Top Banner
JUMAI3JUL|2015 Tiga ilamaPengganti 'S Satu Ang6nta Panwaslu l\4r,rndur PURBALINGGA - Menyusul pengunduran diri Sugito Wijaya sebagai anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Purbalingga yang telah disetuiui Bawaslu terhitung 27 Juni 2015, Panwaslukab Purbalingga kini menyiapkan tiga nama pengganti. . KHpiN* $,{EDhq BAffIA}iI{IjH,{$$ET}A Mereka adalah Arto Wi- bowo dari komisioner Panwas- H gota Panwaslukab Yang kosong '-! dirasa mendesak, mengingat tahapan Pemilihan BuPati dan Wakil Bupati Pu$alingga sudah dan sedang be{alan. (PPK) Karagmoncol iur dikidm ke Badan Pengawas Pemilu @a- waslu) Provinsi Jawa Tengah. Dan, Bawaslu baru menyenrjui suat pengunduran did Sugito pada Sab$ (2716). Sebenarnya Sugito meru- pakan anggota antarwakhr Yang menggantikan HerY SulistYono yang mengundurkan dhi sebe- Ium pelantikan. Pelantikan Dewi Palupi, Thofikkur Rokhman, dan Sugitodilakukandi Bawaslu Jateng di Semarang bersamaan anggota patrwas Pilkada 21 kabupaten/kota se-Jateng Pada 28 April 2015 la1u. S13& ka yang lolos akan dilantik oleh Ketua Bawaslu Jateng sebagai atrsgota Parwaskab Purbaling- ga antarwaktu bulan depan," ujar Ketua Panwaskab Purbalingga Dewi Palupi CW setelah bim- bingan tekds Ointek) dan buka bersamaanggotapanwascam se- Kabupaten hubalingga di ruang rapat kompleks Setda Purba- linsg4 Rabu (1r) malam. Idakin Mantap Seperti diberitakan, belum dua bulan menjabat, salah seo- rang arggota Panitia Panwaskab Purbalingga, Sugito Wijaya, tiba-tiba mengundurkan diri de- ngan alasan kesehatan. Surat pe- ngunduran did mantan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan *S .s- dE r-- Err ft &" & A - curn r<aUm-atr. SrrnarYo fPan- a{t wascam Karanqanvar), dan Yuli , '*^ Rahmawati (Plnwascam Ka- q rangeja). Pengisian j abatan ang- DewiPalryiClY "Ketiga nama telah kami rekomendasikan ke Bawaslu hovinsi Jateng untuk mengisi kekosongan salah siorang anggota yang mengundurkan dfui. Selanjuhya, mereka akan menjalani tes kelayakan dan kepatutan pada Senin (6/7) di Semarang. Salah sau dari mere- - Dewi Palupi Yang juga rnernbidangiDivisiPengawasan dan Hubungan Antarlembaga Panwasukab Rnbalingga berha- raD. setelah kekosongan anggota D;waslukab terisi menjadi tiga ^orang, kinerja Panwaslukab untuf mengawasi Pemilihbn Bupati dan wakil Bupati Pwba- lingga semakin mantap. Pasal- nya, tahapan pemithan sudah berjalan dan makin mendekali hari H pemungutan suffa pada 9 Desember 2015 mendatang. (H82-57)
39

Kliping media tanggal 3 juli 2015

Jul 22, 2016

Download

Documents

humas

 
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Kliping media tanggal 3 juli 2015

JUMAI3JUL|2015

Tiga ilamaPengganti

'S Satu Ang6nta Panwaslu l\4r,rndur

PURBALINGGA - Menyusul pengunduran diri

Sugito Wijaya sebagai anggota Panitia

Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu)

Kabupaten Purbalingga yang telah disetuiui

Bawaslu terhitung 27 Juni 2015, Panwaslukab

Purbalingga kini menyiapkan tiga nama

pengganti. .

KHpiN* $,{EDhq

BAffIA}iI{IjH,{$$ET}A

Mereka adalah Arto Wi-bowo dari komisioner Panwas-

H gota Panwaslukab Yang kosong

'-! dirasa mendesak, mengingattahapan Pemilihan BuPati danWakil Bupati Pu$alingga sudah

dan sedang be{alan.

(PPK) Karagmoncol iur dikidmke Badan Pengawas Pemilu @a-waslu) Provinsi Jawa Tengah.Dan, Bawaslu baru menyenrjuisuat pengunduran did Sugitopada Sab$ (2716).

Sebenarnya Sugito meru-pakan anggota antarwakhr Yangmenggantikan HerY SulistYonoyang mengundurkan dhi sebe-

Ium pelantikan. Pelantikan DewiPalupi, Thofikkur Rokhman,dan Sugitodilakukandi BawasluJateng di Semarang bersamaan

anggota patrwas Pilkada 21

kabupaten/kota se-Jateng Pada28 April 2015 la1u.

S13&

ka yang lolos akan dilantik olehKetua Bawaslu Jateng sebagaiatrsgota Parwaskab Purbaling-ga antarwaktu bulan depan," ujarKetua Panwaskab PurbalinggaDewi Palupi CW setelah bim-bingan tekds Ointek) dan bukabersamaanggotapanwascam se-Kabupaten hubalingga di ruangrapat kompleks Setda Purba-linsg4 Rabu (1r) malam.Idakin Mantap

Seperti diberitakan, belumdua bulan menjabat, salah seo-rang arggota Panitia PanwaskabPurbalingga, Sugito Wijaya,tiba-tiba mengundurkan diri de-ngan alasan kesehatan. Surat pe-ngunduran did mantan anggotaPanitia Pemilihan Kecamatan

*S.s-dE r--Err ft

&"

& A - curn r<aUm-atr. SrrnarYo fPan-a{t wascam Karanqanvar), dan Yuli

, '*^ Rahmawati (Plnwascam Ka-q rangeja). Pengisian j abatan ang-

DewiPalryiClY

"Ketiga nama telah kamirekomendasikan ke Bawasluhovinsi Jateng untuk mengisikekosongan salah sioranganggota yang mengundurkandfui. Selanjuhya, mereka akan

menjalani tes kelayakan dankepatutan pada Senin (6/7) diSemarang. Salah sau dari mere-

- Dewi Palupi Yang juga

rnernbidangiDivisiPengawasandan Hubungan AntarlembagaPanwasukab Rnbalingga berha-

raD. setelah kekosongan anggota

D;waslukab terisi menjadi tiga^orang, kinerja Panwaslukabuntuf mengawasi Pemilihbn

Bupati dan wakil Bupati Pwba-lingga semakin mantap. Pasal-nya, tahapan pemithan sudahberjalan dan makin mendekalihari H pemungutan suffa pada 9Desember 2015 mendatang.(H82-57)

Page 2: Kliping media tanggal 3 juli 2015

ndf llll IIIII { I n 4rl'ln{ n:lj'}l}t!!'tf.4 I1.. i *,lii,l Ii'; * 1r] ll I :"rri r U,:.,-t, iiir r {t'Jlt

SUARA MERDEM

JUMAT 3JUL| 2015

Buruh Minta THR DibaYarkan

PURBALINGGA . Ba-nyak bumh memintaTHR diba-yar beberapa hari mendekatiLebaran. Alasarmy4 jika dibe-rikan terlalu dini, mercka takutkehabisan pegangan saat Le-baran tiba"

Ha1 ini berbanding terbalikdengan imbauan Menteri Kete-nagakerjaan Muhammad HanifDhakid yang meminta perusa-haan membayar hrnjangan hariraya (IIIR) dua minggu sebe-lum I€baran (H-7) atau had ini.

"Kalau bisa THR jangandiberi awal-awal, karena nantisebelum kbaran malah sudahhabis. Nanti H-3 daj4 jadi saat

lebara.n masih punya pegang-an," ujar salah seomng buruh pa-bdkrambut palsu, Soniyah (37),warga Kutasari, Kamis (2fl).

Dinas Sosial Tenaga KerjadanTransmigrasi @insosnaker-trans) Pubalingga sudah men-ginstruksikan kepada semuaperusihaan di Purbalingga un-tuk membayarkan THRpada H-7 l,ebaran sesuai dengan regu-lasi Peraturan Menteri TenagaKerja Nomor PER.O4/MEN/-1994 tentang Ttrnjangan HariRaya Keagamaan bagi Pekedadi Pemsahaan.

' Ada instul<si dari Menakeruntuk dibayarkan dua minggusebelum lrbaran. Bagi perusa-haan yang mampu memba-yamya lebihbaik Tapijika tidakbisa, ya sesuai dengan aturanyang bedaku saja," papar Ke-pala Dinsosnakertrans Purba-lingga Ngudiarto.

Ketua Asosiasi PengusahaIndonesia (Apindo) Purtraling-ga Rocky Diuniungan men-gungkapkan, imbauan dariMenaker bersifat fleksibeldalam penerapannya di Purba-lingga.

3 Hari sebelumlebaran-

-Pasalnya,

hal itu mungkinbisa diberlakukan untuk Perusa-haan fi kota besar yang karya-warmya dari daerah lain.

*Jadi, THR dibaYar duaminggu sebelum Lebaran Yalumrah karena mereka harus

mempersiapkanmudik dan lain-lain. Nah kalau di Pubalingg4karyawannya kan lokal sini saj4tidak mudik. Bahkan dari 6.000

karyawan say4 yang izin mudikhanya beberapa saja, itu punmasih di wilayah Jateng danYogyakart4" papamya. r:

Pihaknya akan ctap berpstgangan pada Peraturan Menaker1994, THR dibayar seminggusebelum lebaran, Namun, bagiperusahaan yang mampu mem-bayamya sesuai dengan imbau-an Menaker, pihaknya tidakmempennasalahkan. il

"Diakui, malah banyalfkaryawan yang minta THRdiberikan mendekati I-ebaran,alasamya ya itu, biar tidak c€pathabis," katanya.KetenhanB€saranTllR )

Seperti diberitakan, berda-sarkan peraturan Menaker itu,setiap perusahaan yang mem-peke{akan pekerja/buruh, wa-

iib memberikan THR keaga-maan kepada pekerja/buruhyang telah mempunyai masaket'a tiga bulan secara terus-menerus atau lebih.

Ketentuan besaran THRberdasa*an pqaturan TIIR Ke-agamaan itu adalah bagi peker-jalbuuh yang bemasa kerja 12

bulan secafa lerus-menenrs atau

lebih maka mendapat THRsebesar satu bulan upah.

Sementara itu, Pekerja/bu-ruh yang bermasa kerja tigabulan secara terus-menerus teta-

pi kurang dari 12 bulan, diberi-

kan secara proporsional, dengan

menghitung jumlah bulan kerja

dibagi 12 bulan dikalikan satu

bulanupah.Namun, perusahaan Yang

telah mengatur PembaYaranTHR keagamaan dalarn Pedan-jian kerja. Peranfan Perusahaan(PP). atau Perjanjian kerjabersama @KB), dan temyatalebih baik dad keten0ran di atas'

THR yang dibaYarkan kePada

oekeria/buruh harus dilalcukanLeraasartan Pada PP atau PtGtersebut. (H82-57)

->

Page 3: Kliping media tanggal 3 juli 2015

--,'''.-----

-lr--

BARUH BEKERIA : Para buruh bel<cria di salah sata

,obit ,*nlu, polsu di Purbalingga' Mereka meminta'iiol"*"

"i* membayar THR H-7 lzbaran' ( 57 )

Page 4: Kliping media tanggal 3 juli 2015

KllPir\ii i,iHillAB,{ff III{ ] ru}{A$ $$T}II IJIIRBAIII{O$&

SIIARA MERDEIGJUMAI3JULI2Ol5

Semua Desa DimintaBuat Blog atau W'eb

BOBOTSARI - Untukmempromosikan desa ke dunialuar, CamatBobotsadFatturrach-man menginstruksikan agar selu-

nrh desa di wilayabnya memilikiblog ata! website. T\jt]arrf]ya;agal. potensi desa bisa diketahuioleh semua pihak dari luar.

