Top Banner
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bab I Mandiri dengan Berwirausaha Sekolah : . . . . Kelas/Semester : X/1 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Alokasi Waktu : 4 × 40 menit Standar Kompetensi : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung. Kompetensi Dasar : 1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita). Indikator: Mampu menuliskan isi siaran berita radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. Mampu menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas. Mampu mengajukan pertanyaan/tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat). Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita). Materi Pembelajaran Siaran (langsung) dari radio/televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/nonberita Pokok-pokok isi berita Tanggapan isi berita Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Penugasan Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Awal (15 menit) a. Guru memperdengarkan berita yang telah disiapkan. b. Siswa diminta menyebutkan informasi yang terdapat dalam berita yang diperdengarkan guru. 2. Kegiatan Inti (65 menit) a. Eksplorasi Guru menjelaskan langkah-langkah memperoleh informasi dari berita yang didengar. b. Elaborasi 1
39

Rpp Kelas x Smt1 2012

Jan 19, 2016

Download

Documents

Rio M Nagaya

RPP kelas X semester 1 Bahasa Indonesia
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Rpp Kelas x Smt1 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)

Bab I Mandiri dengan Berwirausaha

Sekolah : . . . .Kelas/Semester : X/1Mata Pelajaran : Bahasa IndonesiaAlokasi Waktu : 4 × 40 menit

Standar Kompetensi : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.

Kompetensi Dasar : 1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita).

Indikator:• Mampu menuliskan isi siaran berita radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan

mudah dipahami.• Mampu menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.• Mampu mengajukan pertanyaan/tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak,

menambahkan pendapat).

Tujuan PembelajaranSiswa dapat menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita).

Materi PembelajaranSiaran (langsung) dari radio/televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/nonberita• Pokok-pokok isi berita• Tanggapan isi berita

Metode Pembelajaran1. Ceramah2. Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Awal (15 menit)a. Guru memperdengarkan berita yang telah disiapkan.b. Siswa diminta menyebutkan informasi yang terdapat dalam berita yang diperdengarkan guru.

2. Kegiatan Inti (65 menit)

a. EksplorasiGuru menjelaskan langkah-langkah memperoleh informasi dari berita yang didengar.

b. Elaborasi• Siswa mendengarkan berita ”Ciptakan Wirausaha Terbaik, Bank Mandiri Gelar Kompetisi” dan

”Putera Sampoerna Foundation Ciptakan Pemimpin dan Wirausaha”.• Siswa mencatat pokok-pokok berita.• Siswa menuliskan pokok-pokok berita dalam beberapa kalimat.• Siswa menyampaikan isi berita ”Ciptakan Wirausaha Terbaik, Bank Mandiri Gelar Kompetisi” dan

”Putera Sampoerna Foundation Ciptakan Pemimpin dan Wirausaha” dengan kalimat sendiri. • Siswa menanggapi isi berita disertai alasan yang mendukung tanggapan.• Siswa mencatat pertanyaan atau tanggapan yang diungkapkan teman.

c. KonfirmasiGuru dan siswa mendiskusikan kegiatan yang dilakukan siswa pada pertemuan ini.

3. Kegiatan Akhir (10 menit)Guru mengoreksi hasil penyampaian isi berita siswa dari segi kesesuaian isi berita, penggunaan kalimat, dan ejaan yang digunakan.

1

Page 2: Rpp Kelas x Smt1 2012

Sumber Belajar1. Buku PR Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 2–32. Buku PG Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 2–6

Penilaian Hasil Belajar

1. Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumena. Teknik : Tes unjuk kerjab. Bentuk : Uji petik produk

2. Contoh InstrumenA. Berdasarkan berita yang Anda dengarkan, catatlah pokok-pokok berita tersebut!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Siswa mampu mencatat pokok-pokok isi berita dengan lengkap dan sesuai dengan berita.Siswa mampu mencatat pokok-pokok isi berita dengan lengkap, tetapi ada beberapa yang tidak sesuai dengan berita.Siswa hanya mampu mencatat pokok-pokok isi berita dan sesuai dengan isi berita.Siswa hanya mampu mencatat pokok-pokok isi berita, tetapi ada beberapa yang tidak sesuai dengan berita.Siswa hanya mampu mencatat pokok-pokok isi berita, tetapi semua pokok berita yang dicatat tidak sesuai dengan berita.Siswa tidak mampu mencatat pokok-pokok isi berita.

4

3

2

1

0,5

0

Skor maksimum 4

B. Setelah Anda mencatat pokok-pokok isi berita, tuliskan pokok-pokok isi berita tersebut ke dalam beberapa kalimat!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

Siswa mampu menuliskan pokok-pokok isi berita dengan lengkap dan sesuai dengan berita. Bahasa yang digunakan jelas dan runtut.Siswa mampu menuliskan pokok-pokok isi berita dengan lengkap dan sesuai dengan berita. Bahasa yang digunakan kurang jelas dan tidak runtut.Siswa mampu menuliskan pokok-pokok isi berita dengan lengkap, tetapi ada beberapa yang tidak sesuai dengan berita. Bahasa yang digunakan jelas dan runtut.Siswa mampu menuliskan pokok-pokok isi berita dengan lengkap, tetapi ada beberapa yang tidak sesuai dengan berita. Bahasa yang digunakan kurang jelas dan tidak runtut.Siswa hanya mampu menuliskan beberapa pokok isi berita dan sesuai dengan berita. Bahasa yang digunakan jelas dan runtut.Siswa hanya mampu menuliskan beberapa pokok isi berita dan sesuai dengan berita. Bahasa yang digunakan kurang jelas dan tidak runtut.Siswa hanya mampu menuliskan beberapa pokok isi berita, tetapi ada beberapa yang tidak sesuai dengan berita. Bahasa yang digunakan jelas dan runtut.Siswa hanya mampu menuliskan beberapa pokok isi berita, tetapi ada beberapa yang tidak sesuai dengan berita. Bahasa yang digunakan kurang jelas dan tidak runtut.

5

5

4

4

3

3

2

1

2

Page 3: Rpp Kelas x Smt1 2012

9. Siswa tidak mampu menuliskan beberapa pokok isi berita dengan bahasa yang jelas dan runtut.

0

Skor maksimum 5

C. Anda dapat menyampaikan berita yang ditulis kepada guru dan teman-teman. Gunakan bahasa yang baik, pengucapan yang jelas, dan intonasi yang tepat!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu menyampaikan isi berita dengan bahasa yang baik, pengucapan yang jelas, dan intonasi yang tepat.Siswa mampu menyampaikan isi berita dengan bahasa yang kurang baik, pengucapan yang kurang jelas, dan intonasi yang kurang tepat.Siswa belum mampu menyampaikan isi berita dengan bahasa yang baik, pengucapan yang jelas, dan intonasi yang tepat.

