Top Banner
KIPINGMEDIA S1g*ffi ffi[33=ilffi RABU,7 JANUART 2015 SniuArief Noegroha T E S U RI N E : P e g inu ai Kejal<s ann N e g e ri meng ilatti te s urine trtang diadakan secara mendadak oleh BNNK, Selasa(6/1). (63) BNINKGelarlbs Urine di Kejaksaan PURBALINGGA - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) melakukan tes urine di DpRD dan Kejaksaan selarnadua hari berturur-turur (5 -6 I 1). _ Di DPRD, tes urine diikuti 43 anggota DpRD, termasuk Kerua Tongat. Staf Sekretrriat DpRD juga mengituri tegiatan itu. Adapun pemeriksaan urine di kejaksaan, diikuti +g ,tuflt"rm^uk Ka.lari Martini. Menurut Kepala BNNK AKBP Edy Sanros4 tes urine di kedua tempat itu dilaksanakan s"ca.a mendadak. Tujuannya untuk menyukeskan program Indonesia Bebas NarkoUa fafrun jOtS. _Kegiatan ini merupakan langkah deteksi dini penyalahgunaan y$3trka sekaligus wujud partisipasi dari institusi tegista:rif dan kejaksaan. 'Tes urine narkotika, tidak ditujukan unnrk menjebak, menjerat, atau mencari kesalahan seseorang, tetapi untuk deteksi Aini aAa tidalarya penyalahgunaan narkotikq', katanya Ilarus Bersih ^ lVlenurut Edy. anggota DpRD sebagai wakil rakyat Purbalingga, harus benar-benar bersih, bebas dari penydlahgunaan narkotika. Adapun kejaksaan adalah aparat peneguk n fuurn' . "Aparatur penegak hukum harus 6isa men3idi contoh. Apalagi {a geriyan aari Kajati Jawa Tengah, agar selurruh kejaksaan neg# dicek urine," tutumya. _ Hal itu sebagai bentuk dukungan kejaksaan terhadap program Pencegahan Pemberantasan penyalahgunaan aan fereaaran deUp Narkoba(P4GN). Tes Urine diikuti seluruh pNS dan pegawai honorer Kejaksaan N9Se1 Putaling_g_a Dari hasil uji urine menggunakan 4 parameter, seluruh pegawai Kejaksaan Negeri eurbalingga dinyatakan negatif menggunakan narkotika. "sebelum melakukan tes urine di berbagai instansi ini, kami sudah melahrkan tes urine terlebih dahulu kepada intemal BNNK pada 2 Jilnuari 2015," tururnya.(F10-63) BAGIAN TILIVIAS SI]TDA KABUP.{TEN PURBALL\{GGA
43

Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

Apr 07, 2016

Download

Documents

humas

 
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KIPINGMEDIA

S1g*ffi ffi[33=ilffi RABU,7 JANUART 2015

SniuArief Noegroha

T E S U RI N E : P e g inu ai Kejal<s ann N e g e ri meng ilatti te surine trtang diadakan secara mendadak oleh BNNK,Selasa(6/1). (63)

BNINKGelarlbsUrine di Kejaksaan

PURBALINGGA - Badan Narkotika Nasional Kabupaten(BNNK) melakukan tes urine di DpRD dan Kejaksaan selarnaduahari berturur-turur (5 -6 I 1).

_ Di DPRD, tes urine diikuti 43 anggota DpRD, termasuk KeruaTongat. Staf Sekretrriat DpRD juga mengituri tegiatan itu. Adapunpemeriksaan urine di kejaksaan, diikuti +g ,tuflt"rm^uk Ka.lariMartini.

Menurut Kepala BNNK AKBP Edy Sanros4 tes urine di keduatempat itu dilaksanakan s"ca.a mendadak. Tujuannya untukmenyukeskan program Indonesia Bebas NarkoUa fafrun jOtS.

_Kegiatan ini merupakan langkah deteksi dini penyalahgunaany$3trka sekaligus wujud partisipasi dari institusi tegista:rif dankejaksaan.

'Tes urine narkotika, tidak ditujukan unnrk menjebak, menjerat,atau mencari kesalahan seseorang, tetapi untuk deteksi Aini aAatidalarya penyalahgunaan narkotikq', katanyaIlarus Bersih

^ lVlenurut Edy. anggota DpRD sebagai wakil rakyat

Purbalingga, harus benar-benar bersih, bebas dari penydlahgunaannarkotika. Adapun kejaksaan adalah aparat peneguk n fuurn'. "Aparatur penegak hukum harus 6isa men3idi contoh. Apalagi

{a geriyan aari Kajati Jawa Tengah, agar selurruh kejaksaan neg#dicek urine," tutumya.

_ Hal itu sebagai bentuk dukungan kejaksaan terhadap programPencegahan Pemberantasan penyalahgunaan aan fereaaran deUpNarkoba(P4GN).

Tes Urine diikuti seluruh pNS dan pegawai honorer KejaksaanN9Se1 Putaling_g_a Dari hasil uji urine menggunakan 4 parameter,seluruh pegawai Kejaksaan Negeri eurbalingga dinyatakan negatifmenggunakan narkotika.

"sebelum melakukan tes urine di berbagai instansi ini, kamisudah melahrkan tes urine terlebih dahulu kepada intemal BNNKpada 2 Jilnuari 2015," tururnya.(F10-63)

BAGIAN TILIVIAS SI]TDA KABUP.{TEN PURBALL\{GGA

Page 2: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPING MEDIA

$ruAMA MffiMMHKA RABU, 7 JANUARI2OlS

Penjaringan Cabup Masih

Wewenang lnternal ParpolPURBALINGGA - Ketua Komisi Pemilihan Umum

(KPU) Purbalingga, Sri Wahyuni, mengatakan penjaringan

bakalcalon bupati (bacabup) dan bakalcalon wakil bupati(bacabup) di sejumlah partai, menjadi wewenang internalpartai.

"ltu internal parpol, jadi dipersilakan," kata dia ketika

ditemui Suara Merdekadi ruang kerianya, Selasa (6/1 ).

Menurutnya, pihaknya masih menunggu keputusandari pusat, perihal jadwal pelaksanaan pilkada. Jika Januariini Peraturan KPU tentang pilkada tersebut terbit, makatahapan pendaftaran bacabup/bacawabup akan dibukaFebruari.Laksanakan Tahapan

Pada saat yang bersamaan, KPU juga sudah melak-

sanakan tahapan sosialisasi hingga Desember men-datang. Sebab, jika tidak ada halangan, sesuai rancangantahapan Pilkada yang sudah disusun, pemungutan suaraPilkada Purbalingga akan dilaksanakan 16 Desembermendatang.

Seperti diketahui, saat ini DPC PDIP KabupatenPurbalingga mulai menjaring bacabup dan bacawabupselama dua minggu, sejak Senin (5/1 ) hingga Selasa (2011 ).

Sementara itu dari partai-partai lain, belum ada kabarkapan akan membuka pendaftaran bacabup/hacawabup.Ketua DPC PartaiGerindra, lmam Poerseto, sebelumnyamengatakan pihaknya sudah melakukan ancang-ancanguntuk menghadapi pilkada. Sejumlah nama dikabarkansulah melakukan pendekatan kepadanya.

Ketua DPD Partai Golkar Purbalingga, Sudonosebelumnyajuga mengaiakan bahwasudah ada beberapanama yang melakukan pendekatan ke partai beringin itu.(H82-63)

BAGIAN lIuTv{,{S SETI}A KABUPATEN PURBALTN(X}A

Page 3: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPING MEDIA

RABU, 7 JANUARI 201 5

BPBD Tunggu

Badan Geologirlx Helokms$ ilukurh Cikan

si lain yang terkait, seperti tena-ga ahli deologi dari BadanGeologi.

"Ada dua tempat relokasiyang diusulkan oleh kami,yaitu kompleks Balai DesaJingkang dan Dusun Jlewus,Jingkang. Dari dua tempattersebut, nantinya akan dicekdan diteliti oleh tenaga ahligeologi dari Bandung," jelas-nya.Dalamkosm

Menurutnya, prosesrelokasi warga Dukuh Cikal,saat ini sedang dalam prosespengajuan ke Sekda dan akanditeruskan ke Badan Geologi,

PURBALINGGA - Badan Penanggulangan

Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, masih

menunggu rekomendasi dari Badan Geologi

Kementerian Energidan Sumber Daya Mineral

(ESDM), terkait tempat relokasi warga Dusun

Cikal, Desa Jingkang, Kecamatan

Karangjambu.

Kepala Pelaksana BPBDPurbalingga, Priyo S atmoko,Selasa (6/1), mengatakan pros-

es relokasi memang membu-tuhkan waktu panjang. Hal itukarena harus melibatkan intan-

guna meminta tenaga ahli.Setelah dilalrukan pengecekandan penelitian dari dua tempatyang diajukan, nantinya akandipilih satu tempat yang arnan.

"Jangan sampai nantinyatempat baru relokasi tidakaman, jadi perlu kajian lebihlanjut. Adapun anggaranrelokasi sudah masuk dalamAPBD 2015, sehingga saat initinggal nrcnunggu waktu danalokasi anggaran tersebut,"katadia

Untuk diketahui, saat iniada 36 keluarga di Dukuh Cikalyang perlu segera direlokasi.Lokasi tersebut dinilai sangat

rawan longsor karena hanyaberjaraknya 50 meter denganbukit.

Sebelumnya, BPBD Pur-balingga bersama tim dariJurusan Teknik GeologiFakultas Sains dan Teknik Uni-versitas Jenderal Soedirman(Unsoed) Purwokerto, telahmelakukan kajian di lokasitersebut.

Hasil kajian menyebulkanbahwa secara geografrs, lokasitersebut merupakan cekunganyang diapit oleh tebing setinggi

.sekitar 100 meter, dengankemiringan yang terjal. (H82-63)

IL=/

BAGIIJ.T HI-MAS SI]TDA KABUPATEN PIIRBALI}.iGGA

Page 4: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

=- *\.

ci>

=x=t s'

.sU

Fi

qr

P

:e

P

.xt4

"\l -\\

SBs- r-Fa)tt boSN.:{.\sshsVIESN&Sb;.v e-p.sN(s

^pOa L).

SS*uxss.s \J

G"\

QsEiaRP*E\

f\*..

SFI

3tF"$S"llSE{ "sa\/ >g-sr-n%SFl*\sE.SFi i>l\-!N(Sqri

/,-\

BAGIAN HUMAS SETDA PURBAIh{GGA

Page 5: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPING MEDIA

Sltreffie ffiffiffillEIffi RABU; TJANUART 2015

Tak Ada fiepastian,

Pemain HengkangPURBALINGGA- Karena belum ada kepastiane sim masukPersip

Pekalongan, ber-gabung denganpelatih Gatot Bar-nowo, yang per-

beberapa eks pemain persibangga purbalingga

hengkang ke timtim lain. Mereka mencari klubyang sudah melakukan perekrutan, persiapan

nah membesut Persibangga,Persibas Banyumas, dan pSCSCilacap.Lokal

Mantan Manajer persi-bangga musim lalu, Martoyo,mengemukakan, di tim musimlalu. terdapal empat pemainlokal. Dari jurnlah itu, satu sudahmendapat tim, yakni Kosim.Tiga lainnya, yakni kiper Mua-

menghadapi Divisi Utama 201S.

