Top Banner
2020 Hasil-hasil & Kegiatan Kunci
8

Hasil-hasil & 2020

Nov 28, 2021

Download

Documents

dariahiddleston
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Hasil-hasil & 2020

2020Hasil-hasil &Kegiatan Kunci

Page 2: Hasil-hasil & 2020

1,3 juta masker

1 juta sarung tangan

100.000pakaian pelindung

3.020kacamata

10.200alat tes PCR

Peran Tanoto Foundation dalam menanggulangi pandemi COVID-19 secara global

1. Bekerja sama dengan Asia Symbol dan Beijing Goldfish Technology Co., Ltd memberikan sumbangan 16 ton larutan disinfektan, yang disalurkan melalui Beijing Overseas Chinese Foundation kepada para penerima manfaat.

2. Memberikan donasi APD kepada tenaga medis yang disalurkan melalui BNPB.3. Mendukung riset Biofarma dalam menciptakan alat tes PCR dan mendistribusikannya

melalui BNPB.4. Donasi mesin tes PCR kepada GSI Lab bekerja sama dengan Temasek Foundation. 5. Bekerja sama dengan APC memberikan donasi APD kepada tenaga medis dalam

mendukung komunitas pekerja migran.

“Setiap individu harus mempunyai kesempatan untuk mewujudkan potensinya secara penuh.”- Sukanto and Tinah Bingei Tanoto

External Recognitions

Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro saksikan serah terima donasi PCR Test ke BNPB.

Anderson Tanoto dan Dubes RI untuk Singapura, YM Suryopratomo meng- hadiri serah terima simbolis mesin PCR ke GSI Lab di Singapura.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,I Gusti Ayu Bintang Darmawati menerima langsung bantuan APD.

1. Apresiasi dari BNPB atas kontribusi percepatan penanganan COVID-19 dan dari Biofarma atas dukungan terhadap program pemerintah untuk pembelian PCR produksi perusahaan di bawah PT Bio Farma sebanyak 10.200.

2. Menerima Indonesia Public Relations Award (IPRA) 2020 dan Indonesia Corporate Branding PR Award 2020 untuk komunikasi digital di masa pandemi.

Page 3: Hasil-hasil & 2020

Siapkan Generasi Anak Berprestasi

Berinvestasi pada pengembangan sumber daya manusia dengan berkontribusi pada pencegahan stunting dan memperkuat kapasitas pengasuhan anak.

Mendukung Kementerian Sosial dalam pelatihan pencegahan stunting bagi 40.000 pendamping sosial PKH (Program Keluarga Harapan) yang akan menjangkau sekitar 10 juta keluarga di Indonesia.

Bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk mendukung pendidikan dan pengembangan Anak Usia Dini melalui pendirian 22 Rumah Anak SIGAP di Provinsi DKI Jakarta, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Pandeglang.

Tanoto Foundation memberikan hibah US$ 2 juta kepada World Bank dalam Multi Donor Trust Fund (MDTF) for Indonesia Human Capital Acceleration (IHCA) yang sebagian digunakan untuk mendukung pelatihan 72.636 Kader Pembangunan Manusia yang direkrut oleh pemerintah, dan US$ 200.000 kepada UNICEF Indonesia untuk menerjemahkan dan mengadaptasi instrument pengukuran Early Childhood Development Instrument (ECDI) dan Caregiver-Reported Early Development Index (CREDI) untuk Indonesia.

* PAUD: Pendidikan Anak Usia Dini

86 PAUD mitrapenerimamanfaat

824 Anakpenerimamanfaat

154 Gurupenerimamanfaat

3Pemerintahdaerahmitra

Page 4: Hasil-hasil & 2020

Meningkatkan kualitas pendidikan dasardi Indonesia secara berkelanjutan.

Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran

Mendukung guru, kepala sekolah, siswa, orang tua dan fasilitator, dengan membuat panduan dan modul Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) serta melakukan pelatihan dan pendampingan PJJ dengan menggunakan e-learning via video conference.