2

1

0

Skor maksimum 2

D. Berikan tanggapan Anda beserta alasannya terhadap berita yang disampaikan teman! Anda dapat memberikan tanggapan dari segi kesesuaian berita dan ketepatan penggunaan kalimat. Anda dapat menyetujui, menolak, atau menambah pendapat.

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

4.

5.

Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap pokok berita yang dibacakan teman menggunakan kalimat yang sopan dan jelas disertai argumen yang mendukung tanggapan.Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap pokok berita yang dibacakan teman menggunakan kalimat yang sopan dan jelas tanpa argumen yang mendukung tanggapan.Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap pokok berita yang dibacakan teman disertai argumen yang mendukung tanggapan, tetapi menggunakan kalimat yang kurang sopan dan berbelit-belit.Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap pokok berita yang dibacakan teman tanpa disertai argumen yang mendukung tanggapan. Kalimat yang digunakan kurang sopan dan berbelit-belit.Siswa belum mampu memberi tanggapan terhadap pokok berita yang dibacakan teman.

4

3

2

1

0

Skor maksimum 4

Jumlah skor maksimum aspek mendengarkan = 4 + 5 + 2 + 4 = 15

3

Page 4: Rpp Kelas x Smt1 2012

perolehan skor Nilai akhir aspek mendengarkan = × skor ideal (100) = . . .

skor maksimum (15)

. . . . . , . . . . . . . . . .Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

_________________ _________________NIP NIP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

4

Page 5: Rpp Kelas x Smt1 2012

(RPP)Bab I Mandiri dengan Berwirausaha

Sekolah : . . . .Kelas/Semester : X/1Mata Pelajaran : Bahasa IndonesiaAlokasi Waktu : 2 × 45 menit

Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita.

Kompetensi Dasar : 2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat.

Indikator:• Mampu mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara) dengan

lancar dan intonasi yang tidak monoton.• Mampu menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat.• Mampu menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman.• Mampu memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai.

Tujuan PembelajaranSiswa dapat memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat.Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kepada siswa: kreatif

Materi Pembelajaran Contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi• Penggunaan sapaan • Penggunaan diksi • Penggunaan struktur kalimat

Nilai dan Materi yang DiintegrasikanPendidikan Ekonomi KreatifKreatif

Metode Pembelajaran1. Ceramah2. Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Awal (5 menit)Guru mengadakan tanya jawab mengenai cara memperkenalkan diri dan orang lain dengan baik.

2. Kegiatan Inti (80 menit)

a. EksplorasiSiswa memperhatikan contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang lain.

b. Elaborasi• Siswa membuat kalimat perkenalan berdasarkan ilustrasi yang telah ditentukan. • Siswa menyampaikan kalimat perkenalan yang telah ditulis di hadapan guru dan teman.• Siswa memberi tanggapan terhadap kalimat perkenalan yang dibuat teman.

c. KonfirmasiGuru dan siswa membahas cara memperkenalkan diri yang dilakukan teman.

3. Kegiatan Akhir (5 menit)Guru meminta siswa untuk terus berlatih memperkenalkan diri di hadapan umum agar kemampuan berbicara siswa terus meningkat.

Sumber Belajar

5

Page 6: Rpp Kelas x Smt1 2012

1. Buku PR Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 3–42. Buku PG Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 6–8

Penilaian Hasil Belajar

1. Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumena. Teknik : Tes unjuk kerjab. Bentuk : Uji petik kerja produk

2. Contoh InstrumenA. Buatlah kalimat perkenalan di hadapan banyak orang berdasarkan ilustrasi!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu membuat kalimat perkenalan berdasarkan ilustrasi dengan menggunakan kalimat yang baik.Siswa mampu membuat kalimat perkenalan, tetapi belum mampu menggunakan kalimat yang baik.Siswa belum mampu membuat kalimat perkenalan berdasarkan ilustrasi dengan menggunakan kalimat yang baik.

2

1

0

Skor maksimum 2

B. Sampaikan kalimat perkenalan diri yang telah Anda buat kepada guru dan teman-teman Anda!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu menyampaikan kalimat perkenalan berdasarkan ilustrasi dengan menggunakan kalimat yang baik.Siswa mampu menyampaikan kalimat perkenalan, tetapi belum mampu menggunakan kalimat yang baik.Siswa belum mampu menyampaikan kalimat perkenalan berdasarkan ilustrasi dengan menggunakan kalimat yang baik.

2

1

0

Skor maksimum 2

C. Berikan tanggapan beserta alasan terhadap hasil pekerjaan yang dibacakan teman Anda!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

4.

Siswa mampu memberi tanggapan mengenai cara memperkenalkan diri dan orang lain dengan kalimat yang sopan dan jelas disertai argumen atau alasan yang mendukung tanggapan.Siswa mampu memberi tanggapan mengenai cara memperkenalkan diri dan orang lain dengan kalimat yang sopan dan jelas tanpa disertai argumen atau alasan yang mendukung tanggapan.Siswa mampu memberi tanggapan mengenai cara memperkenalkan diri dan orang lain yang disertai argumen atau alasan yang mendukung tanggapan. Kalimat yang digunakan kurang sopan dan berbelit-belit.

Siswa mampu memberi tanggapan mengenai cara memperkenalkan diri dan orang lain tanpa disertai argumen atau alasan yang mendukung

4

3

2

1

6

Page 7: Rpp Kelas x Smt1 2012

5.tanggapan. Kalimat yang digunakan kurang sopan dan berbelit-belit.Siswa tidak mampu memberikan tanggapan terhadap teman yang memperkenalkan diri dan orang lain.

0

Skor maksimum 4

Jumlah skor maksimum aspek berbicara = 2 + 2 + 4 = 8 perolehan skor

Nilai akhir aspek berbicara = × skor ideal (100) = . . . skor maksimum (8)

. . . . . , . . . . . . . . . .Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

_________________ _________________NIP NIP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

7

Page 8: Rpp Kelas x Smt1 2012

(RPP)

Bab I Mandiri dengan Berwirausaha

Sekolah : . . . .Kelas/Semester : X/1Mata Pelajaran : Bahasa IndonesiaAlokasi Waktu : 2 × 45 menit

Standar Kompetensi : 3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca.

