Top Banner
01 September 2015 // The Magazine of Wings Air September 2015 Tarakan Tak Hanya Bekantan
52

WINGS SEPTEMBER 2015

Jul 23, 2016

Download

Documents

wings.magazine

TARAKAN, PANTAI SENGGIGI, AIR TERJUN KEDUNG PEDUT, BATTLE OF THE TOYS 2015
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: WINGS SEPTEMBER 2015

01September 2015 //

The Magazine of Wings Air September 2015

TarakanTak Hanya Bekantan

Page 2: WINGS SEPTEMBER 2015

02 // September 2015

Page 3: WINGS SEPTEMBER 2015

1September 2015 //

Page 4: WINGS SEPTEMBER 2015

2 // September 2015

4 News

8 Spot

10 Reflection

31 Leisure

32 Movie Review

34 Book Review

35 Music Review

36 Hot Stuff

38 Guide

42 Info

45 Welcome Aboard

46 Wings Air Route

contentsSEPTEMBER 2015

22 TravelLombok

18 AutomotiveHonda CRf1000l Africa Twin

12 SpecialTarakan

18

28

Cover September 2015‘Tarakan’Ilustrasi: Richard Archie

26 TravelKulon Progo

28 DestinationJakarta

12

Page 5: WINGS SEPTEMBER 2015

3September 2015 //

President DirectorAchmad Hasan

Director of OperationCapt. Redi Irawan

Director of TechnicsMuhammad Rusli

Director of CommerceRudy Lumingkewas

Director of FinanceEdward Sirait

General Manager Safety, Security and QualityCapt. Iyus Susianto

Corporate LegalDr. Harris Arthur Hedar, S.H., M.H.

MAGAZINE

Cockpit’s Note

Publisher Makhfudz Sappe

Editor in ChiefRistiyono

Art DirectorGerald Manuel

EditorFaisyal • Riman Saputra N • Dody Wiraseto •Priyanto Sismadi • Safari A. Husain

MarketingRirin Tri Astuti • G. Hardianto•Amrul Alam • Aman Sugandhi (Surabaya)• Qurratu Ainie Partono (Surabaya)Fernandito Haka (Bali)

Illustrator & DesignerRichard Archie F.M. •Muhammad Saleh Hanif

Finance & AdministrationAde Kristanti • M. Zaky • Alvidha Septianingrum • M. Solichin

AdvertisingT. +62 21 9849 4404f. +62 21 3151 668Email. [email protected] 0821 10 88 22 00

www.issuu.com/wings.magazineDapat juga dibaca di

Selamat Hari Raya Idul Adha 1436 HSebagai penyedia jasa transportasi udara yang menghubungkan seluruh wilayah Nusantara, pastilah ketersediaan pesawat menjadi hal yang sangat utama. Saat ini kami telah mengoperasikan 41 unit pesawat ATR 72 series yang kami pesan langsung dari pabriknya di Toulouse, Prancis. Kedepannya jumlah ini akan terus bertambah. Selain

menambah jumlah armada, kami juga menambah rute baru. Harapannya dengan bertambahnya armada, pembukaan rute baru, dan penambahan frekuensi terbang pada rute yang sudah ada semakin mempermudah mobilitas masyarakat Indonesia keseluruh wilayah Indonesia.

Rasa syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya. Bulan lalu Lion Air Group menerima kedatangan pesawat Boeing yang ke-150 yang akan dioperasikan oleh Lion Air. Pesawat Boeing 737-800NG ini berkapasitas 189 penumpang. Hingga akhir tahun ini Lion Air Group mendatangkan 27 pesawat, yang terdiri dari pesawat Boeing B-737 NG series, Airbus A-320 series dan ATR 72 series.

Pada kesempatan ini juga kami mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Adha 1436 H” kepada seluruh penumpang yang merayakannya. Terimakasih atas kepercayaan penumpang sekalian terbang bersama kami.

Akhir kata, selamat menikmati penerbangan Anda.

Achmad HasanDirektur Utama

Page 6: WINGS SEPTEMBER 2015

4 // September 2015

News

Lion Air Group menerima pesawat Boeing 737-800NG ke-150. Pesawat berkapasitas 189

penumpang itu akan dioperasikan Lion Air untuk penerbangan rute domestik sebagai upaya penambahan kapasitas dalam negeri maupun regional, seperti Kuala Lumpur dan Singapura.

Kehadiran pesawat ke-150 – merupakan bagian dari total pemesanan pesawat sebanyak 794 unit pesawat yang akan diterima sampai 2030. Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait, menerangkan, sampai akhir 2015 Lion Air Group akan mendatangkan 27 pesawat lagi, yang terdiri dari pesawat Boeing B-737 NG series, Airbus A-320 series dan ATR

Lion Air Group Sambut Pesawat ke 150

72 series untuk meningkatkan kapasitas suplai tempat duduk untuk penerbangan domestik maupun regional.

Edward Sirait berharap penambahan pesawat ini dapat meningkatkan kinerja Lion Air seiring kenaikan jumlah penumpang transportasi udara. Tingkat ketepatan waktu penerbangan (On Time Performance/OTP) Lion Air pun telah meningkat dari sebelumnya 75 persen menjadi rata-rata 77 persen.

“Bahkan pada hari-hari tertentu, OTP kami telah mencapai 85-87 persen. Saat ini dari hari ke hari sedang kami tingkatkan,” kata Edward di Terminal 1A Bandara International Soekarno-Hatta, Cengkareng, Rabu (19/8).

Seremonial penyambutan pesawat Lion Air Group ke-150 setiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ditandai penyiraman badan pesawat dengan water canon, setelahnya dilakukan pemecahan kendi oleh Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait beserta Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi. Dilanjutkan pengalungan bunga kepada pilot dan co-pilot yang menerbangkan pesawat ke-150 ini.

Selain Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait, acara ini dihadiri juga antara lain Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi, Direktur Lion Air Service Daniel Putut, dan Direktur Operasional Lion Air Capt. Sogi Prakoso.

Hingga saat ini Lion Air Group mengoperasikan 244 unit pesawat yaitu, Lion Air mengoperasikan 103 pesawat, Batik Air 28 pesawat, Wings Air 41 pesawat, Malindo Air 23 pesawat, Thai Lion Air 14 pesawat, Lion Bizjet dua pesawat, dan Angkasa Aviation Academy mengoperasikan 23 pesawat latih.

Saat ini maskapai Lion Air, Batik Air, dan Wings Air telah terbang ke 126 rute domestik dengan total 554 flight setiap hari.

Page 7: WINGS SEPTEMBER 2015

5September 2015 //

Page 8: WINGS SEPTEMBER 2015

6 // September 2015

KagUm Hotels HAdIRkAN SERElA GRoGol

SERELA GROGOL JAKARTA merupakan properti terbaru yang kini turut bergabung dalam jajaran 28 Hotel yang dikelola KAGUM Hotels. Pengelolaan

Hotel ini diresmikan dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Kerjasama Pengelolaan Hotel oleh Asep Supardi, selaku President Director KAGUM Hotels, dengan Direktur Utama PT ANGLO MAPEL INDONESIA Gunawan Liento di Jakarta, 20 Agustus 2015. “Pertengahan 2015 ini KAGUM Hotels kembali menghadirkan hotel terbarunya yaitu Serela Grogol. Bertempat dikawasan Jakarta Barat - Serela Grogol, merupakan Hotel Serela ke – 8 yang rencananya akan beroperasi pada awal September 2016 dan grand opening 16 November 2016,” ucap Asep Supardi selaku President Director KAGUM Hotels.

News

Dalam rangka menyambut ulang tahun pertama hotel yang jatuh pada 1 Agustus 2015, Swiss-Belinn Airport Jakarta mengadakan kegiatan sosial, aktivitas demo masak, dan kelas kecantikan yang melibatkan warga sekitar. Kegiatan ini bertujuan mempererat silaturahmi dengan warga sekitar dengan Swiss-Belinn Airport Jakarta. Demo masak diikuti Executive Chef Swiss-Belinn Airport Ari Hidayat dan Chef De Partie Chef Swiss-Belinn Airport Ulil Albab, serta ibu-ibu PKK yang berasal dari kecamatan sekitar. Mereka mengreasikan dua menu istimewa, yaitu udang goreng presto dan pudding. Dua hidangan ini tidak sulit diolah, namun memiliki tampilan menarik, mewah, dan cita rasa yang lezat.

Di hari ulang tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-70, Grand Istana Rama Hotel, Kuta, Bali turut memperingatinya dengan menggelar beragam permainan hiburan. Permainan hiburan diadakan untuk para pegawai dan juga para tamu hotel. Sabtu, (15/8/ 2015), Grand Istana Rama Hotel, bertempat di Poolside hotel, acara dibuka tepat pukul 10.00 dengan sambutan General Manager, NW Teddy Tantra dan dilanjutkan dengan panjatan doa. Setelah itu, acara diteruskan dengan kegiatan fun Games, yang dimulai lomba makan krupuk. Dalam acara ini ada sembilan perlombaan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam.

swiss-Belinn airport JaKarta MENGAdAkAN dEMo MASAk

Perayaan Kemerdekaan

FaveHotel ZainUl ariF in FuN, FRESH & FRIENdly

Archipelago International kembali akan membuka favehotel terbaru di Ibukota, tepatnya di Jalan KH. Zainul Arifin, Jakarta Pusat, pada 13 Agustus 2015. Berada di kawasan strategis, hotel ini menawarkan akses ke daerah utara dan pusat bisnis, daerah pecinan, kota tua, serta dekat dengan kantor–kantor pemerintahan di sekitar Istana Kepresidenan. Penginapan ini miliki 84 kamar super bersih dan berdesain kontemporer, dilengkapi tempat tidur mewah, nyaman, sandaran bantal, selimut halus yang hangat. Sementara akses WiFi kecepatan tinggi di seluruh area hotel membuat para tamu selalu terhubung dengan dunia luar, dan TV LED menawarkan pilihan hiburan menyenangkan. Kafe eklektik hotel

menawarkan sarapan yang sederhana, tetapi memiliki beberapa pilihan menu, serta banyak pilihan makanan ringan dan sehat yang dapat dipesan sepanjang hari.

Page 9: WINGS SEPTEMBER 2015

7September 2015 //

ASIAN luNcH BuFFET ala CipUtra

Ciputra Cibubur meluncurkan promo Asian Lunch Buffet, yaitu promo buffet all you can eat yang menyajikan ragam makanan dari beberapa negara di kawasan Asia. Menu andalan yang ditawarkan dalam Asian Lunch Buffet, di antaranya

roast duck, roast chicken, dan steam boat yang terdiri dari pilihan sayuran, mie, aneka dimsum dan hakau. Untuk menyantap sajian Asian Lunch Buffet, juru masak sudah menyiapkan pilihan hidangan berkuah, yaitu kuah kaldu ayam dan kuah sup tom yum khas dari Thailand. “Harga yang ditawarkan cukup menarik, hanya dengan Rp 123,966++ per orang, dan bisa menyantap semua sajian,” jelas Dede Rachmat, Food and Beverage Manager Hotel Ciputra Cibubur.

Hotel amaroossa RESMIkAN kANToR PuSAT

Memasuki semester kedua tahun 2015, Hotel Amaroossa yang berada di bawah Amaroossa Group, meresmikan kantor pusat yang berlokasi di Perkantoran Gandaria 8 Jakarta. Ini merupakan langkah awal pengembangan sayap dari enam hotel berkonsep butik yang telah dikelola. Dengan konsep The Boutique Hotels for Quality Seekers, Hotel Amaroossa telah memiliki dan mengelola beberapa hotel, di antaranya Hotel Amaroossa Bandung, Hotel Amaroossa Suite Bali, Hotel Royal Amaroossa Bogor, Hotel Cosmo Amaroossa Jakarta, Hotel Amaroossa Grande Bekasi, dan yang terbaru Little Amaroossa Residence, Jalan Cipete Raya, Jakarta.

