Top Banner
6 LAMPIRAN
29

Gambaran Pengetahuan Masyarakat Pemanfaatan Tanaman ......P1 ”Setuju sekali, karna jamu jawa lebih bagus dari pada jamu luar” I ”Tanaman obat apa saja yang paling sering digunakan

Feb 07, 2021

Download

Documents

dariahiddleston
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript
  • 6

    LAMPIRAN

  • 70

    Lampiran 1

    PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN

    UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

    DAFTAR PERTANYAAN WAWANCARA

    Judul penelitian :Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang

    Pemanfaat Tanaman Obat Keluarga (Toga) Di

    Wilayah Gamol Rw5 Kecamatan Sidomukti

    Kota Salatiga

    Peneliti :Hamra Murdani

    NIM :462009063

    1. Tanaman obat apa saja yang Bapak/Ibu ketahui?

    2. Tanaman obat apa saja yang Bapak /Ibu tanam di rumah?

    3. Berapa lama Bapak/Ibu menanam tanaman obat?

    4. Darimana Bapak/ Ibu mendapatkan tanaman obat tersebut ?

    5. Jelaskan masing-masing manfaat tanaman obat tersebut

    terkait dengan pengobatan?

    6. Apakah Bapak/Ibu setuju cara pengobatan dengan

    menggunakan tanaman obat?kenapa?

    7. Tanaman obat apa yang paling sering Bapak/ Ibu gunakan

    untuk mengobati Penyakit dan biasanya penyakit apa?

    8. Bagaimana cara yang paling sering Bapak/ Ibu gunakan

    untuk meramu tanaman obat?

    9. Berapa lama Bapak/Ibu menggunakan tanaman obat?

  • 71

    10. Apakah Bapak/Ibu mengkonsumsi sendiri atau dijual

    sebagai penghasilan keluarga?

    11. Apakah yang mendorong Bapak/ Ibu memanfaatkan

    tanaman obat ?

    12. Apakah Bapak/ Ibu merasakan manfaat setelah

    mengkonsumsi tanaman obat tersebut?

    13. Lalu hasil nya seperti apa?

    14. Bila tidak ada perubahan/tak kunjung sembuh , apa yang

    Bapak/ Ibu lakukan?

  • 72

    Lampiran 2

    VERBATIM

    Wawancara dengan partisipan 1.

    I ”Permisi pak” P1 ”Iya” I ”Ini saya mahasiswa dari UKSW, hari ini saya akan

    mewawancarai bapak dengan beberapa pertanyaan. apakah bapak bersedia?”

    P1 ”Bersedia” I ”Langsung saja ya pak” P1 ”Iya” I ”Bapak tau tidak tanaman obat itu untuk apa?” P1 ”Tanaman obat itu untuk menyembuhkan orang sakit” I ”Tanaman obat apa saja yang bapak ketahui?” P1 ”Seperti kunir, jahe, kencur, laos sama daun pepaya” I ”Lalu tanaman obat apa saja yang bapak tanam di halaman

    rumah?” P1 ”Sama, seperti kunir, jahe, pepaya, laos” I ”Berapa lama bapak menanam tanaman obat dirumah

    bapak?” P1 ”Sudah lama sekali mas, sekitar lima tahunan” I ”Dari mana bapak mendapatkan tanaman obat tersebut?” P1 ”Dari pasar-pasar” I ”Apakah bapak tau manfaat obat tersebut terkait dengan

    pengobatan?” P1 ”Daun pepaya bisa digunakan untuk melancarkan

    ASI/menyusui, beras kencur bisa menghangatkan badan” I ”Apakah bapak setuju cara pengobatan dengan

    menggunakan tanaman obat?” P1 ”Setuju sekali, karna jamu jawa lebih bagus dari pada jamu

    luar” I ”Tanaman obat apa saja yang paling sering digunakan dan

    biasanya penyakit apa?” P1 ”Sakit meriang-meriang itu lho mas biasanya pake jahe

    sama beras kencur. Lalu batuk-batuk itukan kalo pake kencur bisa sembuh”

    I ”Bagaimana cara yang paling sering bapak gunakan untuk meramu tanaman obat keluarga?”

