Top Banner
KLIPINGMEDIA BAffA}I III]il{A$ $XXDA ru[BAIilGOA Badaf Banlnfmas r Senin Pon 15 Desember 2014 lr di Ketua Umum K0NI a enla PURBALINGGA.- Teka-teki siapa Ketua lJmum Komite Olahraga Nasional Indo- nesia (KONI) Kabupaten Purbalingga periode 2015-2020, akhirnya te'rjawab, Sabtr, (i3/12) lalu. Mantan Ketua DPC Partai Demokrat Purbalingga, M Iqsan ST SH akhirnya terpilih menjadi orang nomor satu di KONI Purbaiingga, me- nyingkirkan dua kandidat lainnya, Su- harno dan Barosad IM. Pemilihan Ketua Umum KONI Pur- balingga yang dibalut dalam acara Mu- sorkablub di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga itu, sempdt me- manas. Sebab, salah satu pengunrs cabang, yakni Ketua Umum Persatrian Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Purbalingga Adi Supriyanto, melihat proses pemilihan kurang demokratis. Sebab, ada tokoh yang sebenarnya mampu memimpin KONI Purbalingga, tapi gagal maju dalam pe- milihan, karena terkendala kartu tanda penduduk (l(TP). Dalam proses pemilihan itu, salah satu kandidat yakni Barusad IM akhirnya gagal maju ke bursa pemilihan, karena tidak mempunyai KTP Purbalingga. Meski, dia asli Purbalingga dan mampu menun- jukkan surat domisili di Desa Bobotsari, Kecamatan Bobots.ari dia gagal maju, karena tidak memiliki KTP Purbalingga. Setelah gagal maju, proses pemilihan kembali diwamai kejutan, salah satukandidat Iainn1,a, yakni Suharno memifih mengun- durkan diri dari bursa. "Saya sempat naik ke podium, tapi bukan untuk membacakan visi dan misi. Saya memilih mengumumkan pengunduran diri saya dari bursa," ujar Suharno ditemui'seusai pemilihan. Setelah mundurnya Suharno, serta gagal majunya Barosad IM, akhirnya M Iqsan tak terbendung menjadi ketua umum KONI Purbalingga. Karena hanya ada satu calbn ketua umum, akhirnya dia terpilih menjadi ketua umum, menggantikan V{i541r Suhardono yang mengundurkan-. diri di tengah masa jabatan. Ditemui seusaai Musorkablub, M Iqsan mengaku siap sepenuhnya menjadi ketua umum KONI Purbalingga. "Saya siap menjalankan visi dan misi yang saya bacakan dalam pemilihan, menjadi pro- gram kepengurusan di bawah kepe- mimpinan saya," katanya. Dia juga memiliki target jangka pendek dan menengah, yaksi sukses dalam pe- nyelenggaraan POR Dulongmas dan Porprov mendatang di Tegal. "Saya ingin olahraga Purbalingga, semakin baik lagi. Saya ingin olahraga Purbalingga, semakin diperhitungkan ke depannya," tegasnya. Pria yang berprofesi sebagai pengusaha kontruksi ini, diberi waktu 20 hari untuk menyusun kepengurusan baru. "Target saya Janqari, kepengurusan KONI yang baru sudah dilantik. Saya akan berusaha menempatkan sosok-sosok yang tepat dan terbaik di dalam kepengurusan," im- buhnya. (tya/bdg)
48

Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

Apr 06, 2016

Download

Documents

humas

Himpunan Kliping Berita Lokal dan Regional Tanggal (15/12/14) oleh Bagian Humas Setda Purbalingga
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAffA}I III]il{A$ $XXDA ru[BAIilGOA

Badaf Banlnfmas r Senin Pon 15 Desember 2014

lr di Ketua Umum K0NIa

enla

PURBALINGGA.- Teka-teki siapa KetualJmum Komite Olahraga Nasional Indo-nesia (KONI) Kabupaten Purbalinggaperiode 2015-2020, akhirnya te'rjawab,Sabtr, (i3/12) lalu. Mantan Ketua DPCPartai Demokrat Purbalingga, M Iqsan STSH akhirnya terpilih menjadi orangnomor satu di KONI Purbaiingga, me-nyingkirkan dua kandidat lainnya, Su-harno dan Barosad IM.Pemilihan Ketua Umum KONI Pur-

balingga yang dibalut dalam acara Mu-sorkablub di Aula Dinas PendidikanKabupaten Purbalingga itu, sempdt me-manas. Sebab, salah satu pengunrs cabang,yakni Ketua Umum Persatrian SepakTakraw Indonesia (PSTI) Purbalingga AdiSupriyanto, melihat proses pemilihankurang demokratis. Sebab, ada tokoh yangsebenarnya mampu memimpin KONIPurbalingga, tapi gagal maju dalam pe-milihan, karena terkendala kartu tandapenduduk (l(TP).

Dalam proses pemilihan itu, salah satukandidat yakni Barusad IM akhirnya gagalmaju ke bursa pemilihan, karena tidakmempunyai KTP Purbalingga. Meski, diaasli Purbalingga dan mampu menun-jukkan surat domisili di Desa Bobotsari,Kecamatan Bobots.ari dia gagal maju,karena tidak memiliki KTP Purbalingga.

Setelah gagal maju, proses pemilihankembali diwamai kejutan, salah satukandidatIainn1,a, yakni Suharno memifih mengun-durkan diri dari bursa. "Saya sempat naik kepodium, tapi bukan untuk membacakan visidan misi. Saya memilih mengumumkanpengunduran diri saya dari bursa," ujarSuharno ditemui'seusai pemilihan.

Setelah mundurnya Suharno, serta gagalmajunya Barosad IM, akhirnya M Iqsantak terbendung menjadi ketua umumKONI Purbalingga. Karena hanya ada satucalbn ketua umum, akhirnya dia terpilihmenjadi ketua umum, menggantikanV{i541r Suhardono yang mengundurkan-.diri di tengah masa jabatan.Ditemui seusaai Musorkablub, M Iqsan

mengaku siap sepenuhnya menjadi ketuaumum KONI Purbalingga. "Saya siapmenjalankan visi dan misi yang sayabacakan dalam pemilihan, menjadi pro-gram kepengurusan di bawah kepe-mimpinan saya," katanya.

Dia juga memiliki target jangka pendekdan menengah, yaksi sukses dalam pe-nyelenggaraan POR Dulongmas danPorprov mendatang di Tegal. "Saya inginolahraga Purbalingga, semakin baik lagi.Saya ingin olahraga Purbalingga, semakindiperhitungkan ke depannya," tegasnya.

Pria yang berprofesi sebagai pengusahakontruksi ini, diberi waktu 20 hari untukmenyusun kepengurusan baru. "Targetsaya Janqari, kepengurusan KONI yangbaru sudah dilantik. Saya akan berusahamenempatkan sosok-sosok yang tepat danterbaik di dalam kepengurusan," im-buhnya. (tya/bdg)

Page 2: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

+

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBAI-INC,GA

Page 3: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KIIPINGil{EDIABAGIAII IIWA$ $[IDA PUIBAII{OOA

Radar Banyumas o SENIN PoN ls DESEMBER2oI4

Iembatan P-emkabAnggarkan Rp 4 M

Linggamas untutaspalL)L' PURBALINGGA-Pemkab

Rampuns lfiH*|truffi*ffid

selesai 100 perseni' rrngkap-nya, Minggu (L4/L2).

Seperti diketahui, hinggabatasakhir kontak 6 Desemberkema-rin, pihak rekanan IembatanLinggamas Purbalingga belumbisamemmpungkantotaipeker-jaannya. Imbasnya, merekahams siap menyelesaikan denda

yang dibebankan karena keter-lambatan itu sesuai aturanyangberlaku.

Sejurnlah kendala alam danteknis sisa pembangunan re-kanan sebelumnya menjadimasukan bagi rekanan unrukmengajukan perpanj anganw'aku. li ke hd 10

Kedungbenda Kecamatan Ke-mangkon telah rampung 100persen. Hari ini, Senin (I5ll2) hasil proyek'ters'ebutbakal diserahkan dari reka-nan ke Pemkab Purbalingga.Kepala Dinas Pekerjaan

Umum (DPU) Purbalingga,Sigit Subroto mengatakan,

usai serah terima masih adamasa pemeliharaan. Pihak-nya akan terus melakukanpemantauan terhadap Iem-batan Linggamas tersebut.

"Kita akan cek kembali dilapangan. Irauaan- mudahansemua bisa berjalan sesuairencana. Tapi yang jelas sudah

I lGm[atanSambungan dari hal 7

bisa ditetapkan dan-masuk keanggaranj' tambahnya-

Peningkatan j alan sampai keNgebrak Bukateja dinilai pen-ting karena menunjang per-siapan Bandara KomersilWirasaba.Data yang dihim-pun Radarmas, proyek Iem-batan Iinggamas tahap ketigasudah terlelang 30 Septembbrlalu, PT Daya Samudera CiptaMandiri Banjarnegara me-nang lelang megaproyek se-nilai Rp 3,4 miliar.

Selelumnya, pada tahap IPurbalingga menganggarkanRp I0 miliar (Pemkab Rp 7,5miiiar dan Pemprov fateng Rp5 miliar). Kemudian padatahap II Purbalingga meng-anggarkan Bp 7,5 miliar.(amrlbdg)

Kendala itu diakui menye-babkan keterlambatan pe-ngerjaan.

. Sementara itu, untuk pembenahan jalan untuk men-dula:ng keberadaan JembatanLinggamas, pemkab telahmenganggarkan dana hinggaRp 4 miliar untuk pengaspalanjalan sepanjang empat kilome-ter dengan lebar kurang lebih6 meter. Kemudian jalan me-nuju Panican- Kembangan-Nge brak juga akan dilakukanpelapisanulang.

"Semua akan masuk di ang-garan tahun 2015. Semoga

RAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 4: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

.,:.1..:;;:li@

o(!E

(sm

G

(Eo)tr)

=IE

r,a(!ot=.x(,'-oo

(E

oE

El<(!

G

o)

a-E{EL

GEo

;(oGo(!

(1,

.clo)

oYoGE'tEo)UT

=(!ril

_oEo-)

(U

o)(!

Eo(L

zJ

oz

l[

BAGIA}J HUMAS SETDA KABL]}ATEN PURBALINGGA

Page 5: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAflA}I IIIIINA$ $[XDA PIJRBAIilGGA

'R.adaf Banyffmas o Senin Pon 15 Desember 2014

Intensitas Hujan Tinggi,Longsor Ancam 15 Desa

PURBALINGGA- Intensitashujan yang tinggi Desember inimenimbulkan ancaman' ben-cana tanah longsor. Badan

Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga me-minta warga yang tinggal diwilayah dataran tinggi, ber-

tebing dan di sekitar bantaransungai untuk lebih waspadaterhadap bencana tanahlongsor.

Kepala Pelaksana BPBD Pur-balingga, Priyo Satmoko SHMH menjelaskan, titik rawanancaman tanah longsor ter-sebut tersebar di KecamatanKarangmoncol, Bukateja, Bo-botsari, Rembang, Karang-anyar dan Kecamatan Karang-jambu.

"Desa- desa di wilayah ke-camatan itu berada di dataran

tinggi dengan kontur pegu-nungan. Jadi potensi longsortetap adai' jelasnya, Minggu(14/12).

Pihalcrya meminta agar wargasegera melaporkan kepada aparatdesa jika terjadihal bunrkterkaitdampakhujan dan longsor agarbisa cepat ditindaklanjuti. Se-jumlah tanda munculnya ben-cana longsorjuga harus diketahuiwarga. Diantaranya, munculnyaairyang merembes tiba- tiba daridalam tanah dataran tinggi itu.

"Tlakkurang dari 15 desa masuk

dalam titik rawan bencana long-sor. Kami terus memantau dansiaga 24 jam untuk sejumlahbencana musim penghujan ini/'tambahnya.

Selain bencana tanah longsor,empat kecamatan juga rawanbanjir. Yaitu kecamatan Ka-ligondang, Kemangkon, Bu-kateja dan kecamatan Pur-balingga. Untuk kecamatanBukateja seperti yang baruterjadi di Desa Kembangan,warga sudah mulai menempatirumahmereka. b kehd10

ry#Desa-desa di wilayah

. kecamatan itu berada di' dataran tinggi dengan kontur

pegunungan i'

Priyq SatmokoKepala Pelaksana BPBD

Purbalingga

BAGIAN }IUMAS SETDA KABLIPATEN PL]RBALINGGA

Page 6: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

BAGIAN I{LMAS SETDA KABI.'PATEN PI.IRBALINGGA

Page 7: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KTIPINGMEDIA

BAOIAI{ IIU[{A$ $[XDA PINBAIilGOA

Radar BarSrumaS o Senin Pon, 15 Desember 2014

DIEVAKUASI: Kuwatnosetinggi ratusan meter.

Empat Tersesat di Hutan, Satu

nampak lemah setelah diselamatkan dari tebing

DemamNcikMakanKorban

Terjebak diTebing

KARANGIAMBU-Kuwatno, (27)warga RT 05/l Desa Karangrejaharus rela bergelantungan di atastebing setinggi 300 Meter di Gu-nung Plana, sejak |umat sore hinggaSabtu (13/12) di hari. Dia me-nunggu diselamatkan tim SAR,Polisi, TNI dan masyarakat karenaterjebak di tebing. Selain Kuswanto,empat orang lainnya yakni Ambang(18) w?rga RT 5/ I Desa Karangreja,Ogi (12) Warga RT 6/2 Desa Sa-ngu.watang, Karangjambu, Hamid

(15) Warga RT 6/2 Desa Sangu-watang, Karan$jambu, danAri (24)Warga RT 6/2 Desa Sanguwatang,Karangjambu; tersesat di hutan diwilayah Karangjambu.

