhi Bhakti

merasa bangga karena sikap anjali sebagai sikap yang positif telah menjadi karakter khas dari tingkat TK sampai dengan tingkat lanjutan atas.• Mandarin, yang Terbaik!

Sejak jaman ketika belajar Bahasa Mandarin belum populer di Indonesia, sekolah ini sudah dikenal berkomitmen memberi bekal pelajaran bahasa ini pada para muridnya meskipun harus diam-diam melakukannya di era Orde Baru. Kini, SMK DBB dilengkapi dengan pengajar native Bahasa Mandarin dan mendapat kehormatan menjadi tempat penyelanggaraan pendidikan guru Bahasa Mandarin se-Indonesia bekerja sama dengan Fakultas Sinologi Universitas Indonesia, Kedutaan besar RRC dan Diknas.

SMK Dharma Budhi Bhakti ‘Plus’

SEKOLAH DHARMA BUDHI BHAKTI Jl. Agung Tengah 7 No.1 Blok i-6

Sunter Agung - Podomoro - Jakarta utara 14350

INDONESIA Telepon : 021 - 6583 4115 / 640

4405 / 6513829 / 6513830Fax : 021 - 6530 3404

Email : [email protected]

Page 26: Sunday Maret 2016

POTONGAN HARGA RP 10.000 tiap print kaus putih

DAN RP 5.000 tiap print kaus warna Tunjukkan kupon ini ketika memesan

kaus.

FREE TRIAL 1 SESSION Illustration Faculty Program untuk usia TK -

SMU (minimum usia 6 tahun) Voucher berlaku 2 bulan dari penerbitan

majalah.Trial tiap hari Senin s/d Jumat Pk 15.30, bawa

kupon ini ke Carrot Academy, Pulomas.

VOUCHER SEBESAR Rp 500.000untuk jasa fotografi atau design PREMIUM.

Berlaku sampai Juni 2016

1 Voucher untuk 1x pemakaian

FREE EYE TREATMENTuntuk pengambilan treatment Facial

1. Tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya.2. Reservasi wajib dilakukan min 1 hari sebelumnya

3. Wajib menyertakan "Sunday Coupon" dari Sunday Magazine

FREE BODY SCRUB+MASK / VITALITY THERAPY

untuk pengambilan treatment Body Massage1. Tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya.2. Reservasi wajib dilakukan min 1 hari sebelumnya

3. Wajib menyertakan "Sunday Coupon" dari Sunday Magazine

Tradisional Ip Man Wing Chun FREE TRIAL 1 SESSION

Bawa kupon ini ke Atlantic Fitness, Mahaka Square Kelapa Gading, tiap Senin pk 19.00 atau Jumat pk 20.00. Info lebih lanjut buka

www.wingchun-jakarta.com

Page 27: Sunday Maret 2016
Page 28: Sunday Maret 2016