Menurut pantatan SuaraMerdeka, pesepak bola yangsudah meninggalkan LaskarSoedirman, antara lain Nantodan Suwamo ke PSCS Cilacap.Keduanya mengikuti jejak pe-

latih Ahmad Muhariah yang le-bih dahulu merapat ke tim pantaikidul.

Pemain lain, Risky Julian,kembali ke tim daerah asalnya,PSIS Semarang. Gelandang Ko-

zis, bek Inggit, dan strikerAnggimasih di Purbalingga. "Sayabelum tahu mereka akan kemZrra." ujamya.

Soal naib Persibangga diDivisi Utama 201 5, dia mengakubelum tahu. Permasalahanmusim lalu belum beres, yaknitunggakan gaji awak tim. Untukitu, pihaknya akan mengadakanpertemuan dengan Komisaris PTPersibangga Sportama Tasdi danCEORohman Supriyadi.

Kick offDivisi Utama diren-canakan pada l9 Februari.sehingga waktu yang dimiliki

klub untuk persiapan tinggal 46hari. Sejauh ini Persibanggabelum melakukan liurgkah apapun, sedangkan tetangganyaPSCS Cilacap sudah menggelarlatihan dan Persibas Banyumastelah menyusun rencana persiap-an.

Sebelumnya, Ketua HumasPersibangga Joko Santoso me-ngemukakan, sejauh ini belumada yang memberi tanggapanatas wacana dari CEO, yaknimencari investor atau menjualklub untuk mencari dana. (bd-5',7)

BAGIAN HUMAS S]]TDA KABUPATT]N PURBAI-INCCA

Page 6: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPING MEDIA

#*# ffi# ffiI**#ffi* RABU,TJANUART 2015

Sakit Jantung,PIIRBALINGGA- Tirhan-

an Polres Purbalingga, KaminSugiarno (58) warga DesaBumisari, Kecamatan Bojong-sari, meninggal di rumah sakit,Senin (5/1) malam. Tersangkakasus perjudian ini didugameninggal akibat penyakit jan-tung.

Kepala Polres Purbalingga,Ajun Komisaris Besar AnomSetyadji, Selasa (6/1), menje-laskan sebelum kejadian, pagihari korban diperiksa kesehaanoleh tim kesehatan dan menun-jukkan tekanan darah cukuptinggi. Pada siang hari, korbandijenguk oleh keluarganya danmasih sehat.

Tetapi pada sore hari pukul18.30, para tahanan beteriakkarena , korban mengalami

olres Meninggalkejang dan keluar busa darimulul Dalam keadaan pingsan,korban dibawa ke RS HarapanIbu oleh petugas jaga tahanandan piket untuk diberi pertolon-gan. Pihaknya juga memanggilkeluarga memberi tahu keadaankorban.

"Korban sudah ditanganioleh dokter, tetapi kondisinyaterus melemah. Pada pukul20.30 korban meninggal dirumah sakit," kata dia.LakukanVi$im

Sesuai prosedur, dokterkemudian melakukan visumpada tubuh korban. Dari hasilvisunt, diketahui korbari meng-alami serangan jantung.

Dari keterangan keluarga,korban juga pernah memilikiriwayat penyakit jantung. Pada

malam itu juga, korban dise-rahkan ke pihak keluarga dandimakamkan pada keesokanharinya.

"Sebenamya korban hendak' kami titipkan ke Rutan, tapi kamitunda karena harus dilakukanpemeriksaan tambahan. Setelahini, polisi akan menerbitkanSurat Perintah PenghentianPenyidikan," kata dia-

Sebelumnya, korban ditang-kap oleh Satuan Reserse danKriminal (Satreskrim) PolresPurbalingga. karena melakukantindak pidana perjudian jenisceki koah di rumahnya, 23Desemberlalu.

Dia ditangkap bersama limaorang lainnya, Yanuar Iksan S,Situ Wibowo, Budiyanto, Sunar,dan Slamet Subandi. (H82-63)

TAHANAN MENINGGAL : Petugas brrj,;Y};':;;:;;tahanan Polres Purbalingga, Selasa (6/1). Salah satutahanan Polres Purbalingga, naninggal larerut seranganjantung, Senin ( 5 / I ) malam. (63 )

BAGTAN HtilvIAS SiiTD;\ KARUPATEN PURBALINGGA

Page 7: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLMING MEDIA

BAOIA}I IIIJMA$ $UIDA PUIBAI}'IOffA

Radar Barylumas o Rabu Legi 7 Januari 2015

Menyusuri Sempitnya Trotoar di Purbalingga

asih Diserobot untuk DaganTak Ramah untuk Difabel

TIDAKOPTIMAL :

Fungsrtrotoar yang

belumoptimal dibeberapa

wilayahPurbalingga.

fika masyarakat Purbalingga sering menggunakantrotoar, bisa saja keluhan tentang trotoar sama

banyaknya tentang jalan yang rusak. Kaum pejalankaki makin terdesak seiring dengan kurang maksi-

malnya fungsi trotoar. Selain banyak diserobot untukberbagai kegiatan usaha, trotoar di Purbalingga juga

tidak ramah untuk kaum difabel.

Amarullah Nur Cahyo, Purbalingga.

misaris Notosumarsono, JlAW Soemarmo, Il DI pan-jaitan, masyarakat kerap

menjumpai betapa ntakinsempitnya trotoar di pur-balingga. I ke hal. 10

BOLEH jadi, Pemkab Pur-balingga berbangga dengandisabetnya penghargaanadipura yang melambang-kan betapa bersih, sejuk dantertibnya wiiayah perkota-an tersebut. Namun, ada

berbagai hal yang mendesak_dibenahi, ialah satunyal.fungsi trotoar.Menlusuri trotoar di wi-

layah kota Purbalingga se-perti di Il Ienderal Soedir-man, Jl Ahmad Yani, Jl Ko-

II -- ,-------z*

BAC IAN ILlh,I,\S SIIT DA ts;\R UPATEN P URBAI- lli CC./r

Page 8: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

akal Dibenahi Bertahapt tfiasilt

Sambungan dari halaman 7

Badan trotoar Yang kurangIebih selebar dua meterbanyak'diserobot' untukPKL, untuk memarkir ken-daraan atau juga untuk me-majang barang daganganoleh toko atau kios yang adadi dekat trotoar itu.

Iangankan untuk kaumdifabel (penyandang cacat-red), untuk orang normalsaja, trotoar kini semakinkurang ramah. Mungkin halini masih dianggap remehkarena trotoar saat ini sudahbanyak ditinggalkan masYa-rakat seiring dengan ba-nyaknya masyarakat Yanglebih suka jalan-jaian de.ngan sepeda motor, Namun,alangkah baiknya jika fungsitrotoar diperhatikan se-hingga lebih menarik, amandan nyaman bagi para Pe-jaian kaki.

Pemkab melalui DinasPekerjaan Umum (DPU)mengakui kondisi tersebut.Fungsi sejumlah trotoar dikabupaten Purbalingga di-nilai masih belum oPtimal.Banyak trotoar yang sudahtidak layak dan rusak karenaberbagai hal. Selain itu, adajuga badan trotoar Yangdigunakan untuk arena ber-jualan pedagang kaki lima

dan toko.Kepala Dinas Pekerjaan

Umum (OlU) eurbalingga,Ir Sigit Subroto MT me-ngakui, kerusakan trotoarhingga ke fungsi Yang tidakopdmal masih teriadi. Na-mun secara bertahaP hal itudibenahi meialui penggan-tian trotoar dan Pemeli-haraan.

"Kadang masih ada tokonraupun warung yang areadagangnya menjorok ke tro-toar. Kondisi itu jelas mem-buat fungsi trotoar berkurartg.Kami sudah berkordinaSidengan Sat Pol PP Yang siaP

melakukan pembinaani' je-lasnya, Selasa (6/l),

Kerusakan trotoar jugadisebabkan adanya galiankabel dan pipa lainnYa Yangbiasanya karena Pelebaranmaupun pemeliharaan jari-ngan. PerbaikannYa daripihak pelaksana juga masihbelummaksimal,

Karenanya, tahun 2015 inipihaknya sudah mengang-garkan melaiui APBD untukperbaikan trotoar. Khu-susnya di Jalan JenderalSudirman Timur denganalokasi anggaran mencaPaiRp 1,5 miliar- RP 2 miliar.

Untuk pelaksanaan masihdirencanakan dan segerajika sudah selesai dilelang.Harapannya selain untukmendukung adipura juga

memberikan kenYamananbagi pengguna trotoar. "Ia-Ian Jenderal Sudirman Ti-rnur kita benahi karena su-dah tua dan fisiknYa modellama. Kita akan buat lebihb4gus dan menYesuaikankondisi saat ini," tambahnya.

Ia juga mengungkaPkan,untuk pembenahan trotoarlainnya hanya sebatas Pe-meliharaan rutin. MisainYamenambal yang rusak danmelakukan pengecatan serta

merapikannya. HanYa sajauntuk penanganan lainnYaagar trotoar terjaga, hal itukembali kepada koordinasisemuapihak.

Meski begitu, Sigit menga-takan untuk kaum difabelyang menggunakan kursiroda pihaknya secara berta-hap sudah merealisasikan-nya. Yaitu trotoar Yang bisadilalui kursi roda. Yaitu dibeberapa ujung masuk di-buat miring.dan aman dila-Iuikaum difabei.

"Memang belum semuabegitu, namun setidaknYa dikota sudah banyak sepertialun- alun, dan beberaPatitik lainnyai' ungkaPnYa.

Kasi Dalops Sat Pol PP

Purbalingga, Teguh Sung-kono mengatakan, PihaknYasecara rutin melakukanpenertiban PKL mauPuntempat usaha Yang menggu-nakan trotoar" (*/bdg)

Page 9: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KMINGMEDIA

Radar Banyumas o Rabu Legi7Januari2015

PoHsiNyatakan

Adare$$anl\egara] KasusI e-b.r,

TI( Padkt ya

dalam pembangurian gedungTK yang ambrukpada Februari20l4lalu. Namun, Polisi belumbisa menyimpulkan besarankerugian negara tersebut karenamasih menunggu saksi ahliterlebih dahulu.

Polres Purbalingga akanmencocokkan data awal yangada di kepolisian dengan datadari Badan Pemeriksa Ke-uangan (BPK), dan pemerik-saan saksi ahli dari Semarangnantinya. Kepala Polres Pur-

amaraPURBALINGGA-Proses pe-

nyelidikan terhadap dugaan pe-nyimpangan anggaran pem-bangunan TK Pembina Pada-mara terus drkembanglan. Daripenyelidikan buki adminis-trasi yang dimiliki Polisi, terda-pat indikasi kerugian negara

l_ITire1 - Dibangun tahun 2011

balingga AKBP Anom Setiadjimelalui KasatreskrimPolresPurbalingga, IPtu Djunaidimenjelaskan, dari PenYeli-dikan awal Yang didasarkanbukti adminitrasi Yang diPe-gang polisi, disinYalir ada ke-

rugian negara, "TaPi terkaitbesaran kerugian nantinYaakan dihitung secara totalmenunggu audit BPK dan timahli sipil dari Semarang,belum bisa dijabarkafl," te-

Menggunakan dana hibah APBN ttp 580 juta

Didukung Dana APBD Kabupaten R,p 58 juta,

Ambruk Rabu 19 Februari 2014 pukul 09.30 WIB

l(a$us Ditangdni Polres PurbalinggaTelah meminta ketelangan panitia pembangunan

Pr:lres Datangkan 5at<ii Ahli dari Semarang pada Oosernber 2013

Menunggu hasit auUit BPK untuk mengetahui bosaran kerugian

negaraDib-ielik juga kasus tugar guling tanah untuk pembangunan TK

t6rsebut gasnya, I ke hal. 10

BAGL.IN HUIVL\S SETD,,\ L-.\BUP;\TEN PURBALII']GGA

Page 10: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

--rZ*-----<f-

Page 11: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIIIIIA$ ffiMA PIIIBAIfi{ffGA

fidd?f Elanvumas . Rauu Legi z Lanuari 2015

Pendaftaran Bacabup

Dibuka FebruariPURBALINGGA - Meski

nasib peraturan penggantiundang-undang (Perpu)nomor I tahun 2014, ten-tang pemilihan kepala dae-rah (piikada) masih belumjclas pen gcsahannya, Komi -

si Pemilihan Umum (KPU)Purbalingga, mulai ancang-ancang untuk m enjalankantahapan Pilkada Purbaling-ga, yang rencananya digelarakhir tahun ini.