Kapolres Purbalingga AKBP AnomSetiyadi SIK melalui Kapolsek Ka-rangrej,a AKP Suswanto SH me-ngatakan, pada Jumat sore, orang tuakorban melaporkan anaknya tidakpulang-pulang, padahal hari sudahpetang. "Ibu dari Kuwatno, War-sinah mendapat pesan singkat darianaknya bahwa ia berada di Gu-nung Plana, Karangjambu dan ter-sesat," rurumya. * ke hat 10

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PLIRBALTNIC,GA

Page 8: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

I llemamlldlSambungan dari hal 7

Berdasarkan laporan ter-sebut, Polsek Karangreja,TNI, dan masyarakat lang-sung melakukan pencarianke area hutan yang beradadi Gunung Plana, DesaKarangjambu. Setelah em-pat jam melakukan pen-carian, keempat korbanbisa ditemukan,"Pukul 21.00 WIB Am-

bang, Ogi, Hamid, Ari bisaditemukan, namun Ku-watno belum ditemukan,"tutur AKP SiswantoLebih lanjut Suswanto

menjelaskan, setelah me-ngumpulkan informasi dariteman korban, pencarianKuswanto dilanjutkan de-ngan menyisir hutan dantebing Gunung Plana. Se-lang berapa menit, timgabungan-bisa menemukan

Kuwatno di atas tr:bingsetinggi 300 meter yangterjal.

"Ketinggian tebing 500meter, sedangkan korlranberada di ketinggian 300meter berpegangan paclaakar pohoni' jelasnya.Kondisi tebing yang terjarl

dan hujan membuat eva-kuasi sulit dilakukan. Posisikorban yang berada di ke-tinggian dan lemah jugamembuat tim dituntut ce-pat untuk menyelamatkankorban.

Kapolres Purbalingga AK-BP Anom Setiyadi SIK yangmendengar laporan ter-sebut langsung menge.rahkan Tim SAR Perwira,SAR Purbalingga langsungmenuj,u ke Iokasi kejadiandan memimpin evakuasikorban.

Sabtu pukul 02.15 WIBTim evakuasi berhasil me-nurunkan korban yang su-dah lemas karena terlalu

lama berada diketinggiandan berpegangan pada akarpohon.

"Setelah korban istirahatdan bisa ditanya, merekamenjelaskan, bahwa kor.-ban dan keempat temannyabermaksud mencari batuAkik di hutan itu, namuntersesat," tutur KapolresPurbalingga AKBP AnornSetiyadi SIK.

Lebih lanjut Anom men-lielaskan, setelah korbancliselamatkan dan istirahatsebentar, Kuswanto dalamkondisi sehat, Setelah itu,korban dibawa pulang olehpihakkeluarga.

Kapolres menghimbau,dalam cuaca musim hujanrawdn bencana khususnyaKecamatan Karangreja danKaranig Iambu. Sehinggamasyarakat dihimbau selaluwaspada, dan kurangi ke-giatan pada malam hari,serta menjaga anak dankeluarganya. (Iok/bdg)

Petani IamurTerkend-lePURTALINGGA - Petani

jamur di Kabupaten Pur-balingga masih mengalamikendala dalam hal pemasaran.Mereka mengaku masih kesu,Iitan dalam menjual jamurproduksinya, karena belummemiliki jaringan pemasaransendiri. Hal itu, terungkapdalam acara sarasehan petaiijamur Purbalingga di GriyaUMKM Purbalingga, Sabtu(13/12) lalu.Alfian Daniarto, Ketua pa-

Euyuban Petani Jamur pur-

Pernasaranbalingga mengakui hal itu. Diamenjelaskan, ada dua halyrngmenjadikan kendala tersebut.Yalari, konsumen tidak mem-perolehinformasi yang cukup,Ju<a m$n mendapatkan pro-duk jamur dari petani. Serta,petani cenderung hanya me-ngandalkan pasar fradisionaluntui< menjual produlcrya.

Dia berharap, dengan a-ndanya paguyuban petanijamur di Purbalingga, makakondisi yang dialami olehpetani jamur itu dapat teratasi.

"pengan dilandasi semangatkebersamaan, pada akleimyabersama-sama bernrjuan un-tuk meningkatkan kesejah-teraan petani jamur sendirii'imbuhnya.

Dia menjelaskan, denganadanya paguyuban itu, diha-rapkan bisa memberikanwawasan dan pengetahuantentang budidaya jamur de-ngan baik dan benar, sehinggamendapatkan hasil maksimal.Diharapkan, melalui pagu-1uban, jamur produksipetani

)tz

BAGIAN HU}"IAS SETDA KABUP.{TEN PURBALINGGA

Page 9: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

Purbalingga, bisa berinteraksidengan pasar bebas denganker.rnggulan kualitas dan kuan-titas produlai jamur. Sehingg4pasar jamur dari petani Pur-balingga bisa semakin luas,sehingga bisa mensejahtera-kan Bara petani.

Sementara itu, Gatot Bu-dirahardjo, Kepala BidangUMKM Dinas Perindustrian,Perdagangan dan Koperasi(Dinperindagkop) Purba-lingga mengatakan, pihalatyaberharap petani jamur di

Purbalingga, tidak hanyasebatas menjual produk j amursaja. Tetapi menjual jamuryang sudah diolah. "Petanisedang kita arahkan tidakhanya di sekor budidaYa saja.

Tetapi juga ke sektor olahanmakanan" katanya.

Sebab, menurut Gatot jikasudah menjadi makanan ola.han, maka harga jamur daripetani jamur Purbalinggasernakin tinggi. Selain itu,pasar makanan olahan jamur,juga lebih luas. Sehingga,

Kefagung

Ihmbah Perconellal$a

MaraknyaTipikordi Daerah

PURBALINGGA - Ma-raknya kasus tindak pidanakorupsi (tipikor) di daerah,menggugah Kejaksaan A-gung menginventarisasikembali keberadaan jaksa

hingga ke daerah. Pasalnya,masih ada daerah yang ke-kurangan jaksa sehinggaberpengaruh pada pena-nganan agar lebih optimal.

Hal itu diungkapkan faksaAgung HM Prasetyo saatmelakukan kunjungan kerjake kantor Kejaksaan Negeri(Kejari) Purbalingga, Sabtu

siang (13/12). Pihaknyasedang mempertimbangkanpenambahanpersonel jaksadi daerah."Saat ini kami sedang

menginventarisasi daerahyang kelebihan jaksa dan.kekurangan jaksa. Termasuksaya datang ke sini (Pur-balingga) untuk melihat.

sERIUS : Jaksa Agung,HM Prasetyo """t

u".fi,ilj"llfd^lH;memeriksa berkas perkara di Kejari Purbalingga,sabtu(13/12).

BAGIAN HU]vIAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 10: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

lF-:-:

4r

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBAIJNGGA

1l

Ir

Page 11: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KIPINGMEDIABAGIA}{ IITI[{A$ $[I'DA PURBAI${OOA

Radar Banllumas r Senin Pon 15 Desember 2014

IlcutiPerkembangan

BatuAkik

TOKOH masyarakatDesa Makam KecamatanRembarig, Sarjono sa-ngat gembira denganmeningkatnya apresiasimasyarakat luas Purba-Iingga dan luar Purba-lingga terhadap kebe-radaan batu akik khasPurbalingga. &'ke ha, 70

i llili- .

Sambungan dari hal 7

rang mendaPatkan'aPre-siasi dari masYarakat. Pa-salnya, nilai ekonomi batukhai Purbalingga itu cu-kup rendah dan dianggaPtidak memiliki ProsPek kedepannya."tapi saat ini, setelah

demarn batu akikkhas Pur-balingga, orang berlombamencari batu di sungai,karena nilai batu khaspurbalingga Yang tinggi,"tuturnya.

Selain semakin banYak-nya pencari batu khas Klawing atau Purlralingga,Pertumbuhan Perajin saat

ini iuga bertambah. Bah-kan setiap desa memilikiperajin batu akik."Dulu saat harga batu

masih RP 500-2.000 ru-piah, jarang sekali Yangberminat jadi Perajin. Na-mun saat ini di setiaP desasudah ada PerajinnYa,"imbuhnya.

Sarjono berharaP agarbooming batu akik khasPurbalingga itu diim-bangi dengan kualitas Produk sehingga, bisa me-ningkatkan kesej ahteraanmasyarakat secara luas.-(Iok/bds)

Dia menyadari, tingginYaharga itu membutuhkanperjalanah yang Panjang'

"Awalnya mencari batujenis Pancawarna atauNaga Sui dianggaP tin-dakan negatif oleh ma-syarakat. Bahkan, seringdianggap kegiatan Yangtidak bergunai' tutur Sar-jono yang juga menjadipengepul batu akik ini.Mencari batu di kebun

atau sungai awalnYa ku-

BAGIA}{ HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALII{GGA

Page 12: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAGIN HI]IdA$ $[TDA PI]RBAIT\OGA

Radar Banyumas o Senin Pon 15 Desember2014

runBflHllEBl',,'::l[''l[l[l

Anda memiliki unek-unek tentangberbagai hal demi perbaikan dan

kemajuan Purbalingga yang penting tidakmenyinggung sara dan fitnah.

Caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081-327-333-778

Sudah Dicor, JalantsergelombangJalan Mayjend Soengkono yang sudah dicornrasih menyisakan genangan air saat hujan.

"ragaimana ini Pak Bupati

NN 028.1 7683507

Bupati Ingin

KatiraranButuhDuaIembatan

KARANGAI\IYAR - M a sya r-ai'.at Desa Kalijaran Kecamatanmt:ngharapkan pembangunandua jembatan penghubungantar desa. Yakni jembatanpenghubung dengan DesaMargiasana, Kecamatan Ker-tanegara dan |embatan penghubung dari Desa Kalijarandan Desa Tlrngkisan Mrebet.

Adanyz,r dua jembatan penghubung tiga kecamatan itudiharapkan bisa memper-lancar akses ekonomi ma-syarakat. Selain iru, juga akanmeningkatkan akses pendi-dikanmasyarakat.

Masyarakat Desa Kalijaran,Subandi (45) menuturkan,sebelum kemerclekaan, jalan diDesa Margasarra dan DesaKal.ijara n merupakan alaes vi-tal untuk gerilya. hJamun, saatini jalan tersebut tidakbanyakdimanfaatkan m asyarakat.

"Tidak ada jembatan di KaliKunin g jadi masyarakat memi -

Iih unfl,rk memutarj' trrtumya.Bandi menambahllan, a-

danla jembatan di Kali Kuningakan membuat jahu ekrrnomiantar kecamatan tersebut hidupdan meningkatkan kesejah-teraan masyarakat. Pasalnya,selain bisa mengurangi ongkos

produksi, adanya jembatanakan mempermudah anaksekolah untukmenempuh pen-didikan lang lebih tinggi.

Warga Kalijaran lain, AbdiSutiono (27) menutqrkan,selain jembatan penghubungKalijaran dan Desa Margasana,jembatan penghubunglGlijarandan Desa Tangkisan Mrebet,perlu dibangun.'AnakanakKa-Iij aran juga ada yang bernekolahdi Tangkisan. Tersedianya jem -

batan akan menambah se-mangat anak-anak untuk seko-lahi'tuturrya.

Kepala Desa Kalijaran, Su-priyanto menielaskan, sudahsejak lama masyarakat me-mimpikan adanya dua jem-batan tersebut. Seiain mem-permudah akses di ketigakecamatan, tersedianla jemba-tan iuga akan meningka&anpendidikan masyarakat.

"lJlarran j embatam tidak ter-lalu besar, karena ddak sampaiI0 mete4 nanlun belum adapendanaan," jelasnya.

Masyarakat berharap, pe-mer-intah bisa membantumasyarzkatr,urtt rkmewujudkanimpian mereka. Sehingga,kesejahteraan masyarakat bisabertambah.(lok/bdg)

PUHBA1IHGGA EI(SPRE$

Harga Batu

Klawing Lebih TinggiPURBALINGGA - Bupati Purbalingga Drs

FI Sukento Rido Marhaendrianto MMkecewa dengan harga Batu Klawing dipasaran, Sebab, harga batu Klawing masihdijual dengan kisaran harga puluhan riburupiah di intemet.

Hal itu diungkapkan bupati saat mengun-jungi pameran Batu I{awing dan tosan aji diGedungKonglovan, Sabtu ( 13/ 12) Ialu. "Saya

iihat di facebookada orang Purbalingga yangrnenjualbatu akikl(awing denganharga Rp60 ribu. Saya sangat kecewa dengan adanyaharga B,atu Klawing yang semurah itu.$eharusnva, Batu lCawing dihargai lebihiragus iagii' jelasnya kepada Badarmas. Bupatirnenambahkan, dirinya mengajak perajinflaru I{awing di Purbalingga, untukmenjuaiirarga batu I{awing dnegan harga yang Iebihheiklaoi * kehal 10

AOITYA/RAOARMAS

.KUNJUNGI PAMERAN: Bupati memililr.;incin batu akik da[am Pameran.

baiklagi.

If,\GI..\N HUhiAS SETIIA KABUP.\TijN PLIRB.\LINGGA

Page 13: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

r BulatiSambungan daii hal 7

Menurut bupati, hargaBatu Klawing saat ini sudahtidak dalam kisaran ratusanribu, melainkan sudah ju-taan rupiah. Namun, de-ngan syarat kualitasnya ha-rus diperbaiki lagi.

"Ini saya buktikan saat diBali beberapawaktu lalu. Adaorang yang tertarik dengancicin Batu Klawing saya.Meski saya tidak meng-ungkapkan berapa harga-nya, dia niemperdiksi har-ganya sangat mahai, karenakualitasnya sangat bagus. Inimembuktikan batu Klawingnilainya tinggi," ungkapnya.

Rencananya, bupati bakalmengeluarkan peraturafibupati (perbub) untuk me-

ngatur hal itu. "Saat ini, sayasudah memerintahkan ba-gian hukum untuk menyusunperbub tersebuti' katanya.

