PRINSIP DASAR LAYOUT

Post on 15-May-2015

7674 Views

Category:

Technology

13 Downloads

Preview:

Click to see full reader

Transcript

CHAPTER 07

PRINSIP PRINSIP PRINSIP PRINSIP DASAR DASAR DASAR DASAR LAYOUTINGLAYOUTINGLAYOUTINGLAYOUTING

ELEMEN LAYOUT

• Layout memiliki banyak sekali elemen yang mempunyai peran berbeda-beda dalam membangung keseluruhan layout. Untuk membuat susunan layout yang maksimal, setiap designer perlu mengetahui peran masing-masing element tersebut

ELEMEN LAYOUT• Dengan mengetahui elemen layout, maka seorang

designer dapat lebih mudah menekankan prisip –prinsip design layout yang lebih baik dan lebih dapat dipahami oleh target audiencenya.

• Elemen tersebut antara lain:– HEADER

– JUDUL UTAMA

– SUB JUDUL

– FOTO

– ILUSTRASI

– BODYTEKS

– TEXT BOX / FRAME

– PULL QUOTES

– FOOTER

– NOMOR HALAMAN

PRINSIP LAYOUT• Setelah mengetahui elemen layout, seorang designer

haruslah bisa menyusun elemen tersebut sedemikianrupa sesuai prinsip dasar teknik layouting, yaitu:

– SEQUENCE

– EMPHASIS

– BALANCE

– UNITY

SEQUENCE• SEQUENCE adalah urutan perhatian yang digunakan

dalam Lay-out.

Menurut hasil penelitian Poynter Institue – sebuah sekolah jurnalisme di US :75% orang membaca secara methodical, yaitu berurutan dari atas kebawah, sisanya 25% disebut dengan scanning readers, karena melihat halaman secara acak/random.

EMPHASIS• EMPHASIS adalah teknik memberikan penekanan

tertentu pada layout

BALANCE

• BALANCE adalah teknik mengatur keseimbangan pada layout

Keseimbangan SimetrisKeseimbangan SimetrisKeseimbangan SimetrisKeseimbangan SimetrisKeseimbangan simetris dapat dikiaskan sebagai keseimbangan cermin, berarti, sisi-sisi yang berlawanan harus sama persis untuk menciptakan keseimbangan.Bila kita menarik garis lurus pada bagian tengah maka, bagian yang satu akan menjadi cerminan bagi yang lain. Keseimbangan simetris ini sering disebut juga dengan keseimbangan formal.

Keseimbangan AsimetrisKeseimbangan AsimetrisKeseimbangan AsimetrisKeseimbangan Asimetris• Keseimbangan yang terjadi bila objek-objek berlawanan

tidak sama atau seimbang, misalnya sisi satu memiliki objek lebih kecil dari objek yang lainnya. Keseimbangan Asimetris dapat memberi kesan santai dan casual, namun demikian penggunaan asimetris akan memiliki kesulitan tersendiri bagi desainer, karena ia harus menentukan layout dengan teliti untuk memberikan kesan bahwa desain tersebut masih seimbang. Dalam membuat tata letak yang asimetris agar tetap terlihat seimbang, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan.

Keseimbangan Keseimbangan Keseimbangan Keseimbangan AsimetrisAsimetrisAsimetrisAsimetris WarnaWarnaWarnaWarnaWarna dapat menjadi penyeimbang antara objek yang besardengan objek yang lebih kecil. Bila sebuah objek lebih besar dariyang lain gunakan warna harmonis yang serasi dengan objektersebut.

UNITY• UNITY adalah menciptakan kesatuan secara keseluruhan.

top related