YOU ARE DOWNLOADING DOCUMENT

Please tick the box to continue:

Transcript
Page 1: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

19 FEBRUARI 2014http://metrobanjar.banjarmasinpost.co.id NO 4.913 TAHUN XIII ISSN 0215-2987RABU

LIHUM

16 HalamanEceran Rp 2.000 Langganan Rp 55.000

Polisi MintaBantuan Waria

USTADZAH BERHASIL PADAMKAN API■ Darul Hijrah Putri Diamuk si Jago MerahMARTAPURA - Hamdiatul Ubudiah (16)dengan hati-hati mengais-ngais tum-pukan bukunya yang terbakar.Santriwati Ponpes Darul HijrahPutri ini mencari buku miliknya,yang lolos dari lumatan si jagomerah.

“Boks buku saya terbakar.Untungnya hanya sebagian sajabuku saya yang terbakar. Inisebagian ada yang masih baikdan bisa dipakai. Cuma buku-nya basah. Makanya sayajemur dulu,” kata HamidatulUbudiah.

Si jago merah, Selasa (18/2) sekitarpukul 09.00 Wita, mengamuk di PonpesDarul Hijrah Putri Batung, di DesaCindai Alus Rt 1, KabupatenBanjar. Berkat keberanian

dan kesigapan para ustadzah dan santriwati,api yang melumat plafon asrama Ummi

Hani kamar No 11 berhasil dipadam-kan.

“Kerusakannya tak parah.Kebakarannya hanya di asrama

Ummi Hani kamar No 11.Itu pun plafonnya saja

yang terbakar,” kata

■ Lacak Penipu Calon Artis

BERSAMBUNGKE HAL 8

BANJARMASIN – Pelan namun pasti,pihak Polresta Banjarmasin terus

mengendus jejak Iwan, pelakupenipuan terhadap puluhan siswa-

siswi sekolah Islam setingkat SMPdan SMA di Kecamatan Sungai

Lulut, Kabupaten Banjar.Yang menarik, polresta tidakhanya meminta bantuan

kepada polsekta dan polresdi wilayah Kalsel. “Kamijuga menyebar foto pelakuke komunitas waria,” kata

Kanit Reskrim PolrestaBanjarmasin, Ipda Ganef

Brigandono, Selasa (18/2).Ganef menyebut cara itu

memang kurang lazim, tetapi bisajadi efektif, sebab Iwan diduga

merupakanseorang

waria (wanitapria). “Saya

juga mengim-bau kepada para

waria yangmengetahui

keberadaan Iwan,

BERSAMBUNGKE HAL 8

BERSAMBUNG KE HAL 8

ANAK adalah segalanya bagiAriyanti Rahma (23). Demi putrisemata wayangnya yang ber-nama Rizqiyatull Husna (5 ta-hun), dia melakukan tiga hal vi-

Berdangdutdemi Anak

BERSAMBUNG KE HAL 8

BANJARBARU - Sebuah truk ber-nopol L 9776 UR, yang membawabesi panjang, terbalik di JalanTrikora tepatnya di depan SPBUTrikora Sungai Besar Banjarbaru,Selasa (18/2) sekitar pukul 16.00Wita. Tidak ada korban jiwa dalamkejadian itu, namun sopir dan duaorang temannya sempat terjepitdalam kabin truk.

Informasi diperoleh di tempatkejadian, truk yang disopiri Mas-liansyah alias Boy itu datang dariJalan Guntung Manggis, Trikora.Truk yang dipacu dengan kecepa-

Tiga Orang Terjepit di Kabin

BERSAMBUNG KE HAL 8

BANJARMASIN – Personel Polisi PamongPraja (Pol PP) Kota Banjarmasin kembalimendapati dua bocah yang sedang ‘melayang’akibat menghirup aroma lem. AB dan AS yangmurid kelas IV SD di kawasan Jalan Kelayan,tepergok nongkrong di sebuah warung kosongdi Jalan Sutoyo S Banjarmasin, Selasa (18/2)siang.

Saat di gelandang ke kantor Satpol PP KotaBanjarmasin, keduanya masih tampak sem-poyongan. Masing-masing memegang satubungkus es yang di dalamnya terdapat kalenglem Fox. “Pusing aja rasanya. Banyak kawanmakai, jadi ikut makai juga,” ujar AB dengan

Pol PP Cukur Rambut Bocah Ngelem

BERSAMBUNG KE HAL 8NET ISTIMEWA

BANJARMASIN POST GROUP/MAN HIDAYAT

TRUKTRUKTRUKTRUKTRUK yang disopiri Boy terbalik setelah menabrak median jalandi depan SPBU Trikora Sungai Besar, Selasa (18/2).

SANTRIWSANTRIWSANTRIWSANTRIWSANTRIWAAAAATITITITITI Ponpes Darul Hijrah Putrimengumpulkan barang-barang milik merekayang tidak sempat dilalap api.

BANJARMASIN POST GROUP/RAHMADHANI

DUADUADUADUADUA murid SD ini diamankan Satpol PP saatmengisap aroma lem.

BANJARMASIN POST GROUP/DONNY SOPANDI

MARTAPURA FC (MFC)mempermalukan salah satuklub top di Jakarta, Villa 2000FC, dalam laga uji coba diPamulang, Tangerang Sela-tan, Selasa (18/2) pagi.

Tidak tanggung-tang-gung, Laskar Sulthan Adammenundukkan Macan Pa-mulang dengan skor telak,empat gol tanpa balas. Ke-empat gol tersebut dicetakoleh Aidil Bogel, Agus Salim,Sunny Alifudin dan Joko

Macan Pamulang OmpongPrayitno.

Partai persahabatan ke-dua tim yang akan berkom-petisi di Divisi Utama LigaIndonesia 2014 itu berlang-sung dalam empat sesi. Tiapbabak berdurasi 30 menit.

Pada dua kali sesi awal,baik Villa 2000 maupun MFC,sama-sama menurunkan timpelapis. Ada lima pemain asliKalsel yang diturunkan triopelatih Frans Sinatra, Abu-nawas dan Taufik tersebut.

Mereka adalah Ali Budi Ra-harjo, Muhammad Nizar,Agus Setia Wibowo, Gofurdan Muhammad Elyani.

Meski begitu, para pe-main MFC yang mengenakankaus tandang warna abu-abu, langsung menyerbu per-tahanan tuan rumah. Me-ngandalkan permainan ko-lektif, mereka mampu mene-kan tim asuhan Ricky Nelson

4 Martapura FC4 Martapura FC4 Martapura FC4 Martapura FC4 Martapura FCVilla 2000 FC 0Villa 2000 FC 0Villa 2000 FC 0Villa 2000 FC 0Villa 2000 FC 0 Vs

Aidil bogelAidil bogelAidil bogelAidil bogelAidil bogel

1902/M1

Page 2: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

Banjarbaru HighlightRABU 19 FEBRUARI 20142 Metro Banjar

BANJARBARU - KeinginanPemerintah Kota Banjarbarumerelokasi RSUD Banjarbaruke lokasi yang lebih represen-tatif secara bertahap terus di-lakukan.

Bakal dibangunnya RSUDBanjarbaru di kawasan Trikora,Guntungmanggis itu sontakmembuat warga merasa se-nang. Khususnya warga yangbertempat tinggal di sekitarJalan Trikora

Kholis warga Palam, Keca-matan Cempaka, yang menge-luhkan kondisi rumah sakit

UtamakanMasyarakat Bawah

CUMA 2 KONTRAKTORYANG BERANIBanjarbaru saat ini yang sudahsesak menyambut baik per-kembangan relokasi itu.

Kondisi RSUD Banjarbarusaat ini, halaman parkirnyaberdesak-desakan karena sem-pit. Dengan dibangunnyaRSUD yang baru tentunya diasambut dengan baik.

“Bagus sekali kalau sudahada di sini. Dan kita harapkanpelayanannya nanti lebih bagusdaripada yang ada ini,” ujar dia.

Berdasar informasi, prosespembangunan RSUD Banjar-baru masih tahap lelang. Sete-

● Lelang Proyek RSUD Banjarbaru Diulang

TUJUAN dibangunnya RS-UD Banjarbaru ini adalahuntuk memberikan pelayananyang maksimal ter-hadap masyarakatumum. Terutamakalangan rakyatmiskin, meski pem-bangunannya me-rupakan rumah sa-kit modern tetapimasih kompisisi te-tap mengutama-kan masyarakatbawah.

Sebab itu, pem-bangunan rumah sakit yangrelatif besar ini agar nantinyamasyarakat bawah juga bisamenerima layanan yang baik.

“Diutamakan untuk ma-syarakat bawah makanya kitalebih mengutamakan untukkelas 3 dan fasilitasnya pun

baik. Terlebih lagi bagi yangterdagtar di BPJS bisa dirawatgratis dan bisa merasakan

fasilitas yang sama.Makanya kami lebihmengutamakan un-tuk kelas 3,” ujarWakil Wali KotaBanjarbaru, H OgiFajar Nuzuli.

Selain itu,ujar dia, pasien BPJSjuga bisa dirawatsecara gratis denganlayanan yang samanantinya. Sehingga

pihaknya lebih mengutamakanuntuk kelas 3.

“Saat ini memang masihlelang, makanya kita berharapagar cepat ada pemenang dansegera dibangun serta bisalangsung digunakan masyara-kat,” ujar dia. (aa)

BANJARMASIN POST GROUP/DONY SOPHANDI

ANGGOANGGOANGGOANGGOANGGOTTTTTAAAAA Polresta Banjarbaru melatih Sejumlah anggota Satpol PP teknik bertahan saat menghadapi demonstran pada persiapan Pemilu mendatang di LapanganMurdjani, Banjarbaru, Selasa (18/2).

lah tahap lelang pertama gagal,kini Dinas Pekerjaan UmumKota Banjarbaru kembali laku-kan lelang untuk pembangun-an Rumah Sakit Umum DaerahBanjarbaru.

Pada proses lelang pertamaitu hanya dua kontraktor yangberani namun karena tidakmemenuhi syarat pelelang ak-hirnya dibatakan karena mini-mal harus ada tiga penawar.

Kepala Dinas PekerjaanUmum Kota Banjarbaru, JayaKreshna, mengatakan, sejak Se-lasa (11/2) kembali dilakukanpelelangan ulang karena sebe-lumnya tidak terpenuhi syar-atnya.

“Memang kemarin sudahlelang, tapi sekarang diulanglagi. Dan kali ini sudah adabeberap calon yang akan ber-saing pada pelelangan pemba-ngunan rumah sakit Banjar-baru,” ujar dia.

Dia berharap, pada Maretmendatang sudah mendapat-kan pemenang lelangnya. Se-hingga pengerjaannya lebih ce-pat. Pengerjaan ini pun dila-

kukan program multi year yaitudua tahun anggaran.

“Kami berharap padaAgustus 2015 selesai. Kamiminta doanya agar diberikankelancaran, karena rumah sakityang ada ini sudah over kapa-sitas, sehingga perlu rumahsakit yang lebih besar lagi diBanjarbaru,” ujar dia.

Dia mengatakan, pemba-ngunan RSUD di Jalan Trikoraitu dengan luas tanah 2,8hektare dengan anggaran AP-BD sebanyak Rp 217 miliar.

Pembangunan tersebut antinyaberbentuk bangunan gabu-ngan antara bangunan ber-tingkat dan sebagian ke atasbukan hanya melebar namunbertingkat.

Sementara pantauan MetroBanjar, lahan yang ada di JalanTrikora Guntungmanggis ma-sih kosong dan hanya ada rum-put yang tumbuh yang tinggi.Dan tempat itu pula berdirisebuah spanduk bertuliskan ‘disini akan dibangun rumah sakitBanjarbaru’. (aa)

Ogi Fajar NuzuliOgi Fajar NuzuliOgi Fajar NuzuliOgi Fajar NuzuliOgi Fajar Nuzuli

Idham AjukanBanding

BANJARBARU - Setelah putusan vonis hukuman terhadapPaimin (60) mantan ketua RT di Pembatuan yang dinilaikurang adil kini giliran Kasi Pidum yang naik banding.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Banjarbaru, Idham Khalid,menilai hasil putusan hakim terlalu rendah bahkan kurangdari setengah tuntutan.

Dia melakukan tuntutan kepada terdakwa Paimin selama1,5 tahun penjara. Namun putusan dari hakim yang dpimpinTongani sangat rendah dari tuntutan.

“Kita ajukan naik banding, kemarin sudah kita sudahmenyatakan banding, karena tuntutan kita lebih tinggi tapiputusan sangat rendah hanya 6 bulan,” ujar dia.

Itu lah yang membuatnya merasakan ketidak adilandengan putusan hakim Tongani. Dia menilai putusan itukurang memenuhi tuntutan dan keadilannya sangat kurang.Sebab itu pihaknya naik banding.

Sementara itu, Winda yang merupakan warga yang tandatangannya dipalsukan Paimin pun juga menyatakan band-ing dan sudah berkoordinasi dengan pihak Jaksa PenuntutUmum.

“Saya jelas tidak terima dengan putusan hakim. Itu sangatjauh dari keadilan, makanya saya minta banding atas putusanitu. Saya berkoordinasikan denga JPU-nya,” ujar Winda.

Dia menganggap, hakim tidak serius dengan kasustersebut. Sehingga kasus pemalsuan tanda tangan pengadaanBTS di pembatuan itu kecil. “Dianggap kecil, makanyaputusan tidak ada beratnya jadi ringan aja,” ujar dia.(aa)

MasjudinRapatkan Barisan

BANJARBARU - Dugaan bocornya razia yang dilaksanakanoleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) banjarbarubersama tim gabungan disikapi Kepala Satpol PP Banjarbaru,Masjudin Noor.

Sebab, pada Minggu (16/2) malam, razia yang dilakukanhanya mendapatkan 11 botol minuman keras tanpa pemilik.

Masjudin pun langsung merapatkan barisannya agar giatoperasi razia jangan sampai bocor. Sebab, pada razia tersebutyang dilaksanakan dan berdasar informasi masyarkat yangmeresahkan warga.

“Ada indikasi operasi kemarin itu bocor, jadi mulai saatini kita akan merapatkan barisan intern agar tidak ada lagibocor,” ujar Masjudin, Selasa (18/2).

Dia mengatakan, setiap informasi yang diterimanyamerupakan dari masyarakat baik lisan maupun SMS bahkanmelalui surat kabar. Sebab selama ini, pihaknya berpegangpada laporan masyarakat dan apabila bocor akan kembaliditinjau ulang untuk merapatkan barisan.

“Seperti diberitakan sebelumnya, Satpol PP jugamelakukan razia di beberapa tempat hiburan malam bahkansatu salon yang berada di kawasan Jalan Trikora.

Di tempat itu, ditemukan sepasang dalam kamar laki-lakidan perempuan terkunci dari dalam. Saat itu yang beradadidalam kamar adalah oknum polisi dari Polres Tanahlautbersama pemijatnya.

Keduanya pun langsung, digelandang ke markas PemkoBanjarbaru untuk diberikan binaan. Bahkan sang pemilik sa-lon wanita yang bernama Andre (34) warga Jalan GununganPermai Banjarbaru, ikut karena anak buahnya dibawa kePemko.

Setelah diperiksa izin salon memang resmi hanya me-lewati batas waktu yang ditentukan. Sehingga hanyadiberikan pembinaan dan surat pernyataan agar tidakmelakukannya lagi.

Andre, yang mengaku sebagai pemilik salon dan karoakeJelita, mengklarifikasi atas pemberitaan sebelumnya. Padapemberitaan sebelumnya merujuk pada data Satpol PPBanjarbaru disebutkan adalah Salon Jelita. Namun yang benarternyata Salon Tirta.

“Yang ketangkap razia itu bukan Salon Jelita punya saya,jadi tidak ada dari pihak kami,” ucap Andre kepada MetroBanjar.(aa)

NET

BANGUNANBANGUNANBANGUNANBANGUNANBANGUNAN RSUD Banjarbaru di Jalan Palang Merah yang sudahtak representatif lagi.

BPOST GROUP/DOK

1902/M2

Page 3: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

TUPANTUPANTUPANTUPANTUPANkepala SMAN 1

Martapura

Martapura WatchRABU 19 FEBRUARI 2014 3Metro Banjar

1802/M3

MARTAPURA - Tangan KanitRes Satnarkoba Polres Banjar,Bripka Pujo, berhati hati me-nimbang puluhan paket sabu.Usai menimbang ia memasuk-kan sampel sabu ke alat tesnarkoba (test kit) di ruangkemitraan Polres Banjar, Senin(17/2).

Perwakilan dari PengadilanNegeri Martapura, dan Jugaperwakilan dari KejaksaanNegeri Martapura, dan jajaranPolres Banjar menyaksikan apayang dilakukannya.

Hal itu dilakukan saat pro-sesi pemusnahan barang buktisabu dari tangkapan sebelum-nya yang melibatkan kakakdan adik ipar bersaudara,yakni Rahmani (27) dan Ah-mad Gazali (19). Tidak sedikitsabu yang ada, namun saatpemusnahan tersebut ada

Tupan LegaSiswanya ‘Bersih’

MARTAPURA - Rasa tegang yang dialami para siswa dan siswidi SMAN 1 Martapura akhirnya hilang. Dari pengambilansampel urine terhadap 740 pelajar seluruhnya dipastikan tidakmengandung zat adiktif yang terkandung pada ekstasiataupun shabu-shabu.

Kondisi serupa, juga diperlihatkan hasil sampel urine 200siswa di SMA Muhamadiyah Martapura.

Kepala BNNK Banjarbaru Nor Fadilah membenarkan, hasilpemeriksaan urine yang mereka lakukan terhadap siswa diSMAN 1 Martapura.

Seluruh sampel urine yang mereka ambil hasilnya negatif.Begitu pula terhadap siswa di SMA Muhamadiyah.

“Kami sudah seleksaikan hasil pemeriksaan urine siswa.Semuanya, memperlihatkan hasil negatif,” katanya, Selasa (18/2).

Menurut dia, hasil ini cukup menggembirakan walaupuntak ada BNN di Kabupaten Banjar tetapi siswa di dua sekolahini terhindar dari narkoba.

Namun, hasil test urine yang mereka dapatkan di duasekolah ini masih belum bisa menyimpulkan kondisikeseluruhan seluruh siswa SMA/SMK di Kabupaten Banjar.

Sebab, lanjut dia, anak-anak di SMAN 1 ataupun di SMAMuhamadiyah tidak bisa disamakan dengan sekolah lain. Perlutest urine serupa untuk memastikan siswa di sekolah lain bebasnarkoba.

Kalau demikian bagaimana dengan test urine di sekolahlain? Fadilah mengatakan, pihaknya hanya menunggupermohonan dari sekolah.

“Kita tidak bisa simpulkan kalausiswa di sekolah lain terlepas darinarkoba. Perlu test urine serupa disekolah lain untuk memastikan itu,”katanya.

Kepala SMAN 1 Martapura, Tu-pan, mengaku lega mendengar siswanya

tidak ditemukan terindikasi mengguna-kan narkoba.

Dengan hasil ini, ia dan jajaranguru akan tetap menjaga agaranak-anak tidak sampai ter-kontaminasi narkoba.

“Saya belum terima se-cara resmi hasilnya. Tetapi,Alhamdulillah kalau hasilnyademikian. Dengan hasil yangada ini, kita akan terus ber-upaya melalui pembinaankeagamaan maupun sosiali-sasi bahaya narkoba kepadasiswa,” ujar dia. (wid)

BandarKabur

BAGAIMANA denganbandar besar yang namanyamasih dirahasiakan kepoli-sian, dan dalam hal ini dike-tahui meninggalkan rumah-nya? Kabar terbaru kalaudinyatakan bahwa sang ban-dar tersebut masih buron.

“Kabarnya kalau yangmenjadi DPO tersebut telahlari ke luar Kalimantan. Na-mun polisi sudah juga menye-barkan informasi ke berbagaidaerah soal sang DPO bandarini. Jadi kepolisian mana sajabisa melakukan penangka-pan,” ungkap Kasat Narkoba,AKP Juwarto.

Rahmani dan Gazali di-amankan di kawasan rumahsang bandar di Komplek Mar-gasari Permai Blok E Km 7 RT4 RW 2, Kertakhanyar, Rabu(29/1) pukul 14.00 wita.

Polisi membekuk, Rah-mani (27) di belakang rumah.Sedangkan, Ahmad Gazali(19) tengah asyik main play-stasion.

Namun, warga yang berge-gas datang hanya bisa berdiriterdiam sesaat sejumlah priayang datang ke rumah ter-sebut adalah anggota Satnar-koba Polres Banjar.

Keduanya dibawa ke ga-rasi rumah kosong persis diseberang rumah pelaku. Po-lisi saat itu, rupanya sudahmengetahui di mana sabutersebut disimpan sehinggadengan bantuan kedua pe-muda tersebut sebuah kan-tongan plastik berisi sabu ituditemukan. (lis)

BANJARMASIN POST GROUP/NURHOLIS HUDA

POLISIPOLISIPOLISIPOLISIPOLISI memusnahkan 80 gram sabu disaksikan dua pelaku yang ditangkap dalam kasus kepemilikan sabu itu, Senin (17/2).

GAZALI PASRAH JIKADIDEPAK DARI KAMPUS

sekitar 80 gram sabu yangdimusnahkan dengan caradilarutkan di ember yang berisidetergen. Lalu detergen yangsudah diaduk dengan sabutersebut dibuang di toilet. Biladiuangkan sabu tersebut men-capai Rp 180 juta.

Saat pemusnahan barang-bukti tersebut dihadirkan ter-sangka dari keduannya yangberstatus bersaudara, yakniRahmani (27) dan AhmadGazali (19). Saat itu pula, iajuga menyaksikan di manakepolisian dan Kejaksaan danPerwakilan dari PN Martapuralangsung memusnahkan ba-rang bukti tersebut.

Gazali yang mengaku ma-sih berstatus mahasiswa per-guruan tinggi di Banjarmasinini mengakui kalau sebetulnyadia kuliah juga dibiayai oleh si

pemilik rumah, yang kini masihmenjadi daftar Pencarian Or-ang (DPO) sabu, TA.

“Memang saya kuliah di-biayai. Namun saya tidak me-ngetahui kakak saya menyim-pan ataupun menjalankansabu. Tahunya, Dia dan Rah-mani selanjutnya diminta me-nunjukkan sabu di garasi ru-mah kosong di depan rumahkakak iparnya,” ungkapanya.

Ia kini tidak melanjutkankuliah. Ia pun pasrah bilakampus mengeluarkannya daridaftar nama kemahasiswaan-nya.

“Aku sebelumnya ini semes-ter 4 masih. Kini aku pasrahsaja tak kuliah lagi, berhentisaja,” ungkap Gazali.

Sementara Rahmani me-ngaku pasrah juga, untukmempertanggungjawabkan

perbuatannya karena dinilaipolisi telah mengetahui namuntidak melaporkan tindak pe-nyimpanan sabu yang dikabar-kan bandar besar tersebut.

Waka Polres Banjar, Kom-pol Efrizal yang memimpinpemusnahan barangbukti ter-sebut menjelaskan kalau sudahmenjadi keharusan dari aturanyang ada bagi aparat penegakhukum untuk melakukan pe-musnahan barangbukti ter-sebut.

“Sengaja untuk yang ba-rangbukti tergolong banyakyang memusnahkan adalahkepolisian. Itu dilakukan se-telah adanya penetapan. Atu-rannya paling tidak tujuh harisetelah adanya penetapan daripengadilan bisa untuk dilaukanpemusnahan barangbukti,”ungkapnya. (lis)

Tak Harus Jalan2,5 Kilometer Lagi

MARTAPURA - Kesulitan air bersih yang tahun lalu dialamiwarga Kampung Gunungbalai RT 9 Desa Pingaran Ulu Ke-camatan Astambul kini teratasi. Sebelumnya warga terpaksaberjalan sejauh 2,5 kilometer menuju Sungai Riam Kananuntuk mendapatkan air bersih agaknya adalah yang terakhirkali mereka harus alami.

Jaringan instalasi pipa PDAM sepanjang 3 kilometer dariDesa Astambul Kota menuju Gunungbalai akhirnya ter-sambung. Perlu dana Rp 200 juta untuk mengatasi kesulitan

BPOST GROUP/HARI WIDODO

air bersih yang dialami wargaGunungbalai melalui programpemasangan pipa menuju per-kampungan tersebut.

Ketua RT 9 Gunung Balai,Warso Wiyono mengatakan,sebenarnya sudah sejak kemarautahun tadi harapan mereka agarpipa PDAM tersambung ke desamereka terpenuhi.

Dirut PDAM Intan Banjar,Syaiful Anwar mengatakan,pihaknya sudah sejak 2013memprogramkan pemasanganpipa menuju Gunungbalaiuntuk mengatasi kesulitan airbersih yang setiap kemarauselalu dialami warga setempat.