Nantinya perbub tersebutbakal mengatur retribusipenambangan Bahr Klawing,peredaran Batu Klawingtermasuk nantinya nilai dariBatu {flawing tersebut. "De-ngan adanya perbup ini,diharapkan Pem kab jugamendapatkan sisi positifdalam hal PAD. Sedangkanbagi masyarakat tambahsejahterai' imbuhnya.Menyangkut peredaran

Batu Klawing, nantinya tidaklagi boleh dijual dalam bentukbahan atau pun bongkahan."Batu I(awing harus dijualdalam bentuk kerajinan. Halini akan menambah nilaidari batu Klawing," jelas-nya.(tyalbdg)

--.PU RBIII 1I GGI EI(SPR ES'Harga Turun, Konsumen BerkurangifMSANC-Ivlenjelang perayaan Natal dan Tahun Baru

2015, harga kebutuhan mulai mengalami penurunan.Cabai rawit yang sempat naik hingga Rp 45 ribu per kilo-gram saat ini bisa didapat dengan harga Rp 30 ribu perkilogram.

Selain itu, cabai merah yang awalnya menCapai Rp 70ribu per kilogram saat ini haqya dijual Rp 54 ribu perkiiogram. Namun, pemurunan harga cabai ini tidakberbanding lurus dengan jumlah pembeli. Pasalnya,konsumen justru mengalami penurunan.

Pedagang Pasar Bobotsari Rahmi (45) menuturkan, sejakdua hari lalu harga cabai memangmengalami penurunan.Pasalnya, petani mulai cabai mulai masuk masa piuren."Harga turun, konslrmen justru berkurangi' tutumya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Pedagang PasarDesa Makam Siti I(holifah (38), ia menuturkan,menjeiang tahun baru bisanya harga akan terusmengalami kenaikan. Namun saat ini harga cabaicenderung turun. "Harga cabai turun. Namun, hargasayuran belum turun, karena petani belum masuk masapaneni' hiturnya.

Kepala Desa Makam Sugiyatno menuturkan, daripantauan di BUMDes harga kebutuhan pokok yangawalnya mengalami kenaikan terutama cabai saat inimemang mengalami penurunan. (Iok/bdg)

BAGIAN HUMAS SETDA }i,\BUPATEN PURBALINGGA

Page 14: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

Perrdidik Tak Boleh

KLIPNGMEDIABA0IAI{ II[]I'{A$ $EIXA P[IRB,{L[[004

uma$SENIN, 15 DESEMBER 2014

peringatan Hari Jadl Ke-184Kabupaten Purbalingga. BupatiSukento besefta Bunda PAUD

Erna Sukento, Wabup Tasdi, danWakil Ketua TP PKK Ern! Tasdi

sefta jajaran Dinas Pendidikanterlihat ikut berbaur mengikutisenam Irama Ceria iI dan tarimassal Gundu t-Gundut Pacul.

Hak AnakDikatakan Sukento, menyitir

hasil peneiitian Yayasan Gugah

Nurani Indonesia, di Indones a

terdapat 58 persen guru tidakmengetahui hak anak. Kemudian83 persen guru menganggaphukuman adalah bentukpendisiplinan anak di sekolah. Tapi

uniknya, 91 persen siswa masih

menginginkan adanya hukuman,namun tanpa kekerasan.

"lvludah-mudahan ini bukandi Purbalingga, Sehinggaanak-anak didik kita akan bisa

Hukum Sist#wffi

PURBALINOCA.Para guru dimintatidak menghukum

siswanya untuktujuan pendisiplinan

diri, melainkanmendidik siswanya

dengan lernah lembutdan penuh kasih

sayang. Hal ini agarbangsa lndonesia

tetap terkenal sebagaibangsa berbudi

luhur, tidak berubahrnenjadi bangsa yang

tidak baik budi.

HARiVAS/PRAYITNO

GELAR Senam Ceria dan Tari Massal Anak di Stadion GoentoerDarjono, Sabtu (1 3/12).

UPATI SukentoRido Marhaendriantomeminta para pendidikdan insan pendidikan

tidak menghukum siswanyauntuk tujuan pendisiplinan diri,

"Apapun alasannya,menghukum anak tidaklahmengedukasi. Bahkan bila padamasa anak-anak sering dihukum,akhirnya saat ia besar akanmenjadi anak yang pendendam

dan menjadi orang pemarah,"ujar Sukento saat membukagelar Senam Ceria dan Tari

Massal Anak di Stadion GoentoerDarjono, Sabtu ( 13i 12),

Senam Ceria dan Tari

Massal Anak diikuti ribuananak TK/RA/BA dari berbagailembaga pendidikan anakusia dini (PAUD), sekaligussebagai kegiatan menyongsong

menjadi murid emas yang akanmenjadi penerus perjuangankita," tandasnya.

Ketua Panitia Siti Ummarohmenuturkan, kegiatan yang

diselenggarakan oleh IkatanGuru Taman Kanak-KanakIndonesia (IGTKI) PGRI

Kabupaten Purbalingga dalamrangka mengembangkanpotensi peserta didik agarmenjadi manusia yang berimandan bertakwa kepada TuhanY[1E, berakhlak rnulia, cerdas,berilmu, cakap, mandiri dankreatif, sehingga mampumenjadi masyarakat yang

demokratis dan bermartabat."Kegiatan juga untuk

meningkatkan mutu di PAUD

melalui kegiatan motorik kasaranak, yakni senam dan tari. Jugauntuk menjalis persaudaraan

seluruh pendidik PAUD,"jelasnya. 1pt-oo1

BAGi.sN IILI,\IAS SE iDA KABUP.*| irN P,r IRBALINGC A

Page 15: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAOIN IIIIIIAX $[TDA PIiIBAI${GOA

ffiP,*Iy+*{netCe-rita W-aktu ilan Hatliah Ulang Tahunr Panggung Sajak Kelas Menulis

PURBALINGGA- Lampu yangmenyala temaram perlahanmenjadi teman bagi nada-nadayang dipetik dari gitar cokelat.Selepas lilin menyala, secarabergiliran, tiga perempuan

berbaju hitam merapal sajakkehidupan. Bait-bait puisitentang waktu.

Ketika sajak-sajakdilantunkan dengan balutanmusik akustik, seisi ruangan

SEJUMLAH penyair tampil dalam Panggung Sajak Kelas MenulisPurbalingga.

pun hening. Semua mata yangberkumpul Sabtu, 13 Desembermalam itu, mengarahkanpandangannya ke petak kecilberukuran 3x2 meter yang

diterpa lampu kekuningan."Puisi kami bercerita tentang

kehidupan dari masa anak-anak,remaja, sampai tua," kata PutriAntika, Ketua Angkatan IV Kelas

Menulis Purbalingga. Putri tampildi Bangjo Cafe lalan Letkol

)Y

BAGIAN HUhIAS SETDA LABUPATE}{ PURBALINGGA

Page 16: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

<>Isdiman bersama Bening dan

Vita.Tidak hanya irio Kelas

Menulis Purbalingga itu Yangtampil dalam Panggung

Sajak Mengantar Sang

Waktu yang digaraP Kelas

Menulis Purbalingga. Pun ada

penampilan Lilis dan Intan Yang

mendramatisasi Puisi beftajukLabirin Masa.

Selain itu, juga ada

sejumlah sajak yang

ditampilkan secara marathonoleh penyair Agus Trionoyang beken dipanggil GustavTriono, penyair asal PurwokertoMochammad Iskandar, serta

musisi hip-hop asal Kota SatriaLast Scientist dan kawan-kawan,

Apresiasi SeniKetua Panitia Lilis

mengatakan, Panggung Sajak

sudah menjadi agenda wajib

setiap tahun. Selain sebagai

sebuah hadiah dari kaum muda,

acara ini juga sebagai aiang

apresiasi seni, khususnYa untuk

karya seni puisi.

"Kami semua tahu kalau

puisi sangat dekat dengan

kita, khususnya anak muda,

l'4elalui Panggung Sajak ini,

kami ingin membuat.teman-teman pemuda Purbalinqga

lebih memperhatikan lingkungan

sekitarnya," kata Lilis.

Saat sesi aPresiasi, Gustav

yang semasa muda aktif di

teater kampus mengaPresiasi

Panggung Sajak ini, Ini kali

kedua Gustav terlibat dalarnPanggung Sajak. Pada tahunlalu, dia mengajak Teater

Kembang SMP 1 Mrebet untuk

tampil.Panggung Sajak Pun disebut

sebagai hadiah terbaik di

Hari ladi Ke-184 Purbaiingga.

"Apalagi dengan masihjarangnya ruang aPresiasi Puisi

di Purbalingga," kata Gustavyang kini tlnggal di Bojanegara,Kecamatan Padamara. 1pt-oo;

Tim Pembina UKS

[anangkan Kantin Sehat Zil5PURBALINGGA- Kemarakan penjualan makanan di sekolahyang kurang higienis, Tim Pembina (TP) Unit Kesehatan Sekolah

(UKS) berupaya untuk menanggulangi permasalahan tersebut,salah satunya adalah mencanangkan Kantin Sehat 2015. Gerakan

ini bertujuan melindungi anak-anak sekolah dari bahan-bahan

berbahaya yang terkandung dalam makanan seperti zat pewarna

yang tidak standar makanan dan berformalin.Kepala Bidang Pemberdayaan dan laminan Pemeliharaan

Kesehatan (JPK) Muslimin mengatakan, banyaknya pedagang kelilingyang berjualan di luar sekolah, terkadang dari segi kesehatan

tidak terkontrol, Untuk itu, UKS sebagai unit kesehatan di sekolah

memunyai fungsi untuk memberikan edukasi kepada anak sekolah

tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"UKS bukan hanya ramai kalau saat ada perlombaan/ namun

dengan adanya UKS dapat mencetak generasi sehat di masa datang,"ujar Muslimin saat rapat koordinasi TP UKS di Aula Selasih Dinas

Kesehatan, Sabtu ( 13/12),Selain Kantin Sehat, TP UKS juga akan mendorong Pemkab,

dalam hal ini Dinas Pendidikan agarjuga menganggarkanpembangunan ruang belajar-mengajar untuk menambah fasilitas

kesehatan, sepefti ruang UKS,'ruang ganti, dan toilet, (pt-oo)

BAGIAN HU}VIAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 17: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPING MEDIA

BAGIN IIUI{AS $II'DA PI]RBAINOGA

ffiBanyHmasSenin, 15 Desember 2014

Eksekusi MatiBisa Dllakukandi lUlanaSala

PURBALINCCI- J*tiAgung HM PrasetYo

menyatakan, eksekusi mati

bisa dilaksanakan di mana

saja. Tidak harus di wilaYah

hukum temPat Perbuatanpidana itu dilakukan (locus

delicti).

AAT melakukan kunjungankerla ke kantor Kejaksaan

Negeri (Kejari) Purbalingga,

Sabtu (13/12) siang, Jaksa

Agung Hl,4 PrasetYo menegaskan,

tempat dan waktu pelaksanaan eksekuti

mati mempertimbangan efektivitas,

keamanan, dan kePraktisan'Kepada wartawan, mantan Politisi

Partai Nasdem itu mencontohkan, bisa saja

tindak pidana dilakukan di Papua. Setelah

divonis hukuman mati, kemudian terpidana

ditahan di penjara Nusakambangan.

Karena berbagai Peftimbangan,pelaksanaan eksekusi mati dilaksanakan

di Nusakambangan. "Regu tembak bisa

dari institusi Polri setempat' Tapi jaksa

eksekutornya dari Kejaksaan Negeri

tqmpat kejadian perkaranya," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, lakiaAgung HM PrasetYo memastikan

eksekusi terhadap Iima terpidana mati

akan dilakukan bulan ini, Lima orang

terpidana mati tersebut masing-masing,

tiga orang kasus narkoba dan dua kasus

pembunuhan berencana.

Di bagian lain Prasetyo menegaskan,

penanganan kasus koruPsi BuPati

Indramayu Irianto MS SYafiuddin

atau Yance tidak bermuatan politis,

Menurutnya, Yance Yang meruPakan

kader Partai Golkar bukan satu-satunya

kepala daerah Yang terbelit kasus

korupsi. Masih ada beberapa kepala

daerah yang tengah diincar kejaksaan

karena kasus seruPa."Jadi bukan hanya Yance. Kejaksaan

di daerah lain juga sedang menangani

kasus-kasus korupsi kepala daerah. Saya

tidak memandang pelaku itu merupakan

kader partai atau bukan. Pokoknya kalau

terlibat tindak pidana akan kami proses/"

tegasnya.

Tambah PersonelTerkait maraknYa kasus koruPsi,

Jaksa Agung menYebutkan, PihaknYa

tengah memPertimbangkanpenambahan personel jaksa di daerah'

Saat ini Kejaksaan Agung tengah

B-\(;1.-\\ IiL \t-\S Sl:.-f l).\ K \Bt'P \TLr\ Pr-RE \LI\CiG-\

Page 18: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

JAKSA Agung HM Prasetyo saat melakukan kunjungan kerja ke k'antorKejaksaan Negeri (Kejari) Purbalingga, Sabtu (13/12) qiang.

menginventarisasi daerah yang kelebihanjaksa dan kekurangan jaksa. "Sayadatang kesini untuk melihat kondisi

obyek di daerah seperti apa," ujarnya.Dalam penanganan kasus korupsi,

Prasetyo mengatakan, pihaknya

selalu berkoordinasi dengan Komisi

Pemberantasan Korupsi (KPK). Koordinasiitu penting agar tidak terjadi kasusyang sama ditangani oleh dua lembagahukum tersebut. "Selalu -ada koordinasidengan KPK. Saling koordinasi, sinergidan memperkuat. Jadi tidak akan terjadirebutan perkara," ujarnya. 1pt-oo1

EAGIA}{ HU}v{AS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 19: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

Senin, 75 Desember 2O74

Gerakan Sehari Tanpa NasiBantu Kurangi ImPor Beras

PURBALINGGA. PCMKAb

mencanangkari Gerakan Sehari

Tanpa Nasi (One Day No Rice).

