Top Banner
i Juni 2013 // THE MAGAZINE OF WINGS AIR - JUNI 2013 Potehi MADE IN GUDO Jakarta Punya Cerita SAMBUT HUT KE-486
52
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: WINGS JUNI 2013

iJuni 2013 //

THE MAGAZINE OF WINGS AIR - JUNI 2013

PotehiMADE IN GUDO

Jakarta Punya CeritaSAMBUT HUT kE-486

Page 2: WINGS JUNI 2013

ii // Juni 2013

Page 3: WINGS JUNI 2013

1Juni 2013 //

Page 4: WINGS JUNI 2013

2 // Juni 2013

6 News

10 Spot

12 Reflection

20 Event

22 Destination

28 News

30 Movie Review

31 Book Review

36 Hot Stuff

38 Leisure

39 Bali Section

46 Wings Air Route

48 Welcome Aboard

contentsjUNI 2013

14 SpecialJakarta Punya CeritaSambut ulang tahun

Jakarta ke-486

24 DestinationPotehi, Made in Gudo

32 TravelJejak Kuliner, Pontianak-Singkawang

Cover Juni 2013‘Jakarta Punya Cerita’Ilustrasi: Richard Archie

Page 5: WINGS JUNI 2013

3Juni 2013 //

Page 6: WINGS JUNI 2013

4 // Juni 2013

Penumpang yang berbahagia, bulan ini sister company kami yaitu Lion Air memasuki tahun ke-13 dalam melayani dan mengabdi kepada bangsa tercinta ini. Sebagai penyedia layanan jasa transportasi udara tentu usia 13 tahun cukup membuktikan bahwa Lion Air tetap eksis dan terus akan berkembang serta semakin maju. Kami percaya bahwa Lion Air akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas baik armada

pesawat maupun aspek pelayanan ke seluruh penumpang.

Lion Air Group, yang di dalamnya termasuk Wings Air, pada tahun ini telah mengoperasikan dua maskapai baru yaitu Malindo Air di Malaysia dan Batik Air, sehingga sampai tahun ini Lion Air Group telah mengoperasikan empat maskapai yaitu Lion Air, Batik Air, Malindo Air dan Wings Air. Ditambah Lion Bizjet, pelayanan private jet atau charter pesawat jet bagi individu maupun perusahaan dengan menggunakan pesawat Hawker XP900.

Kami juga terus mengembangkan dan meningkatkan pelayanan kepada para penumpang. Untuk mewujudkan pelayanan terbaik ini banyak pertimbangan yang harus kami pikirkan, mulai dari armada pesawat, kenyamanan, keselamatan, potensi ekonomi, sumber daya manusia hingga aspek pelayanan penumpang. Kami terus menambah armada baru dengan pesawat ATR 72-500 dan ATR 72-600 yang kami pesan langsung dari pabriknya di Toulouse, Prancis. Selain itu untuk menjaga kualitas, kami terus melakukan pelatihan bagi seluruh karyawan secara intensif.

Selamat menikmati penerbangan bersama Wings Air.

President DirectorAchmad Hasan

Director of ProductionCapt. Ertata Lananggalih

Director of OperationCapt. Redi Irawan

Director of TechnicsMuhammad Rusli

Director of CommerceRudy Lumingkewas

Director of FinanceEdward Sirait

Publisher Makhfudz Sappe

Editor in ChiefRistiyono

EditorA. Gener Waluku • Priyanto Sismadi • Safari A. Husain

ReporterWisnu Ridwan Maulana

MarketingRirin Tri Astuti • G. Hardianto •M. Lottong Makkaraka •Amrul Alam •Aman Sugandhi (Surabaya)•Qurratu Ainie Partono (Surabaya)

Art DirectorGerald Manuel Wangsasaputra

Designer & IllustratorRichard Archie F.M. • Riman Saputra N. •Muhammad Saleh Hanif

FinanceAde Kristanti

Marketing SupportMochammad Zaky

CirculationM. Solichin

Bali Marketing RepresentativeFernandito Haka • Yurison Suryantara

Published byPT. Bentang Media Nusantara

AdvertisingT. +62 21 9849 4404F. +62 21 3151 668Email. [email protected] [email protected] 0821 10 88 22 00

Printed by PT. Mega Indah

WINGSMAGAZINE

Cockpit’s Note

AcHMAD HASANPresident Director Wings Air

Selamat dan Sukses Lion Air !

www.issuu.com/lionmagazineDapat juga dibaca di

Page 7: WINGS JUNI 2013

5Juni 2013 //

Page 8: WINGS JUNI 2013

6 // Juni 2013

Rute Jakarta-ManadoPada 3 Mei 2013, Batik Air mendarat dengan sempurna di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado pada saat terbang perdana rute Jakarta-Manado. Kedatangan Batik Air disambut oleh Wakil Walikota Manado, DR (C) Harley AB Mangindaan, SE, MSM bersama isteri Seyla Kudati, ST, ME.

Rute Jakarta-BalikpapanPada 4 Mei 2013 penerbangan perdana rute Jakarta-Balikpapan ditandai dengan pemecahan kendi pada roda ban depan oleh Kapolda Kaltim, Irjen

Selama bulan Mei 2013 ini Batik Air telah melakukan penerbangan perdana ke berbagai rute, berikut rute-rute tersebut :

Penerbangan Perdana Batik Air

Pol Suedi Husein mendapat kehormatan memecahkan kendi di roda depan pesawat. Hal itu dilakukan sebagai bentuk syukur suksesnya penerbangan perdana tersebut.

Rute Jakarta-YogyakartaPada 17 Mei 2013 telah menerbangi rute Jakarta-Yogyakarta. Pembukaan rute baru Jakarta-Yogyakarta tersebut, ditandai dengan pemecahan kendi oleh Kapolda DIY, Brigjen Haka Astana. Dalam waktu yang berdekatan Batik Air terbilang sukses membuka beberapa rute domestik di tahun 2013 ini.

Rute Jakarta-DenpasarTak lama selang kemudian, Batik Air menambah rute baru lagi pada 19 Mei 2013 yaitu Jakarta-Denpasar. Dengan masuknya Batik Air di Denpasar diharapkan dapat mempermudah para pengguna jasa angkutan udara dan wisatawan yang berada di wilayah tersebut dengan layanan full service.

Selain rute-rute di atas, Batik Air juga telah membuka rute ke Ambon dan rencana 6 Juni terbang ke Jayapura. Selama 2013, maskapai penerbangan Batik Air akan mendatangkan enam pesawat sejenis. Direktur Utama Batik Air Achmad Luthfie mengungkapkan, pada bulan Mei, telah mengoperasikan empat pesawat. Sementara dua pesawat lainnya akan tiba pada Desember 2013.

Pol Anas Yusuf didampingi General Manager (GM) Service Lion Air Group, Ari Azhari. Selain itu dilakukan pula pengalungan bunga oleh Danlanud Balikpapan Kolonel Djoko pada Kapten Mirza, kapten yang menerbangkan pesawat perdana tipe Boeing 737 - 900 ER.

Rute Jakarta-PekanbaruPada 8 Mei 2013 dilanjut dengan rute penerbangan Jakarta-Pekanbaru. Saat tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim (SKK) II, Pekanbaru, disambut langsung oleh General Manager Service Lion Group Ari Azhari, dan Kapolda Riau Brigjen Pol Suedi Husein didampingi rombongan.

Bersama para kru pesawat, dan penumpang mendapat pengalungan bunga. Usai prosesi tersebut Brigjen

(atas) Penumpang Batik Air disambut dengan pengalungan bunga dan tarian adat Minahasa. (kiri) Berdoa bersama dan pemecahan kendi sesaat setelah Batik Air mendarat di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado (kanan) CEO Lion Air Group Rusdi Kirana disambut Wakil Walikota Manado DR (C) Harley AB Mangindaan, SE, MSM.

News

Page 9: WINGS JUNI 2013

7Juni 2013 //

Page 10: WINGS JUNI 2013

8 // Juni 2013

Pada 16 Mei 2013, Archipelago International membuka hotel dengan layanan terpilihnya  yang ke-5 di Jakarta, favehotel Kelapa Gading. favehotel Kelapa Gading baru ini adalah hotel

bujet menengah yang memiliki 121 kamar dan fasilitas serta perlengkapan kamar yang biasanya diasosikan dengan hotel mewah seperti 3 ruang pertemuan, café eklektik, akses internet cuma-cuma berkecepatan tinggi, TV LCD dengan 60 siaran tv lokal dan internasional, perlengkapan tidur berkualitas, handuk yang nyaman, perlengkapan mandi yang lengkap serta save deposit box seukuran laptop. fave baru ini menempati lokasi terbaik di pusat Kelapa Gading, Jakarta Utara di Jalan Gading Indah Raya tepat dibelakang Mal Kelapa Gading yang terkenal dan tidak jauh dari Mall of Indonesia. Kelapa Gading telah dikenal luas sebagai salah satu kawasan yang paling menarik di Jakarta, yang bisa disebut juga sebuah kota di dalam kota dengan pilihan restorannya yang hampir mencapai ratusan, pusat perbelanjaan dan kawasan tempat tinggal untuk kelas menengah ke atas. 

Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran Archipelago International, Bp. Norbert Vas, mengatakan: “favehotel adalah hotel bujet menarik dengan desain bagus, hotel ini sangat bersih, dikelola secara profesional Kami berencana untuk

membuka 10 favehotel lagi di Jakarta dimana 5 fave sudah beroperasi. Kami akan segera hadir di Melawai, Sunter, Cideng, Tanah Abang, Grogol, Menteng, Glodok, Cililitan, Zainul Arifin dan Kebayoran.

News

Nellco Special OBH adalah

salah satu obat batuk

yang popular sejak

dulu, disamping kehandalannya

dalam menyembuhkan batuk,

juga merupakan obat batuk

hitam yang pertama kali

mendapatkan sertifikat halal dari

MUI (Sertifikat Halal MUI DKI

No. 03140000030806), karena

bebas alkohol. Komposisi lengkap

dalam obat batuk hitam ini sangat

bermanfaat untuk membantu

meredakan batuk dan gejala flu

seperti demam, sakit kepala,

hidung tersumbat dan bersin-

bersin. Terinspirasi dari jahe

sebagai tumbuhan berkhasiat

untuk menyembuhkan batuk.

Nellco Special hadir dengan

Nellco Special OBH rasa jahe.

Dengan komposisinya yang

lengkap, formula aktif Nellco

Special OBH rasa jahe efektif

untuk menyembuhkan batuk dan

gejala flu.

NEllcO SpEcIAl OBH RASA JAHE

Archipelago InternationalBuka Favehotel Kelapa Gading

Page 11: WINGS JUNI 2013

9Juni 2013 //

Page 12: WINGS JUNI 2013

10 // Juni 2013

Spot

Sebuah restoran yang menawarkan hidangan lezat dalam suasana interior yang hangat dan mewah. Asia Restaurant, 3-meal dining yang terletak di lobby level The Ritz- Carlton Jakarta, Mega Kuningan, menyajikan aneka

pilihan stall baru interaktif dengan tema yang berbeda setiap hari untuk memberikan para pecinta kuliner pengalaman bersantap bersama. Inilah tempat yang tepat untuk bersantap bersama keluarga, teman maupun relasi bisnis. Selain hidangan yang nikmat, lokasinya pun mudah dijangkau karena berada di pusat kota Jakarta. 

Jangan khawatir soal makanannya, karena berbagai hidangan internasional terbaru disajikan untuk memenuhi selera pengunjung. Dimulai dengan stall khusus masakan Korea untuk sarapan pagi seperti beef bulgogi yang disajikan a la minute, spicy squid, kimchi dan berbagai sajian

sajian kuliner pemuas seleraasia restaurant

makanan khas Korea lainnya. Hadir pula stall makanan India, yang kaya akan bahan rempah-rempah alami dan didominasi dengan bumbu kari seperti nasi briyani, sop lentil, kari kambing, chicken tandori dan cheese samosa. Stall mie pun menarik untuk dicoba, kita dapat meracik sendiri mie sesuai selera. Tidak kalah menarik untuk section Roasted Duck dan Hainan Chicken Rice yang menjadi kegemaran para tamu. Highlight dari semua stall baru adalah stall dengan gaya otentik masakan rumah “Soto Ayam” dari Indonesia. 

Nah, bagi yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan menikmati makan malam yang lezat, tidak salah jika memilih restoran ini. Apalagi bagi para penggemar makanan laut, setiap memasuki akhir pekan, Asia Restaurant Executive Chef Rudoplh Blattler menghadirkan Seafood Fiesta. Hari Jumat merupakan malam bagi para

Page 13: WINGS JUNI 2013

11Juni 2013 //

The Ritz-Carlton Jakarta Mega Kuningan

Jalan DR.Ide Anak Agung Gde Agung Kav.E.1.1 No.1

Public Relations Executive Mega Kuningan Jakarta 12950

T. 62 21 2551 8882 F. 62 21 2551 8952

penggemar makanan laut untuk menikmati grilled salmon, whole giant red snapper, lobster, blue crab dan oyster. Setiap hari Sabtu dengan tema prasmanan Hawker food kita dapat menikmati hidangan santap malam Hawker a la Singapore seperti Singaporean Chilli Crab, Hokkian Noodle, Oyster Egg dengan para kerabat dan juga keluarga. Untuk melengkapi perjalanan kuliner, kita dapat menikmati Sunday Brunch, makan siang mewah di hari Minggu dengan musik Top 40 tahun 2013 yang senantiasa mengiringi acara bersantap bersama. Bon appétit…

Page 14: WINGS JUNI 2013

12 // Juni 2013

Tomorrow tomorrowI love you tomorrowYou’re always a day away

Potongan baris lirik lagu tersebut diambil dari lagu ‘Tomorrow’ yang merupakan lagu paling popular dari drama musikal Broadway dengan judul Annie. Drama ini diambil dari komik karya Harold Gray dengan judul ‘Little Orphan Annie’. Drama musikalnya sendiri mulai dipentaskan pada tahun 1977 dan bertahan selama enam tahun di Alvin Theater (sekarang Neil Simon Theater) dan meraih banyak penghargaan termasuk Tony Award untuk kategori musikal terbaik.

Lagu ‘Tomorrow’ sangat digemari pada masa-masa tersebut dan masih dikenang hingga sekarang. Lirik lagu ini menceritakan kegalauan Annie, seorang anak yatim piatu yang hidup dalam kesusahan hari ini namun menaruh harapan besar terhadap hari esok. Fenomena Annie ini seringkali kita hadapi sehari-hari, kesusahan hari ini dengan harapan kebahagiaan hari esok atau sebaliknya, kebahagiaan hari ini dengan kekuatiran hari esok. Apakah Anda cemas akan hari esok karena hari ini terlalu baik? Ataukah Anda berharap esok lebih baik karena hari ini kondisi Anda tidak begitu baik seperti halnya Annie, si anak yatim piatu?

Untuk mendapatkan gambaran mengenai hal tersebut, marilah

Every tomorrow has two handles. We can take hold of it

with the handle of anxiety or the handle of faith.

Henry Ward Beecher

kita cermati kembali bagaimana kekhawatiran banyak orang akan terjadinya akhir jaman atau kiamat di tahun 2012 yang baru saja kita lewati. Berawal dari berakhirnya kalender suku Maya di Amerika Selatan, ramalan mengenai tersusunnya semua planet di Tata Surya dalam satu garis lurus yang kemudian dibumbui kemunculan film tentang kehancuran Bumi dengan judul 2012, banyak orang melalui bulan Desember 2012 dengan kondisi was-was. Apakah Bumi ini masih ada esok? Belum lagi ramainya minat orang-orang mengetahui nasib mereka di tahun yang baru mulai dari sekedar iseng membaca ramalan bintang atau shio sampai ke menanyakan kepada orang-orang yang dianggap lebih bisa membaca dan menjelaskan garis tangan mereka.

Hari esok selalu menyimpan misteri dan itulah yang menjadikan hidup ini lebih menggairahkan. Namun segelap apa pun misteri hari esok, kita manusia dikodratkan untuk mempersiapkan diri menghadapinya. Para petani memiliki lumbung padi, para pekerja memiliki tabungan, para eksekutif menyiapkan strategi dan rencana. Semua itu dilakukan untuk menghadapi hari esok yang tidak pasti. Apakah strategi dan rencana bisa membantu? Tentu saja strategi dan rencana sulit dibuat tepat karena tidak banyak orang yang benar-benar

mengetahui apa yang akan terjadi besok. Malah dalam perkembangan bisnis dan manajemen sekarang, strategi dan rencana dibuat dalam rentang yang lebih pendek karena masa depan semakin sulit diprediksi. Itu pun dengan catatan harus siap diubah kapan pun perubahan tersebut diperlukan. Bila memang bisa berubah seperti demikian, lantas apa gunanya juga membuat strategi dan rencana?

Untuk bisa mengambil kesimpulan yang benar dari situasi ini, marilah kita simak kisah ilustrasi berikut ini. Dua tim yaitu A dan B akan melakukan pendakian gunung. Tim A memulai pendakian tanpa memilih rute, memilih waktu pendakian dan tanpa persiapan peralatan dan perbekalan. Sedangkan

OlEH JEMy V. CONFIdOTomorrow

Reflection

Page 15: WINGS JUNI 2013

13Juni 2013 //

Tim B, memulai pendakian dengan memilih rute yang paling mudah dan paling aman, memilih waktu pendakian dengan memperhitungkan faktor cuaca dan hari, menyiapkan semua peralatan yang diperlukan dan menyiapkan perbekalan yang dibutuhkan sesuai kondisi dan lamanya pendakian. Ketika pendakian dimulai, Tim A dan Tim B sepertinya sama-sama bersemangat dan sangat yakin bisa mencapai puncak gunung. Namun beberapa saat setelah pendakian, mulailah terlihat bahwa Tim A keteteran. Mereka beberapa kali harus memutar kembali jalur pendakian karena menemui tantangan yang sangat sulit, mereka juga terlihat tidak siap menghadapi perubahan cuaca dan hari. Selain itu, Tim A juga terlihat tidak membawa peralatan-peralatan yang dibutuhkan dan bahkan perbekalan mereka sudah menipis pada saat mencapai pertengahan pendakian padahal baru setengah jalan ke puncak belum lagi saat turun pun mereka akan membutuhkan perbekalan. Kondisi Tim B sangat berbeda dengan Tim A. Tim B terlihat paham betul rute dan arah yang akan dituju. Mereka juga tahu kapan saatnya meneruskan pendakian dan kapan saatnya beristirahat. Demikian pula mereka sudah siap saat badai datang atau perubahan cuaca ekstrim terjadi. Peralatan yang dibutuhkan pun selalu tersedia dan mereka menggunakan perbekalan secara bijak sehingga cukup untuk perjalanan naik dan turun.

