Top Banner
BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti : pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. Ini baru dari segi etimologi (asal usul kata). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya. Dalam lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, dicantumkan bahwa: 1. Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan. 2. Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. 1
30

Hasil Wawancara Makalah Kewirausahaan

Jan 28, 2016

ReportDownload

Documents

Makalah Kewirausahaan, wawancara kiat, strategi dalam berwirausaha.

BAB IPENDAHULUANA.Latar belakangKewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti : pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. Ini baru dari segi etimologi (asal usul kata). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.

Dalam lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, dicantumkan bahwa:

1. Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuankewirausahaan.

2. Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Jadi wirausaha itu mengarah kepada orang yang melakukan usaha/kegiatan sendiri dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Sedangkan kewirausahaan menunjuk kepada sikap mental yang dimiliki seorang wirausaha dalam melaksanakan usaha/kegiatan.Kewirausahaan dilihat dari sumber daya yang ada di dalamnya adalah seseorang yang membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, dan asset lainnya pada suatu kombinasi yang menambahkan nilai yang lebih besar daripada sebelumnya dan juga dilekatkan pada orang yang membawa perubahan, inovasi, dan aturan baru.Kewirausahaan dalam arti proses yang dinamis adalah kewirausahaan merupakan sebuah proses mengkreasikan dengan menambahkan nilai sesuatu yang dicapai melalui usaha keras dan waktu yang tepat dengan memperkirakan dana pendukung, fisik, dan resiko social, dan akan menerima reward yang berupa keuangan dan kepuasan serta kemandirian personal.Melalui pengertian tersebut terdapat empat hal yang dimiliki oleh seorang wirausahawan yakni:

1. Proses berkreasi yakni mengkreasikan sesuatu yang baru dengan menambahkan nilainya. Pertambahan nilai ini tidak hanya diakui oleh wirausahawan semata namun juga audiens yang akan menggunakan hasil kreasi tersebut.

2. Komitmen yang tinggi terhadap penggunaan waktu dan usaha yang diberikan. Semakin besar fokus dan perhatian yang diberikan dalam usaha ini maka akan mendukung proses kreasi yang akan timbul dalam kewirausahaan.

3. Memperkirakan resiko yang mungkin timbul. Dalam hal ini resiko yang mungkin terjadi berkisar pada resiko keuangan, fisik dan resiko social.

4. Memperoleh reward. Dalam hal ini reward yang terpenting adalah independensi atau kebebasan yang diikuti dengan kepuasan pribadi. Sedangkan reward berupa uang biasanya dianggap sebagai suatu bentuk derajat kesuksesan usahanya.

Dari beberapa konsep yang ada pada 6 hakekat penting kewirausahaan sebagai berikut yaitu :

1. Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis (Acmad Sanusi, 1994).

2. Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) (Drucker, 1959).

3. Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (Zimmerer. 1996).

4. Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (start-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth) (Soeharto Prawiro, 1997).

5. Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (inovative) yang bermanfaat memberi nilai lebih.

6. Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melaui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan. Nilai tambah tersebut dapat diciptakan dengan cara mengembangkan teknologi baru, menemukan pengetahuan baru, menemukan cara baru untuk menghasilkan barang dan jasa yang baru yang lebih efisien, memperbaiki produk dan jasa yang sudah ada, dan menemukan cara baru untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.

B.Tujuan Wawancara1. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengembangan seorang wirausahawan,

2. Untuk mendapatkan data atau informasi tentang usaha seseorang,C.Metode Mendapatkan dan Pengolahan DataKami memperoleh data atau informasi dengan cara bertanya kepada seorang narasumber terkait usaha yang ditekuni.