Pencanangan tersebut dengan

harapan masyarakat semakin

menyadari dan tergerak untukmengonsumsi pangan Yanglebih beragam, bergizi,seimbang juga aman, terutamayang diporoduksi di tingkatlokal. Gerakan ini juga mampu

mengurangi impor beras secara

nasional.t'Dengan pencanangan

gerakan One Day No Rrce atau

sehari tanpa mengkonsumsiberas, akan mengurangiimpor di tingkat nasional

serta meningkatkan surplus

beras di tingkat kabupaten,"jelas Bupati Sukento Rido

Marhaendrianto pada acara

Pencanangan Gerakan One DaY

No Rice (ODNR) di PendaPa

Dipokusumo, Sabtu (13/12).Sukento berharap, agar

teiwulud nya d iviEn kasi pa n g -d n

yang ditujukkan oleh budaya

masyarakat di Purbalingga

dapat dipercepat. Mulai dari

tahap diversifi kasi produksi,

diversifi kasi olahan yang

kemudian menjadi dlversifi kasi

konsumsi, serta didukungoleh pengembangan teknologipengolaha n,

"Terkait dengan.ini, saYa

minta SKPD terkait, terutamaDinperindagkop, serta BPPKP

selalu berkoordinasi, guna

mempercepat pemakaian

produk Iokal/pangan lokal,"pintanya.

Harapanya, tambah Sukento,perputaran roda ekonomi

masyarakat Purbalingga akan

semakin cepat. MenurutnYa,

banyak pilihan pangan alternatifyang bisa dimanfaatkanmasyarakat sebagai Penggantiberas seperti jagung, intil,singkong, ubi jalar serta

jajaran SKPD, agar setiapminggunya pada hari Rabu

dalam menjamu tamu, maupunkegaiatan kantor lainya untuktidak menyediakan makananyang terbuat dari beras,

"Semua kegiatan rapatatau peftemuan sefta dalammenjamu tamu untuk tidakmenyajikan hidangan yang

terbuat dari beras. Semuaacara pada hari itu, saya mintamenggunakan produk lokalbukan beras, seperti bahanpangan dari ubi jalar, ganyong,talas dan lain sebagainya,"pinta nya.

Selain itu, Dinas Pendidikanjuga diminta ikut mendukungGerakan ODNR di sekolah-sekolah serta meminta kantin-kantin tidak menyediakanmenu/jajan berbahan bakudari beras. Dan saat ini hanyaSMKN 3 Purbaiingga sudahme19rypka1 QDNf 1e!r.1n hari

minggunya, karena dengansehari tanpa beras seftamengganti makanan penggantitidak akan mengganggukesehatan.

Kepala Badan PelaksanaPenyuluhan KetahananPangan (BPPKP) Lily Purwatimengatakan, manfaatONDR adalah, denganmengurangl konsumsiberas sehari satu kali, danberganti ke nonberas. Di

Purbalingga dengan pendudukmendekati 1 juta jiwa, 70persen yang makan nasidengan konsumsi sebanyak0,3 kilogram per kapitaper hari, Hal tersebut bisamenghemat 210.000 kilogram,Sehingga bisa menjagaharga beras tetap stabil sertamengurangi ketergantunganbahan konsumsi import danmeningkatkan surplus beras diPurbalingga. lpt-oo;BACI,.\N iiUhJt\S SETDA K,A

komoditas dengan Peransama sepefti beras, terutamakandungan karbohidratnYa.

"Saya tidak mengajakuntuk tidak mengonsumsi nasi

seharian. Tapi dalam seminggu,atau setiap hari Rabu dengan

tujuan penganekaragamanpengan dan mengurangikonsumsi beras menggantikarbohidrat lain yang berbasis

komoditas pangan local,"

uj a rnya,

Berdayakan EkonomiMenurut bupati, Gerakan

ODNR akan mampu

memberdayakan ekonomi desa.

Karena pengan lokal bukanpadi tidak perlu imPor, serta

lahan yang dapat ditanamipangan sumber karbohidratdan padi masih tersedia luas,

termasuk lahan Pekarangan'Di bagian lain sambutannYa,

Sukento meminta kePada semua

Page 20: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

tuffiltranyH_mffiSenin, 75 Desember 2074

Belrrm Jelas, P6ngelolahnRp 80 M Dana UPKr Pasca-Berakhirnya PNPM MPdPURBALINGGA- Sekitar Rp 80 miliar dana Pokja MediaUnit Pengelola Kecamatan (UPK) Program Berkaitan dengan kegiatan pelatihan PokjaNasional Pemberdayaan l,lasyarakat Mandiri Media, Imam mengapresiasi atas upayaPerdesaan (PNPVI MPD), belum diputuskan peningkatan sumberdaya manusia pelakupengelolaannya, Program yang diluncurkan di PNPM di wilayah kecamatan. Pokja mediaera Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu diharapkan dapat menyosialisasikan kegiatanakan berakhir pada 2015, Selain aset uang PNPM, menginformasikan kepada masyarakattunai, juga ada ratusan miliar aset yang berupa desa, memberikan edukasi dan sekaligusbangunan fisik sepefti jalan, jaringan irigasi, menjalankan funEsi kontrolnya. Fungsi ini perludan bangunan gedung. dijalankan Pokja media dengan baik dan terus

"Pengelolaan dana UPK bisa dikelolamodel perbankan, koperasi atau dikelolaoleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).Jika dikelola rflodel perbankan, maka harusmengacu pada peraturan yang diterapkan olehOtoritas Jasa Keuangan (OJK), Jika modelsimpan pinjam tidak sesuai dengan aturan0JK maka lembaganya dianggap ilegal," kataKepala Badan Pemberdayaan MasyarakatDesa (Bapermasdes) R Imam Wahyudi saatmembuka kegiatan Pelatihan Menulis yang

diselenggarakan oleh Pokja Media Ruang

belajar Masyarakat (RBM) PNPM MPd di GedungKembar Balai Benih Ikan (BBI) Kutasari, Sabtu(13112).

Dikatakan Imam Wahyudi, pihaknya sudahmengeluarkan surat yang ditandatanganioleh bupati perihal pengelolaan aset UPK danaset PNPM, Pihak desa dan pengelola PNPM

harus sudah menyiapkan secara bijaksana."Bisa saja, pengelolaan dana UPK nantinyadikelola koperasi atau dikelola oleh BUMDes.Bila dikelola model koperasi atau BUMDesseperti tidak terlalu sulit, tetapi harus dikelolasecara profesional, jangan sampai adapenyimpangan," kata Imam Wahyudi.

Imam menambahkan, pasca PNPM

berakhir tahun 2015, pemerintahmenggantikannya dengan model penyalurandana desa yang sumber anggarannya dariAPBN. Sementara model Alokasi Dana Desa '

(ADD) yang bersumber dari APBD Kabupatenjuga masih dilaksanakan. Pembagian danaADD sudah ditetapkan oleh Bapermasdes.Masing-masing desa sudah ada hitunganangkanya send[ri-sendiri. Pembagiannya, daritotal seluruh ADD, 60 persennya dibagi rataseluruh desa, sedang 40 persennya dibagisecara proporsional setiap desa, Proporsiitu tergantung jumlah penduduk desa, luaswilayah desa dan jumlah penduduk miskin."Setiap desa menerima kucuran dana antaraRp 400 juta hingga Rp 700 juta. Tidak samapembagiannya untuk setiap desa," kataImam,

menerus."Masyarakat sekarang mudah diberi

penjelasan pengertian, Masyarakat yang

memiliki program PNPM MPD dan disisi lainpemerintah desa juga tidak dirugikan dengankegiatan itu," katanya.

Sementara itu Ketua Pokja Media RBM PNPM

MPd Prayitno mengungkapkan, menjelangberakhirnya PNPM Mandiri Perdesaan, parapelaku PNPM MPd dari kecamatan-kecamatanse-Kabupaten Purbalingga akan menyusunbuku berisi tentang kisah-kisah sukses daninspiratif. Success story ini berisi tentang kisahsukses perorangan, kelompok atau desa yang

masuk dalam obyek pemberdayaan,

"Selama keg.iatan PNPM MPd ada di

Purbalingga telah banyak menorehkan kisah-kisah sukses. Kami berharap buku ini dapatmenginspirasi bagi siapapun yang membaca,"ujar Prayitno.

Untuk keperluan ini, para pelaku PNPM MPdyang mayoritas belum memiliki keterampilanjurnalistik, mendapat pelatihan menulis danfotografi dari para pakar di bidangnya. Untuksesi pelatihan menulis dilatih oleh Prasetyoyang masih tercatat sebagai wartawan WarfaJateng (Kompas Group), Sedangkan sesifotografi diampu oleh mantan wartawanMajalah Tempo, Gunanto.

"Setelah mengikuti pelatihan, peserta

diminta langsung melakukan wawancaradengan subjek success sfory. Bisa orang yangsukses menjadi pelaku usaha mikro dengandidanai PNPM, bisa sebuah desa atau kelompokyang maju setelah ada pembangunan PNPM,

dan kisah sukses lain yang menginspirasi,"jelasnya.

Buku akan di-launching pada peresmianpembangunan fisik PNPM MPd di 2015. Selaindibukukan, tulisan karya para pelaku PNPM

ini juga dilombakan, dalam Kegiatan GelarKapasitas Pelaku dengan memperebutkanJuara I, il, dan III. Selain tulisan, hasiljepretan mereka juga akan dilombakan dalamkegiatan yang sama. (pt-06)

BAG] AN HUN,IAS SETDA KABLTP ATE}J ?L]R.BALINGG A

Page 21: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIAil IItItrilA$ $HIDA PIIIBAIT'IOOA

ffiBanyH"{Ilp.HSenin, 15 Desember 2014

Ketua KONI PurbalinggaMuhammad lqsan

PURBALINGGA - MuhammadIqsan terpilih menjadi ketuaKomite 0lahraga Nasional

Indonesia (K0NI) Purbalinggamasa kepengurusan 2014-2018 dalam MusyawarahOlahraga Kabupaten Luar Biasa(Musorkablub) KONI di Aula DinasPendidikan (Dindik) Purbalingga,Sabtu (13/12). Ketua Federasi

Panjat Tebing Indonesia (FPTI)

Purbalingga ini terpilih secarakomulatif setelah dua calon

lainnya, Suharno mengundurkandiri dan Barosad tidak memenuhikriteria pencalonan.

Ketua Steenng Commitee,Supono Adi Warsito mengatakan,Suharno yang sebelumnyamenjabat sebagai bendaharaKONI mengundurkan diri daribursa pencalonan dengan alasaningin fokus di pekerjaan sebagai

manager Taman Kota Usmanlanatin. Sedangkan Borosad tidakmemenuhi kriteria pencalonan

karena tidak memiliki KTP

Purbalingga, "Barosad hanya

memiliki surat keterangan ciomisili

Martoyo mengatakan, setelahdipilih ketua baru, maka selama20 hari ketua baru itu harussegera menyerahkan susunankepengurusan masa bakti empattahun ke depan.

Sementara itu, ketua terpilih,Muhammad Iqsan mengatakania sudah memiliki visi dan misiselama empat tahun ke depan.Dalam waktu dekat, persiapan

akan dilakukan untuk menghadapiKejuaraan Kedu Pekalongan

dan Banyumas (Dulongmas)

dan jangka panjangnya

mempersiapkan menghadapiPekan Olahraga Provinsi(Porprov).

"Saya akan melakukankunjungan ke tiap pengcab,

karena saya orang baru. Kami

akan mengiventarisir atlet dan

meningkatkan kepedulian KONI

terhadap atltet. Sebab banyakatlet prestasi dari Purbalinggatapi membela daerah lain.

Mereka akan saya tarik untukmembela Purbalingga," katanya,(SMNet$rorldHB2-07)

di Purbaiingga. Diaputra d,aerah yang

tinggai di Jakadadan punya usaha

di Purbalingga.Karena itusebagian besarpencab tiCakmengesahkannyauntuk majusebagai kandidat,"katanya.

Sementaraitu, Kasi OlahragaBidang Pemuda

Olahraga Dinas

KebudayaanPariwisata

Pemuda Olahraga(Dinbudparpora)Purbalingga,

BAGIAI.i }iI]hiAS SE.f DA K.{LJUPT\-i.E}i PURBAI-INGGA

Page 22: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPINGhIEDIA

il:Frrffi,-.:-lIlil:liry

iinln, 15 Desember 2a74

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALI}{GGA

Page 23: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KTIPINGMEDIA

Senin, 75 Desember 2014

BAGIA}.i HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 24: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPNGMEDIA$[IDAPI]IBAIil{GOI

masPameran Tingkatkan

PURBALINGGA- Bupati SukentoRido Marhaendrianto mengapresiast

dilaksanakannya Pameran Batu Akik

Klawing dan Barang Antik. Menurut

Bupati, adanya pameran dapatmeningkatkan pamor dan hargajual Batu Klawing, baik di kalangan

lokal maupun nasional."Saya kira di sini

pengunjungnya sangat antusias.Saya apresiasi penyelenggaraanpameran ini. Semakin banyakpameran akan semakin menaikanpamor batu Klawing," kata Bupatisaat menyambangi arena pameranyang dipusatkan di GedungKongkwan, Sabtu (13/12) siang.

Sayangnya, Bupati masingmenyayangkan masih rendahnyanilai jual batu akik Klawing. Meski

dirinya menyadari, persoalan batuakik adalah soal kesenangan,namun ia mengajak para perajinbatu akik untuk dapat berupayamenaikan nilai jual produk yang.

diambil dari potensi Batu Klawing."lmpian saya, minimal dihargaienam digit. Tapi memang harusjuga ditingkatkan kualitasnya,"katanya,

Rencananya untuk mendukungrencana tersebut, bupati bakalmengeluarkan peraturan bupati(perbub) untuk mengaturhal itu. "Saat ini, saya sudahmemerintahkan Bagian Hukumuntuk menyusun perbub tersebut,"kata nya.

Masyarakat SejahteraNantinya perbub tersebut,

menurut bupati, bakal mengatur

retribusi penambangan Batu

Klawing, peredaran Batu Klawing,

termasuk nantinya nilai dari Batu

Klawing tersebut. "Dengan adanyaperbup ini, diharapkan Pemkab juga

mendapatkan sisi positif dalam hal

PAD. Sedangkan bagi masyarakat

tambah sejahtera," imbuhnya.Menyangkut peredaran Batu

Klawing, nantinya tidak lagi boleh

dijual dalam bentuk bahan ataupun bongkahan. "Batu Klawingharus dijual dalam bentukkerajinan, Hal ini akan menambah

nilai dari batu Klawing," jelasnya,

Diberitakan sebelumnya,Pameran Pesona Batu Klawing dan

Barang Antik berlangsung sejakKamis (11/12) hingga Minggu(t4112) di Gedung Kongkwan

lalan MT Haryono 1A Purbalingga.Pameran diikuti 34 sf.and batuakik, 14 pesefta UMKM dan 6stand non umkm.