    P1 ”Oh itu di nganu mas, di deplok lalu diseduh” I ”Di deplok itu apa ya mas?” P1 ”Di deplok itu ditumbuk pake lumpang lalu dimasak sampai

    umup (keluar asap)” I ”Berapa lama bapak menggunakan tanaman obat?”

  • 73

    P1 ”Sudah lima tahun” I ”Apakah bapak ibu mengkonsumsi sendiri atau dijual

    sebagai penghasilan keluarga?” P1 ”Sebagai penghasilan keluarga mas” I ”Apakah yang mendorong bapak untuk menggunakan

    tanaman obat?” P1 ”Karna murah dan mendapatkannya gampang” I ”Apakah bapak merasakan khasiatnya setelah

    mengkonsumsi obat tersebut?” P1 ”Khasiatnya merasakan mas klo batuk-batuk kan minum

    beras kencur langsung sembuh” I ”Lalu hasilnya?” P1 ”Sembuh mas” I ”Bila tidak ada perubahan atau tak kunjung sembuh apa

    yang bapak lakukan?” P1 ”Langsung bawa kedokter mas” I ”Jenis tanaman obat apa saja yang sering mas gunakan

    untuk mencegah penyakit?” P1 ”Jahe itu bisa mencegah kita dari masuk angin, dan Kencur

    itu bisa mencegah batuk” I ”Jika untuk meningkatkan /menjaga kesehatan tubuh jenis

    tanaman obat apa saja yang mas gunakan?” P1 ”Temulawak mas, karna jika mengkonsumsi temulawak itu

    badannya enakan mas” Wawancara dengan partisipan 2.

    I ”Permisi buk” P2 ”Iya” I ”Ini saya mahasiswa dari UKSW, hari ini saya akan

    mewawancarai ibu dengan beberapa pertanyaan. Apakah ibu bersedia?”

    P2 ”Bersedia” I ”Dari mana ibu mendapatkan tanaman obat keluarga?” P2 ”Beli” I ”Dimana buk?” P2 ”Beli sama orang” I ”Setau ibu apakah ibu tau masing-masing manfaat obat

    tersebut terkait dengan pengobatan?” P2 ”Kurang tau” I ”Maksudnya kegunaan manfaat?” P2 ”Sirih digunakan untuk menghilangkan keputihan,bau mulut, I ”Apakah ibu setuju cara pengobatan menggunakan tanaman obat?” P2 ”Setuju” I ”Kenapa buk?”

  • 74

    P2 ”Karna murah dan mudah didapat” I ”Tanaman obat apa yang sering ibu gunakan untuk

    mengobati penyakit dan biasanya penyakit apa?” P2 ”Jarang,tapi biasanya sirih merah itu yang sering saya pake I ”Bagaimana cara yang sering ibu gunakan untuk meramu

    tanaman obat?” P2 ”Di godok itu aja trus diminum” I ”Berapa lama ibu menggunakan tanaman obat?” P2 ”Dua tahun, kadang sebulan sekali kadang seminggu sekali” I ”Apakah ibu mengkonsumsi sendiri atau dijual sebagai

    penghasilan keluarga?” P2 ”Sendiri” I ”Apakah yang mendorong ibu menggunakan tanaman

    obat?” P2 ”Karna manjur” I ”Apakah ibu merasakan setelah mengkonsumsi tanaman

    obat?” P2 ”Iya” I ”Lalu hasilnya gimana bu?” P2 ”Lumayan baik” I ”Jika tak kunjung sembuh apa yang ibu lakukan?” P2 ”Mencoba tanaman obat lain” I ”Jenis tanaman obat apa saja yang sering ibu gunakan

    untuk mencegah penyakit?” P2 “Jahe, kunyit, lidah buaya, sirih merah, lidah buaya untuk

    mencegah penyakit ambeyen, kalau jahe untuk mencegah masuk angin”

    I ”Jika untuk meningkatkan /menjaga kesehatan tubuh apa saja yang ibu gunakan?”