Ketua I(PU Purbalingga SriWuhvuni AKS mengatakan,sesuai dengan rancangantahapan Piikada yang telahdisusun oleh KPU RI, bulanini akan diterbitkan per-

aturan KPU oleh KPU RI."Sesuai dengan draft ranca-ngan tahapan Pilkada, padaFebruari akan digelar pen-daftaran bakal calon bupati(bacabup)," katanya kepadaRadarmas ditemui di ruangkerjanya, kemarin (o/t).

Atas dasar itu, rencananyaKPU hari ini (7/1), akanmengundang para pimpi-nan dan sekretaris partai,politik. KPU mengundangpengurus partai untuk me-lakukan sosialisasi Perpu),terkait makin dekatnya ta-hapan pemilihan bupatibupati Purbalingga.

I ke hal. 10

Diterapkan Uii Publik: PGnilaftaran

Sambungan dari halaman 7

Namun, untuk kepastianmelangkah untuk menja-Iankan seluruh tahapanPiikada, KPU menurut SriWahyuni tetap akan me-nunggu pengesahan perpuPilkada di DPR RI, yangrencananya akan dibahas15 Januari mendatang. "Ka-mi masih meraba-raba,"tegasnya.

Sesuai tahapan KPU, padabulan Februari memasukimasa pendaftaraan bakalcalon bupati. Dalam taha-pan ini, partai politik ataugabungan partai dapat me-ngajukan lebih dari satupasang calon. Karena semuabakal calon ini harus me-lalui uji publik yang dila-kukan oleh kalangan aka-demisi dan tokoh mas-yarakat.Uji publik ini akan dise-

lenggarakan pada bulan Mei2015 dan sebelumnya KPUmelakukan rekrutmen danseleksi panitia uji publik.(tya/bdg)

Ada 12 partai poiitik yangakan diundang, baik partaiyang memiliki kursi di DP-RD maupun yang tidak me-nriliki kursi di dewan. Parapengurus partai ini dikum-pulkan di auia KPU Pur-balingga Rabu pagi, 7 |a-nuari 2015.Dia menarnbahkan, ke-

giatan sosialisasi Perpu akandibarengkan dengan sosia-lisasi draft pentahapan pemi-lukada karena adaperbedaanantara Undang-undang lamadan Perppu, seperti jumlahbakal calon yang diajukanpartai dan uji publik"

"Sosialisasi ini perlu dila-kukan, apalagi sudah adapartai politik yang sudahmelakukan penjaringan bakalcalon bupati. Iangan sampaiparpol sudah menjalankantahapan, kita justru belummulai apa-apa," lelasnya.

BAGIAN I{UMAS SETDA KABUP,,\TEN PURBALINCGU\

Page 12: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLtrNGMEDIA

Radar Banyumas o Rabu Legi 7 Januari 2O1s

ADITYA/RAOARMAg

DILELANG: Parkir di tepijalan umum dilelang ulang.

Dewan SayangkanSepinya Lelang Parkir

PURBALINGGA - Tak adanya rekanan yangberminat mengikuti lelang pengelolaan jasaperparkiran di tepi jalan umum Kabupaten pur-balingga, mendapat sorotan dari Komisi II DPRDPurbalingga. Hal itu, diungkapkan langsung olehKetua Komisi II Aris Widiarso di kompieks pendapaDipokusumo, kemarin (5/ 1). r ke hal. 10

BACL{N FFi}4,\S SETDA }IABUPATEN IiURBALII'JGGA

Page 13: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

Target PAD lt[aik jadi Rp 2 MiliarI llewan

Sambungan dari halaman 7

Dia menyebutkan proseslelang tersebut sangat pen-ting bagi APBD KabupatenPurbalingga rahun ini.

Sebab, target pendapatandari pengeiolaan jasa per-parkiran di tepi jalan umum,yang sebelumnya ditargetkanRp 400 juta - Rp 600 juta,dirubah menjadi Rp 2 miliar.

"Jika target itu tercapai,maka dana yang didapatakan semakin banyak, untukmelaksanakan pembangu-nan di tahun ini. Jadi harusdip erhatikan dengan betul,"kata politisi dari PKS ini.

Dia juga mempertanyakankelanjutan proses lelangtersebut, Sebab, berdasar-kan informasi yang masukkepadanya, Ielang yang di-tangani oleh Dinas Perhu-bungan, Komunikasi danInforrnatika (Dinhubkom-info) Kabupaten Purba-lingga tcrsebut, sepi pemi-nat. Sehingga harus diper-panjang masa pendaftaranielangnya.Kepaia Dinhubkominfo

Kabupaten Purbalingga DrsYonathan Eko Nugorohomengakui, pendaftaran Ie-lang ngeloiaan jasa perpar-kiran di tepi jalan umum,

sepi peminat. Bahkan, diamenyebutkan hingga ditu-tup akhir Desemberialu, ke-mudian dibuka lagi mulaikemarin hingga 12 lanuari,masih belum ada satu punrekanan yang mendaftar.

"Baru ada yang menanya-kan lewat telepon. Apakahnilainya bisa dikurangi.bahkan ada yang sudahmengatakan kalau nilainyaRp 1,2 miiiaS rekanan ter-sebut bisa ikut serta dalamIelang. Namun, saya akuihingga saat ini belum adayang memasukkan," ung-kapnya.

Dia mengaku, akan mela-kukan beberapa penyesuai-an agar ielang tersebut, bisalaku. Diantaranya adalahdengan merubah targetminimal lelang. "Kami akanmenyesuaikan, minimalmendekati angka yang dite-tapkan tersebuti' katanya.

Seperti diberitakan sebe-lumnya, hingga pendafta-ran ielang ditutup, belumada satu pun rekanan ataupenyedia jasa perparkiranyang mengajukan proposalpendaftaran. Sebelumnya,Dinhubkominfo r membukapendaftaran lelang pengelo-Iaan jasa perparkiran di tepija-lan umum Kabupaten Pur-balingga pada 22-27 De-sember 2014. Namun hing-

ga batas waktu pendaftaran,tidak ada satu pun pihakyang mengajukan pendafta-ran.

Pada pembukaan pendaf-taran peserta lelang selamasatu minggu, tidak ada satupun penyedia jasa perparki-ran yang masuk. Dengandemikian, pihaknya mem-perpanjang pengumumanpendaftaran pelelangan ta-hap kedua mulai 5 lanuarihirigga 12 Ianuari 2015.

Persyaratan peserta masihsama dengan sebelumnya,yalcri mengantongi surat izinusaha, mengikuti proses pe-lelangan dan memasukkandokumen penawaran, tidakdalam pengawasan pengadi-lan, tidak bangkrut, kegiatanusahanya tidak sedang di-hentikan dan atau tidak se-dang menjalani sanksi pidanaberupa surat pernyataan daripenyedia barang dan jasayang bersangkutan.Di samping itu, sanggup

menaati ketentuan dalamsurat perjanjian pengelolaanparkir di tepi jalan umumberupa surat pernyataanbermaterai. Pengelolaanparkir akan diserahkan kepihak ketiga karena penda-patan parkirke kas pemerin-tah sangat jauh api daripangang dibandin g porensiyang tersedia. (tyaltas)

Page 14: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLMINGMEDIA

Radar BanYumas o Rabu Legi 7 Januari 2015

Puluhan KiosPasar SemagasMangkrak

PURBALINGGA - Puluhankios di Pasar Segamas Purba-lingga hingga kini tidak di-pergunakan oleh pedagangalias mangkrak. Hal itu dire-ngarai karena sepinya kon-sumen yang datang ke pasarkebanggan Purbalingga itupada awal relokasi.

Kepala UPT Pasar SegamasSunarto SH mengatakan, adasekitar 20 kios yang tidakdigunakan oleh pemilihknya."Tahun ini, kami akan me-nyurati pemilik kios untukmengoperasionalkan kemba-li. Karena kondisi pasar sudahjauh lebih ramaii' jeiasnya.

Menurut Sunarto, banyak-nya kios yang rnangkrak ter-sebut, takterlepas dari sepinyaPasar Segamas saat resmidioperasionalkan, 2009 lalu.'Awalnya memang belumbanyak pembeli yang datang.Namun, kondisi saat inisudah jauh berbeda, pasarsudah sangat ramai pembelii'katanya. r ke hal. 10

belum melunasi.'Ada lebihdari sepuluh pemilik kiosyang belum melunasi sewakiosi'katanya.

Tahun lalu, pengelola ber-hasil menagih kekuranganpembayaran sewa kios daripemiiik sebanyak Rp 30,9juta. "Iika kekurangan biaYasewa bisa ditagih, maka akanmenambah PAD Pasar Se-gamasi' tambahnya.

Pengelola pasar juga be-rencana melakukan penye-suain tarif retribusi PelaYa-nan pasar kepada pemilikkios, sesuai dengan Perdanomor 16 Tahun 2010, ten-tang retribusi pasar Segamas,

"Tahun lalu, tarif retribu-sinya belum sesuai perda.tahun ini, akan kami se-suaikan dengan tarif yangada di perdai' ujarnya.

Sunarto juga menjelaskan,tahun ini, ada peningkatantarget pendapatan Yang di-bebankan kepada pengelolapasar. Tahunlalu, target PADdari retribusi peiayananpasar Rp 1,3 miliar, akantetapi tahun ini, meningkatmenjadi Rp 1,5 miliar.

Target retribusi Parkir ta-hun lalu dibebankan Rp 700juta, sedangkan tahun inimeningkat menja{i RP Imiiiar. Sedangkan retribusiMCK targetnya hanYa RP 90juta, tahun ini menjadi RP

140 juta.(tya/bdg)

\_<- -/--''--.--"----

IzinTerancam Dicabutr Puluhan

Sambungan dari halaman 7

Dia mengakatakan, kiospasar yang mangkrak ter-sebar di seluruhblokdi PasarSegamas. "Untuk jumlahpastinya kami masih mela-kukan pendataan. Setelahitu, kami akan mengidmkansurat kepada pemilik," ujar-nya.

Dia menjelaskan, jika me-rujuk pada perjanjian pemi-lik kios dengan pengelola,sebenarnya jika dalam wakusatu bulan tidakdibuka, makaijin pengelolaan kios bakaldicabut. "Kami memilihtindakan preventif denganmengirimkan surat kepadapemilik kios, untuk meng-akifkan lagi kiosnya, tahuninii'lanjutnya"

Dia menambahkan, peng-aktifan kios dilakukan dalamrangka memenuhi targetpendapatan asli daerah (P-

AD), yang dibebankan kepa-da pengelola pasar oleh Pe-merintah Kabupaten (Pem-kab) Purbalingga. Sebab, jikapuluhan kios tersebut diak-tifkan, maka dapat menam-bah retribusi yang didapatpengelola pasar.

