Top Banner

of 16

27516 Contoh Proposal Business Plan

Mar 07, 2016

Download

Documents

Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript

PROPOSAL PENGEMBANGAN USAHA

Jasa Desain dan Pembuatan Taman RumahJasaMalang, 13 Januari 2016disusun oleh:

Dimas Tri Rendra (135060607111005)Liarizza Wardani (135060607111013)

Gandes Ayuning P. (135060607111016)

KWU - AJl. Raya Tlogomas Perum Bukit Hijau Blok C No. 42No. Telepon 082247514095 No. Fax (0341) 3988734Alamat E-mail [email protected] Situs Web studiotako.blogspot.com

DAFTAR ISI1DAFTAR ISI

21.PENDAHULUAN

22.1LATAR BELAKANG

21.2TUJUAN

32.GAMBARAN UMUM BISNIS PRODUK

32.1PROFIL BISNIS

32.2NILAI LEBIH BISNIS

42.3AKTIVITAS KUNCI

43.PASAR

43.1CHANNELS

53.3TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

53.4CUSTOMER RELATIONSHIP

64.SUMBER DAYA

64.1SUMBER DAYA PERUSAHAAN

64.2SUMBER DAYA MANUSIA

74.3PARTNERS

75.KEUANGAN

75.1REVENUE STREAM

75.2COST STRUCTURE

105.3KELAYAKAN BISNIS

1.PENDAHULUAN2.1LATAR BELAKANGRuang Terbuka Hijau privat merupakan salah satu sarana yang dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan ekosistem, meningkatkan ketersediaan udara bersih, serta meningkatkan estetika suatu ruang. Seiring dengan bertambahnya penduduk dan tingginya kebutuhan lahan, maka intensitas penggunaan lahan terbangun semakin tinggi dan sebaliknya untuk penggunaan lahan hijau sebagai penyeimbang ekosistem semakin rendah. Oleh karena itu untuk menyeimbangkan kembali ekosistem, memperindah ruang, serta memperbaiki kualitas udara bersih, banyak kota-kota di dunia dan di Indonesia khususnya yang menggalakkan adanya Green City. Program Green City tersebut menyebutkan adanya rencana pembuatan green building dengan berbagai konsep salah satunya dengan adanya rooftop garden dan vertical garden. Upaya menghijaukan kota ini juga disambut antusias oleh masyarakat, khususnya kalangan menengah keatas untuk memperindah ruang privat dengan memberikan taman kecil di pekarangan maupun bagian lain dari rumah.

Berbagai desain taman rumah yang cantik dan elegan selain meningkatkan kualitas udara dan menambah estetika rumah, taman tersebut juga akan memberikan efek relaksasi bagi penghuni rumah setelah lelah beraktifitas di luar rumah. Efek relaksasi dari rumah kurang terasa jika rumah tidak memiliki spot-spot hijau. Selain itu rumah-rumah dengan minimnya pekarangan sulit untuk menentukan spot-spot relaksasi ataupun taman rumah. Oleh karena itu Tako Studio hadir dengan desain taman rumah, baik untuk rumah dengan pekarangan luas hingga minim lahan. Desain taman sebagai ruang terbuka hijau privat bagi masyarakat ini diharapkan mampu menjadi solusi pembuatan taman yang minim lahan serta memberikan alternatif desain taman yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.1.2TUJUANBerdasarkan latar belakang, maka dapat dirumuskan tujuan pembuatan bisnis taman rumah oleh Tako Studio adalah sebagai berikut:

1. Menawarkan jasa desain dan pembuatan taman rumah

2. Memberikan alternatif desain taman untuk rumah minim lahan

3. Secara tidak langsung membantu mewujudkan program Green City yang sedang menjadi isu lingkungan saat ini.

2.GAMBARAN UMUM BISNIS PRODUK2.1PROFIL BISNISBerdasarkan Latar Belakang yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya maka, dibuatlah sebuah usaha jasa desain dan pembuatan Ruang Hijau Private. Jasa ini melayani pembuatan desain dari RTH private yang sesuai dengan keinginan konsumen dan pembuatan atau pembangunan RTH.