    P2 ”Jahe, jahe direbus lalu di campur gula jawa dan air nya diminum itu”

    Wawancara dengan partisipan 3

    I ”Permisi mbah” P3 ”Iya” I ”Ini saya mahasiswa dari UKSW , hari ini saya akan

    mewawancarai mbah dengan beberapa pertanyaan. Apakah mbah bersedia?”

    P3 ”Iya” I ”Langsung aja ya mbah?” P3 ”Iya” I ”Tanaman obat apa saja yang mbah ketahui?” P3 ”Kunir gawe tombo maag,trus gawe masak segala macam

    bisa,trus kencur gawe tombo watuk bisa,gawe bumbu masak segala macem bisa,gawe jamu bisa”

  • 75

    (“Kunir untuk obat maag,trus untuk segala macam bisa,trus kencur untuk obat batuk bisa,untuk bumbu segala macem bisa,untuk jamu bisa”)

    I ”Tanaman obat apa saja yang mbah tanam dirumah?” P3 ”Laos iya,sere iya I ”Berapa lama mbah menanam tanaman obat tersebut?” P3 ”Lama mas itu,setahun” I ”Dari mana mbah mendapatkan tanaman obat tersebut?” P3 ”Oh bibit nya jauh, tuku maune”

    (“Oh bibit nya jauh,beli tadi nya”) I ”Dimana mbah?” P3 ”Ting ngablak adoh kono”

    (“Di ngablak jauh disana”) I ”Pasar ya mbah?” P3 ”Enggeh”

    (“Iya”) I ”Apakah mbah tau manfaat obat tersebut terkait dengan

    pengobatan?” P3 ”Yang tadi pake kencur dikei/dikasih gulo jowo trus diminum” I ”Apakah mbah setuju cara pengobatan dengan

    menggunakan tanaman obat?” P3 ”Setuju,mudah diperoleh” I ”Tanaman obat apa yang sering mbah gunakan untuk

    mengobati penyakit dan biasanya penyakit apa?” P3 ”Jahe,kunir,kencur. I ”Biasanya penyakit apa mbah?” P3 ”La iki aku nek loro maag marut iki trus tak peres,kei garem

    trus diombe sembuh” (“La ini saya kalau sakit maag marut ini trus saya peres, dikasih garam lalu diminum sembuh”)

    I ”Enak ya mbah?” P3 ”Walah lah kunir pait ning gawe tombo rapopo”

    (“Walah-walah kunir pait tapi buat obat tidak apa-apa”) I ”Bagaimana cara yang paling sering mbah gunakan untuk

    meramu obat tanaman,cara buat nya gimana mbah?” P3 ”Jahe diparut diperes yo keno,nek wes bar ngono digodog

    trus di kei gulo jowo,di minum” (“Jahe di parut diperes tidak apa-apa,di godok trus di kasih gula jawa,lalu diminum”)

    I ”Berapa lama mbah menggunakan tanaman obat tersebut?” P3 ”Lama ko mas,limang sasi”

    (“Lama ko mas,lima bulan”) I ”Apakah mbah mengkonsumsi sendiri atau dijual sebagai

    penghasilan keluarga?” P3 ”Kadango tak jual, nek metu okeh tak dol nek metu sitik ta

    gawe bibit tandur meneh ngono mas”

  • 76

    (“Kadang saya jual,kalau keluar banyak saya jual kalau keluar sedikit saya buat bibit tanam lagi gitu mas”)