Kompetensi Dasar : 3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit).

Indikator:• Mampu membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit.• Mampu menemukan ide pokok paragraf dalam teks.• Mampu membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut.

Tujuan PembelajaranSiswa dapat menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit) dan menemukan kata sulit serta istilah.

Materi PembelajaranMembaca cepat• Teks nonsastra• Teknik membaca cepat• Rumus membaca cepat• Fungsi membaca cepat

Metode Pembelajaran1. Ceramah2. Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Awal (5 menit)Guru dan siswa berdiskusi mengenai ide pokok.

2. Kegiatan Inti (80 menit)

a. EksplorasiSiswa memahami cara membaca cepat untuk menemukan ide pokok.Siswa bergabung dengan teman untuk melakukan membaca cepat bacaan ”Pengertian Kewirausahaan”. Sambil membaca, siswa menandai ide pokok.

b. Elaborasi• Siswa memandu teman membaca cepat bacaan ”Pengertian Kewirausahaan”.• Siswa mencatat ide pokok setiap paragraf dalam bacaan ”Pengertian Kewirausahaan” yang telah

ditandai. • Siswa mencermati kembali ide pokok yang telah ditemukan dalam setiap paragraf.• Siswa merangkaikan ide pokok tersebut dalam beberapa kalimat.• Siswa meringkas bacaan ”Pengertian Kewirausahaan”.

c. Konfirmasi Guru menilai hasil pekerjaan siswa.

3. Kegiatan Akhir (5 menit)Guru memberikan contoh hasil rangkuman yang terbaik dari siswa.

Sumber Belajar1. Buku PR Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 4–52. Buku PG Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 8–10

8

Page 9: Rpp Kelas x Smt1 2012

3. Teks bacaan

Penilaian Hasil Belajar

1. Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumena. Teknik : Tes unjuk kerja, tes tulisb. Bentuk : Tes uji petik prosedur dan produk, tes uraian

2. Contoh InstrumenA. Bacalah bacaan berikut. Perhatikan petunjuk membaca cepat berikut!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu membaca cepat dan mendapatkan lebih dari 250 kata dalam satu menit.Siswa mampu membaca cepat, tetapi hanya mendapatkan 200–250 kata dalam satu menit.Siswa hanya mendapatkan kurang dari 200 kata dalam satu menit.

2

1

0

Skor maksimum 2

B. Setelah membaca bacaan yang berjudul ”Pengertian Kewirausahaan”, temukanlah ide pokok setiap paragraf pada bacaan tersebut!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.3.

Siswa mampu menentukan ide pokok dengan benar. Setiap ide pokok yang benar diberi skor 1.Setiap ide pokok yang salah diberi skor 0.Siswa tidak mampu menemukan ide pokok setiap paragraf.

6

00

Skor maksimum 6

C. Ringkaslah bacaan ”Mentan: Kenaikan Harga Cabai Lebih Dinikmati Pedagang” dalam beberapa kalimat dengan bahasa sendiri!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

4.

5.

Siswa mampu membuat ringkasan dengan lengkap dan sesuai dengan urutan isi bacaan ”Pengertian Kewirausahaan”.Siswa mampu membuat ringkasan dengan lengkap, tetapi tidak sesuai dengan urutan isi bacaan ”Pengertian Kewirausahaan”.Siswa mampu membuat ringkasan sesuai dengan urutan isi bacaan ”Pengertian Kewirausahaan”, tetapi tidak lengkap.Siswa mampu membuat ringkasan, tetapi tidak sesuai dengan urutan isi bacaan ”Pengertian Kewirausahaan” dan tidak lengkap.Siswa tidak membuat ringkasan bacaan ”Pengertian Kewirausahaan”

4

3

2

1

0

Skor maksimum 4

Jumlah skor maksimum aspek membaca = 2 + 6 + 4 = 12 perolehan skor

Nilai akhir aspek membaca = × skor ideal (100) = . . .

9

Page 10: Rpp Kelas x Smt1 2012

skor maksimum (12)

. . . . . , . . . . . . . . . .Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

_________________ _________________NIP NIP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)

10

Page 11: Rpp Kelas x Smt1 2012

Bab I Mandiri dengan Berwirausaha

Sekolah : . . . .Kelas/Semester : X/1Mata Pelajaran : Bahasa IndonesiaAlokasi Waktu : 4 × 45 menit

Standar Kompetensi : 8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi.

Kompetensi Dasar : 8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.

Indikator:• Mampu mengidentifikasi puisi lama (pantun, talibun, seloka, syair, gurindam, karmina) berdasarkan bait,

irama, dan rima.• Mampu menulis pantun, talibun, seloka, syair, gurindam, dan karmina dengan memperhatikan bait, irama,

dan rima.• Mampu menyunting hasil pekerjaan teman.• Mampu memperbaiki hasil pekerjaan berdasarkan hasil koreksian teman.

Tujuan PembelajaranSiswa dapat menulis puisi lama dan puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.

Materi Pembelajaran• Puisi lama (pantun, talibun, seloka, syair, gurindam, dan karmina)• Bait• Irama• Rima• Perbedaan pantun, talibun, seloka, syair, dan gurindam

Nilai dan Materi yang DiintegrasikanPendidikan Karakter BangsaKreatif

Metode Pembelajaran1. Ceramah2. Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Kegiatan Awal (10 menit)Guru dan siswa bertanya jawab mengenai puisi lama dan puisi baru.

2. Kegiatan Inti (70 menit)

a. Eksplorasi Guru menyampaikan materi tentang puisi lama.

b. Elaborasi• Siswa memperhatikan penjelasan guru.• Siswa mencermati beberapa contoh puisi lama.• Siswa mengidentifikasi jumlah bait, irama, dan rima yang digunakan dalam puisi lama.• Siswa membuat pantun dengan mengacu syarat-syarat pantun.• Siswa menjelaskan isi pantun yang dibuat.• Siswa membuat talibun dengan mengacu syarat-syarat talibun.• Siswa menjelaskan isi talibun yang dibuat.• Siswa membuat seloka dengan mengacu syarat-syarat seloka.• Siswa menjelaskan isi seloka yang dibuat.• Siswa membuat syair dengan mengacu syarat-syarat syair.• Siswa menjelaskan isi syair yang dibuat.

c. Konfirmasi

11

Page 12: Rpp Kelas x Smt1 2012

Siswa dan guru membicarakan puisi lama yang dibuat siswa.

