Top Banner
09 / Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010 ADVERTISING FOR THE BANDUNG COMMUNITY www.bandungadvertiser.com
24

Idul Fitri 1431H

Mar 28, 2016

Download

Documents

Dadan Hermawan

Pernikahan merupakan suatu peristiwa yang sangat sakral dan dinantikan setiap pasangan. Oleh karena itu tidak sedikit pasangan yang melakukan persiapan pernikahan jauh hari sebelumnya, agar pada saat hari "H" semua acara berjalan dengan lancar dan sukses.
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Idul Fitri 1431H

09 / Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

ADVERTISING FOR THE BANDUNG COMMUNITY

6 x 3

w w w.bandungadver tiser.com

Page 2: Idul Fitri 1431H

BANDUNG ADVERTISER2 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

3

5

7

10

14

16

18

20

23

Automotive & Transportation

Computer, Cellular & Accessories

Education, Training & Self Improvement

Food & Entertainment

Garment & Fashion

Health & Beauty

Hotel & Motel

Property & Home Improvement

General

11

15

19

21

22

23

23

23

Gado Gado

I Seek U

Where to Find

Service at Your Door Step

Review Corner

Job Seeker Ads

Private Classified Ads

Adsie

Published By:

P.T. PARAMA CITTA TRADINDOLicense: SIUPP No. 225/10-25/PB/V/1997

Address: Jl. Cihampelas No.186 Kav. 5, 2nd floor, Bandung 40131 - PO BOX 1835 Bandung 40018Phone: +62 22 2031734, 2034336, 91109109Fax: +62 22 2034264SMS: +62 811 23 4363 E-mail: [email protected] Website: http://www.bandungadvertiser.comOnline Messenger: [email protected]

190 09 / Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

CUSTOMER SUPPORT

+62 22 91109109 - 2031734 [email protected]

ADVERTISING & MARKETING

[email protected]

No part of this publication may be reproduced, transmitted or stored in a retrieval system, in any form or by any means, without permission in writing from the publisher. BANDUNG ADVERTISER is not responsible for the content of any article and or advertisement published. Copyright@2002 - 2010 all right reserved

I f you have comments, quest ions or feedback on anything you’ve read in

BANDUNG ADVERTISER , send us an emai l : info@bandungadver t iser.com

Letters by mai l are a lso welcome. Letters may be edited for length and c lar i t y, and are publ ished subjec t to our

pol ic y. Anonymous letters wi l l not be publ ished.

Our bank account:BANK CENTRAL ASIA kcu Asia Afrika

P.T. PARAMA CITTA TRADINDO Account 008-306003-1

SEC

TIO

NST

OR

IES

REG

ULA

RS

CONTRIBUTORS

Born in Bandung, West Java, Indonesia in March 1977, he was introduced

into the world of art by his father (Gouw Tauw Hing), an amateur artist

who specialized in portrait sketches and oil paintings.

He studied Architecture at Parahyangan Catholic University - Bandung, Indonesia from 1995 - 1999. Besides managing the store, he

continues to produce artworks and take photographs.

Sondhiar HitomartanoeADSIE

James Gwee T.H., MBAPERSONAL INSIGHT

James Gwee T.H., MBA is a renowned seminar speaker and trainer

from Singapore. He has conducted training and seminars in more

than 500 organizations in Indonesia (in English & Bahasa Indonesia).

He has released 5 Best-Selling CDs for Business and Personal Success

and one audio book entitled “Selling With Empathy”. Check out

his website at www.jamesgwee.com. To invite James to train and

motivate your staff, call 021-39837063

MANAGING DIRECTORPAULINA GOW

EDITORIALEDITOR-IN-CHIEF PAULINA GOW

[email protected]

SALES & MARKETINGFADLI IRAWAN

IMAN SUPRIYADITAUFIK ROHMAT

[email protected]

PRODUCTION & CREATIVEDUDIARA

ERIC GOTAMAFIRMANSYAH

[email protected]

CONTRIBUTORMUHAMMAD REzARUSMI SIMBOLON

ITDADAN HERMAWAN

DISTRIBUTION M. MUSTAFA

MAMAN SAYUGARA

PRINTED byPT. GRAMEDIA

3

21

A

Pernikahan merupakan suatu peristiwa yang sangat sakral dan dinantikan setiap pasangan. Oleh karena itu tidak sedikit pasangan yang melakukan persiapan pernikahan jauh hari sebelumnya, agar pada saat hari "H" semua acara berjalan dengan lancar dan sukses.

Persiapan apa saja yang harus dilakukan? BANDUNG ADVERTISER edisi Bride & Groom kali ini akan memberikan informasi seputar kebutuhan pernikahan dan perlengkapannya.

Perawatan Mobil Setelah Perjalanan JauhMempersiapkan mobil sebelum menempuh

perjalanan jauh sangatlah penting untuk keselamatan berkendara dan hampir semua pemilik

kendaraan pasti akan melakukan hal ini. Tapi kebanyakan pemilik atau pengemudi mobil tidak melakukan kembali perawatan mobilnya setelah

menempuh perjalanan jauh tersebut, padahal hal ini juga sangat penting untuk dilakukan, mungkin Anda

termasuk salah satunya.

Hunian untuk Pasangan MudaMempunyai rumah sendiri? Rasa ini bukan lagi sebuah pertanyaan, namun sudah menjadi impian hampir setiap orang. Apalagi bagi para pasangan muda yang baru saja menempuh hidup berumah tangga. Umumnya cita-cita kedua setelah mempunyai anak tidak lain tidak bukan adalah bisa menempati rumah sendiri.

PERSIAPAN PERNIKAHANPernikahan pada umumnya menjadi hari yang banyak dinantikan banyak pasangan yang telah menjalin hubungan serius dan mempunyai rencana untuk meresmikan hubungan tersebut. Pesta pernikahan yang diidam-idamkan haruslah direncanakan dengan cermat sejak proses awal. Berikut adalah beberapa urutan rencana yang perlu anda ketahui sebelum anda merencanakan sebuah pesta pernikahan.

Page 3: Idul Fitri 1431H

3

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

AUTOMOTIVE & TRANSPORTATION

Ada beberapa komponen atau parts dari bagian mobil yang perlu di periksa karena kemungkinan besar mengalami kerusakan dan harus segera diganti akibat jarak tempuh yang mencapai ratusan atau mungkin hingga ribuan kilometer dengan kondisi jalan yang berbeda-beda. Berikut beberapa bagian dan komponen yang semestinya diperiksa :

• Ban : Komponen yang satu ini adalah yang paling rentan terhadapkerusakan, terutama setelah digunakan untuk menempuh perjalanan sangat jauh. Medan jalanan yang beragam dan suhu jalanan yang berubah-ubah dapat merusak kondisi karet bundar ini. Biasanya untuk ban yang berjenis tubeless akan rentan rusak, jika kondisi jalan sangat buruk dan bergelombang ban ini akan mudah benjol, segera ganti jika ban telah berkondisi seperti ini. Periksa juga apakah ada benda tajam yang menusuk ban tubeless, karena ban jenis ini tidak akan langsung kempes jika telah tertusuk paku ataupun benda tajam lainnya. Periksa juga tapak ban apakah ada yang terparut atau 'gompal' dan apakah masih layak pakai, setelah itu periksa juga tekanan anginnya.

• Rem : Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran pada selangdan master rem, segera perbaiki jika terlihat ada kebocoran. Periksa juga tingkat keausan kanvas rem, jika ketebalan kanvas telah hampir mengenai pad besinya atau kurang dari 1 mm, segera ganti dengan yang baru. Periksa kondisi dan bersihkan juga piringan rem ataupun rumah rem tromol (jika rem masih menggunakan sistem tromol).

• Suspensi (Shockbreaker & Per) : Komponen/parts ini adalah yang juga paling bekerja berat sehingga rentan terhadap kerusakan jika telah digunakan untuk perjalanan jauh, terutama jika sering melalui kondisi jalanan dengan permukaan yang tidak rata ataupun banyak terdapat lubang. Kerusakan suspensi secara umum bisa dengan mudah dirasakan, umumnya suspensi menjadi terasa lebih keras dari biasanya, keausan permukaan ban tidak merata, terdengar bunyi terutama ketika berjalan di permukaan jalan yang tidak rata. Secara kasat mata bisa melakukannya dengan membuka ban dan periksa ulir per, apakah terlihat ada retak atau tidak serta lihat apakah ada kebocoran sil shockbreaker yang ditandai dengan adanya kotoran yang bercampur oli pada shockbreaker, jika menemukan hal-hal tersebut pada suspensi, segera lakukan perbaikan atau penggantian sistem suspensi dan terakhir lakukan kembali Spooring dan Balancing.

• Air Filter (Saringan Udara) : Bila telah menempuh perjalanan jauh segera bersihkan kembali saringan udara agar pembakaran kembali sempurna

dan putaran mesin tidak terganggu.• Timing Belt : Cek kelenturan timing belt, jika karetnya telah terlihat sangat

keras segera ganti. Namun lebih baik berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer pada odometer mobil Anda, jika setelah digunakan perjalanan jauh kilometer mobil sudah menunjukkan angka 50.000 Km, segera ganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan atau ikuti sesuai aturan khusus mobil yang digunakan.

• Tune Up : Jika perjalanan jauh yang ditempuh hingga mencapai ribuan kilometer, sebaiknya kenbali lakukan tune up di bengkel resmi ataupun langganan Anda agar kondisinya kembali maksimal.

• Lampu :Cekseluruh lampu,apakahadayangputusatau tidak.Periksajuga tingkat keterangan lampu, jika terlihat kurang terang dari biasanya segera cek kondisi kabel ground ataupun soket maupun bohlamnya, terutama untuk headlamp, segera perbaiki jika menemukan masalah pada bagian tersebut.

• Aki (Accu) : Periksa kekencangan baut pada kutub-kutub aki, bersihkan kutub aki dari kotoran / kerak yang melekat akibat aki yang terus menerus bekerja sepanjang perjalanan jauh, karena kerak akan menggangu aliran listrik yang mengalir. Jika mobil susah distarter, pertama kali segera cek kondisi aki dan setrum kembali atau ganti jika telah soak atau rusak.

Jadi intinya Anda tidak boleh melupakan pemeriksaan kondisi mobilnya jika telah digunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh seperti melakukan perjalanan hingga keluar kota. Hal ini dimaksudkan agar mobil Anda kembali maksimal, aman dan nyaman untuk kembali dipakai sehari-hari.

(Sumber: situsotomotif.com)

Perawatan Mobil Setelah Perjalanan JauhMempersiapkan mobil

sebelum menempuh perjalanan jauh

sangatlah penting untuk keselamatan

berkendara dan hampir semua pemilik kendaraan pasti akan

melakukan hal ini. Tapi kebanyakan pemilik

atau pengemudi mobil tidak melakukan

kembali perawatan mobilnya setelah

menempuh perjalanan jauh tersebut,

padahal hal ini juga sangat penting untuk

dilakukan, mungkin Anda termasuk salah

satunya.

Page 4: Idul Fitri 1431H

4

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

AUTOMOTIVE & TRANSPORTATION

Persiapan perjalanan jauh harus matang terutama dari sektor kondisi mobil. Berikut ini tips untuk persiapan perjalanan jauh untuk menghindari kecelakaan dan antisipasi bila terjadi keadaan darurat di sepanjang perjalanan.Merawat mobil sebenarnya bukan suatu pekerjaan yang sulit untuk dilakukan, karena untuk melakukannya kita hanya tinggal membawanya ke bengkel resmi atau bengkel independent yang terpercaya, jadi yang diperlukan hanya kepedulian pemilik agar dapat meluangkan waktu serta sedikit biaya untuk melakukan perawatan rutin atau berkala.Karena perawatan mobil itu sangat berkaitan erat dengan faktor keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, jadi perawatan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Terlebih untuk anda yang akan menggunakan mobil untuk mudik bersama keluarga dan harus menempuh perjalanan yang jauh. Banyak hal yang perlu diperhatikan pada mobilnya sebelum menempuh perjalanan mudik. Menurut Yayat D. Halim-Service Manager Ford Bandung ada beberapa point dan titik pada mobil yang harus diperiksa (Check Up) dengan teliti dan seksama agar perjalanan jauh dengan mobil menjadi nyaman dan aman, yaitu :A. Mesin - Servis/Tune UpServis ringan/tune up-lah mesin mobil anda seminggu sebelum melakukan perjalanan mudik, karena biasanya banyak bengkel mobil yang tutup menjelang hari raya Idul Fitri. Dengan melakukan servis ringan/check up parts, sehingga kondisi parts ataupun kelainan pada mesin dapat diketahui dan dapat segera diperbaiki atau diganti bila memang waktunya, misalnya injektor/karburator, busi dan kabelnya, kabel delco, tali kipas dan banyak lagi.- Pemeriksaan RadiatorPeriksalah kondisi radiator agar terhindar dari temperatur mesin meningkat tinggi (Engine Overheating). Apakah ada kebocoran atau tidak pada radiator, setelah itu cek ketinggian permukaan air radiator, jika kurang segera isi. Pastikan air yang dipakai dalam kondisi yang bagus, jika air didalam radiator sudah terlihat keruh sebaiknya lakukan pengurasan. Jangan lupa cek juga kondisi selang-selang penghubung radiator, segera ganti jika terlihat sudah mengeras atau menggelembung.- Ganti Oli MesinSebaiknya ganti oli mesin dengan yang baru meskipun hitungan kilometer untuk oli lama belum waktunya diganti. Penggantian oli mesin ada baiknya dilakukan saat melakukan servis/tune up mesin dibengkel.- Periksa Kondisi Koil (Coil)Kondisi coil juga perlu diperhatikan, karena apabila coil kurang baik dapat membuat mesin mudah panas, terutama dijalanan yang macet. Temperatur yang tinggi akan menggangu dan merusak mesin, bisa-bisa akan mogok ditengah jalan.- Cek Sistem Kelistrikan dan PengisisannyaPeriksalah dinamo starter, alternator, kalau perlu diservis atau diganti. Begitu juga dengan kondisi accu (aki), bila sudah terasa melemah dan terlihat lempengan sel-nya sudah berkarat segera ganti baru.- Pemeriksaan Kopling (Persneling Manual)Periksa bahwa pedal kopling memiliki gerak bebas sebesar 3-6mm. Pastikan kopling tidak slip, akibat kanvas kopling yang aus dan setelan kopling yang tidak tepat. Karena bila kopling slip dapat menyebabkan mobil tidak bertenaga, terutama saat menanjak.- Pemeriksaan Saringan (Air, Oil & Fuel Filter)Periksa dan bersihkan saringan udara (Air Filter), jika terlihat sudah sangat kotor atau telah menempuh perjalanan 20.000 Km, begitu juga dengan fuel filter-nya ganti, segera ganti dengan

yang baru. Pada mesin juga terdapat saringan oli (Oil Filter), segera ganti jika telah digunakan sampai 10.000 Km lamanya.B. Kaki-kaki & Eksterior- Pemeriksaan RemPemeriksaan rem ini mencakup : Periksa selang dan master rem jangan sampai ada kebocoran, segera perbaiki atau ganti jika ada kebocoran minyak rem ; Cek volume minyak rem, jika berkurang segera isi hingga batas maksimal ; Cek permukaan kanvas rem (Brake Pad), jika telah menipis segera ganti baru ; Cek kinerja remnya, apakah berfungsi dengan baik atau tidak saat menghentikan laju mobil (Tidak Blong). Terakhir cek juga fungsi rem tangan.- Pemeriksaan BanPerhatikan kondisi keausan dan umur ban. Jika telah melewati batas aman segera ganti, namun jika masih dalam keadaan baik pastikan tekanan ban sesuai dengan standar yang ditentukan. Perhatikan juga kondisi ban cadangan.- Pemeriksaan SuspensiBagian ini tidak boleh terlupakan, karena fungsi dan kekuatannya sangat penting. Jika terasa keras ataupun per sudah terasa amblas (lemah), mounting rusak, secepatnya diganti sokbreker atau per-nya, lebih baik diganti langsung 1 set, karena perjalanan jauh dan beban berat pada mobil akan membuat kaki-kaki bekerja lebih ekstra untuk menjaga kestabilan dan menopang berat.

