Top Banner
DATA POKOK NAGARI KAPAU
26

Data Pokok Nagari Kapau Lomba Nagari 2015

Oct 04, 2015

Download

Documents

KATA SAMBUTAN

Assalamu’alaikum Warahmarullahi Wabarakatuh.
Puji dan syukur kita sampaikan kepada Allah SWT, berkat rahmat dan karunia – Nya, BUKU DATA POKOK NAGARI KAPAU berhasil dibuat guna melengkapi Ekspose Wali Nagari Kapau, Ekspose Ketua Lembaga Pemberdayaan Nagari (LPMN) Kapau dan Ketua Tim PKK Nagari Kapau dalam kegiatan Lomba Nagari Berprestasi Tingkat Kabupaten Agam Tahun 2015.
Salawat dan salam juga kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW, beliau adalah seorang pemimpin yang mampu meletakkan dasar-dasar yang kokoh dalam berbagai bidang untuk mewujudkan kesejahteraan manusia.
Untuk memudahkan dan terarahnya buku ini, maka di kelompokkan kedalam beberapa bagian:
I. Pendahuluan
I.1. Latar Belakang
I.2. Sejarah Nagari Kapau
II. Monografi Nagari Kapau
II.1. Luas Wilayah dan Batas Administrasi Wilayah
II.2. Orbitasi dan Jarak Tempuh
III. Penduduk Nagari Kapau
IV. Pendidikan Nagari Kapau
V. Perekonomian dan Pembangunan Nagari Kapau
V.1. Penduduk dan Kepala Keluarga Tani
V.2. Pembangunan di Nagari Kapau Tahun 2013 dan 2014
VI. Pemerintahan dan Kegiatan Inovatif
Demikianlah BUKU DATA POKOK NAGARI KAPAU ini kami buat, semoga bermanfaat bagi seluruh pihak dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan Nagari khususnya bagi Nagari Kapau.

Kapau, 12 Maret 2015
Wassalam
Wali Nagari Kapau


YASRIL GAZALI
Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.
Transcript

KECAMATAN TILATANG KAMANG

KABUPATEN AGAM TAHUN 2014KATA SAMBUTAN

Assalamualaikum Warahmarullahi Wabarakatuh.

Puji dan syukur kita sampaikan kepada Allah SWT, berkat rahmat dan karunia Nya, BUKU DATA POKOK NAGARI KAPAU berhasil dibuat guna melengkapi Ekspose Wali Nagari Kapau, Ekspose Ketua Lembaga Pemberdayaan Nagari (LPMN) Kapau dan Ketua Tim PKK Nagari Kapau dalam kegiatan Lomba Nagari Berprestasi Tingkat Kabupaten Agam Tahun 2015.

Salawat dan salam juga kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW, beliau adalah seorang pemimpin yang mampu meletakkan dasar-dasar yang kokoh dalam berbagai bidang untuk mewujudkan kesejahteraan manusia.

Untuk memudahkan dan terarahnya buku ini, maka di kelompokkan kedalam beberapa bagian:I. PendahuluanI.1. Latar Belakang

I.2. Sejarah Nagari KapauII. Monografi Nagari Kapau

II.1. Luas Wilayah dan Batas Administrasi Wilayah

II.2. Orbitasi dan Jarak TempuhIII. Penduduk Nagari KapauIV. Pendidikan Nagari KapauV. Perekonomian dan Pembangunan Nagari Kapau

V.1. Penduduk dan Kepala Keluarga Tani

V.2. Pembangunan di Nagari Kapau Tahun 2013 dan 2014VI. Pemerintahan dan Kegiatan InovatifDemikianlah BUKU DATA POKOK NAGARI KAPAU ini kami buat, semoga bermanfaat bagi seluruh pihak dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan Nagari khususnya bagi Nagari Kapau.Kapau, 12 Maret 2015

WassalamWali Nagari Kapau

YASRIL GAZALI

I. PENDAHULUANI.1. LATAR BELAKANG

Nagari merupakan kesatuan masyarakat hukum adat yang hidup dalam wilayah kesatuan masyarakat Minangkabau yang mempunyai batasan-batasan alam yang jelas, di baeah pimpinan penghulu, mempunyai aturan-aturan tersendiri serta menjalankan pengurusan berdasarkan musyawarah mufakat. Nagari sebagai unit territorial pada saat yang sama juga merupakan unit politik para penghulu di setiap nagari dengan kelembagaannya berada di bawah naungan Badan Perwaklilan Anak Nagari (BPAN) yang dulu dikenal dengan Kerapatan Adat Nagari (KAN).

