Top Banner
UUAHA MEHDEI(A RABU, 17 DESEMBER 2014 MengubahKotqfan -M-eniattiBerlmh DI IVIATA siapa pun sam- pah selalu dianggap sebagai sesuatu yang kotor, bau, tidak bermarrfaat. Tentu saja merusak keindahan. Padahal, apabila dikelola dengan benar, sampah bisa meniadi berkah. Pegiat Bank Sampah Resik Mandiri Desa Sumampir akhir- akhir ini disibukkan dengan kata "indah" itu. Mereka berusaha menyulap sampah menjadi barang yang bernilai tarnbah. Serta, mengubah cara pandang masyarakat desa terhadap sam- pah. Seperti sampah organik yang bisa diolah menjadi kom- pos, sampah anorganik juga bisa diolah menjadi sesuatu yang baru, indah, dan mempunyai nilai ekonomi yang bisa menjadi sumber tambahan pendapatan keluarga. "Harapannya, nanti warga akan terbiasa untuk mengolah kembali sampah yang mereka hasilkan. Dengau demikian, nantin: r sampah yang terbuang ke lingcungan akan semakin sedikit," ungkap Nurhalimah (33), salah seorang pegiat Bank Sampah Resik Mandiri, belum lamaini. . Kerajinan yang diproduksi oleh satu-satunya bank sampah di Kecamatan Rembang ini adalah tas. gantungan kunci, bros. dompet yang semua dibuat dengan bahan baku sampah plastik. Baru-baru ini, mereka juga telah memproduksi seminar kit pesanan dari BLH Tanjung Pinang. Kepulauan Riau. Bahan baku diperoleh dari sampah-sampah nasabah yang disetorkan ke bank sampah. Sementara itu, proses pembu- atan dibantu oleh nasabah yang mempunyai keahlian menjahit. Untuk permasalahan yang dihadapi saat ini ada pada proses penjualan. Harga penjualan barang kerajinan daur ulang ini dinilai mahal. Harga produk bervariasi tergantung pada uku- rah dan tingkat kerumitan. Gantungan kunci dan bros mulai dari Rp 3.000, sedangkan dom- pet dan tas dari Rp 20.000 hingga Rp 125.000. "Sebenamya harga tersebut untuk-membayarplosespenger- jaannya. Membuat tas daur ulang Iebih rumit dari tas biasa," ujm Ketua Bank Sampah Resik MandiriRezaAzharP. TeknikPembuatan Memrut dia, sebagian besar para perajin merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sebab, teknik pembuatan- nya masih secara tadisional atau handruilE. "Mungkin kalau ada mesin pencacah plastik, kami bisa memproduksi lebih banyak, lebih cepat. Harga produksinya bisa ditekan sehingga harga jual- nya lebih murah. Dan yang lebih penting, sampah yang dipakai juga akan lebih banyak," ujar Reza. Reza mengemukakan, men- gelola sampah semacam ini memiliki banyak manfaat. Selain menjaga lingkungan agar tetap bersih, indah dan sehat juga bisa membawa berkah, mendapat tambahan penghasi- lan, dan juga memperluas tali silaturahmi. Sementara itu, Staf bidang BAGIAN HLJ\{AS S[,'I DA K AIJLiPATI]N ?L;RBAJ-INGGA
36

Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

Apr 06, 2016

Download

Documents

humas

Himpunan Kliping Berita Lokal dan Regional Tanggal (17/12/14) oleh Bagian Humas Setda Purbalingga
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

UUAHA MEHDEI(ARABU, 17 DESEMBER 2014

MengubahKotqfan-M-eniattiBerlmh

DI IVIATA siapa pun sam-pah selalu dianggap sebagaisesuatu yang kotor, bau, tidakbermarrfaat. Tentu saja merusak

keindahan. Padahal, apabiladikelola dengan benar, sampah

bisa meniadi berkah.Pegiat Bank Sampah Resik

Mandiri Desa Sumampir akhir-akhir ini disibukkan dengan kata"indah" itu. Mereka berusahamenyulap sampah menjadibarang yang bernilai tarnbah.Serta, mengubah cara pandang

masyarakat desa terhadap sam-pah.

Seperti sampah organikyang bisa diolah menjadi kom-pos, sampah anorganik juga bisadiolah menjadi sesuatu yangbaru, indah, dan mempunyainilai ekonomi yang bisa menjadisumber tambahan pendapatankeluarga.

"Harapannya, nanti wargaakan terbiasa untuk mengolahkembali sampah yang merekahasilkan. Dengau demikian,nantin: r sampah yang terbuang

ke lingcungan akan semakinsedikit," ungkap Nurhalimah

(33), salah seorang pegiat BankSampah Resik Mandiri, belumlamaini.

. Kerajinan yang diproduksioleh satu-satunya bank sampah

di Kecamatan Rembang iniadalah tas. gantungan kunci,bros. dompet yang semua dibuatdengan bahan baku sampahplastik. Baru-baru ini, merekajuga telah memproduksi seminar

kit pesanan dari BLH TanjungPinang. Kepulauan Riau.

Bahan baku diperoleh darisampah-sampah nasabah yangdisetorkan ke bank sampah.Sementara itu, proses pembu-atan dibantu oleh nasabah yangmempunyai keahlian menjahit.

Untuk permasalahan yangdihadapi saat ini ada pada proses

penjualan. Harga penjualanbarang kerajinan daur ulang inidinilai mahal. Harga produkbervariasi tergantung pada uku-rah dan tingkat kerumitan.Gantungan kunci dan bros mulaidari Rp 3.000, sedangkan dom-pet dan tas dari Rp 20.000 hinggaRp 125.000.

"Sebenamya harga tersebut

untuk-membayarplosespenger-jaannya. Membuat tas daurulang Iebih rumit dari tas biasa,"ujm Ketua Bank Sampah ResikMandiriRezaAzharP.TeknikPembuatan

Memrut dia, sebagian besar

para perajin merasa kesulitanuntuk memenuhi kebutuhanpasar. Sebab, teknik pembuatan-

nya masih secara tadisional atau

handruilE."Mungkin kalau ada mesin

pencacah plastik, kami bisamemproduksi lebih banyak,lebih cepat. Harga produksinyabisa ditekan sehingga harga jual-nya lebih murah. Dan yang lebihpenting, sampah yang dipakaijuga akan lebih banyak," ujarReza.

Reza mengemukakan, men-gelola sampah semacam inimemiliki banyak manfaat.Selain menjaga lingkungan agar

tetap bersih, indah dan sehatjuga bisa membawa berkah,mendapat tambahan penghasi-lan, dan juga memperluas talisilaturahmi.

Sementara itu, Staf bidang

BAGIAN HLJ\{AS S[,'I DA K AIJLiPATI]N ?L;RBAJ-INGGA

Page 2: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

Pe,ngendalian I-ingkunganHiclup Badan LingkunganHidur,o (BLH) Rr$alingga NaniFatu.r,awati mengungkapkan,terkait dengan pemasaran prc-duk b,ank sampah ini, BLHPurbalirtygga siap memfasilitasi.

"Selain melatih pemU*anproduk, BLH akan membantupemasaran produk keiajinanmasyarakat dari Bank SarnpahResik Mandiri," irjarnya.(Nugroho Pandhu Sukmono-s7)

SM/ftlugroho Pandhu Sukmono

RACI.K SAMPAH: Pegi.at Bank Sampah Resik Mandirime r ac ik s arnpah p tas t i k me nj adi b ar an g l<e r aj inan di D e s a

$amqmpir Kecamatary Rembang, baru-baru ini. (57)

ffieffiPFd # ffiapat Bansos KomiteFAJHtsAtlNGGA - SMP 3 Purbalingga menerima bantuan

sosial ibansos.! komite sekolah senilai Rp 17,5 jutadari blrckgrantKersiendikbud 2014. Bantuan itu telah dimanfaatkan untuk berbagaiKegiatan bagi para siswa.

Kepaia Slr4P 3 Purbalingga Suyanto kemarin mengemukakan,selmlah yang mengajukan proposal untuk mendapatkan bantuan'sosial komite ke Mendikbud banyak. Namun setelah diverifikasi,hanye dua sekolah yang lolos, yaitu sekolahnya dan SD 1 Babakan.

"Pernanfaatan bantuan itu, antara lain untuksosialisasi programiqomite sekolah, revitalisasi komite, pemeriksaan kesehatan siswa,sosialisasi kesehatan reproduksi dan lain-lain," ujarnya. (HS2-57)

ffi*m ffiermama untuk Korban LongsorSUKATE"IA - Sebanyak 820 siswa SMP 1, awal pekan ini

menggelar doa bersama untuk korban bencana longsor di DusunJemhung, Desa .Sampang, Kecamatan .Karangkobar,Banjarnegara, heb6rapa waktu lalu. Setelah doa bersama, parasiswa menggalang dana dan disalurkan lewat Palang Merahlndonesia(FMl).

Kepala $MP 1 Bukateja Wasis Sudiantoro mengungkapkan,kegiatan doabersama ini sebagai bentuk keprihatinan pihaknyaatas penderitaan para kordan. (H82-57)

BAGIAN HLMAS SETDA KABIIPATEN PURBALINGGA

Page 3: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

g'*4ffiffffiARABU, 17 DESEMBER 2014

SenimanGalang Dana

PU RBALI NGGA - Sej u mlah sen i man dari Pu rbalingga dan Punrvokerto

menggelar aksi penggalangan dana di halaman Pasar

Segamas dan Alu n-al u n Pu rbalingga, Selasa (1 61 1 2), bertajuk

Seniman Ngamen Peduli Banjarnegara.

Pelukis Hadiwijaya meng-r abadikansuasanaPasarSegamas

di atas kanvas. Sementara itu,Medi PS danAji melukis di tubuhdua model. Kegiatan itu jugamenampilkan penyanyi dangdut

lokal.Aksi dimulai pukul 10.00. Duajam kemudian, mereka pindah lokasike Alun-alun Purbalingga untuk

menggelar aksi serupa.

DitelangKoordinator aksi Chune Yulianto

mengemukakan, aksi itu sebagai bentuksoli(aritas para seniman kepada para kor-

ban bencana tanah longsor di Dusun"', Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan

. Karangkobar, J umat (l2l 12) lallu.

"Lukisan ini nanti dilelang. Hasilnya akandigabung dengan hasil penggalangan dana yangmuterkeliling pasar dari para pedagang dan daripengunjung alun-alun," uj amya.

Selain itu, beberapa organisasi masyarakatjuga melakukan aksi penggalangan dana di per-empatan-perempatan lampu lalu lintas di Pur-balingga. Thk mau ketinggalan, para PNS di kan-tor Setda Purbalingga juga menggalang dana dibawah koordinasi Bagian Kesra Setda.

Sebelumnya, saat menyelenggarakan rapatkerja daerah (rakerda) Minggu (l4ll2), alumnihaji yang tergabung dalam Ikatan PersaudaraanHaji Indonesia (IPHI) Purbalingga juga secaraspontan menghimpun dana bantuan untuk Ban-jarnegara. Uang yang terkumpul Rp 1.649.000dan telah dikirim ke Banjamegara. (H82-57)

il.\GI.{.\ iil-\l.\S S}:.TDA K-\BL-i'-ri i-lr i't 'iiiiA; .i.\Gti.\

Page 4: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

,r:i::j'i{jr,;

w

BAGIAN HUMAS SETDA KABI'PATEN PURBALINGGA

Page 5: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

RABU, 1 7 DESEMBHR 201 4

Mayat Pria Ditemukan di SawahKUTASARII - Penemuan

sesosok mayat lak:i-laki terjadi diarea sawahdi RT 1 3 RW9. Desa

Meri, Kecaraatan l(ltasari, Sela-sa(16112) pagi. K.orban dike-tahui bernama Wasiran (39),warga RI 6 R\M 3, I-)esa,{Keca-

matanKutasari.Mayat korban dikr'tahui per-

tamakali olehTirwin (30), war-gii Desa Meri, Kecamatun Kuta-sari sekitar pukul 06.30. Saat itudia bersama temannyiaL akanmembajak sawah dengair trak-tor. Namun di tengah s,awahyang bersebelahan denga,n ke-bun tebu, ia dikagetkan derrgansesosok tubuh tergeletak dalamposisi telungkup.