- Spooring & Balancing RodaProses spooring dan balancing akan sangat berguna untuk mendapatkan kestabilan handling saat melaju pada kecepatan tinggi. Periksa juga bearing, tierod roda apakah masih bagus atau tidak, pastikan baut roda sudah kencang.- WiperPeriksa fungsi wiper beserta volume airnya, segera ganti karetnya jika telah rusak atau

mengeras untuk menghindari kaca depan tergores.- Lampu-LampuPastikan fungsi lampu seperti : Lampu depan, belakang, rem, sein, mundur, hazard berfungsi dengan baik. Bila tidak ada lampu kabut, sebaiknya segera dipasang, karena lampu ini akan sangat berfungsi saat kondisi jalan sedang hujan deras dan berkabut, persiapkan juga bohlam cadangan untuk semua lampu.Dari point yang telah disebutkan di atas, sebaiknya anda juga harus memperhatikan fungsi lampu indikator penting pada speedometer. Jangan lupa mempersiapkan tools untuk keadaan darurat, seperti: dongkrak, kunci roda, kunci pas, obeng, tang, tali plastik (1 gulung), kawat. Terakhir untuk anda jangan lupa membawa kotak P3K dengan isi yang lengkap dan alat komunikasi (Hand Phone/Handy Talkie) dan peta sebagai tambahannya untuk mencari jalur alternatif. Trik Cermat di Jalan Basah Melibas jalanan basah, sangat berbeda penanganannya dengan kondisi jalan kering. Nah, di bawah ini ada beberapa trik yang perlu diperhatikan. Tujuannya untuk meminimalisasi kemungkinan kecelakaan.• Pilihdesainbanyangcocokuntukjalanbasah.Sebisamungkincarikembangbanyangefektif

menyalurkan air.• Perhatikantekananban.Sebaiknyaperiksaseminggusekali.• Jaga kecepatan. Segera kurangi kecepatan begitu Andamemasuki jalan yang basah atau

tergenang air.• Hindari manuver mendadak. Misalnya berbelok, pengereman dan berakselerasi. Lakukan

secara halus dan hati-hati.• Feeling pengereman. Gunakan perasaaan ketika harus mengerem mendadak. Jangan langsung

injak habis. Lakukan langkah menginjak pedal rem berulang-ulang. Tujuannya agar tak terjadi rem ngeblok.

dudiara-berbagai sumber

Mempersiapkan Mobil Untuk Perjalanan Jauh

Image: sxc.hu

Page 5: Idul Fitri 1431H

Spesifikasi iPhone 4 • Warna:HitamatauPutih• Tinggi:4,5inchi• Lebar:2,31inchi• Tebal:0,37inchi• Berat:137gram• Kapasitas:16GBatau32GBBerikut adalah sembilan fitur utama iPhone 4 : 1. Desain Desain iPhone 4 jelas berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Selain lebih tipis (kini 9.3 mm), iPhone 4 menggunakan panel kaca di bagian depan dan belakangnya.Dari sisi desain bagian dalamnya, Apple merancang antena yang mengitari seluruh tubuh ponsel tersebut. Itulah mengapa pada bagian tertentu iPhone 4 terlihat semacam celah yang tampak di luar kebiasaan Apple menghadirkan produk mulus. 2. Retina Display Layar iPhone 4 mendapatkan peningkatan cukup drastis. Dari sisi resolusi, layar itu sekarang menampilkan 960x640 pixel, sedangkan kepadatannya mencapai 326 pixel per inchi. Ditambah teknologi layar IPS dengan rasio kontras 800:1, gambar yang dihasilkan

pada layar 3.5 inchi itu diklaim menjadi sangat jernih. Apple menyebut teknologi ini Retina Display.

3. Prosesor A4Apple memastikan bahwa prosesor yang digunakan adalah A4, sama seperti yang digunakan pada iPad. Jobs pun mengatakan, pihaknya mampu memperbesar ukuran baterai pada iPhone 4 karena menggunakan micro-SIM. "Karena kami berhasil membuat baterai yang lebih besar, dan karena A4 itu benar-benar bagus, kami telah meningkatkan usia

baterainya. 7 jam bicara pada jalur 3G, 6 jam browsing 3G, 10 jam browsing WiFi, 10 jam video, 40 jam musik, 300 jam standby,"

tutur Jobs. 4. Gyroscope

Jika selama ini iPhone 3GS dan generasi sebelumnya 'sekadar' menggunakan akselerometer, Apple menambahkan sensor giroskop pada iPhone 4. Ini artinya, iPhone 4 akan bisa mendeteksi 3 sumbu gerakan.

Ditambah dengan akselerometer, iPhone 4 menurut Jobs akan bisa mendeteksi 6 sumbu gerakan. Hal ini diperkirakan akan melahirkan banyak jenis game baru pada iPhone 4. 5. Sistem KameraKamera pada iPhone 4 ada dua buah. Satu di depan dan satu di belakang, dengan kamera di belakang memiliki tambahan lampu kilat LED. Kamera dengan resolusi 5 megapixel itu juga memiliki kemampuan zoom digital 5x dan backside illumination untuk memperbaiki sensornya. Untuk video, kamera itu bisa menangkap hingga 720p pada 30 fps. Seakan belum cukup juga, Apple pun mengumumkan keberadaan aplikasi iMovie untuk iPhone. Aplikasi edit video itu akan tersedia seharga USD 4.99 dengan fitur yang cukup lengkap, termasuk edit video pada kualitas 720p. 6. Sistem OperasiSistem operasi pada iPhone, iPod Touch dan iPad kini akan dinamai iOS. Sedangkan versi terbarunya adalah iOS 4 yang akan segera didistribusikan oleh Apple. 7. iBooksFitur andalan nomor tujuh adalah ketersediaan aplikasi iBooks untuk iPhone dan juga iPod Touch. Nantinya, buku yang telah dibeli di satu perangkat, misalnya di iPad, juga bisa disinkronkan ke perangkat lainnya tanpa biaya tambahan. 8. Iklan di iPhoneFitur kedelapan juga tidak terlalu mengejutkan, ini adalah sebuah sistem iklan interaktif bernama iAds. Apple mengklaim beberapa pengiklan yang sudah siap hadir di platform tersebut, dengan nilai komitmen total mencapai USD 60 juta. 9. Video Chat Aplikasi ini memanfaatkan kedua kamera iPhone 4 untuk melakukan perbincangan lewat video. Video chat bisa dilakukan antar iPhone 4 yang sama-sama tersambung ke internet lewat Wifi (tentunya, tak harus di satu area WiFi).

(Dadan Hermawan-berbagai sumber)

5

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

COMPUTER, CELLULAR & ACCESSORIES

iPhone 4Apple resmi

mengumumkan iPhone 4 sebagai ponsel

generasi terbarunya. iPhone 4 akan

menggeser iPhone 3GS sebagai generasi

terbaru dari iPhone. Berbagai perbaikan

telah diumumkan untuk ponsel cerdas

tersebut. iPhone 4 akan dijual mulai

kisaran harga USD 199 (sekitar Rp 1,8 juta)

untuk kapasitas 16GB. Sedangkan versi 32GB

akan dijual pada kisaran

USD 299 (sekitar Rp 2,7 juta).

Page 6: Idul Fitri 1431H

6

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

COMPUTER, CELLULAR & ACCESSORIES

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa wedding fotografi sebagai salah satu media untuk mengabadikan kebahagian, berikut adalah tips yang mudah-mudahan bisa menjadi pengetahuan tambahan mengenai wedding fotografi bagi Anda.1. Paket foto pengantin dengan harga mahal bukan jaminan bahwa Anda

akan mendapat kualitas baik. Kualitas foto pengantin tidak melulu dikaitkan dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Jika Anda bijak memilih, syukur-syukur kalau Anda juga mengetahui setidaknya sedikit hal dasar mengenai fotografi, Anda akan lebih jeli mencari studio atau fotografer yang tidak membuat budget pernikahan Anda di luar batas.

2. Paket yang murah. Fotografi bukan produk generik, jadi Anda jangan langsung memilih produk dengan harga sangat murah dan di bawah rata-rata tanpa mempedulikan kualitasnya. Adalah benar bahwa yang mahal belum tentu menawarkan kualitas terbaik, namun jangan jadi langsung asal pilih yang paling murah. Perhatikan betul kualitas foto pernikahan jika harga yang ditawarkan ternyata di bawah rata-rata.

3. Foto Studio. Jika Anda memilih untuk melakukan foto pernikahan di studio foto yang memiliki lebih dari satu fotografer, pastikan Anda mengetahui benar hasil karyanya. Anda dapat memilih dan menentukan fotografer mana yang ingin Anda ajak bekerja sama. Sebelum hari pemotretan tiba, sempatkan bertemu dulu dengan sang fotografer. Foto wedding Anda selain akan menjadi bagian dari dokumentasi juga akan menjadi karya seni, karenanya chemistry dan kesepahaman antara Anda, pasangan, dan sang fotografer harus dibangun dulu sebelum pemotretan dilakukan. Ini juga berguna untuk mengetahui gaya yang sesuai untuk Anda dan pasangan.

4. Hitam & Putih. Jika foto wedding hitam putih menjadi pilihan Anda, tips berikut ini perlu Anda simak. Pastikan bahwa sang fotografer akan menangani langsung foto Anda tersebut. Hampir tak mungkin mendapatkan hasil cetak foto hitam putih yang berkualitas kecuali sang fotografer menanganinya sendiri. Dengan teknologi digital yang sekarang banyak diterapkan dalam dunia fotografi, pastikan juga bahwa Anda menyetujui rentang warna pada foto Anda. Detail pada area yang paling ingin ditonjolkan, dan shadow pada latar belakang sangat perlu diperhatikan dengan detail sebelum Anda menyetujui untuk mencetak foto tersebut.

5. Pencahayaan. “Payung” dan kotak-kotak yang terdapat di studio dimanfaatkan untuk membuat pencahayaan fotografi pernikahan yang lebih lembut. Untuk itu Anda harus menyimak betul penampilan Anda sebelum dipotret.

Perhatikan apakah gradasi putih

gaun pengantin Anda akan terlihat cukup tajam nantinya, untuk ini yang mesti Anda lakukan adalah bercermin pada kaca tiga dimensi, tidak hanya pada cermin datar yang biasa Anda lakukan.

6. Negatif foto. Sehalus mungkin tolak “ajakan” fotografer yang menawarkan negatif foto sebagai bonus saja. Jika Anda ingin memperbesar ukuran foto dari format medium menjadi ukuran kanvas lukisan, misalnya, pastikan juga Anda mencetak negatif foto di studio profesional. Perlu kesabaran tentu saja, dan juga biaya lebih, namun hal itu cukup berharga kok kan fotografi pernikahan untuk mengenang hari bahagia Anda.

7. Kontrak. Jika Anda membuat perjanjian mengenai foto pengantin, misalnya jumlah foto yang akan Anda terima, apakah Anda juga akan mendapatkan foto Anda dalam bentuk CD atau tidak, jangan hanya menaruh kepercayaan pada ucapan saja. Pastikan bahwa Anda dan pasangan membuat perjanjian tertulis dengan studio atau fotografer perorangan yang akan mengabadikan kenangan Anda dan pasangan. Bentuk perjanjian tertulis paling sederhana adalah bukti pembayaran dengan rincian produk dan layanan yang akan Anda terima sebagai konsumen mereka.

8. Saran terakhir, sebaiknya, Anda lebih memilih fotografer penuh waktu. Bukan berarti fotografer paruh waktu tidak berkualitas, bukan sama sekali. Hanya saja ada kecenderungan orang yang mengabadikan diri dengan total dalam pekerjaannya menghasilkan karya yang lebih baik. Kecuali jika Anda yakin bahwa fotografer paruh waktu yang Anda inginkan dalam foto pengantin memang berkualitas.

(Sumber: indonesia-tourism.com)

Tips Foto Pernikahan AndaMengabadikan saat-saat penuh bahagia

di hari pernikahan pastilah menjadi

bagian tak terpisah dari rangkaian acara

di hari istimewa Anda. Setiap momen penuh arti diabadikan dalam

bentuk foto maupun video.