2.2NILAI LEBIH BISNISNilai lebih pada bisnis ini dibandingkan dengan pesaingnya adalah bisnis ini menawarkan Konsultasi Pelanggan, Desain RTH di lahan yang minimalis, serta Garansi Tanaman. Konsultasi Pelanggan jelas dilakukan pada pembuatan desain, hingga desain dapat disepakati dan dilaksanakan pembuatannya.

Nilai terpenting yang mampu ditawarkan pada perusahaan ini adalah kemampuan dan keperdulian perusahaan untuk tetap mendesain dan membuat Ruang terbuka meskipun dilakukan pada lahan yang minim. Nilai lebih lainnya pada perusahaan ini adalah garansi tanaman diberikan. Beberapa hari setelah tanaman berpindah dari media tanam yang berbeda menuju rumah barunya sebagai penghias Ruang Terbuka Hijau, merupakan saat kritis bagi tanaman tersebut. Beberapa tanaman yang dipindahkan seringkali mati, baik karena ada akarnya yang terpotong atapun jenis tanahnya kurang cocok. Oleh karena itu perusahaan menjamin tanaman dengan memberikan garansi pada pelanggan.

2.3AKTIVITAS KUNCIAktifitas Kunci adalah segala jenis aktifitas yang ada dalam bisnis jasa desain Ruang Hijau yang dilakukan dalam rangka menciptakan nilai lebih bisnis ini dibandingkan pesaingnya. Terdapat 4 aktifitas Kunci dalam bisnis ini, yakni, pemasaran, Perancangan desain Ruang Hijau, Konsultasi Konsumen, dan Pembuatan RTH.

Aktifitas Pemasaran adalah aktifitas yang dilakukan untuk menawarkan jasa pembuatan Ruang Hijau kepada konsumen. Aktifitas pemasaran dilakukan dengan memanfaatkan jejaring sosial, event pameran yang ada dan pembagian brosur ataupun pamflet. Pada pemasaran dengan jejaring sosial kita dapat memamerkan hasil desain, proses pengerjaan, mulai dari konsultasi pelanggan hingga Ruang Hijau yang dikehendaki jadi. Jejaring sosial yang dimaksud bisa berupa twitter, Facebook, Instragram, Line serta jejaring sosial lain, yang memungkinkan untuk melakukan penawaran dan memamerkan desain Ruang Hijau. Pada pemasaran dengan menggunakan event pameran, maka jasa pembuatan RTH ini memungkinkan untuk memamerkan hasil desain, membagikan brosur dan memperlihatkan katalog desain.

Aktifitas Perancangan Desain Ruang Hijau adalah aktivitas yang dilakukan untuk membuat desain ruang hijau. Pelanggan bisa cukup memilih desain yang sudah tersedia dalam katalog, ataupun meminta pembuatan desain secara khusus pada ruangan di rumah atau kantor yang hendak didesain Ruang Hijaunya. Namun untuk konsumen yang meminta desain khusus, perlu dilakukan wawancara terlebih dahulu, seperti menanyakan budget yang dimiliki konsumen untuk pembangunan Ruang Hijau, preferensi tanaman dan sebagaiannya.

Aktifitas Konsultasi Konsumen adalah aktifitas yang dilakukan untuk mengkonsultasikan keinginan konsumen terhadap desain ruang hijau. Aktifitas ini dilakukan setelah survei lokasi pembuatan desain dilakukan. Setelah survei dilakukan maka desain baik pada katalog maupun pada hasil desain khusus dikonsultasikan sesuai dengan kondisi lapangan. Desain yang dibuat tentunya dapat disesuaikan dengan keinginan dari konsumen.

Aktifitas pembuatan RTH adalah aktivitas yang dilakukan untuk melakukan pembangunan RTH privat sesuai dengan desain yang sudah disepakati dalam aktifitas sebelumnya.

