Top Banner

Click here to load reader

Buku Saku Kespro

Dec 15, 2015

ReportDownload

Documents

Buku Saku Kespro

Buku SakuKESEHATAN REPRODUKSI REMAJA

OLEH:

KELOMPOK B1FIELD LAB FAKULTAS KEDOKTERAN UNSTAHUN AJARAN 2011Buku SakuKESEHATAN REPRODUKSI REMAJA

OLEH:

KELOMPOK B1FIELD LABFAKULTAS KEDOKTERAN UNS

iTAHUN AJARAN 2011 KATA PENGANTARPuji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya sehingga buku saku Kesehatan Reproduksi Remaja ini dapat terselesaikan.Buku ini disusun untuk membantu para remaja memahami pentingnya kesehatan reproduksi remaja sejak dini.Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terselesaikannya buku saku ini. Kami berharap buku saku ini dapat membantu para remaja untuk lebih memahami dirinya dan peduli akan kesehatannya, terutama kesehatan reproduksi, sehingga masa depan generasi muda lebih cerah.Kami menyadari pembuatan buku saku ini tidak luput dari kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan buku ini.

iiPenulisDAFTAR ISIHalaman juduliKata pengantariiDaftar isiiiiPendahuluan1Apa itu sistem reproduksi?2Pubertas8Daftar Pustakaiv

iii

PENDAHULUAN

Pengetahuan tentang struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia merupakan ilmu yang paling dasar bagi setiap pelaku kesehatan reproduksi, khususnya para wanita. Dalam buku saku ini akan dibahas secara singkat tentang sistem reproduksi manusia meliputi organ reproduksi pria dan wanita, pubertas, dan menstruasi.

1

APA ITU SISTEM REPRODUKSI?Sistem reproduksi adalah kumpulan organ reproduksi yang berfungsi untuk menghasilkan keturunan. Organ reproduksi pria dan wanita dibagi menjadi organ reproduksi bagian luar dan dalam.ORGAN REPRODUKSI PRIA A. BAGIAN DALAM TestisFungsi: menghasilkan spermatozoa dan hormon testosteron. EpididimisFungsi: menyimpan spermatozoa, pematangan spermatozoa, dan melindungi spermatozoa dari suasana asam. Vas DeferensFungsi: menyalurkan spermatozoa ke saluran ejakulatorius. 2Vesicula SeminalisFungsi: memproduksi cairan semen yang mengandung fruktosa (sebagai nutrisi bagi spermatozoa) dan prostaglandin (untuk pergerakkan sperma). Saluran EjaculatoriusFungsi: sebagai muara dari vas deferens dan vesicula seminalis. Kelenjar ProstatFungsi: menghasilkan cairan yang bersifat basa. Kelenjar Bulbourethralis

3Fungsi: menghasilkan cairan pelumas. B. BAGIAN LUAR ScrotumFungsi: melindungi testis. PenisFungsi: sebagai alat bersenggama, dan untuk mengeluarkan sperma.

4ORGAN REPRODUKSI WANITAA. BAGIAN DALAM OvariumFungsi: menghasilkan sel telur (ovum) serta hormon estrogen dan progesteron Tuba FalopiiFungsi: sebagai saluran telur, menangkap dan membawa ovum yang dilepaskan oleh ovarium, dan tempat terjadinya pembuahan (pertemuan ovum dan spermatozoa). Rahim (Uterus)Fungsi: sebagai tempat tumbuhnya janin hasil pembuahan. Vagina

5Fungsi: sebagai saluran keluar untuk mengalirkan darah haid dari rahim, alat bersenggama, dan jalan lahir pada waktu bersalin.

6B. BAGIAN LUAR Mons PubisDaerah ini akan ditumbuhi rambut kemaluan (pubes) Labia Majora Labia Minora KlitorisDaerah ini sangat sensitif. Vestibulum VaginaPada daerah ini terdapat selaput dara (hymen). Kelenjar Bartholini

7Fungsi: menghasilkan cairan pelumas.

PUBERTASMasa remaja (puber) merupakan masa yang paling kritis dari kehidupan seseorang. Mengapa? Sebab masa inilah merupakan masa peralihan atau transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa yang ditandai dengan berbagai perubahan, baik secara fisik, psikis, dan juga sosial.