Image: sxc.hu

Image: sxc.hu

Page 7: Idul Fitri 1431H

7

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

EDUCATION, TRAINING & SELF IMPROVEMENT

Personal Insight

Sponsored by:

by James Gwee

It’s a fact that most people work for money. It cannot be denied that salary and financial compensation are important factors when choosing a job, and when choosing to stay or to leave.It’s also a FACT that MONEY IS NOT EVERYTHING.What motivates an employee and what does not motivate him?Basic FactorsA decent basic salary and a safe working environment are just BASIC factors that make people want to work in your company. Without these basic factors, people don’t even want to work for you! So if you are a manager or a business owner, do not wrongly assume that just because you pay your employees a decent salary (UMR or slightly above UMR, or market rate), you expect them to be motivated. Wrong! People are NOT MOTIVATED by basic salary! A decent basic salary is NOT a motivational factor. It is only a basic factor.Motivational FactorsIf you hope for your employees to be motivated, you must give the following:• Challengingworkthatallowspeopletoexpandtheirabilities• Anenvironmentwherepeoplecanlearn• Anenvironmentwherepeoplecanenjoytheinteractionbetweencolleagues• Recognitionfortheirefforts• AnenvironmentofrespectandselfrespectIt is only when these factors are present in their work will employees be MOTIVATED. Otherwise, they will only be doing their job for a living, and nothing else.Therefore, a manager must know the difference between Basic Factors and Motivational Factors. So in your workplace, are you only providing Basic Factors or Motivational Factors?An important Motivational Factor is Recognition for employees’ effort. This can be in the form of a Reward or an Award. There are 1001 ways to show your employee that you appreciate his effort. Here are some common ideas:• Financialincentive• Prizes• Adayoff• Apaid-forholidaytrip• Anopportunitytoparkintheboss’sparkinglot• Anopportunitytoworkfromtheboss’sofficefor1week• BeingintroducedandhavinglunchwiththeCEO,etcIt Not Only WHAT You Give,It’s Also about HOW You Give It!People are suckers for celebration, ceremony and fanfare. So pay attention to HOW you give the

award. Otherwise, all the effort is wasted and your employee does not feel that he truly deserves it, or that you really appreciate him. Here are some ideas to make sure that your employee REALLY FEELS appreciated and recognized when he receives the award.1. Choose an appropriate person to give the award. The person who gives the award to the employee does not always have to be the CEO. Choose a person who is meaningful. Ideally, choose a person who knows the employee personally. One idea is to get the employee’s appreciative CUSTOMER to present award to him with a short speech of why he personally thinks this employee truly deserves the award. Can you imagine if the employee’s mother (or even grandfather) has been secretly invited to present the award to him on stage! A truly touching and memorable experience! Be creative when choosing the person who gives the award. Often, a little extra effort can have really significant effort.2. The Presenter must know about the reward. The presenter must know the name of the award. He must know the objective behind giving the award. He must know the criteria for winning so that he has a clear understanding of how qualified/committed the winner is so that his short speech should reflect this appreciation and admiration. So if you are the person who is sometimes selected to give an award, please take it seriously. It may not mean much to you, but it could mean the whole world to the person receiving the award. Maybe he has been waiting his whole life for this moment on stage! It is his moment of glory! Take it seriously or ask someone else to do it cos you don’t deserve to give the award! Sorry.3. Invite their colleague to comment on the winner. It is a good idea for someone else to say something nice about the winner on stage, to everyone who is present. This is another form of recognition that shows that other people also appreciate his effort.4. Give the winner a chance to comment. This is always a touching moment. The winner may not want to say anything, but it is always a good idea to offer him the opportunity anyway. You will be surprised at how he feels about this recognition that he has just received. However beware of those who would speak forever until he is “booed” off the stage! So make sure that he is given a maximum of 3 minutes to speak.Often, it is not the price of the prize. Often what makes it so significant, touching and memorable is the WAY in which the award is given. So give it sincerely. Your employee deserves it!

It’s NOT only About Money!(Part 1)

Page 8: Idul Fitri 1431H

LOOK FOR THE NEXT ISSUE

Monday 11th October 2010

For ad placement :T. +62 22 2031734, 2034336, 91109109

F. +62 22 2034264

Deadline for the designs :

Monday27th September 2010

Deadline for the contracts :

Friday 1st October 2010

8

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

EDUCATION, TRAINING & SELF IMPROVEMENT

Pernahkah pertanyaan ini muncul dalam percakapan atau dalam benak Anda? Jawaban apa yang Anda harapkan jika Anda mengajukannya kepada seseorang? Atau, jika Anda yang ditanyai, apa jawaban Anda? Alasan MenikahBerikut adalah beberapa kemungkinan alasan seseorang menikah sebagaimana dijelaskan oleh Robert Rajagukguk, M.A., Ph.D., seorang dosen psikologi di salah satu universitas swasta di Bandung, yang telah berpengalaman menolong dan memberikan konseling kepada pasangan-pasangan dan calon-calon pasangan.1. Menikah sebagai tugas perkembangan. Dilihat dari sudut pandang psikologis, menikah adalah salah satu fase dari tugas perkembangan seorang manusia. Dr. Rajagukguk menerangkan bahwa secara psikologis maupun sosial, seseorang yang telah memasuki usia dewasa muda (awal 20-an) dan usia dewasa (25s/d30-an) akan berharap dan diharapkan untuk menikah. Ketika ekspektasi tersebut tidak terpenuhi, tugas perkembangan menuju fase berikutnya bisa terhambat. Oleh karena itu, adalah hal yang wajar jika seseorang pada rentang usia tersebut merasa gelisah saat ia belum menikah dan berharap untuk menikah.2. Menikah untuk mendapatkan kemapanan.Seseorang yang merasa kurang mapan bisa termotivasi untuk mendapatkan kemapanan itu, baik secara sosial maupun finansial, dari sebuah pernikahan. Kemapanan ini berkaitan juga dengan kenyamanan. 3. Menikah untuk keluar dari situasi/tempat yang tidak disukai.Pernikahan bisa juga dijadikan tempat “pengungsian” saat seseorang ingin melarikan diri dari orang tuanya, keluarga besarnya, kotanya, atau situasi apa pun yang ingin ditinggalkannya.4. Menikah untuk menjadikan diri “lengkap”.Banyak lagu dan puisi, bahkan dialog film romantis, menyiratkan anggapan bahwa sang pria atau wanita belum menjadi seorang pribadi yang utuh sampai ia bertemu dengan pasangan hidupnya. Dr. Rajagukguk mengamati bahwa pernikahan terkadang juga diharapkan menjadi tempat bagi seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik. 5. Menikah untuk menyenangkan orang tua.Mungkin telah sering Anda mendengar tentang perjodohan yang dirancang oleh orang tua atau anak yang menikah untuk memenuhi keinginan orang tua atau walinya. Tampaknya hal ini terjadi bukan saja di 'tempo doeloe', tapi juga di abad ke-21 ini. 6. Menikah untuk mengalihkan kebergantungan.Motivasi ini bisa dimiliki oleh wanita atau pria yang bergantung pada orang tua, kemudian kebergantungannya itu dialihkan pada calon pasangannya.Menikah dan “Konsekuensi”nyaApapun alasan atau motivasi seseorang untuk menikah, pasangan yang hendak menikah perlu menyadari bahwa dalam pernikahan ada tanggung jawab. Dr. Rajagukguk menerangkan lebih jauh bahwa ketika seseorang memasuki hidup pernikahan, ia dituntut untuk memperhatikan suami/istrinya, tidak lagi berfokus pada diri sendiri. Oleh karena itulah dibutuhkan dua orang yang telah dewasa dan mandiri secara emosi, mandiri dalam pengambilan keputusan, juga mandiri secara sosial dan finansial. Ia perlu memahami bahwa pernikahan adalah sebuah komitmen, tidak sekadar “by default”, sesuatu yang secara otomatis saja terjadi, karena ada konsekuensi dari setiap piihan yang diambil. Oleh karena itu juga, pernikahan (the marriage, not just the wedding) memerlukan persiapan yang matang, bukan saja dalam hal materi, tetapi juga secara psikologis.Persiapan PsikologisDr. Rajagukguk menyebutkan bahwa ada tiga hal yang perlu dilakukan calon suami dan calon istri untuk mempersiapkan diri secara mental bagi hidup pernikahannya, yaitu mengenali diri sendiri, mengenali pasangan, dan menemukan hal-hal yang disepakati bersama. 1. Pengenalan diriBeberapa hal penting yang perlu disadari oleh setiap pribadi, terutama yang akan menikah adalah: mengenali kekuatan dan kelemahan diri sendiri, kebiasaan baik dan kebiasaan buruk,

cara membuat keputusan, kecenderungan dalam bersosialisasi, ketakutan-ketakutan yang masih dimiliki, harapan-harapan yang masih tersimpan atau sedang diperjuangkan, cara pandang terhadap spiritualitas, serta nilai-nilai hidup yang diyakini. 2. Pengenalan pasanganTidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang dapat berubah. Oleh karena itu, sejak awal menikah baik suami maupun istri perlu secara sadar berusaha untuk terus mengenali pasangannya. Setelah dipelajari dan dikenali, sifat-sifat dan keberadaan pasangan juga diterima. Pasangan adalah subyek yang dinamis dan pasti mengalami kemerosotan (deterioration) baik secara fisik dan mental. Kecantikan akan pudar dan kapasitas mental seseorang akan menurun seiring waktu. Pria atau wanita yang akan menikah harus menyadari dan mengakui fakta ini, sehingga kemerosotan itu dapat diterima, dan bahkan disyukuri. Kesadaran dan penerimaan akan terjadinya kemerosotan fisik dan mental pada semua orang juga akan membawa kita pada kemampuan untuk memaafkan pasangan. “Ia punya kekurangan; saya juga punya kekurangan. Ia berbuat salah; saya juga sering berbuat salah dan butuh dimaafkan”. Berita baiknya adalah diri spiritual kita justru berpotensi untuk mengalami pertumbuhan yang terus menerus, sehingga inilah yang seharusnya menjadi fokus.

Pengenalan pasangan mencakup pengenalan akan kebutuhan-kebutuhannya. Ada perbedaan mendasar antara pria dan wanita dalam memandang pernikahan. Wanita membutuhkan pernikahan untuk mendapatkan “rumah”, bukan dalam arti bangunan tempat tinggal semata, tetapi suatu tempat yang aman untuk menikmati kehidupan. Wanita memandang pernikahan dengan sense of romantism, di mana instingnya untuk nurturing dapat terpenuhi. Bagi kaum pria, yang cenderung goal oriented, pernikahan dihubungkan dengan ambisi pribadinya. Pria memandang pernikahan secara pragmatis, menghitung apa yang dapat ia peroleh dari pernikahan itu untuk mendukung tujuan-tujuan hidupnya. Kebutuhan-kebutuhan ini juga mendukung terbentuknya pembagian fungsi dan peran suami dan istri dalam pernikahan. Suami sebagai pemimpin dan bread winner, dan istri sebagai pengelola dan support system. Untuk memastikan bahwa pembagian fungsi dan peran berjalan baik, kepribadian calon pasangan adalah penting dikenali pada masa pacaran. Jika ada ketidaksesuaian pemahaman dan ekspektasi peran dalam pernikahan, lebih baik tidak menikah.3. Menemukan hal-hal yang disepakati bersamaPernikahan yang dimulai dan dijalani tanpa kesepakatan adalah satu perjalanan yang nekad. Ibarat kapal dengan dua nakhoda yang punya tujuan berbeda, pernikahan tersebut hanya akan diisi oleh chaos, “tidak akan ke mana-mana” atau pecah terbagi dua. Hal-hal penting yang sejak sebelum menikah perlu dikenali, apakah sepakat atau tidak, adalah:

a. Visi hidup. Apakah Anda dan pasangan memiliki kesamaan impian atau harapan tentang masa depan?

b. Nilai-nilai hidup. Apakah Anda dan pasangan memiliki kesamaan pandangan tentang apa yang benar dan tidak benar, yang boleh dan tidak boleh, yang penting dan tidak penting?

c. Ekspektasi peran dan fungsi dalam pernikahan. Seperti yang disebutkan dalam penjelasan butir 2, Anda dan pasangan perlu memastikan ada kesesuaian dalam ekspektasi masing-masing mengenai peran dan fungsi sebagai suami dan istri.

d. Pandangan mengenai uang. Masalah keuangan sangat krusial dalam kelanggengan hidup pernikahan. Sejak sebelum menikah, harapan dan sikap mengenai usaha mencari uang, pengelolaan, dan penggunaan uang harus disepakati.

Tentu saja masih ada hal-hal lain yang membutuhkan diskusi dan kesepakatan antara calon suami dan calon istri. Ketiga hal di atas adalah beberapa di antara yang paling utama.Marriage is a major decision. Segala keputusan yang berkaitan dengan pernikahan akan menentukan kualitas hidup seseorang. Oleh karena itu, selain persiapan materi dan fisik, calon suami dan calon istri pastinya juga harus mempersiapkan diri secara psikologis.

(Rusmi Simbolon)

Menikah: Sudah Siap Batin?

Image: photobysondhiar signature + glam photoloft

Page 9: Idul Fitri 1431H

9

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

EDUCATION, TRAINING & SELF IMPROVEMENT

w w w.bandungadver tiser.com

Kapan biasanya kita mulai menanyakan kembali pertanyaan tersebut? Mungkin ada yang menjawabnya “pada saat kita sedang terpuruk ”atau mungkin“ pada saat kita mulai kehilangan arah hidup yang ingin kita tuju ”atau mungkin“ pada saat kita mulai memikirkan apa yang sebenarnya kita cari dalam hidup ini?”. Masih banyak kemungkinan lain yang memungkinkan pertanyaan “siapakah saya?” itu muncul dalam benak kita.Melalui satu pertanyaan “siapakah saya?” akan muncul segudang pertanyaan lain mengenai diri kita. Pada umumnya dari pertanyaan ini orang mulai mencari tahu lebih banyak mengenai dirinya. Mula-mula, biasanya kita akan mencari kelebihan dan kekurangan kita, selanjutnya ketika ada orang yang bertanya lagi kepada Anda mengenai “siapakah Anda?” jawabannya: “Saya adalah John, orang yang pintar secara akademis, sabar dan murah hati, namun saya memiliki kekurangan yaitu kurang percaya diri dan penakut”. Segala bentuk pengetahuan mengenai kelebihan dan kekurangan diri, akan Anda munculkan untuk menjawab pertanyaan “siapakah saya?”. Namun, ketika seseorang menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban kelebihan dan kekurangannya apakah dirinya benar-benar sudah mengetahui tentang dirinya yang sesungguhnya? Jawabannya “TIDAK”.