3.PASAR3.1CHANNELSChannels merupakan media promosi yang akan dilakukan, sehingga informasi usaha ini dapat sampai ke konsumen. Media promosi yang akan kami jalankan yaitu:

MACROBUTTON Space_OK (DIRECT SELLING

Sistem penjualan langsung yang kami lakukan adalah dengan memberikan brosur di perumahan-perumahan dan perkantoran. Sistem penjualan langsung ini selain memberikan leaflet dan brosur kami juga akan menunjukkan katalog sebagai contoh desain taman kami beserta perkiraan biaya yang dibutuhkan. Dengan adanya katalog tersebut dapat memudahkan calon konsumen untuk memilih desain yang sesuai dengan keinginan dan budget mereka. Direct selling dapat dilakukan ketika kegiatan car free day yang diadakan setiap minggunya.

MACROBUTTON Space_OK (SOSIAL MEDIASelain direct selling, promosi juga akan dilakukan di berbagai media social, seperti instagram, facebook, twitter, serta pinterest. Pemasaran melalui social media ini dianggap dapat mempercepat informasi usaha untuk sampai kepada konsumen.

MACROBUTTON Space_OK (ADVERTISING / IKLAN

MACROBUTTON NOMACRO Uraikan jenis kegiatan yang sudah pernah dilakukan dan hasil yang telah dicapai.

3.3TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

Segmentasi pasar merupakan objek pemasaran yang akan menjadi target calon konsumen dari Tako Studio. Sasaran konsumen usaha ini adalah masyarakat dengan ekonomi menengah ke atas. Masyarakat dengan kemampuan ekonomi menengah di atas tersebut dipilih karena dianggap memiliki ketertarikan pembuatan taman rumah. Oleh karena itu target utama adalah masyarakat dengan kemampuan ekonomi menengah-keatas.

3.4CUSTOMER RELATIONSHIPCustomer relationship merupakan cara yang diambil untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau konsumen. Bentuk customer Relationship yang digunakan dalam bisnis taman rumah Tako Studio adalah Transactional, Personal Assistance, dan Community.

1. Transactional

Transactional merupakan komunikasi jual beli langsung yang dilakukan antara pihat Tako studio dengan calon konsumen. Kegiatan transaksi ini dapat dilakukan ketika konsumen langsung mendatangi kantor maupun ketika kami mengadakan event atau direct selling. Upaya transaksi ini dipilih sebagai variasi CR agar memudahkan masyarakat calon konsumen dalam menemukan informasi dan menggunakan jasa tako Studio.2. Personal Asistance

Personal Assitance merupakan pelayanan konsultasi desain terkait kebutuhan dan keinginan konsumen terkait desain taman yang akan dipilih.3. CommunityCommunity merupakan komunikasi Tako Studio dengan pelanggan melalui komunitas yang dibuat oleh Tako Studio sehingga memudahkan pelanggan mengakses informasi jasa Tako Studio darimanapun. Komunitas ini dilakukan dengan membuat beberapa akun grup di jejaring social, seperti facebook, Line, BBM, pinterest.

4.SUMBER DAYA

4.1SUMBER DAYA PERUSAHAAN

Sumber daya perusahaan yang dimaksud disini adalah sumber daya non manusia yakni berupa peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Peralatan yang dimaksud meliputi peralatan umum perkantoran dan alat pembangunan RTH. Peralatan umum perkantoran meliputi Laptop, Handphone, Modem, Printer dan Alat Tulis kantoryang dapat digunakan untuk aktivitas Pembuatan desain dan pemasaran. Alat pembangunan RTH meliputi satu set alat perkebunan, pemotong rumput, Sekop, Alat pembuatan vertikal garden dan sebagaiannya.

