YOU ARE DOWNLOADING DOCUMENT

Please tick the box to continue:

Transcript
Page 1: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

Eceran Rp 2.000 Langganan Rp 55.000 http://metrobanjar.banjarmasinpost.co.id NO 4.900 TAHUN XIV ISSN 0215-298716 Halaman KAMIS 6 FEBRUARI 2014

LIHUM

THECHIVE

1. Memulas dan sakit perut2. Cirit-birit3. Loya dan muntah4. Demam dan kesejukan

Tips MengatasiTips MengatasiTips MengatasiTips MengatasiTips MengatasiKeracunan MakananKeracunan MakananKeracunan MakananKeracunan MakananKeracunan Makanan:

1. Teh hitam. Asam tannic yang terdapat padateh hitam adalah salah satu obat bagikeracunan makanan. Minum satu cangkir tehhitam bila Anda merasa sakit perut karenabakteri penyebab keracunan makanan.BERSAMBUNG KE HAL 8

SamsonS Banjar Tak SabarSETELAH tiga

tahun lebih, bandSamsonS bakal tampillagi menghiburpenggemarnya diBanjarmasin. Merekaakan mentas diNashville Pub & Cafe Hotel BanjarmasinInternational (HBI), Jumat (14/2) malam pekandepan.

BERSAMBUNG KE HAL 8

ALBUM SAMSONS■ Naluri Lelaki (2006)■ Penantian Hidup (2007)■ SamsonS (2009)■ Perihal Besar (2013)

BERSAMBUNG KE HAL 8

Ali NgakuKembalikanRp 40 Juta

MARTAPURA - Kasus dugaan penipuanyang dilakukan Ali Akbar, seorang PNS diPolda Kalsel, bergerak melebar. Supiansyah

BANJARMASIN POST GROUP/DONNY SOPHANDI/ELHAMI

WARGAWARGAWARGAWARGAWARGA mengusung jenazah Sapiah yang mau dibawake Birayang..... (bawah) Dua korban keracunan makananyang masih dirawat di rumah sakit, Rabu (5/2).

Tanda-tandaKeracunan Makanan:

SAPIAH AKHIRNYA MENINGGAL■ Puluhan Tamu Pernikahan Keracunan Makanan

BERSAMBUNG KE HAL 8

BANJARMASIN - Puluhan orang yangmenghadiri acara pernikahan anak ter-tua Fahri (45), Khairunisa dan M Mau-lani, di depan Pasar Kampung Gedang,Kota Banjarmasin, keracunan makan-an. Seorang korbannya, Sapiah (55),meninggal dunia di rumah sakit, Rabu(5/3) sekitar pukul 06.10 Wita.

Suara tangis ramai terdengar darirumah bedakan di RT 16 RW 01 JalanSutoyo, Gang Purnawirawan, KotaBanjarmasin, Rabu (5/1) pagi. Tangisitu pecah, menyusul datangnya jena-zah Sapiah, yang dibawa pakai ambu-

lans dari RS Ansyari Saleh Banjarmasin.Sapiah mengembuskan napas ter-

akhirnya di Rumah Sakit Ansyari Saleh,Rabu (5/3) sekitar pukul 06.10 Wita.Siang itu juga jenazah Sapiah dibawasekaligus dikuburkan di Birayang,sesuai permintaan keluarganya.

Sementara itu, Tiga anak Sapiah

dan seorang menantu Sapiah yang jugakeracunan makanan masih dirawat diRumah Sakit Ansyari Saleh. Begitu jugadengan tetangga Sapiah, Nasrudin dandua anaknya, masih dirawat di RSUDUlin Banjarmasin.

“Kami Masak Sendiri”SUASANA rumah Fahri (45), di depan Pasar Kampung Gedang,

tampak sepi. Tidak ada aktivitasberarti di dalam rumah. Barang-barang bekas menggelar acarapernikahan, seperti piring dan gelas,masih tampak di dalam rumah.

Pernikahan anak tertua Fahri,

BERSAMBUNG KE HAL 8

Semen Padang 2 Vs 0 Barito Putera

Motivasi Pelatih Sakit

Menit ke Menitdalam Tekanan

1' SP langsung menggebrak.Umpan Ricky Akbar disambarAirlangga Sucipto, namun bolatipis di atas mistar gawangAditya Harlan.3' Bek Barito asal Korea,Daewon Ha, melanggar kerasbomber SP, Esteban Vizcarra. 7' Yosua Pahabol yangmantan pemain SP, menggem-pur pertahanan tuan rumah.12' Usaha Vizcarra menusukke pertahanan Barito masihbisa dipatahkan barisanpertahanan Laskar Antasari.13' Aksi Ronggo berhasildigagalkan bek Barito, AbandaHerman.14' Wasit Thoriq Alkatirimengeluarkan kartu kuningpertama buat Daewon yangmenjatuhkan Vizcarra.

BARITO Putera gagal mencuri poin dimarkas Semen Padang. Pada laga yang ber-langsung di Stadion Haji Agus Salim, Padang,Rabu (5/2) malam, Barito kalah dua gol tanpabalas. Hasil itu membuat Baritoterpuruk ke posisi sembilan dari11 tim Grup Barat Indonesia Su-per League (ISL) 2014.

Langkah Barito bakal semakinberat karena selanjutnya kembaliakan melakoni laga tandang yangsulit. Menghadapi Arema Cro-nous pada Minggu (16/2) malam,lalu Gresik United pada Jumat (21/2) sore.

Kemenangan Semen Padang (SP) atas Baritotadi malam tak terlepas dari gairah melakoni lagakandang pertama dan motivasi memberikan ke-menangan kepada pelatih Jafri Sastra yang

terbaring sakit. Posisinya digantikan sementaraoleh asisten pelatih Wellyansyah.

Jalannya laga memang lebih dikuasai KabauSirah. Di babak pertama mereka langsung

menggempur pertahanan Barito.Namun beberapa kali peluang

yang didapat pada awal-awal babakpertama berhasil dipatahkan olehbarisan pertahanan Laskar Anta-sari.

Menghadapi tekanan dari SP,Barito bermain disiplin dan cende-rung bermain keras. Beberapa kali

serangan Semen Padang yang dimotori EstebanVizcarra berhasil dipatahkan.

Bahkan pada menit ke-14, pemain

BERSAMBUNG KE HAL 8BERSAMBUNG KE HAL 8

Esteban Vizcara

ANTARA

NET

0602/M1

Page 2: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

Banjarbaru HighlightMetro Banjar2 KAMIS 6 FEBRUARI 2014

BANJARBARU - Suara Paimin terdengar berat saat membaca-kan pembelaan pada sidang Pledoi di Pengadilan Negeri Ban-jarbaru, Rabu (5/2) sekitar pukul 12.30 Wita.

Dia duduk berhadapan langsung dengan Hakim Ketua,yakni Tongani. Ia bahkan nyaris mengeluarkan air mata saatmembacakan pembelaan atas tuntutan yang diajukan pea-danya.

Mantan Ketua RT 6 Landasan Ulin Timur, atau yang di-kenal sebagai Pembatuan itu, tidak terima dengan tuntutan yangdiberikan kepadanya. Dia menganggap tuntutan tersebut lebih berat.

Sambil tersedu, pembelaan yang disampaikannya itu berisiagar tuntutan terhadapnya bisa dikurangi.

“Saya mengharapkan demi keadilan jangan melebih-lebih-kan. Saya ini orang kecil jangan permasalahan kecil dibesar-besarkan dan permasalahan besar dikecilkan. Kami janganditindak seenaknya. Saya berjuang untuk masyarakat banyak,”ujar Paimin sembari mengucap dzikir.

Dia mengatakan, tuntutan dari JPU dengan dakwaan pa-sal 263 ayat 1 KUHP itu semata-mata berdasarkan hasil dariberita acara yang dibuat penyidik yang merupakan hasil reka-yasa yang dipaksakan.

Sebab, korban yang mengaku tanda tangannya dipalsu-kan yakni Rina Sulistiani alias Winda bukan pada surat yangmenimbulkan sesuatu hak tetapi hanya pada kertas blankosurat pernyataan administrasi persetujuan warga untuk me-ngajukan persyaratan IMB.

“Saya hanya menandatangani surat pernyataan perse-tujuan dari warga untuk salah satu syarat menerbitkan IMBpembangunan tower BTS di lahan milik saya,” ujar Paimin.

Sementara itu, Jaksa penuntut umum, Suwono dan LutviTri Cahyono masih tetap pada pendiriannya untuk menuntut.Keduanya tetap pada tuntutannya dan tidak akan dirubahnya.

“Saya tetap pada pembelaan saya,”ujar Lutvi didampingiJPU Suwono.

Sementara itu, Tongani sebagai Hakim Ketua mengatakan,sidang akan kembali dilanjutkan pada Rabu (12/2).

Sidang selanjutnya dengan pembacaan putusan terhadapterdakwa Paimin kasus pemalsuan tanda tangan pengadaanpendirian BTS Banjarbaru. Di mana Paimin memalsukan tandatangan hingga akhirnya dia dilaporkan ke polisi. (aa)

BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

PENGGUNAPENGGUNAPENGGUNAPENGGUNAPENGGUNA Jalan Trikora, tepatnya di dekat persimpangan Jalan Aneka Tambang, Banjarbaru, melewati genangan air akibat hujan deras, Rabu (5/2). Seringterendamnya ruas jalan tersebut setelah dibangunnya median jalan.

Paimin TerseduSampaikan Pembelaan

BANJARMASIN POST GROUP/MAN HIDAYAT

PAIMINPAIMINPAIMINPAIMINPAIMIN membacakan pembelaan pada persidangan diPengadilan Negeri Banjarbaru, Rabu (5/2).

Honorer TetapDiberdayakan

BANJARBARU - Sebanyak 211 tenaga honorer kategori II dilingkungan Pemko Banjarbaru diliputi perasaan tak menentu,mereka menunggu kepastian ada tidaknya nama tercantumdalam daftar kelulusan CPNS honorer kategori II oleh Ke-menterian Pendayagunaan Aparatur Negara dan ReformasiBikorasi (KemenPAN RB).

Info terbitnya kelulusan pada Rabu (5/2) kemarin melaluiportal resmi Kemenpan) pun dikejar. Namun sejak pagi sampaijelang malam belum juga muncul pengumuman yang ditunggu.

Eti (35) seorang honorer kategori II Pemko Banjarbaru yangsudah mengikut tes LJK CPNS pun mengaku gugup.

“Sejak pagi sampai sore kita sudah cari-cari info akses webMenpan juga ke BKD, ternyata belum juga ada perkembangan.Khabarnya kuat diumumkan Rabu ini, makanya saya jugakawan lainnya masih gugup menunggunya,” ucap dia.

Kepala BKD dan Diklat Firdaus Hazairin, menyatakanpihaknya masih menunggu pengumuman dari website MenPANdan juga dari BKD Provinsi Kalsel.

“Begitu ada pengumuman dari MenPAN, langsung kitatindaklanjuti dengan pengumuman di kantor BKD Banjarbaru.Setelah itu disusul proses registrasi,”ucap Firdaus.

Dia menjelaskan, di Banjarbaru ada sebanyak 211 tenaga honorerkategori II yang masuk sebagai peserta ujian CPNS yangmelangsungkan ujian sistem LJK pada 4 Desember 2013.(sar) BANJARBARU - Banjarbaru

Book Fair II di Lapangan Mur-djani yang digelar Kantor Pus-tarda Banjarbaru dan didu-kung penuh Banjarmasin PostGroup terus menampilkan keme-riahan dan menarik perhatianbanyak pengunjung.

Memasuki hari kelima, ke-giatan di stan-stan peserta

WARGA TUDINGMEDIAN JADI PENYEBAB❐ Hujan Deras, Jalan Trikora Banjir LagiBANJARBARU - Hujan derasyang turun selama hampir se-jam di Kota Banjarbaru, Rabu(5/2) kembali membuat wargayang bermukim di sekitar JalanTrikora waswas terhadap banjir.

Siang itu, hujan deras me-ngakibatkan sejumlah titik diJalan Trikora kembali digena-ngi air dengan ketinggianhingga 30 sentimeter lebih.Kondisi tersebut sontak mem-buat pengendara yang mele-wati jalan itu, khususnya sepe-da motor, mengalami kesulitan.

PantauanMetro Banjar, gena-ngan air yang cukup tinggi danpanjang terjadi di antara Mas-jid Al Agung Munawarah danSPBU yang ke arah Jalan Mis-tar Cokrokusumo.

Warga yang bermukim dikawasan itu mencoba membe-rikan bantuan kepada pengen-dara yang lewat. Jalur ke luarCempaka mereka tutup meng-

gunakan kayu agar pengenda-ra tidak terjebak dan menga-lami mogok karena tingginyagenangan air yang dilewati.

Pengendara dialihkan war-ga melewati jalur sebelahnyayang genangan airnya tidakterlalu tinggi. Kondisi ini ber-langsung hampir dua jam le-bih. Sampai air benar-benarsurut warga baru membukajalur ke arah luar Cempaka.

Berdasar pantauan, gena-ngan air yang terjadi pada saatitu penyebabnya sama sepertihalnya banjir besar yang terjadi

pada 9 Januari lalu. Air hujanterhalang oleh median jalan yangdibangun di Jalan Trikora itu.

Median jalan tersebut bu-kannya mengakibatkan jalanmenjadi baik justru sekarangini menjadi pemicu banjir yangdiakibatkan air tidak bisa me-ngalir akibat median jalan ter-sebut. Meskipun sudah adabeberapa lubang rupanya ti-dak cukup.

“Dulu tidak pernah sepertiini, tapi gara-gara median ja-lan ini jadi sering terkena ban-jir. Soalnya air tidak bisa me-ngalir dan tertahan oleh me-dian jalan,” ujar Sukardi, seo-rang warga yang ditemui MetroBanjar.

Begitu juga dengan pe-ngendara baik roda dua mau-pun roda empat harus me-ngambil jalur kanan dan me-lawan arus lalu lintas untukmenghindari genangan air.

Sebab bila melintas motor bisamogok karena terendam air.

“Kita terpaksa melawanarah, banjir ya gak bisa dilewatilah. Mau tidak mau lewat ka-nan,” ujar Dian seorang pe-ngendara sepeda motor jenismatic.

Hal itu dilakukan pengen-dara daripada harus menung-gu dan berputar arah melewatikota. Warga pun meminta agarjalan dan median jalan dikajiulang karena sangat rawanterjadi banjir.

“Kita sebagai pengendarayang terus melewati jalan initentunya terganggu, karenasetiap kali hujan akan banjir.Makanya kami berharap adasolusi atau dikaji ulang me-dian jalan ini. Dulu tenang-te-nang saja tapi sekaranga ma-lah sering banjir,” ujar dia.

Kondisi ini bukan dibiar-kan oleh Pemerintah Kota

(Pemko) Banjarbaru. Merekasudah berupaya melakukanantisipasi banjir.

Kepala DishubkominfoBanjarbaru, Antoni Arfan, me-ngatakan, saat ini pihaknyasudah pernah mengkoordina-sikan dengan Dishub danDinas PU Provinsi Kalsel, tapibelum ada tanggapan.

“Kami sudah melaporkantitik yang rawan banjir tapi ti-dak tahu juga belum ada tang-gapan bahkan kami juga su-dah meminta agar ditinjaukembali. Kami tidak bisa ber-buat apa-apa karena itu we-wenang Dinas PU Provinsi,”ujar dia.

Sementara itu, Kepala Di-nas PU Provinsi Kalsel,Martinus, saat dikonfirmasitidak bisa dihubungi melaluinomor selulernya. Bahkan SMSyang dikirimkan juga tidak adajawaban. (aa)

“”

Dulu tidak pernahseperti ini, tapi gara-

gara median jalanini jadi seringterkena banjir

SUKARDIWarga Trikora

makin dipadati pengunjung.Di antaranya di stand Kelom-pok Kerja Kepala Sekolah Da-sar (K3SD) yang saban harinyaselalu banyak diserbu kunju-ngan siswa SD dari berbagaisekolah di Kota Idaman.

Rabu (5/2), seorang muridSD duduk dan membuat lapo-ran layaknya reporter televisi.

Murid SDN Guntungpayung 1Banjarbaru itu bernama Bella danmenjadi seorang peserta lombamembaca berita atau reporter.

Di depannya seorang pe-tugas terus menyorot dengankamera yang langsung dipro-yeksikan ke layarmonitor. Layak-nya seorang re-porter, Bella, tam-pil percaya dirimembacakan ma-teri laporan dengan intonasidan mimik yang cukuplumayan sebagai reporter cilik pe-mula.

“Demikian kami laporkandari stan Kelompok Kerja Ke-pala Sekolah Dasar (K3SD) dilokasi pameran BanjarbaruBook Fair II Lapangan MurjaniBanjarbaru,” ujar Bella menu-tup narasi beritaa.

Itu hanya sebagian dari se-abrek kegiatan yang digelar

stan tersebut. Stan ini tak ka-lah kreatif dengan stan lainnyadalam menyajikan berbagaiproduk dan layanan menarikminat pengunjung pameran.

Sukini, petugas stan K3SDmengaku sangat senang meli-

hat respons sis-wa maupun or-ang tua terha-dap keberada-an stan K3SDyang menampil-

kan ragam kreasi kerajinan anakSD, klinik baca dan klinik US sertalomba baca berita ala reporter.

“Salah satu yang dipajanghasil kreasi kerajinan anak SD.Dengan memanfaatkan bahanbekas hasilnya menarik. Bah-kan ibu-ibu PKK pun tertarikuntuk belajar dari anak-anakSD. Kegiatan ini benar-benarsangat positif dan semoga inimenjadi motivasi semua pi-hak,” harap dia. (sar)

Stan Kelompok Kepala Sekolah Meriah

BANJARMASIN POST GROUP/SYAIFUL AKHYAR

SEORANGSEORANGSEORANGSEORANGSEORANG murid menjadi peserta lomba membaca beritadisaksikan murid-murid lainnya, Rabu (5/2).

0602/M2

Page 3: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

UJI COBA UNDI KABUPATEN BANJAR

●Terdapat 14 SMA Negeri yangterdiri atas 1.500 siswa sertaSMA/MA swasta sebanyak 28sekolah dengan jumlah siswasebanyak 1.182 siswaatau total SMA/swasta negeri danswasta sebanyak 2.682 sekolah

●Untuk SMK Negeri, terdapat limasekolah dengan jumlah siswasebanyak 636 siswa

●Sedangkan SMK Swasta terdiri duasekolah, yakni SMK DarussalamMartapura dan SMK Al Fattahdengan total jumlah siswa pesertaUN 202 siswa

●Uji coba UN Disdik Provinsidilaksanakan 4, 5 dan 6 Februari 2014

●Sedangkan untuk UN DisdikKabupaten dilaksanakan 24, 25 dan26 Februari 2014

Sumber: Disdik Kabupaten Banjar

Martapura WatchKAMIS 6 FEBRUARI 2014 3Metro Banjar

MARTAPURA - Hari kedua pelaksanaauji coba Ujian Nasional (UN) tingkatSMA/SMK/MA di Kabupaten Banjarmasih diwarnai keluhan dari parapeserta.

Jika pada hari per-tama soal Biologi yangdirasa susah, padapelaksanaa hari keduaini soal Bahasa Inggrisyang menjadi momokbagi siswa di SMK Da-russalam, Martapura.

Sejumlah siswayang ditemui mengakuiagak kesulitan men-jawab soal bahasa Ing-gris yang mereka hadapi terlebih ketikamereka harus menjawab soal listening(mendengarkan).

“Bahasa Inggris ini momok juga bagikami. Hampir sama dengan matematikasusahnya,” ujar sejumlah siswa yangditemui usai uji coba, Rabu (5/2).

Seorang siswa, M Hindi, mengakui,soal Bahasa Inggris yang mereka hadapidirasakannya cukup susah. Terlebihketika mengerjakan 15 butir soal listen-ing. Mereka kesulitan menyimak dan

Siswa SMALB Belajar di Ruang Keterampilan

BANJARMASIN POST GROUP/HARI WIDODO

SEJUMLAHSEJUMLAHSEJUMLAHSEJUMLAHSEJUMLAH murid SMALB Keraton, Martapura yang terpaksabelajar di ruang keterampilan

MARTAPURA - Siswa SekolahMenengah Atas Luar Biasa(SMALB) Keraton terpaksabelajar di ruang keterampilan.Di ruang yang berisi sejumlahmesin jahit itu, siswa setempatbergabung dengan guru yangmengajar di sekolah tersebut.

Mereka seakan tidak bisakonsentrasi di ruang kelas yangbukan peruntukkanya untukbelajar. Kondisi ini dipastikanakan terus berlangsung selamaruang kelas yang mereka tem-pati tidak dibenahi oleh kon-traktor pembangunan bilik

kelas di sekolah mereka.Pantauan Metro Banjar, se-

buah ruang yang berfungsi se-bagai ruang kepala sekolah danguru serta dua bilik kelas terli-hat kotor oleh ceceran semenserta pasir sisa pekerjaan.

Sementara, instalasi listrikdi tiga bilik kelas tersebut jugatidak dibenahi.

Kepala SMALB Keraton,Enes Hidayanto, yang ditemuidi sela-sela hari kedua pelaksa-naan uji coba Ujian Nasional(UN), Rabu (5/2), mengakuikondisi di sekolah tersebut.

Menurut dia, pada 2013 se-benarnya ada dua lokal pem-bangunan bilik kelas dilantai IIsekolah tersebut.

Satu lokal, jelas dia, diba-ngun terlebih dahulu denganmenggunakan dana APBDmurni dari Pemprov Kalsel.

Untuk pekerjaan pemba-ngunan satu di APBD murni,ungkap dia, sebenarnya me-nyebabkan ruang bilik kelas dibawahnya yakni ruang kete-rampilan yang mereka tempatikotor begitu pula dengan in-stalasi listriknya.

“Tidak masalah untukyang satu lokal terdahulu kamibisa langsung tempati ruangketerampilan sekarang ini,”katanya.

Masalah muncul ketikapembangunan lokal berikutnyayang dananya menggunakanAPBD Perubahan. Untuk pe-kerjaan pembangunan satulokal di lantai II tidak adamasalah, semuanya beres- beressaja.

Namun, pemborongnyakali ini tidak bertanggung jawabuntuk mengembalikan kondisikelas di lantai bawah.

Ada tiga kelas, yakni ruang

kepala sekolah dan guru sertadua bilik kelas belajar siswa.

Ketiga bilik kelas tersebut,tidak mungkin mereka guna-kan karena dinding dan lan-tainya kotor oleh ceceran semenpada saat pekerjaan di lantai IIberlangsung.

Kemudian, isntalasi listrik-nya juga tidak dikembalikan.Tangga ke atas, juga tidak di-lakukan finishing secara baik.

“Sudah sebulan ini pembo-rongnya meninggalkan begitusaja. Pemborong bilangnyamelalui SMS bahwa untuk dilantai bawah itu bukan bagiandari pekerjaan mereka.

Sedangkan untuk instalasilistrik saja yang janjinya maudikembalikan akan tetapi inisudah sebulan belum ada tan-da-tanda dikembalikan,” ka-tanya.

Kepala Dinas PendidikanKalsel, Ngadimun, yang dihu-bungi ke teleponnya tidak bisadikonfirmasi. Berulang kali,nomornya terdengar tidakaktif. Demikian pula SekretarisDisdik Kalsel H Amka 0812-51296641 tidak bisa dikonfir-masi karena hand phone-nyatidak aktif. (wid)

MAULANA SALAHKANPENGERAS SUARA

memastikan jawaban yang ditanyakandalam soal listening.

Suara rekaman yang dibacakanmelalui rekaman kurang jelas dandirasakan terlalu cepat sehingga mereka

juga bingung denganjawaban yang harusdiberikan.

“Kehancapan (terlalucepat, Red) memba-cakannya untuk soallistening tadi,” ujarHindi yang langsungdibenarkan oleh re-kan- rekannya.

Wakil Kepala Seko-lah (Wakasek) Kesis-

waan SMK Darussalam, Maulana, me-mastikan pelaksanaan uji coba UN baikdi hari pertama maupun hari kedua se-cara umum berjalan lancar.

Terdapat 179 siswa di sekolahmereka yang tahun ini akan mengha-dapi UN.

Terkait dengan pelaksanaan ujicoba ini, Maulana menjadikan penga-laman untuk pelaksanaan Ujian Na-sional nanti terutama untuk sound sys-tem. Untuk sound system dirasa masih

kurang sehingga perlu pembenahannantinya.

“Secara umum lancar saja pelaksa-naan uji coba selama dua hari ini. Cuma,kita perlu evaluasi untuk sarana audiodi sekolah kita masih kurang sempurna.Kita akan benahi nanti saat pelaksa-naan UN,” katanya.

Dia mengakui, memang sekarang inisiswa belum begitu konsentrasi untukmenghadapi uji coba, karena masih se-mester awal. Tetapi, tetap saja inimenjadi bahan evaluasi guru-guruuntuk membenahi kelemahan siswa.

