Top Banner
7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 1/22  enis Kabel dan Penggunaannya  | Penggunaan kabel dalam teknik elektronika mempunyai peranan yang sangat penting, kita tidak disarankan menggunakan kabel sembarangan sebelum kita mengetahui kontruksi dan karakteristik kabel yang akan kita gunakan, dengan memperhatikan tersebut diharapkan kita akan mendapatkan hasil maksimal dari usaha kita. Kabel berdasarkan fungsinya  digunakan untuk : Penghantar arus listrik tenaga (Power Cable) Penghantar arus listrik data dan informasi da tiga hal penting yang ada pada kabel diantaranya : 1 Penghantar (Konduktor) : media untuk menghantarkan arus listrik 2 !solator : bahan dielektrik untuk mengisolasi dari penghantar yang satu terhadap yang lain dan "uga terhadap lingkungan lingkungannya. 3 Pelindung luar : yang memberikan perlindungan terhadap kerusakan mekanis, pengaruh bahan# bahan kimia elektrolysis, api atau pengaruh pengaruh luar lainnya yang merugikan. Kabel sebagai Penghantar arus listrik tenaga (Power Cable) Jenis kabel ini sering digunakan untuk instalasi penerangan maupun instalasi tenaga arus kuat diantaranya adalah $%, $%&, $%', $%'%, $%%, $%&*% dll. Kabel $%  : yaitu kabel yang berinti penghantar+tembaga tunggal, berlapis atau terselubung bahan isolasi PC. Kabel $% Karakteristik kelistrikan Kabel $%  : -ari tabel, misalnya kabel dengan ukuran mm/ pada temperatur 012 C : penghantarnya memiliki resistansi sebesar 03.4 ohm setiap km pan"ang kabel dan penyekatnya memiliki resistansi sebesar 5 ' ohm setiap km pan"ang kabel. Kabel $%'  : merupakan kabel "enis standar dengan tembaga sebagai penghantar berisolasi PC dan berselubung PC (isolasi berlapis). Kabel $%'  berinti , 0, 3 bahkan lebih.
22

Jenis Kabel Dan Penggunaannya

Mar 05, 2016

Download

Documents

abdul

sangat bermanfaat bagi mahasiswa listrik
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
Page 1: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 1/22

 enis Kabel dan Penggunaannya | Penggunaan kabel dalam teknikelektronika mempunyai peranan yang sangat penting, kita tidak disarankanmenggunakan kabel sembarangan sebelum kita mengetahui kontruksi dankarakteristik kabel yang akan kita gunakan, dengan memperhatikantersebut diharapkan kita akan mendapatkan hasil maksimal dari usahakita.

Kabel berdasarkan fungsinya digunakan untuk :• Penghantar arus listrik tenaga (Power Cable)

• Penghantar arus listrik data dan informasi

da tiga hal penting yang ada pada kabel diantaranya :1 Penghantar (Konduktor) : media untuk menghantarkan arus listrik

2 !solator : bahan dielektrik untuk mengisolasi dari penghantar yangsatu terhadap yang lain dan "uga terhadap lingkungan lingkungannya.3 Pelindung luar : yang memberikan perlindungan terhadap kerusakanmekanis, pengaruh bahan# bahan kimia elektrolysis, api atau pengaruhpengaruh luar lainnya yang merugikan.

Kabel sebagai Penghantar arus listrik tenaga (Power Cable)

Jenis kabel ini sering digunakan untuk instalasi penerangan maupuninstalasi tenaga arus kuat diantaranya adalah $%, $%&, $%', $%'%,$%%, $%&*% dll.

Kabel $% : yaitu kabel yang berinti penghantar+tembaga tunggal,berlapis atau terselubung bahan isolasi PC.

Kabel $%

Karakteristik kelistrikan Kabel $% :

-ari tabel,misalnya kabeldengan ukuran mm/ padatemperatur 012 C: penghantarnyamemiliki

resistansisebesar 03.4 ohm setiap km pan"ang kabel dan penyekatnya memilikiresistansi sebesar 5 ' ohm setiap km pan"ang kabel.