"Blog ala,u website itn akar,memuat potensi kekayaan des4perkembaogan pembangunandan program pemerintah desadapat diaks€,s wargaketikaberada

di luar kota Termasuk pula meli-hat pot€nsi desa dan adrninistrasikependudukan des4" paparayasaat Bintek Pemanfaatan Tek-nologi Informasi melalui Pem-buatan Blog^V'eb bagi AParaturPemerintahan Desa se-Kaca-matan Bobotsari di Aula SaPta

Baki, Rabu 0f).Dia ingin agar wilayah Keca-

matan Bobotsari meniadi pionir .

dalam pemanfaatan teknologiinformasi. Karena iq menggan-

deDg Dinas Pefiubungan Komu-nikasi dan Infomatika (Dinhub-

kominfo), bintek digelar denganpeserta parakepala desa dan salah

satu perangkatnya"

DnknngKine.rja"Aparanr pemerinuh desa

harus melek terhadap teknologiinformasi. Kemudian setelahmemahami ielnologi informasiini, dapat mernanfaatkan unnrkmendukung kinerja. Dengandemikia& masyamkatdesadiper-

antauan daPat mengetahiiperke mbangan desa di leran-tauamya" lalu d€ngan teloologl

informasi dan lreDsite' Potensldesa dapat dikqahui secara tuas"'

trffinurulur'r.eannia-g

Komunikasi dan InformatiltaKabid Kominfo) Dinhubkomin-

io hlbalingga Eri Rusdi men-

gungkapkan, PitnlctYa b€nrpaya

keras agar semua elemen ma-

syarakat mernadaarkan tehologl

intcrmasi lni. farena di sarying

menghemat anggaran, juga se-

mua informasi daPat samPat

dengan c€Pat taryabatas wila)th'

Ke depan. semoga tloax

hanva desa-desa di Kecamatan

Bobotsari Yang memiliki website'

namun ium seluruh desa/kelum-

han di ikbuPaten Purbalingga"

Dengan demikian, akan memu-

dahkan orang atauPun rnvesbr

vane inein mengetahui Potensr

&*"*ritPatmgz-sul

Page 5: Kliping media tanggal 3 juli 2015

--.,--,-\

-lr--.--\

as.

B

Oo

sl-r

E F.'

N\i\

-vSF€a'.d-: ^xoosoo:tr=.Sd

x<t

t.i>t>EXN<

A<B-:=

aa<

t-l-)i

%.:.EtrE

ZE:!1OEt{r>:*iE.*

F! "5V-tl\ 'aZ!pEN

Page 6: Kliping media tanggal 3 juli 2015

KtiFINffi fi{EilIA

JUMAT,3JULI2O15

alan. keiersedi-'

Page 7: Kliping media tanggal 3 juli 2015

B,tff IAq IIUHA$ $ETDit PiJft B,{IJI{$$A

SUARA MERDEKA

"Kami siapkan wahanaTtryoshuka Planetariu4u Saat inipengdgannya sudah 90 PenenDtrarapkan saa Jbamn sudah

bisa diniknati pengunjung," ujar

Ivdm4lerBlbasari Junjuag.

PURBALINGGA. Objekwisata pendidikan PurbasariPancuran Mas menyiapkan wa-haoa baru unok menyambut Pen-gunjung selama masa Irbarannantt

Dia,mengrmgkrykaa ToYo-

shuka itu bukan bahasa Iepaagmelainkan camPwan bahasaJawa dan Indorresia atinya srkaair. Adapun planetarium itukepen<kkan ckiplana aloaiurn,

Arapaima Ggas di Purbwari Pancuran Mas. (57)

-5-

Page 8: Kliping media tanggal 3 juli 2015

"Pengunjung masuk Toyo-shuka akaa mgnyusuri lorongkanan-kid dan atasnya adalah akyang penuh ikan air tawar. Ber-bagaijenis ikan air tawtr dicam-prn di situ," ucapnya"

Ada yang ikan berenang dibagian atas tlekat pemukaan air,

ada yang b€renang di bagian ten-gah, ada pula yang hanya bere-

nang di bagian terdalam kolamhEtan lersebul

"Jadi IIEIEI(a belEnang seper-

ti habitat asli di t€mpat asalnya.

Ikan itu berasal dari berbagainegara. Di ddlam kolam kamiletakkan minianx simbol negaraasalikag" ujmJmjung.PameranBdtAkik

Selain Toyoshuk4 Junjungjuga menyiaplGn stan unblkpoceran banr akik dari Kali Klawing.Sebagai uji coba, pameran ituberlangsmg selama dua mingguselamakbaran

"Kalau perkembangannyabagus, pameran ini bisadit€ruskan mtuk jangl€ p6njang.

Ini unmk nrngenalkan batr nkik

Klawing kepada pengunjungyang dari luadaerah," nrumya"

Sunbaurakikitrditerpatkandi jalur keluar Istana Burung.Selaininr, diialurkelurjwadisi-apkan area istirahat yang relafrfluas dan dilengkapi beberaPagasebo mfik tempat chduk pampengurjung.

Untrkkolamrcnang, Junjungrnelurgkapi dengan wahana ikanmuntah Walnnaini mirip dengan

$abana ember ffinpah di tempat

lain, hanya beirtuknya bukanember melainkan ikan berukuran

t esil.'Di futasari ada tiga tempat

pertemuan baik terbuka mar.pundi dalam nrangan. Semua sudah

dipesan selama lrbaran untuk. acan halalbihalaltabagai Lalan-ga&" ungkapnya"

Selama 12hari masa kbmannaati, tilret masuk Rubasari Rp16.000. "Saat ini kami sedangm€ngebut menyelesaikan ffi-gai persiapan menyarnbut l)en-gunjung Lebaran," tandasnya.(F1G57)

Page 9: Kliping media tanggal 3 juli 2015

I{i,XFiSfi f',fg'mlAn r rlll.! i,1!ldifl flr,nni rllnl EI llrfl /i.tBil'J:iiJi ilr,tl Jiu rltii.h.i i Uiii.lrr&liilJuli

JUMAT,3JULI2O15

ST3 Tekom Bagltu Pengembangan

WebsiteDesa

PURBALINGGA . KE.canggihan teloologi informasiselama ini hanya dimsakan olehmasyarakat yang tinggal diwilayah perkotaan. Hal ini me-latarbelakangi Sekolah TinggiTeknologi Telematika (ST3)

Telkom Purwokerto untukmemban0 pengemb utgan web-

site di kawasan perdesaan.

Demikian diungkaPkan Do-sen ST3 Telkom Purwokerto,Eko Fajar Cahyadi ST MT saat

memfasilitasi pembuatan web-

site Kelompok Informasi Ma-syamkat Ifit€ra Desa Karang-anyar, Kecamatan Karanganyar,hrbalingga, belum lama ini.

Menurut dia, meski desarnemiliki segudang potensi dankearifan lokal yang menarikunhrk dipublikasikan, persoalanjarak dian sumber daya manusia

menjadi tembok pembatas pe-ngembangan informasi desa.

"Pengembangan web s ite y ar.gdikelola secara mandiri olehwarga diharapkan dapat menjadisalah sahr bafir loncatan pemban-gunan des4" kata Eko.Angkat Potensi

Diamenuturkan,pelatihan iniberawal dari keinginan ma-syarakat untuk.mengangkatpoteflsi kearifan lokal desa.Kebetulan saat ini PengelblaNama Domain Indonesia (Pan-

di) relmi meluncurkan domainuntuk desa, yait]u desd.go.idbeberapa waktu lalu. Ha1 inimendorong sebuah desa uutukmeramaikan dunia maya dalammemberikan pengetahuan danwawasan terhadap perkembatr-gan {qn potensi ekonomi yang

dosen ST3 Telkom,

yakni Eko, Tenia Wahyuning-rum SKom MT, dan Didi Su-priyadi ST MKom memandu

Wmblunlar\ erw , wibsite, dar.langkah-langkah ptal.lis pembu-atan website mulai dari instalasisoftware XAMPP dan Word:'pess, pengaturan layout, hinggamenambahkan berita pada web'site.

Sementara itu. Kepala Bi-dang Komunikasi dan Infor-n:ratika Dinas PerhubunganKomunikasi dan InformasiKabupaten Purbalingga EriRusdi Wibowo mengatakan,keterlibaun kdmpus dalam pen-

dampingan teknoldgi informasimasyarakat sangat dibutuhkan.Mereka harus belajar unttkmembuat website dari titik nol.

"Websie itrl harus terusberlanjut, bukan hanya hangat diawalnyi. Keberlanjutan sebuahweb.iile diientukan oleh adanya

kelornpok yang dapat mengelo-la. Kelompok Informasi Ma-syarahat inilah yang nanti di-harapkan dapat menjadi penerus

dan pengelola website danmenyuguhkan informasi yangberguna untuk masyarakat luas,"katadia. (K35-37)

dimitiki.Tiga

--:z

Page 10: Kliping media tanggal 3 juli 2015

,,---\_-ll

'Swaoti,

*inrannru MATERI : Doyy ST3 Telkom.DiditutfltwoD rv tt ta'ut ' ' - - -tcthVuningrum

SKom MTSwrivadi ST MKom danTbnin V

#;i;" ;;;;;"ttntihan kepada- Ke tompok lnfownasi' ;i;;;;rl;"il; ;,;,. De sa liaran sanvat Purbatin gga''r*;";nti:it

',1,,

Page 11: Kliping media tanggal 3 juli 2015

r-I

I

I

I

tr{tIPI}Iffi },'{EDIAB,1$lliilliJli{,q$ f;ET

Radar Ban5rumas . Jumat Pon 3 Juli 2015

Sumbangan

PurbalinggaDihentikan

diSMAN I

OrangtuaMengaduke 0mbdusman danGubemur

PURBALINGGA - KeIu-han penarikan sumbaagansiswa baru SMAN I Pur-balingga yang mencapai Rp4,5 jutaper siswa baru, men-dapat tanggapan dari ber-bagai pihak. Bupati Pur-balingga, Drs Sukento RidoMarhaendrianto MM ak-hirpya meminta agar pe-nadkan sumbangan itu di-hentikan karena memberat-kan orangtua sislya.

Salah satu orangtua siswa,

Yudia Patriana mengatakan,pihaknya telah mengadukankeluhanya kepada bupatidan wakil, gubernur, om-budsman Iogjakarta, KepalaDindik Purbalingga danlainnya. Mereka memintaagar kesepakatan sumba-ngan itu ditiniau ulang.

