Teori Atom & Notasi Atom

Post on 25-Jun-2015

1670 Views

Category:

Documents

16 Downloads

Preview:

Click to see full reader

Transcript

1.MENDESKRIPSIKAN PERKEMBANGAN TEORI ATOMA. Teori Atom DaltonJohn Dalton pada tahun 1805 mengemukakan teori atom secara ringkas sebagai berikut :[a] Semua materi terdiri atas atom-atom, yaitu suatu partikel-partikel terkecil yang sudah tak terbagi.[b] Atom suatu unsur sejenis sama, tetapi berbeda untuk atom unsur tak sejenis.[c] Pada reaksi kimia terjadi pemutusan ikatan dan penggabungan atom-atom.

Smartchem1.wordpress.com

Kelemahan :Pada perkembangan selanjutnya ditemukan berbagai fakta yang tidak dapat dijelaskan oleh teori tersebut, antara lain :# Tidak dapat menjelaskan sifat listrik materi.# Tidak dapat menjelaskan gejala kelistrikan dalam materi.# Tidak dapat menjelaskan daya gabung unsur-unsur. Misalnya mengapa satu atom oksigen dapat mengikat dua atom hidrogen membentuk air.

Lambang Atom Dalton

B. Teori Atom ThomsonMenurut Thomson, atom terdiri atas materi bermuatan positif dan elektron-elektron tersebar di antara muatan tersebut, bagaikan kismis dalam roti kismis.

Kelemahan :Tidak dapat menerangkan dinamika reaksi kimia yang terjadi antara atom.

Model Atom Rutherford

Kelemahan :Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron yang beredar mengelilingi inti tidak jatuh ke inti karena ada gaya tarik-menarik antara inti dan elektron.

C. Teori Atom Rutherford – Bohr[1] Atom merupakan susunan berongga yang mirip sistem tata surya.[2] Seluruh muatan positif dan seluruh massa atom terpusat pada inti atom. Pada inti atom terdapat proton dan neutron.[3] Elektron-elektron beredar mengelilingi inti dalam lintasan dengan tingkat energi tertentu.[4] Selama beredar pada lintasannya, elektron tidak mengalami perubahan energi.[5] Elektron dapat berpindah dari tingkat energi rendah ke tingkat energi yang lebih tinggi jika menyerap energi dan sebaliknya.

1)Notasi Penulisan partikel sub AtomNotasi atom ialah cara penulisan sub atom dalam atom.Penulisan lambang atom X dengan nomor atom (Z) dan massa atom (A) adalah :

XAZ(jika ditulis dalam tabel periodik) dimana X = lambang atom suatu unsurZ = nomor atomZ = jumlah proton (p) Z = jumlah elektron (e-) untuk atom (netral)A = nomor massaA = jumlah proton (p) + jumlah neutron (n)

Atom netral p = e

n = A – p

Ion positif Atom yang melepaskan elektron, p > e atau e < p

Contoh: zAX+a atom X melepaskan elektron sebanyak a elektron

p = z

e = p – a

n = A – p

Ion negatif Atom menangkap elektron, e > p

zAX-b atom X menangkap ellektron sebanyak b elektron

p = ze = p + bn = A – p

p = Ze = Zn = (A – Z)Notasi atom netral

XAZ

Li73

Na2311

Contoh :[1] Atom Lithium

memiliki 3 elektron, 3 proton, dan 4 neutron

memiliki 11 elektron, 11 proton, dan 12 neutron

[2] Atom Natrium

Latihan Soal :Tentukan jumlah elektron, proton, dan neutron dari atom-atom berikut !

C126

Br8035

F199

Kr8436

32713 Al

Xe13154

23216S

Ba13756

23919Ca

[a] [f]

[b] [g]

[c]

[h]

[d]

[i] [e]

P = 13

e = 13 – 3

= 10

n = 27 – 13

= 14

top related