BAB IIISI LAPORANA. Laporan Hasil Wawancara

"KUE KAMIR KAIRO"

Narasumber:Fakhri

Jenis Usaha:Usaha Kuliner Kue Kamir Kairo

Hari / Tanggal:Rabu, 01 Oktober 2014

Pukul:09:00 WIB - Selesai

Tempat:Kediaman Pak Fakhri

Jalan Prof. M. Yamin Gang Ari Karya 6 No. B4

Hasil Wawancara Usaha Kue Kamir KairoPada hari Rabu, 01 Oktober 2014, pukul 09:00 wib kami berkumpul di warung kopi yang dekat dengan rumah narasumber. Setelah semuanya siap kami menuju ke rumah narasumber untuk melaksanakan wawancara. Kesanpertama kami datang cukup lepas dan tidak terlalu canggung , karena beliau juga merupakan alumni Politeknik Negeri Pontianak. Disana kami langsung bertemu dengan narasumber yang bernama Bang Fakhri. Beliau bersikap ramah kepada kami. Setelah berbincang-bincang tentang usahanya beliau mengajak kami untuk melihat-lihat lokasi usaha Kue Kamir Kairo miliknya.Pertanyaan Pembuka 1. Assalammualaikum men, ape kabarnye ni ? Waalaikummsallam, alhamdulillah baek jak ni. Ade keperluan ape ni datang kesini ?2. Gini men, kamek ni dapat tugas dari bapak Yaser tentang Kewirausahaan jadi kamek nak mewawancarai ente bise ndak? Ouw... biselah, aku dulu pernah gak dapat tugas KWU macam kitak ni men. silekan lah nak nanya ape ni ?Pertanyaan Isi1. Sudah berapa lama anda memulai usaha ini?

Usaha ini udah dua taon2. Sebelum menekuni usaha ini, apakah anda pernah menekuni usaha lain? Sebelum menekuni usaha ini belom pernah menekuni usaha lain.3. Apa latar belakang anda memilih usaha ini?

Yang pertame pontianak ni merupakan daerah yang potensial untuk memulai usaha. Terus yang kedua pontianak ni masyarakatnye konsumtif dan berani untuk mencoba hal-hal yang baru seperti usaha yang saya tekuni ini.4. Bagaimana asal mulanya usaha ini?

Awalnya usaha ini adalah usaha tante saya yang ada di Pemalang kemudian sukses jualan di Jakarta namun karena di sana makin ramai akhirnya tante saya menjual system franchise jadi hanya menjual bahan namun merk dagangnya tetap punye tante. Dari sistem franchise itu lah awalnya membuat penjualan menurun karena banyak pengusaha lain yang mengubah atau manambahkan bahan lain sehingga peminatnya agak menurun. Kemudian dari situ saya mencoba menjual di Pontianak dengan resep dari tante, respon masyarakat disini cukup bagus. Akhirnya karena penjualan disini cukup bagus, saya mengajak tante saya buka usaha kue kamir disini.5. Mengapa anda tertarik dengan usaha ini?

Karena usaha ini dengan modal yang tidak terlalu besar tetapi mendatangkan omzet yang bisa dikatakan besar dan juga waktu dalam menekuni usaha ini juga fleksibel.6. Dimana saja anda membuka usaha ini?

Pada awalnya usaha ini hanya usaha rumahan tetapi semakin berkembang kini sudah membuka stand diluar rumah. Ada dua stand yang satu didepan SPBU Kota Baru yang satunya lagi didepan pasar Kemuning.7. Berapa omzet rata-rata perbulan atau perhari dalam usaha ini?

Omzet secara keselurahan sih ,, kan namenye usaha dagang ni kadang laku kadang ndak. Jadi kire-kire 1 hari itu bersih bisa mencapai 500 ribu. Jadi untuk satu bulan rata-rata omzet bisa mencapai 15 juta rupiah.8. Berapa jumlah karyawan anda sekarang?

Karyawan untuk sekarang hanya dua orang.9. Selama menjalankan usaha ini, apakah ada kendala yang dihadapi?

Kendala berkaitan dengan lahan. Karena usaha yang saya tekuni merupakan jenis usaha street food.10. Bagaimana anda mengatasi kendala tersebut?

Untuk mengatasi kendala tersebut kami berkoordinasi dengan pedagang lain jadi istilahnye thu saling tolong menolong lah ..11. Apa saja suka duka dalam menjalankan usaha ini?