Eksplorasi Songket di Pekan Museum Tekstil 2015

Museum Tekstil Jakarta kembali mengadakan Pekan Museum Tekstil 2015. Di acara ini diangkat ragam kain songket

di Indonesia dalam pameran bertajuk “ Ragam Songket Nusantara & Tradisi

Tenun Serupa” atau “ Indonesian Songket & Similar Weaving Traditions”. Pameran

akan berlangsung mulai 19 Agustus sampai 20 September 2015 ini bertempat di gedung utama Museum Tekstil. Di sini

disajikan tenun songket unggulan dan Teknis Serupa Nusantara koleksi Museum

Tekstil, Museum Nasional, beberapa Museum Provinsi di Indonesia dan para

kolektor tenun seperti Okke Hatta Rajasa, Georges Breguet. Selain itu diadakan pula peluncuran buku-buku berjudul “ floating

Threads” yang ditulis Judi Achjadi dan diterbitkan Sriwijaya Pustaka Indonesia,

bazar sastra dan buku, diskusi tenun, workshop tenun dasar dan membatik

gratis, serta pentas kesenian dan musik.

taUZiakuMPul BERSAMA MEdIA

Tauzia Hotel Management – operator hotel dan real estate terkemuka di Indonesia beberapa hari lalu mengadakan acara kumpul bersama media di Harris Hotel Kelapa Gading dengan tajuk “Always to Gether.” Acara ini ditujukan untuk mempererat hubungan antara kantor pusat Tauzia, tim marketing hotel dengan media nasional. “Media selalu menjadi partner kami dalam berkomunikasi sama publik. Rasanya sangat tepat untuk merayakan kesuksesan perusahaan kami dengan membuat acara semacam ini,” ujar Yosua Tanuwiria, Program Manager & Corporate Communications Manager Tauzia

Page 10: WINGS SEPTEMBER 2015

8 // September 2015

Spot

Hotel Syariah Pertama

Hotel berkonsep syariah ini sebenarnya sudah beroperasi setahun yang ditandai

perayaan ulang tahun pertamanya Agustus lalu bersamaan acara grand opening-nya. Q Grand Dafam Syariah Banjarbaru hadir di tengah-tengah masyarakat Banjarbaru yang sedang berupaya memajukan industri pariwisata mereka. Seperti diketahui bahwa Banjarbaru terkenal sebagai Kota Intan karena memang di wilayah ini terdapat pendulangan intan terbesar di daerah Martapura.

Q Grand Dafam Syariah Banjarbaru

di BanjarbaruSelain sebagai penghasil batu

permata yang mampu menarik perhatian para turis, masih banyak potensi wisata yang bisa kita jumpai kala berada di kota ini. Salah satunya adalah pasar terapung Lok Baintan dan Muara Kuin yang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Tentu saja Q Grand Dafam Syariah Banjarbaru yang dikelola oleh Dafam Hotel Management menjawab kebutuhan akomodasi para pelancong maupun pebisnis selama berada di kota ini. Ini merupakan hotel dengan konsep syariah pertama yang dikelola oleh Dafam Hotel Management.

Hotel ini menjadi akomodasi yang

sangat tepat jika Anda sedang berkunjung

ke Banjarbaru. Selain dekat dengan bandara,

juga dekat dengan pusat penjualan batu

permata. Hanya sekitar 15 menit kita bisa

sampai ke Pasar Batu Permata Martapura

Page 11: WINGS SEPTEMBER 2015

9September 2015 //

Hotel bintang empat ini berada di lokasi yang sangat strategis tepat di jantung kota. Menyatu dengan Q Mall-pusat perbelanjaan terbesar dan terlengkap di Banjarbaru. Dapat ditempuh hanya 20 menit dari Bandara Banjarbaru Syamsudin Noor, hotel berlantai tujuh ini menawarkan berbagai fasilitas yang menarik. Q Grand Dafam Syariah Banjarbaru memiliki 148 kamar yang terbagi menjadi tujuh tipe kamar yaitu Deluxe, Executive, Executive Premium, Executive Balcony, Junior Suite, Royal Suite, dan President Suite. Hotel syariah ini juga dilengkapi fasilitas

Q Grand Dafam Syariah Banjarbaru Jalan A. Yani km 36,8 Banjarbaru Kalimantan Selatan - Indonesia

Tel. +62 511 477 0099  • Fax. +62 511 477 0936 • Website: www.dafamhotels.com

seperti Tanuhi Swimming Pool, Sandayuhan Smart Gym, Kweni Sky Garden, Junjung Buih Restoran, Kasturi Lounge, meeting room dan ballroom berkapasitas 2500 orang. Selain itu terdapat pula Mushala Al Madinah di lantai empat guna memudahkan wisatawan yang menginap untuk melakukan ibadah shalat.

Hotel ini menjadi akomodasi yang sangat tepat jika Anda sedang berkunjung ke Banjarbaru. Selain dekat dengan bandara, juga dekat dengan pusat penjualan batu permata. Hanya sekitar 15 menit kita bisa sampai ke Pasar Batu Permata Martapura.

Memasuki hotel ini terasa nyaman, mulai dari area lobby hingga kamar yang luas. Di semua kamar disediakan perlengkapan shalat seperti sajadah, sarung, mukena, dan Al Quran. Selain itu, pada jam-jam waktunya shalat di semua area hotel akan terdengar kumandang adzan. Sehingga setiap tamu yang menginap dapat dengan nyaman menjalankan ibadah shalat di dalam kamar. Atau bisa juga shalat ke mushala Al Madinah yang berada di lantai empat. Intinya, bagi Anda yang menginginkan hotel berkualitas, bersih, dan nyaman, Q Grand Dafam Syariah Banjarbaru pilihannya.

Page 12: WINGS SEPTEMBER 2015

10 // September 2015

Reflection

Suatu ketika, seorang musisi ternama ditanya oleh seorang reporter. Pertanyaannya adalah hal apa yang paling

menyenangkan dirinya selama menjadi musisi. Sang musisi menarik nafasnya dan berpikir sejenak. Lalu ia menjawab, ”Hal yang paling menyenangkan bagi saya sebagai musisi bukanlah uang banyak yang saya per oleh dari penjualan piringan lagu saya.” Lalu ia terdiam sejenak. ”Bukan juga dari tepuk tangan meriah para penonton ketika saya me nyelesaikan pentas.” Sang reporter penasaran menanti jawaban sang musisi. Dan akhirnya sang musisi pun menjawab, ”Yang paling menyenangkan bagi saya adalah ketika saya sedang menciptakan sebuah lagu, dan saya mencari-cari sebuah nada

yang tepat untuk lagu tersebut. Lalu ting ... .” Sang musisi memperagakan bunyi sebuah not dari piano. ”Ting ... ting ... ting ..., ya inilah nada yang tepat.” Sang musisi mengulang-ngulang bunyi not piano tersebut. ”Ya, hal yang paling menyenangkan adalah ketika menemukan sebuah nada yang tepat.”

Setiap hari miliaran orang di seluruh dunia terbangun dari tempat tidurnya untuk melakukan berbagai aktivitas rutin mereka. Para ayah mencari nafkah. Para ibu mengurus rumah tangga atau bekerja membantu suaminya. Para anak pergi sekolah atau kuliah. Para prajurit berjaga, para pedagang membuka gerai mereka, dan para seniman menghasilkan karya. Pertanyaannya, apa yang menggerakkan orang-orang tersebut? Sebagian orang akan menjawab uang.

oleH : Jemy v ConFiDo

The Mystery of PassionTapi bagi yang lain, jawaban tersebut tidak cukup. Uang mungkin akan menggerakkan kita untuk melakukan apa yang kita lakukan, tapi uang tidak selalu bisa membuat kita melakukan semua itu dengan kegairahan. Ada hal lain yang memberikan kegairahan kepada kita dalam melakukan segala sesuatu. Hal itu adalah passion. Bagi musisi, passion ia dapatkan ketika ia menemukan nada yang tepat. Kesenangan yang dirasakan bisa melampui hal-hal lain termasuk uang yang ia peroleh maupun tepuk riuh para penonton. Uang atau popularitas bisa membuat seseorang melakukan sesuatu namun passion bisa membuat orang tersebut melakukannya dengan kegairahan yang luar biasa. Untuk membuktikannya, marilah kita telusuri kisah hidup Michelangelo Buonarroti.

Terlahir sebagai anak ke-dua dari keluarga bangsawan yang jatuh miskin, Michelangelo diharapkan oleh ayahnya bisa menjadi saudagar yang sukses. Karena ibunya sakit-sakitan, Michelangelo kecil dititipkan pada keluarga pemotong batu. Alih-alih menjadi saudagar, pada usia sangat muda Michelangelo malah sudah mahir menggunakan alat-alat dasar memahat. Karena dititipkan pada keluarga orang lain, Michelangelo baru masuk sekolah pada usia 10 tahun dan ia sama sekali tidak tertarik pada pelajaran. Pada usia 14 tahun, Michelangelo dikenalkan kepada pelukis kenamaan Domenico Ghirlandaio dan resmi menjadi muridnya. Setahun kemudian, ia menjadi murid di sekolah seni pahat di Florence milik Lorenzo. Di bawah bimbingan ahli pahat, Bertoldo di Giovannni, Michelangelo kemudian memasuki dunia seni yang ia jalani selama 70 tahun lebih.

Latar belakang hidupnya yang terlahir sebagai anak dari keluarga miskin dengan beban hidup yang

Page 13: WINGS SEPTEMBER 2015

11September 2015 //

situasi seperti itu dan sebagian lagi berusaha mencari kesempatan lain yang lebih merangsang passion mereka. Mana yang sebaiknya Anda pilih? Passion memang memberikan energi yang sangat kuat kepada siapa pun untuk menghadapi berbagai rintangan yang dihadapinya. Namun, beralih bidang kerja dengan alasan passion juga bukanlah pilihan yang mudah untuk dilakukan karena memulai segala sesuatu dari awal akan membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. Untuk itu, perlu kalkulasi yang cermat dan pertimbangan ya ng matang sebelum Anda memutuskan berganti bidang kerja atau beralih profesi.

Bukan pergantian bidang kerja atau profesi yang sesungguhnya dibutuhkan melainkan menemukan hal-hal yang bisa menjadi passion-lah yang lebih penting. Sayangnya, banyak orang mencoba menemukan passion hanya pada level permukaan saja sehingga gagal mendapatkan passion. Sebagai contoh, seorang penyanyi yang berpikir hiruk pikuk penonton merupakan passion bagi dia, akan luntur gairahnya ketika menyaksikan tempat konser yang sepi.

Pertanyaannya, bagaimana kita bisa menemukan passion tersebut? Well, tidak setiap orang mendapatkan jawaban yang sama dalam hal ini. Apa yang menjadi passion bagi orang lain, belum tentu menjadi passion bagi Anda meskipun Anda mengerjakan hal yang sama. Namun demikian, saya bisa memastikan bahwa siapa yang memiliki passion yang lebih kuat, dia akan bisa bertahan lebih lama dan memiliki kemungkinan berhasil lebih besar.

sangat berat karena masih memiliki 3 orang adik memberikan pilihan sulit kepada Michelangelo antara pekerjaan yang disenangi dan pekerjaan yang tersedia. Dengan latar belakangnya tadi, Michelangelo bisa melukis dan memahat dengan sangat baik namun dengan kadar passion yang jauh berbeda. Michelangelo melukis untuk mencari nafkah tapi memahat untuk memberinya kebahagiaan. Karena passion, sejak kecil Michelangelo rela sembunyi-sembunyi baik dari ayahnya maupun gurunya hanya agar ia bisa memahat. Michelangelo juga nekad membedah mayat agar ia bisa lebih memahami struktur otot manusia sehingga kelak ia bisa menghasilkan patung yang benar-benar ’hidup’. Passion jugalah yang membuat Michelangelo bisa memahat malam hari dengan menggunakan topi yang dipasangi lilin. Michelangelo juga pernah bekerja 20 jam sehari karena begitu bergairah untuk memahat sehingga jatuh sakit. Bahkan, bagi Michelangelo, menikah akan membuat ia tidak bisa leluasa memahat sehingga ia memilih membujang.

