YOU ARE DOWNLOADING DOCUMENT

Please tick the box to continue:

Transcript
Page 1: Kelompok 1 9e

Nama Anggota :

1) Bella Feby Ayu Piningit (07)2) Dery PrayEtno (11)3) Dhinda Grefillia S. I (12)4) M. Yusril (20)

Page 2: Kelompok 1 9e

Pengertian Sistem Saraf

Sistem saraf adalah sistem koordinasi (pengaturan tubuh) berupapenghantaran impuls saraf ke susunan saraf pusat, pemrosesan impulsaraf dan perintah untuk memberi tanggapan rangsangan. Unit terkecil pelaksanaan kerja sistem saraf adalah sel saraf atauneuron. Sistem saraf sangat berperan dalam iritabilitas tubuh. Iritabilitas memungkinkan makhluk hidup dapat menyesuaikan diridan menanggapi perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya. Jadi, iritabilitas adalah kemampuan menanggapi rangsangan. Sistemsaraf termasuk sistem saraf pusat dan sistem saraf perifer (sistemsaraf tepi). Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulangbelakang dan sistem saraf perifer terdiri atas sistem saraf somatikdan sistem saraf otonom. Sistem saraf mempunyai tiga fungsi utama, yaitu menerima informasi dalam bentuk rangsangan atau stimulus; memproses informasi yang diterima; serta memberi tanggapan(respon) terhadap rangsangan.

Page 3: Kelompok 1 9e

A. Sistem Saraf pada Manusia

1. Sel Saraf (Neuron)

Jaringan saraf tersusun atas sel-sel yang mempunyai bentuk khusus. Sel-sel tersebut dinamakan neuron dan neuroglia. Kedua sel tersebutibarat pasangan tak terpisahkan yang menyusun jaringan saraf. Jikaada sel neuron, pasti sel neuroglia akan menyertai. Adapun selneuroglia berfungsi memberikan nutrisi dan bahan-bahan lain yang digunakan untuk kehidupan neuron. Dengan kata lain, neurogliaberfungsi untuk menjamin kehidupan neuron agar tetap dapatmelaksanakan kegiatan. Neuron merupakan unit struktural danfungsional dari sistem saraf. Neuron memiliki kemampuan sebagaikonduktivitas (penghantar) dan eksistabilitas (dapat dirangsang, sertamemiliki kemampuan merespon rangsangan dengan sangat baik. Neuron terdiri dari tiga bagian yang berbeda satu dengan yang lain, yaitu sebagai berikut.

Page 4: Kelompok 1 9e
Page 5: Kelompok 1 9e
Page 6: Kelompok 1 9e

BAGIAN BAGIAN SEL SARAF :

Dendrit adalah serabut sel saraf pendek dan bercabang-cabang. Dendritmerupakan perluasan dari badan sel. Dendrit berfungsi untuk menerimadan mengantarkan rangsangan ke badan sel.

Badan Sel adalah bagian yang paling besar dari sel saraf. Badan selberfungsi untuk menerima rangsangan dari dendrit dan meneruskannyake akson. Badan sel saraf mengandung inti sel dan sitoplasma.

Nukleus adalah inti sel saraf yang berfungsi sebagai pengatur kegiatan selsaraf (neuron).

Neurit (Akson) adalah tonjolan sitoplasma yang panjang (lebih panjangdaripada dendrit), berfungsi untuk menjalarkan impuls sarafmeninggalkan badan sel saraf ke neuron atau jaringan lainnya.

Jumlah akson biasanya hanya satu pada setiap neuron.

Page 7: Kelompok 1 9e
Page 8: Kelompok 1 9e

MACAM MACAM SARAF :

1. Sel saraf sensorik adalah sel saraf yang mempunyai fungsi menerimarangsang yang datang kepada tubuh atau panca indra, dirubah menjadiimpuls (rangsangan) saraf, dan meneruskannya ke otak. Badan sel saraf inibergerombol membentuk ganglia, akson pendek, dan dendritnya panjang.

2. Sel saraf motorik adalah sel saraf yang mempunyai fungsi untukmembawa impuls saraf dari pusat saraf (otak) dan sumsum tulangbelakang menuju otot. Sel saraf ini mempunyai dendrit yang pendek danakson yang panjang.

3. Sel saraf penghubung adalah sel saraf yang banyak terdapat di dalamotak dan sumsum tulang belakang. Neuron (sel saraf) tersebut berfungsiuntuk menghubungkan atau meneruskan impuls (rangsangan) dari selsaraf sensorik ke sel saraf motorik.