Mengapa “TIDAK”? Karena pada dasarnya ketika kita mengisi otak kita dengan pengetahuan tentang diri kita untuk menjawab pertanyaan “siapakah saya?” akan terjadi banyak sekali jawaban-jawaban yang bertentangan. Jawaban yang bertentangan dapat berasal dari diri Anda sendiri atau mungkin dari orang lain. Misalnya, seseorang memiliki pengetahuan tentang dirinya bahwa dirinya adalah orang yang murah hati. Namun, bagi orang lain kemurahan hati tersebut dipandang sebagai bentuk kepura-puraan belaka

atau sebagai orang yang berpura-pura murah hati. Hal tersebut cenderung akan membuat orang yang

bersangkutan merasa gelisah selamanya. Tentu saja contoh tersebut hanyalah salah satu contoh dari sekian banyak pertentangan yang akan Anda temui apabila Anda menjawab pertanyaan “siapakah saya?” dari pengetahuan tentang diri Anda.Salah satu contoh tokoh yang gagal dalam menemukan “siapakah dirinya” adalah Marlon

Brando. Marlon Brando merupakan aktor yang sangat tenar di tahun 1960an-1970an terutama

setelah membintangi film The Godfather. Ia dianggap sebagai salah satu aktor terbesar di Amerika pada abad kedua puluh. Namun, Marlon Brandon dengan segala kelebihannya sebagai aktor ternyata memiliki penghayatan akan masa lalu tentang ayahnya yang sangat buruk. Bahkan Marlon Brando sempat mengatakan disalah satu majalah "Jika ayah saya masih hidup hari ini, saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan". Setelah ia meninggal, aku sering berpikir, “Tuhan, berikan ayah saya kehidupan lagi walau hanya untuk delapan detik karena saya ingin menghancurkan rahangnya”. Kita melihat dalam kutipan tersebut bahwa Marlon Brando selalu dibayangi oleh masa lalu yang pahit mengenai ayahnya dan pada akhirnya menghambat penemuan tentang dirinya meskipun Marlon Brando tahu bahwa ia adalah aktor besar dijamannya. Banyak teman-teman Marlon Brando yang mengatakan bahwa sampai dengan meninggal Marlon Brando belum menemukan apa yang dia cari dalam hidupnya.Melihat sekilas dari kisah hidup Marlon Brando, mari kita renungkan pertanyaan penting ini “SIAPAKAH SAYA?” dari sudut pandang yang berbeda. Pertanyaan “SIAPAKAH SAYA?” pada dasarnya lebih berkaitan dengan “SEBERAPA BANYAK ANDA MAMPU MENERIMA DIRI DAN KEHIDUPAN ANDA”. Misalnya, ketika seseorang mampu “menerima” bahwa dirinya sulit untuk membina relasi yang harmonis dengan pasangannya maka dia sudah tidak perlu mencari alternatif jawaban yang lain mengenai kekurangan dirinya yang satu itu. Melainkan dia akan mencari solusi bagi kelemahan dirinya tersebut dan dirinya akan berkembang dengan lebih baik. Contoh yang lain, ketika seseorang mampu “menerima” bahwa dirinya pintar maka dia akan dengan mudah mengembangkan kemampuan-kemampuannya yang lain. Bahkan untuk menjawab pertanyaan “siapakah saya?” Anda harus mampu menerima segala bentuk masa lalu Anda, baik yang menyenangkan maupun yang sangat pahit.Oleh karena itu, pandanglah pertanyaan “SIAPAKAH SAYA?” dari sudut pandang PENERIMAAN DIRI. Dengan demikian, anda tidak akan lagi dibayang-bayangi dengan pertentangan mengenai pengetahuan tentang diri Anda.Selamat Menemukan DIRI Anda yang SESUNGGUHNYA…! Heart & Determination Trainingwww.hnd-training.com

SIAPAKAH SAYA…?Mungkin Anda pernah

membaca buku dengan judul seperti

di atas. Atau mungkin Anda pernah membaca

artikel dengan judul yang sama persis dengan artikel ini

bahkan mungkin Anda pernah menyaksikan

film dengan judul Who am I? yang dibintangi oleh

aktor yang sangat terkenal yaitu Jacky

Chan. Tidak jadi soal apakah Anda pernah membaca

artikel dengan judul yang serupa dengan

artikel ini karena pada dasarnya pertanyaan

“siapakah saya?” akan selalu muncul

setiap saat.

Image: sxc.hu

Page 10: Idul Fitri 1431H

CHARCOAL OXTAIL BBQ Untuk 6 porsiBahan:2 kg buntut sapi segar ; 3 lt air untuk merebus ; 1 lembar daun salam ; 1 buah wortel, kupas, potong dengan panjang 4 cm ; 1 batang bawang daun, ambil bagian putihnya, potong panjang ; 3 cm jahe di memarkan ; 2 sdt garamSauce BBQ:3 sdm mentega ; 8 siung bawang merah, haluskan ; 4 siung bawang putih, haluskan ; 100 g (1 buah) bawang bombay, cingcang halus ; 400 ml saus BBQ siap pakai ; 3 sdm saus sambal botolan ; 3 sdm madu ; 1 sdt garam Pelengkap:250 gr buncis segar, siangi, rebus ; 250 gr wortel, rebus, potong dadu 1 cm ; 500 gr french fries, gorengCara Membuat:• Rebus buntut sapi segar bersama 3 lt air lalumasukan daun salam,wortel, bawangdaun,

seledri dan garam menggunakan pressure cooker selama 30 menit. Tiriskan lalu sisihkan• Bumbu:panaskanmentega,tumisbawangmerah,bawangputih,danbawangbombayhingga

harum• Masukansisabahan,adukrata,didihkanlaluanggkat• Lumuribuntutsapidengan¼bagiansaus,simpandalamlemariessemalamanagarbumbunya

meresap, sisihkan• Panaskanbaraapiatauwajanbergerigi,bakarbuntutsapihiggakecoklatandanharum,olesi

sesekali dengan sisa bumbu, anggkat• SajikanbuntusapibakardisertaipelengkapdansisabumbuBBQ

ITALIAN COMBO (untuk 6 porsi)Bahan:150 gr beef tenderloin ; 100 gr spaghetti ; 3 lt air untuk merebus ; 1 sdt garam ; 150 gr keju

10

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

FOOD & ENTERTAINMENT

How to CookChef Tommy IbrahimKayu Manis Restaurant - Posters Hotel Mice

mozarrela Bumbu olesan:angsiu 1/2 sdm ; merica bubuk 1/2 sdt ; garam secukupnya ; minyak goreng 1 sdmSaus:3 sdm mentega ; 8 butir bawang merah (dihaluskan) ; 100 gr bawang bongbai (cincang halus) ; 2 cm jahe memarkan ; 400 ml saus tomat ; 1 sdt garam ; merica secukupnyaCara Membuat:• Bumbuolesan:campursemuabahan,aduk

rata dan sisihkan• Iristenderloinmenjadi5potong,taburidagingdengantenderizerdanlumuridenganbumbu

olesan, diamkan selama 30 menit• Rebusspaghettidengan3 ltairdangaramhinggamatang, tiriskandansisihkan lalu tumis

bawang bombay sampai harum dan masukan spaghetti • Saus: panaskan mentega, tumis bawang merah dan bawang bombay hingga harum.

Tambahkan merica, jahe, tumis hingga aroma keluar. Tuang saus tomat dan tambahkan garam. Didihkan, angkat dan sisihkan.

• Panggang daging hinggamatang, angkat dan sajikan daging bersama kejumozarella lalubakar sampai keju meleleh

• Sajikan spaghetti, daging, mozarella panggang,dansaus

TROPICAL FRUITY SALAD with CREAMY CHESSE SAUCE(untuk 6 porsi)Bahan:2 butir kelapa muda, keruk dagingnya ; 75 gr anggur merah, belah menjadi 2 bagian ; 100 gr nanas segar potong bentuk dadu ½ cm ; 100 gr melon segar potong bentuk dadu ½ cm ; 125 gr keju cheddar parutSauce:100 gr keju krim ; 2 sdm gula bubuk ; 75 ml susu kental manis ; 75 gr keju cheddar, potong dadu½ cm ; 2 sdm air jeruk lemonCara Membuat:• Saus: kocok keju krim bersama gula bubuk hingga

lembut, masukan susu kental manis, aduk rata• Tambakan keju dan air jeruk lemon, aduk rata, anggkat, simpan dalam lemari pendingin,

sisihkan• Campurdagingkelapa,anggurmerah,nanassegardanmelonsegar• Tambahkansaus,adukrata,taburikejuparut,dansajikan

Page 11: Idul Fitri 1431H

11

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

FOOD & ENTERTAINMENT

For further information and registration, please contact campus Markplus Institute of Marketing

Jl. Terusan Dr. Ir. Sutami kav 7 - 8 BandungT: (022) 2005 335, F: (022) 2005 337

Please inform your events to [email protected] or

fax to +62 22 2034264

EVENTS IN SEPTEMBER ‘10

SEMINARHow to Creat COMMUNITY – BASED CSR PROGRAMME Host: Husin Wijaya, Practice, Mark Plus Institute of MarketingKamis, 23 September 2010, Hotel Hilton BandungPukul 13.30 – 21.00 wib

PARENTS & TEACHERS SEMINAR “Developing Children’s Potentials, Talents, and Character Building Through EMERGENT CURRICULUM”Saturday, October 2, 2010 10.00 am – 12.00 pm

PARENTS & TEACHER COURSEBagaimana Menciptakan Interaksi Yang Efektif Dengan Anak-Anak dan Bagaimana Mengembangkan Potensi Anak Sambil Bermain October 3 – 5 , 2010 9.00 am – 4.00 pm

For further information and registration, ACSC (Australian Child Studies Centre)

Jl. Kiputih No. 7A Ciumbuleuit, BandungT: (022) 203 1631 / 7072 6837 / 0818 0925 2627

Memilih Katering PernikahanResepsi pernikahan

diadakan karena salah satunya bertujuan untuk merayakan

sebuah momen terpenting dari

sepasang manusia yang baru mengikat

komitmen untuk hidup dalam satu bahtera rumah tangga demi

terciptanya keluarga yang bahagia.

Tentu saja dalam acara resepsi ini, kepuasan dari seluruh tamu undangan merupakan pencapaian utama yang menjadi parameter kesuksesan dari keseluruhan acara resepsi. Banyak faktor yang menentukan kesuksesan dalam mengadakan sebuah resepsi pernikahan. Salah satu faktor yang memberikan pengaruh cukup signifikan bagi kepuasan para tamu undangan yaitu katering.Sebelum mengadakan sebuah resepsi diperlukan serangkaian persiapan mulai dari menentukan konsep acara hingga mencari pihak-pihak pendukung acara resepsi yang ingin Anda selenggarakan, salah satunya adalah mencari dan memilih pengusaha catering mana yang akan menyediakan santapan lezat dan memberikan pelayanan terbaik kepada tamu-tamu undangan Anda dalam acara resepsi. Berikut beberapa tips yang dapat Anda jadikan pedoman dalam mencari dan memilih pengusaha katering:Carilah katering yang dapat memberikan bonus tambahan jenis makananBonus di sini menjadi begitu penting karena pada kenyataannya sering terjadi jumlah makanan tidak mencukupi untuk seluruh tamu yang datang pada acara resepsi, maka bonus ini bisa menjadi penyelamat Anda. Namun Anda harus hati-hati karena tidak sedikit pengusaha katering yang seolah-olah memberikan bonus dengan baik hati padahal bonus tersebut diambil dari jumlah makanan yang Anda pesan, misalnya Anda memesan 500 porsi lalu ternyata hanya dibuatkan 400 porsi dan yang 100 porsi sisanya dialihkan ke “bonus” yang seolah-olah diberikan oleh pengusaha katering tersebut.

Pilihlah katering yang memberikan garansi produk makanannyaBiasanya pihak pengusaha katering akan mengundang kliennya untuk mencicipi tester makanan sesuai dengan menu yang sudah dipesan sebelumnya, lalu apabila ada kekurangan dapat Anda kemukakan langsung pada saat itu juga. Adapun pihak katering yang nakal dengan cara memberikan tester yang bukan produk mereka dan alhasil rasa makanan yang hadir pada acara resepsi Anda menjadi berbeda dengan saat mencicipi makanan tester, selain itu mungkin pula terjadi makanan yang datang pada acara resepsi ternyata sudah dalam keadaan tidak layak makan atau sudah basi. Oleh karena itu pihak katering yang mampu memberikan garansi terhadap produknya yang tidak sesuai dengan tester ataupun dalam keadaan basi, dapat dijadikan referensi pilihan sebagai penyedia makanan dalam acara resepsi Anda.Katering yang mau membuka dapurnya ke klien jauh lebih baikBeberapa pengusaha katering ada yang tertutup dalam hal proses pembuatan produknya, namun tidak sedikit pula pengusaha katering yang dengan besar hati mempersilahkan kliennya untuk menyaksikan proses pembuatan makanannya di dapur. Hal ini begitu penting mengingat banyak zat-zat berbahaya (pewarna pakaian, dll) yang dijadikan bahan makanan dan dengan mudahnya bisa didapatkan di pasaran, selain itu dengan Anda dapat melihat dapurnya maka Anda bisa menilai kehigienisan proses pembuatannya.Tanyalah sebanyak mungkin, dan perhatikan kesabaran pengusaha katering menjawab pertanyaan Anda

Hal ini mungkin sepele, namun dari sinilah Anda dapat menilai sejauh mana pelayanan dari pengusaha katering tersebut. Semakin sabar si pengusaha dalam menjawab boleh jadi merupakan cerminan mereka dalam melayani para tamu dalan acara resepsi Anda nantinya, dan dengan kesabaran itulah makanan-makanan lezat dapat dihasilkan.Jadi bukan hanya kelezatan makanan yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan katering, namun juga kualitas pelayanan yang diberikan kepada para tamu undangan menjadi begitu penting mengingat kepuasan bukan hanya datang dari lidah tetapi dari seluruh indera yang dimiliki oleh manusia.