Tak hanya itu, pengelolapasar juga akan menagihkekurangan biaya sewa kioskepada pemili( yang masih

BACLqN }{T]},IAS SETDA KABUPATEN PURBALN.]GGA

Page 15: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

<-c:L;(g

5C<€i

c=<(,

E

5J

r=T

6

=;-

IJ

G

ftT

5E,}

(q

E

ru

o

oEG'

e,6 a(!:otrft,(Eo.(')(,E(,)o*.9u.L fi

TL

P'A

<.(ENe_v r-v

_O(s"2E>C=i

;;i;^4s t . .'%@

--

*".,-"-,:*--.t.:.t,.,",,,..,t,ri--,-.,-":::ti:::.,4... -", l,:. ..t,\-.-. .,:.,":f..-;;... --.

RAGIAN HiJMAS SETDA PL]RBAIINGCA

Page 16: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAffIN HTIMA$ $HI}A PIJIBAItrffOA

Radar Banyrmas o Rabu LegiT Januari2015

Rencanakan PolaBapak Asuh

TINGGI NYA dana untu,k membinaolahraga di Kabupaten Purbalingga,membuat I(etua Umum KONI Purb-alingga terpilih, M Iqsan laeatif. Pe-ngusaha jasa kontr"rksi ini berencanaakan rnencari bapak asuh dari pe-ngusaha di I(abupaten Purbalingga,untukikut m embina cabang olahragadi l(abupaten Purbalingga.

r ke hal.10

Butuh SentuhanPemkabI fiencanaftan

Sambungan dari halaman 7

ielasnya ditemui di kantor-nya, kemarin (o/t).bia mengatakan, beberaPa

cabang olahragaYang sudahmenjalankan Pola baPakasuh, harus diteruskan. "Ba-

nyak pengusaha Yang sudah

aktif menjadi baPak asuhsejak lama. Ini harus diPer-

tahankan. Selain itu, baPakasuh yang baru juga Perludiadakan untuk ikut mem-bina cabang olahraga lain-nyai'Ianjutnya.

Iqsan mengungkaPkan, un-tuk merealisasikan hal itu,KONI membutuhkan campurtangan dari Pemerintah Ka-

bupaten (Pemkab) Purba-lingga, dalam hal ini buPati."selain itu perhatian Peme-rintah terhadap olahraga juga

harus semakin besar. Ter-utama dalam hal Pendanaan,sebab anggaran untuk olah-raga di daerah lain sudah jauh

di atas KabuPaten Purba-linggai' ujarnya. (*.lnag;

"Untuk membina olahragaagar berPrestasi memangmembutuhkan banYak biaYa.

Istilahnya jer basuki mawabeya. Iadi mautidakmau kitahams lqeatil untuk metrcaridana untukpembinaan olah-raga di Purbalingga. Salahsatunya adalah dengan meng-gunakan pola baPak asuhi'

BAGI,AN ILIMAS SllTDh I(ABUPATEN PURBALI}iGGA

Page 17: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLITING MEDIA

BAGIA}{ IIIjII{A$ $MA ru[BAItrOffA

Radar Banyumas o Rabu Legi 7 Januari 2015

- -runnnuilGcfl EI(SPRES -Pemkab Pastikan Tak Ada

Galian C BerizinPURBALINGGA- Pemkab Purbalingga memastikan

tidak ada galian C yang berizin' Pasalnya, sejak

diterapkan"Undang Undang Minerba, belum ada

satupun pengelola galian C yang me-ngurus atau

rrrempe.birui izin penambangan. Pemkab Purbalingga

melalui Kantor Penanaman Modal dan PerizinanTerpaclu (KPMPT) juga menyatakan tidak ada gaiian C

cli Purbaiingga Yang beroPerasi.Kepala rprrtpt Purbalingga, Mukodam mengatakan'

,"1u[ umti. tahun 2013 latu ai Purbalingga sudah tidak

ada usahu penambangan galian C yang beroperasi' Saat

itu pernkab sudah mengeluarkan perda dan perbup soal

penambangan, namun saat diaplikasikal, munculundang ,.t"duttg terbaru tentang minerba' UU itu*".tyuiutun lika"seluruh usaha penambangal mineral

batuln dan ianah dipusatkan di provinsi' Gubernur

yang akan memfasililasi melalui dinas atau instansi

terkait di provinsi."Jadi semua perizinan penambangan ditarik ke

provinsi. Karenanya, sampii saat ini sudah tidak ada

yang memiliki izin. Kami juga.belum melihat ada yang

lrenqurus atau memperbaharui perizinan' Kami

bersama jajaran terkait juga sudah melakukan pe-

nertibani' tegasnya, kemarin (6/1)'iu ,"*yunn[an llka saat ini di Purbalingga sudah tidak

acla yang beroperasi. Karena selain izin sudah habis'pemtab*akan melakukan penerliban jika ada penam-

bangan galian C ya.tg t"tap beroperasi' (amr/bdg)

PERTAMBANGAN RAKYAT: Di

tersisa penambangan rakyat.Purbalingga kini hanYa

BAGIAN l{U}vlAS SETDA KI\BUPATEN PURBAI-}iGGA

Page 18: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAO1AI{ HIIh{A$ SIDA }UIBAItrIfiA

Radar Baflyumas o Rabu t-egi z Lanuari zots

Relokasi Duluh CikalTerhatung-katung

TungguRekomendasiBadan Geologi

KARANGIAMBU-Renca-na relokasi Dukuh Cikal,Desa Jingkang KecamatanKarangjambu belum dapatdirealisasikan dalam waktudekat ini. Pasalnya, BadanPenanggulangan BencanaDaerah (BPBD) Purbaling-ga masih harus menunggurekomendasi dari BadanGeologi Bandung terkaittempat relokasi yang layakuntukmasyarakat.

Kepala Pelaksana BPBDPurbalingga Priyo SatmokoSH MH menjelaskan, ada duatempat relokasi yang cliusul-kan oleh pihak BPBD Purba-lingga yakni kompiek BaiaiDesa fingkang dan Dusunflewus, fingkang. "Dari duatempat tersebut nantinyaakan dicek dan diteliti olehtenaga ahli geologi dari Ban-dungi'jelasnya.

Lebih lanjur Priyo menje-laskan, proses relokasi me-mang membutuhkan waktuyang tidak singkat. Pasalnya,harus melibatkan instansi lainyang terkait, seperti tenaga ahliGeologi dari Bandung.

Ia menambahkan, setelahdilakukan pengecekan danpeneiitian dari dua tempatyang diajukan nantinyaakan dipilih satu tempat

yang aman. "|angan sarnpainantinya tempat relokasitidak aman. Iadi perlu kajianlebih lanjuti' imbuhnya.Ia menjelaskan, proses

relokasi Dukuh Cikal, Desa|ingkang saat ini sedangdalam proses pengajuan keSekda dan nantiya akanakan diteruskan ke BadanGeologi, guna meminta pe-ninjauan dari tenaga ahli.

Priyo menceritakan, saatini ada 36 Kepala Keluargayang menempati DukuhCikal. 'Awalnya ada 40 KKnamun, 4 KK sudah pindahke tempatyang lebih amani'jelasnya.

Anggaran relokasi DukuhCikal sendiri sudah diang-garkan dari APBD Purba-lingga. Sehingga, saat initinggal menunggu waktudan alokasi anggaran gunarelokasi 36 KK di DusunCikal , Desa )ingkang.

Selain bahaya longsor yangmengancam Dusun Cikal,pPBD juga menyinggungbahaya tanah bergerak diDesa Sirau, Kecamatan Ka-rangmoncol. Ia menjelaskan,kondisi tanah bergerak diDesa Sirau masih dalamkajian. Namun Priyo men-jelaskan, saat ini yang men-desak adalah Dusun Cikal.

"|arak dengan bukit yangrawan logsor hanya 50 me-ter, jadi harus direlokasi se-cepatnya," jelasnya. ([ok/bdg)

il-

BAGIAN I{UM,,\S S]]TDA KA,BUPATE,}{ PURBALI},iGGA

Page 19: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

PUTUT/RADARiIAS

TUNGGU KEFASTIAN : l,Varga dl Dusun Clkal menunggu kepastlan relokasl.

Anda memiliki unek-unek tentang' berbaqai hal demi Perbaikan dan

kemajrlan Purbalingga yang -penting

tidak'menyinggung sara dan fitnah.Caranya (etikPaG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081 -327'333'778

ll

t!

il

It

il

lt

iliiil

il

!I

ltIiiil!!

ll

Parkir MahalParkir dialun-alun Purbalingga sangat-luar biasamahalnva biasa 1000 untuk motor 2000 untk mblliiiiaJiniitim tnun bru ada yg 2rbu sampai 3rbu untkmtor 5 rbu untuk mbil, dri pendapatan segitu bnyaK'

katnva untk stor ke APBD ktnya nda memenuhl tar-oat i thunnva,. itu semua pda kemana duitnya, udanEarkir mahhl nda diberi karcis' lgi, tolong instansiterkait ditinjau ulang pada tkng parkirnya' trlms,(Kaslam pangadegan).

odszzl$laqs

Page 20: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIAil IIt][tA$ $gIDA PtiNBAIffGOA

Radar Banyumas o Rabu LegiT Januari2lll

_ PURBfl.tltGG[ It($PRt$ _

sTATUS WASpADA: Warga Serang or'J',1'Ji:'#fflega setelah aktivitas Gunung Slamet turun.

Aktivitas Slamet Turun,Warga Serang Lega

KARANGREIA-setelah dinyatakan turun sta.tusdari Siaga ke Waspada, aktivitas Gunung Slametten-lsmenumn. Tercatat, selama l2 jam sejak ciitetapkanstatusnya menjadi waspada, Gunung Slamet hanyamengalami 48 kali gempa.Halini membuatu,arga dikakiGunungSlametitumerasalega. r ke nai. tO

I(ekuatan Gempa MenufunI AIftiUiTA$

" Sambungan dari halaman 7

Sqoto SH MH menjelaskan,oeroasarkan informasi yangcureruna dari pos Gambuhanterkajt altivitas Gunung Slamet,tercatat aldvitas Gunung Slametdan- lienin-Seiasa (5_6/l) pukul

1,8.00-. 06.00 WIB, GunungSlamethanya mengalami 43 kafrgempahembusan.

"Selang 12 jam, aktivitasterus menunjukkan penu_runan, semoga saia Iekasnormal," tuturnva.

Priyo menjelaskan, kekua_tan kegempaan dan lamagempa juga menurun. Daricatatan aktivitas.

, " Saat c.uaca cukup terang

dan angin tenang, puncrftyny.rg Slamet nampak99r!a.l-anS. tabut,,, j eiasnya. _

(Iok/bdg)

i(epaq Desa Serang, Sugitonlencelltakan ia mengetahuipenurunan akdvitas GtinunsSJamet itu pada Selasa (6/ t) difiKoran l{adamas.

Selain jtu, penurunan aki_vitas Gunung Slamet jugamelegakan masyarakat di Gu-nung Malang Desa Serang.

, Adanya kabar ini juga di_narapkan pertanda baik agarstatus Gunung SIamet cepatkembali normal. ,,Kalau

su_dah normal, nrasyarakat.Ju.ga tidak khawarir,,, jelasnya.