Untuk meningkatkan kemampuansiswa, bebernya, pihaknya sejak semes-ter ganjil tadi sudah mengintensifkanbelajar siswa dengan memberikan lestambahan pada sore hari sejak pukul15.00 Wita sampai 16.30 Wita.

“Satu setengah jam mereka kita beri-kan pengayaan serta latihan menger-jakan soal-soal UN tahun lalu,” ka-tanya.

Kabid Pendidikan Menengah (Dik-men), H Bajuri, semua kendala yangdikeluhkan siswa selama uji coba inibisa menjadi bahan evaluasi untukpelaksanaan UN nantinya terutama

untuk sarana audio pada saat soal listen-ing Bahasa Inggris.

“Kendala yang terjadi serta kesulitanyang dihadapi siswa selama pelaksanaanuji coba ini menjadi masukan untukevaluasi pembenahan kita untuk pelak-sanaan UN nanti,” kata Bajuri. (wid)

“Kehancapan(terlalu cepat, Red)membacakannyauntuk soal listen-

ing tadi”M HINDI

Siswa SMK Darussalam

Sutarno PasrahLihat Polisi

MARTAPURA - Nasib apes dialami lima dari sembilan penjudiyang nekat mengurut kartu di Desa Awangbangkal Barat,Kecamatan Karangintan. Mereka tertangkap anggota PolsekKarangintan, sementara empat lainnya berhasil kabur.

Mereka yang dijebloskan ke dalam sel penjara adalah,Sutarno (49), Yusup (36), Sarlan (49), M Sadikin (42) danMustono (55). Memang rata rata adalah mereka sudah berusiatua. Mereka ditengara tak bisa lari saat polisi mengerebekmereka yang tengah asyik main judi, Selasa (4/2).

Sementara rekan mereka yang masih muda muda, adasekitar empat orang, sempat kabur kepungan polisi. Sementaramereka yang tergolong sudah berumur tak bisa lari jauh.

Hingga Selasa (4/2) sekitar pukul 18.00 Wita, kelimanyalangsung dibawa ke Mapolsek Karangintan untuk diperiksalebih lanjut.

Selain membawa kelimanya, kepolisian juga,membawabarang bukti berupa satu set kartu domino dan satu set karturemi. Bukan hanya, juga ikut diamankan satu sepeda motormilik pelaku yang kabur.

Dari keterangan Sutarno (49), Rabu (5/2), menyebutkankalau dia dan kawan kawannya itu hanya iseng main judimengisi kekosongan waktu.

“Kami kan kerjanya sebagai buruh bangunan. Jadi kalauluang kami mainan kartu ini, main judi,” ucap dia.

Dia mengatakan, setiap main memasang Rp 5.000. “Ituberamian saja pak,” kilah dia.

Saat digerebek, ia mengaku sudah panik duluan ketikamelihat polisi datang.

“Memang sebagian bukah (kari). Kami yang gak sempatlagi. Kami pasrah ai lagi,” ujar dia.

Sementara itu, Kapolsek Karangintan Ipda R DJokoSetiawan didampingi Kanit reskrim Bripka Mawan S,membenarkan penangkapan judi menggunakan kartudomino dan remi itu.

“Penangkapan itu setelah ada laporan warga ke polsekKarangintan bahwa di desa Awangbangkal Barat ada beberapaorang yang main. Setelah mendapat laporan, kami dananggota reserse mendapat laporan itu langsung melakukanpengecekan ke TKP,” katanya.

Tanpa membuang waktu anggota langsung mlakukanpenggerbekan dan ternyata betul. “Saat itu ada yang lari.Kata mereka tadinya bersembilan, artinya ada empat yangkabur. Selebihnya lima di antaranya kami tangkap,” ujarnya.

Dengan barangbuti yang ada, sambung kapolsek,kesemuanya dikenakan pasal 303, KUHP tentangperjudian. (lis)

BANJARMASIN POST GROUP/NURHOLIS HUDA

LIMALIMALIMALIMALIMA warga yang tertangkap karena bermain judi di DesaAwangbangkal, Karangintan.

BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

JALANJALANJALANJALANJALAN Pangeran Hidayatullah, Keraton, Martapura dipenuhi bendera partai politik dan gambar caleg, Rabu (5/2). Keindahan lingkungan sekitar seakan tidak merekapedulikan lagi mejelang pemilu 2014, dengan memasang atribut-atribut parpol di ruang publik.

0602/M3

Page 4: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

Viva BaritoKAMIS 6 FEBRUARI 20134 Metro Banjar

SELAMA bergabung dengan BaritoPutera, pemain naturalisasi asalBelanda, Tonnie Cusell, performanyaterus mengalami peningkatan.

Pria kelahiran Amsterdam 4Februari 1983 ini pun sudah mulaimendapat kepercayaan dari pelatihBarito Putera, Salahudin meskihanya sebagai pemainpengganti dalam beberapa lagayang dijalani Barito, baik diInter Island Cup 2014,maupun di laga perdanaIndonesia Super League (ISL)2014 saat menjamu PersijaJakarta.

Saat bermain melawanPersija, Sabtu (1/2) lalu,permainan Tonnie Cusell takmengecewakan. Mengisi linigelandang, beberapa kaliTonnie Cusell ikut mendobrakpertahanan Persija meskipun akhirnya Baritoharus mengalami kekalahan.

Tak aneh, ketika melakoni laga tandang kekandang Semen Padang tadi malam, TonnieCusell juga diikutkan dan tenaganya siapdipakai jika diperlukan.

Tepat Selasa (4/2) lalu, Tonnie Cusellmerayakan ulang tahunnya yang ke 31. Diapun kebanjiran ucapan selamat dari rekanmaupun teman-temannya.

Misalnya pemain naturalisasi yangbermain di Liga Jepang, Irfan Bachdim, secarakhusus mengucapkan selamat buat TonnieCusell lewat akun twitternya,@IrfanBachdim10. “@TonnieCusell selamatulang tahun gap!! Fijne verjaardag zie jesnel!!,” tulis Irfan.

Ucapan Irfan tersebut langsung dijawabTonnie Cusell dengan ucapan terima kasih.

Tak mau ketinggalan, Rizky alanza, dariPadang Barat, Kota Padang, lewat akuntwitternya, @Rizky_Alanza juga berkicau

AREMA Cronus Indonesiabakal menjamu Persik Kediri dilaga kedua kompetisi Indone-sia Super League (ISL), Kamis(6/2). Laga ini sangat pentingbagi Arema untuk memperko-koh posisinya di puncak kla-semen Grup Barat.

Namun, dalam laga inipelatih Arema Suharno mem-berikan sinyal akan menurun-kan pemain cadangan karenadia akan melakukan rotasipemain.

Mainkan Penyerang LokalMainkan Penyerang LokalMainkan Penyerang LokalMainkan Penyerang LokalMainkan Penyerang LokalBUBUBUBUBUAAAAATTTTT pelatih Salahudin, jgn takut mainkan penyerang lokaluntuk meliat kualitasx,dr pd prtahanan rapuh dgn 1 pmainasing. Xg lokal punya smangat lbh tinggi tuk cetak gol. DrBARTMAN AGP

+6282149722735

Duetkan Cusell-SyahroniDuetkan Cusell-SyahroniDuetkan Cusell-SyahroniDuetkan Cusell-SyahroniDuetkan Cusell-SyahroniBUANGBUANGBUANGBUANGBUANG ja abanda tuh , inya kd harat lgi main , coba duet kandaewon dgn guntur pasti kd harapan klh lgi pang barito nihlwn jua pemain tengah nya main kan cussel lwn syahroni..ituja png nah evaluasi uln , slam satu hati laskar antasari

+6287816772133

PPPPPererererertahanan Jangan Lengahtahanan Jangan Lengahtahanan Jangan Lengahtahanan Jangan Lengahtahanan Jangan LengahBWTBWTBWTBWTBWT BARITO N platih bp bang salahudin.ulun sarankn.! jgnsmpy lengah perthananx.krna musuh udh tau trik2 BP.jgn tkutd kndg lwn.REBUT POINX. by.noval mtp

+628991139156

Buat Strategi ApikBuat Strategi ApikBuat Strategi ApikBuat Strategi ApikBuat Strategi ApikBUBUBUBUBUAAAAATTTTT s’mua management n pmaen BP buat bu2han umnyrankan spya pian mlupkan k’kalahan smlam ( 1 Februari2014 Awal ISL ) u lwan masyarakat bnjar mndoakan bu2hanpian spya thun ne JUARA ANYAR ISL dn mmbuat masyrakatbnjarmsin ttawa,gembira n k’grangan ..dan buat lge strategiyg apik,.untk mnghajar lwan2..dan u ykin thun ne BARITOjuara ISL.Sasah Lakasi#By;Raehan_93official Zyakhier BJM.

+6285754104176

Barito Pasti MenangBarito Pasti MenangBarito Pasti MenangBarito Pasti MenangBarito Pasti MenangAAAAAYYYYYOOOOO barito mdahan kamu bisa jadi juara musim ini????Baritopasti menang,smangat barito drie aditya

+6289633867336

Orang Banua Baca MetroOrang Banua Baca MetroOrang Banua Baca MetroOrang Banua Baca MetroOrang Banua Baca MetroBELUMBELUMBELUMBELUMBELUM lengkap jadi org banua sebelum membaca metrobanjar semangat trs barito do’a q slalu menyertai mu mudhanbarito juara thn ini by M iqbal

+6285248865646

Siap Fisik dan MentalSiap Fisik dan MentalSiap Fisik dan MentalSiap Fisik dan MentalSiap Fisik dan MentalMENEMPMENEMPMENEMPMENEMPMENEMPAAAAATKANTKANTKANTKANTKAN amir dhposisi digelandang bertahan sangattidak tepat. Padahal kita ada pemain naturalisasi, buat apamanajemen kontrak mahal-mahal kalau ga dimainkan. Pemainyg propesional sdh pasti siap fisik dan mental’x.

+6281348666620

TTTTTabuh Genderang Pabuh Genderang Pabuh Genderang Pabuh Genderang Pabuh Genderang PerangerangerangerangerangKALAUKALAUKALAUKALAUKALAU bisa jgn nyanyi terus. tAguring pemain kena.kalauBARITO nyerang ke gawang musuh digendang kaya perangromawi seperti lwn papua tahun lalu.makasih amg batul mtp

+6285251061088

Pintu Masuk Dibuka SemuaPintu Masuk Dibuka SemuaPintu Masuk Dibuka SemuaPintu Masuk Dibuka SemuaPintu Masuk Dibuka SemuaSASASASASAYYYYYAAAAA bkan untk mengomentari kekalahan barito.Tp mengo-mentari panpel. Sharus x pnt msk tribun dbka smua. Jdpenonton bs msk tnp dsak2an... Sy kcwa trhdp panpel.

+625116812676

Semangat Juang BersatuSemangat Juang BersatuSemangat Juang BersatuSemangat Juang BersatuSemangat Juang BersatuKEKALAHANKEKALAHANKEKALAHANKEKALAHANKEKALAHAN bukan berarti harga mati tp kekalahan adalhmerupkn semangat juang untuk bersatu lg bersama tim,kpdadingsanak2 seberataan yg andil dlm BP jgn jd diri sendri(inginmengankat nama sendri) tetapi jd lh diri tim sehingga tidakbisa lg d goyahkn tim2 lain baik kandang maupun tandang njgn emosinal apapun yg kita hadapi baik klh maupun menang(asim gabau salm satu hati BP)

+6285248444377

Datangkan Edward-ZahrahanDatangkan Edward-ZahrahanDatangkan Edward-ZahrahanDatangkan Edward-ZahrahanDatangkan Edward-ZahrahanUNTUKUNTUKUNTUKUNTUKUNTUK musim dpn kl bs dtg kan EDWARD WILSON JR (mantanstriker semen pdg) & ZAHRAHAN KR ( mantan playmakerpersipura ) dari: pecinta barito.

+6282358772121

PPPPPerbanerbanerbanerbanerbanyyyyyak Kak Kak Kak Kak Keamanan Teamanan Teamanan Teamanan Teamanan TribunribunribunribunribunTOLONGTOLONGTOLONGTOLONGTOLONG untuk Panpel Barito Putra d perbnyak keamanan dtribun trusan biar tdk ada lg yg lompat2 nyerobot masuk datas pagar, pagar paling atas tribun d tinggi i ja biar tdk ada yglompat2 nyerobot masuk k tempat duduk tribun Trusan !!!Trima kasih !!!

+6282154415009

SPIRIT TONNIE

KLASEMEN SEMENTKLASEMEN SEMENTKLASEMEN SEMENTKLASEMEN SEMENTKLASEMEN SEMENTARA GRARA GRARA GRARA GRARA GRUP BARAUP BARAUP BARAUP BARAUP BARATTTTT1. Persib Bandung 2 2 0 0 3-1 62. Arema Cronus 1 1 0 0 4-1 33. Pelita Bandung Raya 1 1 0 0 2-0 34. Semen Padang 1 1 0 0 2-0 35. Persija Jakarta 1 1 0 0 2-1 36. Persik Kediri 1 0 1 0 1-1 17. Gresik United 1 0 1 0 1-1 18. Sriwijaya FC 1 0 0 1 0-1 09. Barito Putera 2 0 0 2 1-4 010. Persita Tangerang 2 0 0 2 1-4 011. Persijap Jepara 1 0 0 1 1-4 0

KLASEMEN SEMENTKLASEMEN SEMENTKLASEMEN SEMENTKLASEMEN SEMENTKLASEMEN SEMENTARA GRARA GRARA GRARA GRARA GRUP TIMURUP TIMURUP TIMURUP TIMURUP TIMUR1. Persebaya 2 2 0 0 3-1 62. Perseru Serui 2 1 1 0 4-1 43. Persipura 1 1 0 0 3-0 34. Persiba Balikpapan 2 0 2 0 1-1 25. Persiba Bantul 1 0 1 0 1-1 16. PSM Makassar 1 0 1 0 1-1 17. Persiram 1 0 1 0 0-0 18. Putra Samarinda 2 0 1 1 1-2 19. Persela 2 0 1 1 0-3 110. Mitra Kukar 1 0 0 1 1-2 011. Persepam MU 1 0 0 1 1-4 0

TTTTTop Skop Skop Skop Skop Skororororor1. Emmanuel Kenmogne (Persebaya) 2 gol2. Yoksan Ama (Perseru) 2 gol

Hasil PertandinganHasil PertandinganHasil PertandinganHasil PertandinganHasil Pertandingan, Rabu (5/2)Rabu (5/2)Rabu (5/2)Rabu (5/2)Rabu (5/2)Grup BaratGrup BaratGrup BaratGrup BaratGrup BaratSemen Padang (2) vs (0) Barito PuteraPersib Bandung(2) vs (1) PersitaGrup TimurGrup TimurGrup TimurGrup TimurGrup TimurPerseru (0) vs (0) PerselaPersebaya (1) vs (0) Putra SamarindaJadwal Pertandingan, Kamis (6/2)Grup BaratGrup BaratGrup BaratGrup BaratGrup BaratArema Cronus vs Persik Kediri (20.00 Wita)Gresik United vs Persijap Jepara (16.30 Wita)Pelita Bandung Raya vs Sriwijaya FC (Live RCTI, 16.30 Wita)

AAAAAGENDGENDGENDGENDGENDA BOLA NASIONALA BOLA NASIONALA BOLA NASIONALA BOLA NASIONALA BOLA NASIONAL

setelah berhasil bermain im-bang 1-1 di kandang GresikUnited, Selasa (3/2).

Selain itu, Persik juga inginmemperbaiki sejarah buruk saatbertemu dengan Arema. Dalamkurun waktu lima tahun terak-hir, Persik tak pernah menga-lami kemenangan ketika meng-hadapi Arema.

Bahkan, dalam tiga perte-muan di 2010, Persik selalumenelan pil pahit, dipecun-dangi Arema baik ketika ber-main di kandang maupuntandang. Sedangkan kemena-ngan terakhir Persik atas Arematerjadi lima tahun lalu, te-patnya di Kompetisi DjarumISL 2008 pada 2 Februari 2009.Kala itu, Persik yang bermaindikandang Arema menang

Macan Putih Matikan Mantan

terkait ulang tahun TonnieCusell. “@TonnieCusell happyb.day abang tonnie cussel. Wish

you all the best (semogasemua yang terbaik

buatmu),” kicaunya.Selain itu,

Risandy lwatakun

twitter-nya,@luthfiri-sandi

juga ikutmemberi

selamat.“@TonnieCusell

happyBirthdaytheWinner withBaritoPutera (selamatulang tahun,pemenang bersamaBarito Putera,”tulisnya.

Ucapan selamatdan

doadarirekandan teman-teman TonnieCusell di hariulang tahunnyatersebut tentu sajamemberikan spirittersendiri bagiTonnie Cusell agar bisa meraihkesuksesan bersama Barito Putera.(ncl)

Menurut Suharno,kualitas pemainnya sama,sehingga ia tak khawatir jikaharus melakukan rotasi pemainsaat melawan tim Macan Pu-tih, julukan Persik Kediri. “Kua-litas dan kemampuan pemaincadangan tidak kalah denganpemain yang biasa diturunkansebagai strater,” ujar Suharno,Rabu (5/2).

Menurutnya, masa recov-ery pemain pasca melawanPersijap Jepara 3 Ferbuari lalumemang cukup minim. Namunia yakin semua pemain Aremasiap diturunkan. “Kita tidakkekurangan pemain, semuasiap jadi starter. Masa recoveryyang minim tidak menjadimasalah,” tutur pelatih asalKlaten ini.

Meski demikian, Suharnotetap meminta anak asuhnyabermain maksimal demi meraihkemenangan. “Target lawanPersik tetap harus menang,”tandasnya.

Namun tentunya, menga-lahkan Persik Kediri bukanperkara mudah. Terlebih, pe-main Persik tengah beradadalam kondisi bersemangat

dengan skor 1-0.Tentunya, dalam laga nanti

malam, Persik sangat berambisimengulang kenangan manislima tahun lalu tersebut. Seti-daknya, Persik memburu satupoin dalam laga ini.

Pelatih Persik, Aris BudiSulistyo sepertinya sudah me-miliki cara untuk mematikangerakan striker Arema Cronus,Cristian Gonzales. Pemain asalUruguay yang tak lain mantanpemain Persik ini memilikiinsting menjebol gawang lawancukup bagus dan pemain bela-kang diinstruksikan khususuntuk mengawalnya.

Meskipun berusaha mema-tahkan ketajaman ‘taring’ stri-ker Singo Edan, Persik tidakakan bertahan total di StadionKanjuruhan. Kusnul Yuli csbisa melakukan counter attack bilamendapat kesempatan.

Dalam laga ini Aris akanmengandalkan beberapa pe-main yang pernah memperkuatSingo Edan, yakni Kunsul Yulidan Qitschil Gandrum Minny.

“Target kami ke Malanghanya mendapat satu poin.Bagi kami, satu poin ini samadengan enam poin kalau dipe-roleh dari Arema Cronus,”terang Aris.(bjc/tnc/ncl)

LIGAINDONESIA

BOMBERBOMBERBOMBERBOMBERBOMBER Arema Crounus, Cristian Gonzales (jatuh) bakalmendapat pengawalan khusus dari pemain belakang Persik kediri,Kamis (6/2).

Head to HeadHead to HeadHead to HeadHead to HeadHead to Head28/Jul/2010 Piala Indonesia 201028/Jul/2010 Piala Indonesia 201028/Jul/2010 Piala Indonesia 201028/Jul/2010 Piala Indonesia 201028/Jul/2010 Piala Indonesia 2010

Persik 0 - 4 Arema18/Feb/2010 Djarum ISL 200918/Feb/2010 Djarum ISL 200918/Feb/2010 Djarum ISL 200918/Feb/2010 Djarum ISL 200918/Feb/2010 Djarum ISL 2009

Arema 3 - 0 Persik20/Jan/2010 Djarum ISL 200920/Jan/2010 Djarum ISL 200920/Jan/2010 Djarum ISL 200920/Jan/2010 Djarum ISL 200920/Jan/2010 Djarum ISL 2009

Persik 0 - 1 Arema02/Feb/2009 Djarum ISL 200802/Feb/2009 Djarum ISL 200802/Feb/2009 Djarum ISL 200802/Feb/2009 Djarum ISL 200802/Feb/2009 Djarum ISL 2008

Arema 0 - 1Persik

Persik Kediri Persik Kediri Persik Kediri Persik Kediri Persik KediriArema CronusArema CronusArema CronusArema CronusArema Cronus vsvsvsvsvs

TTTTTonnie Cusellonnie Cusellonnie Cusellonnie Cusellonnie Cusell

BPOSTGROUP/APUNK

0602/M4

Page 5: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

Pro ConsumerKAMIS 6 FEBRUARI 2013 5Metro Banjar

KAWASAN Pergudangan memang bukan barang barudi pasar properti. Pasar areal pergudangan masih baguskarena permintaan untuk bisnis kecil hingga menengahmasih cukup besar.

Ada hal yang harus Anda perhatikan ketika akanmembeli atau menyewa kawasan pergudangan. Nah,sebagai patokan, Anda bisa mengikuti beberapa panduanpraktis ini:■ Lokasi

Faktor utama yang harus Anda perhatikan adalahlokasi. Ini yang paling penting, karena lokasi menentukanprestasi. Anda mesti mencermati kemudahan akses kelokasi areal pergudangan tersebut. Kalau mau beligudang di kawasan pergudangan untuk investasi, lokasiyang strategis itu juga sangat mutlak.

Dalam penentuan letak gudang, keputusan dipengaruhioleh beberapa faktor, seperti jenis barang, biaya transport,pasar, penyediaan tenaga kerja, pajak, kondisi geografi danpersaingan.

Penting tidaknya faktor-faktor tersebut tergantung padakeadaan pabrik, ataupun perantara dalam saluran. Di sinilebih menekankan pada penggunaan fasilitas milik sendiriwalaupun pemilihan untuk menggunakan gudang umumjuga didasarkan pada faktor yang sama.■ Sumber bahan baku

Untuk beberapa jenis barang tertentu seperti hasiltambang, dan hasil pertanian sering memerlukan tempatpenyimpanan yang berada dekat dengan sumbernya. Selainongkos transpornya rendah, pengangkutannya lebihmudah.

Penentuan gudang yang didekatkan dengan sumberbahan bakunya disebut product oriented location.Sedangkan market oriented location merupakanpenentuan letak gudang yang dekat dengan langgananatau pasarnya.

Gudang yang letaknya dekat dengan pasar inidiperuntukan bagi barang-barang yang mudah rusak,seperti roti basah, buah-buahan, dan sebagainya.■ Distribusi

Gudang penyimpanan menyimpan barang untukjangka menengah sampai lama. Gudang distribusimenerima barang dari berbagai pabrik perusahaan danpamasok dan memindahkannya secepat mungkin.

Gudang-gudang jenis lama yang bertingkat banyakdengan elevator, yang lambat dan prosedur penangananbahan, yang tidak efisien, menghadapi persaingan darigudang-gudang otomatis berlantai satu yang lebih barudengan sistem penanganan bahan lebih maju dikendalikankomputer.

Komputer membaca pesan toko dan mengarahkantruk-truk pengangkat dan elevator untuk mengambilbarang-barang menurut kode-barangnya,memindahkannya ke gladak muat, membuat faktur.Gudang-gudang ini telah mengurangi kecelakaan kerja,biaya buruh, pencurian, kerusakan, serta meningkatkanpengendalian persediaan. (er/net)

AKHIR-AKHIR ini makinbanyak iklan yangmenawarkan gudang dalamsatu areal atau dikenaldengan istilah kawasanpergudangan di KalimantanSelatan, khususnya diBanjarmasin dan sekitarnya.Kawasan yang dibidikkebanyakan di sekitar Jl AYani dan Lingkar Selatan (JlGubernur Soebarjo).

Namun, sebagian besartampaknya investor lebihmelirik kawasan LingkarSelatan. Pertimbangannya,tentu saja karena aksesmenuju pelabuhan lebihmudah. Memang, LingkarSelatan merupakan jalur yangdikhususnya bagi angkutanberat, terutama barang, untukmenuju Pelabuhan TrisaktiBanjarmasin.

Kawasan pergudanganmerupakan suatu areal yangdisediakan bagi industrisebagai lokasi penyimpanganbarang. Sejumlahpengembang yang dulunyalebih banyak bermain diperumahan, kini banyak yangmelirik bisnis ini.

Developer membangungudang-gudang dalam satukawasan untuk ditawarkankepada pengusaha. Biasanya,di areal pergudangan tersebutdisediakan berbagai fasilitas.Selain kemudahan aksesjalan, tentunya pengamanan.

Di kawasan LingkarSelatan, sebuah gudang dijualdi kisaran angkar Rp 1 miliarhingga Rp 3 miliar,tergantung ukuranbangunan. Biasanya, hargayang ditawarkan sudahtermasuk fasilitas listrik, airbersih, dan keamanan.