4.2SUMBER DAYA MANUSIA

Sumber daya manusia yang diperlukan pada perusahaan ini adalah sales, desainer dan tukang. Sales diperlukan untuk menunjang aktivitas marketing. Desainer untuk melakukan pembuatan desain, survei dilapangan, dan konsultasi dengan pelanggan. Desainer juga bertanggung jawab untuk mengarahkan pembangunan Ruang Terbuka Hijau. Tukang diperlukan untuk melaksanakan pembuatan Ruang Terbuka Hijau dan harus memiliki keahlian dan kompetensi untuk merealisasikan desain yang disepakati dengan konsumen.

4.3PARTNERS

Sebuah perusahaan bisnis tidak mampu memenuhi sumber daya yang diperlukannya seorang diri, Oleh karena itu diperlukanlah perusahaan/ bisnis yang bisa diajak berkerjasama untuk saling menguntungkan satu sama lain. Pada bisnis jasa desain dan pembuatan RTH ini memerlukan partner berupa perusahaan penyedia tanaman, Perusahaan penyedia alat, bahan dan ornamen perkebunan, Perusahaan penyedia jasa perawatan perkebunan.

5.KEUANGAN5.1REVENUE STREAMReveneu stream adalah cara dari sebuah perusahaan untuk mendapatkan penghasilan. Cara dari bisnis jasa pembuatan RTH ini didapatkan dari 2 Aktivitas yakni dari aktivitas pembuatan desain dan aktivitas pembuatan atau pembangunan RTH.

5.2COST STRUCTURE

Berdasarkan Key Activities untuk menghasilkan value proportition, maka kebutuhan untuk menjalankan usaha ini adalah:

Estimasi Biaya Pembuatan Taman

NO.URAIANVOLUMESATHARGA SATUAN (Rp.)TOTAL

SATUAN (Rp.)HARGA (Rp.)

IPERSIAPAN

Pekerjaan penambahan dan pembetukan tanah 0.50 m3 100,000.00 50,000.00

Pekerjaan pemupukan 2.00 krg 15,000.00 30,000.00

Total I 80,000.00

IIPENANAMAN

Pohon

Bonsai Serut t : 1m 1.00 phn 975,000.00 975,000.00

Semak/ Groundcover

Aralea 1.00 plb 12,000.00 12,000.00

Phyllodendron Jari 1.00 plb 15,000.00 15,000.00

Irys Bung Kuning 2.00 plb 7,500.00 15,000.00

Kembang Coklat 2.00 plb 5,000.00 10,000.00

Korumbusa Mini 1.00 plb 9,000.00 9,000.00

Rumput

1Rumput Gajah Mini 2.00 m2 35,000.00 70,000.00

Subtotal II.A 1,106,000.00

IIIELEMEN TAMAN

1Koral Putih 0.50 krg 125,000.00 62,500.00

Subtotal II.D 62,500.00

Subtotal II 1,168,500.00

TOTAL ( I+II ) 1,248,500.00

5.3KELAYAKAN BISNISKEUANGANBulan

A. PEMASUKANJanuariFebruariMaretAprilMeiJuniJuliAgustusSeptemberOktoberNovemberDesember

1Saldo Awal Rp 15,000,000.00 Rp976,500.00-Rp419,250.00-Rp252,575.00Rp38,950.00 Rp 455,325.00 Rp 871,700.00 Rp 1,288,075.00 Rp 1,704,450.00 Rp 2,120,825.00 Rp 2,537,200.00 Rp 2,953,575.00

2Penjualan Rp 2,022,750.00 Rp 3,585,175.00 Rp 3,710,025.00 Rp 3,834,875.00 Rp 3,834,875.00 Rp 3,834,875.00 Rp 3,834,875.00 Rp 3,834,875.00 Rp 3,834,875.00 Rp 3,834,875.00 Rp 2,175,000.00

Sub Total Rp 15,000,000.00 Rp 2,999,250.00 Rp 3,165,925.00 Rp 3,457,450.00 Rp 3,873,825.00 Rp 4,290,200.00 Rp 4,706,575.00 Rp 5,122,950.00 Rp 5,539,325.00 Rp 5,955,700.00 Rp 6,372,075.00 Rp 5,128,575.00

