Top Banner
HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA- PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013 Kharisma Febriani 0710043007 ABSTRAK Hubungan konfliktual merupakan suatu hubungan atau interaksi antara pihak-pihak tertentu yang berada dalam situasi konflik atau krisis. Hubungan konfliktual bisa terjadi akibat suatu sengketa. Masalah saling klaim wilayah Kashmir antara India dan Pakistan membuat kedua negara tersebut berada dalam hubungan yang konfliktual yang berkepanjangan. Setiap negara memiliki kebutuhan dalam melindungi wilayah kedaulatannya, termasuk upaya India untuk mempertahankan wilayah Kashmir yang dianggap merupakan wilayah kedaulatannya, sesuai dengan penyerahan oleh Maharaja Hari Singh pada tahun 1948. Sedangkan tindakan yang dilakukan oleh Pakistan berdasarkan kesamaan keyakinan dengan rakyat Kashmir dan merasa bahwa penggabungan Kashmir kepada India merupakan pelanggaran terhadap referendum Louis Mountbatten. Kondisi tersebut mengakibatkan konflik berkepanjangan dan membuat keduanya beberapa kali mengalami peperangan yang diakhiri dengan kesepakatan gencatan senjata. Meskipun demikian, masalah di Kashmir masih tetap berlanjut. Sedangkan di sisi lain, Kashmir menginginkan kemerdekaannya. Kata Kunci: Konflik India-Pakistan, Sengketa Kashmir, Krisis. Latar Belakang Masalah India merupakan salah satu negara di Asia yang dikenal karena kebudayaannya yang khas dan sangat melekat seperti tarian-tarian dengan pakaian adat berupa Sari, bangunan-bangunan bersejarah berupa kuil- kuil Hindu dan Buddha. Dikenal dalam dunia internasional sebagai negara asal agama Hindu dan Buddha, serta letak salah satu dari tujuh keajaiban dunia yaitu bangunan bersejarah Taj Mahal yang mana budaya- budaya tersebut sangat melekat erat sebagai identitas rakyat India yang dinamis 1 . Salah satu identitas sejarah rakyat India adalah bangunan Taj Mahal. Bangunan yang sampai saat ini dikenal oleh masyarakat internasional sebagai ikon negara asal agama Hindu dan Buddha tersebut merupakan salah satu peninggalan masa pemerintahan Islam 2 . Sekilas seperti terjadi 1 T. Walter Wallbank. 1963. The Political, Economic, and Social Forces and Event Which Have Shaped Modern India and Pakistan. New York: Scott, Foresman and Company. Halm, 10. 1
49

HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Apr 22, 2023

Download

Documents

Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

HUBUNGANKONFLIKTUAL INDIA-

PAKISTAN DALAMSENGKETA KASHMIR

2010-2013Kharisma Febriani

0710043007

ABSTRAK

Hubungan konfliktual merupakansuatu hubungan atau interaksi antarapihak-pihak tertentu yang berada dalamsituasi konflik atau krisis. Hubungankonfliktual bisa terjadi akibat suatusengketa. Masalah saling klaim wilayahKashmir antara India dan Pakistanmembuat kedua negara tersebut beradadalam hubungan yang konfliktual yangberkepanjangan. Setiap negara memilikikebutuhan dalam melindungi wilayahkedaulatannya, termasuk upaya Indiauntuk mempertahankan wilayah Kashmiryang dianggap merupakan wilayahkedaulatannya, sesuai denganpenyerahan oleh Maharaja Hari Singhpada tahun 1948. Sedangkan tindakanyang dilakukan oleh Pakistanberdasarkan kesamaan keyakinan denganrakyat Kashmir dan merasa bahwapenggabungan Kashmir kepada Indiamerupakan pelanggaran terhadapreferendum Louis Mountbatten. Kondisitersebut mengakibatkan konflikberkepanjangan dan membuat keduanyabeberapa kali mengalami peperanganyang diakhiri dengan kesepakatangencatan senjata. Meskipun demikian,masalah di Kashmir masih tetapberlanjut. Sedangkan di sisi lain, Kashmirmenginginkan kemerdekaannya.

Kata Kunci: Konflik India-Pakistan,Sengketa Kashmir, Krisis.

Latar Belakang MasalahIndia merupakan salah

satu negara di Asia yangdikenal karenakebudayaannya yang khasdan sangat melekat sepertitarian-tarian denganpakaian adat berupa Sari,bangunan-bangunanbersejarah berupa kuil-kuil Hindu dan Buddha.Dikenal dalam duniainternasional sebagainegara asal agama Hindudan Buddha, serta letaksalah satu dari tujuhkeajaiban dunia yaitubangunan bersejarah TajMahal yang mana budaya-budaya tersebut sangatmelekat erat sebagaiidentitas rakyat Indiayang dinamis1. Salah satuidentitas sejarah rakyatIndia adalah bangunan TajMahal. Bangunan yangsampai saat ini dikenaloleh masyarakatinternasional sebagai ikonnegara asal agama Hindudan Buddha tersebutmerupakan salah satupeninggalan masapemerintahan Islam2.Sekilas seperti terjadi1 T. Walter Wallbank. 1963. The Political, Economic, and Social Forces and Event Which Have Shaped Modern India and Pakistan. New York: Scott, Foresman and Company. Halm, 10.

1

Page 2: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

akulturasi budaya antarakedua latar belakang agamayang berbeda tersebut(Hindu dan Islam), tetapiada suatu bangsa yang jugamerupakan negara tetanggaIndia saat ini memilikiras, suku bangsa, bahasadan budaya yang samadengan India yaituPakistan. Terpisahkan olehgaris lintang dan bujuryang secara otomatismemisahkan merekaberdasarkan daerahteritorial. Namunberdasarkan kebudayaan,ras, suku bangsa danbahasa mereka sama, yangmembedakan adalah agamadan wilayah territorial.Menoleh kembali padasejarah, bahwa keduakelompok bangsa tersebutpernah atau tengahmengalami konflik ditinjaudari dinamika perkembangandan hasil budaya saat iniyang ironis.

India memilikisejarah panjang dan hampirtidak berkesudahan sebelumdunia mengenalnya sebagainegara dengan kebudayaanyang beragam terutamakebudayaan dalam beragama.Menyoroti sejarah panjangtersebut, wilayah India

2 Lucille Schulberg. 1983. India Yang Bersejarah. Jakarta: Tira Pustaka. Halm, 143.

yang dulunya merupakansatu kesatuan wilayah yangmeliputi India, Pakistan,Nepal, Sri Lanka,Bangladesh, Bhutan, danMaladewa3. Sejarahmengatakan bahwa Indiasebelum adanya konflikpolitik seperti masasekarang adalah sebuahwilayah anak benua yangmengalami konflikidentitas yangmengelompokkan masyarakatberdasarkan strata-stratasosial dengan klasifikasimulai dari golonganningrat sampai golonganrendahan4. Adanyapertentangan dari golonganrendahan yang merasatertindas dengan kondisitersebut, merupakan salahsatu faktor mudahnyapenyebaran agama Islamyang tidak mengenal adanyapenggolongan sosialberdasarkan strata. Dalamprosesnya yang panjanggolongan tersebutmembentuk kelompokberlandaskan agama yangpada akhirnyabersinggungan dan

3 Suwarno. 2012. Dinamika Sejarah Asia Selatan. Yogyakarta: Ombak. Halm 1.4 Arnold Toynbee. 2004. Sejarah Umat Manusia: Uraian Analitis, Kronologis, dan Komparatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Halm, 190.

2

Page 3: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

bersitegang dengankelompok dari golongankeyakinan yang lama yaituHindu sehingga memunculkankonflik antar kelompok5.Kelompok yang beragamaIslam akhirnya memutuskanuntuk memisahkan diri dariIndia dan membentuk negarayang sekarang disebutdengan Pakistan.

Dalam catatansejarah, konflik-konflikagama dan politik antaraHindu dan Islam di anakbenua India bermula padaabad ke-8 ketika pasukanIslam dari Arab menginvasiIndia6. Klan Rajput yangsaat itu memiliki kuasa diIndia membendungpenyebaran Islam hinggaterhenti di wilayah Sindu.Meskipun demikian, padainvasi kedua, orang Islamberhasil mendirikanKesultanan Delhi, yangtidak berumur teralu lamabila dibandingkan denganpemerintahan dinastiMughal setelah invasiketiga, yang berhasilmembangun sebuahkemaharajaan yang bisamenahan tekanan Rajput7.

Mughal dan Rajputsaling berperang selamamasa pemerintahan di anak

5 Lokcit, Toynbee. Halm, 534.6 Lokcit, Schulberg. Halm, 99.7 Ibid. Halm, 157.

benua India, perangdiantara keduanya bukanhanya karena usaha salingmemperluas wilayah masing-masing, tapi juga karenaperbedaan agama. Hindu danIslam memiliki pemikiranyang sangat berbeda satusama lain. Hindu dengansistem kastanyaberanggapan bahwaperbedaan dalam masyarakatadalah hal yang mutlak,seperti halnya suatukebenaran tidak pernahmutlak dan berbeda-bedabagi setiap kasta. Berbedadengan Islam yang bagipenganutnya kebenaranmereka adalah suatu halyang tak boleh ditawar8.Meskipun perselisihandiantara keduanya sempatberkurang dengan hubungandiplomatik diantara Mughaldan Rajput, tapipertentangan tersebutkembali runcing saatpemerintahan MaharajaAurangzeb dari dinastiMughal hingga padapemerintahan KemaharajaanBritannia9.

Perbedaan pemikiranantara umat Hindu danIslam di anak benua Indiayang telah lama ada sejaksebelum kemerdekaan danpemisahan wilayah, membuat

8 Ibid. Halm, 155.9 Ibid. Halm, 163.

3

Page 4: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

kedua belah pihak memilikivisi yang berbeda bagikelompoknya. Perbedaantersebut diwakili olehKongres Nasional dan LigaMuslim India10. Perbedaankeinginan kedua partaitersebut yang akhirnyaberujung pada berdirinyanegara India dan Pakistansaat kolonialisasi Inggrisberakhir.

Salah satu masalahyang timbul setelahpemisahan kedua negaratersebut adalah sengketawilayah Kashmir. Wilayahtersebut diperebutkan olehkedua belah pihak denganberbagai macam latarbelakang alasan,diantaranya adalah bahwawilayah Kashmir yangmerupakan wilayah denganpenduduk mayoritas Muslimnamun di bawahkepemimpinan seorangHindu11. Secara hukumwilayah Kashmir adalahmilik India karena telahdiserahkan secara sah olehpemimpinnya, melaluipenggabungan dengan Indiapada 22 Oktober 194812.Tetapi wilayah tersebut10 Lokcit. Wallbank, 4011 Dhuroruddin Mashad. 2004. Khasmir: Derita Yang Tak Kunjung Usai. Jakarta: Khalifa. Halm 2.12 John L. Esposito. 2002. Ensiklopedia Oxford: Dunia Islam Modern.Bandung: Mizan. Halm 114.

memiliki keterkaitanidentitas yang kuat denganPakistan dikarenakanpenduduk mayoritasnyaadalah muslim13. UmatMuslim berpendapat bahwawilayah tersebutsemestinya adalah milikPakistan karena sesuaidengan kondisi keyakinanmereka, sementaramasyarakat Hindu mengklaimbahwa wilayah tersebutsudah diserahkan kepadaIndia berdasarkankeputusan pemimpinnya.

Sengketa Kashmir yangtidak kunjung mencapaipenyelesaian mengakibatkanIndia dan Pakistanbeberapa kali terlibatperang14. Yang pertamaadalah sebelum penyatuanKashmir ke India, yaitupada tahun 1947, Pakistanmenyerang Kashmir, merebutsepertiga wilayah Kashmirdengan bantuan daripemberontakan suku Pashtunkepada Maharaja HariSingh. Perang India-Pakistan yang kedua adalahpada tahun 1965, pasukan

13 Lokcit. Dhuroddin Mashad. Halm, 3.14 Yasir M. Hadi. Latar Belakang, Proses, Dari Konflik Antara India dengan Pakistan Sampai Saat Ini. Diakses dari http://pensa-sb.info/wp-content/uploads/2011/01/LATAR-BELAKANG-PROSES-DARI-KONFLIK.pdf pada 8 Juni 2014.

4

Page 5: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Pakistan berusaha memasukiwilayah Kashmir Indiauntuk memicupemberontakan, tetapigagal dan berakhir dengangencatan senjata, sertaberhasil direbutnyakembali sedikit wilayahKashmir Pakistan kepadaIndia. Perang India-Pakistan ketiga terjadipada tahun 1971 di wilayahBangladesh atau PakistanTimur, yang berujung padakemerdekaan Bangladesh.Perang keempat adalahPerang Kargil pada tahun1999, pasukan Pakistan danpemberontak Kashmirmerebut pos tentara India,tetapi India berhasilmembalas dan merebutkembali posnya.

Kemudian beberapatahun setelah India danPakistan menyetujuigencatan senjata padatahun 200315, terlepas dariinsiden terorisme yangtidak kunjung selesai,Kashmir kembali menyitaperhatian internasional.Media kembali ramaimemberitakan mengenaikabar wilayah yang telahmengalami konflik15 Yumi Uriona. 2003. India-Pakistan Gencatan Senjata. Diakses dari http://news.liputan6.com/read/67107/india-pakistan-gencatan-senjata pada 5 Mei 2014.

berkepanjangan tersebut.Pada Juni 2010 terjadiprotes dan bentrokanantara rakyat sipil danaparat keamanan16. Protesyang awalnya terjadi diSrinagar ini kemudianmeluas ke daerahsekitarnya. Protestersebut disebabkan olehmasalah Kashmir yang tidakkunjung mendapatkanpenyelesaian danmasyarakat menginginkankemerdekaan17.

Pada tahun 2011 Indiaberencana menarikpasukannya dari Kashmirdan memulai kembali usaha-usaha perundingan denganPakistan18. Tetapiperundingan diantara

16 Fajar Nugraha. 2010. 3 Tewas dalam Protes di Kashmir. Diakses darihttp://m.okezone.com/read/2010/06/30/18/348143/3-tewas-dalam-protes-di-kashmir pada 18 Februari 2014.17 Anonim. 2010. Konflik Tak Henti Lembah “Sinar Harapan”. Diakses darihttp://internasional.kompas.com/read/2010/07/23/1000489/Konflik.Tak.Henti.Lembah.Sinar.Harapan-3 pada 18 Februari 2014.18 Anonim. 2011. Konflik Islam-Hindu, India Tarik 10 Ribu Pasukan dari Kashmir. Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/internasional/11/02/13/163982-konflik-islam-hindu-india-tarik-10-ribu-pasukan-dari-kashmir pada 17 April 2014.