Bahkan, sejumlahdeveloper kelas atas beranimemberi jaminan lebihtambahan seperti bebasbanjir, taman hijau, ataumultifungsi artinya seliansebagai gudang bisa puladijadikan kantor, juga

PILIH GUDANG BARANG PUN AMAN

BEBERAPA tindakan khusus yang perludiperhatikan dan dilakukan dalam rangkapemeliharaan barang di gudang adalah:● Menyediakan tempat/ruangan yangmemenuhi syarat.● Menyediakan peralatan berupa: lemari biasa, lemari pemanas,lemari pendingin, meja, dan rak yang sesuai dengan caramenyimpan jenis barang yang bersangkutan.● Menyimpan barang pada tempat yang telah disediakan

sesuai golongan dan jenisnya.● Memberikan penerangan (lampulistrik) yang cukup.● Mengatur suhu/temperatur udaradi dalam ruang penyimpananbarang.● Menempatkan petugas-petugaskhusus untuk memelihara danmemeriksa keadaan tempatpenyimpanan dan keadaan barangyang disimpan.● Menjaga kebersihan dan keamananbarang yang disimpan.● Menempatkan atau memasangkeadaan darurat, seperti alarmpencurian, alarm bahaya kebakaran,alat pemadam kebakaran, alatpencegah dan penanggulangan tikusdan binatang kecil lainnya.● Kamera TV intern (CCTV). (er/net)

Perlu Patokan

fasilitas penunjang seperticrane gratis.

Kawasan pergudanganmuncul seiring kebutuhanterhadap sebuah tempatuntuk menyimpan barangmaupun proses penunjanglainnya. Pelaku usahamanufacturing khususnya,akan selalu memerlukangudang, baik untukmenyimpan bahan baku,barang dalam prosesproduksi, ataupun barangjadi hasil pabrikasinya.

Untuk kawasanpergudangan ini, bagi Andayang berminat ada duapilihan bisa dilakukan,menyewa atau membeli.

Mengutip dari sejumlahblog dan situs, apabila Andamemilih untuk menyewa,tentu saja Anda harus tahupersis berapa harga yangditawarkan per meter per segiper bulan atau per tahun.Harga sewa tersebut tentusaja juga tergantung lokasigudang, kondisi gudang yangdisewakan, dan fasilitaspendukung.

Hal lain yang perludiperhatikan sebelum Andamemutuskan untuk memilihkawasan pergudangan,adalah siapa pemilik maupunpengelolanya.

Ada tiga kategorikepemilikan gudang, yakniperusahaan, perorangan,patungan share daribeberapa pemodal(perusahaan dan/atauperorangan).

Sedangkan pengelolagudang juga terbagi tiga,perusahaan sebagai pemiliksecara langsung mengelolasendiri, perorangan sebagaipemilik secara langsungmengelola sendiri, danperusahaan/pengelolagudang untuk barangperusahaan lain/orang lain(logistik).

Mengetahui kepemilikandan pengelola ini sangat

penting, untuk terjaminnyakepastian selama masapenyewaan maupun setelahmembeli juga fasilitas yangsesuai yang dijanjikan.

Dalam hal fasilitas,biasanya disediakanbervariasi, seperti space untukkantor,

kamar mandi,mess/penginapan, ruangtunggu pengemudi, toilet,loading dock, crane hoist,internet, telepon.

Namun, fasilitas yangdisediakan oleh masing-masing pengelolapergudangan tentu saja tidaksama. Semua itu tentu sajatergantung harga sewa.

Untuk pergudangansistem sewa, ada juga yangmemanfaatkan ‘musiman’.Artinya memanfaatkangudang hanya saat musimramai, seperti menjelangpuasa/lebaran.

Pada kondisi ini biasanyatiga bulan sebelumnyabiasanya sudah banyak yangorder gudang. Satu sampai

dengan dua bulan setelahlebaran, permintaan barumulai menurun.

Sedangkan penggunagudang secara umum (untukstock product & distribusi),biasanya tidak terpengaruhpada

musim. Mereka memangmenggunakan gudang untukstok barang di suatu areapenjualan atau distribusi.

Seperti pergudangan disekitar Pelabuhan Trisakti,gudang dipergunakan untuktransit (baik dari hasilproduksi atau import - dgmenggunakan kontainer),selanjutnya didistribusikan keberbagai daerah/dalam kotadengan menggunakanangkutan truk yang lebihkecil.

Bagi Anda yang inginmembeli atau menyewatempat di sebuah kawasanpergudangan, tentunya perlujuga mengetahui rambu-rambunya. Dalam hal iniadalah barang apa saha yangboleh dimasukkan dalam

gudang.Kebijakan dan ketentuan

untuk barang yangdimasukkan ke dalamgudang biasanya menjadikebijakan dari pemilik gudangmasing-masing. Misalnya,bukan barang yangberbahaya, bukan barangyang dilarang untukdiedarkan di dalam negeri,bukan barang yang mudahterbakar, dan masih banyakketentuan-ketentuan lain.

Demikian halnya dengangudang yang dikelolaperusahaan logistik.Kebijakan untuk barang yangdisimpan di gudang logistikjuga berbeda-bedakebijakannya.

Tergantung perusahaanlogistik tersebut mengelolauntuk gudang jenis barangtertentu atau barang secaraumum.

Dalam suatu areabiasanya kita kelompokkan,apabila gudang tersebutuntuk jenis bahan makanan,maka di sekitar area tersebutdiupayakan untuk gudangjenis makanan. Demikianjuga untuk gudang farmasi,akan diupayakan di sekitararea tersebut untuk gudangfarmasi.

Prospek bisnis gudang inisendiri dari sejumlah kalangandiprediksi bagus. Karena tidaksemua perusahaanmempunyai tempat yangcukup untuk menampungproduknya. (er/net)

Diperlukan untukPengamanan

FOTO-FOTO:NET

0602/M5

Page 6: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

Public ServicesKAMIS 6 FEBRUARI 20146 Metro Banjar

Pemimpin Redaksi: Yusran Pare

Wakil: Harry Prihanto

Redaktur Pelaksana: Dwie Sudarlan

Manajer Peliputan: Elpianur Achmad

Asisten Manajer Peliputan: R Hari Tri Widodo

Manajer Produksi: M Taufik

Redaktur Eksekutif : Muhammad Yamani (Banjarmasin Post/Online), Mulyadi Danu Saputra (Metro Banjar), Irhamsyah Safari(Serambi Ummah)

Manajer Redaksi: Irhamsyah Safari

Wakil: Agus Rumpoko

Redaktur: M Royan Naimi, Sigit Rahmawan A, Syamsuddin, AlpriWidianjono, Kamardi, Mahmud M Siregar, Aya Sugianto, SofyarRedhani, Siti Hamsiah

Asisten: Sudarti, Halmien Thaha, Murhan, Anjar Wulandari,Ernawati, Idda Royani, Mohammad Choiruman, Budi Arif RH.

Staf Redaksi: Umi Sriwahyuni, Eka Dinayanti, Hanani, BurhaniYunus, AM Ramadhani, Syaiful Anwar, Syaiful Akhyar, Khairil Rahim,Ibrahim Ashabirin, Sutransyah, Faturahman, Irfani Rahman,Jumadi, Edi Nugroho, Doni Usman, Mustain Khaitami (Kabiro),Hari Widodo, Ratino Taufik, M Risman Noor, Salmah, Rahmawandi,M Hasby Suhaily, Helriansyah, Didik Triomarsidi (Kabiro), NiaKurniawan, Mukhtar Wahid, Rendy Nicko Ramandha, Restudia, YayuFathilal, Frans, Nurholis Huda, Aprianto.Fotografer: Kaspul Anwar, Donny Sophandi

Tim Pracetak: Syuhada Rakhmani (Kepala), M Syahyuni,Aminuddin Yunus, Syaiful Bahri, Edi Susanto, Sri Martini, KikiAmelia, Rahmadi, Ibnu Zulkarnain, Achmad Sabirin, Rahmadhani,Ahmad Radian, M Trino Rizkiannoor, M Denny Irwan Saputra,Samsudi.

Biro Jakarta: Febby Mahendra Putra (Kepala), Domuara Ambarita,Murdjani, Antonius Bramantoro, Budi Prasetyo, Fikar W Eda, FXIsmanto, Johnson Simandjuntak, Rahmat Hidayat, Yul isSulistyawan, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Sugiyarto

Penasihat Hukum: DR Masdari Tasmin SH MH

Pemimpin Perusahaan: A Wahyu Indriyanta

General Manager Percetakan: A Wahyu Indriyanta

Asisten General Manajer Percetakan : Suharyanto

Wakil PP (Bidang Humas-Promosi): M Fachmy Noor

Manajer Iklan: Helda Annatasia (08115803012)

Alamat: Gedung HJ Djok Mentaya Jl AS Musyaffa No 16Banjarmasin 70111, Telp (0511) 3354370, Fax (0511) 4366123,3353266, 3366303

Bagian Redaksi: Ext. 402, 405

Bagian Iklan: Ext. 113, 114

Bagian Sirkulasi: Ext. 116, 117

Pengaduan Langganan: 08115000117, (0511) 3352050

Biro Jakarta-Persda: Redaksi, Jl Pal Merah Selatan No 12Lantai II Jakarta 10270, Telp (021) 5483008, 5480888 dan5490666 Fax (021) 5495358

Perwakilan Surabaya: Jl Raya Jemursari 64 Surabaya,Telp (031) 8471096, 8483428, Fax (031) 8471163

Biro Banjarbaru: Jl Mister Cokrokusumo Kav 15-17 Widya ChandraUtama, Cempaka, Kota Banjarbaru Telp (0511) 4780355 Fax (0511)4780356

Biro Palangka Raya: Jl RTA Milono Km 1,5 PalangkarayaTelp (0536) 3242922

TARIF IKLAN:

Display/Advertorial Hal 1: Hitam Putih (BW): Rp 22.500/mmk

Berwarna (FC): Rp 45.000/mmk

Iklan Kuping: Berwarna (FC): Rp 50.000/mmk

Display/Advertorial Hal Dalam: Hitam Putih (BW): Rp 11.250/mmk

Berwarna (FC): Rp 22.500/mmk

Iklan Sosial/keluarga: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/mmk

Berwarna (FC): Rp 15.000/mmk

Iklan Baris: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/baris

Berwarna (FC): Rp 10.000/baris

Iklan Satu Kolom: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/mmk

Berwarna (FC): Rp 15.000/mmk

Catatan: Harga belum termasuk PPN 10%

Harga Langganan: Rp 55.000/bulan

Percetakan: PT Grafika Wangi Kalimantan

Alamat: Lianganggang Km 21 Landasan Ulin Selatan BanjarbaruTelp (0511) 4705900-01. Isi di luar tanggungjawab percetakan

Penerbit : PT Cahaya Media Aditama

SIUPP : No.1646/SK/Menpen/SIUPP/1999

Tanggal 10 September 1999

Direktur Utama : Herman Darmo

Pemimpin Umum : HG (P) Rusdi Effendi AR

WARTAWAN ”BANJARMASIN POST GROUP” SELALU DIBEKALI

TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/

MEMINTA APA PUN DARI NARASUMBER

Banjarmasin Post Group

TELEPON PENTING

Banjarmasin

Banjar

Banjarbaru

PLN Kalselteng 4772520

4772633

4772261

4772564

PLN Cabang Banjarmasin 3359050

PDAM Bandarmasih Banjarmasin

3253617

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kota Banjarmasin 4367171

3360010

Dinas Kesehatan Kalsel 3355661

4364646

Dinas Kesehatan Banjarmasin 304863

365177

304803

Dinas Pendidikan Kalsel

363885

363885

53913

Posko BPBD 4721113

BPK Buser Induk 7714690

BPK Kompas 6216684

Pemkab Banjar 6292009

Dinas Kesehatan Banjar 721203

722387

BPK Melati (Martapura) 087815950460

6109070

PDAM Intan Banjar 4772061

4782004

Dinas Kesehatan Banjarbaru 781588

781588

Polres Banjarbaru 2772266

RSUD Banjarbaru 4772380

Polsek Banjarbaru Kota 4772533

Polsek Banjarbaru Timur 7571543

Polsek Banjarbaru Barat 4705210

Koramil Banjarbaru 4772437

RS Syamsudin Noor 4705118

PDAM Barito Kuala 4799013

Barito Kuala

Nomor pengirim sms sebagian dicantumkan secara utuh demi akuntabilitas dan transparansi.

HALO BANJARMASIN

DATA Dinas Kesehatan Kalsel,pemegang kartu Jaminan KesehatanDaerah (Jamkesda) hingga 2014 iniberjumlah 9.520 orang. Pasien Jamkesdaitu sendiri termasuk kelompok abu-abu,alias tidak terjaring dalam JaminanKesehatan Nasional (Jamkesnas) atausekarang Badan Penyelenggara JaminanSosial (BPJS) Kesehatan.

“Mereka yang tidak terjaring Jam-kesnas, ya masuk anggota Jamkesda.Tidak masuk kelompok miskin dan tidakmasuk kelompok orang kaya,” ucap DrsH Achmad Rudiansjah, MSc, KepalaDinas Kesehatan Kalsel, Rabu (5/2).

Menurut dia, jika memang perlu,pasien Jamkesda dari kabupaten ataukota bisa dirujuk ke rumah sakitprovinsi, yakni Rumah Ansari Salehdan RSUD Ulin Banjarmasin. Nan-tinya, biaya berobatnya ditanggung 60persen oleh provinsi.

“Ya... kita menanggung 60 persenbiaya berobat pasien Jamkesda,” kataRudiansjah.

Jenis penyakit yang diderita pasienyang menjadi tanggungan provinsi,lanjut dia, tentunya penyakit-penyakitberat dan sifatnya emergensi, atautidak bisa ditanggani oleh rumah sakitdi kabupaten/kota. Dan anggotaJamkesda tentu harus melalui prosesatau mekanisme yang berlaku.

BIAYA DITANGGUNG 60 PERSEN

■ Pasien Jamkesda Berobat ke Rumah Sakit Provinsi

Pasien, jelasnya, masuk terlebihdahulu melalui puskesmas. Kemudian,dirujuk ke rumah sakit kabupaten/kota. Rumah sakit kabupaten kota takbisa menangani, bisa dirujuk ke rumahsakit provinsi, yakni Ansari Saleh danRSUD Ulin Banjarmasin.

Sesuai amanat UU, lanjut Ru-diansjah, tentang jaminan kesehatan

nasional, semua asuransi harus sudahmasuk badan penyelenggara jaminansosial (BPJS) kesehatan pada 2016.Untuk anggota Jamkesda sendiri masihberlaku hingga 2014/2015 ini.

“Nah, pada 2016 nanti diharapkananggota Jamkesda sudah terintegrasidengan JKN, yakni BPJS kesehatan,”ujarnya.

Dinas Kesehatan Kalsel juga me-ngingatkan, masuk BPJS Kesehatansangat menguntungkan. Terutama,bagi penderita penyakit-penyakit beratseperti stroke, gagal ginjal dan jantung.Cuma bayar Rp 25 ribu-an untuk premikelas tiga, biaya cuci darahnya gratis.“Apa nggak enak itu,” ucap Rudiansjah.

Dia memperkirakan pada tigatahun mendatang, untuk masuk BPJStak semudah ini. Nanti, ada seleksidan screening. Pola screening terhadapkeanggotaan BPJS ini sudah diterap-kan di negara-negara barat.

“Untuk itu, bagi masyarakat yangmemerlukan silakan mendaftar ke BPJSKesehatan,” ujarnya.

Untuk penentuan kategori wargamiskin, lanjutnya, nanti yang me-lakukan survei adalah Dinas SosialKalsel. Dulu yang melakukan survei itudari Badan Pusat Statistik (BPS). Data-data warga miskin 2014 ini, nantidiberikan oleh dinas sosial. (ogi)

Pada 2016, diha-rapkan anggota

Jamkesda sudahterintegrasi dengan

JKN, yakni BPJSkesehatan

ACHMAD RUDIANSYAHKepala Dinas Kesehatan Kalsel

Ukurannya SamaKEMENTRIAN sosial pada 2104 ini akan mengeluarkan

kriteria warga miskin. Nah, kriteria ini nantinya dipakai semuabadan, dinas dan lembaga. Jadi namanya parameter kemiskinanitu cuma satu, yakni dari kementerian sosial.

“Ukuran miskin dalam waktu dekat mungkin segeradikeluarkan,” ucap Muhammadun, Kasi PemberdayaanKeluarga dan Fakir Miskin Dinas Sosial Kalsel.

Jika ukuran kemiskinan itu sudah keluar, lanjutMuhammadun, nantinya jadi patokan semua dinas danbadan. Sebab, jika semua badan dan dinas itu mengeluarkanukuran kemiskinan, pasti angka kemiskinan itu berbeda-beda.

“Jika angka kemiskinan setiap badan dan dinas itu berbeda,tentu membingungkan,” ujarnya.

Ditambahkan dia, jika dinas pendidikan memerlukan datakemiskinan, ukurannya tinggal memakai ukuran yangdikeluarkan oleh kementrian sosial, seperti sumber penerangantak memakai listrik, hanya sanggup makan satu sampai duakali sehari, tak sanggup membayar biaya pengobatan dipuskemas atau poliklinik.

“Ada sekitar 11 kriteria yang mungkindikeluarkan Kemensos,” ujarnya. (ogi)

MALAM MINGGUTAMBAH PARAH

Belum PernahTersentuh Aspal

KAMI berharap pada anggaran 2014 ini jalan di KompleksHandayani XI, Kelurahan Pemurus baru, ada giliran perbaikan.Sebab belum tersentuh perbaikan sama sekali, apakah disemenapalagi diaspal.

TANGGAPAN:KAMIakan cek ke lapangan Jalan Handayani XI yang diusulkan tersebut

untuk menentukan proses selanjutnya. Terima kasih.

Ir Gusti SofianiKepala Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin

KAPAN Jalan A Yani mulai kilometer 1 sampai depanMapolresta Banjarmasin bebas dari macet dan pedagang kaki

HALO BANJARBARU

Gudang PenimbunBBM Subsidi

YTH kapolsekta Banjarmasin Selatan. Di JalanLingkar Selatan kilometer 2, atau sekitar 300 meterdari Jembatan Basirih sebelah kanan jalan, adagudang menyetok solar bersubsidi. Kami memohonkepada kapolda Kalsel untuk segera menangkappenyetok solar ini, karena ulah dia lah yang membuatantrean panjang di SPBU.

085332903085332903085332903085332903085332903737373737377777

TANGGAPAN:TERIMAkasih atas laporannya. Kami akan segera mencek ke

lokasi. Jika benar di di Jalan Lingkar Selatan kilometer 2 atau sekitar300 meter dari Jembatan Basirih sebelah kanan jalan ada gudangmenyetok solar bersubsidi, maka akan kita tindak tegas.

Kompol Didik SKapolsekta Banjarmasin Selatan

HALO POLISI

HALO BANJAR Parkir KendaraanRp 5 Ribu

SETIAP ada acara atau keramaian di Lapangan MurjaniBanjarbaru, maka tarif parkir kendaraan selalu melonjak antaraRp 3 ribu sampai Rp 5 ribu. Padahal, lokasi sangat dekat dengankantor Pemko Banjarbaru. Jangan dibiarkan Pa Wali, karena inimenyusahkan warga Banjarbaru.

087814586623087814586623087814586623087814586623087814586623

TANGGAPAN:TERIMA kasih informasi yang disampaikan. Pemko Banjarbaru terus

membenani semua pelayanan terhadap masyarakat Kota Idaman, termasuk pelayananperparkiran Banjarbaru. Perpakiran di Banjarbaru ada tarif biasa dan ada tarif khusus,seperti acara-acara pameran. Untuk masalah teknik, yang menangani di DinasPerhubungan Kota Banjarbaru.

Drs Ogi Fajar Nuzuli MpdWakil Wali Kota Banjarbaru

Tunda PerubahanTarif PDAM

MOHON manajemen PDAM Intan Banjar tunda duluperubahan tarif dari golongan A2 ke A3, sebab air leding barubeberapa bulan mengalir it upun sering macet. Apalagi, rumahkami kayu lapis, dapur darurat dan masih kredit di KompleksSejahtera Gambut.

082350560823505608235056082350560823505611111777777777711111

TANGGAPAN:PELANGGAN yang terhormat. Sebelumnya kami mohon maaf atas

diberlakukannya perubahan golongan pelaggan dari golongan A2 ke A3. Ini dilakukansecara berkala dan disesuaikan dengan tipe bangunan pelanggan kami. Untukinformasi lebih lanjut dapat menghubungi kantor PDAM Intan Banjar Cabang Itelepon 05117473663.

Humas PDAM Intan Banjar

lima (PKL). Apalagi, kalau malam minggu, waduh semrawut.085085085085085757575757511111699869986998699869984949494949

Alur Pengobatan PasienAlur Pengobatan PasienAlur Pengobatan PasienAlur Pengobatan PasienAlur Pengobatan PasienJamkesda di RS Provinsi:Jamkesda di RS Provinsi:Jamkesda di RS Provinsi:Jamkesda di RS Provinsi:Jamkesda di RS Provinsi:

❘◗ Pasien Jamkesda dirawat terlebih dahulu di puskemas❘◗ Pasien dirujuk ke rumah sakit kabupetan/kota❘◗ Dari RS kabupaten/kota dirujuk lagi ke RS provinsi, yakni RSUDUlin dan Ansari Saleh❘◗ RS mengutamakan pasien Jamkesda dalam kondisiemergensi atau kritis dan penyakit-penyakit berat yang tidak bisaditangani RS kabupaten/kota❘◗ Pemprov Kalsel akan menanggung biaya sebesar 60 persenuntuk pengobatan pasien Jamkesda❘◗ Data hingga 2014, pasien Jamkesda Kalsel 9.520 orang.❘◗ Program Jamkesda berlaku hingga 2014/2015.❘◗ Pada 2016, anggota Jamkesda akan terintegrasi dengan BPJSKesehatan

Sumber: Dinas Kesehatan Kalsel

BANJARMASINPOSGROUP/EDI NUGROHO

MuhammadunMuhammadunMuhammadunMuhammadunMuhammadun

BAN

JARM

ASIN

POSTG

RO

UP/ED

I NU

GRO

HO

NET/ILUSTRASI

RARARARARATUSANTUSANTUSANTUSANTUSAN orang antre mendaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan di rumah saki

Parkir di Depan TokoYTH kepala Dinas Perhubungan Banjarmasin. Tolong

dibubarkan parkir di depan Pasar Malabar. Kami keberatan didepan toko kami dipenuhi parkir hingga jalan menjadi sangatsempit. Padahal kami sudah bayar pajak dan sebagainya kepadapemerintah. Apalagi itu parkir liar.

085754322695085754322695085754322695085754322695085754322695

GRAFIS:BPOSTGROUP/DENY

Page 7: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

Metro TrendKAMIS 6 FEBRUARI 2014 7Metro Banjar

EMBUSAN ASAP ROKOKRUSAK KECANTIKAN

Bayi Terlahir PrematurKITA semua tahu, rokok bisa membahayakan

kandungan ibu hamil. Pada bungkus rokok saja sudahtertulis dapat mengakibatkan gangguan kehamilan danjanin.

Tetapi ternyata tak hanya ibu hamil yang merokok,tetapi perokok pasif alias yang terpapar asap rokok dariorang lain pun bisa mengalami masalah padakandungannya.

Riset UK Center for Tobacco Control Studies diUniversity of Nottingham menyimpulkan bahwa ibuhamil yang terkena paparan asap rokok dari orang lain(perokok pasif) memiliki risiko bayinya lahir prematuratau terlahir dengan masalah kesehatan.

Anak yang terlahir dari wanita yang merokok selamakehamilan memiliki peningkatan risiko bayi terlahirdalam keadaan tidak bernyawa, berat badan lahir kurang,dan masalah kesehatan lainnya.

Kerap ditemukan, ibu hamil yang menjadi perokokpasif mengalami masalah pada berat badan lahir si bayi,tapi belum jelas apakah paparan asap rokok selamakehamilan bisa memengaruhi masalah kelahiran bayipada wanita yang tidak merokok.

University of Nottingham di Inggris menganalisis 19studi hubungan antara wanita hamil nonperokok tetapisering terkena paparan asap rokok selama kehamilan.Datanya menunjukkan peningkatan risiko bayi lahirdalam keadaan tak bernyawa sebanyak 23 persen dan 13persen peningkatan masalah pada kelahiran bayi.

Analisis yang muncul pada jurnal Pediatrics edisi April 2011ini tak menemukan hubungan antara perokok pasif dankeguguran sebelum usia kandungan mencapai 20 minggu aaukematian bayi dekat dengan waktu kelahiran.

“Namun, saat ini kita bisa katakan dari analisa inibahwa ibu hamil yang menjadi perokok pasif memilikipeningkatan risiko keguguran dan melahirkan bayidengan masalah malformasi kongenital. Hasil penelitianini mengkonfirmasi pentingnya ibu hamil untukmenjauhi asap rokok selama kehamilan baik di rumahmaupun di tempat umum,” kata salah seorang peneliti,Jo Leonardi-Bee, PhD, seperti dikutip dari WebMD.

Menurut Leonardi-Bee, rumah masih menjadi sumberterutama asal paparan asap rokok para wanita bukanperokok. Meski sekarang aturan-aturan pelaranganmerokok di tempat umum sudah banyak dicanangkan,.