Pihaknya bukan hanyamemamerkan hasil karya paraperajin yang tersebar di wilayahPurbalingga, namun melaluipameran tersebut juga mengajakpara perajin, penggemar, kolektordan siapapun yang peduli denganbatu akik Klawing untuk bersama-sama mengupayakan kelestarianpotensi yang dimiliki kabupatenPurbal ingga,

"Kami berharap ada upayaagar potensi batu Klawing

tidak keluar Purbalingga dalam

bentuk glondongan-glondonganyang belum memiliki nilai," ujarkolektor dan perajin batu akik asal

Purwokerto ini. (pt-oe)

15 Desember 2014

P,_BSl*gf*-B---Bt!l_,Kl___alging,*-eii,i'*ffi :ILffilil+i1til*i;[rr.**,#,i*rf-liilI,,

RAGi Aii i{I ]N,1 AS SETDA K/\BL,PATEN PUR]JALINOGA

Page 25: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

$I

&wffilE{ar$ffi ffiAtu K$

ffi Perbup DisiapkanPURBALINGGA - BupatiPurbalingga Sukento Rido

Marhaendrianto mengapresiasipameran batu akik klawing danbarang antik. Menurut Bupati,pameran dapat meningkatkanpamor dan harga jual batuklawing, baik di kalangan lokal:maupun nasional.

._ "Di sini pengunjungnya sangar antusias.Sayl mengapresiasi penyelengga.aan pum.ranini. Makin banyak pameran akan makin mena_i*.kan pamor baru klawing." kata Bupati.

. Namun Bupati masih menyayangkan nilaijual batu akik klawing masih rendih. Meskiharga baru akik adalah soal kesenangan, Bupatimengajak para perajin dapat menafkkan nilaijual produknya.

_ "lmpian saya. minimal dihargai enam digit.Tapi memang harus juga ditingkatkan klahtlas_nya." katanya.

POLRES Purbalingga,,'operasi zebranyambok niru jajaran Polda DlY, knaipot modifikasiditindak. Masyarakat Purbalingga sudah resahPak, mengganggu ketertiban. (081 225933367).

AturRetribusi. Untuk mendukung hal tersebut, Bupatibakal mengeluarkan peraturan bupati (perbub)untuk mengatumya.

"Saat ini saya sudah memerintahkan BagianHukum untuk menyusun perbub .tersebut,"katanya., Nanti perbub tersebut bakal mengatur retri-

busi penambangan batu klarving, peredaranbatu klawing, rermasuk nilai batu klawingtersebut.

"Dengan perbup ini. diharapkan pemkabjuga mendapatkan sisi posilif dalam hal pAD.Masyarakat pun, tambah sejahtera," imbuh-nya.

Soal peredaran baru kJawing, nanti tidak lagidijual dalam bentuk bahan atau bongkahan.Batu har-us dijual dalam bentuk keraiinan. Halini akan menambah nilai batu klawing.

Pameran Pegona Bafu Klawing dan BarangAntik berlangsung rernp21'1ran G1-14/12) diGedung Kongkwan Jalan MT Haryono.

Fameran diikuti 34 stand batu akik, 14peserta UMKM, dan 6 stand non-UMKM.(F10.s5)

BAGIA}J I{UN,{AS SETDA }'-{BUPATEN PURBALINGGA

Page 26: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

Eatu Klawi ngTakTerbendung

DEMAM batu akikmelanda nusantara.

Purbalingga yang memiliki daerah aliran

sungai (DAS) Klawing ikut terciprat, terlebih

sejak batuan jenis jesper yang akrab disebut

nogosui disebut sebagai batuan langka.

Masyarakat Prancis menye-buftrya sebagai batu "darahkris-tus" atau le sang dtt christbanyakditemukan di sturgai iru.

Sejak 2009, batuan Klawingsudah mulai dicari oleh pengge-

mar batu mulia dan akik. Saatinr, Sarjono (51), warga RT 7RW4 Desa Makam, KecamatanRembang sudah menjualnya ke-pada orang dari beberapa kota.Namun ia sendiri belum tahu be-tul apa gunanya orang membeli,

Baru setelah salah satu dosenluar biasa Geologi Unsoed Pur-wokerto, Sudjatmiko, menda-tangnya unnk mencari banr le-nis nogosui, ia benar-benar pa-ham mengapa batu klawing dr-cari orang. Suatu ketika pada2010, ia ikut seminar di DinasPerindustrian Perdagangan danKoperasi @inperindagkop) danmeminta agar pemerintahmelirik kerajinan batr:.

"Semoga kelak Purbalingga

ffi-.flu;TYT'. Badar besi* Badar lumut," Badar perak* Jesper* Kecombong* Kecubung* Nogo sui/darah kristus'Pancawarna

* Sulaiman* Watu geni

- Bagian hilir yang beradadi Somakaton-Serayu

,i,q#-iwlY"1e+*A\*-i1:r.q

" Bagian hulu di IGunung Slamet dan perbukitan Gunung Plana

berkibar dari batu." demikiankata Bupati Heru Sudjatmokowaktu itu. Saya kemudian mulaimernbuat kerajinan batu kla-wing berupa mata cincin atauakik," kata Sa{ono.

Dari hal itulah, nama batuklawing melejit di pasaran kera-jinan batu mulia dan akik.Namun sayang. perajin baru iuhanya hitungan jari. Berkuintal-kuintal batu melayang ke luarkota dalam bentuk mentah.Harganya pun sangat murah,waktu itu hanya Rp 900-Rp1.500perkilogram.

Dua tahun ke belakang,demam batu akik di Indonesiamelanda. Tak luput juga di Pur-balingga, setiap kalangan mulaiorang berduit hingga orangawam blnsukan mencari batuakikKiawing.

Terlebih lagi sejak ditemu-kan juga batuan jenis pancawar-na. Dari situlah harga batu klaw-

. Sungai Laban,." Sungai Gintung., Sungai Genteng* Sungai Kuning

" Sungai Wotan,. Sungai Muli., Sungai Kuripan

ii riri r-r iaL \i-\)hi iir.i N.U1r I \ll .\ ll l\l,.Ul.\\r\r.\

€-?::r Sumber: dari berbagai sumber (F10, H82)

)tr

Page 27: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

ing mulai terdongkrak. Saatiniper kilogram batuan tersebutmencapaiRp250.000.

Perajin batujuga mulai berte-

baran, namun pemasarannyamasih bersifat personal walau-pun masing-masing sudahmemiliki pasar sendiri-sendiri.Pada hasil kerajnm baru iru jugabelum memiliki standardisasiharga. Penentuan harga lebihbersifat kesukaan.

JualKesenangan"Kalau Anda suka, berani

bayar sekian silakein. Jadi men-jual batu itu menjual kesenan-gan," kata Kepala BidangUsahaKecil Mikro dan Menengah(JMKNI) Dinperindagkop Pur-balingga, Gatot Budi Raharjo.

Melejitrya pamor batu klaw-ing di pasm kerajinan batu muliadunia, mendorong PemkabPurbalingga membenahi bisniskeraj inan batu klawing.

Langkah pertama denganmenghimpun seluruh unsurpelaku bisnis batu klawing kedalam Paguyuban batu klawingPurbalingga. Paguyuban itudikukuhkm pada 8 NovemberdiPendapaDpokusumo.

"Tahun 2015 Bappeda to-long dianggarkan unnrk pelati-han. Saya rngin di Purbalinggaada sentra kerajinan batu klaw-ing. Entah kapan inr brwujud,tapi kita siapkan dari sekarang,"

ujar Bupati Sukento RidoMarhaendrianto.

Bupati memiliki mimpi agar

Purbalingga dapat menjadipusat penjualan batu seperti dikawasan antara Bangkok danPataya di Thailand.

D kawasan itu kini menjaditempat penjualan batu yang luarbiasa besarnya, yang tiap harididatangi pecinta batu dariberbagai dunia. Bukan hanyabanyak yang datang. tapi jugabanyak yang membeli.

"Auu setidaknya sepefti sen-

trabatu yang ada di Kalimantan,tepatnya di Maltapura. Di sana

nilai jual kerajinan batu jugasangat tinggi. Saya ingin batu

klawing kita harganya jugamelejit seperti harga batu akikjenis lain," katanya-

Sebelumnya Bupati sempat

kecewa dengan potensi batuakik Klawing yang hanya dihm-gaiRp 50.000-Rp 500.000 saja.

Padahal mutu batu klawingsudah diapresiasi di tingkatintemasional.

"Mestinya nilai jual batu akikKlawing bisa mencapai Rp 1

juta hingga Rp 50 juta batrkanbisa lebih tinggi dari inr. PR kitaadalah memperbanyak pelati-han agar produksinya makinbaik dan membuat sertifikatuntuk hasi-l kerajinan batu akikkita"katanya.

Ke depan untuk lebih men-dukung keberadaan para perajinbatu klawing di Purbalingga,Bupati akan meneltitkan perat-

uran daerah (perda) yang men-gatur pemanfaatan potensiSumber Daya Alam (SDA)Sungar Klawrng.

Pasalnya, sungai yang ter-letak di Purbalingga kayadengan berbagai material yang

ada mular dari pasir, batu, sefia

galian C sebagai aset yang taktemilaiharganya.

Selain galian C, matenal lainberupa batu berharga yang ada

di sungai terselrut. Karenanyamasyarakat diminta untuk men-jaga bersama-sama kelestariandan keberadaan aset tolsebul

"Demi Purbalingga. marijaga aset kita semua bersama-sh-

ma. Jangan sampai keberadaan

asetberhargadi sungai itu seper-

ti batu klawing dan material larnmalah dinikmati oleh bukanorang Purbalinggq" ujamya.BelumMilikiData

Disayangkan hingga saat iniPemkab belum memiliki datariil berapa jumlah batu kJaumguntuk kepentingan kerajinanyang diambil dari sungai tiaphari. Juga berapajumlah penam-

bang yang mengambilnya.Kepala Bidang Energr Sum-

ber Daya Mineral (ESDM) Di-nas Pekerjaan Umum (DPU)

Purbalingga, Heru Budi, men-gakui data riil itu belum adakarena kegiatan penambanganbatu klawing untuk kepentingannonkonstruksi masih bersifatparsial atau perorangan.

"Segera kami melangkahuntuk mendata dan menginven-taris berapa kapasitasnya, di-mana saja penambangannya.Karena itu, untuk melengkapiperbup yang sedang dibahasitu," katanya-

Sekda Purbalingga, ImamSubijaklo, menuturkan selamaini Pemkab sangat memberikanperhatian terhadap perkemban-gan potensi kerajinan batu klaw-ing. Bahkan Bupati telah meng-intuksikan selunrh jajman PNSdi lingkungan Pemkab untukmenggunakan cincin batu akikKlawing.

"Yang dilakukan Pak Bupatitentu menjadi wujud nyatadukungan Pemkab terhadappotensi daerah yang kini menja-dr booming. Kami juga telahmemakai cincin yang dibuatoleh perajin lokal Purbalingga"katalmam.

Salah satu perajin batuklawing, Bayu Wibowo,mengatakan bisnis menjualbatu adalah menjual kesenan-gan sehingga harganya tak bisaditentukan.

"Semakin bagus kualitasbatu, dengan sendirinya hargajualnya semakin tinggi," uj ar pe-

milik usaha di selatan perempa-tan Ngebrah Desa Kembangan,Kecamatan Bukatej a itu.

Di rumahnya terdapat ratu-san jenis batu klawing berbagaikualitas, baik untuk hiasanmaupun bahan membuat cincinbatuklawing.

"Harga tertinggi pernahditawar hingga Rp I miliar. tapi

tidak akan kami lepas," jelas Ba-yu sembari menyebut baru jenis

Nogosui bergambar ikan l-ohandan angka delapan yang kinimenghuni ruang pamernya diPurbalingga. (Arief NoegrohodanRyanRachmarrlT)

irA(il !\ IlL' i I AS SiTDA K.{jit i' r r-i F.N ?Uiiii-=Li}i'(;(i. \

Page 28: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

BAGIAN HIJIVIAS SETDA KABUPATEN PURBA]-INGGA

Page 29: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAGIA}{ IItI[ffi$ $EIDA PIIfiBAINOOA

SUARA]UIER!EKASENIN, 15 DESEMBER 2014

PAUOn Uatu klawing *"*u-kin naikketika menjadi juara da-lam kontes batu mulia tingkatASEAN di Jakafi4 baru-baru ini.Batu yang menang itu jenis pan-cawama.

Batu ihr milik Sugeng Setyonodari Kios Batu Raden Klawing.WargaRT 3 RW 1, Desa Kraden-an, Kecarnatan Mrebet, itu ber-hasil mengalahkan ribuan batukontestan lain dari seluruh Indo-nesia dan negara ASEAN lain.

"Jenis batu yang ikut kontesbermotif pemandangan alamberupa pantai dengan diameterlima centimeter, berbentuk bulatlonjong," katanya-

Padahal, batu dengan motifalam tersebut baru kali pefiamadijkutan lomba dan langsung bisameraihjuara. Bahr itu dia dapatkan

di Sungai Klawing sebelah rumahsekitm setahun lalu.

Setelah memenangi perlom-baan tingkat Asia Tenggar4 batutersebut saat ini akan dibawa keKanada untuk mengikuti kontesbatu mulia tingkat intemasional.Jadi batuan asal Purbalinggabisadiukur kualitasnya dengan batuanmulialain yang ada di dunia.

Batu-batu dari Sungai Kla-wing Purbalingga aktrir-aklir inimulai naik pamor di kalangan pe-

cintabatu mulia. Paling tidak adadua batu yang menjadi buruankolektor, yaitu pancawama dannogosui.