Hemmm banyak ni suka duka dalam menjalankan usaha ini. Sukanye thu pertame kite banyak kenalan jadi banyak jaringan, contohnye karena kite banyak jaringan maka pelanggan kite ade yang dari kantor walikota sampai kemaren kite ade pesanan dari malaysia dan brunei.Dukanye ni mulai usaha ini ni awalnye kan hanya usaha rumahan jadi aku ngantar-ngantar ke kampus, ke warkop-warkop kalo misalnya agik bagosnye orang warkop thu baek, kalo pas agik ndak bagos thu orang warkop ade yang mengejek contohnye pas agik nak ngambek duet thu orang warkop bilang malah jak kau ni datang, aku ni belom ade duet kate orang warkop thu jadi kite ni haros lebeh sabar lah dalam menghadapi nye.

Pertanyaan Penutup

1. Menurut anda apa tips untuk menjadi orang sukses?

Menjadi orang sukses thu pertame ulet, tidak gengsi, sabar, tekun. Yang paling utama thu jangan gengsi.2. Masukan apa saja yang ingin anda sampaikan agar orang lain termotivasi menjadi orang sukses?

Motivasinya harus ulet, tidak gengsi, sabar. Samelah seperti yang saya bilang tadi."Air Kembang Tahu" Narasumber:Mas Edy

Jenis Usaha:Usaha Air TahuHari / Tanggal:Kamis, 02 Oktober 2014

Pukul:08:00 WIB - Selesai

Tempat:Pasar Kemuning

Jl. Sutan Syahrir Pontianak BaratHasil Wawancara Usaha Air TahuSetelah pada hari sebelumnya kami mewawancarai tentang Usaha Kue Kamir kami memutuskan untuk bertemu di Sekitar Pasar Kemuning untuk mewawancarai pedagang Air Tahu Kembang sesuai dengan rekomendasi dari Fakhri.Pertanyaan Pembuka 1. Assalammualaikum pak, bisa minta waktunya untuk wawancara sebentar ?

Waalaikummsallam, bisa tapi wawancara tentang apa dek ?2. Begini pak, kami mendapat tugas dari kampus untuk mewancarai wirausaha seperti bapak, bisa pak? Ouw... bisa... silahkan saja dek.Pertanyaan Isi1. Sudah berapa lama bapak memulai usaha ini?

Saya menukuni usaha ini sudah jalan hampir 4 tahunan.2. Sebelum menekuni usaha ini, apakah bapak pernah menekuni usaha lain?

Sebelum menekuni usaha ini saya belum pernah mencoba usaha lain.3. Apa latar belakang bapak memilih usaha ini?

Gini, awalnya saya itu gak ada niatan buat jualan seperti ini. Saya dulunya bekerja sebagai karyawan dari tahun 1992 dan satpam bank selama beberapa tahun dari 2003 sampe tahun 2010. Pertama saya ingin coba-coba saja karena kalo dari gaji karyawan itu kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan dan saya juga gak mau kalo terus-terusan hidup pas-pasan. Kebetulan saya melihat usaha air tahu langganan saya yang kebetulan orang cina itu usaha air tahunya kok bisa laku, rame pembelinya. Kemudian saya juga kepingin jual air tahu seperti dia. Kebetulan saya juga suka dengan air tahu dan saya tanya omzetnya dia bisa 1 juta perharinya dari situ saya terobsesi untuk usaha ini dan memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan saya sebelumnya. Kemudian saya coba bertanya ke pedagang air tahu cina langganan saya tentang bahan-bahan untuk membuat air tahu tapi dia gak mau. Jadi waktu itu saya memutuskan untuk membeli bahannya kembang tahunya saja dari dia sedangkan bahan-bahan lain seperti gula saya buat sendiri dan saya coba jual disini ternyata laku. Akhirnya karena gak bisa memenuhi permintaan kembang tahu dari saya dia memberikan resep untuk membuat kembang tahu yang sekarang saya produksi sendiri. Kemudian saya liat kalo di pontianak ini pelanggannya gak mementingkan harga asal enak ya pasti laku. 4. Berpa modal awal bapak untuk membuka usaha ini dan dari mana modalnya ? .Modal awalnya buat gerobak dan lain-lain sekitar 20 jutaan, modalnya saya dapat dari tabungan saya dan pinjaman dari keluarga dengan sistem bagi hasil. Setelah itu saya berdiri sendiri dengan modal saya sendiri dari penjualan air tahu sebelumnya.5. Dimana saja bapak membuka usaha ini?