Sebaliknya, Michelangelo melukis hanya bila ada pemesan yang memintanya dengan imbalan uang yang menarik. Pada waktu itu, lukisan dianggap lebih bernilai seni dibandingkan patung sehingga pelukis dibayar lebih mahal dibandingkan pemahat. Meskipun Michelangelo tersinggung dengan sikap para pemesan lukisan yang mau membayar lebih mahal dari harga patung, Michelangelo tetap mengerjakan lukisan karena ia membutuhkan uang. Satu lagi alasan Michelangelo mau melukis adalah karena ia ingin membuktikan bahwa melukis tidaklah sesulit memahat. Michelangelo melukis dinding selatan gereja Florence untuk ’menantang’ Leonardo Da Vinci yang

telah melukis dinding utara gereja tersebut. Karena Da Vinci kurang hati-hati saat mengerjakan lukisan tersebut, maka beberapa tahun kemudian warna lukisan tersebut meleleh dan lukisan tersebut pun hancur. Da Vinci akhirnya mengakui kemampuan Michelangelo dan meminta maaf kepadanya karena telah sembarangan mengkritik karya-karya pahat Michelangelo. Memang Michelangelo sempat menemukan kegairahan pada saat melukis fresko di langit-langit gereja Sistine sehingga ia sempat mengalami kebutaan karena matanya sering terkena tetesan cat. Namun passion yang ia dapatkan bukan pada lukisan itu sendiri melainkan pada kisah yang ia lukiskan. Seandainya Michelangelo bisa memilih untuk hanya memahat selama hidupnya, ia akan melahirkan lebih banyak karya besar yang fenomenal seperti Pieta, Daud, Musa, Malam, Fajar dan Senja. Namun, sayangnya, sepanjang hidupnya Michelangelo tidak selalu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion-nya.

Seperti halnya Michelangelo, demikian pula kita yang bekerja atau berprofesi di era modern sekarang ini. Hal yang paling ideal adalah bila kita sudah memiliki passion dengan apa yang kita kerjakan sekarang. Namun dalam kehidupan ini, tidak banyak hal yang memenuhi kondisi ideal tersebut. Jutaan orang di luar sana bekerja tanpa memiliki passion terhadap apa yang dikerjakannya. Tuntutan ekonomi akhirnya mengalahkan hasrat kebanyakan orang untuk melakukan sesuatu yang disukainya. Sebagian memilih untuk tetap berada dalam

Passion memang memberikan energi yang sangat kuat kepada siapa pun untuk menghadapi

berbagai rintangan yang dihadapinya.

Page 14: WINGS SEPTEMBER 2015

12 // September 2015

Special

Page 15: WINGS SEPTEMBER 2015

13September 2015 //

teKs & Foto RISTIyoNo

TarakanTak Hanya Bekantan

Pernahkah Anda menjumpai hutan bakau di tengah kota dengan bekantan hidup bebas bergelayutan di antara pohon bakau? Itu hanya ada di Tarakan. Ya, monyet pemalu berhidung besar ini seakan menyambut setiap orang yang berkunjung di Tarakan.

Tarakan merupakan pulau kecil di wilayah Kalimantan Utara, dan di pulau ini terkandung “emas hitam” yang luar

biasa banyak. Tarakan bak berada di atas tanki alam minyak dan gas bumi. Bahkan minyak disini sudah diendus dan dieksplorasi oleh Hindia Belanda sejak 1918. Bukan hanya Belanda, Jepang juga menduduki Tarakan saat Perang Dunia II meletus. Jepang tahu bahwa kualitas minyak di sini sangat bagus, bahkan pada masa itu bisa langsung dipakai sebagai bahan bakar mesin-mesin perang mereka tanpa perlu disuling lagi.

Sebenarnya banyak potensi wisata kota ini terutama wisata sejarah dan budaya. Juga kulinernya tidak kalah dari tempat lain, salah satunya kepiting Tarakan. Bahkan seringkali ada rombongan dari Singapura datang ke sini hanya untuk makan kepiting.

Ada Bekantan di Tengah Kota

Pagi-pagi benar kami sudah siap untuk menuju destinasi pertama yang katanya hanya ada di Tarakan. Benar saja, tidak lebih dari sepuluh menit dari hotel tempat kami menginap di

pusat kota kami sampai di kawasan konservasi mangrove dan bekantan. Berada di dekat pusat perbelanjaan Gusher, Jl. Gajah Mada kawasan hutan mangrove ini bak oasis di tengah kota yang menyejukkan setiap insan yang datang.

Begitu masuk, hamparan mangrove yang hijau membuat suasana menjadi teduh dan nyaman. Menyusuri hutan ini tidaklah susah karena sudah dibuat jalur-jalur jembatan dari kayu ulin yang menghubungkan antar kawasan hutan mangrove yang terhampar di area seluas 21 hektar. Hebatnya

lagi di dalam hutan ini kita bisa melihat monyet berhidung panjang atau disebut juga bekantan (Nasalis Lavartus) yang langka dan dilindungi. Tidak usah jauh-jauh masuk hutan Kalimantan, karena disini bisa dilihat bekantan yang hidup bebas bergelayutan diantara pepohonan.

Selain bekantan, di kawasan hutan mangrove ini dapat pula ditemui beberapa biota laut lainnya seperti kepiting kecil 12 warna, tempakul, temberungun, pahat-pahat dan berang-berang. Juga ada bangau, burung raja udang, kera abu-abu yang juga hidup berkeliaran bebas.

Page 16: WINGS SEPTEMBER 2015

14 // September 2015

Special

Perabuan Jepang yang berada di Jalan Imam Bonjol. Kami juga sempat melihat beberapa meriam peninggalan Belanda. Nah, karena Tarakan juga dikenal sebagai Kota Minyak kami juga mengunjungi lokasi pompa angguk dan tangki penyaringan minyak (wash tank) peninggalan BPM (Bataavishe Petroleum Maatchapij) perusahaan minyak milik Hindia Belanda. Jadi jangan heran jika banyak pompa angguk tersebar di kota ini.

Bunga Anggrek Penebar Pesona

“Say it with flower”, kalimat ini terngiang saat kami berkunjung ke kebun anggrek milik pemerintah Kota Tarakan. Menempati lahan seluas satu hektar di kebun ini terdapat lebih dari 20.000 pohon anggrek yang

Tanpa disadari kami sudah hampir dua jam berjalan keliling di kawasan hutan mangrove ini tanpa merasa lelah. Benar-benar luar biasa…!

Menyusuri Saksi Bisu Sejarah di Tarakan

Sejarah Kota Tarakan tidak bisa dilepaskan dari masa pendudukan Belanda, Jepang, dan Sekutu. Selama masa pendudukan ini meninggalkan banyak situs-situs sejarah yang tersebar di beberapa kawasan Kota Tarakan. Napak tilas pertama kami menuju ke Rumah Atap Lengkung atau Rumah Bundar. Rumah unik dengan atap lengkung dari seng gelombang ini

berada di Jalan Danau Jempang. Dulunya merupakan tangsi tentara Sekutu Autralia yang merebut Tarakan dari Jepang. Bangunan ini dijadikan tempat tinggal tentara Australia sambil menunggu penarikan ke negara asalnya dan saat ini dijadikan museum sejarah.

Beberapa situs sejarah lainnya yang kami kunjungi diantaranya Pos Pengintai (Pillbox) juga bunker yang berada di kawasan Bandara Juwata, Monumen Australia yang menandai pintu masuk ke pemakaman para serdadu Australia yang gugur dalam perang Pembebasan Tarakan dari pendudukan Jepang. Tugu

Page 17: WINGS SEPTEMBER 2015

15September 2015 //

berasal dari 14 jenis spesies anggrek dendrobium. Dan salah satunya adalah spesies langka, anggrek hitam. Obyek wisata ini merupakan perkebunan anggrek yang pertama di wilayah Utara Kalimantan Utara yang dibudidayakan untuk kebutuhan bunga potong yang dipasarkan hingga ke Malaysia. Kebun anggrek ini berada di pinggir jalan menuju pantai Amal. Sekitar 20 menit dari pusat Kota Tarakan.

Kappa Pemuas SeleraSetelah puas menikmati cantiknya

bermacam bunga anggrek, perjalanan berikutnya menuju Pantai Amal. Lokasi pantai ini hanya berjarak sekitar 2 km dari perkebunan anggrek tadi.

Tepatnya ada dua lokasi yaitu Pantai Amal Lama dan Amal Baru. Selain menikmati deburan ombak dan angin pantai yang sepoi-sepoi sebenarnya ada yang sangat menarik disini. Namanya kerang Kappa, makanan ini menjadi menu andalan di Pantai Amal selain udang goreng dan singkong goreng. Kappa adalah sejenis kerang yang cukup besar ukurannya dan banyak terdapat di Pantai Amal. Hanya direbus saja dan untuk menikmatinya daging kerang yang masih menempel di cangkangnya ini diambil dan dicocol dengan sambal. Daging kerang Kappa cukup kenyal terasa gurih dan pas berpadu dengan sambal asam pedas.

Kepiting Saos Yang Maknyoss…

Malamnya kami berburu kuliner khas Tarakan. Salah satunya adalah kepiting saos khas Tarakan yang berada di Jl. Mulawarman, yaitu Restoran Kepiting Saos Kenari. Perlu diketahui jika ingin makan kepiting di tempat ini kita harus memesannya beberapa jam sebelumnya agar mendapat tempat dan tentu saja tidak kehabisan kepitingnya. Benar-benar nikmat! Kalimat ini serta merta meluncur dari mulut saat menyantap kepiting Tarakan. Disajikan dalam beberapa jenis seperti kepiting lada hitam, asam manis, dan goreng kering dengan bumbu bawang putih. Pantas saja banyak orang Singapura yang datang ke Tarakan hanya khusus untuk makan kepiting.

Ternyata pesona Tarakan tak hanya Bekantan dan asyiknya lagi sebagian besar destinasi wisata kota ini bisa kita jelajahi hanya dalam sehari. Walau hanya sejenak pesona kota ini telah mencuri hati.

Pesona Tarakan tak hanya bekantan, dan sebagian besar destinasi wisata kota ini bisa kita

jelajahi hanya dalam sehari.

Page 18: WINGS SEPTEMBER 2015

16 // September 2015

Special

Kota Tarakan adalah kota terbesar di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia dan juga merupakan kota terkaya ke-17 di Indonesia. Tarakan menurut cerita rakyat berasal dari bahasa tidung “tarak” (bertemu) dan “ngakan” (makan) yang secara harfiah dapat diartikan “tempat para nelayan untuk istirahat makan”. Cukup banyak spot wisata yang bisa dikunjungi di kota ini.

TarakanWisata di

Balai Adat Tidung TarakanTerletak di daerah Juwata Tarakan,

dibangun pada 2004. Suku Dayak Tidung (Tidoeng) merupakan salah satu suku dari 406 suku Dayak yang tercatat ada di Kalimantan. Balai Adat ini mencoba

memperkenalkan suku tersebut kepada masyarakat.

Pantai AmalWalau tidak berpasir putih,

namun Pantai Amal tetap menjadi obyek wisata favorit yang ramai dikunjungi masyarakat. Dengan pasirnya yang cokelat dipadu

laut biru yang membentang dan lambaian pohon kelapa maka akan

tampak jelas keindahan alam di pesisir Pantai Amal ini.

Wana Wisata PersemaianTempat Wisata yang terletak di daerah Juwata ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan piknik keluarga karena lokasi yang dekat dari kota dan berbagai jenis flora dan fauna yang terdapat di dalamnya.

teKs & ilUstrasi M. SAlEH HANIF

Page 19: WINGS SEPTEMBER 2015

17September 2015 //

Masjid Islamic Centre TarakanMasjid terbesar di Kalimantan Utara ini merupakan ikon wisata baru di Tarakan karena kemegahan bangunannya . Lokasinya berada 5 km dari pusat Kota Tarakan.