Dia kemudian memberi tal,utemannya. Keduanya lalu melil-porkan ke PolsekKutasari yang taJ<

jauh dari lokasi kejadian. Kepala

Polsek Kutasari Ajun KomisansHerman Setiono beserta anggota-

nya" Tirnlnafis Polres Pu$alinggadan tim medis dari Puskesmas

Kutasari kemudian clatarrg kelolcrsi pene.muan ma) at.

Riwayat HipertensiSetelah diideiitifikasi, dike-

tahui korban bemama V/asirarr.

seorang penjual warung kecil-kecilan. Menurut keterangankeluarga, korban pamit darirurnah pada Minggu (14112.)

pagi guna rnencari daun-daunandi sar.vah untuk dimasak. Na-mun, hingga sore korban takkunjung pulang ke rurnah. Sela-sapagi, korban sudah ditemukantakbemyawa di sawah.

Korbm kemudian dibawa keR.SUD Dokter Gcrtheng Thnura-dibrata untuk divisum atas keingi-nan pihak keluarga. Kepala

Polsek Kutasari Ajun KomrsansHerman Setiono mengemukakan,dari keterangair.yang dia dapat,korhan dketahrri rncniiJ-ik-r riu ay-

at pe.n_vakit hipertensi."Kori-rarr juga pernnh pirrg-

san di sawah beberapa "vaktulalu liarena," ujarnya kepada

Suarct Merdekct..

klenumtnya, korban kernu-ngkinan besar meninggal karenapenyahit hipertensinya kambuhdan terjatuh di iokasi.

Sementara itu, piha-li rurnah

sakt tidak bisa mengautopsi kor-ban karena harus dilakukan diRS Margontr Seol<ar.jo Purrvo-kerto. Adapun pihak keluargati dak memperLrolehkan tubuhkorban diautopsi. Mayat korbankemudizur dibau'a pulzulg pihakkelua-rga dan ciimakamkan pada

liari itu juga. (FI82-57)

Si\4/Ryan Rachman

PENEMUAN MAYAT : Mc.vat Wasiran (39) warga RT 6RW 3, Desa/Kecamatdn Kutasari yang clitentukan dipesawahan Desa Meri, Kecamatan Kutasari, Selasa( I 6/ I 2 ), cli e,*akunsi wntuk divisum. ( 57 )

li i( i i. r'-'i i iL' :ri :r5 :i!.Ti-)A ii,1iii iJ. \ I E\ ?L-R.Ii-1ii-\ C(i. !

Page 6: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

uf,tffirRABU,17 DESEMBEB2O14

fiu ,.

h,inffi'H$f

RAGIA}{ HUMAS SETDA }IABUPATEN PURBALINGGA

Page 7: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIN IItilI{A$ $MA PIIflBAIil{OOA

SUARA MEBDEKARABU, 17 DESEMBER ZAM

auatPAD PASffiUet

ik Rp 600 JutailaPgiffiffiAE-*FIGClA - Target Pendapatan Asli

Liaec'ah {pAD) Pasar Segamas dinaikkan

ffip fiOtr;t*ta atau dari Rp 2,09 miliar pada

tahum ini rnenjadi sekitar Rp 2,6 miliar

p:adatahum depan.

Kepala Dinas Perindus-trian Ferdagangan dan Kope-rasi (Dinperinelagkop) Purba-iing,ga Agus Winamo kepadaSwqirs. hferdeka, Selasa{ i {;l I 2}, rn*nyebutkan, target

itu terdiri atas pelayanan dalampasar atau retribusi pedagangRp 1,5 miiiar, mandi cuci kakus(MCK) Rp 140,4 juta, danparkirRp 1,03 miliar.

"Pasar Segamas ditarget

naik PAD-nya. Melihat daritahun ini, target tersebut kemu-ngkinan besar akan tercapai,"katanya usai rapat paripurnapenetapan APBD Purbalinggadi halaman gedung DPRDPurbalingga.TiambahanFasilitas

Sementara itu, Kepala LJPTPasar Segamas PurbalinggaSunarto rnengemukakan, tahunini pendapatan pasar terbesar diPurbalingga itu sudah melam-paui target. Dari targetRp 2,09miliar, menurut perkiman pada

akhir tahun ini pihaknyi bisamaraupRp2,l5 miliar.

Meskipun kenaikan targetPAD tinggi, dia optimistis bisamemenuhi target tahun depan.Pihaknya akan mengopti-malkan semua tenaga stafunark mencapai target itu.

"Dari sektor MCK, tahunini sudah ada kontrak barudengan pihak ketiga. TahunIalu yang hanya Rp I25 juta.kini kontrak naik menjadi Rp140,4 juta," ujar dia saat dite-mui di ruang keg'anya.

Llntuk menunjang perole-han F)\D, tahun depan, pasartersebut akan mendapat tamba-han fasititas.

Pembangunan masjid yangpada talirun ini gagal lelang,akan kernbali dianggarkantahundep,iut.

Selain itu pebangunan kiospedagang anyaman di sisi sela-tan yang m,arsih semipermanenmenjadi pr'!)rmanen, meskikemungkinan akan dilakukanpada APBD Perubahan 2015.(H82-s7)

BACI..\N HUlvt;\S SUf DA KABUPATEIi P1,1RB,\I.INGCr\

Page 8: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

BAGIAN HUMAS SETDA KABIJPATEN PURBALINGGA

Page 9: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

ffitsanylJmn$Rabu, 17 Desember 2014 *Jtgsi;FiYiJi!i

Ribuan Buku Terancamr rurikurum zors Tak TgrpakaiPURBALINGGA- Ribuan buku ajarsemester ! sesuai Kurikulum 2013

(K-13) terancam tidak terpakai.Hal itu menyusul kebijakan

pemerintah yang menghentikanpelaksanaan kurikulum itu.

UKU-buku semester I itu menjadi tidakbisa dipakai secara maksimal. "Kamimasih belum tahu bagaimana nasib buku-buku tersebut nanti," kata Kepala Dinas

Pendidikan Tri Gunawan. ,

Sementara buku-buku K-13 untuk semester IIsudah datang, Untuk jenjang SMA/SMK buku itusudah datang semua, Sedangkan untuk SD-SMPterakhir datang pada 15 Desember ini.

"Untuk buku semester II itu nilainya juga tidaksedikit. Dananya semua dari pusat. Yang lelangLembaga Kebijakan Pengadaan Barang/JasaPemerintah (LKPP),' katanya,

Menurut Tri, buku-buku itu nantinya menjaditidak bermanfaat jika pemerintah akhirnyamemutuskan kembali menggunakan buku ajarKlurikulum 2006 atau KISP.

"Makanya kami masih menunggu dari pusat,apakah buku-buku itu akan digunakan atau tidak.Yang jelas, sampai evaluasi belajar semester inimasih memakai K13," tuturnya.

Menurut Tri, hal itu sesuai aturan dalamPermendikbud No 160 Tahun 2014. Bahwa untuksekolah yang baru melaksanakan K13 selama 1

semesteq pelaksanaannya dihentikan. "Sanipaiada petunjuk lebih lanjut. Sedangkan yangsudah menerapkan Ki3 sampai 3 semester maka

pelaksanaannya tetap berlanjut," ujarnya.Dia menambahkan, di Purbalingga ada 18

sekolah piloting darijenjang SD hingga SMA/SMK,Sekolah-sekolah ini akan terus memakai K13.

"Sebenarnya para guru itu sudah siap, apakahtetap memakai K13 atau KI-SP. Tidak masalah.Yang penting ada kepastian dari pemerintahpusat," ungkapnya.

Tri menjelaskan, ada perbedaan pola penilaian

antara K13 dan KTSP, Kalau KTSP menggunakanangka bulat tanpa deskripsi. Sedangkan K13 adadeskripsi.

"Guru harus memberikan deskripsi penilaian

attitude, skill, dan knowledge masing-masingsiswa. Guru sudah banyak mendapat pelatihan soalpenilaian ini," jelas Tri Gunawan.

Aktif dan KreatifKurikulum 2013 sangat bagus karena mendidik

anak aktif, kreatif dan kooperatif. Guru tidak hanyamendidik anak pengetahuan tetapi juga nilai-nilai.

Penilaian itu disampaikan Kepala SMP 2

Purbalingga Bangun Pracoyo, "Saya yakin hasilnyata kurikulum 2013 akan terasa beberapa tahunmendatang," katanya.

Diakui, memang masih ada kendala buku,penilaian, kompetensi guru dan sarana prasarana.

Tetapi kendala itu bisa diatasi seiring waktu,Menurut dia, K-13 dinilai cocok untuk guru yang

kreatif. Sedangkan guru yang malas lebih sukadengan kurikulum 2006. "Bagi guru yang malaslebih suka kurikulum 2006. Kalau guru yang kreatifdan inovatif lebih semangat dengan kurikulum2013," katanya.

Secara pribadi, Bangun juga sangat mendukungK13 itu. Sekolah yang dia pimpin kebetulan

merupakan salah satu sekoiahpiloting pelaksanaan K13 di

Purbalingga.Sementara anggota DPRD

Purbalingga Soberi Arofahmenilai, pemberlakuan danpemberhentian kurikulum 2013

memang sama-sama tergesa-gesa.

"Hemat kami, para pemegang

kebijakan mestinya berfikir dan

mmperhitungkan dampak dari .

kebijakan ini," ujar politisi dari

PAN itu. (SMNetwork/flo-06)

+.il$.U.,f EgEri, .Ke*tbara*r,Ku.p,ni,Kecbrnatan,Purba[ngga

3. SD Negeri 1 Bedagas, Kecamatan Pengadegan

4. SMP Negeri 1 Purbalingga

5. SMP Negeri 2 Pur:balingga

,',:':13;, Kfiegari;,t,Bur lii ga,, ,r ', .,,:,,

14. SMK Negeri 2 Purbalingga

15. SMK YPI i Purbalingga

15. SMK YHI'2 Purbalingga

'..,,1?;'$$x.'ii+iit tU,goaoigF,r1-..,,,,,,,,,'.

i8. SIVIK Muhammadiyah 1 Purbalingga

Sumber : Dinas Pendidikan Purbalingga,

I+i$DrN eri;,t,Cendana;:K$eariflafah,i(utasari.