Sementara ini di danau sentarum, jalan purnama dan ampera.Total ada tiga gerobak cabang saya.6. Berapa omzet rata-rata perbulan atau perhari dalam usaha ini?

Omzet sih ya alhamdulillah, dari pertama saya buka hingga sekarang masih stabil. Rata-rata omzet perbulan dari tiga gerobak itu paling sedikit yah 15 juta perbulannya.Kalo musim liburan atau bulan puasa bisa lebih besar lagi hingga dua kali lipat mendekati 50 juta perbulannya.7. Berapa jumlah karyawan bapak sekarang?

Kalo saya sih karyawan gak ada saya lebih ke sistem bagi hasil karena masih banyak keluarga yang bekerja kalopun ada yang orang lain ya saya anggap rekan kerja saja. Sekarang rekan saya sekitar 13 orang.8. Selama menjalankan usaha ini, apakah ada kendala yang dihadapi?

.Untuk air tahu ini kendalanya kan air tahu ini gak bisa disimpan untuk keesokan harinya. Kalo disimpan nanti pelanggan pada kabur karena rasanya sudah berubah.9. Bagaimana cara mengatasi kendala tersebut?

Untuk mensiasati itu saya hanya memproduksi untuk penjualan satu hari saja, jadi saya batasi hingga sekarang belum 4 jam buka sudah habis.10. Apa saja suka duka dalam menjalankan usaha ini?

Suka dukanya ,, sukanya kita punya banyak kenalan pelanggan, dukanya itu ada saingan saya yang juga jualan air tahu disebelah saya yang gak suka dengan kehadiran saya padahal saya juga udah berbagi trik-trik jualan air tahu bahkan saya kasi resep dan cara mendapatkan modal. Kan sekarang pemerintah udah ada yang bisa ngasi modal usaha tapi beliau malah marah ke saya dan gak pernah mau menegur saya sampe sekarang. Bahkan kalo ada pelanggan saya yang mau beli ke saya tapi stok saya sudah habis kemudian dia beli di tempat dia malah dia marah-marah ke pelanggan itu. Seharusnya kan gak boleh gitu, padahal saya kan udah membatasi jam jualan saya hanya pagi biar yang jualan lain juga dapat kesempatan rejeki. Saya gak mau serakah makan untung sendiri maka nya saya membatasi jam jualan saya.Pertanyaan Penutup

1. Menurut bapak apa tips untuk menjadi orang sukses ?

Tipsnya itu pertama harus menjaga kepercayaan pelanggan, kita gak boleh mengecewakan pelanggan, murah senyum, sopan santun, gak malu, harus bisa berkomunikasi dengan baik ke pelanggan. Kemudian kita juga harus sering berbagi ke orang yang membutuhkan jangan pernah lupa kita pernah merasakan dibawah juga.2. Masukan apa saja yang ingin anda sampaikan agar orang lain termotivasi menjadi orang sukses?

Yah itu, kita jangan menilai usaha dari besar dan kecilnya. Asal ada kemauan keras pasti ada hasilnya. Kuncinya harus fokus, pertama kita cintai dulu usaha itu baru kita ada hasil, kalaupun kalo kita tidak ada hasil kita tetap nyaman dalam pekerjaan itu. Suatu pekerjaan itu akan ada hasil kalo kita cinta dengan kerjaan itu."ANDRA COPY CENTRE"

Narasumber:Pak AndraJenis Usaha:Usaha FotocopyHari / Tanggal:Kamis, 02 Oktober 2014Pukul:10:00 WIB - Selesai

Tempat:Andra Copy Centre

Jalan Sepakat 2 Ayani No. 4 Pontianak

Hasil Wawancara Usaha Fotocopy dan Percetakan

Setelah mewawancarai pedagang air tahu di lokasi pasar kemuning kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Sepakat 2 A. Ayani untuk mewawancarai usaha fotocopy di lokasi tersebut. Awalnya kami agak sedikit nervous karena sebelum ke lokasi ini kami telah menyinggahi beberapa tempat usaha lain di sekitar Jalan Pancasila dan Sui. Jawi tetapi tidak semua mau menyanggupi permintaan wawancara kami. Setelah mempersiapkan semua keperluan kami akhirnya memberanikan diri untuk bertanya kepada pemilik usaha fotocopy yang kebetulan sedang berada dilokasi.Pertanyaan pembuka