Kepala Pelaksana Bada pe_n anggulangan Bencana Daerah(BPBD) Purbalingga priyo

BI\CL"\I{ Hli}vlAS S]ITDA KABLTP{IEN PURBALII'{GC;\

Page 21: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPING MEDIA

BAOIA}I III]MA$ $[1}A IURBAIfi.IffffA

Radaf BarryUmaS o Rabu Legi 7 Januari 2015

Tahanan Judi di

Polres TewasDiduga I(ena Serangan ]antung

PURBALINGGA-Tahanan judi Polres Pur-balinggayangbaruditahan berapa minggu di ruangtahanin Polres Purbalingga, Kamin Sugiamo (58)

warga Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsarimeninggal di rumah sakit, Senin (5/1) malam.Tahanan tersebut diduga terkena serangan jantung.

I(epala Polres Purbalingga, Ajun Komisaris Besar

Anom Setyadji, Selasa (6/ 1) menjelaskan, sebelumkejadian, pagi hari korban diperiksa kesehatanoleh tim kesehatan dan menunjukkan tekanandarah cukup tinggi. Pada siangnya korbandijenguk oleh keluarganya dan masih sehat.

Pada sore hari pukul 18.30 para tahananberteriak karena korban mengalami kejang dankeluar busa dari mulut. Dalam keadaan pingsan,korban dibawa ke RS Harapan Ibu oleh petugasjaga tahanan dan piket untuk mendapatkan TEWAS: Tahanan judi d;

dilaporkan tewas karenaPolres Furbalingga

sierangan jantung.pertolongan. I ke hal. 10

Meninggal di Rumah Sakitr Tahanan

Sambungan dari halaman 7

dan dimakamkan pada ke-esokanharinya. "Sebenamyakorban hendak kami titipkanke Rutan, tapi kami tundakarena harus dilakukan pe-meriksaan tambahan. Sete-lah ini, kasus yang menjeratkorban di-SP3-kan (SuratPerintah Penghentian Pe-nyidikan- Red)i' j elasnya.

Sebelumnya, korban di-tangkap oleh Satuan Resersedan Kriminal (Satreskrim)Polres Purbalingga karenamelakukan tindak pidanaperjudian jenis ceki koah dirumahnya pada 23 Desem-ber lalu. Ia ditangkap bersamaIima orang lainnya, YanuarIksan S, Siru Wibowo,

Budiyanto, Sunar dan SIa-met Subandi. (lot/tag;

Pihakprolisi juga memanggilkeluarga memberi tahu kea-daan korban "Korban laluditangani oieh dokter, na-mun kondisi korban terusmelernah. Pada pukul 20.30korban meninggal di rumahsakit," terangnya.

Lalu sesuai dengan prose-d ural doictcr melalekan visumpada tubuh korban. Dari hasilvisum, diketahui korban me-ngalami serangan jantung.f)ari keterangan keluarga,korban juga pernah memilikiriwayat p enyikit j antung.

Pada uralam itujuga, korbandiserahkan ke pihak keluarga

BAGIAN HUM;\S SJ]TDA KABUP"ATEN PURBAL]NGG;\

Page 22: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLMING MEDIA

Radar Banyumas o Rabu LegiT Januari2015

Iangan Abaikan Luka KecilPURBALINGGA-Sampai saat ini, tetanus masih

merupakan masalah kesehatan masyarakat yang cukupsignifikan di negara ber-kembang termasuk di In-donesia. Hal ini dapatterjadi karena rendahnyapengetahuan masyarakattentang perawatan luka,akses imunisasi yang ma-sih belum maksimal, danpengobatan tetanus mod-ern yang membutuhkanfasilitas intensive careunit (lCU) serta penull-iang lainnya. Apalagi jikaterjadi di daerah dengan

akses yang jauh dari center pelayanan kesehatan.Perawatan luka yang baik adalah hal kecil yang sangatbermanfaat dapat dilakukan oleh masyarakai untukmencegah munculnya bakteri penyebab tetanus.

Dolcer umum RSU Harapan Ibu Purbalingga, dr EgaDwi Putranto mengatakan, tetanus adalah penyakitinfeksi akut disebabkan oleh eksotoksin (racun) yangdihasilkan oleh bakteri Clostridium tetani. nakteil initerdapat dimana-mana, mampu bertahan di berbagailingkungan ekstrim dalam periode lama karena sporanyayang sangat kuat. " C.tetani biasanya ada pada tanah,debu jalan, kotoran manusia dan binatang. Bakteritersebut biasanya rnemasuki tubuh melalui luka padakulit, Iuka tusukkecil, ulkus (luka dalam), gangren (lukayang membusuk), luka bakar, infeksi gigi, tindik telinga,ujung potongan tali pusar pada bayi, luka pascapembedahan, persalinan, aborsi, bahkan tuka kecillainnya," tutur dr Ega.

Dia menambahkan, gejala yang dapat ditimbulkanakibat tetanus berkisar antara 3 - 2l hari (rata-rata 7hari) pasca masuknya bakteri. |adi walaupun terkenaluka sekarang, jika tidak dirawat dengan baikdapat terjaditetanus seminggu kemudian. Gejala tersebut antara lainkaku otot, ototterasa kencang, timbul gerakan-gerakan_vang tidak teratuq, kaku leheq, kaku dan nyeri punggung,kaku otot-otot wajah, kesulitan menelan, iakiiieng-gorokan dan lain sebagainya, "Kekakuan tersebut dapitmuncul hanya karena rangsang cahaya, suara, sentuhan,maupun emosional. Oleh karena itu penderita tetanusharus dirawat di kamarisolasi. Iika tidakditangani secaraa{qkga1 dapat menimbulkan kematian, " tambahnya.

OIeh karena mudahnya seseorang terkena tetanus,diharapkan masyarakat mirlai tanggap dan tidakme.nganggap remeh salah satunya terhadap lukawalaupun itu kecil dan sifatnya ringan. pembersihanluka yang benar dan perawatan luka sampai tuntas sam-pai dengan menutupnya kembali kulit baru diharapkanmampu mengurangi angka kejadian tetanus, "Iika sese-orang terkena luka oleh benda kotor atau berkarat lebihbaik dibawa ke Puskesmas atau IGD terdekat untukmendapatkan perawatan luka yang benar dan konsultasiserta mendapatkan terapi antibiotikyang benar. Bahkanjika diperlukan dapat diberikan terapi ATS (anti teta-nus),'tandas dr Ega. (*/fag;

BAGIAN IltlNiL\S SIITDA K-ABUPATEN PURBALII'JGG.II

Page 23: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLMINGMEDIA

ffiBanyHmetRabu,7 lanuari 2015

BahyakProyek

Gagal Lelang

"Ada juga yang tidak ada penawarnya

sama sekali," kata Asisten Ekbang dan

Kesra Sekda Susilo Utomo.

Dia menjelaskan, 18 proyek itu terdiri

atas 6 kegiatan APBD murni dan 12

kegiatan perubahan APBD 2014. ]umlah

proyek gagal lelang tahun 2013 lebih

banyak, yakni 2i kegiatan.

Sementara ProYek Yang tidak jadi

dilelang sebanyak 7 kegiatan, Rinciannya,

3 kegiatan Yang dokumen lelangnYa

dikembalikan ke SKPD. Kegiatan ini

bersumber dari Dana Alokasi Khusus

(DAK).

PURBALINGGA' Selamatahun anggaran 2014,masih banYak ProYek-

proyek Pemerintah Yangmengalami gagal lelang.

Tercatat ada 18 ProYekyang gagal lelang.

ASUS gagal lelang itu rata-

rata lantaran rekanan Yang

memasukkan Penawaran lelang

tidak memenuhi PersYaratan.

remudun 2 liegiatan yang ilOar jaOi

dilelang adalah rencana pengadaan

mobil Puskesmas Karangmoncol dan

Kutawis. Karena juklak dan juknisdari Kementerian Kesehatan tidakmemperbolehkan pengadaan mobil.

"Lalu 2 kegiatan yang tidak jadidilelang dan dokumennya diambilkembali oleh SKPD SMK 3 dan Dinkeskarena pengadaannya melalui giengadaan

langsung," tuturnya.Sementara yang mengalami putus

kontrak ada 2 kegiatan, yakni rehabilitasibangunan dan saluran irigasi Desa

Losari, Kecamatan Rembang, "Kemudianpembangunan Jembatan Sungai Ranu

ruas jalan Sinduraja-Pengadegan.Kegiatan yang putus kontrak tahun 2014

menurun dibandingkan tahun 2013,sebanyak 8 kegiatan," katanya,

Kepala Desa Losari, KecamatanRembang, Harwanto menyayangkanterjadinya putus kontrak pembangunan

saluran irigasi di wilayahnya. Karenasaluran irigasi itu sangat dibutuhkan.

"Masyarakat sangat membutuhkan

\r

BAGIAN I{UMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 24: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

saluran irigasi itu untuk mengairi lahan

sawahnya, khususnya pada saat musim

kemarau. Tidak selesainya pembangunan

irigasi itu jelas merugikan petani," katanya,

Menurut Kades, jika irigasi itu jadi

maka akan mengairi ratusan hektarelahan persawahan di wilayah Desa Losari

dan Desa Bodaskarangjati. "Irigasiyang lama sudah rusak sejak tahun2010. Tahun 2014 saluran irigasi itu

direhabilitasi namun ternyata sampai

akhir tahun tidak jadi," katanYa,

Kades berharap, rehabilitasi irigasi

itu segera diselesaikan karen'a saluran

itu sangat dibutuhkan petani. "Kamiberharap tahun 2015 ini pekerjaan irigasi

selesai," ujarnya.

Diminta EvaluasiSementara terkait dengan banyaknya.

proyek yang gagal lelang, Bupati SukentoRido Maihaendrianto meminta agar

penyebabnya dievaluasi oleh SKPD

terkait. 'Agar tidak terjadi lagi gagal

lelang di tahun ini. Karena itu untukproyek gagal lelang saya minta agarproses lelangnya segera diajukan,"pi nta nya.

Bupati merasa prihatin masih ada 2proyek yang putus kontrak. Dia'berharap,di tahun 2015 ini jangan sampai ada lagi

proyek putus kontrak.Terkait perencanaan proyek, Bupati

meminta tidak terjadi lagi seperti tahun

sebelumnya. Pemkab menganggarkanRp 6 miliar, namun konsultan perencana

menyusun anggaran sampai Rp 9 miliar'

Sekda Imam Subijakto memintapelaksanaan kegiatan di tahun 2015 agar

tidak terjadi lagi sepefti di tahun 2014.

