WAWASAN 25 Maret 2017 - fisip.undip.ac.id · Sabtu Wage, 25 Maret 2017 FGD Pilgub 2018 Jateng Muncul Tokoh Potensial Cagub Dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan,

Post on 14-Aug-2019

217 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

Transcript

Sabtu Wage, 25 Maret 2017

■ FGD Pilgub 2018 Jateng

Muncul TokohPotensial Cagub

Dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan,hadir ber bagai Partai Politik (Parpol) dan tokoh agama, tokohmasyarakat, hingga per wa kilan suara perempuan. Berbagai namamulai bermunculan dan di sebutkan sebagai kandidat yang bisadimunculkan untuk mengikuti per-c aturan politik memimpin 35kabupaten/kota di Jateng. Nama yang sempat muncul di luarincumbent adalah Ketua DPD Partai Gerindra JatengAbdul Wachid, Ketua DPRD Jateng RukmaSetyabudi dari PDI Per juangan, Wa kil Ketua IDPRD Jateng Su kirman dari PKB, ang gotaDPD RI Bambang Sadono, CEO Suara Mer -deka Network Ku krit SW, mantan WakilGubernur Jateng periode 2008-2013 Rus -tri ningsih, Bupati Kudus Mustofa, danPang dam IV Di po negoro.

Pakar Politik dan Pemerintahan Un -dip, Teguh Yuwono yang me nga rah kandiskusi mengatakan, diskusi di la kukanse bagai salah satu respon me munculkankeinginan masyarakat ter hadap wacanasia pakah calon pe mim pin yang di ing in -kan warga Jateng.

Menurut Dosen Magister Ilmu Ko mu -ni kasi Undip tersebut, Jateng belum bisamem proyeksikan per tumbuhan jumlah pen -du duk hingga beberapa ta hun ke depan.Tak hanya itu, se cara kemam puan eko -nomi, ter kuak Jateng masih men du -duki peringkat 16 se-Indonesia.‘’Ba nyak faktor yang me nye bab -kan hal tersebut terjadi, salah sa -tu nya masih ting ginya angkake miskinan yang fluktuatif, ang -ka pe ngang guran yang tinggi,ser ta masih minimnya akses pu -blik yang gam pang di man fa at -kan ma sya rakat,’’ katanya.

Ketua DPRD Jateng RukmaSetyabudi yang merupakankader PDI Perjuangan mengakukini partainya masih berfokuske pada pe menangan untuk Pil -gub di DKI Jakarta. Banyak lem -paran wa ca na nama-nama ka -der yang kuat untuk maju, na -mun pi haknya me ngaku belummenge ru cut kan pada pen ca lon -an nama yang banyak disebut.Siapakah dia, Rukma masih ber -kilah bah wa PDIP hanya akanberani menyebut saat Ketua Umum DPPPDIP Megawati resmi mem berikanrekomendasi.

“Perhatian ki ta sementara inidi DKI Ja kar ta dulu, baru ke mu -dian mem bahas secara matangpe menangan di Pilgub Jateng,”terang Rukma.

Lain ladang lain belalang,DPD Partai Gerindra justrume ngakui sudah membesarkanhati ketuanya untuk maju danbersaing sengit dalam Pilgub2018. Nama Ketua DPD PartaiGe rindra Abdul Wachid di se butwakilnya yakni Dwi Yas mantosebagai salah satu tokoh yangmumpuni sebagai Gu ber nurJateng periode 2018-2022. Bukantanpa alasan, Yasmanto me nye -but Wachid sebagai sa lah satutokoh politik besar yang be rang -kat dari rakyat je la ta.

“Kalau Jateng sebagai lum -bung padi, Pak Wachid adalah petani saat muda. Dia juga petanitebu, dan petani garam saat itu. Kami hanya ingin mendorong be -liau (Abdul Wachid) untuk maju dalam Pilgub, ,” tegas Yusmanto.

TEGALSARI - Pemilihan Gubernur Jateng tahun 2018 mulai diperbincangkan di banyakkalangan. Harian Wawasan mengupas tahapawal kriteria kemunculan para figur yangdikehendaki para tokoh masyarakat di Jateng.Hal itu sebagai gambaran keinginan masyarakat Jateng atas sosokpemimpin yang diinginkan dalam membawa kemajuan pembangunan.

Setali tiga uang, Wakil KetuaDPRD Jateng, Sukirman yangmerupakan politikus Partai Ke -bangkitan Bangsa (PKB) turutpasang badan mengumumkanKetua DPW PKB Jateng YusufChludori alias Gus Yusuf jugamumpuni. Sekali pun, jika ha -rus bersaing dengan petahana

Gan jar Pranowo, Gus Yusuf di -nilai berkompeten.

■ PembangunanPerwakilan dari DPD I Partai

Golkar Jateng, Irianto me nye -but Bambang Sadono yang kinimenjabat di Dewan PerwakilanDaerah (DPD) RI juga layak jikaharus disandingkan dengan pe -ta hana. Ia mengklaim, selamaini Bambang Sadono terus ter -jun mendengarkan aspirasi

war ga Jateng, dan turut sertamempercepat pembangunan diJateng. Hal tersebut di ke-mu -kakan Irianto dengan alasanBam bang Sadono merupakantokoh yang lahir dari rahimGolkar.

“Dengan catatan jika suararakyat memang menghendaki,dan jika Partai Golkar me nga -mini. Karena selama ini hanyabeliau yang kuat. Pak Wisnu(Ketua DPD I Partai Golkar) ti -dak menginginkan posisi Gu -bernur, Ikbal Wibisono jugama sih ingin di partai,” tutupIrianto.

Dalam kegiatan FGD, hadir

perwakilan tokoh lintas agamayakni Ketua Forum KerukunanUmat Beragama, Romo Aloy -sius Budi Purnomo, KetuaMajelis Ulama Indonesia (MUI)Jateng Ahmad Daroji, dan per -wakilan dari Keuskupan Ja -teng. Selanjutnya, anggotaPar tai Amanat Nasional (PAN)Jateng yang juga merupakanang gota Komisi A DPRDJateng, Bambang Joyo Supeno,Dekan Fakultas EkonomiUnissula Enny Winaryati, pa -kar politik Undip Susilo Uto -mo, Ketua PWI Jateng AmirMahmud, Ketua IJTI Teguh Ha -di Prayitno, mahasiswa, danKe tua Dekase Kota SemarangHen dry TM. ■

M9-rth

GAYENG: SuasanaFGD (Focus Group Dis-

cussion) denga topik‘Mencari Figur Calon

Gubernur Jateng ‘berlangsung gayeng di

ruang rapat Koran PagiWawasan, Jalan Kawi

20, Semarang, Jumat (24/3). ■

Foto-foto: Shodiqin-Arix Ardanan

top related