1. Selamat siang pak, mohon maaf bisa kami minta waktu nya sebentar untuk mewawancarai bapak? Emm .... bise tapi sambil saye kerje ye dek soalnye kebetulan agik banyak kerjaan jilid ni ...2. Perkenalkan kami mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak, saya sendiri fani dan ini rekan saya gulam. Mohon maaf bisa kami tahu nama bapak? Ouw ... Polnep ..silekan name saye Andra.

Pertanyaan Isi1. Sudah berapa lama bapak menekuni usaha ini? Kalo disini sih baru 5 bulan tapi kalo di dekat poltekkes thu dari taon 1997.

2. Sebelum menekuni usaha ini apa bapak pernah menekuni usaha lain? Belom pernah yang laen baru usaha ini jak ni dek.

3. Apa Latar belakang bapak memilih usaha ini?

Awalnye saye buka di poltekkes dengan usaha yang same gak, tapi sekarang pindah kesini karena disini lebeh ramai peminatnye. Dekat dengan kampus-kampus laen.4. Mengapa bapak tertarik dengan usaha ini? Yah liat peluang bisnis nye lah kan, yang namenye usaha fotocopy ni kan ndak ade matinye dan diperlukan teros.5. Dimana saja bapak membuka usaha ini? Baru disini jak ni, karena yang di poltekkes kan udah ndak agik.6. Berapa kira-kira modal awal bapak untuk membuka usaha ini?

Modal sih relatif lah tergantong budget kite nak ngisi toko ini seberape banyak. Kalo modal awal kite buka sih 50 jutaan tapi bise dibawah 50 jutaan gak.

7. Darimana asal modal awal usaha ini? Modal sendiri, saye usaha sendiri.8. Berapa omzet rata-rata perbulan atau perhari dalam usaha ini?

Perhari kalo saat-saat sekarang sekitar 700 ribuan lah .. 9. Berapa jumlah karyawan bapak sekarang? Untuk sekarang sih karyawan baru dua orang.10. Selama menjalankan usaha ini apakah ada kendala yang dihadapi?

Kendala yang paling utama sekarang sih listrik jak.. usaha ini kan bergantong dengan listrik.11. Bagaimana bapak mengatasi kendala tersebut?

Mengatasinye ya susah juga soalnye kalo pake genset kan mesin baru yang untuk fotocopy ni kan susah biasenye ndak bise.12. Apa saja suka duka dalam menjalankan usaha ini? Sukenye thu ya pas ramai lah,, yang duka nye thu ya pas mesin rusak.Pertanyaan Penutup

1. Masukan apa saja yang ingin bapak sampaikan agar orang lain termotivasi untuk menjadi pengusaha sukses?

Saye secara pribadi sih, maaf-maaf ngomong lah ni ye ..sepeti yang kite tau lah ni kan udah banyak lulusan sarjana thu yang ndak dapat kesempatan kerje. Pokonye yang paleng bagos thu emang bedaganglah. Karena hadis nabi kan udah ade yang bunyinye kalo 9 dari 10 pintu rejeki thu dari bedagang. Kalo kite bedagang ni jangan nak gengsi, jangan takot jalani jak.. kalo tekun insya allah pasti sukses. Jangan nak jalani setengah-setengah, kite haros fokus. Itu jak ye yang bise saya sampaikan.