5,i:S:ll1p..,NEUej[ j3.Fu:r.,balir1,gga

ISAiiiAii illilli.\.q SETDA KAiltiP,\TLIN PUREAL1NIiC.-\

Page 10: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

ffiBanyH.nl3S.Rabu, 17 Desember 2014

PKB Boikot PenetoPonPED 2O'IA 5

PUnSnLf NCCA- Lima anggota

DPRD dari Partai Kebangkitan

Banqsa (PKB) memboikot raPat

pad[urna Penetapan Perda APBD

2015 yang digelar di Gedung

DPRD, Selasa (16/12) Alasan

oembolkotan mereka, belum

diketahui secara detil' Sebab,

Ketua Fraksi PKB Siti Mutmainah

dan Wakil Ketua Dewan dari PKB

Mukhlis tak bisa dihubungi hingga

berita ini dituliskan,Namun sebelumnYa beredar

pesan dari Ketua DPC PKB Slamet

Wahidin Yang menYebutkan

bahwa kebijakan Pemerintahuntuk warga NU masih jauh aPi

dari Panggang, Dia melarang

seluruh anggota PaftainYa

di dewan untuk hadir dalam

penetaPan APBD tersebut-

Sementara itu dalam APBD

2015 PendaPatan daerah

diperkirakan mencaPai RP

1.467 triliun. lumlah tersebut

terdiri atas PAD RP 180,2 miliar,

dana perimbangan RP 895,396

millar, dan PendaPatan daerah

lain vanq sah RP 392,227

miliar. S-edangkan belanja tidak

langsung sebesar RP 1,044

triliun dan belanja langsung

sebesar RP 472,293 miliar'

Penganggaran jumlah

penerimaan PembiaYaandari SilPa tahun anggaran

sebelumnYa RP 29,4 miliar

dan pencalran dana cadangan

Rp 27,5 miliar' AdaPun

penganggaran PenYertaanmodal Pemda RP 8,1 miliar'

Ketua DPRD Tongat

mengatakan, Perda APBD

2015 telah dibahas dan

disusun sesuai dengan

mekanisme dan ketentuan

dalam Peraturan Perundang'undangan Yang berlaku'

Hal ini juga memPerhatikan

aspirasi masYarakat,

kebutuhan Pembangunandaerah dan keberlangsunganpenyelenggaraan Pemda'

BuPati Sukento Rido

subtantif, saat PengesaanKUAPPAS ada beberaPa

kegiatan Yang belum ProrakYat'

Kemudian ada Perbaikansetelah fraksinYa mengusulkanpengalihan anggaran untuk Yang

lebih penting.MisalnYa Pembatalan

pengadaan mobil dinas Pimwan,

oembatalan Pembangunan[antor SKPD untuk dialihkan

ke penyelesaian PembangunanPasar Bobotsari, dan dana-dana

lain yang ProrakYat sePerti

peningkatan infrastrukturirigasi, jalan, jembatan,

serta PemberdaYaan UKM'(SMNetwork/h82'05)

Marhaendrianto mengatakan,

APBD 2015 sudah dibahas

melalui mekanisme Yangpanjang. AsPirasi dan saran

pendaPat dari masYarakat

maupun fraksi sudah

dipertimbangkan masak-

masak. Dia berharaP, dengan

ditetapkannYa APBD 2015,

Dembangunan di Purbalingga

bisa lebih oPtimal lagi untuk

kepentingan masYarakat'

Belum ProrakYatKetua Fraksi Partai

Demokrasi IndonesiaPerjuangan (PDIP) Utik

Andrawati mengatakan, secara

BAGIAN HU}vIAS SETDA KABL]PATE,N PURBALINCGA

Page 11: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

ffiBanyHmSF.Rabu, 17 Desember 2014

ibuah AparaturDesa

l{epung DPRDPURBALINGGA'Sekitar

3.000 aparatur desadari wilayah KabuPaten

Purbalingga mengepungGedung DPRD, Selasa

(161 121. Mereka men untutagar kenaikan penghasilan

tetap (siltaP) aParaturdesa dimasukkan dalam

APBD 2015.

EREKA berasal dari Paguyuban

Kepala Desa Wirapraja,

Persatuan Perangkat Desa

Republik Indonesla (PPDRI),

dan Forum Komunikasi Perhimpungan

Perangkat Desa (FK Persada). Pada saat

bersamaan, sedang dilaksanakan Rapat

Paripurna Persetujuan APBD 2014 di

gedung dewan.Sebelumnya mereka terlebih dulu

berkumpul di alun-alun dan berorasi di

sana. Dua jam kemudian, saat raPat

paripurna dimulai, mereka bergerak ke

kantor DPRD dan kembali berorasi,

Ketua Wirapraja Muhammad Yani

mengatakan, kenaikan siltap aparaturdesa tersebut merupakan amanat dari

Undang-Undang No 6 Tahun 2014

tentang Desa, sehingga pemkab harus

mematuhi undang-undang itu.Adapun siltap yang diminta oleh mereka

adalah Rp 2,5 juta untuk kepala desa, Rp

1,7 juta untuk sekretaris desa non-PNS,

dan Rp 1,375 juta untuk perangkat desa

lainnya. Angka tersebut rata untuk seluruh

aparatu[ baik desa itu memiliki bengkok

atau tidak. "Untuk yang tidak memiliki

bengkok, nanti mereka mendapat dari

tambahan dari distribusi pajak," katanya.

Ketua PPDRI Ngudi Wismantoro

menambahkan, sebelumnYa PihaknYa

sudah mengirimkan surat dua kali kepada

pemkab perihal tuntutan kenaikan

siltap aparatur desa, Namun tidak ada

tanggapan dari Pihak Pemerintah."sebenarnya jika ada Penjelasan

waktu itu, saat ini (kemarin) kami

tidak akan turun ke jalan. Saat ini kami

ingin memastikan aPakah Pemkabmenjalankan amanat undang-undang itu

atau tidak," katanya.

Tanpa Paksaan rBupati Sukento Rido Marhaendrianto

usai rapat pariPuma akhirnYa maju

dan menemui aparatur desa tersebut.

Sukento mengatakan, anggaran siltap

aparatur desa yang baru sudah.masukdalam APBD 2015 dan sudah disahkan,

sebab hal itu meruPakan amanhtundang-undang.

RAGiAN HTJN,IAS SETDA }IABUPi\TE}{ PL]RBALINGGA

Page 12: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

BUPATI Sukento Rido Marhaendrianto menemui para aparatur.desa di halarnanGedung DPRD, Selasa (16112).

"Itu memang harus dilakukan, Mulaitahun depan memang harus dibayarfian,karena itu amanat undang-undang. Jaditidak harus ada paksaan dari pihak mangpun,r''katanya. .

Ketua DPRD Tongat menambahkan,

pihaknya bersama eksekutif telahmembahas seqara mendalam perihalAPBD 2015. Di dalamnya terdapataspirasi-aSpirasl masyarakat dan salahsahinya berupa kesejahteraan aparatdesa. 1srilemoruhs2.06)

RAGIAN HLTIVIAS SETDA KABI.,PATEN PURBALINGGA

Page 13: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

ffi,?.l.ffi!BanyllllpffiRabu, 17 Desember 2074

'Aja Mikir KePriwe Mangane,Dipikir Kambi Mlaku'PURBALINGGA- SEkTCTATiS

Daerah (Sekda) Imam Subijakto

menegaskan rencana Penerapan5 (lima) hari kerja-di lingkungan

Pemkab bukanlah isu belaka,

Penerapan ini akan dilaksanakan

mulai Januari 2015 sebagai

bentuk ujicoba,"Kita akan lihat sePerti aPa

hasilnya. Kalau memang lebih

produktif dan efektif, maka akan

ditetapkan dalam sebuah aturan

baku," jelasnYa di dePan Parakaryawan Setda, saat APel Kerja

di Halarnan Kantor BuPati, Senin

(1s/12).Sekda menYadari, Pada

awalnya, para karyawan

mungkin akan mengalamipenyesuaian di masa transisi.

Bagi yang terbiasa lembur atau

pulang sore, mungkin tak akan

menjadi masalah dan justru. merasa senangf karena jatah

libur bertambah sehari' Namun,

bagi yang terbiasa Pulang tePat

waktu pukul 14.00, mungkin

akan mengalami adaPtasi Yangberat.

"lni di belakang ada Yangberblsik-bisik, kalau PulangnYasampai sore, terus makannYa

bagaimana? Sudah, aja mikirkepriwe mangane, diPikirkambi mlaku (jangan berPikirbagaimana nanti makannYa,

dipikir sambil jalan)," ujarnYa

becanda.

UanE MakanMenurut Imam, PihaknYa

telah merencanakan alokasi

uang makan, Namun, Imamtak merinci beraPa jumlah uang

makan yang akan diterimatiap karyawan di lingkungan

Pemkab.PeneraPan Lima Hari Kerja

ini memang dimaksudkanuntuk menYesuaikan dengan

Pemerintah Provinsi Jawa

Tengah dan Pemerintah Pusat.

Karena selama ini, hamPir

semua pemerintah daerah

telah meneraPkannYa dan tidekmengalami kendala Yang berarti,

Selain lima hari kerja, Imamjuga mengingatkan rencana

penerapan Kamis sebagai Hari

Berbahasa BanYumasan, Hal

ini menyusul Surat Edaran

Gubernur Jawa Tengah Nomor

430 I 9525 tentang Penggunaan

Bahasa Jawa untuk Komunikasi

Lisan di Lingkungan Pemerintah

Provinsi Jawa Tengah dan

Pemerintah KabuPaten/Kota se-

Jawa Tengah."Jadi, bahasa lawa kita kan

nggak sama dengan Bahasa

Jawa Wetanan. MenYesuaikan

saja. Kalau mau menggunakanbahasa kromo, juga

dipersilakan," lengkaPnYa' 6t-oo1

BAGI,{N HUhl.{S SETDA KABT]PA-I'EN ?URBALINGGA

Page 14: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

ffiBanyumasRabu, 77 Desember 2O74

Diduga Sakit, Waiiran DitemukanTewas di Sawah

PURBALINGGA- Wasiran

(39), warga RT 6/RW 3

Desa/Kecamatan Kutasali,

ditemukan tewas di sawah

di Desa lvleri, Kecamatan

Kutasari. Wasiran diduga

mengidap PenYakit dan saat

pingsan tidak diketahui oleh

orang lain. Korban Pergi dari

rumah pada Minggu (14112),

dan sudah ditemukan tewaspada Selasa (16112) Pagisekitar pukul 06.30.

Mayat korban diketahuikali pertama oleh Tarwin

(30), warga Desa Meri,

Kecamatan Kutasari. Saat itu

Tarwin bersama temannYa

hendak membajak sawah

dengan traktor. Namun

di tengah sawah Yangbersebelahan dengan kebun

tebu, dia dikagetkan dengan

sesosok tubuh tergeletakdalam posisi telungkuP.Tarwin kemudian mernberi

tahu temannYa. KeduanYa

lalu melaporkan ke Polsek

Kutasari yang tak jauh darl

lokasi kejadian.

Setelah mendaPat

laporan atas Penemuanmayat, Kapolsek Kutasari

AKP Herman Setiono beserta

anggotanya, Tim Inafis

Polres Purbalingga,-dan

tim medis dari Puskesmas

Kutasari segera mendatangi

lokasi penemuan maYat,

Setelah diidentifi kasi,

diketahui korban bernama

Wasiran, seorang Penjualwarung kecil-kecilan.Menurut keterangan dari

keluarga, korban Pamit dari

rumah pada N4inggu (14l12)pagi untuk mencari daun-

daunan di Persawahan untuk

dimasak. Namun hingga sore

korban tak kunjung Pulang'Selasa pagi, korban sudah

ditemukan tak bernYawa di

sawah.Korban kemudian dibawa

ke RSUD dr Goetheng

Tarunadibrata untuk divisum

atas keinginan Pihakkeluarga.'tDari keteranganpihak keluarga, korban

memiliki riwayat PenYakithipertensi. Korban juga

pernah pingsan di sawah,

beberapa waktu lalu," kata

Herman. {pt-o6)

PETUGAS melakukan evakuasi mayat korban Wasiranvano-O-rtemukan tewas di sawah di wilayah Desa Meri'kecimatan Kutasari, Selasa (161 12\.

BAGi.i.'.L lllr\i,,\S Sir'Li-rA K,\BL]P.\TE\ PL.iiBAi-lNGGA

Page 15: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

ffiBany$Im3*sRabu, 17 Desember 2014

Terkena Hyd rocephalus,

Sabrina Butuh Uluran TanganMTNefNAKAN baju Pink, gadis

mungil yang tergeletak di kasur

itu nampak ceiia. MatanYa

berputar-putar menerawang/sesekali tersenyum saat

melihat orang yang ia kenal

mengajaknya bercanda,

Di balik keceriaannYa,

Sabrina Azahra, balita berusia

13 bulan itu harus menanggungpenyakit yang menyerang

kepalanya, Dia divonis oleh

dokter menderita gangguan

berupa pengumPulan cairan

otak yang berlebihan atauhydrocephalus.