Hanya, tak ada larangan merokok di kawasan tempattinggal, sehingga tempat tinggal masih menjadi lokasiterutama terkena paparan asap rokok.

Menurut Jonathan P Winickoff, MD, dari HarvardMedical School, berhenti merokok adalah salah satu halyang paling bisa dilakukan untuk mencegah bayi lahirdengan berat badan kurang dan masuknya bayi ke dalamneonatal intensive care (NICU), alias ruang isolasi bayiyang lahir terlalu cepat.

Secara kasar, Winickoff menegaskan, 1 dari 5 bayidalam NICU ada karena masalah paparan asap rokoksaat dalam kandungan. Studi menggambarkan, perokokpasif saat ini menjadi kekhawatiran yang sama sepertiibu hamil perokok. (wmd/fmc)

EMBUSAN asap rokok bukanhanya berdampak buruk bagisaluran pernapasan, bahkan kulitjuga kena imbas buruknya. Satuhembusan asap rokokmengandung sejumlah racun yangcukup untuk menyebabkangangguan kesehatan.

Kandungan racun dalam rokokjuga diketahui merusak sel kulitsehingga kulit tampak lebih tuadari usia sebenarnya.

Berbagai akbat ulah embusanrokok yang sangat berpengaruh,bahkan mematikan dari rokokterhadap kecantikan.

Penuaan. Merokok secaralangsung berkaitan denganpenuaan dini pada kulit. Panasdari rokok dapat menyebabkanluka bakar pada sel-sel kulit danjaringan sehingga menghambatpertumbuhan kulit yang sehat. Halini juga mengubah struktur dan

serat kontendari kulit,yang akhirnyamenyebabkangaris-garishalus dankerutan.

Mero-kok jugamengurangi

kelembaban kulit

yang menyebabkan kulit kering.Selain itu rokok juga mengurangiketebalan pembuluh darah, yangpada gilirannya mengurangi suplaidarah ke kulit.

Menghambat penyembuhankulit. Merokok dapat menghambatproses penyembuhan jaringan danluka kulit eksternal. Apalagi,merokok mengurangi suplai darahdi kulit yang juga mengakibatkanberkurangnya pasokan oksigendalam tubuh.

Proses pertumbuhan kulit jugalebih lambat karena ketersediaannutrisi dan oksigen berkurang.

Karena itulah, pada perokokproses penyembuhan luka padakulit biasanya lebih lama. Kondisiini menyebabkan kulit menjadilebih rentan infeksi, kerusakanjaringan, bahkan beresikopembekuan darah.

Kanker kulit. Efek sampingyang paling mengerikan darimerokok pada kulit adalah kankerkulit. Kanker kulit merupakansalah satu kanker yang palingmematikan. Risiko terkenapenyakit ini lebih besar padaperokok karena asap rokokmengandung banyak zat beracun.Sebuah laporan juga mengklaimsekitar 75 persen perokokcenderung memiliki gejala menujukanker kulit. Perokok juga berisikobesar mengembangkan penyakitseperti kanker mulut sebagai efeksamping dari merokok. Kankerkulit juga dapat terjadi jika Andaseorang perokok pasif.

Jerawat danbisul. Kemungkinan

kulit Anda mulusdan kencangakan lebih kecil

jika Anda masihjuga tak mau

berhenti merokok.Racun-racun dalam asap

rokok membuat tekstur kulitcepat rokok dan beresikoperadangan pada kulit.

Perubahan warna pada bibir.Salah satu masalah kulit yangumum dihadapi oleh perokokadalah perubahan warna padabibir. Banyak para perokok yangmemiliki warna bibir gelap.

Hal ini karena asap panas yangdihasilkan oleh rokok

menyebabkan sirkulasi darahpada bagian bibir berkurang

sehingga warnanya tak segarlagi. (fmc/dtc/kps)

0602/M7

Chevrolet Aveo DP ringan disk& bonus menarik Ready stock

V.7280-5/3

Chevrolet Spin DP ringan 3ACdisk & bns menarik Ready stock

V.7280-5/3

FERRY MAULANA :0821 5132 2083 / 0878 1440 4703

Djl CBR 250 Th2011 Modif Merah/hitam pjk baru. Hub 081388713838Harga Nego V.6715-11/2

HUBUNGI :RUDY 0853 3251 3400 / 0511 - 7110 599

IRAWAN 0821 5350 5866

TERIOS AB Dp mulai 30 jtan atauangs 3 jtan R stock P cepat.

V.000-21/2

AYLA DP mulai 21 jtan atau angs1,2 jtan R stock P cepat

V.000-21/2

XENIA AB DP mulai 20 jtan atauangs 2 jtan R Stock P cepat

V.000-21/2

GRANMAX PU DP mulai 10 jtanangs 2 jtan R stock P cepat

V.000-21/2

Jual Kijang Krista silver th.03 mls,trwt. Hub. 0511-7460088Hrg 100jt Nego V.6421-28/2

Yaris E 2011 Manual silver spt baruHub082122845559/081345339001Hrg 143jt Nego V.6440-4/2

Djl Rush Type G Th.2010 Manual.silver metalik Hub.082357624049Hrg 159jt Net V.6378-9/2

Avanza G 2011 Silver Kondisi OkHub:081348511261Hrg 122jt Nego V.6533-5/2

Sirion M Th2009 Jan Silver kondisiIstimewa Hub081380750473Harga Nego V.6246-1/2

Luxio X 2011 abu2 asli bjm bening sptbaru istimewa 082157735064 bs krdtHrg Nego V.000-5/2

Agya G matic pth 100% km1rb pribdunit dbjb 082250029496/081258754346Hrg 128jt Nego V.6323-4/2

Djl Xenia Xi 1300 CC Th10 silvermet, pjk bln 8, Hub.085250195575Hrg 106jt Nego V.6376-8/2

Dijl cpt New CRV 2011 ManualPutih jok kulit Hub 081351976777Hrg 272jt Nego V.000-2/2

Dijl cpt Honda city 2001 Jl perumMustika Griya permai Mtp 087815725068Hrg Nego V.000-2/2

Jazz th 2006 IDSI warna silver siappakai Hub 0811518521Hrg 129jt Nego V.6312-2/2

Ovr krdt New Jazz S Th10 M/T mrhsdh byr 7 bln ss 29bln 082357624049DP 49jt V.6380-8/2

Hyundai Avega Th07 Akhir bln 12 asliBjr,AC,VR17 bs TT. 082157920745Harga Nego V.6276-6/2

Get Sporty 07 akhir merah asli bjmTv DVD bdkit splr 085393435995Harga Nego V.000-4/2

Visto Zip Drive 02 htm body kalengcat orsnl simpanan 08971777171Hrg Nego V.000-15/2

Dijl All New Picanto 2012 manual abumetalik siap pakai mls 05117204243Hrg Nego V.000-2/2

Jual cpt New Picanto ‘11 mulus silverHub 082122845559/081345339001Hrg 103jt Nego V.6440-3/2

Visto 03 zip drive sporty abu2metalik msn ok siap jln 05117455009Hrg 64jt Nego V.6030-6/2

Djl Ninja 250 CC Modif Hub:085251248586/087814135726Harga 45jt Nego V.6528-10/2

All New Avanza ‘14 disk + bonusReady StockDP mulai 37jtan V.000-11/2

SUBAIL : 082167474477 / 05117755266ROZY WIRA : 081351989189 / 05117452500

New Agya ‘14 angs 2,2jtan ACairbag audio MP3 PS PWDP mulai 30jtan V.000-11/2

Gran Max PU DP 13jtan angsuran2jtanHarga Nego V.5142-5/2

All New Xenia DP 25jutaan,angsuran 3jtanHarga Nego V.5142-5/2

ALI 0823 5218 2966 / 0819 3378 3418DIANA 0812 5555 8454 / 0878 4088 8424

Gran Max PU ready DP mulai12jtn/angs 2jtan USB + bonusHarga Nego V.5278-5/3

Sirion ready DP 25jt / angs 2jtan,MP3 / USB, Bloth + bonusHarga Nego V.5278-5/3

DODDY ASTRA : 0812 5492 0202 / BB 330F5805ABDI ASTRA : 0823 5032 2009

Xenia D DP 24jt angsuran 3,9jt

Harga Nego V.5142-5/2

Pick Up 1.3 DP 11,4juta angsuran2.781.000Harga Nego V.000-23/2

Dptkan hdh lgsg: Smartphone, Setiap Pembelian DaihatsuNAZAR : 0852 5115 0231 / 0511 - 7840114

MARTAPURABANJARMASIN

ELEKTRONIK

LAIN-LAIN

MZ ELEKTRONIK jual beli TV,DVD,

LCD,kulkas PS1-2,laptop dll.Km Siap

Dtg Krmh Anda Hub(6119023/081645

30912202000005274

JASA

BANGUNAN

Ahlinya Buat Bngunan DiJamin,Jasa/

Lsg Bhn Rmh,Ktr,Htl,Ruko.rehab

Pngecatan,Dll Hub 7388947/08235333

3825202000005173

Melayani Pemasangan Les Gipsum

Dan Pengecatan Hub:085390631150/

0511-7632443 Murah.202000005262

BIRO JASA

ANDI perizinan urus CV,PT,SIUp,TDP

gugat cerai PA/PN Mtp-Bjb. 0819527

97700202000005281

SERVICE

Service Panggil Kulkas,Mesin Cuci,

Kerja Ditempat Bergaransi Hub:082351

927623/05117530819202000005272

LOWONGAN KERJA

LAIN-LAIN

Dibutuhkn segera Score Girl & Clean-

ing Service min.SMA/sdrjt. Krm lmrn ke

C-Qyu Billiard Jl.Hasan Basri RT 39

No.4 Banjarmasin202000005290

BANJARBARU

KESHATAN/KECANTIKAN

PENGOBATAN

Dimaharkan Mustika Wasi Hirang Batu

Ajaib bs dites. Hub.Abah Abah Amin

082354633645202000005251

PIJAT & LULUR

MAWAR MERAH Massage:Tradisional

Jawa(Solo)Pangglan Htel 24Jam Hub

0511-7115877/082254993330.Area

Bjb&Bjm

200000086315

JASA

BIRO JASA

D’AMOR SPA prmo Vltn Dv,Reflxy

125rb, pjt trdsnl 175rb,thai,shiatsu.

mssge 195rb. Htl Roditha Hub 0511-

7115877/082254 99330 Bjb200000086807

LOWONGAN KERJA

LAIN-LAIN

Brmt Krj Sbg Staff Airlines Ikut Train-

ing Singkt Min Llsn SMA Pnmplan

Mnrik Usia Max 26th Dtg Lgsg Ke

Jl.Kebun Karet No.22 Loktbt Bjb

087816365829 / 082151721988200000086036

MBL/MTR SEWA

IDAMAN RENTAL BJB mlyn Rental

mbl,jam2an, hran,blnn,drpng,antr jmpt

bndra 7336428/0811507287/08534732

1790200000085425

PROPERTI

RUMAH DIJUAL

Cash&Krdt T45/160,60/160 Jl.Gntng

Manggis Sebelah GD Lampit B.Baru

Hub:0511-7433485/08164569217.200000085119

TANAH DIJUAL

Jual cpt tnh kav.Dkt Trikora 10x13 &

11x16, dkt ktr Gub 10x20 & 20x20,

Dekat Ratu Elok 15x22 (3.Kav)

Hub:0813503 21532200000086234

Dijual Tanah Luas. 13.171 M. Lok.

Guntung Payung Jl.Bina Putera Bjb

(cck utk prmhn) 081349395030/ 0511-

4722776200000086669

RUANG USAHA

JUAL R.USAHA

Murah Ruko 2 Lantai uk.6x12m.lok.

simpang empat bjb, harga 650 jt &

pembyrn bisa nego Hub : 08134 972

1 444200000086747

BATULICIN-

KOTABARU

PROPERTI

TANAH DIJUAL

Djl Tanah uk.10x100 SHM Lok strategis

smpg Hotel Fsinsip Jl.A.Yani Batulicin

TanahBumbu Harga Nego Hub 08215

59 50000200000086554

MARTAPURA

PROPERTI

TANAH DIJUAL

Dijual Tanah Jl.PU Indrasari Martapura

L= 20 m, P= 22m, hrg Nego Hub;

0813494 96155-(0511) 7423155200000086086

TOYOTA

HYUNDAI

HONDA KIA

Futura & APV Mega Carry readystockHarga Nego V.5162-7/2

Dealer Resmi Suzuki : M Rizal Kartadi0813 4555 9944 / 0511 6126 888

Ertiga Promo akhir tahun

Harga Nego V.5162-7/2

DAIHATSU

INFORMASIWAHYU HUB 0821 5331 9136

ARI HUB 0812 5707 9713

Ayla DP 25jtan atau angsuran1jtan

V.000-7/2

Granmax PU DP 9jtan atau angs1,9jtan bns kc film talang air USB

V.000-7/2

Terios DP 22jtan atau angs2,4jtan bns kc film srg jok, krpt dsr

V.000-7/2

Xenia DP 19jtan atau angs 2,4jtanbns kc film srg jok, krpt dsr

V.000-7/2

Outlander, Pajero, Truck PSCanter ready stockHarga Nego V.5259-27/2

AUTHORIZED DEALER, ROMAN : 0812 3014 4269 / 0511 -7388893/ BB 26322219/ ERWIN 0853 4830 5152

L300 DP 19jutan / bga 0% PUT120ss DP 11jutaan + kc film tapeHarga Nego V.5259-27/2

Dijl cpt Rmh 2Lt 5Kt 3Km dkt Jl A YaniKm30 Gt Manggs 081288867876Hrg 750jt Nego V.6006-28/2 (Din)

rmh br T48 Pondok Kelapa 3 Karang AnyarBjb 081349164343/082157926218Hrg 275jt Nego V.6091-5/2(hdn)

Dijl Rmh BR T55/180 Jl JerukPerambaian 3 Hub 081251358199Hrg 300jt Nego V.6336-4/2(Rian)

Djl Jl.Unlam 1 Komplek Listrik 2 No22Hub085249014228/082153645895Harga Nego V.4000-18/2(ktr)

Jual cpt ruko sgt strategis (hook)Jl. P.Batur Barat Bjb 081251201283Harga Nego V.6423-5/2(adlin)

Rmh T36 Komp Sentral Borneo Jl jatiBlok E2 no20 Ujung L.Ulin 085251770922Hrg 90jt Nego TP V.000-22/2 (Ktr)

Mits Super HD bak kayu 2011 mlssiap pk terawat Hub 081348160314Hrg Nego V.6357-9/2

Mits PS100 Engkel Bak Kayu Th05bln 12,brg bgs.Hub081348282600Hrg 135jt Nego V.6509-6/2

Pajero Sport GLX 4x4 MT ‘11 Silvermet 081348845888/05117411934.Hrg 325jt Nego V.6442-5/2

Baru L 300, Truk PS, Mirage, Outlander,Triton, Pajero Hub085332535759DP 20jtan V.4756-1/2

Djl cpt Truk PS 120 Bak Kayu Thn2002 , Siap jln,Hub:081298835667Hrg 130jt Nego V.6469-4/2

MITSUBISHI

Ninja 250FI Th12 Akh Merah tgn 1Km 1200 Hub 0511-7417517Harga 52jt Nego V.000-8/2

TANJUNG

Dswkn Uang sewa kembali full fas lkplok.Tnjng Tabalong 082149432333Harga Nego V.6671-13/2(ptra)

Djl cpt Ruko 2 Pnt (2Lt) Jl.SekumpulRaya Mtp 081348617499/7509426Hrg 1,1M Nego V.6555-8/2(Ktr)

BANJARBARU

Page 8: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

Metro BufferKAMIS 6 FEBRUARI 20148 Metro Banjar

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

2. Jahe. Konsumsi air jahe hangat, atau campurkan jahedalam secangkir teh yang Anda konsumsi. Ini bisamengurangi rasa tak nyaman akibat keracunan makan-an. Jahe adalah antibiotik alami yang manjur.

3. Air putih. Minum banyak air putih untuk menetralisirpengaruh racun dalam makanan Anda, dan untukmempercepat proses pembersihan perut.

4. Lemon. Anda bisa menambahkan perasan air lemondalam air putih yang Anda konsumsi. Pada lemon adabanyak kandungan asam yang berguna untuk membu-nuh bakteri di perut yang jadi penyebab keracunanmakanan.

5. Daun basil. Basil bermanfaat menyembuhkan infeksidan gangguan di perut.

6. Pepermin. Sama seperti daun basil, daun pepermin jugabaik untuk menyembuhkan infeksi di perut.

7. Gula pasir. Konsumsi air gula bermanfaat untukmenambah energi pada pasien keracunan makanan.Biasanya pasien akan merasa lemas dan kehabisanenergi bila mengalami kejadian tersebut.

8. Yogurt. Yogurt bersifat menetralisir pengaruh keracunan,juga menjadi antiseptik. Ia dapat membunuh bakterijahat yang menyebabkan keracunan.

9. Cuka apel. Satu sendok cuka apel pun dapat membantumeringankan gejala keracunan yang Anda alami. (situsBoldsky)

Tips Mengatasi ...

SamsonS terakhir show di Kota Seribu Sungai di tempatyang sama pada Jumat malam (15/10/2010). Sambutanfans mereka yang dikenal dengan nama Samsonia,sungguh luar biasa.Tiket masuk yang mencapai Rp 3 juta per meja, tak jadikendala. Yang penting hati senang dan bisa ikutmendendangkan lagu-lagu hits seperti Naluri Lelaki danKenangan Terindah.

Kini, setelah cukup lama vakum karena Bams sangvokalis keluar, SamsonS muncul lagi dengan penyanyi barudan tentu saja album baru atau album keempat yang diberititelPerihal Besar.

Ada rasa bangga pada warga Banua, karena yangterpilih menjadi vokalis adalah musisi asal Banjarmasin,Aria Dinata.

Aria diperoleh dari sebuah audisi tertutup yangdilakukan empat personel SamsonS; Aldri (bas), Erik(gitar), Irfan (gitar) dan Konde (drum). Ada 10 kandidatyang semuanya direkomendasikan oleh relasi SamsonS.Salah satu seleksi buat para kandidat adalah menyanyikanlagu-lagu baru dari album keempat, agar tak terpengaruhbagaimana Bams menyanyi. Aria sendiri ketika itu tak tahubahwa dia akan menggantikan posisi Bams yang keluarnyadirahasiakan SamsonS. “Di audisi itu aku cuma bilangmau bikin project ,” jelas Irfan.

Alhasil, semua personel SamsonS sepakat memilih Aria.“Kami sempat jamming dan kami menilai chemistry Ariacocok,” kata Irfan lagi. Dengan kehadiran Aria, masih kataIrfan, otomatis aransemen lagu SamsonS mengikutikarakter suara Aria yang sebelumnya pernah memiliki banddan merupakan grand finalis ajang bergengsi “A-Mild LiveWanted” tahun 2008.

Aria sendiri merasa senang bisa bergabung denganband sekaliber SamsonS. Mantan PNS di Dirjen Pajak inimerasa tak terbebani nama Bams. “Sejak audisi akuberusaha menerjemahkan dari lagunya dan menyanyidengan caraku,” sebut Aria yang sempat pula bergabung disebuah label besar.

Setelah resmi jadi vokalis SamsonS, Aria punyakeinginan bisa tampil di Banjarmasin. Harapan itu bakalterwujud pekan depan. “Pasti senanglah. Mudah-muda-han aku bisa memuaskan penonton yang datang nanti,”ucap Aria kepada Metro via telepon, Rabu (5/2).

Mantan vokalis Nyawa Band ini pun bertekad menampilkanperforma terbaiknya. Termasuk saat mengusung Di Ujung Jalan,tembang baru SamsonS yang sedang jadi hits. (dwi/nova)

SamsonS Banjar Tak ...

Darham, yang mengaku kuasa hukumAli, menyatakan kliennya itu sudah adaitikad baik.

“Dia ada upaya mengembalikan Rp40 juta,” ujar Supiansyah, seraya me-nunjukkan kuitansi bermaterai yangditandatangani notaris Neddy Fermantotertanggal 4 Februari 2014. “Kalau ter-kait urusan perdata, saya tidak men-campurinya,” tambah Supiansyah,Rabu (5/2).

Namun begitu, Kasat Reskrim PolresBanjar, AKP Ade Papa Rihi, menampikhal tersebut. “Belum ada itu. Itu terserahdi luar sana. Yang jelas tidak ada kekepolisian soal pengembalian uang RP40 juta itu,” kata Ade, kemarin. Kalaupun ada, sambung Ade, itu tidak akanmengubah pidananya, dan terus dipe-roses sesuai hukum yang berlaku.

Sebelumnya, Ali Akbar (46) ditang-kap personel Polres Banjar atas kasusdugaan penipuan dan pengelapan

dengan modus makelar tanah. WargaJalan Yudistira Raya RT 29 nomor 1 ituditengarai PNS di bagian pelayananMapolda Kalsel.

Korbannya EleonoraLinda Wati (49), wargaJalan Belitung Barat RT17 nomor 6 Banjarmasin.Berdasar pengakuanyang bersangkutan diakehilangan Rp 40 jutaakibat ulah Ali. Awalperkara ketika Eleonoramembangun ruko di Ja-lan A Yani Kilometer 700,Kertakhanyar. Namunoleh Ali, bangunan barubisa berdiri setelah tanahkosong di belakang ruko dibeli. Luasnya303,4 meter persegi. Harganya Rp 500Juta.

Eleonora setuju. Dia lalu membelitanah tersebut dan disaksikan notaris

Neddy Fermanto. Uang akan dibayarlunas setelah sertifikat terbit oleh sipengurus surat yakni Ali Akbar.

Masih menurut pihakEleonora, Ali memintabiaya pengurusan sertifi-kat Rp 40 juta. Uang jasaitu diserahkan tunai dihadapan notaris Neddy.Namun yang terjadi, sam-pai batas waktu yang di-tentukan, Sertifikkat HakMilik (SHM) tak ada, di BPNpun tak terdaftar Surat Kete-rangan Tanah (SKT).

Setelah tak kunjung me-nemukan Ali, notaris Ned-dy Farmanto melapor ke

Polres Banjar pada September 2013 lalu.Polisi langsung menindaklanjuti. Tetapistatus Ali sebagai PNS di Polda Kalselcukup berpengaruh.

“Dua kali dipanggil, dia tak datang.

Kami koordinasi dengan mapolda untukmenghadapkan yang bersangkutan kePolres Banjar. Setelah diperiksa penyidikdan cukup bukti, tersangka kamitahan,” jelas Kasat Reskrim PolresBanjar AKP Ade Papa Rihi.

Diterangkan dia, dari hasil penelu-suran pihaknya, Ali ternyata juga di-laporkan beberapa warga ke PolresBanjarbaru dan Ditreskrimum PoldaKalsel. Semuannya terkait kasus tanah.

“Dia juga pernah diadili di PNMartapura, atas perkara pemerasanterkait lahan CBS, pada tahun 2006.Saat itu Ali mengaku anggota LSMTurunan Orang Sepuluh (TOS). Diaakhirnya divonis lima bulan tujuh hari,dan sudah menjalani hukuman itu,”papar Ade.

Dia menambahkan, bagi masyara-kat yang pernah merasa dirugikan AliAkbar bisa melapor ke Polres Banjar,atau ke polres terdekat. (lis)

BPOST GROUP/NURKHOLIS HUDA

Ali AkbarAli AkbarAli AkbarAli AkbarAli Akbar

Ali Ngaku Kembalikan Rp 40 Juta

Khairunisa dan M Maulani, Minggu (5/2) lalu, menyisakankesedihan. Puluhan undangan dilarikan ke rumah sakit,karena keracunan makanan. Fahri sendiri keracunanmakanan, tapi dia tidak dilarikan ke rumah sakit.

Saat ditemui di rumahnya, Fahri sedang rebahan diruang tamu. Di sampingnya, sedang rebahan anaknya,Lukman Hakim (19), yang juga keracunan makanan. Fahridan anaknya hanya rawat jalan. Dia dan anaknya sempatdirawat oleh mantri setempat.

“Saya baru bisa bangun hari ini. Selama dua hari hanyabisa terbaring. Belum ada makan nasi, cuma makan sedikitroti. Makanan rasanya pahit,” ujarnya.

Istri Fahri, Nanda, mengatakan dia juga keracunanmakanan, tapi tidak parah. “Saya juga kena, tapi tidakparah. Sekarang sudah sembuh. Anak saya, Rini, malahtidak keracunan,” ujarnya.

Menurut Nanda, anak perempuannya yang lain, DebiAriana (17), juga keracunan. Kondisinya cukup parah,sehingga harus dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin. “Diantara keluarga kami, Debi yang paling parah. Dia muntahterus,” katanya.

Bagaimana dengan sang pengantin? Menurut Nanda,Khairunisa juga keracunan, tapi tidak parah. “Saat iniKhairunisa sedang menunggui Debi di rumah sakit. SuamiKhairunisa juga keracunan. Dia ada di rumah BanuaAnyar. Masih rawat jalan saja,” ujar Nanda.

Nanda merasa heran dengan kejadian ini. Karenasebagian saja kecil saja yang mengalami keracunan.“Banyak yang tidak mengalami keracunan. Keluarga sayadi Barabai dan Banua Anyar tidak mengalami hal serupadan baik-baik saja,” ujarnya.