5

Page 6: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

keduanya mengenai masalahKashmir belum mendapatkansolusi19. Selain itu,meskipun telah menyetujuigencatan senjata,pelanggaran masih seringterjadi di perbatasan.Pada akhir tahun 2012terjadi baku tembak diLine of Control antarapasukan India danPakistan20. Menjelang tahun2013 pelanggaran gencatansenjata tersebut semakinsering terjadi, baik Indiamaupun Pakistan salingtuduh mengenai pihak yanglebih dulu menyerang21.

19 Phil Ittner. 2011. Perundingan India-Pakistan Soal Kashmir Tak Capai Kemajuan. Diakses dari http://m.voaindonesia.com/a/perundingan-india-pakistan-soal-kashmir-tak-capai-kemajuan-124544019/94792.html pada 20 April 2014.20 Anonim. 2012. Militer India-Pakistan Terlibat Baku-Tembak di LoC di Kashmir. Diakses dari http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2012/12/09/907/militer-india-pakistan-terlibat-baku-tembak-di-loc-di-kashmir/ pada 21 Maret 2014.21 Esnoe Faqih Wardhana. 2013. India: Sepanjang 2013 Ada 196 Pelanggaran Gencatan Senjata di Kashmir. Diakses dari http://international.sindonews.com/read/818897/40/india-sepanjang-2013-ada-196-pelanggaran-gencatan-senjata-di-kashmir-1387472976 pada 18 Februari 2014.

Hingga pada awal tahun2014 bentrokan di LoCmasih terjadi22.

Pada tahun 2010-2013,seperti yang telahdijelaskan singkat diatas,hubungan India danPakistan terkait masalahKashmir yang banyakdiberitakan di mediamenarik untuk dikaji.Meskipun jumlah korbanyang jatuh akibatbentrokan dan serangan-serangan yang terjadi diperbatasan lebih sedikitdari tahun-tahunsebelumnya23, kekerasanyang terjadi di daerahtersebut lebih seringterjadi bila dibandingkandengan tahun sebelumnya24.

22 Esnoe Faqih Wardhana. 2014. Pakistan: Penembakan dari Sisi India Lukai Warga Sipil. Diakses dari http://international.sindonews.com/read/825935/40/pakistan-penembakan-dari-sisi-india-lukai-warga-sipil-1389541224 pada 21 Maret 2014.23 Anonim. Fatalites in Terrorist Violence. Diakses darihttp://www.satp.org/satporgtp/countries/india/states/jandk/data_sheets/annual_casualties.htm yang diakses pada 28 Desember 2014.24Wardhana, Esnoe Faqih. 2013. India: Sepanjang 2013 Ada 196 PelanggaranGencatan Senjata di Kashmir. Diakses dari http://international.sindonews.com/read/818897/40/india-

6

Page 7: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Rumusan MasalahBagaimana hubungan

konfliktual India-Pakistandalam sengketa Kashmir?

Metode PenelitianJenis Penelitian

Penelitian inimerupakan penelitiandeskriptif yang bertujuanuntuk menggambarkantentang hubungankonfliktual antara Indiadan Pakistan dalamsengketa Kashmir (2010-2013) melalui data-datayang sistematis, faktual,dan akurat secara apaadanya tanpa penambahanatau pengurangan.

Teknik Pengumpulan DataPenelitian ini

menggunakan jenis datasekunder yang diperolehmelalui studi kepustakaanatau melalui media massa.Secara berurutan,pengumpulan data dimulaidengan metode heuristik, yaitumengumpulkan data atassumber tertulis25. Dalamproses pengumpulan data,sepanjang-2013-ada-196-pelanggaran-gencatan-senjata-di-kashmir-1387472976 pada 18 Februari 2014.

penulis mencari datanya diperpustakaan, sebagaiberikut; PerpustakaanUniversitas BrawijayaMalang, PerpustakaanUniversitas Negeri Malang,dan Perputakaan Umum danArsip Kota Malang, buku-buku pribadi milikpenulis. Selain itu,penulis juga mengumpulkandata yang diambil dariartikel dan berita diinternet mengenai sengketaKashmir.

Kedua, verifikasi,dilakukan setelah datadari berbagai sumberterkumpul. Verifikasi datadilakukan dengan caramenyeleksi keabsahan suatusumber26. Untuk data yangbersumber dari internet,penulis memilih artikelatau berita yangdipublikasikan pada situsberita yang bukan blog,serta jurnal-jurnal dalambentuk pdf.

Ketiga, interpretasi,dilakukan setelah dataterverifikasi.Interpretasi merupakanpenafsiran terhadap suatumasalah dan memberikan

25 Dudung Abdurahman. 2011. Metodologi Penelitian Sejarah Islam. Yogyakarta: Ombak. Halm, 130.26 I Wayan Badrika. 2004. Sejarah Nasional dan Umum. Jakarta: Erlangga. Halm, 26.

7

Page 8: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

pandangan teoritis27.Penulis menganalisa data-data yang sudahdikumpulkan dandiverifikasi, kemudianmenulis dan menyimpanhasilnya pada file-fileyang nantinya disusun padametode selanjutnya.

Terakhir, historiografiatau penulisan.Historiografi merupakanpenulisan dan penyusunanhasil-hasil pengumpulandata, verifikasi dananalisa yangdisistemasikan secaramaksimal28. Pada metodeini, penulis menyusunhasil dari metodesebelumnya sesuai dengansistematika penulisan.

Teknik Analisa DataTujuan analisa data

adalah menyederhanakanseluruh data yangterkumpul, menyajikannyadalam suatu susunan yangsistematis, kemudianmengolah danmenafsirkannya29. Datakualitatif yang didapatkan

27 Ibid. Halm, 27.28 Louis Gottschalk. 2008. Mengerti Sejarah: Metode Historis Primer. Jakarta: Univeritas Indonesia. Halm, 95.29 Imam Suprayogo dan Drs. Tobroni, M.Si. 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. Halm, 134.

akan digunakan untukmenjelaskan tentanghubungan konfliktual Indiadan Pakistan dalamsengketa Kashmir.

PembahasanA. Kemunculan Konflik India-PakistanPertempuran antara India dan Pakistan

Konflik antara Indiadan Pakistan telah adasejak lama. Konfliktersebut ada sejak keduanegara tersebut belummemperoleh kemerdekaandari Inggris pada tahun1947. Konflik diantarakeduanya berawal dariperbedaan visi mengenaiagama Hindu dan Islam padamasa lampau yang terbawahingga masa pergerakankemerdekaan, yang padamasa itu diwakili olehPartai Kongres Nasionaldan Liga Muslim30.

Dua tokoh besar dalampergerakan kemerdekaanIndia adalah MahatmaGandhi dan Mohammad AliJinnah31. Gandhi yangmerupakan tokoh dariKongres Nasional,menginginkan sebuah Indiayang merdeka dan sekuler.30Percival Spear. 1963. India, Pakistan, and The West. London: Oxford University Press. Halm, 35 31Ibid.

8

Page 9: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Sedangkan Jinnah menuntutpemisahan India menjadidua bagian, yaitu Hindudan Muslim. Saatkemerdekaan berhasildiraih, Liga Muslimmendirikan negara Pakistanyang sebelumnya adalahpropinsi Pakistan Baratdan Bangladesh32.

Wilayah Kashmir yangmerupakan salah satunegara kepangeranan padamasa pemerintahanKemaharajaan Britannia,berada di perbatasanantara India dan Pakistan,menjadi sengketa diantarakedua negara tersebut.Wilayah yang dulunyasecara berturut-turutdipimpin oleh pemimpinBudha, Hindu, Islam, danSikh akhirnya jatuh ketangan pemerintah kolonialInggris dan diserahkankepada seorang pemimpinHindu lagi, yaitu MaharajaGhulab Singh33.32 Ibid. Halm, 49.33 Setelah kaum Sikh kalah dalampertempuran pengambilalihan Punjab oleh Inggris tahun 1846,Kashmir diserahkan pada Maharaja Ghulab Singh yang adalah seorang Hindu dari Jammuoleh Inggris dengan membayar 1.000.000 Pound atau 7.500.000 Rupee. Berdasarkan pada Perjanjian Amritsar, Maharaja Ghulab Singh juga berkuasa atasLadakh, Zanskar, Gilgit dan Baltistan. (Wallbank.1963.Halm,

Buddha Hindu Islam SikhWangsaMaurya(268-232 SM)Dibawah kepemimpinanAshoka, yangmendirikan kota kuno Shrinagari (yang kini menjadi kotaSrinagar)

WangsaGupta (335-415 M)Dibawah kepemimpinanSamudraguptadan Candragupta II.

WangsaLohara(1003-1320 M)Raja terakhirnya adalahUdianaDeva, sebelum dikuas

WangsaMughal(1556-1752)Dibawah kepemimpinanAkbar hinggaAurangzeb.

Kekaisaran Afghanatau Durrrani (1752-1819)Dibawah kepemimpinanAhmed Shah Durrani.

Kaum Sikh (1819-1846)Ditaklukkan oleh Ranjit Singh, sebelum jatuhke tangan Inggris dalampenaklukkan Punjab.

68)9

Page 10: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

ai oleh WangsaMughal.

Tabel 1:Pembabakankepemimpinan di Kashmir mulai daripemimpin Buddha hingga Sikh, pada

masa sebelum Kemaharajaan Britannia34.

Selama masapemerintahan MaharajaGhulab Singh danketurunannya seringkaliterjadi pemberontakan darirakyat Kashmir yangsebagian besar adalahMuslim35. Setelahpemberontakan terhadapMaharaja Ghulab Singh padatahun 1931, SheikhMohammad Abdullahmendirikan partai politikpertama di Kashmir, yaituKongres Persatuan MuslimJammu dan Kashmir padatahun 193236. Kemudian saatpergerakan kemerdekaanIndia semakin gencar, padatahun 1939 Sheikh Mohammad34 Data dalam tabel diambil dariSchulberg (halm, 79 dan 93, 158-165) dan Grolier, 1995 (halm, 305)35 Lokcit, Spear. Halm, 49.36 Pada masa setelah kemerdekaan, Kashmir bergabung dengan India, dan saat pemilu partai-partai yang mengikuti berasal dari India. Partai yangpaling dominan adalah Kongres Nasional. (Prof. Mr. Ag. Pringgodigdo.1973.Halm, 777)

Abdullah beralih keKongres Nasional yangsekuler37.

Setelah India danPakistan memperolehkemerdekaannya dari India,wilayah-wilayah otonomiyang sebelumnya beradadalam kekuasaan Inggris dijazirah India harusmemutuskan untuk bergabungdengan salah satu negaratersebut. Tetapi padatanggal 19 Juli 1947Kongres Persatuan MuslimJammu dan Kashmirmemberikan keputusan untuktetap berdiri sendiri.Keputusan tersebut tidakmendapat dukungan darirakyat Kashmir, terutamadari pihak Hindu38.

Bila mengacu padareferendum LouisMountbatten, penggabungannegara kepangeranan kepadaIndia atau Pakistandiharapkan memperhatikankomposisi dan harapanrakyat. Referendum inidibuat untuk memberikansaran mengenaipenyelesaian pembagianwilayah antara India danPakistan setelahkemerdekaan, dimana ketikapemerintahan KemaharajaanBritania berakhirmeninggalkan 560 negara

37 Ibid. Halm, 72.38 Lokcit, Wallbank. Halm, 52.

10

Page 11: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

kepangeranan yangsebelumnya merupakandaerah otonomi yang tundukpada pemerintahan Inggrisdi wilayah anak benuaIndia (Delhi dan Kalkutta,Bengal, dan Punjab)39.Diantara negarakepangeranan tersebut,hanya 21 wilayah yangmemiliki pemerintahansendiri (meskipun harustetap dalam pengawasanKemaharajaan Britannia)dan hanya 4 yang dianggappaling besar, yaituHyderabad, Mysore, Baroda,Jammu dan Kashmir. Dari560 negara kepangeranan,hanya wilayah Jammu-Kashmir yangpenggabungannya tidakberlangsung damai40.

Berbagai pendapatmuncul mengenaipenggabungan Kashmirkepada India atauPakistan. Masing-masingdari negara tersebutberusaha mengklaim Kashmirsebagai bagian dariwilayahnya. NegaraPakistan merasa lebihmemiliki hak terhadapKashmir bila dibandingkandengan India. Pakistanyang berdiri sebagai39 Claude Markovits. 2004. A History of Modern India, 1480-1950. London: Anthem Press. Halm, 389.40 Ibid. Halm, 390.

sebuah negara muslimmerupakan gabungan dariberbagai etnis, yaituPunjab, Afghani, Kashmiri,Sindu, dan Baluchistan41.Oleh karena itu, Pakistanmenganggap bahwa Kashmirseharusnya bergabungdengannya. Sedangkan Indiamenganggap bahwa komunitasHindu yang berada diKashmir merupakan bagiandari India.42

Penyerangan pasukanPakistan yang bersamaandengan pemberontakanPashtun yang tinggal disebelah barat wilayahKashmir berujung padatindak kekerasan terhadaprakyat sipil. Pada saatitu, Kashmir belummenentukan pilihan untukbergabung dengan Indiaatau Pakistan43. Olehkarena kekerasan yangterjadi pada rakyat,Maharaja Hari Singh(keturunan Ghulab Singh)meminta bantuan kepadaIndia44.

Setelah memintabantuan kepada India,Kashmir yang mengalamikekerasan dari adanyapemberontakan Pashtunsemakin terpuruk. Hal41 Ibid. Halm, 25.42 Ibid, Halm, 77.43 Ibid. 44 Lokcit, Spear. Halm, 75.

11

Page 12: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

tersebut dikarenakanPakistan, yang dipimpinoleh Muhammad Ali Jinnah,memutuskan untukmenghentikan suplaikomoditi penting sepertigaram dan bahan bakar kewilayah Jammu dan Kashmir.Tingkat kriminalitasmeningkat, sementara jalanyang menghubungkan antaraKashmir dan India beradadi wilayah Pakistan. Olehkarena kondisi yangdemikian, Indiamengirimkan pasukannya keKashmir melalui jalurudara pada tanggal 27Oktober 194745. Saat merekamendarat di Kashmir,tentara Pakistan telahmenguasai sepertigawilayah Kashmir.Pertempuran antara Indiadan Pakistan tersebutberlangsung hingga tahun194846.