Kita dengan segera bisa menilai bahwa Tim B memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk berhasil melakukan pendakian mencapai puncak gunung tersebut dan berhasil melakukan penurunan dengan selamat. Tim A bisa saja berhasil bila benar-benar beruntung seperti misalnya cuaca tidak mengalami perubahan, tiba-tiba mereka menemukan

perlengkapan yang dibutuhkan dan menemukan persediaan makanan yang masih bisa dimakan. Namun tentu saja kemungkinan Tim A terus menerus mengalami kebetulan dan keberuntungan seperti itu sangat kecil. Memang Tim B pun masih mungkin mengalami kegagalan bila terjadi hal-hal yang sangat ekstrim seperti misalnya tanah longsor yang dahsyat. Meski demikian, secara umum, pada keadaan yang masih dalam batas normal, kemungkinan Tim B berhasil melakukan pendakian dan kembali dengan selamat jauh lebih tinggi dibandingkan Tim A.

Tidak terbatas pada kisah ilustrasi di atas, sejarah membuktikan pihak yang memiliki strategi dan rencana yang lebih baik memiliki kesempatan yang lebih baik pula untuk berhasil. Secara umum penduduk dunia ini dibagi menjadi empat kelompok dalam hal membuat strategi dan rencana. Kelompok pertama adalah kelompok yang lebih banyak melihat masa lalu. Bagi mereka, hal-hal yang telah terjadi di masa lalu dijadikan acuan untuk masa depan. Yang termasuk ke dalam kelompok ini di antaranya adalah suku-suku Indian di Amerika. Kelompok yang ke-dua adalah kelompok yang berorientasi kepada masa kini. Kelompok ini lebih mementingkan bagaimana melalui masa sekarang dibandingkan bagaimana menghadapi masa depan. Yang termasuk ke dalam kelompok ini di antaranya adalah bangsa-bangsa Hispanik dan Amerika Selatan. Kelompok yang ke-tiga adalah kelompok yang memperhitungkan masa depan dalam jangka yang tidak terlalu jauh (near future). Kelompok ini sudah memperhitungkan hal-hal yang akan terjadi dalam hitungan lima hingga sepuluh tahun ke depan. Yang termasuk ke dalam

kelompok ini di antaranya adalah bangsa Anglo-Saxon. Terakhir adalah kelompok yang memperhitungkan hal-hal yang akan terjadi jauh ke depan (far future). Kelompok ini sudah membuat strategi dan rencana untuk menghadapi berbagai hal dalam rentang dua puluh lima tahun atau lebih. Yang termasuk dalam kelompok ini di antaranya adalah bangsa-bangsa di Asia Timur. Kita bisa menyaksikan bahwa suku-suku Indian sudah sangat terbelakang sedangkan bangsa-bangsa Hispanik sepertinya berjalan di tempat. Negara-negara Anglo-Saxon seperti Inggris, Amerika, dan Jerman terlihat cukup maju. Namun dalam beberapa dekade terakhir ini, bangsa-bangsa Asia Timur seperti Jepang, China dan Korea terlihat maju dengan sangat pesat. Itu semua tidak terlepas dari strategi dan rencana yang telah mereka siapkan dengan baik berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Mungkin Anda merasakan bahwa hidup Anda tidak seperti sebuah pendakian gunung. Namun tentu juga Anda tidak mau menjadi seperti suku Indian yang tertinggal dalam perkembangan yang sangat dinamis ini. Tidak bisa diprediksi memang apa yang akan terjadi besok. Namun Anda tetap harus mempersiapkannya karena besok, seperti dilantunkan Annie, “hanya satu hari lamanya dari hari ini”.

www.jemyconfido.com

Page 16: WINGS JUNI 2013

14 // Juni 2013

Special

Page 17: WINGS JUNI 2013

15Juni 2013 //

sambut ulang tahun jakarta

Jakarta Punya Cerita

fOT

O R

IMA

N S

APU

TRA

N

Page 18: WINGS JUNI 2013

16 // Juni 2013

Bicara tentang Jakarta, Jakarta dikenal sebagai ibukota Negara Indonesia yang merupakan kota metropolitan yang tidak

pernah sepi dari berbagai macam aktifitas. Kota yang dikenal padat ini memiliki daya tarik tersendiri, tak heran jika banyak wisatawan datang ke Jakarta untuk mengenal beberapa hal mengenai kota Jakarta.

Penduduk asli Jakarta dengan ciri utamanya mempergunakan bahasa

Special

Betawi yang akhirnya berkembang di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Suku bangsa ini biasa juga disebut Orang Betawi atau Orang Jakarta (atau Jakarte menurut logat Jakarta). Nama “Betawi” berasal dari kata “Batavia”. Nama yang diberikan oleh Belanda pada zaman penjajahan dahulu. Berikut beberapa cerita singkat yang dikenal di Jakarta :

Selain dikenal dengan bahasa betawi dan budayanya, Jakarta juga dikenal dari beberapa bangunan tua yang memiliki nilai sejarah di dalamnya, salah satunya adalah Museum Sejarah Jakarta.

Ya, jika melancong ke Jakarta, tepat di jalan Taman Fatahillah, Jakarta Barat, banyak terdapat beberapa bangunan tua yang memiliki cerita sejarah kota Jakarta, salah satunya adalah Museum Fatahillah atau dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta. Letaknya tidak jauh dari stasiun kereta api Beos atau dikenal dengan sapaan stasiun Jakarta Kota.

Museum Sejarah Jakarta Bangunan tua yang terletak di Jalan

Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat ini dahulu adalah sebuah Balai Kota yang dibangun pada tahun 1707-1710. Terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat.

Bangunan yang memiliki luas lebih dari 1.300 meter persegi ini menyimpan berbagai macam koleksi sejarah di dalamnya, beberapa diantaranya adalah perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara, keramik, gerabah, serta batu prasasti dan masih banyak lagi koleksi lainnya. Koleksi-koleksi ini terdapat di berbagai ruang. Selain itu juga terdapat berbagai koleksi tentang kebudayaan Betawi dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara pada jaman Belanda dahulu.

Bangunan yang kini dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta, sekarang menjadi sebuah tempat wisata yang kerap dikunjungi banyak orang, mulai dari wisatawan lokal maupun wisatawan

Jakarta memang sangat mempesona, di mana banyak tempat-tempat wisata sejarah yang memilki cerita menarik. Disamping itu, Jakarta juga dapat dikenal dari berbagai hal yang memiliki khas tersendiri, antara lain, ondel-ondel, makanan khas, serta beberapa bangunan sejarahnya.

Page 19: WINGS JUNI 2013

17Juni 2013 //

asing. Yang menariknya lagi di gedung ini sekarang, terdapat sebuah bioskop fatahillah, yang mana pengunjung dapat menyaksikan pemutaran film-film sejarah (film jadul) dengan tarif 1.000 rupiah. Selain bisa mengenal kota Jakarta lewat cerita sejarah bangunan-bangunan tua tersebut, juga bisa menyaksikan langsung film-film jaman dahulu yang kini menjadi koleksi museum sejarah Jakarta. Sedangkan disekeliling dan disekitarnya tempat ini juga dapat dijadikan tempat rekreasi sambil berfoto-foto bersama.

Selain itu, di sini juga suka diadakan berbagai macam acara seperti Jakarta Festival Museum Day, Pameran, Diskusi Bahasa Betawi, Lomba Sketsa Gedung dan lain-lain. Saat perayaan ulang tahun Jakarta, biasanya di sini digelar acara Batavia Art Festival, yang mana acara tersebut merupakan agenda tahunan, menyuguhkan berbagai macam atraksi seni serta kerajinan seni.

Setelah bercerita tentang Museum Fatahillah, kini ada satu cerita lagi

tentang sebuah perkampungan betawi yang berada di Jakarta, yaitu Setu Babakan.

Setu BabakanSetu babakan dikenal dengan

Perkampungan Budaya Betawi, terletak di jalan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di dalam Setu ini terdapat sebuah danau buatan yang kerap digunakan untuk memancing oleh warga sekitar. Tidak hanya sebatas setu yang enak dipandang, setu ini juga menjadi hiburan bagi pengunjung dengan menaiki sepeda air. Disekelilingnya ditanami beragam pohon buah-buahan

yang menjadi ciri khas Betawi seperti Mangga, Sawo, Melinjo, Rambutan, Jambu, Belimbing, Kecapi, Jamblang, Nangka Cimpedak dan lain-lain.

