Top Banner

Click here to load reader

2. subjek pbb

Aug 21, 2015

ReportDownload

Documents

  1. 1. ?1
  2. 2. Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkanundang-undang sehingga dapat dipaksakan dengan tiadamendapat balas jasa secara langsunghttp://id.wikipedia.org/wiki/Pajak#Fungsi_pajak
  3. 3. Prof. Dr. P. J. A. Adriani, pajak adalah iuranmasyarakat kepada negara (yang dapat dipaksakan)yang terutang yang wajib membayarnya menurutperaturan-peraturan umum (undang-undang) dengantidak mendapat prestasi kembali yang langsung dapatditunjuk dan yang gunanya adalah untuk membiayaipengeluaran-pengeluaran umum berhubung tugasnegara untuk menyelenggarakan pemerintahan.http://id.wikipedia.org/wiki/Pajak#Fungsi_pajak
  4. 4. Prof. Dr. H. Rochmat Soemitro SH, pajak adalah iuran rakyat kepadaKas Negara berdasarkan undang-undang (yang dapat dipaksakan)dengan tiada mendapat jasa timbal (kontra prestasi) yang langsungdapat ditunjukkan dan yang digunakan untuk membayarpengeluaran umum. Definisi tersebut kemudian dikoreksinya yangberbunyi sebagai berikut: Pajak adalah peralihan kekayaan daripihak rakyat kepada Kas Negara untuk membiayai pengeluaran rutindan surplusnya digunakan untuk public saving yang merupakansumber utama untuk membiayai public investment.http://id.wikipedia.org/wiki/Pajak#Fungsi_pajak
  5. 5. Sommerfeld Ray M., Anderson Herschel M., & Brock Horace R, pajakadalah suatu pengalihan sumber dari sektor swasta ke sektorpemerintah, bukan akibat pelanggaran hukum, namun wajibdilaksanakan, berdasarkan ketentuan yang ditetapkan lebih dahulu,tanpa mendapat imbalan yang langsung dan proporsional, agarpemerintah dapat melaksanakan tugas-tugasnya untuk menjalankanpemerintahan.http://id.wikipedia.org/wiki/Pajak#Fungsi_pajak
  6. 6. 6Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutangoleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksaberdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkanimbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluannegara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
  7. 7. Pajak dipungut berdasarkan undang-undang. Tidak mendapatkan jasa timbal balik (konraprestasiperseorangan) yang dapat ditunjukkan secaralangsung. Pemungutan pajak diperuntukkan bagi keperluanpembiayaan umum pemerintah Pemungutan pajak dapat dipaksakan.http://id.wikipedia.org/wiki/Pajak#Fungsi_pajak
  8. 8. Perbedaan mendasar antara pajak dan retribusi adalah terletakpada timbal balik langsunghttp://organisasi.org/ilmu_pengetahuan/perpajakan
  9. 9. 9
  10. 10. 10
  11. 11. PBB adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap bumi dan ataubangunan berdasarkan Undang-undang PBB. PBB adalah pajakyang bersifat kebendaan dalam arti besarnya pajak terutangditentukan oleh keadaan objek yaitu bumi/tanah dan ataubangunan. Keadaan subyek (siapa yang membayar) tidak ikutmenentukan besarnya pajak.
  12. 12. 12DASAR HUKUMUU No. 12 Tahun 1985 joUU No. 12 Tahun 1994PP No. 25 Tahun 2002 NJKPNOMOR 150/PMK.03/2010
  13. 13. 13Orang atau Badan yang secara nyatamempunyai suatu hak atas BUMI, dan/ataumemperoleh manfaat atas BUMI, dan/ataumemiliki, menguasai, dan/atau memperolehmanfaat atas BANGUNAN.Ini sudahGue beli !Subjek Pajak(Ps.4 a(1))
  14. 14. 14Subjek Pajak yg dikenakan kewajiban membayar pajakmenjadi Wajib Pajak.(Ps.4 a(2))Wajib Pajak tidak diketahuidng jelas, DirJen Pajak dapatmenetapkan Subjek Pajak.(Ps.4 a(3))SP yg ditetapkan dpt memberikanKeterangan tertulis bahwa Ia bukan WPyg dimaksud.(Ps.4 a(4))Apabila setelah jangka waktu 1 bulan sejak diterimanya keterangantersebut, DirJen Pajak tidak memberikan keputusan, maka keteranganyg diajukan dianggap disetujui.(Ps.4 a(7))SUBJEK PAJAK( SP )Yg mana?
  15. 15. 15Subyek PajakPasal 4 (UU No 12 Tahun 1985)(1)Yang menjadi subyek pajak adalah orang atau badanyang secara nyata mempunyai suatu hak atas bumi,dan/atau memperoleh manfaat atas bumi, dan/ataumemiliki, menguasai, dan/atau memperoleh manfaatatas bangunan.
  16. 16. 16Subyek PajakPasal 4 (UU No 12 Tahun 1985)(2)Subyek pajak sebagaimana dimaksuddalam ayat (1) yang dikenakan kewajibanmembayar pajak menjadi wajib pajakmenurut Undang-undang ini.