    I ”Apa yang mendorong mbah memanfaatkan tanaman obat tersebut?” P3 ”Marake pengen ki nandure sa mene mengko dadine

    ndompol okeh” (“Yang bikin pengen tu tanamnya segini/dikit nanti jadinya

    tambah banyak”) I ”Oh jadi keuntungannya gitu ya mbah?” P3 ”Ah keuntungane kuwi nandure sa mene iso lebih dari punjul

    sak mene” (“Nah keuntungannya itu tanamnnya segini bisa lebih dari

    segini”) I ”Apakah mbah merasakan manfaat setelah mengkonsumsi

    tanaman obat tersebut?” P3 ”Iyo,hasilnya nemen pokoke” (“Iya,hasilnya bener-bener sembuh pokoknya”) I ”Maksudnya hasilnya sembuh gitu mbah?” P3 ”Mari...umpamane aku ki loro maag,iki ge entes, tak parut

    kunir ta peres ta kei uyah langsung ta minum” (“Sembuh...umpama nya saya ini sakit maag, ini baru saja,

    saya parut kunir saya peres saya kasih garam langsung diminum”)

    I ”Jika tidak ada perubahan atau tak kunjung sembuh apa yang mbah lakukan?”

    P3 ”Nek urung mari niki ta tuku ning warung promaag niko” (“Kalau belum sembuh ini saya beli di warung obat

    promaag”) I ”Jenis tanaman obat apa saja yang sering mbah gunakan untuk mencegah penyakit?” P3 ”Godong kates kanggo gawe tombo, mahkuto dewo kanggo

    gawe adem panas, godong kates diperes di unjuk gawe wetenge loro gawe mencegah penyakit opo wae to yo.

    (“Daun pepaya bisa untuk obat, mahkota dewa bisa untuk panas dingin, daun pepaya diperes, di minum untuk perut sakit untuk mencegah penyakit apa saja”)

    I ”Jika untuk meningkatkan /menjaga kesehatan tubuh apa saja yang mbah gunakan?”

    P3 ”Godong kates kuwi, godong pohong umpamane gawe tambah darah kuwi ngono wae dirajang di godok trus di makan”

    (“daun pepaya itu, daun ketela umpama nya buat tambah darah, ”)

  • 77

    Wawancara dengan partisipan 4

    I ”Permisi mbah” P4 ”Iya” I ”Ini saya mahasiswa dari UKSW , hari ini saya akan

    mewawancarai mbah dengan beberapa pertanyaan. Apakah mbah bersedia?”

    P4 ”Bersedia apa mas?” I ”Bersedia di wawancarai” P4 ”Oh,ya bersedia to mas” I ”Langsung aja ya mbah?” P4 ”Iya” I ”Tanaman obat apa saja yang mbah ketahui?” P4 “Engga tau mas saya itu orang bodoh apa-apa ngga tau

    saya I ”Yang cengkeh tadi mbah?” P4 ”Ya cengkeh itu buat obat sakit gigi,obat batuk, buat anget-

    anget gitu lho I ”Tanaman obat apa saja yang mbah tanam dirumah?” P4 “Ya cuma cengkeh ma kunir niku I ”Berapa lama mbah menggunakan tanaman obat tersebut?” P4 ”Setahun mas I ”Dari mana mbah mendapatkan tanaman obat tersebut?” P4 ”Pokokke lah gen kebun-kebun”

    (“Pokok nya ya di kebun-kebun”) I ”Apakah mbah tau manfaat obat tersebut terkait dengan pengobatan?” P4 ”Cuma cengkeh sama kunir itu untuk jamu-jamu I ”Apakah mbah setuju cara pengobatan dengan

    menggunakan tanaman obat?” P4 ”Setuju, karna murah dan mudah didapat” I ”Tanaman obat apa yang sering mbah gunakan untuk

    mengobati penyakit?” P4 ”Cengkeh I ”Bagaimana cara yang paling sering mbah gunakan untuk

    meramu obat tanaman,cara buat nya gimana mbah?” P4 ”Untuk sakit gigi air nya di ulasi/olesi sama kapuk dan

    diulas/oleskan I ”Berarti engga di godok dulu ya mbah” P4 ”Engga” I ”Apakah mbah mengkonsumsi sendiri atau dijual sebagai

    penghasilan keluarga?” P4 ”Dijual” I ”Apa yang mendorong mbah memanfaatkan tanaman obat tersebut?” P4 ”Temen-temen bilang nanem cengkeh besok keluar bisa