Kabel $%' : merupakan kabel "enis standar dengan tembaga sebagaipenghantar berisolasi PC dan berselubung PC (isolasi berlapis). Kabel

$%' berinti , 0, 3 bahkan lebih.

Page 2: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 2/22

Kabel $%'

Karakteristik kelistrikan Kabel $%' :

Kabel $%& :merupakan "eniskabel serabutfleksibel danberisolasi PCdenganpenghantartenbaga ber"enisserabut dimaksuduntukmempermudahbergerak (fleksibel). Kabel "enis $%& digunakan untuk instalasi panel#panel yang memerlukan fleksibilitas yang tinggi.

Kabel $%&

Karakteristik kelistrikan Kabel $%& :

Kabel $%'% :adalah "eniskabel dengantembaga serabut

sebagaipenghantar danfleksibel, berisolasi PC dan terselubung PC. Kabel "enis ini digunakanuntuk instalasi yang bergerak seperti peralatan listrik tangan (*or,6older dll)

Page 3: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 3/22

Page 4: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 4/22

Kabel $% : yaitu kabel yang berinti penghantar+tembaga tunggal,berlapis atau terselubung bahan isolasi PC.

Kabel $%

Karakteristik kelistrikan Kabel $% :

-ari tabel,misalnya kabeldengan ukuran mm/ padatemperatur 012 C: penghantarnyamemilikiresistansisebesar 03.4 ohm setiap km pan"ang kabel dan penyekatnya memilikiresistansi sebesar 5 ' ohm setiap km pan"ang kabel.

Kabel $%' : merupakan kabel "enis standar dengan tembaga sebagaipenghantar berisolasi PC dan berselubung PC (isolasi berlapis). Kabel

$%' berinti , 0, 3 bahkan lebih.

Kabel $%'

Karakteristik kelistrikan Kabel $%' :

Kabel $%& :merupakan "eniskabel serabut

fleksibel danberisolasi PCdenganpenghantartenbaga ber"enisserabut dimaksuduntukmempermudahbergerak (fleksibel). Kabel "enis $%& digunakan untuk instalasi panel#

Page 5: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 5/22

panel yang memerlukan fleksibilitas yang tinggi.

Kabel $%&

Karakteristik kelistrikan Kabel $%& :

Kabel $%'% :

adalah "eniskabel dengantembaga serabutsebagaipenghantar danfleksibel, berisolasi PC dan terselubung PC. Kabel "enis ini digunakanuntuk instalasi yang bergerak seperti peralatan listrik tangan (*or,6older dll)

Kabel $%'%

Karakteristik kelistrikan Kabel $%'% :

Kabel $%%:'erupakan kabelstandar dengantembaga sebagaipenghantar berselubung PC dan berisolasi PC

Page 6: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 6/22

Kabel $%%

Karakteristik kelistrikan Kabel $%% :

 kelistrikanKabel $%% :

5. kabel $%'%adalah kabel6erabut yangdigunakan untukinstalasi rumah.

spesifikasi darikabel $%'% samadengan kabel $%'yang membedakan adalah Cu ata tembaga dari kabel $%'% adalah serabutsedangkan kabel $%' Cu atau tembaganya tunggal+solid. warna luar ataufisik dari kabel $%' adalah putih, sedangkan untuk Kabel $%'% tersediadalam 0 ma7am warna yaitu putih dan itam. fungsi pemakaian kabel $%'%sama dengan kabel $%'.8. http:++dien#el7om.blogspot.7o.id+010++"enis#"enis#kabel#dan#penggunaannya.html

Page 7: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 7/22

Relay Contactor adalah suatu peranti yang menggunakan elektromagnet untukmengoperasikan seperangkat kontak sakelar. Susunan paling sederhana terdiridari kumparan kawat penghantar yang dililit pada inti besi. Bila kumparan inidienergikan, medan magnet yang terbentuk menarik armatur berporos yangdigunakan sebagai pengungkit mekanisme sakelar.Relay Contactordigunakan

sebagai alat penghubung pada rangkaian dan pada beberapa aplikasi padaindustri dan kontrol proses memerlukan relay sebagai elemen kontrol penting.