Akibat penyakit itu, anak

pasangan Sadingun (39)

dengan Evlin Indriati SetYo

(27) yang tinggal di RT 2/RW 1

Desa Karangpule, Kecamatan

Padamara ini tidak bisa

beraktivitas seperti balita lainnya.

Bahkan dia belum bisa berjalan'Meskipun sudah Pernah

dioperasi, setiaP bulannYa

ukuran kepala Sabrina

bertambah 1 centimeter. Saat

ini, ukuran kepala Sabrina

mencapai 56 centimeter'"Operasi pertama juga masih

diutang oleh rumah sakit,padahal anak saya harus

dioperasi lanjutan agar bisa

sembuh," kisah Elvin, ibu

Sabrina,Dia sendiri hanYa sebagai

ibu rumah tangga, sedangkan

suaminya hanYa buruhserabutan. Indri menambahkan,untuk biaya perawatan, dia

mengaku bingung. Motormiliknya juga sudah dijual untuk

bolak-balik ke rumah sakit.

Doyan MakanMeski saat ini kePala Sabrina

ukurannya lebih besar dariPada

ukuran normal, bocah malang

inl terbilang sehat. PasalnYa,

Sabrina doyan makan, dan

aktif bergerak. "HanYa tidakbisa jalan sePerti anak-anakseusianya," katanYa.

Indri menceritakan, awalnYa

saat hamil dan dilakukan USG,

dokter mengatakan kondisi

bayi normal dan sehat, Namun,

saat lahir Sabrina mengalami

hydrocephalus, Sehingga, saat

lahir harus dioperasi sesar,

karena kesulitan lahir,

Orangtua Sabrina berharaP

agar anak keduanYa bisa

sembuh dan segera dioPerasi."Harapnya saya hanYa ingin

Sabrina tumbuh normal,

SABRINA Azzahra, balita berusia l3tulan yang tinggal di'RT 2/

Hfi,-i'ij;; *r"iu

n g'p u r e, i<I"" u1' n P ad am ara me m b utu h ka n

Ll ri"n tungrn kare-na mend erita hyd rocephal us'

bisa bermain dengan anak

seusianYa dan sekolah,"

haraPnYa, (SMNetwork/ryanrachman-06)

RA(ii Alli HLII\,IAS SETDA KI\BL;PATEN Pi IIIB.\LIN(iGA

Page 16: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

Rabu, 17 Desember 2074

tt'

$ffi,t#ftr#6#$H#

PURBAUNGGA. :ler gepk hati untuk membantu korbanbencani itam tanan tongsoi di ainiarnegari; ie:unrlatrseniman dari Purbalingga dan purwokefto rheflggelar aksipenggalangan dana di halamin Pasar Segamas'dbn alun-alun, Selasa (L6ltZ). Penggahngan dana dengin ber.kelilingke pedagang pasar dan mqsyarakat sekitar. Selain itu jugi_dengan melakukan lelang hasil lukisan, , ' l' : l

Pelukis ttiOiwfaya melukis sra=ana pasai Sefamas Oiatas kanvas. Sementara pelukis Medi PS dan Aji rnelukisdi tubuh dua model. Tldak hanya itu, kegiatan jugamenampilkan penyanyi dangdut lokal. Aksi dimulai pukul10.00. Dua jam kemudian; mereka pindah lokasi ke alun-

Koordinator Aksi Chune Yulianto mengatakan; aksidigela r qeba gai' bentu k solldaritas teman-teman senimanungqk pdra korban bencana tanah longsor di Dusun

r:Ltkisan ini nanti dilelang. Hasilnya akan digabung aenganhasi! penSgalangan dana yang didapat dengan kelilingpaiai dari para pedagang dan dari pengUryung aiun,alun,,katanyS;'' '' " - r- -

:

Selain itrir; beberapa elemen:,rnas;yamkat juga metakukanaksi penggalangan'd:ana 6l,perempatmiperernratin tampulalu lintas, Tak mau ketinggalani para PNS di Kantqr Seidajuga melakukan pe4ggalangqn dana yang'dikordinasi

:i i" ..i ::1I:: .. ,, .. .'.,, , , . i .,,i,1r.1...

ilfiil:$*tr# Ci 'nP'emr$,$9ffi$xffi:iiilir6;:[.fl

PURBATIHGGA- tarset Pendbpatan nsli Dae-rah (PAD) ,

liiar:Segamas diniikkan dari Rp 2r,09 miliar d! tahun ini

meniiOi sekitar Rp 2,6 miliar di tahuh depan, atau halk RO

Kepa la Dinas Perindustrian'Perdaga ngan dan Koperasi

(Dlnperindagkop) Agus Winamo mengatakan, target ituterdiri'atai palayanan' dalam pasar atau retribu$ pedagang

Rp 1,5 mitirt mandi cuci kakus (MCK) Rp 140,4 juta, danparkir:Rp 1,03 mtliar. :'

"pasii sesamas ditirget naik PAD-nya' Meiihat darj

tahun ini, target tersebut kemungkinan bqsar akan

l€rcapai,f' 616 Agus, Selasa (16/12)l : ,' , ,

Sementara Kepala UPT Pasar Segarnas Furbalingga

sunafto mengatakan, tahun !n!, pendapatan yang didapat

oleh:pasar terbesar di Purbatingga itu,sudah melampaul

target. Dari iarget Rp 2,09 miliar, diperki:rakan'akhir tahun

ini pihaknya btsa mendapat Rp 2,15 miliai'tteskipun kenaikan target Rno yang dibebankan cukup

tinggi, dia mengaku optimii bisa memenuhi target tahun

Aepal. iihaknya akan mengoptimafkan selurr.rh tenaga stafyang dimiliki untuk meniipai target itu.'-Dari pengelolaan

tqCfl]tifrun ini sudah adi kontrak baru dengfl,n pihak ,

ketiga, Tahun falu'yang hanyq Rp 125 iutAr kini kofiB,[p]anaik rnenjtdi Rp 140,4 iutq{ uqrgkapnya.

',' , I ,:::1.:

U-ntuk rnenunjang peiotetran PAD, rahuh depan, pasar

tersebut akan ditambahifasilitas. Pernbangunan masjid ,

yang tafrun lni gagal leling, akan kembali diangga.rfan

tanun Aepan,iselain itu pebangunan kios pedagang , , ,,

anyaniandisisiselatanrangmasih-semipennanen,,-menjtOi permanen, maski kemung&inan akan dilakukan' ::

pada APBD Perubahan 2015.,{pt{6, : ; ' ,' :: '

BAGIAN HU}V{AS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 17: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

BAGIAN IIUMAS SETDA KABUPATEN PI',RBAI.INCGA

Page 18: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

RatuEan Kepala ffiesa tuduki ilPRDPURBALINGGA - Ratusan Ke-

Rabu Kliwon, 17 Desemberl0t,4 .l!BE[\ffi]S4f1

pala Desa (Kades) dan Periing-kat, Selasa 06/12) beramai-ra-mai menggelar aksi demo de-nean menduduki gedung DPRDPilrbalingga. Aksi ihr dilakukanuntuk mengawal raPat PariPur-na dengan agenda PenetaPanRAPBD tahun 2015.

"IGmi datang trntuk mem-be-

rikan supPort kePada anggotadewan dln buPati. Kami mintaagar penetaPan RAPBD tahun26t5 iangan ditunda," kata Per-wakiiankades, M Yani, kePada

wartawan.Dia menYamPaikan sebelum-

nva sernpat Eeredar rumor bah-

r.,J, p".tbtupan RAPBD tahun2015 akan ditolak. Kondisi terse-

but membuat kades dan Perang-kat desa menjadi resah. PabalnYa

di RABPD tahun 2O15.tersebutterdapat alokasi anggaran untukAlokisi Dana Desa (ADD).

Apabila RAPBD tidak dite-tapkin menurutnYa maka ADDtidak bisa dicairkan. "MakanYakami mendatangi gedung de-

wan. Kami tidak ingin RAPBDtahun 2015 ditolak. iika ditolakmaka pembangunan desa bisaterhambat," ungkaPnYa.

Kekhawatiran tersebut juga

pernah disamPaikan BuPati Su-

tento Rido Marhaendrianto. Me-nururnva sempat beredar bere-

dar bahwa dewan akan melaku-kan penolakan terhadaP Pene-tapan APBD tahun 20-t5. Ke-khawatiran buPati tersebut di-sampaikan dalam sejumlah fo-.rrm. "Kula, DPRD menolakmenetapkan RAPBD tePat wak-tu, maka masYarakat akan rugt'Karena tentu APBD Yang digu-nakan adalah menggunakanAPBD tahun sebelumnYa," ujatbupati.

ffi Rp 48 Miliarji-ka demikian, menurut bu-

oati. desa'hanya akan menerimaelolari Dana besa (ADD) RP 48

miliar per tahun, sePerti diAPBD titrun ZOt+. Sementara diAPBD tahun 2015 dialokasikanADD sebesar' RP 120 nriliar' Pi-

haknya meminta kePada sege-

.,uo pihak rntuk berdoa bersama

agii penetapan APBD tahunZdt S Uisa dilakukan tePat waktu'"Saya minta segenaP komPonenmasyarakat mengawalnYa,"unskapnva.

5"rn"rltr.u ihr dalam wakruyang bersamaan Ketua DPRDTongat SH memimPin raPatparipurna dengan agenda Pene-iapan RAPBD tahun 2015 serta

"#

ORASI : Perwakilankades dan perangknt melakukan orasi saat

iiini"t isrdung DPRD. ,qt<ii aila*utsn untuk mengawal proses

;;;';;r;;" fAPsfi trt u" 2015. w Eoto Joko sanioso-ad

empat Raperda. Acara tersebutdihadiri oleh 40 dari 45 anggotadewan. Penetapan RABD ti"hun2015 juga berlangsung mulus."Aspirasi kepala desa kamiperhatikan. RAPBD tahun 2015kita tetapkan. Berarti tidak benarjika ada isu bahwa dewan akanmenunda penetapan

- RAITBD

tahun 2015," ungkapnya.Terkait tuntutan kades dan

pera 4gka t agar. pengha sila nnyadinaikkan, menuru t Tongat akanditindaklaniuti dengan Peratu-ran Bupati (Perbup) pihaknyabahkan siap mengawai aspirisitersebut. Menurubnya sesuai UUNomor 23 tahun 2014, bupattdan anggota dewan dimind ti-

dak menunda PenetaPanRAPBD.'MakanYa kami mema-tuhi aturan tersebut. Kami ber-harap dengan PenetaPan Yangsesuai jadwal maka Proses Pem-bangunan bisa dilaksanakan,"tuturnva.

Senientara itu Kerua FraksiPDI Periuangan (FPDIP) Hi UdkAndrawati mengatakan Pihak-nya mendukung PenetaPanRAPBD tahun 2015. PasalnYa Pi-haknya melihat bahwa Programpro rakYat sudah masuk didalamnya. Di antaranYa Pemng-katan pendaPatan kades danperangkat desa. ffi ST-ad

BAGIA}{ HLT},GS SE,TDA KABI]?ATEN PURBAI-I}iGGA

Page 19: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

ll "asu '..won, r / uesember z0I4 I wawa$an

lsak Tangis walnai Dqa Bqr_sarnaKorban Longssr:untuk

PURBALINGGA - Sebanyak820 siswa SMP Negeri 1

Bukateja dari kelas VII, VIIIdan IX, Selasa (76/72) siangmenggelar doa bersama dilapangan sekolah setempatuntuk korban bencana tanahlongsor di Dusun Sijembung,Desa Sampang, KecamatdnKarangkobar, Banjarnegara.

Diwarnai isak tangis, ratu-san siswa memanjatkan doayang dipimpin guru pendi-di-kan Agam Islam Yusuf SAg,agar bdncanayang terjadi se-gera berakhir, dan para.kor-ban tabah menghadapi bencana ini tidak hanya secaraIslam, siswa beragama Kris-ten juga turutberbaurberdoabersama.