Disebut sebagai wisata Perkampungan Budaya Betawi, karena memang tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata yang di dalamnya terdapat beberapa hal berbau khas Betawi seperti kuliner Betawi, ada kerak telor, gado-gado betawi, serta soto betawi dan makanan lainnya. Adapun rumah-rumah khas Betawi yang dibangun kokoh di dalam kawasan Setu Babakan ini. Saat berada di dalamnya, seolah benar-benar berada di kawasan Perkampungan Betawi sesungguhnya.

Disebut sebagai wisata Perkampungan Budaya Betawi,

karena memang tempat ini dijadikan sebagai tempat

wisata yang di dalamnya terdapat beberapa hal berbau

khas Betawi seperti kuliner Betawi, ada kerak telor, gado-

gado betawi, serta soto betawi dan makanan lainnya.

Page 20: WINGS JUNI 2013

18 // Juni 2013

seorang seniman Betawi, yang membuat ondel-ondel mini untuk dijadikan sebagai souvenir.

Ondel-ondel mini ini bahannya terbuat dari kayu, fibber, limbah, shuttle cock, kain perca, tempat kok, dan lain-lain. Selain untuk pajangan juga sebagai souvenir. Seni kerajinan tangan khas Betawi ini sungguh memiliki keunikan tersendiri, dan kerajinan seperti ini hanya dapat ditemukan di Jakarta. TEkS & fOTO RIdWAN

Tak hanya itu, hal menarik lainnya juga terdapat di tempat ini, yaitu sebuah Pagelaran Kesenian Budaya Betawi, sungguh menarik bukan? Ya, selain berwisata murah dengan pemandangan yang indah, di tempat ini Anda juga dapat belajar serta mengetahui lebih dalam tentang Kesenian Budaya Betawi yang biasa diadakan pada hari sabtu dan minggu.

Setelah mengenalkan beberapa tempat menarik yang berada di Jakarta seperti cerita di atas, kini saatnya mengenalkan souvenir khas Jakarta yang bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan saat berkunjung ke Jakarta.

Souvenir Khas JakartaPernah mengenal ondel-

ondel? Mendengar namanya tentu terbayang, seperti apa bentuknya.

Ondel-ondel adalah boneka yang merupakan ciri khas atau ikon budaya masyarakat Betawi atau Jakarta.

Ondel-ondel merupakan salah satu kekayaan budaya Betawi. Pada era 40-an, ondel-ondel berfungsi sebagai pengusir setan atau penolak bala oleh sebagian warga Betawi. Namun fungsi tersebut kini telah memudar, seiring dengan kemajuan pemikiran masyarakat Betawi.

Ondel-ondel telah menjadi salah satu simbol Jakarta. Misalnya, pada perayaan HUT Jakarta, Festival Palang Pintu, atau pada gelar pesta Pekan Raya Jakarta (PRJ). Peran ondel-ondel cukup dominan.

Dari bentuk biasanya ondel-ondel kian tampil seperti boneka besar yang menyerupai raksasa, namun kini beda hal dengan ondel-ondel yang dibuat pengrajin karya seni Bpk. Jazuri,

Special

Page 21: WINGS JUNI 2013

19Juni 2013 //

Page 22: WINGS JUNI 2013

20 // Juni 2013

Event

Jakarta Fashion & Food Festival yang biasa disebut JFFF sudah terselenggara secara rutin setiap tahun pada bulan Mei sejak 2004. Di bulan Mei 2013, tepatnya tanggal 9 -26 Mei di Summarecon Kelapa Gading, JFFF ke-10 kembali digelar. Gelaran kali ini yang bertemakan ‘Transforming Indonesia into Global Taste’, menampilkan kekayaan dan kebudayaan Indonesia melalui fashion dan food festival. Mulai dari koleksi-koleksi para perancang busana Indonesia, kuliner tradisional dan modern hingga Wine and Cheese Expo tersaji disini. Hadirnya Kampoeng Tempo Doeloe serta nuansa kolonial menjadikan JFFF kali ini menarik. Gading Nite Carnival menjadi pembuka rangkaian perhelatan JFFF ke-10 dengan rute mengelilingi Sentra Kelapa Gading, dimulai dari La Piazza sampai Hotel Harris Kelapa Gading. Beraneka ragam kostum unik dan menarik yang terinspirasi dari kebudayaan Indonesia serta beberapa mobil hias ditampilkan dalam sebuah parade dengan kreasi yang lebih modern.

one decadeJakarta Fashion & Food Festival 2013

Berbagai jenis kain lurik dari berbagai daerah menghiasi Museum Tekstil Jakarta pada 4-12 Mei 2013. Lurik merupakan tenun sederhana yang dibuat menggunakan ‘alat tenun bukan mesin’ memiliki ragam hias berupa garis-garis (lajuran), kotak-kotak (cacahan) dan polos. Sembilan puluh lurik koleksi Nian S. Djoemana (kolektor kain dan penulis buku Ungkapan Sehelai Batik, Batik dan Mitra, dan Lurik Garis-Garis Bertuah) ditampilkan pada pameran lurik ini. Kain lurik mlati secontong, kain lurik dengklung, kain lurik kumbokarno dan baju surjan lurik adalah beberapa contoh yang mewarnai Museum Tekstil kali ini. Pembukaan Pameran Kain Lurik ini dihadiri oleh dua orang tokoh penting dalam dunia lurik, Raden Rachmad pengrajin lurik antik dari Pedan dan Ninik Darmawan perancang busana lurik yang pada kesempatan ini memperlihatkan beberapa hasil rancangannya melalui peragaan busana. Para tamu undangan berkesempatan untuk mengetahui lebih jauh tentang lurik saat acara talk show, tentunya dengan narasumber Raden Rachmad dan Ninik Darmawan. Bersamaan dengan Pameran Kain Lurik, diselenggarakan juga Pameran Fotografi “Inspiring Tradition” di Museum Tekstil yang berlangsung pada 4-14 Mei 2013.

garis-garis bertuah

Pameran Kain Lurik

Page 23: WINGS JUNI 2013

21Juni 2013 //

Page 24: WINGS JUNI 2013

22 // Juni 2013

Destination

‘3 B’bubur • bunaken • beauty

Page 25: WINGS JUNI 2013

23Juni 2013 //

Kota Tinutuan, begitulah Manado mendapat julukan karena salah

satu makanan khasnya yang begitu merakyat dan nikmat. Ya, tinutuan adalah bubur khas Manado. Memang kota ini terkenal akan kelezatan kulinernya. Mulai dari makanan biasa hingga makanan yang bisa dibilang ekstrim. Selain itu, bagi para pecinta diving Manado tidak asing lagi. Adalah Taman Nasional Bunaken menjadi surganya para penyelam karena keindahan terumbu karang dan aneka ragam biota lautnya.

Tidak hanya keindahan bawah lautnya saja yang memesona. Keindahan alam pegunungannya juga mengundang decak kagum. Ya, berburu sunrise di daerah Rurukan, Tondano, menjadi pengalaman yang tak mudah dilupakan. Melihat gunung Klabat yang gagah

SpoT MenaRiKBunaken, Manado Tua, Danau Tondano, Danau Linau, Tomohon, sunset di sepanjang Boulevard, sunrise di Rurukan, Bukin Kasih, Patung Yesus Memberkati, Selat Lembeh

KulineRTinutuan di Jalan Wakeke, makanan khas Minahasa di Tinoor, Panada, Lalampa, Ikan Woku Blanga, Nasi Kuning, Cakalang Fufu, Ikan Roa, Ikan Nike, Paniki.

HaRuS diCobaNaik angkot dan rasakan audio-nya yang menggelegar.

How To geT THeReUntuk menuju Manado dapat menggunakan penerbangan Lion Air, Batik Air dan Wings Air.

berjajar dengan gunung Dua Bersaudara dan jauh dibawahnya terhampar Selat Lembeh yang juga terkenal dengan pesona bawah lautnya tampak begitu eksotis diantara cahaya mentari yang mulai merekah dalam saputan kabut tipis.

Setelah menikmati keindahan sunrise, kita bisa melanjutkan perjalanan ke pasar Tomohon. Ya, sebuah pasar yang bisa jadi tidak akan ada di tempat lain karena keunikannya. Dan sepulang dari pasar ini dalam perjalanan kembali ke Manado, jangan lupa mampir ke salah satu ikon yaitu patung Yesus Memberkati yang menjulang tinggi. Ya, sambil menikmati sebungkus nasi kuning diantara senyum cantik nan ramah penduduknya, Manado memang layak menjadi destinasi wisata favorit.

Bagi para pecinta diving

Manado tidak asing lagi,

Taman Nasional Bunaken

menjadi surganya para

penyelam karena keindahan

terumbu karang dan aneka

ragam biota lautnya.

Page 26: WINGS JUNI 2013

24 // Juni 2013

PotehiMade in Gudo

TEkS & fOTO TOTO SANTIkO BUdI

Destination

Page 27: WINGS JUNI 2013

25Juni 2013 //

Keheningan membekap sisi belakang rumah ibadah Tridarma “Hong San Kiong,” Gudo, Jombang,

Jawa Timur pagi itu. Suasana yang sungguh berbeda dengan jalan raya di depannya yang tak pernah sepi dilewati kendaraan.