  • 78

    buat rokok bisa buat obat” I ”Apakah mbah merasakan manfaat setelah mengkonsumsi

    tanaman obat tersebut?” P4 ”Udah” I ”Maksudnya hasilnya sembuh gitu mbah?” P4 ”Sembuh,sakit cekut-cekut di ulas itu sembuh” I ”Pernah bolong itu mbah?” P4 ”Iya,di ulasi kapuk sumpelkan yang bolong itu” I ”Jika tidak ada perubahan atau tak kunjung sembuh apa

    yang mbah lakukan?” P4 ”Disuntik ke dokter” I ”Jenis tanaman obat apa saja yang sering mbah gunakan

    untuk mencegah penyakit?” P4 ”Lempuyang untuk mencegah penyakit demam panas I ”Jika untuk meningkatkan /menjaga kesehatan tubuh apa

    saja yang mbah gunakan?” P4 ”Itu saya menggunakan makanan daun singkong di goreng

    lalu dimakan untuk penambah darah di minum juga bisa ditumbuk dulu daun singkongnya”

    Wawancara dengan partisipan 5 I ”Permisi buk” P5 ”Iya” I ”Ini saya mahasiswa dari UKSW , hari ini saya akan

    mewawancarai ibu dengan beberapa pertanyaan. Apakah ibu bersedia?”

    P5 ”Iya bersedia” I ”Langsung aja ya ibu?” P5 ”Iya” I ”Tanaman obat apa saja yang ibu ketahui?” P5 ”Banyak sekali kunir, jahe, daun blimbing, daun pandan,

    sirsak, daun binahong” I ”Tanaman obat apa saja yang ibu tanam dirumah?” P5 ”Banyak, kunir, daun binahong, daun sirsak, blimbing,

    kencur” I ”Berapa lama ibu menanam tanaman obat tersebut?” P5 ”Udah lama sekali 5 tahun lebih” I “Dari mana ibu mendapatkan tanaman obat tersebut?” P5 ”Cerita nya beli bumbu dapur nanti kalo kering jangan

    dibuang diletakkan aja kalau tumbuh baru di tanam” I ”Apakah ibu tau manfaat obat tersebut terkait dengan

    pengobatan?” P5 ”Misal daun sirih untuk mata, matanya bisa lebih terang

    nanti buat sakit gigi untuk berkumur nanti direbus bisa, kalo

  • 79

    jahe untuk masuk angin, daun binahong kalo direbus itu bisa di gunakan luka bekas oprasi dan diminum airnya, bisa juga kena panas, misal kena minyak tanah, kena strika itu bisa langsung hilangdiremas-remas keluar getah nya langsung di tempelkan”

    I ”Apakah ibu setuju cara pengobatan dengan menggunakan tanaman obat?”

    P5 ”Sangat setuju karna tidak ada efek samping nya” I ”Tanaman obat apa yang sering ibu gunakan untuk

    mengobati penyakit dan biasanya penyakit apa?” P5 ”Daun binahong kena setrika atau kena minyak panas

    sering dipake” I ”Bagaimana cara yang paling sering ibu gunakan untuk

    meramu obat tanaman,cara buat nya gimana buk?” P5 ”Misal kayak kulit manggis tidak perlu diramu hanya direbus

    saja. Misal satu buah kulit manggis direbus dengan air 2 gelas tinggal diminum itu untuk menyembuhkanjantung, bisa untuk liver bisa juga untuk kanker ”

    I ”Berapa lama ibu menggunakan tanaman obat tersebut?” P5 ”Lama juga 5 tahun I ”Apakah ibu mengkonsumsi sendiri atau dijual sebagai

    penghasilan keluarga?” P5 ”Saya mengkonsumsi sendiri, juga kalau ada tetangga

    tetangga yang butuh” I ”Apa yang mendorong ibu memanfaatkan tanaman obat

    tersebut?” P5 ”Itu adalah obat pertama sebelum kedokter jadi kita

    berusaha mengobati dulu jika belum sembuh baru ke dokter”

    I ”Apakah ibu merasakan manfaat setelah mengkonsumsi tanaman obat tersebut?”