Dampak daripertempuran tersebutadalah terbaginya wilayahKashmir menjadi dua oleh

45 India bersedia menjawab permintaan bantuan dari Kashmir, tetapi dengan syarat bahwa Kashmir akan bergabung dengan India. Maharaja Hari Singh menyetujui syarat tersebut dengan perjanjian asesi pada 26 Oktober 1947. (Aftah. Hal, 16).46 Ibid.

garis demarkasi yangdisebut dengan GencatanSenjata atau Cease-Fire line(CFL) pada tanggal 1Januari 1949, yangakhirnya berganti namamenjadi Garis Kontrol atauLine of Control (LoC) padatahun 197247. GarisGencatan Senjatamemisahkan daerah sebelahTimur (yaitu lembahKashmir, Jammu dan Ladakh)dijaga oleh pasukan India,dan sebelah Barat (yangdikenal sebagai AzadKashmir, azad berarti‘bebas’) yang dijaga olehPakistan. Sepertigawilayah Kashmir yangdikuasai Pakistanibukotanya terletak diMuzaffarabad. Sedangkanwilayah yang dikuasai olehIndia ibukotanya terletakdi Srinagar48.

Tetapi pembagianwilayah berdasarkan garisdemarkasi tersebut tidakmeredakan sengketa antaraIndia dan Pakistan. Adanyaketidakpuasan dari pihakPakistan pada bergabungnyaKashmir ke Indiamenyebabkan konflik

47 Dhurorudin Mashad. 2004. Kashmir: Derita Tak Kunjung Usai. Jakarta: Khalifa. Halm, 10.48 Grolier. 2003. Ensiklopedia Negara dan Bangsa Jilid 3. Jakarta: Grolier Indonesia. Halm, 135.

12

Page 13: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

diantara keduanya tidakterselesaikan49. Selainitu, India menunjukkanitikad kurang baik dalamusaha penyelesaian masalahKashmir. MajelisKonstituante Jammu-Kashmir, yang mendapatbanyak pengaruh dariIndia, meratifikasibergabungnya wilayahKashmir ke India pada 6Februari 1954. Kemudianpada 19 November 1956Majelis Konstituante jugamenyetujui konstitusi yangmenyatakan bahwa wilayahJammu-Kashmir adalahbagian integral dariIndia. Hingga pada 26Januari 1957 Indiamenyatakan bergabungnyaKashmir ke India tidakdapat dibatalkan50.

Ketidakpuasan karenapenyelesaian Kashmirmembuat India dan Pakistankembali berperang padatahun 1965. Selain karenaketidakpuasan diatas,perang ini juga dipicuoleh kegagalan diplomasi,pembangunan militer Indiayang besar, dan usahaIndia untukmengintegrasikan wilayahKashmir Pakistan ke Indiayang berkaitan dengan49 Lokcit, Mashad. 2004. Halm, 2.50 Lokcit, Aftah. Halm, 17.

pernyataan India padatahun 1957. Oleh karenaitu, Pakistan merasakhawatir jika India akanmengambil wilayah Kashmiryang sudah mereka kuasai51.

Pada Agustus 1965tentara Pakistan memasukiwilayah Kashmir Indiauntuk menggerakkanpemberontakan muslimKashmir. Tetapi usahamemicu pemberontakan inigagal karena warga muslimKashmir menyerahkan parapenyusup dari pihakPakistan kepada tentaraIndia. Setelah kegagalantersebut, tentara Indiadan Pakistan berkumpul diperbatasan kedua negara52.Pertempuran antara tentaraIndia dan Pakistan terjadidi perbatasan sekitarPunjab dekat Lahore, danberlangsung dari Agustushingga September 196553.

Pada tahun 1971,India dan Pakistan kembaliterlibat perang. Tetapiperang kali itu tidakterkait dengan Kashmir,melainkan kemerdekaanBangladesh dari Pakistan.Tentara Pakistan melakukanbanyak pembunuhan danpemerkosaan terhadaprakyat Bengali. Kondisi51 Ibid.52 Ibid. Halm, 18. 53 Lokcit, Hadi. Halm, 5.

13

Page 14: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

tersebut mengakibatkanbanyak pengungsi pindah keIndia. Dalam peperangantersebut, yang disebutjuga sebagai PerangSaudara Pakistan, Indiaberpihak kepadaBangladesh. Serangandimulai pada 3 Desemberhingga 16 Desember 1971.Perang ini berakhir dengankekalahan Pakistan danlepasnya Bangladesh54.

Adanya ketidakpuasandari pemberontak Kashmirterhadap pemerintah Indiamemberikan kesempatan bagiPakistan untuk berusahakembali menguasai Kashmir.Ketidakpuasan ini berawaldari pemberontakan yangterjadi pada tahun 1989,yang menuntut kemerdekaanKashmir dari India ataubergabung dengan Pakistan.Upaya India menumpaspemberontakan inimengakibatkan kekerasanpada rakyat sipil55. Olehkarena itu, pada Mei 1999para pemberontak bersama

54 Ibid.55 Anonim. 2011. Menteri India: 40 Ribu Orang Tewas dalam Pemberontakan di Kashmir. Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/08/11/lpqftd-menteri-india-40-ribu-orang-tewas-dalam-pemberontakan-di-kashmir pada 2Juli 2014.

pasukan Pakistan menyerangbeberapa pos tentara Indiadi wilayah distrik Kargil,oleh karena itu peperanganini disebut dengan PerangKargil56.

India membalasserangan Pakistan danberhasil merebut kembalipos-pos mereka. Pakistanmenyalahkan parapemberontak atas kekalahanmereka. Tetapi perangtidak berhenti danmengakibatkan jatuhnyabanyak korban. Angkatanbersenjata India bersamaAngkatan Udara Indiamenyerang posisi Pakistan.Perang tersebut berakhirpada Juli 1999 olehkesepakatan kedua negarauntuk menghentikan perangkarena adanya tekanandunia Internasional danmembuat Pakistan mundur.Dampak dari peperangan-peperangan diatas telahmembuat hubungandiplomatik antara Indiadan Pakistan menjadiburuk dalam waktu yangberkepanjangan57.

Peran pihak luar dalam konflikantara India dan Pakistan

Konflikberkepanjangan antara

56 Lokcit, Hadi. Halm, 5.57 Ibid.

14

Page 15: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

India dan Pakistanmengenai sengketa Kashmirmenarik perhatianinternasional. Lembagainternasional yangmemberikan perhatianterhadap masalah tersebutadalah organisasi regionalAsia Selatan yang dikenalsebagai South Asian Associationfor Regional Cooperation (SAARC)dan PBB.

SAARC merupakanlembaga yang memberikanperhatiannya terhadapkonflik antara India danPakistan pada sengketaKashmir karena tidak inginkonflik tersebutmempengaruhi hubungankerjasama antaranggotanya. SAARC membantumediasi antara India danPakistan denganmenyelenggarakanperundingan58.

Pada bulan Juli 1998dalam KTT SAARC ke-10 diColombo, Srilanka. PerdanaMenteri Vajpayee (India)dan Perdana Menteri NawazSyarif (Pakistan) setujuuntuk menjalin kerjasamadan mengadakan perundinganlebih lanjut. KTT SAARCselanjutnya dilaksanakanpada Januari 2002 diKathmandu, Nepal. Indiadan Pakistan kembalibertemu untuk membahas58 Lokcit, Alhayyan. Halm, 8.

konflik diantara keduanegara tersebut, tetapitidak berhasil mencapaikesepakatan59.

Kemudian pada Januari2004, dalam KTT ke-12 yangdiselenggarakan diIslamabad, Pakistan, keduanegara tersebut sepakatuntuk memulai dialog padabulan Februari 2004. Indiadan Pakistan berjanjibahwa mereka akanmenyelesaikan sengketaKashmir60.

Sedangkan PBB yangtelah terlibat dalamkonflik India Pakistanmengenai sengketa Kashmirdimulai sejak 1 Januari1948. PBB membentuk UNCIP(United Nation Comissionfor India and Pakistan)pada 20 Januari 1948.Anggota UNCIP merupakanAmerika Serikat, Belgia,dan Argentina61.

Pada perang antaraIndia dan Pakistan yangberlangsung di tahun 1947,Perdana Mentri India,Jawaharlal Nehru memintabantuan kepada PBB untukmenyelesaikan konflik

59 Ibid. Halm 9.60 Ibid.61 Berdasarkan artikel Historical Chronology of Jammu and Kashmir oleh Anonim pada http://www.kashmir-information.com/chronology.htmlyang diakses pada 20 Oktober 2014.

15

Page 16: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

antara India dan Pakistan.Kemudian PBB mengeluarkansebuah resolusi yangmeminta Pakistan untukmenghentikan agresinya,dan sengketa Kashmir akandiselesaikan melaluipemungutan suara yangdiikuti oleh semua wargaKashmir62. Pemungutan suaratersebut bertujuan untukmenentukan posisi Kashmirapakah bergabung denganIndia atau Pakistan. Pada1 Januari 1949dilaksanakan gencatansenjata, menandai wilayahKashmir yang dikuasai olehIndia dan wilayah Kashmiryang dikuasai Paksistandengan membuat garisdemarkasi yang disebutGaris Gencatan Senjataatau Cease-Fire line (CFL)63.

Kemudian dalampertempuran kedua, yangberlangsung dari Agustushingga September saat PBBmengeluarkan resolusiuntuk gencatan senjatapada tanggal 21 September1965. India dan Pakistankemudian mengadakanpembicaraan damai di

62 Berdasarkan artikel UN Resolutions oleh Anonim pada http://www.ummah.org.uk/kashmir/index.htm yang diakses pada 11Juli 2014.63 Dhurorudin Mashad. 2004. Kashmir: Derita Tak Kunjung Usai. Jakarta: Khalifa. Halm, 10.

Tashkent, Uzbekistan, danmenandatangani PerjanjianTashkent pada 10 Januari1966. Kesepakatan dalamPerjanjian Tashkent berisitentang penarikan tentaraIndia dan Pakistan keposisi sebelum perang,akan diadakannya negoisasibaru untuk masalahKashmir, dan membangunhubungan ekonomi sertaperdagangan64.

PBB berupaya untukmengadakan resolusi yangmengatur kedua negara yangbersengketa, yaitu Indiadan Pakistan. Tetapi Indiadan Pakistan tetap salingmenuduh telah melanggarresolusi yang dikeluarkanPBB. Usaha-usaha yangdiupayakan PBB untukmembantu menyelesaikankonflik India dan Pakistanmengenai sengketa Kashmirterus gagal. Satukeberhasilan PBB dalamupayanya mendamaikanpertikaian India danPakistan adalah gencatansenjata setiap kali keduanegara tersebut terlibatperang65.

B. Kashmir Dalam KonflikAntara India dan PakistanGambaran umum Kashmir danpotensinya

64 Lokcit, Aftah. Halm, 18.65 Alhayyan. Lokcit. Halm, 9.

16

Page 17: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Kashmir merupakansuatu wilayah di anakbenua India, terletak padasebuah lembah di selatanpegunungan Himalaya.Wilayah Kashmir dikuasaioleh tiga negara; Pakistanmenguasai sebelah baratlaut, India menguasaibagian tengah serta bagianselatan Jammu dan Kashmir,sedangkan Republik RakyatCina menguasai sebelahtimur laut atau disebutdengan daerah Aksai Chin.Meskipun demikian, Indiatidak pernah secara resmimengklaim wilayah yangdiakui oleh Pakistan danCina. Sementara Pakistanmemandang wilayah Kashmirsebagai wilayah yangdisengketakan, dan tidakmengakui klaim India ataswilayah ini66.

Kashmir yang beradadi daerah pegunungan,memiliki lahan yang suburdan berpotensi untukdijadikan daerahpertanian. Pada daerah inimengalir sungai-sungaiyang penting bagi India,Pakistan, maupun Kashmir,sungai-sungai tersebutantara lain; sungai Indus,Chenab, Jhelum yangmengalir ke Pakistan Barat

66 Grolier. 1995. Oxford Ensiklopedi Pelajar Jilid 4. Jakarta: Grolier Indonesia. Halm, 303.

dari Kashmir, juga sungaiSutlej dan Ravi yangberhulu di India.Pertanian Pakistan Barattergantung pada sungai-sungai tersebut (saat ituPakistan terbagi menjadidua, Pakistan Barat danPakistan Timur yang kiniadalah Bangladesh)67.

Berdasarkan sisigeografis, wilayah Kashmirlebih terbuka ke Pakistan.Sungai-sungai yang berhuludi Kashmir bermuara diwilayah Pakistan. Sungai-sungai tersebut selainberguna penting bagipertanian, juga bergunauntuk menghanyutkan kayu-kayu yang diekspor dariKashmir ke Pakistan.Selain itu, jalan yangmenghubungkan Kashmir keIndia tidak terbuka saatmusim dingin, kecualijalan yang menuju kePakistan68

Letak geografisKashmir dan kondisialamnya membuat sebagianbesar penduduk Kashmirmemiliki mata pencahariandi bidang pertanian danpeternakan. Hasilpertanian Kashmir meliputibahan makanan pokokseperti beras, jagung dan

67 Lokcit, Grolier. 2003. Halm, 13768 Ibid. Halm, 9.

17

Page 18: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

gandum, berbagai jenissayuran, juga buah-buahan.Selain itu, Kashmir jugamenjadi penghasil bungaterbesar di India,terutama bunga saffron dantulip. Kashmir jugaterkenal sebagai penghasilwool dan sutra69.

Matapencaharian

1971 1981

Petani 64,78 65,85Buruh tani 3,05 3,49Industrirumahtangga

4,03 5,30

Pekerjaanlain

28,14 34,36

Tabel 2: Persentase pendudukJammu dan Kashmir menurut jenis mata

pencaharian70.

Selain dari sektorpertanian dan peternakanyang merupakan penggerakekonomi utama di Kashmir,wilayah ini juga memilikipotensi besar sebagaitempat pariwisata. Wilayahyang memiliki mata uangRupee India ini merupakandaerah wisata alam yangterkenal, terutama saatmusim semi. Lokasi-lokasiyang sering didatangi parawisatawan di Kashmiradalah Danau Dal, Taman

69 Lokcit, Grolier. 1995. Halm, 304.70 Ibid.

Shalimar dan TamanNishat71.