Saat matahari mulai naik dan hari beranjak siang kesenyapan berlalu. Sesekali terdengar suara ketukan-ketukan ringan di udara. Rupanya suara itu berasal dari seorang perajin yang tengah bekerja dengan kayu.

Palu kayu di tangan dan pahat kecil di tangan kirinya membentuk dan mengukir sebongkah kecil kayu waru gunung. Seiring berlalunya waktu dan berkat keahlian seorang pria perajin itu, bongkahan kayu yang tadinya polos dengan ukuran tak lebih besar dari kepalan tangan orang dewasa itu pun perlahan bermetamorfosis.

Sebuah kepala boneka lengkap dengan sepasang mata, hidung, sepasang telinga, bibir dengan ekspresi karakter khas terbentuk. Hiasan kepala dan aksesoris wajah lainnya tak ketinggalan sempurna terukir. Kepala itu adalah bagian kepala sebuah boneka yang disebut Potehi.

Pria perajin asal Jepara itu bernama Supangat. Sebagaimana banyak perajin lain yang berasal dari daerah itu, awalnya ia adalah pengukir dan pembuat meubel biasa. Namun perjumpaannya dengan seorang pengusaha muda asal Gudo, Jombang, Jawa Timur-keahliannya bertambah menjadi perajin boneka “potehi.” Untuk membuat satu set potehi lengkap (terdiri dari kurang lebih 150 karakter),

plus kostum diperlukan waktu sekitar 8 bulan kerja.

Sang pengusaha yang tersebut di atas punya mimpi dan obsesi memarakkan lagi pentas potehi dengan cara mereproduksi boneka-boneka potehi, setiap tokohnya lengkap dengan kostum, kotak penyimpanan, panggungnya yang bisa dibongkar-pasang. Hingga nantinya para sehu (dalang potehi) tidak kesulitan mencari boneka potehi dalam pementasannya.

Istilah potehi konon berasal dari kata Pouw Tee Hie yang berasal dari bahasa dialek Hokkian (Fujian). Pouw Tee berarti kantung atau karung. Hie berarti sandiwara. Secara harafiah potehi berarti teater boneka sarung tangan.

Sosok potehi ini serupa dengan boneka-boneka dalam serial si Unyil. Dalang memainkan boneka dengan cara memasukkan telapak tangannya

ke dalam kantong kain. Tiga jari yang berbeda menggerakkan kepala dan kedua tangan boneka.

Sejarah panjang telah ditempuh pertunjukan boneka potehi atau di Indonesia sering disebut wayang potehi ini. Literatur menyebutkan pertunjukan boneka di tempat kelahirannya, Tiongkok telah dimulai sejak Dinasti Jin (265-420 M). Sementara itu, wayang tiongkok diperkirakan masuk tanah Jawa sekitar abad ke-16. Menariknya, tak seperti kesenian Tiongkok lain yang pengaruhnya tersebar di nusantara, potehi hanya berkembang di Jawa.

Siapakah sebenarnya pengusaha muda tadi yang punya mimpi dan begitu semangat untuk memarakkan panggung pertunjukan potehi itu? Toni Harsono adalah nama pengusaha itu. Mimpinya terhadap

(atas) Kualitas boneka potehi asal Gudo tak

kalah dengan buatan Tiongkok. (bawah)

Setidaknya terdapat 150 karakter tokoh

dalam satu kotak. (kanan) Toni Harsono

jatuh cinta dengan potehi sejak kecil.

Literatur menyebutkan pertunjukan boneka di tempat

kelahirannya, Tiongkok telah dimulai sejak Dinasti Jin (265-

420 M). Sementara itu, wayang tiongkok diperkirakan

masuk tanah Jawa sekitar abad ke-16. Menariknya,

tak seperti kesenian Tiongkok lain yang pengaruhnya

tersebar di nusantara, potehi hanya berkembang di Jawa.

Page 28: WINGS JUNI 2013

26 // Juni 2013

kebangitan pertunjukan potehi itu bukan tanpa alasan.

Terlahir pada tahun 1969 dengan nama Tok Hok Lay, sosok Toni tak seperti kaum peranakan Tionghoa pada umumnya, kulitnya berwarna gelap mirip pribumi. Kecintaannya terhadap potehi ternyata telah ada sejak lama. Sang ayah Tok Hong Kie adalah penjaga klenteng Hong San Kion di Gudo, Jombang. Mereka tinggal dalam kompleks Klenteng itu. Hal ini membuatnya sangat akrab dengan budaya dan tradisi Tionghoa.

Sang ayah ternyata tak hanya sekedar penjaga rumah ibadah, ia juga seorang sehu. Toni belia ini pun serta-merta jatuh hati dengan potehi. Tak heran bila setiap ayahnya pentas sang anak selalu menyaksikan pertunjukan yang sarat ajaran budi pekerti dan akhlak mulia ini. Secara finansial menjadi sehu di masa itu sangatlah sulit. Hong Kie, istri dan ketiga anaknya hidup sangat sederhana. Apalagi di tahun yang sama dengan kelahiran Toni, pemerintah mengeluarkan Inpres No. 16 Tahun

1969, yang isinya melarang kegiatan bersifat keagamaan dan kebudayaan bagi komunitas Tionghoa. Pentas potehi menjadi tak leluasa lagi digelar.

Garis keturunan sehu mengalir dalam darah Toni tak cuma berasal dari ayahnya. Sang kakek bernama Tok Su Kwie dikenal sebagai sehu yang hebat. Su Kwie beserta rombongan pemain musik potehi adalah perantau-perantau dari daratan Tiongkok yang mendarat ratusan tahun lalu di tanah Jawa.

Kehidupan ekonomi yang sulit bagi seorang sehu seperti Hong Kie membuatnya tak pernah mengharapkan anak-anaknya untuk menjadi sehu. Ia bahkan melarang Toni meski mengetahui anaknya itu mempunyai minat yang luar biasa terhadap potehi. Toni pun menurutinya. Setelah melalui masa remaja dengan segala kebandelan dan kegalauannya, Toni yang lulusan ITN Malang, ia akhirnya menjadi pengusaha yang sukses.

Menjadi pengusaha tak membuat Toni melupakan kecintaan masa lalu terhadap seni dan budaya leluhurnya. Potehi tetap menjadi obsesinya. Menyadari banyak koleksi boneka potehi warisan dari sang kakek dan ayah yang sudah usang, rusak, dan tidak lengkap lagi. Toni bertekad untuk membuatnya kembali.

Projek membuat ulang boneka-boneka potehi itu telah ia mulai sejak tahun 2001. Awalnya ia bahkan menyempatkan diri berangkat ke Tiongkok untuk mencari dan mempelajari bentuk dan karakter boneka yang ada di sana.

Selain membuat ulang boneka-boneka potehi, Toni juga tengah membangun museum mini potehi. Nantinya museum ini akan dilengkapi ruang audio visual, diorama, juga dengan sejumlah pustaka yang memaparkan sejarah perkembangannya. Sejak era Tiongkok kuno, zaman Belanda, hingga saat ini.

(atas) Perlu waktu 8 bulan menyelesaikan satu set (150 karakter) boneka potehi lengkap

dengan baju dan aksesorisnya. (bawah) Tidak semua perajin ukir bisa membuat potehi.

Destination

Page 29: WINGS JUNI 2013

27Juni 2013 //

Page 30: WINGS JUNI 2013

28 // Juni 2013

Tips

persiapan sebelum camping

28 // Juni 2013

Page 31: WINGS JUNI 2013

29Juni 2013 // 29Juni 2013 //

Page 32: WINGS JUNI 2013

30 // Juni 2013

Clark Kent (Henry Cavill) adalah wartawan muda yang bekerja di sebuah surat kabar. Clark Kent diasuh oleh sepasang suami istri Kent ( Kevin Costner dan Diane Lane) Memiliki kekuatan super dan berasal dari planet Krypton membuat Clark Kent merasa terasing dan bertanya-tanya mengapa ia bisa ada di bumi. Menyadari kekuatan yang dimilikinya, jiwa kepahlawanan Clark Kent muncul untuk melindungi orang-orang yang dicintainya dan juga menjaga bumi dari ancaman apapun. Permasalahan semakin rumit dengan adanya dua musuh utama, Jendral Zod dan Faora/Ursa yang mendendam karena ayah asli Clark Kent, Jor-El, pernah memenjarakan mereka di Phantom Zone.

James P. Sullivan dan Mike Wazowski merupakan dua sahabat yang tak terpisahkan. Namun hal itu tidak terjadi sejak dulu; Monsters University tempat mereka berkuliah merupakan saksi mata bahwa Sulivan dan Wazowski menghadapi perbedaan-perbedaan namun akhirnya mereka berteman. Sejak dulu Wazowski bercita-cita untuk menjadi tokoh terbaik untuk menakuti-nakuti, dan ia pun berkuliah di Monsters University untuk mewujudkannya. Namun ia bertemu dengan Sullivan yang memiliki bakat alami untuk menakuti. Mereka saling berkompetisi yang akhirnya menyebabkan mereka harus dikeluarkan dari program kuliah untuk menakuti. Sullivan dan Wazowski kemudian sadar bahwa mereka harus bekerjasama untuk membuat keadaan kembali baik seperti sedia kala.