Namun, pihaknya terken-dala ketika harus menyeberang-kan pipa PDAM di Sungai RiamKanan di Desa Jatibaru. Secarateknis, tidak memungkinan pipaPDAM ikut bergantung lang-sung di tali jembatan gantung.

“Akhirnya kita bisa atasisetelah memasang tali tersendiriyang khusus untuk mengan-tung pipa berdiamater 3 inchidi jembatan gantung di DesaJatibaru,” ungkap Syaiful. (wid)

Page 4: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

Viva BaritoRABU 19 FEBRUARI 20144 Metro Banjar

Bagi Anda pencinta baritoBagi Anda pencinta baritoBagi Anda pencinta baritoBagi Anda pencinta baritoBagi Anda pencinta baritoputera, kirimkan saran untuk kema-putera, kirimkan saran untuk kema-putera, kirimkan saran untuk kema-putera, kirimkan saran untuk kema-putera, kirimkan saran untuk kema-

juan tim kesayangan kita melaluijuan tim kesayangan kita melaluijuan tim kesayangan kita melaluijuan tim kesayangan kita melaluijuan tim kesayangan kita melaluiSMS kSMS kSMS kSMS kSMS ke 08e 08e 08e 08e 0811111953669909536699095366990953669909536699077777.....

Betapa SedihnyaBETBETBETBETBETAPAPAPAPAPAAAAA sedihx ribuan pendukung barito klo smpai baritotersingkir dri ISL apapun keadaanx ayo kita dukung barito kt..

+6282+6282+6282+6282+6282111115555511111777771111111111444441111155555

Hargai PerjuanganMENANGMENANGMENANGMENANGMENANG Kalah Tetap Hargai Perjuagan , Sporter Sejati PintarMenilai Kekurangan dn Klebihan Time! jya Baritoku (dmj)

+6282159875059 +6282159875059 +6282159875059 +6282159875059 +6282159875059

Pecat Pemain Tak BerandilBUJURBUJURBUJURBUJURBUJUR kawan ae_ jka Musafri aja smlm dterima drpdaBambang yg menolak kt _ato coret yongki ganti Musafri_buatpelatih pemain yg tdk bsa memberikn andil dlm tim dpecataja__rugi BP menggajih

+6287816460455+6287816460455+6287816460455+6287816460455+6287816460455

Siap Siang MalamTIDAKTIDAKTIDAKTIDAKTIDAK ada alasan dlm bermain bola.. main sore kah malamkah, harus bisa dan harus siap.. @fahat abas masih baju buruk

+6282+6282+6282+6282+6282111115555512121212121111155555111114444411111

Menang Pakai Baju PutihINSINSINSINSINSYYYYYAALLAHAALLAHAALLAHAALLAHAALLAH bila BARITO PUTRA main malam pakai bajuwarna putih akan dapat poin penuh.mulai ml@m ini kamiberdo’a untuk kemajuan BARITO PUTRA dan semua pen-dukung.by ANAK YATIM

+628582+628582+628582+628582+62858211111121212121211111333337777777777

Siapkan MentalADAADAADAADAADA resep paling mujarab untuk BARITO PUTRA ,agar berjayalagi seperti tahun lalu,siapkan mental ikut petunjuk danarahan coah dan jangan lupa shlolat berjamaah bagi muslimkhusus pertandingan malam hari sebab biasanya klo mainmalam pemain kita rancak kalah.mari kita dukung BARITOPUTRA DENGAN DOA MENURUT KEYAKINAN KITA masingmasing

+628+628+628+628+62811111933933933933933777777332733273327332733277777

Segera Panggil MekanMENGHADAPIMENGHADAPIMENGHADAPIMENGHADAPIMENGHADAPI arema lini temgah mnjadi lini yg paling perlud perhatikn krn ad gustavo,bustomi,juan,sukadana,dll jdmohon sgera panggil mekan nsirov !

+6287816396549+6287816396549+6287816396549+6287816396549+6287816396549

Salut Angkat TopiTIDAKTIDAKTIDAKTIDAKTIDAK masuk akal klo msh ad suporter yg setia klo brtotrdegradsi lg,salut angkat topi ja,sorg kd sanggup! Sm munbini sdah rancak selingkuh tp msih setia ja !

+628875019129+628875019129+628875019129+628875019129+628875019129

Jangan Kalah LagiAAAAAYYYYYOOOOO Barito Putera Harus Bangkit Jangan Sampai Kalah LagiKali Ini Kita Harus Menang Saat Lawan Arema Kita HamukiSingo Edan.By : M TAUHID RIZKY DARMAWAN,di Banjar Baru

+6287815355809 +6287815355809 +6287815355809 +6287815355809 +6287815355809

Masih Bisa DikejarSEMANGSEMANGSEMANGSEMANGSEMANGAAAAATTTTT terus pantang menyerah biar ketinggalan poinmasih bisa di kejar perjalanan masih panjang AHMADI PLHR

+6281348533292+6281348533292+6281348533292+6281348533292+6281348533292

Berjuang Habis-habisanBUBUBUBUBUAAAAATTTTT seluruh pencinta Barito Putera ayo kita doakan dg khusyu,semoga Barito Putera mendapat poin pada laga vs Aremacronos y.a.d. Kita tentu semua merasa sedih bila menyaksikantayangan TV swasta nasional sampai saat ini Barito Puteraberada di urutan akhir klasemen sementara wilayah Baratdan tanpa punya poin. Ayo Barito bangkit,bejuang habis-habisan,semangat yang tinggi , dan yakin menang melawanArema. By Abd Kadir J Anjir Muara Kab BATOLA

+62852+62852+62852+62852+628524949494949495495495495495727272727277777

Di Atas Rata-rataKLUKLUKLUKLUKLU d lihat dari permainan .arema berpeluang juara thnini.karena dari pemain inti smpi pmn cadangan d.atas ratarata. kualetasnya biar mahal tp meyakinkan.

+6282353+6282353+6282353+6282353+6282353111119999911111034034034034034

Jangan Terlalu ProtesPERCAYA ja buhanx ae wan trio pelatih. jgn telalu protes, apalagimeniwas. sidin betiga tu gen kd handak jua barito kalah. kitakawa sebatas dukungan wan do’a ja. mun masalah taktik wanpemain, tu kuasa sidin betiga. mudahan BARITO lebih baiklagi ja.. AMIN...

+6282+6282+6282+6282+6282111115825582558255825582577777606060606077777

GUNA menjalani lagaketiganya dalam kompetisiIndonesia Super League(ISL) 2014 di kandangArema Cronus, Jumat (21/2)malam, dijadwalkan hari ini,Rabu (19/2), tim baritoPutera akan bertolak menujuMalang, Jawa Timur (Jatim).

Setidaknya ada 18pemain yang diboyong olehtim pelatih Barito Puterayang disiapkan untukmencuri poin di kandangArema maupun saatbertandang ke PersegresGresik United, Selasa (25/2).

Pemain naturalisasi asalBelanda, Tonnie Cusell hampirpasti termasuk dalamrombongan pemain yangdiberangkatkan. Satu namalagi yang berpeluang ikutberangkat ke Malang adalahpemain naturalisasi lainnya,Ruben Wuarbanaran.

Ruben mempunyai kansuntuk membuktikankinerjanya karena dalambeberapa laga resmi yangtelah dijalani Barito baik diInter Island Cup maupun diISL, dia belum pernahditurunkan.

Sinyal akan diikutkannyaRuben dalam tur tersebutjuga diisyaratkan olehpelatih kepala Barito Puterayakni Salahudin. “Rubenada kemungkinan akan kita

LAGA berat harus dijalani olehtim Barito Putera saat bertandangke kandang Arema Cronus Indone-sia, Jumat (21/2) malam, dalamlanjutan kompetisi Indonesia SuperLeague (ISL) 2014.

Bermodal rekor tak terkalahkandalam tiga pertemuan sebelumnyadengan Singo Edan, Laskar Antasaribertekad meraih poin di StadionKanjuruhan, Malang, Jawa Timur,besok lusa.

Dalam laga tunda ini, tim besu-tan Salahudin ini berharap besarkepada bombernya, Shaka Bangurauntuk membuktikan ketajamannyaseperti ketika berlaga di Inter IslandCup (IIC) 2014.

Data terhimpun, selama berlang-sungnya IIC 2014, Shaka Banguramenorehkan tiga gol penentu ke-menangan dan yang meloloskanBarito dari kekalahan.

Salah satunya saat Barito suksesmenahan imbang Arema denganskor 2-2 di babak delapan besar IIC2014. Shaka berandil menyelamat-kan Barito dari kekalahan berkatsumbangan sebiji gol darinya.

Namun, dalam dua laga ISLyang telah dijalani Barito, Shakaseperti belum ‘panas’. Dia gagal bi-kin gol saat Barito menjamu PersijaJakarta di laga perdana. Di lagakedua melawan Semen Padang diajuga tak bisa menyumbangkan golkarena tidak diikutkan bermain di

kandang Semen Padang.Tim pelatih Barito yang

terdiri atas Salahudin, Yu-nan Helmi dan juga H Is-

mairi pun menaruhh a r a p a n

kepadaShaka

AGENDA BOLA NASIONALHasil Laga, Selasa (18/2)Persebaya (1) vs (1) PersiramSriwijaya FC (2) vs (1) Persijap JeparaJadwal Laga, Rabu (19/2)Putra Samarinda vs Persepam MU (Live - K-VISION, 20.00 Wita)PSM Makassar vs Persiba Bantul (Live - K-VISION, 16.30 Wita)

KLASEMEN SEMENTARA GRUP BARAT1. Arema Indonesia 4 4 0 0 12-1 122. Persib Bandung 5 3 1 1 8-4 103. Pelita Bandung Raya 5 3 1 1 8-5 104. Persija Jakarta 3 2 1 0 6-3 75. Sriwijaya FC 5 2 1 2 3-4 76. Semen Padang 3 2 0 1 4-3 67. Gresik United 4 1 2 1 6-6 58. Persita Tangerang 4 1 0 3 4-7 39. Persijap Jepara 5 0 1 4 6-12 110. Persik Kediri 4 0 1 3 2-11 111. Barito Putera 2 0 0 2 1-4 0

KLASEMEN SEMENTARA GRUP TIMUR1. Mitra Kukar 4 2 1 1 4-2 72. Persebaya Surabaya 4 2 1 1 4-5 73. Persipura 4 1 3 0 7-4 64. Putra Samarinda 4 1 2 1 8-4 55. Persiram 3 1 2 0 2-1 56. Persela Lamongan 3 1 1 1 3-3 47. Persepam MU 3 1 1 1 4-6 48. Perseru Serui 4 1 1 2 4-7 49. Persiba Balikpapan 2 0 2 0 1-1 210. Persiba Bantul 2 0 1 1 1-2 111. PSM Makassar 3 0 1 2 1-4 1

Top Skor1. Cristian Gonzales (Arema Indonesia) (5 gol)2. Spasojevic Ilija (Putra Samarinda) (5 gol)3. Reza Mustofa Ardiansyah (Gresik United) (3 gol)4. Alberto Goncalves (Arema Indonesia) (3 gol)5. Bijahil Chalwa (Persela Lamongan) (3 gol)

SHAKASHAKASHAKASHAKASHAKA Bangura (kuning) saat menjalani laga perdana ISL melawan Persija Jakarta, awal Februari lalu.BPOST GROUP/APUNK

“Shaka kami ikutkandalam tur ini, ya pasti-nya kami berharap dia

bisa kembali men-yumbangkan gol”

PEMAIN YPEMAIN YPEMAIN YPEMAIN YPEMAIN YANGANGANGANGANGIKUT KE JAIKUT KE JAIKUT KE JAIKUT KE JAIKUT KE JATIMTIMTIMTIMTIM

Aditya Harlan, Joko Ribowo, AgusCima, Abanda Herman, Guntur

Ariyadi, Fathul Rahman, Syahroni,Amirul Mukminin, Dedy Hartono,

Risky Rizaldi Pora, Shaka Bangura,James Koko Lomell, Riski

Mirzamah, Tonnie Cusell, YongkyAribowo, Ana Supriatna, SyaifullahNazar, Yosua Pahabol atau Ruben

Wuarbanaran.

untuk kembali ‘panas’ dan mengulangkesuksesannya dalam memberikankontribusi bagi tim saat melakoni lagaberikutnya nanti.

Striker yang berasal dari SierraLeone itu pun dimasukkan dalamdaftar 18 pemain yang akan dibo-yong ke Malang, yang dijadwalkanberangkat hari ini Rabu (19/2) pagi.

“Shaka kami ikutkan dalam turini, ya pastinya kami berharap diabisa kembali menyumbangkan gol,seperti saat tim berlaga melawanArema dalam Turnamen IIC 2014tadi,” ujar pelatih kepala Barito Pu-tera, Salahudin.

Terlepas dari harapan terhadapbomber anyarnya ini untuk kembalimengulang kesuksesannya bagi tim,Salahudin berharap agar Shaka bisamenunjukkan ketajamannya.Takheran karenanya, Salahudin punkembali menaruh harapan kepadaShaka agar dalam laga berikutnyaini bisa memberikan pembuktian-nya.

“Shaka belum menyumbangkangol bagi tim dalam kompetisi kali ini,ya kami pun berharap pada laga ketigananti dia bisa menunjukkan keta-jamannya. Tapi yang paling utamabagi kami dalam laga nanti adalahmendapatkan poin pertama bagi tim,karena kami masih belum menda-patkan poin,” pungkasnya.(ran)

SALAHUDINPelatih Barito Putera

Kans Pembuktian Rubenbawa untuk tur kali ini. Tapikita masih belum pastikan,karena kita ingin melihatperkembangan terakhir,”ujar Salahudin yang dijumpaiMetro, kemarin siang.

Apabila Ruben jadidibawa, ada kemungkinantim pelatih harusmengorbankan satu pemainyang rencananya akandiboyong menjadi bataldiberangkatkan. Dan pemainyang akan dikorbankantersebut bisa saja SyaifullahNazar ataupun YosuaPahabol, karena pemain dibarisan depan tim masih adaYongki, Shaka, James KokoLomell dan bisa memanfaat-kan Tonnie Cusell.

Salahudin menambahkan,kemungkinan besar pemainyang akan diboyongnyapada hari ini, tidak jauhberbeda denganrencana semula. Pertimbangannya,kondisi pemain yangcedera, yakniSupriadi, LuckyWahyu danDaewon Ha masihbelum pu-lih.“Paling hanyaberubah satuseperti Rubenini saja,”jelasn-ya.(ran)

Ruben WuarbanaranRuben WuarbanaranRuben WuarbanaranRuben WuarbanaranRuben Wuarbanaran

BPOST GROUP/APUNK

1902/M4

Page 5: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

Adu Fasilitas dan Resolusi

RABU 19 FEBRUARI 2014 5Metro BanjarPro Consumers

FOTOyangdicetak di ataskertas bakal

menghilang daripandangan sejak

munculnya frame(bingkai) fotodigital. Tinggal

memotret obyekdengan kamera,

kartu micro SD yangdibenamkan tinggal

menyimpan hasil fotodalam format JPEGdan kemudian

dipajang.

Bagiorang

awammung-kinberta-nya-ta-nya

apa sebenarnya sebuahbingkai foto digital. Ini adalahcara terbaru untuk berbagidan menampilkan gambardigital Anda. Ini terlihatseperti bingkai foto biasatetapi sebenarnya merupakanpanel layar, seperti layarHDTV yang dapat dikelilingioleh bingkai dekoratif.

Jadi, bukannya cetak fotodigital, Anda dapat menyim-pan gambar ke kartu memoriatau ke perangkat USB danfoto-foto ini akan ditampilkanpada panel. Anda dapatmenampilkan beberapagambar, waktunya samaseperti presentasi slidemenggunakan built-in timer.Sebuah bingkai foto digitaljuga memiliki beberapa efektransisi untuk membuattampilan memutar menarik.

Dengan beragam pilihanmerek dan jenis, tentu Andamemiliki banyak pilihanbingkai foto digital. Apa sajayang bisa menjadi patokansebelum membeli produk ini?

Pilih bingkai foto digital

dengan resolusi gambar yangbaik. Hal ini diukur dalampixel. Anda harus mendapat-kan satu dengan setidaknya640 x 480 piksel dapatmenampilkan 4-inch x 6-incigambar digital dalam jelas.

Kemudian cari bingkaifoto digital yang memilikikontras tinggi. Ini adalahfakta yang diketahui bahwasebuah layar LCD hanyadapat dilihat dengan benarpada sudut tertentu.Biasanya aspek ini tidakdiiklankan dan sehinggaAnda disarankan untukmemeriksa ini denganpegawai toko untukmemastikan. Test satu demodi sudut yang berbeda danpengaturan cahaya yangberbeda di dalam toko. Andajuga harus melihat ulasankonsumen dan penggunasecara online.

Pastikan bahwa resolusibingkai foto digital sesuaidengan ukuran frame untukmemastikan bahwa Andamendapatkan kualitas

tertinggi dalam tampilan foto.Frame digital datang dalamberbagai ukuran dengansekitar dua puluh inci sebagaiyang terbesar, yang jugapaling mahal. Ukuran yangpaling populer adalah orang-orang dalam kisaran tujuhhingga delapan inci. Resolusikerangka delapan inci digitalharus sekitar 800 x 480 piksel,sementara satu sepuluh inciharus memiliki sekitar 1.024 x768 piksel, sama sepertiresolusi monitor komputerAnda. Pastikan juga bahwapengukuran bingkai digitalhanya mencakup ukuranpanel layar dan tidaktermasuk perbatasan.

Pilih bingkai foto digitalyang mendukung berbagaibentuk perangkatpenyimpanan. Sebagian besarframe digital di pasar datangdengan sebuah slot SD.Lainnya memiliki port USBuntuk flash drive. Jika Andatidak ingin meng-upload fotoAnda ke komputer Andaakan ditransfer kemudianuntuk flash drive, pilih salah

satu yangakanmengambilkartu memoriyang samasebagai kameradigital Anda.

Ada jugaversi terbarudari bingkaifoto digitalyang memilikikoneksi untukmentransferfoto langsungdari komputerAnda. Ada jugabeberapa yangmenggunakankoneksi nirkabeluntuk dapatmen-downloadfoto dari gambar-berbagi situs webmenggunakanInternet. Periksaapakah pemasokbingkai foto akanmemungut biayabulanan untukmemanfaatkanlayanan ini. (pengo-lahinfo)

SIMPAN KENANGAN INDAHSECARA DIGITAL

BINGKAI foto digital yang dioperasikandaya baterai atau listrik. Pilih salah satu yangakan sesuai dengan tempat di mana Andaakan menampilkan foto digital Anda. JikaAnda akan membeli satu yang dioperasikandengan baterai memilih bingkai foto digitaldengan baterai isi ulang.

Jika Anda ingin menggunakan salah satuyang dapat dicolokkan ke outlet listrikmempertimbangkan di mana bingkai fotodigital akan ditempatkan. Jika akan ditam-pilkan pada mantel atau dipasang didinding, pastikan bahwa kabel listrik dapatdisembunyikan agar tidak mengalihkanperhatian dari total look.

Carilah pilihan penghematan dayaseperti switch, fitur auto-off atau sensorgerak yang akan mengaktifkan bingkai fotodigital hanya ketika seseorang di sana untukmelihatnya. Ini akan menghemat baterai

serta konsumsi listrik. Beberapa bingkai fotodigital dilengkapi dengan remote control untukdengan mudah mengaktifkan layar ataumematikan.

Sebagai fitur tambahan untuk membuatbingkai foto digital Anda tampilan lebihmenarik, mencari satu yang akan memungkin-kan Anda untuk meng-upload musik. Hal iniakan menambah kenikmatan Anda ketikamelihat koleksi foto Anda.

Sebuah bingkai foto digital dapat menjadimainan elektronik favorit Anda jika Andamemiliki gambar yang indah beberapa yangAnda ingin melihat beberapa kali sehari. Halini juga membuat hadiah indah untuk kakek-nenek yang lama untuk melihat cucu-cucumereka. Untuk menyimpan kenangan saat-saat dalam gambar dan menikmatinya atauberbagi, bingkai foto digital adalah investasiyang baik. (pengolahinfo)

Bisa Tambah Alunan Musik

SELEMBAR fotoprewedding bisa mem-bicarakan banyak hal, dandapat memberikan sebuahcerita kepada siapapunbahwa anda mengalamipernikahan yang indah.Kenangan dari acara inipantas untuk dikenang danharus di jaga. Bagaimanakahcara menjaga semua kena-ngan ini, biasanya kita akanmenaruhnya dalam albumfoto, tapi terkadang kitamenemukan foto yang kitasimpan dalam album fotomenjadi rusak.

Bagaimanakah jika kitamenyimpan foto kenangankita pada sebuah pigura(frame), tapi kita pasti akanbingung untuk memilih fotoyang akan kita taruh dalampigura, karena tempat untukmeletakan frame jugaterbatas. Lantas bagaimanasolusi agar semua fotokenangan kita dapat ditam-pilkan?

Pada serial film HarryPotter, digambarkan bahwagambar dalam bingkai, koran,danposter serasa hidup untukmenceritakan kisah-kisahtentang saat gambar itudiambil. Emosi dan nostalgiabergejolak ketika kita melihatgambar itu hidup dan

bergerak, namun kita hanyabisa menikmatinya hanya didunia sihir dan dongeng.

Siapa pun tentu inginkenangan indahnya dapattetap terjaga. Oleh karena itu,berbagai macam cara dilaku-kan untuk menjaga agarkenangan tersebut tidakhanya tersimpan dalam hatidan pikiran akan tetapi jugadapat dibagi kepada kerabatmaupun rekan dekat.

Kalau sebelumnya, foto-foto itu hanya bisa dilihat kinitelah tersedia LG LED DigitalPhoto Frame, yang praktis,gaya dan mampu menyimpandan membagi kenangan fotopada keluarga dan teman.

Sebagai pemimpin pasardi flat panel display, LGElectronics Indonesiamemperkenalkan DigitalPhoto Frame bagi konsumen,alat ini akan menampilkanalbum foto baik di rumahmaupun kantor dengan carayang praktis, dapat ditampil-kan setara monitor mini yangmenarik sehingga tidak kalahgaya dengan model LG LCDMonitor.

LG LED Digital PhotoFrame adalah sebuah cara

baru untuk menampilkan fotokeluarga melalui desainramping, bingkai glossy danlayar beresolusi tinggi.Perangkat ini patut dipertim-bangkan oleh mereka-merekayang tidak hanya inginmengenang memorinya tapijuga ”membingkai” denganpenuh gaya, dengan resolusi800x600, membuat foto yangditampilkan menjadi lebihtajam dan indah, sertabrightness 300 cd/m menja-dikan momen indah bersamaorang-orang terdekat tidakdapat terlupakan.

Tak mau kalah, Sonymeluncurkan S-Frame DPF-C700 berukuran diagonaltujuh inchi beresolusi 800x480piksel ini bakal sesuaidipajang di mana saja didalam rumah. Layar WVGALCD Clear Photo denganlampu LED sebagai backlight.

Mainkan momen penuhkenangan Anda bersamateman atau keluarga denganpilihan mode slideshowsebanyak empat variasi.Aspek rasionya 16:10, bingkaifoto digital ini mumpuniuntuk foto berformat JPEG,TIFF, dan BMP. (sry/lg)

Hadirkan Bentuk UnikHadirkan Bentuk UnikHadirkan Bentuk UnikHadirkan Bentuk UnikHadirkan Bentuk UnikKINI sudah gak zaman pasang foto di bingkai. Di zaman

yang serba digital, frame foto digital hadir dengan berbagai bentuk.Tak melulu kotak, atau persegi, bentuk bulat, segitiga, bahkanmini pun ada.

Bentuk gantungan kunci salah satunya. Bentuk ini dapatmenampilkan ratusan foto kesayangan

anda secara slideshow otomatis. Tentuunik, bila foto di gantungan kunci

selalu berganti-ganti.Saat dibawa ke tempat

umum, tentu gantungan inimenjadi perhatian. Apa-lagi resolusi warnanyatidak kalah, dan kapasi-

tas foto juga cukupbanyak. Sebagai-mana wallpaperponsel Anda,foto-foto di ba-

rang pribadi ju-ga bisa menjadi bagian identitas diri. Jadi, silakan pilih bingkaifoto digital Anda. (sry/htw)

NET

NET

NET

NET

1902/M5

Page 6: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

HALO BANJAR

RABU6Public Services

Metro Banjar 19 FEBRUARI 2014

Pemimpin Redaksi: Yusran Pare

Wakil: Harry Prihanto

Redaktur Pelaksana: Dwie Sudarlan

Manajer Peliputan: Elpianur Achmad

Asisten Manajer Peliputan: R Hari Tri Widodo

Manajer Produksi: M Taufik

Redaktur Eksekutif : Muhammad Yamani (Banjarmasin Post/Online), Mulyadi Danu Saputra (Metro Banjar), Irhamsyah Safari(Serambi Ummah)

Manajer Redaksi: Irhamsyah Safari

Wakil: Agus Rumpoko

Redaktur: M Royan Naimi, Sigit Rahmawan A, Syamsuddin, AlpriWidianjono, Kamardi, Mahmud M Siregar, Aya Sugianto, SofyarRedhani, Siti Hamsiah

Asisten: Sudarti, Halmien Thaha, Murhan, Anjar Wulandari,Ernawati, Idda Royani, Mohammad Choiruman, Budi Arif RH.