(Sumber: mudahmenikah.wordpress.com)

Image: sxc.hu

Coca- Cola Jawa Barat memberikan santunan bagi ratusan anak yatim piatu pada sejumlah kota di Jawa Barat dalam rangka mengisi Bulan Suci Ramadhan serta menyambut Idul Fitri 1431 Hijriah.Pemberian santunan itu telah dilakukan di beberapa kantor Distribusi Coca-Cola di Jawa Barat. Acara santunan sekaligus berbuka puasa bersama Karyawan, Management dengan ratusan anak yatim piatu dan dilanjutkan dengan kegiatan berbuka puasa dengan Media di Kota Bandung, Cirebon dan Sumedang. Selain santunan bagi anak yatim, Coca-Cola juga melakukan kegiatan berbuka puasa bersama dengan Hard Rock FM, I Radio Bandung di beberapa hotel dan Café di Kota Bandung.Hampir setiap tahun Coca-Cola Jawa Barat menyelenggarakan acara serupa, “Alhamdulilah kami bisa berbagi kembali bersama ratusan Adik-adik Yatim Piatu di beberapa kota di Jawa Barat

ini, memang apa yang kami bagikan ini tidak seberapa, tetapi sebuah kebahagian karena bulan Ramadhan yang penuh berkah ini kami bisa sangat dekat dan melihat keceriaan terpancar dari wajah-wajah lugu mereka” papar Budi Supriadi General Manager Coca-Cola Amatil Indonesia unit Jawa Barat.Kegiatan Ramadhan Coca-Cola, tambahnya, merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mewujudkan kepedulian serta keharmonisan perusahaan yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia.Khusus untuk Kota Bandung, selama dua minggu lalu kami dibantu teman- teman Radio dan Bike To Work juga membagikan makanan Takjil dan Frestea untuk Warga Bandung yang melewati Jalan Merdeka dan Jalan Purnawarman Bandung, pungkas Indah Triyanti – Corporate Affairs Manager Coca-Cola Amatil Indonesia.

Coca-Cola Jawa Barat Berbagi Kasih di Ramadhan 1431 HAjak ratusan anak Yatim Piatu Berbuka Bersama di sembilan kantor distribusi Jawa Barat

Page 12: Idul Fitri 1431H

A 09 / Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

photobysondhiar signature + glam photoloftmodel : noreen makeup & hairdo : merlin christina 08122009394gown : rudy liem 022 92144351 hand bouquet : chloe

Menentukan budget maximum yang akan dikeluarkan, akan sangat menentukan besar pesta anda. Jumlah budget juga akan membantu anda menentukan alokasi biaya dan priorotasnya dalam pesta penikahan, serta akan mempengaruhi pemilihan vendor mana yang harus anda pilih.Tentukan tanggal pernikahan berdasarkan perundingan dari kedua keluarga dan juga orang-orang penting lainnya yang akan terlibat dalam pesta pernikahan. Ada baiknya menentukan tanggal yang tidak terlalu banyak dipilih oleh pasangan lain, karena akan terjadi beberapa kesulitan dalam memilih vendor favorit. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat pernikahan (venue); kapasitasnya sesuai dengan keperluan anda, mudah dijangkau, tersedia lapangan parkir yang luas dan aman, kapasitas listrik besar atau tambahan genset, menyediakan fasilitas tambahan seperti panggung, sound sytem dan lighting karena fasilitas tersebut akan mengurangi budget total anda, menyediakan fasilitas kursi untuk tamu dan menyediakan vip room untuk keperluan keluarga pengantin.Selain tempat pernikahan, hal lain yang harus diperhatikan dalam menyiapkan pesta pernikahan adalah:• Pilih MC yang mempunyai kemampuan sesuai dengan jenis pesta anda,

sesuaikan juga dengan tamu-tamu yang akan diundang.• Entertain,pilihyangsesuaidengantemapestaandadansesuaikanjenislagu

yang akan anda pilih. Pastikan anda memesan peralatan sound sytem yang baik, juga cukup mengcover seluruh area ruangan, hingga suasana pesta jadi maksimal, tidak lupa untuk tetap mengingatkan pihak entertain untuk mengatur volume suara, tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar sehingga menggangu kenyamanan para tamu undangan. Jika anda mengadakan pesta kebun jangan lupa menyediakan tenda khusus untuk area panggung entertain dan alat-alat sound sytem, untuk menghindari pengaruh dari cuaca buruk.

• Untukmemilih vendor foto dan video, pilihlah yang gaya dan kualitasnyasesuai dengan keperluaan dan budget anda. Mintalah detail tertulis, untuk hal-hal yang terdapat dalam harga paket mereka, pastikan untuk berkoordinasi mengenai tema pesta anda. Ingatkan pihak foto dan video agar saat mereka menginstalasi kabel-kabel, jangan sampai ada kebel yang menggangu mobilitas tamu dan pengantar makanan.

• Petugasyangakanmensahkanpernikahananda,pilihmerekayangpunyaikatan baik dengan calon mempelai, agar acara bisa lebih berlangsung lebih intim dan sakral, jangan lupa untuk memberikan seluruh susunan acara pada mereka yang akan bertugas untuk menghindari keterlambatan acara.

• Wedding Organizer Pilih yang sesuai budget anda, dan yang paling mengerti segala kebutuhan anda dari awal hingga akhir acara, pilih juga team yang benar-benar mampu menangani keseluruhan acara mulai dari pagi hingga malam hari, mereka yang menguasai ritual tata cara budaya tertentu akan menjadi pilihan yang lebih baik.

• MakeupPilihlah makeup artist yang dapat mengerti kebutuhan anda, yang mengerti untuk membuat anda menjadi anggun, tanpa merubah diri anda yang sesungguhnya. • KateringPastikan anda memesan secukupnya, jika misal anda mengeluarkan 500 undangan, untuk keamanan anda sebaiknya memesan 1000 pax, tapi jika pada tanggal tersebut banyak undangan, anda bisa memesan 1,5 dari jumlah undangan yang anda sebarkan. Pastikan anda mempunyai cadangan minimum 10 persen dari total yang anda pesan.• DekorasiPilih team dekorasi yang dapat merancangkan design pelaminan dan menghias seluruh bagian gedung dengan budget yang sesuai yang anda berikan. • BungabuketdancoarsePilihlah yang sesuai dengan tema dekorasi dan gaun yang anda kenakan, jika anda memesan bunga segar, pastikan anda tidak meyimpan di tempat yang panas unutk menghindari kerusakan pada buket anda.• KuepengantinPilih kue yang sesuai dengan tema dekorasi, dan tingkat kue yang dibuat, disesuaikan dengan besar dekorasi, besar gedung dan tinggi gedung, jangan sampai kue terlihat terlalu besar atau terlalu kecil, kue pengantin harus menjadi satu kesatuan dengan keseluruhan dekorasi anda.• Bridal gown, jas dan segala keperluannyaVendor ini biasanya baru akan bekerja aktif 4 bulan sebelum pesta pernikahan. Lakukan pemilihan gaun dan jas yang nyaman karena gaun dan jas tersebut akan dipakai sepanjang hari, jangan sampai menggangu kenyamanan anda, pilih model yang sesuai dengan kebutuhan anda, jangan ragu untuk memberikan masukan pada perancang pakaian anda sehingga terjadi keinginan anda tercapai juga disempurnakan oleh masukan dari perancang.• Undangan&Thank you gift Vendor-vendor ini bisa melayani banyak pasang mempelai, sehingga mempelai tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pelayanan mereka. Pilihlah vendor yang benar-benar berpengalaman agar dalam proses pengerjaan dan finishing semuanya berada dalam waktu yang ditentukan, karena undangan menjadi hal pertama yang akan digunakan menjelang pesta dimulai.• Tentukan sejak awal berapa orang panitia dari teman dan keluarga yangakan terlibat untuk menyempurnakan hari pernikahan anda, pilihlah teman dan keluarga yang tidak terlalu sibuk dan mempunyai komitmen penuh untuk mendukung keseluruhan acara anda hingga acara anda bisa berlangsung dengan sempurna. • KonsumsiuntukpanitiaKorrdinasikan dengan panitia atau wedding organizer anda mengenai pemesanan konsumsi untuk seluruh panitia yang bertugas.

angelina kimas dian-clavele wedding organizer

PERSIAPAN PERNIKAHANPernikahan pada

umumnya menjadi hari yang banyak dinantikan

banyak pasangan yang telah menjalin

hubungan serius dan mempunyai rencana

untuk meresmikan hubungan tersebut.

Pesta pernikahan yang diidam-idamkan

haruslah direncanakan dengan cermat sejak proses awal. Berikut

adalah beberapa urutan rencana yang

perlu anda ketahui sebelum anda

merencanakan sebuah pesta pernikahan.

Image: sxc.hu

Page 13: Idul Fitri 1431H

B09 / Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

The things that people in love do

to each other, they remember. If they

stay together, it's not because they forget.

It's because they forgive

QUOTES

Page 14: Idul Fitri 1431H

Cinta memang selalu disimbolisasikan dengan cincin kawin bermata berlian putih. Putihnya berlian menandakan ketulusan hati kedua mempelai. Kerasnya berlian yang terbentuk dari karbon yang mengkristal selama jutaan tahun menggambarkan kekekalan dan kesetiaan dalam ikatan perkawinan. Karena berlian merupakan mineral terkeras di dunia, ia hanya bisa dipotong dengan dirinya sendiri. Kelangkaan dan keistimewaannya membuat berlian menjadi batu mulia yang cukup mahal.Apabila anda berencana membeli cincin kawin berlian, sebaiknya anda memahami seluk beluk berlian terlebih dahulu. Ini penting karena nilai jual atau harga batu berlian tidak seperti emas dan perak yang relatif sama dengan takaran berat tertentu. Nilai berlian dipengaruhi lima elemen yang dikenal dengan istilah 5C, yaitu carat (karat), clarity (kejernihan), color (warna), cut (potongan) dan certificate (sertifikat).Carat (Karat)Karat merupakan ukuran berat berlian. Marc Brauner, penulis A Rainbow of Diamonds yang dimuat di majalah Solitaire edisi Juni 2005, menyebutkan bahwa dibutuhkan lima ton tanah dan bebatuan untuk menemukan satu karat berlian kasar dan setengah karat berlian yang ‘bersih’. Selain itu, bila disesuaikan dengan satuan gram, satu karat setara dengan 0,2 gram. “Satu karat masih dipecah lagi menjadi 100 unit,” tambah Tina Sze, dalam sebuah tulisannya di majalah yang sama edisi Desember 2002. Artinya, apabila anda menemukan sebuah batu berlian sebesar 0,7 karat, maka berlian tersebut setara dengan 0,14 gram. Menaksir harga sebuah berlian berdasar besar karatnya itu tidak seperti menaksir harga emas yang relative sama berdasar beratnya. Harga sebuah berlian 4 karat tidak sama dengan jumlah harga empat berlian 1 karat. Ini disebabkan kelangkaan berlian berkarat besar. Tidak itu saja, perbedaan unit yang sedikit saja bisa menyebabkan perbedaan harga yang sangat tinggi. Harga berlian 2 karat bisa berjuta-juta rupiah lebih mahal disbanding berlian 1,98 karat. Hal ini tentunya bisa dijadikan pertimbangan pasangan yang ingin membeli berlian berkarat cukup besar tanpa mengeluarkan banyak uang.Clarity (Kejernihan)Kejernihan sebuah berlian ditandai dengan kecemerlangannya dalam menangkap sekecil apapun cahaya dan memantulkannya kembali. Inilah yang diistilahkan dengan ‘berkedip-kedip’ atau yang mendasari peribahasa ‘bagaikan berlian di dalam lumpur’. Menurut wikipedia, kejernihan berlian ini dipengaruhi adanya ‘kotoran’ berupa mineral lain dan keretakan pada permukaan atau dalam berlian. Campuran mineral dan keretakan inilah yang menyebabkan berlian terlihat kurang berkilau atau ‘butek’. Gemological Institute of America (GIA) merupakan salah satu acuan internasional dalam standarisasi pengukuran kejernihan berlian.

Kejernihan tertinggi diberi label dari yang terbaik berupa ‘flawless category (FL)’ , diikuti ‘very very slightly included (VVS)’ hingga ‘included category (I) sebagai kategori terendah. Namun, tak sedikit yang menganggap beberapa ‘cacat minor’ ini menjadi salah satu keistimewaan berlian tersebut. Bukankah dalam seni pun ketidaksempurnaan menciptakan keindahan? Color (Warna)Lazimnya, cincin kawin menggunakan mata berlian berwarna putih yang identik dengan kesucian pernikahan. Semakin putih warna berlian, semakin

mahal pula harganya. Namun, secara kasat mata, berlian yang benar-benar berwarna putih dengan yang memiliki campuran warna lain sangat sulit dikenali. Satu-satunya cara mengetahui warna berlian tersebut adalah melalui pemeriksaan laboratorium seperti yang bisa anda lakukan beberapa toko perhiasan lokal. Meskipun berlian putih banyak diincar para calon pasangan pengantin, bukan berarti harga berlian putih menjadi yang termahal di pasar berlian. Teori berlian putih itu termahal telah dipecahkan dalam lelang Sotheby’s di New York pada tahun 1987. Sebuah berlian berwarna merah keunguan terjual dengan harga lebih dari sembilan ratus ribu dolar amerika serikat. Silakan kalkulasikan sendiri nilainya dengan kurs saat ini, lalu kalikan lagi dengan persentase inflasi sejak tahun tersebut.Cut (Potongan)Ada empat jenis potongan berlian yang umum; yakni oval, marquis, pear, hati, emerald dan baguette. Namun bukan jenis-jenis bentuk potongan ini yang menentukan harga berlian. Namun keakuratan dan kerapian potongan berlian yang mempengaruhi kualitas pantulan sinar yang masuk melaluinya.Certificate (Sertifikat)

Ini adalah elemen terkini yang mengubah konsep penilaian kualitas berlian sebelumnya yakni 4C. Meskipun tak semua

toko perhiasan yang menjual berlian menyertakan sertifikat berkelas internasional seperti

sertifikat berlian yang dikeluarkan Gemological Institute of America

(GIA), namun setidaknya dalam surat pembelian cincin kawin berlian, kualitas karat, kejernihan, warna dan

potongan selalu tertera. Anda memerlukan sertifikat ini tak saja sebagai

pengetahuan pribadi atas berlian yang anda miliki, namun sebagai kekuatan hukum saat anda ingin menjualnya atau menuntut toko perhiasan terkait apabila ternyata kualitas berlian yang anda beli tidak seperti yang tertera di sertifikat mereka. Untuk lebih aman, belilah cincin kawin bermata berlian selalu di toko-toko perhiasan yang menyertakan sertifikat dari Gemological Institute of America (GIA), American Gemological Laboratories (AGL), International Gemological Institute (IGI), HRD/Antwerp Diamond High Council, dan Schweizerische Stiftung fur Edelstein-Forschung (SSEF).Dengan panduan 5C, anda bisa lebih memahami hubungan harga dan kualitas berlian. Anda pun bisa menyesuaikan dana anggaran anda dengan berlian yang diinginkan. Contohnya, apabila anda menginginkan cincin kawin berlian berkarat besar dengan anggaran terbatas, anda bisa mengorbankan kualitas warnanya tanpa mengabaikan kejernihan dan potongannya. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan cincin berlian yang sangat jernih, dengan potongan dan warna yang cemerlang meskipun harus dalam karat yang kecil. Semua kembali kepada anggaran dan keinginan anda. Yang terpenting, anda menemukan cincin kawin berlian yang akan menjadi kenangan kisah cinta berdua. Selamat menemukan cincin kawin berlian idaman, ya!

