Cara Praktis Berkaroke Di Komputer

Post on 19-Oct-2015

2036 Views

Category:

Documents

8 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

Ubah komputermu menjadi mesin karaoke gratis di rumah.

Transcript

  • 18/200926

    Workshop Membuat Karaoke

    Hanya Audio

    Inilah Defi nisinya!

    Karaoke, salah satu bentuk hiburan yang awalnya berkembang di Jepang, kini sudah bisa Anda temui dimana-mana. Mulai dari yang menggunakan koin, sampai yang memiliki fasilitas rekaman dan ruangan mewah.

    Di beberapa forum Internet dan dari beberapa surat pembaca yang masuk, selalu ada pengguna komputer yang menanyakan bagaimana cara menghilangkan vokal dari sebuah lagu. Sehingga nantinya dia bisa turut bernyanyi alias karaokean dengan lagu yang diinginkan.

    Sejujurnya, membuat sebuah lagu karaoke hanya dengan menggunakan

    komputer saja sebenarnya hampir tidak mungkin. Hal ini dikarenakan fi le audio atau MP3 yang biasa kita dengar sehari-hari adalah sebuah fi le analog yang dimana seluruh track didalamnya sudah bercampur. Yang dimaksud track di sini adalah jalur suara yang berisi masing-masing instrumen musik termasuk vokal. Jika track tersebut sudah bercampur, maka akan sulit sekali memisahkannya, kecuali Anda seorang ahli dalam bidang audio.

    Oleh karena itu, nanti hasil lagu yang Anda dapat tidak akan sesempurna lagu aslinya. Tapi daripada tidak ada sama sekali, maka tidak ada salahnya kita mencoba beberapa trik yang akan dibahas ini.

    Pada bagian ini kami akan menjelaskan cara membuat karaoke dalam bentuk audio saja. Yang artinya hasil yang nanti Anda dapat adalahkan sebuah lagu minus vokal. Kita akan membahasnya, mulai dari yang paling mudah dipraktikkan.

    Karaoke OnlineBerkat keajaiban Web 2.0, kini Anda bisa menikmati berbagai kegiatan offl ine secara online, termasuk karaoke. Ada banyak website yang menyediakan fi tur karaoke secara online. Yang dibutuhkan hanya mic, browser yang sudah dilengkapi fl ash player dan koneksi Internet aktif tentunya.

    Salah satu website untuk karaoke ini adalah www.karaokeparty.com. Kita akan coba menjelaskannya un-tuk Anda:

    1Jalankan browser, dan buka www.karaokeparty.com.2Pilih lagu yang diinginkan, lalu klik Sing it. 3Pada jendela peringatan yang muncul, klik Allow.

    4Di kotak pertama pilih Instru men tal, pasang mic Anda, lalu Start.

    5Tunggu proses loading lagunya hingga selesai, dan akan muncul tampilan karaoke-nya. Winamp + Vocal RemoverYang kita butuhkan di sini adalah Winamp, yang pastinya Anda sudah punya dan familiar dengan aplikasi ini. Yang kedua adalah plugin Winamp bernama Vocal Remover yang bisa Anda download di www.winamp.com/plugins/details/54368, dengan fi le berukuran 177 KB.

    1Pastikan Winamp sudah terinstal lebih dahulu.

    2Jalankan installer Vocal Remover, dan arahkan instalasinya ke folder C:\Program Files\Winamp\Plugins\.

    3Setelah proses instalasi Vocal Remover selesai, jalankan Winamp, dan tekan + untuk membuka jendela Preferences. 4Di dalamnya, pilih item Plug-ins, DSP/Effect, kemudian klik dua kali pada AnalogX Vocal Remover.

    ID3Salah satu bentuk metadata yang bi-asanya digunakan oleh format MP3. Di dalamnya berisi informasi seperti judul, artis, album, nomor track, dan berbagai informasi lain yang disim-pan langsung di dalam fi le MP3 itu sendiri.