Wilayah Kashmir jugadipercaya memilikikandungan minyak. Padatahun 2008, ahli geologiIndia dan Pakistan sepakatuntuk mengeksplorasiKashmir. Mereka berniatmensurvey daerah yangdianggap memilikikandungan minyak, sepertidi Katra dan Patnitop.Tetapi kandungan minyakyang ada di daerah inibelum diselidiki lebihlanjut karena terhambatoleh konflik yangseringkali terjadi diwilayah tersebut72.

Wilayah Kashmir yangberada di pegunungan jugabagus bagi keperluanpertahanan, ditinjau dariletaknya yang berada diperbatasan wilayah negara-negara besar. Karenaletaknya yang strategisini, wilayah ini pernahdiperebutkan oleh Inggrisdan Uni Soviet pada abadke-19. Pada masa itu,Kemaharajaan Britanniayang berkuasa di jazirah

71 Lokcit, Grolier. 2003. Halm, 140.72 Anonim. 2008. India, Pakistan, to Explore Oil Jointly. Diakses dari http://www.dnaindia.com/india/report-india-pakistan-to-explore-oil-jointly-1152227 pada 12 Desember 2014.

18

Page 19: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

India merasa berhak ataswilayah Kashmir sebagaibagian dari imperiumnya.Sedangkan Uni Soviet yangpada saat itu memilikipengaruh di wilayahAfghanistan berusahamenguasai Kashmir73.

Pada masapemerintahan Hari Singh,wilayah Kashmir memilikiluas sebesar 222.236 km²yang dibagi menjadi empatprovinsi, yaitu KashmirUtara, Lembah Kashmir(yang lebih sering disebutKashmir), Jammu danLadakh. Setelahberakhirnya kekuasaan HariSingh, Kashmir Utara (yangsekarang disebut AzadKashmir) bergabung denganPakistan, sementarasisanya bergabung denganIndia74.

Atas permintaanIndia, PBB mengeluarkanresolusi untukmenyelesaikan statusKashmir pada tahun 1949yang berisi tentangpelaksanaan pemungutansuara. Tetapi pemungutansuara tersebut tidakterwujud hingga saat ini,karena bagi Indiapemungutan suara akan73 Lokcit, Grolier. 1995. Halm, 302.74 Stein Burton. 2010. A History of India. London: Oxford University Press. Halm, 358.

terlaksana dengan baikbila tanpa tekanan,sedangkan Kashmir masihbermasalah denganpemberontakan danterorisme75.

Perdana Menteri Nehrudari Kongres Nasional yangmemimpin India setelahkemerdekaan memilikisebuah rancangan politikyang terdiri dari empatpilar, yaitu sekularisme,demokrasi, federalisme,dan nasionalisme. Kashmirmerupakan unsur pentingdalam pilar sekularismedan nasionalisme. BilaIndia melepaskan Kashmir,maka tujuan sekularismedimana semua keyakinandapat hidup bersama dalamsatu negara sekuler danupaya untuk membentuk homoindicus atau sebuah negaraIndia yang bersatu tidakakan terwujud76.

Alih-alih memberikanpemungutan suara sesuairesolusi PBB, pemerintahIndia mengeluarkankebijakan tentangpemilihan wakil-wakilrakyat Kashmir. Kebijakantersebut dilaksanakan padatahun 1951 dalam pemilulokal untuk memilihanggota legislatifKashmir. Hasil dari pemilu

75 Ibid. Halm, 390.76 Ibid. Halm, 361.

19

Page 20: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

tersebut adalah kemenangansuara oleh All Jammu andKashmir NationalConference (AJKNC) yangmerupakan sekutu KongresNasional. Para wakilrakyat ini kemudianmeratifikasi bergabungnyaJammu dan Kashmir kepadaIndia pada tahun 195477.

Penduduk Kashmirberagama Islam, Hindu,Buddha, dan Kristen.Terdapat tiga agamamayoritas yang dianut olehrakyat Kashmir di tigadaerah yang berbeda.Lembah Kashmir sebagianbesar, sekitar 98%,penduduknya adalah muslim.Di daerah Jammu sekitar60% penduduknya beragamaHindu. Sedangkan di daerahLadakh sekitar 49%penduduknya beragamaBuddha78. Penduduk Kashmirbangga dengan keragamanmereka. Mahatma Gandhimemuji sifat toleransipenduduk Kashmir danmenyebut daerah tersebutsebagai sinar harapan dalamkegelapan79.

77 Ibid. Halm, 362.78 Anonim. 2010. Konflik Tak Henti Lembah “Sinar Harapan”. Diakses darihttp://internasional.kompas.com/read/2010/07/23/1000489/Konflik.Tak.Henti.Lembah.Sinar.Harapan-3 pada 18 Februari 2014.79 Lokcit, Wallbank.Halm, 65.

Pada masa lampau,wilayah Kashmir dipimpinoleh dinasti-dinasti Hinduselama beberapa abad.Agama Buddha masuk kewilayah ini setelahMaharaja Ashoka dariKerajaan Magadha mengirimmisionaris. Pada masakini, para penganut Buddhadi Kashmir lebih banyakbermukim di Ladakh80.Wilayah Kashmir pernahberada di bawahpemerintahan Islam, yaitudinasti Mughal sebelumjatuh ke tangan KerajaanAsghan di Afghanistan81.Kemudian pada tahun 1819Kashmir jatuh ke tangankaum Sikh yang dipimpinoleh Ranjit Singh.Kepemimpinan kaum Sikh diKashmir tidak bertahanlama dan jatuh ke tanganInggris pada 1846 saatpengambilalihan wilayahPunjab82.

Upaya Kashmir untukmendapatkan kemerdekaan

Upaya Kashmir untukmendapatkan kemerdekaannyatelah dimulai sejak Indiadan Pakistan memperolehkemerdekaannya. Meskipunberdasarkan referendum80 Lokcit, Grolier. 1995. Halm, 304.81 Opcit, Wallbank. Halm, 161.82 Lokcit, Grolier. 1995. Halm, 305.

20

Page 21: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Louis Mountbatten negarakepangeranan sepertiKashmir harus memilihsalah satu diantara Indiadan Pakistan, kebanyakanrakyat Kashmirmenginginkan wilayahnyamenjadi negara yangberdiri sendiri, bebasdari Muslim (Pakistan)ataupun Hindu (India). Haltersebut ditunjukkan saatIndia dan Pakistanmemperoleh kemerdekaannyadari Inggris, pemerintahKashmir tidak memberikanpetunjuk tentangpilihannya bergabung83.

Keinginan untukmerdeka tersebutdipengaruhi oleh pandanganprimordial bahwa rakyatKashmir memiliki identitasyang berbeda, yaitusebagai rakyat Kashmiratau Kashmiriyat. Apabilamuslim di Indiamenggunakan bahasa Urdudan umat Hindu menggunakanHindi, rakyat Kashmirmenggunakan bahasaKashmiri84. Keinginan untukmenjadi negara merdekatersebut terhalang olehadanya pemberontakanPashtun dan penyeranganpasukan Pakistan, yangkemudian membuat Kashmir

83 Lokcit, Spear. Halm, 96.84 Lokcit, Grolier. 2003. Halm, 9.

terdesak dan bergabungdengan India85.

Upaya untukmendapatkan kebebasanKashmir dari Indiaberlanjut dalam wujudnasionalisme yang banyakbermunculan sejakpemberontakan muslim tahun1989. Disisi lain,munculnya kelompok-kelompok yang memilikikeinginan berbeda dengankelompok nasionalissemakin memperuncingkonflik di Kashmir.Kelompok nasionalis yangterbesar adalah JKLF(Jammu-Kashmir LiberationFront). Kelompok pro-Pakistan yang terbesaradalah HMJK (HizbulMujahideen Jammu-Kashmir).Sedangkan kelompok pro-India merupakan minoritasHindu dan Sikh86.

Kelompok pro-kemerdekaan

Kelompok pro-Pakistan

Jammu-KashmirLiberation Front

Harkat-ul-Ansar (Harkat-ul-Mujahidee

85 Lokcit, Aftah. Halm, 15.86 Lokcit, Heritage. Halm, xxxii.

21

Page 22: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

(JKLF) Jammu

and KashmirPeople’s League (JKPL)

Jammu and KashmirStudents Liberation Front (JKSLF)

IslamicStudents League (ISL)

Al MustafaLiberation Fighter

All PartiesHurriyat Conference

Jaish-e-Mohammed

n) Lashkar-

e-Taiba Lashkar-

e-Omar Jamiat-

ul-Mujahideen

Lashkar-e-Jabbar

Al-Barq Tehreek-

ul-Mujahideen

Kashmir Jihad Force

Al-Jehad Ikhwan-

ul-Mujahideen

Tehreek-e-Jihad-e-Islami

Dukhtaran-e-Millat

MuttahidaJehad Council

Tabel 3: Daftar kelompok separatis diKashmir87.

87 Berdasarkan informasi dari http://www.satp.org/satporgtp/countries/india/states/jandk/terrorist_outfits/terrorists_list_j&k.htm yang diakses pada 18 November 2014.

Kelompok pro-kemerdekaan atau pro-azadiJLKF terbentuk sebagaiperlawanan terhadappemerintah India. Merekatidak sependapat dengankelompok pro-Pakistankarena menganggap bahwaKashmir tidak akan menjadilebih baik bila bergabungdengan Pakistan, karenakondisi internal Pakistanyang tidak menguntungkan.Pakistan masih bermasalahdengan konflik antarasyiah dan sunni danmasalah kemiskinan88.

Kelompok-kelompokyang saling berbeda tujuantersebut seringkalibentrok satu sama lain.Konflik tersebut telahmenimbulkan banyak korbanjiwa, baik rakyat sipilKashmir, aparat keamanan,maupun anggota kelompokyang terlibat.

Tahun

RakyatSipil

AparatKeamana

n

Teroris

Total

2001 1067 590 2850 4507

2002 839 469 1714 3022

2003 658 338 1546 254

88 Lokcit, Heritage.22

Page 23: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

22004 534 325 951 181

02005 520 216 996 173

22006 349 168 599 111

62007 164 121 492 7772008 69 90 382 5412009 55 78 244 377

Tabel 4: Jumlah korban dalamkonflik di Kashmir89.

Perjuangan memperolehkemerdekaan itu masihterus dilakukan olehrakyat Kashmir hingga saatini, di tengah kondisikonflik antara India danPakistan tentangpelanggaran gencatansenjata di Line of Control(LoC). Sementara itu,kelompok militan semakinbanyak bermunculan, dengandua visi yang berbeda,merdeka dari India ataubergabung dengan Pakistan90

89 Berdasarkan informasi dari http://www.satp.org/satporgtp/countries/india/states/jandk/assessment2010.htm yang diakses pada 18 November 2014.90 Anonim. 2010. Konflik Tak Henti Lembah “Sinar Harapan”. Diakses darihttp://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/07/23/1000489/Konflik.Tak.Henti.Lembah.Sinar.Harapan-3 pada 18 Februari 2014.

B. Konflik India danPakistan Dalam SengketaWilayah Kashmir

Berikut akandijelaskan mengenaikonflik antara India danPakistan dalam sengketaKashmir dilihat daripendekatan segitiga SPKJohan Galtung, dimanadalam konflik tersebutkita dapat menemukan tigakomponen, yaitu sikap,perilaku dan konteks91.

Komponen pertama,yaitu sikap, merupakanperasaan atau sikap yangbertentangan dan adanyaperbedaan persepsi dalamnilai-nilai dari pihak-pihak yang bertikai. Sikapini termasuk stereotipyang merendahkan satu samalain, rasa benci, danketidakmampuan untukbertoleransi.

Komponen kedua adalahperilaku, yaitu aksi darisikap mental seseorangdalam merespon sesuatu.Perilaku bisa terwujuddalam tindakan fisik yangberupa kerjasama ataupunkekerasan. Perilaku yangtermasuk kekerasan bisaberupa ancaman, pemaksaan,penyiksaan, pemukulan,

91 Lokcit, Fisher. Halm, 10.23

Page 24: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

pembunuhan, atau seranganyang merusak.

Komponen terakhir,yaitu konteks, merupakansuatu situasi yangterdapat dalam konflikyang dipermasalahkan.Konteks itu berupapertentangan tajam yangada atau dirasakan olehpihak yang bertikai.

Kemudian, dalamkonflik ini kita bisamenemukan objek konflikyang dilihat dalam tigafaktor, yaitu kepentingan,kekuasaan, dan hak. Ketigafaktor inilah yangmerupakan sumber konflikpihak-pihak yangterlibat92.

\

Sikap India dan Pakistan dalamsengketa Kashmir

Perselisihan antaraIndia dan Pakistan yangtidak kunjung menemukanpenyelesaian berawal dariperbedaan yang telah lamaada, bahkan sebelum keduanegara tersebut memperolehkemerdekaannya dariInggris. Sebab dariperselisihan keduanya bisaditelusuri denganbercermin pada masa lalukeduanya, dimana perbedaan

92 Lokcit, Liliweri. Halm, 309.

tersebut berawal dariperbedaan pemikiran antaraHindu dan Islam.

Ajaran Islam tidakmengenal kasta, yaitupemikiran bahwa semuamuslim adalah saudara dansemua manusia adalah samadi hadapan Tuhan tanpamemandang golongan atauwarna kulit. Para penganutmuslim beranggapan bahwasebagaimana kekuasaanTuhan yang mutlak, makaapa yang dianggap benaroleh mereka pun juga takbisa ditawar 93. Sementaraitu, Hindu berkeras bahwaketidaksamaan sosialadalah hukum alam semestadan tidak ada satu punkebenaran yang mutlakkarena setiap golonganmemiliki konsepkebenarannya sendiri94.

Pertentangan antarakedua agama tersebut diwilayah India tak bisaterlepas dari faktorsejarah. India merupakantempat lahirnya agamaHindu. Agama inidikembangkan oleh bangsaArya yang mengembara dariwilayah Persia melaluiCelah Kaybar pada 1500SM95.93 Lokcit, Schulberg. Halm, 535.94 Ibid. Halm, 155.95 A.G. Noble dan A.K. Dutt. 1982. Cultural Patterns and Processes. Colorado: Westview Press. Halm,

24

Page 25: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Saat peradaban yanglama, yaitu yang terletakdi lembah Sungai Indusberalih ke lembah SungaiGangga, Bangsa Dravidayang merupakan pendudukpribumi tersingkir kedataran Dekkan di IndiaSelatan. Pada masa inilahWeda yang merupakan dasaragama Hindu digubah.Kitab-kitab Weda berisisekumpulan himne danmantra yang dilafalkandalam aktivitas-aktivitaskeagamaan. Orang-orangHindu memiliki keyakinanpolytheisme. Merekamenyembah dewa-dewanyadalam suatu kuil,sebagaimana yang dilakukanoleh orang-orang YunaniKuno, dan Timur Tengahpra-Islam (Sumeria,Akkadia, Babylonia, danAssyria). Agama merupakanbidang terpenting dalamaktivitas masyarakat96.