Staf Redaksi: Umi Sriwahyuni, Eka Dinayanti, Hanani, BurhaniYunus, AM Ramadhani, Syaiful Anwar, Syaiful Akhyar, Khairil Rahim,Ibrahim Ashabirin, Sutransyah, Faturahman, Irfani Rahman,Jumadi, Edi Nugroho, Doni Usman, Mustain Khaitami (Kabiro),Hari Widodo, Ratino Taufik, M Risman Noor, Salmah, Rahmawandi,M Hasby Suhaily, Helriansyah, Didik Triomarsidi (Kabiro), NiaKurniawan, Mukhtar Wahid, Rendy Nicko Ramandha, Restudia, YayuFathilal, Frans, Nurholis Huda, Aprianto.Fotografer: Kaspul Anwar, Donny Sophandi

Tim Pracetak: Syuhada Rakhmani (Kepala), M Syahyuni,Aminuddin Yunus, Syaiful Bahri, Edi Susanto, Sri Martini, KikiAmelia, Rahmadi, Ibnu Zulkarnain, Achmad Sabirin, Rahmadhani,Ahmad Radian, M Trino Rizkiannoor, M Denny Irwan Saputra,Samsudi.

Biro Jakarta: Febby Mahendra Putra (Kepala), Domuara Ambarita,Murdjani, Antonius Bramantoro, Budi Prasetyo, Fikar W Eda, FXIsmanto, Johnson Simandjuntak, Rahmat Hidayat, Yul isSulistyawan, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Sugiyarto

Penasihat Hukum: DR Masdari Tasmin SH MH

Pemimpin Perusahaan: A Wahyu Indriyanta

General Manager Percetakan: A Wahyu Indriyanta

Asisten General Manajer Percetakan : Suharyanto

Wakil PP (Bidang Humas-Promosi): M Fachmy Noor

Manajer Iklan: Helda Annatasia (08115803012)

Alamat: Gedung HJ Djok Mentaya Jl AS Musyaffa No 16Banjarmasin 70111, Telp (0511) 3354370, Fax (0511) 4366123,3353266, 3366303

Bagian Redaksi: Ext. 402, 405

Bagian Iklan: Ext. 113, 114

Bagian Sirkulasi: Ext. 116, 117

Pengaduan Langganan: 08115000117, (0511) 3352050

Biro Jakarta-Persda: Redaksi, Jl Pal Merah Selatan No 12Lantai II Jakarta 10270, Telp (021) 5483008, 5480888 dan5490666 Fax (021) 5495358

Perwakilan Surabaya: Jl Raya Jemursari 64 Surabaya,Telp (031) 8471096, 8483428, Fax (031) 8471163

Biro Banjarbaru: Jl Mister Cokrokusumo Kav 15-17 Widya ChandraUtama, Cempaka, Kota Banjarbaru Telp (0511) 4780355 Fax (0511)4780356

Biro Palangka Raya: Jl RTA Milono Km 1,5 PalangkarayaTelp (0536) 3242922

TARIF IKLAN:

Display/Advertorial Hal 1: Hitam Putih (BW): Rp 22.500/mmk

Berwarna (FC): Rp 45.000/mmk

Iklan Kuping: Berwarna (FC): Rp 50.000/mmk

Display/Advertorial Hal Dalam: Hitam Putih (BW): Rp 11.250/mmk

Berwarna (FC): Rp 22.500/mmk

Iklan Sosial/keluarga: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/mmk

Berwarna (FC): Rp 15.000/mmk

Iklan Baris: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/baris

Berwarna (FC): Rp 10.000/baris

Iklan Satu Kolom: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/mmk

Berwarna (FC): Rp 15.000/mmk

Catatan: Harga belum termasuk PPN 10%

Harga Langganan: Rp 55.000/bulan

Percetakan: PT Grafika Wangi Kalimantan

Alamat: Lianganggang Km 21 Landasan Ulin Selatan BanjarbaruTelp (0511) 4705900-01. Isi di luar tanggungjawab percetakan

Penerbit : PT Cahaya Media Aditama

SIUPP : No.1646/SK/Menpen/SIUPP/1999

Tanggal 10 September 1999

Direktur Utama : Herman Darmo

Pemimpin Umum : HG (P) Rusdi Effendi AR

WARTAWAN ”BANJARMASIN POST GROUP” SELALU DIBEKALI

TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/

MEMINTA APA PUN DARI NARASUMBER

Banjarmasin Post Group

TELEPON PENTING

Banjarmasin

Banjar

Banjarbaru

PLN Kalselteng 4772520

4772633

4772261

4772564

PLN Cabang Banjarmasin 3359050

PDAM Bandarmasih Banjarmasin

3253617

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kota Banjarmasin 4367171

3360010

Dinas Kesehatan Kalsel 3355661

4364646

Dinas Kesehatan Banjarmasin 304863

365177

304803

Dinas Pendidikan Kalsel

363885

363885

53913

Posko BPBD 4721113

BPK Buser Induk 7714690

BPK Kompas 6216684

Pemkab Banjar 6292009

Dinas Kesehatan Banjar 721203

722387

BPK Melati (Martapura) 087815950460

6109070

PDAM Intan Banjar 4772061

4782004

Dinas Kesehatan Banjarbaru 781588

781588

Polres Banjarbaru 2772266

RSUD Banjarbaru 4772380

Polsek Banjarbaru Kota 4772533

Polsek Banjarbaru Timur 7571543

Polsek Banjarbaru Barat 4705210

Koramil Banjarbaru 4772437

RS Syamsudin Noor 4705118

PDAM Barito Kuala 4799013

Barito Kuala

JANGAN SEPERTI KOLAM❐ Distako Imbau Hati-hati Beli Perumahan

BAGI warga yang beli rumahdiharapkan berhati-hati. Tak semuapengembang perumahan menepatijanji untuk menyediakan fasilitasumum (fasum) seperti jalan yang baik,tempat ibadah, lapangan olahraga,dan taman bermain.

“Menyediakan fasum itu kewajibanpengembang perumahan dan diikatdalam peraturan daerah (Perda),” tegasA Fanani Saifuddin, Kepala Dinas TataKota Banjarmasin, Selasa (18/2).

Fanani merasa prihatin sebagianwarga saat membeli rumah kurangteliti. Pelajari dengan baik klausul-klausul sebelum tanda tangan akadkredit rumah di bank. Apa sajakewajiban dan pelayanan pengem-bang perumahan terhadap warga.“Jangan asal tanda tangan saat akadkredit. Nanti menyesal,” kata diamengingatkan.

Beberapa kasus sering terjadi, dimana pengembang ‘cuci tangan’ ketikawarga menagih perbaikan jalan diperumahan. Sebelum proyek peruma-han selesai, pengembang perumahanberkewajiban menyediakan jalan yangbaik.

“Itu bagian dari pelayanan pe-ngembang perumahan,” ucap Fanani.

Pemerintah kota, tak akan mengas-palkan jalan di perumahan jika proyekperumahan masih berlangsung. Jikaproyek perumahan sudah selesai dansesuai site plan, maka sertifikat fasum,termasuk jalan diserahkan ke dinastata kota.

“Sertifikat itu akan dimasukkan kebagian aset Keuangan Pemko Banjar-masin. Nah, setelah itu pemeliharaanjalan menjadi tanggung jawab peme-rintah,” ujarnya.

Fanani mengimbau kepada parapengembang perumahan untuk me-laksanakan kewajiban menyediakanfasum sebanyak 30 persen dari luaskawasan perumahan, yakni berupa

jalan yang layak. Jangan sampai jalanmenuju perumahan itu seperti danauatau kolam. Kasihan para pembeliperumahan. “Padahal itu kewajibanpengembang perumahan memper-baiki,” ujarnya.

Dijelaskan Fanani, ada beberapajenis perumahan di Kota Banjarmasin.Pertama perumahan ditujukan untukmasyarakat berpenghasilan rendah(MBR). Nilai rumah maksimal ditahanRp 95 juta. Untuk jalan, akan dibantukementerian perumahan.

“Bagi masyarakat yang tergolongekonomi lemah bisa membeli rumahtipe rumah sangat sederhana (RSS).Daripada menyewa rumah, lebih baikwarga membeli rumah,” kata dia.

Jenis kedua, lanjut Fanani, peru-mahan non-MBR. Nah, pada jenis pe-rumahan ini, pengembang wajibmengajukan site plan ke dinas tata kota.Dalam site plan itu, dari semua luasanareal perumahan, sebanyak 30 persenwajib untuk fasum, yakni jalan,lapangan olahraga, tempat ibadahdan taman bermain.

“Jika proyek rumah selesai, asetjalan diserahkan ke kita. PemkoBanjarmasin yang merawat jalantersebut,” jelas Fanani. (ogi)

PERUMAHAN menengah ke bawah terus dikembangkandi Kota Banjarmasin. Ini salah satu strategi menata kawasanperumahan kumuh. Diharapkan, warga yang tinggal diperumahan kumuh tersebut bisa membeli rumah murah.

“Kalau perumahan menengah ke atas, lokasinya ke luarkota. Di Banjarmasin sendiri ada sekitar 40 pengembangperumahan,” jelas Fanani.

Untuk perumahan kelas atas, beda lagi. Semua fasumditanggung oleh pengembang perumahan. Jadi wargaperumahan tinggal masuk saja, fasilitas umum sudah sangatbaik dan lengkap.

“Pemerintah tak campur tangan soal perbaikan fasumuntuk perumahan menengah ke atas. Ya... sesuai hargarumahnya yang tinggi,” jelas Fanani.

Kepala Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin, Ir Gusti RiduanSofiani, menyatakan, pihaknya me-

nerima daftar aset jalan perumahanyang sudah diserahkan ke Pemko

Banjarmasin. Tentu, secara berta-hap jalan perumahan yang

menjadi aset Pemko Banjar-masin akan diprogramkan

untuk perawatan jalan. “Kita nanti yang

merawat jalan pe-rumahan tersebut.

Dengan catatan,semua rumah su-

dah selesai di-b a n g u n , ”

ucap Ridu-an. (ogi)

Disesuaikan Harga

Perumahan MasyarakatBerpenghasilan Rendah (MGR):

Alur Perbaikan Jalan Perumahan Non-MGR:

❍ Harga maksimal Rp 95 juta❍ Diperuntukkan masyarakat miskin membeli rumah

rumah sangat sederhana (RSS) tersebut.❍ Perbaikan jalan akan dibantu oleh kementerian

perumahan

❍ Pengembang wajib mengajukan sitep lan perumahanke dinas tata kota

❍ Dalam site plan, 30 persen areal perumahan wajib untukfasilitas umum seperti taman bermain, jalan, lapanganolahraga dan tempat ibadah.

❍ Selama masih membangun, perbaikan jalan menjaditanggung jawab pengembang perumahan.

❍ Jika sudah selesai membangun, sertifikat jalan diserahkanke dinas tata kota.

❍ Dari dinas tata kota, akan menyerahkan sertifikat tanahperumahan ke bagian aset keuangan Pemko Banjarmasin.

❍ Dinas bina marga akan mempogramkan perawatan jalanperumahan yang telah diserahkan ke Pemko Banjarmasin.

Sumber:Sumber:Sumber:Sumber:Sumber: Dinas Tata Kota Banjarmasin

Nomor pengirim sms dicantumkan secara utuh demi akuntabilitas dan transparansi.

BANJARMASINPOSGROUP/EDI NUGROHO

FANANI SAIFUDDINFANANI SAIFUDDINFANANI SAIFUDDINFANANI SAIFUDDINFANANI SAIFUDDIN

BANJARMASINPOSTGROUP/EDI NUGRO

BEBERAPABEBERAPABEBERAPABEBERAPABEBERAPA pekerja melakukan perbaikan di jalan perumahan dengan dengan cara pengecoran semen.

“Jalan menujuperumahan yang

rusak seperti danau,merupakan kewajibanpengembang untuk

memperbaiki”

FFFFFANANI SAIFUDDINANANI SAIFUDDINANANI SAIFUDDINANANI SAIFUDDINANANI SAIFUDDINKepala Dinas Tata Kota Banjarmasin

HALO BANJARBARU

YTH direktur PDAM Intan Banjar Banjarbaru. Kami sebagaipelanggan di Kompleks MTSN Gambut mohon agar kebocoran pipaPDAM di dekat kami segera diperbaiki, karena sampai Senin 17Februari 2014 genangan air sangat mengganggu dan merusak jalan.

085387860348085387860348085387860348085387860348085387860348

TANGGAPAN:PELANGGAN yang terhormat. Manajemen PDAM Intan Banjar mohon

maaf dan terima kasih atas informasinya. Laporan sudah kami terima dan kepalaseksi langsung menurunkan petugas ke lapangan untuk melakukan pengecekan,sekaligus melakukan pengerjaan perbaikannya.

Kami mohon maaf kalau selama kebocoran ini menimbulkan kesulitan bagi warga sekitar.

Humas PDAM Intan

YTH kepala Dinas Pendidikan Banjarbaru. Kami walimurid SDN Dahlia Utara tidak berkenan bila anak yangjajan di luar sekolah dapat ganjaran seenaknya darisekolah, dengan menyuruh mengerjakan pembersihan WC.Anak-anak sekolah untuk belajar tidak untuk member-sihkan WC.

080808080878787878781111167676767676046046046046044848484848

TANGGAPAN:DALAM dunia pendidikan, hukuman dan penghargaan adalah hal

yang biasa dilakukan dalam sebuah proses pendidikan. Hukuman yang telahdisepakati oleh sekolah dan siswa, tentu harus dilaksanakan sepanjang

hukuman tersebut bersifat positif.

DIGANJAR BERSIHKANWC SEKOLAH

Hukuman kepada siswa bisa dikatakan negatif jika mengarah kepadahukuman fisik, seperti memukul, menendang, menampar dan menyuruhsiswa berlari. Hukuman tersebut jelas tidak diperbolehkan. Kalau WC kotor,harus bersih jelas saya setuju.

Tugas utama membersihkan WC sekolah sendiri adalah pesuruh sekolah.Namun, jika kemudian siswa dihukum membersihkan WC sekolah karenajajan di sekolah, tentu akan kita lihat aturannya.

Setahu saya, SDN Dahlia Utara atau SDN Banjarbaru Utara 4, adalahsekolah yang mempunyai tingkat kebersihan cukup tinggi, termasuk WCsekolahnya. SDN Dahlia Utara juga termasuk unsur Adipura Banjarbaru.

Kita akan koordinasikan dengan dinas pendidikan soal keluhan orangtuamurid tentang hukuman membersihkan WC ini. Kalau memang berlebihantentu akan kita tegur melalui mekanisme di dinas pendidikan.

Drs Ogi Fajar Nuzuli MPdWakil Walikota Banjarbaru

KEPADA Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin. Mohonperbaikan atau pengaspalan jalan di Jalan Purna Sakti,Kompleks Permata Surya, Blok B, dekat SMPN 33. Jalantersebut sangat vital, karena setiap hari dilalui anak-anakSMP. Terima kasih.

05050505051111111111777774928849288492884928849288

TANGGAPAN:TERIMA kasih atas informasi yang disampaikan. Kita terlebih

dahulu akan mengecek, apakah jalan di Jalan Purna Sakti, KompleksPermata Surya, Blok B, dekat SMPN 33 itu sudah masuk programperbaikan jalan pada 2014 atau belum. Jika belum masuk programperbaikan jalan pada 2014, kita kita lihat dulu kondisi jalannya dandimasukkan pada anggaran yang mana. Kita mohon kesabaran dari wargayang mengajukan perbaikan karena anggaran Pemko Banjarmasinterbatas.

RustamKabid Jalan Dinas Bina Marga

Kota Banjarmasin

Pelajar Sulit Melintas

HALO BANJARMASIN

Pipa BocorJalan Tergenang

SETIAP sore terutama Minggu sore atau hari libur,Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura ramaidikunjungi orangtua yang membawa anak-anaknya untukjalan-jalan dan bermain di sana.

Sebaiknya pengelola taman CBS bisa memperbaiki danmenambah wahana bermain di sana agar lebih bervariatif.Karena, taman kota merupakan obyek rekreasi andalanwarga yang murah meriah.

085250852508525085250852512801280128012801280777777777777777

WahanaTambahan

di Taman CBS

GRAFIS:DENY

Page 7: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

Metro TrendRABU 19 FEBRUARI 2014 7Metro Banjar

VALENTINE sudahberlalu. Llau,

apakah Andaterlambatmembeli kadountuk valen-tine?

Jangankhawatir, tentu

tak masalah.Sebab, Anda bisa

kokmem-berikado

Pengaruh Kerah BajuMODELMODELMODELMODELMODEL kerah pada busana Anda dapat berperan dalam

menentukan kalung apa yang sebaiknya Anda gunakan.Simak contekannya berikut ini.

Kerah model tubeKerah model tubeKerah model tubeKerah model tubeKerah model tube adalah teman baik bagi kalungchunky atau kalung berukuran besar. Kerah ini seakanmenjadi kanvas putih yang siap diwarnai oleh si kalung. Topatau dress Anda dapat tampil sangat beragam dengan kalungchunky yang berbeda-beda.

Kerah model VKerah model VKerah model VKerah model VKerah model V bisa berteman baik dengan kalungdengan liontin, asalkan si kalung berhenti tepat sebelumkerah. Jangan sampai liontin kalung “tenggelam” kebawah kerah sehingga pesonanya tidak akan terlihat.

Kerah model bulatKerah model bulatKerah model bulatKerah model bulatKerah model bulat sangat cocok untuk gayalayering. Ambil kalung panjang dan lingkarkan duakali; bagian atas pendek dan bagian bawahpanjang.

Kerah sabrinaKerah sabrinaKerah sabrinaKerah sabrinaKerah sabrina yang identik dengankesan feminin klasik, pas dengan kalungmodel bulat pendek. Kalung ini tidakakan membuat perhatian orangteralihkan dari bahu cantik yangmengintip.

TTTTTurururururtlenecktlenecktlenecktlenecktleneck cocok sekali dengankalung panjang model tumpuk;apakah yang terbuat dari mutiaramaupun metal. Untuk tampilanklasik, Anda juga bisa menghiasikerah ini dengan kalung choker yangbertumpuk. Namun untuk gaya ini,pastikan bahan atasan Anda tidakterlalu berat sehingga tidak terlihatsesak.

Kerah scoopKerah scoopKerah scoopKerah scoopKerah scoop yang menjorokmembulat ke dalam cocok dengankalung berliontin cantik. Anda juga bisamengenakan kalung panjang yang jatuhseirama dengan atasan. Seolah-olah kalungdijahit persis di atas kerah Anda. Pilihan lainadalah mengenakan kalung panjang denganbandul single.

Tapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalammengenakan kalung di antaranya pastikan warnakalung seirama dengan ornamen yang ada dibusana Anda. Apabila busana Anda memilikiaksen silver, pilih kalung dengan warna yangsama.

Kemudian, jangan menambahkan kalung padabusana yang berdetail ramai di bagian dadakarena akan membuat tampilan Anda terlalucrowded. (ggl/dtc)(ggl/dtc)(ggl/dtc)(ggl/dtc)(ggl/dtc)

LIONTIN BERKARAKTER BINATANGLAMBANGKAN KEPRIBADIAN

kapan saja tanpa harus adamomen istimewa sepertivalentine ini.

Sekarang pun bisadikasihkan, asalkan Ikhlas.Salah satu kado istimewayang bisa diberikan padapasangan adalah perhiasanseperti kalung dan liontin.

Sebuah liontin hati cantikdan unik yang akan me-lingkar cantik di leher pastibisa membuat wanita tampillebih memukau.

Dalam koleksi terbarunya,Frank & Co mengeluarkankoleksi yang tak tak hanyacantik tapi juga penuhkeceriaan. Ini digambarkandalam liontin berkarakterbinatang dengan ekspresiriang dan lincah dalamMoiselle Collection.

Ada 12 karakter binatangyang lucu dan menggemas-kan yang bisa dipilih. Dansetiap karakternya me-nggambarkan kepribadian sipemakainya.

Misalnya,Stally the horseyang menggambarkan

sosok yang suka bekerjakeras, pandai dan

ramah.LaluMilo

the rat yangmerupakan sosok

imajinatif, kritis, dan murahhati.Moo the cow yang berjiwapemimpin,Tig the tiger yangsensitif, emosional danpemberani.

Ada juga karakter Bunnythe rabbit, Fire the dragon, Lizzy thesnake, Dora the sheep, Champ themonkey, Roosty the chicken, Wuffy the

dog, serta Babe the pig.Semua koleksi liontin ini

terbuat dari emas putih 18karat. Untuk memper-cantiknya sebuah berlianputih pun disematkan didalamnya. Karena bentuknyayang lucu, liontin seharga Rp2.999.000 ini bisa digunakansebagai kado untuk orangdewasa dan juga anak-anak.

Selain koleksi liontinbinatang, bagi Anda penyukadesain hati klasik, pe-rusahaan perhiasan inimeluncurkan tiga seri liontinHeart Collection, yaitu TheFlicker, Motherly Love danCheery Love.

Cheery Love merupakankoleksi liontin dengan bentukyang unik. Liontin yangterbuat dari emas 2,830gram.Liontin ini didesain denganbentuk hati dobel di manabagian hati dalamnya dihiasi61 butir berlian kecil 0,23karat.

Sedangkan Motherly love,merupakan liontin denganbentuk hati tiga dimensi yangterbuat dari emas 1,16 gram.Di bagian depannya diberidetail dua buah bungasederhana dan dihiasi dengandua butir berlian 0,02 karat.

Jika ingin menonjolkankilau berlian yang banyak danindah, mungkin The Flickeradalah pilihan tepat. Liontinhati ini dibuat dengan desainyang luwes dan terbilangsederhana. Namun, liontinemas 2,12 gram ini dilapisidengan 84 butir berlian 0,37karat. (fmc/kps) NET

NET

NET

liontin binatang

1902/M7

Civic Wonder 4 pintu ‘88 hijau Ac dinginaudio siap pk 081251030955/6378922Hrg Nego V.000-22/2

Mits Fuso Th01 bak panjang 8,5mHub 085249522370 / 085248836649Hrg 350jt Nego V.000-4/3

Djl Mobil Timor Tahun 1997Hub:081351345250/7719360Harga 38jt Nego V.7567-22/2

Promo Ecosport/Fiesta Dp25%diskon nego 05117561739Angs mulai 2jtan V.6862-8/3

Terios TX Th2012 Putih pajak 1thHub 082156397874Hrg 165jt Nego V.000-21/2

GranMax Pick Up DP10jtanangsuran 2jtanHarga Nego V.5357-14/3

Xenia baru DP 20jutaan angsuran3jtanHarga Nego V.5357-14/3

HUBUNGI : IYAN0821 5505 7055 / 0511 - 7094273

PICK UP DP 15jutaan, mobil siappakaiHarga Nego V.5381-19/3

DEDDY F : 0852 5003 1150SAID : 0812 5008 6979

ERTIGA discount 13juta, unitterbatasHarga Nego V.5381-19/3

BANJARBARU

CVR th 2003 Matic Coklat Hub08125107590Hrg 115jt Nego V.7419-24/2

All New Jazz 09 Matic Velg 17. lkpbs krdit/TT 7250009/08125180009Harga Nego V.7412-21/2

AINI : 0812 5080 0202

HARI : 0813 5189 5379 / 0511-746 7537

Swift. Bonus talang air dan kacafilmHarga Promo V.000-8/3

Karimun Wagon. DP 24jtan/angs1,9jtan, bns kc filmHarga Promo V.000-8/3

PU Mega Carry. Dp 21jt/angs2jtan bns kc film+talang air+audioHarga Promo V.000-8/3

Ertiga. DP 30jtan/angs 2jtan, bnskc film +talang air+audioHarga Promo V.000-8/3

Per Town House, Tegal Arum Landas-an Ulin Hub7401979/082148828305Hrg 500jt Nego V.5321-11/3(perdana)

Carry bonus variasi + cashbackbesar

V.000-10/3

Ertiga, Wagon R bonus variasi +cashback besar

V.000-10/3

HUBUNGI :0511 - 7594117 / 0821 4889 3058

Djl L300 Pick Up th 2000 SolarSiap Pakai Hub 085251992799Harga Nego V.6667-10/3

Chevrolet Aveo DP ringan disk& bonus menarik Ready stock

V.7280-5/3

Chevrolet Spin DP ringan 3ACdisk & bns menarik Ready stock

V.7280-5/3

FERRY MAULANA :0821 5132 2083 / 0878 1440 4703

All New Avanza ‘14 disk + bonusReady StockDP mulai 37jtan V.000-11/3

ROZY WIRA : 0823 5485 2000SUBAIL : 082167474477 / 05117755266

New Agya ‘14 angs 2,2jtan ACairbag audio MP3 PS PWDP mulai 30jtan V.000-11/3

BANJARMASIN

ELEKTRONIK

LAIN-LAIN

MZ ELEKTRONIK jual beli TV,DVD,

LCD,kulkas PS1-2,laptop dll.Km Siap

Dtg Krmh Anda Hub(6119023/08164

530912202000005274

JASA

BANGUNAN

Ahlinya Buat Bngunan DiJamin,Jasa/

Lsg Bhn Rmh,Ktr,Htl,Ruko.rehab

Pngecatan,Dll 7388947/082353333825202000005315

SERVICE

Service Panggil Tv. LCD,Kulkas,Msn

Cuci,Kerja Ditmpt Brgrnsi Hub:08235

1927623 Flexi 7530819202000005347

MOBIL DIJUAL

TOYOTA

Toyota Kijang Rover Th93,Pkain

Sndr,Msh Stndrt,Ac Dobel Harga 40

Jt Nego Hub:081348127787/6801

255202000005377

PROPERTI

TANAH DIJUAL

Djl Cpt Tanah DiKebun Sari Jl.Norman

Umar,AMT.Husus Bangun Ruko.Hrg

1m Rp.2jt.Hub:085248736167202000005313

BANJARBARU

JASA

BIRO JASA

Ahlinya buat bangunan: rmh,ktr,

ruko, rhb,pengecatan,dll. Arryatie

Karya 082254226464/085655998

881202000005378

KESHATAN/KECANTIKAN

PENGOBATAN

Dimaharkan Mustika Wasi Hirang Batu

Ajaib bs dites. Hub.Abah Abah Amin

082354633645202000005251

LOWONGAN KERJA

LAIN-LAIN

Bth Satpam utk wil.Bjb & Bjm. Hub.