Monsters University

Review

John Cale (Channing Tatum) adalah polisi yang ditolak untuk bekerja di Dinas Rahasia untuk melindungi presiden James Sawyer (Jamie Foxx). Cale tidak ingin mengecewakan putrinya dengan berita ini, maka ia pun mengajak putrinya berjalan-jalan ke White House. Keadaan tiba-tiba berubah menjadi tak teratur ketika sekelompok orang bersenjata mengambil alih White House. Kini semua bergantung pada Cale untuk menyelamatkan presiden, putrinya, dan juga negaranya.

Genre Action•Adventure•Fantasy // Pemain Henry Cavill•Michael Shannon•Amy Adams•Russell Crowe•Kevin Costner // Sutradara Zack Snyder

Man Of Steel

Genre Animation•Adventure•Comedy // Pemain Nathan Fillion•Steve Buscemi•John Goodman•Billy Crystal // Sutradara Dan Scanlon

Genre Action•Drama•Thriller // Pemain Channing Tatum•Jamie Foxx•Maggie Gyllenhaal•Sutradara Roland Emmerich

White House Down

Page 33: WINGS JUNI 2013

31Juni 2013 //

Menilai sebuah benda seni dapat dilakukan oleh siapa saja,

baik oleh seniman maupun kritikus seni. Sebab, karya seni

sebagai sebuah artifak, adalah objek yang terlepas dari

kreatornya, dan setiap orang bebas untuk memaknai. Lewat

buku ini, Oei Hong Djien berbagi pengalaman selama

berinteraksi dengan seniman, mulai dari yang legendaris

seperti Affandi hingga seniman yang jauh lebih muda seperti

Made Sukadana. Kedekatan dengan seniman dan memahami

proses kreatifnya membuat ia semakin mengerti bagaimana

menilai, menikmati, dan menghargai sebuah seni. Bagi Anda

yang ingin tahu tentang sebuah Seni, buku ini sangat cocok

untuk referensi wawasan Anda.

TraveLove adalah kisah-kisah traveling berbalut cinta, ditulis

oleh para traveler dengan segala kejujurannya. Buku ini akan

membuat pembaca bisa menemukan sisi lain para traveler.

Jadi, jangan kaget kalau ternyata mereka punya sisi melankolis.

Tak hanya disuguhi kisah sedih, romantis, dan mengharukan,

pembaca juga akan diajak jalan-jalan keliling dunia lewat buku

ini. Menikmati indahnya Lombok, Laos, Jepang, hingga Eropa

dengan bumbu kisah cinta tak biasa.

Backpacking 101 ditulis berdasarkan ide bahwa jalan-jalan itu tidak identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Buku yang berawal dari blog ini secara khusus membahas bagaimana cara memulai untuk menjadi backpacker, apa yang mendasari seseorang untuk menjadi backpacker, dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan perjalanan backpacking. Backpacking 101 adalah tulisan seorang backpacker pemula untuk sesama backpacker pemula. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

Penulis Andrei Budiman, Claudia Kaunang, Lalu Abdul Fatah, Rei Nina, Rini Raharjanti, Sari Musdar, Salman Faridi, dan Trinity

TraveLove - Dari Ransel Turun ke Hati!

Seni dan Mengoleksi Seni

Penulis Oei Hong Djien

Backpacking 101 : Kiat Praktis Untuk Backpacker Pemula

Penulis Harajeng Gustiayu

Page 34: WINGS JUNI 2013

32 // Juni 2013

pontianak-singkawangjejak kuliner

TEkS & fOTO RISTIyONO

Destination

Page 35: WINGS JUNI 2013

33Juni 2013 //

Demikian juga saat berada di kota khatulistiwa, Pontianak. Kota ini terkenal dengan

tugu khatulistiwa karena posisinya yang tepat di garis khatulistiwa rupanya menyimpan ragam kuliner yang nikmat. Bahkan sudah dikenal hingga luar daerah, seperti mie tiau sapi dan dodol lidah buayanya. Dan tak lengkap rasanya jika sudah sampai di Pontianak tidak menyempatkan diri ke Singkawang yang juga memiliki ragam kuliner yang layak di cicipi. Berikut jejak perjalanan kuliner Pontianak-Singkawang …

Wisata Kuliner di Tepi Kapuas

Ciri khas kota Pontianak yang dilintasi oleh tiga sungai besar rupanya dimanfaatkan sebagai daya tarik oleh sebuah cafe. Pengalaman yang ditawarkan adalah menikmati eksotisme sungai Kapuas sambil menyantap makanan. Sensasi ini terdapat di Cafe Serasan yang

Hidup untuk makan atau makan untuk hidup? Apapun pilihannya yang jelas bagi para penikmat kuliner rasanya belum puas jika belum menjelajah kuliner di daerah yang disinggahinya.

berlokasi di jalan Tanjung Raya 2 di daerah Kampung Banjar Serasan atau dekat jembatan Kapuas.

Cafe yang berada di tepi sungai ini memiliki area terbuka dengan panggung musik setiap weekend dan area terapung yang berada di atas air. Tapi yang sering dipilih oleh tamu adalah fasilitas perahu wisata yang dapat dipesan atau membawa minimal 10 orang. Saat menjelang sunset menjadi momen yang sering dipilih tamu untuk menikmati santap di atas perahu ini. Sambil menyusuri sungai Kapuas, kita dapat menikmati aneka makanan seafood seperti ikan Jelawat, Senangin, Kakap, Bawal atau Patin. Aneka pilihan bumbu mulai dari bumbu asam pedas, asam manis, sambal balado, hingga goreng tauco.

Mie Tiau ApolloTempat makan ini bisa dibilang

sudah menjadi ikon kuliner kota Pontianak. Namanya sudah terkenal bahkan hingga ke luar daerah. Ya, Mie Tiau Apollo yang berada di persimpangan Jalan Gajah Mada – Diponegoro ini menyajikan mie tiau

sapi yang lezat. Kedai ini sudah berdiri sejak 1968 dan jangan heran jika kita harus rela antri untuk mendapatkan sepiring mie tiau sapi karena tempat ini selalu ramai pengunjung.

Sotong PangkongMakanan yang satu ini tergolong

unik dalam cara pengolahannya. Di Pontianak, penjual sotong pangkong ini biasanya akan mulai ramai saat bulan Ramadhan. Tapi diluar bulan itupun ada juga yang jualan meski hanya satu dua penjual yang berderet di tepi jalan. Makanan ini bahan utamanya adalah sotong yang sudah dikeringkan kemudian di panggang di atas bara api. Setelah itu lembaran sotong

Page 36: WINGS JUNI 2013

34 // Juni 2013

tersebut dipukul-pukul dengan palu hingga lunak. Dalam bahasa mereka ‘pangkong’ artinya dipukul. Untuk menikmatinya kita tinggal menyobek lembaran sotong yang tipis itu kemudian di cocol ke sambal yang telah disiapkan. Rasa gurih bercampur pedas asam membuat daging sotong yang bertekstur sedikit liat ini terasa nikmat saat mendarat di mulut.

Labi-labi & Daging TupaiNah, jika ingin menikmati kuliner

yang agak ekstrim kita bisa mencarinya di sepanjang Jalan Gajah Mada. Saat malam menjelang, mulai bermunculan warung tenda yang beberapa diantaranya menyajikan menu yang cukup ekstrim seperti daging ular, daging tupai dan labi-labi. Ya, sup labi-labi dengan tekstur dagingnya yang kenyal lembut terasa nikmat bersama kuah yang sarat dengan bumbu rempahnya.

Pondok Pengkang PenitiDalam perjalanan dari Pontianak

menuju Singkawang jangan lupa mencicipi makanan yang mereka sebut pengkang. Tepatnya di daerah Peniti sekitar 30 kilometer dari Pontianak terdapat Pondok Pengkang yang siap membuat wisata kuliner kita tak terlupakan. Pengkang merupakan makanan kecil khas Pontianak. Mirip dengan lemper, terbuat dari beras ketan yang diisi dengan udang rebon kemudian dibungkus daun pisang. Bedanya bungkusannya berbentuk segitiga. Tiap dua buah pengkang digapit dengan bilah bambu kemudian dipanggang diatas bara api. Rasa yang gurih dengan aroma smoky membuat cemilan ini terasa nikmat saat disantap dengan sambal kepah.

Bakmi 68Nah, sekarang kita masuk

menjelajah kuliner di Singkawang.

Salah satunya adalah kedai Bakmi 68 yang berada di Jalan Pangeran Diponegoro, Singkawang. Kedai ini telah berdiri sejak tahun 1960 dan tetap ramai hingga sekarang. Jadi jangan heran jika kita harus rela antri untuk mendapatkan semangkuk mie bakso karena tiap hari tempat ini selalu ramai pengunjung. Apalagi saat Imlek dan perayaan Cap Go Meh.