Struktur masyarakatHindu diatur dalam varnaatau kasta. Hirarki initerbagi menjadi 4 strata,yaitu: brahmana (pemukaagama atau pendeta),ksatriya (pemegangpemerintahan atau raja,bangsawan), waisya (petaniatau pedagang), dan sudra

4.96 Lokcit, Toynbee. 2004. Halm, 189.

(pembantu atau pekerjakasar)97. Strukturmasyarakat ini dibentukoleh bangsa Arya. Sistemkasta ini dibuat untuktetap memisahkan bangsaArya secara rasial daripenduduk pribumi yangmerupakan keturunan dariperadaban Indus di MohenjoDarro dan Harappa(sekarang reruntuhan keduakota ini berada di wilayahPakistan)98.

Sementara itu, orang-orang muslim datang keIndia dalam 3 gelombang;orang Arab pada abad ke-8,Turki pada abad ke-12,serta Turki-Afghan padaabad ke-1699. Perbedaanpemikiran antara Hindu danIslam membuat keduanyatidak dapat berasimilasidengan baik di India.Terdapat pengikut Hinduyang pindah ke Islam, tapitidak sebaliknya100.

Dinasti-dinasti Hindutelah digantikan olehpendatang baru, KlanRajput yang adalahketurunan Hun dari AsiaTengah, pada akhirnyaberbaur dan memperkayaHinduisme di India denganpembangunan kuil dan dan

97 Lokcit, Schulberg. Halm, 37.98 Lokcit, Toynbee. Halm, 191.99 Opcit, Schulberg. Halm, 155.100 Ibid. Halm, 534.

25

Page 26: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

perkembangan seni.Kekuasaan Rajput mendapattantangan berat dariKemahajaraan Mughal yangmuslim dan berhasilmenjadi kemaharajaan yangkuat101.

Dinasti Mughaldiririkan oleh muslimTurki yang juga keturunanMongol, oleh karena itudisebut Mongol atauMughal102. Rajanya yangterkenal adalah MaharajaAkbar (1542-1605), yangmenjalin koalisi danmenikahi putri Rajput103.Selain Maharaja Akbar,Raja Mughal lain yangterkenal adalah Shah Jahan(1592-1666) yang membangunTaj Mahal dan Aurangzeb(1618-1707), putra ShahJahan yang adalah seorangmuslim ortodoks danambisius memulaikeruntuhan dinasti Mughal.Aurangzeb menguraskekayaan wilayah utarauntuk membiayaiserangannya ke wilayahselatan, merenggangkanhubungan dengan KerajaanRajput, melarangpembangunan kuil, danmemberlakukan pajak-pajak

101 Ibid. Halm, 99.102 Ibid. Halm, 159.103 Ibid. Halm, 162.

yang tinggi bagi penganutHindu di wilayahnya104.

Ditinjau dari paparandiatas, tampak bahwaperselisihan diantaraIndia dan Pakistan telahdimulai bahkan sejak jamandahulu sebelum negeritersebut dikuasaipenjajah. Saat dikuasaiInggris pun, perjuanganpergerakan kemerdekaanIndia juga terbagi menjadidua partai, KongresNasional dan Liga MuslimIndia. Liga Muslim Indiayang pada mulanya hanyabertujuan untukmenyalurkan aspirasimasyarakat muslim Indiakepada pemerintah Inggrisakhirnya turut menerimapemikiran nasionalis yangsama seperti KongresNasional105.

Kemudian perbedaanpendapat yang munculdiantara kedua partaitersebut berujung padapembentukan kedua negara,yaitu India dan Pakistan.Mahatma Gandhi dariKongres Nasionalmengemukakan konsepNasionalisme India yangbertujuan untuk membentuksuatu negara yang104 Ibid. Halm, 163.105 Harun Nasution. 1992. Pembaharuan Dalam islam, Sejarah Pemkiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang. Halm, 195.

26

Page 27: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

didalamnya umat Hindu danIslam tergabung menjadisatu bangsa. Muhammad AliJinnah dari Liga Muslimtidak sependapat dengankonsep tersebut karenamelihat perbedaan sifatdalam Islam dan Hindu.Menurut Jinnah, keduakelompok tersebut tidakakan dapat bersatu karenamemiliki pemikiran dannilai yang bertentangan,memiliki pandangan hidupyang berbeda, dan mendapatinspirasi dari sumber-sumber sejarah yangberbeda106.

Setelah masing-masingmemperoleh kemerdekaannya,yaitu India dan Pakistan,kedua negara tersebutmempersengketakan wilayahKashmir. Kedua negara itumenginginkan Kashmir untukbergabung dalamkedaulatannya secara utuhdan tidak terbagisebagaimana kondisi yangada saat ini, dimanaKashmir terbagi oleh garisdemarkasi yang menandaiwilayah Kashmir yangmenjadi milik India danwilayah yang termasukmilik Pakistan107. Pakistan106 Erwin I.J. Rosenthal. 1965. Islam In The Modern National State. Cambridge: University Press. Halm, 202.107 Lokcit, Mashad. 2004. Halm, 12.

merasa semestinya Kashmirmenjadi salah satuwilayahnya, karenamayoritas penduduk Kashmiradalah muslim danberdasarkan referendumLouis Mounbattenpenggabungan negarakepangeranan harusmemperhatikan demografidan aspirasi penduduknya.Sedangkan India merasamemiliki hak terhadapKashmir berdasarkan padakeputusan penggabunganoleh Maharaja Hari Singhkepada India108.

Kemudian setelahbeberapa kali terlibatkonflik terbuka, India danPakistan menyepakati untukmenyelesaikan masalahKashmir dengan carabilateral, meskipunmasalah tersebut belumjuga terselesaikan.Perdana Menteri Pakistanpada tahun 2010, YousufRaza Gilani, mengatakanbahwa India bersediaberdialog dengan Pakistan,tetapi tidak bersediamenyinggung isu Kashmir,sekaligus menyatakan bahwaPakistan mendukungkeinginan rakyat Kashmiruntuk memperjuangkankemerdekaannya109.

108 Lokcit, Esposito. Halm, 114.109 Anonim. 2010. PM Gilani: Masalah Kashmir Serupa dengan Konflik Palestina.

27

Page 28: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Dalam konferensi persdi Islamabad pada Juni2010, Menteri Luar NegeriIndia, Nirupama Rao danMenteri Luar NegeriPakistan, Salman Bashir,menyatakan bahwa keduanegara belum mendapatkansolusi mengenai masalahpenguasaan wilayahKashmir, tetapimenyepakati untukmengadakan lebih banyakperundingan. Kedua pihakberjanji akan bekerja samauntuk melawan teroris,sehingga kemudian dapatmenyelesaikan sengketadalam suasana yang bebasdari tekanan masalahteroris110,

Kemudian karenajatuhnya banyak korbandalam bentrokan antararakyat sipil dan aparatkeamanan yang terjadi padaJuni hingga Juli 2010,pada tahun 2011 Indiamenarik 10.000 pasukannyadari wilayah Kashmir yang

Diakses dari http://www.suaramedia.com/asia/2010/02/15/pm-gilani-masalah-kashmir-serupa-dengan-konflik-palestina pada 13 Juli 2014.110 Phil Ittner. 2011. PerundinganIndia-Pakistan Soal Kashmir Tak Capai Kemajuan. Diakses dari http://m.voaindonesia.com/a/perundingan-india-pakistan-soal-kashmir-tak-capai-kemajuan-124544019/94792.html pada 20 April 2014.

dikuasainya. Pernyataantersebut disampaikan olehGopal Pillai, seorangpejabat penting diKementrian Dalam NegeriIndia kepada Press Trustof India (PTI). Banyakpolitisi di provinsitersebut yakin bahwakehadiran pasukan yangbanyak telah meningkatkanaksi kekerasan yangmenelan korban padabentrokan yang terjadiselama protes pada saatitu111.

Di sisi lain,kesepakatan India danPakistan untukmenyelesaikan masalahKashmir secara bilateraldengan mengadakan lebihbanyak perundingan tidakmembawa perbaikan dalamhubungan kedua negaratersebut. Pada tahun 2013dijumpai banyakpelanggaran gencatansenjata di sekitar Line ofControl (LoC) dan keduapihak yang bertikai salingmenuduh siapa yang lebih

111 Anonim. 2011. Konflik Islam-Hindu, India Tarik 10 Ribu Pasukan dari Kashmir. Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/internasional/11/02/13/163982-konflik-islam-hindu-india-tarik-10-ribu-pasukan-dari-kashmir pada 17 April 2014.

28

Page 29: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

dahulu melakukanserangan112.

Dari uraian diatastampak bahwa Pakistanberubah pikiran, dimanapada mulanya hanyamenginginkan bergabungnyaKashmir secara utuh kedalam wilayahnya, menjadidukungan pada keinginanrakyat Kashmir untukmendapatkan kemerdekaan.Kashmir bukan hanyamemiliki kedekatanemosional karena persamaankeyakinan mayoritaspenduduknya denganPakistan, tetapi jugamemiliki potensi sumberdaya yang menguntungkanbaik bagi Pakistan maupunIndia. Bila Kashmir tidakbisa dimiliki secara utuholeh salah satu diantarakeduanya, maka sesuaidengan harapan primordialrakyat Kashmir, lebih baikbila mendukung kemerdekaanwilayah tersebut.

112 Esnoe Faqih Wardhana. 2013. Perwira Militer Pakistan dan India Akan Bertemu Untuk Kurangi Ketegangan. Diakses dari http://international.sindonews.com/read/790628/40/perwira-militer-pakistan-india-akan-bertemu-untuk-kurangi-ketegangan-1380817441 pada 18 Februari 2014.

Perilaku India dan Pakistandalam sengketa Kashmir

Wilayah Kashmirmemiliki sejarah panjangmengenai kekerasan,terutama saat India danPakistan memperolehkemerdekaannya di tahun1947 dan Kashmir menjadiwilayah sengketa. Keduanegara tersebut berperangkarena memperebutkanKashmir yang mayoritaspenduduknya adalah muslimdan wilayahnya memilikibanyak potensi alam113.Selain itu, adanyapemberontakan-pemberontakan yang terjadidi wilayah tersebut jugamenjatuhkan banyak korban,sebagaimana peperangan.

Kesepakatan gencatansenjata yang berhasildicapai pada tahun 2003tidak menyelesaikanperselisihan antara Indiadan Pakistan, begitu jugadengan masalah Kashmir.Pada Juni hingga Juli 2010terjadi protes diSrinagar, ibukota Kashmiryang dikuasai oleh India.Rakyat sipil, polisi,tentara, dan militanseparatis terlibat konflikbersenjata dalam bentrokandalam protes tersebut.Melalui protes tersebut,para demonstran113 Lokcit, Aftah. Halm, 18.

29

Page 30: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

menyuarakan keinginannyaagar Kashmir memperolehkemerdekaan dari Indiaatau bergabung denganPakistan114,

Unjuk rasa, aksiprotes terhadap aparatkeamanan, perusakan dankontak senjata hampirterjadi setiap hari selamaenam minggu. Aparatkeamanan menggunakansenjata tajam dan senjataapi saat mereka gagalmenghalau para demonstrandengan tembakan gas airmata dan pentungan. Parapetugas yang mengendalikangelombang protes dituduhtelah menewaskan 17 wargasipil dan melukai banyakorang lainnya dalamkerusuhan yang berlangsunghampir dua bulantersebut115.

Menjelang akhir tahun2012 hingga 2013 terjadibanyak kontak senjata disekitar Line of Control(LoC)116. Pihak India114 Anonim. 2010. Konflik Tak Henti Lembah “Sinar Harapan”. Diakses darihttp://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/07/23/1000489/Konflik.Tak.Henti.Lembah.Sinar.Harapan-3 pada 18 Februari 2014.115 Ibid.116 Esnoe Faqih Wardhana. 2013. India: Sepanjang 2013 Ada 196 Pelanggaran Gencatan Senjata di Kashmir. Diakses dari http://international.sindonews.com/read/818897/40/india-

menyalahkan Pakistan ataspelanggaran di Line ofControl (LOC). Tetapi disisi lain, Pakistan jugamenyalahkan India atasterjadinya pelanggaran-pelanggaran tersebut.Konflik bersenjata didaerah Line of Control(LoC) tetap terjadi,meskipun baik Pakistanmaupun India masih tetapmenyetujui jalannyagencatan senjata.

Pada awal tahun 2013,tepatnya tanggal 9Januari, Brigadir S.Chawla, pejabat seniormiliter India, menyatakanbahwa tentara Pakistanmemasuki sisi Kashmir yangdikuasai oleh India danseorang tentara Indiaditemukan termutilasi117.

sepanjang-2013-ada-196-pelanggaran-gencatan-senjata-di-kashmir-1387472976 pada 18 Februari 2014. 117 Anonim. 2013. Konflik India-Pakistan Memanas. Diakses dari http://indo.wsj.com/posts/2013/01/09/konflik-india-pakistan-memanas/ pada 18 Februari 2014.

30

Page 31: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Sementara itu, seorangjuru bicara militerPakistan, yang tidakmenyebutkan namanya,membantah tuduhan Indiatersebut. Pihak Pakistanberbalik menuduh Indiatelah menyerang postentara Pakistan danmembunuh seorangpersonilnya pada 6 Januari2013118.

Pada 17 Agustus 2013,setelah baku tembak yangterjadi selama 8 hari disepanjang Line of Control(LoC) di distrik Poonch,siaran di All India Radio(AIR) melaporkan adanyaadanya dua warga sipilterluka akibat ledakanmortir yang ditembakkanoleh tentara Pakistan.Selama baku tembak yangterjadi pada minggutersebut, lima tentaraIndia tewas dan banyakkorban terluka dari wargasipil di kedua sisi, baiksisi India maupunPakistan119.

118 Ibid.119 Esnoe Faqih Wardhana. 2013. 8 Hari Berturut-Turut Tentara Pakistan dan India Baku Tembak di Kashmir. Diakses dari http://international.sindonews.com/read/772411/40/8-hari-berturut-turut-tentara-pakistan-india-baku-tembak-di-kashmir-1376758665 pada 20 Maret 2014.