"Bahkan pesan siagkat bu-pati kepada saya menga-takan, sudah dihentikan,saya sudah memanggil ke-pala dinas dan sebelumdininta dihentilGn, KepalaDindik sudah men'ghenti-kannya," papar Yudia me-nuniukkan pesan singkat,kemarin. > te hal10

t\---.--_/

Page 12: Kliping media tanggal 3 juli 2015
Page 13: Kliping media tanggal 3 juli 2015

KIIT'ING fuIENiABj{ff 1.{$ I{l}H,t$$$T}A Pl]A!&i$OffA

Radar BanyumEl$ o Jumat pon 3 Juri 20.15

Lima Hari KerjaPNS DilanjutPURBALINGGA . UJi co-

ba pelaksanaan lima harikgrja seluruh Satuan KerjaPerangkat Daerah (SKPD)di Peme ntah Kabupaten(Pemkab) Purbalingga, di-perpaniang. Perpaniangantersebut, dilakukan tanpabatas waktu, hiagga ada ke-putusan dali KementrianDalam negeri (Kemendagri).

Hal tersebu! diungkapkanoleh Kepala Bagian HumasSetda Purbalingga RusmoPumomo kepada Radarmas,ditemui di ruang lerjanya,kemarir (2/7). "Pelaksanaanuji coba lima hari ka44 seha-rusnya selesai Juni lalu. Se-bab, masa uji coba diren-canakan selama enam bulan,

mulai Januari lalu," ujamya,Dia menambahkan, pelak-

sanaan Iima had kerja ak-hirnya diputuskan diper-paniang, mendasar'r Ke-mentrian Negara Penda-yagunaan Aparatur Negaradan Reformasi Birokrasi."Baru saja surat dari PakSekda rurun ke kami, yangdidasari hal itu. Sehingga,pelaksanaan hari kerja diPeutkab Purbalingga tetapdilanjut," laniutnyd-

Dia menfeiaskan, perpan-jangan uii coba penerapanlima hari ke{a diperpaniangberdasarkan surat edaranSekretads Daerah NomorBOO/4923 tanggal 30 Juni2015. > kehd 10

Dinilai Hemat Anggaranr lima

Sambungan da.i hal 7

"Pemberlakuan ini mulai1 Juli sampai dengan pene-tapan dari Kemendagri me-lalui Gubernur Jawa tengah,"imbuhnya.

Penentuan penerapan li-ma hari kerja, dilalsanakanberdasarkan pada PeraturanBupati (Perbup) Nomor 68tahun 20I4 dan PerbupNomor 66 tahun 2015. pe-nempan lima hari keia ber-tujuan agartedadi efekiitaskinerja menirgkat dan peng-

hematan anggamn, terutamadi listri( air dan bahan balarminyak (BBM).

"Dengan adanya lima harikerja juga dapat berimbaspada harmonisasi keluarga,dikarenakan ada 2 hariliburuntuk keluarga," lan jutnya.

Sementara itu, ketentuanjam keria mengacu padaketentuan sebelumnya, Yak-ni Senin hingga Kamis pukul 07.00 -16.00 WIB de-ngan waku istirahat 12.00-12.30 WIB. Untuk Jumat07.00-1I.00 WIB denganjam krida olahraga 07.00-07.30 WlB. (ryalbdg)

Page 14: Kliping media tanggal 3 juli 2015

KLIPING MEDIAB,{OIq IlUl[A$ $ETD,{ Pt]RB,{ii$OGf,

z- Radar Banlumas . Jumat Pon 3 Juli 2015

Linggamas SiapkanWisata Susur Sungai

PUn-BAtII'lGGe - f"lo-nok sadar wisata (Pokdarwis)

i'esona Linggamas Desa Ke-

dunebenda, Kecamatan Ke-

man"gkon, akan meluncurkanWisata Bahari Linggamas(WBL) sebelum lebaran mendatane. Wisata ini diharaPkanakanrienladi rrisam altematifharu bagjl\'isara\!"n termasukpara peirudikYang datang ke

i'urbalingga. Paket utamawisata lanq ditawarkan beru-pa susur sungai llawing, kun-

iungan ke kampung nelat..an,

kebunpapala, danmeniknatiL:uliner ikan Senggaringandengan khas kuPat Izndan-nva- KuDat Landan sePertiLipat biu.a tetaPi dimasakdengan air1ang dicamPur abu

batang padi dan Blungkang(pelepah daun kelaPa). _.

WakilKehla Pokdarws ung-gamas, Adri menuturkan,peluncuBn wisata sunga-I. lru

didasari dengan semalqn Da-

nyaLnya pengunjung Ya_ngdatang ke Kedungbenda d,an

menikmati Perahu Perahu

bersantai, daniika maumem-bawa pulang cukuP denganmengeluarkan kocek RP 2.500

untuk sanr kiJ.ogramnYa.

Kepala Bidang PariwisataD in;s Kebuda!?an PariwisataPemuda dan Olah RagaPurbalingg4 Ir Pmyitno, M Si

mengungkaPkan, PotensiSunqai l(awing sebagai daya

tarik wisata sangat menarikuntuk digaraP. APalagi,Purbalingga belum memilikiwisata bahari. (amr/t d8/opl)

yang digunakan saat ini be-rupa bekas perahu PenYe-beiangan yang sudah tidakdioperasikan lagi karena sudah

terbangun jembatan Ling-gamas. "Setiap hari liburkhususnJa Sabtu dan Minggu,sudah ratusan orang.Yangdatang ke Kedungbenda. Me-reka sengaja melihat keme-gahan jembatan Linggamasdan sebagian lagi menilanatiperahu penyeberangani' kataAdn, Kamis (2i7).

Dikatakan Adri, khusus

menghadapi Iebaran nanti,pihaknya menYiaPkan Paketwisata susur sungal denganperahu, kunjungan ke kebunoaoava dan lqrliner ikan su-'ngiithas Kawing.untuknaikperahu wisata, Penguniungcukup membal"I5.000 Per or-

ang. Larna perjalanan Perahusekitar 15 menit. \'trtsatawanakan tratsit di Perkebunanpepaya untuk memanen Pe-nara Califomia sendirl PePalayui,g rnutu,rg, bisa langsungdinikmati di kebun semban

Page 15: Kliping media tanggal 3 juli 2015

Brf;iiii}]iJM{$$i$ladar Banyumas-. lrrit pon o Juti 2015

okASi TPATak DipublikasikanCalon L

Cegah CaloTanah

PURBALINGGA - Tahunini, lokasi Tempat Pem-buangan Alhir (TPA) Sam-pah baru di Kabupaten Pur-balingga yang menggan-tikan TPA Banjaran di DesaBanjaran, Kecamatan Bo-jongsari bal(al diketahui.Sebab, di APBD Perubahantahun ini, Badan Ling-kungan Hidup (BLHJ Ka-bupaten Purbalingga, me-ngajukan dana untuk studikelayakan tiga calon lokasiTPA baru.Namun, tiga Io-kasi tersebut tak dipublil(a-sikan dengan alasan meng-hindari munculnya calotanah.

'Ada baryakpenimbangan

wwJika ada oknum yang

menaikkan hargatanah, Pemkab akan

kesulitan untukm elaku kan

pembebasan Iahan,untuk lokasi TPA

baru, "

lchda MasriantoKepala BLH Purbalingga

kenapa kami tidak mem-publikasikan tiga calon lo-kasi tersebut. Sebab, di-khawatirkan akan diman-faatkan oleh 'oknum tak

bertanggungl'awab, untukmenaikkan harga tanah dilokasi tersebuli ' tutur KepalaBLH Kabupaten Purbaling-ga Ichda Masrianto kepadaRadarmas di kompleks Ge-dung A Setda Purbalingga,kemarin (2/7).

lika ada oknum yang me-

naikkan harga tanah, Pem-kab akan kesulitan untukmelakukan pembebasan ia-han, untuklokasi TPA baru.Sebab, harga tanah akanmelonjak tinggi, jika oknumtal bertanggung jawab su-

dah mengetahui calon lo-kasi TPA baru tersebut.

SeDerti diberitakan sebe-

hrmnla, Pemkabharus mem

bangun TPA samPah baru,

menggantikan TPABanjaran'

Sebab, Iokasi TPA saat Im,

sudah tidaklalnklagi menj adi

TPA. Pemkab ditarget tigatahun, untuk membangunTPAbanr. > ke hal10

r Galon lum membeberkan tiga lo-kasi mana yang sudah di-kantongi Pemerintah Ka-bupaten (Pemkab) Purba-lingga, yang menjadi calonlokasi TPA baru.

"Penentuan lokasi baruTPA pengganti TPA Ban-jaran akan ditentukan setelahhasil studi kelayakan turun.Saat ini, kami sudah me-ngaiukan anggarannya keBappeda (Badan Perenca-naan Pembangunan Dae-rah, red)i' uiamya. (tyalbdg)

Ada Tiga Calon Lokasi

Sambungan dari halT

Dia menambahkan, saatini pihaknya sudah me-miliki tiga calon lokasi pem-bangunan TPA pengganggiTPA Banjaran. "Nantinyadari hasil studi kelayakanakan ditentukan satu lokasiyang paling tepat untukmembangun TPA baru,"larjutnya.

Namun, Ichda masih be-

i ntlnn Ml!,'r n I.i ii,lir0riLillUufi,

Page 16: Kliping media tanggal 3 juli 2015

l,{A$ $[

EDIADIINT]lININflTl vl\url,Lntuun

PURBALINGCA - MeSKibaru memasuki arval musimkemarau, sejumlah daerah diKabupaten Purbalinggamulai merasakan kesulitanair bersih. Tercatat sudahdua desa di Kecamatan Ka-rangreja sudah memintadroping air bersih kepadaPemedntah Kabupaten(Pemkab) Purbalingga.

"Sudah ada dua desa yangmengaiukan droping air.Mereka sudah mulai me-

musim kemarau," ujamya-Dua desa tersebut, me-

nurutnya merupakan desatadah huian atau desa yangtidak memiliki sumber airsendiri. Sehingga, hanyamengandalkan air bersihdari hujan.

Selama ini, warga me-nampung air hujan di tem-pat penampungan, yangdibuat secara swadava. "Se-Iain iru, luga mengaridalkandari sungai yang ada di

wilayah tersebut. Namun,medannya cukup sulit ultu&menjangkau sumber airtersebut," laniutnya.

Pemkab menurutnva su-dah membahas permintaandroping air dari dua desatersebut. Rencananva, hariini (3/7), droping aii ai duadesa tersebut sudah bisadilakukan.

Ketika disinggung daerahmana saia yang selama inimenjadi langganan keke-

ringan^saat musim kema.rau, Muksoni menvebut adalimakecamatan. '

'Ada lima kecamatan. vak-ni Karangreia, Bojongiari,Bobotsari, kaligondang,Kejobong dan Pengadegan,,jelasnya.

Dia juga menjelaskan, dro-ping air baru dilakukanketika sudah ada permin-taan dari daerah yangmulaimengalami kesulitan airbersih. (tyalbdg)

KLIFXN& H4

E,tff]iH II[] A

Radar Banyumas . Jumat Pon 3 Juti 2o15

D esa Kutabawa Kesuiitan

AirBersihngalami kesulitan air bersih.Meski, musim kemarau baruberralan kurang dari satubulan," kata Muksoni, dariBadan Penanggulangan Ben-cana Daerah (BPBD) Ka-bupaten Purbalingga ditemuidi Kompleks GedungA SetdaPurbalingga kemarin (2 / 7).

Dia menjelaskan, dua desatersebut adalah desa Serangdan Desa Kutabawa. "Selamaini, dua desatersebut memargselalu kesr:litan air bersih saat

ProduksiSayur

TerancamTurun(ARANGRETA - Memasuki musim ke-

marau, pam petani sayrl di Desa Kutabawadan Desa Serang mulai kesulitan air untukmenyirami tanaman budidaya. Hal ini di-khawatirkan dapat mengancam produksisayur masur. Guna mencegah tanamanmati, petani memanfaatkan penampunganair hujan meski harus berhemat.