Menurut Nanda, makanan yang disajikan buat undangmereka masak sendiri. Sedangkan kue pengantin diberikeluarga menantunya.

“Kare, sop, masak Habang, kami masak sendiri.Sedangkan kue pengantin diberi keluarga menantu. Adadua kue, yang satu kami makan. Yang satu dibawa olehTaufik,” ujarnya.

Tetangga Nanda, Kiram, mengatakan dia takmengalami keracunan makanan. “Tidak semua tetanggayang makan ikut mual, termasuk saya. Mungkin yanglamah bulu aja yang sakit,” ujarnya. (hh)

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

“Kami Masak Sendiri”

Informasi dihimpun di tempatkejadian, sebelum kejadian Taufik (28)dan istrinya, Hartati (30), membawamakanan, yakni kare ayam dan kue, kerumahnya. Makanan itu merupakanbuah tangan mereka saat menghadiriacara pernikahan anak Fahri.

Makanan itu dimakan kedua orang-tua Taufik, Suriansyah (55) dan Sapiah(55). Kedua adik Taufik, Asiyah (21) danAspian (20) juga ikut menikmati maka-nan tersebut.

Karena masih banyak tersisa, maka-nan yang dibawa Taufik itu juga dibe-rikan kepada tetangganya, Nasrudin(41). Sekitar pukul 20.00 Wita, Nasrudinbersama kedua anaknya, Widya Andria-ni (16) dan Nur Cahaya (11), memakanmakanan tersebut.

Beberapa jam kemudian, Taufiksekeluarga merasa tidak enak badan. Pe-rut mereka terasa sakit dan mual-mual.Tidak lama berselang, mereka muntah-muntah dan buang air besar berkali-kali.Hal yang sama juga terjadi padakeluarga Nasrudin.

Sapiah Akhirnya Meninggal

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

Kondisi ini dibiarkan Taufik danNasrudin sekeluarga hingga Senin (3/2). Karena kesehatan terus memburuk,sekitar pukul 11.00 Wita, Taufik, Hartati,dan dua anaknya, Nisa Amelia (6) danKhaidir Wahyudin (10), dilarikan keRSDU Ulin Banjarmasin. SementaraSuriansyah, Sapiah, Asiyah, Aspian,Nasrudin, Widya Andriani dan NurCahaya masih tetap bertahan di rumah.

Karena kondisi kesehatan terusmemburuk, Selasa (4/2) sekitar pukul20.00 Wita, Sapiah, Suriansyah, Aspia-ni, Asiyah, Nasrudin, Widya Andrianidan Nur Cahaya dibawa ke RS AnsyariSaleh. Dua jam setelah dirawat, tepatnyasekitar pukul 22.00 Wita, Aspiani,Asiyah, Suriansyah, Nasrudin, WidyaAndriani dan Nur Cahaya izinkanpulang ke rumah.

Beda dengan Sapiah. Karena kon-disi sangat lemah, dia tidak diizinkanpulang. Rabu (5/2), sekitar pukul 06.10Wita, Sapiah meninggal di rumah sakit.Saat bersamaan, dua anak Sapiah, yakniAspiani dan Asiyah, kembali dibawa

lagi ke rumah sakit, karena merekamerasa sakit di bagian perut. Kali inimereka dibawa ke RSSuaka Insan.

Kandungan HartatiPantauan Metro Banjar di RSUD Ulin,

Rabu (5/2), Taufik terbaring lemahterbaring di kamar No 6 Ruang Flambo-yan. Dalam kondisi lemah itu, diakhawatir akan nasib istri, Hartati dandua anaknya, Nisa Amelia dan KhaidirWahyudin, yang juga dirawat di RSUDUlin.

Nisa Amelia dan Khaidir Wahyudindirawat di ruang Tulip dua anak ARSUD Ulin. Keduanya juga lemahterbaring dan sesekali merengek, karenamerasa sakit di perut. Sedangkan Hartatikondisi sudah cukup baik. Namun diamengaku masih merasa sakit padaperutnya. “Buang air besar terus. Kamimakan kare dan wadai pengantin,” ujarmenantu Sapiah ini.

Hartati mengaku sedang hamil. Usiakandungannya sudah enam bulan.

“Ini calon anak ketiga. Saya sudahbisa duduk, walau dipaksa,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Nasrudin me-ngatakan dia tak menyangka kalau ma-kanan yang diberi oleh keluarga Taufikmembuatnya sekeluarga keracunan.“Rasa makanannya tidak ada yanganeh, sama saja seperti rasa kare biasa,”ujarnya.

Anggota Polsekta BanjarmasinBarat, Ipda Totok SY, mengatakanpihaknya masih mendalami kasus ini.“Dugaaan keracunan,” ujarnya.

Sementara itu, dokter Nyoman yangmerawat Taufik mengatakan, pihaknyasudah memeriksa penyebab mual dandiare yang diderita Taufik. “Untukpenyebab masih harus menunggu hasilpemeriksaan feses. Yang pasti gejaladiare memang dialami saudara Taufik,”ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan KotaBanjarmasin, Diah R Praswasti menga-takan sudah menerima laporan adanyakeracunan massal tersebut.

“Tim Survaillance Diskes sedangmelakukan investigasi. Hasilnya masih kamitunggu,” ujarnya. (drt/hh/buy/ee/kur)

bertahan Barito asal Korea, DaewonHa terpaksa diganjar kartu kuningoleh wasit Thoriq Alkatiri karena me-langgar keras Vizcarra.

Barito sendiri beberapa kali men-dapat peluang. Salah satunya di menitke-32. Bola tendangan Rizky Riporadari luar kotak penalti mampu ditepiskiper Jandia Eka Putra.

Menit ke-36, Dedy Hartono yangjuga mantan penggawa Semen Padangdihadiahi kartu kuning karena diang-gap wasit terlalu mengganggu pemainSemen Padang yang akan melakukantendangan bebas.

Petaka terjadi di menit ke-44, Se-men Padang berhasil menyarangkangol. Melalui sebuah tendangan bebas,Esteban Vizcarra, pemain asing asal

15' Tendangan bebas dari Eka Ramdanimasih tinggi melambung di atas mistargawang Barito.17' Vizcarra terpaksa dijatuhkan olehSyahroni.22' Bola tendangan Eka Ramdhanimasih bisa diamankan bek Barito.23' Serangan Barito dibangun DedyHartono, namun dipatahkan pemainbelakang SP.24' Bola tendangan Adi Bayauw masihtinggi di atas mistar gawang Aditya.28' Umpan terobosan Pahabol dibuangoleh Saepuloh Maulana.29' Syahroni tergeletak di lapangan.32' Bola tendangan Rizky Riporaberhasil ditangkap kiper Jandia.36' Dedy Hartono kena kartu kuning.37' Tendangan bebas untuk SP, empatmeter dari kota penalti Barito, bisa diatasiAditya.40' Bola tendangan salto Airlanggamasih bisa dijinakkan Aditya.43' Pelanggaran terhadap Airlangga, freekick buat SP.44' Vizcarra lakukan eksekusi dan gol.1-0 untuk SP.45' Amirul Mukminin gantikan Pahabol.47' Half time SP 1-0 Barito.

46' Barito mengawali babak keduadengan sebuah peluang. Namun masihbelum terlalu membahayakan.50' Kartu kuning untuk Lucky Wahyu.52' Aditya Harlan berhasil menggagalkanserangan SP.53' Syahroni diganti Yongki Aribowo.55' Airlangga mencetak gol setelahmenerima umpan dari kapten HengkiArdiles. SP 2-0 Barito.57' Bola sundulan Yongki masih me-lenceng.62' Shooting Yongki, sayang bola masihmelambung.67' Bayauw menerobos ke dalam kotakpenalti, namun tendangannya belummengarah ke gawang Barito.69' Sundulan Airlangga masih melebar.75' Barito Putera mulai bangkit, mencobamenekan melalui kedua sayap.75' Umpan lambung Rizki Riporamengarah langsung ke Jandia.77' Abanda Herman melanggar Airlang-ga. Free kick untuk SP.79' Tendangan bebas Eka Ramdhani,bola tipis di luar kotak penalti berhasilditangkap Aditya Harlan.83' SP ganti pemain. Ricky keluar, Rudimasuk.84' Daewon terkapar di lapangan. Dia takbisa lanjutkan laga. Posisinya diisi GunturAriyadi.86' Bola liar gagal dimanfaatkan maksimaloleh Yu Hyun Koo.87' Umpan matang Bayauw gagal diman-faatkan Vizcarra.89' Bola first time Vizcarra masih mampudiantisipasi Aditya Harlan.92' Full time, SP 2-0 Barito.

Argentina yang sudah empat musimbermain di Semen Padang ini mem-perdaya kiper Aditya Harlan.

Pelatih Barito, Salahudin mencobamelakukan pergantian pemain, YosuaPahabol ditarik dan digantikan AmirulMukminin. Namun, sampai turunminum skor 1-0 tidak berubah.

Memasuki babak kedua, Baritokembali melakukan pergantian pe-main. Untuk menambah daya gedor,Syahroni ditarik, digantikan YongkiAribowo pada menit 53.

Dua menit usai pergantian pe-main itu, gawang Aditya Harlan ma-lah kembali kebobolan. AirlanggaSucipto berhasil memanfaatkan um-pan Hengki Ardiles. Papan skor punkembali berubah, 2-0 untuk tuan

rumah.Ketinggalan dua gol, Barito mulai

mengintensifkan serangan. Menit ke-57, Yongki nyaris memperkecil keting-galan andai sundulannya tidak me-lenceng gawang Semen Padang.

Akan tetapi, Semen Padang yangtak mau ditekan juga tetap berusahamenambah gol. Pada menit ke-77,tendangan bebas Eka Ramdani ham-pir saja menambah gol andai takditepis Aditya Harlan.

Hingga laga usai, skor tidakberubah 2-0 untuk tuan rumah. Baritopun berada di posisi kesembilanklasemen sementara wilayah Barat.Poin dan selisih gol Barito samadengan Persita Tangerang dan PersijapJepara. (ran/ire)

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

Motivasi Pelatih Sakit

Menit ke MenitMenit ke MenitMenit ke MenitMenit ke MenitMenit ke Menitdalam Tdalam Tdalam Tdalam Tdalam Tekekekekekanananananananananan

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

Jual Pohon Kamboja, Amin Didemo WargaJOMBANG – Kepala Dusun (Kasun)Pekunden Desa Kademangan, Keca-matan Mojoagung, Aminullah ditun-tut mundur oleh warganya. Alasanya,yang bersangkutan telah menjualpohon kamboja di tempat pemakam-an umum dusun setempat tanpa ber-unding dulu dengan warga.

Tuntutan puluhan warga inidisampaikan dengan cara aksi massadi balai desa. Warga juga membeberposter hujatan yang ditujukan kepadakasun tersebut. “Kami meminta agarKasun Aminullah mundur dari jaba-tannya karena banyak kasus, salahsatunya menjual pohon kamboja di

kuburan,” kata Stevanus, salah satuwarga, Rabu (5/2).

Stevanus menyebutkan, kejengke-lan warga Dusun Pekunden terhadapAminullah memuncak seiring denganperilaku kurang etis yang dilakukan-nya. Diantaranya, diduga menjadibiang dari tidak rukunnya wargasetempat dan kerap melakukan intimi-dasi kepada warganya sendiri.

Selanjutnya, pada tahun 2012 Ami-nullah memasukkan limbah alumuniumke desanya. Kemudian pada 2013,Aminullah menjual kamboja di kuburanumum tanpa sepengetahuan warga. Nah,pada bulan-bulan terakhir ini, lanjut

Stevanus, dia melakukan intimidasikepada warganya sendiri.

“Aminullah mendatangkan lim-bah alumunium, tanpa mempertim-bangkan dampak kesehatan warga-nya. Karena limbah yang baunyamenyengat itu diletakkan di tengahpemukiman penduduk. Dia tidakmemikirkan bagaimana dampakkesehatan bagi warganya,” katanyamenegaskan.

Namun Aminullah akhirnya berse-dia mundur dari kasun. Mendengarkeputusan itu, puluhan warga Pekun-den yang menggelar aksi akhirnyamembubarkan diri. (bjc/sry)

ANTARA /AMPELSA

PETUGASPETUGASPETUGASPETUGASPETUGASWilayatul Hisbah(WH) DinasSyariat Islammemberikanpencerahankepada wargayang terjaringsaat razia celanaketat di kawasanDarussalam,Banda Aceh, Rabu(5/2). RaziaSyariat Islam diawal tahun 2014itu dalam rangkamenertibkanwarga yangberagama Islamagar mengenakanbusana muslim.

Page 9: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

SELAIN Tantri yang menjadi juri bersama Ahmad Dhani, Anang Hermansyah dan Titi DJ, ajang pencarian penyanyi berbakat ‘Indonesian Idol 2014’ juga mengundang penyanyi Raisa Andriana sebagai juri tamunya. Ini menjadi pengalaman pertama bagi Raisa menjadi juri ajang semacam ini sejak dia terjun di industri musik Indonesia.

Raisan pun merasa deg-degan dibuatnya karena tugas ini memberinya tanggung jawab untuk menilai kemampuan bernyanyi para peserta audisi. “Senang sih tapi deg-degan karena orang

kan enggak melihat positifnya aja tapi melihat memang dia siapa sih,” katanya, saat ditemui di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Dengan nada merendah, Raisa mengaku kemampuan vokal dirinya masih jauh di bawah juri lainnya seperti Ahmad Dhani yang memang sudah lebih berpengalaman dalam dunia musik. Karena itu, selama menjadi juri tamu di ajang ini, Raisa lebih memilih berbicara sesuai kapasitasnya. “Aku ngomong dengan kapasitas aku mungkin banyak yang mengerti. Terutama yang

muda-muda yang kapasitas musiknya enggak terlalu tinggi,” tuturnya.

Selain itu, penyanyi bernama lengkap Raisa Andriana ini juga akan menaklukkan tantangan untuk selalu berusaha bersikap jujur dalam memberi penilaian kepada para peserta audisi.

“Mungkin ngomong yang lebih enggak enaknya ya. Harus ngomong negatif tentang mimpi orang. Tapi kita memang dituntut untuk bicara jujur,” katanya.

Di mata Raisa, para juri seniornya seperti Anang Hermansyah atau Ahmad Dhani selalu memberikan penilaian jujur tanpa berlebihan kepada setiap kontestan. “Mereka sih selalu bilang jujur aja dan jangan mengada-ngada. Pertama-tama enggak enak tapi sih kesininya sudah biasa,” ujarnya.(junianto hamonangan)

Jadi Juri Tamu Bikin Jantung Raisa Andriana Deg-degan

SEBAGAI penyanyi, Raisa juga ngefans kepada sejumlah penyanyi internasional, seperti Destiny’s Child, Brian McKnight, ataupun Emily Sunday. Raisa kerap menyanyikan lagu-lagu mereka. Tapi Raisa juga kerap menyenandungkan lagu-lagunya sendiri. “Suka mendengarkan lagu sendiri juga, enggak bohong. Namanya album sendiri pastilah kita akan mendengar juga,” kata Raisa saat ditemui di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Raisa menuturkan, kebiasaan mendengarkan lagu milik sendiri merupakan cara paling ampuh untuk mengingat liriknya, terlebih jika dirinya harus memenuhi jadwal manggung yang padat. “Ya buat ingat-ingat biar enggak lupa. Soalnya itu kan karya kita juga dan itu untuk menganalisa,” ungkap pemilik album ‘Heart to Heart’ ini.

Raisa saat ini sibuk mempromosikan album terbarunya yang baru rilis November tahun lalu. “Album kedua baru keluar November kemarin dan sekarang lagi fokus promo untuk single kedua sekaligus lagi sibuk keliling-keliling,” ungkapnya.(jun)

Ngefans Destiny’s Child

TRIBUN/JEPRIMATRIBUN/JEPRIMA

RAISARAISA

FOTO-FOTO: TRIBUN/JEPRIMAFOTO-FOTO: TRIBUN/JEPRIMA

YUNI SHARAYUNI SHARA

SEJAK putus dengan kekasihnya, presenter Raffi Ahmad (26), hingga kini Yuni Shara (41) masih sendiri. Belum ada pria definitif yang menjadi calon pendamping hidupnya. Namun itu bukan berarti Yuni sangat pemilih dalam mendapatkan pasangan pengganti Raffi.

Yuni menegaskan, dirinya tidak perlu untuk menjadi orang yang pemilih mengingat usianya yang kini sudah tidak muda lagi. “Saya ini sudah tua, enggak muda lagi,” katanya saat ditemui di Studio Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (4/2) malam.

Apalagi ketika disinggung mengenai kriteria calon

pendamping barunya. Pelantun single ‘Aku Cinta Padamu’ tersebut menyatakan tidak mempunyai kriteria khusus untuk calon pasangan. “Harus laki-laki saja,” katanya sembari tersenyum.

Mantan istri Henry Siahaan tersebut menambahkan, dirinya sudah merasa nyaman dengan kehidupan yang dia jalani sekarang. Yuni tidak ingin lagi merasakan perasaan bimbang lagi karena urusan calon jodoh untuk berumah tangga lagi. “Sebenarnya malas kalau harus ada bimbing lagi untuk membentuk satu rumah tangga. Kalau bisa, aku ingin memberikan contoh yang baik saja buat anak-anak,” ujar

pemilik album ‘Jalan Terbaik’ tersebut.

Tapi Yuni menolak dirinya mengalami trauma pasca-putus dengan Raffi. Menurutnya, semua yang terjadi adalah bagian dari perjalanan hidup yang harus dia lalui agar menjadi manusia yang lebih baik saat ini dan ke depannya.

Yuni tidak ingin kegagalannya berumah tangga dan menjalin asmara menghambat aktivitasnya. Apalagi dia punya tanggungan dua anak yang selalu butuh perhatian dan kasih sayang dirinya sebagai orangtua. “Tidak (trauma) dong. Hal-hal itu tidak boleh menghambat

kegiatan saya,” katanya.Yang penting sekarang,

Yuni memilih jalan istiqomah, menyerahkan kepada Tuhan siapa jodoh terbaik yang akan diberikan untuknya. “Saya enggak mikir, saya harus berteman dengan siapa-siapa. Kalau uruusan jodoh didatangkannya kapan, saya enggak tahu,” katanya.

Justru dengan kesendiriannya saat ini, Yuni merasa bisa melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat untuk orang-orang di sekitarnya. “Saya bisa melakukan ini itu nantinya. Jangan sampai saya keluar rumah untuk sesuatu yang justru tidak bermanfaat.” (junianto hamona ngan)

Menikmati Hidup Tanpa BatasanYUNI Shara kini fokus mencurahkan waktu dan perhatiannya untuk dua anaknya, Cavin Obient Salomo Siahaan dan Cello Obient Siahaan, dari pernikahan dengan Henry Siahaan. Mereka kini makin tumbuh besar, makin cerdas dan bisa menjadi sahabat yang bisa membuat Yuni kembali fresh ketika Yuni sedang sedih atau letih bekerja.

“Alhamdulillah saya tenang, anak-anak saya tambah besar tambah lucu. Saya menikmati hidup saya tanpa ada batasan,” kata Yuni Shara di Studio Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (4/2) malam.

Status sebagai single parent dengan kesibukan yang padat diakui Yuni membuat ruang geraknya untuk memantau

dan mendidik langsung kedua momongannya menjadi terbatas. Yuni mempercayakan pendidikan anak-anaknya saat dia sedang tidak berada di rumah kepada guru. “Otak saya terbatas. Saya berterima kasih sekali buat guru anak-anak yang sudah membantu saya dalam mengajarkan anak-anak,” katanya.(jun)

Cavin dan Cello Mulai Tunjukkan Passion

Sebenarnya Sebenarnya malas kalau harus malas kalau harus ada bimbing lagi ada bimbing lagi untuk membentuk untuk membentuk satu rumah tangga. satu rumah tangga. Kalau bisa, aku Kalau bisa, aku ingin memberikan ingin memberikan contoh yang baik contoh yang baik saja buat anak-saja buat anak-anakanak

SEJAK punya anak, kebiasaan pedangdut Ayu Ting Ting (21) jadi berubah. Dia jadi tak betah jika berlama-lama di luar rumah. Hal itu misalnya seperti yang Ayu tunjukkan ketika usai menjadi bintang tamu acara ‘Mama Cinta Nino’ di kawasan Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (4/2) malam.

Begitu syuting usai, Ayu langsung buru-buru meninggalkan studio. Saat sejumlah awak media bertanya kepadanya kenapa buru-buru, dia langsung menjawab,” Bukannya begitu mas, saya punya tanggungjawab sekarang di rumah. Saya harus cepat pulang.”

Ayu mengaku dirinya kini mulai terbiasa mengasuh bayinya meski untuk tugas tertentu dirinya masih belum melakukannya sendiri, misalnya memandikan. Ayu sendiri kini bersiap menghadapi sidang perdana gugatan cerainya kepada Enji di Pengadilan Agama Kota Depok yang dijadwalkan akan berlangsung pertengahan Maret nanti.

Di kesempatan syuting tersebut, Ayu Ting-Ting hadir sebagai bintang tamu perdana program baru Mama Cinta Nino. Sebagai sosok yang kini tengah bermasalah dengan pernikahannya, Ayu pun seperti buka kartu. Bahkan, sebelum syuting tersebut, ia berceloteh pada Uya Kuya. ”Hore, aku ingin segera jadi

janda muda. Nanti, kalau aku sudah jadi janda, enak kali ya, dirayakan di sini, pakai petasan,” ceplos Ayu sembari tertawa. Ketika kepadanya ditanyakan tentang persiapan perceraiannya dengan Enji, sulung dari dua bersaudara ini berusaha menghindar. “Hal itu tanyakan saja pada pengacara saya,” tukas Ayu. (nizar/nva)

Tak Betah berlama-lama di Luar Rumah

TRIBUN/JEPRIMA

DEMI cepat bertemu anak, Ayu Ting Ting bergegas pulang usai syuting di kawasan Jakarta Timur, Selasa malam.

MENGONSUMSI teh ocha, teh asal Jepang, diam-diam sudah menjadi kebiasaan Yuki Kato.

Bahkan, ia mengaku merasakan manfaat yang luar biasa, seperti muka terasa lebih keren.

“Teh ocha menjadi bagian dari detok. Kalau kebiasaan itu awalnya waktu UN, sukanya junkfood, minumnya sembarangan berdampak terhadap muka seperti jerawatan,” kata Yuki seusai menjadi tamu peluncuran teh Ichi Ocha di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (5/2) siang.

Lalu, mamanya meminta dia mengonsumsi teh botol ocha yang dikirim dari Jepang. Ia pun mulai mengonsumsi secara

rutin, yakni sebelum bangun dan sebelum tidur. “Jadi bangun tidur pagi minum ocha hangat dan sebelum tidur minum ocha hangat lagi. Lama-lama jerawatnya berkurang-kurang dan muka terasa lebih keren,” katanya.

Saat mengonsumsi teh itu Yuki mengaku tidak menambahkan bahan apapun, termasuk gula. “Kalau teh seperti ini terlalu manis membuat dinding-dinding di mulut terasa gatal, rasanya aneh. Jadi aku lebih suka yang biasa saja,” katanya. (eko sutriyanto)

Rasakan Manfaat Teh Ocha

TRIBUN/JEPRIMA

YUKI KATO

YUNI Shara semakin giat bekerja demi anak-anak. Sebab, meski masih kecil, baik Kevin maupun Cello sudah memiliki cita-cita yang tinggi. “Mereka punya passion masing-masing. Kevin sudah bilang ‘bunda aku mau sekolah di Amerika,’ karena dia suka IT. Berati saya harus kerja untuk mempersiapkan biaya itu. Cello itu seperti social butterfl y, kemana aja cepat bergaulnya. Sekecil itu dia mau punya restoran. Berati tinggal diarahkan saja. Dan saya harus semangat lagi kerjanya untuk mendukung cita-cita mereka,” cerita Yuni.

Yuni mengaku senang dengan hidupnya saat ini. Selain lebih tenang, ia pun tak mau membuang-buang waktua untuk hal-hal yang tak bermanfaat. “Alhamdulillah saya tenang, anak-anak saya tambah besar, lucu, saya menikmati hidup tanpa ada batasan. Saya bisa melakukan ini dan itu. Jangan sampai saya keluar rumah untuk sesuatu yang tidak bermanfaat,” kata Yuni.(icha/nva)

Seleb VaganzaKAMIS 6 FEBRUARI 2014 9Metro Banjar

TAK ADA ISTILAH TRAUMA

Tak Betah Berlama-lamadi Luar Rumah

Page 10: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

Gadget PlusKAMIS 6 FEBRUARI 201410 Metro Banjar

SEBAGAI penyedia jasa streamingmusik, Guvera telah menyesuaikanlayanannya dengan konektivitasinternet di Indonesia. Ini dilakukanagar pengguna dapat menikmati musikfavorit mereka dengan nyaman, tanpaada gangguan karena masalah sinyal.