Kemudian pada 25Agustus 2013, Masood-urRehman, pejabat Pakistanmenuduh pasukan Indiamenembakkan mortir yangmenewaskan seorang wargasipil dan melukai tujuhorang lainnya di SektorNakyal, di sisi Kahmiryang dikuasai Pakistan120.

Dalam uraian diatastampak bahwa mengenaipelanggaran-pelanggarangencatan senjata yangterjadi di sepanjang Lineof Control (LoC) keduapihak, yaitu India danPakistan selalu salingtuduh pihak mana yangmemulai serangan lebihdulu. Sementarapelanggaran-pelanggaransemacam itu sering terjadisepanjang tahun 2013.

Bila dibandingkandengan tahun-tahun sebelum2010, korban yang jatuhakibat konflik di Kashmirpada tahun 2010 dansetelahnya lebih sedikit.Konflik-konflik yangterjadi di Kashmir sebelumtahun 2010, terutama saatperang Kargil dan ketika

120 Yesi Syelvia. 2013. Pakistan: Ledakan Mortir dari India Tewaskan Seorang Wanita. Diakses dari http://international.sindonews.com/read/775256/40/pakistan-ledakan-mortir-dari-india-tewaskan-seorang-wanita-1377439837 pada 20 Maret 2014.

31

Page 32: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

terjadi pemberontakanmuslim tahun 1990an, lebihbesar dan menjatuhkanlebih banyak korban.

Tahun

RakyatSipil

AparatKeamana

n

Teroris

Total

1988 29 1 1 311989 79 13 0 921990 862 132 183 117

71991 594 185 614 139

31992 859 177 873 190

91993 1023 216 1328 256

71994 1012 236 1651 289

91995 1161 297 1338 279

61996 1333 376 1194 290

31997 840 355 1177 237

21998 877 339 1045 226

11999 799 555 1184 253

8Tabel 5: Jumlah korban konflik Kashmir

tahun 1988-1999121.

Berdasarkan tabeldiatas, jumlah korbankonflik di Kashmir sebelumtahun 2000 memiliki jumlahyang besar. Sejak Kashmir121 Berdasarkan informasi dari http://www.satp.org/satporgtp/countries/india/states/jandk/data_sheets/annual_casualties.htm yang diakses pada 28 Desember 2014.

mengalami pemberontakanpada tahun 1989 dan munculsemakin banyak kelompok-kelompok yang dianggapsebagai teroris, semakinbanyak tindak kekerasanyang terjadi di wilayahtersebut122. Para aparatkeamanan pun merespon haltersebut dengan agresif.Keadaan itu membuat rakyatKashmir merasa bencikepada India dan semakinmenginginkan lepas darinegara tersebut. Masalahkekerasan dan rasa benciyang ditimbulkannya inikemudian berujung padaPerang Kargil.

Tahun

RakyatSipil

AparatKeamana

n

Teroris

Total

2000 842 638 1808 3288

2001 1067 590 2850 4507

2002 839 469 1714 3022

2003 658 338 1546 2542

2004 534 325 951 1810

2005 520 216 996 1732

2006 349 168 599 1116

2007 164 121 492 7772008 69 90 382 5412009 55 78 244 377

122 Lokcit, Heritage. Halm, xxxii.

32

Page 33: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

2010 36 69 270 3752011 34 30 119 1832012 16 17 84 1172013 20 61 100 181

Tabel 6: Jumlah korban konflik Kashmirtahun 2000-2013123.

Bila dilihat daritabel diatas, korbankonflik di Kashmir diatastahun 2000, terutama tahun2010 hingga 2013, yangmenjadi fokus tahunpenelitian ini, lebihkecil dari tahunsebelumnya. Bila dilihatdari jumlah korbannya,konflik di Kashmir seolahtelah semakin mereda.Meskipun demikian,pemberitaan di mediamenunjukkan yangsebaliknya. Seperti yangtelah diuraikan secarasingkat mengenaiperistiwa-peristiwa yangterjadi dalam kurun waktutersebut, jumlah korbanyang lebih sedikit tidakmenjamin konflik diKashmir semakin mereda.Seringnya terjadi kontaksenjata di daerahperbatasan jugamenunjukkan intensitaskonflik yang meningkat.

123 Berdasarkan informasi dari http://www.satp.org/satporgtp/countries/india/states/jandk/data_sheets/annual_casualties.htm yang diakses pada 28 Desember 2014.

5.1.3 Konteks konflikIndia dan Pakistan dalamsengketa Kashmir

Setelah beberapa kaliberperang, pada tahun 2003akhirnya India danPakistan menyetujuikesepakatan gencatansenjata mengenai sengketaKashmir. Tetapi keadaan diwilayah tersebut tidakmembaik. Masih banyakdijumpai banyakpelanggaran gencatansenjata di sekitar Line ofControl (LoC), demikianpula kondisi-kondisi tidakmengutungkan lain yangterjadi di Kashmir.

Sejak terjadinyapemberontakan muslim diKashmir pada tahun 1989,banyak bermunculankelompok-kelompok terorisdisana. Kelompok-kelompoktersebut terbagi ke dalamdua tujuan yang berbeda;yang menginginkankemerdekaan bagi Kashmirdan yang menginginkanuntuk bergabung denganPakistan. Karena adanyaperbedaan tujuan dalamkelompok-kelompok ini,seringkali mereka bertikaisatu sama lain dan salingmenjatuhkan korbandiantara kelompok-kelompoktersebut.

Selain ketidakamanankarena terorisme, banyak

33

Page 34: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

terjadi pelanggaran HAM diKashmir. Anak-anak danwanita seringkali menjadikorban kekerasan dalampemerkosaan, pembunuhan,pemukulan, pemaksaan,perdagangan, danpernikahan di bawahumur124. Di sisi lain,dalam upaya untukmemerangi terorisme,aparat keamanan seringkalimelakukan pelanggaran HAM.Dalam usahamengidentifikasi parapelaku teror, aparatkeamanan melakukanpenangkapan yang sewenang-wenang dan pelanggaran HAMdi setiap tahapanpenahanan. Para aparatkemananan menangkap parapenduduk yang dicurigaidan membawa mereka kekantor polisi. Merekaditahan tanpa diadili,dipaksa mengakui perbuatanyang tidak mereka lakukandan seringkali disiksa125,124 Anonim. 2012. PBB Akan Meneliti Kemajuan HAM di India. Diakses dari http://indonesia.ucanews.com/2012/05/24/pbb-akan-meneliti-kemajuan-ham-di-india/ pada 15 November 2014.125 Anjana Pasricha dan FebriamyHutapea. 2011. Human Rights Watch Desak India Cegah Pelanggaran HAM dalam Perangi Terorisme. Diakses darihttp://www.voaindonesia.com/content/human-rights-watch-desak-india-cegah-pelanggaran-ham-dalam-perangi-terorisme-

Pelanggaran HAM yangterjadi dalam upayamemerangi terorisme justrumengganggu prosestersebut, karena menghukumorang-orang yangsesungguhnya tidakbersalah, sementara pelakusebenarnya tetap bebas.Pelanggaran HAM demikianakan merusak kepercayaanmasyarakat terhadappenyelidikan yangdilakukan oleh pihakberwajib.

Di tengah situasiKashmir yang kacau, satugolongan masyarakat yangjuga dirugikan adalahkomunitas pelajar. Akibatterjadinya kerusuhan danprotes yang terjadi padaJuni hingga Juli 2010,pemerintah menutupsekolah-sekolah diKashmir. Para pemuda danpemudi Kashmir yangantusias untuk menuntutilmu menjadi kehilangansesi akademisnya selamabeberapa waktu. MuslimIndia memohon untukdibukanya kembalipendidikan di Kashmir.Permohonan tersebut laludisetujui danditandatangani pemimpinMajelis Musyawarah MuslimSeluruh India, Syed

115142284/89376.html pada 25 November 2014.

34

Page 35: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Shahabuddin dan para wakilulama India126.

Pada setiap konflik,terdapat beberapa faktoryang menjadi objek dalamkonflik. Seperti yangtelah dijelaskan pada Bab2, terdapat tiga objekmenurut Liliweri; yaitukepentingan, kekuasaan,dan hak. Berikut merupakanobjek konflik dalamsengketa Kashmir antaraIndia dan Pakistan.

a. KepentinganSengketa Kashmir berawaldari saling klaim antaraIndia dan Pakistan ataswilayah Kashmir setelahkeduanya memperolehkemerdekaan. Kashmirmerupakan wilayah yangmemiliki banyak potensisumber daya alam. Secarastrategis maupun ekonomis,negara yang mendapatkannyasebagai salah satuwilayahnya akanmendapatkan keuntungan.Secara ekonomis, keindahandan kemakmuran Kashmirakan menguntungkan untukpariwisata atau daerah

126 Anonim. 2010. Muslim India DesakPendidikan Kashmir Dibuka Kembali. Diakses dari http://www.suaramedia.com/dunia-islam/2010/07/31/muslim-india-desak-pendidikan-kashmir-dibuka-kembali pada 15 November2014.

pertanian. Kashmir dialirioleh sungai-sungai yangsangat penting untukmenunjang pertanian padi,ladang sayur-sayuran danpertanian bunga-bunga.Terutama tiga sungai yangmengalir di Kashmir;Indus, Chenab dan Jhelumsangat penting bagipertanian di wilayahPakistan yang sangattergantung pada aliransungai tersebut. Selainitu panorama indah diKashmir sangat cocok untukdimanfaatkan sebagaidaerah pariwisata127.

Wilayah Kashmir yangberbatasan dengan Tibet,Cina dan Afghanistanterletak di dataran tinggiyang bergunung-gunung.Kondisi ini menguntungkandari segi strategis karenasangat bagus untukpertahanan128.

b. KekuasaanPada jaman dahulu,

kerajaan-kerajaan yangtersebar di muka bumimerupakan suatu bentukaktor internasional padamasa tersebut. Hubunganantar kerajaan yang adapada masa tersebut tidakhanya berupa kerjasama,127 Lokcit, Mashad. 2004. Halm, 72.128 Ibid. Halm, 37.

35

Page 36: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

tapi juga usaha untuksaling menguasai danmendapatkan wilayah yanglebih besar dibandingkanyang lain, terutama biladaerah yang ditaklukkanmerupakan daerah yangmenguntungkan bagi suatukerajaan. Kecenderungantersebut tidak berubahhingga sekarang, hal inibisa dilihat dalamsengketa Kashmir antaraIndia dan Pakistan.

Faktor kekuasaan darikonflik antara India danPakistan dalam sengketaKashmir dapat dilihatdalam anggapan Indiatentang masalah Kashmir,bahwa hal itu adalahmasalah harga diri dankedaulatan129. India yangpada masa lalu merupakansatu wilayah yang besardipimpin oleh kemaharajaanyang kuat sebelum dipimpinoleh KemaharajaanBritannnia. NasionalisHindu India dari partaiKongres Nasional yangsejak awal menginginkansebuah negara India yangmerdeka sebagai negarasekuler dengan umat Hindudan Muslim di dalamnya,seperti di masa sebelumkolonialisme.

129 Lokcit, Mashad. 1999. Halm, 104.

Ketika kemerdekaanyang diinginkan telahdicapai, meskipun denganberpisahnya India danPakistan menjadi duanegara yang berdirisendiri. Keinginan kaumnasionalis untukmenyatukan India tidaktercapai, tetapi merekatetap menginginkan untukmenyatukan negara-negarakepangeranan ke dalamwilayahnya, termasukKashmir. Selain itu, Indiamerasa khawatir denganmunculnya gerakan-gerakanseparatis dari golongannon-Hindu. Oleh karenaitu, India berusahamempertahankan Kashmir.

c. HakDari segi hak,

sengketa Kashmir bermuladari penyerahan pemimpinKashmir yang beragamaHindu, Maharaja HariSingh, sementara mayoritasrakyatnya adalah muslim.Berdasarkan referendumLouis Mountbatten,penggabungan negara-negarakepangeranan kepada Indiaatau Pakistan harusmemperhatikan demografidan harapan rakyat.Pakistan beranggapan bahwakeputusan Maharaja HariSingh untuk menyerahkanKashmir kepada India

36

Page 37: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

merupakan pelanggaranterhadap referendumtersebut. Sementara biladitelusuri ke belakang,penyerahan Kashmir kepadaIndia dipicu olehpenyerbuan Pakistan keKashmir untuk membantupemberontakan danmenguasai wilayahtersebut.

Maharaja Hari Singhyang telah meminta bantuanuntuk mengatasi kerusuhandan kekerasan terhadaprakyat Kashmir yangdiakibatkan olehpemberontakan tersebut,menyetujui syarat Indiauntuk bergabung denganmereka. Dengan demikian,keputusan tersebut telahmembuat Kashmir beradadalam kedaulatan India,dan merupakan tindakanyang wajar bila suatunegara berusahamempertahankankedaulatannya.

Masalah Kashmir yangtelah berlangsung sangatlama. Sejak India danPakistan memperolehkemerdekaannya hingga saatini, masalah tersebutbelum mendapatkanpenyelesaian, membuatrakyat Kashmir terjebakdalam konflikberkepanjangan. Kondisidemikian memunculkan

golongan yang menginginkanagar Kashmir menndapatkankemerdekaan dan membentukpemerintahan sendiri.Golongan-golongan ini punbertentangan dengangolongan yang menginginkanuntuk bergabung denganPakistan.

Di sisi lain,Pakistan akhirnyamenyatakan bahwa merekamemberikan dukungan moralkepada rakyat Kashmiruntuk memperolehkemerdekaannya. Sementarapelanggaran-pelanggarangencatan senjata yangtelah disepakati padatahun 2003 terus terjadidi Line of Control (LoC).India dan Pakistan salingtuduh mengenai siapa pihakyang melakukan seranganterlebih dahulu, disertaidengan tuduhan India bahwaPakistan membantu paramilitan Kashmir dantuduhan ini disangkal olehpihak Pakistan.

C. Hubungan KonfliktualIndia dan Pakistan DalamSengketa Kashmir PadaTahun 2010-2013

Hubungan antara Indiadan Pakistan sejak saatkemerdekaan selaludiwarnai dengan konflik,terutama bila menyangkuttentang sengketa Kashmir.

37

Page 38: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Setelah beberapa kalikedua belah pihak terlihatperang dan Kashmir dilandapemberontakan, akhirnyakesepakatan gencatansenjata dicapai.