Page 9: Kelompok 1 9e

MACAM-MACAM SEL SARAF

1. SEL SARAF SENSORIS 2. SEL SARAF PENGHUBUNG

3. SEL SARAF MOTORIS

Page 10: Kelompok 1 9e

• Sistem saraf pusat merupakanbagian dari sistem saraf yangmengatur fungsi organ dananggota tubuh serta tenpatbudi pekerti manusia terletak.

• Sistem saraf pusat terdiri dari otak atau enchephalon dan sumsum tulang belakang atau medula spinalis

Page 11: Kelompok 1 9e

• Otak adalah pusat koordinasi utama. Di dalamotak, semua kegiatan tubuh dikontrol dandikendalikan dengan baik.

• Otak terdiri atas empat bagian , yaitu otakbesar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), otak tengah (midbrain), dan sumsumpenghubung (medula oblongata), sumsumtulang belakang (medula spinalis)

Page 12: Kelompok 1 9e

OTAK BESAR

OTAK KECILSUMSUM LANJUTAN

OTAK TENGAH

Page 13: Kelompok 1 9e

• Selain dilindungi tengkorak, otak diselubugi oleh membran yang disebut meninges. Tugasnya adalah melindungi otak atau sebagai penghambat selektif dan sebagai pendukung fisik bagi otak.

• Meninges terdiri dari tiga lapisan : duramater, selaput arachnoid, dan piamater. Diantara meninges terdapat cairan cerebrospinal.

Page 14: Kelompok 1 9e

• Terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri yang mengendalikan tubuh bagian kanan, dan belahan kanan yang mengendalikan tubuh bagian kiri.

• Memiliki permukaan yangberlipat-lipat dan mengandung ratusan juta neuron.

Page 15: Kelompok 1 9e

• Terbagi menjadi empat bagian :1. yaitu dahi (lobus frontalis), berfungsi untuk mengatur gerakan-gerakan tubuh yang disadari.2. ubun-ubun (lobus parietalis), berfungsi mengatur kulit dan otot-otot terhadap panas, dingin, sentuhan, dan tekanan3.pelipis (lobus temporalis), berfungsi sebagai pusat pendengaran4.kepala belakang (lobus oksipitalis), berfungsi sebagai pusat penglihatan. Antara otak bagian tengah dan belakang terdapat pusat perkembangan, kecerdasan, ingatan, kemauan dan sikap.

Page 16: Kelompok 1 9e

LOBUS FRONTAL

LOBUS PARIETAL

LOBUS OCCIPITAL

LOBUS TEMPORAL

Page 17: Kelompok 1 9e

• Otak kecil mempunyai dua belahan, yaitu belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Antara kedua belahan dihubungkan oleh jembatan varol.

• Otak kecil terdiri dari dua lapisan, lapisan luar berwarna kelabu, dan lapisan dalam berwarna putih

• Otak kecil berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh dan koordinasi kerja otot-otot ketika bergerak.

Page 18: Kelompok 1 9e
Page 19: Kelompok 1 9e

• Menghubungkan bagian otakdengan sumsum tulang belakang.

• Berfungsi untuk mengatur perna-pasan, denyut jantung, dan tekanandarah

Page 20: Kelompok 1 9e

Pada umumnya, perjalanan rangsang pertama kaliditerima reseptor (alat indera). Kemudian, rangsangdihantarkan melalui saraf sensoris ke otak. Sesudahdiolah di otak, tanggapan terhadap rangsang akandihantarkan melalui saraf motoris ke efektor (ototatau kelenjar). Hasil rangsangan tersebutmenimbulkan gerak biasa.

RANGSANG

NEURON SENSORIS

OTAK

NEURON MOTORIS

TANGGAPAN

Page 21: Kelompok 1 9e

Gerak refleks adalah gerak yang terjadi secaraspontan, tanpa memalui pusat gerak di otak.Jalan terpendek yang ditempuh suatu gerakrefleks disebut lengkung refleks.

RANGSANG

NEURON SENSORIS

NEURON PERANTARA ATAU KONEKTOR ( STB )

NEURON MOTORIS

TANGGAPAN

Page 22: Kelompok 1 9e

NEURON SENSORIS

RANGSANGNEURON PERANTARA ATAU KONEKTOR

NEURON MOTORIS

TANGGAPAN

Page 23: Kelompok 1 9e

PENYAKIT PADA SARAF :

Meningitis

Meningitis adalah radangmembran pelindung sistemsaraf pusat. Penyakit inidapat disebabkann olehmikroorganisme, luka fisik, kenker, atau obat-obatantertentu. Meningitis adalahpenyakit serius karenaletaknya dekat otak dantulang belakang sehinggadapat menyebabkankerusakan kendali gerak, pikiran, bahkan kematian.