Petani saFu Sukatmo (50) mengatakan,biasanya para petaniyang memiliki tempatpenampungan air yang terbuat dari terpalatau kolam. Air dikumpulkan da-ri air hujan

v

Page 17: Kliping media tanggal 3 juli 2015

selama muslm hujan. "Cukup untuk me-rampung air banyalq tapi kalau kemararisudah satu bulan atau dua bulan habis,"katanya,Menurut Sukamto, bila biasanya pe-

nyiraman dilakrkan sehari sekali, saat initanaman sayur hanya disiram dua harisekali. Meskipun mengganggu proses per-tumbuhan, namun hal tersebut harusdilakukan agar air yang ada cuJcup sampaitanaman tubuh-

"BiIa tanaman ddak lagi butuh banyak air,penyiraman mutai dikurangi," tarnbahnla.

Kepala Desa Kutabawa Edi Suroso me-ngakui, Dusun Bambalgan, Desa Kutabawamemang rawan keke4ingan. Bahkan saatmusim kemarau seperti saat ini, masyarakatkekurangan air. Pada tahun IaIu masyarakatBambangan sangat bergantung denganpasokan dari BPBD dan PDAM, serta airyang mereka beli.

Lebih lanjur Edi menjelaskan, guna me-ngatasi keki.uangan air yang terjadi setiaptahunnya, pihak desa merencanakan akanmemompa at mengguhakan mesin ke Dq-sun Bambangan. Sehingga, kekurangan airyang kerap tedadi bisa teretasi. (ioklbdg)

Desa serano dan Kutabawa haaus menqhemat air untuk menyiramiHEMAT AIR: Petani savur di

Page 18: Kliping media tanggal 3 juli 2015

KtIPINffi tr.",fffiDlA

&@tEqlurqe!:ilvrytt:l3 Juli 2015

Gula Merah Tembus Rp t4.800per Kilogram

BOBOTSARI - Kebutuhan gula merah di bulanpuasa semakin tinggi. Harga gula merah di hariLe t5 puasa ini menembus Rp 14.500 per_kilogranya. Pada hari biasa, harga gula merahhanya berkisar antara Rp g ribu hingga Rp l0 dbuper kilogramnya. Harga tersebut lebih rendahdibandingkan tahun lalu yang meucapai Rp15.500 perkiiogramnya.

ngatakan, saat musim kemarau seperti ini,produ-lsi nira yang dihasilkan sedikit. Sedangkan,jumlah permintaan saat puasa selaiu bertibah."Hasilnya..tidak banyak karena pohon kelapakurang air," katanva,

Meskipun ridak banyak mengeluarkan nir? kataSuratman, harga yang tinggi saar bulan puasarnembuat biaya produksi bisa teftutupi dan bisamendapgtkan untung. Kepala Desa Kaliori AdaSubarkat mengatakan, Desa Kaliori merupakanpengtrasil gula merah di Kecamatan Kuranganya.Pasalnya, sebagian besar masyarakatnya bekerjasebagai penderes. (iok/bdg)

- PURBAIII{GGA TI(SPBTS

NAIK: Harga guta merah cetar maupun serUur slliilimengalami kenalkan.

Pedagang Pasar Bobotsari Teguh Hidayat (37)mengatakan, kenaikan harga gula sudah dimulaisejak seminggu sebelum masuk bulan puasa.I_\tramun kenaikan masih normal yakni np if ribuper kilogramnya. "Saat ini per kilonya dijual Rp13.500- 14.500," katanya.

. Kenaikan harga gula merah ini kata Teguh dipicukonsumsi gula yang tinggi saat bulin puisa.Sepefti untuk makanan kotek, takjilan aiaupunmakanan lainnya. Sehinggga, kenaikan dianggapwajar karena perminraan yang tinggi.

Teguh merinci, memasuki hari ke 15 puasa,harga guia pasir masih dijual dengan hargi Rp t 3ri_bu, cula merah dilual np t +. SOO perkilogiamnya.Minyakgoreng curah dijual Rp t 1.S0O, seiangkanminyak tanah Rp 14.500 per liternya.

Untuk harga beras tercatat, beras pandan wangiden_gan kualitas super Rp fZ ribu. Sedangkalnkuaiitas biasa Rp 8.600 dari sebelumnyi RpB.400.Sedangkar untuk beras IR 64 kualttai superdijual dengan harga Rp 1t.500. Untuk kualiiasbiasa IR 64 dijual Rp 8.200 dari sebelumnya Rp8.3!0. Untuk beras Cimalaya dijual Rp 7.60{i.Sedangkan unruk beras lokal diiuil. Rp 7.700.Penderes asal Desa Kaliori Suratman me-

Page 19: Kliping media tanggal 3 juli 2015

HLII)]NG MEDIABJiff ]AIi }IUMT$$E?D,{ PtJRB,{i,I$$fff,

Radar Banyumas . Jumat Pon 3 Juri 2015

Ialan Sugiri Bakal Ditutup TotalDinas IsyaratkanPasang Shelter diLajurTimurPURBALINGGA - Ialan

Kolonel Sugiri Bobotsarikemungkinan besar bakalditutup total. Pasalnya, parapedagang yang akan di-pindah karena pembangun-an Ianjutan Pasar Bobotsari,tetap meminta menempatiJalan Sugiri di lajur Timur.Sedangkan Iajur Barat sudah

ditempatipedagangpe odepembangunan sebelumnya.

Bakal teftutupnya IalanKolonel Sugiri oleh peda-gang juga semakinielas saatKabid Pe(dagangan Din-perindagkop Purbalingga,Sumitro mengatakan siapmemasang shelter di laiurTimur ialan sesuai permin-taan pedagang. Selain itu,ada surat dari Bina MargaProvinsi Jateng yang masihmengambang, antara tidakmelarang, nam-gn dengan

perLimbangan."Kami menunggu Kepala

Dinas memerintahl<an--a-^kan segera kita pasang. Ka-rena shelter sudah siap dantinggal pasang sajai ' katanya,kemadn (2/7).

Pihaknya iuga sudah me-layangkan surat kepada parapimpinan wilayah, sepertiKapolsek, Camat dan lain-nya. Namun belum adakoordinasi kembali untukmemberikan gambaran ke-jeiasannnya. > ke hal lO

Arus Lalu Lintas Tersendat

Sambungan darihalT

Yang ielas akan lebih con,dong dipasang di lajur Ti-mur Jalan Kolonel Sugiri.

Camat Bobotsari M Fa-turrohman mengharapkantidak ada pihak yang di-rugikan. Selama sudah adako o rdinasi dan kesep akatair;alan ditutup atau tidak;sebenarnya'tinggal me-mikirkan antisipasi dam-paknya. "Kami siap ber-koordinasi dengan pihakmanapun. Termasul terkaitkemungkinan ditutupnyaj?:lan Kolonel Sugiri," te-gasnya.Kepala Terminal Bobot-

sari, Joko Purnomo me-negaskan, pihaknya tidaksepaham dengan penutu-pan total lalan Sugiri. Ka-rena, hal itu akan membuatpetugas yang dilapangankerepotan. Karena pada saat

r lalan arus mudik jalan itu cukupramai sebagai jalur alternatifPurbalingga-Pemalang."Iika ditutup total, kami

perkirakan, jalanan di kotaBobotsari akan semakintersendat. Karena, selainkendaraan angkutan umum,juga akan banyak kendaraanpribadi yang menggunakanruas jalan yang sama," te-gasnya.

Seperti diberitakan, pe-dagang yang terkena re-lokasi pembangunan lan-jutan Pasar Bobotsari tidakbersedia direlokasi ke IajurBarat Jalan Kolonel Sugiri.Alasannya, lokasi itu tidakprospek dan semakin jauhdari pembeli.

"Kami minta tetap ditem-patkan di depan pasar ataulajur Timur. Karena lokasiitu masih dekat dengan pe-ngunjung pasar," kata KetuaPaguyrban Pedagang PasarBobotsad, Puput Adi Pur-nomo. (:tmr/bdg)

Page 20: Kliping media tanggal 3 juli 2015

TERTUTUP PEDAGANG : Lajur Barat dan Timur ruas Jalan Kolonel Sugiri Bobotsari bakaldipenuhi pedagang akibat proses pembangunan Pasar Bobotsari.

Page 21: Kliping media tanggal 3 juli 2015

Radaf BanyUmaS ! Jumat pon 3 Juti 2015

Siap SambutPemudik

MENDEKATI Idul Fitri,pemedntah desa iuga di-tuutut untuk bersiap me-nyambut pemudik. Prasa-raria d6sa yang baik tentuakau menarirbah para pe-mudik bangga sefgaligusmencintai dssanya. Hal inidirasakan betul oleh kadesSiwarak, Suratman SAgMSi. > ke hat 10

Percepat Pembangunan ]alanr sial

Sambungan darihalT

Sidadadi juga ikut mem-bantu swadaya, baik tenagamaupun kayu bakar untukmempercepat peugaspalan

ialal1 tersebut.Menurutnya, jalan di Du-

sun 1 tersebut awalnya pe-nuh dengah lubang dan saatmu6im kemarau saat inibiasanya berdebu. "Ma-syarakat sudah lama meng-harapkanperbaikan, saat inikita percepat penpjerjaanyaagar masyarakat bisa cepatmenikmati," tambahnya,

Meskipun pengerjaanya dipercepat lanjut Kades Si-warak, lc:aiitas pengerj aanyayang dilakukan oleh ma-syarakat tetap dijaga. Se-hingga, jalan tidak cepatrusak dan bisa digunakanoleh masyarakat dalam wak-tu lama. (jok/bdB)

Menjelang ldul Fitri ini,dia sibuk menyekesaikanpembangunan jalan aspalDusun Sidadadi agar bisadinikmati segeta oleh ma-syarakat.

Dia mengatakan, jalan ter-. sebut terbilang vital karenamenguhubungkan dusun-dusun yang ada di DesaSiwarak. "Pengerjaannyadilebur saat malam hari biarcepat selesail' katanya.

Dengan anggaran Rp 50juta dari bantuan gubernurdiharapkan bisa memper-baiki jalan sepanjang 400meter dan lebar 2,5 meteLSealain dana teisebut, nia-syarakat di sekitar Dusun

Page 22: Kliping media tanggal 3 juli 2015

KTIPINS MEDIA

_& .LEry.. Jumat pon 3 Juli 201s

Radar BanyUmas . .trrn"t pon g Jrtr 2015

PUBBIUIIGGATI($PRTS

-Harga Ikan Air TaWarMerangkak Naik

., PITRBAIJNGGA - Melj.elan8 Hari Ra}? Lebaran, harga

Ltqn alr tawar ko nsun si di purbalin gga, merangkak nalkSejak avr.zt bulan Ramadan hingga siir ini, harla iLan airtawar sudah naik dua kali.