"Depot Air Minum" Narasumber:Bang Yossi

Jenis Usaha:Depot Air Minum

Hari / Tanggal:Kamis, 02 Oktober 2014

Pukul:12:00 WIB - Selesai

Tempat:Jalan Ilham Kota Baru PontianakHasil Wawancara Usaha Fotocopy dan Percetakan

Setelah mewawancarai pegusaha fotocopy di jalan sepakat 2 ayani, kami melanjutkan pencarian ke wilayah Kota Baru. Setelah berkeliling kami akhirnya menemukan sebuah usaha depot air minum di kawasan Jalan Ilham Kota Baru didepan kampus STKIP PGRI Pontianak. Kami memutuskan untuk bertanya kepada pemilik usaha depot air minum tersebut, namun ketika masuk kami tidak melihat ada kegiatan dan depot sedang kosong. Kemudian salah satu karyawan bengkel yang ada disebelah depot pun menghampiri kami dan memberitahukan kepada pemilik depot tersebut. Dengan wajah yang agak menakutkan pemilik depot tersebut mulai menghampiri kami. Awalnya kami merasa takut karena sepertinya pemilik tersebut tidak terlalu senang dengan kedatangan kami namun setelah mengahmpiri kami ternyata pemilik depot yang juga alumni dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Untan sangat ramah dan terbuka. Beliau langsung mempersilahkan kami untuk mewawancarainya.Pertanyaan Pembuka

1. Selamat siang bang, kami mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak ingin meminta waktu abang sebentar untuk mewawancarai abang mengenai usaha abang ini, apa bisa bang? Ouw iye ... silahkan jak dek .. abang pon suke gak ni kalo ade anak mude yang mao betanya macam gini.

2. Perkenalkan nama saya fani dan ini rekan saya gulam, kalo boleh tau nama abang siapa?

Nama saya yossi. Abang dulu juga mahasiswa, tapi dari fisipol.

3. Boleh kami tahu, abang berasal dari daerah mana?

Saya berdomisili di pontianak cuman orang tua berdomisili di Semarang. Asal saya dari semarang cuman lama tinggal di Pontianak nih.Pertanyaan Isi1. Sudah berapa lama abang menekuni usaha ini?

Usaha ini baru 7 bulan saya jalani.2. Sebelum menekuni usaha ini apakah abang pernah menekuni usaha lain?

Belum ada,, baru ini saja dek.

3. Mengapa abang tertarik dengan usaha ini?

Abang tertarik dengan usaha ini karena abang udah mempelajarinya sebelumnya dari internet, dari kawan-kawan yang dilapangan kalau air minum itu sangat dibutuhkan, disatu sisi untuk PDAM sendiri dalam air bersih masih kurang sehingga salah satu jalan untuk memperoleh air bersih adalah dari air galon ini. Karena peminatnya banyak maka peluang ini saya manfaatkan. Selain itu kan salah satu kebutuhan pokok selain makanan yang dibutuhkan manusia adalah air minum.4. Apa latar belakang abang dalam memilih usaha ini?

Dulu awalnya saya masih ikut orang bekerja, diharian berkat, propeti kemudian saya memutuskan untuk berwiraswasta. Karena saya prinsipnya gini mas, waktu dulu waktu saya masih kuliah itu kan masih menggebu-gebunya, orang kan kalo udah lulus sarjana inginnya harus jadi pegawai pemerintah atau swasta, jika pun swasta harus perusahaan yang bonafit. Setelah 10 tahun saya bekerja, saya menyadari sebenarnya kita yang bersarjana ini harus berwiraswasta, karena begini, kan banyak sarjana-sarjana yang di ciptakan pertahun ni seharusnya peluang-peluang usaha itu harus lebih besar dari jumlah lulusan. Karena dari hal itu saya ingin mencoba berwiraswasta untuk menyerap teman-teman kita yang belum mendapatkan pekerjaan. Itu salah satunya ya mas, alasan lain saya memutuskan untuk berwiraswasta ini karena ingin meningkatkan taraf hidup, kalo kita kerja di perusahaan atau instansi kan gajinya sekitaran gitu-gitu aja. Dari hal tersebut saya berkeinginan keras untuk mencoba berwiraswasta saya selalu berpikiran kedepan agar bisa lebih maju dari sekarang ini.5. Berapa modal awal abang untuk membuka usaha ini? dan darimana modal awal tersebut abang dapatkan?

Modal awal untuk beli mesin ini sekitar 24 juta, itu udah termasuk perlengkapannya mas. Modalnya saya dapatkan dari tabungan saya selama bekerja dan kekurangannya saya pinjam di CU.6. Berapa jumlah karyawan abang sekarang?

