Top Banner
Indonesia Fashion Week
28

DOWNLOAD Proposal IFW 2017

Jan 12, 2017

Download

Documents

vanphuc
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

1

IndonesiaFashion Week

2017

Page 2: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

2

©Indonesia Fashion Week 2017

©Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia

Sekretariat Indonesia Fashion WeekJl. Bumi no. 52 - 54, Kebayoran BaruJakarta Selatan 12120T/F +62 21 721 0015E. [email protected] www.indonesiafashionweek.id

PERUBAHAN LOGO

“Tidak ada yang tidak berubah kecuali perubahan itu sendiri” -Heraclitus

Perubahan adalah suatu keniscayaan, segala sesuatu di dunia ini senantiasa dan pasti mengalami perubahan. Di usianya yang ke-6, Indonesia Fashion Week mengusung perubahan dengan memperkenalkan logo baru. Transformasi logo ini adalah simbol dari semangat perubahan serta penegasan identitas dan orientasi kebudayaan yang tengah kami perjuangkan. Evolusi logo dari

MenjadiIndonesiaFashion Week

juga merupakan perwujudan tekad Indonesia Fashion Week dalam mendorong kemajuan industri fashion yang membawa ciri dan kerpibadian nasional. ID.FW dapat juga diartikan sebagai Indonesia Forward atau juga Identity Forward. Perubahan menuju lompatan-lompatan dan sukses-sukses besar dari industri mode tanah air.

2017

2

Page 3: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

3

IndonesiaFashion Week

2017

Page 4: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

4

2017

4

Page 5: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

5

IndonesiaFashion Week

2017

Pertumbuhan ekonomi kreatif, tidak cukup ditopang oleh pengembangan jiwa kreatif semata, tetapi juga pengembangan jiwa kewirausahaan agar ekonomi kreatif dapat tumbuh secara berkelanjutan. Dan dalam era globalisasi ekonomi saat ini, perjuangan untuk mengembangkan kebudayaan nasional serta meninggikan mutu artistiknya merupakan tugas kita semua, dalam hal ini pelaku fashion industry.

Hal ini terasa semakin mendesak mengingat bahwa negara-negara yang kita kenal maju di berbagai belahan dunia, dapat memperkuat fondasi ekonominya hanya dengan tetap mempertahankan kepribadian budayanya masing-masing. Demikian juga halnya apabila kita ingin mengejar keteringgalan dari bangsa lain yang telah maju, pilihan satu-satunya adalah kembali kepada akar budaya kita sendiri.

P E N G A N TA R

Indonesia Fashion Week yang dihadirkan oleh APPMI merupakan upaya pengembangan baik kualitas maupun kuantitas sumber daya sebagai pelaku industri kreatif yang merupakan lokomotif ekonomi kreatif Indonesia, terutama para pengrajin atau UMKM.

Page 6: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

6

Dunia fashion di Indonesia saat ini sudah semakin berkembang, diiringi munculnya beragam kegiatan yang dilakukan tidak hanya sebatas di kota besar saja seperti Jakarta, tapi juga menyebar ke daerah. Industri fashion yang dikolaborasikan dengan pariwisata telah menjadi daya tarik budaya tersendiri, yang mempu menambah pendapatan nasional suatu bangsa. Pemerintah Indonesia dengan berbagai upaya tengah memprioritaskan pembangunan pariwisata di 10 destinasi unggulan. Kesepuluh tempat itu adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo-Tengger-Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai.

Dalam menyambut program pariwisata unggulan tersebut, Indonesia Fashion Week 2017 berupaya ikut memberikan kontribusi dan berusaha memperkuat program dimaksud dalam bidang fashion industry, dengan mengangkat tema “Celebrations of Culture”.

Penyelenggaraan Indonesia Fahion Week setiap tahun sejak 2012 yang lalu, telah sukses menjadikan industri fashion tanah air menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Produk fashion berbasis budaya menjadi tren dan inspirasi busana yang terus menguat. Sekalipun upaya ini masih belum maksimal, namun jalan menuju pengarus utamaan budaya nasional semakin terbuka lebar. Lebih-lebih apabila upaya ini dapat disatukan dengan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku fashion industry.

Indonesia Fashion Week 2017 akan menjadi perayaan budaya dengan memanfaatkan kearifan budaya lokal dalam konteks masa kini dan masa yang akan datang.