“Pengalaman yang kami berikan diGuvera sudah dipertimbangkandengan kenyamanan orang Indonesiaberinternet. Misalnya kalau sinyal 3G,apakah masih bisa streaming,” ujarMarketing Director Guvera Indonesia,Dian Nur Farida saat acara peluncuran,Selasa (4/2).

Oleh karena itu, tim GuveraIndonesia membuat file compression laguyang sesuai dengan kualitas internetyang ada di Indonesia.

PENGGUNA Android daniOS tiba-tiba saja tengahkegandrungangame Flappy Bird.Game ini sederhana tapisangat ‘menjengkelkan’ untukdimainkan. Namun tenang,ada kok tips dan triknya.

Kesulitan utama terletakpada mencari ritme untukmenghindari pipa-pipa hijau.Dan jika sudah menemukanpolanya, maka para gamermemerlukan stamina jempolyang kuat untuk men-dapatkan skor tertinggi.

TECHBEASTS.COM

GAMEGAMEGAMEGAMEGAME Flappy Bird

Nah, bagi Anda yangpenasaran mungkin tips dantrik yang dinukil dari Mojod,Rabu (5/2), ini bisa ber-manfaat agar Anda bisamenggapai skor tertinggi danmemamerkannya ke teman-teman.

■■■■■ Bermainlah denganlayar lebih besar

Meskipun mungkinmencapai skor tinggi denganmenggunakansmartphonecukup mengesankan, tapi itu

akan membuat ibu jari Andasakit. Cobalah beralih ke layaryang lebih besar. Layar besarseperti iPad dan tabletAndroid dapat memberikankesempatan yang lebih besarpula untuk meraih skor yanglebih tinggi. Karena sudutlayar dan mengetukkan ibujari yang lebih luas juga.

■■■■■ Awas pipa pendekMemasuki di antara pipa

yang tak terlalu pendekmungkin cukup mudah,

Anda cukup menekanketukan satu ke dua denganritme yang agak lamban.Namun saat beralih dari pipatinggi ke pipa pendek, yangperlu dilakukan adalahmengetuk jari antara ketukansatu dengan dua dengancepat, lalu kembali sedikitcepat untuk ketukan ketiga.

■■■■■ Jangan berkedipTampak konyol memang.

Namun, itulah yangharusnya Anda lakukan

ketika sedang bermain gameFlappy Bird ini. Anda me-merlukan konsentrasi tinggi.Salah satu caraberkosentarasi adalahdengan jarang melakukankedipan dari satu pipa kepipa lainnya yang mem-punyai ‘kecuraman’ yangtajam. Hindari gangguanjuga perlu dilakukan, karenabermain game ini sambilmelakukan aktivitas yanglain sangat mustahildilakukan. (dtc)

NEWNEWNEWNEWNEW ENTRY ENTRY ENTRY ENTRY ENTRY

Kiat Asyik Mainkan Flappy Bird

PADA Consumer Electronic Show (CES) di Amerika Serikat(AS) awal Januari 2014 lalu, Samsung telah memamerkanGalaxy Tab Pro dan Galaxy Note Pro. Kedua tablet itu pun kinisiap dipasarkan.

Kedua tablet untuk profesional itu dijadwalkan bakal mulaidipasarkan di Amerika Serikat pada 14 Februari 2014.Penjualannya akan menggandeng retailer setempat seperti BestBuy, Walmart, Amazon, Tiger Direct, PC Richard and Sons,Fry’s, dan Newegg.

Galaxy Note Pro ukuran 12,2 inci rencananya akan dijual749,99 dolar Amerika Serikat (AS) untuk versi 32 GB, sedangkanuntuk kapasitas yang lebih besar (64 GB) dibanderol 849,99dolar AS.

Sedangkan Galaxy Tab Pro akandipasarkan dalamtiga varian denganukuran layar yangberbeda, Tab Pro12,2 inci (32 GB)akan dijual 649,-99 dolar AS, TabPro 10.1 (16 GB)499,99 dan TabPro 8.4 (16 GB)399,99 dolarAS. (dtc)

PERUSAHAAN teknologi asal Perancis, Archos, tengahmenyiapkan kehadiran smartphone baru dengan platform Win-dows Phone yang akan dibanderol dengan harga terjangkau.

CEO Archos Loic Poirier mengungkapkan, perusahaannyaberencana meluncurkan produk Windows Phone baru berhargamurah yang akan bersanding dengan sejumlah produksmartphone Android.

“Kami akan meluncurkan sebuah handset Windows Phonejika waktunya tepat,” kata Poirier, baru-baru ini.

Meski demikian, dia menegaskan Archos masih tetap fokuskepada pengembangan dan produksi sejumlah perangkatberbasis Android.

Sekitar 90 persen produk Windows Phone yang beredarsaat ini merupakan rilisan Nokia. Sementara sejumlah produsenWindows Phone lain seperti LG, Samsung, dan HTC lebihmenempatkan fokus mereka pada produk-produk Android.

Selain Archos, sejumlah produsen lain seperti Alcatel danZTE juga berencana untuk ikut meluncurkan produk WindowsPhone berharga murah dalam waktu dekat. (idc)

Galaxy TGalaxy TGalaxy TGalaxy TGalaxy Tab Prab Prab Prab Prab Prooooo

Samsung GandengAmazon

Archos LuncurkanWindows Phone Murah

SUKSESOR dari HTC One, yakni HTC M8, akan rilis diNew York, Amerika Serikat (AS) pada Maret 2014.

HTC M8 pada peluncuran perdananya ini akan hadir tanpatombol kapasitif. Perangkat ini merupakan smartphone yangpaling diantisipasi untuk tahun ini, demikian lansir Pocket-lint.

HTC M8 diperkirakan bakal memiliki spesifikasi layar dis-play ukuran lima inci beresolusi 1080p, prosesor Snapdragon800 2.3 GHz dengan RAM 2 GB, memori penyimpanan 16 GB,baterai 2.900 mAh, dan berjalan dengan sistem operasi An-droid 4.4 KitKat.

Meski bocorannya akhir-akhir ini kerap muncul di duniamaya, tapi pihak HTC hingga kini belum mengeluarkanpernyataan resmi terkait kehadiran smartphone itu. (idc)

POCKET-LINT.COM

HTC M8HTC M8HTC M8HTC M8HTC M8

M8 Minus TombolKapasitif

JEJARING sosial Pathmengumumkan fitur baruyang selama ini ditunggu-tunggu pengguna Android,yaitu kemampuan perekamanvideo.

Pengumuman ke-tersediaan video dalamAndroid ini ditulis dalam blogresmi Path, pada Rabu (5/2).Fitur baru tersebut bisadinikmati jika penggunamengupdate Path di Androidke versi 3.4. Pengguna bisamelakukan pembaruan inimelalui Google Play Store.

Namun, Path Video diAndroid itu hanya tersediabagi pengguna OS Androidversi 4.0 ke atas. Untuk

Nikmati Musik Tanpa Masalah Sinyal

merekam video, penggunabisa melakukannya denganmengakses kamera di Path,dan menahan tombol kamera

beberapa saat, video ke-mudian akan merekamselama 30 detik.

Jika dibandingkan

dengan perekaman videoInstagram yang selama 15detik, durasi video yangditawarkan Path ini lebih

lama. Sama dengan fiturkameranya, Path jugamenambahkan beberapafilter gambar untuk video.

Dengan ditambahkannyafitur perekaman ini, Path diAndroid setara dengan iOSyang lebih dulu memilikikemampuan perekamanvideo.

Selain pembaruan video,Path juga menambah fiturcropping (memotong) foto.Pengguna kini disediakanmenu crop yang ditampilkandi bawah layar. Ukurancropping foto diPath di-sesuaikan dengan dimensifoto optimal yang bisaditampilkan Path. (kcm)

WHAWHAWHAWHAWHAT’ST’ST’ST’ST’S NEWNEWNEWNEWNEW

TRUSTEDREVIEWS.COM

Windows PhoneWindows PhoneWindows PhoneWindows PhoneWindows Phone

Tersedia Fitur Rekam Video

KOMPAS.COM

DAILYSOCIAL.NET

GuveraGuveraGuveraGuveraGuvera

DETIK.COM

Untuk lagu-lagu di aplikasiiOSnya, Guvera mengompres file lagutak lebih dari 64 mpbs. Sementara filelagu di Android dikompres sampai 96mpbs. “Walau ukuran di iOS lebihrendah, kualitas suara tetap baik,”kata Dian.

Tercatat jutaan lagu dari musisilokal dan internasional tersimpan diperpustakaan lagu Guvera Indonesia.

Agar dapat menikmati semualayanan Guvera, pengguna harusberlangganan satu dari beberapa paketyang ditawarkan. Paket tersebut antaralain Rp 55 ribu untuk satu bulan, Rp165 ribu untuk tiga bulan, Rp 303.600untuk enam bulan (diskon delapanpersen), dan Rp 547.800 untuk 12bulan (diskon 17 persen). (tnc)

PENIKMAT dunia mayasekarang bisa secara mudahberselancar langsungmenggunakan gadget ponselpintar. Meski begitu, tidaksedikit pula yang masihmengandalkan perangkatkomputer untuk berinternet.

Nah, satu perangkatelektronik untuk mem-permudah koneksi internetdari komputer adalah.Modem dibekali berbagaispesifikasi mumpuni agarkoneksi internet bisa lebihbaik.

Modem adalah singkatandari modulator dan demodu-

lator. Modulatormempunyaifungsi melakukanproses meng-hantarkan datadalam bentuksinyal informasi kesinyal pembawa(carrier) agar dapat

dikirim ke penggunamelalui media tertentu.Dan proses ini biasadinamakan dengan prosesmodulasi. Dalam proses inidata dari komputer yangberbentuk sinyal digital akandiubah menjadi sinyal analog.

Demodulator mempunyaifungsi sebagai proses untukmendapatkan kembali datayang dikirim oleh pengirim.Pada proses ini data akandipisahkan dari frekuensitinggi dan data yang berupasinyal analog akan diubahkembali menjadi sinyal digitalagar bisa dibaca oleh kom-

puter.Banyak sekali jenis jenis

modem yang ada pada saatini, jenis modem dapatdibedakan berdasarkanpemasangannya danjaringannya. Berdasarkanpemasangannya modemdikenal dengan modeminternal dan modem eks-ternal, Sedangkan jikaberdasarkan jaringannya,dibedakan menjadi modemdengan media kabel danmodem dengan media tanpakabel.

Berdasarkan teknologiatau jenis koneksinya, modemdapat dibedakan menjadibeberapa jenis, yaitu modemanalog, modem DSL (DigitalSubscriber Line), modemkabel, modem CDMA, danmodem GSM

Dari sekian banyakproduk modem yang di-

Spesifikasi Modem USB Speed:Jaringan :HSDPA 0n 850/900/2100

Mhz, Quadband Class 12,3G/EDGE on 850/900/1800/1900 MHz

Memori : MicroSD slot memoryUmum : USSD/SMS, USB 2.0 Inter

face, High Performance Internal Antenna, 1 LED Indicator

tawarkan, salah satunyaSpeed USB Modem. Modemini menawarkan beberapakelebihan bagi penggunanya,di antaranya cukup dengansatu modem bisa mencapaikoneksi secara global.

“Untuk mengunduh linkkecepatannya bisa men-capai lebih dari 7.2 Mbps dijaringan HSDPA. Sementarauntuk mengupload (meng-unggah) mencapai lebih

dari 384 Kbps,” katakaryawan Gadgetmart,Jalan Belitung Raya,Banjarmasin, Heru.

Modem ini juga di-lengkapi slot kartu memoriMicroSD. Modem ini, bisasecara otomatis memasangdriver. “Tak perlu memakaicompact disc buat memasangdrivernya,” ujarnya.

Bagi pengguna yangmemakai modem ini, juga takperlu khawatir karena masihbisa menerima pesan singkatselama proses browsing internetdi nomor ponsel yang sama.“Modem ini bisa dipakaiuntuk komputer jenisWindows XP, Vista, 2000 danWin7,” bebernya.

Modem ini juga di-lengkapi antena kecil.Fungsinya untuk membantumencari sinyal internet. “Adalampu LEDnya juga sebagaiindicator modem sedangaktif,” paparnya. (ath/hbc)

Modem ini bisadipakai untuk

komputer jenisWindows XP,

Vista, 2000 danWin7HERUHERUHERUHERUHERU

Karyawan GadgetmartBanjarmasin

BANJARMASIN POST GROUP/YAYU FATHILAL

KASKUS.CO.ID

SINYAL INTERNETBANTU CARI

SINYAL INTERNET

GOODGOODGOODGOODGOOD GAMEGAMEGAMEGAMEGAME

Page 11: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

GosipiKAMIS 6 FEBRUARI 2014 11Metro Banjar

Harus Operasi Lutut

Kapok Pacaran dengan ArtisDIKABARKANmenjalin

asmara dengan SonakshiSinha, Shahid Kapoormengelak rumor tersebut.Shahid bahkan menyatakandirinya sudah tidak mau lagikencan dengan aktris.

Pernyataan itudilontarkan Shahid saatmenjadi bintang tamu diCoffee with Karan. Dalamacara tersebut, Shahid hadirbersama Sonakshi Sinha,aktris pendampingnya dalamfilm Rajkumar. Saat ditanya

mengenai siapa yang ingindia kencani, Shahid denganjelas menya-takan dia tidakmau lagi dengansesama se-lebritis.

“Tidak, aku tidak maulagi pacaran dengan aktris.Aku sudah lelah dengan halitu. Aku takut untuk memulaihubungan dengan seorangaktris. Sungguh,” ujarShahid.

Shahid memang memiliki

beberapa pengalaman buruksaat menjalin hubungan

dengan sesamaselebritis. Dulu,dia ditinggalkanKareena Kapoordemi Saif Ali

Khan. Kemudian hubungan-nya dengan Vidya Balan,Priyanka Chopra, Amrita Rao,Nargis Fakhri, Bipasha Basu,Huma Qureshi dan AnushkaSharma juga tidak berlang-sung mulus dan berakhirdengan perpisahan. (kpl/ggl)

ShahidShahidShahidShahidShahidKapoorKapoorKapoorKapoorKapoor

REPORTER365.COM

Bioling ‘Nganggur’ di Taman BudayaSUDAH sekitar sebulan

ini sebuah mobil bertulisanBioskop Keliling terparkir dihalaman Taman BudayaKalsel, Jalan Brigjen H HasanBasry, Banjarmasin. MobilBisokop Keliling (Bioling)tersebut berisi perlengkapantelevisi, genset, layar, proyek-tor, dan sebagainya.

Direncanakan, mobil OBvan yang juga bertulisan TutWuri Handayani bercat biruini bakal dioperasikan kelilingdesa dan kota di KalimantanSelatan. Mobil Bioling adalahprogram Kemendikbud RI,dan Taman Budaya Kalselsalah satunya yang diserahitugas melaksanakannya.

Untuk waktu operasional-nya, masih menunggukucuran dana dari APBN.“Dari Kemendikbud bilang-nya di tahun pertamadibiayai mereka melalui

APBN, kemudian di tahunkedua oleh APBD ProvinsiKalsel,” kata Kepala SeksiPengembangan dan Pergela-ran UPTD Taman BudayaKalsel, Syahriani, Rabu (4/2).

“Kalau di pusat biasanyaAPBN cair sekitar April.Sementara ini kami hanya

bisa menyusun jadwaloperasionalnya untukdiajukan ke Kemendikbud,hari ini dikirim selanjutnyatinggal menunggu dananyacair,” ujarnyanya.

Direncanakan, melaluimobil Bioskop Keliling ini,akan diputarkan film-film

Indonesia yang mendidik danfilm-film seputar kebudayaan.“Film dari mereka, belum tahulagi nanti film apa yang bakaldiberikan. Kalau film tentangkebudayaan Banjar kami sudahsiap diputar. Sementaramenunggu dananya, paling-paling kami belikan solar satuatau dua liter sekadar untukmemanasi mesin,” paparnya.

Jika sudah bisa dioperasikan,bioling ini bisa dijadikan saranamenonton gratis bagi wargaKalsel. Warga bisa mengajukansurat permohonan ke pihaknyajika hendak diputarkan film didaerah mereka.

“Mobil ini biayanya Rp900 juta lho. Untuk diKalimantan hanya Kalsel danKalteng yang dapat. DiKalteng juga sama, belumbisa dioperasikan karenamasih menunggu dana APBNcair,” beber Syahriani. (ath)

BANJARMASIN PSOT GROUP/YAYU FATHILAL

BIOSKOP KELILING -BIOSKOP KELILING -BIOSKOP KELILING -BIOSKOP KELILING -BIOSKOP KELILING - Mobil Bioskop Keliling (Bioling) sudahsebulan terparkir di Taman Budaya Kalsel. Program dariKemendikbud RI ini belum dioperasionalkan karena menunggudana dari pusat.

DAMPINGI RATU MASAK NUSANTARA

BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

DEMO MASAKDEMO MASAKDEMO MASAKDEMO MASAKDEMO MASAK - Agus Sasirangan saat tampil di Banjarbaru. Hari ini, Kamis (6/2) Agus akan menjadi MC demo masak Sisca Soewitomo di Banjarbaru Book Fair.

JIKA biasanya dia tampil demomemasak atau berbagi pengalamannyamenggeluti bidang kuliner, tapi tidakuntuk hari ini, Kamis (6/2) diLapangan Murdjani Banjarbaru.Runner up Master Chef Indonesiaseason 1 asal Banua, Agus Sasiranganakan menjadi master of ceremony (MC)atau pemandu acara demo memasak.

Ahli masak yang dia dampingi dirangkaian acara Banjarbaru Book FairII tersebut juga tokoh yang terkenal diseantero Nusantara hingga mancane-gara, yakni Sisca Soewitomo. Ratudemo masak Indonesia yang wajahnyakerap menghias layar kaca dan penulis

buku laris ini lah yang dipandu AgusSasirangan.

Agus pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan menarik yangditawarkan kepadanya. “Aku jadi MCsaat beliau demo masak di BanjarbaruBook Fair. Beliau adalah penulis bukumasak terlaris di Indomesia,” kataAgus dengan antusias.

Sisca Soewitomo yang bernamalengkap Sis Cartica Soewitomo, telahmenghasilkan banyak buku resep diantaranyaDapur Enak Sisca Soewitomo: 250Resep Masakan Terlezat, 30 Menu Hemat untuk1 Bulan ala Sisca Soewitomo, Resep Lauk FavoritMinim Minyak ala Sisca Soewitomo dan 400

Resep Kue & Minuman Terfavorit.Perempuan kelahiran Surabaya, JawaTimur ini adalah ibu dari tiga anakdan nenek seorang cucu.

Dia telah memperdalam ilmuboga di China Baking School-Taiwan dan American Institute ofBaking, Manhattan, Kansas,Amerika Serikat.

Agus mengakui, ini pengalamanpertamanya jadi MC, makanya diabegitu antusias. Dia pun modal untukmelakoninya, di antaranya diamemperoleh pelajaran public speakingbeberapa waktu lalu.

Untuk makin menambah kemam-

puannya, sepekan terakhir Agus punkadang memperhatikan penampilanMC favoritnya yakni Choky Sitohang.

Usai jadi MC, pada Sabtu (8/2) ditempat yang sama, giliran dirinyayang akan demo masak resep yangada di bukunya Cooking with Love danBumbu Cinta yang bukunya juga dijualdi pameran buku tersebut. Resep yangakan didemokan Agus antara lainBrownies Kukus Cokelat dan IpauBasumap.

“Jadi, yang mau beli pas ulun(saya) demo Sabtu itu, langsung fotobareng dan dapat tanda tangan ulun,”ujar Agus sambil tertawa. (dwi)

Cari Ide untukUnjuk Bakat Naga

PERHELATAN Pemilihan Nanang Galuh BanjarProvinsi Kalimantan Selatan 2014 memang masih lamalagi, diperkirakan September 2014. Namun, Rima HayatiAuthari sudah bersiap-siap sejak sekarang. Persiapandilakukan Rima perlahan saja, mengingat dia sekarangmasih harus fokus menghadapi Ujian Nasional (UN)kelulusan SMA sederajat yang akan berlangsung April.

Sebagai Wakil I Galuh Banjar Kota Banjarmasin 2013,Rima telah dipastikan sebagai salah satu yang akanmewakili Kota Seribu Sungai di ajang tahunan tingkatprovinsi tersebut. Dia akan maju bersama tiga rekannyayang lain yakni pasangan Juara I Nanang Galuh KotaBanjarmasin Shauqi Maulana Ba’shaib dan Admi LidyaSari serta Wakil I Nanang Ade Wahyu Priandana.

Persiapan siswa kelas XII SMAN 7 Banjarmasin inimenghadapi Pemilihan Naga Kalsel 2014 nanti baru berupabanyak membaca tentangpengetahuan umum dankebudayaan. Selain itu, diajuga sedang mencari-cariide untuk malam unjukbakat. Dia ingin bisamenampilkan sesuatuyang spesial.

“Pokoknya kamiberempat sedangmelakukan persiapansecara maksimal,” kataRima, Rabu (5/2).

Guna menghadapiUN nanti, dia sejaksekarang sibuk mengi-kuti les dan menambahjadwal belajar dirumah. Dia berharap,nanti bisa masukkuliah di UniversitasIndonesia (UI) Jakarta.Dia ingin bisa menjadimahasiswi SastraJepang di sana. (ath)

Rima Hayati AuthariRima Hayati AuthariRima Hayati AuthariRima Hayati AuthariRima Hayati Authari ISTIMEWA

0602/M11

Page 12: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

12People Motionin

Metro Banjar 6 FEBRUARI 2014KAMIS

FB Koran Metro BanjarGabung di

Fahri Sokk EDonggFahri Sokk EDonggFahri Sokk EDonggFahri Sokk EDonggFahri Sokk EDonggTangkap je polisi ae, urg culas

nang kayaitu

Pandawa NajwaPandawa NajwaPandawa NajwaPandawa NajwaPandawa NajwaMencari kesempatan dalam

kesempitan kesahnya neh. Tangkapja buhannya tu p pol, hukum ja biar

jera tu orang.udah krisis bbm inimalah brbuat curang.

Ihsan PasKer PgsIhsan PasKer PgsIhsan PasKer PgsIhsan PasKer PgsIhsan PasKer PgsHakimi seadil adil nya ! BUDI

ngini sakali nya yg maulah minyakdi pom sikap habis

Chiesta AdabiChiesta AdabiChiesta AdabiChiesta AdabiChiesta AdabiSebenarnya si Budi (pelangsir)

kada setor pajak sama pak polisi,jadi dengan sangat terpaksa

ditangkap. Buktinya pelangsir diSPBU lingkar selatan tetap aman sampai sekarang

karena mereka bayar pajak sama pak polisi

Kani OjeszKani OjeszKani OjeszKani OjeszKani OjeszTangkap z

Akku Sue SiibosMudaAkku Sue SiibosMudaAkku Sue SiibosMudaAkku Sue SiibosMudaAkku Sue SiibosMudaKaryawan SPBUnya kd wani jua

membatasi. Sbaiknya adaknpngawas na. Biar ktahuan yg mnatangki truk bnyak atawa kadanya

Ismail Sang Musyafir CyintaIsmail Sang Musyafir CyintaIsmail Sang Musyafir CyintaIsmail Sang Musyafir CyintaIsmail Sang Musyafir CyintaKalu emang ad udang” ny yg

mnyatakn hrus d tindak hukum maukyak giman lagi ....!! Ya sudah jlaniaz lgi ??

Nisa Aulia RamadhaniNisa Aulia RamadhaniNisa Aulia RamadhaniNisa Aulia RamadhaniNisa Aulia RamadhaniDasar malink

Anton Putra WardanaAnton Putra WardanaAnton Putra WardanaAnton Putra WardanaAnton Putra WardanaBiar pang namanya juga

usaha, jgn sirik pang. Inya nukarjua, antre jua, duit inya sorang jua...Lain koruptor lawan polisi yg mintaiduit pengaman.

Azzma Azha EankAzzma Azha EankAzzma Azha EankAzzma Azha EankAzzma Azha EankDisakitii seharus’x karyawan

SPBU lebih tegas, kalu sudah beginikejadian x si karyawan pun harus

ikut bertanggung jawab.

Fahrull ZetyanyaFahrull ZetyanyaFahrull ZetyanyaFahrull ZetyanyaFahrull ZetyanyaBiasa z palengsern tue sdah d

liat... bnyakaee dmna2. d spbumana az sering terlihat. Pdhalbubuhan polisinya ada az bahambu-

ran inya maliatkn z hemmzzz. yg ini knp kahh jd dtangkap.... haaaa hauss duit jua kaloe pulangpolisi nya. d tangkap dlu. nta duit am pelengsirnyateruss d lepas dgn begitu sja....

Dayat CihongDayat CihongDayat CihongDayat CihongDayat CihongOrg gen dak makn jua,dmana

mana bnyk ha org malngsir..munmanangkap tangkap bartaan

Qasim Al FaroqQasim Al FaroqQasim Al FaroqQasim Al FaroqQasim Al FaroqOrg hndak mencari nafkah

gsan anak bini dirumah mkadtangkap polisi neh,,,

Qasim Al FaroqQasim Al FaroqQasim Al FaroqQasim Al FaroqQasim Al FaroqSma hja polisi wan pelangsir bkawan,,,,

Purwati WinotoPurwati WinotoPurwati WinotoPurwati WinotoPurwati WinotoBiasa ja, yang

melangsir - petugas SPBU nya -Polisinya,sama sama bebagi untung jua...