PT.Garda Total Security. (0511) 7117

966/081325542950

202000005334

Brmnt Krj sbg Staff Airliness ikti Train-

ing singkt llsn SMA D3, S1 Usia 17-

27thn Brpnmpln mnrik lgsg dtg BW

Lmrn Ke Kntr Kita Jl. Kebun Karet

CP.082151721988, 087816365829,

05114784322200000087271

Dcri tukang las bujangan. Bawa

lamaran lgs ke CV. Sumatera Teknik Jl

Sukamara No 21 A Yani km 23200000087727

MOBIL DIJUAL

TOYOTA

Yaris E Th.2007 Akhr,biru. Fas.TV, Au-

dio, T ape,Pajak br,siap pakai nego.

081351132 126200000087678

KJG INNOVA G Th.2004 Kuning

Metalik Hub.081348484820 / 0813490

17259 Jl.Haruan No. 69 - BJB Hrg Nego200000087708

PROPERTI

RUMAH DIJUAL

Djl murah cash/krdt rmh pinggir jln

(strategis) dkt Q-Mall,LT/LB 234/100

m2, Jl.Batas Kota Kota Bjb hrg nego.

Hub.08 1347827827200000087274

Cash&Krd t T45 /160 ,60 /160 J l .

Gntng Manggis Sebelah GD Lampit

B.Baru Hub:0511-7433485/0816456

9217.200000087330

Ckp DP 15Jt Anda Sdh Bs Beli Rmh

Type 36,40,45 Atau 55 Dikomp.SMY

Guntung Manggis Bjb(Seb.Taman

Bekantan)& DPtkn Hadiah Langsung-

nya Hub:08780 9987779-081348585

758-085292771188-05117541158200000087400

TANAH DIJUAL

Jual cpt tnh kav.Dkt Trikora 10x13 &

11x 16,dkt ktr Gub 10x20 & 20x20,Dkt

Ratu Elok 15x22 (3Kav)Hubungi

0813503 21532200000086234

Djl Tanah Luas. 13.171 M. Lok.

Guntung Payung Jl.Bina Putera Bjb

(cck utk prmhn) 081349395030/ 0511-

4722776200000086669

Tanah ksng Lb.12 Pj 18 Jl.Buncit Indah

3 No.85 (dempet) dg Perum Jaka

Kencana. 7460088200000085666

Djl Tanah ± 700 m2 (SHM) & 7.750 m2

(SHM dlm proses di BPN) Lok.Loktabat

Selatan Harga Nego 085332506473

TP200000087187

Tanah Djl 5HA Di Jl.Aneka Tambang,

1Km Sbelum Kantor Gubernur BJB,

Bisa Dibeli Sebagian.Hub:0511 74334

85-08164569 217200000087639

PELUANG USAHA

LAIN-LAIN

Bila Anda Brpnglmn Bikin Roti & Donat

Kami Mngjk Anda Brgabung & Bgi Hsl

Per Mgg/Bln Hub O81255421100/0857

54333 174200000087502

RUANG USAHA

JUAL R.USAHA

Murah Ruko 2 Lantai uk.6x12m.lok.

simpang empat bjb, harga 650 juta

& pembayaran bs nego Hub : 0813

4972 1444200000086747

Outlander, Pajero, Truck PSCanter ready stockHarga Nego V.5259-27/2

AUTHORIZED DEALER, ROMAN : 0812 3014 4269 / 0511 -7388893/ BB 26322219/ ERWIN 0853 4830 5152

L300 DP 19jutan / bga 0% PUT120ss DP 11jutaan + kc film tapeHarga Nego V.5259-27/2

Gran Max PU ready DP mulai12jtn/angs 2jtan USB + bonusHarga Nego V.5278-5/3

Sirion ready DP 25jt / angs 2jtan,MP3 / USB, Bloth + bonusHarga Nego V.5278-5/3

DODDY ASTRA : 0812 5492 0202 / BB 330F5805ABDI ASTRA : 0823 5032 2009

Innova G Th2009 tangan pertamaHub 081348052124Harga Nego V.5322-18/2

HONDA

Honda Freed. Ready Stock,Harga Nego

V.000-12/3

Honda Mobilio. Indent 2 bulanGaransi uang kembali

V.000-12/3

HUBUNGI HONDA TRIO MOTOR BJB0813 4905 8969 / 0815 1556 7777

TOYOTA

Xenia D DP 20juta angsuran3,9jtanHarga Nego V.5355-14/3

Pick Up 1.3 DP 11,4juta angsuran2,7jtan dptkan hadiah lgsg TV/AdroidHarga Nego V.5355-14/3

HUBUNGI : NAZAR0852 5115 0231 / 0511 - 7840114

GranMax Pick Up DP mulai 12 jtan/ angs 2 jtanHarga Nego V.000-14/3

Xenia baru DP 20jutaan / angsuran2jtan bns kc film, srg jok, krpt dsrHarga Nego V.000-14/3

HUBUNGI : LIA0812 5007 9068

RUDY 0853 3251 3400 / 0511 - 7110 599IRAWAN 0821 5350 5866

TERIOS AB Dp mulai 30 jtan atauangs 3 jtan R stock P cepat.

V.000-21/2

AYLA DP mulai 21 jtan atau angs1,2 jtan R stock P cepat

V.000-21/2

XENIA AB DP mulai 20 jtan atauangs 2 jtan R Stock P cepat

V.000-21/2

GRANMAX PU DP mulai 10 jtanangs 2 jtan R stock P cepat

V.000-21/2

Soluna Th 2000 silver Km.100rb.Fas.ori kond.Ok. Hub08125125448Hrg 63,5jt Nego V.7408-21/2

C/Over Krdt Fiesta ‘11 Pth,ss Angsrn32X3,3jt 081351144123/081351094567Harga 70jt Nego V.7396-8/3

Fiesta 1,4 Trend Th2010 Manual,putih,Asli Bjm,Istmw 081251115202Harga Nego V.7415-19/2

Ford Fiesta 1.6 S Sporty Matic, Th12silver,Var,trwt mls. 081251220977Hrg 164jt Nego V.7429-26/2

Feroza Th95 merah klg,full Var,banbr msn krng. Hub081348658565 TPHarga 57jt Nego V.7368-20/2

Feroza Th1995 Akhir Biru Silvertrwt, Siap pakai Hub08164558117Harga 57jt Nego V.7187-18/2

Avanza G VVTi Th11,silver met.full var,CD,pribadi bkn bks Rentl. 082157721830Harga Nego V.7453-21/2

Honda PCX 2011 gold Hubungi081348504050Hrg 25jt Nego V.7504-22/2

MITSUBISHI

Dijual Mits Engkel Bak Kayu Th2002. Hub:085349888853Hrg 120jt Nego V.7264-22/2

KIA

Visto Zip Drive 02 htm body kalengcat orsnl simpanan 08971777171Hrg Nego V.000-7/3

Kia Rio ’11 Akhir silver orsnl cat TVasli Bjr Km rendh bs krdt. 08125003489Harga Nego V.7210-18/2

DAIHATSU

Dijl Ruko 2Lt Jl H Boejasin Pleihari dpstkota cck u/ush/ktr/invstsi 085249181111 NegoUk4,5mx22m V.6657-8/3 (Ktr)

Ruko 2 pnt (jd satu) sbrg Pertoko-an Kodim Mtp SHM. 085249768755Hrg 2,5M Nego V.7341-20/2(dyt)

Dijl cpt Rmh T78 Komp WirapratamaBanjarbaru Hub082250167006Hrg 145jt Nego V.7071-20/2(Ktr)

Rmh Jl.Sudirman Komp.Griya Rantau AsriNo.29 Rantau. 0811512405/08125008747Harga Nego V.6809-17/2(alam)

T.70 Lt.17x25 Jl.Kurnia Gg.RahayuLand.Ulin Bjb. Hub082151739777Hrg 180jt Nego V.7343-25/2(rian)

Djl 3 rmh Lt30x145 ada kebun Jl KurniaLandasan Ulin Bjb. 082151739777Hrg 680jt Nego V.7342-25/2(rian)

MARTAPURA

RANTAU

PELAIHARI

T.45 Komp. Permata Hijau II BlokD Sei Ulin Bjb 08125028375 / 7751105Harga Nego V.4000-18/2(ktr)

FORD

Page 8: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

8Metro Buffer

Metro Banjar RABU 19 FEBRUARI 2014

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

BERSAMBUNG KE HAL 8

Kepala Bidang Sarana dan PrasaranaPonpes Darul Hijrah Putri, Ustadz MHanafi.

Menurut Hanafi, pihak ponpeslangsung melakukan perbaikan padabagian plafon dan atap yang terbakar.“Tak ada korban jiwa dan korban luka.Hanya kerugian materi saja, sekitar Rp5 juta,” ujarnya.

Kerugian materi itu juga dirasakanpara santriwati penghuni asrama UmmiHani, di antaranya Hamidatul Ubudiah,Saidah dan Ega. Pakai, buku danbarang-barang milik mereka dilumat sijago merah.

Setelah api berhasil dipadamkan,

mereka langsung mencari pakaian,buku dan barang-barang yang masih bisa dipakai. “Buku,lemari dan satu koper berisi pakaianmilik saya ikut terbakar,” kata Ega.

Meski buku dan pakaian merekaterbakar, Ega dan teman-temannyamasih bisa bernapas lega. “Uang Rp 4juta yang ada di ruang tidak ikutterbakar. Padahal kami sudah mem-perkirakan uang tersebut terbakar.Sekalinya masih ada di boks. Alham-dulillah,” ujar Saidiah.

Akibat kebakaran itu, sebanyak 32orang santriwati penghuni asramaUmmi Hani sempat diungsikan ke

ruang kelas. Tapi setelah dibersihkan,mereka kembali menempati ruanganyang sempat terbakar tersebut.

“Saya sempat kaget tadi. Saya lihatada asap di ruangan itu. Itu ruanganOrganisasi Siswa Darul Hijrah (Osda),”ujar Saidiah.

Semua santriwati panik. Merekaberteriak api sambil berlarian menye-lamatkan diri. Untungnya, para ustad-zah berhasil menenangkan para san-triwatinya. Kemudian mereka dibantuwarga bersama-sama memadamkan api.

“Yang paling depan memadamkanapi adalah pekerja bangunan, yangkebetulan mengerjakan bagunan di

lokasi itu. Selanjutnya pemadam da-tang, tapi api sudah dapat diatasi,” ujarseorang santriwati.

Pantauan Metro Banjar, pascakeba-rakan beberapa pekerja bangunanmemperbaiki bagian atap yang terbakar.Tidak banyak bagian yang diperbaikipara pekerja bangunan tersebut. Dalamwaktu yang tidak lama, asrama UmmiHani bisa ditempati lagi.

Sementara itu, para santriwatisudah tidak syok lagi. Mereka bahumembahu membersihkan ruangan yangkotor. Mereka juga merapikan kembalibuku, pakaian dan barang-baranglainnya yang berserakan di lantai. (lis)

Ustadzah Berhasil Padamkan Api

agar secepatnya memberitahupolisi. Jangan malah ikut menyem-bunyikannya. Kalau ada yangtahu keberadaan Iwan, tetapimerahasiakannya, maka dia bisaikut dihukum,” ancamnya.

Ditanya perkiraan posisi Iwan,Ipda Ganef menyebut yangbersangkutan sudah berada di luarkota Banjarmasin, tetapi masih diKalsel. “Saya juga ingatkankepada Iwan agar segera menye-rahkan diri kepada polisi,” ujar

Polisi Minta Bantuan Waria

tersebut. Hasilnya, striker Aidil Bogelmembikin gol di menit-menit awal.

Performa apik MFC berlanjut di gamekedua. Soalnya sejumlah pemain inti di-turunkan, di antaranya Isnan Ali, Henry NjobiElad, Fahreza Agamal, Ismail Marzuki danJoko Prayitno. Jadi wajar bila tiga gol terciptamelalui pergerakan Agus Salim, SunnyAlifudin dan Joko Prayitno. Skor 4-0 bertahanhingga akhir pertandingan.

Kemenangan itu membuat MFC selalumenang atas Villa 2000 dalam tiga pertemuanterakhir. Sebelumnya, tim yang dimanajeri AmiSaid tersebut menang 2-0 dan 2-1.

Pelatih kepala MFC, Frans Sinatra Huwae,menyatakan puas atas hasil itu. “Saya gembiraatas hasil ini. Anak-anak sangat efektifbermain. Baik saat menyerang, maupun saatkehilangan bola, kemudian merampasnya lagibersama-sama. Kolektivitas sangat menonjol,membuat lawan kesulitan membangun se-rangan,” tuturnya kepada Metro seusai laga.

Frans menambahkan, pemainnya kini bisalebih mengembangkan permainan, di sampingmemiliki daya tahan yang bagus.

Meski menorehkan hasil menggembirakan,namun Frans mengingatkan, Isnan Ali dakawan-kawan jangan merasa hebat apalagiterlena. “Hasil ini kita syukuri, tapi janganmerasa hebat. Sebab ini bukan kompetisisesungguhnya,” jelasnya.

Sementara itu, striker MFC, Aidil Bogelmengaku sangat senang kembali bisa me-nyumbangkan gol, walau hanya dalam ajanguji coba.

Menurut pemain asal Makassar, SulawesiSelatan ini, gol itu menunjukkan dia masihtokcer.“Ini juga jadi motivasi bagi saya. Mudah-mudahan bisa terus bikin gol,” harapnya. (ran)

Macan ...

tal. Pertama tak lagi menerima jobnyanyi dangdut di Barabai dankawasan Banua Enam lainnya.Padahal dia cukup sering diundangmanggung. Kedua, Yanti memilihkeluar dari tempatnya bekerja diRumah Sakit Dhamanhuri Barabai,Kabupaten Hulu Sungai Tengah(HST). Terakhir, dia hijrah ke KotaBanjarmasin.

“Saya ingin memberikan per-hatian dan kasih sayang lebih buatRizqi,” ujar Yanti kepada Metro, Selasa(18/2). “Bagi saya, anak jauh lebihutama. Soal nyanyi dan lainnya pastiada rezekinya,” tambahnya.

Ariyanti RahmahTTL : Barabai, 8 September 1990Alamat : Jalan HM Syarkawi Gang Muhajirin 2

RT 7 nomor 15 BarabaiNama suami : AbdussyahidNama anak : Rizqiyatul HusnaNama ibu : RaudahNama ayah : Aderian (alm)

Prestasi:1. Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 20082. Juara II Bintang Radio Dirgahayu Barabai 20073. Juara II Festival Dangdut se-Banua Enam 20114. Juara III Festival Dangdut KNPI HST 2013

Keputusan yang berat namunternyata tepat. Di Kota SeribuSungai dia terpilih menjadi salahsatu finalis Mega Konser AudisiMencari Bintang Duta TV yangakan digelar di halaman parkirSentra Antasari Banjarmasin,Sabtu (22/2) akhir pekan ini. “InsyaAllah saya siap. Mudah-mudahanberkah,” ucapnya mantap.

Terlepas dari hasilnya nanti,Yanti mengaku keikutsertaannyadalam acara tersebut sejatinyatanpa disengaja. Dia didaftarkansang ibu, Raudah, yang tahuanaknya itu punya bakat dan

prestasi nyanyi dangdut.“Namun oleh panitia, saya

harus datang sendiri mendaftar,karena mereka perlu foto dandokumentasi lainnya,” tutur Yanti.

Dia kemudian berangkat keBanjarmasin dari Barabai untukmendaftar di audisi zona Ban-jarmasin Barat. Perjalanan jauh itutidak sia-sia. Berkat suara merdudan aksinya yang memesona, Yantiberhak melaju ke babak megakonser. “Mudah mudahan setelahini saya dapat banyak tawaranmanggung di Banjarmasin,” ha-rapnya. (arl)

Berdangdut demi Anak

tan tinggi tersebut langsung melun-cur ke Jalan Mistar Cokrokusumo.

Saat truk tepat berada di depanSPBU Trikora, tiba-tiba keluar sebuahsepeda motor dan mobil Katanabernopol DA 8882 AE. Sopir trukpun kaget. Untuk menghindaritabrakan, sopir truk langsung ban-ting stir. Karena kurang perhitungan,truk menghantam median jalan.

Setelah menghantam median jalan,truk jalannya oleng. Dalam hitungandetik, truk terbalik dan kemudianmengenai mobil Katana yang disopiriSutanto. Untungnya Sutanto tidakmengalami luka. Hanya mobilnya sajayang rusak berat. Bagian belakang mobilpenyok dan kacanya pecah.

Sopir truk dan dua temannyajuga tidak mengalami luka. Tapi

ketiga sempat terkurung dalamkabin. Ketiganya bisa keluar darikabin truk setelah mereka bekerjakeras membuka pintu kanan.

“Posisi mobil kan miring. Jadi kamisusah keluar. Kami sempat terjepit,kok,” ujar Boy, warga Jalan Kelayan B,Kota Banjarmasin, yang hanya me-ngalami lecet di tangan kanannya.

Boy mengatakan, dia tidak men-duga sama sekali kalau dari SPBUitu keluar sepeda motor dan mobilKatana. “Menghindari tabrakan,saya langsung banting stir ke kanan.Kemudian truk menabrak mediandan terbalik,” ujarnya.

Boy membantah kalau dirinyamemacu truk dalam kecepatantinggi. “Kecepatannya sedang saja.Karena jalan menurun, sehingga or-

ang melihat mobil saya jalannyalaju,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Sutantomengatakan, truk yang menabrakdipacu dengan kecepatan tinggi.“Truknya laju. Makanya, ketikamenghindari tabrakan truk malahmenabrak median dan akhirnyaterbalik. Saat terbalik itulah, trukmengenai mobil saya,” ujar Sutanto.

Sementara itu, Kanit Laka Lan-tas Polres Banjarbaru, Ipda Qomarul,mengatakan sopir truk tidak dita-han. “Tidak ada korban jiwa dalamkejadian itu. Hanya mengalamikerugian material. Sopir truk danmobil Katana sudah berdamai.Untuk sementara, truk kami aman-kan dulu. Sedangkan sopirnya ti-dak,” ujarnya. (aa)

Tiga Orang Terjepit di Kabinwajah polos.Diungkapkan AB, dia dan AS biasa ‘mabuk’ lem setelah

pulang sekolah. Berangkat dari rumah mereka di Jalan KelayanA, mereka berjalan mencari warung kosong hingga ke JalanSutoyo S. “Bilang sama orangtua bejalanan. Ini lem sudahtiga hari lalu beli, masih bisa kami hisap sampai sekarang,”tuturnya.

Oleh satu anggota Pol PP, rambut keduanya dipotongsecara sembarangan (kutal). Danton 1 Pol PP Kota Ban-jarmasin, Rizqan Wahyudin mengatakan, pihaknya akanmemanggil kedua orangtua kedua bocah tersebut sebelummemulangkan mereka.

Beberapa hari lalu, 10 anak usia sekolah dasar diamankananggota Kodim 1007 Banjarmasin karena kedapatan ngelemdi sebuah rumah kosong tidak jauh dari markas kodim diJalan S Parman.

Sebelum menemukan bocah ngelem tadi, anggota Pol PPKota Banjarmasin membagikan surat edaran berupa peringatankepada para pemilik bengkel tambal ban yang mangkal disepanjang pinggir Jalan A Yani yang menuju arah dalam kota,Selasa (18/2) siang.

Surat yang ditandatangani oleh Kepala Satpol PP KotaBanjarmasin Ichwan Noor Chalik tersebut berisi permintaanagar para pemilik bengkel secepatnya membongkar bengkeldan peralatan tambal ban yang berada di atas trotoar danbahu jalan. Batas waktunya hingga 28 Februari mendatang.Bila tidak, siap-siap dibongkar dan disita Pol PP.

Hal itu sesuai dengan aturan UU Nomor 38 tahun 2014tentang Jalan dan UU Nomor 22 tahun 2007 tentang LaluLintas serta PP nomor 6 tahun 2010 tentang Satpol PP.“Sepanjang Jalan A Yani sebelah kiri arah dalam kotamerupakan jalur hijau, jadi tidak boleh dijadikan tempatusaha,” kata Danton I Pol PP Kota Banjarmasin, RizqanWahyudin.

Peringatan itu langsung disambut keluhan oleh parapemilik bengkel. Salah satunya Kacong, yang mangkal dikawasan Jalan A Yani Kilometer 2,dekat traffic light SimpangKuripan. “Sebenarnya tidak di pinggir jalan juga, tidakmemakan bahu jalan. Sudah 12 tahun saya usaha di sini,”katanya.

Menurut dia, dulu sempat ada pendataan dari Pol PPbagi para pemilik bengkel tambal ban, dan dipersilakanberusaha asal tidak memakan badan jalan. “Yang banyakmemakan badan jalan itu yang baru-baru. Mereka tidak tahuaturan, kami juga ikut kena. Padahal di sini tidak menimbulkanmacet juga,” keluh Kacong. (hh)

Ganef .Sebelumnya, sebanyak 12

siswa- siswi MTs dan MA diSungai Lulut Kabupaten Banjarserta dua orang siswa SMKN diBanjarmasin tertipu seorang priakemayu yang mengaku bernamaIwan, yang janjikan akanmenjadikan mereka model untukfashion show di mal di Banjarmasinpada 14 Februari lalu.

Namun, dua hari sebelumjadwal acara, para calon model itu

diminta berias di sebuah salonkecantikan di Banjarmasin. Setelahitu, mereka disuruh ke sebuahhotel berbintang di Kota SeribuSungai untuk melakukan latihanpersiapan.

Kesempatan itu dimanfaatkanIwan yang membawa kaburperhiasan dan hp para siswa-siswi itu yang sebelumnyaditanggalkan karena menjalani makeup. Bahkan, satu sepeda motor ikutdiembatnya. (buy)Pol PP Cukur ...

ANTARA /LUCKY.R

SEJUMLAHSEJUMLAHSEJUMLAHSEJUMLAHSEJUMLAH warga melihat tulisan penyegelan oleh ahli waris di pagar sekolah SD Negeri 3 Panunggangan, Tangerang, Banten, Selasa (18/02). Ahli waris menyegelsekolah SD Negeri 3 Panunggangan yang mengakibatkan ratusan murid terpaksa tidak bisa sekolah.

Ibu Guru RekamVideo Mesum

MAUMERE - FT, oknum ibu guru SD di Kecamatan Doreng,Kabupaten Sikka dan selingkuhannya, GD, diperiksa penyidikPolsek Bola sebagai tersangka kasus dugaan perselingkuhan.Terungkap, perselingkuhan itu karena disuruh TA, suami FT.

Menurut FT, TA menyuruhnya berselingkuh dengan GDagar mendapatkan anak.“Saya selingkuh dengan GD, karena suami saya yang suruh.Itu dilakukan karena kami tidak punya anak. Malah ketikasaya bersama-sama GD suami saya tahu. Bukan saja itu,adegan yang kami lakukan direkam dengan HP pun diketahuisuami saya. Malah TA yang menyuruh saya merekam adeganmesum di salah satu penginapan di Maumere,” kata FT, kepadapenyidik, Selasa (18/2).

