Top Banner
WAYANG ORANG SRIWEDARI SOLO 1. Auria Patria Dilaga 2. Ida Wahyuliana 3. Maharsidewi Kusharyani 4. Muhamad Tizar Adhiyatma 5. Selvia Dian Herlina 6. Yulia Widyastuti H.
19

Wayang Orang

Oct 25, 2015

Download

Documents

Culture
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Wayang Orang

WAYANG ORANG SRIWEDARI SOLO

1. Auria Patria Dilaga2. Ida Wahyuliana3. Maharsidewi Kusharyani4. Muhamad Tizar Adhiyatma5. Selvia Dian Herlina

6. Yulia Widyastuti H.

Page 2: Wayang Orang

SEKILAS TENTANG WAYANG ORANG SRIWEDARI

Wayang orang adalah salah satu kesenian yang berasal dari Solo-Jawa Tengah. Wayang orang menceritakan tentang kisah-kisah Mahabarata dan Ramayana yang mengandung banyak pesan moral.Cerita wayang orang ini dikemas secara menarik yang didukung setting panggung yang eksotis.

Pertunjukan wayang orang sriwedari digelar di komplek Taman Hiburan Sriwedari Jalan Slamet Riyadi 275 Surakarta. Totalitas pertunjukkan wayang orang ini terlihat dari para pemainnya yang tetp bermain dengan bagus meskipun hanya ditonton oleh segelintir orang.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Surakarta hanya mengenakan tiket masuk sebesar Rp.3.000,-. Pertunjukan ini diadakan setiap hari selasa sampai dengan sabtu dari jam 20:00 sampai dengan 23:00.

Page 3: Wayang Orang

SEKILAS TENTANG WAYANG ORANG SRIWEDARI

Page 4: Wayang Orang

SEKILAS TENTANG KOTA SOLO

Kota Surakarta atau lebih sering kita dengar dengan kota Solo, adalah salah satu kota yang berada di Provinsi jawa Tengah. Solo juga memiliki slogan pariwisata Solo the Spirit of Java yang diharapkan bisa membangun pandangan kota Solo sebagai pusat kebudayaan Jawa. Kota Surakarta memiliki semboyan BERSERI yang merupakan akronim dari Bersih, Sehat, Rapi, dan Indah.

Page 5: Wayang Orang

PANDANGAN MASYARAKAT TENTANG KOTA SOLO KHUSUSNYA WAYANG ORANG SRIWEDARI

Dari berbagai wawancara dengan masyarakat di luar Kota Solo, mereka tertarik dengan kota Solo. Mereka menyukai wisata budaya Kota Solo dan berbagai macam kuliner di Solo. Tetapi banyak masyarakat di luar Solo yang belum mengetahui pertunjukan wayang orang Sriwedari.

Hasil wawancara dengan salah satu warga Solo mengatakan sudah tidak asing lagi dengan wayang orang sriwedari. Wayang Orang Sriwedari penuh dengan pesan moral bagi siapa saja yang menontonnya.

Mungkin harus lebih banyak publikasi tentang pertunjukan wayang orang Sriwedari sehingga para masyarakat luar kota Solo tertarik untuk datang ke Solo untuk menonton pertunjukan wayang orang Sriwedari

Page 6: Wayang Orang

REALITA ATAU KENYATAAN BUDAYA DI SOLO

Dari banyak masyarakat Solo yang peduli dengan kebudayaannya, masih ada juga beberapa orang yang kurang peduli akan khazanah kebudayaan mereka sendiri. Seharusnya mereka ikut mensukseskan slogan Pemkot Solo “The Spirit Of Java” karena apabila ada kerjasama yang baik antara Pemerintah Kota Solo dengan berbagai masyarakat akan membawa dampak yang positif.

Salah satu dampak positif yang diambil adalah masyarakat khususnya luar kota Solo akan tahu dan tertarik datang ke Kota Solo sehingga pertunjukkan wayang orang Sriwedari pun ikut dikenal oleh masyarakat luar, yang pada realitanya belum banyak masyarakat luar kota yang tahu tentang pertunjukkan wayang orang Sriwedari.

Page 7: Wayang Orang

WAYANG ORANG SRIWEDARI DIANALISA DARI SEGI POLITIK

Wayang orang Sriwedari mendapat banyak dukungan dari berbagai masyarakat Solo, dan juga Pemerintah baik Pemerintah Kota hingga Pemerintah Desa di Kota Solo. Wayang Orang Sriwedari adalah Pegawai Negeri Sipil, karena Wayang Orang Sriwedari diayomi oleh Pemerintah kota Solo maka setiap pemain wayang orang sriwedari diangkat menjadi PNS.