Bubur GuntingMenu lain yang layak dicicipi

saat di Singkawang adalah Bubur Gunting. Wah, seram sekali namanya! Jangan salah sangka dulu, ini bukan berarti gunting yang dikumpulkan dan dijadikan bubur! Bubur Gunting ini terbuat dari kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya dan dimasak dengan tepung kanji. Disajikan dalam

Destination

Page 37: WINGS JUNI 2013

35Juni 2013 //

mangkuk kecil dan ditaburi potongan-potongan cakwe. Memotong cakwe nya dengan cara digunting. Salah satu kedai Bubur Gunting ini berada di Jalan Yos Sudarso. Menarik untuk dicoba…

Rujak SingkawangNah, ini buat yang suka seger-

seger.Rujak buah khas kota seribu kelenteng ini memang berbeda dengan rujak buah lainnya. Buahnya sih sama, hanya ada tambahan bumbu seperti petis, taburan ebi dan kacang tanah yang disangrai. Meski berlokasi di gang yang cukup sempit, tapi warung rujak ini selalu ramai pengunjung. Ya, warung rujak Thai Pui Ji yang berada di Jalan Jenderal Sudirman siap menanti kunjungan kita semua untuk menikmati lezatnya rujak khas Singkawang.

Page 38: WINGS JUNI 2013

36 // Juni 2013

Hot Stuff

SONy HANDycAM HDR-GW66VEKamera video ini dapat digunakan ditempat-tempat yang ekstrim, memiliki kemampuan untuk merekam video di bawah air hingga pada kedalaman 10 meter dengan durasi selama 1 jam. Selain itu kamera video ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk digunakan pada lingkungan dengan suhu hingga -10 derajat Celcius. Kamera ini mampu merekam video HD 1080p dengan kecepatan 50 fps. Pengguna juga bisa memilih format video seperti AVCHD, MPEG2 ataupun MP4. Kamera ini dilengkapi dengan sensor R CMOS Exmor 4.6mm, lensa F1.8-F3.4G. Mampu digunakan untuk mengambil gambar 20MP. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan kemampuan zoom optik 10x serta layar LCD 3 inci.

Kehadiran speaker bluetooth portabel Yamaha PDX-B11 ini mungkin bisa menjadi salah satu alternatif solusi terbaik, yang mana dapat menjadi hiburan untuk kegiatan outdoor Anda. Speaker bluetooth portabel ini didesain dengan pegangan logam built-in sehingga memudahkan Anda untuk membawanya kemana-mana. Berbentuk segi delapan serta dilengkapi jeruji yang terbuat dari lapisan krom. Dengan adanya teknologi Bluetooth, membuat speaker ini dapat melakukan streaming musik secara nirkabel dari perangkat berkemampuan Bluetooth lainnya, seperti iPhone, iPad, dan perangkat Android. Selain itu juga dilengkapi oleh sistem dua arah dengan woofer cone 4-inci dan sebuah loudspeaker kecil (tweeter) di dalamnya. Dapat diaktifkan melalui AC adaptor ataupun baterai berjumlah 6 (enam) buah untuk penggunaan portabelnya.

pIONEER SE-Mj732 HEAdPHONE BASS HEAd SERIES TERBARU

Headphone BASS HEAD Series Pioneer SE-MJ732

mampu menghadirkan suara dengan kualitas

yang lebih maksimal. Dengan dukungan built-in

unit speaker besar berukuran 40mm, membuat

kualitas suara bass lebih mendalam dan menonjol.

Selain lebih menonjolkan kualitas suara bass yang

lebih mendalam, model headphone BASS HEAD

series terbaru ini juga terasa semakin bergaya

apalagi dengan keberadaan dukungan desain

street fashion pada

perangkat. Perihal

ketersediaaanya

sendiri, Pioneer

SE-MJ732

ini tersedia

dengan

beberapa

pilihan warna

yaitu merah, biru

dan hitam.

yAMAHA pDX-B11 SPEAkER BlUETOOTH PORTABEl

Page 39: WINGS JUNI 2013

37Juni 2013 //

Sharp Plasmacluster Slim Ion Fan PF-FTC1 adalah sebuah kipas angin pintar yang dapat menyejukkan ruangan Anda. Kipas angin pintar ini memiliki bilah kipas yang nyaris tidak terlihat. Ukurannya pun hanya 240 x 240 x 870mm dan bobot 4 kg. Sedangkan untuk power supply yang digunakannya adalah sejenis AC adaptor.Adapun kemasan aksesoris yang terdiri dari remote control, baterai sel kering, dan sikat pembersih.

Kipas angin pintar ini dibekali oleh Sharp’s unique “Aerodynamic form” blast system dan fungsi Mihari (watch) yang sanggup mendeteksi temperatur dan kelembaban di dalam ruangan serta memungkinkan Anda untuk mengetahuinya melalui suara dan cahaya yang ditimbulkan oleh perangkat. Sementara itu, Anda juga dapat mengatur volume udara dan dapat memilih “Mode Personal”.

TABlET UNTUk SI kECIl dARI POlAROId

Sesuai dengan

tema tabletnya yang

dikhususkan untuk

anak-anak, maka Polaroid juga menyediakan

aplikasi untuk anak-anak seperti Music

Studio, Draw, Kids Cam, and Kids Vids yang

tergabung dalam 35 aplikasi seru lainnya

untuk anak-anak. Tablet berukuran 7 inci

yang diberi nama The PTAB750 ini sudah

menggunakan sistem operasi Android 4.0

Ice Cream Sandwich, Prosesor 1GHz

Cortex A8, Kamera 2 Megapiksel,

dan Memori Internal 8 GB.

SHARP PlASMAClUSTER SlIM ION FAN PF-FTC1, kIpAS ANGIN pINTAR

OlyMpUS E-p5kAMERA MIRRORlESS TERBARU

Kamera ini dilengkapi dengan sensor Live MOS 16.1MP dan teknologi image processor TruePic IV. Di bagian belakang, terdapat layar sentuh LCD berukuran 3 inci. Untuk kemudahan dalam transfer gambar, kamera ini juga dilengkai dengan built in WiFi. Selain fasilitas di atas, kamera ini juga mampu untuk merekam video Full HD dengan format MOV ataupun AVI. Selain itu kamera ini juga dilengkapi dengan image stabilization 5-axis dengan IS auto. Fitur lainnya, memiliki built-in flash, kecepatan shutter hingga 1/8000s serta opsi viewfinder elektronik VF-4.

Page 40: WINGS JUNI 2013

38 // Juni 2013

Leisure

HARRIS Malang menghadirkan

signature dishes : Sop Konro,

Udang Galah Masak Pedas,

Gulai Ayam Cabe Hijau, Ayam

Bakar Sari Nanas dengan pilihan

tempat indoor di HARRIS Café

atau outdoor di HARRIS Teras

dengan pemandangan 3 kolam

renang dan hutan mahony yang

sangat asri. Selain itu, HARRIS

Malang yang mendukung konsep

healthy life style menawarkan

makanan tanpa pengawet/

MSG dan healthy juice dengan

varian : Simple yaitu Fresh Juice

dengan 1 jenis buah, Unique

Juice dengan pilihan : Energy,

Work Out dan Relaxation yaitu

campuran 3 jenis buah dan

Friendly Juice dengan pilihan :

Cleansing, Remedies, Prevention

dan Revival yaitu campuran 3

jenis buah dan 1 sayuran. Untuk

semua juice tanpa gula tambahan

dan tanpa penggunaan es.

pERUT kENyANG HATI PUN SENANG

Midtown Hotel SurabayaMidtown Hotel Surabaya memiliki lokasi yang sangat strategis, dekat dengan pusat perbelanjaan juga kota tua Surabaya dan museum House of Sampoerna. Memiliki 197 kamar dengan tipe kamar yang unik, dimulai dari tipe groovy, splendid, dan fabulous. Desain interior hotel ini mengusung konsep modern dan dinamis. Selama berada di hotel ini kita akan merasakan suasana yang homey karena sambutan dan pelayanan para staff hotel yang begitu ramah. Di bulan juni ini, Midtown hotel memberikan special rate liburan bagi kita yang berencana untuk menghabiskan waktu liburan di Surabaya. Selain special rate Midtown hotel juga memberikan ragam pilihan kuliner khas Surabaya dengan rasa yang khas dan harga yang bersahabat di Townhall Coffee Shop.

Pada 1 Mei 2013 lalu, Swiss-Belhotel International resmi mengambil alih manajemen salah satu hotel bintang 3 di kota Palembang, dan berganti nama menjadi Swiss-Belinn Imara Sudirman. Swiss-Belinn Imara Sudirman ini lokasinya tidak jauh dari pusat pemerintahan dan bisnis, hanya berjarak 10 km dari Bandara International Sultan Mahmud Badaruddin. Hotel ini memiliki 72 kamar yang nyaman dan berbagai fasilitas termasuk ruang pertemuan, restoran, pusat kebugaran dan spa. “Swiss-Belhotel International dengan bangga menyambut properti terbaru ini ke dalam portofolio kami dan merasa bangga telah ditunjuk untuk mengelola hotel ini yang merupakan properti pertama kami di provinsi Sumatera Selatan”, ungkap Mr. Gavin M.Faull, Swiss-Belhotel International Chairman and President.