Definisi Nagari menurut Peraturan Daerah Kabupaten Agam No. 31 Tahun 2001 tentang Pemerintahan Nagari, dijelaskan; yang dimaksud dengan Nagari adalah: Kesatuan masyarakat hokum adat dalam Kabupaten Agam yang terdiri dari himpunan beberap suku di Minangkabau yang mempunyai wilayah dan batas-batas tertentu dan mempunyai harta kekayaan sendiri, berwenang mengurus rumah tangganya dan memilih pimpinan pemerintahannyaI.2. SEJARAH NAGARI KAPAU

Menurut Jurai atau paparan orang orang tua dahulu, sebelum Nagari Kapau ditempati, disebutkan dalam Tambo Nagari Kapau yang telah disepakati dan disahkan oleh Kerapatan Ninik Mamak Anam Suku pada Tahun 1913, disebutkan bahwa: Pada masa dahulu, berangkatlah empat kumpulan atau rombongan dari Pariangan Padang Panjang, yaitu: Pertama; Kapau, Kedua; Kurai, Ketiga; Sianok dan Keempat; Koto Gadang, yang berakhir sampai ke batas Agam dengan Tabek Patah dekat Nagari Tanjung Alam. Tiap-tiap rombongan yang berangkat tadi berhenti disuatu tempat dan mengambil tempat-tempat tersebut serta masing-masing rombongan menamainya sebagai berikut:

a. Rombongan pertama, yaitu: Urang Kapau, berhenti di sebuah bukit yang tumbuh sebatang kayu kapur besar, yang mereka beri nama BUKIT KAPAU

b. Rombongan kedua, yaitu: Urang Kurai berhenti disebuah kampung dan mereka memberi nama Padang Kuraic. Rombongan ketiga, yaitu: Urang Sianok berhenti disebuah kampung dan mereka memberi nama Sianokd. Rombongan keempat, yaitu Urang Koto Gadang berhenti pula disana suatu kampung yang sampai sekarang masih bernama Koto Gadang Seiring berjalannya waktu dan semakin bertambahnya keturunan dari rombongan Urang Kapau yang mendiami daerah Bukit Kapau, maka tumbuhlah pemikiran untuk mencari daerah baru, guna membuat Nagari. Maka disusun dan diutuslah sebuah kelompok guna mencari tanah yang lebar dan subur untuk membuat Nagari. Kelompok tersebut diketuai oleh Induak Pucuak Datuk Bandaro dari suku Jambak Anam Induak. Perjalanan kelompok tersebut sampai di suatu daerah di dekat Simpang Sungai Janiah yang masih dipenuhi semak belukar dan hutan rimba, yang kemudian daerah tersebut dinamai Koto Jambak.Setelah beberapa lama mereka tinggal disana yang kampung tersebut mempunyai lahan yang subur untuk bertanam, maka datuak bandaro mengutus salah satu utusannya untuk datang memberi kabar kepada saudaranya yang berada di bukit kapau untuk turun ke tempat mereka itu.

Kemudian datanglah orang suku melayu nan tujuh induak yang dipimin oleh datuak mangkudun , karena telah terbukti tanah tersebut subur dan luas, maka diberi kabarlah sekali lagi kepada urang bukit kapau untuk turun gunung.

Maka turunlah sebagian besar dari mereka urang bukit kapau dan bagi mereka yang tidak percaya masih tetap tinggal disana untuk bertahan hidup. Maka turunlah rombongan urang suku tanjuang pisang simabua tiga induak yang dipimpin oleh datuak panduko basa, rombongan suku guci pili enam induak dipimpin oleh datuan tandilangik, rombongan suku koto tigo induak dipimpin oleh datuak palimo, rombongan suku jambak kaciak dua induak yang dipimpin oleh datuak indo Marajo.

Dari kehadiran enam kelompok tersebut yang terdiri dari suku jambak, melayu, guci pili, koto dan jambak kaciak yang semuanya berasal dari bukit kapau itu pun merambas dan mengolah tanah tempat mereka tinggal tersebut dengan membuat pondok tempat mereka tinggal dengan nama kampuang koto jambak.