B. PENGELUARAN

BIAYA SEKALI PAKAI

1Paket Taman (contoh lihat estimasi biaya) Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,350,000.00

Sub Total Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,248,500.00 Rp 1,350,000.00

BIAYA TETAP

1PC dan Printer Rp 7,205,000.00

2Alat Perkebunan Rp 3,400,000.00

3Pembuatan katalog Rp 120,000.00

Sub Total Rp10,605,000.00

Biaya Tidak Tetap

1Listrik Rp 95,000.00 Rp 95,000.00 Rp 95,000.00 Rp 95,000.00 Rp 95,000.00 Rp 95,000.00 Rp 95,000.00 Rp 95,000.00 Rp 95,000.00 Rp 95,000.00 Rp 95,000.00 Rp 95,000.00

2Air Rp 75,000.00 Rp 75,000.00 Rp 75,000.00 Rp 75,000.00 Rp 75,000.00 Rp 75,000.00 Rp 75,000.00 Rp 75,000.00 Rp 75,000.00 Rp 75,000.00 Rp 75,000.00 Rp 75,000.00

3Wi-fi Rp 300,000.00 Rp 300,000.00 Rp 300,000.00 Rp 300,000.00 Rp 300,000.00 Rp 300,000.00 Rp 300,000.00 Rp 300,000.00 Rp 300,000.00 Rp 300,000.00 Rp 300,000.00 Rp 300,000.00

4Telepon Rp 50,000.00 Rp 50,000.00 Rp 50,000.00 Rp 50,000.00 Rp 50,000.00 Rp 50,000.00 Rp 50,000.00 Rp 50,000.00 Rp 50,000.00 Rp 50,000.00 Rp 50,000.00 Rp 50,000.00

5Akomodasi (pick up + bensin) Rp 150,000.00 Rp 150,000.00 Rp 150,000.00 Rp 150,000.00 Rp 150,000.00 Rp 150,000.00 Rp 150,000.00 Rp 150,000.00 Rp 150,000.00 Rp 150,000.00 Rp 150,000.00 Rp 150,000.00

4Gaji Tukang Kebun Rp 1,500,000.00 Rp 1,500,000.00 Rp 1,500,000.00 Rp 1,500,000.00 Rp 1,500,000.00 Rp 1,500,000.00 Rp 1,500,000.00 Rp 1,500,000.00 Rp 1,500,000.00 Rp 1,500,000.00 Rp 1,500,000.00 Rp 1,500,000.00

Sub Total Rp 2,170,000.00 Rp 2,170,000.00 Rp 2,170,000.00 Rp 2,170,000.00 Rp 2,170,000.00 Rp 2,170,000.00 Rp 2,170,000.00 Rp 2,170,000.00 Rp 2,170,000.00 Rp 2,170,000.00 Rp 2,170,000.00 Rp 2,170,000.00

C. TOTAL PENGELUARAN Rp 14,023,500.00 Rp 3,418,500.00 Rp 3,418,500.00 Rp 3,418,500.00 Rp 3,418,500.00 Rp 3,418,500.00 Rp 3,418,500.00 Rp 3,418,500.00 Rp 3,418,500.00 Rp 3,418,500.00 Rp 3,418,500.00 Rp 3,520,000.00

D. LABA BERSIHRp976,500.00-Rp419,250.00-Rp252,575.00Rp38,950.00Rp455,325.00Rp871,700.00Rp1,288,075.00Rp1,704,450.00Rp2,120,825.00Rp2,537,200.00Rp2,953,575.00Rp1,608,575.00

Berdasarkan perhitungan di atas maka dapat diketahui usaha akan memperoleh profit pada laba bersih pada bulan ke tiga penjualan sebesar Rp455,325.00.

TAKO

Studio

Tako Studio Deign and Build your Little Paradise ( 14