Swiss-Belinn Imara Sudirman

Page 41: WINGS JUNI 2013

39Juni 2013 //

bali section

PrimeBiz Kuta

Swissbelin Seminyak

Harris Jimbaran

Bali Hyatt

fOTO SWISSBElIN SEMINyAk

Page 42: WINGS JUNI 2013

40 // Juni 2013

Bali Section

Sebuah brand anyar kembali lahir perdana di Bali. Kali ini milik jaringan Prime Plaza Hotels & Resorts dan berlokasi di Jalan Raya Kuta. PrimeBiz Kuta hadir mengembangkan karakter budget hotel yang menawarkan tarif ekonomis dan tetap menjanjikan kualitas serta pelayanan yang bertaraf internasional. Dengan jarak tak lebih dari empat kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai, hotel ini sangat mudah untuk dicapai. Bahkan Anda cukup berjalan kaki untuk mencapai aneka pusat hidangan dan perbelanjaan di daerah Tuban. PrimeBiz Kuta memiliki 143 kamar dengan berbagai kelengkapannya dan tentunya juga ditunjang dengan fasilitas lainnya seperti Meeting Room, Bizness Centre, Massage & Spa, Exercise Room serta akses Wi-Fi gratis. Penempatan kolam renang pada bagian rooftop membuat hotel ini semakin cantik. Spot menarik lainnya adalah restoran di lobby utama, hadirnya Kopi Bali House semakin menegaskan bahwa mereka serius dalam hal mengambil hati penikmat kuliner dan tentunya pecinta kopi.

Suatu kebanggaan bagi Swiss-Belhotel International yang secara resmi telah membuka hotel Swiss-Belinn pertama mereka di Bali. Swiss-Belinn Seminyak hadir sebagai pilihan akomodasi bintang 3 dengan pelayanan dan fasilitas standar internasional serta ditunjang dengan keramah-tamahan khas Swiss-Belhotel. Hotel yang berlokasi di Jalan Sunset Road, Seminyak ini juga siap mengakomodir aneka keperluan bisnis Anda dengan adanya ruang pertemuan yang berkapasitas lebih dari 300 orang.

Swiss-Belinn Seminyak memiliki 196 kamar dengan interior yang nyaman dan berbagai fasilitas lainnya seperti kolam renang, Fitness Centre, Spa, Bar, Restoran dan Longe, 24 jam in-room dining serta dilengkapi akses Wi-Fi yang mencapai keseluruhan ruang. Dengan berlokasi di Seminyak, akan sangat mudah bagi Anda untuk menuju berbagai lokasi trendi di seputar wilayah ini. Sebagai fasilitas tambahan bagi tamu yang menginap disediakan pelayanan antar jemput menuju pantai Petitenget dan juga pusat perbelanjaan di jalan Kartika Plaza. Swiss-Belinn Seminyak siap menjadi sarana akomodasi maupun agenda bisnis Anda selama berlibur di Bali.

Primebiz Kuta Making Your Bizness Ours

Swiss-Belinn SeminyakFeel The Experience

Page 43: WINGS JUNI 2013

41Juni 2013 //

HARRIS Hotel Bukit Jimbaran Bali

A Perfect Place to Stay

TAUZIA Hotel Management mengembangkan

brand hotel bintang empat di kawasan Jimbaran

– Uluwatu Bali. Diresmikannya HARRIS Hotel

Bukit Jimbaran tentu saja menambah warna dan

pilihan wisatawan domestik dan mancanegara

yang berkunjung ke Bali. Hotel bintang empat

yang memiliki lebih dari 245 kamar ini tentu

menjawab permintaan akan tingkat hunian

hotel yang cukup tinggi di Pulau Bali. Hotel

yang terletak di Puncak Bukit Jimbaran ini

membuktikan kesiapannya menyambut tamu

dengan beberapa fasilitas pendukung seperti

Swimming Pool berukuran besar dengan

design eksterior disekitarnya yang tampak

begitu indah dilengkapi beberapa Sunbath

Deck, fasilitas spa dengan nama H’Spa. Juga

fasilitas Fitness Center serta Dino Kid’s Club

sebagai fasilitas untuk anak-anak saat anda dan

keluarga menginap di hotel ini. Fasilitas Rooftop Wedding Chapel dan The Jim’Bar’N Rooftop

Bar, Lounge and Dining yang menjadi nilai

tambah hotel ini dengan pemandangan 360°

Pulau Bali dari ketinggian di bagian selatan

Samudera Hindia dan Teluk Jimbaran.

Page 44: WINGS JUNI 2013

42 // Juni 2013

RESTO / KAFE

TEMPATPENGINAPAN

SPA

PURA

TEMPATBELANJA

TEMPATMENARIK

Bali Section

Berbagai hidangan baru di

Pizza Ria telah dikreasikan oleh

executive chef kami, termasuk

pilihan hidangan pembuka dan

hidangan utama. Anda dapat

mencoba Burrata con Manzo

Bresaola e Rucola (Burrata

keju dan daging sapi bresaola

dengan rucola), Burrata con

prosciutto di Parma Crostini

(Burrata keju dan prosciutto di

Parma crostini) dan Minestra

de Faglio e Cardoncelli (sup

kacang dengan jamur tiram)

untuk pilihan hidangan pembuka

dan sup. Untuk hidangan utama,

Risotto Scamorza con asparagi

Verdi (scamorza keju asap dan

asparagus hijau), Bucatini di

Scampi (udang dengan saus

bisque), Bucatini Alle Triglie

(kepiting, saus tomat dan pan

seared fillet mullet merah)

dan Spaghetti Alla Carbonara.

Selain a la carte, Pizza Ria juga

menawarkan paket makan dan

menu khusus.

Bon AppetitoPizza Ria-Bali Hyatt

Page 45: WINGS JUNI 2013

43Juni 2013 //

Luangkan waktu bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri di Aston Kuta

Menginap selama 2 malam dan Buffet Dinner pada hari pertama Lebarandengan membayar hanya:

Rp. 2,948,000/nett di Superior roomRp. 3,948,000/nett di Family room

Periode perjalanan: 7 - 11 Agustus 2013Berlaku untuk WNI dan pemegang KITAS

SPECIALPROMO

Jl. Wana Segara, Kuta 80361 Bali - Indonesia t : +62-361 - 754 999 f :+62-361 - 765 506e : [email protected] www.AstonKuta.com

IDUL FITRI PACKAGE

Page 46: WINGS JUNI 2013

44 // Juni 2013

Page 47: WINGS JUNI 2013

45Juni 2013 //

Page 48: WINGS JUNI 2013

46 // Juni 2013

Wings Air Route Map

hub sumatra

hub jawa-bali

penerbangan ke jakarta dengan lion air

penerbangan ke jakarta dengan lion air

Page 49: WINGS JUNI 2013

47Juni 2013 //

hub makassar

hub manado-ambon

penerbangan ke jakarta dengan lion air

penerbangan ke jakarta dengan lion air

Page 50: WINGS JUNI 2013

48 // Juni 2013

welcome aboard

PonselSemua ponsel dan peralatan elektronik yang menggunakan pemancaran radio tidak diperbolehkan selama berada didalam pesawat, hal ini sangat mengganggu sistem navigasi dan komunikasi dengan menara pengawas setempat.

Peralatan ElektronikUntuk penggunaan Laptop dan PDA boleh dipergunakan setelah fasten seatbelt “OFF”, dengan menggunakan flight mode. Setelah fasten seatbelt “ON” untuk persiapan mendarat, maka penumpang harus mematikan laptop dan PDA tersebut.

Barang Berbahaya LainnyaBarang- barang yang mudah terbakar (seperti korek api), meledak (petasan), material yang mengandung magnet, baterai, tabung gas, tidak diperbolehkan untuk dibawa.

MerokokPeraturan Pemerintah melarang kegiatan merokok selama dalam penerbangan, Terdapat detektor asap disemua toilet dan akan dikenai sanksi bagi yang melanggar peraturan.

Perjalanan Dengan Anak-AnakWings Air tidak menyediakan makanan bayi untuk rute domestik dan popok tidak disediakan dipesawat. Wings Air hanya menyediakan air panas untuk susu bayi.

BagasiBarang atau benda tajam harus di pak dalam bagasi dan tidak diperkenankan untuk dibawa kedalam bagasi kabin.Bawalah benda berharga dalam tas yang Anda bawa sendiri.Perhatikan berat bagasi Anda.• Bagasi untuk Rute Domestik Kelas Ekonomi : 15 kg - ATR Utamakan Keselamatan• Sabuk pengaman harus selalu terpasang

sewaktu take-off dan landing. Dianjurkan untuk selalu memasang seat belt selama penerbangan.

• Barang bawaan harus diletakan di atas kepala atau dibawah kursi di depan Anda.

• Silakan membaca kartu instruksi keselamatan yang terdapat di dalam kantung kursi. Di kartu tersebut Anda bisa mengetahui pintu darurat dan letak jaket pelampung.

• Perhatikan baik-baik demo keselamatan dan instruksi yang diberikan oleh cabin crew.

Yang harus

Anda ketahui

tentang

keamanan,

kenyamanan

& keselamatan

Anda didalam

pesawat

Page 51: WINGS JUNI 2013

49Juni 2013 //

Page 52: WINGS JUNI 2013

50 // Juni 2013