Karena mereka telah berkumpul bersama dengan bermacam suku dibuatlah taratak dan taratak tersebut dibuat pintu gerbang dengan nama pintu koto yang mana pintu koto tersebut menghadap ke koto marapak nagari ampek angkek sekarang.

Kemudian urang koto tersebut membuat sebuah ladang yang cukup luas yang dikerjakan bersama-sama maka ladang tersebut diberi nama ladang nan laweh atau ladang laweh disana ditanamlah bermacam-macam tanaman disana.

Dan ladang yang tidak bisa ditanami karena tanahnya keras dan liat banyak batu-batuan dangkal kamudian ladang tersebut diberi nama dangkek.

Karena dangkek tanahnya tidak subur, liat dan berbatuan maka rombongan tersebut pindah berladang ke tempat baru yaitu ladang baru dan kampong tersebut dinamakan parak maru

Setelah selesai berladang di parak maru mereka terus berpindah ke suatu tempat yang mana ada suatu belukar yang amat panjang di daerah itu membelintang dari mudik sampai hilir yang tidak putus-putusnya maka dinamailah kampong itu koto panjang dan terus ke Korong tabik dan disana mereka memetik buah cubadak

Setelah rombongan itu beristirahat di suatu tempat maka nampaklah oleh mereka sebuah padang yang luas dan bagus, dan mereka berpikir ini bagus untuk melakukan permainan anak nagari seperti sepak raga dan bermain laying-layang maka dinamakanlah daerah itu padang yang bagus atau padang cantiang.

Kemudian mereka menemukankan sebuah batang kayu mariang yang tumbuh diatas tanah ketinggian yang namanya guguak induriang yang kampong kecilnya bernama talao.

Dan kemudian rombongan itu duduk-duduk beristirahat dan mereka menghirup bau yang sangat harum yaitu sebuah tanaman pandan yang banyak sekali tumbuh disana maka mereka membuat sebuah masakan dengan memberi daun pandan tersebut dengan mengeluarkan aroma yang sangat harum sekali.

Setelah kampong dihuni, alah bakoto, alah bataratak, maka dibuatlah lah parit parit yang ditanami aur berduri yang akan menjadi pagar nagari untuk menjaga keamanan nagari dari gangguan binatang buas dan penjahat karena telah berdirinya rumah gadang, alah batanggo, alah balabuah batapian ditapi batang air tambuo didirikanlah sebuah balai di tangah urang kapau antara koto panjang hlir dengan padang cantiang.

Dan menurut riwayat yang ada pada waktu itu nagari kapau terdiri dari 13 kampung yaitu ladang laweh, parak maru, dangkek paninjauan, koto panjang, Korong tabik, koto panjang mudiak dan hilir, padang cantiang, cingkariang, induriang, pandan banyak dan koto panalok.

Pepatah mengatakan :

Taratak mulai dibuek, sudah dibuek manjadi koto, sudah koto menjadi kampuang, kampong manjadi nagari, mangko dinamokan nagari kapau

Nagari kapau adalah nagari tungga sedangka nagari tetangganya lainya dua sebutan umpamanya kurai banuhampu, sianok koto gadang, guguak tabek sarojo, sariak sungai pua, gaduik tilatang dan salo koto baru, tetapi kapau tidak.Setengah riwayat menyebutkan bahwa kapau mempunyai seorang pahlawan dari seorang termashur namanya yaitu tuangku mansiangan pelaku perang paderi sekitar tahun 1821, mansiangan adalah nama tempat kediaman yang dipanggil urang kapau tuanku kapau yang merupakan jajaran kabinet tuanku imam bonjol.Diluar daerah kapau tuanku kapau disebut tuanku mansiangan yang mati terbunuh dan makamnya berada di pandan banyak nagari kapau.