Karna itu pimpinan SKPD dia minta untuk

mengoptimalkan stafnya,"Pimpinan SKPD untuk

mengoptimalkan staf agar semua

menyusun time schedule. Agar kegiatan

fisik dan non fisik tidak menumPuk di

bulan Desember atau akhir tahun,"

katanYa. (SMNetworUfl 0-06)

iEE- Kegiatan Yang

dibiayai APBD1.807 kegiatan

- Anggaran APBD

untuk kegiatanRp 556.249.177.000

- Kegiatan yang

diajukan ke ULP214 kegiatan

- Kdgiatan tidak jadi

lelang7 kegiatan

- Kegiatan gagal

lelang18 kegiatan

- Kegiatan Putus

kontrakkegiatan

&nbr: Ashts, Ekbrrg dan K€ sta Seffi Pufr*Wa

I,----_:=-

BAGIAN HUMAS SETDA PURBAIINGGA

Page 25: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

c(I,(5'-o,lzoo-C(Ello)c5

E(!0)E(E

o)il0)

(u

E^6U)

-v.(g

olza=foo)c(U

-oEotE(5(!E(5

o:<.i(UaoJ(5aoo=-_=0.=(o-.-G,-.oa3<HENJ:o=(.;I(gIJJ (,'i.'.=

RAGIAN HUMAS SETDA PURtsAIINGGA

Page 26: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN HUlt{A$ $MA PUIBAIffiffOA

WBanylJmffiRabu, 7 Januari 2015

BPB D'Tunggu RekomendasiBadan Geologir Relokasi Dukuh Cikat

PURBALINGGA- BAdAN

Penanggulangan Bencana

Dqerah (BPBD) masih

meinunggu rekomendasi dariBadan Geologi KementerianEnergi dan Sumber Daya

Mineral (ESDM) terkait tempatrelokasi warga Dusun Cikal,Desa Jingkang; KecamatanKarangjambu.

Kepala Pelaksana BPBD

Priyo Satmoko, Selasa (6/1)mengatakan, proses relokasimemang membutuhkan waktuyang tidak singkat. Pasalnya,harus melibatkan intansi lainyang terkait, sepefti tenaga ahlideologi dari Badan Geologi.

"Ada dua tempat relokasiyang diusulkan oleh kamiyaitu komplek Balai DesaJingkang dan Dusun Jlewus,Jingkang. Dari dua tempattersebut nantinya akan didicek dan diteliti oleh tenagaahli geologi dari Bandung,"jelasnya,

Menurutnya, proses

relokasi warga Dukuh Cikalsaat ini sedang dalam prosespengajuan ke Sekda dannantinya akan diteruskan keBadan Geologi, guna memintatenaga ahli. Setelah dilakukanpengecekan dan penelitiandari dua tempat yang diajukannantinya akan dipilih satutempat yang aman.

"Jangan sampai nantinyatempat baru relokasi tidakaman, jadi perlu kajian lebihlanjut. Adapun anggaranrelokasi sudah masuk dalamAPBD 2015, sehingga, saat initinggal menunggu waktu danalokasi anggaran tersebut,"kata nya.

Rawan LongsorUntuk diketahui, saat

ini ada 36 kepala keluarga(KK) yang menempati DukuhCikal yang mendesak untukdirelokasi. Lokasi tersebutdinilai sangat rawan longsorkarena jaraknya hanya 50meter dengan bukit.

Sebelumnya, BPBD

Purbalingga bersama"tim dariJurusan Teknik Geologi Fakultas

Sains dan Teknik UniversitasJenderal Soedirman (Unsoed)

Purwokerto telah melakukankajian di lokasi tersebut. Hasil

kajian menyebutkan bahwa

secara geografis, lokasi tersebutmerupakan cekungan yang diapitoleh tebing setinggi sekitar 100

meter dengan kemiringan yang

terjal, lsltNetnvorUhS2{6)

*=*_-_\!_*-:

BAGIAN HUMAS SETDA IL{BUPATEN PURBALINGGA

Page 27: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

y.v.ARGA Dusun Cikal, Desa Jingkang, Kecamatan Karangjambu beraktivitas, beberapa waktu lalu.Warga dusun setempat mendesak uituk diretokasi tarenS'iiwanl;il;;;...

BAGIAN HUMAS STTDA PURBALINCGA

Page 28: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN Ht][{A$ $[T..DA PUIBAIT{OffA

r, rTIBanyHnlntRabu, 7 lanuari 2O15

i#uHFiiHHTUX+$$Aaa.xtffi 1iraili*ia*ai'xi#il*r",.,(BNNK) melakukan tes urihe terhadap 45 ahggota

i,U6 .pf iFeffi$6fiaa:n*ltelinel*rr:{pF$g};,fe$i,u$ e yan sdllaksanakan secara mendadak bertujuan menyukeskanprogram Inooneiii aeoai ua*oua lahun 2015rr

"Keglatan ini merupakan langkah deteksi dinipenyalahgunaan narkotika sekatigus wuJud partisipasi dariinstitusi legislatif," kata Kepala BNNK.AKBP Edy Santosa,:selasa (g/i), i l

Di hari yang sama,.$ebanyak 49 orang dari Kejaksanaan

Neger:i Purbalingga juga rnelaliukan tes urine, "Jangan

:$a6p*[Xthm,r'*ei+xiaa,n'yen$,,n$tamltd.:terrrfisr.r$,ga!am .

.:iffitffii.rctlgg8,k$n:fiittkufil.dfg,${ei1.$eng,a.nrlaue.nyeiCIl(l:!i!l! !i+,lp$ 91.fi**nr.&tffi,,tgnd,bm,x+xt11seanllerga,Euk sitil'satu:lii, ihid; ng,tuIuf,*effi:m[f*git*nga#,pCI turan. . .

" eafiuituj,ii ixea**ieria,rliiipr$K: aia . endtiiuns upayr

idb#imiiiallta$i.dE.H,,dep[nril$ad1,bA$rl,r gun4*aFkotika," :

Kaur Kepegawaian felatsaan Negeri Purbalingga Wari

.RE s,i$.,*?. afi.l-menga.trik*niikgs!qtlh,t,ang.dlg.glafi:inti::.,riii:i..,

r$$ilE.allt kani ffi ra.sue#ada.$6ffi be iifa n u+,i1;4 b.pju m nya,

;ili,#dnrdirin$5illle,. a :dffipg6n:ffia p1lta$$ah:,i::iri,

deteksi dini yahg Oitakukan oteh guurc ini.Dari hasit di DpRb, tei 43:orang negatif narkotika

:

:ffin.iZ:i ii,iii jrnt k$nii.'p.,bsifitiBz(iitBerirz6.$tid.epB*};,i,;!;;i,i.i

: lEla$idil{6ffiimeqlqu#$,Fj* efl,irlKi n b,$ed.a,p(i1utgn. ...,

iii! n,p,eiigObatl E idhlg,[; r$ffi n$i{agrng,g'11. 1u*,u rjn 6..d1

:K$affi fi aan,ilegai,l,pi0ib,a.lifi ,hasl a:neEatif.ir too)

BAGIAN HI]MAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 29: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

DTflIN IIIUI( $.TIIT DIIDUIIINNNTunulrut uuffitu t tllull I unulUilltuufl

7 Januari 2014

, -na.mnarn Elan!t! llrlrtal:uilGjij ijG,iUU lrEtI rf r*I I llit.t

!(ORIHE INYOilG

KPU: Penjaringan CabupMasih Internal ParpolPURBALINGGA. Ketua

Komisi Pemilihan Umum(KPU) Sri Wahyunimengatakan, penjaringan

calon bupati (cabup) dan

calon wakil bupati (cawabup)

di sejumlah padai, menjadikewenangan internal partai."ltu internal parpol, jadi

dipersilakan," katanya di

ruang kerjanya, Selasa (6/1).Menuruthya, pihaknya

masih menunggu keputusandari pusat perihal jadwalpelaksanaan pilukada. JikaJanuari ini Peraturan KPU

tentang pilukada tersebutterbit, maka tahapanpendaftaran cabup/cawabupakan dibuka Fe..bruari.

Pada saat yang

bersamaan, kata dia, KPUjuga sudah melakukantahapan sosialisasi hinggaDesember mendatang.Sebab, jika tidak adahalangan,.sesuai rancangantahapan Pilkada yang sudahdigusun, pemungutan

T/T MTTTN T |T]T\T AItLITIflt-I fl!trUlfl

suara Pilkada Purbalingqaakan dilaksanakan pada 16

Desember mendatang.Seperti diketahui, saat ini

DPC PDIP mulai melakukanpenjaringan cabup dancawabup selama duaminggu sejak Senin (5/1)hingga Selasa (20/1).

Sementara itu daripartai-partai lain belum

'ada kabar kapan akanmelakukan pendaftarancabup/cawabup. KetuaDPC Paftai Gerindra ImamPoerseto sebelumnyamengatakan, pihaknya

sudah ancang-ancanguntuk menghadapi Pilkada.Sejurnlah nama dikabarkansudah melakukanpendekatan kepadanya.

Ketua DPD Partai GolkarSudono sebelumnya juga-

mengatakan bahwa sudahada beberapa nama yang

melakukan pendekatan

ke partai beringin itu.(SMNetwork/h82-06)

BAGIAN HIJMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 30: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

[Lr..''.-Fl-.^i i; :- ii i"l l:=- ii ii itlttrrtttt tttntrlttLru\_alLl l_r\jaluLt

r,'T T!!n-Tn l_ tEt\T rN-LITUITJ IV.ItrUJfL

EIlJ

DTflTN IIINIT( $.MT DIIIIDIII}JNNTUfiUlrul Uultlllr, UUIUII I Ul\t il&tlluufl

Rabu,7 Jbnuari 2015

rtl Yll tMYt tl rFsi i, i..i i i€-EKORAHE IUYOiIG

Bangunan PerkantoranWajib DilengkaPi AmdalpUnBliiuCel. Rating lambat at<hir 2015, seluruh S6tuan

;i;;;=ffi o-*.-r., oi- En i s ripp j *rji o m envusu n oo t u m e n

lnatisis Mengenai Dampak Lingkungan (fundal). Dokumen

ini berupa dokumen lingkungan hidup dan izin lingkungan

untut Uangunin gedung dan kegiatan perkantoran. ;ttil'tersebut tertuang dilam Surat Edaran Bupati

purriii"ge, rlomor oo0lii65 57 bulan :Desem

ber zo t+purin"r p.li.rrian petat<iinaan Surii Edaran Menieri

:

lingliurgan,t'tidup Nomor: B'4134lMenLl-.I I KP 2fr13,', ilanurui:eup.ti, trjuun aun sasiran Amdil iaalan

untut<, menjimin suatu usarla atau kegiatan pembangunan

aipatuenatansecar:a,berkesinambu,ngantanpamirusat< lingiungan hidup, Dengan melalui sttldi Amdal

,Jihffika;;;ir'i o.n itiu r.giutu; pembansunin dapai

mgmanfaatkan Oan mengetota sumUer daya alam secara

Senada dengan Bupati, Kepala Bagian Humas Rusmo

Purnomo memnenarkan adanya surai edaran bupati perihal

p"nyrrrnun dokumen Rmdal bagi teluruh SKFD. oengan

idanyaEmdaldiharapkindapatmeminimalisasidampaknegatif dan memaksimalkan dampak positif terhadap

jenis Uotumen lingkungan yang wajib disusun dari isi

suratedaran,menurutRusmo,men9acupadakiaturanMenteri Negira Ungkungan Hidup Nomor 5 Tahun 20f2tentang Jenis Rencana Usaha dan/atau Kegiatan yang Wajib

Dilengkipi Amdal. u Penyusu nan dokurnen da n' penerbitan

izin lingkungan selambat-lambatnya 2Z Desember 2015,"

BAGTAN HTIMAS SETDA KABUPATEN PURBAIINGGA

Page 31: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN Htl[{A$ $TIDA IURBAIffOOA

ffituBanyumasRabu,7 Januari 2O15

Serangan Jantuhg,

Tahanan Judi MeninggalPURBALINGGA- Kamin Sugiarno (58),

seorang tahanan Polres Purbalingga,

warga Desa Bumisari, Kecamatan

Bojongsari meninggal di rumah sakit,

Senin (5/1) malam. Diduga, tersangka

kasus judi ini terkena serangan jantung.

