Semarang Peringkat Tinggi Kasus HIV/AIDS di Jatengfisip.undip.ac.id/.../10/2016_09...Tinggi-Kasus-HIV-AIDS-di-Jateng.pdf · JUMAT, 2 SEPTEMBER 2016 SEMARANG-Kota Sema-rang menempati

Post on 03-Feb-2018

219 Views

Category:

Documents

4 Downloads

Preview:

Click to see full reader

Transcript

JUMAT, 2 SEPTEMBER 2016

SEMARANG-Kota Sema-rang menempati peringkat tinggikasus HIV/AIDS di Jateng. Un-tuk itu pencegahan HIV/AIDSharus berjalan efektif denganpeningkatan pemahaman masya-rakat yang dilakukan melaluiedukasi dan persuasi perilaku pre-ventif. Masyarakat juga butuhdiberikan informasi lebih detaildan pemahaman komprehensiftentang langkah pencegahannya.

”Menurut data terbaru DinasKesehatan Kota selama kurunwaktu 2011 - 2016 Kota Sema-rang adalah yang tertinggi se-baran kasus HIV/AIDS se-JawaTengah.

Kelurahan Tanjung Mas yangmerupakan bagian dari Keca-matan Semarang Utara selamakurun waktu 6 (enam) tahun ter-catat paling tinggi penduduknyaterpapar virus HIV/AIDS yaitusebanyak 24 (dua puluh empat),íítutur anggota Lembaga Pember-dayaan Masyarakat Kelurahan

(LPMK) Tanjung Mas, BambangS Dahlan.

Hal itu dia sampaikan saat men-jadi pemateri dalam PenyuluhanHIV/AIDS Kelurahan TanjungMas Kecamatan Semarang Utarakepada peserta penyuluhandalam kegiatan Pengabdian kepa-da Masyarakat Dosen MudaFISIPUndip Tahun 2016.

Disebutkan, jumlah itu bagiandari 86 (delapan puluh enam)pengidap HIV/AIDS di Keca-matan Semarang Utara. Keca-matan ini juga merupakan wila-yah tertinggi angka sebaran kasusHIV AIDS. Untuk total semuapengidap HIV/AIDS selamakurun waktu 2011 ñ 2016 di KotaSemarang tercatat sebanyak 748(tujuh ratus empat puluh delapan)jiwa yang merupakan terbanyakdi Jawa Tengah.

Ia menjelaskan perlu pema-haman yang mendalam menge-nai HIV/AIDS. Human Immun-odeficiency Virusatau yang sering

disingkat HIV adalah virus yangmenyerang sistem kekebalantubuh dan melemahkan kemam-puan tubuh untuk melawan infek-si dan penyakit.Tidak Mematikan

Sebagaimana diketahui, HIVtidak mematikan, karena seka-rang sudah ada obat yang bisamemperlambat perkembanganvirus HIV. Tetapi HIV jika tidakdiobati secara serius akan menjadiAIDS atau Acquired ImmuneDeficiency Syndrome yang meru-pakan stadium akhir dari infeksivirus HIV, dimana pada tahap inikemampuan tubuh untukmelawan infeksi sudah hilangsepenuhnya.

Pengobatan untuk pasien yangsudah positif terinfeksi virus HIVadalah dengan menggunakan ter-api ARV (Anti Retro Viral) thera-py setelah sebelumnya pasienmelakukan tes VCT (VoluntaryCounseling Test). Tes ini bisadilakukan oleh siapa saja dan

kapan saja bagi masyarakat ataukelompok masyarakat yangmerasa rentan terhadap penularanvirus HIV.

Wakil Dekan Bidang 4 Risetdan Inovasi, Dr Widiartanto,mewakili Dekan FISIP Undipmenjelaskan tujuan kegiatan iniadalah tindakan preventif danedukasi mengenai HIV/AIDSkepada masyarakat. Sebab,HIV/AIDS masih menjadi mo-mok bagi bangsa bahkan pen-duduk dunia. Maka dari itu perlupemahaman yang komprehensifkepada masyarakat tentangbagaimana dan apa langkah yangperlu diambil seputar HIV/AIDS.

Ia menjelaskan, FISIP sebagaifakultas yang merupakan bagiandari Undip tidak mau menjadimenara gading yang hanya bisadipandang dari luar. Jangan sam-pai Undip yang merupakan uni-versitas besar tidak memberikanpengaruh positif kepada masyara-kat.(H41-47)

SM/dok

SAMPAIKAN MATERI:Anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan(LPMK) Tanjung Mas, Bambang S Dahlan menyampaikan materi, baru-baru ini.(47)

Semarang Peringkat Tinggi Kasus HIV/AIDS di Jateng

top related