Top Banner

Click here to load reader

13779527 Automotive Air Conditioning Trainer

Jun 18, 2015

ReportDownload

Documents

ronalona

KATA PENGANTARManual ini dirancang untuk memudahkan guru dan siswa dalam melakukan kegiatan Belajar Mengajar dengan dilengkapi LABTECH AUTO AIR CONDITIONING TRAINER (HC AC 2 T). Basik dari materi awal yang disediakan berprinsip dari sistem pendinginan, fungsi dari komponen-komponen Air Conditioning (AC) dan beberapa pelatihan untuk teknisi level training. Manual ini sebaiknya digunakan secara bersama-sama dengan materi lainnya yang disediakan untuk mengadakan pada A/C Trainer. Seluruh pelatihan dasar dalam latihan materi dapat ditampilkan pada trainer untuk memberikan siswa sebuah pengertian dari Automotive Air Conditioning dan untuk mengembangkan kemampuan dalam melakukan perawatan atau servis pada sistem ini.

1. PERKENALANAC adalah pengendalian lingkungan pada tempat tertutup, seperti pada mobil. AC menghilangkan kelembaban, membersihkan dan mendinginkan udara di dalam mobil. Ini memberikan kenyamanan pada pengendara dan pada sesama penumpang. Pengaruh kenyamanan dari tanggapan pengendara dan reaksi waktu pemberian situasi. AC dilengkapi dengan sabuk pengaman untuk mengurangi keletihan pengendara. Pada penjumlahan bagian dalam tingkat pengurangan kebisingan ketika semua jendela-jendela tertutup dan AC hidup. AC juga menghilangkan embun pada kaca depan yang tertutup. Pengendara menyetujui untuk memelihara jarak penglihatan yang baik dari jalan dan kendaraan lain. Udara yang berisi debu, serbuk dan yang terkontaminasi pada udara lain. Penguapan suhu ke bawah pada titik beku embun. Penyebab kelembaban udara telah selesai dari saluran penguapan perumahan. Sangat sedikit kebawah dan serbuk dapat masuk ke penumpang dari ruang terpisah ketika AC hidup.

Sejarah dari AC Mobil AC : itu digunakan untuk pendinginan, pertama dikenalkan pada tahun1940 packard. Sejak itu menjadi salah satu yang hampir ditemukan barang tambahan pada mobil-mobil di saat itu. Kemudian pada AC mobil terdiri dari penguapan, pendingipendingin yang diketahui penumpang dari sebuah jendela. Saluran udara / kapiler bertindak lebih pada saringan kasa. Udara dialirkan pada saringan kedalam ruang terpisah. Penguapan udara menyerap panas dari datangnya udara. Bagaimanapun kelembaban pada suatu mobil. Pendinginan yang praktis hanya pada kekeringan. Iklim adang di selatan barat wilayah persatuan negara bagian.

Pertama AC digunakan pada sebuah pendinginan yang diketahui kesatuannya. Kumpulan tongkat puncak peralatan panel. Unit ini sangat penting dari pemanasan, menghilangkan dan sistem peranginan. Inti pemanasan yaitu memisahkan rumah dari penguapan. Operasi meliputi rekulasi udara dari dalam mobil. Sebaliknya udara segar dari luar. Kemajuan selanjutnya di pendingin udara datang ketika inti evaporator digabungkan di tempat yang sama sebagai inti pemanas. Hal ini mengenai penggabungan sistem pemanas dan sistem pendingin. Sistem ini memberikan pengeluaran udara untuk masuk atau bersirkulasi di dalam mobil. Kemajuan terakhir menggabungkan automatic temperatur control (ATC). Sensorsensor menyediakan informasi ke komputer yang dikontrol secara otomatis untuk mempertahankan pengaturan temperatur yang diinginkan. Masa Sekarang dan Masa akan Datang Sekarang ini hampir 90 % dari semua mobil yang dibuat datang dengan melengkapi AC dari perusahaan. Sebagian besar pasar pasar jenuh bila tidak menggunakan AC. Dampaknya AC otomotif menjadi beberapa perhatian. Mobil dengan pendingin udara tidak efisien dalam sistem pengoperasiannya. Perhatian berikutnya tentang ekonomis, perusahaan membuat komponen yang mungkin dapat mengurangi beban. Dengan pengeluaran dan penggabungan bermacam-macam bagian AC memerlukan lebih sedikit tempat. Pendingin yang digunakan pendingin udara di mobil adalah sebuah perhatian. Sampai saat ini, pendingin digunakan di mobil adalah R-12 dan telah menjadi perhatian lingkungan. Meskipun model sistem AC berisi CFC 12 akhirnya isi pendingin ini menuju atmosfer terus dengan kuat dan mencocokkan kebocoran. Selang karet menembus, kecelakaan, service atau penyelesaian kendaraan. Para ilmuwan percaya bahwa klor