Page 24: Kelompok 1 9e

Epilepsi

Ayan atau epilepsi adalah penyakitsaraf menahun yang menimbulkanserangan mendadak berulangberulang tak beralasan. Kata“epilepsi” berasal dari bahasaYunani (epilepsia) yang berarti‘serangan’

Umumnya ayan mungkindisebabkan oleh kerusakan otakdalam proses kelahiran, luka kepala, pitam otak/ struk, tumor otak, danalkohol. Kadang kadang ayanmungkin juga karena genetika.

Page 25: Kelompok 1 9e

AutismeAutisme adalah suatu kondisi mengenaiseseorang sejak lahir ataupun saat masabalita, yang membuat dirinya tidak dapatmembentuk hubungan sosial ataukomunikasi yang normal. Akibatnya anaktersebut terisolasi dari manusia lain danmasuk dalam dunia repetitive., aktivitasdan minat yang obsesif. Ada 6 karakteristikanak yang mengalami autisme, yaitugangguan dalam bidang interaksi sosial, komunikasi, perilaku-emosi, pola bermain, dan gangguan sensorik dan motorikperkembangan lambat atau tidak normal.

Page 26: Kelompok 1 9e

Insomnia

Insomnia adalah gejala gejalakelainan dalam tidur berupakesulitan berulang untuk tidur ataumempertahankan tidur walaupunada kesempatan untuk itu. Gejalatersebut biasanya diikuti gangguanfungsional saat bangun.

Page 27: Kelompok 1 9e

Migrain

Migrain adalah nyeri kepalaberdenyut yang kerapkali disertaimual dan muntah. Penderitabiasanya sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau bauan. Sakitkepala paling sering hanya mengenaisatu sisi kepala saja, kadang kadangberpindah ke sisi sebelahnya, tetapitidak dapat mengenai kedua sisikepala sekaligus.

Page 28: Kelompok 1 9e

kanker otak

Kanker otak adalah sekumpulan massa

sel-sel otak yang tumbuh abnormal, di

luar kendali. Sebagian besar kanker

otak dapat menyebar melalui jaringan

otak, tetapi jarang menyebar ke area

lain dari tubuh.

Namun pada kasus tumor otak jinak,

saat mereka tumbuh, mereka dapat

menghancurkan dan menekan jaringan

otak yang normal lainnya, yang dapat

berakibat pada kelumpuhan ataupun

fatal. Karena itu, dokter lebih suka

menggunakan istilah “tumor otak”

daripada “kanker otak.” Yang menjadi

concern utama pada pasien kanker otak

maupun tumor otak ini adalah seberapa

cepat mereka menyebar melalui bagian

otak/ syaraf tulang belakang lainnya

dan apakah mereka bisa diangkat dan

tidak kambuh lagi.

Page 29: Kelompok 1 9e

Alzheimer

Alzheimer bukan

penyakit menular,

melainkan

merupakan sejenis

sindrom dengan

apoptosis sel sel

otak pada saat

yang hampir

bersamaan,

sehingga otak

tampak mengerut

dan mengecil.

Page 30: Kelompok 1 9e

Hydrocephalus adalah penyakitmenumpuknya suatu cairan di dalam otak. Cairan serebrospinal umumnya mengalirdidalam ventrikel (rongga otak) dan‘membasahi’ otak dan tulang belakang. Cairan yang berlebihan tersebut dapatmenekan otak bayi, menyebabkankerusakan, gangguan fisik dan mental. Cairan serebrospinal di produksi olehjaringan pada lapisan ventrikel otak. Cairantersebut mengalir didalam ventrikel danruang diantara otak tulang belakang

Hydrocephalus

Page 31: Kelompok 1 9e

PERTANYAANKelompok 2

1.Apa fungsi dari sistem saraf manusia?• Sebagai alat pengenal perubahan yang terjadi di luar tubuh atau

alat penghubung antara tubuh dengan dunia luar melalui indera• Sebagai alat pengatur atau alat pengendali tanggapan (respons)

terhadap keadaan sekitar• Mengatur dan mengendalikan kerja organ tubuh sehingga organ

tersebut dapat bekerja secara teratur sesuai dengan fungsinya.