    LAMEAplikasi yang dipakai untuk meng-encode audio ke dalam format MP3. LAME merupakan singkatan dari LAME Aint an MP3 Encoder, karena pada awal pengembangannya LAME memang bukan sebuah encoder. LAME mulai dikembangkan pada pertengahan 1998, dan menggunakan model lisensi GNU LGPL.

    Media Player ClassicMedia player compact untuk Windows yang tampilannya mirip dengan Win-dows Media Player 6.4, tapi dilengkapi dengan fi tur dan berbagai opsi yang ada di media player modern. Media Player Classic awalnya dikembangkan oleh seorang programer berjuluk Ga-best. Awalnya dikembangkan sebagai aplikasi close source tapi kemudian diubah menjadi free software di bawah lisensi GNU GPL.

    MIDI Singkatan dari Musical Instrument Digital Interface. Sebuah standar yang diadopsi oleh industri musik elektronik untuk mengontrol alat lay-aknya synthesizer atau sound card. Standar MIDI sudah didukung oleh banyak synthesizer, jadi suara bisa diciptakan dalam satu synthesizers dan dimanipulasi pada synthesizers lain. Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mengolah MIDI ini, salah satunya adalah Cakewalk.

    SubtitleTeks dari dialog fi lm yang ditampil-kan di bawah layar. Subtitle dapat berupa terjemahan dialog dalam ba-hasa asing, atau berupa dialog dalam bahasa yang sama tapi ditambahkan informasi tertentu yang ditujukan buat penonton tuna rungu.

    Windows Movie MakerAplikasi video editing yang diser-takan secara default dalam Microsoft Windows. Berisi berbagai fi tur seperti efek, transisi, narasi dan sebagainya. WMM mulai diperkenalkan di tahun 2000 melalui Windows ME, tapi kalah bersaing dengan iMovie dari Apple. Versi terbaru WMM adalah versi 2.6 yang disertakan dalam Win-dows Vista.

    Workshop.indd 26Workshop.indd 26 25/08/2009 20:14:3225/08/2009 20:14:32

  • 18/2009 27

    Membuat Karaoke Workshop

    5Coba mainkan sebuah la-gu, kemudian tarik slider Vocal Remover ke nilai yang Anda inginkan. Semakin tinggi nilainya, ma-ka vokalnya semakin tidak terdengar. Tapi musik yang mengiringinya juga akan ter-ganggu sehingga terdengar agak berbeda dengan aslinya.

    File MP3 aslinya tidak akan diutak-atik oleh Vocal Remover ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Terus Anda mungkin bertanya, liriknya bagaimana? Karena bukan karaoke namanya kalau tidak ada liriknya. Untuk lirik, silakan baca artikel di bawah lebih lanjut.

    Audacity + Lyrics PluginMeningkat ke yang agak susah, kali ini kita akan mencoba menghilangkan vokal secara manual dari fi le MP3 yang biasa kita dengar sehari-hari. Setelah itu, liriknya akan muncul secara otomatis di layar.

    Untuk melakukan aksi ini, kita butuh Audacity yang bisa di-download gratis dari audacity.sourceforge.net dengan ukuran fi le 7,6 MB atau dari CD PC Mild edisi 12/2009. Sedangkan untuk menampilkan liriknya, kita butuh Lyrics Plugin untuk Winamp yang bisa di-download dari www.lyricsplugin.com, dengan ukuran fi le 63 KB. Dan tidak lupa koneksi Internet aktif:

    1Instal Audacity seperti biasa. 2Setelah selesai, jalankan Au-da city, dan load MP3 yang ingin dijadikan karaoke. Klik menu , . Lalu, pilih lagunya.

    3Di tanda panah yang ada di track, pilih Split Stereo Track.

    4Track akan berubah menjadi dua, left dan right. Sekarang, klik track Right atau yang bawah, pilih menu Effect, Invert.

    5Berikutnya, ubah kedua track men jadi Mono. Klik tanda pa-nah nya, dan pilih Mono.

    6Sekarang coba mainkan lagunya. Jika berhasil, maka vokalnya tidak akan terdengar lagi.