3. Kegiatan Akhir (10 menit)Guru meminta siswa melihat kembali puisi lama yang dibuat siswa.

Pertemuan Kedua1. Kegiatan Awal (10 menit)

• Guru meminta siswa untuk membuka kembali puisi lama yang mereka buat. • Guru dan siswa mendiskusikan perbedaan puisi baru dan puisi lama.

2. Kegiatan Inti (70 menit)

a. Eksplorasi• Siswa melihat kembali contoh puisi baru ”Seorang Tukang Rambutan kepada Istrinya”.

b. Elaborasi• Guru meminta siswa membuat sebuah puisi baru.• Siswa menukarkan puisi lama dan puisi baru yang mereka buat dengan teman sebangku dan

menyunting puisi yang dibuat teman berdasarkan syarat-syarat puisi lama dan puisi baru.• Siswa memperbaiki puisi yang mereka buat berdasarkan suntingan teman.

c. KonfirmasiSiswa mengumpulkan puisi lama dan puisi baru yang mereka buat kepada guru.

3. Kegiatan Akhir (10 menit)Guru menilai puisi-puisi yang ditulis siswa.

Sumber Belajar1. Buku PR Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 6–112. Buku PG Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 10–18

Penilaian Hasil Belajar

1. Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumena. Teknik : Tes unjuk kerjab. Bentuk : Uji petik produk

2. Contoh InstrumenA. Identifikasilah banyak bait, irama, rima, dan jenis puisi tersebut!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.3.

Siswa mampu mengidentifikasi puisi lama dengan benar. Setiap jenis puisi lama yang benar diidentifikasi dan diberi skor 1.Siswa mengidentifikasi puisi lama, yang salah diberi skor 0.Siswa tidak mampu mengidentifikasi puisi lama.

6

00

Skor maksimum 6

B. Setelah mengetahui ciri-ciri puisi lama, lakukan kegiatan berikut!

1. Buatlah satu bait pantun yang mengacu syarat-syarat pantun. Kemudian, jelaskan isi pantun yang Anda buat!

Pedoman Penskoran

12

Page 13: Rpp Kelas x Smt1 2012

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu membuat pantun yang mengacu syarat-syarat pantun dan menjelaskan isi pantun yang dibuat dengan tepat. Siswa kurang mampu membuat pantun yang mengacu syarat-syarat pantun dan kurang mampu menjelaskan isi pantun yang dibuat. Siswa tidak mampu membuat pantun yang mengacu syarat-syarat pantun.

2

1

0

Skor maksimum 2

2. Buatlah talibun enam berikat yang mengacu syarat-syarat talibun. Kemudian, jelaskan isi talibun yang Anda buat!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu membuat talibun enam berikat yang mengacu syarat-syarat talibun. Siswa menjelaskan dengan tepat isi talibun yang dibuat. Siswa kurang mampu membuat talibun enam berikat yang mengacu syarat-syarat talibun dan kurang mampu menjelaskan isi talibun yang dibuat. Siswa tidak mampu membuat talibun enam berikat yang mengacu syarat-syarat talibun.

2

1

0

Skor maksimum 2

3. Buatlah seloka yang mengacu syarat-syarat seloka. Kemudian, jelaskan isi seloka yang Anda buat!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu membuat seloka yang mengacu syarat-syarat seloka dan menjelaskan dengan tepat isi seloka yang dibuat. Siswa kurang mampu membuat seloka yang mengacu syarat-syarat seloka dan kurang mampu menjelaskan isi seloka yang dibuat. Siswa tidak mampu membuat seloka yang mengacu syarat-syarat seloka.

2

1

0

Skor maksimum 2

4. Buatlah syair yang mengacu syarat-syarat syair. Kemudian, jelaskan isi syair yang Anda buat!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

13

Page 14: Rpp Kelas x Smt1 2012

1.

2.

3.

Siswa mampu membuat syair yang mengacu syarat-syarat syair dan menjelaskan isi syair yang dibuat dengan tepat. Siswa kurang mampu membuat syair yang mengacu syarat-syarat syair dan kurang mampu menjelaskan isi syair yang dibuat. Siswa tidak mampu membuat syair yang mengacu syarat-syarat syair.

2

1

0

Skor maksimum 2

5. Buatlah gurindam yang mengacu syarat-syarat gurindam. Kemudian, jelaskan isi gurindam yang Anda buat!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu membuat gurindam yang mengacu syarat-syarat gurindam dan menjelaskan isi gurindam yang dibuat dengan tepat. Siswa kurang mampu membuat gurindam yang mengacu syarat-syarat gurindam dan kurang mampu menjelaskan isi gurindam yang dibuat. Siswa tidak mampu membuat gurindam yang mengacu syarat-syarat gurindam.

2

1

0

Skor maksimum 2

6. Buatlah karmina yang mengacu syarat-syarat karmina. Kemudian, jelaskan isi karmina yang Anda buat!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu membuat karmina yang mengacu syarat-syarat karmina dan menjelaskan isi karmina yang dibuat dengan tepat. Siswa kurang mampu membuat karmina yang mengacu syarat-syarat karmina dan kurang mampu menjelaskan isi karmina yang dibuat.Siswa tidak mampu membuat karmina yang mengacu syarat-syarat karmina.

2

1

0

Skor maksimum 2

7. Buatlah sebuah puisi baru. Kemudian, jelaskan isi puisi yang Anda buat!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

14

Page 15: Rpp Kelas x Smt1 2012

1.2.3.

Siswa mampu membuat puisi baru.Siswa kurang mampu membuat puisi baru. Siswa tidak mampu membuat puisi baru.

210

Skor maksimum 2

C. Tukarkan hasil pekerjaan Anda dengan pekerjaan teman sebangku. Kemudian, suntinglah hasil pekerjaan teman Anda!–

D. Perbaiki pekerjaan Anda berdasarkan suntingan teman!–

Jumlah skor maksimum aspek menulis = 6 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2 = 20 perolehan skor

Nilai akhir aspek menulis = × skor ideal (100) = . . . skor maksimum (20)

. . . . . , . . . . . . . . . .Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

_________________ _________________NIP NIP

Soal-soal Ulangan Harian berupa tes tertulis. Tes tertulis ini terdiri atas tes pilihan ganda dan tes uraian. Tes tertulis memfokuskan penilaian kognitif. Kognitif menekankan ketepatan jawaban siswa secara tertulis. Guru dapat menilai 10–100 untuk penilaian kognitif.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)

Bab II Mengenal Budaya Melalui Cerita

15

Page 16: Rpp Kelas x Smt1 2012

Sekolah : . . . .Kelas/Semester : X/1Mata Pelajaran : Bahasa IndonesiaAlokasi Waktu : 2 × 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.