Daftar Urutan Nama Kepemimpinan Nagari Kapau :NoNama / GelarTahun MenjabatKeterangan

1Dt. Rajo Labiah1901 - 1913Angku Laras / Lareh

2Hamzah Dt. Batuah1913 - 1931Kepala Nagari

3Abdul Hamid Dt. Mangkudun1932 - 1937Kepala Nagari

4Abdul Halim Dt. Nan Gadang1938 - 1939Kepala Nagari

5Abdul Manan Dt. Batuah1939 - 1945Kepala Nagari

6Rashidin Kari Bagindo1946 - 1947Wali Nagari

7Tadjuddin Malin Sutan1947 -1948Pj Wali Nagari

8Dewan Dt. Marajo (I)1948 - 1951Wali Perang

9H. Sjarbaini1952 - 1958Wali Nagari

10Anas St. Sadjatino1958 - 1959Wali Nagari

11Dewan Dt. Marajo (II)1959 - 1962Wali Nagari

12Dt. Panduko Sinaro1962 - 1964Wali Nagari

13Aminuddin Dt. Bagindo Basa1964 - 1965Pj. Wali Nagari

14Dewan Dt. Marajo (III)1965 -1969Wali Nagari

15Abdul Wahab Intan Batuah1970 - 1975Wali Nagari

16Aminuddin Dt. Bagindo Basa1975 - 1981Wali Nagari

17Abdul Wahab Intan Batuah1981 - 1982Wali Nagari

18Umar Kari Maradjo1982 - 1983Pj. Wali Nagari

19Vacum1983 - 2002Tidak Ada

20Muchlis Kari Mangkuto2002 - 2003Pj. Wali Nagari

21Masnir Rasyidin2003 - 2005Wali Nagari

22Yomendra2005 - 2006Pj. Wali Nagari

23Edi Gusrianto, S.Pdi2006 - 2010Wali Nagari

24Yasril Gazali2010 - SekarangWali Nagari

Catatan : * 1983-2002 masa pemerintahan desa dengan sebutan Kepala DesaII. MONOGRAFI NAGARI KAPAUII. 1. Luas Wilayah dan Batas Administrasi WilayahNagari Kapau memiliki luas 524 Ha, dimana 312 Ha dari luas wilayah Nagari Kapau merupakan areal pertanian. Nagari Kapau melintang pada Garis Lintang 0,27355 dan membujur pada Garis Bujur 100, 40622 diketinggian 891 M diatas permukaan laut. Curah hujan rata-rata pertahunnya di Nagari Kapau adalah H 123,4 Mm dengan suhu rata rata 21 - 25 C. Nagari Kapau berbatasan dengan:

Sebelah Utara berbatasan dengan Nagari Koto Tangah

Sebelah Selatan berbatasan dengan Kota Madya Bukittinggi dan Nagari Biaro Gadang

Sebelah Barat berbatasan dengan Nagari Gadut

Sebelah Timur berbatasan dengan Nagari PanampungLuas Wilayah Nagari Kapau menurut wilayah kejorongan, adalah sebagai berikut:NoNama JorongLuas (Ha)

1Parak Maru63

2Ladang Laweh37

3Dangkek Paninjauan39

4Cubadak33

5Korong Tabik47

6Koto Panjang51

7Koto Panjang Hilir44

8Padang Canting29

9Koto Panalok35

10Cingkaring41

11Induring64

12Pandan Banyak41

LUAS KESELURUHAN524

II. 2. Orbitasi dan Jarak Tempuh Nagari Kapau

NoOrbitasi dan Jarak TempuhKeterangan

1Dari Kapau ke Ibu Kota Provinsi96 Km

2Dari Kapau ke Pusat Kota Kabupaten67 Km

3Dari Kapau ke Kantor Kecamatan4,30 Km

4Dari Kapau ke Kotamadya Bukittinggi5 Km

III. PENDUDUK NAGARI KAPAUPenduduk Nagari Kapau sampai dengan akhir Tahun 2014 adalah sebanyak 3267 jiwa, terdiri atas: 1663 jiwa laki laki dan 1604 jiwa perempuan. Berikut adalah perincian jumlah penduduk Nagari Kapau di tiap-tiap Jorong sampai dengan akhir Tahun 2014:NoJorongPenduduk Berdasarkan Jenis KelaminJumlah