Penangkaran Buaya JuwataDi tempat ini para wisatawan bisa

melihat buaya yang diternak dan juga membeli berbagai kerajinan tangan

yang terbuat dari buaya. Termasuk yang paling terkenal abon daging buaya yang

ternyata cukup digemari wisatawan.

Plaza GusherPlaza Gusher merupakan pusat perbelanjaan pertama yang ada di kota Tarakan dan diresmikan pada 2002.

Meski terbilang cukup tua tapi tempat perbelanjaan ini masih ramai dikunjungi masyarakat Tarakan.

Page 20: WINGS SEPTEMBER 2015

18 // September 2015

teKs: RIMAN SAPuTRA N – Foto: dok. HoNdA

Go AnywhereCRf1000L Afrika Twin secara menyeluruh dilengkapi

untuk true adventure, dengan mesin yang kuat dan chassis dinamis siap untuk menaklukan segala medan.

Automotive

Honda CRf1000l Africa Twin

Page 21: WINGS SEPTEMBER 2015

19September 2015 //

Honda menampilkan sepeda motor adventure 1000cc terbarunya yang bermesin twin compact

parallel dengan tenaga 70kW/7,500rpm (95/1/EC) dan torsi 98Nm/6,000rpm (95/1/EC). Mesin liquid cooled 4-stroke 8-valve Parallel Twin dengan 270° crank dan uni-cam dikemas dengan kompak, frame ringan untuk menawarkan performa off-road luar biasa,

Unlimited AdventureSejak awal proyek CRF1000L

Afrika Twin, ada satu sepeda motor yang secara konsisten memiliki kesan akan keseimbangan antara kegunaan, ketenangan, dan handling, baik itu di jalan maupun di tanah. Sepeda motor tersebut adalah XRV750 Afrika Twin. Hal ini membuktikan patokan yang berharga, bahkan ketika diatur terhadap segudang pilihan dari banyaknya sepeda motor adventure. Mesin yang sekarang menyandang namanya mungkin tidak ada hubungannya dengan bagian umum model lama, tetapi mewarisi esensi penuh dan semangat yang membuat XRV750 Afrika Twin begitu tangguh.

“Go anywhere” menjadi pendekatan yang dimulai dengan mesin, dimana harus tampil optimal di situasi off-road serta di on-road touring jarak jauh, dan berbagai medan lainnya. Power plant twin parallel milik CRF1000L Afrika Twin 1000cc ini sangat menarik pada pengalaman balap off-road Honda dalam bentuk mesin kompetisi CRF250R/450R, dan menggunakan desain kepala empat-katup Unicam yang sama untuk dimensi kompak keseluruhan. Sebuah cast camshaft ringan menggunakan material yang sama seperti CBR1000RR Fireblade yang mengoperasikan katup train, dan busi kembar yang memberikan pengapian bagi campuran bahan bakar/udara di setiap ruang bakarnya.

Kekuatan yang kuat dan linier serta torsi memberikan respon instan di mana saja pada rev-range disertai dengan kepuasan, karakter geraman yang mendalam seiring naiknya rpm. Sebuah crankshaft bertahap 270° memberikan pengiriman tenaga dengan karakter yang berbeda serta memberikan nuansa sangat baik untuk traksi roda belakang. Sementara itu, keseimbangan primer biaxial shaft-nya membatalkan getaran.

kenyamanan touring, dan handling yang gesit untuk penggunaan sehari-hari. Transmisinya menggunakan constant mesh 6-speed MT / 6-speed DCT dengan mode berkendara on dan off-road. Traksi yang optimal baik itu off maupun on-road ini ditunjang fungsi DCT, ABS switchable, dan HSTC multi-mode terbaru. Empat skema warna pun disediakan Honda termasuk CRF Rally dan Tricolour.

Page 22: WINGS SEPTEMBER 2015

20 // September 2015

Automotive

Posisi mesin yang cukup pendek berkontribusi baik untuk ground clearance CRF1000L Afrika Twin, sebuah prasyarat lain bagi mesin true adventure. Selain itu, mesin ini juga menggunakan kemasan cerdas componentry baik itu efek dinamis maupun estetika. Pompa air ditempatkan dalam casing kopling, sementara pompa air dan minyak digerakkan bersama poros penyeimbang. Guna mengurangi ukuran mesin digunakan desain crankcase rendah yang menyimpan minyak dan rumah pompa pressure-fed.

Gearbox ringan manual enam-kecepatannya menggunakan desain shift-cam yang sama seperti ditemukan pada CRF250R/450R untuk memastikan

perubahan positif dan dilengkapi dengan pembantu slipper clutch. Untuk sasis tiga atribut kunci CRF1000L Afrika Twin - highlight dari XRV750 original - yang menjadi targetnya adalah performa off-road, kenyamanan touring, dan kelincahan sehari-hari yang sesuai untuk pengunaan rutin di jalanan.

Sebuah frame cradle baja semi-double memberikan keseimbangan sempurna untuk stabilitas pada kecepatan tinggi, juga saat terisi penuh, sesuai untuk kemampuan, kelincahan, dan kekuatan off-road. Sentralisasi massa, dengan item seperti baterai dikemas di bagian belakang kepala silinder, dan berkontribusi untuk pusat gravitasi rendah.

Garpu inverted Showa long-travel sepenuhnya dapat disesuaikan dan memiliki fitur Nissin dual radial-mount rem kaliper empat piston serta cakram mengambang 310mm dengan style ‘wave’. Sementara shock belakang Showa memiliki hidrolik penyesuaian spring preload. Seperti CRF450R Rally, CRF1000L Afrika Twin menggunakan roda spoked 21/18 inci di bagian depan dan belakang, serta memakai ban 90/90-21 dan 150/70-18.

Sistem pengeremannya menggunakan 310mm dual wave floating hydraulic disc dengan aluminium hub dan radial fit kaliper empat piston (ABS) dan bantalan logam disinter di bagian depan. Untuk

Page 23: WINGS SEPTEMBER 2015

21September 2015 //

pengereman belakang menggunakan 256mm wave hydraulic disc dengan kaliper dua piston (ABS) dan bantalan logam disinter. Juga tersedia Lever-Lock Type Parking Brake System pada model DCT.

Mengikuti tema desain “ unlimited adventure “, Afrika Twin ditata dengan bodywork minimal dalam bentuk ringan dan tangguh yang menawarkan perlindungan cuaca bagi pengendara dan kerampingan guna memberikan kelincahan lebih baik. Lampu depan ganda mempertahankan keberadaan signature asli dan ketinggian kursi dapat disesuaikan hingga 20mm menjadi 870mm atau 850mm. Sebuah tangki bahan bakar yang cukup besar 18.8 liter ditambah efisiensi bahan bakar mesin mampu menyediakan jangkauan hingga 400 km.

Guna menyesuaikan paket elektronik secara keseluruhan untuk mengatasi setiap kondisi on atau off-road, sistem Honda Selectable Torque Control (HSTC) menawarkan tiga tingkat kontrol, dan memungkinkan pengendara untuk mematikan sistem ABS pada bagian belakang roda. HSTC dan ABS tidak tersedia pada versi standar. Sebagai standar dilengkapi versi ABS dan DCT.

CRF1000L Afrika Twin memiliki berat kering 208kg (STD), 212 kg (ABS), 222kg (DCT). Sementara itu dalam kondisi bahan bakar terisi penuh dan dilengkapi peralatan lengkapnya memiliki berat 228kg (STD), 232 kg (ABS), 242kg (DCT). Untuk dimensi, sepeda motor adventure ini memiliki ukuran 2,335 x 875 x 1,475mm untuk versi standar dan 2,335 x 930 x 1,475mm untuk versi ABS/DCT dengan ground clearance 250mm.

CRF1000L Afrika Twin akan tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu CRF Rally, Tricolour, dan Black. Untuk harga, akan ada beberapa versi

CRF1000L Afrika Twin, dengan harga mulai dari €12.100.

Dual Clutch Transmission (DCT)

Dual Clutch Transmission (DCT) yang unik milik Honda akan tersedia sebagai pilihan pada CRF1000L Afrika Twin, dengan penggunaan crankcase standar menjaga kelebaran yang sama dengan versi transmisi manual.

CRF1000L Afrika Twin memiliki fitur mode standar manual yang memungkinkan pengendara untuk mengoperasikan pergeseran gigi melalui pemicu di stang kiri dan dua mode otomatis. Mode D menawarkan keseimbangan terbaik dari keekonomisan bahan bakar dan kenyamanan cruising. Mode S kini telah ditingkatkan untuk memberikan tingkat tambahan performa sport yang lebih

baik, dengan tiga pola pergeseran yang berbeda untuk memilih dari S1, S2, dan S3.

Tentu saja, DCT untuk CRF1000L Afrika Twin juga sudah dilengkapi untuk beroperasi di lingkungan adventure, dengan fungsi off-road yang telah ditingkatkan dengan saklar G dan diposisikan di sisi kanan panel instrumen. Mendorong saklar G dalam mode berkendara mampu meningkatkan traksi dan kontrol mesin yang sangat penting untuk off-road dengan mengurangi jumlah kopling selip saat perubahan gigi.

Fungsionalitas baru lebih lanjut untuk sistem DCT hadir dalam bentuk deteksi miring. Cara bekerjanya dengan pola pergeseran gigi yang diadaptasi tergantung pada tingkat kemiringannya untuk memberikan kontrol optimal.

“Go anywhere” menjadi pendekatan yang dimulai dengan mesin, dimana harus tampil optimal di

situasi off-road serta di on-road touring jarak jauh, dan berbagai medan lainnya.

Page 24: WINGS SEPTEMBER 2015

22 // September 2015

Larut Dalam Senja

Pantai Senggigi

Travel

teKs & Foto dody WIRASETo

Page 25: WINGS SEPTEMBER 2015

23September 2015 //

Ciri khas gugusan Sunda Kecil membuat Lombok kaya akan potensi alam. Bagi yang berjiwa petualang, ibukota Nusa Tenggara Barat ini punya Gunung Rinjani sebagai ikon petualang berbalut keindahan alam. Di wisata bahari, Lombok layaknya Bali. Dikelilingi pantai indah dengan rona alam beraneka ragam.

Bila 3 gili besar yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air sudah cukup membuat saya kagum 6 tahun yang lalu. Kini saya ingin menghabiskan waktu di

Mendapati Lombok yang sekarang membuat pangling. Bandar Udara

Internasional Lombok Praya seakan melupakan Bandar Udara Selaparang tempat saya pertama kali mengenal pulau ini 6 tahun yang lalu. Bagi saya, bandara adalah wujud siap atau tidak suatu daerah dalam mengembangkan pariwisatanya dan Lombok sudah menjawab itu.

Keindahan Pulau Lombok memang sudah tidak diragukan lagi.

pantai-pantai yang berada di pulau Lombok. Sebagai tujuan pertama sudah pasti Pantai Senggigi, pantai yang sudah tersohor sebagai salah satu wisata utama di pulau ini.

Di Pantai Senggigi ini layaknya sejumput kecil aura Kuta Bali. Terdapat hotel berbintang ataupun ekonomis, restoran, operator tur, spa, toko cinderamata, pusat hiburan yang akan memanjakan pejalan yang datang. Namun khusus untuk saya, alam adalah tujuan utama, dan Pantai Senggigi ini masih terjaga keindahannya dibanding Kuta Bali.

Page 26: WINGS SEPTEMBER 2015

24 // September 2015

Alam dan kreativitas masyarakat lokal adalah gambaran utama yang saya dapatkan disini. Di Pasar Seni Senggigi, beragam kerajinan lokal terpajang. Mulai dari kain khas Lombok, mutiara, patung ukiran hingga gerabah menjadi komoditi istimewa sebagai cinderamata.

Puas berkeliling Pasar Seni Senggigi, saya langsung menuju tepi pantainya. Ombaknya yang tenang walau sore semakin menjelang. Turis asing terlihat tetap asik berjemur di bawah sinar matahari yang mulai kehilangan

Travel

teriknya. Sedangkan beberapa pejalan lokal membaur bersama warga sekitar berkumpul di dermaga.