Kompetensi Dasar : 1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik atau ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/rekaman.

Indikator:• Mampu menemukan unsur-unsur intrinsik dari cerita.• Mampu memberikan tanggapan (setuju atau tidak setuju) terhadap unsur-unsur intrinsik yang ditemukan

teman.

Tujuan PembelajaranSiswa dapat mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik atau ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/rekaman.

Materi PembelajaranRekaman atau cerita dibacakan• Hal-hal penting dalam cerita• Unsur-unsur intrinsik cerita

Metode Pembelajaran1. Ceramah2. Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Awal (5 menit)Guru dan siswa mendiskusikan hal yang dapat ditemukan dalam cerita.

2. Kegiatan Inti (75 menit)

a. EksplorasiGuru menjelaskan unsur-unsur intrinsik yang terkandung dalam cerita.

b. Elaborasi• Siswa mendengarkan cerita ”Panji Semirang”.• Sambil mendengarkan, siswa mencatat hal-hal penting dalam cerita ”Panji Semirang”.• Siswa menjawab pertanyaan tentang unsur intrinsik cerita. • Siswa mendiskusikan unsur-unsur intrinsik cerita ” Panji Semirang” dan memberi tanggapan

terhadap unsur-unsur intrinsik cerita.

c. KonfirmasiGuru dan siswa membahas hasil diskusi siswa.

3. Kegiatan Akhir (10 menit)Guru menegaskan kembali unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam cerita ”Panji Semirang”.

Sumber Belajar1. Buku PR Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 18–202. Buku PG Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 30–37

Penilaian Hasil Belajar

1. Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumena. Teknik : Tes unjuk kerjab. Bentuk : Uji petik produk

2. Contoh InstrumenA. Sambil mendengarkan kutipan cerita ”Panji Semirang”, catatlah hal-hal penting dari cerita tersebut!

16

Page 17: Rpp Kelas x Smt1 2012

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.2.3.

Siswa mampu menemukan hal-hal penting dalam cerita secara lengkap. Siswa mampu mencatat hal-hal penting dalam cerita, tetapi tidak lengkap. Siswa tidak mampu mencatat hal-hal penting dalam cerita.

210

Skor maksimum 2

B. Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Apakah tema kutipan cerita ”Panji Semirang” yang Anda dengarkan?

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.2.

3.

Siswa mampu menemukan tema cerita dengan benar.Siswa mampu menemukan tema cerita, tetapi kurang tepat karena tidak sesuai dengan isi cerita. Siswa tidak mampu menemukan tema cerita.

21

0

Skor maksimum 2

2. Siapa pelaku-pelaku dalam kutipan cerita ”Panji Semirang”?

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu menemukan pelaku-pelaku dalam cerita secara lengkap. Pelaku cerita ada tujuh tokoh. Siswa mampu menemukan pelaku-pelaku dalam cerita, tetapi tidak lengkap. Siswa tidak mampu menemukan tema cerita.

2

1

0

Skor maksimum 2

3. Berdasarkan pelaku-pelaku dalam kutipan cerita ”Panji Semirang”, siapakah yang termasuk tokoh utama dan tokoh tambahan!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1. Siswa mampu menemukan dengan tepat pelaku utama dan pelaku 2

17

Page 18: Rpp Kelas x Smt1 2012

2.

3.

tambahan dalam cerita.Siswa mampu menemukan pelaku utama dan pelaku tambahan dalam cerita, tetapi tidak tepat atau kurang lengkap. Siswa tidak mampu menemukan pelaku utama dan pelaku tambahan dalam cerita.

1

0

Skor maksimum 2

4. Siapakah tokoh protagonis dan antagonis dalam kutipan cerita ”Panji Semirang”?

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu menemukan dengan tepat tokoh antagonis dan tokoh protagonis dalam cerita.Siswa mampu menemukan tokoh antagonis dan tokoh protagonis dalam cerita, tetapi tidak tepat. Siswa tidak mampu menemukan tokoh antagonis dan tokoh protagonis dalam cerita.

2

1

0

Skor maksimum 2

5. Di manakah latar tempat dan waktu pada kutipan cerita ”Panji Semirang”?

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.2.3.

Siswa mampu menentukan dengan tepat latar tempat dalam cerita. Siswa mampu menentukan latar tempat, tetapi kurang tepat. Siswa tidak mampu menentukan latar tempat dalam cerita.

210

Skor maksimum 2

Nomor Deskriptor Skor

1.2.3.

Siswa mampu menentukan dengan tepat latar waktu dalam cerita. Siswa mampu menentukan latar waktu, tetapi kurang tepat. Siswa tidak mampu menentukan latar waktu dalam cerita.

210

Skor maksimum 2

6. Konflik apakah yang terdapat pada kutipan cerita ”Panji Semirang”? Berikan kutipan konflik tersebut!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1. Siswa mampu menentukan konflik dalam cerita dengan tepat disertai kutipan konflik.

3

18

Page 19: Rpp Kelas x Smt1 2012

2.

3.

4.

Siswa mampu menentukan konflik dalam cerita, tetapi tidak diikuti kutipan konflik. Siswa mampu menentukan kutipan konflik disertai bukti kutipan konflik, tetapi konflik yang ditentukan siswa tidak sesuai dengan isi cerita. Siswa tidak dapat menentukan konflik dalam cerita.

2

1

0

Skor maksimum 3

7. Bagaimana alur yang digunakan dalam kutipan cerita ”Panji Semirang”?

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.2.3.

Siswa mampu menentukan dengan tepat alur dalam cerita.Siswa mampu menentukan alur dalam cerita, tetapi tidak tepat. Siswa tidak mampu menentukan alur cerita.

210

Skor maksimum 2

8. Amanat apakah yang terdapat kutipan cerita ”Panji Semirang”?!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.2.3.

Siswa mampu menentukan dengan tepat amanat dalam cerita.Siswa mampu menentukan amanat dalam cerita, tetapi tidak tepat. Siswa tidak mampu menentukan amanat cerita.

