PPT MAKALAH RUSA.pdf

Post on 12-Apr-2016

212 Views

Category:

Documents

43 Downloads

Preview:

Click to see full reader

Transcript

Sejalan dengan adanya peningkatan tarafhidup masyarakat maka peningkatan kebutuhanprotein terutama yang berasal dari hewani jugameningkat. Pada umumnya kebutuhan proteinhewani yang di konsumsi oleh masyarakat yangberasal dari ternak-ternak konvensional sepertisapi,kambing,domba,ayam,babi dan sebagainya.Selain protein itu protein hewani juga dapatdiperoleh dari hewan atau satwa liar yangterdapat di daerah sekitar tempat tinggalpenduduk yaitu rusa.

Jenis-jenis rusa dan penyebaranya di Indonesiamenurut Jacoeb dan Wiryosuhanto, 1994 yaitusebagai berikut:

Rusa ini merupakan hewan alami yang terdapatdi beberapa pulau di Indonesia seperti Maluku,Timor, Jawa dan Sulawesi, Klasifikasi Ilmiah : FilumVertebrata, Sub Filum Chordata, Kelas Mammalia,Ordo Artiodactyla, Familia Cervidae, Genus Cervus,Species Cervus timorensis.

Pada umur dewasa, rusa ini mempunyai badanyang besar, tungkainya panjang, berbulu panjangdan lebat, berwarna hitam kecoklatan. Hidungnyaberwarna gelap, tebal, basah dan licin, sertaekornya agak panjang.Klasifikasi ilmiah: Kerajaan Animalia, Filum

Chordata, Kelas Mammalia, Ordo Artiodactyla,Upaordo Ruminansia, Famili Carvidae, UpafamiliCervinae, Genus Cervus, Spesies C.unicolor.

Pada anak rusa yang lahir terdapat totol-totolputih dengan warna dasar coklat. Ekor berambutsikat dengan warna coklat pada bagian atas daridaerah pangkal ekornya dan warna putih padabagian bawah dan dari daerah ujung ekor.

Klasifikasi Ilmiah: Kerajaan Animalia, FilumChordata, Kelas Mammalia,Ordo Artiodactyla,Upaordo Ruminantia, Famili Cervidae, UpafamiliCervinae, Genus Axis,Spesies A.kuhlii.

Anak kijang terdapat totol-totol terang,Kijang jantan bertanduk pendek dan keras,sedangkan yang betina tidak bertanduk.Penyebarannya merata di seluruh KepulauanIndonesia.

Klasifikasi Ilmiah: Kerajaan Animalia,Filum Chordata, Kelas Mammalia, OrdoArtiodactyla, Upaordo Ruminantia, FamiliCervidae, Upafamili Muntiacinae, GenusMuntiacus.

No No SK Perizinan Nama Penangkar Lokasi

1 SK.821/IV.K-26/20108/26/2010

Drs. Moh. M. Bantilan, MM. DesaKalangkangan,Kec.Galang Kab. Tolitoli

2 SK.820/IV.K-26/20108/26/2010

H. Andi Amir Palattui Desa Tavalo Kec.Kasimbar Kab. Parimo

3 SK.1043/IV.K-26/201011/22/2010

Hermiati Desa Lolu Kec.Biromaru Kab. Sigi

4 SK.501/IV.K-26/20095/25/2009

Anwar Hafid Desa Wosu Kec.Bungku Barat Kab.Morowali

5 SK.1217/IV.K-26/200512/17/2005

H. Amir Marewangi Desa Sibia Kec.Lampasio Kab. Toli toli

Rusa memerlukan makanan sebagai manahalnya dengan hewan ruminansia, yaitu berupahijauan dan konsentrat yang banyak mengandungprotein dan karbohidrat.

Pakan rusa berupa rumput alam,semak,buah-buahan di hutan dan tumbuhan lain yang berada disekitarnya.

Daging rusa mempunyai tekstur lembut, danberwarna merah. Prosentase daging bersih yangdiperoleh dari berat karkas pada Rusa Jawa berkisar60 -62%, yang diperoleh dari rusa jantan pada umur13 - 15 bulan, dan berat karkas mencapai 40 - 55 kg.Lemak dagingnya mencapai ketebalan 8 - 18 mm.

Ketebalan lemak daging ini tergantung dari jenismakanan dan kualitasnya. Maka tidak heran jikadaging rusa sangat diminati oleh masyarakat terutamamenjelang idul fitri.

Harga daging rusa relatif cukup tinggi, diAustralia harga daging rusa mencapai $3,20 - $4,0/kg karkas pada tahun 1996 (Woodford, 1998),Saat ini daging rusa di pasaran berkisar antara 45-50 ribu/kg.Dari sisi kesehatan mengkonsumsi daging rusa

relatif aman, karena kandungan kolesterolnya yangrendah yaitu sekitar 66 mg/100g daging. Olehkarena itu ketertarikan konsumen untukmengkonsumsi daging rusa cukup beralasan karenamasyarakat ingin mencari daging merah selaindaging sapi dengan kandungan lemak dankolesterol rendah tetapi memiliki kandunganprotein yang tinggi.

top related