    7Untuk menyimpan nya, klik pada menu , . Edit metadata-nya,

    lalu klik OK.

    8Selanjutnya beri na ma, dan simpan da lam for-mat WAV.Penyimpanan dalam for-

    mat MP3 bisa dilakukan jika Anda sudah menginstal LAME MP3 encoder yang bisa di-download dari http://lame.buanzo.com.ar/.

    Setelah bereksperimen dengan beberapa fi le MP3, kami mendapati bahwa tidak semua MP3 bisa diperlakukan dengan cara seperti ini. Ada lagu yang vokalnya hampir hilang dengan sempurna, dan ada lagu yang masih terdengar jelas vokalnya.

    Setelah lagunya ada, sekarang tinggal liriknya:

    1Instal Lyrics Plugin ke lokasi C:\Program Files\Winamp\Plugins\.2Jalankan Winamp, tekan + untuk masuk ke Preferences.3Di item Plug-ins, pilih General Purpose, dan klik dua kali pada Lyrics Plugin.

    4Akan muncul jendela baru yang bisa me-nampilkan lirik lagu yang sedang dimainkan saat itu di Winamp.

    Lirik akan muncul se -lama ada koneksi In ter -net aktif, dan ID3 fi le MP3 ter sebut diisi lengkap dan detail, terutama di bagian Artist dan Title.

    Karaoke Menggunakan MIDIBila Anda perhatikan, lagu-lagu dalam format MP3 yang sudah diutak-atik dengan metode-metode di atas tadi, nadanya pasti berubah. Tidak lagi seperti aslinya. Jika Anda menginginkan sebuah lagu karaoke yang setelah vokalnya dihilangkan tapi nadanya tidak berubah, maka jangan gunakan MP3, tapi gunakan MIDI.

    Tidak seperti MP3, fi le MIDI pada umumnya terdiri dari beberapa track yang dipisah. Jadi bila dibuka dengan aplikasi yang tepat, Anda bisa melihat track khusus untuk vokal, gitar, bas, drum,

    dan lain-lain. Track-track tersebut bisa dimatikan sesuai dengan yang kita mau atau dalam hal ini karena untuk karaoke, maka track vokal yang dihilangkan. Cuma saja, musik dalam format MIDI terdengar kurang merdu, karena MIDI adalah audio dalam bentuk digital.

    Untuk berkaraoke dengan MIDI, Anda bisa menggunakan Anvil Studio yang bisa di-download dari www.anvilstudio.com/mstudioZ.exe, dengan fi le berukuran 3,73 MB:

    1Instal Anvil Studio seperti biasa.

    2Setelah diinstal, jalankan Anvil Studio, dan klik menu , .

    3Pilih fi le MIDI yang ingin dijadikan karaoke. File MIDI ini bisa dengan mudah Anda cari dengan bantuan www.musicrobot.com.

    4Jika ada peringatan yang muncul, klik Yes.

    5Akan terlihat susunan track yang ada di dalam MIDI tersebut. Tujuan kita adalah menghilangkan track vokalnya. Pilih track yang bernama vocal, lalu geser slider volumenya hingga ke angka 0.

    6Untuk menyimpannya, klik menu , .

    7Sekarang, coba dengarkan MIDI tersebut, maka vokalnya sudah hilang dan tidak ada perubahan nada di musiknya.Sedikit tip, trik ini juga bisa dipakai buat Anda yang sedang

    berlatih alat musik, apakah itu gitar, bass, drum, dan sebagainya. Jika ingin berlatih gitar, maka tinggal matikan track yang berisi suara gitar. Jadi, Anda tidak perlu memiliki sebuah band jika ingin melatih permainan gitar Anda dalam sebuah lagu. Dan satu lagi, seandainya di dalam daftar track itu tidak ada namanya, maka Anda harus mencari satu per satu track mana yang ingin dimatikan.