210

Skor maksimum 2

9. Nilai-nilai sosial apa sajakah yang terdapat pada kutipan cerita ”Panji Semirang”?

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.2.3.

Siswa mampu menentukan dengan tepat nilai-nilai sosial dalam cerita.Siswa mampu menentukan nilai-nilai sosial dalam cerita, tetapi tidak tepat. Siswa tidak mampu menentukan nilai-nilai sosial cerita.

210

Skor maksimum 2

10. Nilai-nilai budaya apa sajakah yang terdapat pada kutipan cerita ”Panji Semirang”?

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.2.

Siswa mampu menentukan dengan tepat nilai-nilai budaya dalam cerita .Siswa mampu menentukan nilai-nilai budaya dalam cerita, tetapi tidak tepat.

21

19

Page 20: Rpp Kelas x Smt1 2012

3. Siswa tidak mampu menentukan nilai-nilai budaya cerita. 0

Skor maksimum 2

C. Bergabunglah dengan teman sebangku Anda. Kemudian, lakukan kegiatan berikut!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.2.

Siswa dapat berdiskusi dengan lancar dan mau mengeluarkan pendapat. Siswa tidak mengeluarkan pendapat dalam diskusi.

21

Skor maksimum 2

Jumlah skor maksimum aspek mendengarkan = 2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 3 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2 = 27

Nilai akhir aspek mendengarkan = perolehan skor × skor ideal (100) = . . .

skor maksimum (27)

______ , ____________

Mengetahui,Kepala SMA _______ Guru Mata Pelajaran

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ._________________________ _________________________NIP _____________________ NIP ____________________

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)

Bab II Mengenal Budaya Melalui Cerita

Sekolah : . . . .Kelas/Semester : X/1Mata Pelajaran : Bahasa IndonesiaAlokasi Waktu : 4 × 45 menit

20

Page 21: Rpp Kelas x Smt1 2012

Standar Kompetensi : 6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi.

Kompetensi Dasar : 6.1 Mengemukakan hal-hal menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan berdiskusi.

Indikator:• Mampu mencatat pokok-pokok cerita pendek.• Mampu mengemukakan hal-hal menarik pada cerita pendek.

Tujuan PembelajaranSiswa dapat mengemukakan hal-hal menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan berdiskusi.

Materi PembelajaranCerita pendek dari berbagai sumber• Pokok-pokok cerita pendek• Unsur-unsur intrinsik cerita• Hal-hal menarik dari cerpen

Metode Pembelajaran1. Ceramah2. Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Kegiatan Awal (5 menit)Guru menjelaskan maksud cerpen.

2. Kegiatan Inti (80 menit)

a. EksplorasiGuru menjelaskan unsur-unsur intrinsik yang terkandung dalam cerita.

b. Elaborasi• Siswa bersama kelompoknya mencatat hal-hal pokok yang terdapat dalam cerpen.• Siswa menyampaikan hal-hal pokok yang telah dicatat.• Siswa membuat ringkasan cerpen. • Siswa menyampaikan ringkasan cerpen di depan teman-teman dengan tidak membawa catatan.

c. KonfirmasiSiswa yang lain menanggapi ringkasan yang dibacakan teman.

3. Kegiatan Akhir (5 menit)Guru menilai penampilan siswa.

Pertemuan Kedua

1. Kegiatan Awal (5 menit)Guru mengulas kembali hasil pekerjaan siswa dalam pertemuan yang lalu.

2. Kegiatan Inti (80 menit)

a. EksplorasiSiswa membaca kembali cerpen ”Antara Simbok, Mama, dan Papa”.

b. Elaborasi• Siswa menemukan hal-hal menarik dan mengesankan dalam cerpen. • Siswa menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen. • Siswa mengemukakan hal-hal menarik dan unsur-unsur intrinsik cerpen.

c. KonfirmasiSiswa menanggapi hal menarik dan unsur intrinsik yang disampaikan teman.

3. Kegiatan Akhir (5 menit)Guru menilai penampilan siswa.

Sumber Belajar1. Buku PR Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 20–222. Buku PG Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 37–41

21

Page 22: Rpp Kelas x Smt1 2012

Penilaian Hasil Belajar

1. Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumena. Teknik : Tes unjuk kerjab. Bentuk : Uji petik kerja produk

2. Contoh Instrumen

A. Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4–5 orang. Kemudian, kerjakan kegiatan berikut!

1. Baca dan pahami cerpen yang berjudul ”Antara Simbok, Mama, dan Papa” berikut!–

2. Bersama kelompok Anda, catatlah pokok-pokok cerita ”Antara Simbok, Mama, dan Papa”!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

4.

5.

Siswa dan kelompoknya mampu menemukan pokok-pokok cerita dengan lengkap dan sesuai dengan cerita. Siswa dan kelompoknya mampu menemukan pokok-pokok cerita dengan lengkap, tetapi ada beberapa yang tidak sesuai dengan cerita. Siswa dan kelompoknya mampu menemukan pokok-pokok cerita sesuai dengan isi cerita, tetapi pokok-pokok cerita yang ditemukan tidak lengkap. Siswa dan kelompoknya hanya mampu menemukan beberapa pokok cerita dan ada beberapa pokok cerita yang tidak sesuai dengan isi cerita. Siswa dan kelompoknya tidak mampu menemukan pokok-pokok cerita.

3

2

2

1

0

Skor maksimum 3

3. Tunjuklah seorang teman Anda untuk mewakili kelompok Anda dalam menyampaikan cerita tersebut!–

4. Sampaikan ringkasan cerita ”Antara Simbok, Mama, dan Papa” berdasarkan catatan kelompok Anda. Usahakan Anda menyampaikan cerita tidak membawa catatan!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa dan kelompoknya mampu mengemukakan ringkasan dengan runtut tanpa membawa catatan.Siswa dan kelompoknya mampu mengemukakan ringkasan dengan runtut dengan membawa catatan.Siswa dan kelompoknya mampu mengemukakan ringkasan tanpa membawa catatan, tetapi tidak runtut.

3

2

2

22

Page 23: Rpp Kelas x Smt1 2012

4.

5.

Siswa dan kelompoknya mampu mengemukakan ringkasan dengan membawa catatan dan tidak runtut. Siswa dan kelompoknya tidak mampu mengemukakan ringkasan.