8Berbagai perubahan tersebut dapat menimbulkan persoalan-persoalan yang kemungkinan dapat mengganggu perkembangan remaja selanjutnya. Di antara persoalan yang dihadapi para remaja adalah masalah kesehatan reproduksi (Kespro) PERUBAHAN PERTUMBUHAN REMAJALaki-lakiPerempuan

Bahu & dada berotot Tambah tinggi & berat Suara bariton/ besar Berkeringat & bau badan Ketiak, kaki, tangan, wajah, dada & sekitar kemaluan berambut Tumbuh jakun Mengalami mimpi basah. Tambah tinggi & bulat Muka lebih berminyak & tumbuh jerewat Lebih banyak berkeringat Tumbuh rambut di ketiak & di kemaluan Mulai datang bulan (menstruasi)

9MENSTRUASI

Pendidikan mengenai menstruasi harus diberikan sejak dini, agar seorang wanita yang mengalami menstruasi untuk pertama kalinya tidak merasa minder/ malu, dan bisa menerima hal tersebut sebagai proses awal menjadi seorang gadis remaja. Bila tidak diberi pengertian sejak dini, menstruasi bisa disalahartikan sebagai suatu penyakit atau bahkan mereka sendiri tidak mengetahui jika telah mengalami menstruasi.Menstruasi adalah keluarnya darah melalui vagina akibat proses peluruhan dinding rahim (endometrium) yang terjadi secara rutin setiap bulannya. Menstruasi juga merupakan proses mempersiapkan tubuh wanita untuk mengandung anak atau hamil.Menstruasi pertama kali biasanya dimulai pada umur 10-16 tahun, tergantung dari berbagai faktor yang meliputi kesehatan wanita, nutrisi, dan berat tubuh yang relatif pada tinggi badan. Normalnya menstruasi berlangsung selama 3-7 hari dan siklusnya antara 21-35 hari. Banyak wanita (umumnya usia 20-40 tahun) yang mengeluh sebelum dan saat mengalami menstruasi mengalami gangguan, seperti:1. 10Kram pada perut bagian bawah dan vagina2. Nyeri kepala (pusing)3. Cepat merasa lelah4. Perut kembung5. Perasaan sensitive6. Gelisah, susah tidur7. Payudara membengkak8. Sakit pinggang9. Perubahan nafsu makan10. Kurang darah (anemia), dsb.

Tanda terjadinya menstruasi yang tidak normal pada wanita adalah: Belum mendapat menstruasi ketika usia telah mencapai 15 tahun atau setelah berkembangnya payudara Tidak mendapat menstruasi setelah lebih dari 90 hari dari menstruasi sebelumnya Menstruasi tidak teratur Menstruasi terlalu cepat (kurang dari 21 hari) Menstruasi terlalu lama (lebih dari 45 hari) Siklus mentruasi lebih dari 7 hari Volume darah menstruasi terlalu banyak melebihi biasanya Terjadi pendarahan di antara dua siklus menstruasi Menstruasi disertai rasa nyeri atau demam.

11Cara mengurangi masalah yang timbul berkaitan dengan menstruasi: Usap-usap perut bawah Hangati punggung dan perut bawah Olahraga dan jalan2 Kurangi garam, Hindari kafein pada teh, kopi dan soda Makan makanan berprotein tinggi JAGA KEBERSIHAN

Hal-hal yang menyebabkan remaja puteri tidak menstruasi adalah: Gangguan hymen imperofarata Yaitu selaput dara yang tidak berlubang sehingga darah menstruasi tidak dapat keluar, dan ini dapat diatasi dengan melubangi selaput dara. Mentruasi anovulatoireYaitu rangsangan hormon-hormon yang tidak mencukupi untuk membentuk lapisan dinding rahim sehingga tidak terjadi menstruasi. Gangguan amenorrhea sekunder 12KehamilanSebelumnya sudah pernah mengalami menstruasi, dapat disebabkan karena hipotensi, anemia, infeksi, kelemahan kondisi tubuh, dan stress.

13MIMPI BASAH remaja laki-laki usia 9 14 tahun, Dewasa/akil baliq/organ reproduksinya Periodic sekitar 2 3 minggu

14PERKEMBANGAN PSIKIS REMAJALaki-lakiPerempuan

Tertarik pada lawan jenis Menunjukkan kejantanan Rendah diri, malu cemas, bimbang Lebih senang membantah Kurang pertimbangan Mudah terpengaruh Tertarik pada lawan jenis(ingin mempercantik diri) Kecemasan Saat menjelang haid lebih perasa, mudah sedih, marah, cemas Menonjolkan diri

15

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. (Diakses dari http://www.bkkbn.com, 8 Mei 2013). Anonim. (Diakses dari http://www.pemkabsukoharjo.gov.com, 8 Mei 2013). Mochtar, Rustam. 1998.Sinopsis Obstetri Jilid 1 Ed. 2. Jakarta: Penerbit EGCTim Revisi Field Lab FK UNS. 2013. Modul Field Lab: Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Kesehatan Reproduksi.

iv

Welcome message from author
This document is posted to help you gain knowledge. Please leave a comment to let me know what you think about it! Share it to your friends and learn new things together.