Pantai Senggigi tidak hanya sebagai destinasi wisata bahari utama. Perannya semakin besar karena pantai ini adalah pintu masuk menuju 3 gili besar di Lombok. Dari dermaga ini setiap harinya hilir mudik turis yang ingin menyepi di tiga gili tersebut terlihat. Tidak mengherankan bila banyak paket tur ditawarkan di sini. Sebuah ruang utama pariwisata dan juga penghubung wisata lainnya. Protagonis Lombok.

Sore hari semakin menjelang. Di salah satu sudut Pantai Senggigi yang kerap dijadikan lokasi berselancar pun sudah ditinggal peselancarnya. Matahari semakin dekat dengan peraduan. Salah satu keunggulan pantai ini mulai memancar. Senja.

Sayangnya waktu saya tidak tepat. Matahari tertutup awan tebal sehingga terbenamnya matahari tidak bisa terlihat. Namun Pantai Senggigi tidak kehilangan magisnya. Pendar cahaya jingga membuar di langit. Warnanya menjadi jingga lembut cenderung ke arah merah jambu. Ibarat wanita, Pantai Senggigi sedang menunjukan rona malu-malunya.

Matahari kian hilang dari peraduan. Kini tinggal senda gurau di dermaga dan cahaya bintang yang mulai keluar. Pantai Senggigi tidak akan pernah terlupa. Dibalik rona malu-malunya, ia tetap memperlihatkan kecantikan alami. Wajah Lombok penuh pesona asli Indonesia.

Page 27: WINGS SEPTEMBER 2015

25September 2015 //

Page 28: WINGS SEPTEMBER 2015

26 // September 2015

Travel

teKs & Foto dody WIRASETo

Pesona Air Dua Warna

Air Terjun

Kedung Pedut

Page 29: WINGS SEPTEMBER 2015

27September 2015 //

jembatan-jembatan dari bambu. Jembatan ini memudahkan lalu lalang pengunjung yang datang. Ditambah lagi dengan kolam alami yang kerap dijadikan tempat untuk berenang. Aah, rasa sabar ini rasanya sudah habis, langsung saja menceburkan diri dibirunya air kolam ini.

Dibalik segarnya Air Terjun Kedung Pedut, kesegaran pariwisata Yogyakarta pun semakin membuncah. Alam dan budaya di kota ini seakan bersinergi memberikan sesuatu yang baru untuk mereka yang mencintainya sepenuh hati. Kota istimewa yang tidak pernah pudar pesonanya.

terdengar dan benar saja, beberapa langkah menurun, saya sudah dihadapkan dengan air terjun berwarna biru toska ini.

Jika diperhatikan dengan seksama, sebenarnya air terjun ini memiliki 2 warna yaitu biru toska dan putih jernih. Sayangnya saya tidak menemui orang yang bisa menjawab pasti penyebab utamanya. Saya hanya bisa menerka-nerka mungkin ini dikarenakan kondisi alam yang terjaga baik.

Menariknya lagi, sadar bahwa air terjun ini punya daya tarik tinggi. Penduduk sekitar menambahkan sisi kreativitasnya dengan membuat

Kota penuh kenangan dan romantisme Yogyakarta tampaknya tidak akan pernah bisa saya tinggalkan. Bagaimana

tidak, saya merasa sudah menjelajahi tiap sudut kota ini, namun masih saja ada yang kurang. Seakan menyuruh saya untuk kembali dan kembali lagi ke kota ini. Cinta saya sudah terpatri di kota berkharisma ini.

Kali ini yang menarik saya untuk kembali adalah daerah Kulon Progo. Kawasan dataran tinggi dengan lanskap gugusan bukit menghiasi kanan kiri jalan. Kulon Progo dengan Bukit Menorehnya ini menjadi mutiara baru untuk wisata Yogyakarta. Udara sejuk khas dataran tinggi dilengkapi kearifan lokal yang terjaga adalah daya tarik tersendiri. Semakin berarti dengan air terjun-air terjun eksotik yang mengalir di daerah ini.

Saya terpesona dengan Air Terjun Kedung Pedut. Walaupun saya baru melihatnya di dunia maya, niat saya tertancap untuk menjelajahinya. Kini saat tiba saatnya, kesempatan itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Air Terjun Kedung Pedut harus segera hadir di depan mata.

Mencapai air terjun yang berlokasi di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Gilimulyo ini membutuhkan tenaga lebih. Dari kaki Bukit Menoreh saya masih membutuhkan sekitar 35 menit menuju tempat ini. Belum ketika memasuki areanya, jalan menurun tajam dan sempit mengharuskan saya ekstra hati-hati. Itupun belum selesai, karena dari tempat saya memarkir kendaraan, masih harus berjalan kaki menuju air terjun menyusuri hutan.

Sembari menyusuri hutan saya terkesima dengan kealamian alam ini. Terjaga dengan baik dan penduduk sekitar tetap perhatian pada kebersihan walaupun memanfaatkan pamor air terjun ini. Riak air terjun sudah

Page 30: WINGS SEPTEMBER 2015

28 // September 2015

Destination

Saat Indonesia Berkarya

teKs & Foto RIMAN SAPuTRA

Battle Of The Toys 2015

Battle of the Toys (BOTT) merupakan pameran tahunan seperti halnya The Jakarta Toys & Comics fair, berskala nasional yang

masuk dalam agenda tahunan Kota Jakarta.

Page 31: WINGS SEPTEMBER 2015

29September 2015 //

Tujuan diadakan acara ini agar menjadi wadah bagi komunitas para kolektor dan penggemar toy, comic,

dan collectible di Indonesia, sehingga dapat berkumpul, bertukar informasi, dan bertransaksi trade-buy-sell, sekaligus merupakan ajang untuk memperkenalkan seputar hobi ini kepada publik.

Ajang keenam yang dilangsungkan di Kartika Expo-Balai Kartini, Jakarta pada 15-16 Agustus 2015 ini menampilkan Toy, Action Figure, Comic, Anime, Manga, LEGO, Model Kit, Model Car, Die Cast, Tin Toy, Trading Card, Movie & Music Related Item, Memorabilia, Rockabilia, Plush Toy, Doll, Game, Military Model, Radio Control, Hi-Tech Toy, Vinyl Toy, Designer Toy, Air Soft Gun, Board

Game, Warhammer, Card Game, Statue, Cosplay Stuff, Costume Prop, Custom Toy, Cosplay, dan lain-lain. BOTT 2015 ini juga mengikutsertakan Toy, Comic, dan Game retailer, supplier, distributor, dan independent store dari beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan bahkan dari region Asia Tenggara yaitu Singapura, serta mengundang guest yang menjadi ikon dari dunia cosplay di Indonesia, serta AAC, KOMUTOKU, ZEROCOS, MACHIPOT, dan lain-lain.

Karya Anak BangsaSaat berkunjung ke BOTT 2015,

sebagian besar pastilah akan berburu produk-produk luar yang memang sudah dikenal seperti Hot Toys, Sideshow, LEGO, ataupun karakter Anime. Namun kali ini saya tertarik dengan tiga booth lokal.

Ketertarikan pertama ada saat melihat booth komik Volt. Inilah komik superhero Indonesia baru keluaran Skylar Comic. Komik yang digagas oleh aktor sinetron dan film, Marcelino Lefrandt yang bekerjasama dengan Aswin MC Siregar sebagai creative director-nya ini banyak memunculkan ‘Indonesia’ seperti jalan-jalan di Jakarta lengkap dengan Transjakarta-nya, Monas, dan masih banyak lagi.

“Volt ini sebenarnya superhero pertama yang kita ciptakan dan boleh dibilang multidimensi. Kita tahu Volt adalah satuan ukur listrik internasional. Jadi kemanapun kita pergi, ke negara manapun dengan bahasa dan budaya berbeda, tapi satuan ukur listrik namanya sama yaitu Volt. Dan sesuai namanya, Volt memiliki kekampuan yang berdasarkan pada listrik. Volt ini sebenarnya lahir dari sebuah karya kreatif dan imajinasi serta fantasi seorang anak bernama Ruben, yang tanpa disengaja bersunggingan dengan kekuatan Dewa yang turun

Page 32: WINGS SEPTEMBER 2015

30 // September 2015

sangat besar. LEGOLAND tetap memiliki area terluas dibandingkan booth lain. Selain berjualan, di booth ini anak-anak bisa berkreasi dalam memainkan LEGO dan juga ada lombanya.

Hingga saat ini, 1/6 scale toys tampaknya tetap mendominasi, seperti Hot Toys yang bisa dibilang sebagai “rajanya” 1/6 scale. Dominasi ini semakin diperkuat dengan hadirnya booth yang memperlihatkan diorama super keren dengan figur-figur Hot Toys di dalamnya, seperti adegan film Avengers.

Booth The Miniature History, die cast collector model, menjadi salah satu yang sangat menarik. Mereka menampilkan suasana saat Perang Dunia I dan II, kehidupan Hongkong masa lalu, serta masa Firaun. Figurnya yang memiliki skala 1:30 ini memiliki detil yang sangat keren, mulai dari bentuk hingga pengecatan, ditambah dengan diorama yang menyerupai aslinya.

Untuk mainan lainnya masih ada Tamashi, Hot Wheels, Play Arts, Gundam, dan figur-figur lain beserta komik mulai dari yang terbaru hingga yang klasik. Para kreator lokal pun berani menuangkan karya-karya mereka dengan kualitas yang tak kalah dari produsen luar mulai dari detil hingga pengecatan.

Selain untuk memuaskan hobi para kolektor, cita-cita dari SACCA Production pun patut diberikan acungan jempol, yaitu ingin memberikan angin segar terhadap ekonomi Indonesia dengan mengadakan Toys Fair yang bertaraf internasional untuk menarik distributor luar negeri masuk ke Indonesia. “Selain itu, kami juga ingin menggelitik semangat kreator-kreator lokal agar berani tampil menuangkan karya mereka sehingga terbangun sebuah industri toys, comics, dan collectibles di Indonesia, serta cosplay yang tidak kalah kualitasnya dengan industri luar negeri”, demikian tutur Riza Satyagraha selaku Ketua Panitia BOTT 2015.

Let’s volt in !!!

Destination

ke bumi sejak 3500 tahun lalu. Tapi kekuatan Dewa itu akhirnya mati suri dan hanya bisa dibangkkitkan oleh orang berhati bersih dan berjiwa murni. Nah, Ruben memiliki aspek-aspek yang bisa menstimulasi lahirnya kekuatan dewa ini. Kekuatan listrik dipilih karena Ruben adalah anak yang berasal dari kalangan menengah ke bawah dan tinggal di rumah kontrakan yang seringkali mengalami pemadaman listrik,” jelas Marcelino.

Booth kedua, mata saya tertuju pada Epoclay. Statue Hanoman yang begitu garang hasil sculpting Noxturn menggunakan epoxy clay. Sebuah karya anak bangsa yang begitu detil dan keren menurut saya. Kualitas yang

sangat baik dan dapat disandingkan dengan produk-produk mancanegara lainnya. Selain Hanoman, ada juga statue Bima yang tidak kalah kerennya, namun belum di-finishing.

Ketiga, ada booth kitbash dimana para kreator mengkreasikan dari part-part yang ada menjadi karakter baru sesuai yang diinginkannya. Mereka tidak kalah kreatifnya, bahkan ada yang sampai membuat lightsaber skala 1/6 dan benar-benar menyala.

ToysJika bicara mengenai toy, sudah

jelas selama dua hari membanjiri seisi ruangan Kartika Expo, bahkan ada statue Hulkbuster dengan ukuran

Page 33: WINGS SEPTEMBER 2015

31September 2015 //

Leisure

Chocomory Kombinasi Alam dan Cokelat

Cokelat dan alam yang asri ternyata dapat dijadikan sebuah cafe menarik. Hal itu diterapkan

oleh Chocomory yang terletak di kompleks Cimory Riverside, Jalan Raya Puncak 415 Cisarua.