_Berdasarkan kererangan pedagang ikar air lawar di-T_empat

Penj'rFlan ruan lfeI; hutaingga, dj KelurahanKembarar Kulon, kemarin (zlz), kenaiin paling rerasaterjadipada komoditas ikan lele dan eummih., "Yangmengalami kenaikan agak bJyakya gurame danlele, narlar)a.sampaiRp 4 ribu. Sebelum Ramadarl, hargalele Rp lB ribu,.sekarang Rp 22 ribu," ujar Eka, penjui

.an an tawar di TPI, kemann (2/7). > kehatlo

r llargaSambungan dari halT

imbuhnya.Dia m emperkirakan men-

jelang Lebaran, kenaikanharga ikan tawar di pur-

PILIH IxlN: seiumtah konsumen r"al#rnl'iiii,f, "irflSdi TPI Kgmbaran Kulon, kemarin

Drastis(Dinnakkan) PurbalinggaSiswanto mengatakan, ke-telsediaan ikan lele relatifaman hingga Lebaran tiba.Seme[tara ultuk ikan gu-rameh, ketersediaan masihharus mendapat suplai daKroya (Cilacap) dan Ke-bumen.

Dia menambahkan, ikan balingga akan semakiri naikgurameh naik dari sebe- Si:bab, saat momen tersebutlumnya Rp 38 ribu meniadi permintaan air tawar akanRp.42 dbu. Kenaikar juga semakin meningkat.terjadi pada komoditas air Kenaikan har-ga selamatawar lainnya, seperti ikan Ramadan ini, disebabkannila trn ikan nilenr. ringgjnya peminraan ikan''Sebelum Ramadan, ikan -air tawar dari masyaiakat.nila^diFatok- dengan harga Hal ini, dapat dilihafdenganRp 23 -r,ibu dan ikan nilem meningkainya pbmbelikeRp 30 ribu. Semettara saat TpI purbalingga, seriap hari.ini, jkan nila naik meniadi Semenrara lnr, Kepala Bi_.Rp-25 ribu, dan ikan nilem dang perikanan Dinas pe_

Ikan nilem secara khususdidatangkan dari Tasikma-laya. Sementara ikan Nila,mendapat tambahan stokdari Wailuk Kedung Ombodan Waduk Sempor. "Tapikalau stok ikan nila yangukuran kecil, Purbalinggaan4nj' ujarnya. (t1aZtag1

ntaan'Na

Page 23: Kliping media tanggal 3 juli 2015
Page 24: Kliping media tanggal 3 juli 2015

BITI{H I{UHI,$ $[TD,{ PtIRBiIiflilfiA

mBanyUme[Panwaskab Siapkan Tiga Nama Pengganti Sugito

SUASANA Bimbingan Teknis (Bintek) anggota Panwascam se-Kabupaten Purbalingga di Ruang Rapat Kompteks Setda, Rabu(1/7) malam.

PURBALI GGA- Menyusulpengunduran diri SugitoWijaya sebagaianggotaPanitia Pengawas PemilihanUmum (Panwaslu) KabupatenPurbalingga yang telah disetujuiBayvaslu terhitung 27 Juni 2015,maka Panwaslukab kini telahmenylapkan tiga nama. Ketiganama itu diambil dari anggotakomisioner Panwascam yang

dinilai mumpuni, yakni ArtoWibowo dari komisioher

. Panwascam Kalimanah, Sumaryo(Panwascam Karanganyar), danYuli Rahmawati (Karangreja).

Pengisian jabatan anggotaPanwaslukab yang kosong dirasamendesak, mengingat tahapanpemilihan bupati dan wakilbupati sudah dan sedangberjalan.

"Ketiga nama telah kamirekomendasikan ke BawasluProvinsi Jateng untuk mengisikekosongan salah satuanggota Panwaslukab yangmengundurkan diri. Selanjutnya,ketiganya akan menjalani frt andproper fest pada Senin (6/7)

di.Semarang, Satu di antaratiga nama yang lolos ff andproper tast itu akan dilantik olehKetua Bawaslu Jateng sebagaianggota Panwaskab Purbalinggaantarwaktu pada Selasa (717):kata Ketua Panwaskab DewiPalupi CW seusai BimbinganTeknis (Bintek) dan bukabersama anggota Panwascamse-Kabupaten Purbalingga diRuang Rapat Kompleks Setda,Rabu (1/7) malam.

Seperti diketahui, belumdua bulan menjabat, salah satuanggota Panwaskab, SugitoWijaya tiba-tiba mengundurkandiri, dengan alasan kesehatan.Surat pengunduran diri mantananggota Panitia PemilihanKecamatan (PPK) Karangmoncolitu dikirim ke Badan PengawasPemilu (Bawaslu) Provinsi JawaTengah. Dan Bawaslu barumenyetujui surat pengundurandiri Sugito pada Sabtu (2716).

Sebenarnya, lanjut Dewi,Sugito sendiri sebagaianggota antarwaktu, yangmenggantikan mantan ketua

Komisi Pemilihan LJmum

lfnU) nery Sulistyono yangmengundurkan diri sebelumpelantikan. Pelantikan DewiPalupi, Thofi kkur Rokhman,dan Sugito dilakukan diBawaslu Jateng di Semarang,bersamaan anggota PanwasPilkada 21 kabupaten/kota se-Jateng, 28 April 2015 lalu.

Fit and Proper TestBelakangan, dengan

alasan kesehatan, Sugitomenyatakan mengundurkandiri. Selanjutnya, Panwaslukabmerekomendasikan dua namayang berdasarkan seleksi tertulismaupun fit and proper testberada di bawah Sugito, yakniNur Hikmah, mantan PengawasPemilu Lapangan (PBL) dari Desa(embaran Wetan, KecamatanKaligondang, dan Ida Lutfiani,mantan PPL Desa Babakan,Kecamatan Kalimanah.

"Ternyata kedua nama itumenyatakan tak sanggup duduksebaqai anggota komisionerPanwaskab. Alasannya,keduanya sudah aktif diterimasebagai anggota PPK dikecamatan masing-masing," ujarDewi Palupi.

Dikatakan Dewi Palupi,menyusul penqunduran diriSugito dan dua peringkat dibawahnya tidak sanggup/maka pihaknya bersama salahsatu anggotanya/ ThofikkurRokhmanyang membidangiDivisi Penindakan danPenyelesaian Sengketa, Rabu(1/7) melaksanakan rapatpleno. "Berdasarkan banyakpertimbanqan,.di antaranyakinerja, ketersediaan waktu,dan sikap dari sejumlah anggotaPanwascam, akhirnya kamiberdua menyepakati tiga nama;'ungkapnya, (pt-06)

Page 25: Kliping media tanggal 3 juli 2015

}{IJK{$ $BIDJI PI]MAIiIiff TA

WBanyumns

KLIPING MEDT&

Jumat, 3 luli 2015

Buruh Minta THRDihayar Dekati

Lebaranreoulasi Peraturan Menteri

Te-naga Kerja No. PER 04/

MEN/1994 tentang Tunjangan

Hari RaYa Keagamaan laglPekeria di Perusahaan'

"Ada instruksi dari l"lenaker

untuk dibayarkan dua minggu

sebelum Lebaran. BQgi

Derusahaan Yang mamPu

membayarnya lebih awat lebih

baik. TaPijika tidak bisa Ya

sesuai aturan Yang berlaku sala'-

kata KePala Dinsosnakertrans

Ngudiarto.Ketua Asosiasi Pengusana

Indonesia (Apindo) Rocky

Diuniunganmengatakan,,imbauan dari lvlenaker bersltat

fleksibel PeneraPannya di

Purbalinqqa, Pasalnya, hal itu

murgkin bisa diberlakukan

untuk Perusahaan di kota besar

vano karyawannYa berasal darl

aaeiah lain "Jadi THR dibaYar

dua minggu sebelum Lebaran Ya

lumrah, karena mereka harus

memDersiaPkan mudik dan lain-

tain. iVah kalau di Purbalingga

karvawannya kan lokal sini saja'

tid;k mudik. Bahkan darl 6 000

karvawan saYa, Yang izin mudjk

hanva beberapa orang saia' Itu

saja masih di wllayah lateng dan

Yogyakarta," terangnya'

BerPegang PeraturanPihaknYa akan tetaP

0tA!{

PURBALINGGA.BanYak buruhmeminta THR

dibaYar beberaPahari mendekati

Lebaran. AlasannYa,jika diberikan terlalu

dini, mereka takutkehabisan Pegangan

saat Lebaran tiba.

AL ini berbandingterbalik dengan

lmbauan l"lenteriKetenagakerjaan

berpegangan Pada Peraturanl'lenaker tahun 1994, di mana

THR dibayar sepekan sebelum

Lebaran, Namun demikian

bagi perusahaan Yang mamPu

membayarnya sesuai imbauan

Menaker, Pihaknya tidakmempermasalahkannya.

"Diakui, malah banyak

karyawan Yang minta THR

diberlkan mendekati lebaran,

alasannya ya itu, biar tidak cepat

habis," katanYa,

Untuk diketahui, berdasarkanperaturan I.4enaker itu,

setiap perusahaan Yang

mempekerjakan Pekeda/buruh,

!aka wajib !ntuk lemberikanTHR Keagamaan kepadapekeda/buruh yang telahmemunyai masa ke[a 3 (tiga)bulan secara terus-menerus atau

lebih,Ketentuan besarnya THR

berdasarkan peraturan THR

Keagamaan tersebut adalah,bagi pekerja/buruh yang

bermasa kerja 12 bulan secara

terus-menerus atau leblh,maka mendapat THR sebesar

satu bulan upah. Sedangkanpekerja/buruh yang bermasa

kerja 3 (tiga) bulan secara

terus-menerus taPi kurangdari 12 bulan, diberikansecara proporsional, dengan

menghitung jumlah bulan kerja

Muhammad Hanif Dhakiri Yang

meminta Perusahaan membaYar

Tunjangan Hari RaYa (THR) dua

pekan atau maksimal sepekan

debelum Lebaran (H-7)

"Kalau bisa THR jangan diberi

awal-awal, karena nanti sebelum

Lebaran nralah sudah habis'

Nanti saja H-3/ jadi saat Lebaran

masih Punya Pegangan," kata

salah satu buruh Pabrik rambut

palsu, SoniYah (37) warga

Kutasari, Kamis (2/7).Dinas SosialTenaga Kerja dan

Transmigrasi (Dinsosnakertrans)'

sudah menginstruksikankeDada seluruh Perusahaan di

Purbalingga untuk membaYarkan

THR pada H-7 Lebaran sesual

Page 26: Kliping media tanggal 3 juli 2015

dibagi 12 (dua belas) bulandikali satu bulan upah.

Namun, bagi perusahaanyang telah mengaturpembayaran THR Keagamaandalam perjanjian kerja,peraturan perusahaan (PP)?

atau Perjanjian Kerja Bersama(PKB) dan ternyata lebih baikdari ketentuan di atas, makaTHR yang dibayarkan kepadapekeda/buruh harus dilakukanberdasarkan pada PP atau PKBtersebut, (S NetworUh8246)

''--.-.--_ - ---.---\t--

i#F,fJ,t#3tfl'#:.,"t1miy#g*;:Hilf fi i},fl *,""

Page 27: Kliping media tanggal 3 juli 2015

KTIPING h{EDiA

Jufiat, 3 Juli 2075

5l

tapi tidak.rn lahan,"

lngsung

kasi .i.l1q'lo ur:o uEurPqL^etrdt Kalimanlan Tengah,Kalimantari Timur,Kalimantan selatan, danKalimantan Barat. "Pekerjaanyang djtugaskan adalah

merawat perkebunan sawit,

rasi itulahan,

Page 28: Kliping media tanggal 3 juli 2015

KLIPINO MEDIA

mBanyumasST3 Telkom BantuKembangan Website DesaPURBAUNGGA - Kecanggihan

teknologi informasi selama ini

hanya dirasakan oleh masyarakatyang tinggal di wilayah perkotaan.