FT mengatakan apa yang dia lakukan dengan GD sudahdiketahui suaminya, karena ada kesepakatan. “Namun sayatidak tahu kenapa suami saya melapor perselingkuhan ini kePolsek Bola,” ujarnya.

TA, saat diperiksa polisi, membantah keterangan sang istri.Dia malah menuding sang istri yang mencari alasan agar tidakdimarahi keluarganya.

Diberitakan sebelumnya, video mesum FT dengan GDdibuat saat keduannya melakukan intim di salah satupenginapan di arah Maumere-Magepanda, tanggal 27 No-vember 2013 lalu.

Video mesum berdurasi 20 menit itu direkam dalam HPoleh FT dan GD secara bergantian.Yang mana FT dan GDdiperkirakan sudah menjalani hubungan gelap selama duabulan terakhir pada tahun 2013 lalu. (tribunnews)

Kakek GigitKuping Polisi

SINGKAWANG - Bun Fat Kiong, kakek berusia 59 tahun, menggigitkuping anggota kepolisian yang menggerebeknya saat bermainjudi.

“Satu anggota kami telinganya digigit oleh Fat Kiong. Meskiada perlawanan, tetap kami bawa ke sini,” ujar Kasat ReskrimPolres Singkawang Ajun Komisaris Bermawis, Selasa (18/2).

Fat Kiong, kala itu tak sendiri. Kasus itu, juga melibatkanMahmudi (60), pensiunan pegawai negeri sipil di lingkunganPemerintah Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.Selain Mahmudi, dua rekan Fat Kiong lainnya, Lie KianKu (40) dan Tjhong Jan Kie (72) juga turut ditangkap.Mereka diamankan jajaran Reskrim Polres Singkawang,Minggu (16/2).

Mahmudi, yang merupakan warga Jl Trisula KelurahanSekip Lama mengungkapkan, saat diamankan dia bersamaketiga rekannya baru saja beberapa putaran bermain.

“Saat turun dari rumah tidak ada rencana melakukanperbuatan terlarang itu. Waktu itu mau ambil kangkung,melihat mereka duduk bertiga. Langsung ngajak main. Yasudah, kita main di situ,” ungkapnya,

Kakek tiga cucu ini mengatakan, lapak untuk judi liong fudidapatnya di lokasi. Dia tak tahu siapa pemilik sebenarnya.

“Memang ada di situ. Tidak tahu punya siapa. Begitu kitasepakat mau main, ya kita pakailah,” ungkapnya.

Dirinya membantahbahwa selama ini memangsebagai bandar liong fu.Menurutnya, pengetahuansebagai bandar diperoleh-nya dari hasil nongkrongdi lapak-lapak judi.

“Baru kali ini saya jadibandar. Biasanya hanyamelihat-lihat, walaupunikut main juga,” katanya.(tribunnews)

NET

Page 9: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

9Metro BanjarSeleb Vaganza

RABU 19 FEBRUARI 2014

ELLEN Rachel Aragay, fi nalis dari Papua Barat terpilih sebagai runner up 1 dan Hanna Chris-tiany Sugialam, fi nalis cantik asal Jawa Timur. terpilih sebagai runner up 2.

Penyematan mahkota Miss Indonesia 2014 dilakukan oleh juara Miss Indonesia 2013, Vania

Larissa, bersama-sama Miss World 2013 Megan Young, yang hadir menjadi tamu kehormat-

an di acara penuh gebyar malam itu.

Selanjutnya, Maria akan

menjadi wakil Indonesia satu-

satunya di ajang pemilih-an Miss World

2014 yang akan berlangsung di London, Inggris.

Atas kemenangannya ini Maria berhak membawa pulang uang tunai senilai Rp 30 juta dan sebuah city car.

Para juri sepakat memilih Maria seba-gai Miss Indonesia 2014 karena dia dinilai memenuhi seluruh kriteria seorang Miss

Indonesia. Yakni, Manner, Impressive, Smart, dan Social, yang disingkat MISS. Liliana Ta-

noesoedibjo, Chairwoman of Miss Indone-sia Organization, sekaligus Ketua Dewan Juri Miss Indonesia mengatakan, Maria

memiliki semia kriteria MISS yang ditetapkan panitia. “Kami menilai

kontestan dari karakter dan pemba-waannya di atas panggung. Maria

terlihat sangat percaya diri di panggung. Caranya berbicara

pun lancar,” ujarnya.Duduk di panel juri malam

itu adalah Liliana Tanoesoe-dibjo bersama pengusaha

Wulan Tilaar, Ferry Salim, desa-iner Priyo Oktaviano, dan Miss

Indonesia 2012 Ines Putri Tjiptadi. “Maria is the whole package,” puji Miss Indonesia 2012, Ines Putri Tjiptadi, yang juga duduk di panel juri.

Juri lainnya, desainer kondang Priyo Oktaviano, mengatakan Maria memiliki kriteria sosok perem-puan Indonesia masa kini. Aktor Ferry Salim yang turut menjuri mengaku cukup kesulitan memilih perempuan yang tepat untuk mewakili Indonesia di ajang Miss World 2014. “Mereka semua sudah siapa. Tapi kami harus memilih terbaik dari yang terbaik,” katanya.

Wulan Tilaar mewakili sponsor perusahaan kosmetik Sariayu Martha Tilaar sekaligus offi cial makeup and hair do, menilai, Maria adalah sosok yang memiliki keinginan belajar sangat kuat. Me-nurutnya, Maria pantas untuk menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Apa kata Maria atas kemenangannya ini? Dia mengaku tak menyangka bakal meraihnya. Tapi dia membenarkan, selama berada di panggung, dirinya selalu berdoa agar diberi ketenangan serta petunjuk untuk melewati malam puncak dengan baik dari Yang Maha Kuasa. “Saya di panggung tidak memikirkan apa-apa. Saya hanya berdoa agar Tuhan berbicara melalui saya,” ujar Maria yang ditemui usai malam penobatan.

Dara yang mahir bermain piano ini menyebut keluarganya sebagai sumber inspirasi, terutama sang ibu, yang di matanya adalah sosok perem-puan kuat. “Tanpa mereka, saya tidak akan di sini malam hari ini,” ujar Maria yang lulus dengan predikat cumlaude di Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, ini.

Bagi Maria, predikat Miss Indonesia 2014 bukanlah simbol bahwa dirinya sebagai sosok paling sempurna dibanding puluhan finalis lain. Justru predikat itu memberinya keharusan belajar karena berbagai kekurangan yang dia miliki.

“Di sinilah saya bisa melihat kekurangan diri saya. Di sini saya bisa belajar setiap hari dan menemukan banyak hal baru yang saya tidak temukan di tempat lain,” katanya. “Saya hanya mencoba menjadi yang lebih baik,” imbuh su-lung dari tiga bersaudari ini.(daniel ngantung)

Jawa Timur

Lolos ke Tiga Besar

BABAK fi nal pemilihan Miss In-donesia 2014 melewati babak 15 besar, lalu babak tujuh besar dan tiga besar sebelum kemudi-an panel juri memilih juara Miss Indonesia 2014. Para fi nalis yang terpilih masuk ke babak tu-juh besar adalah fi nalis asal Su-lawesi Barat, Maria Asteria Sas-trayu Rahajeng; fi nalis asal Jawa Tengah, Tatyana Almira Permadi; fi nalis dari

Papua Barat, Ellen Rachel Ara-gay; fi nalis asal Jawa Timur, Han-na Christiany Sugialam; fi nalis dari Lampung, Fadhila Hananing Estu; fi nalis asal Aceh, Shinta Al-vionita AS dan fi nalis dari DI Jogjakarta, Bunga Syamsu Wi-randani.

Dari para fi nalis di babak tu-juh besar, panel juri kemudian menyeleksi ulang dan terpilihlah tiga fi nalis yang maju ke babak tiga besar. Mereka yang berun-tung adalah fi nalis asal Sulawe-si Barat, Jawa Timur, dan Papua Barat.

Pada tahapan ini, ketiga kontestan yang tampil can-tik dan anggun dalam balutan gaun Hengki Kawilarang kem-bali diharuskan menjawab per-tanyaan dari Liliana Tanoesoe-dibjo selaku Chairwoman of Miss Indonesia Organization sekali-gus Ketua Dewan Juri Miss Indo-nesia, sebelum kemudian panel juri mengumumkan siapa yang berhak menyandang predikat Miss Indonesia 2014.

Saat sesi tanya jawab di ba-bak 15 besar, fi nalis asal Papua Barat Ellen Rachel Aragay me-nyampaikan pendapatnya ten-tang tersendiri kapan dirinya merasa cantik. “Saya mera-sa cantik saat tersenyum. Smile adalah dandanan terbaik bagi setiap pe-rempuan,” ujar Ellen dalam bahasa Inggris.

Jawabannya itu langsung disambut meriah tepuk tangan penonton. Jawaban ini membuat Ellen lolos ke babak tu-juh besar.(nie)

Besuk Dewi Perssik di Hotel ProdeoPENYANYI Ian Kasela ikut prihatin atas na-sib yang diterima pedangdut Dewi Perssik yang kini harus mendekam di sela Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, selama tiga bulan, karena dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Agung telah menganiaya Julia Perez, lawan mainnya, saat syuting fi lm ‘Ar-wah Goyang Karawang.’

Meski Depe pernah berseteru dengan band Radja, Ian tetap bersimpati dan ikut

prihatin. “Prihatin aja. Dia sangat baik, suka memberi support ke teman-teman. Pribadi-nya unik,” ungkap Ian. Ian mengaku, perse-teruannya dengan Dewi saat pembuatan vi-deo klip ‘Parah’ hanya salah paham. “Secara personal sih udah kenal, dari awal, memang tidak ada masalah yang mendalam secara pribadi, kita hanya salah paham aja, kami te-rimakasih dengan Depe yang telah membe-rikan support Radja meski belum selesai ka-

rena berakhir insiden, basic-nya dia anak yang baik,” kata Ian.

Karena itu, Ian berniat menjenguk Depe di tahanan. “Nanti aku ajak teman-teman ke sana. Kalau perlu kita syuting di sana” janji-nya. Dewi Perssik pernah berseteru dengan band Radja lantaran jadwal syuting yang ng-aret hingga lima jam, sementara Depe da-lam perjanjian kontrak hanya perlu tampil selama dua jam. (icha/nva)

Disiapkan Sekuel ‘99 Cahaya di Langit Eropa’

FILM ‘99 Cahaya di Langit Eropa’ menuai sukses. Seperti novelnya yang berjudul serupa, fi lm yang mengangkat wajah Islam modern garapan rumah produksi Maxima Pictures tersebut laris manis selama diputar di bioskop. Seiring sukses ini, Maxima berancang-ancang merilis sekuelnya yang bercerita tentang perjuangan memperta-hankan keyakinan di tengah kuatnya budaya sekulerisme di Benua Eropa itu. “Setelah melihat kesuksesan fi lm pertama, saya yakin penonton mempunyai harapan yang lebih tinggi untuk fi lm ‘99 Cahaya di Langit Eropa part 2’ ini,” kata Eksekutif Produser Maxi-ma Pictures, Yoen K.

Sukses fi lm pertama, menurut Yoen, membu-at dia dan timnya berusaha keras memenuhi harapan penonton yang sebagian besar adalah pembaca novel ‘99 Cahaya di Langit Eropa’. Ada lebih dari 1,2 juta penonton saat fi lm pertamanya diputar di bioskop selama dua bulan. Selain menjanjikan kualitas visual dan cerita yang penuh makna, Maxima Pictures juga menyiapkan banyak hal menarik lain yang ditujukan ke para penggemar fi lm tersebut. Salah satu yang paling menarik adalah ‘hidden link’ pada poster. Peng-gemar buku dan penonton setia fi lm ‘99 Cahaya di Langit Eropa’ akan menemukan hal-hal menarik di ‘hidden link’ tadi. “Jika benar-benar memperhatikan poster fi lm ‘99 Cahaya di Langit Eropa (part 2)’, ‘hidden link’ itu akan ditemukan.

Diadaptasi dari buku karya Hanum Rais dan Rangga Almahendra, fi lm ‘99 Cahaya di Langit Eropa’ part 1 bercerita tentang perjalanan Hanum (diperankan oleh Acha Septriasa) dan Rangga (Abimana Aryasatya) di Vienna, Austria, hingga ke Paris, Perancis. Di film lanjutannya nanti, cerita Yoen, akan lebih banyak bercerita tentang perjalanan mereka (Hanum dan Rangga) di Cordoba dan Istanbul, Turki.

Film ‘99 Cahaya di Langit Eropa’ part 2 akan tayang di bioskop pada 6 Maret 2014. Selain Acha dan Abimana, film yang disutradarai Guntur Soeharjanto ini juga dibintangi Raline Shah, Nino Fernandez, Alex Abbad dan Ma-rissa Nasution.(kin)

Terseret Kasus Pacar Pembantu yang Tewas MODEL seksi Vitalia Shesya kemba-li berurusan dengan hukum. Kali ini tidak terkait dengan kasus suap im-por daging sapi yang menyeret pria spesialnya, Ahmad Fathanah men-jadi tersangka di Komisi Pemberan-tasan Korupsi (KPK).

Adalah Ujang Muslim (30) seo-rang teknisi di Apartemen Casablan-ca Masion, di kawasan Tebet, Jakar-ta Selatan, tempat Vitalia selama ini tinggal, ditemujan tewas terjatuh, Selasa (18/2). Dia diduga jatuh dari lantai 22 kamar 24 apartemen ter-sebut, sekitar pukul 01.45 WIB. Me-nariknya, kamar apartemen terse-but disewa oleh Vitalia Shesya.

Kapolsek Tebet, Kompol I Ketut Sudarma menuturkan, korban ter-jatuh dari kamar apartemen yang disewa Andi Novitalia alias Vitalia Shesya (28). Diduga, Ujang berniat kabur setelah dia kepergok berpa-caran dengan

kekasih korban, Nur Azizah, yang bekerja di apartemen Vitalia.

“Peristiwanya terjadi pukul 01.00

WIB. Korban berpacaran dengan men-datangi tem-pat kekasihnya (Nur). Lalu pu-kul 01.33 WIB teman-teman Vitalia berna-ma Cici, Alfi , Edo, dan Wahyu da-tang dan korban serta Nur keper-gok sedang pa-caran di dalam ka-mar,” kata I Ketut Sudarma.

Kasubag Humas Polres Jakarta Se-latan Kompol Aswin menuturkan, saat korban kepergok oleh para saksi, korban pun meminta maaf. Tapi korban tidak kelu-ar melalui pintu, karena panik kor-ban langsung mengarah ke balkon.

“Korban ini mau turun merayap melalui tem-bok apartemen, tapi malah terjatuh ke lan-tai dasar samping kolam renang, dan tewas seketika,” ung-kap Aswin. “Saat ke-jadian, Vitalia se-dang tidak berada di Apartemen Ca-sablanca Mansion. Malam itu, Vitalia sedang mengha-diri acara ulang ta-hun temannya,” klaim pengacara Vitalia, Windu Wi-jaya, kemarin.

Windu men-jelaskan, Vi-talia sempat dihubungi te-

mannya yang sem-pat memergoki Nur Azizah tengah bermesraan dengan korban. Saat dalam perjalanan pulang ke apar-

temen itu, Vitalia mendapat kabar bahwa laki-laki yang dipergoki ber-sama pembantunya itu sudah jatuh dari lantai apartemen dan ditemu-kan tewas. “Pembantu Vita tersebut baru kerja beberapa bulan. Adapun apartemen tempat tinggal Vita tidak ada hubungannya dengan Ahmad Fatahah. Apartemen itu murni diba-yar dengan uang Vita dari hasil ker-janya,” jelas Windu.

Tak pelak, kasus ini membuat Vi-talia Shesya menjalani pemeriksa-an di polisi sebagai saksi. Kompol I Ketut Sudarta juga membenar-kan hal tersebut. Menurut Ketut, ka-mar nomor 24 di lantai 22 Aparte-men Casablanca Mansion Tebet itu disewa oleh Vita dari pemilik berna-ma Subkhi. “Dari pengakuan, apar-temen itu disewa sebulan yang lalu. Vita diperiksa sebatas kepemilikan saja,” tutur dia.

Selain memeriksa saksi, polisi juga menunggu izin dari keluarga Ujang untuk proses otopsi jenazah-nya.theresia felisiani/fi n/*)

Kompak Membantah Terima Gratifi kasiCYNTHIARA Alona disebut-sebut sebagai salah satu artis

yang juga ikut terseret dalam kasus dugaan korupsi yang melibatkan pengusaha, sekaligus adik kandung Gubernur Banten, Tubagus Chaeri Wardana, alias Wawan yang kasus-nya saat ini ditangani Komisi Pembe-rantasan Korupsi (KPK). Namun, saat ditemui usai mengisi sebuah acara,

Alona membantahnya. “Itu fi tnah, benar-benar fi tnah,” kata Alona, yang bergegas masuk ke mobil mewahnya, Porshe berwarna merah, di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/2).

Alona tak bisa memberi klarifi kasi

dengan alasan sedang ada acara yang berurusan dengan isu ini. “Saya buru-buru, mau ketemu orang juga soal ini,” katanya langsung tancap gas.

Sebelumnya, aktris Jennifer Dunn telah mengaku dirinya menerima pemberian mobil Toyota Vellfi re dari Wawan dan kini sudah disita KPK. Nama lainnya yang juga disebut-sebut menerima gratifi kasi dari Wawan adalah penyanyi Dewi Pertiwi. Dia disebut-sebut menerima sejumlah dana dari Wawan. Namun, penyanyi yang akrab disapa IDP ini langsung mem-bantahnya. “Tidak sama sekali, kenal juga enggak,” bantah IDP, kemarin. Pelantun lagu ‘Hipnotis’ ini mengaku

tetap bersikap santai mendengar kabar tersebut. Sebagai fi gur publik, dia me-rasa maklum dengan isu yang beredar. “Awalnya aku nyantai karena enggak bersalah, ngapain diribetin, ini risiko sebagai fi gur publik, terima saja selama aku tak bersalah,” jawabnya.

IDP juga membantah pernah mene-rima job dari Wawan untuk mengisi sebuah acara. “Aku tidak terlibat dan tak pernah menyanyi di acara mereka. Kalaupun misalnya aku pernah nyanyi di acara mereka, mungkin ada transfer menjual jasa dengan budjet. Transfer itu atas nama label, bukan nama aku. Tapi ini tidak pernah terjadi sekalipun untuk acara mereka,” tegasnya.(icha/nva) Chinthiara Alona

TRIBUN/JEPRIMA

Chinthiara Alona

TRIBUN/JEPRIMA

TRIBUN/JEPRIMA

SUASANA perhelatan grand fi nal pemilihan Miss Indonesia Senin (17/2) malam di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

MARIA ASTERIAMARIA ASTERIA

THE WHOLEPACKAGE

Page 10: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

Gadget PlusRABU 19 FEBRUARI 201410 Metro Banjar

Boleh GunakanPonsel di Pesawat

PERANGKAT elektronik yang memancarkan sinyalelektromagnetik seperti ponsel atau smartphone, memang masihmenjadi momok di dunia penerbangan.

Banyak diskusi yang membahas tentang bahaya yang bisaditimbulkan oleh perangkat tersebut saat digunakan di dalampesawat.

Hingga kini, Federal Aviation Administration (FAA),lembaga yang berpengaruh di dunia penerbangan, memilihuntuk melarang perangkat seperti smartphone untuk digunakandi dalam pesawat demi alasan keselamatan.

FAA beralasan, perangkat elektronik yang digunakan selamapenerbangan tidak hanya bisa mengganggu sistem elektronikpesawat, tetapi juga bisa mengurangi situation awarenesspenumpang sendiri jika sewaktu-waktu terjadi bahaya.

Namun, dengan semakin pesatnya teknologi, sambungantelepon bisa dilakukan dari pesawat terbang melalui satelit danjalur komunikasi terpisah dari sistem elektronik pesawat.Teknologi ini juga menjadi jualan maskapai penerbangan untukmenarik penumpang.

Beberapa maskapai pun ramai-ramai mengadopsi teknologiin flight connectivity di dalam unit pesawatnya. Dengan teknologiini, penumpang bahkan tidak hanya bisa menelepon daripesawat, tetapi juga berselancar Internet.

Namun, untuk menyelenggarakan layanan in flight connec-tivity tersebut, maskapai harus melewati proses sertifkasi yangketat. Karena itu, belum banyak maskapai penerbangan yangmemiliki layanan ini.

Beberapa maskapai telah lolos sertifikasi dan memungkin-kan penumpangnya melakukan panggilan telepon dari dalampesawat saat sedang terbang menjelajah. Seperti dikutip dariTotal Blue Sky, hingga akhir 2013, inilah beberapa maskapaitersebut Aer Lingus (Irlandia), Aeroflot (Rusia), Air France(Perancis), All Nippon Airways (Jepang), Azerbaijan Airlines(Azerbaijan), British Airways (Inggris), Cebu Pacific Air(Filipina), Egyptair (Mesir), Emirates (Uni Emirat Arab), Etihad(Uni Emirat Arab), Garuda Indonesia (Indonesia), Hong KongAirlines (Hongkong), KLM (Belanda), Lufthansa (Jerman),Oman Air (Oman), Philippine Airlines (Filipina), Qantas (Aus-tralia). Qatar Airways (Qatar), Royal Jordanian (Yordania),Saudi Arabian Airlines (Arab Saudi), SAS (Denmark, Norwegia,Swedia), Singapore Airlines (Singapura), TAM Airlines (Brasil),TAP Portugal (Portugal), Transaero (Rusia), Virgin Atlantic(Australia).

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua unit pesawatmilik maskapai di atas mendukung panggilan telepon dankonektivitas internet, hanya dalam tipe atau jenis pesawattertentu saja yang mereka miliki. (kcm)

TAMPILANNYA memangbiasa saja. Bentuknya sepertiponsel kebanyakan, yaitu per-segi panjang dan tombolnyaqwerty. Namun ponsel ber-nama Evercoss C2 ini memilikisisi menarik, yaitu di sekeli-lingnya dipenuhi lampu ber-warna-warni bak lampu disko.

Karenanya, tak heran jikaponsel besutan vendor ponselEvercoss ini disebut sebagaiponsel Disco Light atau lampudisko. Jika menggunakan pon-sel ini, maka semua lampuberwarna-warni di sekeliling-nya akan menyala berkelap-kelip.

“Cocok banget buat yangmau bergaya. Dengan adanyalampu ini bisa bikin tampilankian menarik dan penuh gaya,”kata karyawan Arthomoro Cel-lular Jalan Perintis Kemer-dekaan, Banjarmasin, Miftah.

Tampilannya, selain di-penuhi lampu berwarna-warni,chasingnya juga penuh warnacerah. Ada kombinasi putihdan merah muda sehingga

PONSEL GAYABERLAMPU DISKO

tampilannya kian menarik.Tak sekadar unggul dari

sisi tampilan, ponsel ini juga di-lengkapi dengan beberapa spe-sifikasi canggih tapi harganyamerakyat, yaitu Rp 265 ribu perunit. Sebut saja fitur pesansingkatnya yang bisa untukmengetik karakter yang pan-jang. “Memori buku teleponnyajuga banyak, hingga 1000 kon-tak,” ujarnya.

Masih seputar fitur pesansingkatnya, pengguna bisamenyimpan pesan hingga 500short message service (SMS).

Soal resolusi kamera, bisadikatakan ponsel ini kuali-tasnya biasa saja, yaitu hanya1.3 megapiksel (MP). Walaubegitu, cukup bisa diandalkanuntuk memfoto.

Layarnya selebar 2.4 inci.Dilengkapi spesifikasi layarQVGA beresolusi 240x320 pik-sel. Sedangkan untuk konek-tifitas, ada bluetooth, WAP,GPRS dan MMS.

“Ponsel ini juga dilengkapimedia hiburan berupa MP3,

MP4 dan radio FM. Paketnyajuga sudah dilengkapi kabelcharger dan USB. Menariknya la-gi, ponsel ini juga bisa difung-sikan se-bagai modem buatinterne-tan,” pa-p a r n y a .(ath)

FLIGHTGLOBAL.COM

AKTIFKANAKTIFKANAKTIFKANAKTIFKANAKTIFKAN ponsel saat di pesawat.

WHATS NEW

Pakai CangkangBerserat Karbon

MISTERI BlackBerry Jakartasedikit demi sedikit mulai terkuak.Setelah beredar spesifikasinya, kinitersebar sebuah gambar yang di-sinyalir sebagai produk low end ter-baru milik BlackBerry ini.

Dalam gambar yang dilansir olehsitus N4BB, Senin (17/2), terlihat BBJakarta memiliki desain candybar dantidak dilengkapi dengan keyboard fisik.