Dalam dunia elektronika, relay dikenal sebagai komponen yang dapatmengimplementasikan logika switching. Sebelum tahun 70an, relay merupakan“otak dari rangkaian pengendali. Baru setelah itu muncul !"C yang mulaimenggantikan posisi relay. Relay yang paling sederhana ialah relayelektromekanis yang memberikan pergerakan mekanis saat mendapatkan energilistrik. Secara sederhana relay elektromekanis ini

•  #lat yang menggunakan gaya elektromagnetik untuk menutup $atau

membuka%• Saklar yang digerakkan $secara mekanis% oleh daya&energi listrik.

7 Prinsip Kerja

Relay Contactor pengendali adalah saklar magnetis. Relay inimenghubungkan rangkaian beban on dan o'' dengan pemberian energielektro magnetis yang membuka dan menutup pada rangkaian.Relaybiasanya mempunyai satu kumparan, tetapi Relay dari beberapa tipe laindapat mempunyai beberapa kontak, sesuai dengan kegunaannya.

(ontak)kontak atau kutub kutub dari relay umumnya memiliki tiga dasar pemakaian yaitu *Bila kumparan di aliri arus listrik maka kontaknya akanmenutup dan disebut sebagai kontak +ormally pen $+%.

8 Bila kumparan dialiri listrik maka kontaknya akan membuka dan disebut

sebagai +ormally Close $+C%

9 -ukar sambung $Change er & +%, relay /enis ini mempunya kontak

tengah yang normalnya tertutup tetapi melepaskan diri dari posisi danmembuat kontak dengan yang lain bila relay di aliri listrik.

dibawah inicontoh relay

RelayContactor berisikontak diamdan kontak

Page 8: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 8/22

bergerak. (ontak yang bergerak dipasangkan pada plunger. (ontak ditun/uksebagai +ormally pen $ + % dan +ormally Close $ +C %. #pabila kumparandiberi tenaga, ter/adi medan elektromagnetis. #ksi dari medan pada gilirannyamenyebabkan plunger bergerak pada kumparan menutup kontak + danmembuka kontak +C.

Kontak Relay

"eel tegangan pada kumparan Relay yang diberi tegangan, menyebabkanpenghubungan kontak yang disebut tegangan pick up $ tegangan tarik %. SetelahRelay diberi energi, leel tegangan pada kumparan Relay dimana kontak kembalipada kondisi tidak dioperasikan disebut tegangan drop out $ tegangan lepas %.(umparan Relay dirancang untuk tidak lepas sampai penurunan tegangan padapenurunan tegangan minimum sekitar 1 2 dari tegangan ker/a. (umparanRelay /uga tidak akan menarik $memberi energi % sampai tegangan meningkatpada 1 2 tegangan ker/a, tanpa merusakan kumparan. (umparan Relaysekarang dibuat dari konstruksi cetakan. 3al ini membantu mengurangipenyerapan kelembaban dan meningkatkan kekuatan mekanis.

Klik disini untuk pemahaman fungsi kerjanya.ᄃ9999999999999999999999999999996umber: anaklistrik;.blogspot.7om

!nstalasi Penerangan

0.. Jenis 6aklar

6aklar termasuk bahan "adi yang merupakan alat yang berfungsi untukmenghubungkan dan memutuskan arus listrik dari sumber tegangan menu"ubeban. 6aklar sangat banyak ma7am dan ragamnya misalnya < untuk

keperluan instalasi penerangan, untuk tegangan tinggi, instalasi tenagadan banyak lagi lainnya. 6ebagai pengetahuan dasar 7ukup mengenalbeberapa ma7am yang di"umpai dalam kehidupan sehari#hari misalnya <dirumah, sekolah, dan tempat#tempat umum.Jenis#"enis saklar pada dasarnya terbagi men"adi :# 6aklar manual# 6aklar megnetik ('C)# 6aklar otomatis

Page 9: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 9/22

Page 10: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 10/22

se7ara otomatis dengan adanya gelap dan terang yang memungkinkanperalatan =- dapat beker"a.