Oleh karena itu banyak sekali masyarakat Solo yang ingin jadi pemain wayang orang Sriwedari karena ingin diangkat menjadi PNS. Tetapi untuk saat ini, karena sistem politik yang berubah maka pemain wayang orang Sriwedari hanya akan diangkat menjadi PNS apabila memenuhi kriteria sesuai yang diatur di dalam peraturan perundang-undangan.

Page 8: Wayang Orang

WAYANG ORANG SRIWEDARI DIANALISA DARI SEGI SOSIAL_BUDAYA

Dari segi kehidupan sosial-budaya wayang orang sriwedari memiliki keterkaitan dengan status ekonomi, gaya hidup dan sekaligus tingkat kreatifitas. Tetapi ketika kesenian itu tidak memiliki publik yang besar, akhirnya berdampak pada kualitas estetis dan kehidupan pemain wayang orang sriwedaridengan aspek sosial-budaya.

Upaya untuk menarik minat publik melalui peningkatan sarana dan prasarana gedung pertunjukan seperti perbaikan panggung pertunjukan yang dilengkapi dengan perlengkapan tata suara dan tata cahaya yang modern diharapkan mampu menarik minat penonton. Sehingga aspek sosial budaya wayang orang sriwedari ini juga ikut berkembang.

Page 9: Wayang Orang

Wayang Wong Sriwedari dari segi sosial budaya merupakan seni tradisional yang mengandung filosofi dalam kehidupan manusia, mempunyai banyak pakem cerita yang variatif dan merupakan bagian dari identitas bangsa Indonesia, maka Wayang oran Sriwedari berpeluang dan berpotensi untuk menjadi andalan obyek wisata kota Surakarta atau bahkan bangsa Indonesia.

Page 10: Wayang Orang

WAYANG ORANG SRIWEDARI DIANALISA DARI SEGI EKONOMI

Sektor pariwisata di Kota Solo merupakan andalan sumber pendapatan potensial, mengingat kekayaan budaya sangat melimpah. Namun demikian, kontribusi sektor pariwisata masih belum unggulan. Upaya mewujudkan sektor pariwisata sebagai sumber pendapatan ekonomi yang lebih tinggi, telah ditempuh dengan berbagai cara, seperti mensukseskan slogam Solo The Spirit Of Java . Tetapi, hasil yang dicapai masih belum seperti yang diharapkan.

Kenyataan tersebut disebabkan karena potensi budaya yang ada, terutama salah satunya adalah seni pertunjukan wayang orang sriwedari, belum diberdayakan fungsinya secara maksimal sebagai paket tontonan eksotik bagi wisatawan. Fungsi seni pertunjukan wayang orang sriwedari meskipun sudah dipertunjukkan secara komersial, akan tetapi belum dipadukan dengan program paket pariwisata budaya.

Page 11: Wayang Orang

Padahal keunikan pertunjukan seni wayang orang sriwedari tersebut, merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Seni pertunjukkan wayang orang sriwedari juga menjadi aset budaya, dan sekaligus sebagai simbol serta identitas kota Solo.

Apabila dikembangkan dengan lebih maksimal lagi maka akan membawa damppak ekonomi yang baik untuk :a. Pemerintah Kota Solo karena menambah pendapatan

asli daerah.b. Masyarakat kota karena banyak wisatawan yang masuk

baik dari luar maupun dalam negeri memungkinkan timbulnya usahha-usaha baru di Kota Solo sehingga bisa menambah pendapatan masyarakat itu sendiri.

c. Para pemain wayang sriwedari sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Page 12: Wayang Orang

WAYANG ORANG SRIWEDARI DIANALISA DARI PENDIDIKAN KARAKTER

Dilihat dari pendidikan karakter, wayang orang sriwedari mempunyai tujuan Sebagai bentuk apresiasi diri untuk menyampaikan nilai-nilai untuk mencapai tujuan hidup manusia. Melalui pertunjukan wayang orang sriwedari dapat memberikan gambaran manusia di alam semesta.

Wayang orang sriwedari merupakan suatu hiburan sekaligus pendidikan yang didalamnya sarat akan tuntunan untuk memahami tatanan kehidupan manusia.

Page 13: Wayang Orang

PERMASALAHAN YANG DIHADADAPI

Permasalahan yang dihadapi oleh wayang orang sriwedari adalah sebagai berikut :1. Keadaan tempat pertunjukan Wayang Wong Sriwedari

di Taman Sriwedari yang kurang terawat sehingga kurang nyamannya penonton dalam menyaksikan pertunjukan.