Hal ini melatarbelakangl Sekolah

l-lnggi Teknologi Telematika(Si3) Telkom Purwokerto untuk

membantu pengembangan

\,vebsite di kawasan Perdesaan.Demikian diungkaPkan oleh

dosen ST3 Telkom PuMokerto,

Eko Fajar Cahyadi ST MT saat

memfasilitasi pembuatan website

Kelompok lnformasi Masyarakat

Lentem Desa Karanganyar,

Kecamatan Karanganyar,

Purbalingga, belum lama ini.

Menurut dia, meski desa memlliki

segudang potensi dan kearifan

lokal yang menarik untukdipublikasikan, tetaPi Persoalanjarak dan sumber daya manusia

menjadi tembok Pembataspengembangan informasi desa.

"Pengembangan websiteyang dikelola secara mandiri

oldh warga diharaPkan dapat

menjadi salah satu batu loncatan

pembangunan desanya," ujarEko.

Dia menuturkan, Pelatihanini berawal dari keinginan

masyarakat untuk mengangkatpotensi kearifan lokal desa

Kebetulan, saat ini Pengelola

Nama Domain lndonesia (Pandi)

telah resmi meluncurkan domain '

untuk desa yaitu desa.go.idbeberapa waktu lalu. Hal ini

mendorong sebuah desa untukmeramaikan dunia maya dalam

memberikan Pengetahuandan wawasan terhadaPperkembangan dan Potensi-potensi ekonomi Yang dlmiliki.

Adapun materi fasilitasi

tersebut, ketiga dosen

ST3 Telkom, Eko, Tenia

Wahyuningrum SKom MT

dan Didi Supriyadi sT MKom

memandu pemembuatan ernaii,

website dan langkah-langkahpraktis pembuatan website mulai

dari instalasi software XA!1PP

dan Wordpress, Pengaturanlayout website, hinggamenambahkan berlta Pada

webslte,Sementara itu, KePala Bidang

Komunlkasi dan lnformatikaDinas Perhubungan Komunikasi

dan lnf6rmasi KabuPaten

Purbalingga Erl Rusdi Wibowo

mengatakan, keterlibatan Pihakkampus dalam PendamPinganteknologi informasi masyarakat

sangat dibutuhkan. Pasalnya,

mereka harus belajar untukmembuat website dari titik nol.

"Website ini harus terus

berlanjut, bukan hanya hangat

di awalnya. Sustainbilitysebuah website ditentukanoleh adanya kelomPok Yang

dapat mengelolanya KelomPok

Informasi Masyarakat inilahyang nanti diharapkan dapat

menjadi penerus dan Pengelolawebsite dan daPat menyuguhkan

informasi yang berguna untuk

masyarakat luas," kata dia(SMN6tworUK35-02)

Page 29: Kliping media tanggal 3 juli 2015

lffiBanyrJ.{trffi

7 Calon HajiBelum Lunasi BplH

PURBALINGGA.Masa pelunasan BiavaPenyelenggaraan IbidahHajj (BPIH) bagijamaahhaji reguler tahap I ditutup,Selasa (30/6), pukul 16.00,Kantor Kementerian Agamamencatat masih ada 7jemaah haji yang belummelunasi BPIH reguler.

Kepala Kemenag melaluiKasi PenyelenggaraanHaji dan Umroh MukhlisAbdillah menjelaskan,kuota haji requler untukPurbalingga tahun iniadalah 414. Sementara .

7 calon haji dj antaranvabelum melunasi lantarinterkendala berbagai hal."Ada yang murni terkendalakemampuan ekonomi, adayan9 uangnya dipinjamkanke orang lain, ada pulayang tengah dilanda isakit,sehingga biaya difokuskanuntuk pengobatan," katanyasaat ditemui Harmat Kamis(2/6).

Dia menyimpulkan,persentase pelunasantahun ini mencapai 98,30/0.Sementara mereka vanobelum metunasi, tidik b'isaberangkat haji pada tahunini. Kemudian, mereka akandimasukkan dalam daftartun99u sebagaijamaahcalon haji yang ditundakeberangkatannya danakan diikutsertakan padapemberangkatan tahunberikutnya.

Kemenag akanmembuka pelunasan BpIHReguler tahap II pada7-13 Juli mendatang,Mukhlis menjelaskan,untuk pelunasan tahaDkedua ini, penoisian sisa

kuota diperuntukkan baqicalon jamaah denoanketentuan urutan ;rioritas."Untuk pelunasan tahapII diperuntukkan kepadajamaah tahap I yangmengalami kegagalansisteh pada.saat pelunasan,jamaah lunas tunda yanqsudah berstatus haji, jamaahyang nomor porsinya masukalokasi tahun L436H12OISMdan sudah berstatus haji,,,katanya.

LansiaSelain ltu, prioritas

urutan selanjutnya, yaknijamaah haji Iansia danpenggabungan suami/istridan anak/orangtua terpisahjuga termasuk yang bisamelakukan pelunasan padatahap II, dengan catatanusia jamaah lansia sudah75 tahun per 21 Agustus2015 yang sudah mendaftarhaji reguler patjng lambat 1Januari 2013. .

Jamaah lansia sepertiini dapat didampingi oleh1 orang pendamping, yaituistry'suami/anak kandunq/adik kandung yang sudahmendaftar haji reguler palinglambat l Januari 2013."Semua itu tetap dirankingberdasarkan nomor porsi,,,jelasnya.

Ditambahkan, untukkuota haji reguler wilayahlawa Tengah tercatat23,543, namun vanoberhasil melunaii hinya22.239. Dengan demikjan,masih ada 1.304 kursikosong. "Sisa itulah yangdiperuntukkan bagi yangakan melunasi di tahap IIini," ujarnya. (mgos_06)

Page 30: Kliping media tanggal 3 juli 2015

SATELITPOST JUMAT PON-3 JUil 2015

PURBALINGA, SATELIT.POST-Polemik sumbanganpembangunan sekolah terusbergulir. Orangtua siswa te-rus melancarkan protes me-lalui media sosial. Setelahmelaporkan kepada Guber-nur Jateng Ganjar Pranowo,kini permasalahan ini di-laporkan ke Ombudsmen'ailayah DI Yogyakarta.

Protes srembabibuta ininendapat respon positif darinetizen. Banyak yarg seturubiaya pendidikan murah.Du&unta$ disampaikan me-iahi komentat status satu di

riara Qlair8tua sisva,'1udiaPatiia!1a Yiidi!:, inerflperta-nyakan iiutdaean hukum pe-narikan suarbaagan yangmem.rrutrya lebih mirip pu-ngutan liar.

"Mana Perbupnya? Kalaupdak ada lreradi pungutanyang ada bisa dikatakan se-

bagai pungutan liar (pungli)dan nelanggar hukum," be-gitu bunyi potongan satu darikomentarnya.

Hal ini berkaitan denganPerda nomor 10 Tahur 2011

tentang Pendanaan Pendi-dilan Pada Pasal 8 Ayat (4)

menyebutkan "Besaran mak-simal jumlah surnbangan,pungutan dan dana pengem-bangan institusi ditetapkandengan Peraturan BuPati".Sementara itu peraturan bu-pati mengenai hal irli belum

iuga dibusun.Ketua Komisi IiI DPRD

Protes)cna St4trbarrglltaldn Derasr Sekolah Diminta TeraPkan

Skala Prioritas?? oisepaxati, dinas akan

berkomunikasi dengan sekolah untukmencari jalan tengah.t,

BAMBANG ]RAWANKetua Komisi lll DPRD Purbalingga

Purbatingga, Bambang lra-wan, mengatakan, sekolahsemestinya biiak dalam me-netapkan besaran biaya sum-bangan. Menumtnya sekolahsemestinya menyusrur skalapdoritas sebelurn menetap-kan program kerja. Pekerjaanyang paling mendesak bisadiprioritaskan. Sementarayang tak pokok bisa diker-jakan tahun beritutnya.

Selain itu, menurutnya se-

kolah tidak semesthya me-maksakan program pemba-ngunan sekolah selesal dalamsatu tahuri. Ia menyodorkanusulan agar anggaran pem-bangunan bisa dipecah dalamkurun dua atau tiga tahun,sehingga beban orangtuasiswa bisa lebih ringar. "Ka-rena menjelang Lebaran, sqpeti biasa, orangtua siswabanyak beban pengeluaran.Sehingga sekolah semesthYabisa lebih bijal," ujar dia.

Komisi III sendiri telahmengklarifikasi permasa-lahan ini ke Dinas Pendi&kanPurbalingga. Ia meminta Po-lemik sumbangan ini mmjadiyang teral<hir. "DisePakati,dinas akan berkomunikasi

dengan sekolah unt'rk men-cari jalan tengah," kaia dia.

Sebelumnya, Kepala SMA. iPurbalingga, Drs Kusteir.c,mengatakan, persoalan initelah dibicarakan denganKepala Dinas PendidikanPurbalingga. MenurutrrYa,,sumbangan ini bersifat tidakmengikat, "Bahkarr kalau adayang tidak mampu bisa be-bas dari sumbangan ini. Se-

bab, kami menerapkan sub-sidi silant," kata dia.

Kustomo menjelaskan, sum-bangan sebesar RP 4 juta Fersiswa akan digunalan untukmerehab enam gedrng lamadan biaya pengadaar 80 unitkomputer. Komputer ini akandigunakan untuk laborato-rium dan kebutuhan ujiannasional berbasis komputer(cBr).

Sumbangan Rp 4 iuta inijuga tidak harus langsungdibayar. Ia mengatakan, sunl-bangan bisa dibayarkan ber-tahap sebanyak emPat kaliselama satu semester. Sum-bangan ini lebih kecil dibanding tahun lalu sebesarRp 5 juta. ([email protected])

Page 31: Kliping media tanggal 3 juli 2015

Sarel-rrp*srJUMAT PON,3 tull 2015

PTJRBALINGGA, SAIELTI"OST-Program uii coba lima hari keria selama

enam bLrlan yang dimulai )anuari-Juni2015, kembali diPeryaniang samPai

adanva oenetapar dari KementerianDalam Negeri iKemendagri). Surat

keietapan inj mendasari rekomendasi

Kementdan Negara PmdaYagunaanAparatur Negara dan ReformasiBirokrasi.

Kepala Bagian Humas Setda

Purbalingga, Rusmo Pumomomengatakan, perPaniangan uji coba

peneiapan lima hari keria diperpanjangberdasarkan surat edaran Sekretaris

Daerah Nomor 800/4923 tanggal 30 Juni2015.

"Pemberlal<uan ini mulai 1 Juli sampai

dengan penetaPan dari Kemendagrimelilui

-Cubemur Jawa tengah," uiar

Rusmo, Kamis (2/4.Penerriuanpmerapan lima hari ker|a,

IaniutRustncMasarkanPada Peratuan

Bupati (Perbupl Nouror 68 tahun 2014 dan

ferUup Nomor O6 tah un 2015' PenemPan

lima harikeda bertuiuan aEar lenf,tr

efekti.fitas kineda sefia Penlt€i ' ' i "i:nianggararl iErutafila rii iis".rii- ': ':'"::::-;r':balar minyak (BBM.