Laki - lakiPerempuan

1Parak Maru199185384

2Dangkek Paninjauan6573138

3Ladang Laweh146138284

4Cubadak282856

5Korong Tabik209219428

6Koto Panjang Hilir134124258

7Koto Panjang264242506

8Padang Canting8581166

9Koto Panalok5446100

10Cingkaring7365138

11Induring355352707

12Pandan Banyak5151102

JUMLAH PENDUDUK166316043267

Sedangkan jumlah Kepala Keluarga di Nagari Kapau sampai dengan akhir Tahun 2014 adalah sebanyak 886, dengan 704 Kepala Keluarga Laki laki dan 182 Kepala Keluarga Perempuan. Berikut adalah perincian Kepala Keluarga per Jorong yang ada di Nagari Kapau: NoNama JorongKepala Keluarga Berdasarkan Jenis KelaminJumlah

Laki - lakiPerempuan

1Parak Maru8624110

2Dangkek Paninjauan331043

3Ladang Laweh652388

4Cubadak18321

5Korong Tabik8526111

6Koto Panjang Hilir59968

7Koto Panjang10032132

8Padang Canting30636

9Koto Panalok24933

10Cingkaring33134

11Induring13732169

12Pandan Banyak34741

JUMLAH KEPALA KELUARGA704182886

IV. PENDIDIKANJumlah siswa siswi Tingkat Sekolah Dasar di 3 Sekolah Dasar yang ada di Nagari Kapau pada Tahun Ajaran 2013/2014 adalah sebagai berikut:NoNama JorongNama Sekolah DasarKelas IKelas IIKelas IIIKelas IVKelas VKelas VIJumlahJumlah Guru/Tenaga Pengajar

1Parak MaruSDN 21 Kapau231511911107910

2Korong TabikSDN 01 Kapau29192923342315710

3CingkaringSDN 07 Kapau1111172315149011

Jumlah siswa siswi Tingkat Sekolah Dasar di 3 Sekolah Dasar yang ada di Nagari Kapau pada Tahun Ajaran 2014/2015 adalah sebagai berikut:NoNama JorongNama Sekolah DasarKelas IKelas IIKelas IIIKelas IVKelas VKelas VIJumlahJumlah Guru/Tenaga Pengajar

1Parak MaruSDN 21 Kapau13191599117610

2Korong TabikSDN 01 Kapau29212229202915010

3CingkaringSDN 07 Kapau1511122019149111

Di Nagari Kapau juga terdapat satu buah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, yaitu; SMP N 3 Tilatang Kamang, yang mana jumlah siswa-siswinya beserta Guru/Tenaga Pengajarnya di Tahun Ajaran 2013/2014 dan 2014/2015 adalah sebagai berikut:Nama JorongTahun AjaranKelas 7Kelas 8Kelas 9Jumlah SiswaJumlah Guru/Tenaga Pengajar

InduringTA. 2013/201452565416229

TA. 2014/201537565614929

Selain itu di Nagari Kapau juga terdapat Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Kapau dengan jumlah siswa di Tahun Ajaran 2013/2014 dan 2014/2015 serta Jumlah Guru/Tenaga Pengajarnya adalah sebagai berikut:Nama JorongTahun AjaranKelas 7Kelas 8Kelas 9Kelas 10Kelas 11Kelas 12Jumlah SiswaJumlah Guru/Tenaga Pengajar

Koto PanjangTA. 2013/2014442818205512027

TA. 2014/20152024261718310827

Untuk TK, PAUD dan Kelompok Bermain yang ada di Nagari Kapau sebanyak: 4 Buah, dengan perincian:NoNama JorongNama PAUD, TK&Kelompok BelajarJumlah Tenaga Pengajar

1InduringPAUD Indra Jaya9 Orang

2CingkaringTK Aisyiah Kapau3 Orang

3Koto PanjangTK Kamboja Indah4 Orang

4Parak MaruKelompok Belajar/PAUD Seroja8 Orang

V. PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNANV.1. PENDUDUK DAN KEPALA KELUARGA TANI

Tabel Data Penduduk dan Kepala Keluarga Tani di Nagari Kapau Tahun 2014

NoNama JorongJumlah Penduduk Per JorongJumlahJumlah Kepala KeluargaJumlah Kepala Keluarga Tani