Sebagaimana yangtelah dijelaskan pada babsebelumnya, hubungankonfliktual merupakansuatu hubungan atauinteraksi antara pihak-pihak tertentu yang beradadalam situasi konflik ataukrisis. Menurut MartinGriffiths dan TerryO’Callaghan, sebuah krisismerupakan suatu periodeketika satu pihak ataulebih dalam sebuah konflikmelihat adanya suatuancaman terhadapkepentingan mereka dandalam waktu singkat akanmerespon ancamantersebut130.

Pendapat MartinGriffiths dan TerryO’Callaghan diatas dapatdilihat pada konflikantara India dan Pakistandalam sengketa Kashmir,dimana dalam perkaratersebut baik India maupun

130 Martin Griffiths dan Terry OCallaghan. International Relations: TheKey Concepts. Diakses dari http://csspoint.yolasite.com/resources/International%20relations%20-%20key%20concepts.pdf pada 29 Agustus2009. Halm, 57.

Pakistan memberikan responyang agresif berupaserangan di sekitar Lineof Control (LoC) dantindakan kekerasan serupalainnya atau merespondengan jalan melakukanperundingan.

Demikian juga dengansengketa Kashmir, yangmenurut Ali Achmad,sengketa merupakanpertentangan antara duapihak atau lebih yangberawal dari persepsi yangberbeda tentang suatukepentingan atau hakmilik131. Telah diuraikansebelumnya bahwa sengketaKashmir berawal darisaling klaim antara Indiadan Pakistan mengenaipenggabungan negarakepangeranan berdasarkanreferendum LouisMountbatten, sebagaimanadalam surat yangdikirimkan kepada MaharajaHari Singh yangberbunyi132;

“It is my Government’s wish that as soonas law and order have been restored ini

Jammu and Kashmir and her soil clearedof the invader the question of the State’s

accession should be settled by a referenceto the people.”

131 Lokcit, Ali Achmad, seperti dikutip oleh Wijianto. Halm, 123. 132 Lokcit, Wallbank. Halm, 51.

38

Page 39: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Dalam keputusantersebut jelas bahwakeputusan penggabungannegara kepangeranan harusmemperhatikan kondisi danharapan rakyat. Pakistanmenghendaki Kashmir untukbergabung dengannyaberdasarkan kesamaankeyakinan, sedangkanMaharaja Hari Singhmemberikan keputusan untukbergabung dengan Indiakarena adanyapemberontakan. Oleh karenaitu, kedua negaraberperang beberapa kalidan mempersengketakanKashmir hingga saat ini,meski pada akhirnyaPakistan menyatakanmemberi dukungan moralkepada Kashmir untukmerdeka.

India dan Pakistanmenyetujui gencatansenjata pada tahun 2003dan melakukanperundingan-perundinganmengenai masalah Kashmiryang dimulai pada tahun2004. Tetapi akhirnyaIndia menghentikan dialogdengan Pakistan setelahserangan teroris di Mumbaipada tahun 2008. Beberapapejabat India mengatakanserangan tersebutdilakukan oleh kelompokLashkar-e-Taiba yangdidukung oleh Pakistan.

Tetapi tuduhan tersebutdisangkal oleh juru bicarakelompok tersebut133.

Pemberitaan mengenaiKashmir kembali ramai dimedia massa pada tahun2010. Pada Juni 2010,terjadi protes di jalan-jalan di Kashmir. Protesyang berawal di Srinagarini meluas hingga kota disekitarnya. Parademonstran menuntut untukkemerdekaan Kashmir dariIndia. Protes-protes initerjadi hampir setiap harihingga Juli 2010, dimanarakyat sipil, militan-separatis, dan aparatkeamanan terlibat dalambentrokan yang menimbulkanbanyak korban.

Dalam aksi unjuk rasadan bentrokan tersebut,salah satu tokoh militandan pemberontak darikelompok Hatkal-ul-Mujahedin, kelompok yangberbasis di Pakistan,tewas dalam kontak senjata

133 Anonim. 2011. Kashmir India Tegang Lagi Setelah Kematian Tahanan Polisi. Diakses dari http://www.antarajatim.com/lihat/berita/68180/kashmir-india-tegang-lagi-setelah-kematian-tahanan-polisi?awesm=awe.sm_5Q5aR&utm_campaign=&utm_medium=awe.sm-twitter&utm_source=google.com&utm_content=twitterfeed pada 15 November 2014.

39

Page 40: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

di Sopore134. Setelah itu,pada September 2010,pemerintah Indiamengumumkan langkah untukmeredamkan konflik akibatprotes-protes danbentrokan sebelumnya,yaitu melalui dialogdengan rakyat Kashmir.Disamping itu, MenteriDalam Negeri India jugaberjanji untuk membebaskanpara pemuda, terutamapelajar dan mahasiswa,yang ditahan dalam aksitersebut135.

Terkait denganbentrokan yang terjadipada tahun 2010, padaFebruari 2011 pemerintahIndia berniat menarik10.000 pasukannya dariKashmir. Kehadiran yangbanyak diyakini telah aksikekerasan di daerahtersebut136. Kemudian pada134 Anonim. 2010. Konflik Tak Henti Lembah “Sinar Harapan”. Diakses darihttp://internasional.kompas.com/read/2010/07/23/1000489/Konflik.Tak.Henti.Lembah.Sinar.Harapan pada 18 Februari 2014.135 Anonim. 2010. India Umumkan Langkah Untuk Redakan Konflik Kashmir. Diakses dari http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/2010-09-26/india-umumkan-langkah-untuk-redakan-konflik-kashmir/76606 pada 17 Februari 2014.136 Anonim. 2011. Konflik Islam-Hindu, India Tarik 10 Ribu Pasukan dari Kashmir. Diakses dari http://www.republika.co.id/beri

Agustus 2011 penangkapanseorang warga Sopore olehpolisi atas tuduhansebagai pemberontakberujung pada kematian.Keluarga tahanan tersebutyakin bahwa kerabatnyadisiksa hingga tewas.Kejadian itu ditanggapiwarga kota denganmelakukan aksipemogokan137.

Pada Oktober 2012,delegasi India danPakistan salingmemperdebatkan masalahKashmir di Sidang MajelisPBB di New York. PresidenPakistan Asif Ali Zardarimenyatakan bahwa masalahKashmir merupakan contohdari kegagalan PBB.Sedangkan Menteri LuarNegeri India, SM. Krishnamenyatakan bahwa Pakistantidak perlu ikut campur diJammu dan Kashmir, karenata/breaking-news/internasional/11/02/13/163982-konflik-islam-hindu-india-tarik-10-ribu-pasukan-dari-kashmir pada 17 April 2014.137 Anonim. 2011. Kashmir India Tegang Lagi Setelah Kematian Tahanan Polisi. Diakses dari http://www.antarajatim.com/lihat/berita/68180/kashmir-india-tegang-lagi-setelah-kematian-tahanan-polisi?awesm=awe.sm_5Q5aR&utm_campaign=&utm_medium=awe.sm-twitter&utm_source=google.com&utm_content=twitterfeed pada 15 November 2014.

40

Page 41: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

wilayah tersebut adalahbagian dari India138.

Pada tahun 2013dijumpai banyak sekalipelanggaran gencatansenjata di Line of Control(LoC). Media massamengatakan bahwa terdapat196 pelanggaran gencatansenjata yang terjadiselama tahun 2013139.Pelanggaran ini berupaaksi saling serang dankontak senjata diperbatasan. Aksi ini tidakhanya menimbulkan korbanpasukan yang jatuh dikedua belah pihak, tapijuga rakyat sipil yangtinggal di sekitar daerahperbatasan140.138 Devi Anggraini Oktavika. 2012. India-Paskistan Perdebatkan Kashmir di PBB. Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/12/10/02/mb9tol-indiapakistan-perdebatkan-kashmir-di-pbb pada15 November 2014.139 Esnoe Faqih Wardhana. 2013.India: Sepanjang 2013 Ada 196 Pelanggaran Gencatan Senjata di Kashmir. Diakses dari http://international.sindonews.com/read/818897/40/india-sepanjang-2013-ada-196-pelanggaran-gencatan-senjata-di-kashmir-1387472976 pada 18 Februari 2014.140 Yesi Syelvia. 2013. Pakistan: Ledakan Mortir dari India Tewaskan Seorang Wanita. Diakses dari http://international.sindonews.com/read/775256/40/pakistan-

Dilihat dari uraiandiatas, dari tahun 2010hingga tahun 2013 masalahKashmir belum menemukanpenyelesaian. SementaraIndia maupun Pakistanmasih sering melanggargencatan senjata yangtelah mereka sepakati padatahun 2003. Pemberontakanyang terjadi pada tahun1989 dan tindakan keraspasukan India untukmenumpasnya, sertaseringnya terjadipelanggaran HAM dalamupaya pemberantasanterorisme di Kashmir olehaparat keamananmenimbulkan rasa benci dantidak percaya masyarakatkepada pemerintah India,sehingga merekamenginginkan untukbergabung dengan Pakistanatau memiliki pemerintahansendiri sebagai negarayang merdeka.

Penutup

A. KesimpulanKasus sengketa

wilayah Kashmir yangterjadi antara India danPakistan (2010-2013)merupakan suatu konflikberkepanjangan yang belum

ledakan-mortir-dari-india-tewaskan-seorang-wanita-1377439837 pada 20 Maret 2014.

41

Page 42: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

menemukan penyelesaian.Konflik diantara keduakedua negara tersebuttelah telah dimulai bahkansebelum keduanyamemperoleh kemerdekaandari Inggris pada tahun1947. Konflik ini bermuladari perbedaan visi antaraagama Hindu dan Islam yangtelah ada sejak masalampau pada masapemerintahan KemaharajaanMughal. Perbedaan visi iniyang kemudian mempengaruhipersepsi diantara keduagolongan, yaitu Hindu danIslam hingga berujung padapemisahan India danPakistan, juga padaperebutan wilayah Kashmiryang dikarenakanbergabungnya wilayahtersebut yang memilikimayoritas penduduk muslimke negara India. Sedangkanjika dilihat dari segikomposisi penduduk,Kashmir lebih cocok bilabergabung dengan Pakistan.

Setelah terlibatperang selama tiga kalidalam memperebutkanKashmir, yaitu pada tahun1947, 1965, dan 1999,India dan Pakistan belummendapatkan solusi darihubungan konfliktualkeduanya. Masing-masingsepakat untukmenyelesaikan masalah

Kashmir secara bilateral.Genjatan senjata pun telahdisepakati pada tahun2003. Tetapi konflik masihterus berlanjut. Padatahun 2010 hingga 2013banyak ditemui serangan-serangan yang terjadi didaerah sekitar Line ofControl (LoC) yangmerupakan garis demarkasiyang membatasi wilayahKashmir yang dikuasai olehPakistan dan Kashmir yangdikuasai oleh India. Dalamsetiap pelanggarangencatan senjata yangterjadi di garis pembatastersebut, baik Indiamaupun Pakistan salingmenuduh satu sama lainsiapa yang telah melakukanserangan lebih dulu.Serangan-serangan di Lineof Control telahmenimbulkan banyak korban,baik dari pihak pasukanmiliter maupun para wargasipil yang berada disekitar daerah tersebut.Di sisi lain, adanyamasalah internal diKashmir juga menjadifaktor penghambatterciptanya perdamaian diwilayah yang memilikibanyak potensi tersebut.Sejak terjadipemberontakan muslim padatahun 1989, banyakbermunculan kelompok-

42

Page 43: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

kelompok militan diKashmir. Kelompok-kelompoktersebut sebagian besarmerupakan kelompok yangpro-Pakistan. Adanyakelompok ini menimbulkanadanya tuduhan dari pihakIndia bahwa Pakistanmembantu memfasilitasikelompok ini dalampemberontakannya diKashmir terhadappemerintah India. Kelompokmilitant lain di Kashmirmerupakan kelompok yangpro-kemerdekaan, merekamenginginkan Kashmirmerdeka baik dari Indiamaupun Pakistan.Permasalahan di wilayahKashmir ini belumterselesaikan pada akhirtahun 2013 dan masihberlanjut hingga saatpenelitian inidiselesaikan. Pelanggarangencatan senjata masihseringkali terjadi diperbatasan, demikian jugahalnya dengan masalah parakelompok pemberontak.

Ditinjau dari kondisihubungan konfliktualantara India dan Pakistan,sengketa Kashmir dapatdipahami dari tiga aspek,yaitu sikap, aksi, dankonteks. Sikap dalam Indiadan Pakistan yangbertentangan dalamsengketa Kashmir berawal

dari perbedaan visi antaraagama Islam dan Hindu.Berbedaan visi yang telahada sejak sebelumpemisahan India danPakistan ini telahmengakibatkan keduanyasaling berselisih paham,menimbulkan prasangka,serta sikap salingmembenci. Sikap tersebutjuga turut menghambatproses penyelesaianmasalah sengketa Kashmir.

Wilayah Kashmirmemiliki sejarah panjangmengenai kekerasan. Indiadan Pakistan terlibatperang selama tiga kaliuntuk memperebutkanwilayah tersebut. Meskipunkeduanya telah menyepakatigencatan senjata,kekerasan di Kashmir tidakberhenti. Tidak hanyapelanggaran gencatansenjata di perbatasan,tetapi juga adanya protesdan bentrokan antarakelompok-kelompokseparatis yang berbedatujuan.

Beberapa kondisilainnya yang tidakmenguntungkan juga munculakibat konflik yangberkepanjangan di Kashmir.Munculnya kelompok-kelompok separatis danteroris di Kashmir telahberdampak negatif pada

43

Page 44: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

rakyat sipil, salahsatunya adalah pelanggaranHAM yang diakibatkan olehpenangkapan yang sewenang-wenang oleh pihak aparatkeamanan pada mereka yangdicurigai sebagai anggotateroris.

Selain itu, dalamsengketa Kashmir antaraIndia dan Pakistan,terdapat tiga faktor yangmenjadi objek konfliktersebut, yaitukepentingan, kekuasaan,dan hak. Dari segikepentingan, wilayahKashmir merupakan daerahyang strategis. Kashmirmemiliki banyak potensi-potensi yang menarik bagiIndia dan Pakistan. Darisegi kekuasaan yaituadanya keinginan untukmenyatukan seluruh wilayahIndia seperti pada masalampau, meski tidakberhasil karena adanyapemisahan setelahkemerdekaan. Kemudian darisegi hak, yaitu adanyaketidakpuasan dariPakistan dan rakyatKashmir denganpenggabungan Kashmir yangmayoritas penduduknyaberagama Islam kepadaIndia yang mayoritaspenduduknya Hindu,sedangkan menurutreferendum Louis

Mountbatten menyatakanpenggabungan negarakepangeranan setelahkemerdekaan harusmempertimbangkan harapanrakyat dan demografi.