Muhammad Annur Qusairi Hamzah Terlalu untukaparat para oknum pelangsir minyar solar. Karenaorang dalam juga pelaku kersaja sama supir disuap bersekongkol.

Sony MuchsinSony MuchsinSony MuchsinSony MuchsinSony MuchsinYa kyne lah akbt adax perbedaan

hrga antara umum dg tukindustri...bxak pihak nang ikut maencr untung...nank mmbri upeti psti bs slmat...v nangkd mmbr upeti ea ky si sopir ne pank ditangkap....

Almia Aslie NakpekapuranAlmia Aslie NakpekapuranAlmia Aslie NakpekapuranAlmia Aslie NakpekapuranAlmia Aslie Nakpekapuranhmmmmm,, tangkap aja

pelakux,lalu Polisi harus kembang-kan jga pasti ada orang dlam ygbesekongkol....

Funk Lima StonesFunk Lima StonesFunk Lima StonesFunk Lima StonesFunk Lima StonesAmun sdh ky ini layu am sasengot

budi

Andie BogardAndie BogardAndie BogardAndie BogardAndie BogardPdhl polisi slalu jaga

diSPBU,knp jd kd tahu. Apa krnadisogok supir,jd kisah kd tau. Perludiselidiki tu.

Bang KingBang KingBang KingBang KingBang King99% aparat bermain.

BUDIBUDIBUDIBUDIBUDI (27) sopir truk pengangkut barang,ditangkap polisi karena melangsir solar di JalanAhmad Yani km 6 Banjarmasin, Rabu (29/1).Penangkapan itu berkat informasi dari wargaadanya pembelian solar melebihi batas. Setelahdicek ternyata truknya menggunakan dua tangkiyang berisi sekitar 250 liter solar.

DARI DISKUSI HINGGA PANTISALAH satu ‘penyakit’ yang melekat

pada kebanyakan mahasiswa baru adalahsikap apatis mereka terhadap pentingnyaberorganisasi. Di samping itu, sikapacuh tak acuh mahasiswa baru terhadapberbagai isu yang berkembang, baik yangmuncul di dalam kampus maupunlingkungan sosial yang lebih luas,merupakan sebuah krisis yang jika tidakdibasmi bakal menjadi budaya. Inipermasalahan yang mutlak harus dicaripemecahannya.

Melihat fenomena tersebut, seorangmahasiswa Pendidikan Agama Islam(PAI) IAIN Antasari pada 2008 men-cetuskan ide untuk membentuk ForumSilaturahmi Mahasiswa (Fosma).

Forum itu bermula dari keinginannyauntuk mempersatukan para mahasiswaIAIN agar lebih aktif dalam berbagaikegiatan, baik di dalam maupun di luarkampus.

Ketua Fosma IAIN Antasari Banjarma-sin, Niezar Perdana mengatakan, Fosmadikelola oleh mahasiswa baru yang terpilihsaat tes masuk Fosma 2013.

“Fosma awalnya sebuah komunitasmahasiswa baru yang bergerak sebagai

BAGI teman-teman yang hobi fotografi, bisa gabung di Lensa FB.Kirim atau tag foto Anda yang menarik dan unik ke akun Metro Banjar,Metrobjr II atau Koran Metrobjr. Foto yang terpilih kami tayangkan di

koran Metro Banjar. Maaf, tanpa imbalan. Trims.

LENSA FB

DISKUSIadalah bertukarpikiran,membahassesuatu (topik)dalam kerangkapemikiran para

pihak. Berdiskusi mengandungpemikiran, jadi apa yang diu-tarakan tentunya dipikir dulu.

Banyak mahasiswa yang masihmerasa takut atau malu kalaudiminta pendapatnya mengenaisebuah isu dalam sebuah forumdiskusi. Alasannya pun macam-macam.

Untuk menyampaikanpendapat dapat memulainyadari forum yang terkecil. Diskusiyang diadakan kampus punakan memberi peluang bagimahasiswa untuk saling berbagiilmu pengetahuan dan penga-laman.

Dengan adanya forum diskusi,

penyambungkomunikasi antaramahasiswa lamadengan mahasiswabaru,” lanjut dia.

Selain itu jugasebagai ajangpembentukan kadermahasiswa yangtidak hanya suksesdalam studi tapijuga dalamberorganisasi.

LatarbelakangpembentukanFosma karenaadanya krisis kepemimpinan dan ku-rangnya pemberdayaan mahasiswa baru.Di samping itu juga sebagai saranainformasi dan pembinaan kaderisasipemimpin kampus.

Dengan adanya Fosma tentunya akanmenambah kepercayaan mahasiswaangkatan baru untuk tampil sebagai kaderdalam berorganisasi, jelas Niezar.

Ditegaskannya, Fosma merupakanwadah independen yang bernaung di

bawah IAINAntasariBanjarmasin, wadahberkumpulnyaaktivitas mahasiswayang memilikisemangat juangtinggi.

“Fosma kitabentuk agarmahasiswa bisaberkarya danberkontribusi dalammewujudkankebangkitan bangsaIndonesia sekaligussebagai wujudpengabdian,” katamahasiswa semesterdua FakultasUshulludin JurusanTafsir Hadist ini.

Selain sebagaiajang silaturahmi,Fosma juga untuk

membangun jati diri mahasiswa sebagaipemimpin yang kompeten, disiplin danberakhlaqul karimah.

“Intinya, Fosma merangkul semuakalangan mahasiswa untuk menjalinsilaturahmi yang harmonis,” tandas priayang juga menjabat sebagai ketua PutraAntasari 2013 ini.

Ditanya kenapa perlu adanya Fosma,Niezar mengatakan, karena sikap ke-daerahan maupun alasan lainnyasehingga mereka memiliki rasa ke-bersamaan dan kekeluargaan sebagaimahasiswa IAIN.

Mewujudkan kehidupan mahasiswaBanua yang aman, tenteram, sejahtera,adil dan makmur, serta atas dasarkebersaman, kekeluargaan, kepeduliandan komitmen yang sungguh-sungguh

tanpa terbelah dan berkotak kotak,tandasnya.

Fosma juga sebagai wadah yangberfungsi untuk forum silaturahmi danmenampung aspirasi mahasiswa Banuayang menempuh pendidikan di IAINAntasari.

“Kami ingin menekankan bahwaFosma sebagai bentuk solidaritas ke-keluargaan dan persaudaraan sertakepedulian yang didasarkan pada prinsipkebersamaan, keadilan, kebajikan, dankeadaban para mahasiswa IAIN An-tasari,” katanya.

Ajang silaturahmi anggota Fosmatidak hanya membahas permasalahanyang ada di kampus, tetapi juga isu yangsedang berkembang.

“Dalam setiap pertemuan kitamencoba mengupas permasalahankampus dan Banua serta berusahamencarikan jalan keluar atau solusinya,”kata Niezar.

Mereka tidak hanya aktif di kampus,Fosma juga memiliki program kerjasosial di luar kegiatan kampus, misalnyadengan melaksanakan Minggu Ceria,diving, diskusi mahasiswa dan lainnya.

Sebagai wujud kepedulian terhadapsesama, Fosma juga melakukan kegiatansosial yaitu silaturahmi ke panti asuhan.

Untuk Program kerja ke depan, Fosmamenyiapkan 15 kegiatan. Mudah muda-han tahun ini juga kegiatan yang sudahterencana itu dapat terlaksana denganbaik dan lancar. (arl)

Belajar Analisis Masalahsuasana lingkungan kampus punhidup dengan kajian-kajiankeilmuan dan meningkatkan iklimkritis di kalangan mahasiswa.

Banyak manfaat mengikutidiskusi, di antaranya:◆ Belajar menyampaikan ide/pendapat◆ Belajar menganalisa sebuah

kasus◆ Belajar berkomunikasi denganbaik◆ Belajar menghargai pendaptorang lain◆ Membuat kemajuan menujutujuan pembelajaran◆ Mengatasi reaksi emosional darimahasiswa. (arl/ggl)

“Fosma sebagaipenyambung

komunikasi denganmahasiswa baru. Selainitu juga sebagai ajangpembentukan kader

dalam berorganisasi,”

NIEZAR PERDANANIEZAR PERDANANIEZAR PERDANANIEZAR PERDANANIEZAR PERDANAKetua Fosma IAIN Antasari

Banjarmasin

BPOST GROUP/KHAIRIL RAHIM

AKTIVIS KAMPUS - AKTIVIS KAMPUS - AKTIVIS KAMPUS - AKTIVIS KAMPUS - AKTIVIS KAMPUS - Anggota Forum Silaturahmi Mahasiswa (Fosma) IAINANtasari Banjarmasin

Pengirim:Pengirim:Pengirim:Pengirim:Pengirim: Radit Maulana IbrahimKeterangan foto: Keterangan foto: Keterangan foto: Keterangan foto: Keterangan foto: Eksis di mall bareng hehehehe

ISTIMEWA

0602/M12

Page 13: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

Soccer LandKAMIS 6 FEBRUARI 2014 13Metro Banjar

Banjar

SUDAH sekitar satu pekanterakhir, tim Martapura FC(MFC) kedatangan tiga pemainuntuk menjalani prosesseleksi yakni Emilio Pra-koso, Sunny Alifudindan Chandra Samual.

Leo Prakoso, pa-nggilan Emilio Pra-koso, kabarnya pernahmenjadi skuat PersepamMadura United dan PersidJember. Sementara Sunny me-rupakan bagian tim PersitaraJakarta Utara musim lalu. Se-dangkan Chandra Samual me-rupakan pemain dari Manado,Sulawesi Utara yang bolehdibilang masih minim penga-laman, namun dikabarkanmemiliki potensi besar.

Ketiga pemain ini, masihterus menjalani menjalani pro-ses pemantauan dari tim pela-tih. “Performa mereka yangmasih menjalani seleksi akanterus kita lihat hingga beberapahari ke depan,” ujar pelatihkepala MFC, Frans SinatraHuwae.

Mantan pemain sekaliguspelatih Barito Putera ini men-jelaskan, berdasarkan hasil pe-mantauan sejauh ini, performatiga pemain yang diseleksi ini

Ditunggu Masuk ISLMFCMFCMFCMFCMFC perjuangan kalian kami tungguagar sampai msk ISL thn dpn.,.(NAOFALGtr Bjb.)

+628125045587+628125045587+628125045587+628125045587+628125045587

Genderang Perang DimulaiTTTTTANTANTANTANTANTANGANGANGANGANGANANANANAN BERAT MFC .Kick-of divisi utama sebentar lgeakan d’mulai , genderang perang semakin memanas , seluruhteam2 kuat mempesiapkan dengan sebaik-baiknya agar tdkterdegradasi ke kasta bawah , manajeman mfc juga hrusmempersiapkan nya ramuan terbaiknya untuk mengarungi ligayg berat , ayo laskar sultan adam pasti bsa lolos ke ISL musimdepan AMIEN...!!! .by.WAHYU MONSTER AND BARTMAN nack MTs ihya ulumuddinbjb

+628963955+628963955+628963955+628963955+62896395512121212121111155555

Semoga Juara Divisi UtamaBBBBBWWWWWTTTTT MARTAPURA FC SEMOGA JUARA DI DIVISI UTAMA 2014 INI.by.JZ19GMD.GAFSAL.MTP

+6281348338430+6281348338430+6281348338430+6281348338430+6281348338430

Bermainlah dengan ApikBUBUBUBUBUAAAAATTTTT MARTAPURA FC d’smua laga DIVISI NANTI hrus wanibermain brtahan n mnyarang..agar smua klub2 solid klapa-kan..wkwkwk..dan skdar mmbri smangat u mngucapkan”AYOMFC BERMAINLAH YANG APIK SEMANGAT 45 WANI HANGIT”itu jasran u .Salam SASIKATAN#By;Raehan_93official Zyakhier BJM.

+6285+6285+6285+6285+6285754754754754754111110404040404111117777766666

BAGIBAGIBAGIBAGIBAGI Anda yang ingin mendukung klub lokal kebanggaanmuMartapura FC, Peseban Banjarmasindan lainnya,

kirim SMS (081349691195), SMS (081349691195), SMS (081349691195), SMS (081349691195), SMS (081349691195), Facebook (Martapura (Martapura (Martapura (Martapura (MartapuraFc) atau Fc) atau Fc) atau Fc) atau Fc) atau Twitter (@Mar(@Mar(@Mar(@Mar(@Martapura)tapura)tapura)tapura)tapura)

Yakin Lolos ISLSASASASASATUJUTUJUTUJUTUJUTUJU bnr nah menambah amunisiutk membobol musuh yakin mfc lolosisl tahun depan

@alidhika23@alidhika23@alidhika23@alidhika23@alidhika23

Semoga Lerby Bagian MFCMANTMANTMANTMANTMANTAPAPAPAPAP,Team pelatih lebih banyak pilihan dilini depan dansmoga Lerby Eliandry benar2 menjadi bagian dari MFC.

@SamaniHusni@SamaniHusni@SamaniHusni@SamaniHusni@SamaniHusni

Hemat Keuangan ManajemenTENTUNYTENTUNYTENTUNYTENTUNYTENTUNYAAAAA ini (peminjaman Lerby) sangat baik bgi mfc,apabilapemain ini cocok dgn kebutuhan manajemen,menghematkeungan manajemen mfc

@IwanBolt@IwanBolt@IwanBolt@IwanBolt@IwanBolt

Semoga Lerby TerealisasiSANGSANGSANGSANGSANGAAAAATTTTT setuju (peminjaman Lerby), semoga terealisasi.#BravoMFC

@AwanJM@AwanJM@AwanJM@AwanJM@AwanJM

Pilihan Lini Depan MFCSANGSANGSANGSANGSANGAAAAATTTTT bagus, dgn ini maka pilihan di lini depan Mfc semakinbanyak. Apalagi Lerby merupakan eks pon kaltim selain bayugatra.

@Nasih_GK12@Nasih_GK12@Nasih_GK12@Nasih_GK12@Nasih_GK12

Cek Dulu KesehatannyaLERBYLERBYLERBYLERBYLERBY kayanya sih bagus, tp cek dulukesehatannya, jangan-jangan ada riwayatcedera supaya nggak rugi

Aztyo NugrahaAztyo NugrahaAztyo NugrahaAztyo NugrahaAztyo Nugraha

Lini Depan Makin GanasBGUSBGUSBGUSBGUSBGUS t k untungn bgi MFC dengn bertambhx striker d MCF mkalini depanx semakin ganas.....

Sya’duddin AzzamSya’duddin AzzamSya’duddin AzzamSya’duddin AzzamSya’duddin Azzam

Kada Rugi Pinjam LerbyPEMAINPEMAINPEMAINPEMAINPEMAIN pinjaman bnyk pengalamannya di ISL, kd rugi MFCpinjam lerby, bravo MFC

Adil DillahAdil DillahAdil DillahAdil DillahAdil Dillah

Belum Tentu Cocok di MFCKLOKLOKLOKLOKLO bisa di sleksi dulu,walau dia pernah main di isl,belumtentu dia cocok main di mfc.tapi apapun keputusan pelatih ituyg terbaik,kami akan selalu mendukung untuk kemajuanmartapura fc

Zauloba NintytenZauloba NintytenZauloba NintytenZauloba NintytenZauloba Nintyten

Bersinar di Divisi UtamaSEMOGASEMOGASEMOGASEMOGASEMOGA Martapura Fc Bersinar di divisi Utama

Aîam RëzpëçtörAîam RëzpëçtörAîam RëzpëçtörAîam RëzpëçtörAîam Rëzpëçtör

MASIH BIASA-BIASA SAJA■ Tiga Pemain Seleksi Masih Dipantau

RENCANA tim pelatih Mar-tapura FC (MFC) untuk meng-gelar tur Jakarta yang dilanjut-kan ke Jawa Tengah pada per-tengahan Februari ini men-dapat respons positif mana-jemen Laskar Sulthan Adam.

Tur sendiri dijadwalkan ber-langsung dua

pekan padaminggu ke-dua Feb-ruari. Pe-kan perta-ma digelar

tur ke Jakar-ta, lalu pe-

kan beri-k u t n y a

masih biasa-biasa saja.Namun, ketiganya masih

diberi kesempatan untuk me-nunjukan potensinya. Pe-

mantauan pun terusdilakukan untuk me-lihat perkembangan-nya masing-masing,sebelum memutus-

kan untuk memulang-kan atau merekrutnya.

“Performanya kita rasamasih standar-standar saja,dan tidak terlalu jauh dengankualitas yang sudah ada dalamtim. Tapi dalam waktu dekatakan segera kita putuskanapakah di antara mereka adayang akan kita ambil atautidak,” jelasnya.

Sebelumnya, salah seorangpemain seleksi, Sunny Alifudinmengaku berharap bisa ber-gabung dengan MFC. Diamelihat, keinginannya untukmencari tantangan baru ada ditim Laskar Sulthan Adam.

Menurut Sunny, sebelumbergabung dengan Persitara,dia pernah memperkuat timPSMS Medan saat berkompetisidi Divisi Utama IPL (Indone-sia Premier League).

Semangatnya untuk ber-gabung di MFC makin tinggi

karena di tim kebanggaanwarga Martapura ini sudahada beberapa pemain yangdikenalnya yakni Muham-mad Renngur dan AdamAlis Setyano.

Renngur adalah pemainyang pernah sama-samamembela Persitara, sedang-kan Adam dikenalnya ka-rena sama-sama berasal dariJakarta. “Saya akan berusaham e n a m p i l k a nyang terbaikuntuk bisag a b u n gdi sini,”ujarnya.(ran)

KALTENG Putra yang duludikenal dengan nama PerseparPalangkaraya punya peluanguntuk satu grup dengan Mar-tapura FC di Divisi Utama LigaIndonesia 2014.

Kini, tim berjuluk LaskarIsen Mulang itu kabarnya su-dah memulai persiapan meng-hadapi kompetisi kelas dua diTanah Air tersebut.

Bahkan, tim asuhan EdyParyono itu berdasarkan akunfacebook milik tim asal Palang-karaya tersebut, Kalteng Putra,sudah merekrut 22 pemain.

Dari 22 pemain yang me-

Pemain Seleksi MFCPemain Seleksi MFCPemain Seleksi MFCPemain Seleksi MFCPemain Seleksi MFC❘◗ Sunny Alifudin (Persitara Jakarta Utara)❘◗ Leo Prakoso (Persipon Pontianak)❘◗ Chandra Samual (Manado, Sulawesi Utara)

Setujui Tur Dua Provinsike Jawa Tengah. “Kita menyam-but positif rencana tur ke Jakartasekaligus ke Jawa Tengah yangdiusulkan tim pelatih,” ujarmanajer Martapura FC, AmiSaid. Ami Said malah mengata-kan, manajemen sangat mendu-kung wacana dari tim pelatihyang terdiri atas Frans SinatraHuwae, Abunawas dan Taufikini.

Tujuan dari tur ini sendiriadalah untuk mengukur ke-kuatan Isnan Ali dan kawan-kawan dengan tim-tim yangkualitasnya selevel alias sama-sama berlaga di Divisi Utama.

Dari tur ini, tim akan me-ngetahui kesiapan sebelummengikuti kompetisi. Imbas-nya, evaluasi dan kekurangan-kekurangan bisa diatasi lebihdini.

Dengan adanya tur di duatempat ini, menurut Said tim

akan mendapatkan pembela-jaran lebih banyak lagi. Terlebihdengan menggelar tur di duatempat ini, MFC akan meng-hadapi permainan tim-timyang berbeda karakter. “Tim didua daerah ini berbeda karak-ter, tentunya bagus sekali untuklebih menambah pengalaman,”katanya.

Ami Said mengatakan, tur

ini memang idealdilakukan untukmemanfaatkanjeda yang luma-yan lama men-jelang bergulir-nya kompetisiyang dijadwal-kan baru dimu-lai 15 April 20-14.Sebelumnya,pelatih kepala MFC, FransSinatra Huwae menga-takan, masing-masing da-erah sudah ada tiga timyang menyatakan kese-diaan beruji coba melawanLaskar Sultan Adam.

Di Jakarta, Villa 2000,Persitara Jakarta Utara danPersikabo Bogor menya-takan siap menghadapi MFC.Sedangkan di Jawa Tengahada PSS Sleman, Persis Solodan PSIS Se marang. (ran)Calon Lawan MFCCalon Lawan MFCCalon Lawan MFCCalon Lawan MFCCalon Lawan MFC

Tur Jakarta❘◗ Villa 2000❘◗ Persitara Jakarta Utara❘◗ Persikabo BogorTur Jateng❘◗ PSS Sleman❘◗ PSIS Semarang❘◗ Persis Solo

Leo Prakoso

Calon Lawan MFC Rekrut 22 Penggawa❑ Format Degradasi Tergantung Jumlah Grup

nyatakan sepakat dengan timyang bermarkas di Stadion TuahPahoe, Palangkaraya itu, barusatu berstatus legiun asingyakni Antonio Teles.

Pemain asal Brasil itu ada-lah penggawa Kalteng Putrayang telah bergabung musimlalu ketika masih berlaga di In-donesia Premier League (IPL)2013.

Setelah sepakat dengan 22pemain ini, Kalteng Putra ma-sih berburu penggawa untukslot satu legiun asing dan satustoper lokal.

Saat ini, latihan diliburkan

untuk sementara. Para pemainkembali dikumpulkan untukmenjalani pemusatan latihanpada 14 Februari 2014 men-datang.

Terkait Kompetisi DivisiUtama yang bakal dilakoniKateng Putra dan MartapuraFC, PT Liga Indonesia beren-cana menggelar verifikasi pada3-28 Februari 2014 ini.

Sebanyak 66 klub bakaldiverifikasi berdasarkan duaaspek yakni infrastruktur danfinansial. Penentuan yang lolosverifikasi dilakukan 10 Maretdan dilanjutkan pembagian

grup sehari kemudian.Menariknya, untuk sistem

degradasi, ditentukan ter-gantung pembagian grup. Wa-cana yang beredar saat ini,pembagian grup menjadi 6, 7dan 8.

“Soal grouping ini menjadidiskusi menarik saat perte-muan di Surabaya lalu. Me-mang ada opsi 6, 7 atau 8 grupyang bisa dipertimbangkan.Yang pasti, jatah promosi dariDivisi Utama tetap hanya duaklub. Untuk degradasinya, jika6 grup, akan ada 18 klub ter-degradasi (3 peringkat ter-

bawah tiap grup). Jika 7 grup,akan ada 21 klub terdegradasi(3 peringkat terbawah tiapgrup), dan jika 8 grup, 16 klubdegradasi (2 peringkat ter-bawah tiap grup),” terang CEOPT Liga Indonesia, Joko Dri-yono.

Berapapun jumlah grupnya,sistem kompetisi yang diguna-kan pada babak reguler, adalahkompetisi penuh, home and away.Untuk semifinal dan final, sistemknockout,home and away. Sedangkanuntuk pemain asing, diputuskanhanya boleh maksimal dua pe-main asing. (ire/lic)

BANJARMASIN POST GROUP/FRANS RUMBONBPOST GROUP/APUNK

DOK BPOST GROUP

LAGALAGALAGALAGALAGA uji coba Martapura FC (merah) melawan Persepar(Kalteng Putra), beberapa waktu lalu.

Ami Said

0602/M13

Page 14: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

Futsal BlitzKAMIS 6 FEBRUARI 201414 Metro Banjar

Pakai Arisatau Fikri

SMK Swadaya Tak Puas

BPOSTGROUP/SYAIFUL ANWAR

PEMAINPEMAINPEMAINPEMAINPEMAIN SMAN 4 Banjarmasin (kuning) mencoba menerobos pertahanan SMKN 5 B Banjarmasin, Rabu (5/2) sore.

TERTOLONG GOL YANTOSUKSES Ariadi menjebol

gawang SMAN 4 Banjarmasindalam drama adu penalti me-ngantarkan timnya, SMKN 5Banjarmasin meraih juara diTurnamen Futsal Sultan BanjarCup I yang berlangsung dihalaman SMKN 5 Banjarma-sin, Rabu (5/2).

Sebelumnya, dua algojoSMKN 5, Fajri dan Danu telahmenaklukan kiper Fitrianor.Sebaliknya, penendang SMAN4 Banjarmasin hanya Syaifulyang mampu menaklukan San-di, sedangkan tendangan Ja-yadi berhasil diblok. Sebelum di-laksanakan adu tos-tosan, da-lam pertandingan 2x15 menit,kedua tim bermain imbang 2-2.

SMKN 5 tak hanya suksesmeraih juara, pemainnya Fajrijuga meraih top skor dengantujuh gol, sedangkan pemainterbaik diraih kiper Fitriadi dariSMAN 4.

Sementara itu, juara ketigadiraih SMK Swadaya setelahmenaklukkan SMKN 5 A de-ngan skor 5-1.