    P5 ”Sangat bermanfaat.” I ”Lalu hasilnya seperti apa?” P5 ”Bisa mengurangi sakit dikeluhkan, misal sakit gigi berkumur

    dengan daun sirih sakitnya bisa berkurang, mata yang kurang jelas daun sirih nya di rebus lalu airnya untuk membersih kan mata.

    I ”Jika tidak ada perubahan atau tak kunjung sembuh apa yang ibu lakukan?”

    P5 ”Pergi kedokter” I ”Jenis tanaman obat apa saja yang sering ibu gunakan

    untuk mencegah penyakit?” P5 ”Jahe, kunir, jahe untuk mencegah masuk angin, kunir untuk

    mencegah sakit perut, kencur untuk mencegah batuk tanaman binahong jika kulit kena panas atau api bisa juga digunakan untuk mencegah terjadi nya melepuh dengan

  • 80

    daun binahong I ”Jika untuk meningkatkan /menjaga kesehatan tubuh apa saja yang ibu gunakan?” P5 ”Ya itu termasuk yang saya katakan tadi seperti jahe, kunir

    Kencur bisa untuk meningkatkan kesehatan tubuh daun pandan juga ada manfaat nya untuk menurunkan darah

    tinggi.Air kelapa hijau juga bisa menghilangkan keracunan.” Wawancara dengan partisipan 6 I ”Permisi mas” P6 ”Iya” I ”Ini saya mahasiswa dari UKSW , hari ini saya akan

    mewawancarai mas dengan beberapa pertanyaan. Apakah mas bersedia?”

    P6 ”Bersedia” I ”Langsung aja ya mas?” P6 ”Iya” I ”Tanaman obat apa saja yang mas ketahui?” P6 ”Seperti tanaman jahe untuk masuk angin karna bisa

    menghangatkan badan” I ”Tanaman obat apa saja yang mas tanam dirumah?” P6 ”Dikebun ini ada tanaman jahe, tanaman seperti kencur atau

    kunir kayak gitu mungkin di kebun sana ada kalo dikebun sini ada nya jahe”

    I ”Berapa lama mas menanam tanaman obat tersebut?” P6 ”Kalo jahe kemarin baru saja ditanam karna kemarin habis

    dipanen sisa nya ditanam kembali dan yang lain di jual” I ”Apakah mas tau manfaat obat tersebut terkait dengan

    pengobatan?” P6 ”Untuk tanaman jahe tadi bisa dibuat jahe wangi bisa di buat

    jamu, bisa untuk menghangat kan badan dan agar bisa untuk tidak masuk angin ”

    I ”Apakah mas setuju cara pengobatan dengan menggunakan tanaman obat?” P6 ”Setuju mas karna lebih aman dan tidak ada efek samping

    selain itu juga murah dan tidak ada bahan kimia nya” I ”Tanaman obat apa yang sering mas gunakan untuk

    mengobati penyakit dan biasanya penyakit apa? P6 ”Kalo yang sering dipake dulu saya pernah mencret ya lalu

    saya mengunyah pucuk daun jambu. Nah itu bisa untuk mengobati mencret.

    I ”Bagaimana cara yang paling sering mas gunakan untuk meramu obat tanaman,cara buat nya gimana mas?”

    P6 ”Kalo misal nya daun jambu tadi kan cuma dikunyah aja pucuk daunnya yang diambil kasih kan garam sedikit lalu di kunyah”

  • 81

    I ”Berapa lama mas menggunakan tanaman obat tersebut?” P6 ”Lima tahun” I ”Apakah mas mengkonsumsi sendiri atau dijual sebagai

    penghasilan keluarga?” P6 ”Kalau daun jambu tidak di jual yang dijual hanya jahe

    setengahnya dipake sendiri lalu ada yang ditanam dan yang lain di jual.

    I ”Apa yang mendorong mas memanfaatkan tanaman obat tersebut?”