Mengadakan Tanoto Facilitator Gathering 2020 yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan, Nadiem Makarim; Menteri BUMN 2011-2014, Dahlan Iskan; Belinda Tanoto; dan lebih dari 1000 guru, kepala sekolah dan pengajar untuk untuk mengkatalisasi pertukaran pengetahuan, pengalaman serta praktik baik di antara mitra kami.

Unjuk karya pendidikan Praktik Baik dan praktik manajemen sekolah di Riau.

Mengembangkan portal pem- belajaran digital dan media sosial dengan menyediakan bahan pembelajaran dan fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi guru dan siswa di Jambi, Jawa Tengah dan Kalimantan Timur.

LPTK mitraSekolah mitraSekolahdiseminasi

13588

2.228

Mahasiswacalon guru

Siswa

24.000

626.216

Fasilitator dosenDosen dilatihFasilitator lokalPendidik mitraPendidik diseminasi

120475732

5.37210.218

Provinsimitra

5

20 Kotakabupatenmitra

* LPTK: Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan

Page 5: Hasil-hasil & 2020

Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan

Mengembangkan calon pemimpin masa depan untuk menciptakan perubahan positif di masyarakat.

2 tim pemenang 2020 Ideas for Action (I4A) Incubator Competition diberangkatkan ke Amerika Serikat untuk belajar langsung dari professor dan mahasiswa Wharton School dalam mempertajam ide mereka agar bisa bersaing di I4A global.

Anderson Tanoto; anggota DPR Desy Ratnasari; Aris Junaidi dari Kemendikbud; Rektor ITB, Reini Wirahadikusumah; motivator dan edukator, Merry Riana; sebagai pembicara dalam virtual Tanoto Scholars Gathering, yang dihadiri oleh 317 Tanoto Scholars dari dalam dan luar negeri.

Mengukuhkan kolaborasi dengan Lembaga Administrasi Negara dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan publik serta mewujudkan birokrasi yang responsif melalui sinergi berbagai potensi berkonsep Whole of Government.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mohammad Mahfud MD. memberikan wejangan kepada para alumni Tanoto Foundation untuk menjaga bangsa dan negara terutama di masa pandemi dengan semangat persatuan dan menghargai perbedaan.

175Tanotoscholars baru

7.825Tanoto scholars(2006-2020)

612Tanotoscholars aktif

47Tanoto scholars“go international”

Page 6: Hasil-hasil & 2020

Singapura

Tiongkok

Program Kepemimpinan

Program KepemimpinanProgram Pengembangan &Pendidikan Anak Usia Dini

Wakil Presiden Universitas Tsinghua Professor Yang Bin memberikan pidato pada acara online tahunan Tanoto Foundation - Tsinghua Alumni, yang dihadiri oleh 43 alumni.

Program Pendidikan Dasar

Memberikan panduan kepada para pengajar bagi pengasuh untuk melakukan one-on-one online courses dan menyelenggarakan kegiatan kelompok online kepada orang tua.

Mendirikan 11 ECED Center di Guangchang, Jiangxi sebagai tahap pertama untuk meningkatkan akses pendidikan anak usia dini di daerah kurang mampu.

USD 154.000Hibah untuk sekolah di Jinyang country,Sichuan Province

8 Peserta masuk keAsia Global FellowsProgram - AGI/HKU

160 Peserta seminarsenior

12 Mahasiswa lulus dariIMPA - BRI dan LL.MTsinghua University

13 Mahasiswa masuk keIMPA - Future LeadersTsinghua University

dari 100 pusatlayanan batita yangdirencanakan

31

85Pengajar bagipengasuh dilatih

Anak penerima manfaat1.590

21.332Pelatihan privatdiselenggarakan

1.834Kegiatan kelompokdiselenggarakan

22 Tanoto scholarsbaru

45 Tanoto scholarsaktif

156 Tanoto scholars(2005-2020)

• Program pengembangan kepemimpinan terstruktur diperkenalkan pada Desember 2020 untuk membekali para sarjana Tanoto Foundation dengan kompetensi inti yang penting untuk pekerjaan di masa depan.