Laki - lakiPerempuan

1Pandan Banyak51511022917

2Induring355352707175105

3Koto Panalok54461002716

4Cingkaring78651383219

5Padang Canting85811663223

6Koto Panjang26424250612575

7Koto Panjang Hilir1341242585834

8Korong Tabik20921942811669

9Cubadak2828561911

10Ladang Laweh1461382848349

11Dangkek Paninjauan65781385533

12Parak Maru19918538410663

JUMLAH166316043267886514

V.2. PEMBANGUNAN DI NAGARI KAPAU TAHUN 2013 DAN 2014Tabel Data Swadaya Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan di Nagari Kapau Tahun 2013

NoKegiatanLokasiTotal Biaya Kegiatan

1Pembangunan Jembatan Koto Panalok - Pandan BanyakJorong Koto Panalok - Jorong Pandan BanyakRp. 500.000.000,-

2Pembangunan Jembatan Parak Maru - Ladang LawehJorong Parak Maru - Jorong Ladang LawehRp. 5.000.000,-

3Pembangunan Kantor Wali JorongJorong Koto Panjang HilirRp. 9.000.000,-

4Pengadaan Tanah untuk Kantor Wali JorongJorong Koto Panjang HilirRp. 5.000.000,-

5Rabat Beton Jalan antar JorongJorong Korong Tabik, Jorong Koto Panjang Hilir & Jorong CubadakRp. 5.000.000,-

6Halal Bi Halal antara Perantau Kapau dengan masyarakat yang ada di NagariPasar Nagari KapauRp. 29.854.000,-

7Operasional Kelompok Belajar BidasariJorong InduringRp. 102.000.000,-

8Pembangunan Pagar Halaman Surau KampungJorong InduringRp. 11.700.000,-

9Pembangunan Jalan Parit AtangJorong InduirngRp. 11.700.000,-

10Sumbangan untuk Anak YatimJorong Koto PanjangRp. 10.250.000,-

11Sumbangan untuk Anak YatimJorong InduringRp. 44.374.975,-

JUMLAHRp. 733.851.975,-

Tabel Data Swadaya Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan di Nagari Kapau Tahun 2014NoKegiatanLokasiTotal Biaya Kegiatan

1Pembangunan Saluran IrigasiJorong Koto Panjang HilirRp. 13.000.000,-

2Pembangunan Saluran IrigasiJorong Korong TabikRp. 15.000.000,-

3Pembangunan Jembatan Parak Maru - Ladang LawehJorong Parak Maru - Jorong Ladang LawehRp. 96.741.000,-

4Mendoa Bersama Di Masing-masing Jorong Pada Hari Raya Idul FitriSetiap Jorong yang ada di Kanagarian KapauRp. 65.549.000,-

5Infaq dan Sedekah pada Shalat Idul Fitri dan Idul AdhaJorong Koto PanjangRp. 21.000.000,-

6Infaq dan Sedekah pada Shalat Idul Fitri dan Idul AdhaJorong InduringRp. 790.000,-

7Infaq dan Sedekah pada Shalat Idul Fitri dan Idul AdhaJorong Parak MaruRp. 6.000.000,-

8Pengadaan Tanah untuk Gd.PuskesriJorong Parak MaruRp. 25.000.000,-

9Pengadaan Tanah untuk Gd. Balai Penyuluhan KB Kecamatan Tilatang KamangJorong Parak MaruRp. 25.000.000,-

10Gotong Royong Pembangunan PuskesriJorong Parak MaruRp. 25.000.000,-

JUMLAHRp. 293.080.000,-

Tabel Data Bantuan Pemerintah Dalam Pembangunan di Nagari Kapau Tahun 2013

NoKegiatanLokasiJumlah (Rupiah)Sumber Dana

1Rabat Beton JalanJorong Koto Panjang HilirRp. 91.069.500,-PNPM MPd

2Pendaman Saluran Irigasi Banda AtehJorong Koto Panjang - Dangkek Paninjauan - CubadakRp. 90.000.000,-APBD Kab. Agam

3Pembangunan Los Pasar Nagari KapauJorong Korong TabikRp. 27.000.000,-APBD Kab. Agam

4Pendaman Saluran Irigasi Banda AtehJorong InduringRp.178.000.000,-APBN

5Rabat Beton JalanJorong Korong Tabik - Jorong Koto Panjang Hilir - Jorong CubadakRp. 15.000.000,-APBD Kab. Agam

6Bantuan Hand Tractor Bagi Kelompok TaniJorong CingkaringRp. 40.000.000-APBD Prov. Sumbar