1

0

Skor maksimum 3

B. Setelah menyampaikan isi cerita ”Antara Simbok, Mama, dan Papa”, lakukan kegiatan berikut!

1. Temukan hal-hal menarik atau mengesankan dalam cerita ”Antara Simbok, Mama, dan Papa”!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu menemukan hal-hal menarik atau mengesankan sesuai dengan cerita. Siswa mampu menemukan hal-hal menarik atau mengesankan, tetapi tidak sesuai dengan cerita. Siswa tidak mampu menemukan hal-hal menarik dan mengesankan dalam cerita.

2

1

0

Skor maksimum 2

2. Temukan pula unsur-unsur intrinsik dalam cerita ”Antara Simbok, Mama, dan Papa”!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

4.

5.

Siswa mampu menemukan unsur intrinsik cerita dengan lengkap dan sesuai dengan cerita. Siswa mampu menemukan unsur intrinsik cerita dengan lengkap, tetapi ada beberapa unsur intrinsik yang tidak sesuai dengan cerita. Siswa mampu menemukan unsur intrinsik cerita sesuai dengan isi cerita, tetapi unsur intrinsik cerita yang ditemukan tidak lengkap. Siswa hanya mampu menemukan beberapa unsur intrinsik cerita dan ada beberapa pokok cerita yang tidak sesuai dengan isi cerita. Siswa tidak mampu menemukan pokok-pokok cerita.

3

2

2

1

0

Skor maksimum 3

C. Berikan tanggapan beserta alasan terhadap hasil pekerjaan yang dibacakan teman Anda!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu menyampaikan hal-hal menarik dan unsur intrinsik cerita dengan baik. Siswa mampu menyampaikan hal-hal menarik dan unsur intrinsik cerita, tetapi tidak jelas. Siswa tidak mampu menyampaikan hal-hal menarik dan unsur intrinsik cerita.

2

1

0

23

Page 24: Rpp Kelas x Smt1 2012

Skor maksimum 2

Jumlah skor maksimum aspek berbicara = 3 + 3 + 2 + 3 + 2 = 13

Nilai akhir aspek berbicara = perolehan skor × skor ideal (100) = . . .

skor maksimum (13)

______ , ____________

Mengetahui,Kepala SMA _______ Guru Mata Pelajaran

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ._________________________ _________________________NIP _____________________ NIP _____________________

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)

Bab II Mengenal Budaya Melalui Cerita

Sekolah : . . . .Kelas/Semester : X/1Mata Pelajaran : Bahasa IndonesiaAlokasi Waktu : 2 × 45 menit

Standar Kompetensi : 3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca.

24

Page 25: Rpp Kelas x Smt1 2012

Kompetensi Dasar : 3.2 Mengidentifikasi ide teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif.

Indikator:• Mampu mengidentifikasi ide pokok setiap paragraf.• Mampu menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas.• Mampu mengidentifikasi fakta dan pendapat pada bacaan.

Tujuan PembelajaranSiswa dapat memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca.

Materi PembelajaranMembaca ekstensif • Teks bacaan nonsastra• Teknik membaca ekstensif• Ide pokok bacaan• Ringkasan bacaan

Nilai dan Materi yang Diintegrasikan Pendidikan KarakterCinta Tanah Air

Metode Pembelajaran1. Ceramah2. Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Awal (5 menit)Guru menjelaskan maksud membaca ekstensif.

2. Kegiatan Inti (80 menit)

a. EksplorasiGuru menjelaskan cara mendapatkan ide pokok bacaan dengan membaca ekstensif.

b. Elaborasi• Siswa membaca ekstensif dua bacaan yang berjudul ”Menjaga Budaya Betawi dari Globalisasi”

dan ”Lenong, Teaternya Orang Betawi”.• Siswa menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan ”Menjaga Budaya Betawi dari

Globalisasi” dan ”Lenong, Teaternya Orang Betawi”.• Siswa menulis kembali isi kedua bacaan. • Siswa menemukan fakta dan pendapat dalam kedua bacaan.

c. KonfirmasiGuru dan siswa mendiskusikan hasil pekerjaan siswa.

3. Kegiatan Akhir (5 menit)Guru menilai hasil pekerjaan siswa.

Sumber Belajar1. Buku PR Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 23–252. Buku PG Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 41–463. Teks bacaan

Penilaian Hasil Belajar

1. Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumena. Teknik : Tes unjuk kerjab. Bentuk : Uji petik produk

2. Contoh Instrumen

A. Bacalah bacaan berikut dengan saksama!–

25

Page 26: Rpp Kelas x Smt1 2012

B. Setelah Anda membaca kedua bacaan yang berjudul ”Menjaga Budaya Betawi dari Globalisasi” dan ”Lenong, Teaternya Orang Betawi”, tentukan ide pokok tiap-tiap paragraf pada kedua bacaan tersebut!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.3.

Siswa mampu menentukan ide pokok dengan benar. Setiap ide pokok yang benar diberi skor 1.Setiap ide pokok yang salah diberi skor 0.Siswa tidak mampu menemukan ide pokok setiap paragraf.

12

0

0

Skor maksimum 12

C. Tulislah kembali isi bacaan 1 dan 2 secara ringkas dalam beberapa kalimat!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

4.

Bacaan 1Siswa mampu menuliskan kembali isi bacaan sesuai dengan isi dan urutan isi bacaan. Siswa mampu menuliskan kembali isi bacaan sesuai dengan isi bacaan, tetapi urutannya tidak sesuai dengan isi bacaan. Siswa mampu menuliskan kembali isi bacaan dengan urutan yang sesuai dengan bacaan, tetapi isi ringkasan kurang sesuai dengan isi bacaan. Siswa tidak mampu menuliskan kembali isi bacaan menjadi ringkasan.

2

1

1

0

1.

2.

3.

4.

Bacaan 2Siswa mampu menuliskan kembali isi bacaan sesuai dengan isi dan urutan isi bacaan. Siswa mampu menuliskan kembali isi bacaan sesuai dengan isi bacaan, tetapi urutannya tidak sesuai dengan isi bacaan. Siswa mampu menuliskan kembali isi bacaan dengan urutan yang sesuai dengan bacaan, tetapi isi ringkasan kurang sesuai dengan isi bacaan. Siswa tidak mampu menuliskan kembali isi bacaan menjadi ringkasan.

2

1

1

0

Skor maksimum 4

D. Tentukan fakta dan pendapat yang terdapat pada bacaan 1 dan bacaan 2!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.3.