• Menyelenggarakan webinar berbagi pengetahuan sebagai bagian dari kegiatan Project Sukacita yang dihadiri oleh 43 Tanoto Scholars dan relawan di Singapura.

• Imelda Tanoto, anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, membuka TSAN 2020 dengan memotivasi Tanoto Scholars belajar sepanjang hayat. Acara ini juga dihadiri Mr Desmond Tan, Minister of State for MHA and MSE yang berbagi inspirasi tentang kepemimpinan.

Page 7: Hasil-hasil & 2020

Kemitraan

SDG Academy Indonesia

• Mengadakan rangkaian webinar tentang SDGs, di antaranya kesiapan Indonesia dalam memulai dekade aksi, posisi Indonesia (101 dari 166 negara) dalam Global SDG Index 2020, keterampilan penting pemuda dalam berkontribusi untuk pencapaian SDGs.

• Mendukung Kementerian PPN/Bappenas dalam Indonesia Annual SDGs Conference melalui berbagai sesi diskusi, meliputi poin-poin pembelajaran dari pandemi COVID-19 dalam meningkatkan layanan dan akses kesehatan, pembangunan berkelanjutan di level desa, refleksi 5 tahun perjalanan SDGs.

• Menggelar SDG Youth Debate Competition: Bright Youth Better Planet, forum bagi pemuda untuk diskusi dan menyumbang gagasan seputar isu SDGs.

Berperan aktif dalam AVPN Summit South East Asia 2020 di Bali; mengadovokasi pentingnya nutrisi pada anak usia dini dan berbagi praktik-praktik terbaik program PINTAR.

Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) memberikan AVPN Constellation Award 2020 atas inisiatif kemitraan dengan Djarum Foundation dan TAP Agri melalui Program INSPIRASI.

Sebagai koordinator Klaster Pendidikan, kami menginisiasi sesi peningkatan kapasitas dalam Pengembangan Teori Perubahan kepada anggota Filantropi Indonesia dan mitra-mitra lain.

Page 8: Hasil-hasil & 2020

Total Kontribusi di Indonesia

* Semua data per 31 Desember 2020 belum diaudit dan termasuk sumbangan yang dikelola oleh Tanoto Foundation

2015 2016 2017 2018

IDR

M

63,3

IDR

M

111,

1

IDR

M

71,9

IDR

M

63,7

2019

IDR

M

155,

1

2020

IDR

M

157

Tanoto Foundation

@TanotoEducation

@TanotoEducation

Tanoto Foundation

www.tanotofoundation.org

KANTOR PUSATJl. MH Thamrin No. 31Jakarta 10230

Tel: +62 21 392 3189Fax: +62 21 392 3324

Untuk informasi lebih jauh tentang kegiatan dan kemitraan dengan kami, silakan hubungi:

Tanoto Foundation adalah organisasi filantropi independen yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei atas dasar keyakinan bahwa setiap individu harus mempunyai kesempatan untuk mewujudkan potensinya secara penuh.

“"Seluruh program kamimembantu individu untuk mewujudkan potensi penuh dan pada akhirnya meningkatkan taraf hidup mereka."- Andre Tanoto

Keadaan seperti pandemi tidak boleh menjadi alasan bagi calon-calon pemimpin masa depan, terutama Tanoto Scholars untuk berhenti belajar dan berkembang.

- Imelda Tanoto

Kita membentuk pemimpin masa depan yang gesit dan dinamis, karena lingkungan kita berubah sangat cepat. Pemimpin yang paling sukses bukanlah yang mendapatkan prestasi ketika lingkungannya nyaman, tetapi mereka yang mampu memimpin pada saat krisis.

- Anderson Tanoto

Kondisi pandemi ini, walau penuh tantangan, juga mengajarkan kita untuk menjadi lebih kreatif dalam mencari cara baru dalam bekerja dan mencapai dampak target bersama mitra program. Semua ini dilandasi oleh semangat kemitraan, orientasi pada data dan dampak.

- Belinda Tanoto