7SLPHTJorong Cingkaring, Jorong Parak Maru, Jorong Dangkek Paninjauan, Jorong Koto Panjang Hilir&Jorong CubadakRp. 8.975.000-APBD Prov. Sumbar

8Pembangunan Los Pasar Nagari & Jembatan Parak Maru - Ladang LawehJorong Korong Tabik, Jorong Parak Maru & Jorong Ladang LawehRp. 45.000.000,-APBD Kab. Agam

9Bantuan Beasiswa Bagi Siswa-Siswi SD.Sederajat dan SLTP/SederajatJorong Koto PanalokRp. 19.365.500-PNPM MPd

10Gotong Royong Pembangunan PuskesriJorong Parak MaruRp. 25.000.000,-

JUMLAHRp. 514.410.000,-

Tabel Data Bantuan Pemerintah Dalam Pembangunandi Nagari Kapau Tahun 2014

NoKegiatanLokasiJumlah (Rupiah)Sumber Dana

1Pendaman Saluran Irigasi Ciluruah Banda AtehJorong InduringRp. 182.000.000,-APBD Prov. Sumatera Barat

2Pendaman Saluran Irigasi Banda AtehJorong Koto Panjang HilirRp. 182.000.000,-APBD Prov. Sumatera Barat

3Pembangunan Gd. PuskesriJorong Parak MaruRp. 193.131.700-PNPM - MPd

4Pengaspalan Jalan dari Pasar Kapau s.d GobahJorong Koto Panjang HilirRp. 783.104.000,-APBD Kab. Agam

5Bantuan Hand Tractor Bagi Kelompok TaniJorong Koto PanjangRp. 35.000.000,-APBD Prov. Sumatera Barat

6Bantuan Hand Tractor Bagi Kelompok TaniJorong Korong TabikRp. 15.000.000-APBD Prov. Sumbar

7Bantuan Hand Tractor Bagi Kelompok TaniJorong Ladang LawehRp. 25.000.000-APBD Prov. Sumbar

8Pembangunan Gerbang Masuk Nagari KapauJorong Pandan BanyakRp. 29.750.000,-APBD Prov. Sumbar

9Pembangunan Saluran Irigasi dan DrainaseJorong Koto Panjang HilirRp. 100.000.000-APBN (PPIP)

10Pembangunan Saluran Irigasi dan DrainaseJorong Korong TabikRp. 100.000.000,-APBN (PPIP)

11Pembangunan Jembatan Parak Maru - Ladang LawehJorong Parak Maru Jorong Ladang LawehRp. 100.000.000,-APBN (PPIP)

12Pembangunan Sayap Jembatan Parak Maru - Ladang LawehJorong Parak Maru Jorong Ladang LawehRp. 23.000.000,-APBD Kab. Agam

13Pemasangan Atap Kanopi Pasar Nagari KapauJorong Korong TabikRp. 61.000.000,-APBD Kab. Agam

14Pembangunan Gd. Balai Penyuluhan KB Kecamatan Tilatang KamangJorong Parak MaruRp. 159.878.000,-APBN (DAK Kemeterian Kesehatan dan BKKBN)

JUMLAHRp. 1.988.863.700,-

VI. PEMERINTAHAN DAN KEGIATAN INOVATIFTabel Struktur Perangkat Nagari Kapau

NoNama LengkapJabatanNo. Kontak

1Yasril GazaliWali Nagari081363370244

2YomendraSekretaris Nagari081266728241

3SumardiKa. Urusan Pembangunan082169739775

4YuneidiKa. Urusan Aset dan Keuangan08126749473

5M. Taufik RahmatKa. Urusan Pemerintahan081266578990

6MustirBendahara08126732639

7ZarminalWali Jorong Parak Maru081266466682

8ArlandWali Jorong Ladang Laweh081267199292

9Ermon EdiWali Jorong Dangkek Paninjauan085274853022

10HusniWali Jorong Cubadak081363328833

11ZulaidiWali Jorong Korong Tabik081363171748

12Ali AmranWali Jorong Koto Panjang08126786077

13AmsesdiWali Jorong Koto Panjang Hilir085274177666

14ZarwenWali Jorong Padang Canting08536023302

15ZuwendiWali Jorong Cingkaring081363403276

16IrzalWali Jorong Koto Panalok081363184569

17Roni HendrikoWali Jorong Induring085263868825

18Faizul MasdiWali Jorong Pandan Banyak085376470489

Tabel Jumlah Pemilih dan Pengguna Hal Pilih di 8 TPS Nagari Kapau

Pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014

NoData Pemilih dan Pengguna Hal PilihTPS 1TPS 2TPS 3TPS 4TPS 5TPS 6TPS 7TPS 8Jumlah