"Dengan adanYa lima lur: n'':'--e ;uga

dapat berimbas Pada harm"'rL:srkeiuarga, dikarenakan ada dua hari iiburrmtuk keluarga," ujar Rusmo

Kctentuan iam keria Pada saat tidak

bulin puasa masih mengacu Padaketentuan sebetumnla Yalcri Se'.!:r sampai

denmn Kanris pukul 07.00 -16'00 11!'lB

dmean waktu ist ahat 12.00'12'30 WlB'

Un;l Jumat 07 00-11.00 WIB deng:'njam olahraga 07.00-07.30 \MB. (gan)

Page 32: Kliping media tanggal 3 juli 2015

SarnurPosrJUMAI PON,

3 JULl20l5

Page 33: Kliping media tanggal 3 juli 2015

Sarpurp0sr

KORB,&N TRAGEDI

ra . disambut tansis kel Lrarga di Desa Toyareka, Kecama-

tan Kemanekoi, Kamis a2l7). lring-iiinBan kenda-ra-

Jenazah Ardiantotan Kemanskoi, KaJnis (2/7). lring-irinBan kenda-ra-

an yang mefibawa ienazah tiba Puiait I 5.00 WIB denganar yang meirbawa ienazah tiba pukul I 5.0{J Wlb dengan,r.rinu.ialan Pat*ui Satlantas Polres Purbalingga.' Tii Reieki, sane istri, tdk mampu membendung airoensawalan Patwal Sadantas Po]res l' Tii Releki, sang istri, tak mampumatanva. Tri valE tengah mengandung anak Pertama-,-t,u oinesun set"luh turrLn dari kendaraal. Rona mata-n'va'me-merah. Dua orang praiurjt terliiat mema-pih Tri masuk ke rumah.

HERCUTES C.130

Disambutfsak Tangis ' .+mentara avah Ardianto Budi Riyantq memangis hi6-

teris. Peeawailapas Pu$alingga irii harus dipapah ka-rena lemis lunglai ak;bat kesedihan yang begtu nlgnql-t"tl"'Peeu-ai,Lupas purUahgm irii harus dipapah ka-..na lem"as lunebi akibat kesedihan yang begitu menda-Iam. KalirnaFk"alimat taubah tak henti-hentinya rlilafal-

JIJMAT PON,3 tuU 20l5

pin upacara pemakamar ini. langan putra terbaiknya.Ilatu Ardianto Wibowo ma- "Kepada para anal< muda

suk dalam daftar maniles pe- atas keberanian Ando Dardyn Lrmpa ng pesawatHercu- dapat dijadikan contoh, ja-les C130 TNI AU yang iatu} ngan takut untuk jadi tentaradua menit usai tinggal lan- berjuang membela negara,"das. la dan prajwit lain hen- ujamya.dak diterbargkan ke guna tu- HadL dajam prosesi pema-gas meniaga perbatasan di Ba- kaman ters€but Danrem 071 /

PURBALINGGA, SATELI"OST -Kedatangan ienazihPratu Ardianto Wibowo, korban kecelakaan pesawatHercules TNI AU C130 di Med4n, Sumatera Uta-

kan. Ia kemudian direbatrkan di kursi ruang tamu' Ar-

r Bersambung ke hal I 1

Wk Kolonel InJ Edison, SE

Jenazah AriliantoDisambut

dianto merupakar-r anak su-lung dari dua bersauda-ra yang begitu dibangga-kan keluarga.

Sedangkan jenazah yang a-da di dalam peti mati dima-sukaa ke rumah. D dalam ru-mah sudah siap jamaah sa-lat jenazah menyambut. Sete-lah selesai disalati, jena-zah diberi penghormatan me-lalui upacara.

Bupati Purbalingga, Su-kento Rido Marhaendrianto,menyampaikan sambutan pa-da upacara ini. "Saya sebagaiBupati Purbalingga dan pri-badi mengucapkan belasung-kawa yang sedalam-dalam-nya," kaladia.

Setelah itu, jmazah diserah-kan kepada TM AU yarlg di-awakili Mayor Pas Bagus An-jar Pamungkas, dari Detase-men Pertahanan Udara Pang-kalan Udara Adi Sucip-to, Yogyakarta, untuk dima-kamkan secara militer. Upaca-rapemakaman dilakulan di T-PU Toyareka, 200 meter da-drumah duka.

Antusiasme masvaral<at se-kitar terhadap pro#si upaca-ra pemakaman membuat loka-si pemakaman padat. Warta-wai dari berbaeai media ce-tak dan elekk;nik juga te-rus rnernbidikan lerrsa kamera-nya ke tengah pusara. Letus-an senapan menandai peng-h o rmatan terakhir un-tuk sang prajurit. "Semogaruhnya diterima di si-si Yarig Maha Kuasa," ka-ta Mayor Ba$u yang memim-

tam.Sementara itu, kedatangan IVIIr4, Daruamil dan Kapolsek

ienazah Serda Ando Dardy Pekuncen. Ratusan wargaPrastowo, korban jatuhnya pun antusias mengikuti pro-pesawat Hercules yang iatuh sesi pemakaman Dandy. Residi Medan, Sumatera Utara ke (22), temansemasaSD Dandyrumah duka, Desa Pasiraman menutLukan ia merasa sangaiLor, Kecamatan Pekuncen, kehilar-rgan Dandy.Banyumas Kamis (2/7) siang, "Waktu masih sekolah didisambut isal< tangis kerabat SDN Pasfuaman Kidul saya se-dan warga yang menunggu- ring main bareng dia. Anak-nya sejak pagi. nya baik, familiar, tida-k mem-

Prosesi pemakaman dilak- beda-bedakan teman, pintar,sanakan secara militer. Dan- sederhana. Mala saat men-lanud Wirasaba Purbalingga, dengar kabar iahrhnya pesa-Letkol Nav Toni seusai me- wat Hercules C-130 sayamimpin prosesi pemakaman awalnya menyangka ayaltryamengatakan, Serda Ando yang terkena musibah tapiDandy Prastowo telah men- temyata Dandy," uiamyajalankan tugas dengan baik Dandy adalah satu dad 122selama menjadi TNI-AU korban jatuhnya pesa-

"Dia sudah melal<sanakan wat Hercules C-130 sesaattugas secara baik hingga me- usai lepas landas dari Lanudninggal dalam musibahjatuh- Soewondo. Mendiang yangnya pesawat Hercules C-130 lahir pada 14 Juni 1992 anakyang membawa logistik pertama dari tiga bersaudaramiliter d ari Medan ke Tanjun g pasangan Riyesa RatmawatjPinang. Soal apakah men- dan Serma Rudi Purwono.dapatkan kenaikan pargkat Dandy menempuh pendi-nanti menunggu kebijakan dikan militer di SMABA PKdari TM-AU," katanya. A36 Tahun 2011, SBIT A40

Kedua orangtua Dan- Tahun 2012, SESAR]LIRLEKdy, Riyesa Ratmawati dan A38 2012, SERADUM A36Serma RudiPurwono terlihat Tahu{r 2012, SERITJRSHAR-sabar dalam mengikuti pe- RADAT A34 tahun 2013.makaman. Bupati Bany.umas, Jabatan telal<hir BA Elektro-h {chmad Husein yang me-. nlka Dishar Satrad 212 kesa-wakiLi keluarga menutlrkan, tuan Kosekhanudras l Ja-kar-Kabupaten Banyumas dan ta. Tugas di langlalan TNlbangsa Indonesia telalr kehi- AU diPulau Natuna.(gar9 dil)

Page 34: Kliping media tanggal 3 juli 2015

/,>E8 q

3L 0

E-0.sgp:<JO

-6'l-

,.= ii-

oiEaii

'o .g:) o)

trsEg

I Efrl.E(!I E3

tEET:El(!alrr>l€tI tr-c

eEE{o-d->o

o;9s<o.oE'de

ccG.q,

^E B

O (E€

EEdgq46,9 _V

(!d)6.ot-ooo

r!=3gZo<EOEPi<eEcl

Page 35: Kliping media tanggal 3 juli 2015

,{OItq }{t]ffA$ $ETOA PijRBitI,I$fi.$A

SATELITPOSTJUi'tAT PON,3 JUtl2015

PURBAI-E ICGA, SATEU-&POST-Harga lk-an air ta1'r a-r

terus meral:,gkak flal-k' Seiak

awal hihgga ":'ririe !\ 8al !an

Ramadan rri ha-!8n lkan airr

tawar telah nrd( .jr11j:a!."YanP (rengaiaru Kenal'

karl agail'alYak 7a Cutant-danl,ele, na- aY: '"r'rPar:P4000. Lalau,se';'I';n P'ar.ra

dan, harga Lrre i1p 16 fiu!sekarani RP:.2 ribu KalauGurame-se6e:unr F'amada-nRp 38 ribr, se!:arang KP 4/

32 ribu."Kalau mendekati Leba--

ran, sangat mungkin narklasi." uiamya

"Satu pembeli, Nurdng' me-

nsaku sering membeh lkan or

T?I Kembalan Kulon SaatRamadan, Nuning mengakucenderung lebih suka -mem-heli ikan aibanding dagrngavam dan saPi,' "Pertama, anal<_anak me-

mans suka ikan Sudahdilafih dari kecil karena

bapaknva suka. Kedua'haieanvi telatif lebih mu-rah] teiutama Lele Selainmurah, Lele durinYa se-

dikit, cocok untuk anak-anak," uiar Nuning'

Keoala uidang PerikananDinai Perikanan dar Peter-

nakan (Dinnakkan) Purba-lineea, Siswanto, menga-takii, ketersediaan ikan Lele

relatif aman hingga Lebarantiba. Sementara untul< rIGnGurame, kete6ediaan maslh

harus mmdaPat slPlai dariKrova (Cilacap) dan t\eD:r-m"n. Ikun Mel"m seca'a xnu-sus didatangkan darl lasl-K-

malava. Sementara ikan N a'

meniaPat tambahan stokdari W;du-k Kedunt Ombodan Wadul SemPor' (gan)

PENJUA.L ikan tawar melayani pombeli di Tempat Peniualan lkan

(TPl) Kembaran Kulon, Purbalingga, Kamis (2/7)

Harga Gus:arne

efan Le].e Merangkak hlaik1ibu," r'iar situ Pedagan€rkan Lorr5r.tslsi, Eka' ol"l"m n:,- t lrertualan Ikan ( l PI)

i. "iif,

., r.. .(rrlon. Kamis

''iii *".,u, rurtllunt".,uil-kanhare; ienedi Pada semua

ipnir ili:Jl k.' 'srmsi Sebetum

':,o*.=ao -,.,r:r- Nila diPatok:lcr.ean h;lra RP 23 ribud-anikan" Melq'n RP 30 bu be-

:yillr,iaTl ..rit ird, ikar Nllalail< s,e'iia;tr RP 25 ribu, danikan lr4+iim rraik meniadr xP

Page 36: Kliping media tanggal 3 juli 2015

SarnlrrPostI ruane- roru,i 3 iult2015

e.t-e & q,a.*;-dr Sungai l(.lawittgffi Limgtrar"atm* fl}*sm Kedunglaenda Kemangkom

;r"i'ri:BA.-1.. r;1i i a'rl:-'lPCI'j ''e-lomoot< "nd.r

wisata (Po<darws) i)e-

i"r.i t-ittggu-rt Desa Kedungbenda,Kecamatan Kemangkon, akan me-luncurkan Wisata Bahari Linggamas{wBL) sebelum Lebaran mendatang'it/isata ini diharapkan meniadi wisatabaru baei wisatiwan termasuk Parapemudilf vang datang ke Purbalingga'' :a-, tt r,;"r'a vr'jsata vang ditawarkan

:: - '. - svn;il r.iarrirrg, kun'' 'f i r' keh"' ': "

: -r at! 'r,rliner ikanlr:.-., . jcngai! L-,as kr,Pat LaIr

'1,."?.ur:".. rdaii seperti kupat biasar,etagt lr;:asak dengao aIr Yang di-rambur ahu barar,F. pa-di dan Blungkang(pelaoah,laun kelaPa).' Wikr; Ketua Pokdarwis Lhg,gamas,Adri fi er,a,,akan, peluncuran wisata:aneaj r. "i;{{asai #makin barualorya,"ni-r-i*g yang, datarg ke Kedung-LenEu ,irn meni[mati pera]ru. 'lSetiapL-ari iibur ki-r susnye sabtu dan Mintgu,sudan ratLrrian orang yang datang keKedungLcr.ca. Mereka sengaja metihatkemegit,a', ismbatan Linggamas dan

".:.-E.:1r. lasl menikmati perahu pe"

nvebErangai," kata Adri, Kards (2/A'" Untu-k naik perahu wisata, pengun-

iuns cukup meimbayar Rp 5.000 per or-lngl t-amipe4alarrin Perahu sekitar 15

menit. Wisatawan akan transrt Per-kebunan pepaya untuk memanen Pe-oava Ca*oinia sendiri. Pepaya yarg

dtang, bisa Iangsung dinikmari dikebun semba-ri bersantai' dan,'ka maurnemba';a puiang tukuP dengan ir-'lF.t':ai"? .-l'x':'. i{F -".1fr0 ..Lqr:k 1'' 'kiloeramm a.