Siswa mampu menentukan pendapat dengan tepat dari kedua bacaan. Jumlah fakta dalam bacaan 1 dan 2 adalah 39 fakta. Setiap jawaban yang tepat diberi nilai 1. Jawaban yang salah diberi nilai 0.Siswa tidak mampu menemukan fakta dalam bacaan.

39

00

Skor maksimum 39

26

Page 27: Rpp Kelas x Smt1 2012

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.3.

Siswa mampu menentukan pendapat dengan tepat dari kedua bacaan. Jumlah fakta dalam bacaan 1 dan 2 adalah 9 pendapat. Setiap jawaban yang tepat diberi nilai 1. Jawaban yang salah diberi nilai 0.Siswa tidak mampu menemukan pendapat dalam bacaan.

9

00

Skor maksimum 9

Jumlah skor maksimum aspek membaca = 12 + 4 + 39 + 9 = 64

Nilai akhir aspek membaca = perolehan skor × skor ideal (100) = . . .

skor maksimum (64)

______ , ____________

Mengetahui,Kepala SMA _______ Guru Mata Pelajaran

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ._________________________ _________________________NIP _____________________ NIP _____________________

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)

Bab II Mengenal Budaya Melalui Cerita

Sekolah : . . . .Kelas/Semester : X/1Mata Pelajaran : Bahasa IndonesiaAlokasi Waktu : 4 × 45 menit

Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, dan ekspositif).

27

Page 28: Rpp Kelas x Smt1 2012

Kompetensi Dasar : 4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif.

Indikator:• Mampu mendaftar topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf narasi.• Mampu membuat kerangka paragraf.• Mampu mengembangkan kerangka karangan menjadi paragraf yang padu.• Mampu menyunting paragraf narasi.• Mampu menggunakan ragam tulis dan lisan.

Tujuan Pembelajaran• Siswa dapat menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf

naratif.• Siswa dapat menggunakan ragam tulis dan ragam lisan.

Materi PembelajaranParagraf narasiRagam tulis dan ragam lisan

Nilai dan Materi yang DiintegrasikanPendidikan Ekonomi KreatifKreatif

Metode Pembelajaran1. Ceramah2. Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Kegiatan Awal (5 menit)Guru dan siswa mendiskusikan macam-macam paragraf.

2. Kegiatan Inti (70 menit)

a. EksplorasiGuru membahas cara menulis paragraf naratif.

b. Elaborasi• Siswa memperhatikan penjelasan guru.• Siswa mendaftar topik-topik yang dapat menjadi paragraf narasi.• Siswa menyusun kerangka paragraf narasi.• Siswa menyunting hasil pekerjaan teman.

c. KonfirmasiSiswa membenahi karangannya berdasarkan suntingan teman.

3. Kegiatan Akhir (10 menit)Guru menilai paragraf yang dibuat siswa.

Pertemuan Kedua

1. Kegiatan Awal (5 menit)Guru dan siswa hasil kegiatan pada pertemuan yang lalu.

2. Kegiatan Inti (70 menit)

a. EksplorasiGuru menerangkan ragam tulis dan ragam lisan.

b. Elaborasi• Siswa membaca bacaan.• Siswa menentukan ragam tulis dan ragam lisan.• Siswa membuat contoh ragam tulis. • Siswa membuat contoh ragam lisan.

c. Konfirmasi

28

Page 29: Rpp Kelas x Smt1 2012

Guru dan siswa mendiskusikan kembali ragam tulis dan ragam lisan.

3. Kegiatan Akhir (10 menit)Guru menilai pekerjaan siswa.

Sumber Belajar1. Buku PR Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 25–262. Buku PG Bahasa Indonesia X Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 46–49

Penilaian Hasil Belajar

1. Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumena. Teknik : Tes tulisb. Bentuk : Tes uraian

2. Contoh InstrumenA. Daftarlah topik-topik yang dapat Anda kembangkan menjadi paragraf narasi!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

Siswa mampu mendata topik yang dapat dibuat paragraf naratif.Siswa tidak mampu mendata topik yang dibuat paragraf naratif.

10

Skor maksimum 3

B. Susunlah kerangka paragraf narasi, kemudian kembangkan kerangka tersebut menjadi paragraf yang baik!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu membuat paragraf narasi sesuai dengan syarat paragraf narasi. Siswa mampu membuat paragraf narasi, tetapi tidak sesuai dengan syarat-syarat paragraf narasi. Siswa tidak mampu membuat paragraf narasi.

2

1

0

Skor maksimum 2

C. Tentukan ragam tulis dan ragam lisan yang terdapat pada bacaan tersebut!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

3.

Siswa mampu menentukan dengan tepat ragam lisan dan ragam tulis dalam bacaan. Siswa mampu menentukan ragam lisan dan ragam tulis dalam bacaan, tetapi kurang tepat. Siswa tidak mampu menemukan ragam lisan dan ragam tulis dalam bacaan.

2

1

0

Skor maksimum 2

29

Page 30: Rpp Kelas x Smt1 2012

D. Selanjutnya, kerjakan kegiatan berikut ini!

Pedoman Penskoran

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

Siswa mampu membuat contoh kalimat yang menggunakan ragam tulis dengan tepat. Setiap jawaban yang benar diberi nilai 1. Jawaban yang salah tidak diberi nilai atau diberi nilai 0. Siswa tidak mampu membuat kalimat yang menggunakan ragam tulis.

5

0

Skor maksimum 5

Nomor Deskriptor Skor

1.

2.

Siswa mampu membuat contoh kalimat yang menggunakan ragam lisan dengan tepat. Setiap jawaban yang benar diberi nilai 1. Jawaban yang salah tidak diberi nilai atau diberi nilai 0. Siswa tidak mampu membuat kalimat yang menggunakan ragam lisan.

5

0

Skor maksimum 5

Jumlah skor maksimum aspek menulis = 1 + 2 + 2 + 5 + 5 = 15

Nilai akhir aspek menulis = perolehan skor × skor ideal (100) = . . .

skor maksimum (15)

______ , ____________

Mengetahui,Kepala SMA _______ Guru Mata Pelajaran

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

30

Page 31: Rpp Kelas x Smt1 2012

_________________________ _________________________NIP _____________________ NIP _____________________

Soal-soal Ulangan Harian berupa tes tertulis. Tes tertulis ini terdiri atas tes pilihan ganda dan tes uraian. Tes tertulis memfokuskan penilaian kognitif. Kognitif menekankan ketepatan jawaban siswa secara tertulis. Guru dapat menilai 10–100 untuk penilaian kognitif.

31