Untuk karyawan saya masih belum bisa, karena usaha ini masih terbilang baru jadi untuk sementara hanya saya sendiri. Tapi kedepanya jika sudah ramai saya akan membuka kesempatan buat kawan-kawan kita yang masih bingung belum mendapatkan pekerjaan.

7. Berapa kira-kira omzet rata-rata abang perbulan atau perhari dalam usaha ini? Untuk omzet perhari saya bisa jual 60 galon, itu paling sedikit ya mas. Ini saya kasi rahasia nya biasanya gak boleh ngasi info gini. Saya beli air pergalon itu sekitar Rp. 1.800 udah sama tutup pressnya dan saya jual Rp. 5.000 per galon jadi keuntungan saya pergalon itu sebesar Rp.3.200 pergalon. Nah itu pergalon kalo kita kalikan dengan jumlah minimal penjualan saya 60xRp.3.200 jadi sekitar Rp.192.000 perhari. Itung aja perbulannya berapa jadi sekitar Rp. 5.700.000 perbulannya. Lumayan kan mas, itu karena saya masih bekerja sendiri kalo udah ada karyawan nanti kemungkinan bisa lebih besar mas.

8. Selama menjalankan usaha ini apa saja kendala yang sering abang hadapi? Kendalanya ya pas musim hujan,mohon maaf ini sebelumnya kan seperti yang kita ketahui daerah pontianak ini penduduknya rata-rata mengkonsumsi air hujan jadi ketika musim hujan yah peminat air galon ini agak sepi. Jadi rata-rata usaha depot air minum itu harapannya ya selalu musim kemarau... hahahhaaha bercanda ya mas .....

9. Bagaimana abang mengatasi kendala tersebut? Yah .. saya berkoordinasi dengan depot air minum lain yang kekurangan stok galon jadi biasanya mereka merekomendasikan saya ke pelanggannya.10. Apa saja suka duka abang dalam menjalankan usaha ini?

Sukanya yah karena kita usaha sendiri kita gak seperti waktu bekerja dikantor yang ada jam masuk dan istirahatnya. hahaahahaDukanya waktu musim penghujan mas ...

Pertanyaan Penutup1. Masukan apa saja yang bisa abang sampaikan agar orang lain termotivasi untuk menjadi sukses dalam berwiraswasta? Sebenarnya berwiraswasta itu kalo kita perdalam sebenarnya bagus karena gini kita membuka peluang pekerjaan, tidak monoton seperti bekerja pada kantor. Dari wiraswastra kita bisa merasakan bagaimana susahnya dan senangnya. Selain itu, kita juga dapat mengelola sendiri manajemennya dan bisa belajar ilmu baru. Contohnya saya ini dari fisip kan gak ada mempelajari tentang manajemen tapi lewat usaha ini saya sedikit banyak sudah dapat ilmunya. Kita berwiraswasta jangan ngambil yang besar-besar dulu lah, mulai dari yang kecil dulu. Jadi peluang untuk berwiraswasta di kota pontianak ini masih bagus gak seperti di kota-kota besar lainnya. Intinya ada kemauan, ulet dan yang terpenting jangan gengsi. Sekarang kalo kita mementingkan gengsi gak bakalan bisa maju contohnya mohon maaf ngomong lah ya liat aja pemulung itu, kita mungkin liat pekerjaannya jijik tetapi kita gak pernah cari tau berapa penghasilan yang dia dapatkan dari mulung itu. Hasil dari mulung itu lumayan gede loh jadi jangan sepelekan hal-hal kecil. Cari peluang usaha yang belum terpikirkan oleh orang lain."Pengusaha Jeruk Pontianak" Narasumber:Bapak AdiJenis Usaha:Agen JerukHari / Tanggal:Jumat, 03 Oktober 2014

Pukul:09:00 WIB - Selesai

Tempat:Jalan Ilham Kota Baru Pontianak

Hasil Wawancara Usaha Agen JerukSetelah pada hari sebelumnya kami mewawancarai beberapa usaha, pada hari ini kami akan bertemu dengan salah satu agen jeruk setelah sebelumnya kami membuat janji temu dengan beliau di salah satu warkop jalan ilham kota baru.Pertanyaan Isi1. Berapa lama bapak memulai usaha ini ?

saya awal mulai usaha ini tahun 2006 bersama teman saya, berarti sudah 8 tahun saya mulai usaha ini.