"Kami mendoakan sauda-

ra-saudara klami yang tertim-pa musibah, agartabah meng-hadapi cobaan ini. Senantiasatawakal dan terus berdoa, se-moga cobaan ini segera ber-akhir," harap Yusuf S.Ag.

Usai doa bersama, parasiswa menggalang dana un-tuk para korban tanah longsordi Sijembung. Demikian hal-nya para guru juga melaku-kan hal serupa/ yang selanjutnya uang yang terkumpulakan disumbangkan lewatPalang Merah Indonesia.

Kepala SMPN 1 Bukateja,Wasis Sudiantoro SPd , me-ngatakan, kegiatan doa ber-sama ini sebagai bentuk keprihatinan pihaknya atas pende-ritaan yang dialami para kor-baan bencana tanah longsor,

yang masih terbilang tetanggakabupaten.

"Semoga para korban ta-bah, dan segera bangkit daripenderitaan ini," harap WasisSudiantoro. ffi

ST-jie

DOABERSAMA:Dipimpinguru Pendidiknn Agama lslam

SMPN 1 Bukateja, Yusuf S.Ag,

sebanyak 820 sistaa SMPN 7

Bukateja menggelar doa bersama

untuk korban bencana tanah

longsor di Banjarnegara.'#Eoto: foko Santoso.

BAGIAN HUIVIAS SETDA KABUPATEN PURI]ALINGGA

Page 20: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

i Kadesangfrll lp

ffi+,, R4,,oM0'

olitisirtmgm&q.ffiffi W& fu$e#I ffiwffimh

r &mhmaxmr* ffiwPm€E -$w$ffiffiftffi

ffiffiffikmffim

tt lni bukan perjuangan wakil.. . . *:1,"L5?Tfffil"ill"l;bupati, bukan perjuangan bupati" lnl e-t*-ut"o."purbalingga ke-"-5uorn

ada dalarn aiuran, tqnpa. ;ffi:fiS^X-:f;,i1f:[Hmereka (para kades) datang ke sini iuop"u.a#'r"p'g"u"ggu"o

;;;;;i"h.ti. penshasitan [y tetap'ff"'ffi*ru,]*:Tkrb*: akan dianggafkan'l? tunpenge-'ahunRAPBDakan'. mempengaruhi kineria di

SUkentO RidO MafhaendfiantO ti"*r.it de"sa' Karena itu' me-

eupaii-p;i;i;si, ::[U"l*:::ii?r tJi#Pagu ar.ggaran Yang jefas'

' kita tlaut bisa bekeria' Kita

PURBALINGGA, SAIELIT* , - ra.perda APBD' ^ tidak bisa membuat perenca- '

.;6ffi:ffi;;l;;;lilss;, he.rnyataan Sukento ini naan, kita tidak bisa meng-

sukento Rido Marhaendrian- sekaligus ^"r,rrtup

kemung- eksekusi program keria' tidak

to berulangkuri *",,"gu'r[; "il;:"J:f'ya

ttaim aari sE- ada pembansunan' karena

penghasilan ,",rp X"[ul' i"** pif'Jt,p"'lf-tuf perjua- Rl'fb-nya luga belum disah-

desa dan p""urtg*u-yu'U"- '"S* ti,i F9i: dan perang- kan"'kata dia'

kan atas p"4rrngu. iuil- t;*f i,$u"u' 1" # rentin Namun' ia iuga menyadari

pun. Ketenturr, r- *".,iirig *".,iuai komoditas politik, ada dua kelompok kepenti-

ietah diatur dalam Undang- terutama_men]uang fgrylu- t S* * tegrslatif yang berse-

ffidilil;;.;;;'fi- kada purbalingga iors. xru- te-ru. Dua kelompok ini, me-

,,Inibukanperjuanganwa: 1"*gkan kesgjahteraanika- dalamketerlambatanpeneta-

kil bupati, bulr,'t p".Jruof'o 'i"' ti'u *"ti;'Jl it" t"t'i pT RAPRD karena ada aksi

bupati. rni sudah ro, ili.I g;r*""ggrrl"ga;k"t g* l.rit:q iegal. "Tetapi kami

aturan, tanpa mereK, (p;;; Eit"'"t gii"ool' " tidakinginjadikorban"'kata

l::iliii;#;;;t+'b,", satu ii antara pimpinan d'3; .

otomatis penghasilan t#]": rtil's] Ng;di wii*u;rtoro, Ketua Fraksi Gerindra,

tap akan dianggarkanJ; kata dari unsuiPe"utu* r"t*g- Wachyono' mengatakan' DP-

sukentousaimengikutirapat katDesaneprbtltrra..^",tL RDtiiakbisadidesak-desak'

pa+?urnt p"r,"tupu,,-tii''t' tpppru' meinbantah aksi ]ika mernang belum waktu-r

Rapercla, satu di u",*u"y, i*l Ji[urur mewakili ke- nya, desakan seperti aPaPun

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 21: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

tidak akan

"Mungkin mereka sedang

Me- pemanasan sebetruq1,|01katadia., .,..s1 .il

Aksi ini Sempat diw;aadu n{u1ut.agar koorhinatiberkan anggota {9,14menolak penetapan

Mereka inengancam akanmenyomasi frama-namaanggota dewan yang bolosdan menginstruksikan.agartidak memilih kembali padapemilu legislatif menda-tang.

BAGIAN HT,MAS SETDA KABUPATEN PT]RBALINC,GA

Page 22: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

BAGIAN IIUMAS SETDA KABIJPATEN FI'RBAIINGGA

Page 23: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBAI-INGGA

Page 24: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

r,RiIfi*I, f,.[_t.lU9 U", t 7 ursrmrrn zoi+

Penenluan MayatPriG a gerkan Kutasarr',t**

WARGA membantu anggota Polres Purbalingga rnembawa mayat dari sawah ke kendaraansebelum akhirnya dibawa ke kamar mayat, Selasa (16112).

PURBALINGGA, SATELITPOST-Mayatseorang pria ditemukan dalam kondisitelungkup di area p,ersawahan di DesaMeri, Kecamdtan Kutasari, Selasa (1,6/12).Penemuan mayat ini sempat membuatgeger warga Kutasari dan sekitarnya.

Hasil identifikasi menyatakan pria ^inibernama Wasiran (39), warga RT 6 RW 3

Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari. Ditubuh jenazah ditemukan luka gores yangdiduga akibat terjatuh.

Kapolsek Kutasari AKP Herman Setionomengatakan, korban memiliki riwayatpenyakit hipertensi. Ia tak bisa menyim-pulkan penyebab kematian korban. "Ke-luarga menghendaki visum luar, nah pe-nyebabnya baru bisa diketahui setelahproses visum," kata dia.

Ia mengatakan, jenazah korban ditemu-kan tanpa sengaja oleh Tarwin (30) petanisetempat yang tengah membajak sawah.Ia kemudian fnelaporkan penemuan ma-yat ini ke tuIapolsek Ktitasari. "Begitulaporan kita terima, kita langsung ke TKP.Kemudian kita koordinasikan denganInafis dan Satreskiim Polres Purba-lingga," kata dia.' lenazah kemudian dibawa ke karptarmayat untuk divisum. Prodes evak{asisempat menjadi tontonan warga se$tar.Selain penasaran, mereka juga ingin tahukondisi mayat. Kerumunan warga bahkansempat membuat lalu lintds di |alan RayaKutasari terserldat. Warga bubar setelahjenazah dibawa ke kamar mayat RSUDPurbalingga. (gan)

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PIIRBALINGGA

Page 25: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAffIAil IItItrIA$ $[T'DA PIIflBAIM-IffOA

Radar tsanYurnaS r Rabu Kli@Pengumuman CPI{S

Akhir DesemberPURBALINGGA - Tahapan rekrutmen CPNS

Formasi Umum Tahun 2014 terus berjalan.Diperkirakan, pengumunan hasil tesseleksiakan diiaksanakan pada akhr Desember ini.Saat ini BKD Provinsi dan panitia seleksinasional (panselnas) CPNS masih melakukantahapan verifikasi.

PltKepala BadanKepegawaian Daerah (BKD)Purbalingga Kodadiyanto didampingi KabidPengembangan dan Diklat Pegawai WahyuPrasetiyono menjelaskan, usai diproses sampaiPanselnas , hasil tes akan dikirimkan kembaiike panitia provinsi, kemudian ke kabupatendan ditetapkan melalui SK Bupati.

"Pengumuman bisa melalui website Pan-selnas maupun papan pengumuman BKD danwebsite pemkab. Tahapan selanjutnya di-lakukan pemberkasan untuk kemudian di-proses mendapatkan penetapan NIPi' jelasnya,Senin (r5l12). r kehatlo

Dij amin Transparannrrrrrnrrmtn Peserta juga bisa melihat patenPurbalinry*T:'lg1I PGngumuman iffi;;i";;,;i;;;-;it;i Lana0rormasicPNsumum

Sambungan dari hal ' ftr:"k"'3"fiu* i* t"auf, uau tahun 2014. Formasi terba-

passing g'ad" yung minimal nyak adalah tenaga teknis

ffi; ff;;l'iutt'"bul*v'' Linnva sebanvak 16 iormasi'

Kodadiyanto mengatakan, ^-P;;;i-""g

f"f"t ;i;*a Menlnlsul kemudian untuk

rahapan rekrutmen i"i;i: *"rauf uiuri nitai zo untui< formasi tenaga pendidikan

iamin transparan dan bisa rnateriteslvawasankebangsa- dankesehatan'

'##ffi;r*rUf."r. il- an, 25 unnrk inrelegensil u- ,Data yang, dihimpun Ra-

Iain itu, iuga tidak Oipun[it -unl.aunteskarakJristikpri- 9i:T::^n't*ga akhir batas

biaya. sejakawalp"rrauttu."* badidengannilairninimalyang penerimaan berkas peiamar

hingga utt l. p.r-,gr*.;;; ft"t"t aii"pa '"U** rzd' " duabulanlalu'terdapatberkas

juga bisa aip".turrggrrrrgju- "Dari mising-.masing ca- lamalanmasukmelaiuiPTPos

wabkan. paian itu uttut' it*Uuii ai- sebanyak 2'309 pelamar' Se-

"saatpelaksanaantest,peser- ifikd untuk menetapkan dangkanjurnlahtotalpelamar

ramenggunakan,rod"t Cl"i-r- G?;rj;yllglulusi'felainya. online sebanyak 2'434 orang'

p"i"r'i"ttt".a i.t. tiari " s'"f"tt'airi"tahui Kabu- (amr/bdg)

BAGIAN i]LIhlAS SUTDA KABUPATEi{ PUR.BALINGGA

Page 26: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

IAffIN IItj[{A$ $[1[A PIjflBAIil{ffOA

Radaf Banyumas o Rabu Kliwon 17 Desember 2014

LUKIS WAJAH: Pelukis Purbalingga, Chune saat melukis diwajahseorang wanita dalam aksi penggalangan dana, kemarin.

penggalangan dana, untuk Pasar Segamas dan Alun-alunkorban longsor, di halarnan Purbalingga. r kehal 10

SenimanGdang

Danalongsor

BaniarnegaraPURBALINGGA - Bencana

tanah longsor di Dukuh Jem-blung, Desa Sampang, Ke-camatan Karangkobar Kabu-paten Banjarnegara, ternyatamengetuk hari para senimatrdi wilayah eks karesidenanBanyumas. Sekira 30 seni-manr yang berasal dari Pur-balingga, Banjarnegara danBanyumas menggelar aksi

di Pasar Segamas. Dua jamkemudian, mereka pindahlokasi ke Alun-alun Purba-lingga untuk menggelar aksiyang sama. Hanya di Alun-alun aksi mereka jauh lebihmeriah, karena seluruh se-niman sudah bergabung da-lam aksitersebut.