=- memilik sebuah lubang ke7il sebagai tempat masuknya 7ahaya. Cepatdan lambat penghubung dan pemutusan dapat diatur dengan mengatur besarke7ilnya mulut 7ahaya =-.

0..8. elay

elay merupakan sebuah saklar elektrik yang dapat mengubah kontak#kontakdari $A ($ormally Apen) men"adi $C ($ormally 7lose) sewaktu mendapatsupply aliran listrik. Dntuk mengendalikan suatu sistem dengan bebankeadaan C+-C biasanya dilakukan dengan saklar ker"a magnetis ini.Prinsip ker"a dari relay adalah berdasarkan ge"ala elektro magneti7dimana terdiri dari lilitan kawat+kumparan, 7oil, yang dililitkan padasebuah inti dari besi ba"a yang bersifat lunak. pabila pada kumparantersebut kita alirkan arus maka inti ba"a tersebut akan menarik "angkar

dan relay dinamis dalam suatu type#type beragam#ragam tersedia untukdaerah ker"a arus dan tegangan yang luas dan besa. elay akan beker"anormal bila toleransi tegangan pada kumparan magnetnya adalah ;5E1 Fdana apabila tegangan ker"a turun dari batas normalnya, maka relay akanbergetar.*iasanya pada relay kontaktor terdapat beberapa kontak kontrol $A dan$C. -alam batas waktu pemutusan, bunga api akan timbul. Dntuk ini banyakdigunakan relay yang mempunyai bentuk dan susunan tersendiri untukmemadamkan api tersebut.*ila relay beker"a, kontak#kontak utama dan *antu akan beker"a padawaktu yang bersamaan.

0.0. Pengaman

Pengaman alat#alat listrik sederhana khususnya yang digunakan didalampraktek bengkel semeseter !!! adalah sekring yang pada umumnya bertu"uanmengamankan terhadap hubung singkat antara fasa dan netral.

6ekring (fuse) merupakan alat yang sudah sangat dikenal oleh masyarakatbanyak, karena rata#rata setiap rumah atau suatu rangkaian akhir adasekringnya. 6ekring atau fuse harus memutuskan rangkaian yang diamankankalau arusnya men"adi lebih besar, dan bila sekring melebur (putus)harus diganti dengan yang baru dan tidak boleh dipakai lagi.

6ekring memiliki kawat isyarat dan kawat lebur dan masing#masingmempunyai fungsi yang berbeda, kawat lebur terbuat dari perak dengan7ampuran beberapa logam lain, digunakan perak karena logam ini hampirtidak mengoksidasi dan hantarannya tinggi, "adi diameter kawat leburnyabisa seke7il mungkin. 6ehingga "ika kawatnya lebur tidak akanmenimbulkan uap yang banyak. -engan demikian kemungkinan ter"adinyaledakan "uga ke7il sekali. 6edangkan kawat isyaratnya dihubungkanpararel dengan kawat lebur. Karena tahanannya besar, arus yang mengalir

Page 11: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 11/22

dalam kawat tersebut ke7il. Pada u"ung kawat ini terdapat sebuahpiringan ke7il berwarna yang berfungsi sebagai isyarat. Piringan isyaratini menekan sebuah pegas ke7il, "ika kawat leburnya putus karena arusyang terlalu besar, kawat isyarat "uga akan akan putus karena itupiringan isyaratnya akan lebur sehingga dapat diketahui bahwa kawatleburnya telah putus.

-alam patron lebur "uga terdapat pasir yang dimaksudkan untuk meredambunga api yang timbul "ika kawat leburnya putus.