Page 7: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

7

Setelah pada tahun sebelumnya mengambil tema Reflections of Culture, pagelaran Indonesia Fashion Week 2017 akan mengetengahkan tema Celebrations of Culture. Tema ini adalah kelanjutan dari upaya Asosiasi Perancang Pengusdaha Mode Indonesia (APPMI) sebagai organisasi yang menaungi pelaku fashion industry dalam mengembangkan kebudayaan sebagai salah satu benteng pertahanan ekonomi nasional.

Semangat menghadirkan kembali kebudayaan nasional dalam ajang fashion terbesar di tanah air ini, dilandasi oleh kenyataan sejarah bahwa kebudayaan Indonesia adalah merupakan salah satu kebudayaan yang paling kaya dan paling beragam diantara bangsa-bangsa di dunia . Tumbuh kembang kebudayaan Indonesia dalam kurun waktu yang panjang teresebut, telah memungkinkan bangsa Indonesia menciptakan peradaban yang unggul pada masa lampau. Peninggalan-peninggalan sejarah berupa bangunan dan arsitektur lainya, tulisan-tulisan serta teknik produksi tekstil yang ada dan masih terjaga hingga hari ini, membuktikan tingginya tingkat perkembangan kebudayaan kita.

T E M A 2 0 1 7

Selebrasi Budaya Berbasis Pariwisata

Dari segi fashion, Indonesia memiliki perkembangan budaya yang sudah maju dan tinggi. Ragam jenis, corak dan bentuk pakaian, tekstil, serta produk fashion seperti asesoris, perhiasan dan lain sebagainya, tumbuh melalui dialektika sejarah yang panjang juga. Masing-masing sukubangsa memiliki ciri khasnya sendiri. Masing-masing membentuk budaya dan kepribadiannya, yang selanjutnya menambah serta memperkaya aspek kebudayaan nasional kita. Dari pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Maluku sampai ke Papua, dapat kita temukan fashion yang ribuan ragamnya.

Industri fashion yang dikolaborasikan dengan pariwisata telah menjadi daya tarik budaya tersendiri, yang mempu menambah pendapatan nasional suatu bangsa. Pemerintah Indonesia dengan berbagai upaya tengah memprioritaskan pembangunan pariwisata di 10 destinasi unggulan. Kesepuluh tempat itu adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo-Tengger-Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai.

Page 8: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

8

2017

8

Page 9: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

9

Dengan mengambil tema Celebrations of Cultures, Indonesia Fashion Week 2017 secara khusus akan menerapkan standar acara dan kepesertaan, baik dalam fashion show, kompetisi, atau dalam kegiatan eksebisi dengan perincian sebagai berikut:

1. Pagelaran IFW 2017 dengan tema Celebrations of Culture atau selebrasi budaya mengambil inspirasi dari program pembangunan destinasi wisata unggulan pemerintah.

2. Seluruh kemasan akan dibuat sedemikian rupa sehingga mewakili semangat program pembangunan 10 destinasi pariwisata unggulan pemerintah dan sekitarnya (Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo-Tengger-Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi dan Morotai). Tata panggung, fashion show, kepesertaan pameran dan kompetisi akan diarahkan pada penguatan identitas Indonesia.

3.Panitia akan melakukan kurasi secara selektif terhadap seluruh tenant agar produk yang dibawa kedalam IFW dapat disesuaikan dengan tema acara. Keragamaan budaya Indonesia dan perkembangan indusri fashion berbasis budaya dalam tahun-tahun terakhir ini, menjadi jaminan bahwa konsep ini akan dapat diikuti oleh para pelaku fashion industry di Indonesia.

4. Pemerintah di 10 provinsi dan sekitarnya, yaitu Sumater Utara, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Tenggara dan Maluku agar dapat memanfaatkan ajang IFW 2017 sebagai panggung untuk mendorong perkembangan pariwisata dan budaya masing-masing, terutama perkembangan tekstil dan produk fashionnya.

5. Dalam pengaturan venue, panitia akan membentuk kluster atau zoning berdasarkan gugus kepulauan yang mencerminkan ke-10 provinsi di atas. Sehingga dengan demikian akan memudahkan bagi para pengunjung untuk mengenal dan menikmati selebrasi budaya dalam Indonesia Fashion Week 2017. Selain kluster atau zoning berdasarkan gugus kepulauan di atas, panitia tetap akan menyediakan ruang untuk peserta yang membawa produk dengan kriteria lebih beragam, dengan tetap menampilkan budaya dan kepribadian Indonesia.