    P6 ”Kalo yang seperti jahe ya itu yang pertama jelas untuk penghasilan karna bisa dijual lagi yang kedua bisa untuk dipakai sendiri dan dibuat jamu”

    I ”Apakah mas merasakan manfaat setelah mengkonsumsi tanaman obat tersebut?”

    P6 ”Iya, saya senang kalo minum wedang jahe I ”Lalu hasilnya apakah menjadi baik bagi tubuh?” P6 ”Iya” I ”Jika tidak ada perubahan atau tak kunjung sembuh apa

    yang mas lakukan?” P6 ”Ke dokter” I ”Jenis tanaman obat apa saja yang sering mas gunakan

    untuk mencegah penyakit?” P6 ”Kalo jahe kan untuk menghangatkan badan jadi untuk

    mencegah masuk angin, hujan-hujan kedinginan itu kan bisa menghangatkan badan”

    I ”Jika untuk meningkatkan /menjaga kesehatan tubuh apa saja yang mas gunakan?”

    P6 ”Untuk menjaga daya tahan tubuh itu kunir, temulawak untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit”

    Wawancara dengan partisipan 7 I ”Permisi mas” P7 ”Iya” I ”Ini saya mahasiswa dari UKSW , hari ini saya akan

    mewawancarai mas dengan beberapa pertanyaan. Apakah mas bersedia?”

    P7 ”Iya” I ”Langsung aja ya mas?” P7 ”Iya” I ”Tanaman obat apa saja yang mas ketahui?” P7 ”Kunir, jahe, lengkuas, ” I ”Tanaman obat apa saja yang mas tanam dirumah?” P7 ”Jahe, kunyit, temulawak” I ”Berapa lama mas menanam tanaman obat tersebut?” P7 ”Empat tahun”

  • 82

    I ”Dari mana mas mendapatkan tanaman obat tersebut?” P7 ”Dari tetangga dan bibit sendiri” I ”Apakah mas tau manfaat obat tersebut terkait dengan

    pengobatan?” P7 ”Jahe untuk menghangat kan badan dan temulawak untuk

    daya tahan tubuh” I ”Apakah mas setuju cara pengobatan dengan menggunakan tanaman obat?” P7 ”Setuju, karna alami tanpa efek samping” I ”Tanaman obat apa yang sering mas gunakan untuk

    mengobati penyakit dan biasanya penyakit apa?” P7 ”Penyakit maag, dulu saya minumin jahe setiap hari lalu

    sembuh” I ”Bagaimana cara yang paling sering mas gunakan untuk

    meramu obat tanaman,cara buat nya gimana mas?” P7 ”Jahe nya di parut, lalu di peres, di kasih daun mint” I ”Berapa lama mas menggunakan tanaman obat tersebut?” P7 ”Tiga tahun” I ”Apakah mas mengkonsumsi sendiri atau dijual sebagai

    penghasilan keluarga?” P7 ”dijual “ I ”Apa yang mendorong mas memanfaatkan tanaman obat

    tersebut?” P7 ”Karna murah dan mudah didapat” I ”Oh jadi keuntungannya gitu ya mas?” P7 ”Iya” I ”Apakah mas merasakan manfaat setelah mengkonsumsi

    tanaman obat tersebut?” P7 ”Merasakan” I ”Lalu hasil nya seperti apa mas?” P7 ”Ning awak seger to mas”

    (“ya di badan seger lah mas”) I ”Jika tidak ada perubahan atau tak kunjung sembuh apa

    yang mas lakukan?” P7 ”Pergi ke dokter” I ”Jenis tanaman obat apa saja yang sering mas gunakan

    untuk mencegah penyakit?” P7 ”Jahe mas, jahe itu bisa menghangat kan badan dan

    mencegah kita dari masuk angin, Trus ada lagi mas kencur. Kencur itu bisa mencegah batuk, dan lendir yang di tenggorokan itu bisa hilang.”

    I ”Jika untuk meningkatkan /menjaga kesehatan tubuh apa saja yang mas gunakan?”