Mengusung konsep factory-shop, Chocomory memberikan tamunya pengalaman dengan aneka sajian cokelat sembari menikmati pemandangan aliran sungai Ciliwung yang masih bersih dengan bebatuan besar. Beragam jenis cokelat diproduksi

langsung di sini. Mulai dari cokelat batangan, chocolate covered atau segala sesuatu yang

dilapisi dengan cokelat, praline, dan chocolate snack yang merupakan campuran cokelat dengan

bahan yang renyah, seperti kripik jagung. Tamu juga bisa menikmati proses membuat cokelat atau sekedar oleh-oleh untuk sanak keluarga.

FAvEHoTEl lANGko MATARAMpiliHan tepat wisatawan Bisnis

Terletak di Jalan Langko No 21-23, Mataram yang merupakan pusat administrasi pemerintahan, favehotel Langko Mataram menjadi surga bagi wisatawan bisnis kala berada di Pulau Lombok. Hotel ini menawarkan 117 kamar yang didesain khusus dan modern, 4 ruang pertemuan, restoran eklektik, dan lahan parkir yang cukup luas serta jaringan WiFi gratis berkecepatan tinggi di seluruh bagian hotel. favehotel sendiri merupakan hotel bujet dengan standar tinggi ditunjang desain yang menarik dan baru-baru ini mendapatkan penghargaan “Indonesian Best Budget Hotel Chain Award”. favehotel Langko Mataram adalah pilihan tepat bagi Anda yang akan melakukan perjalanan bisnis di Lombok, dan informasi lengkapnya bisa didapat melalui www.favehotels.com atau email di [email protected].

THE MElTING PoT mengolaH Cita rasa FonDUe

The Melting Pot, yaitu restoran spesialis fondue asal negara Paman Sam membuka cabang di Plaza Senayan, Level P5 Unit CP 516, Jalan Asia Afrika No. 8, Jakarta. Fondue

merupakan suatu hidangan yang dinikmati dengan cara mencelupkan potongan makanan ke dalam cairan yang dipanaskan dalam wadah. The Melting Pot pertama kali

didirikan di Maitland, Florida, Amerika Serikat tahun 1975. Lia Melinda, pengelola The Melting Pot menjelaskan, kehadiran

The Melting Pot di Jakarta memberikan angin segar bagi penggemar fondue. Masih kata Lia Melinda, kehadiran The Melting Pot selalu diterima masyarakat – karena memiliki

cita rasa beragam saat mengolah fondue. The Melting Pot juga melengkapi diri dengan berbagai pilihan menu, seperti fondue keju, salad, wine dan fondue coklat yang disediakan sebagai makanan penutup. Perlu diketahui,

fondue menggunakan keju yang dilelehkan. Seiring dengan perkembangan zaman, kini fondue juga menggunakan

cokelat, minyak, kaldu hingga minuman anggur hingga rasanya lebih bervariasi.

Page 34: WINGS SEPTEMBER 2015

32 // September 2015

Movie Review

Dracula yang khawatir karena cucunya, Dennis, tak menunjukkan tanda-tanda menjadi vampir. Dracula kemudian mencoba melatih cucunya dalam camp agar menjadi monster. Sayangnya, ayah Dracula, yaitu Vlad, mengetahui bahwa cicitnya itu tak berdarah murni sebagai vampir. Keadaan pun menjadi semakin parah saat Vlad tahu bahwa manusia diterima di Hotel Transylvania.

EverestGenre Adventure | Drama | Thriller // Pemain Jake Gyllenhaal, Elizabeth Debicki, Keira Knightley // Sutradara Baltasar Kormákur

Terinspirasi dari peristiwa luar biasa pada 1966 dalam upaya untuk mencapai puncak gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest. Sekelompok pendaki melakukan dua ekspedisi yang berbeda dan menghadapi badai salju terbesar yang pernah dihadapi oleh umat manusia. Semangat mereka diuji oleh hambatan yang hampir mustahil membuat mereka harus dapat bertahan hidup.

Hotel Transylvania 2Genre Animation | Comedy | family // Pemain Adam Sandler, Selena Gomez, Nick Offerman // Sutradara Genndy Tartakovsky

Page 35: WINGS SEPTEMBER 2015

33September 2015 //

The Transporter Refueled Genre Action | Crime | Thriller // Pemain Ed Skrein, Ray Stevenson, Gabriella Wright // Sutradara Camille Delamarre

Maze Runner : The Scorch TrialsGenre Action | Sci-fi | Thriller // Pemain Sylan

O’Brien, Kaya Scodelario, Thomas Brodie-Sangster // Sutradara Wes Ball

Thomas dan kelompoknya, the Gladers yang berhasil keluar dari suatu maze (labirin) namun mereka langsung

terlibat pertarungan dengan WICKED, dalang di balik maze yang menjadi mimpi buruk mereka. Saat ini

Thomas bersama teman-temannya berusaha kabur dari WICKED yang menampung mereka selama beberapa

saat. Namun, usaha pelarian mereka tidaklah mudah dan membahayakan nyawa mereka.

frank Martin, seorang pria yang sangat ahli dalam pengiriman barang dan kemampuan yang luar biasa dalam berkendara. frank masih melakukan tiga aturan yang sama yaitu, tidak mengubah kesepakatan, tidak ada nama dan tidak membuka paket. Suatu ketika di daerah selatan Perancis, frank disewa oleh Anna dan ketiga temannya, hal ini membuatnya tersadar bahwa dia sedang di permainkan. Pada akhirnya, Anna yang telah menculik ayah frank memaksanya untuk membantu membalas dendam geng Rusia yang melakukan perdagangan manusia.

Black MassGenre Biography | Crime | Drama //

Pemain Johnny Depp, Benedict Cumberbatch, Dakota Johnson // Sutradara Scott Cooper

Kisah hidup mafia Irlandia, James ‘Whitey’ Bulger yang menjadi buronan polisi selama lebih dari 16 tahun. Ia menjadi incaran polisi Amerika Serikat

setelah membunuh sedikitnya 10 orang dan menjadi salah satu mafia paling kejam sekaligus

terkuat. Agen FBI John Connolly memintanya untuk berkerjasama menangkap kelompok mafia Italia.

Kerjasama itu telah mengakibatkan Whitey dengan mudah menghindari penegakan hukum dan

semakin memperkuat kekuasaan yang dia miliki.

Page 36: WINGS SEPTEMBER 2015

34 // September 2015

Selamat Tinggal Orde BaruJudul Hari-Hari Terakhir Orde Baru

Penulis Peter Kasenda Penerbit Komunitas Bambu

Apakah penyebab lengsernya Soeharto setelah 32 tahun berkuasa? Demonstrasi mahasiswa? Krisis moneter? Atau pecahnya elite di sekitar Soeharto? Intervensi Amerika? Lantas bagaimana soal peristiwa penculikan aktivis, tragedi Trisakti, dan pengkambinghitaman etnis Tionghoa, apakah ini sudah direncanakan? Siapakah dalang di balik

Peristiwa Mei 1998? Buku ini menyingkap akar-akar peristiwa jatuhnya rezim Orde Baru Soeharto. Akan tetapi, bukan sekadar kronik yang menuturkan rangkaian peristiwa, melainkan suatu analisis beragam data dari awal sejarah Orde Baru, sehingga mampu mengungkapkan hal-hal yang menyebabkan runtuhnya rezim Soeharto dan membantu memahami mengapa unsur-unsur pemikiran Orde Baru tetap lestari sampai kini.

Sisi Kehidupan AmandaJudul Rembang JinggaPenulis TJ Oetoro & Dwiyana Premadi

Penerbit Gramedia

Amanda Anwar menemukan kakaknya, Linda, tewas karena overdosis narkoba. Meninggalnya Linda menimbulkan kemarahan orangtuanya, Amanda berusaha membuka hati ayahnya dengan mencari tahu penyebab Linda terjerumus ke dunia narkoba melalui sebuah buku harian. Beberapa tahun setelah suaminya meninggal dunia, Karina Hakim memutuskan meninggalkan New York bersama anaknya, kembali ke Jakarta untuk membangun kehidupan baru. Sahabatnya, Amanda, mengajaknya pergi ke Rembang untuk membuktikan sebuah fakta dalam buku harian Linda. Melewati New York, Jakarta, Rembang, ternyata masa lalu Karina masih terus menghantuinya.

Sang JurnalisJudul Andy f. Noya - Kisah Hidupku Penulis Adhi Ksp Penerbit Kompas

Empat tahun lamanya Andy F. Noya dibujuk untuk mengungkapkan kisah kehidupannya dibalik layar televisi. Jika selama ini dia selalu mengangkat kisah hidup orang lain, yang menginspirasi jutaan penonton Kick Andy, lalu mengapa dia sendiri menghindar mengungkapkan kehidupan pribadinya? Setelah melalui diskusi panjang, akhirnya pria berdarah Ambon-Belanda-Jawa-Portugis ini

bersedia terbuka menceritakan masa kecilnya yang kelam, masa-masa sulit di Surabaya, perpisahan ayah-ibunya, masa remajanya di Papua, kuliah yang tidak tuntas, kisah percintaan yang jenaka, dan perjuangannya menapak karir sebagai jurnalis. Membaca kisah perjalanan hidup pembawa acara Kick Andy ini, kita akan banyak menemukan kejutan-kejutan yang tidak terduga.

Perjalanan Wanita Tomboy

Judul A Kara-Venturous Novel

Traveling with Brad PittPenulis Aliyah Dewi

Penerbit Nida Dwi Karya

A Kara-Venturous Novel mengisahkan tentang keindahan

berbagai tempat di Indonesia yang dikunjungi Kara, seorang

yang tomboy, periang, dan memiliki rutinitas yang sangat

berbeda dengan hobinya. Karena dia seorang humas di kantornya,

jadi harus bepenampilan layaknya seorang brand ambassador,

sangat bertolak belakang dengan hobi traveling ala backpacker dan kehidupan sehari-hari yang tampil

apa adanya. Sampai suatu hari Kara bertemu dengan Brad Pitt – backpacker dari Amerika Serikat

di sebuah pulau yang terkenal dengan penangkaran ikan hiunya.

Mereka sepakat untuk menjadi travel partner. Kejadian-kejadian

lucu dialami mereka berdua. Pengalaman pertama Brad Pitt naik motor di Indonesia, narsis dengan pohon pisang, karena

belum pernah melihat sebelumnya sampai tidak tahu cara memakan

buah manggis.

Book Review

Page 37: WINGS SEPTEMBER 2015

35September 2015 //

Music Review

FIFTH HARMoNy ReflectionGirlband asal Amerika ini menggebrak tangga lagu Billboard dengan single mereka berjudul Boss. Grup yang terbentuk dari ajang musik X-Factor Amerika ini akhirnya mereka membuat album debut di tahun ini berjudul Reflection. Seperti sudah diperkirakan sebelumnya, album ini semakin mengantar mereka ke tangga popularitas dengan hits mereka berjudul Worth It. Dengan kombinasi keseksian, kekompakan antar personel, girlband ini siap untuk menunjukan tajinya di dunia tarik suara internasional.

cHARlI XcX SUcKeRAlbum ini merupakan album kedua dari penulis sekaligus penyanyi asal Inggris. Mengandalkan singles seperti Boom Clap, Break the Rules, dan Doing It, Charli XCX juga berkolaborasi dengan penyanyi Inggris lainnya Rita Ora. Album ini juga mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat

dan juga mendapat pujian dari beberapa kritikus musik karena seakan mengembalikan romansa musik-musik tempo dulu.

BoN JovI BURning BRidgeSAlbum terbaru Bon Jovi ini di release pada 21 Agustus 2015. Album yang menegaskan eksistensi Bon Jovi yang sudah terbentuk sejak 1983. Ini merupakan album terbaru Bon Jovi setelah ditinggal salah satu punggawanya, Richie Sambora, yang keluar dari band tersebut pada 2013. Di album ini Bon Jovi mengandalkan single We Dont Run untuk para penggemar setianya dan memberikan sedikit warna baru di gaya bermusiknya.