APemilih

1. Pemilih terdaftar dalam DPT4791661853752822393272852338

2. Pemilih terdaftar dalam DPTb-111---14

3. Pemilih terdaftar dalam DPK---------

4. DPKTb/pengguna KTP/identitas lainnya6-52512-232

5. Jumlah Pemilih4851671913782872513272882374

BPengguna Hak Pilih

1. Pengguna hak pilih dalam DPT3301201442161851372181781455

2. Pengguna hak pilih dalam DPTb/Pemilih dari TPS lain1-------1

3. Pengguna hak pilih dalam DPK-----2--2

4. Pengguna hak pilih dalam DPKTb6-52512-243

5. Jumlah seluruh pengguna hak pilih3361211502191901492181811501

Kegiatan inovatif yang dilaksanakan oleh Pemerintah Nagari Kapau selama Tahun 2013 dan 2014, adalah sebagai berikut:1. Membuat jembatan baru yang menghubungkan Jorong Koto Panalok dengan Jorong Pandan Banyak

2. Membuat jembatan baru yang menghubungkan Jorong Parak Maru dengan Jorong Ladang Laweh

3. Mengadakan Pelatihan Instalasi Listrik Ringan yang bekerja sama dengan Institut Teknologi Padang

4. Akan mengadakan Bimbingan Belajar bagi siswa-siswi kelas IX (tiga) Tingkat SLTA/Sederajat

5. Mengadakan Musyawarah Anak Nagari Kapau yang diadakan 1 x 2 tahun yang tempat pelaksanaannya bergilir

6. Menganjurkan kepada masyarakat Jorong Koto Panjang untuk menanam tanaman buah Naga

7. Memberikan kemudahan kepada masyarakat Jorong Induring yang memiliki usaha menjahit Polan Kopiah untuk meminjam di BMT Agam Madani

8. Mensosialisasikan hasil MUSRENBANG (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Nagari Kapau kepada Perantau Kapau9. Mengadakan Tabliq Akbar pada setiap Peringatan Hari Besar Islam di Balai Adata Nagari Kapau10. Mengadakan Dzkir Bersama 1 x 1 tahun di Pasar Nagari Kapau11. Menetapkan Tata Guna Lahan di masing-masing jorong yang ada di Kanagarian Kapau12. Bekerjasama dengan PKK dan Bundo Kandung dalam melestarikan masakan Nasi Kapau

13. Akan membuka Objek Wisata Sejarah di Jorong Ladang Laweh

14. Mengadakan Kesenian Saluang 1 x 3 Bulan yang bekerjasama dengan TRIARGA TV

15. Mengelola Kegiatan Keolahragaan terutama Sekolah Sepak Bola (SSB)

16. Tidak mengizinkan didirikannya Warung Internet (WARNET) di Nagari Kapau

17. Bekerjasama dengan Kapolsek dalam menetapkan Nagari Kapau sebagai Nagari Anti Maksiat

18. Mengadakan Gerak Jalan Santai setiap akhir tahun

19. Bekerja sama dengan pihak Kepolisian dalam mensosialisasikan bahaya Narkoba kepada generasi muda di Nagari Kapau.

2

3

DATA POKOK NAGARI KAPAU

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

1

18

19

LKAAM. Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Padang: Surya Citra Offset, 2002, Hal. 22

Monografi dan Adat Nagari Kapau, Kerapatan Adat Ninik Mamak VI Suku Nagari Kapau

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Agam

Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Kecamatan Tilatang Kamang

Kepala Sekolah Dasar Negeri 21 Kapau, 01 Kapau dan 07 Kapau

Kepala Sekolah Dasar Negeri 21 Kapau, 01 Kapau dan 07 Kapau

Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tilatang Kamang

Kepala Sekolah Pondok Pesantren MTI Kapau

BP42KP Kecamatan Tilatang Kamang