Jenis batuan nogosui di Eropasering disebut sebagai batu darahkristus atau le sang du christ. Saatini harga bahan mentah sudahmencapai ratusan ribu rupiah.Padahal dua tahun lalu palingmahalRp5.000.

Tak hanya di Purb-Iingga,komunitas pecinta batu klawrngtemyatajuga sudah ada di JakartaN amaay a lruione s irat J as p e r andKknuing lnvers.

Komunitas ini diketuai Nor-man Indrajaya. Keberadaan ko-munitas yang dibentuk pada25Novemberlalu akan terus menge-nalkan batuklawing baik di kanc-ah intemasional maupun nasional.

Selain di CGC Nuansa Nusan-tara Gems Exhibition, komunitasitujuga diundang oleh JasperIntemational di Bali padaDesem-ber ini. Kesempatan itu akan digu-nakan untuk memperkenalkanjasper dan batu klawing khusus-nyanogosui.SisikNaga

"Pastinya kita akan memper-kenalkan bahw a imlahbafi bl o o dstone dali lndonesia. Selama inimereka juga rggak tahu. Tahunyablood stone nggak ada di Indo-nesia. Sementara di Prancis batuinr sudah menjadi batu bangsawanI-e Sang du Christ,"katanya.

Norman bersama perajin batuklawing lain akan berusaha mem-beri nama motif batu yarg banyaksekali jenisnya. Misalnya batuklawing motif Telor Kodok.

"Kalau di intemasionai nama-nya Ocean Jasper. Motif sisik naga

di Spanyol namanya imperialjasper. Tapi kitanggakboleh pakainama itu, padahal motifriya sama.

Jadi kita harus punya penarnaiur

sendiri dan akan kita perkenalkankepada dunia intemasionai," tam-batnya.

-Keilc;sertaan banl klawing da-

lam pameran di Jakafia semakinmenguatkari posisi bar*. Pada4-lDesember batu klan, ng dipamer-kan dipusatjualbeli emas teloesar

di Jakarta: Cikini Goicj Center.

Ada beberapa komunitas pera-jin batu klawing yang meng:kutipameran itu, yakni NgayawaraGemstone dari Boborsari, Pesona

Klawing (Bobotsari), RajendraGemstone (Bobotsari), ImamGemstone @ungkanel), KawajraGemstone (Bojong), AntonGemstone (Tunjungmuli, Ka-rangmoncol), dan Pesona batuklawing Punn'okerto.

"Omset kita sampar Rp 50 jutaDengan jenis batu yang dipamer-kan meliputi nogcsui, pancawar-

n4 jasper Klawing, batr.r garnbar,

dan batu bahan," jelas ownerNgayawara Gemstone,EdyPamandoblang.

Demi pengembangan potensi

batu ittr, Bupati Sukento Rido Mm-haendrianto meminta semua wargayang lahir dan ber-KTP Purba-lingga untuk menggunakan keraji-

nan batu Sungai Ktrawing, bahkan

seluruh pegawai pemerintahanwajib memakai balu klawing.

"Bagr yarg cinta Purbalingga

serta untuk semua warga yangmempunyai KTP Purbaiingga,apalagi yang lahir di sLni agarmemakai batu kjawing," pintanya.

Tidak hanya itu, KomandanKodin 0702 Pu:talingga LetunKolonel Agustinus Sinaga men-ginstruksikan kepada seluruhanggota TM di Purbalingga untukmengenakan cincin bemata batuklawing.

"Agar batu klawing menjadituan di rumahnya sendiri. Masaorang luar pakai batu klawing tapi

orang Purbalingga tidak," kata-nya.(Arief Noegroho dan RyanRachman-17)

BAGIAN HUhIAS SETDA KABLJP,{TEN PURBALTI{GGA

Page 30: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

+

Ell/Rvn Rachman

MEMBUAT AKIK : Para wanita di Desa Makam,Kecarnnta,n Rembang, membuat akik dari batu SungaiKla,v.ing.(17)

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PLTRBALINGGA

Page 31: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIITIA$ $EI'DA PIJRBAII,IOOA

SENIN, 15 DESEMBER 2014

Terbentuk 16,5 iwcrn-nun SilnntSUATU ketika, dosen luar

biasa Geologi Universitas Jen-

deral Soedirman Purwokerto,Sudjatmiko, diminta untukmencari batu darah kristusoleh seorang bangsawan Pran-

cis. Kemudian ia terhgat, se-jak tahun 1985 batu darah kris-tus sudah menjadi buati bibir dikalangan pecinta batu mulia. .

Informasi yang ia dapal pa-

da 2009 merujuk pada wargaPurbalingga yang sering me-nyebutbatu yang ditomukan diSungai Klawing dengan namanogosui. Disebut nogosui ka-rena motifnya merah meman-jang seperti naga. Usut punyausut tenyata corak itu sama dim-iliki oleh batu darah laistus.

Menurutnya, batu tersebutmemiliki ikatan emosionaldengan umat kristiani karena

bercak merah pada batujasperberwarna dasar hijau itu di-yakini tetesan darah YesusKristus saat disalib. Di kala-ngan bangsawan Prancis, batu

itu digunakan sebagai capkebangsawanan.

Menariknya, batu itu dike-nal sebagai helionop dan digu-nakan oleh ilmuwan kuno un-ruk mempelajari siklus mata-

hari. Karenanya batu itu dike-nal sebagai heliotrop.

Dosen Geologi UnsoedPurwokerto, Siswandi, men-gatakan Daerah Aliran Sungai(DAS) Sungai Klawing berada

di bagian hulu di Gunung Slamet

dan perbukitan Gunung Plana

serta di bagan hilir yangberada

di Somakalon-Sera1u.

BerikanKontuibusiDi sepanjang Suhgai Kla-

wing terdapat sejumlah sungai

seperti Sungai Tuntunggunung,Srmgai Laban, Sungai Gintung,dan Sungai Genteng. SungaiGenteng terdiri anak SungaiKuning, Sungai Wotan, SungaiMuli, dan Sungai Kudpan.

"Sungai-sungai inilah yang

ikut memberikan kontribusiterhadap terdepositnya batuanj asper yang spesifik," katanYa.

Jasper Klawing bisa jugadisebut dengan peperith.Terbennrknya sekitar 16.5 juta

tahun silam. Ketika itu Gu-nung Plana diyakini berada didalam laut atau menyumbul kepermukaan laut, sama sepetiGunung Krakatau. Batuanjasper ini berasal dari lumpurGunung Plana yang mengalirke anak sungai dan kemudiantermasak oleh lava panas.

Di sekitar aliran SungaiGintungjuga ditemukan banyakbatu bertekstur pipih pada satusisi dan tebal di sisi lain sepertikapak genggam. Diduga batu-batu itu adalah hasil buatanmanusia masa pra-sejarahzaman neolitikum antara 5.000sampai 10.000 tahrur yang lalu.(Arief Nugroho dan RyanRachmarrlT)

RA(ilAi\ H-LTNIAS SETDA I'{BUPATEN PURBALI}JGGA

Page 32: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAOIAil HUI{iISU]URBAIil{OOA

SUAEA MERDEKASENIN, 15 DESEMBER aAM

idep"sdan Peng

m Terhaikendere

Fll

,"rr,+ Cita-cita TerwujudPURBALINGGA - Film Penderes dan

Pe n g i dep garapan sutradara Ach mad

Ulfi berhasil menjadi jawara Festival

Film Dskumenter (FFD) Yogyakarta.

Menjelang akhir tahun, karya Papringan

Fictures Ekstrakurlkuler $inematografi

SMA Kutasari Purbalingga

ini menjadi Film Terbaik Kategori

Dokumenter Pelajar.

"Sejaksekolah, kami diperkenalkan dat memproduksi fitrrn

dokumenter. S;riah satu keinginan dan eik-cita kami adalal:

mampu meniadi ya:rg terbaik di FFI" Dan malam ini keiagin"*

an itu tercapai," r"mgkap ?{ildan Aji Saputra, pegiat Cinerrra

I-overs Comrnunity (CI-C) Purbalingga, yang mewakilisufadera saat mala{n pengarugerahan Sabtu { 13/12) dt TembiRumah Budaya Yogyakarta.R.ealitas Ttridup

Film berdurasi 30 menit ini mengungkap realitas sebuah

keiuarga. Di sela-seiakesiire&an sebagaiibu rurnah tangga, Su-

rvini, ibu tlga aaak, menyernpatkan rugiriep (rnembuat trulumata)" Serurentara Suwitnc, suarninya, sehari duakali, pagi dan

sore, harus naik-tur,un 21 pohon kelapa yang disewa untukmengambil air nira.

Fenderes dan Pengidep rnenyisihkan beberapa nomine,yaitir filrn S'egehs Teh Pahit rekan sedaerah dari SMA Rem-bang Purbaling ga, J eniti dar Kebumen, dal Swbakku Dipuja,Suhakku Nleruns dad Bal-i.

BAGiAi\ HUiviA.q SETDA IiABLIPATEN PURBALINGCA

Page 33: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

MAffi atlah-satuflrikatEg=oldoEmefr terpel{m;Senoaji Julius, film dokumenter Pen'deres dary Pgnylideq.

memmi kelebihan dari sisi fakta-fakta yaog dihadirkan di

dalamirya. "Faktayang dihadkkan dalamfilrnunrh tanpaopini

yang tidak perlu sehingga menjadi sederhana dan penting

untuk dilihat, " tutumya.FFD merupakarrfestival khusus film-film dokumenter

yang tertua di wilayah Asia Tenggara'.Tahun jni, festival

i""g* program kompetisi tingkat nasional ini memasuki

tanrir tce- tA Agdar di beberapatitik di'Yogyakartadaritanggal

1G13 Desemb'er2014.Dalam catatan Swra Merdclca' baru dua kali ffi film yang

dibuat anak-anak rnuda Purbalingga mendapat pengtmrgaan

dari FFD, Sebelumnya, film berloif*-. Binslcop Kita Ingi Sedih

sufadma Bowo Irksono, yang menguqghap mogansi Peme:

rintah Kabupaten Purbalinggapada komunitas $,4 di Pur-lbalinggapadaFFD tahun 2006. (K35-55)

StVdok

TERIMA PENGHARGAAN: Peg,ryt Cinemn troyers Comtrlunit! Purbalingga, Wldnn Aji Saputra,

miwakili sutraddra Penderes dnn Pengidep Achmnd Ulfi, menerilna pen9,hnrgd.an Festtval FilmDolamwnter ( F FD ) Yogyakarta, al<hir pel<nn lalu. 6 5 )

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PIIRBALINGGA

Page 34: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPNGMEDIABA0IN IIUI\,IAS $fl'DA PIfiBAIN00A

SUARA MERDEKASENIT\I, iS DESMBER 2014

L&S1..,":r tt r., ,' ' :,.i; r. , ,-- riit , ,, .j,,. l;

Ingin B erguna bagi Masyarakat

SM/Ryan Rachman

GELAR BAKTI SOSIAL: Laskar Soedirman Com-ruunity (LSC) menggelar bakti sosial di Balai DesaPenican, Kecamntan Kemnngkon, Purbalingga, Minggu(14/t2). (s7)

LIMA anak yang masih sunatanmassalyangdigelarolehduduk di bangku SD -enge- Laskar Soedirman Communitynakan baju koko, sarung, dan (LSC) berlangsung khidrnat.peci. Kemudian merekii dibawa Tidakhanyasunatanmassal,harimenggunakan becak hias dari itu juga 4O warga kurang mampubalai desa ke klinik di Desa Pa- di desa itu diberi bantuan beras,nican, Kecamatan Kemangkon, masing-masing 15 kilogram, dariMinggu (14/12) pagi. Di ktinik, komunitas itu. "Kami ingin ber-mereka lalu disunat, habis itu, manfaat bagi masyarakat teruta-kembali dibawake Balai Desa. ma di Purbalingga. Karena itu,

Sr :lah disunat, mereka juga baksos dan sunatan massal inidiberi santunan sejumlah uang. akan dilakukan rutin tiap tahun,"Meskipun pesertanya sedikit, ujmKetualLSCSutoyo.

Komunitas ini bermula daripertemuan orang Purbalinggadari dalam kota dan luar kotamelalui jejaring sosial facebook.Dari obrolan-obrolan di duniamaya itu, mereka kemudian sepa-

kat membuat sebuah komunitasyang di dalamnya tidak hanyasekadar bertegur sapa. Kemudianpada l Agustus lalu, merekakopidarat dan sepakat membentukkomunitas dan dinamai I-SC.

"Nama Soedirman kamiambil untuk mengambil seman-gat perjuangannya serta lebihmengharumkan Jenderal Soe-dirman sebagai seorang putraPu$alingg4" tandasnya.StahsSosial

Karena anggotanya tersebarmulai dari Purbalingga, Jakafta,Batam. Riau hingga Papua- tiap-tiap wilayah dipimpin oleh seo-rangkoordinator. D Rlbalinggaacara kopi darat dilakukan tiapbulan, bergantian dari rumah ang-gota satu ke nrnah anggota lain.

Risno, ketua tr yang mengG-ordinasi wilayah Jakarta men-gungkapkan, saat ini lebih dari300 anggota yang tergabungdalam LSC dan 70 persenanggotanya berada di luar kota.Pekerjaan mereka pun berma-cirm-macam. Ada yang menjadi

Luii bangunan. penj ual buah, pen-jual pakaian, karyawan swasta.dan lain-lain. Mereka tidakmemandang status sosial.

"Saat ada kegiatan, biasanya

yang belada di luar kora akanpulang kampung untuk ikutkegiatan sepertihari ini," ujarpriayang akrab disapa Noris Bralinkini. (RyanRachman-57)

Il'rGi.{}i ifui\'i,\S SETi}A K.\BLiPr\TEii PL;RBALINGGA

Page 35: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAOIN IIIJIIAS $[TDA PIIIBAINGOA

SunnA MERDEKASENIN, 15 DESEMBER 2014

IeraltcalnTak Ierpakai

Bukulturikulum20l 3

PURBALINGGA. Ribuan buku ajarsemester I

sesuai dengan Kurikulum z}1sterancamtidak terpakai. Hal itu menyusul kebijakan

pemerintah yang menghentikan pelaksanaan

kurikulum itu.