Tove LoQueens of Clouds

Queen of Clouds merupakan debut album

penyanyi asal Swedia ini. Di album ini lirik

lagunya bercerita tentang hubungan, termasuk

passion, percintaan dan putus cinta. Secara umum

album ini mendapat banyak pujian dari

kritikus musik dan juga terhadap lirik yang

digunakan. Ia mampu membawakan musik yang

tepat dengan gayanya melslui lirik, melodi,

hingga chorus lagunya. Sebuah awal gemilang

untuk perkenalkan dirinya di dunia.

The Weeknd Beauty Behind The Madness

Album ini melahirkan 5 lagu populer The Weeknd yakni Often, The Hills dan tentu saja Cant Feel My Face. Beragam pujian datang untuk penyanyi kelahiran Kanada ini termasuk dari beberapa publikasi tentang musik seperti Pitchfork, MTV, BET, Rolling Stone, XXL, dan The Source. Penyanyi yang bernama asli Abel Testafaye ini juga mengisi salah satu soundtrack film fifty Shades of Grey melalui lagu Earned It.

Page 38: WINGS SEPTEMBER 2015

36 // September 2015

Hot Stuff

HERo4 SESSIoN Kamera aKsi paling mUngil

GoPro mengeluarkan kamera paling mungil, bernama GoPro HERO4 Session. Ukurannya

lebih kecil 50% dan lebih ringan 40% dibandingkan HERO4 Black & Silver. Desainnya

yang berbentuk kubus, mengingatkan pada Polariod Cube+. HERO4 Session tahan terhadap air, hingga kedalaman 10 meter.

Tidak memerlukan aksesoris tambahan saat dibawa ke medan yang basah. Saat

menggunakannya pun amat mudah, mengingat hanya ada satu tombol untuk

merekam foto dan video. Menekan tombol secara cepat, akan memulai perekaman video, sementara menekan agak lama mengaktifkan pemotretan Time-Lapse dengan hasil foto 8

megapixel. Tekan agak lama, kamera akan mati.

Ubco Utility Bike Kendaraan Kaum Urban

Ubco Utilitas, sepeda motor elektrik dibuat khusus untuk kaum urban. Kendaraan roda dua ini dilahirkan untuk mengatasi kemacetan kota.

Bentuknya sedikit ekstrim – itu terlihat dari tampilan ban yang perkasa, seperti ban motor off road sehingga pengguna lebih aman ketika hujan. Tidak usah khawatir dengan jalan licin. Sepeda motor elektrik ini bisa digunakan di

medan berat, seperti jalan berlumpur dan berlubang atau tak beraspal.

Drifter Bluetooth Speaker Portabel Masa Kini

Speaker bluetooth portable Drifter dirancang dengan desain yang mudah diajak berpergian. Kemasannya dirancang tahan cuaca, artinya Anda bisa membawanya untuk beraktivitas di luar ruangan. Tanpa perlu khawatir cuaca hujan atau panas. Untuk menikmati musik, pengguna tidak perlu lagi bergantung pada smartphone atau tablet. Karena Drifter telah dirancang dengan sistem operasi sendiri, yaitu Drifter OS. Di dalamnya telah tersedia memori internal 16GB, yang bisa langsung diisi dengan musik favorit Anda.

Page 39: WINGS SEPTEMBER 2015

37September 2015 //

ZTE Axon Watch mengusung desain berbentuk bulat berdiameter 42mm. Axon Watch hadir dengan layar AMOLED 1.4 inci yang resolusinya 400 x 400 pixel, dengan bodi yang dirancang tahan air dan debu. Jam tangan pintar ini diotaki prosesor quad core berkecepatan 1.2 GHz dan menyediakan memori internal dengan kapasitas 4GB. ZTE Axon Watch juga dilengkapi baterai berkapasitas 300mAh, koneksi Bluetooth 4.1, sensor akselerometer, dan sensor pemantau detak jantung, yang bisa dimanfaatkan untuk memantau kebugaran tubuh.

AERElIGHT A1lampU meJa elegan

Tidak seperti lampu meja umumnya, Aerelight A1 tidak dilengkapi lampu bohlam. Sumber pencahayaan berasal dari panel cahaya OLED yang memancarkan cahaya berwarna putih. Selain lebih hemat listrik, Aerelight A1 bisa tampil minimalis, sekaligus modern, dengan kemasan desainnya sangat tipis. Baterai Aerelight A1 pun bisa isi ulang. Di bagian kaki, telah tersedia tatakan isi ulang baterai berteknologi wireless yang kompatibel, berteknologi Qi Wireless dan PMA. Lampu ini juga dilengkapi fitur sentuhan yang bisa mengatur tingkat cahaya.

Jetboil Genesis BasEcamp 2 Burner System

Menyempurnakan Perjalanan

Alat pemasak satu ini dirancang khusus bagi para petualang yang suka pergi ke gunung atau berkemah

di hutan belantara. Kehadiran Jetboil Genesis Basacamp 2 Burner System akan menyempurnakan petualangan. Dengan Jetboil Genesis Basacamp 2 Burner System – semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik. Selain praktis dan simpel, kompor

canggih ini mudah dibawa ke mana-mana. Jetboil Genesis Basacamp 2 Burner System memiliki dua tungku memasak berukuran besar. Keduanya bisa digunakan untuk memasak makanan berat, seperti

makroni atau makanan rebus lain.

ZTE AXoN WATcH DiotaKi prosesor QUaD Core

Go FISH Kamera Bagi penggemar memanCing

Seiring perkembangan teknologi kamera – maka bermunculan berbagai produk kamera. Salah satunya Go Fish, yaitu kamera bagi pemancing. Dengan menggunakan kamera ini – Anda bisa mengetahu kondisi ikan di bawah air. Selain dilengkapi fasilitas Wi-Fi, kamera Go Fish juga dilengkapi lampu infra merah, lensa 170 wide-angle. Kehadiran lensa sangat membantu pengguna dalam mengamati ikan. Meski bergoyang, kondisi lensa tetap stabil. Yang paling menarik, kamera disempurnakan sama mikrofon untuk menangkap suara atau bunyi di bawah air.

Page 40: WINGS SEPTEMBER 2015

38 // September 2015

bunga sakura, dan koleksi lumut yang beraneka ragam. Selain itu Kebun Raya Cibodas juga merupakan sebagai pintu masuk ketika ke Gunung Gede.

Yang tak kalah menarik adalah Taman Bunga Nusantara, Anda bisa menikmati taman bunga yang luasnya mencapai 23 hektar. Juga terdapat banyak sekali restoran dan taman rekreasi yang bisa gunakan untuk memenuhi kebutuhan mulai dari perut, hingga kesenangan.

Belanja & KulinerSate maranggi bertebaran di Cianjur.

Rasanya tak usah ditanya, gurih dan manis, sangat khas. Apalagi jika dipadukan dengan ketan dan sambal oncom. Hampir semua sudut Kota Cianjur ada pedagang sate maranggi. Begitu juga dengan goreng kulit (kikil). Makanan khas Cianjur ini selalu menjadi incaran pemburu wisata kuliner.

Kerajinan bambu merupakan

keterampilan masyarakat Cianjur, khususnya di Kecamatan Cibeber. Daerah ini memproduksi berbagai jenis cinderamata dengan desain yang indah, seperti meja dan kursi yang artistik dibuat dari bambu dengan tingkat kerapihan dan nilai seni tinggi dan bernilai ekonomi produktif.

Guide

TransportasiTransportasi umum menuju Cianjur cukup banyak. Terminal-

terminal besar di Jakarta umumnya membuka rute ke Cianjur. Selain menggunakan transportasi umum – ke Cianjur juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

PenginapanBerwisata ke Kabupaten Cianjur pasti menyenangkan,

karena banyak pilihan objek yang bisa kita datangi. Begitu

Cianjur merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Cianjur memiliki banyak tempat wisata yang bisa menjadi pilihan ketika berkunjung ke Jawa Barat. Wilayah Cianjur masih asri, dan memiliki keindahan alam yang memesona. Sebagian besar wilayah Cianjur adalah pegunungan, kecuali di sebagian pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit. Lahan-lahan pertanian tanaman pangan dan hortikultura, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat. Sungai terpanjang di Cianjur adalah Sungai Cibuni, yang bermuara di Samudra Hindia.

Cianjur

pula penginapan di sekitar Puncak Cianjur maupun Cianjur Kota pun banyak, di antaranya Hotel Bukit Danau, Jalan Hanjawar Raya KM.1 Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Dan Hotel Indo Alam, Jalan Raya Cipanas Kecamatan Cipanas Cianjur.

Objek WisataSitus Gunung Padang merupakan situs megalitik berbentuk

punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Ada juga Kebun Raya Cibodas. Di sana Anda bisa melihat koleksi pepohonan kina,

Page 41: WINGS SEPTEMBER 2015

39September 2015 //

karena tidak mengakui ibunya lagi setelah sukses merantau di negeri orang. Batu Malin Kundang berada di ujung sebelah kiri Pantai Air Manis. Di tengah susunan onggokan batu yang bentuknya menyerupai kapal – terdapat sebuah batu mirip sosok seorang pria yang sedang sujud, sementara di sampingnya berserakan perangkat kapal.

PenginapanJangan khawatir, penginapan di Padang cukup banyak. Dari bintang

empat sampai losmen tersedia di Padang. Jika punya uang lebih, tak ada salahnya menginap di hotel berbintang, seperti di Hotel Pangeran Beach, Jalan Ir. Juanda No. 79, Padang Utara, Padang. Hotel bintang empat ini langsung menghadap ke pantai.

Kuliner & BelanjaSumatera Barat dikenal dengan kerajinan songketnya yang amat

indah. Anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh dari Ranah Minang. Songket yang biasanya dibuat di desa bernama Pandai Sikek, Kabupaten Tana Datar, Kecamatan Sepuluh Koto, Desa Koto Baru ini dibuat dari benang emas.

Untuk kuliner, silahkan coba Soto Padang, yaitu hidangan berkuah kaldu

sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun (mie dari tepung beras), ditambah perkedel kentang dan dihidangkan panas-panas. Yang tak kalah nikmat adalah gulai kikil, berbahan dasar kikil sapi dan bersantan. Rasanya gurih dan agak pedas menambah selera makan bila dihidangkan bersama nasi hangat.

TransportasiSama seperti kota besar lainnya yang sudah punya fasilitas

transportasi memadai. Begitu pula dengan Padang, di sana sudah berdiri Bandara Internasional Minangkabau. Berbagai pesawat pun sudah membuka rute ke sana, termasuk Lion Group. Jika ke Padang, menggunakan Lion Air merupakan pilihan yang tepat.

Objek WisataJembatan Siti Nurbaya termasuk jembatan yang indah. Di

bawahnya membentang Sungai

Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatera Barat. Sejarah Kota Padang tidak terlepas dari peranannya sebagai kawasan rantau Minangkabau, yang berawal dari perkampungan nelayan di muara Batang Arau. Lalu berkembang menjadi bandar pelabuhan yang ramai setelah masuknya Belanda di bawah bendera Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Kini pelabuhan peninggalan Belanda tersebut menjadi objek wisata yang dikenal kota tua Padang.

Padang

Batang Arau, dipenuhi kapal nelayan yang berlabuh di Dermaga Muaro Padang. Hingga akhir abad ke-19, dermaga Muaro Padang termasukan pelabuhan besar. Di sepanjang pelabuhan berdiri kota tua Padang dengan bangunan-bangunan megah berarsitektur klasik Eropa. Bangunan-bangunan tua itu dulunya kantor kolonial Belanda untuk mendukung perdagangan rempah-rempah.

Selain memiliki panorama nan elok, keberadaan Pantai Air Manis berkaitan erat dengan legenda Malin Kundang, yaitu anak durhaka yang dikutuk ibunya menjadi batu,

Page 42: WINGS SEPTEMBER 2015

40 // September 2015

daratannya, bahkan di jantung ibu kota. Beberapa yang ternama dan terbiasa menerima kunjungan wisatawan adalah Kampung Tarung dan Waitabar, Kampung Elu, Kampung Bodo Ede, dan Kampung Paletelolu.