Muhammad Reza

14

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

GARMENT & FASHION

QUOTES

Did you ever look in the mirror so long that your face doesn’t make sense anymore? It just becomes all these shapes. Just shapes – not good or bad

BerlianSEABADI JALINAN CINTA

Kilau berlian pada cincin kawin di jari

manis anda memberi tahu dunia bahwa hati

anda dengan resmi telah terpaut kepada

seseorang. Tidak sekadar berkilau,

berlian yang tertanam di cincin kawin juga

menyuarakan selera dan pemahaman

anda akan batu mulia yang dikenal sebagai

lambang cinta ini.

Image: sxc.hu

Page 15: Idul Fitri 1431H

15

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

GARMENT & FASHION

LOOKING FOR A FRIEND... A COMPANION...

MR RIGHT... MISS PERFECT...

A SOULMATE OR MAYBE JUST

A PEN FRIEND ?

ONLY RP. 7.500,-/ LINE. MIN. 2 LINES, MAX 10 LINES. ALL ADS WILL BE PUBLISHED

IN THE NEXT ISSUE

Please apply together with your ID (ID card, driving license, etc)

I SEEK YOUARE YOU ALL ALONE ?

Ask The Expert

Many brides are so emotionally attached to the dream of the perfect wedding dress and would spend a fortune to have it. They tend to forget the most important essence of the wedding; the marriage itself. The wedding is where the bride and groom celebrate their vow. Focusing too much on the wedding dress is however a slight form of silent war between women to be the best of their peer. Yes, you can compete on dresses in some cocktail parties. But when it’s your own wedding, who do you compete with?A designer’s wedding gown could cost as much as a new Porsche car. It’s not a problem if you’re born rich, but when your man and you are still building your career and saving for the house, the designer’s gown would be an obvious unnecessary expense. That would be a very selfish of you, too.Looking fabulous on your wedding day doesn’t have to result in debt. It doesn’t mean you should wear a sad wedding dress either. So, what’s a smart bride to do? 1. Make your own wedding gownA designer’s gown costs a fortune for the high quality of the fabric they use, the craftsmanship/trimming they do on the gown, and the authentic design of the designer value. You could save a lot by commissioning your trusty tailor/dress maker to do your gown. Find your perfect model of the dress on the wedding magazine. This way you could save more money because you don’t need to fit or customize your dress since the dress is sewn your size. Ask advice about the fabric to your tailor. Rayon is much affordable substitute for expensive silk. It’s easier to sew as well. It’s difficult to differ silk and rayon only by look. So the gown would still look lavish and glamorous on your wedding picture. Since the gown would be stored on your wardrobe forever, who would care if it’s rayon?A designer’s wedding gown is so expensive for its ornamentation as well. Swarovski crystals beading, French lace, or other details cost hours of hand works and expertise. For your own wedding gown, find the simple model and accessorize it. You could accentuate your gown with a crystal tiara, your grandmother pearl choker, or perhaps simply your flawless skin.2. Borrow your mother’s wedding dressI believe many mothers-or grandmothers- want her daughter wear their wedding gown. How many times we hear the story of two sisters fight for the dress? If you have the chance to wear the legacy, feel lucky. Yes, her wedding dress might be a little retro for the moment so that a tailor would be needed for help. 3. Rent a wedding dressThis is the real benefit of those hours spent in the gym to get your perfect figure. If you work hard for the model size, you could easily slip to the rental wedding gown. This might be the best option to economies. You could experience the

high quality dress without spending money as much as on the price tag. Many wedding organizers and bridal boutiques provide this rental. 4. Buy the new young designer’s wedding gownsThat’s why we always love young designers. They make quality clothes with introductory prices. Investment-wise, the dress value could double in the future when it’s regarded vintage designer’s gown. Quite smart purchase, isn’t it?Just like being in relationship, you have to be logical in your wedding plan. Don’t spend emotionally for this day to remember. You don’t want to remember how you lost those big money in the future, right? Be a pretty and smart bride.

Muhammad Reza

BE PRETTY AND SMART BRIDEThe wedding dress is very special but it doesn’t have to make you broke

Wedding dress, or gown, is the only one

you cherish to wear once in a life time. A

wedding dress is a manifestation of your

psyche; your Cinderella fantasy. Fashion-wise, the dress is the piece that personifies your fantasy yet fits your

figure, skin tone and taste. Money-wise, the

dress won’t suspend your any other need

such as house-purchasing plan.

photobysondhiar signature + glam photoloftmodel : noreen makeup & hairdo : merlin christina 08122009394gown : rudy liem 022 92144351 hand bouquet : chloe

Ingin tampil modis saat hamil bisa menjadi tantangan bagi para moms to be. Pilihan model dan ukuran yang terbatas, pakaian hamil yang tergolong mahal dengan masa pemakaian yang singkat dapat menjadi penyebabnya. Tetapi ada cara-cara yang praktis untuk mengatasinya - yang dapat membuat saat berbelanja jadi lebih menyenangkan!Ketahui keperluan basic-nyaMengetahui yang perlu dan pas, akan sangat membantu kita memilih dengan percaya diri. Berikut beberapa tips dari kami; beberapa tshirt/ blouse dengan model dan motif basic, tank top dan bolero selalu menjadi favorit karena mudah untuk mix and match. Pilihlah juga dress dengan potongan tepat seperti babydoll atau model loose, yang tetap stylish untuk dipakai saat hamil bahkan sampai paska melahirkan. Dan untuk bawahan, infestasikan lebih banyak legging (karena semua ibu pasti setuju legging adalah bawahan paling nyaman untuk dipakai saat hamil), beberapa jeans dan celana pendek berkualitas favorit khusus hamil dengan panel perut yang nyaman.Mix & MatchSaatnya mengerahkan kreatifitas fashion anda dengan menggabungkan berbagai pakaian lama, aksesoris dan pakaian hamil yang basic. Selain dapat membuat kita tampil terus fresh, moms to be juga jadi dapat berhemat. Misalnya, kombinasikan tshirt dengan cardigan lama anda, sambil mengenakan jeans pensil khusus hamil dan sepatu boots. Aksesoriskan dengan syal atau kalung. Sebaliknya, usahakan pula untuk memilih pakaian khusus hamil yang dapat dipakai setelah melahirkan, untuk menyusui, bahkan seterusnya.PerawatanSelain berbusana gaya, jangan lupa untuk tetap merawat tubuh kita. Ibu hamil memang dikatakan lebih cantik dan

bersinar (tentu saja) tetapi ada perawatan kecantikan dan kesehatan yang juga perlu diperhatikan. (baca: Stretchmark, kulit kering/berminyak, berkeringat, dsb). Pastikan kita memilih produk perawatan dengan brand terpercaya yang teruji aman bagi kehamilan.Semoga kehamilan anda menjadi masa-masa paling cantik, indah dan menyenangkan. Selamat menikmati.

Moms to Be Maternity ShopJl. Soka no.12, Bandung | tel: 022 710 3558www.momstobeshop.com

Tips-tips Dasar

Image: sxc.hu

Tetap Fashionable Saat Hamil

Ingin mencari “ teman hdp’ utk mendampingin hdp anda? Jgn brhenti brusha, krna kami pcaya ada jodoh u/ anda d luar sana, gabung dgn komunitas jodoh khsus chinese. Krmkan foto & biodata ke Po Box 1726 BDG 40017. Waiting 4 ur participation.. 0856 2464 7606

Page 16: Idul Fitri 1431H

Image: sxc.hu

16

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

HEALTH & BEAUTY

FESTIVE SEASON3 x 19

QUOTES

Sick or well, we are not meant to suffocate in this world Bagaimana tips mendapatkan

make up yang maksimal sesuai dengan acara atau event-event tertentu? Berikut ini, beberapa tips Bridal Make Up sesuai dengan kebutuhan Anda.Bridal Make Up atau make up pengantin merupakan Make Up Artist/Bridal Artist yang harus diperhatikan dengan sangat teliti, terlebih lagi dalam hal pemilihan warna yang tepat untuk memberikan kesan segar dan tidak terlihat berat. Karena Bridal Artist menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam acara pernikahan, karena langsung dilihat oleh para tamu yang hadir dalam jarak kurang lebih 1 meter.Untuk make up pengantin yang perlu diperhatikan adalah:• Wajahharusdibersihkansebersihmungkinsampaipadabagianleher.• HindariBridal Make Up Artist facial yang dipencet-pencet, karena hal ini akan meninggalkan

bekas radang yang akan susah ditutupi nantinya.• Pilihfondation yang sangat lembut dengan warna 1 tingkat lebih terang dan dipoles secara

merata pada wajah, leher, serta daun telinga.• Lalu berikan shading pada bagian-bagian tertentu untuk membuat wajah terlihat ideal,

misalnya bisa diberikan shading pada rahang, pipi, kanan kiri hidung serta pelipis.• Sedangkanuntukpembentukanalis,jugaharusdiperhatikansecaralebihhati-hati,karenaalis

ini akan sangat menentukan karakter wajah. Untuk Bridal Make Up Artist modern, sebaiknya hindari pensil alis berwarna hitam.

• Dalampemasanganbulumata,jugaharuslebihhati-hati,karenaalisiniakanjugamenentukankarakter wajah si calon pengantin. Untuk make up modern, sebaiknya hindari juga pensil alis berwarna hitam.

• Untukpemakaianbedak,pilihlahbedaktaburyangberjenislembut.• Terakhir,cekkembaliwarnawajah,telinga,lehersertadada.Jangansampaiterlihatberbeda,

supaya tidak terlihat seperti topeng.(Sumber: mudahmenikah.wordpress.com)

Bridal Make UpImage: photobysondhiar signature + glam photoloftMake up bagi seorang

wanita tentulah sangat penting dalam tiap

kesempatan. Terlebih pada saat acara-acara penting, bahkan acara

pernikahan.

Page 17: Idul Fitri 1431H

17

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

HEALTH & BEAUTY

www.bandungadvertiser.com

Saya berumur 26 tahun, tinggi 156 cm dengan berat badan 45

kg. Sudah idealkah berat saya? Menurut hitungan Berat Badan

- 110, sebenarnya berat badan saya sudah termasuk ideal. Tapi mengapa perut saya masih agak membuncit dan lengan saya bergelambir? Kondisi ini membuat saya merasa gemuk. Mengapa bisa demikian? -Jenny, Jakarta-Rumusan berat badan - 110 hanya memberikan indikasi berat badan yang sehat untuk kita raih. Tetapi untuk mendapatkan indikasi gemuk-tidaknya tubuh Anda, Anda perlu melakukan pengecekan bodyfat untuk mengetahui kadar atau komposisi lemak dalam tubuh Anda. Cek kadar lemak bisa dilakukan dengan bodyfat caliper (dengan metode pencubitan pada beberapa area tubuh) atau dengan bioelectrical impedance atau sederhananya disebut bodyfat sensor. Langsing tidaknya Anda tergantung hasil pengecekan dalam angka persen (%), namun perut yang masih agak membuncit dan lengan bergelambir memberikan indikasi bahwa bobot lemak Anda masih cukup tinggi. Berikut ini adalah tabel acuan kegemukan untuk wanita:

Jadi meskipun Anda sudah masuk kategori berat badan ideal, masih ada kemungkinan kadar lemak Anda masih masuk dalam kategori gemuk. Setelah mengetahui persentase lemak tubuh, untuk mendapatkan bobot lemak dalam kilogram, kita tinggal mengalikan persentase lemak tersebut dengan bobot tubuh. Apabila Anda memiliki lemak 30% dengan berat badan 45 kg, berarti berat lemak tubuh Anda adalah 13,5 kg (45 kg x 30%). Sisanya yang lebih kurang 31,5 kg adalah berat murni tubuh Anda yang terdiri dari tulang, air, dan otot.

Diet Tapi Pucat. Apa Solusinya?Saya mulai diet 2 bulan yang lalu dimulai dari berat badan 60 kg (tinggi badan 155 cm). Caranya adalah dengan mengurangi makan yang dari 3 x sehari sekarang jadi 2 x sehari. Tapi meskipun sudah seperti ini, saya belum puas dengan hasilnya. Berat badan saya sekarang 56 kg, tetapi lingkar celana saya hanya turun 1 inci dan teman-teman bilang saya lebih pucat

dan kurang segar. Harus saya akui saya sepertinya tidak bisa bertahan lama dengan diet ini karena tubuh saya jadi lemas. Please help! - Diana, Bandung-Penyebab kegemukan adalah lebih besarnya kalori yang masuk (melalui makanan) daripada kalori yang keluar (melalui metabolisme dan aktivitas). Adalah wajar apabila kita memiliki logika bahwa kalau mau mengendalikan kegemukan tersebut berarti kita perlu melakukan yang sebaliknya, yakni mengurangi makan dan meningkatkan aktivitas. Dalam hal makan, hal pertama yang dilakukan adalah mengurangi porsi dan atau frekuensi makan dalam sehari. Hal ini mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan kalori maupun nutrisi mikro (vitamin dan mineral), alhasil tubuh menjadi lemas, pucat, dan mudah sakit. Kata ‘diet’ mungkin adalah kata yang paling disalahartikan dalam konsep fitness untuk body-shaping. ‘Diet’ adalah mengatur pola makan, bukan mengurangi makan. Berarti sebenarnya diet adalah mengatur jumlah, jenis, dan jadwal makan untuk berbagai tujuan. Kunci diet adalah tidak boleh menyebabkan lapar dan lemas, bisa dijalankan secara konsisten (tidak membosankan), dan yang pasti memberikan manfaat kesehatan yang nyata.Pastikan pengaturan makan Anda tidak berorientasi pada pengurangan porsi atau frekuensi semata-mata. Kenyataannya, dengan penyajian yang smart berikut ini Anda akan menikmati diet yang lebih sehat dan berhasil:• Batasi atau hindari penambahan bahan-bahan seperti

minyak goreng, mentega, margarin, santan, tepung-tepung, dan gula. Trik ini memungkinkan Anda menekan kalori yang masuk tanpa mengurangi porsi ataupun frekuensi makan.