    Workshop.indd 27Workshop.indd 27 25/08/2009 20:14:4325/08/2009 20:14:43

  • 18/200928

    Workshop Membuat Karaoke

    3Lalu klik pada menu , . Pilih video karaoke-nya. Pilihlah video yang belum di-edit sehingga kata-katanya masih terdengar jelas.

    4Sebagai contoh, lirik lagu dalam video yang kami jadikan percobaan adalah seperti ini. Sekarang, posisikan slider di akhir kata room diucapkan. Lalu, klik tombol End subtitle. Saat

    tombol itu ditekan, timing-nya akan muncul di kolom Hide, dan akan langsung otomatis berpindah ke baris berikutnya.

    5Sekarang, posisikan slider di akhir kata bunker diucapkan. Klik kembali tombol End Subtitle. Lakukan aksi ini seterusnya sampai lagunya selesai atau per bait. Terserah Anda.

    6Sekarang posisikan slider di awal kata this pertama yang diucapkan. Klik baris nomor 1, dan klik tombol Set start time.

    7Pindah ke baris nomor 2, posisikan lagi slider di awal kata this kedua yang diucapkan. Lalu, klik tombol Set start time. Lakukan aksi ini seterusnya sampai lagunya selesai atau per bait.

    8Klik kembali baris nomor 1, lalu tulis lirik atau kata yang muncul di kotak yang tersedia. Dalam contoh kami, lirik yang muncul adalah this grey room.

    Setelah tadi kita sudah membahas cara mudah membuat sebuah lagu karaoke tanpa visual, sekarang kita akan membuatnya dengan tambahan visual seperti yang ada di tempat-tempat karaoke pada umumnya.

    Aplikasi yang kita butuhkan di sini cukup banyak, tapi semuanya gratis. Cuma tidak seperti karaoke pada umumnya, tulisan teks lagu yang muncul warnanya tidak bisa berubah mengikuti kata yang seharusnya dinyanyikan saat itu. Teksnya cuma muncul seperti layaknya subtitle pada fi lm.

    Menggabung Audio dan Video

    1Siapkan lagu dan video yang ingin digabungkan menjadi karaoke. Untuk lagu, fi le-nya bisa berupa MP3. Lalu, praktikkan trik di atas yang menggunakan Audacity.

    2Untuk videonya, bisa berupa AVI atau WMV. Anda bisa men-download video yang dibutuhkan melalui YouTube. Cara men-download dari YouTube sudah pernah kami jelaskan di edisi 14/2009. Usahakan lagu dan videonya memiliki durasi waktu yang sama.

    3Sekarang, buka Windows Movie Ma-ker dari menu Start. Klik tom bol Import Media.

    4Lalu, pilih fi le lagu dan video yang sudah disiapkan.

    5Drag fi le video dan lagu ke dalam timeline yang ada di bawah.

    6Lalu, klik menu , . Ge ser slider-nya ke bagian Audio/Music. Aksi ini bertujuan agar suara yang muncul difokuskan ke suara dari lagu, bukan dari videonya.

    7Sekarang, klik Play dan mainkan videonya. Jika durasi antara lagu dan video sama, pasti tidak ada masalah. Karena keduanya pasti sudah sinkron.

    8Untuk menyimpannya, klik menu , .

    9Selanjutnya, pilih opsi This Computer , dan klik Next.

    10Beri nama dan lokasi penyimpanan sesuka Anda.

    11Pilih opsi More Settings, dan pilih kualitas video yang diinginkan. Lalu, klik Publish.

    12Tunggu prosesnya hingga selesai. Proses ini tergantung dari kualitas video yang Anda pilih dan kemampuan komputer Anda.

    Membuat SubtitleSekarang, Anda sudah memiliki sebuah video karaoke. Yang kurang hanya tampilan lirik di video tersebut. Untuk menambah lirik ke dalam video, kita membutuhkan aplikasi Subtitle Workshop yang bisa di-download dari www.urusoft.net/downloads/subtitleworkshop251.zip dengan ukuran fi le 1,03 MB. Tidak lupa, siapkan juga lirik lagu yang ingin ditaruh di video tersebut. Di sini Anda akan membutuhkan kejelian dalam membaca timing kapan kata akan diucapkan. Proses ini baru proses membuat subtitle-nya saja, belum proses penggabungan ke video.