Pada pagi dan siang hari sebelum

meninggal, korban masih dinyatakan

sehat. Namun pada sore hari, korban

terlihat kejang dan mengeluarkan busa

dari mulut.Kapolres Purbalingga AKBP Anom

Setyadi mengatakan, sebelum kejadian,pagi hari korban diperiksa kesehatan

oleh tim kesehatan dan menunjukkan

tekanan darah cukuP tinggi. Pada

siangnya korban dijenguk oleh

keluarganya dan masih sehat, Pada

sore hari pukul 18.30, Para tahanan

berteriak karena korban mengalaml

kejang dan keluar busa dari Pulut.Dalam keadaan pingsan, korban

dibawa ke RS Harapan Ibu oleh petugas

jaga tahanan dan piket untuk diberipertolongan. Pihaknya juga memanggil

keluarga memberi tahu keadaan

korban. "Korban lalu ditangani oleh

dokteq namun kondisi korban terus

melemah, Pada Pukul 20.30, korban

meninggal di rumah sakit," katanYa.

Jalani VisumKorban kemudian menjalani

visum. Dari hasil visum, diketahui

korban mengalami serangan jantung.

Dari keterangan keluarga, korbanjuga pernah memiliki riwayatpenyakit jantung. Pada malam itujuga, korban diserahkan ke Pihakkeluarga dan dimakamkan Pada

Selasa (6/1),SebelumnYa, korban ditangkaP

oleh Satuan Reserse dan Kriminal

(Satreskrim) Polres Purbalingga karena

melakukan tindak pidana perjudianjenis ceki koah di rumahnYa Pada 23

Desember lalu. Dia ditangkap bersama

lima orang lainnya, Yanuar iksan S, Situ

.Wibgwo, BudiYanto, Sunar, dan Slamet

Subandi, 6t-oo1

PETUGAS sedang berjaga di ruang tahanan Polres Purbalingga, selasa (6/1 ).

Salah satu tahana-n Poirds Purbalirigga meninggal karena serangan jantung, Senin(5/1) malam.

BAGIAN HTNdAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 32: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPINGMEDIABAGIAil HTIil{A$ $[IDA [I[BAIffffiA

hamam BanyumasRabu, 7 Januari 2015

KORANE INYONG

PURBALINGGA - Kantor Pos Purbalingga akan

mengembangkan agen pos, baik agen pengiriman surat dan

paket maupun agen pospay di tahun 2015 ini'

"Peluang untik menjadi agen pospay ini masih terbuka'

Meski jumlih agen pospay ini jauh lebih banyak da.ripada

agen surat dan paket," kata Kepala Kantor Pos Purbalingga,

Nono Triyono.Saat ini jumlah agen pospay di Purbalingga sekitar 50

agen. Sedangkan agen surat dan paket hanya 2 agen, itu

sija sudan tidak aktif. Nono menuturkan, dengan menjadi

ugtn potp.y maka masyarakat di sekitarnya akan terbantu

t6titi mim-Outuhkan transaksi di luar jam kantor' Misalnya

di tengah malam.'Aden pospay itu melayani transaksi angsuran kendaraan

bermotor, token listrik, rekening telepon, PDAM, TV

berlangganan. Bisa melayani masyarakat 24 jam," katanya'

Untuk menjadi agen ini hanya membutuhkan

seperangkat kbmputer, printer dan modem untuk keperluan

transaksi online, Selain itu juga deposit uang di kantor pos'

Jam maksimal penerimaan surat dan paket itu sama

dengan di kantor pos, yakni 16.00. Karena sisa waktu 1 jam

dipeigunakan untuk proses pengumpulan di kantor.pos'

"*aml berharap di tahun 2015 ini akan lebih banyak lagi

masyarakat yang menjadi agen surat dan paket maupun

agen pospay," kata Nono' (sMNetwork/Fl0/08)

ffimKmffiffiPeluang Agen PosPaY

Masih Terbuka

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 33: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPING MEDIA

BAOIN HUMA$ $$I}A PUIBAIfi{OOA

SATELITPi:iS'T

RABU LEGI,i IANUARI 2OI5

Kasus TKAmhruk

Masih Molorffi ffimrrepfrr ffim€mhffiffi ffimHBmffi

tuXmm*$re ffimrcgqmffiffi#$kmm

<P

PURBALINGGA' SATELII- ?? Bila Sampai akhir tahun ini,H[,[:'n3]HXHil1X 'belum jusa sampai ke persidansan,ngahan Februari tahun lalu ini Semakin membUktikansampai saat ini masih belumlelai. Pihak Polres P.urba- ketidakpergayaan pUblik pada Setiaplingga mengaku masih me-nyeridikikasusini. kasus korupsi yg di tangani Oleh

Kasatreskrim AKp Diu- pOliSi.??naidi mengatakan, saksi ahli Yv'tvt' 7 7

yang akan mempelajari kons-truksi bangunan TK baru tiba

^i.ssok8tigabulanini.Ha- AKP DJUNAIDIsir Kaiian tersebut uo*,,]?;_ Kasatreskrim purbalinggalengkapi berkas pengl "vs'r'"" ' v'vs'nean kerusian nesara olehBldan Pem"eriksa fteuangan (provinsi, red)," uiar clia. naidi menegaskan, kasus ini(BPK). Desakkan untJk menun- akan diusut hingga tuntas'

"filian akan menunjuk- taskan kasus ini sudah lama Namun, butuh waktu untukkan a'pakah bangunan di- mengalir dari elemen 62s- melengkapibuktiagarkasusbaSgun sesuai _de-ngal spe- yarafat. Satu di antaranya ini bisa dituntaskan. Di an-sifik-asi atau tidak. Ini yang indaru Setyo Nurprojo, pim- taranya ahli teknik sipil darikemudian kita lamPiikaI pinan Insiitut Negeri'Per- Perguruan tinggi yang kre-dalam berkas penghiiungan wira. Menurutnya iasus ini dibel' Po-lisi akan menggu-kerugian n6gara,'rkata Dlu- cukup sensitif 'ku.".,u *"- nakan ahli bangunan itu un-naidi] .rvurlkrt citra dinas Pen- tuk mengecek dan menen-

Menurut dia indikasi pe- aiait"u" Purbalingga yang tukana-pakahadaperbedaannyimpangan dalam ptoies sempat diterpa skXXaai pul atau tidak antara bestek de-pl,mbing[nangeduniharus neuian liar. ' nganbangunan riilnya.hibut tilian me"lalui [etera- "Suloin itu, kata dia, di- "Bila sampai akhir tahunngansaksiahlisetelahmem- sinyalir aliran clana akan ini belum iuga sampai.kepElaiari material bangirnan. meirearah pada peiabat cl i persidangan, ini semakinSbtairlutrya, unsur keiugian Pemfla, khirsusnla'dindik. membuktikan ketidakper-negafajulaharusdibuktilcan "Kasus ini harud tetap di- cayaan publik pad.a setiapmitatrii "proses audit oleh kawal oleh masyarakat'agar kasus korupsi yg di tSlSanilembaga keuangan n6gara. bisa dituntaskad" uiar diai. 919! Polisi," ujarnya. (afgan-"Kalaribukan nFf ya 6nff Tbrhadap tuntutanini, Dju- [email protected])

tsAGlAN {I-hI;\S SIITDA KABUP;\TEN PURB;\Lr,FiCGA

Page 34: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

4>

BAGIAN HUMAS STIDA PURBALINGGA

Page 35: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPING MEDIA

SarnlITP,{-:}sT*ry-::alTtl:-*--11::***

RABU LEGI7 JANUARI 20I5

BNN Sidak DPRD dan KejaksaanPURBALINGGA, SATELITPOST-Badan Narkotika Nasional (BNN)Purbalingga mengintensifkan ins-peksi mendadak di instansi peme-rintah. Dua yang telah disasar antaralain DPRD dan Kejakasaan NegeriPurbalingga.

Di Kejari Purbalingga, 49 orangterdiri dari staf dan pimpinan ditesurin, Selasa (6/1). Namun, hasii tesselur uhnya menunjukkan negatif .

Sehari sebelumnya, BNN meng-gelar tes urin secara mendadak diDPRD Puibalingga, Senin (511).Sebanyak 43 orang, terdiri dari ang-gota dewan dan pegawai di sek-retariat DPRD, dites secara bergiliran.Hasilnya dua dinyatakan positif.

"Setelah di-assessmenf yang ber-

sangkutan sedang mengonsumsi obatalergi dan obat sakit gigi," kataKepala BNN, AKBP Edi Santosa,kepada wartawan.

Edi enggan menyebut dua namayang dinyatakan positif ini. Ia hanyamengatakan, hasil positif ini karenayang bersangkutan tengah mengon-sumsi obat alergi dan sakit gigi.1'Kami tidak bisa sebutkan namanya,"ujar dia.

Tes ini tidak dijalani semua anggotadewan. Dari total 45 orang, hanya 21orang yang mengikuti tes. Menurutketereurgan BNN yang diperoleh dariSekretariat DPRD, sebagian anggotatengah menjalani dinas luar dan se-bagian tengah menjalani rapat pari-purna. "Kami sudah berkoordinasi,

yangbelum dites akan menjalani tes diBNN. Waktunya tergantung itikadsekretariat deu,an," katanya.

Seusai tes, ada anggota dewan yangberkunjung ke kantor BNN di llSoekamo Hatta. Ketika dikonfirmasi,kedatangan anggota dewan ini hanyasekadar silaturahim."Hanya sila-turahim, makan-makan, nyanyi-nyanyi." ujar Edi.

Ketua DPRD Purbalingga, TongatSH mengatakan mendukung upayapemberantasan narkoba yang dila-kukan BNN. Karena itu, ia jugadengan sukarela dites. "HasilnyaAlhamdulillahnegatif," katanya yangmengaku tak mengetahui hasil tessecara keseluruhan terhadap ang-gotanya.(gan)

*

BACLA}.{ HU\,{AS SETDA KABUPATEN ?URBALII\iGGA

Page 36: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

I

iilt

I:i

ltilil

6iiiilr::

lr

ll

6ii=iisllsll5iiill=tt:iiPlla:illl!ltEit.! !!>rlcllqllEII

Bll€tigrro) l:

Eil'6 ltyI

rllHirslloflo) ll(,) iiEtlEii€tlEiiEll

Il

lt

il

ti

i!

ilil

tl

ii

;riii,-k=

{:,:::''".+

! i)i: i,::lll {

1

Page 37: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

SarmltTPfr)sT[Raeu rEG;i z r,rxunnt 20t5

Dinas Wajib Susun Dokumen Amdal

?9 Penyusun&rT dokumen dan Penerbitanizin lingkungan selar"nbat-lambatnya

tanggal 27 Desember 2015'))

RUSMO PURNOMOKepala Bagian Humas

PURBALINGGA, SATELIT-POST-Paling lambat akhirtahun 2015 ieluruh SatuanKeria Pemerintah Daerah(SKPD) waiib menYusun do-kumen analisis mellgenald am pat< I hgkungan i Amda l)'

Dokumen ini beruPa doku-men lingkungan hiduP dan

izin lingkungan untuk ba-ngunan gedung dan kegiatanoerkantoran.' Hal tersebut tertuang da-lam surat edaran BuPatiPurbalinsea Nomor 660j /6557 bulXi Desember 2014perihal Penielasan Pelak-sanaan surat edaran menteri

Iingkungan hidup Nomor B- Amdal bagi seluruh SKPD'qtf+/Ment-H/rci'/zot.r, Se- l)engan adanya Arndal di-usa (sl1) harafkan dapat.mernperkecil