SMAN 4 Banjarmasin yangbertekad merengkuh gelar ke-tiga sepanjang tahun 2014,tampil menyimpan pemainbintangnya, Misrani selamaempat menit pertama untukmembaca permainan lawan.

Barulah memasuki menitkelima, Misrani masuk meng-ganti Rizki. Bersamaan dima-sukannya Misrani, SMKN 5 Bmampu menjebol gawang SM-AN 4 melalui Danu di menitke-5. Gol itu berawal dariumpan Yanto kepada Danukemudian Danu menyusur darirusuk kiri dan melakukantendangan ke tiang jauh yangdikawal Fitriadi.

Pemain SMAN 4 tak mautinggal diam dengan lebihbanyak menekan. Pemain se-pakbola Porprov Banjarmasin,Jumadil berhasil menyamakankedudukan di menit ke-7.Tempo permainan semakintinggi dan cepat. Hanya sajahingga babak pertama berakhir,kedudukan tetap 1-1.

Memasuki babak kedua,SMKN 5 B dikejutkan dengangol dibuat pemain SMAN 4,Rizki di menit ke-16, meman-faatkan lemparan kiper Fitriadi.Pemain tuan rumah yang men-dapat dukung penuh supor-ternya terus menekan. Kerjakeras anak asuh Afif Raihan iniakhirnya membuahkan gol dimenit ke-25 melalui sambaranYanto memanfaatkan tenda-ngan sudut Fajri hingga ke-dudukan berubah jadi 2-2.

Hasil imbang bertahan hing-ga babak kedua berakhir dandilakukan adu penalti yangakhirnya dimenangkan SMKN5 dengan skor akhir 5-3.

Kemenangan ini tak hanyamembawa SMKN 5 meraihjawara kali pertama sepanjang2014 sekaligus membalas keka-lahan adiknya di TurnamenFutsal UKM Poliban Cup Ja-nuari 2014.

Pelatih SMAN 4, Ari Elzharmengakui, secara permainankedua tim bermain imbang.“Hanya wasit yang memimpinpertandingan sedikit kurangnetral,” paparnya.

Terpisah, pelatih SMKN 5B Banjarmasin, Afif Raihanmengungkapkan kemenanganini berkat semangat juanganak-anak ingin merengkuhjuara.

Sementara itu, Kepala SM-

KN 5 Banjarmasin, Gatot Subi-yanto mengatakan rencananyaturnamen ini akan digelar tiaptahun. “Kami berharap melaluievent ini akan melahirkan bibithandal dikemudian hari,”tandasnya. (ful)

● Kalahkan SMAN 4, SMKN 5 JawaraAnak-anak SmasaKompak Pesta Gol

TIM futsal SMAN 1 (Smasa) Pelaihari, Tanah Laut meraihkemenangan atas Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Modelbanjarmasin dalam pertandingan babak penyisihanTurnamen Futsal SMAN 7 Banjarmasin, Rabu (5/2).

Bahkan dalam pertandingan yang berlangsung di halamanSMAN 7 Banjarmasin tersebut, SMAN 1 Pelaihari berpesta golke gawang MAN 2 Model dengan skor akhir 10-3.

SMAN 1 Pelaihari yang bermain cukup taktis dan unggulkerja sama tim mampu mengendalikan permainan, hinggaMAN 2 Banjarmasin yang bermaterikan siswa kelas XIIJurusan Agama tak bisa berbuat banyak.

Di pertandingan tersebut pemain SMAN 1 Pelaihari, Retnoberhasil mencetak empat gol di menit ke-6, 13, 14 dan 18disusul gol Roby di menit 10, 17 dan 26. Tiga gol lainnyadibuat Faisal menit 20, Asmy menit 24 dan Reza menit 28.

Gol MAN 2 Banjarmasin dicetak oleh Sy’banur Rasyid me-nit 12 dan 23 serta gol bunuh pemain SMAN 1 Pelaihari Baihaki.

Seakan tak mau kalah, SMAN 1 (Smasa) Banjarmasinjuga meraih kemenangan telak 8-2 atas SMK Swadaya BBanjarmasin. SMK Swadaya sempat memimpin lebih dulu 2-0 melalui Indra di menit 1 dan Rizki menit 8.

Namun, SMAN 1 Banjarmasin bisa bangkit denganmemberondong delapan gol melalui Benny menit 10 dan 19,Adi menit 13 dan 16, Andre menit 14 dan 25, Galdi menit 22serta Inuk pada menit 29.

Di pertandingan terakhir, MAN 1 Pelaihari tanpa harusmengeluarkan keringat menang WO atas SMAN 2 Banjar-masin. Akhirnya MAN 1 dinyatakan menang 3-0 atas SMAN2 Banjarmasin. (ful)

KEBIJAKAN panitia pelaksana memberikan kesempatankepada setiap klub boleh memboyong satu pemain eks PONKalsel atau luar dimanfaatkan tim Togap FC merekrut mantanpemain PON dalam menghadapi Turnamen Futsal PolibanCompetition di GOR Borneo Futsal.

“Rencananya kami akan menambah satu pemain pemainPON. Kemungkinan Aris atau Fikri yang kami mintatenaganya,” kata Togap, manajer Tim Togap, Selasa (4/2).

Tambahan satu pemain tersebut agar memotivasi pemainbinaannya menghadapi turnamen antarklub se Kalsel tersebut.

Ditambahkan Togap, dirinya tak memasang target mulukdi turnamen itu, bisa menembus delapan besar merupakanhasil yang cukup bagus. “Tim kami sudah siap menghadapiturnamen tersebut,” tandas anggota Lantas PolsektaBanjarmasin Tengah ini.

Terpisah, Panitia Pelaksana Poliban Cup Competition, AliWathon mengatakan, turnamen futsal

yang semula akan digelar 10 Februariditunda seminggu menjadi 17 Feb-ruari.

“Pertemuan teknik akan dilak-sanakan 13 Februari,” jelas dosenPoliteknik Banjarmasin tersebut.

Ali optimistis, jumlahtim yang menjadi

kontestan menjadi 24tim. Jumlah pesertaminimal 24 tim danakan dibagi 8 grup.Setiap grup lolos duatim dengan poin ter-tinggi.

“Untuk per-tandingan penyisi-han menggunakanempat lapangan, se-dangkan semifinal

dan final mengguna-kan tiga lapangan,”

tandasnya. (ful)

BPOSTGROUP/SYAIFUL ANWAR

PEMAINPEMAINPEMAINPEMAINPEMAIN SMKN 5 Banjarmasin B menjadi juara Sultan banjar Cup.

SMK Swadaya Banjarmasin harus puasmeraih juara ketiga di Futsal Competition Sul-tan Banjar Cup setelah menaklukkan tim tuanrumah, SMKN 5 A Banjarmasin 5-1, Rabu (5/2).

Walau pun meraih juara ketiga, pelatih SMKSwadaya, Sultan tak begitu puas. “Target kita ma-suk final, ternyata hanya meraih juara ketiga,”paparnya.

Pelatih SMKN 5 A, Afif Raihan mengatakananak-anaknya sudah berjuang maksimal, tapilawan lebih bagus.

SMK Swadaya yang unggul pengalamandan permainan langsung menyerang ke jantungpertahanan SMKN 5 A Banjarmasin. Pertandi-ngan baru berjalan dua menit, lewat terobosanyang dilakukan Rizki dari rusuk kiri berhasil

menjebol gawang tim tuan rumah.Unggul 1-0, SMK Swadaya terus menekan

dan hasilnya sang kapten Feriyadi menambahgol di menit ke-4 memanfaatkan bola muntah.

Ketinggalan 0-2, pemain SMKN 5 A,Renaldi, Yudha, Dicky dan Iqbal tidak bisamelepaskan diri dari tekanan lawan. Sebaliknyatembakan yang dilakukan Rizky dari pojok kirimampu memperbesar kemenangan menjadi 3-0 di menit ke-8.

Pemain SMK Swadaya tak mengendorkanserangan dengan menambah dua gol lagi melaluiSubiyanto di menit ke-18 dan 21. Satu-satunyagol penghibur bagi tuan rumah dicetak Renaldidimenit ke-28 setelah menerima umpan Yudha,hingga kedudukan menjadi 5-1. (ful)

Juara I : SMKN 5 B BanjarmasinJuara II : SMAN 4 BanjarmasinJuara III : SMK Swadaya BanjarmasinJuara IV : SMKN 5 A BanjarmasinPemain Terbaik : Fitriadi (kiper SMAN 4)Top skor : Fajri (SMKN 5 B) dengan 7 gol

BPOSTGROUP/SYAIFUL ANWAR

PEMAINPEMAINPEMAINPEMAINPEMAIN MAN 2 Banjarmasin (merah) berebut bola denganpemain SMAN 1 Pelaihari di Turnamen Futsal SMAN 7Banjarmasin, Rabu (5/2).

TOGAPTOGAPTOGAPTOGAPTOGAPBPOSTGROUP/DOK

0602/M14

Page 15: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

Good NewsKAMIS 6 FEBRUARI 2014 15Metro Banjar

bukan berarti berhenti mem-baca Alquran, tapi harus lebihmeningkatkan lagi kemam-puan kalian dalam membacaAlquran dari waktu ke wak-tu,” katanya.

Khataman merupakanlangkah awal dalam mening-katkan tata cara membaca Al-quran agar lebih fasih danbenar.karena dengan membia-sakan membaca Alquran akanmenambahkeimanan dan ke-taqwaan kita kepada AllahSWT, serta menuntun kita kea-rah kebaikan.

Alquran juga mengandungbanyak ilmu pengetahuan danpendidikan. Alquran juga men-cegah perbuatan keji danmungkar.

“Selanjutnya, ungkapanterima kasih dan penghargaanyang tinggi juga saya sampai-kan kepada jajaran pengeloladan para pendidik Sekolah Da-sar Islam Terpadu QardhanHasana Banjarbaru yang telahberhasil mendidik dengan baik danmengkhatamkan para siswa.

Semoga sekolah Dasar Is-lam Terpadu Qardhan Hasana

Banjarbaru kian maju dan ber-kembang, serta tetap konsistendalam upaya membina mentalspiritual generasi Qurani didaerah kita ini,” katanya.

Keberadaan lembaga pen-didikan keagamaan, sangatlahstrategis karena merupakan

wahana untuk menyemai akh-lak dan moral generasi penerus.

Maka seiring perkemba-ngannya kelak, Kadisdik berha-rap akan tumbuh pula kesada-ran dari masyarakat untuk me-motivasi putra putrinya memper-dalam ilmu kemagamaan.

“Sekolah agar bisa lebihmemberikan semangat kepadapara siswa dan untuk memoti-vasi mereka yang belum kha-tam Alquran agar berkeinginanuntuk bisa seperti teman-te-mannya yang sudah khatamAlquran. Untuk itu saya harap-

WALI KOTA MINTA BUKANSEKADAR KHATAM QURAN

HUMAS PEMKO BANJARBARU

KHAKHAKHAKHAKHATTTTTAM QURAN -AM QURAN -AM QURAN -AM QURAN -AM QURAN - Dua siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Qardhan Hasana melaksanakan Khataman Quran angkatan IV 2013-2014, yang berlangsung Sabtu (1/2).

WALI Kota yang diwakiliKepala Dinas Pendidikan KotaBanjarbaru Drs H AhmadiArsyad, MPd menghadiri Kha-taman Alquran siswa siswi Se-kolah Dasar Islam TerpaduQardhan Hasana angkatan IV2013-2014, Sabtu (1/2).

Sebanyak 63 siswa/siswiyang melakukan khataman.Turut hadir pada kegiatan kha-taman itu Pembina yayasanSekolah Dasar Islam TerpaduQardhan Hasana, orang tuawali murid serta para gurupendidik Sekolah Dasar IslamTerpadu Qardhan Hasana Ban-jarbaru.

Dalam sambutannya Ka-disdik mengatakan, prosesikhataman merupakan salahsatu program menghadiri danmenyaksikan prosesi khata-man Alquran.

“Hal ini tentunya membuatkita semua, khususnya paraorang tua, merasa bangga danjuga terharu. Apalagi, putraputri kita saat ini sudah mam-pu membaca kitab suci Alquranyang merupakan pedoman hi-dup seluruh umat islam di du-

nia,” ujarnya.Dia meminta, seluruh sis-

wa mampu mengamalkan isikandungan Alquran.

“Saya ucapkan selamatkepada anak-anakku semua,semoga semua ilmu dan penga-laman yang kalian terima sela-ma belajar di Sekolah Dasar Is-lam Terpadu Qardhan Hasanaini akan bermanfaat dan dapatdijadikan pembelajaran berhar-ga untuk bekal kalian dalammenempuh tahapan pendidi-kan selanjutnya.

Saya juga berpesan ke-pada kalian semua, khatam

kan kepada anak-anakku ja-nganlah pernah merasa lelahuntuk belajar dalam hal kebai-kan, jangan hanya sampai padakemampuan membaca Al Qu-ran saja, tetapi biasakanlahmembacanya setiap hari,”ucapnya. (hms)

Khatam bukanberarti berhenti

membaca Alquran,tapi harus lebih

meningkatkan lagikemampuan kalian

dalam membacaAlquran dari waktu

ke waktuHM RUZAIDIN NOORWali Kota Banjarbaru

Peluncuran Buku Karya Moses di Book Fair IIWAKIL Wali Kota Banjarbaru H Ogi

Fajar Nuzuli didampingi Kepala Perpus-takaan dan Arsip Daerah Kota BanjarbaruDra Hj Nurliany Dardie MAP, menghadiriacara peluncuran buku oleh penulis MosesOyes.

Penulis buku Kota semarang MosesOyes meluncurkan dua bukunya yang ber-judul Uder dan Sang Pangeran di WriterCorner jumpa penulis & diskusi bukukaryanya, pada acara Banjarbaru Book FairII 2014 di Lapangan Murjani Kota Banjar-baru, Selasa (4/2).

Banyak warga Kota Banjarbaru yangmelintas di seputaran Murjani, mampiruntuk menyaksikan peluncuran bukuMoses.

Tidak ketinggalan juga Dewan Kese-nian Kota Banjarbaru hadir pada pe-luncuran buku ini.

Arif Amak bagian dari kelompok mu-sik anak punk merasa bahagia karena me-reka dirangkul untuk berkaya, serta ber-kreasi.

Warga Banjarbaru yang menyaksikanjumpa penulis & diskusi buku ini, menga-

takan semoga kegiatan semacam ini dapatterus berjalan dengan baik, juga rutindilaksanakan.

Moses sendiri mengharapkan agarkegiatan ini membawa dampak tersendiribagi warga Kota Banjarbaru yang menyak-sikan kegiatan jumpa penulis & diskusibuku ini, bahkan Moses juga mengharap-kan kepada para pengunjung untuk dapatmengisi kegiatan sehari-harinya degankegiatan yang positif saja, sering-seringmenulis dan membaca agar wawasan kitabertambah. (hms)

HUMAS PEMKO BANJARBARU

PELUNCURAN BUKUPELUNCURAN BUKUPELUNCURAN BUKUPELUNCURAN BUKUPELUNCURAN BUKU - Wakil Wali Kota Banjarbaru H Ogi Fajar Nuzuli didampingi KepalaPerpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarbaru Dra Hj Nurliany Dardie MAP menghadiri acarapeluncuran buku karya Moses Oyes di Book Fair Banjarbaru II, Selasa (4/2).

0602/M15

Page 16: Metro Banjar Kamis, 6 Februari 2014

Crime StoryKAMIS 6 FEBRUARI 201416 Metro Banjar

BANJARMASIN - Kuburanyang dijadikan warga untukberjdui berhasil dilacak polisi.Di tempat itu polisi meng-amankan Muhammad Yoga(22) warga Jalan Alalak SelatanRT 1 dan Taufik Hidayat (33),warga Kuin Utara RT 10 No 19,Rabu (5/2).

Lokasi perjudian itu beradadi kawasan sepi di Jalan SetiaKecamatan Banjarmasin Utara.

Kanit Reskrim PolsektaBanjarmasin AKP Ismat Wah-yudi mengatakan, penggere-bekan berawal dari laporanwarga yang mengaku resahdengan perjudian tersebut.

Ismat mengatakan, untukmenuju ke lokasi perjudian dikawasan tersebut sangat su-sah, karena mereka berjudi disamping kuburan dan terlin-dung pepohonan.

“Untuk menuju ke lokasisana sangat susah karena jalanberliku dan becek,” kata Ismatyang mengalami luka dikakikarena tertendang tiang kayuketika melakukan penggrebekan.

“Padahal anggota kita su-dah melakukan pemblokan keberbagai arah. Tetapi kita tidakberhasil menangkap merekasemua,” kata Ismat,

Dikatakan Iswat Wahyudiselain menangkap kedua pe-laku pihaknya juga membawabarang bukti berupa alat perju-dian sebuah kartu remi, duabuah alat dadu ukuran besardan kecil, sebuah piring, mang-kok dan kain yang didugadipakai untuk berjudi.

Iswat Wahyudi mengata-kan, dalam penggrebekan ter-sebut pihaknya tidak menda-patkan uang sepersen pun,kecuali barang bukti tersebut.

Dia curiga dalam permain-an tersebut ada modus baru yaitu

■ Warga Tidak Berani Melapor

MEREKA PILIHBERJUDI DI KUBURAN

semua pemain membeli kartu.Jumlah kartu yang dipegangpemain akan ditukar denganuang ke bandar utamanya.

Ismat mengaku sudah be-berapa kali melakukan peng-grebekan di lokasi tersebut

tetapi selalu tidak berhasilmenangkap bandarnya.

Ditanya proses selanjutnyaterhadap kedua pelaku ter-sebut, Ismat Wahyudi menga-takan, tidak bisa menahankeduanya.

“Kita hanya mengenakankeduanya sebagai saksi karenamereka mengaku tidak ikutdalam permainan judi tersebut.Mereka berdua hanya sebagaipenonton sementara bandar-nya Kandar kabur. Karena tidakcukup bukti mereka berdua kitapulangkan,” katanya.

Sementara informasi yangditerima koran ini di lokasi

menyebutkan, bagi warga Ala-lak Selatan Jalan Setia per-judian tersebut sudah ber-langsung lama. Tetapi tidakwarga yang melaporkannyakepada polisi.

“Pemainnya datang dariberbagai tempat di Banjar-

Untuk menuju kelokasi sana

sangat susahkarena jalan

berliku dan becekAKP ISMAAKP ISMAAKP ISMAAKP ISMAAKP ISMAT WAHYUDIT WAHYUDIT WAHYUDIT WAHYUDIT WAHYUDIKanit Reskrim Polsekta

Banjarmasin

BONDOWOSO - Uang Rp 127 juta milik Ayub (35), wargaKelurahan Kademangan raib. Setelah kaca mobil Nissan JukeB 1205 KKH miliknya dipecah pencuri.

Aksi pencurian terjadi di depan sebuah show room mobildi Jalan Diponegoro, Kota Kulon, Bondowoso, Rabu (5/2) sore.

Informasi yang dihimpun, kejadian berawal saat korbanbaru saja mengambil uang di BRI Kota Kulon. Sebelum pulangke rumahnya, korban mampir ke show room mobil miliktemannya.

Baru berselang sekitar 10 menit masuk, mendadakterdengar suara kaca pecah. Korban lantas keluar meng-hampiri parkir di jalan raya. Ternyata suara kaca pecahtersebut berasal dari mobilnya yang kaca pintunya telah pecah.

Bukan cuma itu. Tas warna hitam milik korban yangditaruh di jok mobil berisi uang yang baru diambil dari bankternyata juga ikut raib. Atas kejadian itu korban langsungmenghubungi pihak kepolisian.

“Begitu mendapat laporan, kami langsung mendatangilokasi kejadian untuk melakukan oleh TKP dan penyelidikan,”kata Kasat Reskrim Polres Bondowoso, AKP Mulyono.

Menurut dia, korban tampaknya sudah dikuntit sejakkeluar dari bank. Pelaku dipastikan sudah tahu jika korbanmembawa uang banyak. “Begitu korban berhenti, pelakulangsung beraksi,” papar AKP Mulyono.

Mulyono mengatakan, dari hasil olah TKP itu kuat dugaanbahwa pelaku merupakan pemain lama yang memang kerapberaksi di wilayah hukum Bondowoso. “Kami masih selidikisecara intensif,”katanya. (dtc)

Rp 127 Juta MilikAyub Raib

BANJARMASIN - Giat ga-bungan Subdit Kamneg DitIntelkam Polda Kalsel dan PolresBanjarbaru membuahkan hasil.Pelaku pencuri kendaraan ber-motor (curanmor) sekaliguspenadahnya diamankan.

Penangkapan berawaldari laporan korban atas namaRahman (48) warga KompleksMeratus RT 3 Kecamatan Lan-dasan Ulin, Banjarbaru.Tim unit gabungan yang terdiri

atas Subdit Kamneg Dit Ik Polda Kalsel dan Unit Gasus SatIntel Polres Bjb menindaklanjutinya.

Dari penyilidikan, langsung diamankan Gozali Rahman(20) warga Gotong Royong Ujung Nomor 65 Banjarbaru.

Apesnya, dari informasi yang diterima Gozali dibekuk usaidugem dari salahsatu diskotik di Banjarmasin. Dia berpestadi diskotik usai menjual motor curian.

Waktu dia pulang, Rabu (5/2) sekitar pukul 02.30 Witadia langsung ditangkap.

Polisi melakukan pengembangan. kemudian diamankansalah satu penadah di Desa Haur Kuning, Guntung Baru,Kabupaten Banjar yakni Jasman (23).

Barang bukti yang ditemukan adalah Honda Beat warnamerah Nopol DA 6228 WI, tiga unit ponsel, obeng danbeberapa kunci sepeda motor.

Dir Intel Polda Kalsel Kombes Pol Trijan Faizal membenar-kan tangkapan tersebut. “ Saat ini pelaku beserta barang buktisudah diamankan dan kita serahkan ke Sat Reskrim PolresBanjarbaru,” katanya. (kur)

masin. Kita tidak berani me-laporkan karena mereka tidaksegan-segan melukai wargayang melaporkan kegiatanperjudian itu ke polisi,” katasalah seorang warga yangtidak mau menyebutkan jatidirinya. (buy)”

ANTARA /ERIC IRENG

LALALALALATIHANTIHANTIHANTIHANTIHAN - Pangarmatim, Laksda TNI Agung Pramono (tengah), menembakkan meriam Howitzer 105, sesaat Penyematan BrevetKavaleri dan Artileri Korps Marinir Wilayah Timur di Bhumi Marinir Karangpilang Surabaya, Rabu (5/2) . Penyematan brevet yangdilakukan oleh Komandan Pasmar-1, Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso kepada Pangarmatim, Dan Kobangdikal dan GubernurAAL tersebut, dalam rangkaian Apel Khusus TNI AL.

DETIC.COM

MOBILMOBILMOBILMOBILMOBIL Nissan Juke milik Ayub

Usai Jual MotorGozali Pilih Dugem

BANDUNG - Mawar masihberusia 18 tahun. Gadis be-rambut panjang sepunggungini mesti berurusan denganhukum. Ulahnya tak pantasditiru. Dia nekat aborsi darahdagingnya lewat jasa dukunberanak.

“Saya malu karena hamil,”kata Mawar sembari wajahtertutup topeng di MapolrestaCimahi, Jawa Barat, Rabu (5/2).

Mawar jebolan SMA inimenjalin asmara dengan ma-hasiswa berinisial MI (22).“Saya sudah setahun pa-caran,” ujar Mawar didam-pingi MI.

Singkat cerita, jalinan cin-ta keduanya kebablasan. Ma-war berbadan dua. Keduanyapanik dan gelisah. Akhirnya

Mawar MengakuMalu Berbadan Dua

pasangan kekasih tersebutgelap mata hingga sepakatmengugurkan kandungan.

Mawar diantar MI ke sa-lah seorang wanita beprofesidukun beranak yaitu Umyati(69). Muda mudi itu men-dengar kabar kalau Umyatimelayani aborsi.

Waktu memasuki usiakandungan satu bulan, Ma-war menyambagi tempatpraktik Umyati di salah satudaerah Kabupaten BandungBarat. Tercatat tiga kaliMawar bertemu dukun ber-anak tersebut hingga kan-dungan berusia lima bulan.Terakhir usai meminum ramu-an rempah buatan Umyati,ternyata Mawar mengalamipendarahan hebat dan ke-

guguran.“Dia Mawar merasa takut

dan malu karena hamil di luarnikah. Dia mengugurkankandungan dengan cara me-minta bantua kepada seorangdukung beranak,” kata Ka-polresta Cimahi AKBP ErwinKurniawan.

Tersangka mawar dan du-kun beranak dijerat Pasal 80ayat 3 Undang Undang No 23tahun 2002 tentang Perlin-dungan Anak yang ancamanhukumannya 10 tahun pen-jara. MI diganjar Pasal 348ayat 1 junto 55 KUHPidanayang ancaman hukumannyalebih lima tahun bui.

“dukun beranak itu meng-aku 12 kali melakukan abor-si,” kata Erwin. (dtc)

KUR

Gozal iGozal iGozal iGozal iGozal i

0602/M16


Related Documents