didalam pendingin menyebabkan lapisan ozon hancur. Lapisan menjaga bumi dari sinar ultrviolet. Pengganti isi pendingin telah dikembangkan agar ramah dengan ozon dan sekarang sebagian besar kendaraan terbaru dilengkapi dengan sistem HFC 134 a sehingga teknisi dapat belajar teknologi terbaru. Sejak pendingin bocor dari CFC 12 diketahui menghabiskan lapisan ozon yang melindungi bumi. Di sana sekarang CFC 12 dihapus. Menurut persetujuan internasional dikenal sebagai Montreal Protocol. Ini hasil alternati pendingin yang wajib untuk mendatang yang digunakan dalam sistem pendingin mobil. Pendingin terbaru dipilih untuk menggantikan CFC 12 menjadi HFC 134 a pendingin yang lebih ramah lingkungan dan digunakan di udara pendingin untuk mobil terbaru di dunia saat ini. Karena HFC 134 a tidak berisi klor dan mempunyai kekuatan menipiskan ozon pendingin menrupakan suatu pilihan. Bagaimanapun HFC 134 a tidak dapat mengisi tenaga pengganti dan optimis hasil pendingin ini di sistem AC baru yang mempunyai beberapa komponen yaitu kompressor, libricant, desiccants pipa, evaporator dan kondensor. Sebagai teknologi lanjutan juga terdapat seri pendingin campuran yang lebih mudah untuk mengganti dan to retrofit dari sistem sebelumnya (seperti Dupont Suva Blends). Campuran mempunyai kekuatan menipiskan ozon tidak jauh daripada CFC 12 tetapi tidak ramah lingkungan seperti HFC 134 a.

Gambar. 1

PENGATUR SUHU Udara luar teralirkan melalui pipa ke sebuah inti pendingin evaporator, udara tersebut didinginkan dan dihilangkan kelembabannya. Ketika pendinginan maksimal dibutuhkan, tidak ada udara luar yang masuk ke mobil. Udara dalam disirkulasikan kembali melalui evaporator. Bagaimanapun juga, pengendara dapat memilih untuk penghangat ruang penumpang dengan memiliki beberapa aliran udara yang didinginkan dan dipanaskan lalu memasuki ruang penumpang. Suhu campuran udara kemungkinan merupakan aliran udara. PENGATUR KELEMBABAN Kelembaban, uap lembab di udara, dipadukan dengan panas sangatlah nyaman. Kehangatan tinggi dan kelembaban tinggi menyebabkan kepenatan, masalahnya ditimbulkan dengan fakta bahwa udara yang lebih panas, udara yang lebih lembab dapat