"Buku-buku semester I itumenjadi tidak bisa dipakaisecara maksimal. Kami masihbelum tahu bagaimana nasibbuku-buku tersebgt nanti." ujarKepala Dinas Pendidikan TriGunawan.

Sementara itu buku-bukuKurikulum 2013 untuk semes-ter Il sudah datang. Padajen-jang SMA/SMK buku itu su-dah datang semua. Sementaraitu, untuk SD-SMP terakhirdatang pada I 5 Desemberini.

"Untuk buku semester IIitu, nilainya juga tidak sedikit.Dananya semua dari Peme,rintah Pusat. Yang melelangLembaga Kebijakan Peng-adaan B arang/Ja^sa Pemerintah(LKPP)," papamya.

Menurut Tri. buku-buku irunanti menj adi tidak bermanfaatjika pemerintah akhimya me-mutuskan kembali menggu-nakan buku ajar Kurikulum2006 atau KTSP.

"Kami masih menunggudari Pemerintah Pusat, apakahbuku-buku itu akan digunakanatau tidak. Yang jelas, sampaievaluasi belajar semester inimasih memakai Kurikulum2013," tutumya.

Menurut Tri, hal iru sesuai

dengan aturan dalam Per-mendikbud Nomor 160 Thhun2014. LIntuk sekolah yang barumelaksanakan Kurikulum2013 selama satu serRester,pelaksanaannya dihentikan.

"Sampai ada petunjuk lebihlanjut. Yang sudah menerapkanKurikulum 2013 hingga tigasemester, pelaksanaannya tetapberlanjut," katanya.

Dia mengungkapkan, diPurbalingga ada 18 sekolahdari jenjang SD hingga SMA/-SMK. Sekolah-sekolah iniakan terus memakai Kuri-kulum2013.

"Sebenarnya para guru itusudah siap, apakah tetap

R.\(ii AN HLii,iAS S ETD;\ KABI ;P,\TEN PLr IIBAI-INGGA

Page 36: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

z,>memakai Kurikulum 2013atau KTSP. Tidak masalah.Yang penting ada kepastiandari Pemerintah Pusat,"tegasnya.

Tiimengungkapkan, ada

perbedaan pola penilaianantara Kurikulum 2013 danKTSP. Kalau KTSP meng-gunakan angka bulat tanpadeskripsi, sedangkanKurikulum 2013 ada des-kripsi.

"Curu harus memberi-kan deskripsi penilaian arn-tude, skill, dan knowledgetiap siswa. Guru sudah ba-nyak mendapat pelatihansoal penilaian ini," tandas TriGunawan. (P10-57)

SmF;s+$r*ti

Fcr:f':*stE:q*Bs,ftq:

ffieme*'apmruB{*sr$$aruE

ffi{#E #

!\r

ry'\ 8. SMP Negeri 1 Karangmoncol: {h- 9. SMP Negeri 2 Karangiambu

& t O. SMA Negeri 1 PurbalinggaI 1,0. SMA Negeri 1 Purbalinggar 11 . SMA Negeri 2 Purbalingga

12. SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga/^t I I -lil \ 11. SMA Negeri 2 Purbalingga

- ..'-ff 12. SMA Muhammadiyah 1 Pu

A ,j rF r. ,sg.sMK Negeri.l Puibalingga/ )! ) ._,,_ l"a. ' 14. SMK Negeri2 Purbalingga

'.-=:=>,.".i\. "- - 19 9!t45 YPT 2.Purbalingga .\\\ ' " ,17, sMK Ma',arif NU Bobotsari'

18. SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga

Sumber : Dinas Pendidikan Purbalingqa. (F10-57)

Mendidik Anak Aktif dan KreatifPURBALINGGA - Kuri-

kulum 201 3 sangat bagus kare-na mendidik anak aktif, kreatif,dan kooperatif.

Guru tidak hanya mendidikanak pengetahuan, tetapi juga

nilai-nilai.Penilaian itu disampaikan

Kepala SMP 2 PurbalinggaBangun Pracoyo. "Saya yakinhasil nyata Kurikulum 2013akan terasa beberapa tahunmendatang," ujarnya.

Dia mengemukakan, me-mang masih ada kendala buku,penilaian, kompetensi guru,dan sarana prasarana. Tetapi,

kendala itu bisa diatasi seiringwaktu. Menurut dia, Kurikulum2013 cocok untuk guru yangkreatif.

Secara pribadi, Bangunjuga sangat mendukung Kuri-kulum 2013 itu. Sekolah yangdia pimpin kebetulan meru-'pakan salah satu sekolah per-

contohan pelaksanaan Kuri-kulum 2013 di Purbalingga.

Sementara itu, anggotaDPRD Purbalingga SoberiArofah menilai, pemberlakuandan pemberhentian Kurikulum2013 memang sama-samatergesa-gesa.

"Hemat kami, para peme-gang kebijakan semestinYaberpikir dan mmperhitungkandampak dari kebijakan ini," ujarpolitikus dari PAN itu. (Fl0-5n

B.\GIA}i IiUhi.q.S SE'I'I}A K,\BTIPATE}i PURBT\LINGGA

Page 37: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAGIN IIti[{A$ $EI'DA PlIflBAIil{OOA

SUANA MERDEKASENIN, 15 DESEMBER 2014

Eksekusi BisadiManaSaja

M Prasetyo

PURBALINGGA - Jaksa AgungM Prasetyo mengatakan, eksekusimati tidak harus di wilayah hukumtempat perbuatan pidana itu dilakukanatau locus delicti. Namun bisadilakukan di mana saja. "Tempat dan

waktu pelaksanaan eksekuti matimernpertimbangan efektivitas, ke-arnanan, dan kepraktisan," katanyasaat kuniungan kerja ke kantorKejaksaan Negeri (Kejari) Purba-lingga, Sabtu (13i 12).

Dia mencontohkan, bisa saja tin-dak pidana dilakukan di PaPua.

Setelah divonis hukuman mati, kemudian terpidana ditahan di penjara

Nusakambangan. Karena berbagai pertimbangan, pelaksanaan

eksekusi mati dilaksanakan di Nusakambangan. "Regu tembak bisa

dari instin-rsi Polri seternpat. Thpi, jaksa eksekutomya dari kejaksaan

negeri tempat kej adian perkar4" ujamya.

Sebagaimana dibedtakan, Prasetyo memastikan eksekusi ter-

hadap lima terpidana mati akan dilakukan bulan ini. Lima orang terpi-

dana mati. tersebut masing-masing, tiga orang terkait kasus narkoba

dan dua kasus pembunuhan bercncana.

KoordinasiSementara itu, terkait maraknya kasus korupsi di daerah, Jaksa

Agung menyatakan pihaknya tengah mempertimbangkan penamba-

han personel jaksa di daerah. Kejaksaan Agung tengah menginven-

tarisasi daerah yang kelebihanjaksa dan kekurangan jaksa.

Dalam penanganan kasus korupsi, pihaknya selalu berkoordinasidengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu penting, agar

kasus yang sama tidak ditangani dua lembaga hokum tersebut'

"selalu ada koordinasi dengan KPK. Saling koordinasi, sinergi

dan memperkuat. Jadi tidak akan terjadi rebutan perkara," ujarnya.

Ditanya soal kasus dugaan korupsi mantan bupati lndramayu,

Irianto MS Syafiuddih (Yance), dia menegaskan, tidak bermuatanpolitis. Menurutnya, Yance bukan satu-satunyakader Golkaryang ter-

belitkasus korupsi. "Kejaksaan di daerah lain juga sedang menangani

kasus-kasus korupsi kepala daerah. Saya tidak memandang pelaku itumerupakan kader partai atau bukan. Kalau terlibat tindak pidana akan

kami proses. Kader Partai Nasdem juga saya tangkap kok." (H82-1 l)

BAGIAN HL]MAS SETDZ\ KABUP{TEN PURBALINGG:\

Page 38: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

SENIN,

KLIPNGMEDIA

15 DESETUBER 2014

PIIRBAIil{OOA

Flicanangkan, ProgramSehari Thnpa Nasi

FTIRBALINGGA-BupatiSukento Rido Marhaendriantoilnencanangkan program Sehari'Tanpal.Iasi, Sabtu (13/12). Hal;:i diakui bisr mengurangi

irnpor beras di tingkat nasional."Di sarnping itu, juga dapat

meningkatkan surplus beras di'ringkat Kabupaten. Kalauemua daerah meninr program

ini. bisa membantu cadanganievisa Pemerintah Pusat," tan-das Bupati di Pendapa Dipo-kusurno.

Menurut Bupati, semua,lrang bisa melakukan programrai. Cukup dengan sehari dalamseminggu tidak mengonsumsinasi, tapi menggantinya denganuiri, kentang, atau jagung.

"Pada2075 agar ada pem-huataribultru saku untuk semuaSKPD dan camat agar men-dukung gerakan ini. Hal iniperlu dicontohkan pula olehkepala desa dan pengurusPKK," tegasnlra.

Program ini perlu jugadiikuti jajaran Dinas Pendidik-an. Bupati meminta kantinsekolah mendukung dengancara tidak menyediakan nasi.sehari dalam seminggu.

"Cukup dengan satu hariirdak mgnjual nasi. Digantidengan makanan olahan lain.Dengan makanan produk

Purbalingga, bukan dari daerah1ain," tegasnya.

Kepala Badan PelaksanaPenyuluhan Ketahanan Pangan(BPPKP) Kabupaten Purba-lingga Lily Purwati menge-mukakan, program ini bertu-juan mengurangi konsumsiberas sehari dalam sem.inggu,dan berganti ke nonberas.Hcmat210.000Kg

"Purbalingga dengan pen-duduk mendekati 1 jutajiwa, 70persen mengonsumsl nasldengan konsumsi 0,3 kilogramper kapita per hari," papamya.

Sehari tidak makan nasibisa menghemat 210.000 kilo-gram beras. Dengan demikian,bisa menjaga harga beras tetapstabil, mengurangi ketergan-tungan pada bahan konsumsiimpor, dan meningkatkan sur-plus beras di Purbalingga.

"Selain inr juga program inidapat menurunkan konsumsiberas dan meningkatkan kon-sumsi saluran dan buah, pan-gan hewani, kacang-kacangan,dan umbi-umbian," ungkap-nya.

Dia menyebutkan, diversi-fikasi pangan ini dapat menjagapangan lebih sehat sehinggaakan menciptakan lapangankerja baru yang mengolah bahanpangan nonberas. (F1 G57)

&

B,{GIAT\ HUIV{AS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 39: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

'af-

R3NnO\

,;.*s,SRSA

l\iL.!

4

PhO

BAGIAN HUhTAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 40: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

UUAIIA MElIUEf,ASENIN, 15 DESEMBER 2014

SM/Ryan Rachman

't:,{,ASUf(AN : Jaksa Agung HM Prasetyo, Sabtu'13/12) siang, blusukan ke Kantor Kejaksaan NegeriKej ari ) P urbaliltg ga. ( 57 )

ffinerja Jaksa DicekPURBALINGGA - Jaksa

,\gung HM Prasetyo, Sabtu(f3/12) siang blusukan keKantor Kejaksaan Negeri,Kejari) Purbalingga. Meski disrari Libur. dia mcngecek kiue{apara jaksa di Kota Perwira ini.

"Ya tidak apa-apa. Jaksa itukeqanya 24 jam. Jadi tidak adalibur," ujarnya kepada warta-v/an.

Begiru masuk di kantorpin-jaman Pemkab Purbalingga,JaksaAgung langsung mengge-ltr rapat dengan para jaksa diKejari Purbalingga. Dalamrapat itu, mantan politikusFanai Nasdem itu meminta la-poran setiap seksi perihal ke{amereka.T'iapBulan

Setelah rapat, dia lalu ber-keliling ruangan. Pertama, diamendatangi rumg seksi pidanaumun'l. Di situ dia memintalaporan administrasi penan-gaiian kasus pidana umum.Namun, dia sedikit kecewakarenr laporan administrasi;.u'ang tcfiib.

"Ini ditertibkan lagi. Pe-nanganan kasus tiap bulanharus runtut dimasukkan kedalam laporan. Selesai berapa,

sisa berapa," katanyakepadastaf administrasi seksi pidanaumum.

Da lalu berprndah ke ruangpenyimpanan barang bukti. Diruangan berukuran 2x3 meterterdapat beberapa barang bukikasus pidana umum ataupunkhusus. "Itu apa di ataszr ujamyaseraya menunjuk pigura yangtergeletak rak bagian atas. "Ba-rang lain tidakboleh diletakkandi ruangan ini,'' tandasnya.

Setelah itu, dia dan rombon-gan kemudian mengecek pem-bangunan gedung baru Kejaridi Jalan Jenderal Soedirman.Dia melihat perkembanganpembangunan gedung yangakan dibuat dua tingkat itu.

Kepala Kejaksaan NegeriPurbalingga Mafiini mengata-kan, selama ini baru pertamakali Kejari Purbalingga dida-tangi oleh Jaksa Agung. Keda-tangannya unflrk mengecek danmeminta masukan dari parajaksa di tingkat daerah.

"Kami juga mengutarakankondisi di sini yang kek-uranganjaksa penyidik untuk menan-gani kasus korupsi yang jum-lahnya tidak sedikit," ujamya.(H82s7)

li;\Gl.s--ri iiL;\I:\S S!;|DA KATJL P.\TL\ PLRji-iLl\C(; \

Page 41: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAOIN IIUI\{AS $[IDA PURBAIil{OOA

Sarr_UT$i{4-h-$

SENIN PON, 15 DESEMBER 2014

$ffi',i!lisr.::is.!H-::'ffiffi iryrj f .,f

SATELITPOST/RUDAL AFGANI

PELATIHAN menulis bagi fasilitator PNPM di Gedung Kembar Kompleks Balai Benih lkan

(BBl) Kutasari, Purbalingga, Sabtu (13/12)

Fasilitator PNPMDitratih Menulis

PURBALINGGA, SATELITPOST-PATApelaku atau fasilitator Program Nasionali'emberdavaan Masyarakat (INPM)Mandiri P6rdesaan (tvtpa) mengikutipelatihan menulis, Sabtu (13/12) dihedune kembar Kompleks Balai BenihIkan (B"BI) Kutasari, Purbalingga. Pelati-han diarahkan untuk menulis tentang suc-cess story PNPM di Purbalingga.