Page 32: Kelompok 1 9e

2. Apa fungsi utama sistem saraf pada manusia?

a) Saraf sebagai alat komunikasi antara tubuh dan dunia di luar tubuh. Hal inidilakukan oleh alat indera yang meliputi mata, hidung, telinga, lidah, dan kulit. Karena ada indera, dengan mudah kita dapat mengetahui perubahan yang terjadi diluar tubuh kita.b) Saraf sebagai pengendali atau pengatur kerja organ tubuh sehingga dapat bekerjaserasi sesuai dengan fungsi masing-masing.c) Saraf sebagai pusat pengendali tanggapan atau reaksi tubuh terhadap perubahankeadaan di sekitarnya. karena saraf sebagai pengendali kerja alat tubuh makajaringan saraf terdapat pada seluruh alat tubuh.

Page 33: Kelompok 1 9e

3 . Bagian sel saraf yang membungkus akson dan berfungsi sebagai isolator adalah? selubung lemak yang disebut myelin yang terdiri atas perluasanmembran sel Schwann4. Berdasarkan fungsinya neuron dibagi nenjadi berapa? Sebutkan! -Neuron Sensorik / Neuron Aferen : Neuron yang dendritnya berhubungandengan reseptor, aksonnya berhubungan dengan neuron yang lain. Fungsinyauntuk menghantarkan impuls dari reseptor ke pusat susunan saraf.-Neuron Motorik / Neuron Efektor : Neuron yang dendritnya menerimaimpuls motorik ,aksonnya berhubungan dengan efektor. Fungsinya untukmenghantarkan impuls motorik dari susunan saraf ke efektor.-Neuron Ajustor : Neuron yang menghubungkan antara neuron sensorik danneuron motorik. Terdapat di pusat saraf.-Neuron Konektor : Neuron yang dendritnya dan aksonnya berhubungandengan neuron lain di luar pusat saraf.

Kelompok 6

5. Bagian otak yang merupakan tempat penyambungan alat tubuh bagian kananke kiri atau sebaliknya adalah? Otak besar belahan kanan : Bagian kiri tubuhOtak besar belahan kiri : Bagian kanan tubuh6. Apa saja fungsi neuron? berfungsi menerima dan mengirimkan impuls saraf.

Page 34: Kelompok 1 9e

7. Sebutkan susunan serabut saraf otak dan susunan sumsumtulang belakang!

Page 35: Kelompok 1 9e

Kelompok 3

8. Apakah makin besar ukuran kepala seseorang dapat menunjukkan bahwaorang tersebut makin pintar? Tidak karena kepintaran/kecerdasan otak berasaldari gen dan kualitas otak.9. Bagian sel saraf yang berfungsi menghantarkan impuls ke badan sel adalah?

Dendrit10.Sistem koordinasi terdiri dari berapa sistem? Apa saja? sistem saraf ,sistem

hormon (endokrin) dan sistem indera.

Page 36: Kelompok 1 9e

Kelompok 5

11. Apakah fungsi dari sistem saraf sadar dan tidak

sadar? Saraf sadar : Mengatur gerakan secara sadar

dan teratur.

Tak sadar : Mengatur gerakan secara spontan dan

tidak teratur.

Kelompok 4

12. Bagian neuron apa yang berfungsi untuk

menerima rangsangan dari luar / neuron lainnya?

Dendrit

1 3. Apa yang dimaksud dengan penyakit alzheimer?

Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan

merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel sel

Page 37: Kelompok 1 9e

Kelompok7

14. Apa hubungan sel schwann dengan nodus ranvier? Akson terdiri

dari sel schwann, selubung mielin, nodus ranvier, dan serabut

akson. Sel schwann melindungi akson berseling letaknya dengan

nodus ranvier, sehingga akson ada bagian yang menggembung dan

tidak.

15. Apa fungsi nodus ranvier? Mempercepat jalannya impuls

16. Sebutkan bagian bagian dari neuron! Dendrit, badan sel saraf,

selubung myelin, nodus ranvier, inti sel saraf, sel Schwann, akson.

17. Apa yang dimaksud dendrit dan akson? Dendrit adalah Cabang

dari neuron. Sedangkan akson adalah sel yang panjang, tipis dan

membawa impuls elektrikal sel tubuh neuron atau soma. Akson

adalah jalur transmisi utama sistem saraf dan mereka membantu

membuat saraf

Page 38: Kelompok 1 9e

TerimakasihAtas Perhatiannya

danWassalamualaikum WR.WB


Related Documents