• Pilihlahcaramasakataubentukpenyajianyang rendahkalori seperti: mentah, kukus, rebus, panggang, bakar, pepes, dan tumis. Bentuk penyajian ini memungkinkan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral makanan dalam kadar maksimal saat dikonsumsi.

• Cobalahpilihansnack yang lebih sehat di sela-sela meal, seperti kacang tanah sangrai (kaya akan lemak sehat tak jenuh yang membantu membakar lemak), susu atau yoghurt rendah lemak, potongan buah, salad, atau jus buah.

Ukuran Baru Tubuh IdealBugar Bersama Ade Rai

Tinggi / Gemuk Sedang Rendah / Atletis

> 30% 20-30% <20%

Page 18: Idul Fitri 1431H

18

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

HOTEL & MOTEL

Unfortunately for us, this statistical nerd battle means that the trends that can be extrapolated are few and far between, as the airlines deliberately avoid certain trends so they can sell the most tickets for the maximum price. The doubt that exists as to whether you’ll get a cheaper ticket is partly engineered to encourage you to buy as soon as you know you want to make a trip (pantomime hissing and booing is appropriate at this stage).Recent research has revealed more about the pricing strategies of the airlines, most of which change their ticket prices a number of times a day. It becomes apparent that a change in ticket-hunting strategy is, therefore, also necessary (and that those blog posts on booking at midnight are rubbish). Here’s your guide to when it usually is cheaper to book in advance, and when it most certainly isn’t.when it’s cheaperMidweek, out of seasonThe cliché is true -- midweek flights are cheaper. A trip from Chicago to New York is presently 15% to 20% more expensive on days other than Tuesdays or Wednesdays. If you’re flying high season, it might be worth booking in advance just to be able to get a midweek ticket, but also because the prices go up as demand goes up and planes get full.Two months before the flightThere is no conclusive evidence that flights are cheaper if you book ages in advance. In fact, it’s often not the case. But in a study of 12 months’ worth of data on the two busiest routes in the United States (Chicago-New York and Houston-Dallas) comparing the economy class pricing of six different airlines produced the cheapest prices two months before the flight. From here on, the prices started rising. In a paper for the Social Sciences Research Network, Professor Volodymir Bilotkach and others made the same finding for the international route from New York to London.If you’re traveling in less than three weeks’ timeAs a rule of thumb, from 21 days in, ticket prices go up. The various airlines increase prices in different ways, but the increase is at an accelerated rate, with prices booked inside a week sometimes ballooning exponentially. On the New York-Chicago route, tickets a week in advance are generally around $200 more than those booked a month in advance (a 100% increase).When you’ve done a bit of researchInstead of thoughtfully booking your airline ticket ahead of time, you’re better off doing some research. Try to get an idea of what a good and a bad price for your intended flight is by using a service like Kayak.com. Check what airports you can

fly to. Then you’ll have an idea of whether the price you can get now is a good or a bad one. Companies like Farecast have recently started analyzing flight data, and claim 75% accuracy on forecasting whether the ticket you can get now is the cheapest one. Most independent testing puts that number closer to 50%, which is more like a guess than a prediction. Make your best guess an educated one.when it’s not cheaperBooking during the summer holidaysNot surprisingly, it looks like plane tickets are more expensive during the summer holidays. So booking your autumn trip in the summer can often work out to be more expensive than waiting. This is a time when people are thinking of a holiday, are on a holiday or take the time off to plan their coming years’ holidays. Often, they buy ahead of time, convinced that it’s cheaper. Often, they’re wrong.When prices are above the averageTying up with what we’ve said above, you need to get a feel for the pricing of the route you intend to fly. This will help you get an idea of what a midrange price for the ticket should be. If you’re booking more than two months in advance and the prices are above this mid level, chances are they’re going down.Last minute deals and standbyOur short piece of advice is to just ignore these and imagine you’d never heard of them. They rarely exist, and the risk is hardly ever worth it.more solutionsIt’s important in your bargain-hunting to bear as much as possible in mind. Fuel, for example, accounts for 21% of an airline’s operating costs. If its price goes up rapidly (or you hear talk of oil price increases in the future), so do the prices of air tickets.Companies are playing ball too. JetBlue’s all-you-can-jet pass currently allows people unlimited domestic travel for $599 a month. For the less frequent traveler, companies like American Airlines are actually offering to refund the difference if it turns out that the ticket price went down after you bought it. Maybe those nerds are on our side after all.

(Source : askmen.com)

Booking Flights In Advance: Do You Really Save Money?

For many years, nerds the world over

have been trying to dig up trends in

airline pricing data. Of course, airline companies, being

smart behemoths with lots of money, have their own herds of

nerds who spend their time figuring out how to maximize revenues through ticket pricing

strategies.

Image: sxc.hu

Page 19: Idul Fitri 1431H

19

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

HOTEL & MOTEL

Konser Musik Harmony Chinese Music Group Bandung

Syukuran HUT RI ke-65 bersama KFC Buka Puasa Bersama Anak Yatim, Warga & Media – Arion swiss-belhotel Bandung

Reserve a space in the next issue of HOTSHOT. For information please contact our marketing team at +62 22 2031734, 2034336, 91109109

BANDUNG

• Batagor Riri Jl. Burangrang No. 41

• BumbuDesaJl.Pasirkaliki160Bandung•Jl.Dr.Setiabudhi41

• Eastern Istana Plaza Ground Floor B5-6 Jl. Pasirkaliki 121-123

• Green Resort Jl. Sersan Bajuri - Lembang

• Kartika Sari Jl. Kebon Jukut No. 3

• Kartika Sari Jl. Buah Batu No. 165 A

• Kartika Sari Jl. Ir. H. Juanda No. 85

• Karya Umbi Jl. Cihampelas 186

• O LALA Bistro Jl. Setiabudhi No. 56 Jl. Cihampelas (Premier Plaza)

• Rasa Bakery Jl. Tamblong No. 15

• Rumah Keboen Jl. RE. Martadinata No. 156

• Riung Sari Restaurant Jl. L. L. R. E. Martadinata No. 22

• Sari Sunda Jl. Dr. Setiabudhi No. 86-88

• Sindang Reret Group Jl. Surapati No 53 Bandung

• Sierra Jl. Bukit Pakar Timur No. 33

• Starbucks Bandung Supermall

• Sweetheart Jl. R. E. Martadinata No. 140

• Tomodachi Jl. Sukajadi No. 193

• Telagasari Restaurant Jl. Dr. Setiabudhi No. 269 - 275

• The KIOSK Jl. Ir. H. Djuanda No. 48, Braga CityWalk

• Torigen Jl. Dr. Setiabudhi No. 55

RESTAURANT / CAFE / BAKERY

• Blossom Jl. Ir. H. Juanda No. 112 • Mode Plus Jl. Setiabudhi No. 41F• The Summit Jl. L. L. R. E. Martadinata No. 61

FACTORY OUTLET

• Papaya Fresh & Gallery Jl. Sukajadi, Bandung• Riau Junction Jl. L.L.R.E Martadinata No. 17-21 • Setiabudhi Supermarket Jl. Setiabudhi No. 42 - 46

SHOPPING CENTRE

HOTEL

• Aston Bandung @ Braga City Walk Jl. Braga No. 99 - 101• d'Batoe Hotel J. Pasir Kaliki No. 78 Bandung• Grand Pasundan Hotel Jl. Peta (Lingkar Selatan) No. 147 - 149• Grand Hotel Preanger Jl. Asia Afrika No. 81• Grand Hotel Lembang Jl. Raya Lembang No. 272• Horizon Hotel Jl. Pelajar Pejuang 45 No. 121• Hotel Panghegar Jl. Merdeka No. 2• Jayakarta Hotel Jl. Ir. H. Juanda No. 381• Novotel Bandung Jl. Cihampelas No. 23• Putri Gunung Jl. Raya Tangkuban Perahu KM 16 - 17, Lembang • Sari Ater Hot Spring Resort Jl. Raya Ciater Subang• Summer Hill Jl. Setrasari Raya No. 10• Sheraton Bandung Hotel & Towers Jl. Ir. H. Juanda No. 390• Savoy Homann Bidakara Hotel Jl. Asia Afrika No. 112• The Ardjuna Boutique Hotel & Spa Jl. Ciumbuleuit No. 152• The Luxton Jl. Ir. H. Juanda No. 18

• Bandung Giri Gahana Golf & Resort Jl. Jatinangor, Desa Cikeruh KM 20 Sumedang

• Batununggal Indah Club Jl. Batununggal Indah II No. 70 Bandung• Dago Endah Golf Lapangan Golf Dago Atas No. 78 Bandung• Everyday Spa Jl. Aceh No. 66 Bandung• Rai Fitness Gedung Premiere (Hotel Aston Tropicana) Lt. 5 Jl.

Cihampelas No. 125-129 Bandung• Saung Angklung Udjo Jl. Padasuka No. 118 Bandung• Seni Abadi Jl. Wastukencana No. 87 Bandung• Melinda Hospital Jl. Pajajaran No. 46 Bandung

OTHERS

AIRPORT LOUNGE• Bandung Husein Sastranegara, Jl. Pajajaran, Bandung• Jakarta Batavia Lounge Internasional Departure Terminal 2D & 2E,

Soekarno Hatta Airport• Medan Toba Lounge, Internasional Departure Terminal, Polonia Airport

Samasir Lounge, Domestic Departure Terminal, Polonia Airport• Denpasar Dewa Lounge, Internasional Departure Terminal, Ngurah Rai

Airport Sanur Lounge, Internasional Departure Terminal, Ngurah Rai Airport

• Manado Bunaken Lounge, Departure Terminal, Sam Ratulangi Airport

• Makasar Toraja Lounge, Departure Terminal, Hasanudin airport• Balikpapan Mahakam Lounge, Departure Terminal, Sepinggan Airport

Padi Lounge, Departure Terminal, Sepinggan Airport• Semarang Srikandi Lounge, Departure Terminal, Ahmad Yani Airport• Yogyakarta Borobudur Lounge, Departure Terminal, Adisucipto Airport• Solo Sriwedari Lounge, Departure Terminal, Adisumarmo Airport• Kendari Cip Lounge, Departure Terminal, Wolter Mongonsidi Airport• Timika Moses Kilangan Lounge, Departure Terminal, Moses Kilangan

Airport

BANDUNG ADVERTISERWHERE TO FIND

Bandung Service Excellence Award (BSEA) 2010

Para pemenang The Best of Bandung Service Excellence Champion berfoto bersama pada acara Bandung Service Excellence Award (BSEA) 2010 yang diselenggarakan oleh Markplus Insight yang berlangsung di Hotel Hilton Bandung, Rabu (25/8) lalu. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu para lokal champion di Bandung dan sekitarnya dalam me-marketing-kan perusahaan atau brand-nya ke lingkup yang lebih luas.

Agus Rusyaman (Restaurant Manager KFC Riau-Bandung), menyerahkan secara simbolis bingkisan sembako kepada salah seorang anak dari Panti Asuhan Yatim Piatu Muhammadiyah Bandung dalam acara Syukuran HUT RI ke-65 yang dilangsungkan di KFC Riau, Selasa (17/8) lalu. Dalam kegiatan yang mengusung tema “Berbagi Sesama dalam Semangat Kemerdekaan ke-65 RI bersama Keluarga Besar KFC” ini, diserahkan pula bantuan dana kepada LVRI Cabang Kota Bandung.

Penampilan Harmony Chinese Music Group pada konser musik yang diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT RI ke-65 yang digelar pada hari Sabtu (14/8) lalu, di Aula CCF Bandung. Acara ini dilaksanakan sebagai bentuk peran serta Harmony Chinese Music dalam pelestarian budaya Indonesia yang indah dan unik.

Management Arion Swiss-belhotel Bandung berfoto bersama dalam acara Buka Bersama Anak Yatim, Warga dan Media yang berlangsung hari Senin (23/8) lalu, di Graha Utama-Arion Swiss-belhotel Bandung.

Indah Trianti (tengah) - Corporate Affairs Manager Coca-Cola Amatil Indonesia, menyerahkan bingkisan kepada anak yatim dalam acara Buka Bersama Anak Yatim, Warga dan Media yang berlangsung hari Senin (23/8) lalu, di Graha Utama-Arion Swiss-belhotel Bandung.