Menurut pengamatan, cangkangbagian belakang dari perangkat initampaknya menggunakan bahanbertekstur yang dapat membuatnya terasa lembut dan tidak licin.Belum diketahui jenis serat tersebut, apakah akan menggunakanbahan karbon atau tidak. Sekadar gambaran, serat karbondigunakan oleh BlackBerry Q10 dan Z30.

BlackBerry juga tampak menggunakan dua buah kamera diperangkat ini, yaitu di bagian depan dan belakang. Terdapat jugalampu flash. Dari gambar tersebut, tampaknya BlackBerry Jakartaakan berjalan di sistem operasi terbaru, BlackBerry 10.2.1.

Sejak CEO Interim BlackBerry JohnChen mengumumkan akan dirilisnyaBlackBerry Jakarta pada akhir Desember2013, informasi seputar perangkattersebut sangat terbatas. Perusahaanasal Kanada ini memang menutup rapatinformasi terkait perangkat tersebut.

Namun, menjelang Mobile WorldCongress (MWC), ajang di mana Black-Berry diduga kuat akan merilis Jakarta,informasi perihal perangkat tersebutmulai bermunculan.

Selain gambar, spesifikasi yangdiduga milik dari perangkat ini sempatmuncul di situs Geekbench. Perangkattersebut dikabarkan akan menggunakan

prosesor Snapdragon 400 MSM8230 dual-core kecepatan 1,19GHz, prosesor grafis Adreno 305, dan RAM 1,5 GB.

Produk ini pun tidak akan diluncurkan dengan nama Jakartadi pasar. Menurut kabar yang beredar, ia akan memiliki namaresmi BlackBerry Z3. (tnc)

NEW ENTRY

Kamera untukPenggemar Selfie

ERA internet dan perangkat digital telah membawaperubahan dalam perilaku konsumen. Konten video misalnya,dapat dengan mudah direkam dan dibagi-bagikan lewat me-dia sosial tanpa perlu lagi berurusan dengan proses capture kasetyang merepotkan.

Nah, Canon selaku salah satu produsen perangkat digitalimaging terbesar rupanya mencium adanya peluang bisnis dalamsalah satu fenomena yang belakangan mengemuka, yaitukegemaran merekam video diri sendiri atau selfie.

SeriCamcorder mungil bernama Legria Mini pun diluncurkan.Produk ini secara khusus dibuat untuk memudahkan penggunauntuk merekam video selfie dengan lensa wide angle.

Legria Mini menghasilkan rekaman gambar wide angledengan distorsi. Pengambilan gambar pun menjadi mudahkarena subyek video dapat dengan gampang dijaga agar tidakkeluar frame

Sesuai tujuannya, Legria Mini dilengkapi berbagai fasilitasuntuk memudahkan perekaman video ala selfie. Camcorder yangmuat di telapak tangan ini, misalnya, dilengkapi layar LCDyang bisa ditekuk agar menghadap pengguna. Layar ini jugabisa ditekuk ke arah sebaliknya.

Di bagian bawah terdapat kaki berengsel yang bisa dipakaiuntuk mengatur sudut pengambilan gambar tanpa butuh tri-pod. Tentu, untuk kebebasan lebih, lubang sekrup untuk tri-pod juga disediakan di sisi bawah perangkat. Kaki dan layaritu bisa dilipat untuk meringkaskan ukuran Legria Mini agarmuat di kantung. Ketika dilipat, Legria Mini sangat ringkassehingga bisa muat di kantung pakaian dengan mudah

Lensa Legria Mini memiliki cakupanyang terbilang sangat luas, mencapai170 derajat saat perekaman foto dan160 derajat ketika dipakai merekamvideo. Alhasil, proses framinggambar pun re-latif mudah. Se-lesai merekam,video hasilnya bi-sa ditransfer ke smart-phone melalui aplikasi Ca-meraAccess Plus yang ter-sedia di platform iOS dan An-droid. (kcm)

Spesifikasi:Evercoss C2Layar : 2,4 inci QVGA LCD 240x320 pikselKamera : 1.3 MPJaringan : Bluetooth, WAP/GPRS/MMSGeneral : MP3/MP4/3GP/FM Radio, Kalkulator, Alarm, Flight

Mode, Phonebook 1000, SMS 500, Compatible Charger & USB, Com patible Battery, Modem, Karakter SMS ekstra panjang

SETELAH mengumumkanseri G Pro 2, pabrikan smartphoneKorea, LG akan menjadi pusatperhatian di ajang pameranindustri mobile terbesar di du-nia, Mobile World Congressyang akan diselenggarakanakhir Februari 2014.

Pasalnya, di ajang tahunantersebut LG akan menampilkansmartphone generasi ketiga darilini L Series. Dengan melun-curkan L Series terbaru, LGmenjadi vendor pertama yangmembuat smartphone menengahyang dibekali dengan OS ter-baru, Android KitKat.

L Series yang akan dilun-curkan LG adalah seri L40,

ISTIMEWA

LG L SeriesLG L SeriesLG L SeriesLG L SeriesLG L Series

Tanpa Dukungan Koneksi LTEL70, dan L90, yang mengusungukuran layar beragam, dari 4,5hingga 4,7 inci. Semua lini LSeries terbaru LG dibekalidengan prosesor dual core 1,2GHz, RAM 1 GB, dan penyim-panan internal 4GB/8GB.

Dikutip dari The Next Web(17/2), smartphone kelas me-nengah kebawah buatan LG iniditujukan bagi pasar di negaraberkembang, karena itu LGtidak menyertakan dukungankoneksi LTE (Long Term Evolu-tion).

Menariknya, LG LSeriesterbaru juga akan dilengkapidengan apa yang dinamakanLG dengan smart cover (Quick Win-

dow). Selain berfungsi untukmelindungi smartphone dari go-resan atau benturan, cover yangtransparan ini memungkinkanpengguna melihat informasi dilayar tanpa harus membukapenutupnya.

LG belum mengumumkanberapa harga masing-masingperangkat. L series generasiketiga diluncurkan LG untukbersaing dengan ponsel pintarmid end buatan Lenovo danHuawei. Berdasar riset Gartner,di kuartal 4 2013 lalu, LGmenjadi vendor terbesar keem-pat dengan pangsa pasar 4,5persen, sementara Lenovo 4,6persen. (tnc)

GAMEFlappy Bird mungkinmenjadi game yang menyebal-kan karena susah untuk di-selesaikan. Jangankan 100,untuk mencapai skor 10 puntak banyak yang bisa menem-busnya. Hal tersebut tentunyamembuat kita bertanya-tanya,sebenarnya sampai berapa levelgame Flappy Bird itu?

Sebuah video parodi diYouTube menunjukkan seorangyang bermain game Flappy Birddengan ponsel pintarnya. Da-

Legria MiniLegria MiniLegria MiniLegria MiniLegria Mini

KOMPAS.COM

GOOD GAME

NET

SCREENSHOTSCREENSHOTSCREENSHOTSCREENSHOTSCREENSHOT video parodi Flappy Bird versus Super Mario Bros

Wujud BlackBerry Jakarta

ISTIMEWA

Muncul Video Parodi Flappy Bird

lam video tersebut, saat skormencapai 900an, pipa-pipahijau akan bergerak naik turun.Ada juga pipa diagonal yangmelintang yang harus dilewatisi burung kecil.

Selain itu, kejutan jugamuncul di detik-detik akhirvideo, saat skor Flappy Birdmencapai 990an, muncul ka-rakter Piranha Plant dari pipahijau yang mencoba memakanFlappy Bird. Piranha Plant ter-sebut sebelumnya menjadi

karakter khas game Mario BrosdiplatformNintendo.

Nah, di angka 999, FlappyBird harus berhadapan dengantokoh Mario dari game SuperMario Bros. Di tingkat itu, nampakMario melemparkan bola-bolaapi ke arah Flappy Bird, semen-tara si Burung Kecil tersebutberusaha menghindar. Padaakhirnya burung itu gagalkarena diinjak oleh Mario.

Tentu saja kita tidak akanmenemukan game Flappy Birddengan karakter Mario di da-lamnya seperti yang ditun-jukkan dalam video, karenagame tersebut hanya parodiyang dibuat untuk hiburansemata dan bukan tampilansesungguhnya dari game FlappyBird.

Video itu digarap oleh pi-pocaVFX yang memang gemarmembuat video dengan temagame. Misalnya, menampilkangame Street Fighter atau Bombermandari sudut pandang orangpertama. (kcm)

Ganti KarakterStreet Fighter

PARODI game Street Fighter dan acara Sesame Street tentu sudahbanyak. Tapi bagaimana jika keduanya diparodikan secarabersamaan?

Situs bernama Flavourmachine.comyang mengunggah banyak game8-bit memasang game parodi dari Sesame Street dan Street Fighter, yangdinamakanSesame Street Fighter.

Pocket lint melansir, pada intinya game ini sama seperti StreetFighter, hanya tokoh-tokohnya diganti menjadi Sesame Street. Diantara karakter di Sesame Street yang paling ngetop adalah KermitThe Frog, Cookie Monster, Bert & Ernie, Elmo, dan Big Bird. (idc)

INILAH.COM

GAMEGAMEGAMEGAMEGAME Sesame Street & Street Fighter

BANJARMASINPOSTGROUP/YAYU FATHILAL

Page 11: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

GosipiRABU 19 FEBRUARI 2014 11Metro Banjar

SELAMA Januari hinggaFebruari 2014, tidak adakegiatan seni dan budayayang digelar Taman BudayaKalsel. UPTD (Unit Pelak-sana Teknis Daerah) dibawahDinas Pemuda OlahragaKebudayaan dan PariwisataKalsel ini, baru akan melaksa-nakan kegiatan-kegiatannyamulai Maret 2014 mendatang.

Tahun ini, direncanakanada 16 kegiatan kesenian dankebudayaan yang bakaldigelar. Agenda pertamadimulai pada 7 Maret, berupaDialog Budaya yang direnca-nakan digelar di TVRI StasiunKalimantan Selatan. Acara-nya berupa talkshow bertemaKebiasaan Mahapak & Bacakut

MEMASUKI 2014, Agus Sasirangan kembali membuatkarya baru. Meski hanya berupa kalender, tapi tampilandan isinya menarik, sehingga diminati masyarakat.

Kalendernya itu, berbentuk rumah Banjar dan berisianeka resep masakan kreasinya. Dia khusus mencetaknyadi PT Grafika Wangi Kalimantan (GWK). Penjualanperdananya dilakukan di event Banjarbaru Book Fair yangdigelar awal Februari 2014 lalu.

“Alhamdulillah, selain aku yang tawarkan juga dibantuBPost, langsung banyak yang beli,” kata Agus.

Menurut Runner up Master Chef Indonesia season I ini,peminat tak hanya orang Banua, tapi juga warga Samarin-da, Tenggarong, Makassar, hingga Jakarta memesankalender tersebut.

“Banyak yang bilang, mereka pesan selain ada resep hasilkaryaku juga karena bentuknya unik yakni rumah Banjar,”beber lelaki bernama lengkap Agus Gazali Rahman.

Harga kalendernya pun, lanjutnya, terjangkau yakniRp25 ribu. Namun untuk luar Banjarmasin, ditambahongkos kirim. Hingga saat ini, telah terjual sekitar seratusanbuah kalender.

Resep-resep masakan karya Agus di kalender 2014, adaselusin atau 12 resep dengan nama-nama yang unik. AdaPatin Batimung, Bakso Bola Barito Putera, Pindang BuntutBamandi-mandi, Udang Basalimut, Bolu Kukus Taku-rihing, Galuh Bungas, Haruan Kahimungan, Ikan MasBapingit, dan lain-lain.

Agus mengaku memberi nama resep kreasinya menggu-nakan nama-nama unik, karena menyesuaikan denganbentuk kalender yang dibikinnya yakni rumah Banjar.

“Sebenarnya bukan masakan Banjar sih, tapi bahan-bahan baku yang banyak di Kalsel dan masakan itu lebihdiinovasikan,” paparnya. (dwi)

Papadaan Bujur Haja kah?“Membahas tentang

kebiasaan tersebut yang kerapada di tengah masyarakatkita. Sebenarnya, secara etika

hal itu benar atau tidak?Nanti kami akan mengun-dang para pembicara darikalangan budayawan sepertiDewan Kesenian DaerahKalimantan Selatan danLembaga Budaya Banjar,”kata Kepala UPTD TamanBudaya Kalsel, Sirajudin,Senin (17/2) siang.

Peserta yang diundangterbatas, hanya 60 orangsesuai kapasitas tempat diStudio 2 TVRI KalimantanSelatan (Kalsel). Acaranyananti bakal disiarkan secaralangsung oleh TVRI Kalsel.“Jadi, yang di rumah jugabisa turut menyaksikan,”ujarnya.

Menurutnya, hal seperti

BANJARMASIN POST GROUP/YAYU FATHILAL

FESFESFESFESFESTIVTIVTIVTIVTIVAL TAL TAL TAL TAL TARIARIARIARIARI - Sanggar Langit, salah satu sanggar di Kalsel mengikuti Festival Karya Tari Daerah di Taman Budaya Kalsel. Pada2014, festival tari kembali diagendakan pada pertengahan tahun ini.

Nanti kami akanmengundang para

pembicara darikalangan

budayawan sepertiDewan Kesenian

Daerah KalimantanSelatan dan

Lembaga BudayaBanjar

SIRAJUDINSIRAJUDINSIRAJUDINSIRAJUDINSIRAJUDINKepala Taman Budaya Kalsel

ini perlu diangkat. Tak hanyauntuk memperluas wawasan,tapi juga supaya kebudayaanBanjar tetap terjaga.

Untuk agenda tahun ini,tak hanya berupa talkshow, adajuga pergelaran tari, musik,teater, sandiwara rakyat,balamut, pameran dan senilukis. “Semua kegiatan ini,dipadatkan hanya hinggaSeptember 2014,” paparnya.

Bila ditotal, kegiatankesenian dan budaya diTaman Budaya Kalsel untuk2014 hanya digelar selamaenam bulanatausetengahtahun.(ath)

SETENGAH TAHUNTANPA GELARAN SENI

ISTIMEWA

Agus SasiranganAgus SasiranganAgus SasiranganAgus SasiranganAgus Sasirangan

Ada Bakso BolaBarito Putera

ISTIMEWA

Se l f iSe l f iSe l f iSe l f iSe l f iMawenyMawenyMawenyMawenyMaweny

Batasi ManggungSaat Magang

JIKA biasanya penyanyi dangdutBanua, Selfi Maweny tak terlalumemilih-milih job, tapi kini hal itutak berlaku lagi. Mahasiswasemester VIII Kesehatan MasyarakatUniska Syekh Arsyad Albanjary, inisekarang magang kerja di sebuahpuskesmas di Banjarmasin.

Alhasil, dia pun terpaksamembatasi aktivitasnya di duniatarik suara. “Sudah mulai kubatasi,karena telah magang. Aku dapatmagang di Puskesmas Kelayan,Banjarmasin Selatan,” kata Selfi.

Gadis kelahiran 29 Juni 1992 ini,mengaku ada kesenangan tersendirisaat magang karena dia akanbersentuhan langsung denganmasyarakat.

“Tugas utama sih belum tahu,paling-paling bantu melayaniorang-orang di puskesmas, memberitahu tentang tata cara hidup sehat,”paparnya.

Dia pun sangat antusias untukmenjalani masa-masa magangnya.Apalagi masa magang ini memangtelah ditunggu-tunggunya, karenadia juga ingin cepat menyusunskripsi. Dia akan bertugas setiapSelasa sampai Jumat dari pukul08.00 hingga 14.00 Wita.

Magang inilah yangmembuatnya mulai membatasimenyanyi, karena tak maumengganggu jadwal magang.Pekerjaan bernyanyi dia terimajika di luar waktu magang. (dwi)

Agenda 2014 TamanBudaya Kalsel

Maret 20147 Maret 2014: Dialog BudayaKebiasaan Mahapak &Bacakut Papadaan BujurHaja kah? Tempat: TVRIKalsel20-22 Maret 2014: PameranFoto Seni PertunjukanKalimantan Selatan. Tempat:Gedung Wargasari, TamanBudaya Kalsel

April 201411 April 2014: PergelaranMusik Jazz dari Banjar keBarat. Tempat: ShintaRestaurant, Banjarmasin25 April 2014: PergelaranBalamut Lakon. Tempat:Balairung Sari, TamanBudaya Kalsel

Mei 20149 Mei 2014: Pergelaran TeaterTradisi Wayang Gung.Tempat: Gedung BalairungSari, Taman Budaya Kalsel23-24 Mei 2014: FestivalGamelan Banjar se Kalsel.Tempat: Taman BudayaKalsel

Juni 201414 Juni 2014: PergelaranLagu Daerah, Teater Tradisi(Malam Batanam KaryaBaharum Banua). Tempat:Balairung Sari, TamanBudaya Kalsel

19 Juni 2014: Pergelaran TariKolosal Anak

20 Juni 2014: PergelaranSandiwara RakyatJuni 2014-Agustus 2014:Lomba Logo Hari JadiProvinsi Kalsel27 Juni 2014-26 Juli 2014:Puasa, tidak ada kegiatan

Agustus 201410-17 Agustus 2014:Pameran Expo Kalsel.Tempat: Lapangan Murdjani,Banjarbaru14 Agustus 2014: FestivalKayu Tangi. Tempat:sepanjang Jalan Brigjen HHasan Basry, Banjarmasin5-19 Agustus 2014:Karasminan Banua SeribuSungai 2014. Tempat: TamanBudaya KalselEksperimentasi Seni Lukis(Graffiti)

September 201410-13 September 2014: TemuKarya Taman Budaya seIndonesia di Papua26 September 2014:Pergelaran Sastra Banjar

(sumber: Seksi Pergelarandan Pengembangan UPTD

Taman Budaya Kalsel)

MEMILIKI talenta menyanyi sertapiawai bertilawah Alquran, tak membuatSiti Risa Noviyanti berpuas diri. Qariahberprestasi tingkat nasional ini, ternyatajuga pandai memainkan biola.

Berkat kemampuannya bermainbiola, gadis biasa disapa Icha pernah di-undang tampil bermain biola di acaraDinner Exclusive Pertamina di HotelGolden Tulip Galaxy Banjarmasin,beberapa waktu lalu.

“Ini baru pertama kali manggung, ta-pi berlangsung sukses,” kata Icha yangjuga baru baru saja meraih gelar JuaraLomba Menyanyi Lagu Banjar di Amun-tai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Kemahiran mahasiswa FKIP Unlamini memainkan biola, juga membuat Ichadiajak bergabung dengan Borneo StringsOrchestra yang merupakan gabunganmahasiswa Sendratasik FKIP Unlam.

“Kalau tampil bersama Borneo Siti Risa NoviyantiSiti Risa NoviyantiSiti Risa NoviyantiSiti Risa NoviyantiSiti Risa Noviyanti

Icha Tertarik Gesek BiolaStrings Orchestra sudah sering di pang-gung, tapi kalau solo baru satu kali,”beber gadis berjilbab rapi ini.

Icha mengaku, menyukai biola sudahsejak dia kuliah semester empat atausekitar 2011 lalu. Meski biola sangatjarang diminati kawula muda,tapi Icha sangat tertarik ka-rena tingkat kesulitannyayang tinggi.

“Tidak mudahmemainkan bio-la, makanya ke-sulitan itu men-jadi tantanganbagi saya untukbisa memain-kannya,” ujar-nya. (arl)

ISTIMEWA

1902/M11

Page 12: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

People MotionRABU 19 FEBRUARI 201412

inMetro Banjar

KELILING kota meng-gunakan sepeda motor tuayang dimodifikasi bukanlahhal yang memalukan bagipara pencinta motor custom(modifikasi), justru ada rasakebanggaan tersendiri danmampu menarik perhatianmasyarakat.

Itulah yang dirasakanpara pencinta motor customyang tergabung dalamKomunitas Japs BratstyleIndonesia (JBI) South Borneo.

Koordinator JBI SouthBorneo, Thopani mengatakan,JBI merupakan komunitaspengguna motor custom diBanua.

“Komunitas ini dibentukpada 2010 dan kini telahmemiliki anggota 100 oranglebih,” jelas pria yangberdomisili di Martapura ini.

Thopani menyebutkan,JBI merupakan satu-satunyawadah penyaluran kreativitaspara modifikator danpencinta otomotif di Banua.

“Kehadiran kami tidakterikat pada salah satu merksepeda motor, type dan jeniskendaraan. Semua pencintaotomotif dapat bergabungdalam komunitas ini,” jelas dia.

Steven CollSteven CollSteven CollSteven CollSteven CollAstaga kekanakan nginih,, lem

dihirup .. yang mahalan sedikitkah..janganlem ..

Pandawa NajwaPandawa NajwaPandawa NajwaPandawa NajwaPandawa NajwaBagaimana bs kekanakan kaya itu

menghirup lem? Kda diawasi kah lwankuitannya? Naudzubillah, itu pljaran bgisemua orngtua agar slalu mmantaukegiatan anak2nya. Jangan smpai lengah.

Maiel DiegoMaiel DiegoMaiel DiegoMaiel DiegoMaiel DiegoMadeso masa depan suram,

liwar,am kakanakan ne pintar nang to ha,ha......

Enny SyaReffaEnny SyaReffaEnny SyaReffaEnny SyaReffaEnny SyaReffaMun nang kakaya itu ja hukumannya

kada jara bubuhannya tuh... urang tuh dijaraisakalian,nyaman inya ampih.

Adi M MunadiAdi M MunadiAdi M MunadiAdi M MunadiAdi M MunadiKalau menyangkut anak di bawah

umur 17 thn, yang jadi sorotan sudah pastiorangtua. Mereka dianggap lalaimelakukan pengawasan.

Sary Puput NSary Puput NSary Puput NSary Puput NSary Puput NKekanakan tu kda paham jua...nang iya

tu kuitannya yg dipadahi supaya lebihmehatiakan anak buah...jangan tahu ulahanak ja...dididik jua anak tu.

Mario Xnyder Sl’s KerispatihMario Xnyder Sl’s KerispatihMario Xnyder Sl’s KerispatihMario Xnyder Sl’s KerispatihMario Xnyder Sl’s KerispatihNah ini perlunya perhatian dan

kasih sayang orangtua kepada si anak.Miris melihat anak2 kecil sdah mengisaplem.

Rini Samma SelamanyaRini Samma SelamanyaRini Samma SelamanyaRini Samma SelamanyaRini Samma SelamanyaMun sdh kyni ap jdnyx gnerasi

msadpan bangsa mudahan para orang tuabisa sadar atas tugasnyx masing2 krnaperan orang tua hal yang tepenting bagiputra putrinyx

TTTTTakmau Disakiti Echanakmau Disakiti Echanakmau Disakiti Echanakmau Disakiti Echanakmau Disakiti EchanWah makin berat ja nie, kuiitan

kebanyakan meolah anak, jdinya kd teuruslagi dah anaknya,,,coba kuiitanyaperhatikan lingkungan hari2nya.

Any MarliyaniAny MarliyaniAny MarliyaniAny MarliyaniAny MarliyaniHukumanx kd berasa berat, pasti

dibulikinya lg kelakuannya tu...

Sandy Nag MitrabalimasSandy Nag MitrabalimasSandy Nag MitrabalimasSandy Nag MitrabalimasSandy Nag MitrabalimasIni perlu penyuluhan dari pihak

sekolah dan orangtua supaya tidak terjadilagi

Gusdur Arema Pasar LasaGusdur Arema Pasar LasaGusdur Arema Pasar LasaGusdur Arema Pasar LasaGusdur Arema Pasar LasaMoga mereka tobat

F i t r iansyahFi t r iansyahFi t r iansyahFi t r iansyahFi t r iansyahIni akibat kurangnya pengawasan

orangtua dan salah pergaulan

Nuri MaulidaNuri MaulidaNuri MaulidaNuri MaulidaNuri MaulidaItu sih akibat salah pergaulan dan

kurang diperhatikan oleh ortunya, kasianbanget ya.

Dayat Ayat N MuliaDayat Ayat N MuliaDayat Ayat N MuliaDayat Ayat N MuliaDayat Ayat N MuliaJangan biarkan, anak itu penerus

masa depan. Gimana yo 30 thn akan datang

Andie BogardAndie BogardAndie BogardAndie BogardAndie BogardKrna kurangny perhatian dari ortu, mk

kytu pank jdny anak. Apalg anak sekaranghndk tau trs apa yg dilakukan org laen.

Della SyahbanaDella SyahbanaDella SyahbanaDella SyahbanaDella SyahbanaAkay....kanakan wayah ini

lah.....sadang kelakuan.

Duan Milito MilitoDuan Milito MilitoDuan Milito MilitoDuan Milito MilitoDuan Milito MilitoBangat bnr generasi muda kita nc,sdh

kd sekolah, ngelem pulang hdk jd apaganalx

Ramadhani SmalanRamadhani SmalanRamadhani SmalanRamadhani SmalanRamadhani SmalanAnak2 zaman wahini kdda TM lem

yang diisap. Baik nukar beras kwa dimakandari pada lem.