Ketua-Kelompok Kerla (Pokia) MedjaRuang Belajar Masyarakat (RBM) PNPMMPd, Prayltno mengatakan, Pesertapelatihan beriumtah 36 orang yang terdiri'anssota pokia media di l8 kecamatan danprir" p"riautnping lokal PNPM integrasidi tiao kecamatan.

Mrt"ti pelatihan terdiri ctari teknikpenulisan'dan teknik fotografi. Pelatih

berasal dari wartawan regional dannasional yang, berpengalaman scrtabeberapa (ali keluar sebagai iuara penu-lisan serta juara fotograh.

Mclalui pelatihan ini, katanya, Pesertadiharapkan bisa menulis tentang keber-hasilan program PNPI'4 di wilayahnya'Keberhasilan itu bisa dari seseorang(profil) atau dcs.r 1'ang teiah terangkatmelalui PNPM. Hasi-i penuiisan dariselurulr kecamatatt nantinya ak;n dibu-kukan sebarlai dokumentasi d.tn carakeberhasilanir,a brsa dicontolr de'a alart

orang lain."Hisi1 penuiisan iuga akan dilombakan

pacl.r ,rcara gelar kapasitas p,'la1'.u.vanglkan cligelar?alam vt;ktu dekat ini," kata

Prayihro. (gan)

i5 \(Ii-L\ it( -\l-\s\LiU.r N.Ut l.\ll.\ r\ KD.Ul.\\r\r \

Page 42: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIIfiiIA$ $[IDA PI]RBAIil{OOA

SaTTIITPOSTSENIN PON, I5 DESEMBER 20I4

Pend,eres d,un

Pengid,ep Berj ayaTerus Berj rya

r ffimre€$wffig ffi#ffiw ffimkawrerewsre€*r Wmwffimm

ffiffi effiffi&ru

''Selak iekolah kami diPer-kenalkan dan memProduksifilm dokumenter, satu ke-inginan dan cita-cita kamiadalah mamPu menjadi Yangterbaik di FFD. Dan malamini, keinginan itu tercaPai,"kata Wildan.

Filmberdurasi 30 menit inimengungkap realita sebuahkeluarga. Di sela kesibukansebagai ibu rumah tangga,

Suwini, ibu tiga anak, me-nyempatkan ngideP (mem-buat bulu mata). SementaraSuwitno, suaminYa, seharidua kali, pagi dan sore, harusnaik-turun 21 Pohon kelaPayang disewa untuk mengam-bil air nira.

Penderes dan PengidePmenyisiJr kan beberaPa nom i-

nasi yaitu, filrn Segelas Teh

Pahit rckan sedaerah dariSMA Rembang Purbalingga,

Jenitri dari Kebumen, danSubakku DiPuia, SubakkuMerana dari Baii.

Menurut juri kategori do-

kumenter pelajar, Senoaiijulius, film dokumenter Pen-dere s d an P engidep memilikikelebihan dari sisi fakta-faktayang dihadirkan di dalam-nya. "Fakta yang dihadirkandalam film utuh tanpa opiniyang tidak perlu sehingga,rl*ju{ sederhana dan pen-ting untuk diiihat," ujar dia.

FFD merupakan festivalkhusus film-film dokumenteryang tertua di wilayah AsiaTenggara. Tahun ini, festivaldengan program kompetisitingkat nasional ini mema-suki tahun ke-13 digelar di

\\.\-.--- --F

PTIRBALINGGA, SATELI}POST-Film Penderes dan Pe-ngidep sutradara AchmadUlfi kembali meraih peng-hargan. Jelang akhir tahun,dokumenter yang diproduksiPapringan Pictures ekstra-kr,rlikuler sinematografi SMAKutasari Purbalingga ini ber-hasil menyabet Film Terbaikkategori dokumenter pelajarFestival Film Dokumenter(FFD) Yogyakarta.

Malam penganugerahandigelar pada S abtu, (13 / 12) diTembi Rumah Budaya Yog-yakarta. Penerimaan peng-hargaan diwakilkan karenasang sutradara tengah mele-wati Ujian Akhir Semester(UAS). Ia diwakilkan WildanAji Saputra, pegiat CinemaLovers Community (CLC)Purbalingga yang juga man-tan ketua ekskul sinemato-grafi SMA Kutasari.

RAGI.{N HUlv{AS SETDA K,,\BL]PATEN PIiRBALI}iGGA

Page 43: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

,//' .-.-.-,- ,\|-

beberapa titik di YogYakartadari tanggal 10-13 Desember2014.

Ddri catatan CLC Purba-lingga, baru dua kali ini filmyaii dibuat anak-anak muda

i'urbalingga mendaPat Peng-hargaan dari FFD. Sebelum-ovul film bertaiuk BioskoPXita tagi Sedih su,tradaraBowo Leksono Yang menS-

ungkap aro gansi Pemerintahfabupaten Purbalingga Padakomunitas film di Purba-lingga meraih Penghargaanyur"tg sum, Pada FFD tahun2oo6-. laf gans5@Yahoo. com)

WILDAN Aji Saputra saat menerima penghargaan atas kemenangan film "Penderes dan Pengidep"pada Festival Film Dokumenter Jogjakarta 2014, Sabtu (13112)

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 44: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAOIA}{ IIWA$ $EI'DA PIIflBAIII{OOA

Sa"rmllt#q:psry"SENIN PON, I5 DESEMBER 2014

Petani Jamur ButuhPromosi dan Pasar

cukup jika ingin mendapat-kan iamur dari petani, keduapetani cenderung mengan-dalkan pasar tradisional un-tuk menjual produknya,"kata Kasi UMKM Disperin-dagkop Purbalingga, AdiPurwanto.

Adi mengatakan, banyakpetani jamur baru yang tidakmemiliki jaringan pemasaransendiri sehingga tnenemttikesulitan dalam menjrial ja-mur produksinya. Menurut-nya, antara produksi danpermintaan pasar selama inibelum selaras karena kendalalingkungan serta sumberdaya manusia.

"Paguy'uban Petani JamurPurbalingga adalah satu wa-dah perkumpulan dari semuapetani jamur di Purbaiingga,vang diharapkan bisa men-iadi ialan kelr-rar untuk me-nvikapi kondisi di atas," uiadia.

Tr-rjuan paguyuban ini di-bentuk di antaranya untukmemberikan wawasan danpengetahuan ter"rtang budi-daya jamur dengan baik danbenar sehingga mendapatkanhasil maksimal, menjlin talisi1afu rahim petani jamur Pur-balingga, dan membangkit-l(an semangat memajukanbudidaya jarnur. (gan)

PTIRBALINGGA, SATELIT-POST-Jamur kini menjadikomoditi yang memiliki nilaiekonomi tinggi. Namun, un-tuk berkembang para petenimembutuhkan media pro-mosi dan akses pemasaranproduk protein nabati ini.

Hal ini mengemuka dalamsaresehan petani jamur Pur-balingga di Griya UMKMPurbalingga, Sabtu (13l 12).Acara yang diikuti pagu-yuban petani jamur Purba-lingga ini diikuti 47 petantiamur. "Ada dua permasa-Iahan yang menghadang,pertama konsumen tidakmemperoleh in{ormasi yang

PURBALINGGA, SATELII-POST-Kelas Menulis Purba-lingga (KMP) kembali meng-gelar panggung sajak. Pe-mentasan musikalisasi dandramatisasi puisi ini diper-tahankan bukan sekadar se-bagai rutinitas tahunan, na-mun juga upaya memper-juangkan ruang apresiasi bagikaummuda.

Direktur Cinema LoversCommunity (CLC) Purba-lingga Bowo Leksono berha-rap ruang aPreslasr semacampanggung sajak tumbuh su-bur di Purbalingga. "Danharus menarik untuk diton-ton, supaya yang menontonpementasan tidak hanya or-

Ruang Apresiasi TerusDitumbuhkan

ang itu-itu saja, tapi jugamasyarakat luas," kata Bowo.

Acara dibuka denganpem-bacaan puisi oleh Putri Anti-ka, Ketua Angkatan IV KelasMenuiis Purbalingga. Putritampil di Bangjo Cafe JalanLetkol Isdiman bersama Be-ning dan Vita, Sabtu malam(13 /72). "Puisi kami berceritatentang kehidupan dari masaanak-anak, remaja sampaitua," katadia.

Tidak hanya trio KMP ituyang tampil dalam PanggungSajak. Ada juga Lilis danIntan yang tampii mendra-matisasi puisi b ertaf,tk L ab i-rin Masa.

Ada sejumlah sajak yang

ditampilkan secara marathonoleh penyair Agus Trionoyang beken dipanggil CustavTriono, penyair asal Pur-wokerto Mocha mmad Tskan-dar serta musisi hip-hop asalKota Satria Last Scientist.

Lilis yang menjadi ketuapanitia berkata, PanggungSajak sudah menjadi agendawajib setiap tahun. Selainsebagai sebuah hadiah darikaum muda, acara ini jugasebagai ajang apresiasi scnikhususnya untuk karya senipuisi.

"Kami ingin pemucla Pur-balingga lebih memperha-tikan lingkungan sekitar-nya," kata Lilis. (gan)

BAGIA}i HUN,IAS SETDA KABLJPiTTEN PURBALINGTJA

Page 45: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAGIA}{ IIIIII{A$ $MDA PURBAI}'IOOA

,,KEDAULATAN RAKYAT"

sENrN poN 15 DESEMBER 2014(22 SAPAR 1948 )

Eksekusi Mati Tak Hartrsdi'Locud Delicti'

PURBALINGGA (KR) - JaksaAgung HM Prasetyo mengatakan, ek-sekusi mati bisa dilaksanakan.dimanasaja. Tidak harus di wilayah hukumtempat perbuatan pidana itu dila-kt*an(locus delicti).

"Tbmpat dan waktu pelaksanaan ek-sekusi mati mempertimbangan efek-tivitas, keamanan dan kepraktisan,"tutur Prasetyo kepada wartawan saatmelakukan kunjungan ker{a ke kantorKejaksaan Negeri (Kejari) Purba-lingga, Sabtu (13/12.).

Mantan politisi Partai NasDem itumencontohkan, bisa saja tindak pi-dana dilakukan di Papua. Setelah di-vonis hukuman mati, kemudian terpi-dana ditahan di penjara Nusakam-bangan. Karena berbagai pertimbang-an, pelaksanaan eksekusi mati dilak-sanakan di Nusakambangan. "Regutembak bisa dari institusi Polri setem-pat. Tapi jaksa eksekutornya dari Ke-jaksaan Negeri tempat kejadian per-karanya," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, JaksaAgung HM Prasetyo memastikan ek-qgkEqf&rlradqp lllqa terpidana matiakan dilakukan bulan ini. Lima orangterpidana mati yaitu'tiga orang kasusnarkoba dan dua kasus pembunuhanberencana.

Menjawab pertanyaan wartawan,HM Prasetyo menegaskan, penangan-an kasus korrrpsi Bupati IndramayrIrianto MS Syafiuddin atau Yance ti-dak bermuatan politis. Menurutnya,Yance yang merupakan kader PartaiGolkar bukan satu-satunya kepala da-

erah yang terbelit kasus korupsi. Ma-sih ada beberapa kepa,la daerah yangtengah diincar kejaksaan karena ka-

sus serupa."Bukan hanyaYance. Kejaksaan fi

daerah lain juga sedang menanganikasus-kasus korupsi kepala daerah.Saya tidak memandang pelaku itumerupakan kader partai atau bukan.PokoLrrya kalau terlibat tindak pidanaakan kami proses," tegasnya.

Tbrkait maraknya kasus korupsi,Jaksa Agung menyebutkan, pihaknyatengah mempertimbangkan penamba-han personeljaksa di daerah. Saat iniKejaksaan Agung tengah menginven-tarisasi daerah yang kelebihan jeks6dan kekuranganjaksa. "Saya datangkesini untuk melihat kondisi objek didaerah seperti apa," qjarnya.

Dalam penanganan kasus korupsi,Prasetyo mengatakan, pihaknya se-lalu berkoordinasi dengan KomisiPemberantasan Korupsi (KPK). Ifuor-dinasi penting agar tidak terjadi kasusyang sama diaangarri oleh dua lemba-ga hukum tersebut.

"Selalu ada koordinasi dengan KPI(Saling koordinasi, sinergi dnn mem-perkuat. Jadi tidak akan terjadi rebuLan perkara," ujarnya. (Rus)-m

BAGIAN HUT,IAS SETD;\ KABLTPATb]N PLTRBALI}{GCA

Page 46: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KFTolo BGmanto

Jahsa Agung HM hqseryo memeriksa a:rcip di Keiari Pwfulingga

BAGIAN HU-MAS SETDA KABUPATEN PURBALI}{GGA

Page 47: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAflA}{ IIWA$ $XMA ruIBAINOGA

"KEDAULATAN RiAKYAlr"

noN ls DEsEMBER zo14{22 sApAR rbla 1

SEDAI{G DISU-STIN PERBUP PURBALINGGA

Bupati Suhento mengamoti batu, okih KIauhS.

PI'RBALINGGA (I(R)Bupati Purbalingga Sukento,Ridho Marhaendrianto, meng-apresiasi dilaksapakannya pa-meran batu akik Klawing danbarang antik. Saat ini sedang

disusul Peraturan Bupatiyang melarang penjualan da-lam bentuk bongkahan batuKlawing.

Menurut Bupati, pamerandapat meningk.ttan pi*o,

dan harga jual batu Klawingbaik di kalangan lokal mau-pun nasional. Parreral ba-nyak dikunjrmgi warga terrna-suk yang datang dari luar da-erah Purbalingga. Tidak seka-

BAGIAN HU},{AS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 48: Kliping Berita Tanggal 15 Desember 2014

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA