Top Banner
BAHAN AJAR PERENCANAAN BISNIS Tri Heru, Drs., M.Si 1
72

Isi Rencana Bisnis 2011

Apr 27, 2017

Download

Documents

Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Isi Rencana Bisnis 2011

BAHAN AJAR

PERENCANAAN

BISNIS Tri Heru, Drs., M.Si

1

Page 2: Isi Rencana Bisnis 2011

Daftar Isi

1.0 Ringkasan Eksekutif1.1 Sasaran1.2 Misi1.3 Kunci Sukses

2.0 Ringkasan Perusahaan1.4 Kepemilikan Perusahaan1.5 Ringkasan Start-up1.6 Lokasi dan Fasilitas Perusahaan

3.0 Produk/Jasa3.1 Deskripsi Produk/Jasa3.2 Komparasi Persaingan3.3 Sales Literature3.4 Fulfillment3.5 Teknologi3.6 Future Product/Service

4.0 Ringkasan Analisis Pasar4.1 Segmentasi Pasar4.2 Strategi Segmen Pasar Sasaran

4.2.1 Kebutuhan Pasar4.2.2 Tren Pasar4.2.3 Pertumbuhan Pasar

4.3 Analisis Bisnis Produk/Jasa4.3.1 Partisipan Bisnis4.3.2 Pola Distribusi4.3.3 Pola Kompetisi dan Pembelian4.3.4 Pesaing Utama

5.0 Ringkasan Strategi dan Implementasi5.1 Strategi Piramid5.2 Value Proposition5.3 Keunggulan Bersaing5.4 Strategi Pemasaran

5.4.1 Pernyataan Pemposisian5.4.2 Strategi Harga5.4.3 Strategi Promosi5.4.4 Strategi Distribusi5.4.5 Program Pemasaran

5.5 Strategi Penjualan5.5.1 Peramalan Penjualan5.5.2 Program Penjualan

2

Page 3: Isi Rencana Bisnis 2011

5.6 Partner Strategis5.7 Milestones

6.0 Ringkasan Manajemen6.1 Struktur Organisasional6.2 Tim Manajemen6.3 Management Team Gaps6.4. Rencana Personalia

7.0 Rencana Keuangan7.1 Start-up Funding7.2 Asumsi-asumsi Penting7.3 Indikator-indikator Keuangan Utama7.4 Break-even Analysis7.5 Proyeksi Cash Flow7.6 Proyeksi Laba/Rugi7.7 Proyeksi Neraca7.8 Rasio Bisnis

3

Page 4: Isi Rencana Bisnis 2011

RINGKASAN EKSEKUTIF

Merupakan ringkasan dari bagian-bagian utama rencana bisnis saudara. Meskipun topik ini tampil dibagian pertama di dalam cetakan dokumennya, tetapi pekerjaan ini sebenarnya baru bisa dilakukan setelah semua bagian dari rencana bisnis diselesaikan. Ringkasan ini adalah pintu masuk suatu rencana bisnis untuk mendapatkan dukungan. Ambil kesempatan memperoleh dukungan itu dengan baik atau target pembaca saudara pergi tanpa pesan.

Sebagai aturan umum, paragraph pertama dalam topic ini mencakup nama bisnis, lokasi bisnis, produk dan atau jasa yang dijual, dan tujuan dari rencana bisnis. Paragraph berikutnya berisi tentang poin-poin penting seperti proyeksi penjualan dan laba, penjualan dalam unit, profitabilitas dan kunci sukses. Termasuk juga pemberitahuan bahwa saudara tidak menginginkan siapapun melakukan kesalahan (baik dalam menginterpretasikan rencana bisnisnya, maupun dalam pelaksanaan rencana nantinya). Oleh karena itu, topic ini harus diikuti bagan-bagan (charts) penting yang menunjukkan penjualan, gross margin, dan laba sampai dengan tiga tahun mendatang.

Selain itu, isi dari ringkasan ini tegantung pada untuk siapa rencana bisnis saudara ini ditujukan? misalnya:

Jika saudara menjual ide bisnis ini kepada investor (pihak luar), maka upaya saudara harus mencakup bagian-bagian penting yang mendorong investor potensial untuk membacanya, seperti antara lain tingkat pertumbuhan, tingkat persaingan, dan teknologi baru yang tersedia.

Jika rencana saudara hanya ditujukan untuk pihak internal (perusahaan tempat kerja saudara) dan tidak akan dibaca oleh pihak luar, maka ringkasan ini tidak perlu sampai pada upaya menjual rencana bisnis saudara, tetapi hanya berfungsi sebagai ringkasan semata.

Contoh: ringkasan Eksekutif Pegasus Sport International

Nama

Pegasus Sport International adalah perusahaan asesoris skate yang inline dengan industry skate. Pegasus mengembangkan tiga asesoris bermanfaat yang innovative. Pegasus mampu memproduksi produk yang bermanfaat karena perusahaan adalah merupakan kelompok skaters yang membuat produk untuk skaters. Pegasus dengan cepat dapat melakukan penetrasi pasar dan menetapkan dirinya sabagai perusahaan yang innovative inline dengan produk skating.

Lokasi

4

Page 5: Isi Rencana Bisnis 2011

Pegasus berlokasi di Venice, CA. Venice merupakan pilihan strategis untuk memberikan feedback kepada Pegasus produk yang kridibel, oleh karena itu sampai saat ini Venice tetap dipertimbangkan oleh banyak perusahaan di dunia yang inline dengan skating.

Produk

Saat ini Pegasus memiliki tiga produk unik yang tersedia atau akan segera dirilis. Produk yang pertama adalah BladeBoots, bahan penutup skate yang akan menarik skaters ke pengecer yang menyediakannya atau yang akan dibawa kemanapun bersama dengan skate nya untuk melindungi skate dan permukaannya pada saat dipijak. Produk Pegasus yang ke dua adalah SkateSail, produk innovative yang menciptakan ceruk (niche) baru di bidang sport yang merupakan kombinasi antara skating dan windsurfing. Tidak hanya Pegasus yang memperkenalkan produk innovative ini, tetapi mereka mendukung dan menumbuhkan ceruk baru di bidang sport ini melalui pengembangan produk yang inline dengan skating. Produk Pegasus yang ke tiga adalah SkateAid. Karyawan untuk

Pasar

Pegasus akan memasok pasar yang inline dengan skating yang terus tumbuh dengan asesoris yang sangat berguna dan bermanfaat. Di pasar telah tersedia lebih dari 31 juta pasang skate siap dijual. Dari jumlah tersebut, 26 juta telah terjual ke skater rekreasional dan fitness, yang merupakan segment primer target Pegasus. Pasar Pegasus dapat dikelompokkan ke dalam lima segment: recreational, fitness, speed, hockey, dan skater extreme.

Tim manajemen

Kunci kesuksesan Pegasus adalah kenyataan bahwa pada dasarnya merupakan perusahaan skaters, tidak hanya produk untuk skaters tetapi hidup dan bernafasnya perusahaan inline dengan skating. Sal Chaves sebagai CEO telah berpengalaman 23tahun di bidang skating. Sal pernah bekerja di tiga perusahaan yang berbeda masing-masing di departemen desain. Sal juga pernah beberapa tahun bekerja dalam lingkungan pengecer yang memberikannya pengalaman dan pengetahuan secara langsung tentang preferensi para skater.

Sandi Arnold adalah Vice President Pegasus dan yang juga benar-benar memiliki semangat. Sandi berpengalaman dalam hal produk, selama tujuh tahun ia pernah bekerja di Rollerblade yang merupakan leader dalam industrinya. Terakhir, Beth Laird, Administrator dan Web Master mendukung Pegasus. Beth adalah pemilik ketrampilan computer yang mengagumkan akan mendukung upaya ambisius Pegasus di bidang internet untuk menjalanan industry newsletter yang inline dengan skating.

Pegasus adalah sebuah bisnis menarik yang memanfaatkan semangat karyawan untuk kebaikan besar perusahaan dan juga sport yang inline dengan skating. Pegasus akan meraih profitabilitas secara cepat, dalam jangka waktu tiga bulan. Penjualan diperkirakan mencapai $473,000 untuk

5

Page 6: Isi Rencana Bisnis 2011

tahun pertama dan meningkat $1.6 juta sampai dengan akhir tahun ke tiga. Pegasus akan menghasilkan laba bersih $200,000 dan $551,000 untuk tahun pertama sampai dengan tahun ke tiga.

Sasaran

Sasaran rencana saudara mungkin berupa tujuan-tujuan spesifik yang dapat diukur. Tetapkan tiga atau empat tujuan saja karena bila terlalu banyak akan membuat sulit untuk fokus. Sebagai perusahaan jasa saudara mungkin akan mengabaikan ukuran berupa gross margin atau unit penjualan (lebih tepat untuk perusahaan yang menghasilkan produk fisik), tetapi saudara tetap dapat menetapkan tujuan dalam ukuran total tagihan atau komisi, biaya kontrak atau personil, atau kepuasan pelanggan.

Tetapkan tujuan yang dapat diukur, seperti layanan yang diberikan oleh orang atau pertumbuhan pendanaan. Kesempatan saudara mengimplementasikan tergantung pada kemampuan menghasilkan kemajuan dan hasil yang terukur. Jika tujannya banyak atau bersifat intangible penting bagi bisnis saudara, temukan cara untuk membuatnya spesifik. Misalnya:

Jika pelayanan kepada komunitas adalah prioritas, tetapkan tujuan saudara dalam batasan prosentase dari orang yang dilayani, jumlah keluhan spesifik, atau surat pujian.

Jika image atau perhatian/kesadaran adalah prioritas, masukan survey kepuasan pelanggan ke dalam rencana saudara, tetapkan ukuran sampel dan skor kepuasan yang saudara inginkan untuk dicapai, kemudian laksanakan survey untuk mengukur keberhasilan.

6

Page 7: Isi Rencana Bisnis 2011

Contoh: sasaran Pegasus Sport International

Untuk memenuhi permintaan asesoris skate yang telah dibeli dan digunakan (after-market skate) dengan produk assesoris yang berkualitas tinggi

Untuk mengembangkan dan memproduksi SkateAids di bulan Desember 1999

Untuk mengembangkan skate tour musim semi 2000

Untuk mencapai penjualan $473,000 pada akhir tahun pertama dalam bisnis ini, dan mencapai penjualan $39,000 per bulan

Untuk mencapai break-even pada akhir tahun pertama dalam bisnis ini

Untuk mendorong pelanggan kami menjalani hidup sehat dengan melakukan skating yang lebih menyenangkan dan mudah bagi dirinya

Untuk menawarkan dukungan kepada skater melalui halaman Web, seperti wawancara dengan Doctor Kaye, ahli penyakit kaki, dengan jawaban yang ditujukan kepada skater kusus yang kakinya bermasalah

Untuk mengembangkan pasar e-commerce secara intensif dan untuk memaksimalkan profit margin. Kita membuat full retail profit melalui e-commerce

Misi

Gunakan pernyataan misi saudara untuk mewujudkan sasaran/tujuan (kualitas bisnis yang saudara tawarkan, kepuasan pelanggan, kesejahteraan karyawan, kompensasi untuk pemilik, dan seterusnya). Pernyataan misi yang baik dapat menjadi elemen penting dalam mendefinisikan dan mengkomunikasikannya kepada para karyawan, para penjual, para pelanggan, partner, atau para pemegang saham.

pernyataan misi adalah juga merupakan suatu kesempatan baik untuk mendefinisikan apa bisnis yang saudara masuki. Hal ini dapat menjadi penting untuk memahami kunci sukses saudara. Misalnya:

Praktisi akuntansi mungkin masuk dalam bisnis kedamian pikiran sampai dengan pembuatan laporan laporan pajak dan laporan keuangan

Kantor praktek dokter sangat perhatian tentang perawatan kesehatan sampai dengan pengobatan penyakit

Sebagai pilihan lain, seorang alhi di bidang value-based marketing merekomendasikan bahwa pernyataan misi mencakup persoalan value yang meliputi apa manfaat yang saudara tawarkan? Untuk siapa? Dan pada tingkat harga relative berapa? Misalnya:

7

Page 8: Isi Rencana Bisnis 2011

Perusahaan ban kendaraan mungkin menjual keselamatan di jalan untuk konsumen yang mengutamakan keselamatan (khususnya keluarga) pada harga premium

Penjual mobil mewah mungkin dapat menjual manfaat prestise kepada konsumen yang mengutamakan status sosial pada harga premium; atau manfaat keandalan kepada konsumen yang mengutamakan value pada harga premium

Contoh: misi Pegasus Sport International

Pegasus Sport International merecanakan pemenuhan kebutuhan untuk after-market produck, pasarnya telah kami identifikasi berdasarkan besarnya volume penjualan skate dalam lima tahun terakhir.

Pegasus Sport International akan membangun jaringan pelayanan yang inline dengan skater dengan menyediakan produk yang membantu orang lebih mendektkan skating ke dalam gaya hidup hariannya. Misi kami adalah untuk:

Memperluas skating sebagai salah satu alternative sarana untuk melaksanakan tugas local

Membentuk jaringan skating yang antusias dengan menekankan pada kebugaran dan kesehatan

Mendorong SkateSailing sebagai sport internasional baru

Mengembangkan SkateAids dan produk baru lainnya yang masih dalam perencanaan desain

Kunci Sukses

Sebenarnya setiap bisnis memiliki kunci untuk sukses yang membuatnya berbeda antara sukses dan gagal. Misalnya:

Jika saudara menjalankan bisnis rumahmakan, lokasi dan area parker mungkin merupakan kunci sukses saudara

Untuk akuntan dan pengacara, kunci sukses saudara mungkin mencakup keprofesionalan, kualitas, keandalan, dan partisipasi dalam organisasi komunitas

Dalam banyak jasa professional, salah satu kuncinya adalah tidak boleh kehilang satupun kliennya yang ada, karena lebih mahal untuk menemukan klien baru daripada memelihara klien yang sudah ada

Dalam praktek, daftar prioritas yang lebih dari tiga atau empat adalah selalu kurang efektif.

8

Page 9: Isi Rencana Bisnis 2011

Contoh: kunci sukses Pegasus Sport International

Mengembangkan kualitas asesoris yang inline dengan skating berdasarkan feedback dari skaters

Mengembangkan ceruk pasar (niche market) untuk asesoris skating kami yang unik

Memaksimalkan profit dengan menjual melalui interet pada harga eceran

Memelihara biaya overhead tetap rendah dengan pengawasan dan penjadwalan produksi

Membangun jaringan dengan bisnis lain dan para ahli, seperti ahli penyakit kaki (podiatrist) dan skater Dr. Kaye, dengan melakukan wawancara yang dipublikasi melalui website kami.

RINGKASAN PERUSAHAAN

Ringkasan perusahaan dapat digunakan sebagai paragraph ringkasan tentang bisnis saudara. Jika dibutuhkan, untuk lebih rinci dapat dijelaskan dalam subtopik. Jelaskan dimana bisnis saudara akan berlokasi, berapa lama telah beroperasi, apa produk/jasa yang disediakan, dan untuk siapa. Atau mungkin saudara ingin membuat subtopiknya terlebi dahulu dan membuat ringkasannya kemudian.

Topik ini dapat digunakan untuk memperkenalkan bisnis dan rinciannya ditampilkan dalam subtopik. Kami merekomendasikan ringkasan sebagai introduksi. Meskipun demikian, saudara mungkin memilih untuk meninggalkan ringakasan tetap kosong dan malah focus pada subtopik.

Meskipun demikian sebagian besar perencanaan bisnis mencakup satu bab untuk menggambarkan perusahaan, tetapi bila perencanaan bisnisnya digunakan untuk pihak internal saja, mungkin saudara memilih menghapus bab ini dan fokus pada subtopik.

Contoh: ringkasan perusahaan Pegasus Sport International

Pegasus Sport International didukung oleh para skater yang dapat merancang ide-ide praktis dan mendesain asesoris-asesoris yang inline dengan skating. Menjadi penganjur agresif kesehatan dan kebugaran, kami juga mempromosikan skating sebagai gaya hidup.

Produk kami membuat perjalanan ke took local atau coffee shop mudah dan cara menyenangkan untuk melakukan latihan skating. Hal ini akan mengurangi stress berkendara dijalan dan mencari tempat parkir.

Masalah utama yang ditemui para skater adalah kesesuaian yang buruk. Pendukung bagian pergelangan adalah esensial karena sempitnya roda pijakan dari skate. Karena itu, sepatu roda

9

Page 10: Isi Rencana Bisnis 2011

(skate boots) memiliki keketatan yang lebih dari pada sepatu biasa. Kami telah menciptakan solusi untuk permasalahan tersebut dan juga nyaman diaplikasikan untuk pemakai sepatu lainnya. Dalam hal ini, terdapat kekurangan ketersediaan produk asesoris yang murah. Kebutuhan-kebutuhan lain dapat dipenuhi dengan produk baru.

Kepemilikan Perusahaan

Menggambarkan kepemilikan dan legalitas pendirian perusahaan. Jelaskan apakah perusahaan saudara adalah perseroan, persekutuan (CV), perseorangan, atau bentuk badan hukum lainnya, seperti persekutuan terbatas.

Saudara juga harus menjelaskan siapa pemilik perusahaan, dan jika lebih dari satu pemilik, seperti apa proporsinya. Jika bisnis saudara adalah korporasi (PT), jelaskan spesifikasinya apakah melebihi tipe standar (untuk perusahaan besar dengan banyak pemilik) atau tipe yang sesuai dengan bisnis kecil yang pemiliknya sedikit. Juga jelaskan apakah merupakan bisnis swasta atau pemerintah.

Jika saudara dalam bisnis baru dan tidak tahu apa bentuk badan hukum perusahaan, mungkin saudara akan memilih perusahaan perseorangan, lakukan riset manfaat dari berbagai pilihan kepemilikan dengan sumberdaya yang tersedia, kemudian ajaklah penasehat hukum dan akuntan saudara untuk membantu menentukan mana bentuk hukum yang terbaik bagi bisnis saudara.

Contoh: kepemilikan Pegasus Sports International

Pegasus Sports Internatinal berbadan hukum sebagai persekutuan terbatas.

Sal M. Chavez adalah sebagai Chief Executive Officer dan pemilik saham perusahaan delapan puluh persen (80%).

Sandi M. Arnold adalah sebagai Vive President dan pemilik saham perusahaan dua puluh persen (20%).

Setelah badan hukumnya terbentuk Sal M. Chavez dan Sandi M. Arnold akan mengubah kesepakatan kerjasamanya yang menyatakan bahwa Sandi dan Sal akan membagi laba 45% untuk Sandi dan 55% untuk Sal.

Sepuluh persen (10%) dari penjualan melalui internet akan diberikan kepada Brth Laird, sebagai Web Master dan Adiministrator kantor kita.

Start-up Summary

Topic ini ada karena penyusunan rencana saudara adalah diset untuk perusahaan yang baru akan mulai (start-up company), dan belum ada cerita sebelumnya. Jika saudara adalah perusahaan yang sudah berdiri (sudah ada), gunakan penyusunan rencana untuk melakukan perubahan dari yang sudah ada.

10

Page 11: Isi Rencana Bisnis 2011

Jelaskan angka-angka dalam tabel Start-up saudara yang mencakup:

Penjelasan daftar biaya Start-up (biaya-biaya yang saudara keluarkan sebelum saudara memulai bisnis. Macam-macam biaya Strat-up ini mencakup biaya legalitas pendirian bisnis, pengeluaran untuk pembuatan logo dan peralatan, dan untuk persiapan kantor.

Daftar asset yang ingin saudara miliki pada saat perusahaan mengawali operasinya.

Gambaran bagaimana saudara mendanai biaya-biaya yang harus dikeluarkan dan pengadaan asset awal tersebut, melalui meminjam uang atau mengundang investor baru.

Tabel ini akan mambantu saudara mengistimasi biaya Start-up, dan memuat Starting Balences ke dalam tabel Neraca, Estimasikan biaya Start-up saudara (biaya yang terjadi sebelum rencana bisnis saudara akan dimulai) dan asset Start-up (asset yang suadara miliki sebelum saudara memulai melaksanakan rencana bisnis saudara). Semua yang ada di dalam tabel ini adalah terjadi sebelum haris pertama dari bulan pertama rencana bisnis saudara akan dimulai.

Perbedaan biaya disini (Start-up expenses) dengan biaya di dalam tabel rugi/laba saudara adalah pada waktu. Jika biaya terjadi sebelum bulan pertama perencanaan bisnis dimulai, maka biaya masuk di tabel Strat-up. Setelah rencana bisnis dioperasikan, maka biaya-biaya yang dikeluarkan masuk ke dalam tabel rugi/laba. Selain itu, semuanya sama (yang membedakan waktu).

Biaya Start-up terletak di posisi paling atas di tabel Strat-up saudara. Biaya Start-up saudara akan menjadi kerugian/pengeluaran pada Start-up. Tetapi jangan khawatir dengan kerugian pada Start-up, jika saudara memiliki pengeluaran tanpa penjualan maka yang terjadi adalah kerugian, dan hal ini normal untuk Start-up bisnis.

Berikutnya, Start-up asset, adalah estimasi asset saudara yang saudara ingin miliki sebelum bisnis ini dimulai:

Asset jangka pendek itu mungkin berupa meja, kursi, penyekat, rak-rak took, dan sebagainya.

Estimasikan berapa banyak uang tunai yang saudara butuhkan pada awal perencanaan bisnis. Hal ini akan menjadi neraca yang saudara miliki saat bisnis dimulai.

Asset jangka panjang adalah pabrik dan bangunan, capital, yang saudara miliki sebelum bisnis dimulai.

Waktu adalah satu-satunya perbedaan antara pembelian asset yang dibeli disini atau dibeli saat setelah rencana dimulai. Asset yang dibeli saat rencana bisnis dioperasikan akan dicatat dalam tabel Cash Flow, bukan di dalam tabel Start-up.

11

Page 12: Isi Rencana Bisnis 2011

Contoh Start-up summary dan Start-up Table Perusahaan Pegasus Sports International

Start-up summary

Biaya Start-up kami mencapai $10,000. Utamanya digunakan untuk medesain prototype, pengembangan produk, hak paten, sewa peralatan, biaya operasi dan administrasi, dan membangun website.

Bulan pertama setelah kita menerima pinjaman, rencana kita akan melakukan iklan secara agresif melalui internet, publikasi skating, dan di acara-acara seperti balapan skating.

Biaya Start-up ditunjukkan dalam tabel dan ilustrasi berikut ini:

Tabel Start-up

12

Page 13: Isi Rencana Bisnis 2011

Lokasi dan Fasilitas Perusahaan

Gambarkan secara jelas kantor dan lokasi perusahaan saudara, karakteristik dan fungsi masing-masing, luas, perjanjian sewa (kalau menyewa) dan seterusnya. Untuk pemberian pelayanan bisnis saudara harus memiliki fasilitas kantor dan system telekomunikasi yang relevan untuk pemberian layanan. Misalnya, koneksi intarenet mungkin penting bagi bisnis saudara.

Berdasarkan pada karakteristik dari rencana saudara, fungsi dan tujuannya, mungkin saudara ingin mempertimbangkan hal-hal berikut:

Jika ini ditujukan untuk menjual perusahaan saudara kepada pemilik baru, dan menurut saudara lokasi dan fasilitas adalah menajdi salah satu dari value perusahaan saudara, sebaiknya saudara paparkan secara rinci bagian ini.

Jika ini ditujukan untuk digunakan oleh pihak internal perusahaan kecil dengan kantor tunggal, topic ini mungkin tidak relevan.

Contoh: lokasi dan fasilitas perusahaan Pegasus Sports International

Saat ini kami berlokasi di Venice, California. Dari lokasi kami, kami akan mendirikan gudang, tempat pengemasan, dan pengapalan produk kami. Kami akan menemukan area luas untuk perluasan bisnis.

Kami memiliki manufaktur yang akan mengerjakan sub kontrak produksi kami yang besar. Kami merencanakan memproduksi produk berbasis bulanan untuk mengurangi kebutuhan ruang untuk menyimpan persediaan.

PRODUK/JASA

13

Page 14: Isi Rencana Bisnis 2011

Bagian ini, menjelaskan apa yang saudara jual/tawarkan, bagaimana menyediakannya dan oleh siapa, serta rencana produk/jasa dimasa mendatang. Apakah saudara menjual produk, jasa, atau keduanya? Bagian ini akan menjadi semakin penting lagi bila business plan ini saudara tujuakan untuk pihak luar perusahaan (pihak perbankan, investor) daripada bila hanya ditujukan untuk pihak internal perusahaan.

Utamanya bagian ini bersifat deskritif. Tapi biasanya juga diengkapi tabel-tabel untuk memberikan gambaran secra lebih rinci (bill of materials, detailed price lists) meskipun tetap saja akan didominasi oleh teks. Bagian ini umumnya disajikan setelah gambaran perusahaan, tetapi sebelum analisis pasar.

Contoh: Produk/Jasa Perusahaan Pegasus Sports International

1. BladeBoots. Adalah tempat menyimpan dan membawa roda serta frame skate yang dapat digunakan oleh skater saat sedang tidak menggunakannya. BladeBoots tampil dengan kantong kecil yang dilengkapi sabuk yang didesain secara baik untuk membawa skate.

2. SkateSails. Layar yang didesain khusus untuk skating. Merupakan hasil feedback yang kami terima dari skaters yang mengindikasikan bahwa SkatingSail akan menjadi olahraga yang sangat popular. Merek dagang produk saat ini berposisi dalam proses.

3. SkateAid. Yang akan mulai diproduksi bulan Desember.

Ide produk-produk lain masih dalam tahap pengembangan, tetapi kami harus menahannya sampai kami dapat melindunginya dengan hak paten.

Deskripsi Produk/Jasa

Gunakan topik ini untuk penjelasan lebih rinci tentang produk/jasa yang ditawarkan perusahaan. Untuk setiap produk/jasa yang ditawarkan, mencakup poin-poin sebagai berikut:

Seperti apa produk/jasa yang ditawarkan?

Berapa besar biaya dari setiap produk/jasa?

Apa kebutuhan yang akan dipenuhi oleh setiap produk atau jasa?

Katakan produk/jasa yang saudara tawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan manfaat kepada pelanggan. Contoh:

Perusahaan jasa akuntansi, memberikan jasa kepada pelanggan dalam pengertian kebutuhan individual (mereview formulir pajak pribadi, atau bisnis yang menginginkan penyusunan rencana pajak yang secara kasat mata berpotensi untuk di audit.

Sebuah restaurant memberikan layanan jasa penyediaan makanan lengkap vs kopi dan snack, atau sarapan vs makan siang vs makan malam.

14

Page 15: Isi Rencana Bisnis 2011

Jika daftar dan gambaran saudara tentang produk/jasa yang saudara tawarkan didasarkan pada tipe pelanggan dan kebutuhan pelanggan, maka saudara akan selalu menemukan kebutuhan baru dan macam-macam hal baru dari pelanggan untuk dipenuhi.

Contoh: deskripsi produk Pegasus Sports International

Saat ini telah dipasarkan dua produk di website kami (http://www.pegasussporttaint.com), dengan dua produk akan diperkenalkan dalam waktu dekat.

BladeBoots dibuat dari bahan Cordora, kain yang mengandung nylon yang sangat awet. BladeBoots membuat skater dapat masuk ke tempat yang biasanya tidak diperkenankan bila menggunakan skate nya. Biaya pembuatannya adalah $10.00 per set, dan mereka mengecerkan dengan harga $24.95 per set. pngemasannya sederhana, murah, elegan, dan dilakukan dirumah.

SkateSails dibuat dari bahan Dacron. Jendela layar terbuat dari carbon fiber-reinforce Mylar. Produk ini memiliki konsep dan desain original. Layar kami hadir dengan desain Alpha, yang diketahui sangat stabil dan mudah digunakan. Kami menggabungkan dengan desain ekor swallow untuk kinerja yang lebih baik dalam melawan angin, kecepatan, dan keunggulan kemampuan manover. Kami memiliki pilihan tiga warna yang indah. Biaya pembuatan $100 dan dijual eceran $350 sampai dengan $500 tergantung pada ukurannya.

SkateAid adalah produk baru yang kami rasa memiliki potensi pasar yang sangat besar. Istimasi biaya pembuatan setiap unitnya adalah $10. Mereka akan mengecerkan dengan harga $45.00. produk ini berada pada pengembangan tahap akhir serta hak paten dan merek dagang akan segera dapat diperoleh.

Produk kami yang keempat adalah jasa: Skate Tours. Saat ini kami bekerja keras dan rinci bersama Terry’s Café. Toko skate di pantai Santa Monica, dan sebagai produsen skate utama, Tour ini akan mengajak skater keluar untuk berlayar dengan SkateSails.

Komparasi Persaingan

Topik ini membahas posisi produk/jasa saudara ini di pasar. Hal ini, mencakup manfaat-manfaat spesifik dan fitur produk/jasa saudara ini dibandingkan dengan produk/jasa pesaing.

Apa bedanya dengan produk/jasa pesaing?

Mengapa orang membeli produk/jasa saudara sementara produk/jasa lain yang sejenis

juga ditawarkan?

Apa manfaat yang saudara tawarkan?

15

Page 16: Isi Rencana Bisnis 2011

Berapa harga yang saudara tetapkan?

Untuk siapa produk/jasa ini saudara tujukan?

Bagaimana perbandingan (komparasi) produk/jasa saudara secara keseluruhan dengan produk/jasa lainnya?

Secara umum, komparasikan produk/jasa saudara secara dengan produk/jasa sejenis lain yang sudah ada.

Contoh: komparasi persaingan perusahaan Pegasus Sports International

Produk kami adalah unik di dalam pasar asesoris skate yang ada. Meskipun terdapat perusahaan asesoris lain, namun tidak memproduksi produk sedetail produk kami. Ide kami datang dari apa yang dikatakan para skater.

Sales Literature

Sales literature dan kolateral adalah cara praktis untuk menjelaskan produk/jasa dan keadaan perusahaan saudara saat ini. Gunakan topik ini untuk menggabarkan secara jelas semua iklan, brosur, direct mail, catalog, dan spesifikasi teknis yang akan digunakan untuk rencana ini sebagai suatu appendix.

Jika relevan untuk bisnis saudara, saudara juga dapat menggunakan topik ini untuk membahas situasi saudara saat ini berkenaan dengan perencanaan saudara di masa mendatang.

Apakah literature saudara sangat sesuai dengan produk/jasa saudara dan image organisasi yang saudara inginkan?

Bagaimana hal itu didesain dan dihasilkan?

Dapatkah saudara melakukan perbaikan secara signifikan, menurunkan biaya, atau menambah manfaat?

Contoh: sales literature perusahaan Pegasus Sports International

Untuk tahun 1999, kami membuat brosur perusahaan yang memuat produk kami.

Kami mentargetkan pasar kami dengan memfokuskan pada penjualan melalui internet. Sebagian besar anggaran iklan kami akan digunakan untuk iklan melalui internet seperti banners dan site-promoting service.

Kami juga merencanakan pada mass postcard mailing media blitz untuk toko-toko skate dan mengiklankan melalui majalah-majalah skate utama pada musim semi.

Pemenuhan Sumberdaya

16

Page 17: Isi Rencana Bisnis 2011

Bagaimana saudara menyediakan atau mengadakan produk/jasa yang saudara jual, dan berapa biayanya? Gunakan topik ini untuk menjelaskan secara detail apa yang saudara lakukan, sesuai dengan rencana spesifik suadara.

Contoh: perusahaan jasa professional seperti konsultan akuntansi, klinik kesehatan, konsultan hukum (pengacara), konsultan manajemen, atau desain grafis umumnya melakukan penyediaan jasanya dengan mempekerjakan para professional. Dalam hal ini, biaya utamanya adalah gaji para professional tersebut.

Contoh perusahaan jasa lain yang berbeda. Perusahaan travel menyediakan/mengadakan jasanya melalui kombinasi dari pengetahuan, hak, dan infrastruktur yang mencakup sistem komputer dan databis. Internet provider atau perusahaan jasa telekomunikasi menyediakan jasanya dengan memiliki dan memelihara infrastruktur jaringan komunikasi. Restaurant adalah bisnis jasa yang biayanya kombinasi dari upah (kitchen and table waiting) dan biaya makanan (food).

Untuk membantu memahami tujuan topic ini. Jika saudara perusahaan manufaktur topic ini akan menjelaskan dimana saudara membeli bahan baku, berapa biayanya, dan seberapa sering dilakukan.

Contoh: pemenuhan sumberdaya perusahaan Pegasus Sports International

Lokasi kami di Vanice California adalah ideal, sejak Vanice dinyatakan sebagai tempat lahirnya roller skating. Sebagian besar toko skate lokal di wilayah itu saat ini menjual produk kami.

Pemasok kami untuk bahan Cordura distributor utamanya di West Coast. Kami juga memiliki pemasok untuk bahan Dacron, dan aluminium.

Seluruh biaya yang kami kelurkan adalah pada level manufaktur, dan harga akan menurun saat produksi meningkat.

Teknologi

Menjelaskan pengaruh teknologi (yang akan digunakan) terhadap produk/jasa saudara, manfaatnya pada pelanggan, dan utamanya adalah pada keunggulan kompetitif saudara.

Kadang-kadang teknologi dapat menjadi vital untuk perusahaan produk/jasa. Contoh (perusahaan jasa):

Perusahaan jasa provider internet mungkin menggunakan sambungan nirkabel (wireless) sebagai keunggulan bersaingnya, atau perusahaan local menawarkan ruang konferensi untuk konferensi video.

Praktisi akuntansi mungkin dapat mendapatkan keunggulan bersaing dari penguasaannya terhadap perangkat lunak (software) atau luasnya jaringan koneksi dengan klien.

17

Page 18: Isi Rencana Bisnis 2011

Laboratorium kesehatan mungkin secara keseluruhan sangat tergantung dengan teknologi untuk mendiagnose kesehatan.

Travel biro mungkin tergantung pada teknologi koneksi yang antaralain system reservasi perusahaan penerbangan.

Teknologi mungkin merupakan factor negatif, harus dimasukan dalam rencana karena ada ancaman yang berkaitan dengan itu.

Tidak semua bisnis tergantung pada teknologi. Jika teknologi tidak relevan terhadap bisnis saudara, saudara tidak perlu mencantumkan topik ini.

Contoh: teknologi perusahaan Pegasus Sports International

Pegasus Sports International adalah perusahaan yang progresif dan dapat mengkobinasikan material berteknologi tinggi dan ide-ide inovatif untuk memproduksi produk baru dengan tanpa adanya persaingan. Saat ini kami memiliki merek dagang pada BladeBoots, dan kami baru dalam proses mendapatkan merek dagang produk lainnya dan hak paten. Beberapa iplementasi teknologi tinggi akan menjadi lebih diperhatikan saat kami memperkenalkan SkateAid. Produk ini akan menbuat skating menjadi lebih menyenangkan untuk produk kimia baru. SkateSail kami dibuat dari aliminium yang digunakan untuk pesawat terbang, merupakan bahan layar yang ringan dan kuat.

Kami telah siap mendesain layar untuk dua generasi mendatang, dan ini membuat selalu berada di posisi paling depan bagi perusahaan yang mencoba mengcopy nya.

Future produk/Jasa

Melihat ke depan pada manfaat produk/jasa yang saudara tawarkan, dan saat ini memandang jauh ke depan untuk produk/jasa dimasa mendatang:

Apakah ada strategi produk/jasa untuk jangka panjang?

Bagaimana produk/jasa baru diciptakan?

Apakah ada hubungan antara segmen pasar, permintaan pasar, kebutuhan pasar, dan pengembangan produk/jasa?

Saudara mungkin memiliki rencana spesifik yang tercakup disini, seperti rencana untuk membuka cabang baru untuk restaurant saudara atau travel agency (sebagai contoh), atau rencana untuk ekspansi jasa grafis saudara untuk dimasukan internet dan komputer grafis, atau laboratorium kesehatan untuk menawarkan tambahan diagnose dengan peralatan baru.

Contoh: future produk/jasa perusahaan Pegasus Sports International

18

Page 19: Isi Rencana Bisnis 2011

Kami secara terus-menerus berbicara dengan para skater yang dimaksudkan untuk pengembangan produk yang unik. Kami merasa bahwa produk baru yang kami kembangkan akan menjadi sangat berguna, fungsional, dan praktis. Terdapat sedikit lebih banyak konsep di papan gambar. SkateAids, satu pendatang baru, akan diproduksi buan Desember 1999. Produk tersebut telah dikembangkan dengan bantuan dokter kaki yang juga merupakan pemerhati aktif pada para skater.

RINGKASAN ANALISIS PASAR

Analisis pasar merupakan bagian yang sangat memerlukan riset. Pada bagian ini, mencakup gambaran target pasar saudara dari kelompok-kelompok yang berbeda dan penjelasan tentang mengapa saudara memilih kelompok-kelompok tersebut sebagai target pasar saudara. Pada bagian ini saudara juga sebaiknya menjelaskan secara ringkas tentang pertumbuhan pasar, penjelasan ringkas mengenai proyeksi pertumbuhannya.

Jika saudara mencari investor, saudara dapat menggunakan bagian ini untuk memaparkan kebijaksanaan dan pemahaman industry saudara, tetapi jangan melebih-lebihkan. Ingat bahwa perencanaan berkenaan dengan pengambilan keputusan yang baik, fokus pelaksanaannya, dan menekankan pada prioritas, buka tentang pengujian pengetahuan saudara.

Jika penulisan rencana ini ditujukan untuk internal dan saudara tidak memiliki peminat selain tim saudara, direkomendasikan untuk melakukan riset pasar untuk lebih meyakinkan bahwa saudara tidak kehilangan poin-poin yang penting.

Fokus utama dalam market analisis saudara adalah pada pelanggan potensial, bukan pada pelanggan actual. Misalnya:

Jika saudara memiliki gedung bioskop di suatu kota dengan populasi 100 ribu orang, maka pelanggan potensial saudara adalah 100 ribu orang, kecuali kalau sudara hanya akan menjual setengah dari populasi tersebut.

Jika saudara memiliki usaha sebagai dealer mobil mewah di kota yang sama, maka jumlah pasar potensialnya mungkin adalah sebagian dari populasi yaitu yang memiliki pendapatan yang mencukupi untuk membeli mobil mewah yang mungkin mencakup sejumlah orang dewasa, keluarga, atau keluarga dan pembisnis.

Untuk lebih jelasnya, tambahkan tampilan analisis dalam bentuk tabel yang menunjukkan istimasi pelanggan potensial saudara di tahun pertama dan tentukan angka/nilai istimasi pertumbuhannya untuk tahun-tahun berikutnya, kemudian berdasarkan itu proyeksikan pertumbuhan pelanggan potensial saudara sampai dengan lima tahun mendatang.

19

Page 20: Isi Rencana Bisnis 2011

Pembuatan tabel analisis pasar akan dipengaruhi oleh untuk siapa rencana bisnis ini saudara tujukan:

Apakah informasi pasar untuk meyakinkan investor potensial? Saudara harus memberikan informasi yang baik dan dari sumber yang baik pula.

Apakah informasi pasar untuk meyakinkan Bank agar dapat memperoleh pinjaman? Untuk Bank informasi pasar dapat penting atau tidak penting, hanya yang pasti yang akan benar-benar mendapatkan perhatian dari Bank dalam membuat keputusan memberi atau tidak memberi pinjaman adalah jaminan/agunan saudara.

Apakah informasi pasar untuk mengarahkan saudara ke pengambilan keputusan bisnis yang baik, dan agar fokus saudara pada segmen prioritas menjadi lebih baik?

Lakukan riset saudara untuk alasan bisnis, untuk mengarahkan keputusan saudara, jangan hanya sekedar riset untuk memenuhi kelengkapan laporan. Oleh karena itu, persoalannya pada baaimana saudara mendapatkan informasinya dan melakukan istimasi.

Contoh: analisis pasar perusahaan Pegasus Sports International

Dengan 31 juta skate yang terjual dan tidak ada produk pelengekap yang tersedia, kami antusias memiliki kesempatan untuk menjangkau kesempatan pasar yang lebih-kurang 26 juta skater recreational dan penggemar kesehatan serta kebugaran.

Saat ini terdapat kecenderungan pertumbuhan fitness skating. Dengan pasar potensial yang luas, produk kami akan berada di sana untuk memenuhi kebutuhannya.

Segmentasi Pasar

Konsep segmentasi pasar adalah sangat penting untuk pengukuran pasar dan strategi pemasaran. gunakan topik ini untuk menjelaskan segmentasi pasar, mendefinisikan perbedaan klasifikasi, dan pengembangan sangat banyak informasi yang saudara butuhkan tentang pelanggan disetiap kelompok segmen pasar.

Biasanya segmentasi dilakukan dengan membagi pasar/orang berdasarkan demografi (usia, pendapatan, gender, pekerjaan, dan pendidikan), atau geografis (kota, Negara, wilayah). Namun, kecenderungan yang saat ini muncul adalah juga mencakup korelasi pola perilaku dan yang juga disebut sebagai psykografi.

Contoh: segmentasi pasar perusahaan Pegasus Sports International

Dengan pasar dunia skating yang lebih dari 31 juta dan terus-menerus mengalami pertumbuhan (menurut data statistic yang disajikan oleh asosiasi produsen produk pelengkap), ceruk pasar kami tercipta. Tujuan kami adalah untuk memperluas pasar ini dengan

20

Page 21: Isi Rencana Bisnis 2011

memperkenalkan SkateSalling, yang merupakan sport baru yang popular di pantai Santa Monica dan Venice California.

Asosiasi produsen produk pelengkap melakukan survey dan menunjukkan bahwa partisipan yang in-line dengan skating saat ini lebih besar daripada sepak bola, softball, skling, dan snowboarding. Penjelasan rinci partisipasi dalam hal ini adalah sebagai berikut: 1+% speed (tumbuh), 8% hockey (menurun), 7% extreme/aggressive (menurun), 22% fitness (mendekati 7 juta-tumbuh cepat), dan 61% recreational (pemula). Produk kami ditargetkan untuk kelompok fitness dan recreational, karena mereka mengalami pertumbuhan yang cepat. Kelompok ini memiliki kesadaran sendiri terhadap kesehatan dan kebugaran, mereka dapat dengan mudah tumbuh menjadi 85% (atau 26 juta) dalam waktu 5 tahun mendatang.

21

Page 22: Isi Rencana Bisnis 2011

Startegi Segmen Pasar Sasaran

Gunakan topik ini untuk memperkenalkan strategi dibalik segmen pasar dan pilihan pasar sasaran saudara. Jelaskan mengapa saudara memfokuskan pada kelompok pasar sasaran tertentu.

Apa yang membuat kelompok ini lebih menarik daripada kelompok lain?

Mengapa karakteristiknya saudara anggap penting?

Berikut adalah lebih penting untuk beberapa perusahaan tertentu diripada perusahaan lainnya. Misalnya:

Sebuah restaurant mungkin lebih memfokuskan pada satu kelompok pelanggan berpeng hasilan tinggi daripada kelompok lainnya, untuk alasan-alasan strategis.

Sebuah perusahaan jasa konsultan akuntansi mungkin lebih memfokuskan pada tipe bisnis tertentu yang kebutuhannya sesuai dengan keahlian perusahaannya.

Sebuah perusahaan desain grafis mungkin lebih mengkhususkan diri pada bisnis kecil atau menengah yang membutuhkan internet website.

Contoh: strategi segmen pasar sasaran Pegasus Sports International

Pasar sasaran kami adalah recreational skater dan penggemar kesehatan serta kebugaran. Segmen ini dapat dijangkau melalui internet dan melalui iklan di majalah skate.

Kami merencanakan pengembangan pasar pengecer (toko) skate menggunakan metode pengiriman kartu pos yang tidak mahal.

BladeBoots dan SkateSails dijual di dua toko skate utama di Santa Monica dan Venice, California. Survey menunjukkan bahwa pasar fitness dan speed, usianya rata-rata 34 tahun, terdiri dari 48% wanita, dan 58% pria, dan rata-rata mengeyam pendidikan 1.8 tahun di perguruan tinggi, dan rata-rata pendapatan keluarga $52,600, dan 71% melakukan skating dengan skate empat roda.

Kebutuhan pasar

Untuk setiap segmen pasar tercakup dalam strategi saudara, rumuskan apa yang saudara tawarkan berdasarkan pada kebutuhan pembeli yang akan saudara puaskan, buka berdasarkan pada apa yang bisa saudara jual.

Jika saudara mengelola beberapa segmen, mungkin saudara gunakan topik ini sebagai ringkasan topic, dan kemudian menambah subtopik untuk menjelaskan kebutuhan setiap segmen.

22

Page 23: Isi Rencana Bisnis 2011

Jelaskan kebutuhan pasar sasaran yang berkaitan dengan produk/jasa yang saudara tawarkan:

Apakah keberadaan kebutuhan sebelum produk/jasa ditawarkan?

Apakah ada produk/jasa lain yang ditawarkan sebagai cara lain untuk memuaskan kebutuhan yang sama?

Apakah saudara melakukan riset pasar yang berkaitan dengan kebutuhan pasar ini?

Contoh: kebutuhan pasar Pegasus Sports International

Kami mengenali/mengetahui kebutuhan asesoris untuk pasar skaters yang tumbuh.

Kami memperkenalkan SkateSailing sebagai sport baru dengan menyediakan tempat wisata yang terbuka dan luas, sebagaian besar perusahaan skate dengan senang hati bersedia meminjami kami large-wheel skate baru untuk wisata SkateSailing yang akan kami selenggarakan. Meskipun skate konvensional dapat pula digunakan sebagaimana adanya.

Kami akan segera memperkenalkan SkateAid. Jumlah pembelian skate yang ada saja telah mampu menciptakan pasar baru bagi produk secara keseluruhan untuk membantu meningkatkan kehidupan skate.

Kami telah pelajari apa asesoris yang dibutuhkan skater dengan mewawancarai para skater yang berpengalaman.

Seseorang tidak perlu menyediakan waktu untuk berlatih jika skating menjadi gaya hidup dan berlangsung dalam aktivitasnya setiap hari. Skating adalah menyenangkan dan melatih jantung yang baik pada saat yang bersamaan, dan inilah sesuatu yang dicari setiap orang.

Tren pasar

Tren pasar dapat berupa perubahan demografi, perubahan kebutuhan pelanggan, perubahan gaya atau mode, atau yang lainya. Hal ini tergantung pada apa bisnis yang saudara masuki (informasi mengenai apa yang telah saudara persiapkan untuk dikembangkan, tipe binis yang saudara masuki, lingkungan bisnis tempat saudara akan beroperasi, pesaing utama saudara, dan pola pembelian). Untuk menggambarkan tren pasar. Berfikir secara strategis:

Apa factor-faktor yang terlihat akan merubah pasar, atau merubah bisnis?

Apa perkembangan tren dapat membuat perbedaan?

Bisnis konstruksi mungkin mencatat tren kearah remodeling rumah tua daripada membeli rumah baru.

Bisnis restaurant mungkin mencatat tren kearah makanan segar, atau makanan sehat.

23

Page 24: Isi Rencana Bisnis 2011

Lihat tren pasar sebagai cara untuk menuju pasar, untuk mengetahui apa yang terjadi sebelum mencapai di sana.

Contoh: tren pasar Pegasus Sports International

Kami membedakan diri dengan memasarkan produk tidak seperti produk yang sudah ada sebelumnya untuk skater. Produk yang sudah ada sebelumnya, menekankan pada penjualan skate dan sangat sedikit suku cadang pengganti.

Jumlah skater tidak dibatasi oleh wwilayah, Negara, atau kelompok usia, sehingga yang ada adalah pasar dunia. Produk kami sebenarnya untuk semua kelompok skater.

Segmen sport ini yang tumbuh cepat adalah fitness skater. Oleh karena itu, pemasaran kami diarahkan untuk melayani kelompok ini. BladeBoots akan memungkinkannya untuk establish tanpa harus menggantikan skate yang ada. BladeBoots akan ditujukan untuk recreational skater, merupakan segmen yang luas; demikian juga SkateAid adalah hebat untuk setiap orang.

Terdapat lebih dari satu cara untuk menumbuhkan olahraga skate, dan salah satunya adalah melalui SkateSailing. Olahraga ini terutama untuk level skater medium sampai advance. Potensi pertumbuhan olahraga ini adalah dahsyat. Layar yang kami buat di Eropha, seperti halnya dengan windsurfing. Dimulai dari Santa Monica tetapi tidak akan tumbuh baik bila tidak dipersiapkan secara baik di Eropha. Akan lebih banyak dan lebih banyak lagi kelompok bersama-sama berwisata skate di dalam kota di seluruh dunia. Contoh, San Francisco memiliki kelompok skating malam yang anggotanya mencapai 100 orang. Tren pasar menunjukkan pertumbuhan yang terus-menerus di semua bidang skating.

Pertumbuhan pasar

Gunakan topik ini untuk menjelaskan dan membahas pertumbuhan pasar. Idealnya, saudara dapat menggunakan ahli pemasaran, perusahaan jasa riset pemasaran, asosiasi perdagangan, atau jurnalis yang dapat dipercaya untuk membuat proyeksi pertumbuhan pasar. hal ini terrutama menjadi sangat penting bila perencanaan saudara dimaksudkan untuk mendapatkan investor atau pendukung pengajuan pinjaman karena pertumbuhan pasar akan meningkatkan value bisnis saudara.

Tetapkan nilai pertumbuhan dalam batasan sesuai dengan informasi yang tersedia (jumlah pelanggan potensial, proyeksi penjualan dalam rupiah/$, atau apapun yang saudara punya). Jika saudara bisa, kaitkan tingkat pertumbuhan menurut ahli forecasts dengan pertumbuhan dalam pelanggan potensial yang saudara masukan dalam tabel analisis pasar.

24

Page 25: Isi Rencana Bisnis 2011

Contoh: pertumbuhan pasar Pegasus Sports International

Dengan menurunnya harga skate karena persaingan ketat diantara perusahaan skate, tetapi pertumbuhan pasar tetap berlangsung di seluruh dunia, dengan 22.5 juta dalam tahun 1995 ke lebih dari 31 juta dalam tahun 1997.

Bulan Januari tahun 2000 menurut data statistic akan terjadi pertumbuhan yang istimasinya lebih dari 35 juta. Semakin banyak orang menemukan, dan di dalam banyak kasus menemukan kembali, manfaat kesehatan dan kegembiraan dari skating.

Analisis Bisnis Produk/Jasa

Di dalam topik ini saudara menjelaskan tipe/jenis industry produk/jasa yang saudara masuki. Tunjukkan ukuran dan konsentrasi bisnis dalam industry ini, cara produk/jasa dibeli dan dijual, dan pesaing spesifik.

Tergantung dengan apa yang saudara inginkan untuk rencana spesifik saudara, saudara dapat membuat ringkasan laporan di topik ini dan lebih detail untuk setiap produk/jasa dicakup dalam subtopik.

Jika industry saudara menunjukkan tidak mengubah keputusan setiap bisnis saudara dan saudara tidak menggunakan perencanaan ini untuk menggambarkan bisnis saudara untuk pihak luar, maka mungkin saudara tidak membutuhkan untuk mencantumkan deskripsi ini.

Contoh: analisis bisnis produk/jasa Pegasus Sports International

Penjualan skate tumbuh melaju hebat dan tersebar lintas wilayah.

Saat ini kami akan konsentrasi pada pemasaran melalui internet. Hal ini akan memaksimalkan laba kami.

Internet mungkin merupakan komunikasi terbaik untuk skater level medium diseluruh dunia, dan kami meyakini bahwa ini cara terbaik untuk mengecerkan produk kami. Penjualan melalui Web keseluruh dunia saat ini mencapai lebih dari $28 juta, dikutip dari laporan Forester Research di e-commerce.

Partisipan bisnis

Menjelaskan karaktersitik industry. Disini bukan tempat untuk menjabarkan daftar pesaing tertentu. Gambarkan struktur industry secara umum, dan susun pesaing tertentu yang datang dalam topik berikutnya.

Berikut dapat membedakan antara bisnis dan rencana bisnis:

Industry rumahmakan yang disebut “pulverized” terdiri dari banyak partisipan kecil.

25

Page 26: Isi Rencana Bisnis 2011

Bisnis fast food adalah komposisi dari sedikit partisipasi merek nasional dalam ribuan outlet bermerek yang banyak diantaranya adalah franchised.

Dalam akuntansi, terdapat sedikit perusahaan besar bersekala internasional yang namanya telah dikenal dengan baik dan mungkin merupakan sepuluh dari ribuan perusahaan kecil.

Contoh: partisipan bisnis Pegasus Sports International

Jumlah perusahaan skate adalah sangat banyak, banyak pula perusahaan sepatu yang bergabung; meskipun demikian, perusahaan yang utama dan terbesar adalah Rollerblade, Roces, Solomon, dan K2.

Perusahaan yang sama membuat tas skate dengan harga berkisar $20. Tidak ada diantara mereka yang ditujukan pada wilayah yang tidak akan saudara ketahui bila tidak memakai skate, dan produk tersebut terlalu tebal dan tidak praktis digunakan bersama dengan skate.

Pola distribusi

Karena distribusi umumnya melibatkan produk phisik, maka bila produknya berupa jasa pembicaraan distribusi berkaitan erat dengan pemilihan lokasi usaha. Jika bisnis saudara adalah restaurant, salon, perbankan pemilihan lokasinya sebaiknya dekat dengan pasar.

Contoh: pola distribusi Pegasus Sports International

Kami berencana mengirimkan produk menggunakan pengiriman kilat pada U.S. Kantor Pos sebagai cara pendistribusian, karena murah; namun demikian, beberapa perusahaan menuntut kualitas pengiriman dan hal itu akan ditangani oleh perusahaan pengiriman yang ada.

Kami juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan distribusi di Negara lain yang dapat menghungi kami bila ada yang tertarik dengan produk kami.

Pola persaingan dan pembelian

Menjelaskan secara umum karaktersitik persaingan di dalam industry dan bagaimana pelanggan melakukan pemilihan terhadap satu bisnis diantara bisnis yang ada. Misalnya:

Dalam bisnis restaourant, persaingan ditentukan oleh reputasi dan tren di satu bagian pasar dan pada lokasi serta area parkir di bagian pasar yang lain.

Dalam banyak praktisi jasa professional, karaktersitik persaingan ditentukan dari mulut ke mulut karena iklan tidak sepenuhnya dapat diterima.

Beberapa pertanyaan yang dapat membantu memahami pola persaingan dan pembelian adalah sebagai berikut:

26

Page 27: Isi Rencana Bisnis 2011

Bagaimana kelompok target pelanggan saudara memilih diantara bisnis yang bersaing?

Apa factor-faktor yang membuat bisnis saudara berbeda dengan pesaing? Harga, atau billing rates? Reputasi? Image dan kelayakan?

Apakah merek menjadi hal yang penting? Atau sekedar dari mulut ke mulut yang telah lama berlangsung, memuaskan para pelanggan?

Contoh: pola persaingan dan pembelian Pegasus Sports International

Setiap segmen skating memiliki pola pembelian sendiri-sendiri tergantung pada kebutuhannya sendiri.

Pesaing utama

Gunakan topic ini untuk menulis daftar tiga atau empat pesaing utama dan kekuatan serta kelemahan masing-masing. Perhatikan produk/jasa yang mereka tawarkan, harga yang ditetapkan, reputasinya, manajemennya, posisi keuangannya, perhatian pasar terhadap mereknya, pengembangan bisnisnya, teknologinya, atau factor-faktor lain yang saudara anggap penting. Misalnya:

Dalam segmen apa dari pasar dimana mereka beroperasi?

Seperti apa strategi yang diterapkannya?

Sejauh mana dampak mereka terhadap bisnis saudara, dan apa ancaman serta kesempatan yang mereka perlihatkan?

Saudara mungkin ingin menggunakan ringkasan dalam topik ini dan memasukkan subtopik untuk menjelaskan setiap pesaing secara lebih rinci.

Contoh: pesaing utama Pegasus Sports International

Pegasus Sports International membentuk pasarnya sendiri. Terdapat sedikit perusahaan yang membuat sails dan foils yang digunakan oleh sedikit skater, kami adalah satu-satunya yang benar-benar didesain untuk dan oleh skaters. Pesaing sail kami sedikit dan tidak didesain untuk skating, tetapi untuk selancar angin (windsurfing) atau untuk skateboards. Dalam hal foils, membawa dan menyimpannya tidak praktis.

Kami membutuhkan capital untuk melindungi penemuan kami dengan menggunakan patent dan registrasi merek dagang. Produk kami yang lain tidak memiliki pesaing untuk saat ini.

27

Page 28: Isi Rencana Bisnis 2011

RINGKASAN STRATEGI DAN IMPLEMENTASI

Ringkasan strategi organisasional untuk mencapai dan memenuhi kebutuhan pasar sasaran. Dari seluruh segmen pasar yang memungkinkan, produk/jasa, penjualan, dan aktivitas pemasaran, mana yang akan saudara prioritaskan?

Hindari daftar prioritas yang panjang. Antara tiga atau empat poin buatlah daftar yang dapat dilakukan sebagai fokus stratgis.

Penjelasan secara rinci akan dimasukkan dalam subtopic dalam bab ini, oleh karena itu biarkan ringkasan ini tidak terlalu panjang lebar, hanya mencakup poin-poin utama/pokok karena ringkasan ini mungkin akan dimasukan dalam ringkasan aplikasi kredit atau memo ringkasan investasi, maka tentunya saudara tidak menginginkan poin-poin utamanya terlupakan. Untuk memudahkan membuat ringkasan ini, sebaiknya rincian dalam subtopic saudara selesaikan terlebih dahulu karena akan membantu saudara dalam membuat ringkasan strategi.

Contoh: ringkasan strategi dan implementasi Pegasus Sports International

Kami terlibat dalam roller skating sejak 25 tahun yang lalu di Venice, California. Kami memiliki reputasi dan ketrampilan yang mendapatkan perhatian dari beberapa skater trampil. Kami menjaga kedekatan dengan komunitas skating melalui toko-toko skate local dan dengan memberikan pelajaran. Hubungan dekat dengan public menempatkan kami pada posisi yang unik yang mampu mendapatkan feedback dari para skater mengenai semua tipe produk atau ide kami yang didesain untuk mereka.

Strategi Piramid

Topic ini ditujukan untuk membantu saudara dalam merencanakan strategi, bukan untuk lebih mempersulit pembuatan rencana bisnis. Bayangkan suatu pyramid yang dibuat dari tiga tingkatan boxes, maka piramid itu akan tampak sebagai berikut:

Pengertiannya tidak kaku

Strategi adalah fokus utama, seperti pasar sasaran spesifik, kesempatan produk, atau positioning statement. Contoh: strategi toko computer adalah untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan bisnis.

28

Strategy Tactic Tactic Tactic

Program Program Program Program

Page 29: Isi Rencana Bisnis 2011

Taktik dimaksudkan untuk implementasi strategi. Contoh: taktiknya mungkin mencakup peningkatan jaringan penawaran, pemberian pelatihan, dan dukungan.

Program adalah aktivitas bisnis tertentu, masing-masing aktivitas terjadwal secara kongkrit (hari, tanggal, dsb), penanggung-jawab, dan anggaran. Contoh: program untuk strategi tersebut meliputi perbaikan surat-menyurat, menyelenggarakan seminar, layanan instalasi, dan membangun jaringan pelatihan.

Jangan memaksakan menyusun strategi bisnis secara lengkap dalam satu pyramid. Setiap strategi bisnis memerlukan pyramid yang berbeda. Satu hal manfaat penting dari metode pyramid adalah integrasi dan inlignment. Jika strategi saudara adalah fokus pada sesuatu, selanjutnya saudara dapat menjabarkan strategi ke dalam taktik dan yang lebih penting lagi untuk penjabaran lebih lanjut dalam penentuan priortas aktivitas dan pengeluaran (program).

Value Proposition

Value proposition dapat membantu menyusun kerangka kerja membangun dan mengembangkan strategi. Value Proposition adalah manfaat yang ditawarkan dengan harga yang ditetapkan lebih murah, dalam batasan-batasan relative. Pengertian ini mendorong saudara untuk berfikir dalam batasan konsepsual yang luas dengan menekankan pada manfaat riil yang ditawarkan daripada karakteristik phisik (tangible) tertentu. Misalnya:

Fast food yang memiliki jaringan nasional mungkin menawarkan value berupa kemudahan dan dapat dipercaya pada harga yang ditetapkan sedikit lebih tinggi daripada fast food yang memiliki jaringan lemah.

Restaurant local yang sangat bergengsi mungkin menawarkan manfaat yang berbeda-beda secara lengkap (kemewahan, elegan, kesombongan/bergaya, dan sebagainya) pada harga yang ditetapkan tinggi.

Desainer grafis mungkin menjual manfaat yang berkaitan dengan komunikasi dan iklan, tidak sekedar menggambar.

Saat saudara telah memimiliki definisi value proposition, kemudian lihatlah pada organisasi saudara….dan perencanaan bisnis saudara…..dalam pengertian sebaik apa saudara mengkomunikasikan value proposition dan memenuhi janji saudara. Misalnya: value proposition toko computer adalah akan bekerja dengan layanan yang dapat dipercaya untuk bisnis kecil, ketenangan, dan hubungan jangka panjang, kemudian value proposition ini dikomunikasikan dalam program penjualannya dengan menekankan pada bagaimana toko computer ini akan menjadi partner strategis bagi pelanggan. Selain itu mungkin juga harus dipikirkan tentang bagaimana menangani keterlambatan pembayaran dari pelanggan, siapa yang dapat dipercaya menangani permintaan layanan yang banyak.

29

Page 30: Isi Rencana Bisnis 2011

Contoh: value proposition Pegasus Sports International

Di Pegasus Sports International, kami menekankan kualitas pada harga yang sesuai. Harga kami ditentukan oleh biaya produksi dan permintaan pelanggan, produksi kami sesuai kebutuhan.

Speed skating’s demographics menunjukkan sangat besar dan menjadi calon utama untuk item harga tiket kami yang tinggi. Kami mengembangkan produk untuk semua skater, tetapi ada beberapa produk kami lebih spesifik untuk segmen tertentu, seperti SkateSails kami yang lebih ditujukan untuk skater yang trampil dan berpengalaman. Sebagai contoh, segmen speed skating hanya berjumlah 1,5% dari pasar yang kami masuki, tetapi itu sama dengan 7 juta skaters.

Keunggulan Bersaing

Saudara tidak memeiliki keunggulan bersaing untuk menjalankan bisnis yang sukses? Kerja keras, integritas, dan kepuasan pelanggan dapat digunakan untuk itu, tetapi suatu keunggulan akan memberikan kepastian kepada saudara posisi start terdepan jika saudara membutuhkan untuk membawanya dalam investasi baru.

Apa keunggulan bersaing saudara?

Seperti apa perbedaan perusahaan saudara dari perusahaan lainnya?

Apakah terdapat value yang dapat dipertahankan yang saudara dapat pelihara dan kembangkan setiap saat?

Sebagian besar yang dapat segera dipahami sebagai keunggulan bersaing adalah yang berdasarkan pada teknologi, paten, algoritma, meskipun melalui pemahaman know-how secara mendalam dapat menghasilkan keunggulan bersaing lebih pasti (solid).

Keunggulan bersaing berbeda-beda untuk setiap bisnis yang ada, bahkan untuk setiap bisnis di dalam industry yang sama.

Contoh: keunggulan bersaing Pegasus Sports International

Perusahaan kami memiliki keunggulan bersaing karena merupakan satu-satunya perusahaan yang ditujukan pada kebutuhan yang menghasilkan dari penjualan secara ekstensif produk-produk yang in line skate. Kami ingin memenuhi kebutuhan item-item yang memungkinkan dapat memperpanjang usia skates.

Asesoris seperti BladeBoots mendorong dan mempermudah orang mencantumkan skating ke dalam gaya hidupnya.

30

Page 31: Isi Rencana Bisnis 2011

Terdapat beberapa proyek lain yang saat ini sedang kami kerjakan untuk memperluas product line dan pasar kami. Kami lebih dari sekedar senang membahas panjang-lebar mengenani rencana-rencana rahasia masa depan, tetapi tuntutan kami lebih dari itu.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran umumnya mencakup fokus pasar sasaran, menekankan pada produk atau media yang ada, atau cara untuk memposisikan organisasi dan keunikan produk saudara.

Strategi penjualan dirumuskan kemudian. Jangan dirancukan satu sama lain (keduanya). Marketing mempengaruhi image, awareness, dan dorongan untuk melakukan pembelian; penjualan melibatkan pengakhiran/penuntupan kesepakatan (transaksi) dan melayani pesanan.

Strategi adalah kreatifitas, dan tidak mudah diprediksikan. Strategi pemasaran saudara ditentukan oleh kesesuaiannya terhadap segmen pasar yang telah saudara pilih sebagai kelompok pasar sasaran. Saudara mungkin juga perlu melihat media strategi, pengembangan organisasional, atau factor-faktor lainnya.

Contoh: strategi pemasaran Pegasus Sports International

Kunci dari strategi pemasaran kami adalah fokus pada para skater speed, kesehatan dan kebugaran, serta recreational. Kami dapat memenuhi 80% pasar skating sejak kami memproduksi produk yang diarahkan ke setiap segmen.

Para skater speed dan kebugaran rata-rata berusia 34 tahun dengan pendapatan berkisar $54,000/tahun dan rata-rata 2 tahun belajar di perguruan tinggi yang juga dapat merupakan pasar SkateSail kami. Kami sedang dalam proses mendesain perlengkapan keamanan yang lebih unggul yang cocok untuk skate sailing di waktu mendatang.

BladeBoots dan SkateAids adalah item yang dapat sangat berguna untuk semua segmen pasar.

Pernyataan pemposisian

Pernyataan pemposisian mencakupfokus strategis pada hal yang paling penting bagi pasar sasaran, yang paling penting dan dibutuhkan pasar, bagaimana produk saudara memenuhi kebutuhan ini, siapa pesaing utamanya, dan bagaimana produk saudara lebih baik daripada produk pesaing.

Berikut mungkin dapat dipertimbangkan sebagai formula untk merumskan/menuliskan pernyataan pemposisian:

Untuk [deskripsi pasar sasaran] yang [kebutuhan pasar sasaran], [produk/jasa ini][bagaimana memenuhi kebutuhan]. Tidak seperti [pesaing utama], adalah [fitur paling penting yang membedakan]

31

Page 32: Isi Rencana Bisnis 2011

Sebagai contoh pernyataan pemposisian Business Plan Pro, tahun 1994, adalah sebagai berikut:

“untuk pembisnis yang akan membuat perusahaan baru, memperkenalkan produk baru atau mencari atau menemukan mitra, Business Plan Pro adalah perangkat lunak yang menghasilkan rencana bisnis secara professional, cepat dan mudah. Tidak seperti produk pesaing, Business Plan Pro adalah rencana bisnis riil, dengan wawasan nyata, tidak sekedar cookie-cutter fill-in-the-blanks templates.”

Contoh: pernyataan pemposisian Pegasus Sports International

Kami mendesin produk untuk para skater yang tergantung pada produk skating nya didesain secara baik dan praktis. Kami ingin memperpanjang dan memperbaiki investasi kehidupan pelanggan kami melalui skate nya.

Saat ini perusahaan skate berkonsentrasi pada penjualan skate baru dengan tanpa pendukung untuk produk yang telah terjual, dan itulah kekuatan kami.

Strategi harga

Gunakan topik ini untuk mempersiapkan secara rinci penetapan harga produk/jasa dan untuk mengkaitkannya pada strategi. Periksa apakah penetapan harga produk/jasa saudara sesuai dengan harga yang tercermin dalam value proposition. Penetapan harga adalah juga seharusnya terkait dengan pernyataan pemposisian, sepanjang penetapan harga merupakan faktor yang mungkin paling penting dalam pemposisian produk/jasa.

Penetapan harga tidak selalu bersifat strategis, dan tidak selalu berada di bawah kendali saudara karena harga juga bisa ditentukan oleh market leaders yang hampir selalu diikuti oleh pesaing saudara, kadang-kadang distributor saudara ikut mengarahkan penetapan harga yang saudara lakukan. Pada situasi pasar dalam kondisi persaingan sempurna, maka sadara pun dalam menetapkan harga harus mengikuti harga yang berlaku di pasar.

Di dalam setiap kasus, jika semua relevan dengan rencana saudara, maka dalam topik inilah semua itu dapat dijelaskan dan dipersiapkan secara rinci sebagai dasar penetapan harga.

Contoh: strategi harga Pegasus Sports International

Harga produk Pegasus Sport ditetapkan untuk mendorong pelanggan tergerak untuk membeli, mencoba, dan melakukan pembelian ulang.

SkateSails ditetapkan harga dari $350 sampai dengan $500. Item yang harga jualnya ditetapkan rendah adalah Bladeboots yaitu $24.95 dan SkateAids $45.00.

32

Page 33: Isi Rencana Bisnis 2011

Strategi promosi

Deskripsikan strategi promosi saudara, bagaimana saudara menyebarkan kata tentang bisnis saudara kepada calon pelanggan. Dalam konteks yang luas, mencakup advertensi, public relations, promosi penjualan (events), direct mail, seminar, dan sales literature. Bagaimana menyesuaikan strategi promosi saudara selaras dengan strategi?

Apa strategi saudara tentang komunikasi dengan orang?

Saudara melakukan advertensi mahal dalam media masa, atau target pemasaran dalam media publikasi khusus, atau lebih spesifik lagi dengan direct mail?

Saudara melakukan advertensi secara lebih efektif melalui public relations events, pameran dagang, koran, atau radio?

Bagaimana dengan telemarketing, the World Wide Web, atau multi level marketing?

Apakah saudara puas dengan bagaimana semua itu bekerja untuk saudara saat ini, atau terdapat masalah yang membutuhkan pengarahan?

Contoh: strategi promosi Pegasus Sports International

Our long-range goal is to gain enough visibility to expand the product line into otherindustries and other regions, and to generate inquiries from potential inventors. To do thatwe need $50,000, or a Line of Credit.We also plan on promoting our goods at various skating races held throughout the country.

Strategi distribusi

Distribution is not always relevant for a service organization. However, distribution is relevant to some service groups who might describe distribution related to physical infrastructure. If it is relevant, then explain your distribution strategy. If not, you can remove this topic.

Additional DetailRemember, strategy is focus, so think about emphasizing your strengths and protecting your weaknesses:

Are you focusing on a specific area of distribution or means of distribution? Is there some special advantage you have that you want to emphasize?

Is there anything unique in your distribution plans that your competitors cannot imitate?

In what way does your plan for distribution emphasize your strengths and move away from your weaknesses?

Distribution channels vary widely, from the more standard retail and wholesale channels to direct channels including direct mail and Internet. There are also alternate distribution channels, some of which are quite creative and vital to the success of certain businesses.

33

Page 34: Isi Rencana Bisnis 2011

Contoh: strategi distribusi Pegasus Sports International

We plan to enter the now extensive specialty skate shop market with SkateAid. We feel thisis the competitive edge skate shops need to compete with the large chain discountdistributors. The additional products, such as BladeBoots™ and SkateSails, should alsohelp stimulate skate shop sales.

Program pemasaran

List the specific information related to marketing programs in your Milestones table, with the persons responsible, deadlines, and budgets. Cement your marketing strategy with programs that make it real:

How is each strategy to be implemented? Do you have concrete and specific plans?

How will implementation be measured?

Additional DetailEach marketing program in your Milestones table should appear in this topic, along with relevant details. Details and specifics are critical to implementation. You may also go over them again in the topic related to the Milestones table.

Strategi Penjualan

Describe sales strategy as it differs from marketing strategy. Sales should close the deals that marketing opens. Sales strategies deal with how and when to:

Close sales prospects Compensate salespeople

Optimize order processing and database management

Maneuver price, delivery, and conditions.

Additional DetailAs with your marketing strategy, your sales strategy depends a great deal on which market segments you've chosen as target market groups. You don't sell major deals to large companies the same way you sell cereal boxes off grocery store shelves. Think about how you sell in your business. What is your strategy for optimizing your way of selling?

Contoh: strategi penjualan Pegasus Sports Internationa

For now, our products are sold through our web site (http://www.pegasussportsint.com). This earns us full retail price.In nine months, we will gear sales towards the skate shops with SkateAids. Through retailskate shops, we will increase our sales.Visibility will be very important, and we will gain exposure at skate racing events. We will

target our advertising through the major in-line skate magazines and on the Internet.

34

Examples

Page 35: Isi Rencana Bisnis 2011

Peramalan penjualan

The Sales Forecast gives you a way to develop and estimate your sales and cost of sales. The rows automatically sum at the bottom of each column, and the sums transfer to the Profit and Loss table. The Sales Forecast Wizard walks you step by step through the process of creating your Sales Forecast. You can insert and delete rows to make your forecast match your needs (there must be a minimum of two rows per section).

Additional Detail

The structure of this table depends on a choice you made in the Table Settings. You selected the Value-based Sales Forecast table. If you would like a more detailed Units-based Sales Forecast, click on the Table Settings link in this window and change your selection.

In the Value-based forecast, the sales and cost of sales sections are independent, so you can use as many rows as you want for sales and as many as you want for cost of sales.

Contoh: peramalan penjualan Pegasus Sports International

We feel that our sales forecasting is conservative. We will steadily increase sales as our advertising budget allows. Please refer to the Sales Forecast Chart in the Appendix portion of this plan.

35

Page 36: Isi Rencana Bisnis 2011

Program penjualan

Use this topic to list the information related to sales programs in your Milestones table, with their specific persons responsible, deadlines, and budgets.

Additional DetailEach sales-related program in your Milestones table should appear in this topic, along with relevant details:

How is this strategy to be implemented? Do you have concrete and specific plans?

How will implementation be measured?

36

Page 37: Isi Rencana Bisnis 2011

Contoh: program penjualan Pegasus Sports International

Our sales program consists of Internet advertising and skating magazine ads in order totarget our market. On the Internet, banner advertising utilizing link exchange services andhigh search engine placement will be our primary method of selling.We presently accept credit card orders through our website. We plan to capture the impulsebuyer market, which makes up 80% of all Internet sales.

Partner Strategis

Explain your strategic alliances, such as co-marketing, co-development, commission and cooperative arrangements.

Is your fate tied to that of any other company? Can you link your promotion or distribution strategies to another company or

companies?

Does this affect your marketing strategy, competitive edge, or positioning?

Contoh: partner strategis Pegasus Sports International

Cooperation between Pegasus Sports International and the local skate shops in both Veniceand Santa Monica, California, is very good. We hope that our growth will be mutual, sincesome of our products are designed for the skate shops.Since Terry's Cafe in Santa Monica is situated in a parking lot, where skate sailing can betaught and SkateSails can be sold, this can be our home site where we also can arrange theskate sailing excursions.

Milestones

Use this table to list the specific activities that are the core of your plan. In your plan outline, you have topics for discussing marketing programs and sales programs. Each program should be on this list, with its name, person responsible, department, budget, and deadline date.

To increase its power for implementation, this is the only table you can sort. For example:

Sort by manager and discuss the activities with each specific manager Sort by date and use it to set agenda items for monthly meetings

Additional DetailRemember that implementation depends on managers knowing that somebody will follow up on commitments made in the plan. If nobody will be following up on this table during the rest of the year, then it won't have much positive impact.

The milestones listed in the Milestones table following this topic are critical. This is where a business plan becomes a real plan, with measurable activities, instead of just a document.

Include as many specific programs as possible. For each program, give it a name, a person responsible, a milestone date, and a budget.

37

Page 38: Isi Rencana Bisnis 2011

Additional DetailGive your plan as many milestones as you can think of to make it more concrete. Then make sure that all your people know that you will be following the plan and tracking results.

The table includes columns to track spending and milestone dates, and also sort the table by person responsible, milestone date, budget, and by department.

Contoh: mailstones Pegasus Sports International

Sal M. Chavez will concentrate on sales and promotion, teaching skate sailing lessons inaddition to overseeing product development.Sandi M. Arnold will be in charge of production by making sure we have ordered the productsneeded to maintain a smooth production. Sandi will see to it that our orders will be filled andshipped to their destination.Beth A. Laird will be in charge of the administrative functions. Her duties will be to run theoffice. Beth is also our Web Master and will maintain and update our website.We will work as a team and help each other with all the work required for a smooth runningcompany. Together, we will do whatever it takes to succeed.

RINGKASAN MANAJEMEN

Summarize how many employees the company has, how many managers, and how many of the managers are founders. Is your team complete, or are there still gaps to be filled? Is your organizational structure sound, with job descriptions and logical responsibilities for all the key members?

Additional DetailParticularly with start-up companies, you may not have the complete team as you write the plan. In that case, be sure to point out the holes and weaknesses, and how you intend to fill them.

Contoh: ringkasan manajemen Pegasus Sports International

Our group has very diverse talents that seem to complement each other well. Our commonbond is our love for skating and fitness. We will create small businesses by teachingindependent producers how to make our products. We have developed partnerships so wecan control production quality and maintain exclusivity of all products produced.

Struktur Organisasi

38

Page 39: Isi Rencana Bisnis 2011

An organizational chart is a great way to visually communicate the organizational structure of your company. Typically, this chart is accompanied by a text topic that explains the structure of the organization.

Business Plan Pro provides you with the ability to create basic organizational charts. You can insert multiple organizational charts, but a typical business plan needs one at the most. An organizational chart may not be appropriate for your business plan. Home-based businesses and many small businesses simply don't have the need for this level of detail. If you don't need it, delete it, you can always insert it later.

Additional Detail

Your organizational chart is pre-loaded with a basic organizational structure to get you started. Right-click on an item in the organizational chart outline or use the toolbar above it to rename, insert, change the position of, or remove nodes from your chart. Each node added to the chart can have a description which you can edit by switching from chart view to description view. The descriptions will print with your organizational chart.

NOTE: The organizational chart will not print well if you create more boxes than will fit on a page. It isn't intended to replace detailed organizational charts drawn in software designed for that purpose only, it is a simple tool for practical organization charts used to explain your company structure as part of a business plan.

If your organizational chart grows bigger than what fits on a page, you can insert multiple organizational charts, and relate them with duplicate boxes, or text explanation. However, a typical business plan needs one simple organization chart at the most.

Explain the organizational chart that usually follows this topic. Keep the explanation short; your management team is described in detail elsewhere.

If you already have an organizational chart saved as a graphic, you can insert the image into this topic, or include the chart as an illustration in the appendix. You can also just describe the organizational structure in words, without a chart.

Contoh: struktur organisasi Pegasus Sports International

Pegasus Sports International is organized in three main functional areas: production, sales,and administrative. We all have our assigned jobs but can and will help each other in otherareas whenever necessary.Sal and Sandi will continue to cooperate on product development. Sal Chavez and SandiArnold, as owners, are willing to accept the wages of $20,000 Sandi and $15,000 Sal, for thefirst year in order to help Pegasus Sports International to grow past the break-even point,with the expectations of a steady growth in salary as Pegasus Sports International becomesmore successful.

Tim Manajemen

39

Page 40: Isi Rencana Bisnis 2011

List the most important members of the management team. Include summaries of their backgrounds and experience, using them like brief resumes. Describe their functions within the company.

Additional DetailFor plans that will go to potential investors, this topic is critical. Many venture capitalists turn to this section first, as they look at a new plan. They want to see the backgrounds of the key people in a company first because, if they do not like what they see there, then they will not bother reading anything else. You should include complete resumes as attachments to the plan.

Contoh: tim manajemen Pegasus Sports International

Sal M. Chavez, CEO, has over 23 years of skating experience and is the main force behindour company having earned the respect and good standing in the skating community. He hasnot driven an automobile in five years, instead skating for all his transportation needs.Because of skating instead of driving, he has not only regained his health, but is now in thebest health condition ever thanks to skating. He has worked as a designer of skate productsin the past for companies such as ZFlex, Dog Town, and Cheap Skates. This has given himsome insight into product development. For the last three years, he worked selling skates atlocal skate shops and has developed a feel for skaters' needs and market trends. In college,he majored in chemistry and physics, which has helped tremendously in identifying anddeveloping products that are applicable to our needs.Sandi M. Arnold, Vice President, loves skating for fitness and speed, which is a real asset forthe company. Her ability in the inventing process is invaluable. Sandi's ability to input ideaswhen developing products and production procedures makes her a perfect partner in ourendeavors.Beth Laird, our Administrator, and Web Master, has been skating for many years. Beth hasbeen doing our administration work and has been helping to make Pegasus SportsInternational a reality. Her computer and organizational skills are an imperative part of ourdevelopment.

Management Team Gaps

Specify where the team is weak because of gaps in coverage of key management functions. How will these weaknesses be corrected? How will the more important gaps be filled?

Additional DetailWhen start-up companies are looking for outside financing, it is not unusual to deal with gaps in the management structure by recognizing that the gaps exist and presenting plans to address them.

For example, a high-technology company gearing up to manufacture products might need a first-rate manufacturing manager, or a service manager. Their plan may still be credible, even if they have not found the right person, because it recognizes the need.

Contoh: management team gaps Pegasus Sports International

To maintain a lower start-up budget, Sal and Sandi will be the only salaried employees until

40

Page 41: Isi Rencana Bisnis 2011

at least nine months into our operation. We wish to bring Beth into a salaried position assoon as possible. Beth will receive a 10% commission on website orders until the companycan afford to hire her full-time. Beth will receive 10% of Pegasus Sports Internationalownership.

Rencana Personalia

Use this table to list your planned personnel by name, type, group, or any other convenient listing, and to assign compensation amounts.

Additional DetailThe structure of this table depends on choices you make in the Plan Setup.

If you choose a less-detailed, standard plan, then you get a simple list of personnel rows.

If you choose a more-detailed plan, you can divide your employees into separate category types. The standard types are Production, Sales and Marketing, General and Administrative, and Other.

You can also have a list that assigns a number of people per department and an average salary per person.

In any of these cases, you can insert rows, delete rows and change row labels as needed. You can include payroll taxes or not, depending on preference -- normally payroll taxes are included in a row in your Profit and Loss table among the expenses. The total in this table will go automatically into the Profit and Loss table, and also to the Payroll Expenses row in the General Assumptions table (so you can use it to calculate payroll taxes, and in cash spending, for example)

Contoh: rencana personalia Pegasus Sports International

The personnel plan calls for increasing head count by one more employee by April, 2000since an increase in forecasted sales necessitate more administrative help.Our aim is to increase salary and compensation in line with a projected increase in sales andprofits. Our overall personnel costs will be $35,000 for the first 12 months, which includes

principals only. The present personnel cost figure is subject to change as business demands it.

RENCANA KEUANGAN

41

Page 42: Isi Rencana Bisnis 2011

The Financial Plan section gives you an opportunity to summarize your financial statements, review your business ratios, and compare them to industry averages. It is time to start looking at the details.

This is a summary of your financial plan. For example: How fast is the business expected to grow? How do you intend to finance that growth?

Are you growing slowly and producing profits?

In the printed plan, this summary is followed by subtopics describing each of your tables in detail:

General Assumptions Break-even Analysis

Profit and Loss

Cash Flow

Balance Sheet

Ratios

If you followed the Task List task order, you have probably already written these subtopics.

Additional DetailAnother option is to summarize your financial plan in a more general way. This option fits when your financial plan is a significant piece of your expansion or your new business start-up, either because it involves new investment, or new loans, or a change in the way you do business with accounts receivable, or payables, or inventory. For example:

If you are planning to grow your service business and finance growth by increasing fees, that might be an element of a new financial plan.

A new long-term loan or major change in your short-term borrowing might also be part of a plan, even if these items don't show up clearly in the financial charts and tables that follow in the printed version.

Contoh: rencana keuangan Pegasus Sports International

Our goal is to borrow $50,000 for 10 years. Our present plan is to utilize the borrowed moneyfor the first year's operating capital, with cash input on a monthly basis. Such cash input willaid our operating costs and salaries. We should reach our break-even point after our firstyear. Upon receiving our loan, we would like to incorporate, as this will protect our company,investors, lenders, products, and stockholders. We expect sales to reach $473,843 after thefirst year, $1,104,890 after our second year, and $1,699,830 after the third year.If sales don't measure up to our expectations, this could add an additional six months and aninflux of another $20,000, which could be carried by credit card, but we don't expect this tohappen.These are our strong points:• We want to finance growth mainly through cash flow. We recognize that this meanswe will will have to grow at a slower pace than we would like, but this will enable us to

42

Page 43: Isi Rencana Bisnis 2011

build sales through investing in more advertising.• Our most important asset is inventory turnover. Our ability to schedule productionfrom month to month will help to control inventory costs.• Collection is not a problem, since we will be credited payment to our bank account in

two days by American Merchant Center for all our credit card sales over the Internet.

Start-up Funding

This table shows where your business will get its initial funding, and sets the starting balances for the Balance Sheet for cash, liabilities, and capital. The options included reflect real-world choices: either investment or borrowed money. It gets the requirements from the Start-up table, which lists your start-up needs.

You can adjust the investment requirement row by typing in detailed investment assumptions and naming the investors, and by typing in additional amounts for borrowing money as well. Notice that the investment requirement shrinks as you add borrowed money. This too reflects the realities in the real world.

Additional DetailTiming is the only difference between financing taking place here or after the plan starts. After the first day of the first month of the plan, any new investment or new loans will go in the Cash Flow table, not here.

Important: If you make no inputs to this table, then the table calculates investment to cover the start-up requirements, including the starting cash balance. Look at the important row named "Additional Investment Required," and recognize that your plan requires raising as much money as is shown in that row.

Use this topic to describe your Start-up Funding table, which by default is linked to the topic. Explain where your funding will come from, as investments and/or loans, and how this funding will cover the start-up requirements outlined in the Start-up table.

Asumsi Penting

This table keeps track of important assumptions (estimates) that affect your Profit and Loss, Balance Sheet, Cash Flow, and Ratios tables. The top section (General Assumptions) includes assumptions that are printed with your plan. The lower section (Calculated Totals) lists items used for ratios and formulas in other tables, but are not normally included in the printed plan.

Use this section to discuss important assumptions, including those covered in the General Assumptions table. Explain how key assumptions have affected your financial projections.

Additional DetailThere may be additional assumptions beyond the specific rows in your General Assumptions table. For example, you might be assuming something about economic conditions. Or you might be assuming that your competition is not going to release a new product during the next 12 months, or that it is. Assumptions of this type should be specified here.

Contoh: asumsi penting Pegasus Sports International

43

Page 44: Isi Rencana Bisnis 2011

The financial plan depends on important assumptions, most of which are shown in theGeneral Assumptions table. The key underlying assumptions are:• A slow-growth economy, without major recession.• No unforeseen changes in technology to make our products immediately obsolete.• Access to equity capital and financing sufficient to maintain our financial plan as presented in this table.

Indikator Keuangan Utama

This topic depends on the Benchmarks chart, which compares the following key indicators and how much they change over time:

Sales Gross margin

Operating expenses

Inventory turnover

Collection days

Explain the changes that appear on the chart:

Why do some factors change more than others? Does the level of change make sense?

How are you going to improve the factors your plan says will improve?

Additional DetailThe chart shows changes on a year-to-year basis rather than gross amounts. It uses indicator values that are set to compare changes with the base year showing up as 1.00 and all other years showing up as multiples from the base. For example:

Growing sales from $1 million to $2 million shows up exactly the same in the chart as growing sales from $20,000 to $40,000

Increasing collection days from 30 to 60 would show up the same as increasing inventory turnover from four to eight

The indicator value is a good way to compare different concepts on the same chart:

Sales and operating expenses are measured in gross amounts

44

Page 45: Isi Rencana Bisnis 2011

Gross margin is in percentage terms

Collection days are in days (how many days do you wait to get the money)

Inventory turnover is in turns per year (cost of goods sold divided by average inventory)

With sales, gross margin, and inventory turnover, the higher the better. With operating expenses and collection days, the lower the better.

Because of the way the chart is designed, it does not work for unusual values. For example, with sales growing from $50,000 in the base year to $10 million, the chart will be useless. If your sales are negative in the base year, the chart will show strange results.

In these cases, use your Plan Outline tools to unlink the Benchmarks chart and it will not print with your plan.

The Benchmarks chart is a good test for realism. If you say inventory turnover and collection days are going to improve, do you have business programs to make it happen? Are there specifics in your Milestones table? Is it realistic to show sales increasing much more than operating expenses? Use this topic to explain the background.

Contoh: indicator keuangan utama Pegasus Sports International

• The most important indicator is inventory turnover. We have to make sure thatturnover stays above 10, or we are clogged with inventory.

• Collection is not a problem, since payment to our bank is two days after receiving our orders via credit card. However, by October 1999, we will initiate skate shop sales and experience an approximately 30-45 day average payment delay. This could cause a change in cash flow, but can be easily managed.

45

Page 46: Isi Rencana Bisnis 2011

Break-even Analysis

The break-even analysis is an expected component of most business plans. This analysis shows how much revenue you need to meet both fixed and variable costs. By default, everything in this table is calculated for you from numbers in other tables.

The break-even is valuable for a quick look at risk, but it isn't a very exact analysis. Don't expect too much from it.

The analysis depends on assumptions for estimated monthly fixed cost, average per-unit revenue, and average per-unit variable cost. It assumes a standard month and requires averages for your business overall, not detailed unit pricing or unit costs.

Additional DetailAccording to financial textbooks, fixed costs would be those that you would pay even after you closed the business down, such as lease costs, interest and other costs you could not cancel. We suggest instead that you change that definition for this analysis and use your average running costs (including payroll, telephones, utilities, etc.) instead of fixed costs. This produces a more practical break-even point, which is the level of sales required for breaking even with your average running costs.

If you let it do it for you, Business Plan Pro will set your sales value to 1, and calculate your percent of variable costs by looking at your Sales Forecast. This works well for all forecasts. You can also override and type your own values.

For example, a simple pizza restaurant calculates that its materials cost about 45 cents per dollar of pizza sold. That makes the per-unit revenue 1, and the per-unit variable cost 0.45.

Explain the break-even assumptions from the Break-even Analysis table and chart that will normally print right after this topic. Include whatever detail you think is appropriate.

You might also cover the implications of the break-even. For a start-up company, you should compare the break-even point with your sales prospects. For an ongoing company, the break-even analysis should show that you are running comfortably above the break-even point.

Contoh: BEP Pegasus Sports International

Aside from the standard financial break-even shown, the following is a simplified breakdownof our first year's overall numbers in broad terms:

46

Page 47: Isi Rencana Bisnis 2011

47

Page 48: Isi Rencana Bisnis 2011

Proyeksi Cash Flow

The Cash is King section is critical because cash is critical to a business. Cash should not be confused with profits. Profits and cash are not equal because of the impact of capital, debts, and assets.

Work with your Cash Flow until your Cash Balance is positive. A negative cash balance means you are bouncing checks.

The Cash Flow table tracks the cash balance (your checking account) and cash flow (how much that balance changes) from month to month and annually. The cash balance should never be negative; if your cash balance is less than zero, then your checks are bouncing. The cash flow can be negative, and often is. Example: If the cash balance goes from $25,000 at the beginning of the month to $10,000 at the end of the month, then your cash flow will show as negative $15,000.

The Cash chart gives you an instant check on the cash balance and the cash flow. The Table Review (the last step in each Table Wizard) will check your cash balance to make sure it is positive for the duration of your plan.

Additional Detail Cash flow depends a great deal on cash-critical assumptions for how long you wait to get paid by customers, how long you wait to pay vendors, and how much inventory you keep on hand. These and some related cash-critical assumptions are laid out for you in three detail tables: Receivables Detail, Payment Detail, and Inventory Detail.

Because you have the Premier version, you also have the Cash Pilot, a graphic forecaster that lets you adjust these key assumptions to fine tune your cash forecast. You can explore the differences and scenarios related to these assumptions, and reset them directly if you want, using the Pilot's estimates (do that from the Pilot, not here). If you choose the Pilot estimates, you can still go back to the original default estimates by using the Edit menu > Formula Reset command in the related detail worksheets.

Your business plan is not finished until your cash balance is always positive. Wherever it shows negative, you need to borrow more money, or invest more capital, or sell assets, or take some other measure in the green cells to make that balance estimate turn positive. The Table Review will check your cash balance to make sure it is positive for the duration of your plan.

This chart shows your monthly Cash totals. There are two sets of vertical bars: Cash Balance is the more important of the two; it shows your projected cash balance

for each month and it should always be above zero. Net Cash Flow indicates the change in the balance for each month. It is not unusual

(or critical for the business) for Net Cash Flow to fall below zero in certain months, as long as the Cash Balance stays above zero.

These numbers come from your Cash Flow table. If you wish to change data in this chart, you must go to its corresponding table and make the changes there.

Explain the key elements of the pro forma cash flow, which presents projected changes in cash balances. Focus on the Monthly Cash Flow chart:

In most business plans, the cash flow is negative for some months.

48

Page 49: Isi Rencana Bisnis 2011

The cash balance, however, must not go below zero, because that would be equivalent to a negative balance in the checking accounts.

Additional DetailYou may choose to borrow money off of a credit line to support your weak months and pay it off during your strong months. You might also be looking for new investment to improve your cash flow, or taking out a long-term loan, or selling assets. Explain your plan here, in as much detail as you can.

Remember, your cash flow is critical. You spend cash, not profits. You can be a profitable business and have no cash. Many businesses are profitable when they die because they cannot get their money from inventory or receivables in order to pay their bills.

Contoh: PCF Pegasus Sports International

• We want to finance our first year's growth through a loan.• The most important indicator is inventory turnover. Our ability to schedule production

from month to month will help control inventory costs.• Collection is not a problem since we will be credited payment to our bank account in

two days by American Merchants Center, our credit card company for Internet sales.• Selling our products over the Internet will allow us full retail price and maximize our

profit.

49

Page 50: Isi Rencana Bisnis 2011

Proyeksi Rugi/Laba

Use this table for your row-by-row estimates for expense items. This is where you budget for expenses. You can add and delete rows to make this table match your accounting and your budgeting format. If you work with QuickBooks for accounting, you can use the QuickBooks import feature (more information in Help) to import your categories and balances from QuickBooks.

Additional DetailThe format for this table comes from standard accounting statements. It starts with sales at the top, then shows cost of sales. It subtracts cost of sales from sales to calculate gross margin. Then it lists operating expenses. Gross margin less operating expenses gives you earnings before interest and taxes (EBIT), which is also called gross profit. Then you subtract interest and taxes to get, at the bottom, Net Profit. That is the way accountants, bankers, and other knowledgeable financial analysts expect to see profit and loss.

50

Page 51: Isi Rencana Bisnis 2011

It has protected areas because it gets its numbers for sales, cost of sales, personnel costs, interest, and taxes from other tables. You cannot type into those rows because that information is created by other tables. You can click on them to see the formula involved, and you can use Row-by-Row help for more details, or the Edit > Formula Backstep command to jump directly to the source information.

Explain the important points of your Profit and Loss projections, such as percentage increase in sales and profits, your gross margins, and key budget items. How realistic are your sales and expense projections? How good do your numbers look?

The annual projections from your Profit and Loss table will print right after this topic in your plan outline.

Additional DetailIf you can, use this text to add some interest to the table. For example, you might note that you are spending less on sales and marketing expenses than the industry average because you are getting such great reviews in the consumer magazines.

The monthly values for the Profit and Loss table are printed in the appendix.

Contoh: R/L Pegasus Sports International

Our goal is to borrow $50,000 for the total of ten years. Our present plan is to utilize theborrowed money for the first year's operating expenses, with cash input on a monthly basis.Such cash input will aid in our advertising, operating costs, and salaries. This loan shouldhelp us maintain production and operating costs while developing our customer base andsales. Should sales lag, we plan to maintain solvency with credit card financing. We shouldreach our break-even point after our first year. We expect sales to hit $473,843 the firstyear, $1,104,870 our second year, $1,699,830 the third year. Our sales projection is veryconservative, considering the sales potential.

51

Page 52: Isi Rencana Bisnis 2011

Proyeksi Neraca

The Balance Sheet table shows the cash position for the business - its Assets and Liabilities at a specified time. The ironclad rule of Western double-entry bookkeeping and accounting is that assets are equal to capital and liabilities. This is what balance means.

Your Balance Sheet table is entirely calculated. There are no inputs.

Balances depend on your assumptions for profits and depreciation on the Profit and Loss table, on your assumptions for loans and investments and assets in the Cash Flow table, and on your assumptions in the Receivables Detail, Inventory Detail, and Payments Detail tables if your wizard settings include Sales on Credit, Inventory, and standard accounting.

Do not be surprised to find the business plan Balance Sheet more summarized than a Balance Sheet in your accounting statements; this is normal. Accounting needs to build the Balance from detail, but in a business plan, your Balance Sheet needs a one-to-one correspondence with your Cash Flow estimate.

Additional Detail You also have the advantage of the Cash Pilot to project your assumptions in the Receivables Detail, Inventory Detail, and Payments Detail tables. Use the Pilot

52

Page 53: Isi Rencana Bisnis 2011

graphics to explore assumptions and possible changes. The Cash Pilot gives you the option of adopting its estimates for those table assumptions.

NOTE: The Cash Pilot is only available if you selected a "more-detailed" business plan in the Plan Setup.

Explain your balance sheet. The Balance Sheet table includes all assets, liabilities and capital.

Add interest to the table by pointing out highlights. For example:

If your numbers look good, then your net worth is going to improve (net worth = assets less liabilities).

If you are bringing in new investments, point out the increase in equity capital.

If your liabilities go down, or working capital increases, then point that out.

Additional Detail Sometimes you need to note a concern or a weakness in the balance sheet. Maybe the balance sheet shows that you are weak on working capital or high in inventory and receivables. Business plans are not necessarily all good news. You might have to plan to improve the weaknesses in your balance sheet.

Contoh: PN Pegasus Sports International

As shown on the balance sheet in the following table, we expect a healthy growth in the networth to more than $1,664,260 by the end of the third year.

53

Page 54: Isi Rencana Bisnis 2011

Tabel Rasio Bisnis

This table includes several standard business ratios. These are formulas used by analysts (and particularly banks) to measure your projections against standard calculations, and, in some cases, to compare them to industry standards. Click on any cell to see the formula for its calculation.

The last column to the right is the Industry Profile, which is reserved for industry standard data. The Ratios Wizard makes it easy to find the standard ratios for your industry. Once completed, the Wizard will input the ratios directly into the Industry Profile column. You can also click the Resources tool in the toolbar for more background on sources of this information.

Explain the important points of the Ratio Analysis table that is normally linked to it. This table includes a collection of standard business ratios you are most likely to need when you submit a plan to a bank or to investors. It is important to backup your business plan with accurate research. If you are writing your plan to obtain funding, it is critical that your financials make sense to bankers and investors.

If you can, explain why some ratios change. If you can't really explain the changes, at least the ratios will be in your plan, calculated correctly, so that analysts who want to work with them can find them and use them as they wish.

Additional DetailThe importance of various ratios depends on the exact nature of your business. So does what is considered good, bad, and acceptable values. A return on investment (ROI) of 10% might be excellent in one industry and weak in another. Grocery stores return only 1% or 2% on sales, but hardware manufacturers return 10% or 20% on sales.

With business ratios, changes are often more important than absolute values. A debt-to-assets ratio of .5 might mean nothing by itself, but if it goes from .5 to .75 to 1, then the change is worth noting.

In addition, Business Plan Pro includes industry information showing how your business compares to others like it in similar industries. The Ratios Wizard makes it easy to find the standard ratios for your industry and will automatically input those ratios into your Ratios table. Additional Details about industry information can be accessed by clicking the Resources icon on the toolbar.

Contoh: RB Pegasus Sports International

Standard business ratios are included in the table, based on SIC code 3949. The ratio showsa plan for balanced and healthy growth.

54

Page 55: Isi Rencana Bisnis 2011

55

Page 56: Isi Rencana Bisnis 2011

56