2. Sebelum menekuni usaha ini,apakah bapak pernah menekuni usaha lain?

Dak pernah,,baru usaha ini lah saya mulai usaha.3. Apa latar belakang bapak memilih usaha ini?

Pertama,saya lihat dari potensi yang ada,di sini banyak orang yang berkebun jeruk,kedua,bagian yang memasarkannya tidak ada disini,jadi saya tertarik untuk usaha jeruk ini

4. dimana saja bapak memasarkan jeruk ini ?

awalnya si Cuma di pasar-pasar,kira-kira sudah 1 tahun saya mulai memasarkannya ke daerah-daerah seperti di entikong,ngabang,pontianak dan sanggau.

5. Sampai sekarang sudah berapa orang karyawan bapak ?

karyawan saya sekarang Cuma 5 orang saja,soalnya jeruk ni tidak tiap hari banyak jadi ada bulan-bulan tertentu yang banyak,kalau udah musimnya atau sudah panen raya barulah saya menambah karyawan.

6. Selama menjalankan usaha ini,apakah ada kendala yang di hadapi?

ooo sudah pasti ada dek,macam-macam kendalanya ne,1) Biasanya tidak dibayar orang jeruk yang kita kirim

2) Jeruk sudah diantar,kadang-kadang tidak diambil orang dengan alasan jeruknya masam.

3) Angkutan untuk mengantarkannya terbatas4) Kalau banyak buah-buahan musiman sudah keluar,jeruk ne susah lakunya dikarenakan orang banyak membeli buah musiman dan beranggapan buah jeruk ne tiap hari ada7. Jadi Bagaimana bapak mengatasi kendala tersebut ?

Cara saya mengatasinya1) Saya meminta uang DP tanda jadi ambil jeruk

2) Kalau tidak diambil orang jeruk tersebut,maka saya menjual sendiri jeruk itu

3) Kalau kurang angkutan,saya merental mobil kepada teman saya

4) Kalau buah musiman banyak, maka saya juga mengambil buah tersebut untuk dikirim.

8. Apa saja suka duka bapak menjalankan usaha ini ?

Sukanya tu ya kalau lagi panen raya jeruk dan banyak yang membeli jeruk tersebut.kalau dukanya kalau buah tersebut jumlanya sedikit dan rasanya tidak manis jadi susah untuk di jual.

9. Kira-kira berapa penghasilan bapak selama 1 bulan ?

Kalau penghasilan saya ni tidak tetap dek,biasaya bisa mencapai kurang lebih 5 juta perbulan.Pertanyaan Penutup1. Menurut bapak apa tips menjadi orang sukses?

Kalau menurut saya sih kita harus yakin dengan usaha yang dijalankan, jujur agar orang percaya sama kita, Ulet, Selalu berdoa kepada Allah SWT.BAB IIIPENUTUPA.KESIMPULANUntuk membuat usaha yang kita jalani bisa sukses dan terhindar dari kebangkrutan kita harus pandai-pandai melihat peluang, pintar dalam memilih tempat penjualan, bila perlu kita harus berinovasi pada usaha yang kita jalani dan membuatnya berbeda dengan usaha lainnya yang sejenis. Selain itu keberanian, kejujuran, tekun, serius menjalani usaha, serta tidak pantang menyerah juga sangat diperlukan. Setelah itu barulah modal yang menjadi urusan nomor sekian. B.SARANDalam memulai sebuah usaha sebaiknya dipersiapkan dengan baik dan matang serta dijalani dengan sungguh-sungguh agar usaha tersebut bisa sukses atau tidak mengalami kegagalan.DOKUMENTASI1. KUE KAMIR KAIRO (FAKHRI)2. PEDAGANG AIR TAHU (MAS EDY)3. ANDRA COPY CENTRE (BAPAK ANDRA)

4. DEPOT AIR MINUM (BANG YOSSI)

5. PENGUSAHA JERUK (BAPAK ADI)21

Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.