2. Kurangnya minat masyarakat untuk menonton pertunjukan Wayang Wong Sriwedari.

3. Kurangnya promosi informasi tentang Wayang Wong Sriwedari kepada masyarakat.

4. Tidak adanya penyuluhan pengetahuan tentang Wayang Wong Sriwedari kepada masyarakat bahwa itu adalah pertunjukan kesenian kota Surakarta yang perlu dilestarikan.

Page 14: Wayang Orang

PELUANG UNTUK MENGEMBANGKAN WAYANG ORANG SRIWEDARI

Peluang untuk mengembangkan wayang orang sriwedari Solo ini akan membawa dampak yang positif di berbagai bidang di kota Solo, peluang tersebut antara lain :1. Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari memiliki

potensi wisata yang besar. 2. Menjadi andalan objek pariwisata kota Solo. 3. Tempatnya yang stategis terletak di kota Surakarta

Solo. 4. Adanya TV, radio dan media-media lokal di Solo. 5. Banyaknya sekolah-sekolah dari SD, SMP, SMA, SMK

yang tersebar di Solo.

Page 15: Wayang Orang

PENYELESAIAN PERMASALAHAN

Untuk berbenah dan mengatasi segala kelemahan dan kekurangannya, agar seni pertunjukan Wayang Orang Sriwedari tidak terancam punah seiring dengan semakin dapat bersaing dengan hiburan dan modernitas lainnya yang sangat variatif. Dengan cara menginformasikan kembali dan memberi pengetahuan tentang Wayang Orang Sriwedari kepada masyarakat.

Tujuan utama dengan informasi adalah untuk menarik minat masyarakat untuk melihat pertunjukkan wayang orang srowedari sehingga dapat meningkatkan perkembangan dari segi perekonomian, sosial budaya, politik, dan memberikan pendidikan karakter khususnya di Kota Solo dan umumnya di Negara Indonesia.

Selain itu dari segi tempat dan sarana prasarana yang kurang terawat, Pemkot Solo dapat melakukan pemugaran sehingga tempat pertujukan menjadi nyaman dan minat masyarakat yang datang melihat pertunjukkan wayang orang sriwedari semakin banyak.

Page 16: Wayang Orang

HASIL ANALISA

Wayang orang sriwedari adalah kesenian daerah dari Kota Solo yang keberadaannya harus dilestarikan. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa masyarakat luar kota Solo banyak yang belum mengetahui adanya pertunjukan wayang orang Sriwedari, hal ini mungkin dikarenakan kurangnya sosialisasi baik ari Pemerintah maupun dari masyarakat.

Dianalisa dari segi politik, wayang orang sriwedari membuat perubahan banyaknya minat masyarakat yang ingin menjadi pemain wayang karena ingin diangkat menjadi PNS.

Dianalisa dari segi ekonomi, dengan bertambahnya minat masyarakat untuk menyaksikan pertunjukan wayang orang sriwedari maka akan membawa dampak positif terhadap perekonomian khususnya kota Solo.

Dianalisa dari pendidikan karakter, wayang orang sriwedari membawa pesan moral untuk manusia untuk mencapai tujuan hidupnya.

Page 17: Wayang Orang

Dari segi kehidupan sosial-budaya wayang orang sriwedari memiliki keterkaitan dengan status ekonomi, gaya hidup dan sekaligus tingkat kreatifitas. Tetapi dikarenakan kurang publikasi tentang wayang orang Sriwedari, maka dari aspek sosial budaya ini kurang berkembang.

Dalam mengembangkan seni budaya wayang orang sriwedari pastilah Pemkot Solo mengalami permasalahan diantaranya adalah gedung pertunjukan yang kurang terawat dan banyaknya masyarakat yang belum mengetahui tentang pertunjukian wayang seni orang sriwedari.

Padahal banyak peluang juga untuk mengembangkan pertunjukan seni wayang orang Sriwedari diantaranya adalah tempat pertunjukan yang cukup strategis, wayang orang sriwedari merupakan andalan kota Solo dan banyaknya media cetak amupun elektronik untuk mempromosikan wayang orang sriwedari.

Page 18: Wayang Orang

SARAN

Saran dari kelompok kami adalah Pemkot Solo beserta masyarakat Solo harus melestarikan dan mengembangkan wayang orang sriwedari dengan cara mempromosikan wayang orang sriwedari kepada masyarakat baik dalam maupun luar negeri. Selain itu sarana dan prasarana tempat pertunjukan harus dijaga dan dirawat.

Apabila banyak wisatawan dalam maupun luar negeri datang dan melihat pertunjukan wayang orang sriwedari ini akan membawa dampak yang bagus untuk perkembangan di bidang politik, sosial budaya dan perekonomian di Kota Solo.

Page 19: Wayang Orang

TERIMAKASIH