KO N S E P P E N Y E L E N G G A R A A NI F W 2 0 1 7

CELEBRATIONSOF CULTURESPerayaanBudaya

Page 10: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

10

Danau Toba Tanjung Kelayang Tanjung Lesung Kepulauan Seribu BorobudurBromo-Tengger-SemeruMandalika Labuan Bajo Wakatobi dan Morotai

2017

10

Page 11: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

11

Page 12: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

12

TA R G E T P E N G U N J U N G

SES A+, A, B, CFashion DesignersStudents, EducatorsPolicy MakersMediasFashion EthusiastsPublic in General

2017

12

Page 13: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

13

IFW 2014 -

80,000IFW 2015 -

120,000 IFW 2016 -

126,000

D ATA P E N G U N J U N G

Page 14: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

14

IndonesiaFashion Week

2017

2017

14

Page 15: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

15

R A B U S / D M I N G G U

2 5 J A N U A R I - 2 9 J A N U A R I 2 0 1 7

J A K A R TA C O N V E N T I O NC E N T R EJ A L A N J E N D . G AT O T S U B R O T OJ A K A R TA 1 0 2 7 0

P R O G R A M

ExhibitionFashion Show

CompetitionSeminar, Workshop & Talkshow

2017

Page 16: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

16

2017

16

Page 17: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

17

20+ Fashion Show

350-400 Exhibition Booth

Page 18: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

18

2017

18

Page 19: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

19

Program - program seminar, talkshow, workshop diselenggarakan untuk dapat menunjang peningkatan daya kreativitas dan pondasi bisnis para pelaku industri mode di tanah air.

Acara ini akan menyatukan semua elemen penting dari fashion designer, lembaga akademis, industri kecil, pengrajin, bisnis, asosiasi, hingga pemerintah.

Perlunya ajang pertemuan para pengambil kebijakan, asosiasi profesi, pengusaha, desainer, pengrajin, lembaga keuangan, dan masyarakat untuk meningkatkan komitmen, bersinergi dan berkoordinasi secara aktif dan positif dengan memanfaatkan kearifan budaya lokal dalam konteks masa kini dan masa yang akan datang.

Fashion tidak lagi tampil apik hanya pada kemasan luarnya saja, namun juga memiliki kearifan dan kepedulian terhadap sosial, budaya dan lingkungan.

menyatukan semua elemen penting dari fashion designer, lembaga akademis, industri kecil, pengrajin, bisnis, asosiasi, hingga pemerintah.

S E M I N A R / W O R K S H O P /TA L K S H O W

Page 20: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

20

Page 21: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

21

Menyadari pentingnya peran generasi penerus sebagai pelaku dalam menggiatkan industri mode tanah air, IFW menggagas ajang kompetisi untuk menjaring talenta baru yang tak hanya kreatif dan inovatif namun juga memiliki kemampuan kewirausahaan melalui program Indonesia Young Fashion Designers Competition (IYFDC).

KO M P E T I S I

Kompetisi ini terbuka bagi calon dan desainer Indonesia dari sekolah-sekolah fashion yang ada.

2017

INDONESIA YOUNGFASHION DESIGNERSCOMPETITION

Page 22: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

22

F L O O R P L A N - M A I N L O B B Y

Page 23: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

23

F L O O R P L A N -A S S E M B LY H A L L

Page 24: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

24

F L O O R P L A N - M A I N L O B B Y

Page 25: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

25

Page 26: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

26

2017

26

Page 27: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

27

JADWAL KEGIATAN &

KOMUNIKASI

P R O M O S I

2017

Layout Planning

Penjualan Booth & Slot Fashion Show

Pendaftaran Peserta Kompetisi

Kegiatan Promosi dan Publikasi

Kurasi Calon Peserta Pameran

Penjurian Kompetisi Tahap 1

Jumpa Pers 1

Kompilasi Peserta Pameran & Show

Distrubisi Undangan

Setting Up Venue

Jumpa Pers 2/ IFW 2017

Agst Sept Okt Nov Des Jan1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4

Page 28: DOWNLOAD Proposal IFW 2017

2017

28

Indonesia

©Indonesia Fashion Week 2017©Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia

Sekretariat Indonesia Fashion WeekJl. Bumi no. 52 - 54, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12120T/F +62 21 721 0015, E. [email protected] - www.indonesiafashionweek.id