dikendalikan. AC kurang efektif selama dalam kelembaban tinggi, sebagai akumulasi embun pada evaporator mengurangi efisien penyampaian / penyaluran panas. Suhu inti evaporator adalah dibawah titik embun. Embun didinginkan dan menjadi padat ketika sampai dibentuk dengan evaporator. Embun menjadi padat dan berubah menjadi air. Oleh karena itu pada hari yang sangat lembab, keefektivan AC berkurang. TIPE DARI SISTEM AC Beberapa tipe dari sistem AC yang tersedia saat ini. Diantaranya : 1. Menggantungkan / menambahkan. 2. Integral dengan control manual. 3. Integral dengan control otomatis. ADD ON ( UNIT TAMBAHAN ) Disebut Add On Unit (Unit Add On) karena saat mobil didatangkan dari pabrikan, biasanya mobil dalam keadaan tanpa AC. Add On ini ditambahkan pada mobil di beberapa titik setelah mobil menjadi sebuah monil yang benar-benar baru. Penambahan ini dilakukan pada bagian penjualan. Ini berarti, pemilik mobil dapat menunggu untuk beberapa tahun sebelum memutuskan untuk memiliki mobil dengan tambahan AC. Unit ini diinstall di bagian bawah dashboard. Kemudian unit udara disirkulasikan menuju evaporator (penguap) tidak melalui kabin penumpang. Sistem pendingin ini menghirup udara dari luar mobil, dan bersirkulasi kembali dalam udara mobil dengan baik. MENGONTROL TEMPERATUR (SUHU) MANUAL Adalah sebuah sistem utuh yang menggabungkan pusat pemanas (heater) dan penguap (evaporator) di dalam satu rumah (housing) dan menggunakan kipas yang sama. Jika sangat diinginkan, udara dari luar mobil memiliki rute menuju housing dimana udara didinginkan atau dipanaskan dan kemudian didistribusikan melalui saluran. Panel pengontrol sistem ini terletak pada dashboard.

KIPAS Kipas atau motor blower menciptakan sebuah aliran udara yang melalui evaporator (penguap) atau pusat pemanas (heater core) dan kemudian menuju kabin penumpang. Kecepatan kipas yang tertinggi menciptakan banyak udara yang dapat dipanaskan atau didinginkan. Kecepatan tertinggi dari kipas juga menciptakan atau menimbulkan suara bising. Hal ini akan menjadi masalah bagi beberapa orang yang keberatan dengan suara bising dalam mobil. Kecepatan kipas dikontrol dengan panel pengontrol yang ada pada dashboard. Pada jaman mutakhir ini kemudian motor blower dilengkapi dengan sebuah hambatan (resistor). Tegangan luar dari hambatan (resistor) ini nantinya akan mengatur / memastikan kecepatan kipas. Resistor ini biasanya terletak pada bagian luar dari rumah evaporator / heater. AUTOMATIC TEMPERATURE CONTROL Beberapa pabrikan sistem AC mengedepankan sebuah keutuhan dari sistem pengontrol temperatur otomatis (ATC) yang menggabungkan evaporator core dan heater core dalam satu rumah (housing). Pengontrolan temperatur diatur oleh pengemudi dan sistem perawatan yang menunjukkan temperatur lebih spesifik terdapat di dalam mobil. PEMBERIAN WARNA KACA Pemberian warna kaca digunakan untuk semua kaca ketika AC pada mobil yaitu sekumpulan tinta, mengurangi jumlah pancaran yang memasuki mobil, untuk itu pemberian warna kaca mengurangi beban kerja pada kondisi udara kaca lereng depan (sedikit demi sedikit terganti) kepadatan pemberian kaca memilih memperbolehkan bagian atas harus memberi kegelapan pada peredaman kaca depan, menyediakan kenyamanan perlindungan pendengaran melawan pancaran untuk daerah-daerah bahwa tidak mempengaruhi jarak penglihatan.

JARAK TEMPUH BAHAN BAKAR Ketika AC hidup bahan bakar mempengaruhi. Pengaruh ini merubah langsung daya kuantitas kuda pada kompressor AC sama seperti mobil yang sedang berjalan. Kamu akan tahu bahwa kita mempunyai 2,2 Kw (3 HP) di pelatihan Labtech yang hampir membutuhkan kompressor dari 2 sampai 4 HP terdiri dari ukuran dan kecepatan yang terpakai. Daya kuda yang lebih memberitahukan kompressor

Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.