MenurutBupatitujuandan dampak legatif dan mem-ruru-.rlr Alnlpht ua'uht r.r.t- perb6sar dampak positif ter-tuk meniamin suatu usaha hadap lingkungan hidup'atau kegiatan pembangr.rnan Jenis dokumen lingkungandapat 6'erjala., tecutf b".- yang wajib disusun dari isikesinambungan tanpa me- surat edaran menurut Rusmorusak linsku;gan hidup' Se- mengacu pada Peraturanhingga difrarapkan usaha dan Melterl Negara- LingkulqllkegTaianpemliangr.rnandapat Hidup \o1o15 Tahun-2012

me"manfiatkan sErta *e.g"- tentang Jenis Rencana Usahaiita s"t"Uer daya alam secira dan atiu Kegiatan yang Wajib

efisien. DilengkaPi oiehAmdal'- Senada dengan Bupati, Ke- "Peiryusunandokumenda-

oala Basian Fu-rs Rusmo n peneibitan izin lingkungani'"-o*8 membenarkan ada- seiambat-lambatnya tanggalnva surat edaran Bupati peri- 27 Desember 2015," uiar Rus-

h'ai penyusunan dokumen mo. (gus)

BAGIAN }{U},IAS SI]TDA KABUPATEN PUF.BALI}.{GGA

Page 38: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KTIPINGMEDIA

SATNIITP*STRABU [EGI,i JAN UARI 20 I 5

PDIPJaring Bakal Calon BupatiPURBALINGGA, SATE-LITPOST-DPC PDIP Ka-bupaten Purbalingga me-mulai tahapan penlaringanBakal Calon Bupati CanBakal Calon Wakil Bupati(Wabup) per 5 ]anuari 2015"Penjarir-rgan akan d ilaktr-kan sampai tanggal 20 Janr.r-ari mendatang. Langkah inidilakukan m-enyusul ren-cana penyelenggaraan Pe-milihan Umum Kepala Da-erah Langsung (Pemiltr-kada) secara serentak ditahun 2015. "Hal tersebutsesuai dengan Surat dariDPP PDIP Nomor 570.2/IN/DPP/XIl/2014 teta-nggal 9 Desember 2014,perihal Instruksi Penjari-ngan Bakal Calon KepalaDaerah dan Wakil KeiralaDaerah dari PDIP," kataKetua DPC PDIP Purba-lingga H Tasdi SH MM, ke-

*il11"- surat tersebut, D-

PD dan DPC yang akan me-laksana kan Pemi-lukada ta-hun 2015 ciimjnta segera'nei:nrr.l ri prcse; pen laringrnbakal caion kepala daeiahdan wakil kepala tlaerah diwilayahnya. Caranya de-ngan membuka pendafta-ran,. sebagaima na d ia trrrdalarn Surat Ketetapan No-mor 031-A/TAP /DPP /V /2011 tertanggal 13 Mei 2011tentang Pedoman Pelak-sanaan Penjaringan dan Pe-nyaringan Calon KepalaDaerah dan/ atau Wakil Ke-pala Daerah Tingkat Ka-bupaten/ Kota dan ProvinsiPDIP. "DPD dan DPC wajibmembuka penjaringan se-lambat-lambatnya m i np;grrpertama bulan ]anuari 20-1.5," ujarnya.

Tasdi mengatakan, setelah

tahap penjaringan selesai,nama-nama yang masukbursa bakal calon akan di-seleksi oleh DPP yang ke-mudian disertakan dalam"Sekolah Partai"" Fendaf-taran dilakukan di Sekreta-riat DPC PDIIr mulai pukul08.00 hingga pukul ^16.00

WIB. "Pendaftar dimintadatang secara langsung danmengambil forrnulir pen-daftaran," katanya.

Tasdi mengatakan, partaimembrrka pintu seluas-l uas-nya kepada siapa saja yangberminat untuk menjadibakal calon bupati dan wa-kil bupati melalui PDIP.Namun, kata dia, DPC PDIPhanya berwenang melaku-kan penjaringan. Proses pe-nyaringan dan penentuanyang mendapatkan reko-mendasi menjadi wewena-ng DPP PDIP.(gan)

BACIAN HLIIVIAS SI]TDA KABUPATEN PURBALINCGA

Page 39: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIAil HI]MA$ $ETDA PIJIBAI$Ifl}A,SATnIITP'C}ST

RABU LEGI,7 JANUARI 20I5

BAGIAN HUMAS SI]MA KABUI'ATEN PURBALIN]GGA

Page 40: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

h_AktivitaEGUE-#ffigSE#

KLIPING MEDIA

}AOIN Ht]h{A$ $MA ru[BAItrOOA1q'&11H,$An Rabu Lesi, t tanuariZots

Mffiffi*furaPURBALINGGA- AktivitasGunung Slametyang belakangan meningkat saat inidinyatakan menurun. Status gunung apitersebut yang semula siaga mulai diturunkanmenjadi waspada. Kondisi itu salah satunyadisebabkan penurunan jumlah gempa digunung tersebut.

ffi#k&

Kepala Desa Serang, Keca-matan Karangreja, Purbaling-ga, Sugito, Selasa (6/12)membenarkan hal tersebut. Di-ungkapkan desanya memangberada di kaki gunung terse-but. Penurunan status GunungSlamet membuat masyarakat dikawasan tersebut menjadi lega.Adanya kabar ini juga diharap-kan pertanda baik agar stafusCunung Slamet cepat kembalinormal. "Kalau sudah normal,masyarakat juga tidak khawa-tir," jelasnya.

Kepala Pelaksana Bada Pe-nanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Purbalingga Priyo Sat-moko SH MH menjelaskan,berdasarkan informasi yang di-terima dari Pos Gambuhan ter-kait aktivitas Gunung Slamttercacatat aktivitas Gunung Sla-

met dari Senin-Selasa (5-6 /1)pukul 18.00- 06.00. WIB Gu-nung Slamet hanya mengalami48 kali gempa hembusan."Selang 12 jam, aktivitas terusmenunjukan penurunan, semo-ga saja lekas normal," tuturnya.

ffi Kekuatan MenurunPriyo menjelaskan, kekuatan

kegempaan dan lama gempajuga menurun. Dari catatanaktivitas Senin (5/1) kegempa-an tercatat 29 kali gempa hem-busan dengan amak 3 - 5 mm lg15 - 110. Sedangkan, Selasa(6/1) sejak pukul 00.00-06-00tercatat 19 kali gempa hembus-an dengan Amk 3-5 mm." Un-tuk cuaca terang,angin tenangpuncak Cunung Slamet terha-lang kabut," jelasnya.ffi

ST/obo/M1"2-Tj

.J4\/

BAG{AN IILMAS SIITDA KABUP,,\TEN PURB,A.I-INGGA

Page 41: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

iiil

ii!!

e

L

a-

i".*irsov3S{

:(^s-!J '\e

E r.\

v"QR*'a

=.\":Uts*

n=

!i

-s.i

:oai.(s

.v=

F:":tuct

F9,=<

(bab.=

..FzshiS

lzElr{sI <,r<

Page 42: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIU[{A$ $MA TIJIBAIffiOGA

vr4BYqffiSAE} Rabu Legi,7 Januari 201 5

Menlnggffi t *l Taham&ET

FunnermccA - Tahanan .rt,rp tinss,i. Pada siangnYakorbin aiie"ngut oleh keluar-

Pol- res Purbalingga, KaminSugiarno (58) warga Desa Bu-

milari, Kecamatan Bojongsarimeninggal di rumah sakit,senm 15/1) malam' Diduga,tersangka kasus judi ini terkenaserangan jantung.

Ka6olres AKBP Anom Se-

tvadii Selasa (6/1) menielas-(an,' sebelum keiadian, Pagihari korban diPeriksa kese-

hatan oleh tirn kesehatan danmenunjukkan tekanan darah

ditangani oleh dokter, namunkondisi korban terus melemah.Pada pukul 20.30 korban me-ninggal di rumah sakit," ung-kapnya.

Lalu 'sesuai dengan prose-durali dokter melakukan visumpada tubuh korban, Dari hasilvisum, diketahui korban me.ngalami serangan jantung. Dariketerangan keluarga, korban ju-ga pernah memiliki riwayatpenyakit jantung.

eanva dan masih sehat'Padaiore hari Pukul 18.30 Para ta'hanan berieriak karena korbanmengalami kejang dan keluarbusa dari mulut.

Dalam keadaan Pingsan, ko-

rban dibawa ke RS HaraPanIbu oleh Petugas jaga tahanan

dan pikei untuk diberi Perto-lonsan. PihaknYa juga mema-

,-rr*'il k"lrr.ga -memberi

tahu

tlrauan koiban'"Korban lalu

BAGIAN HUMAS SI]TDA I(ABUPATEN PURB,{1,1}iGGT\

Page 43: Kliping Berita Tanggal 07 Januari 2015

KLMINGMEDIABAOIA}I HtIif,A$ $UIDA PIJIBAIft{fi$A

"KEDAULATAN RAKYAT"

RABU LEG| 7 JANUART 2015 (16 MULUD 1948 )

DPRD Bahas Z4RaperdaPURBALINGGA (KR) _ DPRD purbatingga meren-canakan pembahasan sedikitnya Z+ ranci,angan peraturan

daerah (Raperda) tahun ini. Lima di;;;;y, merupakanproduk inisiatif dewan.

, "e,aa

lO raperda prioritas. 15 raperda, drafdan naskah.&ld:*it disiapkan oleh- eksekutif. nrr,

"mp.t lainnya olehlegislatif," tutur Kepala Bagian e"*riurg-,rndangan

Sekretariat DpRD purbalingga, af.fr-.a A]fiam, Senin (5/1).

. Ada juqa tiga raperda kumiatirterbuka yakni Raperdatentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD T;;;An-ggaran_2014, Raperda perubahan ApBDirt ,.rn Argg..rnZ0_f ! lan Raperda ApBD Tahun Anggar an ZOrc.

DPRD juga akan melanjutkan p;;bah;;;n dua Raperdayang belum selesai pembahasannya (luncJ-an) pada20l4.Masing-masing Raperda t"rriurg --F"nataan

danl^",*::Uqrt edagang Kaki f,im. vairs die.jukan pihak ek_seKutrl, dan Haperda tentang penataan dan pembinaan.Pasar

Tladisional, pusat pe"b"lroj.; J; dko vlode.n olehIegislatif.

. "Dalam menJrusun naskah akademik, DPRD bekeda samadengan Fakultas Hukum Unsoed. S"j;;k; dua raperdaluncuran saat ini sudah memasukif"*f-i"*u.r, tahap I,,,qjarnya.

_- Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRD purbalingga, EndraYulvong meny_ebutkan, jumlah

"sdrn naperl. airrit* srari,!*"p banyak untuk dibahas of"f, -u.i-"s_;asing komisi.Y:,"*:r"*, semua judul nrpe.a. yarg aii*gru_kur, _"r_Jaor pnOntas anggota dewan untuk membahasnya dan mene_tapkan menjadi perda.

Endra menyebutkan. delapan judul, Raperda tentang desayang diusulkan oleh eksekutriah"" i";. p;;da itu diper_l*."^l=iab sebagai pesansan;"t;k;;." uU No 6tahun 2014 tentang Desa yang implementasinya dimulai pa_datahunini. (Rus).o

BACIAN HUMAS SE,TD;\ IL{BUPATEN PTJRBAI-INGGA