Coca-Cola Berbagi Bersama Anak Yatim

Page 20: Idul Fitri 1431H

20

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

PROPERTY & HOME IMPROVEMENT

Instead, look for inspiration from a variety of sources including decorating magazines, websites, and retailers of home decor.Though some ideas may come more easily than others, inspiration will begin to flow when you identify your decorating style. Take a look around your home and other people’s homes, and decide which styles and items you are most drawn to. Decide if you have an affinity for modern, clean lines and sharply contrasting colors or if you have a greater preference for subtle, traditional styles. It’s always easier to start with what you love and move forward than to try to pull together a look that doesn’t encompass your true style.The following decorating ideas can be used to get your creative juices flowing and inspire you to start (or finish) a room or your entire home.Restructure, Recycle and ReuseJust like a business that may be failing to meet stockholder expectations, when your home fails to live up to your decorative desire, restructure the spaces around you. You may need to redesign ate space for new hobbies or lifestyles or simply spruce up an existing but functioning space. Look around your home for items that are better suited in a different space than the one they currently occupy.The pieces that you can’t reuse should be recycled either by donating them to friends, family or charities. Don’t keep things you don’t plan to reuse as this will just add clutter to your space.Out with the Old and in with the NewSometimes the only way to feel better about a space and achieve its decorating potential is to clear it out and bring in new pieces. Clearing out a room allows you to visualize new possibilities more easily than in a fully furnished room. By all means, reuse favorite pieces, or the more expensive ones, but consider replacing dated, worn out, or tired pieces with new ones that better match your style.Add ColorWhether you have been staring at the same beige walls for what feels like an eternity, or you are simply tired of last season’s trendy color scheme, changing colors is your best bet. You can choose to simply repaint the walls or add color with fabric, textiles, and accents such as drapes, throw pillows, or candles. Choose colors that complement each other and try to stick to a scheme of three colors – one primary, one secondary, and one accent color. Keep in mind that they can all be from the same color scheme or can be contrasting, as long as they

complement one another.Add Texture and ShapeTexture gives a room a three-dimensional feel and brings out the

color scheme. Use texture as a way to complement your room’s color and shape. When choosing decorative pieces and accents, pay attention to both the texture and shape of the item. For

instance, textured pillows can complement the smoothness of a leather sofa and a round table can break up an otherwise square,

straight-lined room. Also pay attention to the lines of your furniture, including the backs, arms and legs. Build upon the room starting

with the walls and floor, and move forward and inward. Think in terms of layers and your room will definitely “pop.”Decorate with Your Lifestyle in MindIn addition to finding your own personal decorating style, keep in mind the lifestyle you live and let your decorating reflect it. If you spend little time at home,

you may want to opt for a stylish yet practical decor. Conversely, if you spend a great deal of time at home, choose decor that provides comfort, warmth, and even entertainment. When shopping for decorative items for any room, choose items that make an impact without compromising your personal style.Small Items with Big ImpactSometimes the smallest things can make the biggest impression. If you are decorating a room for the first time or have ignored a specific area of the home, think in terms of decorative accents. Candles, decorative vessels, wall art or small mirrors, as well as plants, lamps, and pillows are all small, affordable items that can have a big impact on a room’s style. Place objects in groupings in areas where there is no color, texture, or depth and use color to tie the room together. Try a simple area rug to anchor a multi-purpose room or add a mirror or mural to liven up a single wall. The decorating potential of small items is really quite big and favorite small pieces can be the inspiration for an entire room.Whether your decorating approach is simple or lavish, try approaching it from new perspectives but keep in mind your tried and true preferences. Get further inspiration by browsing home decor retail sites and stores, looking for colors and styles that grab your attention. Once you get inspired by the decorating ideas of others, there’s no limit to what you can do with your space.

(Source: artikel-internet.co.cc)

Great Home Decorating IdeasNo matter how much

time you spend at home, you strive to create a welcoming

space for yourself, your family, and visitors but sometimes decorating

ideas don’t come easily. Even the most

creative individuals sometimes lack the

inspiration necessary to decorate with ease.

You could call in a professional decorator but that means having

less money to spend on the home decor

items you want or need to complete your home.

Image: sxc.hu

Page 21: Idul Fitri 1431H

21

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

PROPERTY & HOME IMPROVEMENT

Services At Your Door StepBANDUNG ADVERTISER menghadirkan section iklan baru yaitu SERvICES AT YOUR DOOR STEP.

Layanan iklan ini diperuntukan bagi Anda yang memberikan jasa pelayanan door to door. Hadir dalam bentuk iklan baris bergambar yang menarik.

Untuk informasi pemasangan iklan hubungi tim marketing kami : T. +62 22 2031734, 2034336 atau E. [email protected]

Matic! Apapun keluhan anda kami

siap bantu Spesialis Transmisi Matic,

“BENGKELKU “ Tlp. 60876XXX

Terima jual/beli komputer, printer, notebook, monitor diambil

ke rumah Hub. 2032568, 79863XXX.

Harga promosi Brownies kukus

18rb, Brownies bakar 13,5rb. Tahu

panggang 18rb. Tlp. 60731XXX

Services At Your Door StepOnly: Rp. 80.000,- /box Min. 2 lines & max. 4 lines T. +62 22 2031734, 2034336, 91109109 SMS: 0811 234 363 F. +62 22 2034264

AUTOMOTIVE &TRANSPORTATION

COMPUTER, CELLULAR& ACCESSORIES

EDUCATION, TRAINING & SELF IMPROVEMENT

FOOD &ENTERTAINMENT HEALTH & BEAUTY GENERAL

sam

ple

sam

ple

sam

ple

PANGGILAN AC, L. Es, M. Cuci Wtr

Htr TV, Gatsu B.288 Tlp. 70912XXX

sam

ple

Cara sehat kecilkan perut mau paket hemat dan gratis? hubungi: mulyanti 0815xxxxxx

sam

ple

KURSUS IBU-IBU RUMAH TANGGA BELAJAR INTERNET AGAR DAPAT MENDAMPINGI PUTRA PUTRI ANDA BERMAIN INTERNET HUB: 08157XXXXXX

sam

ple

Hidup menumpang di rumah mertua bagi sebagian orang adalah surga, namun bagi yang lainnya menganggap sebagai penjara. Pilihan menyewa rumah untuk jangka pendek adalah hal yang patut dipilih jika kondisi keuangan tidak memungkinkan. Jadi kenapa tidak membeli rumah sendiri saja?Dan berikut ini adalah tips dari Ir. Dini Rakhmawati-Manager Marketing & Business Development PT. Putera Papan Hutama, tentang membeli rumah untuk pasangan yang baru menikah:1. BudgetHal pertama yang harus dipertimbangkan matang adalah mengenai budget, limit kemampuan keuangan. Budget di sini hampir sama dengan harga. Menuruti keinginan untuk mempunyai rumah yang layak atau mewah sah-sah saja, namun kita harus bijak menghitung kemampuan keuangan kita. Memang bisa saja membelinya dengan cara kredit, namun kita juga harus pandai menghitung berapa nilai angsuran perbulan yang sanggup kita cicil. Karena biasanya akan muncul biaya tambahan saat kita membeli rumah, seperti biaya notaris, biaya kredit dll dan ini harus diperhitungkan juga. Intinya, adalah "tentukan budget keuangan dan barulah menentukan rumah apa yang ingin kita beli".2. Memilih Lokasi RumahKita bisa memilih lokasi di perumahan mewah, cluster, atau di perkampungan. Tiap-tiap lokasi rumah mempunyai karakteristik lingkungan yang berbeda. Pertimbangkan faktor keamanan, kenyamanan, akses transportasi dll. Memilih lokasi rumah yang tepat akan mempunyai keuntungan, disamping sebagai tempat tinggal yang nyaman, juga merupakan investasi jika suatu saat nanti kita ingin menjual kembali. Saat mencari rumah pertama, penting untuk mengetahui dan memahami lingkungan. Targetkan berkeliling pada waktu yang berbeda sepanjang hari atau minggu untuk mengamati apa yang terjadi di lingkungan rumah yang akan anda beli. Cobalah berkeliling di malam hari dan akhir pekan di sekitar target rumah yang ingin dibeli untuk lebih mengetahui tingkat aktivitas di lingkungan tersebut.3. Tentukan Rumah yang ingin DiibeliBuat daftar seperti apakah rumah yang anda inginkan, dimana lokasi rumah yang sangat strategis (dekat dengan tempat kerja anda, dekat dengan tempat anak anda sekolah, berada dekat dengan tempat belanja, hangout dll), harga tanah di lokasi tersebut, model bangunan rumah, serta ukuran rumah. Pilihlah rumah yang akan dibeli sesuai kebutuhan dan fungsi. Jika anda ingin

melakukan usaha di rumah, maka sebaiknya pilihlah ruko (rumah plus toko).4. Kumpulkan Informasi Rumah yang DijualBuatlah daftar rumah dijual sebanyak mungkin sebagai alternatif pilihan. Anda bisa menemukan iklan jual rumah dari berbagai media antara lain koran, internet, selebaran, majalah, radio, atau informasi dari orang lain. Sekarang ini sering di mall diadakan pameran perumahan berbagai type dan harga. Di sini kita bisa mendapat informasi lengkap mengenai rumah yang ditawarkan, mulai dari harga, type, lokasi dan daftar angsuran jika kita membeli dengan cara kredit via bank. 5. Pilihlah Developer yang TerpercayaHal terakhir yang tidak kalah penting adalah memilih pengembang perumahan atau developer yang terpercaya. Carilah informasi sebanyak mungkin track record si empunya perumahan, bisa dengan bertanya pada orang yang anda kenal atau ke kantor REI terdekat. Alangkah baiknya jika anda memilih developer kenalan atau referensi dari teman, keluarga atau yang dapat dipercaya. Hal ini penting agar kita tidak tertipu modus-modus yang akan merugikan kita.Dan terakhir, kami sarankan agar sebanyak mungkin mengumpulkan inforamsi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan rumah, bisa bertanya pada kenalan atau siapa saja yang berpengalaman lainnya. Semoga dengan sedikit tips membeli rumah baru ini dapat menjadi referensi bagi anda dalam memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal yang nyaman, sehingga kehidupan rumah tangga menjadi bahagia.

dudiara-berbagai sumber

Hunian untuk Pasangan MudaMempunyai rumah

sendiri? Rasa ini bukan lagi sebuah

pertanyaan, namun sudah menjadi impian hampir setiap orang.

Apalagi bagi para pasangan muda yang baru saja menempuh

hidup berumah tangga. Umumnya

cita-cita kedua setelah mempunyai anak tidak

lain tidak bukan adalah bisa menempati rumah

sendiri.

Image: sxc.hu

Page 22: Idul Fitri 1431H

22

BANDUNG ADVERTISER 09/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

REVIEW CORNER

Penerjemah : Syamsul Wardi & Yelvi AndriPenyunting : PrayudiPenerbit : Daras Books

Bonus Sukses Dunia Finansial & InvestasiInilah salah satu karya terbesar sepanjang masa tentang dunia finansial dan investasi; sebuah masterpiece dari salah seorang pakar sekaligus praktisi pasar keuangan yang paling sukses dalam sejarah. Buku ini memaparkan beragam strategi, filosofi, dan teknik yang dibutuhkan untuk sukses di dunia finansial dan investasi. Semua itu telah terbukti berhasil dan teruji selama 30 tahun terakhir. Tak pelak, buku ini menjadi bacaan wajib dan panduan utama bagi para praktisi investasi dan pasar keuangan yang serius.George Soros adalah salah seorang investor dan spekulator tersukses di dunia finansial sepanjang zaman. Quantum Fund yang dikelolanya tercatat sebagai dana investasi yang paling sukses sepanjang masa, dengan tingkat pengembalian rata-rata 31% per tahun selama lebih dari 3 tahun! Metode, pemikiran, dan strateginya dalam membaca serta mengatasi pasar finansial telah terbukti sukses luar biasa. Metode Soros menggabungkan teori finansial dan pengalaman pribadi, plus analisis politik dan refleksi moral guna mendapatkan gambaran utuh dari dunia dan pasar.

The Alchemy of Finance

BOOK REVIEW

Page 23: Idul Fitri 1431H

GENERAL BANDUNG ADVERTISER 2309/ Year 9 11 September 2010 - 10 October 2010

PRIVATE CLASSIFIED ADSOnly: Rp. 5.000,- /line Min. 4 lines, max. 15 lines T. +62 22 2031734, 2034336, 91109109 SMS: 0811 234 363 F. +62 22 2034264

AUTOMOTIVE &TRANSPORTATION

PROPERTY & HOME IMPROVEMENT

EDUCATION, TRAINING& SELF IMPROVEMENT

CALL NOW TO PLACE YOUR AD !

Jl. Cihampelas No. 186 Kav. 5, 2nd floor, Bandung 40131T. +62 222031734, 2034336, 91109109 F. +62 22 2034264E. [email protected]

only Rp. 10.000,-/line (min. 2 lines, max. 10 lines)

Job Seeker AdsLooking for a Job? Looking for staff?

Look no further

We invite writers to produce a column for BANDUNG ADVERTISERAny topics will be consideredPlease contact us on :T. (022) 203 1734F. (022) 203 4264E. [email protected]

• Male/female• 25 - 30 years old, Min. D3• Willingtoworkunderpressure• Having min.2 year experience in Customer Service• Familiar with Microsoft Office

HRD, PO BOX 1835 Bandung 40018Send your CV, references and latest photo to :

or by email to : [email protected]

Customer Relation Officeris looking for :

BANDUNG ADVERTISER

QUOTES

HEALTH & BEAUTY

GARMENT & FASHION

Rental car Sbb: Rental car with our professional driver and reasonable price pls call: 022-70070909, 022-70713759, 0812 2017 997, 0818 2155 79 email: [email protected]

Alcoholics Anonymous weekly meeting. Sms for location. Other addictions welcome. +628 2118 217 449

KEVIN CAR RENTAL APV ARENA 12 Hrs/ 18 Hrs/ DAILY CAR RENT PRIVATE SHUTTLE TO AIRPORT HOLIDAY & FAMILY RECREATION PLEASE CALL 022-91 700 300

SEWA KENDARAAN 12 jam/ 18 jam HARIAN DALAM KOTA & LUAR KOTA ANTAR AIRPORT, WISATA LIBURAN MOBIL BARU, SEWA HEMAT, + SUPIR PHONE. 022-91 700 300

Disewakan vila, Jl. Jayagiri, Lembang. Ada 5 kmr tidur (KM dalam), dapur, R. Keluarga. Hub: 0813 1119 3337, (022) 70878338. www.cemarakuning.com

Rent: houses at Cisitu Indah 6 no. 3, Dago. Good location, good view 24 hours security, at 75 jt. per year. Contact 0811 230 428

Sale/Rent: Apartment Majesty, daily, weekly, monthly, at 9th floor, 2 BR, fully furnished. Contact: 081 121 3657 (8AM-17PM)

3c Pakar les privat & bimbel SD, SMP, SMA & Umum. Mafiki, English, Jepang, Mandarin. 91234069 / 0813 2213 4171

Privat Gitar - Biola - keyboard untuk anak/dewasa. Guru datang ke rumah. Hubungi: Rudy (022) 2510787, 0813 2049 6309

SOA Baby, Pabrikan &Grosiran baju bayi&kaos kaki. Bagus&berkwalitas export, www.27st.biz. Hub: 022-31 09 9708, 08118881655

Jual Townhouse, SHM, Fas lengkap, view indah, lt/lb 214/250 di Komp Kampung Padi blok G20. Dago. 1,3M.. TP. Serius: 0811 230 428

Rent: houses at Komplek Gembol Asri Jalan Gempol Elok II No. 18, Cijerah. Furnished, good location, 24 hours security, at 40 jt per year. Contact 0812 242 5573

I don’t accept any of that ‘life is a river’ or ‘life is a fountain’ routine. Perhaps philosophically it makes sense. But man has to struggle or he’ll drown in the river

Page 24: Idul Fitri 1431H

w w w.bandungadver tiser.com