Koordinator aksi ChuneYulianto mengatakan, aksi irudigelar sebagai bentuk so-iidaritas teman-teman se-niman untuk para korbanbencana tanah longsor diDusun |emblung, Desa Sam-pang, Kecamatan Karang-kobar, lumat ( 12112) lalu. "Aksi

ini diikuti oleh seniman diBanl.umas Rasa, yakni Ban-jarnegara, Purbalingga danBanyumasi' katanya kepadawartawan disela-se1a aksipenggalangandana.

Cune menambahkan, lu-kisan yang dilukis oieh Ha-diwijaya di Pasar Segamas,rencananya akan dilelang."Lukisan ini nanti dilelang.Hasilnya akan digabung de-ngan hasil penggalangan daura

1,ang muter keliling pasar dari

para pedagang dan dari pe-ngunjung alun-alun," im-buhnya.

Selain kegiatan pengga-langan dana yang dilakukanoleh para senimary beberapaelemen masyarakat juga mel-akukan aksi serupa. Seperti diperempatan Sirongge, Pe-rempatan Asrikin dan se-jumlah perempatan jalanprotokol lainpya di wilayahkota Purbalingga.

Tak mau ketinggalan, paraPNS di Kantor Setda Pur-baiingga, juga melakukanpenggalangan dana yang di-kordinir oleh Bagian KesraSetda. Sebelumnya/ saat me-nyelenggarakan Rapat KerjaDaerah (Rakerda) Minggu(14/ 12) kemarin, para alumnihaji yang tergabung daiamIkatan

Persaudaraan Haji Indone-sia (IPHI) Purbalingga jugasecara spontan menghimpundana bantuan untuk Ban-jamegara. Uangyangterkum-pui sejumlah Rp 1.649.000dan dikirim ke Banjarnegarakemarin. (tya/Uag)

Lelang Hasil KaryaI SGniman

Sambungan dari hal 7

Kegiatan penggalangan danayang diberi tajuk SenimanNgamen Peduli Banjamegaraitu, digelarcu.iup unik. Selainmeminta sumbangan kep adamasyarakat menggunakankardus minuman mineral,mereka juga menggelar aksimelukis di kanvas dan tubuhmanusia. Alsi tersebut, digelaruntuk menarik masyarakat,agar ikut memberikan sum-bangannya.

Dalam aksi tersebut, pelukisHadiwijaya melukis suasanaPasar Segamas di atas kanvas.Sementara pelukis Medi PS,

Cune Yulianto dan Aji melukisdi tubuh dua model atau tekrrismelukis body painting. Takhanya melibatkan pelukis, alaitersebut juga melibatkan se-niman musik, yakni denganmelibatkan penyanyi dangdutlokal dan kesenian tradisionalgendang.

Aksi dimulai pukd f 0. 00 \&'IB

B.\GIAN HUhl"\S SII,TDA KABUP{| DN Pl IRBALI"{GGA

Page 27: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

ff3dafi Barlgoilos r Rabu Kliwon 17 Dgsemoer zotq

trCnemuan MayatGegerlcan Desa Meri

KUTASARI-Warga DesaMeri Kecamatan Kutasaridigegerkan dengan pene-muan mayat laki-laki di areasawah yang berada RT 13RW 9, Selasa (16/12) pagi.Setelah dilakukan inden-tifikasi dan mengumpulkanketerangan, korban dike-tahui bernama Wasiran(39) warga RT 6 RW 3 DesaKutasari.

Penemuan mayat iMasirandiketahui pertama kali olehTarwin (30), warga Desa Meri,Kecamatan Kutasari sekitarpukul 06.30 WIB. Saat ituTarwin bersama temannya

hendak membajak sawah de-ngan trakor.' Namun di tengah sawahyang bersebelahan dengankebun tebu, ia dikagetkandengan sesosok tubuh ter-geletak dalam posisi telung-kup dan sudah tidak be-nyawa.

Mengetahui kejadian ter-sebut, Tarwin memberi tahutemannya yang tidak jauhdarinya. Kernudian kedua-nya memutlrskan untuk m-elaporkan penemuan mayattersebut ke Polsek Kutasariyang tak jauh dari lokasikejadian.

Mendapati laporan tersebut,Kapolsek Kutasari AKP Her-man Setiono beserta ang-gotanya, Tirn Inafis PolresPurbalingga dan tim n.redisdari Puskesmas Kutasari ke-mudian datang ke lokasi pe-nemuan mayat.

Setelah diidentifi.kasi, dike-tahui korban bernama Wa-siran, seorangpenjualwarungkecil-kecilan. Menurut ke-terangan dari keluarga, korbanpamit dari rumah sejak Ming-gu ( 14l12) pagi untuknrencaridaun- daunan di persalr,'ahanuntrlk d i m asak. Namun tring-ga sore, korban tak kunjrrng

pulang ke nrmah. Selasa pagi,korban sudah ditemukan takbemyarna.di sawah.

Korban kemudian dibawa keRSUD dr Goetheng Taru-nadibrata untuk divisum ataskeinginan pihak keluargaguna mengetahui penyebabkematian korban.

Kap olsek I(utasari Ai(P Her-man Setiono mengatakan,dari keterangan yang iadapat, korban diketahui me-miliki riwayat penyakit hi-peftensi.

"Korban juga pemah ping-san di sawah beberapa wakulalu karcna hipertensi," tu'

tum.ya..Nlenirrutnya, korban ke-

mungkinan besar meninggalkarena penyakit hiPerten-sinya kambuh dan terjatuh dilokasikeiadian.

Sementara iru, Pihak rumahsakit tidak bisa melakukanotopsi terhadaP korban ka-rena harus dilakukan di RS

Margono Soekario Purwo-kertJ. Sedangkan' Pihak ke-

Iuarga tidak memP erb olehkantubuh kortran diotoPsi. ]e-nazah korban kemudian di-bawa pulang Pihak keluargadan dimakamkan hari itujuga. (Iok/bdg)

---PUNBMilGGA EKSPRES

Miliki 70 Grumbul, Picu Salah AlamatKARANGMONCOL-Banyaknya grumbul atau dukuh di

Desa Tunjungmuli sering menyulitkan warga yang mencarialamat, ]angankan orangluar desa, warga Trinjungmuli sen-diri kerap kesulitan menghafal letak grumbul atau dusunyangada."

Kepala Desa Tunjungmuli, |oko Pranoto mengatakan,warga Tunjungmuli juga belum tentu hafal letak dan namagrrmbul atau dukuhlang ada di DesaTunjungmuli. Pasalrrya,

selainterdapat banyak gumbul, luas desa juga menjadi alasan.'Ada sekitar 40 nama glumbul di Tunjungmuli. Orang yang

mencari alamat tambah bingung karena orangyang ditanyabelum tentu tahu letaknla alamat yang dicarii' tutumya.

Joko menambahkan, untuk mempermudah mencarialamat, pemerintah desa dan masyarakat secara swadayamengumpulkan dana guna membuat gapura di pintu masukdusun. Sehingga, hal itu akan mempermudah masyarakatmengenal Ietak dusun dan wilayah Desa Tunjungmuli.

"Satu gapura pintu menunjukan berapa grumbullangbisadilalui melalui jalan tersebut. Iadi tidak perlu nyasar nyarialamat di Tunjungmulii' imbuhnya.

Selain itu, gapura juga bisa berfrngsi untuk mempercantikpenampilan wajah desa. Sehingga, desa terlihat lebih rapidan indah. (lotlUag;

BAGIAN HUhiAS SETDA KABIIPAIEN PLIRBALI}{GCA

llz<./

Page 28: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

s, --e E

: r et !t rE=:4 E*oo;E?Ee HEfiEI;E +j g E.Cd.q'a

=

BAGIAN }ILJ\,IAS SETDA IiCBUPATEN PUPSALTNGGA

Page 29: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

RibuanPamong

PURBALINGGA - Ribuairaparatur pemerintahan desaatau biasa disebu.t Pamongdesa, mengepung komPlekgedung DPRD Purbaiingga,SeJ.asa (16/12) siang. Merekayang terdiri dari KePala Desadan para perangkat desa inginmemastikan usulan kenaikanpenghasilan tetap masuk da-lam APBD 2015.

tetap masuk aParatul: negara'Ia bahkan nrcnconiohkan,

KFK bukan iI.{S clemikiai:iuga dengan Otorttas jasa Ke',angan (OlK), dan lainnYa.Namun penghasilan merekajuga bisa setingkat menteri. Pi-

haknva bukan i:rgin menYa-makan penghasiian Pamongdesa dengan camat maupunPIJS, namun selvajarnva ka-rena sudah diatur daiam UtJTentang Desa dan PeraturanPemerintah, maka harus dia-

DesaGerudukmPmmSaksikanPengesahan

Aksi kami juga karena dila-tar:beiakangi desakan dari ba-wah yang meminta segera.di-rumuskan rencana Pemba-ngunan, Iencana anggaranbelanja desa dan lainnYa. Ba-

gaimana akan merumuskan,APBD sala belum ielas," ung-kapnya, kemarin.

Kades KlaPasar,vit Kecama-tan Kalimanah ini iuga me-ngatakan, kenaikan Peng-hasilan tetap wajar adanYa.Karena meski bukan PNS,aparatur Pemerintahan desa

APBD Tahun 2015

Pada hari itu, mereka rrre-

nu) rlggu Pengesahan APBDyang dilaksanakan di gedung

dewan melalui rapat Parl-purna. Rapat belum berakhir,massa Pamong desa terusberorasi di ruas jalan Onjedan beruPaYa memaksa ja-jaran eksekutif dan Iegislatifuntuk segera menetaPkanAPBD.Koordinator aksi, Ngudi

Nuswantoro mengatakan, aksi

itu diiakukan setelah beberaPa

*rt',,., ."b"tum nYa, PihaknYamelal'angkan surat rerkaitaspirasi mereka ke dewan dan

bupati. Namun, asPirasi itutak-ditanggapi hingga dua kali.Padahal, mereka Yang ter-gabung dalam Tim 9 (rnasing'masing dari PPDRI, Wila-praja dan FK Persada) me-miliki data soal dana desa danADD scrta alokasinYa.

"sebenarnYa j ika ditanggaPidan dilakukan mediasi be-berapa waktu sebelumnYa, tidakakan ada aksi massa sePerti ini.

Iokasikan. a kehallA

mendap atkan p endaPatanyang sesuai dengan uPahminimum kabupaten (UMK),gagal.

Sekretaris Persatuan Pe-rangkat Desa Indonesia (PP-

DI) Purbatingga Sakhuri me-ngatakan, jika RAPBD samPaigagal ditetapkan menjadi AP-

BD, maka tahun depan Pur-baiingga bakal kena sadai daripemerintah pusat. Yakni,hanya boieh menggunakanAPBD yang telah ditetapkantahun sebelumnya. "Kalauseperti itu, maka kami tidakakan mendapatkan uPahYangsesuaii' u;'am1a kep ada Radar-mas, ditemui disela-sela aksi.

Dia menambahkan, lebihdari 3 ribu peranglrat desa dankepala desa di seluruh wila),ahPurberlingga, ikut dalam aksitersebut, "Kami mohon maaf,kaiau hari ini (kemarin, red),masyarakat tidak bisa men-dapatkan pelayanan dari ka-mi. Karena seluruh Perangkatdesa dan kepala desa ikut turunke jalan. Namun, ini kamiIakukan juga untuk masya-rakati' imbuhnya.

Menurutnya, jika samPaitidak disahkan, maka ma-syarakat Purbalingga akan ikutrugi. Sebab, perencanaanpembangunan yang telahdianggarkan dalam RAPBD'2015, tidak bisa dilaksanakantahun depan, karena tak adaanggarannya. (arnr/tfalbdg)

Khawatir Kena Sanksi dari Pusatr Bi[uan

Sambungan dari hal 7

"Kami bersy'ukur pemkabmen gakomodasi permintaankami. Tinggal saat ini mem-persiapkan segara regulasiterutama tentang tata keiolakeuangan di desa. Konse-kuensi kita harus siap melaluikinerja yang meningkat dantidah main- main mengeloladana itui'tegasnya.