0.3. Panel ubung *agi (P*)

Panel hubung bagi adalah panel distribusi sekunder yang berisi peralatan7ontrol misalnya fuse, timer, kontaktor dan lain#lain. Panel hubung bagiselain untuk memper"elas pembagian group "uga merupakan sentral ataupusat pengaturan dari seluruh sistem yang akan dikontrol.

6uatu hal yang umum untuk setiap pembuatan panel, konstruksi panel yangdipilih harus diren7anakan, diran7ang sedemikian rupa sesuai dengan

kebutuhan dan lingkungannya.

0.4. Jenis =ampu

6umber 7ahaya buatan yang digunakan sebagai pengganti 7ahaya matahariyang tidak dapat digunakan 7ontinue dan sebagai bentuk penerangankeindahan, sumber 7ahaya yang dimaksud adalah lampu. =ampu sendiriterdiri dari beberapa ma7am seperti lampu pi"ar, lampu @= (@ube =amp),lampu neon, lampu merkuri, lampu sodium, lampu halogen dan lain#lain.$amun yang akan dibahas disini adalah lampu pi"ar dan lampu tanda yangdipergunakan pada praktek instalasi penerangan semester !!!.

0.4. =ampu pi"ar sebagai lampu penerangan.=ampu penerangan pertama dibuat oleh @.. Gdison pada tahun ;H. Padawaktu yang sama swan di !nggris "uga men7apai hasil yang kira#kira sama.=ampu#lampu pertama itu menggunakan benang arang sebagai kawat pi"ar.6uhunya men7apai 0111oC. Cahaya yang dipan7arkan kemerah#merahan, danfluks 7ahaya spesifikasinya 3 =m+I.6etelah mengalami perkembangan#perkembangan yang terus ma"u, maka dapatdilihat bentuk akhir dari lampu pi"ar yang digunakan dirumah#rumahsekarang.Cahaya yang dipanaskan lampu pi"ar yang dimiliki spekrum 7ontinue,kuantitas 7ahaya dan masing#masing warna yang dipan7arkan tergantungpada suhu kawat pi"arnya. Jika suhunya men7apai titik terendah, maka

warna kuning dan merah akan lebih menon"ol. Jika suhu yang dinaikkanmaka warna#warna kawat pi"ar yang akan menon"ol adalah biru dan ungu,"adi warna kawat pi"ar men"adi lebih putih. -isini dapat dilihatkeuntungan#keuntungan dari lampu pi"ar yaitu, walaupun tegangan sumberturun lampu akan tetap menyala.@etapi lampu "enis ini mempunyai 7ahaya lampu yang 7ukup ta"am sehinggabayangan yang tampak sangat "elas. -alam sistem penerangan hal tersebuttidak diinginkan, oleh karena itu untuk menanggulanginya dibutuhkanbeberapa sistem penerangan difus, yang mengarahkan 7ahaya 51 F ke bawah

Page 12: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 12/22

dana selebihnya kelangit#langit dan ke dinding.

0.4.0 =ampu tandaDntuk mengoperasikan suatu 7ontrol listrik, perlu adanya penandaan untukkondisi#kondisi tertentu, misalnya saat kondisi beroperasi, kondisi

beban lebih, kondisi manual atau otomatis.Dmumnya penandaan tersebut merupakan penandaan yang menggunakan lamputanda atau lampu indi7ator. Karena digunakan sebagai lampu tanda makadaya yang dipan7arkan ke7il.

http:++7oesmaen#7iller.blogspot.7o.id+011+0+instalasi#penerangan.html

Page 13: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 13/22

Page 14: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 14/22

Page 15: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 15/22

Page 16: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 16/22

Page 17: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 17/22

Page 18: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 18/22

Page 19: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 19/22

Page 20: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 20/22

Page 21: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 21/22

Page 22: Jenis Kabel Dan Penggunaannya

7/21/2019 Jenis Kabel Dan Penggunaannya

http://slidepdf.com/reader/full/jenis-kabel-dan-penggunaannya 22/22