    P7 ”Biasa nya temulawak mas, soalnya tiap kali mengkonsumsi temulawak itu badannya itu langsung fit mas dan segar kembali.”

  • 83

    Lampiran 3

    PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN

    UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

    PENJELASAN PENELITIAN Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

    Peneliti : Hamra Murdani Nim : 462009063 No. Kontak : 087832194484 Pekerjaan :Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan

    Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kristen Satya Wacana

    Bersama surat ini, saya sebagai peneliti memohon kesediaan Bapak/Ibu untuk bersedia menjadi partisipan pada penelitian yang saya akan lakukan, dengan judul “Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Pemanfaan Tanaman Obat Keluarga (Toga) Di Wilayah Gamol Rw5 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga”. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) Di Wilayah Gamol Rw5 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi perawat untuk dapat mengetahui manfaat tanaman obat sebagai obat keluarga. Bapak dan ibu akan dimintai menceritakan serta menjawab pertanyaan wawancara yang akan diajukan mengenai tanaman obat keluarga. Bapak dan ibu bebas memilih tempat dan posisi yang nyaman untuk menceritakan pengalaman, pembicaraan akan direkam untuk dipelajari dan dicari maknanya. Peneliti akan menjamin kerahasiaan identitas dengan tidak menyebarkan isi rekaman dan tidak menuliskan nama partisipan dalam wawancara tersebut. Setelah isi rekaman ditulis, peneliti akan memperlihatkan kembali kepada bapak dan ibu, serta bapak dan ibu diperbolehkan menghapus isi pembicaraan yang dirasakan tidak nyaman atau menambahkan informasi baru yang dianggap perlu. Bapak dan ibu bebas mengundurkan diri dari penelitian ini tanpa sanksi apapun.

  • 84

    Apabila ada pertanyaan lebih dalam tentang penelitian ini, dapat menanyakan langsung atau menghubungi peneliti pada no kontak yang telah disebutkan di atas. Demikian permohonan ini saya buat, atas kerja sama yang baik saya ucapkan terima kasih.

    Salatiga, Maret 2014

    Hormat Saya,

    (Hamra Murdani)

  • 85

    Lampiran 4

    PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN

    UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

    LEMBAR PERSETUJUAN MENJADI PARTISIPAN

    Judul penelitian :Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang

    Pemanfaat Tanaman Obat Keluarga (Toga) Di

    Wilayah Gamol Rw5 Kecamatan Sidomukti Kota

    Salatiga

    Peneliti : Hamra Murdani

    No. Kontak : 087832194484

    Berdasarkan penjelasan yang telah disampaikan oleh

    peneliti, tentang yang akan dilaksanakan sesuai dengan judul

    diatas, maka saya mengetahui tujuan dari penelitian ini, yaitu

    Pengetahuan Masyarakat Tentang Pemanfaatan Tanaman Obat

    Keluarga (TOGA) Didesa Gamol. Saya memahami bahwa

    keikutsertaan saya dalam penelitian ini sangat besar manfaatnya

    dalam pemanfaatan tanaman obat keluarga didesa gamol.

    Saya juga mengerti bahwa catatan mengenai penelitian ini

    akan dijaga kerahasiaannya dan berkas yang mencantumkan

    identitas saya hanya digunakan untuk keperluan pengolahan data

    saja dan bila sudah tidak digunakan lagi, data tersebut akan

    dihilangkan.

    Selanjutnya saya secara sukarela dan tidak ada unsur

    paksaan saya menyatakan bersedia berpartisipasi dalam penelitian

    ini.

    Salatiga, Maret 2014 Partisipan,

    ( )

  • 86

    Lampiran 5

  • 87

  • 88

  • 89

  • 90

  • 91

  • 92

  • 93

    Lampiran 6

  • 94

    Lampiran 7

  • 95

    Lampiran 8

    Tanaman Obat Wilayah Gamo

    Tanaman obat kunir Tanaman obat kencur

    Tumbuhan daun binahong Tumbuhan lidah buaya

    Tumbuhan daun sirih Daun jambu

  • 96

    Lampiran 9

  • 97