    1Instal Subtitle Workshop seperti biasa.

    2Jalankan Subtitle Workshop, klik menu , .

    Audio & Video

    Workshop.indd 28Workshop.indd 28 25/08/2009 20:14:4825/08/2009 20:14:48

  • 18/2009 29

    Membuat Karaoke Workshop

    4Sekarang, jalankan VirtualDub. Lalu, pilih menu File, Open video file. Pilih video yang sudah siap untuk

    ditambahkan teks.

    5Lanjutkan dengan mengklik menu Video, Filters. Klik Add , arahkan ke TextSub , dan klik OK.

    6Akan muncul jendela lagi, klik Open , dan arahkan ke subtitle yang tadi sudah kita buat. Klik OK.

    9Pindah ke baris dua, tulis lagi lirik yang muncul, contohnya this bunker. Sehingga hasil akhirnya akan seperti ini.

    10Coba mainkan videonya. Apakah kemunculan teks-nya sinkron dengan lagunya. Bila tidak sinkron, edit lagi timing-nya di bagian sini.

    11Lalu, simpan dalam format SubRip.

    Dari sini, sebenarnya prosesnya sudah hampir jadi. Jika Anda taruh video karaoke dan subtitle ini di dalam folder yang sama dengan nama yang sama , maka saat dimainkan dengan

    Windows Media Player Classic, sudah mirip dengan karaoke yang sebenarnya.

    Menggabungkan Audio + Video dengan TeksAgar lebih afdol, langkah terakhir yang akan kita lakukan ini adalah menggabungkan semua komponen. Tujuannya adalah agar saat video ini dimainkan di berbagai perangkat multimedia, teksnya juga ikut muncul. Sebab jika antarteks dan videonya masih terpisah, jika videonya dimainkan di perangkat tertentu, misalnya PSP atau iPhone, teksnya tidak akan muncul.

    Aplikasi yang dibutuhkan adalah VirtualDub dari http://virtualdub.sourceforge.net dengan fi le berukuran 1,5 MB atau dari CD PC Mild edisi 12/2009. Aplikasi kedua adalah VobSub dari www.afterdawn.com/software/video_software/subtitle_tools/vobsub.cfm dengan ukuran fi le 716 KB. Lalu pastikan juga berbagai codec, terutama XviD, sudah terinstal di komputer Anda:

    1Ekstrak hasil download VirtualDub ke folder sesuka Anda. VirtualDub sifatnya portabel. Bisa langsung dipakai tanpa ada instalasi.

    2Instal VobSub, dan pastikan opsi VobSub for VirtualDub dan TextSub for VirtualDub and AviSynth juga turut dipilih di bagian plugins.

    3Masih dalam jendela instalasi VobSub, tentukan lokasi VirtualDub. Lokasinya sesuaikan dengan folder Anda mengekstrak VirtualDub.

    7Kembali ke jendela utama VirtualDub, di menu Vi deo, pastikan opsi Full pro cessing mode dipilih. Lalu, klik Compression.

    8Pilih codec yang Anda inginkan , lalu OK.

    9Di menu Audio, pas-tikan opsi Direct stream co py dipilih.

    10Terakhir, klik me-nu File, Save as AVI. Beri nama dan

    lokasinya sesuka Anda.

    11Video akan di-render, dan lamanya proses rendering tergantung dari durasi videonya dan kemampuan komputer Anda.

    CATATAN: Bila Anda membutuhkan aplikasi untuk meng-convert format WMV ke AVI, MP4 ke AVI, WAV ke MP3 dan lain-lain, PC Mild pernah menyertakan sekumpulan aplikasi media converter di CD edisi 10/2009. Anda bisa menggunakan Any Video Converter atau Format Factory.

    Workshop.indd 29Workshop.indd 29 25/08/2009 20:14:5225/08/2009 20:14:52

top related