Agama islam kls vii

Post on 13-Apr-2017

281 Views

Category:

Education

1 Downloads

Preview:

Click to see full reader

Transcript

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII O 20 L 12 E H

Drs. M. M U H I D

BAB IHUKUM BACAAN AL SYAMSIYAH DAN AL QAMARIYAH1. Pengertian AL Syamsiyah dan cara membaca nya. Al Syamsiyah adalah apabila ada huruf Al ( alif lam ) bertemu dengan huruf 14 yaitu: شل ز سظ د ن تضذ طثصر Contoh: واماالسائل , والضحى Cara membacanya adalah Al ( alif lam ) tidak terbaca.

2. Pengertian Al Qamariyah dan cara mem- bacanya. Al Qamariyah adalah apabila ada Al ( alif lam ) bertemu dengan huruf 14 yaitu : ه م ي ق ع ف خ و ك ج ح غ ب ا Contoh: االولى , ولالخرة من Cara membacanya Al ( alif lam ) ter- baca dengan jelas.

BAB 2 SIFAT SIFAT - ALLAHA. Memahami sifat-sifat Allah Orang yang beriman kepada Allah wajib mengetahui dan memahami bahwa Allah neniliki sifat yang membedakan antara Dia dengan makhlukNya.

Sifat-sifat Allah itu dapat dibuktikandengan dua macam dalil yaitu:1. Dalil Naqli Yaitu apabila pembuktiannya dengan petunjuk yang ada dalam Alquran dan atau hadis Nabi Muhammad SAW.2. Dalil akli yaitu apabil pembuktiannya melalui akal pikiran yang sehat.

Ulama tauhid membagi sifatsifat Allah menjadi tiga bagian yaitu:1. Sifat wajib Sifat wajib yaitu sifat-sifat yang harus ada pada Allah.2. Sifat Mustahil Sifat amustahil yaitu sifat-sifat yang tidak mungkin ada pada Allah

3. Sifat jaiz Sifat jaiz yaitu sifat yang boleh ada dan boleh tidak ada pada allah.

B. Ayat-ayat Alquran dan artinya yang berkaitan dengan sifat wajib bagi Allah. 1. Wujud ( ada )

االهو الاله ربكم الله ذلكم artinya: ... “demikian itu ialah Allah tidak ada tuhan selain dia.” (QS. Al An’am ayat 102) Sifat mustahilnya ‘adam (tidak ada)

2. Qidam (terdahulu)واالخر هواالول

artinya:”Dialah yang terdahulu dan yang tiada berakhir”. (QS. Al Hadid ayat 3) Sifat mustahilnya Hudus (baru)

3. Baqa’ (terdahulu)وجهه اال هالك شئ كل Artinya: tiap sesuatu binasa kecuali Dia (Allah) (QS. Al Qasas ayat 88) Sifat mustahilnya Fana’ (rusak)

4.Mukhalafatulilhawadisi (berbeda dengan yang baru)شئ ليسكمثله Artinya “tidak ada sesuatupun yang me- nyamaiNya (serupa dengan Allah).” (QS. As syura ayat 11). Sifat mustahilnya Mumasalatulilhawa- disi. (sama dengan yang baru).

5. Qiyamuhu Binafsihi (berdiri dengan sendirinya).

القيوم الحى االهو الاله الله Artinya: “Allah tidak ada tuhan selain Dia yang hidup serta berdiri sendiri” (QS. Ali Imran ayat 2) Sifat Mustahilnya Ihtiyaju lighairihi (perlu kepada yang lain).

6. Wahdaniyah (maha Esa)احد هوالله قل

Artinya: “Katakanlah, Dialah Allah yamg maha Esa”. (QS. Al Ihlas) ayat 1 Sifat Mustahilnya Ta’addud (berbilang).

7. Qudrah (kuasa)ير قد شيئ كل على الله ن ا

Artinya:”sesungguhnya Allah itu berkua sa atas segala sesuatu”. (QS. Al Baqarah ayat 20). Sifat Mustahilnya: ‘Ajzun (lemah).

8.Iradah (berkehendak)فيكن كن له ل يقو ان شياء اراد اذا امره انما

Artinya: “sesungguhnya urusan allah apa bila menghendaki sesuatu hanyalah ber- kata kun (jadilah), maka jadilah”. (QS. Yasin ayat 82). Sifat Mustahilnya : Karahah (terpaksa).

9. Ilmun (mengetahui).عليم سميع والله

Artinya:”dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui”. (QS. Al Baqarah ayat 256). Sifat Mustahilnya: Jahlun (bodoh)

10. Hayat (hidup)القيوم هوالحى اال اله ال الله

Artinya:”Allah, tiada tuhan melainkan Dia yang hidup lagi berdiri sendiri”. (QS. Al Baqarah ayat 255). Sifat Mustahilnya Mautun (mati)

11. Sama’ (mendengar)العليم هوالسميع والله

Artinya: “dan Allahlah Dia maha mende ngar lagi maha mengetahui”. (QS. Al Maidah ayat 6). Sifat Mustahilnya Summun (tuli).

12. Basahar (melihat)بصير شيئ بكل انه

Artinya: “sesungguhnya Allah itu meli hatakan segala sesuatu”. (QS.Al Mulk ayat 11). Sifat mustahilnya ‘umyun (buta).

13. Kalam ( berfirman)تكليما سى مو الله وكلم

Artinya: “dan kepada Musa Allah berfir- man (QS. An Nisa ayat 164). Sifat Mustahilnya bukmun (bisu).

BAB 3 ASMAUL HUSNAA. Pengertian Asmau Husna Asmaul Husna menurut bahasa artinya

Jauhilah narkoba

AGAR HIDUP SEHAT

DAN BAHAGIA

MARI KITA MELAKSANAKAN KEWAJIBAN

SHALAT LIMA WAKTU

top related