Usai mendengarkan pen-jelasan dari bupati, ketuaDPRD dan pejabat lainnya,massa akhirnya tenang danmembubarkan diri sekitarpukul 13.00. Ratusan Polisidan sejumlah tentara jugadisiagakan unuk mengaman-kan massa yang sebelumnyaberorasi di seputarAlun- alunPurbalingga.

Sebelum mendatangi DP-RD, massa juga berorasi diAlun-alun dan depan Pen-dapat Dipokusumo. Merekaingin agar APBD disahkankarena mereka khawatir adap ermainan politik yang bakalmenggagaikan pengesahanMPBD menjadi APBD. Iikasampai gagal ditetapkan, makadipastikan dana desa yangbakal mulai dikucurkan kepa-da pemerintah desa (pemdes)tahun depan, gagai terealisasi.Sehingga, harapan p erangkatdesa dan kepala desa untuk

BAGIAN ilulv{r\S SETD-i. in\BLlPr\TEN PLIRBALINCCA

1?

Page 30: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

(E.YooE,6fit

otrt

.LoEo

J<(!gt

oE

(E

r{'o$looo-

(!.Y

IEIAo5loE:!

-loo.Yo

=a6ae?oYtrio_

=a(g

(g

vr!aho

oE(g

,taEoE(Ecrt

=_a!

o-tr

(u

acG'

otro-oUI

o,E"'8t

R'

.E

oEagoo!t6iaE'(g

otr(!

(uo.ogl!o

J<

tg

E,

omIL

zIoul,ozLrllLYou.lo

BAGIAN HU},{AS SETDA KABUPATEN PIJRBAi-INGGA

Page 31: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

RadarBarrlrumas o Rabu Kliwon 17 Desember 2014

PengurusanKlilXlceluhlcan

PURBALINGGA - Pene- Sipil (Dis.duktopig f*Uu , D]iber-harao adakebiiakau

rapan peraturun p."'iiJn il'igg'' u'kun "un io'oput"r bar-u'yangbisamt'mudahkan

(perpres) nomor zs tut" vtiE;il*r'L*an sebelum- wargamenrlanarlcanlc{dalam

tala cara pendaftaran .pen- 'Beberapa warga vang dite- sanya,. meieka men'qurus lc(

dud,kdan p".,.u,u,* ''pil

di mui Radirmat '";";ili;; *"i*'1,ol-ha1langmt'ndadak

Kabupaten Purbaringga, dip- rus menungg' ni'Eg'li*' Seperr-i mengurus B['JS atatt

rotes warga. Sebab, a"ffi hari' ut'tuk" mt"liiut fx surat keterangan lainnva'

penerapan perpres,"^tBIi, t"i'"u""'rutunyufi"Lyunurl Kepala Dindukcapii Pur-

warga membrtur,tun *u"iiti ;;;8*""", aort']** tt balingga Nur Hamam me-

lebih lama datarn me,gurus penduduka,brr"i.p"iii* ;*l:l\"1, petrerapan tanda

dokumenkep".,arrauu'lliet 'seperti ini--ya.'u*'iu1u' *"- tangan 'basah

kcpala Din-

utamakartukeluarga(KK). ngurus fO< Uit",U.ti-tl.i-nuti dukiapil menrpakan amarlat

Sebab, dengan p"n.'u'pun i"?i"y"' karena n^*t Jir"ng dari perpres' yang harus dila-

Derpres tersebut,,.tiui[tt- itapiianAarangan;;K"pil tttunitutt' "lni kebiiakan na-

*ohonan rx ru.u, r,xrli. ;'#;;i;*ilii ;rfiilil sional.l(ebiiakan ini sudah

ditengkapi dengan,uniu-ru- salah satu w"tc;iSti *i- 1':::*"t dalam perpres

nean basah Kepala 'Dinas ngaku mengu*t ff h"ingga no'mor 25 tahun 2008' yang

K;penduduka^ au^ Cu.uiu'n iii* fruri Uui., iuai. "' ----"

seharusnya sudah dilaksa-

nakan sejak2009 lalui' ujamYa

AihuU,.-gi nudarmas melalui

sambungan telePon .selu-Iarnya, kemarin (16 I l2)'

Dii menjelaskan, dari se-

luruh kabuPaten Yang ada di

Provinsi Jawa Tengah, hanYa

Purbalingga Yang belum me-

nerapkaii PerPres tersebu r'

"Kami baru mencrapkannyanada tahun ini. Kami akui

Fu rbalingga sedikit terlambat

ainanaii[t an daerah iain"'

imbuhnva.Meski han.rs dilengkaPi tan-

da angan basah KePala Din-

dukcaPil, NurHamammene-easkan, PelaYanan tanda ta-

iigan basarr di Kantor Dis-

du-k capil Paling lama. hanYa

ratu niti. ;Jika djmasukkan di

lantor hari ini (kemarin, red)'

Maka pada hariinijuga, sudah

selesai ditanda rangani," ka-

tanya.Terkait lamanYa warga

mendaPatkan KK Yang su'dah ditindatangani olehnYa'

hal itu menurutnYa dise-babkan oleh fakor distribusi'"Kalau distribusi ke warga'

memungkinkan bisa ber-hari-hari. Tinggal tergan-tuns Dihak kecamatan, a-

oak?tr langsung diambilLnt,rk langsung didistri-busikan atau tidak" jelasnYa'

(tyalrag)

BAGIAN HU}vlAS SETDA KABUPATEN PURBALiNGTiA

Page 32: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

Radar Banyumas o Rabu Kliwon 17 Desember 2014

ItudesRp2,5 }utm,

PeranglcatDesa RP 1,2 lutaMasihMengelolaTanah Bengkok

PURBALINGGA - PATA

l<enala desa dan Perrrngkaldesa di Kabr-rPaten Purba-lingga Patut bergembira"PasalnYa, APBD 2015 ter-

sehtrt t'elah mengakomodi r

amanatg UU Nomor 6 Ta-

hun 2014 tentang Desa'Salah satunYa mengenaipenghasilan kePala desa dan

perangkat desa'Anggota Badan Anggaran

(Banggar) DPRD KabuPa-ten Purbalingga, Karseno

mcnycbul katr,dalam APIIDZOJ S nanti, Pcngltasilantctap aPal'iltui Premerintalrdesi (li'rAt'D) itir masing-masing RP 2,5 iuta Per bulanuniuk kadcs, Sekdes NonPNS RP 1,? juta dan Pe-rangkat. desa lainnYa RP 1,2

iuta.SebelumnYa' bcsaran PT-

APD untuk desa bertanahbengkok di KabuPaten Prtr-

balingga Yaiir' 3, 650 ribu

(Katies), RP 600 ribrt (Sek-

cLes l"Jon Pl{S) dan RP 550

ribu untuk Perangkat desa

iainnya. Z kehalXA

ietap DaPat Tanah Bengkok

r rmdcs Hil-,Hl#3lif ilil,":"sarryls"' d"t1 I

#;#:;ffu;l#}} g:::

Kemudian untuk desa tak

bertanah Bengkok atauminim Bengkok, masing-masing RP 1'216.000 (Ka-

des), Rp 1.075.000 (Sekdes

Non PNS) dan RP

1.023.000 (Perangkat desa

lainnva).t<epaia BaPermasdes Pur-

balingga, R Itnam WahyrdiSH MSi mengatakan, sesuat

PP nomor 43 Tahun 2014,

maksimai 60 Persen darialokasi dana desa (ADD)

dianggarkan untuk Peng-hasilan tetap kepala desa

dan peranglcat desa' TotalADD tahun 2015 di Pur-balingga mencaPai RP 83

miliar. Hal ini berarti, ada

clana maksimal RP 51 miliar

y'ang dihimPun Radarmas,

ruui irrl jumlah Perangkatdesa se KabuPaten Purba-

linega tak kurang dari 2'7 I0

ori,-te. Sed angkan jumlahkepala desa sebanYak 224

orang.Keiua WiraPraja Purba-

Iinsea, Muhammad Yani

m eiriataican, selain PTAPD

vur{*.t gulami kenaikan'pari kepala desa dan Pe-ianbgkat d esa juga tetaP

berhik merrgelola tanahbengkok. "Darlam UndangUnding tentang Desa itutidak mengatur tentangtanah bengkok. UndangUndang hanYa Inengatursoal pJnghasilart. tetaP,"

katanva. (amr/bdg)

BAGLA-N HUlvlAS SETDA K-\BLjP.{f EN PIB"BALINGGA

Page 33: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

Rutin Badmintondan Sepak Bola

Oiahraga terarur dan tenrkuriru sudah menladi makanan

Kasi Pemerintahan Keca-matan Pengade gan, Gunawan

S. Bahkan olahraga Yangmenzuras tenaga sePerti bad-

mint"on atau bu.lutangkis dan

sepak bol a tetaP d ilakoninYa'';Sava tak akanbqsan berma-

in badminton dan sePakbola'

lni hobi sava seiak kecil' Bah-

kan samPi usaisaYaiebih dari

50 tahun, saYa masih meniu-arai lomba Badminton' Bagi

SUDAH menjadi rahasia u-

mum jika pola hiduP Yang sehat

harus diimbangi dengan o-

Iahraga Yang teratur' Selainasupan makanan Yang Pro-porsional, oiahraga Yang rutindinilai daPat mendukung ke-

sehatan fisik dan mental se-

seorang. a kehallo

T RUtiNSambungan dari hal 7

Radar Banlrumas ' Rabu Kliwon 17 Desember 2014

I(erap Juarai Lombasava, ol ahragayang men$rastenaga ini tidak masalah kare-

na. I-usteru saYa sangat terhi-U* a* meraia makin sehatj'

urgkap pemilik laimis tebal ini'

riia yang rutin mengikutir,rmamen badminton tru.1u ga

mengaku, rubuh Yang bugar

akan mendukun g Pikiran Yang

oositif. Sehingga kerja atau

rutinitas sehari- hari semakin

bermanlaat dan oPtimal'"Kita iuga bisa jalan santai'

tari t<ecil unnksekedar menla-

sa vitalitas dan stamina rubuh'

tak harus memaksakan diriiika sedang tidak fit," tam-tuht vu. (amr/bdg)

E PUBBII.ITIGGIjH }llAlilAnda memiliki unek-unek tentang berbagai hal

a#io"io"if.. 66n ksrnsiuan Purbalingga yang

"'"' plnt.g iio,k 1."lyll.,sfl:Xf ff 3 ii:,lftJ#-' c""n" n",.n'oian KIRIM sMS

KE: 081'327'333-778

Cabut Portal

:tlil- d:1";m'l n*g I e"ilf.l: :; : il?:ffi I:mutnp.ifrn.,t arus kendaraan ** OrrUO,135782

Page 34: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

Radar Banyumas o Rabu Kliwon 17 DesemberZ0l4

-PURBAIIIIGGA TKSPRTS-

Danramil dan BabinsaIlcuti Apel Bersama

PURBALINGGA - Seluruh Danramil danBabinsa di jajaran Kodim 0702 Purbalingga,Selasa (16/12) kemarin menggelar apelbersama di Buper Munjulluhur, Bojongsari.Kegiatan yang diikuti sekitar 250 orangtermasuk jajaran muspida itu juga menjadiupaya dalam mendukung serbuan teritorialserta memantapkan kemanggunggalan TNIdengan rakyat. a kehall0

APEL: Dandim Agustinus """t

*"ri?['iiH'lil6ibersama Danramil dan Babinsa di BuperMunjulluhur, kemarin.

Danramili' paparnya, Selasa

{t6 I L2) .