Funk Lima StonesFunk Lima StonesFunk Lima StonesFunk Lima StonesFunk Lima StonesJaka suruh meisap aroma ketiak wadam

nang bekeliaran d parak2 siring ja. Mabukpd lem lg

Kakanakan Nagara Anu’aeKakanakan Nagara Anu’aeKakanakan Nagara Anu’aeKakanakan Nagara Anu’aeKakanakan Nagara Anu’aeKurang gawe’n kakanakan’a...?!

Kuwitan’a byk gawe’n, Tabangkalai anakbuah

BANGGA TUNGGANGIMOTOR BUTUT

MEMODIFIKASI sepeda motor dengangaya klasik bukan hal mudah.Banyak hal yang harusdipertimbangkan, baikmenyangkut konsep, budget(anggaran) hingga pemilihanbengkel yang benar-benarterpercaya.

Melakukan modifikasi sepedamotor bisa membuat sepeda motor terlihatunik dan terkesan model terbatas (limited edition).Terlihat minoritas dari para pengguna sepedamotor sudah pasti akan menjadi sebuah

TUJUHTUJUHTUJUHTUJUHTUJUH murid SD dan tiga anak putus sekolah kedapatanmengisap aroma lem di sebuah rumah kosong dekat markas

Kodim 1007 Banjarmasin, Minggu (16/2) siang. Sebagaibentuk pembinaan, mereka diminta membersihkan rumpur,menyanyikan Indonesia Raya dan menyebutkan Pancasila.Sayangnya mereka tidak hafal. Orangtua mereka juga diberinasihat agar lebih memperhatikan kegiatan anaknya di luar

rumah.

Foto : Eko Barito Mania Eko Barito Mania Eko Barito Mania Eko Barito Mania Eko Barito ManiaKeterangan Foto: Berpose dengan Gubernur Kalsel, Berpose dengan Gubernur Kalsel, Berpose dengan Gubernur Kalsel, Berpose dengan Gubernur Kalsel, Berpose dengan Gubernur Kalsel,

Abah H Rudy Ariffin. Abah H Rudy Ariffin. Abah H Rudy Ariffin. Abah H Rudy Ariffin. Abah H Rudy Ariffin.

BAGIBAGIBAGIBAGIBAGI teman-teman yang hobi fotografi, bisa gabung diLensa FB. Kirim atau tag foto Anda yang menarik dan unikke akun Metro Banjar, Metrobjr II atau Koran Metrobjr. Fotoyang terpilih kami tayangkan di koran Metro Banjar. Maaf,

tanpa imbalan. Trims

BANJARMASINPOST GROUP/APUNK

MOTOR TUAMOTOR TUAMOTOR TUAMOTOR TUAMOTOR TUA - Anggota Komunitas Japs Bratstyle Indonesia (JBI) South Borneo dengan sepeda motor costum modifikasinya yang bervariasi.

Model Unik dan Menarikkebanggaan tersendiri bagi pengemudi

maupun pemilik sepeda motor tersebut.Thopani, koordinator Japs Brat StyleIndonesia (JBI) South Borneo membagi

sedikit tips bagi para bikers yang berniatmengubah motor custom.● Matangkan konsep gubahan motorterlebih dahulu.● Carilah bengkel atau custom

workshop yang benar-benar terpercaya.● Perhatikan dana/anggaran yang dimiliki.● Sering-sering berdiskusi dengan builder atausecara intens datang ke bengkel. (arl)

BANJARMASINPOST GROUP/APUNK

KONVOIKONVOIKONVOIKONVOIKONVOI - Anggota Komunitas JBI South Borneo saat melakukan konvoi bersama tetap menjagaketertiban lalu lintas di jalan raya.

Japs Bratstyle Indonesia (JBI) SouthBorneo merupakan satu-satunya wadah

penyaluran kreativitas para modifikator danpencinta motor custom di Banua

THOPANITHOPANITHOPANITHOPANITHOPANIKoordinator JBI South Borneo

Sebagaimana diketahui,customatau modifikasi sepedamotor adalah kegiatanmengubah struktur maupunmodel sepeda standar menjadisebuah model atau strukturbaru, sehingga memilikiukuran dan tampilan yangberbeda dari asalnya.

JBI South Borneo dibentukmelalui perkenalan antarang-gota di jalan, kemudianberlanjut di dunia mayamelalui jejaring sosial.

“Berawal dari beberapaanggota yang mencari temanuntuk saling berbagi infor-masi tentang membangunmotor beraliran japstyle danbratsyle sebagai referensi,sekaligus ajang bertukarpikiran terkait modifikasiotomotif,” tandas Thopani.

Mereka akhirnya berkum-pul dan lambat laun menye-bar. Masing-masing anggota

pada umumnya mengajaktemannya sesama pencintacustom di Banua untukbergabung. Makanyasekarang anggota komunitasini mencapai 100 orang lebihyang tersebar di berbagaidaerah di Kalsel. Anggota JBISouth Borneo biasa melaku-kan acara kopi darat (kopdar)yang rutin dilakukan setiapmalam Minggu di JalanBrigjen Hasan Basry, Kayu-tangi Banjarmasin.

Dalam setiap pertemuan,

biasa membahas berbagaipermasalahan yang dihadapi,terutama menyangkutmotorcustom.

Disebutkan, JBI SouthBorneo tidak memiliki aturanbaku dalam menerimaanggota. Yang pentingmemiliki kesamaan visi danmisi sebagai pemakai danpenyuka motor custom.

Thopani menyebutkan,anggota JBI berasal dariberagam kalangan, mulai darikaryawan, wirausaha, dosenhingga anggota Polri.

Setiap anggota bebasmemakai atribut karena JBImerupakan kumpulan orang-orang yang suka atau maubelajar motor custom.

Anggota JBI kendaraan-nya bermacam-macam, adayang jenisnya sepeda motor

bebek tua, mulai dari yangmasih mulus sampai yanggembel, hingga sepeda motorklasik atau sport.

Anggota JBI padaumumnya tidak memiliki satujenis aliran custom saja,karena di japstyle banyakragam dan pakemnnya. Bisasaja motor standar yangdimodifikasi. “Bagi yangbelum punya motor pun bisasaja bergabung, kita ajakkeliling dan nongkrongbareng,” tandasnya.

Selain menyangkutotomotif, JBI juga berperan dibidang sosial seperti bakti sosialke panti asuhan dan penana-man pohon. “Seperti yangdilakukan beberapa waktu lalu,membagikan alat perlengkapansekolah ke panti asuhan,”tandas Thopani. (arl)

“”

1902/M12

Page 13: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

Soccer LandBanjar

RABU 19 FEBRUARI 2014 13Metro Banjar

SAAT memulai rangkaian turnyadi Jakarta dengan melawan Villa2000, Selasa (18/2) pagi, tim pelatihMartapura FC menurunkan bebe-rapa pemain yang mengikuti prosesseleksi.

Setidaknya ada lima pemainseleksi yang diturunkan saat itu,yakni Janu Kahol, Mayona Amtop,Ali Iba, Agus Salim dan SunnyAlifudin.

Menariknya, dua dari empat golkemenangan Martapura FC (MFC)dalam uji coba yang berakhir 4-0untuk Laskar Sulthan Adam itu,disumbangkan oleh dua pemainseleksi Agus Salim dan SunnyAlifudin. Gol lainnyadicetak Aidil Bogeldan Joko Prayit-no.

Dari hasiluji coba terse-but, tim pe-latih yangterdiri atasFrans Sinatra

SEPERTI yang telah dijanjikan, turMartapura FC (MFC) ke Jakarta dan JawaTengah tidak sekadar untuk mengukurkekuatan sebelum tampil di Divisi Utama 2014,tapi juga menyeleksi pemain.

Nah, pada laga uji coba pertama melawanVilla 2000 yang berlangsung di Villa 2000Training Groud, Pamulang, Tangerang Selatan,Selasa (18/2), MFC menurunkan lima pemainyang berstatus seleksi.

Mereka adalah Janu Kahol, MayonaAmtop, Ali Iba, Agus Salim dan SunnyAlifudin. Namun, dari kelima pemain itu,hanya Sunny dan Agus Salim yang mampumencetak gol dari kemenangan 4-0 MFCtersebut.

Sunny adalah pemain yang sudah sekitardua pekan mengikuti seleksi di MFC. Sedang-kan, Agus Salim baru mengikuti seleksi di lagapertama di tur Jakarta.

Berdasarkan penelusuran Metro Banjar, AgusSalim adalah pemain yang cukup memilikipengalaman, terutama untuk kancah DivisiUtama Liga Indonesia.

Tercatat, pemain kelahiran Jakarta, 17Agustus 1986 itu pernag memperkuat PersitaTangerang dan Persikabo Kabupaten Bogor.Bahkan, di Persita, dia bermain sejak 2008.

Sejak 2008 hingga 2013, Agus tercatatmampu mencetak sebanyak 28 gol dari 84penampilannya selama berkompetisi di kancahDivisi Utama.

Puncak ketajaman penyerang bertinggi 170sentimeter ini pada Divisi Utama 2010/2011.Saat itu, dia mencetak 15 gol dari 23 pe-nampilannya bersama Persita.

Sayangnya, setelah itu, ketajamannyamelempem. Pada musim 2011/2012, dia

hanya mampu mencetak 3 gol dari 16laga. Pendekar Cisadane, julukan

Persita pun melepasnya, danAgus gagal ikut berkiprah

ke Indonesia SuperLeague (ISL)

2012/2013.Kemudian,

saatberseragam

Pers ikabo KabupatenBogor musim 2012/2013, ketaja-mannya juga tak kunjung kembali.Dia hanya mampu mencetak 3 gol

dari 13 permainannya.Lalu, bagaimana tanggapan pelatih kepala

MFC, Frans Sinatra Huwae terhadap parapemain seleksi anyarnya, termasuk Agus?Menurut Frans, skill mereka cukup oke.

Namun, karena baru bergabung, merekabelum kompak dengan pemain yang ada. Franspun akan memberi kesempatan di laga uji cobaberikutnya di tur Jakarta ini. (ire/ran)

SUNNY BIKINPELATIH TERPUKAU

Nama Lengkap : Agus SalimLahir : Jakarta, 17 Agustus 1986Tinggi/berat : 170 cm/162 kgKarier Klub

2008-2012 Persita Tangerang2012-2013 Persikabo Bogor

AgusLangsung

Tokcer

Huwae, Abunawas dan Taufik mulaibisa memberikan penilaiannya.

Dan, melihat performa dari limapemain seleksi ini, sepertinya timpelatih cukup terpukau dengansosok mantan kapten PersitaraJakarta Utara, Sunny Alifudin.

Bahkan, pelatih kepala MFC,Frans Sinatra Huwae yang dihubungiMetro, Selasa (18/2) sore memujiperforma teman bomber MFC,Muhammad Renngur saat masih diLaskar si Pitung, julukan PersitaraJakarta Utara.

“Kami lihat ada nilai plusbagi Sunny, dan ini memun-culkan sebuah harapan bagitim,” ujar Frans usai lagayang berlangsung di Villa2000 Training Groud tersebut.

Frans menjelaskan, per-forma Sunny terlihat mengalami pe-ningkatan pesat setelah beberapawaktu bergabung dalam latihanbersama timnya.

“Sunny bisa mengimbangi per-mainan pemain-pemain kami, sete-lah beberapa waktu bergabungbersama kami. Fisiknyajuga sudah bagus,”katanya.

Meski performaSunny sudah mulai

memberikan ke-yakinan, na-

mun Fransmasih eng-gan buru-buru mem-

berikan keputusannya apakah me-rekrut atau tidak.

Menurutnya, masih akan adatahapan pemantauan dilakukan olehtim pelatih, terlebih MFC masih

memiliki agenda melakukan ujicoba serupa dengan lima timkontestan Divisi Utamalainnya.Disinggung mengenai em-

pat pemain seleksi lainnya,Frans mengatakan, semen-

tara ini belum terlihat kualitas-nya. “Empat pemain seleksi lainnyabelum bisa mengimbangi permaiantim, meskipun skillnya sudah oke.Kami akan lihat lagi nantinya bagai-mana perkembangannya, yang jelasakan terus kami kerucutkan,” ujar-nya.

Sementara, Asisten ManajerMFC, Junaidiansyah mengap-

resiasi hasil laga perdanadalam rangkaian uji coba ditur Jakarta dan Jawa Te-ngah ini. (ran)

● Sunny Alifudin● Janu Kahol● Mayona Amtop● Ali Iba● Agus Salim

Pemain SeleksiPemain SeleksiPemain SeleksiPemain SeleksiPemain Seleksidi Jakartadi Jakartadi Jakartadi Jakartadi Jakarta

Fakta AgusFakta AgusFakta AgusFakta AgusFakta Agus

“”

Kami lihat ada nilai plusdari Sunny, dan ini

memberikan sebuahharapan bagi tim

FRANS SINAFRANS SINAFRANS SINAFRANS SINAFRANS SINATRA HUWTRA HUWTRA HUWTRA HUWTRA HUWAEAEAEAEAEPelatih MFC

AAAAAwwwwwal yal yal yal yal yang Manisang Manisang Manisang Manisang ManisAWALAWALAWALAWALAWAL yg Maanis. Meskipun hanya ujicobadengan KeMenangan 4-0 atas Villa 2000 Bravo

Mfc,,,,,By Daaenk Othonk KTB.+6285249452445

RRRRRekrut Sugeng Wekrut Sugeng Wekrut Sugeng Wekrut Sugeng Wekrut Sugeng WahahahahahyudiyudiyudiyudiyudiAAAAAYYYYYOOOOO mfc rekrut sugeng wahyudi by sahidi ,bjb

+6281255764769

Jangan Jadi KarbitanJangan Jadi KarbitanJangan Jadi KarbitanJangan Jadi KarbitanJangan Jadi KarbitanBUBUBUBUBUAAAAATTTTT yg punya no 085252150101 mun mrasa pans MFC jgnkarbitan lwan yg punya no 087709103288 jgan rmeh kanbarito lbh baik kta dukung tim kta masing lg pula kita sma smadri banua , by ruudy beta selan

+6281953777717

KKKKKerja Sama dan Sehatierja Sama dan Sehatierja Sama dan Sehatierja Sama dan Sehatierja Sama dan SehatiKEKUKEKUKEKUKEKUKEKUAAAAATTTTTANANANANAN suatu Time kerjasama dan Sehati, tanpa ItuSemua Mustahih Juara, Dan Yg Utama Dana,jdi Nyamanmemoles pemain di atas Rata2, Maju Martapura FC ! (dmj)

+6282159875059

Ambil Mekan NasirovAmbil Mekan NasirovAmbil Mekan NasirovAmbil Mekan NasirovAmbil Mekan NasirovCOBACOBACOBACOBACOBA ambil mekam nasirop dan lini belakank kalo bisa tambahipemain asing x supaya kuat .. By hasbulah murken

+628985781186

Mudahan Masuk ISLMudahan Masuk ISLMudahan Masuk ISLMudahan Masuk ISLMudahan Masuk ISLMFCMFCMFCMFCMFC smg sukses mdhn musim dpan msuk isl jd kbnggaanorg banua,,

+6281348878686

Alhamdulillah MenangAlhamdulillah MenangAlhamdulillah MenangAlhamdulillah MenangAlhamdulillah MenangALHAMDULILLAHALHAMDULILLAHALHAMDULILLAHALHAMDULILLAHALHAMDULILLAH... Amun nya mnang ti...Jaruk am kisah nya VILLA lah.... Hee, @fromBINUANG CITY

Alvian Hino

LaLaLaLaLayyyyyak Masuk ISLak Masuk ISLak Masuk ISLak Masuk ISLak Masuk ISLALHAMDULILLAHALHAMDULILLAHALHAMDULILLAHALHAMDULILLAHALHAMDULILLAH, Martapura layak Masuk ISL tahun Depan

Yahya Kini Tinggal Kenangan

Bangun Semangat BaritoBangun Semangat BaritoBangun Semangat BaritoBangun Semangat BaritoBangun Semangat BaritoMUDAH2ANMUDAH2ANMUDAH2ANMUDAH2ANMUDAH2AN lawan kamanangn martapura FC ini bisamembangun semangat anak2 barito putera bangkit drikekalahannya.. dan mudhn martapura fc kwa umpat ISL tahunkyna..

Muhliiz Sii’e Bob Kbrt

Mantap Banar PianMantap Banar PianMantap Banar PianMantap Banar PianMantap Banar PianMANTMANTMANTMANTMANTAPAPAPAPAP banar pian (MTPFC)

Erwin Hbu

Mudahan Masuk Papan AtasMudahan Masuk Papan AtasMudahan Masuk Papan AtasMudahan Masuk Papan AtasMudahan Masuk Papan AtasHOMAHOMAHOMAHOMAHOMA hapuk, mudahan di Divisi utama masuk papan atas jua

Pajrin Farisi

Semoga Bisa TSemoga Bisa TSemoga Bisa TSemoga Bisa TSemoga Bisa Terus Majuerus Majuerus Majuerus Majuerus MajuAWALAWALAWALAWALAWAL yang bagus buat martapura fc, Semoga bisa terus majudan bisa bermain di liga tertinggi Indonesia.

Husin Aprilio Tobing

Jangan Berpuas Diri DuluJangan Berpuas Diri DuluJangan Berpuas Diri DuluJangan Berpuas Diri DuluJangan Berpuas Diri DuluJNGANJNGANJNGANJNGANJNGAN berpuas diri dulu. semoga kdepan nya jauh lebih baiklagi #SemangatLaskarSultanAdam

Naffarin Archie Vcc

LanjutkLanjutkLanjutkLanjutkLanjutkan Tan Tan Tan Tan Tren Pren Pren Pren Pren PositifnositifnositifnositifnositifnyyyyyaaaaaMANTMANTMANTMANTMANTAAAPAAAPAAAPAAAPAAAP... Lanjutkn trend positiv x dlm partai ujicoba2slanjut x

Alifa Danisa Bartgirl

TTTTTapi Jangan Cepat Puasapi Jangan Cepat Puasapi Jangan Cepat Puasapi Jangan Cepat Puasapi Jangan Cepat PuasCUKUPCUKUPCUKUPCUKUPCUKUP memuaskan tapi jgn cepat puas trus tingkatkn dango to ISL.

Panglima Basecamp

Dasar Bagus MainnyaDasar Bagus MainnyaDasar Bagus MainnyaDasar Bagus MainnyaDasar Bagus MainnyaMANTMANTMANTMANTMANTAAAABBBAAAABBBAAAABBBAAAABBBAAAABBB. martapura fc ne dasar bgus maenx. villa 2000msh blum pernah menang melawan martapura fc nech.

Rahadyan Dicky Agapta

Menang Skor Lebih BesarMenang Skor Lebih BesarMenang Skor Lebih BesarMenang Skor Lebih BesarMenang Skor Lebih BesarSYUKURSYUKURSYUKURSYUKURSYUKUR alhamdulillah laga uji coba kali ini berakhir dengankemenangan,,, semoga d laga berikut x bisa menang lagidengan skor yng lebih besar?? Maju terus punggawa martapurafc #salam_ sasikatan

Rasyid Hampa Layang

TTTTTeeeeetap Ftap Ftap Ftap Ftap Fokokokokokus dan Berlatihus dan Berlatihus dan Berlatihus dan Berlatihus dan BerlatihHASILHASILHASILHASILHASIL yg sangat baik, tp jgn terlalu berpuasdiri, tetap fokus dan giat berlatih! Krn musuh2yg dihadapi di DU akn sangat berat

@Nasih_GK12

Harat Jua MFC NihHarat Jua MFC NihHarat Jua MFC NihHarat Jua MFC NihHarat Jua MFC NihHARAHARAHARAHARAHARATTTTT jua eh mfc neh,mantap2 lanjutkan perjuangan kalian!

@gilangmtp

TTTTTerus Tingkerus Tingkerus Tingkerus Tingkerus Tingkatkatkatkatkatkan Pan Pan Pan Pan PermainanermainanermainanermainanermainanHASILHASILHASILHASILHASIL positif diraih mfc dalam uji coba pagi tadi,mantap mfcterus tingkatkan permainan

@IwanBolt

DOK

Sunny AlifudinSunny AlifudinSunny AlifudinSunny AlifudinSunny Alifudin

SEPAK bola merupakansalah satu dari 14 cabangolahraga yang bakal dipertan-dingkan di Pekan OlahragaNasional (PON) Remaja I yangberlangsung di Jawa Timur,November 2014.

Selain sepak bola, cabangolahraga yang dipertandingkandi PON Remaja adalah anggar,atletik, bulutangkis, basket,judo, menembak, panahan,renang, senam, tenis lapangamtenis meja, voli pantai danpencak silat.

Sekretaris Asosiasi Provinsi(Asprov) PSSI Kalsel, Bak-tiansyah mengatakan, pihak-nya telah menerima surat dariKONI Kalsel bahwa sepak bolamasuk cabang olahraga yangakan diikutsertakan di PONRemaja nanti.

Bidik Talenta-talenta LPI 2013❏ Pembentukan Tim Kalsel untuk PON Remaja I

nan, pemusatan latihan digelarsekitar tiga bulan untuk semuacabang olahraga yang diikut-kan. “Sementara ini, kamibelum tahu jumlah pasti ca-

Mendapat surat itu, pihak-nya pun akan segera bergerakuntuk menyiapkan tim meng-hadapi multievent tingkatremaja yang akan berlangsungdua tahun sekali tersebut.

Untungnya, pihaknya su-dah memiliki data mengenaipemain-pemain yang bisa ma-suk tim kalsel proyeksi PONRemaja. Data itu dari gelaranLiga Pendidikan Indonesia(LPI) 2013, tingkat SMP sede-rajat.

Untuk PON Remaja sen-diri, batasan usia maksimaladalah 16 tahun. Namun,khusus cabang olahraga sepakbola, batasan usianya mak-simal 15 tahun.

“Kami akan segera bergerak.Dari LPI kemarin, kami punyadata pemain-pemain yang bisa

masuk tim untuk PON Re-maja,” ujar pria yang akrabdisapa Bakti ini.

Rencananya, para pemainitu akan dipanggil untuk me-ngikuti pemusatan latihan.“Namun, kami akan menggelarseleksi terlebih dahulu,” kataBakti.

Pemanggilan dan seleksisendiri, direncanakan dilaku-kan pada Maret 2014 ini. Di-harapkan, asprov PSSI ka-bupaten dan nkota juga aktifmembantu mencari bibit untukPON Remaja ini.

Sementara, Wakil KetuaKONI Kalsel, Mohammad Wel-ny mengatakan, pihaknyatelah menyiapkan anggaranuntuk pemusatan latihan gunamenghadapi PON Remaja.

Menurutnya, kemungki-

bang olahraga yang dipertan-dingkan. Karena jumlah 14cabang itu masih sementara,”jelas mantan wakil bupati HuluSungai Utara ini (ire)

DOK BPOST GROUP

NET

TIMTIMTIMTIMTIM MTsN Mulawarman (putih) saat menghadapi SMPN 4Malang dalam gelaran LPI 2013.

1902/M13

Page 14: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

Futsal BlitzRABU 19 FEBRUARI 201414 Metro Banjar

TIM Futsal Tabalong (Futstab) tampil sebagai juaraTurnamen Futsal Kelompok Umur (KU) -18 atau 18 tahunke bawah se Kabupaten Tabalong.

Gelar tersebut diraih Futstab setelah mengalahkanPutera Garuda dengan skor 6-2 dalam pertandingan finalyang berlangsung Minggu (16/2) lalu.

Keenam gol Futstab dicetak oleh Aditia, Edo, Puput,Fajar, Bona dan Puput yang masing-masing menyumbangsebiji gol. Sedangkan gol balasan Putera Garuda dibuatoleh Hadi dan Agus.

Tak hanya meraih juara, pemain andalan Futstab,Puput mampu meraih gelar top skor dengan membukukan11 gol pada turnamen tersebut.

Kapten tim Futstab, Edo yang juga tak lain mantanpemain Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tabalong 2013lalu mengakui, lawan-lawan yang dihadapi dalamkejuaraan kali ini sangat tangguh dan kekuatannyamerata.

“Untung saja dengan pengalaman bermain di luardaerah, baik di Turnamen Futsal Borneo Cup di Banjar-masin dan Porprov di Martapura 2013, kami mengatasisetiap lawan hingga meraih juara,” jelasnya.

Ketua Badan Futsal Cabang (BFC) Kabupaten Ta-balong, Bangdoel mengatakan, turnamen tersebut ber-langsung dari 14 sampai 16 Pebruari 2014 lalu.

“Turnamen Kelompok Umur 18 tahun ke bawah inidiikuti oleh 16 tim se Tabalong, diharapkan dari turnamenini muncul bibit-bibit muda potensial dan bisa bersaingdengan pemain futsal Kalimantan Selatan lainnya nanti,”katanya, Selasa (18/2).