Oleh karena itu,dapat disimpulkan bahwahubungan konfliktualantara India dan Pakistandalam sengketa Kashmirpada tahun 2010 hingga2013 belum menemukansolusi yang mengakhiripertikaian diantarakeduanya. Hambatan-hambatan yang ada dalamhubungan mereka meliputitindakan saling serangsatu sama lain diperbatasan, juga adanyakelompok-kelompok yangmemiliki tujuan yangberbeda satu sama lain.

B. Saran dan RekomendasiAda banyak hal

menarik yang bisa dikajidari wilayah Kashmir danhubungan antara India danPakistan. Adapunrekomendasi penulis bagipeneliti selanjutnyaadalah agar dapat mengkajilebih lanjut tentangperkembangan sengketaKashmir. Hingga penelitianini selesai, sengketaKashmir antara India dan

44

Page 45: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Pakistan belum menemukansolusi penyelesaian.Selain itu penelitiselanjutnya juga bisamengkaji lebih lanjuttentang kelompok-kelompokseparatis dan teroris diKashmir, atau tentangpotensi sumber daya alamstrategis seperti minyakdan gas alam di Kashmirbila terdapat kejelasanlebih lanjut tentangberapa besar potensitersebut yang tersembunyidi dalam tanah Kashmiryang berkonflik.

Referensi

BukuAbdurahman, Dudung. 2011. MetodePenelitian Sejarah Islam. Yogyakarta:

Ombak.Badrika, I Wayan. 2004. SejarahNasional Indonesia dan Umum.Jakarta:

Erlangga.Burton, Stein. 2010. A History ofIndia. London: Oxford UniversityPress.Dalal, Anita. 2011. Selidik NationalGeographic: Arkeologi Menguak Rahasia

India Kuno. Jakarta:Kepustakaan Populer JakartaEsposito, John. L. 2002.Ensiklopedia Oxford: Dunia Islam Modern.Bandung:

Mizan.Fisher, Simon, dkk. 2001.Mengelola Konflik: Ketrampilan danStrategi untuk

Bertindak.Jakarta: TheBritish Council Indonesia.

Gottschalk, Louis. 2008.Mengerti Sejarah: Metode Historis Primer.Jakarta:

Universitas Indonesia.Grolier. 1995. Oxford EnsiklopediPelajar Jilid 4. Jakarta: GrolierIndonesia.Grolier. 2003. Ensiklopedia Negaradan Bangsa Jilid 3. Jakarta: Grolier

Indonesia.Heritage, Andrew. 2008.Ensiklopedia Umum: Atlas Dunia.Jakarta: Erlangga.Liliweri, Alo. 2005. Prasangkadan Konflik: Komunikasi Lintas Budaya

Masyarakat Multikultur.Yogyakarta: LKiS.Markovits, Claude. 2004. A Historyof Modern India, 1480-1950. London:

Anthem PressMashad, Dhuroruddin. 1999.Agama Dalam Kemelut Politik: DilemaSekularisme

di India. Jakarta: PustakaGresindo.Mashad, Dhuroruddin. 2004.Khasmir: Derita Yang Tak Kunjung Usai.Jakarta:

Khalifa.Mas’oed, Mochtar. 1991. IlmuHubungan Internasional: Disiplin danMetodologi.

Jakarta: LP3ES.Meleong, Lexy. J. 1991.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.Nasution, Harun. 1992.Pembaharuan Dalam Islam, SejarahPemikiran dan

Gerakan. Jakarta: BulanBintang. Nasution, Drs. Dahlan, Dipl.IR. 1991. Politik Internasional: Konsepdan Teori.

Jakarta: PT. GeloraAksara Pratama.

45

Page 46: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Noble, A.G dan A.K. Dutt. 1982.Cultural Patterns and Processes.Colorado:

Westview Press.Pringgodigdo, Prof. Mr. Ag.1973. Ensiklopedi Umum.Yogyakarta: Kanisius.Rosenthal, Erwin I.J. 1965.Islam In The Modern National State.Cambridge:

University Press.Schulberg, Lucille. 1983. IndiaYang Bersejarah. Jakarta: TiraPustaka.Spear, Percival. 1963. India,Pakistan, and The West. London:

Oxford University PressSuprayogo, Imam dan Drs.Tobroni, M.Si. 2001. MetodologiPenelitian Sosial-

Agama. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.Suwarno. 2012. Dinamika SejarahAsia Selatan. Yogyakarta: Ombak.Toynbee, Arnold. 2004. SejarahUmat Manusia: Uraian Analitis,Kronologis, dan

Komparatif. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.Wallbank, T. Walter. 1963. ThePolitical, Economic, and Social Forces andEvent

Which Have Shaped Modern Indiaand Pakistan. New York: Scott,Foresman and CompanyWijianto. 2005. Kewarganegaraan 2.Jakarta: PT. Piranti DharmaKalokatama.

Jurnal dan PenelitianAftah, Chairul. 2005. fisip-unmul.ac.id Studi Tentang Posisi Kashmir Dalam

Hubungan India-Pakistan. Dari http://portal.fisip-unmul.ac.id/site/wp

content/uploads/2013/03/jsp_vol6_no11_1jul05_2chairul

%20(03-14-13-02-5338).pdf yang diakses pada 23 Juli 2014.Alhayyan, Riadhi. 2013. portalgaruda.org. Sengketa Wilayah Kashmir dalam

Perspektif Hukum Internasional. Dari

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=110800&val=4131 yang diakses pada 26 Februari 2014.

Griffiths, Martin dan dan TerryO Callaghan. International Relations: The Key

Concepts. Diakses dari http://csspoint.yolasite.com/resources/International%20relations%20-%20key%20concepts.pdf pada 29 Agustus 2009.

Hadi, Yasir. M. pensa-sb.info. Latar Belakang, Proses, Dari Konflik Antara India

Dengan Pakistan Sampai Saat Ini. Dari http://pensa-sb.info/wp

content/uploads/2011/01/LATAR-BELAKANG-PROSES-DARI-KONFLIK.pdf yang diakses pada 8 Juni 2014.

Kurniawan, Heri. 2012. digilib.uin-suka.ac.id. Konflik India-Pakistan Pasca

Kemerdekaan (Studi Kasus Kashmir 1947-2012M). Dari http://digilib.uin

suka.ac.id/8967/1/BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf yang diakses pada 26 Februari 2014.

Artikel dan BeritaAnonim. satp.org. Fatalites in Terrorist Violence 1988-2015. Diakses dari

http://www.satp.org/satporgtp/countries/

46

Page 47: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

india/states/jandk/data_sheets/annual_casualties.htm yang diakses pada 28 Desember 2014.

Anonim. satp.org. Jammu and Kashmur Assessment – Year 2010. Diakses dari

http://www.satp.org/satporgtp/countries/india/states/jandk/assessment2010.htm pada 18 November 2014.

Anonim. satp.org. Terrorist / Extremist / Insurgent Groups – Jammu and

Kashmir. Diakses dari http://www.satp.org/satporgtp/countries/india/states/jandk/terrorist_outfits/terrorists_list_j&k.htmpada 18 November 2014.

Anonim. 2008. dnaindia.com. India, Pakistan, To Explore Oil Jointly. Diakses

dari http://www.dnaindia.com/india/report-india-pakistan-to-explore-oil-jointly-1152227 pada 12 Desember 2014.

Anonim. 2010. kompas.com. Konflik Tak Henti Lembah “Sinar Harapan”.

Diakses dari http://internasional.kompas.com/read/2010/07/23/1000489/Konflik.Tak.Henti.Lembah.Sinar.Harapan-3 pada 18 Februari 2014.

Anonim. 2010. radioaustralia.net.au. India Umumkan Langkah Untuk Redakan

Konflik Kashmir. Diakses dari http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/2010-09-26/india-umumkan-langkah-untuk-redakan-konflik-kashmir/76606 pada 17 Februari 2014.

Anonim. 2010. suaramedia.com. Muslim India Desak Pendidikan Kashmir

Dibuka Kembali. Diakses dari http://www.suaramedia.com/dunia-islam/2010/07/31/muslim-india-desak-pendidikan-kashmir-dibuka-kembali pada 15 November 2014.

Anonim. 2010. suaramedia.com. PM Gilani: Masalah Kashmir Serupa dengan

Konflik Palestina. Diakses darihttp://www.suaramedia.com/asia/2010/02/15/pm-gilani -masalah-kashmir-serupa-dengan-konflik-palestina pada 13 Juli 2014.

Anonim. 2011. antarajatim.com.Kashmir India Tegang Lagi Setelah Kematian

Tahanan Polisi. Diakses dari http://www.antarajatim.com/lihat/berita/68180/kashmir-india-tegang-lagi-setelah-kematian-tahanan-polisi?awesm=awe.sm_5Q5aR&utm_campaign=&utm_medium=awe.sm-twitter&utm_source=google.com&utm_content=twitterfeed pada 15 November 2014.

Anonim. 2011. republika.co.id. Konflik Islam-Hindu, India Tarik 10 Ribu

Pasukan dari Kashmir. Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/breakingnews/internasional/11/02/13/163982-konflik-islam-hindu-india-tarik-10-ribu-pasukan-dari-kashmir pada17 April 2014.

Anonim. 2011. republika.co.id. Menteri India: 40 Ribu Orang Tewas dalam

47

Page 48: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

Pemberontakan di Kashmir. Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/08/11/lpqftd-menteri-india-40-ribu-orang-tewas-dalam-pemberontakan-di-kashmir pada 2 Juli 2014.

Anonim. 2012. ucanews.com. PBB Akan Meneliti Kemajuan HAM di India.

Diakses dari http://indonesia.ucanews.com/2012/05/24/pbb-akan-meneliti-kemajuan-ham-di-india/ pada 15 November 2014.

Anonim. 2012. kashmir-information.com. Historical Chronology of Jammu and

Kashmir. Diakses dari http://www.kashmir-information.com/chronology.html pada 20 Oktober 2014.

Anonim. 2012. medanbisnisdaily.com. Militer India-Pakistan Terlibat Baku-

Tembak di LoC di Kashmir. Diakses dari http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2012/12/09/907/militer-india-pakistan-terlibat-baku-

tembak-di-loc-di-kashmir/ pada 21 Maret 2014.Anonim. 2012. ummah.org.uk. UN Resolutions. Diakses dari

http://www.ummah.org.uk/kashmir/index.htm yang diakses pada 11 Juli 2014.Anonim. 2013. indo.wjs.com. Konflik India-Pakistan Memanas. Diakses dari

http://indo.wsj.com/posts/2013/01/09/konflik-india-pakistan-memanas/ pada 18 Februari 2014.

Anonim. 2013. bbc.co.uk. PM India Peringatkan Pakistan Soal Kashmir. Diakses

Dari http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2013/01/130115_india_pakistan pada 24 Februari 2014.

Ittner, Phil. 2011. voaindonesia.com. Perundingan India-Pakistan Soal Kashmir

Tak Capai Kemajuan. Diakses dari http://m.voaindonesia.com/a/perundingan-india-pakistan-soal-kashmir-tak-capai-kemajuan-124544019/94792.html pada20 April 2014.

Nugraha, Fajar. 2010. okezone.com. 3 Tewas dalam Protes di Kashmir. Diakses

dari http://m.okezone.com/read/2010/06/30/18/348143/3-tewas-dalam-protes-di-kashmir pada 18 Februari 2014.

Pasricha, Anjana dan Febriamy Hutapea. 2011. voaindoonesia.com. Human

Rights Watch Desak India Cegah Pelanggaran HAM dalam Perangi Terorisme. Diakses dari http://www.voaindonesia.com/content/human-rights-watch-desak-india-cegah-pelanggaran-ham-dalam-perangi-terorisme-115142284/89376.html pada25 November 2014.

Syelvia, Yesi. 2013. sindonews.com. Pakistan: Ledakan Mortir dari India

Tewaskan Seorang Wanita. Diakses dari ledakan-mortir-dari-india-tewaskan-seorang-wanita-

48

Page 49: HUBUNGAN KONFLIKTUAL INDIA-PAKISTAN DALAM SENGKETA KASHMIR 2010-2013

1377439837 pada 20 Maret 2014.

Wardhana, Esnoe Faqih. 2013. sindonews.com. 8 Hari Berturut-Turut Tentara

Pakistan dan India Baku Tembak di Kashmir. Diakses dari http://international.sindonews.com/read/772411/40/8-hari-berturut-turut-tentara-pakistan-india-baku-tembak-di-kashmir-1376758665 pada 20 Maret 2014.

Wardhana, Esnoe Faqih. 2013. sindonews.com. Buntut Baku Tembak di Kashmir,

Pakistan Panggil Utusan India. Diakses dari http://international.sindonews.com/read/770726/40/buntut-baku-tembak-di-kashmir-pakistan-panggil-utusan-india-1376321172 pada 14 April 2014.

Wardhana, Esnoe Faqih. 2013. sindonews.com. India: Sepanjang 2013 Ada 196

Pelanggaran Gencatan Senjata diKashmir. Diakses dari

http://international.sindonews.com/read/818897/40/india-sepanjang-2013-ada-196-pelanggaran-gencatan-senjata-di-kashmir-1387472976 pada 18 Februari 2014.

Wardhana, Esnoe Faqih. 2013. sindonews.com. Perwira Militer Pakistan dan

India Akan Bertemu Untuk Kurangi Ketegangan. Diakses dari http://international.sindonews.com/read/790628/40/perwira-militer-pakistan-india-akan-bertemu-untuk-

kurangi-ketegangan-1380817441 pada 18 Februari 2014.

Wardhana, Esnoe Faqih. 2014. sindonews.com. Pakistan: Penembakan dari Sisi

India Lukai Warga Sipil. Diaksesdari http://international.sindonews.com/read/825935/40/pakistan-penembakan-dari-sisi-india-lukai-warga-sipil-1389541224 pada 21 Maret 2014.

Uriona, Yumi. 2003. liputan6.com. India-Pakistan Gencatan Senjata. Diakses

dari http://news.liputan6.com/read/67107/india-pakistan-gencatan-senjatapada 5 Mei 2014.

49