  17. 17. 17Subyek PajakPasal 4 (UU No 12 Tahun 1985)(3)Dalam hal atas suatu obyek pajak belum jelasdiketahu! wajib pajaknya, Direktur Jenderal Pajakdapat menetapkan subyek pajak sebagaimanadimaksud dalam ayat (1) sebagai wajib pajak.
  18. 18. 18Subyek PajakPasal 4 (UU No 12 Tahun 1985)(4)Subyek pajak yang ditetapkan sebagaimana dimaksuddalam ayat (3) dapat memberikan keterangan secaratertulis kepada Direktur Jenderal Pajak bahwa iabukan wajib pajak terhadap obyek pajak dimaksud.
  19. 19. 19Subyek PajakPasal 4 (UU No 12 Tahun 1985)(5)Bila keterangan yang diajukan oleh wajib pajaksebagaimana dimaksud dalam ayat (4) disetujui, makaDirektur Jenderal Pajak membatalkan penetapansebagai wajib pajak sebagaimana dimaksud dalamayat (3) dalam jangka waktu satu bulan sejakditerimanya surat keterangan dimaksud.
  20. 20. 20Subyek PajakPasal 4 (UU No 12 Tahun 1985)(6)Bila keterangan yang diajukan itu tidak disetujui, makaDirektur Jenderal Pajak mengeluarkan suratkeputusan penolakan dengan disertai alasan-alasannya.
  21. 21. 21Subyek PajakPasal 4 (UU No 12 Tahun 1985)(7)Apabila setelah jangka waktu satu bulansejak tanggal diterimanya keterangansebagaimana dimaksud dalam ayat (4),Direktur Jenderal Pajak tidak memberikankeputusan, maka keterangan yang diajukanitu dianggap disetujui.
  22. 22. 22Penunjukan sebagai wajib pajak oleh DJP bukan merupakan buktipemilikan hakSUBJEK PAJAK( SP )Yg mana?1. Subyek pajak bernama A yang memanfaatkan ataumenggunakan bumi dan/atau bangunan milik oranglain bernama B bukan karena sesuatu hakberdasarkan undang-undang atau bukan karenaperjanjian maka dalam hal demikian A yangmemanfaatkan atau menggunakan bumi dan/ataubangunan tersebut ditetapkan sebagai wajib pajak.
  23. 23. 23SUBJEK PAJAK( SP )Yg mana?2. Suatu obyek pajak yang masih dalam sengketapemilikan di pengadilan, maka orang atau badan yangmemanfaatkan atau menggunakan obyek pajaktersebut ditetapkan sebagai wajib pajak.Penunjukan sebagai wajib pajak oleh DJP bukan merupakan buktipemilikan hak
  24. 24. 24SUBJEK PAJAK( SP ) Yg mana?3. Subyek pajak dalam waktu yang lama berada di luarwilayah letak obyek pajak, sedang untuk merawatobyek pajak tersebut dikuasakan kepada,orang ataubadan, maka orang atau badan yang diberi kuasa dapatditunjuk sebagai wajib pajak.Penunjukan sebagai wajib pajak oleh DJP bukan merupakan buktipemilikan hak
  25. 25. 25Pak Sholeh mempunyai Yayasan Pendidikan bagi anak-anakYatim Piatu, yang berlokasi di Jalan Kaliurang No. 28Yogyakarta, dengan Sertifikat tanah masih atas nama Beliau.Berdasarkan data kepemilikan tersebut KPP PratamaYogyakarta menerbitkan SPPT PBB atas nama Pak Sholeh. PakSholeh mengajukan keberatan atas SPPT tersebut karenamerasa objek pajak digunakan untuk kegiatan pendidikan.Bagaimana penyelesaian masalah tersebut.
  26. 26. 26Rumah dinas ditempati oleh seorang pegawai negeriyang sedang menduduki sebuah jabatan tertentu.Bagaimanakah rumah tersebut penetapan subyek PBB-nya ? Bagaimana pendapat saudara?
  27. 27. 27Ibu Sri Wahyuni mempunyai dua objek, satu berupa tanah dan rumah diJalan Anggrek No. 1 dengan NJOP sebesar 750 juta, dan satunya berupatanah dan bangunan di kawasan Mega Kuningan dengan disewakan ke BankSwasta sebesar 900 juta per tahun. Bagaimana penunjukan subyekpajaknya?
  28. 28. 28Pak Akri sebagai subyek pajak tinggal di Malang, dalamwaktu yang lama berada di Jakarta sedangkanperawatannya dikuasakan kepada Pak Oleh, siapa yangmenjadi WP?
  29. 29. 29Bila Pak Oleh ditetapkan sebagai WP (bukan pemilikhak) oleh DJP.Pak Akri dengan adanya penetapan oleh DJP, kuatirtelah terjadi perpindahan kepemilikan ke Pak Oleh. Apayang harus dilakukan Pak Oleh atau Pak Akri , apabilapenetapan tersebut dirasa tidak tepat?
  30. 30. 30Ibu Sri mempunyai objek berupa tanah dan bangunan di Jalan Anggrek No. 1dengan sewa 750 juta per tahun dengan perjanjian sewa menyewa, bahwasemua biaya listrik, air, dll ditanggung penyewa, Bagaimana penunjukansubyek pajaknya? Bagaimana pendapat saudara?
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.