Belanja & KulinerPilihan terbaik untuk berbelanja cinderamata dari Pulau Sumba adalah

kain tenun terutama dari Sumba Timur dengan motif yang lebih beragam dan dibuat dengan cara masih tradisional. Apabila Anda berkunjung ke beberapa desa tradisional maka selain kain tenun ikat yang bisa dibeli adalah ukuran kayu, gitar sumba, tanduk kerbau, serta kalung dan gelang tradisional khas Sumba.

Untuk kuliner, silahkan coba nasi jagung dan sayur rumpu rampe. Nasi

jagung ini terbuat dari beras yang dimasak bersama jagung yang sudah ditumbuk menjadi pecahan kecil. Sedangkan sayur rumpu rampe dibuat dari campuran daun singkong, jantung pisang, bunga pepaya, daun pepaya dan buah pepaya muda.

ATAS PELANTIKAN

Dr. Harris Arthur Hedar, S.H., M.H.(CorPorATE LEgAL LIoN grouP)

SEbAgAI WAKIL KETuA uMuM

DEWAN PIMPINAN NASIoNAL PErHIMPuNAN ADVoKAT INDoNESIA (DPN PErADI)

MASA bHAKTI 2015-2020

Guide

TransportasiPulau Sumba berada di bawah Pulau Komodo dan flores. Penerbangan

ke Sumba digerbangi oleh Bandar Udara Tambolaka di Sumba Barat dan Bandar Udara Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur. Beberapa maskapai penerbangan yang sudah buka rute penerbangan ke Sumba, di antaranya Wings Air. Alternatif lain melalui jalur laut, Pulau Sumba bisa dicapai melalui Pelabuhan Sape di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat dan juga dari Pelabuhan Kupang di Nusa Tenggara Timur.

PenginapanBeberapa wilayah yang berdekatan dengan Pulau Sumba sudah

Pulau Sumba, seperti umumnya wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dikenal sebagai daerah minus dan kering. Namun di balik kondisi itu, Sumba memiliki potensi luar biasa. Sumba memiliki padang sabana, kuda sandel, sumber energi melimpah, dan juga jenis pohon termahal di dunia. Masyarakat Sumba secara rasial merupakan campuran dari ras Mongoloid dan Melanesoid. Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut, flores di timur laut, Timor di timur, dan Australia di selatan dan tenggara. Sedangkan Selat Sumba terletak di utara pulau ini. Di bagian timur terletak Laut Sawu serta Samudra Hindia terletak di sebelah selatan dan barat.

Sumba

berbenah memajukan daerah mereka masing-masing. Hotel dan penginapan terus muncul satu persatu seiring mulai banyaknya wisatawan yang terpikat dengan kealamian pulau ini. Di Sumba Barat menyediakan pilihan beragam akomodasi mulai dari penginapan hinggga resor. Ada Hotel Monalisa Jalan Adhyaksa KM 2, Waikabubak dan Hotel Ronita Jalan Basuki Rahmat, Waikabubak.

Objek WisataDi Pulau Sumba terbentang padang sabana luas. Sekitar

68 persen wilayahnya berupa hamparan padang rumput, yang menjadi tempat hidup bagi kuda-kuda Sumba yang dikenal dengan nama Kuda Sandelwood. Selain alamnya yang indah, Sumba juga kaya sama budaya, seperti tradisi Pasola yaitu perang-perangan dengan menunggangi kuda sambil menyerang lawan dengan lembing dan bisa kita saksikan dengan mengunjungi Pulau Sumba. Pulau seluas 10.710 km² ini masih mempertahankan diri dengan rumah adat tradisional hampir di seluruh belahan

Page 43: WINGS SEPTEMBER 2015

41September 2015 //

ATAS PELANTIKAN

Dr. Harris Arthur Hedar, S.H., M.H.(CorPorATE LEgAL LIoN grouP)

SEbAgAI WAKIL KETuA uMuM

DEWAN PIMPINAN NASIoNAL PErHIMPuNAN ADVoKAT INDoNESIA (DPN PErADI)

MASA bHAKTI 2015-2020

Selamat & Sukses

Page 44: WINGS SEPTEMBER 2015

42 // September 2015

Info SSQ

Pertengahan abad 20, industri penerbangan mulai fokus pada faktor keselamatan, perbaikan dan penelitian-penelitian guna meningkatkan faktor keamanan penerbangan. Karena itu dalam faktor keamanan, perusahaan penerbangan mulai berubah dari tingkat aman yang mengesankan menuju tingkat yang sangat aman. Lebih dari 60 tahun kemudian, industri penerbangan komersial terus meningkatkan faktor keamanan dan keselamatan ini dengan peralatan dan metode-metode baru, serta berkontribusi untuk membuat hidup kita lebih aman, sekalipun ketika kita tidak naik pesawat terbang.

Bahkan beberapa sistem keselamatan yang diterapkan dalam industri penerbangan komersial telah diterapkan ke bidang industri dan transportasi lainnya. Pada 1970-an pesawat mulai dilengkapi sistem pengereman anti-blocking untuk menghindari roda pendarat pesawat macet dan meledak. Dalam terminologi penerbangan sistem ini dikenal sebagai Anti-Skid System. Sejak beberapa tahun lalu roda pesawat mulai diisi nitrogen menggantikan udara, ini untuk menghambat api jika terjadi ledakan. Saat ini industri mobil telah mengadopsi sistem-sistem keselamatan yang sama, seperti sistem ABS pada pengereman mobil merupakan adaptasi dari sistem anti-selip dalam dunia penerbangan. Beberapa pompa bensin juga telah menyediakan nitrogen bagi pelanggan mereka untuk mengisi ban.

Pada 2008 John J Nance menerbitkan buku “Why hospitals should fly” di Amerika Serikat. Mr Nance adalah konsultan dan penulis buku terlaris Nance. Nance adalah karakter yang tangguh dalam kehidupan nyata, sebagai pilot militer, pengacara, selebriti televisi, dan pakar keselamatan penerbangan global. Dalam buku itu, Mr Nance meyakinkan Anda bahwa keselamatan pasien dan kualitas pelayanan secara dramatis dapat ditingkatkan berdasarkan pengalaman dari industri lainnya – terutama industri penerbangan. Rumah sakit saat ini mengadopsi prosedur yang biasa dijalankan dalam dunia penerbangan. Salah satunya Check List penerbangan dan beberapa prosedur lain yang digunakan oleh pilot dalam menjalankan pesawat sejak lebih dari 60 tahun lalu. Beberapa industri yang berisiko tinggi dan sangat mengutamakan keamanan seperti industri kimia, perusahaan bahan bakar, kilang, atau pabrik nuklir bekerja dengan prinsip dan prosedur yang sama seperti yang sudah bertahun-tahun digunakan dalam industri penerbangan.

Industri penerbangan terus berinvestasi waktu, tenaga, dan usaha dalam jumlah yang besar untuk membuat hidup kita lebih aman. Kontribusi dengan prinsip inilah yang telah membuat industri penerbangan sangat aman.

Selamat menikmati penerbangan Anda

Exporting SafetyIn the middle of the twenty century,

the aviation industry started to be focused on Safety, improvements and inventions have transformed the cockpit—and thus the airline industry—from impressibly safe to incredibly safe. More than 60 years later, the commercial aviation industry continues improving safety by mean of new tools and practices and contributing to make our life safer even when we are not boarding an aircraft.

Some of the safety initiatives implemented in the commercial aviation industry has been exported to others means of transportation and industries. In the 1970’s the aircraft started to equipped with anti-blocking braking systems in order to avoid landing gear wheels to block and blow up. In the aviation terminology the system is known as Anti-Skid System. Since years ago the aircraft wheels started to be filled by nitrogen instead of air to impede flames in case of burst. Nowadays the car industry has adopted the same safety initiatives, the automobile ABS system is the adaptation of the aviation anti-skid system, and some car service stations provide nitrogen to their customers to fill up tires.

In 2008 John J Nance published in United States the book “Why hospitals should fly”. Mr Nance is a consultant and best-selling author Nance is a formidable character in real life, as a decorated military pilot, attorney, television celebrity and global airline safety expert. In the book, Mr Nance convince you that patient safety and service quality can be dramatically improved based on the hard-fought experience of other industries—most notably aviation. Today hospitals are adopted and adapted the aviation Check lists and some others procedures used by pilots in the aircraft operation since more than 60 years ago. Some other high risk and ultra-safe industries like Chemical plants, Petrol companies, refineries or nuclear plants are working with the same principles and procedures used in the aviation industry for years.

Aviation Industry continues investing huge amounts of time and effort to make our life safer, contributing with principles that has made the aviation industry so amazingly safe.

Have a happy and safe flight

Kontribusi Sistem Keselamatan PenerbanganteKs cAPT. JoSE FERNANdEZ - coRPoRATE SAFETy dIREcToR lIoN AIR GRouP

Page 45: WINGS SEPTEMBER 2015

43September 2015 //

Page 46: WINGS SEPTEMBER 2015

44 // September 2015

Page 47: WINGS SEPTEMBER 2015

45September 2015 //

welcome aboard

PonselSemua ponsel dan peralatan elektronik yang menggunakan pemancaran radio tidak diperbolehkan selama berada didalam pesawat, hal ini sangat mengganggu sistem navigasi dan komunikasi dengan menara pengawas setempat.

Peralatan ElektronikUntuk penggunaan Laptop dan PDA boleh dipergunakan setelah fasten seatbelt “OFF”, dengan menggunakan flight mode. Setelah fasten seatbelt “ON” untuk persiapan mendarat, maka penumpang harus mematikan laptop dan PDA tersebut.

Barang Berbahaya LainnyaBarang- barang yang mudah terbakar (seperti korek api), meledak (petasan), material yang mengandung magnet, baterai, tabung gas, tidak diperbolehkan untuk dibawa.

MerokokPeraturan Pemerintah melarang kegiatan merokok selama dalam penerbangan, Terdapat detektor asap disemua toilet dan akan dikenai sanksi bagi yang melanggar peraturan.

Perjalanan Dengan Anak-AnakWings Air tidak menyediakan makanan bayi untuk rute domestik dan popok tidak disediakan dipesawat. Wings Air hanya menyediakan air panas untuk susu bayi.

BagasiBarang atau benda tajam harus di pak dalam bagasi dan tidak diperkenankan untuk dibawa kedalam bagasi kabin.Bawalah benda berharga dalam tas yang Anda bawa sendiri.Perhatikan berat bagasi Anda.• Bagasi untuk Rute Domestik Kelas Ekonomi : 10 kg - ATR Utamakan Keselamatan• Sabuk pengaman harus selalu terpasang

sewaktu take-off dan landing. Dianjurkan untuk selalu memasang seat belt selama penerbangan.

• Barang bawaan harus diletakan di atas kepala atau dibawah kursi di depan Anda.

• Silakan membaca kartu instruksi keselamatan yang terdapat di dalam kantung kursi. Di kartu tersebut Anda bisa mengetahui pintu darurat dan letak jaket pelampung.

• Perhatikan baik-baik demo keselamatan dan instruksi yang diberikan oleh cabin crew.

Yang harus

Anda ketahui

tentang

keamanan,

kenyamanan

& keselamatan

Anda didalam

pesawat

informasi usia rata-rata pesawat Lion Group

Lion air 3 Tahun 6 BulanBatiK air 7 BulanwinGs air 2 Tahun 6 Bulan

maLinDo air 1 TahuntHai Lion air 7 BulanLion BiZJet 2 Tahun 5 Bulan

Page 48: WINGS SEPTEMBER 2015

46 // September 2015

Wings Air Route Map

Page 49: WINGS SEPTEMBER 2015

47September 2015 //

Page 50: WINGS SEPTEMBER 2015

48 // September 2015

Page 51: WINGS SEPTEMBER 2015

49September 2015 //

Page 52: WINGS SEPTEMBER 2015

50 // September 2015