Adanya kemanunggaianTNI- Ralcyat ini akan men-dukung tugas pokok TNIkhususnya Angkatan Darat(AD). Pihaknya berharap,semua program yang sudahdigariskan bisa dilaksanakandi semua jajaran sampaitingkat bawah di lapangandengan optimal.

"Kami juga meminta hi-langkan ego sektoral demimeningkatkan sinergitasdengan instansi terkaituntuk mendukung pem-binaan teritorial. Danramidan Babinsa juga dimintamemingkatkan pemaha-man tentang aplikasi pe-mbinaan teritorial danpermasalahan sesuai wi-layahnya," tambahnya.(amr/bdg/adv)

Bersinergi dengan Pemkab.t llanramil

Sambungan dari hal 7

Saatmembacakan amanatDan,':em 071/WK, DandimPurbalingga, Letkol Inf A-gustirrus Sinaga menga-takan, serbuan teritorialsesuai kebijakan komandoatas harus dilaksanakansegera, menyeluruh, seriusdan serentak di semua lini.Prioritas sas arannya adalahgenerasi mutia, mahasisn,adanpelajar.

"Selain melal<sanakan ke-bijakan komanclo atas, ang-gota TNI di wiiayah jugaharus bersiner:gi denganprogram pemkab masing-masing. Apel ini kita lak-sanakan tiga hari denganmemberikan sejumiah ma-teri kepada para babinsa dan

Page 35: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

Radar Banyrmas o_Rabu Kliwon 17 Desember 2014

alita 13 BulanMenderita Hidro sefalusHutang Rumah Sakit

Rp 7 |uta, Tak Bisa

Bayar BPIS

PADAMARA - SabrinaAzahra, balita berumur 13

bulan asal RT 02101 DesaKarangpule, Kecamatan Pa-damara, tidak bisa bermainriang seperti balita lainnYa'Penyakit hidrosefalus Yangdideritanya membuat anak

BUruHULURAN:SabrinanEYh.f*ia1biayauntukmengobatipenyakityangdiderihnya.

Belum Bisa lalan Kakir Balita

Sambungan.dari hal 7

Saat ini, uieran kepala Sabrinamencapai 56 Centlmeter

Ibu Sabrina Evlin IndriatiSetyo menuturkan, pekerjaandirinya hanya sebagai iburumah tangga, sedangkansuaminya hanya buruh se-rabutan. "Pada operasi per-tama, kami juga masih berhu-tang dengan rumah sakithingga Rp 7 juta. Padahal anaksaya harus dioperasi lanjutanagar bisa sembuhi' tuturnya.

Indri menambahkarl untukbiaya perawatan, ia juga seringbingung. Motor miiiknya jugasudah dijual untukbolak-balikke rumah sakit. "Indri se-benamya memiliki karlu jam-kesmas, tapi saat operasi itu,masa beriakr:nya sudah habis.Dia juga mendaftar BPIS, tapikarena tidak bisa membayariuran bulanan, fasilitas BPJS

tidakdapat diterima.Meski saat ini kepala Sabrina

ukurannya lebih besar da-ripada ulcuan normal, namunSabrina terbilang sehat. Pa-salnya, Sabdna doyan makan,dan aktifbergerak.

"Hanya tidak bisa jalan se-perti anak-anak seusianyai'ceritanya.

Indri menceritakan, awalnyasaat hamil dan diiakrkan USG,

dokter mengatakan kondisjbayi normai dan sehat. Na-mun, saat lahir Sabrina me-

ngalami hidrosefalus. Se-hingga, saat iahir korban harusdioperasi, karena kesulitanlahir.

Orang tua Sabrina berharaPagar anakkeduanya bisa sem-buh dan segera dioPerasi." Saya hanya berharaP Sabrinatumbuh normal, bisa bermaindengan anak seusianYa dansekolahi' harapnya.

Ketua Ikatan Doker Indone-sia (IDI) Prirbalingga, H dr SriWahyudi WD menjelaskan,penyakit Hidrosefalus terjadiakibat gangguan aliran cairandi datarn otak (cairan serebrospinal) atau aktrmulasi cairanserebrospinal dalam venuikelserebral, ruang subarachnoid,atauruangsubdural.

"Gangguan itu menYebab-kan cairan tersebut bertam-bah banyak yang selanjutnYaakan menekan jaringan otakdi sekitamya, khususnYa Pu-sat-pusat saraf Yang vital"jelasnya.

Lebih lanjut Wahy'ttdi men-jelaskan, ciri-ciri penderitapenlakit tersebut adaiah kePala

membesar, fontanel antriormenonjol. Vena pada kulitkepala dilatasi dan terlihat jelas

pada saat bayi menangis. Ter-

dapat bunyi creckedpot (tan-da N{acewen).Mata melihat ke bawah,

mudah terstimulasi, iemahdan kemampuan makan ber-kurang. Opisthotonus, danspatik pada ekstremitas ba-wah. (Iok/bdg)

kedua dari pasangan Sa-dingun (39), Evlin IndriatiSetyo [27) belum bisa ber-jalan atau beraktivitas se-perti teman seusianYa.

Sabrina divonis menga-iami gangguan berupa pe-ngumpulan cairan otakyang berlebihan. MeskiPun,sudah pernah dioperasisekitar 10 bulan yang lalu,setiap bulannya kepala Sa-

brina bertambah I Centi-meter. ) ke hd 1A

Page 36: Kliping Berita Tanggal 17 Desember 2014

l(EPUELll(A sErASA, t6 DESEMBER 2ol4

Purbalingga Uj i Coba Lima Hari Kerja

',RBALTNGGA - peme- flfihf,i3ii*tff'#'fi:il3il3'**,i,[?,'i3i!;vapenambahanrintahKabupaten(Pemkab)Pur- akan-ditetapkan dalam sebuah jam kerja mulai Senin hinggabalingga bakal melakukan uji aturan baku," ujar dia. Jumat, Imam mengatakan, pem-coba [Enerapan lima hari keria Dengan adanya rencana ini, kab-berencana untuk mengalo-mulafJanuarl 2015. Pemkab Pur- Sekda rieminta seluruh pegawai kasikan uang makan untuk pega-

balingga mengikuti kebijakan di jajaran Pemkab Purbalingga wai. Namun, ia tidak merinci be-yang tiLh beqJlan di Pemerintah unirL mempersiapkan d.iri agar rapa iumlah uang makan yan-g

irroiirrsi (Pemprov) Jawa Tengah. dapat menyesuaikin dengan jam akan diterima setiap karyawan di"Dari 35 kibupaten dan [ota ke4a baru. Xarena dengan pene- lingkungan pemkab. Ia menyebut

di Jawa Tengah, tinggal iima ka- rapln hma hari kerja, maka akan rencana itu masih tahap p-er_sia-

bupate.n daniota yri! b"Io- -"- adia penambahan jim kerja. Ka- pan, sehingga nominalnya'beltrrrneiapkan lima hari kerja, ter- lau Jebelumnya pegawai peme- ditetapkan.

-"r,rk kit" di Kabupaten Purba- rintah putang pukul 14.00 WIB, Mulai awal tahun mendatang,lingga," kata Sekreiaris Daerah kata hiam, maka pada masa uji Pemkab Purbalingga juga akan

tS&fal Purbalingga Imam Subi- coba nanti baru bisa pulang sele- menerapkan kebijakan seh-arijatnto, Serri., (151iil. pas pukul 16.00 WIB. berbahasa Jawa Banyumasan ba-

Ia mengatakan, penerapan - 6"..**aan dengan itu, Imam gi pegawai pemenntah. Rencana-

tima hari kirja ini dilntaranya juga menekankan agar semua pe- n{a, m-qrlqrut Imam, progtam ter-untuk *"oguf"ktifkan kinefja giwai pemkab untuk tetap memi- sebut dilaksanakan setiap Kamis-

dan koordinisi d.engan pemerin- ilt i X&nlt*en yang kual daiam Langkah ini, kata dia, menyusultah daerah lain di ftwa Tengah, memberikan pilayinan terbaik adanya Surat Edaran Gubernurtermasuk pemprov. kepada masyaiakal. Menurut dia, Jawa Tengah Nomor 430/9525

Menuiut Imam, uji coba pe- kunci peningkatan kinerja biro- tentangpenggunaanBahasaJawanerapan lirna kari keiia ini akan krasi iiu adipada etos kerja pe- untuk komunikasi iisan di ling-berlalan selama enam bulan. Se- gawai. Ini menjadi poin penting kungan Pem-erintah Provinsi Ja-teiatl ltu, kata dia, pemkab akan s"aat adanya penambahin jam wa Tengah dan Pemerintah Ka-melakukan evaluaii. Hasil eva- kerja. "De"ngan demikian, pada bupaten/Kota se-Jawa Tbngah.

luasi ini akan menentukan kebi- saar! nernanjangan waktuL kena, : .:- - 1"*t*t"n

tot"'

Dana UPK-PhIPM RP 80 Miliar-Masih Menggantung

I Eko Widiyatno

PURBALINGGA - Ber-akhirnya kegiatan ProgramNasional PemberdaYaan Ma-syarakat Mandiri Perdesaan(PNPM MPd) 2015 di Purba-lingga, meninggalkan Per-soalan yang perlu diselesai-kan. Terutama menYangkutdana Unit Pengelola I(ecama-tan (UPK) PNPMMPc1 senilaitotal Rp B0 miliar.

"Hingga kiai, masih belumada kepastian dana itu akandikelola seperti apa," kata Ke-pala Badan PemberdaYaanMasyarakat Desa (BaPermas-des) Purbalingga R ImamWahyudi, Senin (1 5/1 2).

Selain uang tunai, dise-butkan, prograrn PNPM di Pur-balingga juga akan mening-galkan aset berupa bangunantisik seperti jalan, jaringan iri-gasi, dan gedung yang bernilairatusan miliar ruPiatr-

Mengenai peninggaian da-na IIPKPNPM, katanya, bisasaja dikelola model perbankan,koperasi, atau oleh BadanUsaha Milik Desa (BUMDes)."Namun jika dikelola modelperbankan, maka harus me-ngacu pada peraturan Yang di-terapkan oleh Otoritas JasaKeuangan (OJK)," uiarnya.

Sedangkan untuk modelsimpan pinjam, laniutnya, ti-dak sesuai dengan aturanOJK. Jika dipaksakan, maka

lenrbaganya diaaggap ilegal."{Jntuk itu, koperasi atauBIIMDes dapat menjadi alter-natif pilihan untuk mengeloladana UPK ini. Bila dikelolamodel koperasi atau BlIMDes,sepertinya tidak terlaiu sulit.Tapi harus dikelola secaraprofesional, jangan sampaiada penyimpangan, " j elasnya.

Imammenambahkan, pas-ca PNPM berakhir di 2015,pemerintah menggantikannyadengan model penyaluran da-

na desa yang bersumber dariAPBN. Sementara modelAlo-kasi Dana Desa (ADD) yangbersumber dari APBD kabu-paten, masih dilaksanakan.

Pembagian dana ADD su-dah ditetapkan Bapermasdes,dan mashg-masing desa sudahada hitungan angkanya. Pem-bagiannya, dari total seluruhADD, 60 persennya dibagi rataselunrh desa, sedang 40 persen-nya dibagi secara proporsionalsetiap desa. Proporsi itu terga-

ntung jumlah penduduk desa,luas wilayah desa dan jumlahpenduduk rniskin.

Berdasarkan model perhitu-ngan itu, kata dia, setiap desa diKatrupaten Purbalingga ai<anmenerima kucuran dana yangbervariasi antara Rp 400 jutahingga Rp 700 juta. Dana inimasih ditambah lagi dengandana vang disalurkan langsungdari APBN sekitar Rp 190 jula,dan dana perimbangan keua-ngan. I ed: yusuf assidiq

RAGIAN ifUI,lAS SETDA K,{BLIPATEN i'Ui{8.\LlNGGA