.'Eoaia'Sidane Pariwisati. DinasKebukavaan Pariwisata Pemuda danUian Riga (DinbudParPora) Puroa-tineea, t"Priyitno MSi fang mencobanafEt wisata tersebut, bersama se-irolluh ,"nzutrt Himpunan Pramu-'wisata lndo-nesia (HPTi Purbalingga,Kamis Q/V rnengatakan, Potensi Su-ngai Klawing sebigai daya tarik wisatasiireat m€narik untuk digarap Apalatr,luti'aiu, r*urrit gga belum memilikiwisata baluri, neski hanya beruPa sungar'

"Desa wisata di Purbalingga Yangsudah ada kebanYakan berada di wi-

iayah pegunungan de?:83:'. 913r{;'. c.

keindahan alamnva, sementara Ke-dunebmda mem ili potensi ini untukdike"mbangkan sebagii wisata sungai,"katanva.

Pra'yitno mengaku optimistis Pe-ngem6angan wisata susur sungai Kla-$ing akan bisa berkembang. DukunganDinis Peternakan dan Perikanan (Ds-nalkan) Purbalingga yarg membuat-ker, tenrat berj',Elan ik"tr, ::,:'zai j,;ia

setenpat.Kettia FPi Furbalilgga A:.r: r.lia- -pno,t'kan. nrrlensi di Des. iiedu..,"mengatakan, potensi dl De$" r'edur.c

Uend"a lita iikemas sebagai Pakerbenil"a iika dikemas sebagai pakeiwisata a-kan sangat menarii dan layakirr.rl H;nva masih oerlu dipoles sumberjual. Hanya perlu dipoles

wisatawan yang

'daya mariusia pengelolanya, khusrcnyapara pemandu, AJ'is mencontohkan,bengdmudi perahu atau PendamPins-irvai harus

-rlilatlh teknik memandunva, harus dilatih teknik memandirwisata wan yanq bail<. Saat menialankanperahu, meieka tidak boleh harya dianiaia, tetapi menerargkan 'ertang ,: r-iarah suniai, ata u kebiasaan r:"-asyara.a 'sekitar sringai Klawing, Gan)

Page 37: Kliping media tanggal 3 juli 2015

KLIPING IVIEDT&

}la}llasan J Jumatpon,:..iuri2or5I

DesaMembuat Btog dan WebPURBALINGGA- .Perangkat Desa di Kecamatan Bobotsarimengikuti pelatihan pembuatan blog dan web. Kegiatantersebut dilaksanakan di Aula Kecamatan Bobotsari, Kamis(2/7). "Kaml bekerjasarna dengan Dinas PerhubunganKomunikasi dan dan Informasi (Dinhubkominfo) dalammenggelar pelatihan ini," kata Camat Bobotsari, MuhammadFaturahman.

Disampaikan blog dan web berfungsi ntuk mempromosikaltdesa ke dunia luar. Oleh karena itu pihaknya minta agar desamemiliki blog atau web desa masing-masing. Blog ini akanmemuat potensi kekayaan desa, progress pembangunan,program pemerintah desa. "Tujuan dari pembuatan blog atauweb desa ini agar warga desa ketika berada di luar kota daPalmengakses desanya, termasuk pula melihat potensi desa danadministrasi kependudukan desa," ungkapnya.

Diungkapkan Faturrachman, tujuan utama adalahpemerintah desa melek terhadap IT, yang kedua harapannyasetelah memahami IT . ini dapat memanfaatkan untukmendukung kinerja. Sehingga masyarakat desa yang berada diperantauan dapat mengetahui perkembangan desa diperantauannya.

Ketiga, dengan IT dan website potensi desa dapat diketahuisecara luas. Dan ternyata bintek ini mendapat dukungan dariDinhubkominfo, bahkan yang mendatangkan narasumber jugadari Dinhubkominfo. Serta berharap ketika 16 desa di Bobotsarisudah meman{aatkan website, maka Bobotsari menjadi pioneerbagi desa-desa di kecamalan lain.

Sementara Kabid Kominfo Dinhubktrminfo Purbalingga EriRusdi mengungkapkan, pihaknya berupaya keras, agar semuaelemen masyarakat memanfaatkan teknologi informasi ini.Karena disamping menghemat anggaran, juga semua inlormasidapat sampai dengan cepat tanpa batas wilayah.

Ke depan, semoga tidak hanya desa-desa di KecamatanBobotsari yang memiliki website, namun juga seluruhdesa/keltrrahan di Kabupaten Purbalingga. Sehingga akanmemudahkan orang maupun investor yang ingin mengetahuipotensi desa setempat.{t ST-Tj

BerlatihPerangkat

---\, -"

Page 38: Kliping media tanggal 3 juli 2015

'---lii-----....l-

-\ l-

MEM BUAT BLOG DAN l'\,EB : Perangknt drco di Kettmnfan

Bobol5ari, hr rlnl ih nlanbun! blog rlan relt dnlnnt pelnliltotr rtottg diSelnr

beker ia snnu dengan Di nhubkorttirfo P urbnlinggn.l*'Foto : loko Santoso-Tj

3 Pemuda NominatorPemuda PetoPor JatengPURBA LINGGA- Tiga pemuda Purbalihgga.masing-masins Esa Firgiawan AngBita (Pemuda PeloPor Dr-

i,# ?"^3lalr.r".), warga "besa Patemon RT 02/II

i;;:'.i,i;;;i;"n;a ri, s'iti Roriah (bidang sosial' bu-

il"r "..i*it"i" aln bela negara), warga Desa Bumisari

nioiit t r".urnutun BoionBs;ri, dan Maretha Ramadanr

iir'ir"" """-rrr, waiga-Dtsa Gemuruh RT 02/02

i,;;;;"d Pft ;1 t n g ga io I os d al a m pemili h a n pemud a

nemuda pelopor tingkat Jatengt' ::ii",ininul*r*, b'ersaing dJngan ratusan Peserta.darit"It,;,h-i;l'u;;6; di Jdten; Iem-Prov Jateng memilih l5oranp vans masul nominasi, termasuk Peserta oan

f'*uifiL-*l untuk dilakukdn seleksi tahdp selanjutnya

il;;;ki,;ii.;;;" Iapangan." kata KeDala Dinas Kebu-

irrl'""'i"ri*"i"t, hem"uda dan olihraga (Dinbud-

;:''#i;, i';;;;ffi;u, i,u"no. ru*i' rz /n'a sr-ri

Page 39: Kliping media tanggal 3 juli 2015

KLIPING &,IEDXA

BT$J,Ifi }IIJ,lj{i$ $ITDT P'URB,{II$fiGA

REPUBIIKA KAMrs,2.iutr2or5

KPU KembaLi Lakukan

Pencocokan DataI Eko Widiyatno

PUBBAUNGGA .- KomisiPEMi.lihan Umum (KPII) Purbalinglga akankeubali melalirrkau pencocokan datapemilih menYrsul agenda Pilkadavans akan dilaksanakan Desemberio15'mendatang. HaI irri karena jum-lah oemilih dalam data daftarpendu-duk' potensial pemitih pemilu (DP4)vans baru diterima dari KPU RI, ter-i.va-ta mensalami selisih jumlah de-nian OaftJ Pemilih Tetap (DPT) Pe-milihan Presiden lalu.

Ketua KPU PurbaliDgga Sri Wah-vuni menyebutkan. terjadiaya perbe-daarl data jumlah pemilih itu karenaadanva Derbedaan dasar data penlru-sunai antara DP4 dan DPL "DP4 da-tanya hanya berasal.dari pendudukvang sudah melakuka:r Perekaman e-kTi Sedangkan data DPT, diPerolehtidak hanvi dari data e-KTP. TaPijuga data liependudukan berdasarkan-s.riat

tanda [ependudukan yang sah,"

'ielas Sri WahYuni, belum lama iniITnhtk menvinlconkan data terse-

but. laniut dia, KPU rencananya. meuggeLer,penrocekaD data di lapa-

ngaD. Salah satunYa dengan meng-aigkat Petugas Pemutakhiran DataPemifih @PDP) Pilkada. Petugas akanmendata berapa data sebenamya Pe-milih di lapangan.

Dad data tersebut, nantinYa men-iadi dasar Dembuatan data PemilihLitaaa- "sa'at ini, tami sedang dalamiahap perekrutan PPDP Pilkada, yangclilakukan oleh Petugas PemilihanKecamatan (PPK). Rencananya akanada 1.629 Petugas PPDI" ujarnYa.

KPU BI sebelurrmya telah menetap-kan DP4 gr:na Pelaksanaan Pilkadaselentak yang akan dilaksanakan 9

Dese$ber penalatang. Untukpilkadadi 21 kabupatenAota di Jawa Tengahva-oe akaD diselenggarakan pilkadai"t-a"ul Purbalingga PemiUh Yangtsdata berjumlah 15.242.847 perflih.

Menunrt WahYuni, setelah DP4 tu-run maka tahaPan selanjutnya I(PU

akan menyusun daftar Pemilih daamelakukan Pemetaan tempat Pe-munputan suara (TPS) berdasarkanhasi.[" analisis untuk disampaikankeDada Panitia Pemungutan Suara(PiS). Tahapan ini akan berlangsunghingga 14 Juti 20]5 Setelah tahapanterilut selesai, ?PS bersama PPDPakau melakukan Proses Pemutakhi-ran data Pemilih Yang berlangsungmulai 15 J.uli hingga 19 Agustus'

"Proses Pbmutakhiran data iniakan melibatkan juga pihak ketua RTdan RW" jelasnya.

Untukltu, dalam tahapan tersebutdia ueminta masyarakat ikut aktifmeneliti dan mengecek ke RT masing-masins untuk Eemastikan apakabmerek-a sudah terda.ftar dalam DP4dan sudah benar datanya. Salah satucara unh.rk mengetahui apakah sudahrerdaltar vakni dengan mengecekaoakah di iumahnva sudah ditempelisiiker tanda terdafiar dan diberi bul<titerdaftar atau belum.

I ed:Yusuf assidiq