Ditambahkan dia, di Porprov di Martapura beberapawaktu lalu, materi pemainnya sebagian masih berstatuspelajar. “Event ini sangat efektif untuk mencari pemainhandal yang nantinya dipersiapkan menghadapi berbagaieven di luar Tabalong,” tegasnya. (ful)

Futstab TumbangkanPutra Garuda

■ Turnamen SMAN 4 Banjarmasin Cup 2014

AFIF BIDIKEMPAT BESAR

TIM-tim yang selama inimenjadi langganan meraihjuara di berbagai kejuaraanfutsal antarpelajar akan me-ramaikan Turnamen SMAN 4(Smapat) Banjarmasin Cup2014 yang berlangsung di ha-laman sekolah tersebut, Kamis(20/2).

Tim-tim unggulan yangmemastikan ikut di antaranyaSMK Swadaya Banjarmasin

yang mengirim dua tim, SMKN5 Banjarmasin, SMA PGRI 2Banjarmasin serta tim tuanrumah Smapat Banjarmasin.

Selain itu ada juga tim kudahitam SMKN 1 Banjarmasindan MAN 2 Model Banjar-masin serta SMAN 1 Banjar-masin yang bakal menjadi batusandungan tim favorit juara.

Belum lagi kehadiran timdari Tanah Laut seperti SMAN

1 Pelaihari, SMKN 1 Pelaiharidan SMKN 2 Pelaihari bakalmenjadi batu sandungan bagitim asal Kota Banjarmasin.

“Persaingan meraih juara diTurnamen Futsal Smapat bakalseru mengingat tim-tim tang-guh dan menjadi barometerfutsal pelajar di Kalsel ikutserta,” papar Feriadi, kaptentim SMK Swadaya Banjar-masin.

Menurut dia, saingan me-rengkuh gelar juara pasti akandatang dari musuh bebuyutan-nya seperti SMKN 5 Banjar-masin, SMKN 1 Banjarmasin,SMA PGRI 2 Banjarmasin.

Namun, lanjut dia, sainganberat akan datang dari tim tuanrumah Smapat yang telah meraihjuara tiga kali di berbagai evenantarpelajar se Kalsel.

Pelatih SMKN 5 Banjar-masin, Afif Raihan juga meng-akui, persaingan di event Sma-pat Banjarmasin sangat ketat.

“Hampir seluruh tim ter-baik ikut. Kami pun tak terlalumenargetkan terlalu muluk,hanya menembus empat be-sar,” jelas guru olahraga SMKN5 Banjarmasin ini.

Di pertandingan antar-SMP sederajat juga tak kalahserunya, mengingat tim tang-guh seperti juara bertahan, MTsAl-Ikhwan, juara di SMA Kop-ri, SMPN 2 Alalak, juara di SMAGIPS yakni SMPN 9 Banjarma-sin serta SMPN 7 Banjarmasinjuga ikut.

Pelatih MTs Al-Ikhwan,Achmad Rizani mengatakan,persaingan meraih juara bakalberlangsung seru dan ketat,karena tim tangguh semua ikut.

“Kami akan berusaha mem-pertahankan meraih juara.Apalagi di kandang sendirikami gagal memertahankanmeraih juara hingga berusahamembalasnya di TurnamenSmapat,” tandasnya.(ful)

Tim Unggulan di SmapatCup 2014

◗ SMAN 4 Banjarmasin◗ SMK Swadaya Banjarmasin◗ SMKN 5 Banjarmasin◗ SMA PGRI 2 Banjarmasin

BPOSTGROUP/BUDI ARIF RH

PEMAINPEMAINPEMAINPEMAINPEMAIN SMAN 1 Pelaihari (hitam) saat berhadapan dengan SMKN 3 Banjarmasin di TurnamenFutsal Smasa Cup, baru-baru tadi. SMAN 1 Pelaihari akan kembali ikut di Turnamen Smapat Cup2014.

TAK kalah gertak dengantim Redaksi, tim futsal putriBisnis BPost juga bertekadmengalahkan semua lawanyang akan dihadapi.

Bermodal kemenangandengan skor 6-2 atas tim putriRedaksi, akhir pekan tadi, Nanics optimistis bisa meraih juarakelompok putri di ajang Turna-men Futsal AntarkaryawanKompas Gramedia Group yangberlangsung GOR Upik Futsal,22-23 Februari 2014.

“Persiapan kami sudahcukup matang menghadapievent ini. Siapa pun lawan akankami libas,” kata Nani, kipertim putri Bisnis, Selasa (18/2).

Menurut karyawan bagianSirkulasi ini, materi pemainBisnis yang terdiri dari Nani,Hesti, Anas, Septi, Metty danLia sudah cukup padu dankompak.

BPOST GROUP/DOK

PEMAINPEMAINPEMAINPEMAINPEMAIN Bisnis dan Redaksi berfoto bersama sebelum uji coba,Sabtu (15/2).

Bermodal Menang Uji Coba“Materi kami sebagian be-

sar pemain muda, sehinggasecara fisik lebih unggul di-banding tim lainnya,” tegas-nya.

Rekannya, Anas menam-bahkan, keyakinan bisa meng-alahkan semua lawan tak ter-lepas dari hasil uji coba mela-wan tim Redaksi yang diper-kuat Evi, Salmah, Restu, Mitadan Kiki.

Namun, lanjut dia, untukmemuluskan langkah ke finalsekaligus meraih juara, timnyaharus menang di pertandinganpembuka saat menghadapi timRadio, TV dan SKG di per-tandingan pembuka.

“Kalau bisa mengalahkantim lantai tiga itu, langkahselanjutnya akan lebih ringanlagi,” jelas karyawan bagianSirkulasi ini. (ful)

TIM futsal Borneo Nu-santara bakal menurunkanpasukan muda menghadapiPoliban Championship yangbakal di gelar akhir Februari2014 di GOR Borneo FutsalBanjarmasin.

“Kami akan mengandal-kan pemain muda di eventtersebut. Untuk menambahjam terbang dan mental tan-ding pemain,” jelas Taufik,pemilik klub Borneo Nusan-tara, Selasa (18/2).

Ditambahkan dia, pemainyang bakal main nanti meru-pakan peringkat keempat diTurnamen Futsal Wagub Kal-sel di Banjarbaru, juara di KU-16 Plaza dan turnamen di BBBBanjarmasin.

Menurut Taufik, untukmenyemangati tim asuhan-nya bertanding di even Poliban

BPOST GROUP/AYA SUGIANTO

PEMAINPEMAINPEMAINPEMAINPEMAIN Borneo Nusantara saat berlaga di Turnamen BorneoFutsal Cup, tahun lalu.

Borneo Turunkan Pasukan Mudatersebut, pihaknya akan mem-berikan jersey baru buat pe-mainnya. “Semoga modelbaju baru, simple dan isti-

mewa, pemain akan tampildengan semangat tinggi,”tandas putra kedua AnwarHadimi ini.

Taufik pun menargetkan,di turnamen Poliban nanti bisamenembus semifinal, meng-ingat beberapa klub tangguhseperti Baldez FC, Subaru FCdan lainnya juga ambil ba-gian.

Sementara itu, panitiapelaksana Ali Wathon menga-takan jumlah peserta diperki-rakan hanya 12 tim saja meng-ingat beberapa klub tak bisamengikuti pertandingan ka-rena pemainnya terbentursekolah dan pekerjaan sepertiZaltia Kapuas, Gledek FCmaupun MU FC Banjarmasin.

“Meskipun jumlah nantihanya 12 tim, tetap kamigelar. Hanya saja format per-tandingan nanti apakan di-bagi dua grup atau kompetisipenuh, itu tergantung pe-serta,” tegasnya. (ful)

TIM futsal Satuan Profesidan Pengamanan (Propam)Polres Banjar menujukkankeperkasaannya memainkan si

ISTIMEWA

TIMTIMTIMTIMTIM Satlantas dan Propam Polres Banjar berfoto bersama sebelumbertanding, Senin (17/2) malam.

Satlantas Tak Kuasa Kalahkan Propamkulit bundar saat menghadapiTim Satlantas Polres Banjarpada laga uji coba yang di-langsungkan di Lapangan

Futsal Borneo, Senin (17/2)malam.

Tim Satlantas tak kuasamengalahkan Propam danharus takluk dengan skor telak,15-5.

Ali Akbar memecah ke-buntuan dan membawa TimPropam unggul 1-0 setelahmemanfaatkan kelengahan linibelakang Satlantas di menit-menit akhir babak pertama.

Di babak kedua, laga sema-kin seru. Kedua tim sama-samatampil menyerang. Gol demi golpun terjadi. Namun Tim Propamlebih unggul dan mengakhirilaga dengan skor 6-1.

Masih belum puas bermaindua babak, kedua tim bersepakatmenambah babak ekstra. NamunPropam tetap unggul denganskor akhir 15-5.

Lima gol Satlantas disum-bangkan oleh Yuda satu gol,Salahudin dua gol dan Denidua gol. Sementara gol-golPropam disumbang oleh AliAkbar tujuh gol, Rohedi empatgol, Wahyuni tiga gol dan Fajarsatu gol.

Wakil manager Tim Sat-lantas, Alfian mengatakan,kekalahan timnya dikarenakanpemainnya masih belum per-siapan penuh.

“Iya itu, karena banyakpemain kita yang masih ku-rang latihan saja. Kami akancoba nanti main lagi denganlatihan terlebih dahulu. Bedadengan Tim Propam yangsering latihan,” ujar kanit Lakaini.

Sementara Manager timFutsal Propam, Cucu Ariawanmengatakan, kemenangan iniberkat kekompakan pemainsaja.

“Memang tidak banyakpemain kami. Namun kamidiuntungkan karena seringlatihan saja,” ujar kiper TimPropam itu. (lis)

1902/M14

Page 15: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

Good NewsRABU 19 FEBRUARI 2014 15Metro Banjar

TINGGAL di tepian SungaiMartapura membuat sebagianbesar warga di Desa TambakBaru Ilir, Kecamatan MartapuraKota, Kabupaten Banjar me-manfaatkan aliran sungai Mar-tapura untuk melakukan akti-vitas mandi cuci kakus (MCK)di sungai tersebut.

Tak mengherankan bila disepanjang Sungai Martapuratermasuk di desa tersebut ber-jejer jamban apung. Tentu saja,bila kebiasaan buruk ini terusberlanjut tentu ini akan me-nambah beban limbah rumahtangga yang tertampung diSungai Martapura termasukmenambah kadar bakteri e-colii.

Namun, hadirnya faslitasMCK umum plus air bersihsejak dua bulan tadi di desasetempat dirasakan memberi-kan perubahan pola hidup ber-sih di masyarakat. Setiap pagiataupun sore, warga berbon-dong-bondong datang untukmandi, mencuci maupunbuang air.

Kenyamanan yang dirasa-kan ketika memasuki MCKumum ini yang menjadi me-narik warga untuk datang keMCK setempat. Ya, kondisiMCK umum yang dibangunmelalui program Sanitasi Ber-basis Masyarakat (Sanimas)memang terasa istimewa.

MCK ini dilapisi keramik diseluruh lantai dan dindingnyadengan fasilitas pendukungberupa enam bilik toilet, duakamar mandi, dua unit was-tafel serta fasilitas tempat khu-sus untuk mencuci pakain. Takketinggalan pula, sejumlahkran wudhu juga disediakan diMCK umum ini.

Untuk melakukan aktivitasdi MCK ini pun dirasakan sa-

BERHARAP BISA KURANGIJAMBAN APUNG

PercontohanSanimas Selanjutnya

CAMAT Martapura Kota, Fahri A Hairudin mengakusangat puas menyaksikan hasil pekerjaan pembangunanfasilitas MCK Umum di Desa Tambak Baru Ilir. MCK yangdilaksanakan oleh KSM Wasaka, ini memang sangat rapi.Penataan ruangan serta didukung proses finishing dankebersihan yang dijaga di MCK ini membuat warga tak seganuntuk datang dan memanfaatkan fasilitas disana.

Dia berharap dengan kondisi MCK yang memang sangatnyaman ini, dapat membantu merubah kebiasaan MCK yangdilakukan warga di sepanjang Sungai Martapura. Denganbegitu, satu per satu jamban apung di Sungai Martapura bisadikurangi.

“Saya memang sangat gembira menyaksikan MCK umumdi Desa Tambak Baru Ilir sangat nyaman memang. Airnyajuga bersih. Mudah-mudahan, dengan kenyamanan yangdirasakan ini warga mengubah kebiasaan MCK di SungaiMartapura,” ujar Fahri.

Menurutnya, program Sanimas ini sangat positif untukmerubah pola hidup bersih di masyarakatnya. Dia punberharap, program yang digerakkan oleh Kementerian PU terusberlanjut di desa lainnya. “MCK di Desa Tambak Baru Ilir inibisa menjadi percontohan untuk pembangunan MCK Umummelalui program Sanimas berikutnya,”ujar Fahri. (*)

ngat mudah. Warga cukup me-mutar kran, mereka sudah bisamenikmati air jernih yang me-ngalir dari dua tandon beruku-ran 1.200 liter di atas MCK. Airtandon ini, disuplai dari sumurbor sedalam lebih 60 meter yangdibangun melalui program Sa-nimas ini. Kebersihan air di MCKini, tentu saja sangat jauh di-bandingkan menggunakan airSungai Martapura yang saat inimakin keruh.

Selain tersedia fasilitas yanglengkap, MCK umum yangterletak persis di sampingKantor Desa Tambak Baru Ilirini juga terlihat bersih. Keramikyang melapisi lantai dan din-ding MCK terlihat kinclong.

Masnah salah seorang war-ga kemarin tampak begitu ter-

kesan dengan MCK yang terse-dia di desanya. Tanpa ragu, Diamasuk ke salah satu toilet. Diapun keluar dengan mimik ter-senyum senang. “Rumahkuagak jauh dari sini. Tapi, ka-yaknya nyaman sekali MCK di-sini dari pada ke batang banyu(sungai, red,-),” ujar Masnah.

Warga lainnya di Desa Tam-bak Baru Ilir, Anang mengaku,keluarganya memilih meman-faatkan fasilitas MCK ini di-

bandingkan harus ke sungai.Disini, sangat nyaman airnyapun begitu bersih dan jernih.

Terlebih bila malam harilebih baik ke MCK ini dari padaharus ke sungai. Saat ini, airsungai Martapura cukup surutsehingga dirasakan Dia dankeluarganya terlalu jauh harus

turun ke jamban apung yangselama ini dimanfaatkannya.

“Alhamdulillah, MCK nyasangat nyaman dan bersih.Airnya juga jernih dan bersih,lebih sehat kalau pakai air dariMCK ini,” ujar Anang.

Pambakal Tambak Baru Ilir,Hamberi mengakui, selama inikebiasaan masyarakat di desa-nya melakukan aktifitas MCKdi Sungai Martapura. Untukmerubah kebiasaan itu, akan

sulit apabila tidak ada tersediafasilitas seperti MCK umumyang ada sekarang ini.

Makanya, Dia sangat ber-syukur desanya mendapatkanprogram Sanimas dari Peme-rintah Pusat. MCK ini, diba-ngun melalui program sanimasoleh Kelompok Swadaya Ma-

syarakat (KSM) Wasaka yangterdiri dari masyarakat DesaTambak Ilir.

Sementara ini, untuk pem-bersihan masih ditangani KSMserta masyarakat di Desa Tam-bak Baru Ilir. Mereka seperti-nya, juga merasakan manfaatMCK umum ini sehingga turutmenjaga kebersihannya.

Menurutnya, program Sa-nimas yang dibiayai dari DirjenCipta Karya senilai ini juga

menyertakan pembangunansumur bor yang menyuplaikebutuhan air untuk aktifitasyang berlangsung di MCK ini.“Mudah-mudahan MCK iniakan meningkatkan puladerajat kesehatan masyarakatdi Desa Tambak Baru Ilir ini,”terangnya.(*)

BANJARMASIN POST GROUP/HARI WIDODO

FASILITFASILITFASILITFASILITFASILITASASASASAS MCK Umum di Desa Tambak Baru Ilir yang terlihat bersih dan megah.

BANJARMASIN POST GROUP/HARI WIDODO

FASILITFASILITFASILITFASILITFASILITASASASASAS MCK Umum di Desa Tambak Baru Ilir disertaidengan kran wudhu.

AAAAAdvdvdvdvdvererererer tttttorialorialorialorialorial

1902/M15

Page 16: Metro Banjar Rabu, 19 Februari 2014

SURABAYA - Perbuatan dukun yang satu ini tidak patut ditiru.Moh Bandiono, kakek berusia 50 tahun, Moh Bandiono,warga Kejambon Surabaya, ditangkap oleh unit PerlindunganPerempaun dan Anak (PPA) Polrestabes Surabaya, karenamencabuli gadis-gadis di bawah umur.

Menurut Kanit PPA AKP Suratmi, diperkirakan adasepuluh gadis yang disetubuhi oleh tersangka yang mengakusebagai dukun itu.

“Yang baru kami periksa ada tiga gadis yang masih SMP.Mereka disetubuhi oleh tersangka. Tapi berdasarkanketerangan mereka, ada sekitar tujuh gadis lagi,” kata Suratmi,Selasa (18/2).

Bahkan korban disetubuhi oleh kakek tersebut, ada yangsedang dalam kondisi hamil. “Ada yang sedang hamil jugadisetubuhi oleh tersangka,” kata AKP Suratmi.

Suratmi menjelaskan modus tersangka dengan mengata-kan pada korbannya, bisa mengatasi masalah mereka.

Untuk gadis yang hamil, sebut saja Melati, datang ketersangka karena sedang hamil.

Gadis tersebut hamil karena berhubungan intim dengankekasihnya. Melati lalu meminta agar tersangka bisamengatasi masalahnya.

“Tersangka justru mengatakan, korban harus berhubu-ngan dengan lelaki lain, seperti PSK yang meski berhubunganintim tidak hamil,” kata Suratmi.

Tersangka lalu menawarkan sebagai solusi, denganmenyetubuhi tersangka di tempat praktiknya, di JalanKejambon Surabaya. (sry/tbn)

Bandiono NgakuBisa Atasi Masalah

SURYA

TERSANGKATERSANGKATERSANGKATERSANGKATERSANGKA Moh Bandiono saat didampingi oleh anggotaPolrestabes Surabaya.

❏ Dukun Cabul Setubuhi 10 ABG

RABUCrime Story

16 Metro Banjar 19 FEBRUARI 2014

BANJARMASIN - Satuan Reser-se Kriminal Polresta Banjar-masin, menangkap tiga orangkaryawaan Cita Lenggang Ban-jarmasin, karena kedapatanmencuri barang perusahaan.

Kepala Satuan Reserse Kri-minal Polresta Banjarmasin,Kompol Afner Juwono Sik me-ngatakan, tertangkapnya tigakaryawan tersebut karena ada-nya laporan dari pemilik peru-sahaan, Iswanto Liono. Senin(18/2).

Dari penyelidikan anggota dilapangan, diketahui tiga karya-waan pelakunya, yakni KepalaGudang Dewi Yanti (26) wargaJalan Pramuka Gang TanjungPura RT 17, dan dua buruhangkut yakni Syaifullah (25)dan Maidi (30).

Karena yakin ketiga karya-wan itu yang melakukan pen-curian barang perusahaan yangsemuanya jenis elektronik itu,polisi langsung melakukanpenangkapan.

Pertama ditangkap, Syai-fullah di rumahnya Jalan Pra-muka RT 9 Banjarmasin Selasa(18/2) sekitar pukul 24.00 Wita.

Sekitar pukul 00.30 wita,

BANJARMASIN - Pembunu-han Lucky Daniar Inggarvani(19) mahasiswi Fakultas Ke-dokteran Unlam Banjarmasindengan tersangka Khairul Mu-alimin alias Oyong (25) mema-suki baru. Tersangka Oyongyang merupakan warga Kela-yan A Banjarmasin Selatanakan disidangkan di Penga-dilan Negeri Banjarmasin, be-sok Kamis (20/2).

Sebagai ketua majelis ha-kim, dalam persidangan terse-

DEWI DITANGKAP SAATBERSAMA KELUARGA

❏ Kepala Gudang Terlibat Pencurian

Kamis Oyong Jalani Sidang Perdanabut adalah Ketua PengadilanNegeri Banjarmasin IrmawanMunawar. Sedangkan untukjaksa penuntut umum (JPU)Muhammad Hazmi.

JPU Muhammad Hazmimengatakan, mengenai jamberapa sidang Oyong belumada kepastian.

Muhammad Hazmi, me-ngatakan, pasal yang dikena-kan terhadap Oyong yaknipasal 339 dan 365 ayat 3 KHUP.

Soal keamanan, Hazmi

mengatakan, sidang sama sajadengan perkara lain tidak adapenambahan personel petugas

keamanan.Pembunuhan mahasiswi

terjadi pada Kamis (3/10/2013)

di Banjar Indah Permai Kom-plek Green Residence Banjar-masin Selatan. (buy)

polisi menangkap Dewi di ru-mahnya saat sedang beris-tirahat bersama suami dananaknya. Tidak berapa lama,dari hasil penuturan keduapelaku yang sudah tertangkap,polisi kembali menangkap Maididi lokasi kerja sekitar pukul13.00 Wita.

“Puluhan barang bukti elek-tronik tersebut, diamankan darirumah para pelaku. Barangbukti tersebut disimpan olehSatuan Reserse Kriminal Pol-resta Banjarmasin,” kata Kom-pol Afner Juwono.

Juwono mengatakan, parapelaku juga ditahan di RumahTahanan Polresta Banjarmasin.Mereka kemungkinan dijerat

Pasal 363 KUHP tentangPencurian dengan ancamanhukuman di atas lima tahun.

Menurut dia, ketiga pelakubersengkongkol mengambilbarang melibih jumlah pesanan.

Contoh, toko A pesan DVDsebanyak lima unit. Namunmereka bersama mengeluarkan

barang itu sebanyak enam unit.Satu unit mereka simpan danitu mereka lakukan berbulan-bulan.

Iswanto Liono mengatakan,akibat perbuatan yang dilaku-kan ketiga karyawannya itupihaknya mengalami kerugiansebesar Rp 80 juta.

Maidi salah satu pelakumengatakan, pencurian tersebutdilakukan berkali-kali sejakdelapan bulan lalu.

“Kami lakukan bertiga ber-kali-kali. Barang lancar keluarkarena kepala gudang ikutketika kami melakukan aksi itu,”kata Maidi. (buy)

BANJARMASINPOSTGROUP/BURHANI YUNUS

MAIDIMAIDIMAIDIMAIDIMAIDI, salah satu tersangka pencurian barang milik perusahaan.

Kami lakukan ber-tiga berkali-kali.

Barang lancar ke-luar karena kepalagudang ikut ketikakami melakukan

aksi ituMAIDIMAIDIMAIDIMAIDIMAIDI

Tersangka

SIDOARJO - Pegadaian di Jalan Brigjen Katamso, Rewwindirampok. Dari pegadaian yang ada di Komplek Ruko GrahaNiaga Blok M3 itu, pelaku membawa kabur uang tunai danperhiasan senilai Rp 900 juta.

“Kejadiannya sebenarnya Senin (17/2),” kata koordinatorsatpam pegadaian Slamet, Selasa (18/2).

Slamet mengatakan, saat itu yang bertugas jaga adalahrekannya, Subchan, warga Sedati. Pergantian satpam sendiriberlangsung setiap pukul 06.00 WIB. Saat itu Subchanmenggantikan Andre, warga Sukodono.

Setengah jam berjaga, Subchan yang berjaga di luar tiba-tiba masuk ke kantor. Dia curiga karena pintu ruangan terbuka.Saat mengontrol ruangan lain, dia kaget karena melihat kepalapegadaian Ferry sudah terikat.

“Tangan dan kaki Pak Ferry terikat, mulutnya dilakban.Subchan segera melepaskan ikatan Pak Ferry lalu melapor kepolisi,” lanjut Slamet.

Ferry rupanya datang ke kantor sekitar pukul 06.00 WIB.tanpa diketahui Subchan, para pelaku menguntit Ferry danikut masuk ke kantor. Subchan sendiri mengira para pelakuadalah teman Ferry. Saat pelaku keluar pun Subchan juga taktahu.

“Menurut keterangan Pak Ferry, pelaku ada dua. Pelakumengenakan helm dan bercadar,” ujar Slamet.

Pelaku, kata Slamet, mengambil uang tunai senilai Rp 50juta dan perhiasan. Total kerugian yang dialami pegadaianadalah Rp 900 juta.

Polisi membenarkan adanya kejadian itu namun engganmenjelaskan lebih detil kejadiannya. “Untuk sementara masihdilakukan penyelidikan. Sudah ada beberapa saksi yang kamimintai keterangan,” ujar Kanit Reskrim Polsek Waru AKPMaryoko. (dtc)

Tangan dan KakiFerry Terikat

❏ Rampok Obrak-abrik Pegadaian

DOK

OYONGOYONGOYONGOYONGOYONG (pakai peci)

1902/M16


Related Documents